Akhir Kutukan Piala AFF?

4 Fakta Menarik Usai Indonesia ke Final Piala AFF 2020

Liputan6.com 2021-12-26 07:05:26
Timnas Indonesia menang 4-2 atas Singapura pada laga leg kedua semifinal Piala AFF 2020 di National Stadium, Sabtu (25/12/2021) malam WIB. Hasil itu membuat Indonesia lolos ke final dengan ag

Timnas Indonesia menginjakkan kaki ke final Piala AFF 2020 setelah menang 4-2 (agregat 5-3) atas Singapura pada leg kedua semifinal, Sabtu (25/12/2021) malam WIB. Asnawi Mangkualam dkk. sebelumnya bermain imbang 1-1 di leg pertama.

Pertandingan leg kedua berjalan dramatis. Timnas Indonesia membuka skor lewat Ezra Walian di menit ke-11.

Jelang turun minum, Singapura harus bermain dengan 10 pemain usai Safuwan Baharudin diganjar kartu merah oleh wasit.

Namun skor berubah 1-1 setelah Song Ui-young mencetak gol lewat tendangan keras. Proses gol Singapura berawal dari bola mati di daerah timnas Indonesia.

Pada babak kedua, Singapura kembali kehilangan pemain setelah Irfan Fandi membuat pelanggaran. Namun pasukan Tatsuma Yoshida justru unggul lewat tendangan bebas Shahdan Sulaiman.

Timnas Indonesia kemudian menyamakan kedudukan di menit 87 lewat Pratama Arhan. Akan tetapi, suporter timnas Indonesia dipaksa memacu jantung usai Singapura mendapat adu penalti.

Namun beruntung, Faris Ramli gagal menuntaskan tugasnya. Bola sepakan Faris ditepis Nadeo Argawinata.

Kedua tim pun harus melakoni babak perpanjangan waktu. Di sinilah, timnas Indonesia menambah dua gol lewat gol bunuh diri Shahwal Anuar dan Egy Maulana Vikri.

Pertandingan semifinal Indonesia vs Singapura menciptakan beberapa fakta menarik. Berikut di antaranya.


Fakta Menarik

1. Ini adalah kali pertama tercipta dua kartu merah di semifinal Piala AFF.

2. Dengan keberhasilan ini, Indonesia sudah enam kali masuk final Piala AFF.

3. Kemenangan agregat 5-3 atas Singapura mengulang semifinal Piala AFF 2004. Ketika itu, Indonesia menang agregat 5-3 atas Malaysia.

4. Shin Tae-yong menjadi pelatih kelima yang mengantar Indonesia ke final Piala AFF setelahNandar Iskandar (AFF 2000), Ivan Kolev (AFF 2002), Peter Withe (AFF 2004), Alfred Riedl (AFF 2010, 2016).


Jadwal Final Piala AFF

Leg 1

Rabu 29 Desember 2021

Indonesia vs Thailand / Vietnam

National Stadium, Singapura

Leg 2

Sabtu 1 Januari 2022

Thailand / Vietnam vs Indonesia

National Stadium, Singapura

Baterai Mahal, Mobil Tesla Diledakkan

Sadis, Pria Ini Ledakkan Tesla Model S Miliknya Pakai 30 Kg Dinamit

Liputan6.com 2021-12-26 08:06:16
Tesla Model S sebelum diledakkan menggunakan 30 kg dinamit. (Youtube Pommijtkt)

Ada banyak cara yang dilakukan konsumen mobil untuk mengungkapkan kekecewaannya terhadap produk yang ia beli.

Ada yang memukul mobil tersebut hingga rusak, ada pula yang mengarak mobil tersebut menggunakan keledai seperti yang terjadi di India.

Namun, yang baru-baru ini terjadi sangatlah ekstrem. Sadis. Seorang pria asal Finlandia yang memiliki channel YouTube Pommijatkat nekat meledakkan mobil listrik TeslaModel S menggunakan dinamit.

Peristiwa ini terjadi karena ia kecewa berat dengan mobil dari Amerika Serikat itu.

Dilansir Carscoops, Jumat (24/12/2021), pria bernama Tuomas Katainen menjelaskan bahwa mobil listrik lansiran 2013 miliknya itu baru saja mengalami beberapa kerusakan. Walhasil, ia harus membawanya ke pusat layanan Tesla.

Empat minggu berselang, pihak Tesla menghubunginya dan memberi tahu terkait kondisi mobilnya. Ternyata Model S-nya membutuhkan paket baterai baru yang akan menelan biaya $22.480 atau Rp319 juta (Kurs $1=Rp14.194).

Katainen pun merasa ogah untuk memperbaiki mobilnya, sehingga ia berpikir untuk meledakkannya. Diduga ia ingin mendapatkan uang dari iklan YouTube dan duit tersebut akan dipakai membeli mobil baru.

Namun, alasan lainnya diduga ia kecewa berat dengan produk Tesla dan memutuskan untuk menghancurkannya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Meledakkan Menggunakan 30 Kg Dinamit

Untuk memuluskan aksiinya, Katainen mengikat 30 kg dinamit di sekeliling bodi Tesla Model S.

Tak hanya itu saja, ia juga meletakkan boneka Elon Musk di jok kemudi yang sebelumnya dijatuhkan dari atas helikopter.

Saat melakukan aksinya Tesla Model S di parkir di bawah tebing. Dalam video, ketika dinamit diledakkan mobil langsung hancur dan puing-puing berserakan di atas salju.

Sumber: Otosia.com


Infografis Yuk Kurangi Mobilitas Cegah Lonjakan Kasus Covid-19 Saat Periode Nataru

 

Nobar Pakai Peci dan Sarung

Pakai Peci dan Sarung, Begini Gaya Santai Ma'ruf Amin Nobar Piala AFF 2020

Liputan6.com 2021-12-26 15:08:32
Wapres Ma'ruf Amin saat menonton Pertandingan AFF Suzuki Cup 2020 antara Indonesia dan Singapura, Sabtu (25/12/2021) malam. (Tim dokumentasi Kantor Sekretariat Wakil Presiden)

Wakil Presiden Indonesia Ma'ruf Amin ikut menonton Pertandingan AFF Suzuki Cup 2020 antara Indonesia dan Singapura pada Sabtu 25 Desember 2021 malam.

Ma'ruf Amin menonton laga tersebut bersama istri, anak dan cucunya.

Wapres Ma'ruf Amin menyaksikan laga semi final Piala AFF antara Indonesia melawan Singapura bersama keluarga dan anggota Paspampres di kediaman pribadinya di Tanara, Kabupaten Serang, Banten, Sabtu (25/12/2021) malam. (akun Twitter @Kiyai_MarufAmin)

"Awalnya 1-0, kemudian malah kalah 2-1, tapi bisa seri 2-2," kata Ma'ruf saat menonton pertandingan semalam dalam keterangan tertulis diterima, Minggu (26/12/2021).

Namun dengan kegigihan tim asuhan Shin Tae-young ini, membuat Squad Garuda berhasil menekuk lutut Singapura. Hal ini membuat Ma'ruf berdecak gembira. Ketertinggalan skor berhasil dibalikkan oleh Evan Dimas dan kawan-kawan di menit krusial.

"Pada perpanjangan waktu, kita bisa menyelesaikan dengan 4-2," bangga Ma'ruf.


Doa Ma'ruf Amin

Melalui kemenangan ini, Indonesia pun memastikan diri masuk ke babak final. Ma'ruf mendoakan, nantinya Indonesia bisa menjadi juara dan membawa pulang piala kemenangan.

"Kita berharap di final nanti bisa memenangkan pertandingan dan menjadi juara," doa Ma'ruf.

Pada laga final nanti Indonesia akan berhadapan dengan pemenang pertandingan semifinal antara Thailand dan Vietnam. Sejauh ini Thailand unggul agregat 2-0 dari Vietnam usai menang di leg pertama. Adapun laga semifinal leg kedua antara Thailand melawan Vietnam akan nanti malam, Minggu (26/12/2021).

Pulang dari AS, Kena Covid-19

RM dan Jin BTS Dinyatakan Positif Covid-19

Liputan6.com 2021-12-26 09:52:57
RM BTS dan Jin dalam American Music Awards 2017 di Los Angeles, Minggu (19/11).(Mark Ralston/AFP)

Member BTS yang terpapar Covid-19 bertambah. Setelah sebelumnya mengonfirmasi Suga BTS tertular virus corona, Big Hit Music juga membagikan informasi terbaru mengenai dua personel BTS yang lain, yakni Jin BTS dan RM, yang juga terpapar Covid-19.

"Member BTS, RM dan Jin didiagnosis positif COVID-19 pada Sabtu malam, 25 Desember," tulis keterangan resmi Big Hit Music seperti dikutip Soompi, Sabtu (25/12/2021).

Dalam keterangannya, Big Hit Music memberikan kronologi saat RM dan Jin terpapar virus corona. Semua terjadi setelah kepulangan dari Amerika Serikat. BTS diketahui sukses menyelesaikan konser tur di Los Angeles yang bertajuk "Permission to Dance on Stage".


Tes PCR

Dalam pernyataan resminya, Big Hit Music memastikan RM menjalani pemeriksaan virus corona melalui tes PCR. Itu dilakukannya sebanyak dua kali.

"Setelah kembali dari Amerika Serikat pada hari Jumat, 17 Desember, untuk kegiatan pribadi termasuk dalam masa liburannya, RM langsung melakukan tes PCR dan dinyatakan negatif lalu melakukan karantina mandiri di rumah sesuai dengan protokol kesehatan COVID-19. Ia lalu melakukan tes PCR lagi sebelum masa karantinanya dinyatakan selesai dan diketahui positif COVID-19. Dia saat ini tidak mengalami gejala tertentu," tulis pernyataan tersebut.


Jin Sempat Negatif

Hal yang sama dilakukan oleh Jin. Ia menjalani pemeriksaan PCR dengan hasil negatif. Namun Jin merasakan mulai merasakan demam yang membuatnya kembali melakukan tes ulang.

"Jin kembali ke Korea pada hari Senin, 6 Desember lalu dan langsung menjalani PCR. Ia juga melakukan tes lagi sebelum masa karantina selesai dan dua-duanya dinyatakan negatif. Namun karena ada gejala flu sore ini, ia melakukan tes PCR lagi dan diketahui positif COVID-19. Jin merasakan gejala ringan seperti sedikit demam dan sedang menjalani perawatan di rumah," tulisnya lagi.


Tak Ada Kontak

RM dan Jin diketahui sudah melalukan vaksin dosis kedua medio Agustus 2021. Saat ini, keduanya menjalani perawatan mandiri.

"RM dan Jin sama-sama sudah vaksin kedua pada akhir Agustus. Mereka pun sedang menalani perawatan mandiri di rumah sesuai peraturan kesehatan. Mereka berdua tidak ada yang melakukan kontak dengan member BTS setelah kembali ke Korea," beri tahu Big Hit Music.


Dukungan

Big Hit Music memberi dukungan untuk Suga, Jin dan RM dalam mengatasi virus corona yang menginfeksi mereka.

"Agensi kami akan terus memberikan support agar RM dan Jin segera pulih, serta menempatkan kesehatan dan keselamatan artis kami sebagai prioritas teratas. Kami akan terus bekerjasama memenuhi peraturan otoritas kesehatan," bunyi pernyataan tersebut.

Baim Wong Ikuti Jejak Raffi Ahmad

Raffi Ahmad Hingga Baim Wong Ikut IBL, Perbasi Semringah

Liputan6.com 2021-12-26 14:00:16
Baim Wong jadi presiden klub bola basket (Instagram/baimwong)

Semakin banyak saja pesohor yang ikut terlibat di bola basket nasional terutama kompetisi IBL. Yang teranyar pekan lalu Baim Wong resmi masuk ke bola basket melalui Satria Muda Pertamina.

Baim Wong menjabat sebagai presiden klub Satria Muda. Baim Wong menyusul jejak selebriti lain yang sudah lebih dulu ikutan di basket nasional.

Sebut saja Raffi Ahmad bersama Rans PIK Tangerang, Gading Marten di West Bandit Combiphar Solo. Kemudian komedian atau you tuber Jovial da Lopez dengan Bumi Borneo Pontianak. Wijaya Saputra bersama Dewa United dan Denny Sumargo di Louvre Indonesia.

Terlibatnya para pesohor di bola basket nasional membuat semringah Persatuan Bola Basket Nasional (Perbasi). Mereka menyambut baik kehadiran selebriti.

"Ini sinyal bagus bagi dunia bola basket Indonesia. Masuknya para selebritas nasional yang juga figur publik ini menunjukkan kepercayaan masyarakat terhadap industri bolabasket semakin baik. Diharapkan momentum ini juga menjadi daya tarik bagi para pengusaha untuk bersama-sama membangun industri bola basket ke depan, baik dari sisi komersial maupun sisi yang berguna bagi pembinaan atlet agar dapat membantu penyediaan berbagai fasilitas yang baik untuk pelatihan dan pencarian bibit bitit baru," ungkap Waketum Perbasi Bidang Marketing dan Bisnis Francis Wanandi.


Kampanye

Francis menilai kehadiran para figur publik ini dapat menjadi keuntungan tersendiri bagi dunia bola basket Indonesia karena semua kegiatannya disorot masyarakat yang juga fans dan followernya.

Secara tidak langsung, kampanye membumikan bola basket di Indonesia bisa berjalan mulus. Apalagi, pada tahun depan Indonesia menjadi tuan rumah FIBA Asia Cup 2021 dan setahun kemudian FIBA World Cup 2023.

"Jadi sah-sah saja dan menarik. Namun jangan sampai hanya dari sisi entertainment dan content followers saja yang menjadi kunci utama, tapi juga perihal kemajuan prestasi basket harus bisa meningkat. Apalagi pengelolaan sebuah klub dan pemain, bukan hal yang mudah. Commitment penuh serta investasi jangka panjang diperlukan semua pihak, guna memiliki visi sama memajukan bolabasket di Indonesia. Bukan sekadar bertanding dan kalah menang saja," jelas Francis.


Menggerakan Industri Basket

Sementara Sekjen Perbasi Nirmala Dewi mengatakan, masuknya para artis ke dunia basket dipercaya semakin bisa menggerakkan dunia industri bolabasket. Ini sebuah momentum baik untuk Indonesia Basketball/Perbasi memanfaatkan peluang bukan hanya dengan prestasi. Tetapi juga dengan terbangunnya sarana dan prasarana olahraga bolabasket oleh pemerintah.

"Kami manfaatkan sebagai bagian dari ajang kebangkitan bolabasket tanah air. Dengan program Indonesia bergerak pada 2022 mendatang, kiranya dapat semakin menggelorakan gerakan Bolabasket sampai ke pelosok daerah. Apalagi sudah banyak influencer-influencer yang bergabung di dunia Bolabasket," terang Nirmala dalam keterangan tertulis.

Sunan Kalijaga Vs Hotman Paris?

Sunan Kalijaga Jadi Pengacara Doddy Sudrajat, Warganet Minta Hotman Paris Bantu Keluarga Bibi Andriansyah

Liputan6.com 2021-12-25 16:00:00
Hotman Paris. (Foto: Instagram @hotmanparisofficial)

Pengacara Sunan Kalijaga langsung melakukan gebrakan setelah dipercaya menjadi kuasa hukum Doddy Sudrajat. Ia berencana mempolisikan Fuji adik Bibi Andriansyah, terkait viralnya video Gala Sky Andriansyah yang ditakut-takuti menggunakan nama Doddy Sudrajat.

Sunan menduga, suara wanita dalam video tersebut adalah Fuji. Ketakutan Gala Sky Andriansyah semakin menjadi, karena adanya sosok pria menggunakan topeng menyeramkan yang membuat putra mendiang Vanessa Angel lari terbirit-birit.

Buat Sunan Kalijaga, hal itu adalah perbuatan yang keji. Oleh karenanya ia ingin mempermasalahkan hal dibawa ke ranah hukum.

"Sekali ini bukan perlakuan manusia yang di mana kami menduga ada video TikTok yang tersebar, di situ tergambar ada seorang anak perempuan, informasinya adalah adik kandung adik Bibi, ini sangat-sangat merusak mental dari Gala," tutur Sunan Kalijaga di kawasan Brawijaya pada Kamis, 23 Desember 2021 lalu.

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Minta Tolong Hotman Paris

Terkait hal tersebut, wargaent langsung berbondong-bondong membanjiri Instagram pengacara kondang Hotman Paris. Mereka meminta agar Hotman Paris membantu keluar keluarga Bibi Andriansyah.

Apalagi sebelumnya, Hotman Paris pernah menawarkan diri untuk menjadi pengacara keluarga Bibi Andriansyah apabila di minta.

"Yth bapak hotman paris, semoga lekas bertindak ya, bantu keluarga pak hj faisal," tulis pemikik akun @nia_marlina4397.

"Bang hotman, ayo bantu keluarga pak Faisal donk.. Kasihan Mereka nanti kurang tahu hukum.. Ayo ramai Kan netizen,dukung bang hotman bantu pak Faisal ," tulis akun @awlxp123.

"Bang hotman tolong bantu keluarga pak faisal udh di laporkan ke polisi.. tlg di bantu bang ," tulis akun @chakensipp.


Rusak Mental Gala Sky

Warganet melihat Doddy Sudrajat semakin menjadi semenjak menggaet pengacara Sunan Kalijaga. Bahkan tak sedikit yang menganggap Doddy Sudrajat telah merusak mental cucunya lewat pernyataan yang keluar dari mulutnya.

"Bang Hotman tolong dong bantu keluarga pak h Faisal penjarakan tu orang biar tutup mulut bosan liat ya mau cari sensasi gak dapat panggung lah gini jadi ya gak kasian apa sama cucu ya jadi yatim piatu ," tulis akun @desiana.putri

"ayoo para pengacara seindonesia raya bantu keluarga hj. faisal & gala. . kasian banget anak yatim piatu terus di masalahkan ini itu #garagaradodot," tulis akun @indriwe


Tentang Video Viral

Sunan Kalijaga memperkarakan video lawas ketika Gala Sky Andriansyah, putra semata wayang mendiang Vanessa Angel dan Bibi Andriansyah tengah bermain dan bercanda dengan seorang pria. Dalam video tersebut, pria tersebut memakai sebuah topeng dengan kalimat menakut-nakti menyebut nama "Doddy"

Ternyata pria bertopeng yang menakuti Gala itu rupanya adalah mendiang Bibi Andriansyah, yang tak lain adalah ayah dari Gala Sky sendiri. Di video aslinya, tidak ada yang menyebut kata "Doddy" sama sekali. Sayangnya, ada akun TikTok yang menggunakan video tersebut dengan menambahkan sound yang seolah-olah menakuti Gala Sky dengan sosok Doddy.

Penyusup di Istana Ratu Elizabeth

Penyusup Bersenjata Masuki Komplek Istana Tempat Ratu Elizabeth II Sampaikan Pidato Natal

Liputan6.com 2021-12-26 14:30:00
Ratu Elizabeth II saat menyampaikan pesan Siaran Natal tahunannya, di sebuah rumah keluarga di dekat Liverpool pada 25 Desember 2021. (PAUL ELLIS / AFP)

Ratu Elizabeth II menyampaikan pidato Natal pada Sabtu, 25 Desember 2021. Pidato tersebut diabadikan awal Desember 2021 White Drawing Room di Kastil Windsor.

Momen istimewa itu diganggu oleh insiden penyusupan pria bersenjata ke halaman kastil tempat Ratu Elizabeth II dan beberapa anggota keluarganya menghabiskan waktu Natal, kata Kepolisian Thames Valley, Sabtu, 25 Desember 2021. Penyusup itu diidentifikasi sebagai seorang pria dari Southhampton yang memiliki senjata ofensif.

Petugas keamanan langsung menangkapkanya pada pukul 08.30 pagi, waktu setempat dan hingga kini masih ditahan. Menurut keterangan polisi, petugas dari Thames Valley dan Kepolisian Metropolitan segera bereaksi atas pelanggaran keamanan.

Dikutip dari CNN, Minggu (26/12/2021), pria itu tidak sampai memasuki bangunan apapun. "Anggota Kerajaan sudah diberitahu tentang insiden ini," kata Inspektur Polisi Thames Valley Rebecca Mears.

Sementara itu, pidato Ratu Elizabeth II dimulai dengan kutipan pidato yang diberikan Ratu kepada Pangeran Philip pada ulang tahun pernikahan mereka yang ke-50 pada 1997. Ia juga mengungkapkan pidato yang begitu personal dan menyentuh.

"Meskipun ini adalah saat yang penuh kebahagiaan dan keceriaan bagi banyak orang, Natal bisa jadi sulit bagi mereka yang kehilangan orang yang dicintai. Tahun ini, khususnya, saya mengerti mengapa," kata Ratu dalam pidatonya pada Sabtu, 25 Desember 2021, dilansir People.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Rindukan Pangeran Philip

Ratu melanjutkan, baginya di bulan-bulan sejak kepergian suami tercinta, ia mendapat penghiburan luar biasa. Hal tersebut bersumber dari kehangatan dan kasih sayang serta banyak penghargaan untuk kehidupan dan pekerjaan Pangeran Philip semasa hidup dari seluruh negeri.

"Kepekaannya untuk melayani, keingintahuan intelektual, dan kapasitas untuk tetap senang dari situasi apa pun, semuanya tak tertahankan," tambah Ratu.

Ia melanjutkan bahwa hidup terdiri dari perpisahan terakhir dan juga pertemuan pertama. "Saya dan keluarga saya sangat merindukannya, saya tahu dia ingin kita menikmati Natal," ungkap Ratu Elizabeth II.

Ratu sebelumnya membatalkan pertemuan Natal tradisional keluarga kerajaan di Sandringham tahun ini karena lonjakan kasus Covid-19. Ia mengakui bahwa keluarga "tidak dapat merayakan seperti yang mereka inginkan."

"Kami merasakan kehadirannya saat kami, seperti jutaan orang di seluruh dunia, mempersiapkan diri untuk Natal. Sementara Covid lagi-lagi berarti kita tidak bisa merayakan seperti yang kita harapkan, kita masih bisa menikmati banyak tradisi bahagia," katanya.

"Baik itu nyanyian lagu-lagu Natal, menghias pohon, memberi dan menerima hadiah, atau menonton film favorit yang sudah kita ketahui akhir ceritanya, tidak mengherankan jika keluarga sering kali menghargai rutinitas Natal mereka," tambahnya.


Hadirnya 4 Cicit

"Kami melihat anak-anak kami sendiri dan keluarga mereka merangkul peran, tradisi dan nilai-nilai yang sangat berarti bagi kami, karena ini diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya, terkadang diperbarui untuk perubahan zaman. Saya melihatnya di keluarga saya sendiri dan itu adalah sumber kebahagiaan yang luar biasa," kata Ratu.

Ratu menyampaikan hal pribadi lainnya dalam pidatonya. Ketika itu ia menyebutkan kelahiran empat cicit baru tahun ini, yakni putra Putri Eugenie August yang lahir pada Februari, putra Zara Tindall, Lucas yang lahir pada Maret, putri dari Meghan Markle dan Pangeran Harry, Lili, yang lahir pada Juni, serta putri Putri Beatrice, Sienna, yang lahir pada September.

"Dan bagi saya dan keluarga saya, bahkan dengan satu tawa akrab yang hilang tahun ini, akan ada sukacita di Natal, karena kami memiliki kesempatan untuk mengenang, dan melihat lagi keajaiban musim perayaan melalui mata anak-anak kami, dari yang dengan senang hati kami sambut empat lagi tahun ini," katanya.

"Mereka memberi kita semua pelajaran seperti halnya kisah Natal bahwa dalam kelahiran seorang anak, ada fajar baru dengan potensi yang tak ada habisnya."


Pewaris Kerajaan Inggris

 

Ariana Grande Tutup Akun Sosmed

Ariana Grande Melewati Natal 2021 dengan Tutup Akun Media Sosial

Liputan6.com 2021-12-26 17:30:00
Mac Miller, mantan kekasih Ariana Grande meninggal dunia, meninggalkan kesedihan mendalam untuk Ariana Grande. (Dave Hogan/AP)

Di kala deretan figur publik dunia mengucapkan selamat natal melalui media sosial, penyanyi Amerika Serikat Ariana Grande justru melewatinya dengan menutup akun salah satu media sosialnya.

Membuka Twitter, kini akun resmi milik penyanyi kelahiran Boca Raton, Florida, Amerika Serikat itu, kini sudah tak dapat ditemukan lagi. Hal tersebut menimbulkan sejumlah pertanyaan.

Alhasil, Ariana pun melewatkan waktu Natal 2021 dengan tidak mengucapkan selamat kepada warga Twitter. Namun menariknya, ia justru menjadi trending topic di media sosial tersebut.

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Dipertanyakan

Banyak penggemar yang akhirnya mempertanyakan alasan maupun penyebab Ariana Grande menghapus akun Twitter. Beberapa dari mereka mengungkapkan keherananan sambil mengunggah tangkapan layar berupa kegagalan dalam pencarian nama sang penyanyi.


Spekulasi Sementara

Berbagai spekulasi perihal sikap Ariana Grande ini pun bermunculan. Salah satunya, Ariana dianggap tak mau lagi menjadi sasaran cyberbullying oleh segelintir warganet.

Namun ada juga yang berpendapat bahwa Ariana Grande kini sedang melakukan strategi khusus unutk peluncuran karya terbarunya.


Ucapan di Medsos Lain

Biarpun begitu, Arian Grande tetap aktif di akun media sosial lain. Sempat membuka Instagram, Ariana pun menyampaikan melalui fitur Stories berisi ucapan selamat natal hanya dengan satu kata.

"Merry:)," tulis Ariana singkat.

Di fitur yang sama, Arian juga sempat mempromosikan film Don't Look Up serta menuliskan kalimat bernada cinta.

"Aman, aku mencintaimu," ketiknya singkat seperti disampaikan People pada Sabtu (25/12/2021).


Mirip Miley Cyrus

Tindakan Ariana ini hampir mirip dengan sikap Miley Cyrus yang juga menghapus akun Twitter pada perayaan Hari Natal 2009 lalu. Kala itu, pelantun "Wrecking Ball" tersebut sempat mengklarifikasinya melalui sebuah video singkat.

Tak Diundang karena Terlalu Cantik

Dianggap Terlalu Cantik, Model Ini Batal Diundang ke Pernikahan Sahabatnya

Liputan6.com 2021-12-26 15:30:09
Ilustrasi Gaun dengan Model Backless Credit: pexels.com/Jonathan

Pernikahan menjadi salah satu momen dalam hidup yang tak bisa dilupakan. Apalagi menikah diharapkan akan terjadi sekali dalam seumur hidup. Maka tak heran jika banyak orang yang ingin mengundang keluarga hingga kerabat untuk turut menyaksikan momen spesial itu.

Bagi yang mendapatkan undangan pernikahan tentu turut bahagia. Menjadi bagian dari kebahagiaan orang terdekat tentu menjadi sebuah kehormatan.

Namun sayangnya hal itu tak dirasakan oleh wanita satu ini. Ia diketahui tak diundang ke pernikahan teman dekatnya. Alasan dirinya tak diundang ke acara sakral itu pun terbilang unik.

Dirinya tak diundang ke acara pernikahan sahabatnya ini lantaran dianggap terlalu cantik. Dirinya yang merupakan seorang model ini dianggap terlalu cantik setiap kali memakai gaun.


Tak Diundang ke Pernikahan Sahabat

Dilansir dari Insider oleh Liputan6.com, Minggu (26/12/2021) seorang wanita yang merupakan model bernama Alena Yildiz mendadak viral di media sosial. Hal itu berawal dari dirinya curhat di Instagram Close Friend dan TikToknya.

Di akun pribadinya itu ia curhat jika dirinya tak jadi diundang ke pernikahan sahabatnya. Padahal sahabatnya itu telah mempersiapkan Alena gaun untuk hadir ke acara tersebut.

"Teman dekatku batal mengundangku ke pernikahannya karena dia pikir aku terlalu cantik dalam gaun yang dia pilihkan untukku," tulis Alena.


Dianggap Terlalu Cantik

Lewat akun TikToknya, model 21 tahun ini lantas menunjukkan gaun yang telah dipilihkan pengantin untuknya. Gaun itu berwarna biru, dengan model strapless serta hiasan yang indah.

Setelah mencoba beberapa kali memakai gaun itu, teman dekatnya lalu batal mengundang model asal Jerman ini. Alasannya yakni Alena dianggap terlalu cantik saat memakai gaun.

Video tersebut viral dan diputar hingga 11,6 juta kali dan disukai lebih dari 3 juta pengguna TikTok. Unggahan ini juga dibanjiri komentar dari warganet yang membelanya.

"Seharusnya temanmu meminta untuk mengganti gaunmu saja daripada secara kasar dengan tidak mengundangmu" tulis Ayoznahk.

"Ya sebenarnya temanmu tidak salah, karena kamu memang cantik haha" imbuh NoName.

"Low-key kamu terlihat seperti Ariana Grande" tambah safina3927.

"Dia yang memilih gaun itu. Masalahnya bukan dirimu besti kamu terlihat luar biasa" timpal Tina Kaur.

@alenayildiz

... #fy #fyp #foryoupage #viral

- .

Resolusi Tahun Baru

Journal: Resolusi Tahun Baru, Antara Tekad dan Angan-Angan

Liputan6.com 2021-12-27 00:00:19
JOURNAL_Resolusi Akhir Tahun Sering Gagal, Apa Masalahnya? {Liputan6.com/Abdillah)

Tiga tahun terakhir resolusi tahun baru Putra (30) selalu sama. Dia ingin berhenti merokok. Namun, entah bagaimana, dia selalu gagal mewujudkannya.

Putra mengaku ingin hidup sehat. Ia takut kesehatannya terancam jika terus mempertahankan kebiasaan merokok. "Pas 2019 sempat bertekad kuat, tapi cuma bertahan sebulan. Kemudian 2020 juga sama. Tahun 2021 ini pas pandemi, sekitar dua bulan pertama berhasil, tapi kemudian menyerah lagi," ucap dia.

Pria yang bekerja di salah satu perusahaan swasta itu sadar, untuk mencapai resolusinya, maka dia harus bisa mengalahkan diri sendiri. Tapi terkadang, kata Putra, ada saja faktor eksternal yang membuat resolusinya gagal. "Walau sudah serius, tapi ya namanya hidup, apalagi dalam bekerja, ada saja tekanan dan stres. Akhirnya balik lagi dan resolusi gagal lagi," ujarnya.

Menyambut 2022, Putra mengaku ingin mencoba lagi dengan resolusi yang sama. Ia tak mau lagi gagal dan mencari-cari alasan. "Mudah- mudahan kali ini bisa. Yang penting tekadnya," kata dia.

Lain lagi dengan Mayang (31), yang menargetkan menurunkan berat badan sebagai resolusi tahun baru 2022. Resolusi yang sama dia buat ketika tahun baru 2021. Meskipun berhasil turun, namun masih belum mencapai target yang diinginkan.

Kendati gagal, ia tidak terlalu mempermasalahkannya. Sebab, dia menyadari masih belum menjaga pola makannya dengan disiplin dan maksimal. "Yang penting turun dulu berat badannya. Tahun depan resolusinya benar-benar mengurangi minuman manis sampai 50 persen dan setop ngemil saat malam," tuturnya.

Sejatinya, banyak dari kita yang memakai momen menuju tahun baru sebagai waktu menetapkan target untuk dicapai oleh diri kita sendiri. Kita sering menyebutnya dengan membuat resolusi.

Fenomena membuat resolusi konon bertujuan supaya bisa lebih bersemangat menghadapi tahun baru. Setiap orang punya impian, harapan, dan rencana yang ingin diwujudkan di tahun yang baru. Bentuknya bisa berupa kenaikan jabatan di tempat kerja, berat badan yang ideal, memiliki pasangan, hingga punya rumah, atau kendaraan idaman.

Tahun baru 2022 sudah di depan mata. Sebagian orang pun mulai menyusun apa yang bakal menjadi resolusi mereka di tahun yang baru. Tapi, tidak sedikit yang akhirnya menjadi wacana belaka.

Apa yang direncanakan sebagian orang kala menatap tahun baru, nyatanya tidak pernah benar-benar tercapai karena sulit dilakukan atau dipenuhi. Kendati demikian, orang-orang tetap tidak pernah berhenti membuatnya.

Penelitian Resolusi Tahun Baru (Liputan6.com / Triyasni)

Dalam penelitian University of Scranton, Amerika Serikat, menunjukkan bahwa hanya 19 persen orang yang bisa memenuhi resolusi tahun baru, yang mereka buat sendiri.

Seperti dilansir Popular Science, menurut Timothy Pychyl, associate professor bidang psikologi Universitas Carleton di Ottawa, Kanada, sebagian besar resolusi gagal karena biasanya orang tersebut hanya fokus pada tujuan yang belum bisa diraih selama satu tahun terakhir.

Dan hal buruk lainnya soal resolusi Tahun Baru yakni, ucap Pychyl, orang-orang sekadar membuatnya dan tidak benar-benar melakukan tindakan yang diperlukan untuk mencapainya.

"Mereka membuat resolusi saat ini, namun mereka tidak melakukan apa-apa. Dan orang-orang menyukai hal tersebut," beber Pychyl.


Target Tidak Realistis

Memiliki resolusi tahun baru bukanlah hal yang buruk. Tentu ada dampak positifnya, setidaknya dengan keinginan memenuhi target tersebut. Tapi, kegagalan memenuhi resolusi juga mesti dihadapi.

Psikolog Universitas Indonesia (UI), Dian Wishnuwardani, menjelaskan, masalah yang kerap terjadi ketika menetapkan resolusi adalah memilih target yang tidak realistis. Padahal, menurut Dian, sangat penting untuk mengukur kemampuan diri.

Membuat resolusi adalah tindakan yang dipengaruhi oleh pikiran kita. Tapi, ada beberapa hal yang harus dipahami agar resolusi dapat dicapai, tanpa menyulitkan diri sendiri.

"Kemampuan yang kita miliki apa? Kita tahu dulu, jadi kita memetakan kemampuan diri. Kemampuan diri itu kan ada keterampilan, keuangan, harapan, dan motivasi. Tapi harus diingat juga ada faktor-faktor lingkungan sosial dan eksternal yang bisa memengaruhi," terang Dian kepada Liputan6.com.

Ia menjelaskan, harapan di tahun depan untuk menjadi lebih baik membuat seseorang termotivasi. Motivasi pula yang bisa membuat perubahan dalam diri, di mana hal itu merupakan yang utama ketika menetapkan resolusi. Tapi, dia mengingatkan agar tidak memasang target yang terlalu tinggi dan tidak realistis.

"Memang ada orang-orang yang high achiever, yang harus berprestasi sangat tinggi. Tapi, jangan sampai lupa, kita lihat dulu, yang kita punya setinggi itu enggak? Contoh, target lulus S2 setahun, padahal normalnya dua tahun, paling cepat saja 1,5 tahun," ujarnya.

Wanita yang mengambil gelar magister ilmu psikologi di Universitas Indonesia ini khawatir, apabila hal-hal seperti itu tidak dipahami malah dapat menimbulkan stres bagi si pembuat resolusi.

Ketika resolusi gagal terpenuhi, kata Dian, proses penerimaannya juga kerap tidak mudah dan panjang. Biasanya, Dian meminta kliennya membuat jurnal yang dibagi dua tabel yakni kegagalan dan kesuksesan.

Ia berpendapat, menulis daftar kesuksesan lebih banyak daripada kegagalan bisa menutupi kegagalannya sekaligus menuangkan pikiran dan emosi. Kegagalan dalam memenuhi resolusi bisa dijadikan pelajaran bahwa segala hal yang ada di dunia tidak mungkin didapat dalam waktu singkat.

"Ternyata banyak proses yang harus dipelajari. Itu harus dilakukan dengan penerimaan diri bahwa pernah gagal," katanya.


Mengapa Resolusi Sering Gagal

Head of Center for Human Capital Development PPM Manajemen, Maharsi Anindyajati, menjelaskan, ada beberapa penyebab kenapa kita sering gagal mencapai resolusi. Salah satunya adalah illusory superiority.

Illusory superiority adalah sebuah bias kognitif yang ditunjukkan dengan melebih-lebihkan kemampuan diri dibanding orang lain. Jadi, kita sering berpikir bahwa kita akan berhasil melakukan resolusi tahun ini, meskipun gagal dalam mewujudkannya pada tahun sebelumnya. Dampaknya, kita luput melakukan evaluasi.

Selain itu, kita juga cenderung melihat penyebab kegagalan karena faktor eksternal. Misalnya gagal menurunkan berat badan karena harus melakukan jamuan makan dengan klien. Karena itu, sangat penting dalam membuat resolusi, kita melakukan evaluasi penyebab kegagalan tanpa menyalahkan faktor eksternal.

"Jadi awalnya itu kita merasa lebih mampu dari orang lain, kemudian kita tidak terlalu bisa mengevaluasi penyebab kegagalan. Dan sekalipun evaluasi, biasanya kita melemparkan kesalahan ke pihak eksternal. Pada akhirnya selalu saja dicari-cari alasan kenapa gagal," kata Maharsi kepada Liputan6.com.

Penyebab kegagalan lainnya, kata Maharsi, adalah terlalu banyak keinginan yang kita buat. Saat membuat resolusi, kita memiliki tekad kuat untuk dapat mewujudkannya. Area di otak kita yang banyak bertanggung jawab terkait dengan tekad adalah Pre Frontal Cortex (PFC) yang terletak persis di belakang dahi kita.

Bagian ini berfungsi untuk menjaga kita agar tetap fokus, mengelola ingatan jangka pendek, dan melakukan pemecahan masalah kompleks. Dengan tugasnya yang berat tersebut, tidak mengherankan jika PFC dapat luput menjaga kita untuk tetap melakukan upaya mewujudkan resolusi.

Oleh karena itu, disarankan untuk memilih resolusi paling penting dari sekian banyak keinginan. Hal ini akan lebih memudahkan kerja PFC. Menurut Maharsi, resolusi haruslah disusun secara SMART (specific, measureable, achievable, realistic, dan timely).

"Misalnya mau turun berat badan, harus spesifik mau turunnya berapa kilogram. Karena beda, mau turun 5kg dalam setahun dan sebulan, effort-nya beda. Jadi biasanya orang itu tidak detail, spesifik dan tidak jelas batas waktunya. Pada akhirnya resolusi cuma angan-angan belaka," ucap dia.

Infografis: Resolusi Jangan Jadi Beban (Liputan6.com / Triyasni)

Affective Forecasting

Maharsi mengatakan, setelah menyusun resolusi, biasanya kita akan mengalami fenomena affective forecasting. Fenomena ini terjadi lantaran kita menggunakan apa yang kita rasakan saat ini untuk memprediksi perasaan kita di masa mendatang. Hanya dengan membuat resolusi tahun baru, kita merasa senang dan beranggapan bahwa rasa senang tersebut akan hadir di waktu-waktu mendatang.

Kondisi ini sering membuat kita terlena untuk mengambil tindakan dan cenderung menundanya. Karena tentunya saat bertindak, perasaan yang muncul tidak sesenang saat menyusun resolusinya.

"Jadi, saat bikin resolusi, kita senang membuatnya. Tapi ketika menjalankan, kebanyakan kita melihatnya sebagai beban. Dan begitu menjalankannya tidak fun lagi, kita langsung melepasnya," kata Maharsi.

Ia menjelaskan, prokrastinasi atau kecenderungan menunda untuk bertindak, merupakan salah satu penyebab kegagalan resolusi. Oleh karena itu, sangat penting untuk segera mengambil tindakan, terutama dalam kurun waktu dua bulan pertama.

Kegagalan dalam mewujudkan resolusi juga disebabkan karena kita tidak mampu membentuk kebiasaan baru. Kebiasaan terbentuk dari pengulangan perilaku. Pada dasarnya, kebiasaan adalah sebuah koneksi antar neuron di otak kita. Semakin kita sering menampilkan perilaku, semakin kuat koneksi antar neuron yang terjadi.

Permasalahannya, kita sering mempersepsikan perilaku terkait dengan resolusi kita sebagai hal yang kurang menyenangkan. Mencoba lebih sabar, mengubah pola hidup, atau mengurangi belanja konsumtif, lebih sering kita asosiasikan dengan hal yang memberatkan dan kurang menyenangkan.

Akibatnya, sulit bagi kita untuk mulai memunculkan perilaku tersebut, apalagi kemudian membentuk kebiasaan atas perilaku. Oleh karena itu, terlebih dahulu bentuk asosiasi yang positif antara perilaku dan hal yang menyenangkan, sehingga kita lebih antusias dalam menampilkan perilakunya.

"Jadi lawan terbesar kita pada saat mewujudkan resolusi adalah diri kita sendiri. Ketika kita bisa mengalahkan diri kita sendiri, muncul rasa percaya diri dan harga diri. Tapi begitu gagal, kita merasa tidak berharga. Kemudian menunda lagi sampai tahun depan," ujarnya.


Bagaimana Mencapai Resolusi

Pakar Neuroscience Bisnis, Lyra Puspa, menjelaskan, dalam sistem otak manusia bekerja, ada empat cara orang menjalani hidup demi mencapai tujuan.

Yang pertama adalah malas untuk bermimpi. Jadi, hidup orang tersebut penuh dengan pesimisme. Bahkan untuk membuat resolusi saja malas. Mereka sibuk dengan blaming dan complain. Orang-orang seperti ini selalu melihat ke masa lalu.

Kedua, adalah orang yang punya mimpi besar, tapi tidak ada tindakannya. Semua tidak dijalankan dan orang tersebut hanya sekadar mengkhayal.

Ketiga, orang yang punya rencana, tapi pencapaiannya biasa saja. Mereka hanya melakukan hal-hal standar. Dan yang keempat, adalah punya mimpi besar dan rencana bagus, tapi implementasinya putus di tengah jalan.

Infografis Tips Mewujudkan Resolusi di Tahun Baru (Abdillah/Liputan6.com)

Wanita lulusan Harvard Business School tersebut mengatakan, untuk mencapai tujuan resolusi, maka otak manusia harus berpikir ke depan, memiliki imajinasi, estimasi dan determinasi kuat.

Jadi ketika seseorang bermimpi soal resolusi, jangan langsung dikritik. Mimpi saja dulu, lalu segera ikuti dengan estimasi, yakni bikin rencana ke depan dengan resolusi kita. Berikutnya melatih determinasi untuk mencapai resolusi tersebut.

"Itu kalau mau punya resolusi yang strong dan mimpi besar yang terwujud di akhir tahun depan," kata Lyra kepada Liputan6.com.

Ia mengatakan, secara statistik, orang-orang yang sukses mencapai resolusi tidak banyak. Orang yang berhasil, biasanya terampil mengkombinasikan empat hal di atas.

"Jadi orang itu terlatih dan terampil. Jadi, ujung-ujungnya adalah latihan otak demi mencapai resolusi," dia menegaskan.


INFOGRAFIS