Volume 175

Jangan Sedih, Jojo Sudah Tunangan

Tunangan dengan Shanju Eks JKT48, Jonatan Christie Pakai Jas dan Sneakers

Liputan6.com 2021-12-27 17:02:27
Jonatan Christie Pakai Jas dan Sneakers Saat Acara Tunangan dengan Shanju Eks JKT48. foto: Instagram @gabrielastefanietan

Selain sepak bola, bulu tangkis sudah lama jadi cabang olahraga primadona di Indonesia. Tak heran jika soal prestasi maupun kehidupan pribadi mereka tak luput jadi sorotan. Begitu juga dengan pasangan Jonatan Christie dan Shania Junianatha alias Shanju eks JKT48.

Kabar Jonatan Christie meminang Shanju pun sontak mencuri perhatian. Lewat unggahan di Instagram, momen tunangan keduanya ramai dibanjiri ucapan selamat.

Setelah lima tahun menjalin asmara, pria yang akrab disapa Jojo itu resmi bertunangan dengan pujaan hatinya, Shanju, pada Minggu, 26 Desember 2021. Kabar pertunangan ini diketahui dari unggahan Instagram keduanya yang membagikan ucapan selamat dari sahabat-sahabatnya.

Pada momen tersebut, Shanju tampil cantik dalam balutan dress navy. Ia juga terlihat tampil dengan pulasan makeup flawless dan tatanan rambut yang digerai.

Ia terlihat serasi dengan Jonatan Christie yang mengenakan setelan jas navy dipadukan kemeja putih polos. Yang menarik, kalau Shanju terlihat memakai heels berwarna cokelat muda, Jojo justru tampil lebih kasual dengan mengenakan sneakers putih.

Momen pertunangan ini berlangsung tertutup dan hanya dihadiri oleh keluarga serta sahabat terdekat. Beberapa dari mereka mengunggah foto-foto acara pertunangan tersebut di Instagram.

Suasana terlihat khidmat. Dengan senyum bahagia, Shanju pun turut memamerkan cincin di jari manisnya. Kini, hubungan asmara keduanya selangkah lagi menuju pelaminan.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Pertemuan di Gereja

Di salah satu foto yang beredar di media sosial, mereka saling bertukar cincin tanda lamaran dan pertunangan. Banyak yang mendoakan Shanju dan Jojo supaya rencana pernikahan mereka berjalan lancar sampai hari bahagia tiba.

Keduanya diketahui go public pada Natal 2020 lalu, karena Jojo dan Shanju kompak mengunggah kebersamaan di Instagram pada saat itu. Sebelumnya, Jojo diketahui sudah melamar Shanju pada September 2021. Hal tersebut diketahui dari unggahan Jojo mengenakan baju yang sama dengan unggahan terbaru Shanju saat lamaran.

Dikutip dari kanal Bola Liputan6.com, kedekatan Shanju dan Jojo bermula dari pertemuan mereka di gereja. Kala itu, Shanju memberanikan diri menghampiri Jojo untuk meminta video ucapan selamat ulang tahun untuk teman dekatnya.

Momen ini pun membuat hubungan Jojo dan Shanju kian dekat. Selain itu, Shanju dan Jojo juga pernah menjadi model iklan untuk produk Bank BUMN. Hubungan mereka dikabarkan semakin dekat setelah kedapatan nonton bersama konser Westlife.


Momen Mesra

Beberapa waktu lalu, Shanju memperlihatkan salah satu momen mesra bersama sang kekasih. Ia juga memamerkan pesan chat paling berkesan yang dikirimkan Jojo.

Hal itu mendorong seorang warganet menantang Shanju untuk mempublikasikan chat paling manis dari kekasih, dara 23 tahun itu untuk kemudian langsung mengunggahnya di Instagram Stories.

Shanju pun memperlihatkan pesan chat dari Jojo melalui aplikasi WhatsApp yang menurutnya tak bisa dilupakan. "Aku bangga bukan karena aku merasa hebat tapi aku sadar dan bangga akan didikan Tuhan selama ini di dalam hidup aku yang bisa membuat aku seperti itu," begitu tulis Jojo kepada sang kekasih seperti sempat terlihat di Instagram @shanju.

Shanju pun sepertinya menganggap sisi spiritual Jojo sebagai hal yang membuatnya semakin cinta kepada kekasihnya itu. "Dan itu melebihi hal apa pun termasuk aku bisa menangin pertandingan ini," sambung Jojo dalam chat tersebut.

Menariknya, dalam isi percakapan tersebut, Shanju juga memajang nama Jojo dalam kontaknya. Ia pun menuliskan nama JC dan emotikon hati sebagai nama kontak Jojo di ponsel.


Fakta-Fakta Menarik tentang Fashion

 

Ayah Vanessa Vs Ayah Bibi Memanas

Kronologi Hubungan Doddy Sudrajat dan Faisal Memanas, 3 Hari Setelah Vanessa Angel Dikubur Masih Baik

Liputan6.com 2021-12-27 12:38:07
Vanessa Angel. (Foto: Instagram @vanessaangelofficial)

Bukannya bersinergi untuk mengawal tumbuh kembang Gala Sky Andriansyah, Doddy Sudrajat malah berseteru dengan mertua almarhumah Vanessa Angel, H. Faisal.

Perseteruan ini memanas hingga ke ruang sidang hak perwalian Gala yang digelar di Pengadilan Agama Jakarta Barat pekan lalu. Doddy Sudrajat tepergok tak mau menerima salam Faisal dan dikecam warganet.

Ayah Bibi Andriansyah kemudian mengenang kronologi memanasnya hubungan dengan besan. Ia ingat betul, dulu hubungannya dengan Doddy Sudrajat baik-baik saja.

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Bertemu Beberapa Kali

"Kalau di awal-awal dulu orang baik itu saja. Dia orang enggak banyak cerita. Saya ACC-ACC saja sama dia dulu, enggak ada masalah. Dulu waktu pertama di pernikahan kan bertemu," katanya.

"Memang saya sama dia bertemu beberapa kali. Ketemu saya sering baru di saat (Vanessa Angel dan Bibi Andriansyah) meninggal ini," Faisal menyambung seraya menyebut dulu semua harmonis.


Tolong Bantu Saya

Melansir dari video interviu di kanal YouTube Cumicumi, Senin (27/12/2021), Faisal menyebut dulu komunikasi dengan Doddy Sudrajat terasa nyambung. Bahkan saat almarhumah tersangkut kasus hukum, keduanya bahu membahu.

"Pas di pesta di Bali, nyambung saja saya bawa main. Terus pas kejadian awal, saya telepon dia: Datanglah Pak Doddy tolong bantu saya segala macam dia datang," ia membeberkan.


Sampai Hari Ketiga

Lalu tragedi menimpa kedua keluarga ini. Vanessa Angel dan Bibi Andriansyah tewas dalam kecelakaan maut di Tol Jombang Mojokerto Jawa Timur pada 4 November 2021.

Setelah pemakaman, Faisal menyebut hubungannya dengan Doddy Sudrajat masih solid. "Sampai kemarin-kemarin, sampai hari ketiga, dia ikut-ikut saja enggak ada masalah," urai Faisal.


Semua Berubah

Setelahnya ia menyebut "cuaca" dalam keluarga berubah. Angin menerjang. Walhasil, hubungan keduanya tak sehangat dulu. Faisal tak menjelaskan detail angin yang dimaksud.

Yang jelas, Faisal optimistis hubungan dengan Doddy Sudrajat sebenarnya masih bisa diperbaiki. "Sebenarnya kalau diselesaikan berdua amanlah (jangan ada pihak lain)," ia mengakhiri. Semoga.

Ardes Goenawan Tuai Hujatan

Bayi Prematur Lesti Kejora

Lesti Kejora Melahirkan Prematur, Usia Kandungan 34 Minggu

Liputan6.com 2021-12-27 13:29:19
Tampil menawan di acara 7 bulanan Aurel Hermansyah, outfit Lesti Kejora ternyata berharga ratusan ribu. (Instagram/lestikejora).

Selebriti Lesti Kejora melahirkan lebih cepat, yang mana kelahiran secara prematur. Padahal, Hari Perkiraan Lahir (HPL) adalah akhir Januari 2022 atau awal Februari 2022.

Dokter Puspa, yang mengawal persalinan Lesti Kejora di RS Bunda Jakarta, mengungkapkan kondisi istri pasangan Rizky Billar ini. Bahwa keputusan melakukan persalinan lebih cepat dari seharusnya dengan melahirkan di usia kehamilan 34 minggu.

"Saya dihubungi ibu Lesti, ada flek kayaknya kecapekan ya. Setelah diobservasi kontraksinya banyak, dokter Nana yang menangani langsung, merekomendasikan dirawat saja. Karena hari perkiraan lahirannya kan masih lama," ungkap dokter Puspa melalui unggahan di akun YouTube Leslar Entertainment, Senin (27/12/2021).

"Saya kaget juga karena ini kan prematur. Sempat dikasih obat-obatan supaya mempertahankan tidak terjadi kontraksi, tapi berlum berhasil."

Adanya kontraksi yang terus menerus yang dialami Lesti Kejora, akhirnya diputuskan melakukan tindakan operasi caesar. Kondisi yang dialaminya memang di luar perkiraan.

"Sesuai dokter yang megang ibu Lesti, kita lakukan sectio caesarea (operasi caesar) malam ini juga. Kondisi ini di luar prediksi juga (melahirkan lebih cepat)," imbuh dokter Puspa.


Sempat Rencanakan Baby Shower

Persalinan yang dipercepat, Lesti Kejora mengaku belum memiliki persiapan. Ia dan Rizky Billar sudah memiliki beberapa pekerjaan dan jadwal kegiatan hingga Januari 2021, termasuk baby shower.

"Karena kondisinya seperti ini, belum ada persiapan apa-apa ha ha ha," papar wanita berhijab tersebut.

"Sebenarnya, ada beberapa proyek yang dibatalin, sebenarnya ada baby shower di bulan satu awal, dan ada proyek video klip yang sebenarnya buat surprise," sambung Rizy Billar.


Infografis 8 Cara Cegah Bayi Baru Lahir Tertular Covid-19

 

Saatnya Tim Garuda Juara

Jumpa Thailand di Final Piala AFF 2020, Saatnya Indonesia Balaskan Dendam AFF 2016

Liputan6.com 2021-12-27 12:40:59
Timnas Indonesia telah melewati 4 partai di fase grup Piala AFF 2020 dengan keluar sebagai juara grup dengan mengoleksi 10 poin, unggul selisih gol atas Vietnam. Dari 4 laga tersebut, tercata

Timnas Indonesia dipastikan akan bersua Thailand pada babak final Piala AFF 2020. Pertandingan tersebut sekaligus menjadi momentum untuk skuad Garuda membalaskan dendamnya usai kalah atas Thailand pada Final Piala AFF 2016 lalu.

Tim Gajah Putih, julukan Thailand berhasil melaju ke partai puncak Piala AFF 2020 setelah menang agregat 2-0 atas Vietnam. Walau bermain imbang tanpa gol di leg kedua, namun pada leg pertama pasukan Alexandre Polking sukses meraih kemenangan dua gol tanpa balas atas skuad Park Hang-seo.

Sebelumnya, Timnas Indonesia sudah terlebih dahulu memastikan tiket final Piala AFF 2020 usai berhasil menang dramatis atas tuan rumah Singapura dengan agregat 5-3 (1-1, 4-2) pada semifinal Piala AFF 2020 yang digelar di National Stadium, Kallang, Singapura, Sabtu (25/12/2021).

Final Piala AFF 2020 ini merupakan kali keenam bagi Timnas Indonesia melangkah ke partai puncak turnamen bergengsi se-Asia Tenggara tersebut. Beban berat dipikul para punggawa skuad Garuda. Pasalnya, Indonesia ditargetkan oleh PSSI untuk dapat meraih gelar juara pada Piala AFF 2020.

Melansir laman resmi PSSI, Mochamad Iriawan selaku ketua umum PSSI mengatakan, bahwa TimnasIndonesia memiliki kesempatan dan peluang besar untuk dapat menjuarai turnamen paling bergengsi di kawasan Asia Tenggara itu.

"Sudah terlalu lama kita tidak menjadi juara. Kini saatnya kita menjadi yang terbaik," ujarnya dalam laman resmi PSSI.


Belum Pernah Meraih Gelar Juara Piala AFF

Adanya target juara itu, tentu saja akan membuat Timnas Indonesia menghadapi ujian cukup berat. Seperti diketahui, sejak kali pertama digulirkan pada 1996, Indonesia belum pernah meraih gelar tertinggi turnamen Piala AFF.

Prestasi terbaik Timnas Indonesia hanyalah lima kali lolos ke final yang berujung menjadi runner up, yaitu pada 2000, 2002, 2004, 2010, dan 2016. Terakhir, Indonesia dipaksa kalah dari Thailand dengan skor agregat 2-3 pada 2016.

Kala itu, timnas Indonesia berhasil memastikan satu tempat di babak Final Piala AFF 2016 usai mengalahkan Vietnam secara dramatis melalui Pinalti Manahati Lestusen di menit ke-97 pada leg kedua semifinal.

Kemenangan itu turut mengantarkan Timnas Indonesia melaju ke putaran Final Piala AFF 2016 dengan menghadapi Thailand. Pada leg pertama babak final yang berlangsung di Stadion Pakansari, Bogor, timnas Indonesia berhasil meraih kemenangan tipis 2-1.

Gol Indonesia saat itu dicetak oleh Rizky Pora dan Hansamu Yama, sedangkan gol semata wayang Thailand dicetak oleh salah satu striker andalan mereka, Teerasil Dangda.

Namun, asa Indonesia untuk menjuarai Piala AFF pertama kalinya harus kandas kala bertandang ke Thailand. Pada leg kedua, timnas Indonesia harus menyerah oleh tuan rumah dengan skor 2-0 di Rajamangala Stadium.


Ajang Balas Dendam AFF 2016

Kalah agregat skor dari Thailand, membuat timnas Indonesia terpaksa gagal membawa pulang trofi Piala AFF untuk kelima kalinya. Padahal, timnas Indonesia hampir saja menjuarai Piala AFF 2016 andai saja tak ditekuk oleh Thailand di leg kedua.

Oleh sebab itu, pertemuan antara Timnas Indonesia dengan Thailand pada Final Piala AFF 2020 kali ini dapat menjadi ajang untuk pasukan Garuda membalaskan kekalahannya pada 2016 silam.

Laga final Piala AFF 2020 dijadwalkan akan berlangsung pada Rabu (29/12/2021) dan Sabtu (1/1/2022) di Stadion Nasional Singapura. Kedua tim diprediksi akan saling tampil habis-habisan untuk menjadi yang tersuperior pada turnamen paling bergensi di Asia Tenggara tersebut.


Head to Head Timnas Indonesia vs Thailand

1. Thailand vs Timnas Indonesia: 4-1(Final Piala AFF 2000)

2. Thailand vs Timnas Indonesia: (2-2), kalah dalam drama adu penalti (4-2).(Final Piala AFF 2002)

3. Timnas Indonesia vs Thailand: 1-0(Turnamen Merdeka 2006)

4. Timnas Indonesia vs Thailand: 0-1(Semifinal Piala AFF 2008)

5. Thailand vs Timnas: 2-1(Semifinal Piala AFF 2008)

6. Timnas Indonesia vs Thailand 1-2 (penyisihan Grup A Piala AFF 2010)

7. Thailand vs Timnas Indonesia: 4-2 (penyisihan Grup A Piala AFF 2016)

8. Timnas Indonesia vs Thailand: 2-1 (leg 1 Final Piala AFF 2016)

9. Timnas Indonesia vs Thailand: 2-0 (leg 2 Final Piala AFF 2016)

10. Thailand vs Timnas Indonesia: 4-2 (penyisihan Grup B Piala AFF 2018)

11. Timnas Indonesia vs Thailand: 0-3(Kualifikasi Piala Dunia 2022)

12. Timnas Indonesia vs Thailand: 2-2(Kualifikasi Piala Dunia 2022)

Penulis: Rafi Abdul Rochim

Ada Bu Susi di Bungkus Gorengan

Dokumen Kependudukannya Jadi Bungkus Gorengan, Begini Reaksi Susi Pudjiastuti

Liputan6.com 2021-12-27 11:53:39
Susi Pudjiastuti.

Foto yang diduga dokumen kependudukan milik mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menjadi bungkus gorengan beredar di media sosial. Banyak masyarakat yang memberi tahu peristiwa tersebut ke Susi lewat twitter.

Menanggapi hal tersebut, Susi Pudjiastuti pun membalasnya lewat akun twitter pribadinya @susipudjiastuti. Dalam unggahannya Susi menyebut peristiwa tersebut sudah biasa terjadi dan tidak tahu harus protes ke mana.

"Kawan2 beberapa hari ini saya dimention, DM dll.. semua tanya apa pendapat sy ttg hal ini? Sy harus berpendapat apa? Hal seperti ini bukannya sudah biasa terjadi ? Protes kemana? ke siapa ?setiap hari kita dapat WA Pinjol, investasi, promo dll.. semua tahu nomor kita data kita.. so," kata Susi melalui akun twitter pribadinya, Senin (27/12/2021).

Sementara itu, Direktur Jenderal Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh membenarkan dokumen yang beredar itu merupakan dokumen kependudukan yang dirilis Dinas Dukcapil. Dokumen itu, menurut Zudan mestinya dipegang oleh masyarakat, bukan dinas.

"Dokumen tersebut adalah dokumen yang dibuat oleh Disdukcapil yang berupa surat keterangan yang diberikan dan dipegang oleh masyarakatnya. Pada prinsipnya semua dokumen yang ada NIK dan nomor KK harus disimpan dengan baik oleh setiap pihak yang berkepentingan," katanya, Senin (27/12/2021).


Saran Dukcapil

Dukcapil pun menyarankan agar surat keterangan kependudukan yang sudah tak terpakai dimusnahkan, bukan malah dibuang begitu saja.

"Surat keterangan itu kan untuk penduduk, bila sudah tidak dipakai dimusnahkan oleh penduduknya biar aman," katanya.

BoA Idol Kpop Cewek Terkaya

Masuk Idol Kpop Perempuan Terkaya, BoA Girls On Top Ternyata Pegang Jabatan di SM Entertainment

Liputan6.com 2021-12-27 13:59:01
BoA (SM Entertainment via Soompi)

BoA resmi bergabung dalam girl group Kpop baru, Girls On Top, girl yang dibentuk oleh SM Entertainment.

Diketahui bahwa sosok yang mendapat julukan 'Queen of KPop' itu tak lagi asing di SM Entertainment.

Dikutip dari laman Bloomberg, Senin (27/12/2021) Boa sendiri telah menjabat sebagai Executive Director SM Entertainment Co Ltd sejak tahun 2018.

SM Entertainment Co Ltd, merupakan perusahaan produksi musik ternama di Korea Selatan.

Perusahaan tersebut memproduksi, mempromosikan dan memasarkan karya musik sejumlah musisi ternama di Korea Selatan.

SM Entertainment juga menyediakan penyelenggaraan tur konser dan layanan pelatihan artis.

Tak hanya itu, BoA juga masuk dalam daftar idol Kpop perempuan terkaya.

Dilansir dari laman South China Morning Post, BoA memiliki keayaan bersih sekitar USD 25 juta.

Dia telah berkecimpung di industri musik selama lebih dari dua dekade, penyanyi legendaris ini telah merilis lusinan album studio dalam berbagai bahasa seperti Korea, Jepang, dan juga dalam bahasa Inggris.


SM Entertainment Umumkan Girl Group Kpop Baru, Girls On Top

SM Entertainment pada Senin (27/12/2021) mengumumkan telah membentuk girl group Kpop baru Girls On Top.

Dalam sebuah foto yang diposting di laman Instagram resminya, SM Entertainment mengumumkan para member dari Girls On Top.

Girls On Top diisi oleh sejumlah penyanyi Kpop ternama, yaitu Taeyeon dan Hyoyeon dari Girls' Generation's, Wendy dan Seulgi dan Red Velvet, serta Winter dan Karina dari Aespa.

Di bagian caption postingan tersebut, SM Entertainment mengungkapkan bahwa Girls On Top akan tampil di awal tahun depan.

Sementara itu, lagu resmi Girls On Top bakal dirilis setelahnya.

"GOT the beat(GOT:Girls On Top) Special Stage: 2022.01.01. New Song Release: 2022.01.03. 6PM KST," tulis SM Entertainment, dikutip Senin (27/12/2021).

Delmicron bukan Varian Baru

Mantan Direktur WHO Asia Tenggara Luruskan tentang Varian Delmicron

Liputan6.com 2021-12-26 15:02:05
Ilustrasi varian COVID-19, omicron. (PHoto by brgfx on Freepik)

Senada dengan Ketua Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Profesor Zubairi Djoerban, eX Direktur WHO Asia Tenggara, Prof Tjandra Yoga Aditama menyebut bahwa Varian Delmicron bukanlah varian baru Virus Corona.

Lewat keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com pada Minggu siang, 26 Desember 2021, Tjandra, mengatakan, istilah Delmicron bermula dari keterangan salah seorang anggota Satgas (taskforce) dari negara bagian Maharashtra di India, Dr Shashank Joshi.

Berikut hal-hal yang mesti diketahui mengenai gembar-gembor adanya Delmicron dari Prof Tjandra Yoga.

- Istilah ini tampaknya banyak bermula dari keterangan Dr Shashank Joshi. Salah seorang anggota Satgas (taskforce)dari negara bagian Maharashtra di India. Ibukota Maharashtra adalah Mumbai atau Bombay, kota perdagangan dan juga pusat industri film Bollywood.

- Otoritas berwenang di India termasuk yang ternama seperti Indian Council of Medical Research (ICMR) tidak pernah memberikan informasi tentang ada tidaknya Delmicron, juga tidak ada pernyataan dari organisasi resmi apapun di India, juga tidak ada penjelasan dari pakar lain yang menyebutkan tentang Delmicron.

- Jadi, sejauh ini hanya pendapat seorang dokter yang kebetulan di wawancara media, bukan dalam bentuk tulisan ilmiah.

- Sejauh ini disebutkan bahwa ini bukanlah varian baru, tetapi pasien yang terserang varian Delta dan varian Omicron, sehingga diduga cepat menular dan keluhannya tidak ringan, tetapi sekali lagi belum ada bukti ilmiah yang jelas tentang hal ini

- Kita tahu penamaan varian WHO adalah berdasar abjad Yunani. Jadi, sepatutnya tidak akan ada istilah Delmicron dalam klasifikasi VOC (variant of concern) atau VOI (variant of interest) WHO.


Infografis 5 Cara Lindungi Diri dan Cegah Penyebaran Covid-19 Varian Omicron

 

Premium dan Pertalite Bakal Dihapus

HEADLINE: Rencana Penghapusan Bertahap Premium dan Pertalite, Skemanya?

Liputan6.com 2021-12-28 00:00:09
Banner Infografis Siap-Siap Premium dan Pertalite Hilang dari Pom Bensin. (Liputan6.com/Abdillah)

Masyarakat kembali dibikin dag dig dug. Bagaimana tidak, wacana BBM jenis Premiumdihapus kembali mencuat. Hal ini digulirkan Kementerian ESDM. Alasan utamanya satu, yaitu untuk mendukung penggunaan BBM yang ramah lingkungan.

Premium sendiri saat ini merupakan BBM dengan RON88. BBM dengan kualitas rendah ini sebenarnya sudah diasingkan di dunia. Terbukti, hanya sedikit negara yang masih memproduksi dan memasarkannya ke masyarakat, salah satunya Indonesia.

Direktur Pembinaan Usaha Hilir Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM Soerjaningsih mengatakan, pemerintah sedang menyusun peta jalan bahan bakar minyak ramah lingkungan di mana nantinya pertalite juga akan digantikan dengan bahan bakar yang kualitasnya lebih baik.

"Kita memasuki masa transisi di mana premium RON 88 akan digantikan dengan pertalite RON 90, sebelum akhirnya kita akan menggunakan bahan bakar yang ramah lingkungan," katanya.

Suntik mati Premium ini sebenarnya menjadi tahap awal sebelum masyarakat beralih ke BBM dengan RON90, yaitu Pertalite. Esensi diciptakannya Pertalite oleh Pertamina memang sebagai transisi sebelum nantinya semua akan pindah ke Pertamax, yang memiliki RON92.

Pemerintah akan berusaha meredam gejolak yang timbul di masyarakat terkait proses shifting pertalite ke pertamax. Perubahan dari premium ke pertalite akan mampu menurunkan kadar emisi karbon dioksida sebesar 14 persen. Adapun perubahan dari pertalite ke pertamax akan menurunkan kembali emisi karbon dioksida sebesar 27 persen.

Dikutip dari data Pertamina, konsumsi bensin jenis Premium dan Pertalite dari tahun ke tahun masih naik. Adapun untuk penggunaan bensin Premium pada tahun 2018 secara nasional mencapai 31,3 persen dari konsumsi BBM secara nasional. Nah, pada tahun 2019 konsumsi naik menjadi 33,3 persen dari penggunaan secara nasional.

Begitu juga dengan penggunaan bensin Pertalite yang masih mengalami peningkatan, dari yang tahun 2018 mencapai 52,4 persen secara nasional meningkat di tahun 2019 menjadi 56,3 persen secara nasional.

Atas dasar data tersebut pula, Pertamina mengaku siap menjalankan apa yang sudah menjadi kebijakan pemerintah.

"Kami akan mengikuti ketetapan dari Pemerintah," kata Corporate Secretary Subholding Commercial And Trading PT Pertamina (Persero), Irto Ginting.

Dia mengakui jika saat ini masyarakat sudah mulai sadar dan menggunakan BBM berkualitas atau yang sesuai dengan spek kendaraannya.

Pertamina juga terus mengedukasi dan memberikan benefit tambahan kepada masyarakat untuk menggunakan BBM berkualitas. "Pertamina tetap melaksanakan tugasnya, termasuk dalam suplai dan pendistribusian BBM sesuai kebutuhan masyarakat," tandasnya.

Sementara itu, di kesempatan terpisah, Komisaris Utama PT Pertamina, Basuki Tjahaja Purnama sangat mendukung rencana pemerintah menghapus BBM yang tak ramah lingkungan.

"Premium membahayakan kesehatan," kata dia kepada Liputan6.com.

Selain alasan kesehatan tersebut, pria yang akrab disapa Ahok ini mengatakan tingkat penggunaan Pertalite telah mendominasi. Diketahui, Pertalite memiliki kadar oktan RON 90 atau satu tingkat diatas Premium.

Namun, Ahok tidak merinci terkait rencana penghapusan Premium ini akan dilakukan kapan. Ia pun meminta pertanyaan ini disampaikan ke direksi PT Pertamina (Persero).

"Bisa ke direksi. Premium dihapus karena pemakaian Pertalite sudah hampir 80 persen," terangnya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Pemerintah berencana menghapus BBM jenis premium dan pertalite dari peredaran

Tahapan Penghapusan

Mengacu data Pertamina dalam rapat kerja bersama DPR, terdapat tiga tahapan yang akan dilakukan Pertamina untuk menghapus secara perlahan penggunaan bensin Premium dan Pertalite.

Strategi penghapusan itu merupakan simplifikasi varian produk dan comply dengan Peraturan Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup (KLHK) Nomor P.20/Menlhk/Setjen/Kum.1/3/2017 yang mengatur soal baku mutu emisi gas buang kendaraan bermotor tipe baru untuk kendaraan bermotor roda empat atua lebih.

Dalam beleid itu, pemerintah menetapkan BBM tipe euro 4 atau setara BBM oktan 91 ke atas mulai tahun 2019 secara bertahap hingga 2021.

Adapun yang kadar oktannya di bawah 91 atau masuk standar euro 2 saat ini adalah Premium dan Pertalite.

Adapun tahapan penghapusan kedua bensin itu, langkah pertama akan dilakukan pengurangan bensin Premium disertai dengan edukasi dan campaign untuk mendorong konsumen menggunakan BBM Ron 90 ke atas.

Kedua, pengurangan bensin Premium dan Pertalite di SPBU disertai dengan edukasi dan campaign untuk mendorong menggunakan BBM di atas RON 90 ke atas.

Dan langkah ketiga, simplifikasi produk yang dijual di SPBU hanya menjadi dua varian yakni BBM RON 91/92 (Pertamax) dan BBM RON 95 (Petamax Turbo).

Mengomentari tahapan transisi yang dimiliki Pertamina ini, Komisi VII DPR RI meminta Perseroan harus menjalankan komitmen itu. Jika tidak, dikhawatirkan akan terjadi gejolak di masyarakat.

"Tanggapan kami, pertama penghapusan premium dan pertalite itu, khususnya premium perlu dilakukan secara bertahap atau tidak sekaligus. Ini supaya tidak menimbulkan gejolak di masyarakat," ungkap Wakil Ketua Komisi VII DPR RI asal Fraksi PAN Eddy Soeparno.

Eddy menerangkan, kebijakan penghapusan BBM jenis premium maupun nantinya pertalite sendiri merupakan suatu keniscayaan. Mengingat, era pasar saat ini telah beralih ke bahan bakar dengan kandungan oktan tinggi yang lebih ramah lingkungan.

Dia mencontohkan, saat ini, produsen kendaraan bermotor sudah ramai-ramai meninggalkan penggunaan bahan bakar dengan oktan rendah, termasuk premium dan pertalite.

"Sehingga, tidak lagi mobil menggunakan bahan bakar premium atau oktan rendah lainnya," tekannya.

Selain itu, keputusan untuk menghapus BBM premium juga sejalan dengan arah pemerintah untuk mempercepat transformasi energi baru dan terbarukan di Indonesia. Dengan begitu, penggunaan energi berbasis fosil otomatis ditinggalkan.

"Ini merupakan bagian dari upaya kita melestarikan lingkungan yang harus dilakukan," tutupnya.

Mengamini apa yang diungkapkan Eddy, Direktur Eksekutif Center of Energy and Resources Indonesia (CERI), Yusri Usman menilai Premium dihapus baru bisa dilakukan pada 2025. Itu mengacu pada Premium yang masih jadi pilihan masyarakat karena harga yang terjangkau.

"Saya prediksi paling cepat tahun 2025 baru bisa premium dihapus," katanya kepada Liputan6.com.

Ia pun menduga, jika dalam waktu dekat pemerintah meniadakan BBM beroktan rendah ini, bisa menimbulkan gejolak sosial hingga politik. Apalagi, mulai 2022 diprediksi gejolak politik akan dimulai.

"Jika dalam waktu dekat dihapus, bisa terjadi gejolak sosial ke politik. Apalagi tahun 2022 sudah masuk tahun politik, bisa ramai perpolitikan nasional," kata dia.

Infografis Ragam Tanggapan Rencana Penghapusan Premium dan Pertalite. (Liputan6.com/Abdillah)


Hanya Ada 7 Negara di Dunia Pakai Premium

Rencana penghapusan bahan bakar minyak (BBM) Premium hingga Pertalite tengah hangat diperbincangkan. Yang menarik, ternyata hanya ada sejumlah negara yang masih menggunakan bahan bakar minyak (BBM) RON 88 atau setara Premium. Salah satu negara tersebut yaitu Indonesia.

Berdasarkan data Pertamina, saat ini hanya ada 7 negara yang menggunakan BBM Premium yaitu Bangladesh, Kolombia, Mesir, Mongolia, Ukraina, Uzbekistan dan Indonesia.

"Jadi populasinya secara global juga sangat sedikit. Negara-negara maju sudah menggunakan BBM dengan minimal standar EURO 4," kata Pengamat Energi Maming Setiawan kepada Liputan6.com.

Mamit pun mengusulkan agar Pemerintah nantinya dapat memberikan subsidi kepada masyarakat jika BBM Premium dan Pertalite resmi dihapus.

"Kita mesti melihat juga kondisi perekonomian masyarakat. Pemerintah, jika Pertamax menjadi BBM pilihan maka saya kira bisa memberikan subsidi ke masyarakat," kata Mamit.

Sama halnya dengan Malaysia, dimana Pemerintahnya memberikan subsidi kepada penggunaan BBM ron tinggi. Selain itu, saat ini jumlah negara yang menggunakan Premium juga sangat sedikit.

Sementara dari sisi pengusaha, sampai saat ini belum menerima kebijakan yang pasti dari pemerintah.

Ketua DPD III Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas (Hiswana Migas) Juan Tarigan, menanggapi rencana penghapusan secara bertahap Bahan Bakar Minyak (BBM) Premium dan pertalite.

Hiswana Migas memastikan masih akan menyalurkan BBM sesuai kebijakan pemerintah. "Prinsipnya kami tetap menyalurkan BBM sesuai kebijakan dari pemerintah," kata Juan Tarigan saat dihubungi Liputan6.com.

Dia menegaskan, hingga kini pihaknya belum mendapatkan informasi teknis seperti apa skema rencana penghapusan Premium dan Pertalite secara bertahap ini. Namun, untuk saat ini, kondisi usaha Hiswana migas masih berjalan normal.

"Sampai saat ini kondisi usaha masih normal," ucapnya.


Ditolak Konsumen dan Permintaan YLKI

Rencana pemerintah menghapus BBM tak ramah lingkungan ini langsung direpon masyarakat, salah satunya kalangan Ojek Online (Ojol).

Gabungan Aksi Roda Dua Indonesia (Garda) meminta pemerintah menghadirkan bahan bakar alternatif lain yang lebih bersih dan ekonomis.

"Kami tidak setuju (rencana pemerintah hapus Pertalite)," kata Ketua Umum Garda Igun Wicaksono.

Igun menyadari upaya penghapusan tersebut dalam rangka penggunaan transisi energi yang lebih bersih. Hal ini juga demi menjaga bumi dari dampak perubahan iklim. Hanya saja, dia ingin pemerintah lebih dulu menghadirkan energi alternatif terlebih dahulu.

"Kecuali pemerintah sudah menyiapkan (energi) alternatif lain yang nilai ekonomisnya lebih murah," kata dia.

Igun menuturkan sebagian besar pengemudi ojek online menggunakan BBM jenis Pertalite sebagai bahan bakar. Mengingat harganya masih terjangkau sekitar Rp 7.650 per liter. Harganya lebih murah ketimbang jenis Pertamax sekitar Rp 9.000 yang tidak mendapatkan subsidi dari pemerintah.

"Sebagian besar pengemudi ojol pakai Pertalite," kata dia.

Untuk itu dia meminta pemerintah untuk memikirkan kembali rencana penghapusan Pertalite. Bila hal itu tidak bisa dihindarkan, maka dia ingin pemerintah mempercepat berbagai infrastruktur penggunaan energi baru terbarukan (EBT), khususnya dalam hal transportasi.

"Moda transportasi ini harus pikirkan, dilakukan subsidi unit baru, harga jual juga harus lebih ekonomis dan dapat insentif. (Diskon) pajak kendaraan juga jangan kecil sekali," kata dia mengakhiri.

Sedangkan tanggapan dari Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), mereka menilai pilihan pemerintah untuk menghapus Premium adalah langkah yang tepat dilakukan. Mengingat rencana ini sudah diwacanakan sejak beberapa tahun lalu.

"Saat ini, sebetulnya rencana itu juga bagus ketika kemudian masyarakat didorong digunakan oleh RON lebih tinggi. Pertalite dibuat jadi masa transisi untuk pengguna Premium ke pertamax, penghapusan itu akan bertahap, untuk kapan dihapusnya kan belum tahu," terangnya Pengurus harian YLKI Agus Suyatno saat dihubungi Liputan6.com.

Pandangannya itu melihat tingkat penggunaan Premium di masyarakat yang cenderung rendah. Ia menaksir hanya tersisa kurang dari 10 persen masyarakat yang masih menggunakan Premium.

"Yang YLKI soroti lagi, kemudian Premium ini akan dihapus, ini menjadi PR bagi pemerintah untuk menciptakan BBM yang ramah dan terjangkau. Jadi itu yang harus digarap pemerintah gimana caranya ada BBM yang bisa dijangkau, namun dengan oktan yang tinggi," terang dia.

Sebagai solusinya, Agus menyarankan pemerintah mengalihkan subsidi yang diberikan ke Premium untuk dialihkan ke Pertamax atau BBM yang memenuhi syarat Euro 4 dengan oktan RON 91.

"Caranya mungkin mengalihkan subsidi Premium ke pada RON lebih tinggi, kalau mau memang menuju pada langit biru ya subsidinya itu jangan pada BBM atau RON rendah, sekalian RON tinggi, ini yang bisa mendorong masyarakat untuk gunakan BBM lebih ramah lingkungan," tuturnya.

Ia pun menyertakan rekomendasi Satgas Anti Mafia Migas pada 2018 lalu yang meminta peniadaan Premium karena diduga sebagai sarang mafia migas bermain.

Rayakan Natal, Ditembak Mati

Kim Jong-un Dikabarkan Kirim Tim Pembunuh Warga Korut yang Rayakan Natal

Liputan6.com 2021-12-27 14:01:41
Ekspresi Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un saat memantau latihan militer Korea Utara di lokasi yang dirahasiakan pada hari Senin (2/3/2020). Latihan militer digelar ketika perundingan nuklir d

Di Korea Utara, kepercayaan apa pun selain menyembah dinasti Kim dilarang di negara itu. Sehingga memaksa orang Kristen untuk merahasiakan iman mereka.

Tidak hanya perihal agama lain dilarang di negara paling tertutup di dunia itu, tetapi 24 Desember adalah hari yang dimaksudkan untuk memperingati kematian Kim Jong-suk, istri Pemimpin Tertinggi pertama Korea Utara, Kim Il-sung.

Berbicara kepada Express.co.uk, dikutip Senin (27/12/2021), Timothy Cho, seorang pelarian dari negara bagian itu, mengungkapkan setiap orang Kristen yang ditemukan mempraktikkan iman mereka, akan ditembak di tempat oleh regu kematian Kim Jong-un.

Cho, yang sekarang bekerja untuk Open Doors, sebuah badan amal yang membantu mendukung orang-orang Kristen yang dianiaya, mengatakan, "Saya yakin mereka akan diburu. Itu tidak diragukan lagi. Rezim Kim akan mendesak rakyat untuk menunjukkan kesetiaan penuh mereka kepada keluarga Kim".

Pada masa ini, sambungnya, jika ada yang ditangkap karena diam-diam merayakan Natal, mereka bisa langsung dibunuh. "Itu tidak diragukan lagi. Rezim Kim akan mendesak rakyat untuk menunjukkan kesetiaan penuh mereka kepada keluarga Kim," ujarnya.

"Mereka masih membutuhkan otoritas untuk eksekusi publik, tetapi satu-satunya di mana mereka tidak membutuhkannya adalah untuk orang Kristen atau tahanan politik di kamp penjara. Jika mereka tidak memperingati istri Kim Il-sung, tidak dapat dihindari apa konsekuensinya jika mereka ditemukan."

Cho juga mengklaim kelahiran Kim Jong-il telah dimitologikan untuk meniru kelahiran Kristus. Korea Utara berada di puncak daftar pantauan penganiaya umat Kristen versi Open Doors.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


400.000 Orang Kristen di Korea Utara

Diperkirakan 400.000 orang Kristen berada di negara itu tetapi harus tetap tersembunyi dari rezim yang mematikan.

Namun, banyak orang Kristen telah dikirim ke penjara barbar dan kamp kerja paksa karena iman mereka.

Badan amal Open Doors memperkirakan sekitar 50-70.000 orang Kristen di negara itu saat ini berada di kamp-kamp penjara.

Negara paling tertutup di dunia itu saat ini terisolasi dari seluruh dunia karena pandemi COVID-19.

Korea Utara juga mengalami banjir dahsyat musim panas lalu dan berada di ambang kelaparan.

Pasokan makanan yang rendah di negara bagian itu, kata Cho, sebelumnya kepada Express.co.uk, bahwa dia khawatir bencana alam lain dapat "meruntuhkan negara".

Cho juga menyarankan kematian bisa melonjak melewati perkiraan tiga juta orang yang meninggal selama 'Arduous March' - periode kelaparan massal di Korea Utara antara 1994 dan 1998.

Dia berkata: "Jika kita melihat bencana besar lainnya, itu akan menghancurkan negara. Ini akan lebih buruk dari Arduous March."


Infografis Pesona K-Pop Mendamaikan Korea