Volume 176

Positif Omicron Jalan-Jalan ke Mal

HEADLINE: Pasien Positif Omicron Lolos Karantina dari Wisma Atlet, Pengawasannya?

Liputan6.com 2021-12-29 00:01:53
Bus yang mengangkut TKI dari luar negeri mengantre masuk untuk menjalani karantina di RSDC Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Kamis (16/12/2021). Menkes Budi Gunadi Sadikin mengumumkan temuan ka

Pandemi COVID-19 tampaknya belum ingin hengkang dari muka Bumi. Bayang-bayang suram lonjakan kasus akibat varian Delta pada Juni-Juli 2021 belum habis terkikis.

Jelang tutup tahun 2021, Kementerian Kesehatan RI terus menginformasikan tambahan kasus varian Omicron. Teranyar, ada satu kasus transmisi lokal Omicron di Tanah Air. Temuan tersebut membuat untuk sementara ada 47 kasus varian Omicron di Tanah Air per 28 Desember 2021.

Selain temuan satu kasus transmisi lokal, ada hal yang membuat geger beberapa hari belakangan yakni soal lolosnya satu pasien varian Omicron dari isolasi di Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta.

"Kemarin ada satu orang yang lolos karena pergi dengan keluarganya. Jadi, ini kita harapkan tidak terjadi lagi," kata Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam konferensi pers evaluasi PPKM, Senin, 27 Desember 2021.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kementerian Kesehatan RI, Siti Nadia Tarmizi menjelaskan bahwa perempuan tersebut merupakan warga negara Indonesia yang datang dari Inggris. Ia tiba di Indonesia pada 7 Desember 2021 dan sempat menjalani isolasi di Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta dengan hasil tes PCR positif COVID-19.

Pada saat itu RSD Wisma Atlet melakukan micro-lockdown terkait temuan kasus pertama Omicron di RI pada petugas kebersihan di sana. Hal ini membuat mereka yang jalani isolasi maupun karantina di beberapa tower di Wisma Atlet harus tinggal lebih lama. Namun, pihak bersangkutan ini meminta menjalani isolasi mandiri di rumah melihat hasil tes COVID-19 kedua adalah negatif.

"Lalu dia minta tes pembanding, memang boleh. Dites negatif (hasil tes pembanding)," kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi usai Rapat Koordinasi di Kantor Pusat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jakarta pada Senin, 27 Desember 2021.

"Makanya, dia minta keluar (tidak lagi diisolasi di fasilitas karantina) berdasarkan hasil tes yang tadi (tes pembanding). Kemudian (permintaan keluar) diberikan ke Dinas Kesehatan DKI Jakarta tapi harus diisolasi di rumah dan kebetulan rumahnya bisa untuk isolasi."

Pihak keluarga juga berjanji akan mengawasi pihak yang bersangkutan mematuhi isolasi mandiri dengan sebaik-baiknya. Petugas juga sudah menjelaskan kepada keluarga mengenai bahaya Omicron seperti disampaikan Nadia.

Meski jalani isolasi di rumah secara mandiri, spesimen pertama perempuan tersebut yang positif COVID-19 diperiksa dengan metode Whole Genome Sequencing (WGS) oleh Badan Litbangkes Kementerian Kesehatan. Setelah diperiksa, yang bersangkutan terinfeksi variant of concern Omicron.

"Kita lihat 5 hari kemudian tes positifnya (keluar) Omicron," lanjut Budi.

Hasil positif Omicron dari perempuan kedatangan Inggris ditindaklanjuti dengan mendatangi yang bersangkutan dan keluarganya untuk melakukan karantina terpusat. Namun, keluarga menolak.

"Saat akan diminta kembali (karantina) karena positif Omicron, tidak diizinkan keluarga," kata Nadia mengutip Merdeka.

Guna menelusuri kasus dan mencegah penyebaran meluas, pemerintah langsung melakukan pemeriksaan tes COVID-19 pada anggota keluarga serta penghuni rumah. Juga terhadap orang-orang di sekitar yang bersangkutan. Sehingga sudah dua lapis kontak tracing dilakukan. Hasilnya negatif COVID-19.

"Jadi kita kejar lagi yang bersangkutan. Kita tes seluruh keluarganya dan (sekarang) sudah negatif," jelas Budi Gunadi Sadikin.

Infografis Lolosnya Pasien Positif Omicron dari Karantina Wisma Atlet. (Liputan6.com/Trieyasni)

Belajar dari Kasus, Pemerintah Perketat Aturan Tes COVID-19

Belajar dari pengalaman kasus pasien positif COVID-19 Omicron lolos dari karantina RSDC Wisma Atlet, Menkes Budi Gunadi Sadikin mengatakan pemerintah akan memperketat aturan tes COVID-19.

"Ini pelajaran bagi kami. Aturan (tes COVID-19) akan kami ubah. Kalau tes pertama hasilnya negatif dan kedua positif, maka ada tes ketiga," kata Budi pada Senin, 27 Desemberi 2021 dari Gedung Kementerian Dalam Negeri, Jakarta.

Apabila tes ketiga menunjukkan positif maka harus menjalani karantina terpusat seperti disampaikan Budi.

Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan bahwa kejadian lolosnya pasien positif Omicron tidak boleh terulang. Ia tidak ingin pemerintah mengabulkan permintaan-permintaan dispensasi yang tidak disertai alasan kuat.

"Dispensasi (baru) bisa diberikan dengan alasan kuat, misalnya (alasan) dokter, kesehatan, dan urgensi lain. Tapi itu ada prosedur yang harus diikuti juga," tukas Luhut dalam konferensi pers PPKM pada Senin, 27 Desember 2021.

Bukan hanya itu, pemerintah juga bakal mendorong pada temuan kasus positif Omicron untuk menjalani isolasi terpusat. Hal ini juga berlaku pada mereka yang terpapar Omicron dengan tanpa gejala. Upaya ini termasuk penguatan surveilans dalam menghadapi varian Omicron.

"Kalau kemarin ya mungkin tidak bergejala, kita bisa isolasi mandiri. Ke depannya, kita mendorong yang positif, terutama Omicron dilakukan isolasi terpusat," ujar Nadia saat memberikan keterangan pers Temuan Kasus Transmisi Lokal Omicron pada Selasa, 28 Desember 2021.

Penguatan surveilans terhadap kasus positif COVID-19, termasuk yang dicurigai Omicron juga akan dilakukan pada bagian laboratorium. Ketika pemeriksaan lab positif COVID-19, maka harus cepat melaporkan kepada fasilitas kesehatan (faskes) atau puskesmas setempat untuk memantau individu yang bersangkutan.

"Kami akan mendorong semua laboratorium, yang memberikan hasil positif COVID-19 pada kasus yang ditemukan untuk selanjutnya segera melaporkan temuan itu kepada puskemsas, sehingga puskesmas setempat memantau, apakah individu yang positif ini sudah betul melakukan isolasi," jelas Nadia.

"Kemudian meng-assessment, apakah bisa isolasi mandiri atau isolasi terpusat, sambil menunggu apakah yang bersangkutan positif varian Omicron atau tidak."


Tidak Boleh Keluar Bila Hasil Belum Negatif COVID-19

Seluruh pelaku perjalanan internasional yang memenuhi ketentuan karantina di fasilitas karantina terpusat sebenarnya tidak boleh keluar sebelum dinyatakan negatif.

"Semua pelaku perjalanan luar negeri yang melakukan karantina di Wisma Atlet telah menjalankan karantina sesuai prosedur dan tidak diperbolehkan keluar jika dinyatakan belum negatif pada saat exit test," terang Wiku menjawab pertanyaanHealth Liputan6.com di Media Center, IS Plaza, Jakarta pada Selasa, 28 Desember 2021.

Demi mencegah penularan COVID-19, termasuk Omicron, Wiku meminta pelaku perjalanan dari luar negeri mematuhi aturan karantina. Durasi karantina 10-14 hari, tergantung asal kedatangan pelaku perjalanan harus dilakukan.

Pelaku perjalanan yang merupakan Pekerja Migran Indonesia (PMI), mahasiswa yang baru menyelesaikan studi, dan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang melakukan perjalanan dinas luar negeri, wajib karantina di fasilitas isolasi terpusat Wisma Atlet dan Rusun. Sementara itu, Warga Negara Indonesia (WNI) yang pulang dari luar negeri dengan tujuan wisata dapat karantina di hotel/penginapan.

"Satgas menegaskan, seluruh pelaku perjalanan wajib menjalankan karantina sesuai kebijakan yang berlaku, di manapun karantina dilakukan," imbuh Wiku.

Pemerintah terus melakukan evaluasi dan pengawasan dalam upaya penanganan karantina pelaku perjalanan internasional. Hal ini termaktub dalam Surat Edaran Satgas Nomor 25 Tahun 2021 Tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Internasional pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Isi surat edaran yang diteken Ketua Satgas COVID-19 Letjen TNI Suharyanto tertanggal 14 Desember 2021 soal pemantauan dan pengawasan karantina berbunyi:

Kementerian/lembaga, TNI, POLRI dibantu Satgas Penanganan COVID-19 Bandara dan Pelabuhan Laut c.q Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara dan Pelabuhan Laut Internasional melakukan pengawasan rutin untuk memastikan kepatuhan protokol kesehatan dan karantina mandiri melalui fasilitas telepon, panggilan video maupun pengecekan di lapangan selama masa pandemi COVID-19.


Karantina Mandiri Bisa Saja, Asal Sistem Bisa Mengawasi

Kepala Bidang Pengembangan Profesi Perhimpunan Ahli Epidemiolog Indonesia (PAEI) Masdalina Pane mengungkapkan bahwa sebenarnya tak ada yang salah dengan karantina mandiri. Hal tersebut pun juga dilakukan di beberapa negara.

"Di banyak negara karantina itu bisa dilakukan secara mandiri, sepanjang sistem kita mampu mengawasi itu," ujar Masdalina padaHealth Liputan6.com, Selasa (28/12/2021).

Hanya saja menurut Masdalina, sistem informasi di Indonesia belum mampu melakukan pengawasan. Aplikasi informasi terkait penanganan pandemi COVID-19 yang ada saat ini seperti PeduliLindungi dinilainya belum bisa melakukan pelacakan.

"Sekalipun ada PeduliLindungi, itu enggak mampu. Enggak bisa tracking, jadi ini persoalannya," ucap Masdalina.

Oleh karena itu, pemerintah harus melakukan pengetatan dengan menerapkan karantina bagi mereka yang berisiko.

Menurut Masdalina, prinsip utama melakukan karantina sebenarnya untuk memisahkan sementara waktu mereka yang berisiko, salah satunya pelaku perjalanan luar negeri. Fungsinya untuk menghindari transmisi, yang seharusnya dilakukan dengan disiplin.

Berkaitan dengan diskresi yang diberikan saat karantina, Masda menjelaskan bahwa hal tersebut tidak boleh sembarangan dilakukan. Artinya, pengecualian karantina yang berlaku hanya untuk pejabat yang bersangkutan saja.

"Diskresi ini yang harus secara ketat, jangan sembarang-sembarang melakukan diskresi. Jadi diskresi itu bisa dilakukan untuk pejabat, jangan semua kemudian nempel di pejabat, yang keluarga, yang tetangga," kata Masdalina.


Hadang Omicron, Pakar Nilai Pengetatan RI Terlambat Dilakukan

Masdalina mengungkapkan, pemerintah sebenarnya sudah mengetahui apa yang harus dilakukan untuk mencegah penyebaran varian virus SARS-CoV-2 seperti Delta dan juga Omicron. Hanya saja pengetatan tersebut kerap terlambat dilakukan.

"Sebenarnya pemerintah sudah tahu apa yang harus dilakukan, kita harus apresiasi. Walaupun cukup terlambat, baru memahami kalau menjaga pintu masuk itu merupakan hal penting dalam pengendalian," kata Masdalina.

Selain menjaga pintu masuk, hal lainnya yang dapat dilakukan pemerintah menurut Masdalina sebenarnya sama seperti intervensi yang ada sebelumnya yakni isolasi dan karantina. Serta, intervensi yang dilakukan juga harus sederhana namun tepat.

"Pengendalian itu harus sederhana, sistematis, dan tepat sasaran," ujar Masdalina.


Waspada Omicron

Kewaspadaan terhadap Omicron memang perlu dilakukan. Hingga hari ini data menunjukkan bahwa gejala pada pasien terpapar Omicron adalah ringan.

Ada juga kekhawatiran bila kasus Omicorn terus meningkat, secara proporsional yang akan masuk rumah sakit juga meningkat dan dapat membuat rumah sakit kewalahan seperti disampaikan Mantan Direktur Penyakit Menular WHO Asia Tenggara, Profesor Tjandra Yoga Aditama.

Tjandra mencatat jumlah kasus Omicron masih relatif terbatas. Dari kasus yang ada, lanjut Tjandra, pada umumnya ringan dan hanya sedikit yang berat dan masuk RS.

"Tetapi kalau nanti kasus dunia makin banyak, masih mungkin saja pola berubah-ubah," ujarnya.

Sejauh ini yang banyak sakit akibat Omicron adalah populasi usia muda, yang daya tahan tubuh relatif baik. Mungkin saja ini yang membuat gejala jadi ringan.

Akan tetapi, kata Tjandra, jika nanti ada kelompok tua atau komorbid atau imunitas terganggu yang terinfeksi Omicron, mungkin saja gejalanya bukan ringan lagi.

Perlu diketahui bahwa di sisi lain pun jelas sudah ada yang meninggal akibat Omicron, di beberapa negara seperti Inggris.

"Jadi, varian Omicron dapat membunuh pasiennya, walaupun persentasenya kecil," pungkas Tjandra.

Duet Maut Sri Mulyani-Retno Marsudi

Duet Maut Sri Mulyani-Retno Marsudi Bikin Negara Hemat Rp 13 T Vaksin Covid-19

Liputan6.com 2021-12-28 12:35:16
Sri Mulyani dan Menlu Retno Marsudi (dok. Instagram @retno_marsudi/https://www.instagram.com/p/B1EKQ5XAbjR/Putu Elmira)

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengabarkan, pemerintah telah menyalurkan 273 dosis vaksin Covid-19 hingga Selasa, 23 Desember 2021 pagi ini.

"Vaksin kita per tadi pagi 273 (dosis) sudah kita suntikkan," kata Menkes Budi Gunadi dalam sesi bincang media secara virtual, Selasa (28/12/2021).

Budi Gunadi pun turut berterima kasih kepada Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi yang berhasil membuat negara hemat Rp 13 triliun dalam pengadaan vaksin. Itu berkat hasil kerja sama dengan COVAX Facility dan negara luar yang mau menyumbangkan vaksin secara gratis.

"Jadi kerja sama dua wanita hebat alumni SMAN 3 Semarang. Kalau aku enggak salah, yang satu mencarikan vaksin, sehingga aku dapat banyak, bisa ngurangin anggaran Sri Mulyani Rp 13 triliun," ujar Budi Gunadi.

"Tapi dari vaksinasi Rp 50 triliun mungkin kita hanya akan spend Rp 17 triliun karena kita dapat banyak sekali vaksin donasi gratis, baik dari COVAX maupun bilateral. Dan itu dibantu oleh Bu Retno yang luar biasa," ungkapnya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Fungsi Vaksin

Lebih lanjut, Menkes juga menekankan tiga hal fungsi utama vaksin bagi penerimanya. Antara lain, paling hulu dia mencegah tertular dari Covid-19, di tengah dia mencegah masuk rumah sakit, dan paling hilir dia mencegah wafat.

"Yang selama ini kita lihat adalah bahwa Omicron ini vaksinnya ada, kurang berhasil mencegah di hulu agar tidak tertular. Tapi dia cukup berhasil mencegah masuk rumah sakit dan sangat berhasil mencegah wafat," tuturnya.

Oleh karenanya, ia mengklaim semua vaksin yang diadakan pemerintah telah cukup terbukti untuk menahan pasien Covid-19 menyentuh tahap kedua dan ketiga, yakni tidak masuk rumah sakit dan tidak meninggal.

"Kalau saya ditanya yang penting mana, buat saya sebagai manusia dan hampir semua manusia pendapatnya sama, mendingan tertular, mendingan masuk rumah sakit, mendingan wafat? Aku rasa mendingan tertular," pungkas Menkes Budi Gunadi

Permohonan Hak Asuh Gala Sky Ditolak

Pengadilan Tolak Pengajuan Hak Asuh Gala Sky dari Doddy Sudrajat, Faisal Tawarkan Jalan Damai

Liputan6.com 2021-12-28 10:41:13
Bibi Ardiansyah dan Vanessa Angel. (Foto: Instagram @vanessaangelofficial)

Pengadilan Agama Jakarta Pusat menolak permohonan hak asuh Gala Sky Andriansyah yang diajukan Doddy Sudrajat. Kabar ini dikonfirmasi Humas Pengadilan Agama Jakarta Pusat, Jajat Sudrajat, kepada awak media pekan ini.

Mendengar kabar ini, mertua Vanessa Angel, H. Faisal, menilai keputusan ini sudah pas. Namun, ayah Bibi Andriansyah tak lantas menari-nari di atas penolakan yang diterima pihak seberang.

Ia menawarkan jalan damai, musyawarah secara kekeluargaan untuk mencapai titik terang terkait pengasuhan Gala. Ini disampaikan H. Faisal kepada awak media di kediamannya pekan ini.

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Sedang Mediasi

"Kalau proses yang berjalan di (Pengadilan Agama) Jakarta Barat itu sedang mediasi. Kalau saya sih, kalau bisa diselesaikan secara kekeluargaan dengan damai saya lebih condong ke arah situ," kata H. Faisal.

Melansir dari video interviu di kanal YouTube KH Infotainment, Faisal tak mau perkara hak perwalian berlarut-larut. Ia mengingatkan, masih ada pekerjaan yang harus dijalani dan hidup yang mesti dilanjutkan.


Berlarut-larut

"Soalnya kenapa? Berlarut-larut persoalan di pengadilan tentu akan menyita waktu dan tenaga. Jadi fokus kita terhadap usaha kita bisa tetap. Lebih baik kita selesaikan secara kekeluargaan demi Gala," imbuhnya.

Faisal menyebut dulu sikap Doddy Sudrajat tak seperti ini. Perubahan sikap besan membuat ayah Fuji kaget. Namun, Faisal tak mau menilai sepak terjang Doddy Sudrajat belakangan yang kerap dikecam warganet.


Ya Kaget

"Ya kaget, ya bagaimana. Netizenlah yang akan menilai," ujar Faisal. Setelahnya, ia menyorot hasil pertemuan dengan Sunan Kalijaga yang difasilitasi selebgram, Marissya Icha.

Faisal menyebut dengan kebesaran jiwa Sunan Kalijaga menjalin silaturahmi dan minta maaf atas kegaduhan yang terjadi. Sang pengacara juga menunjukkan niat baik untuk memediasi.


Demi Masa Depan Gala

"Dengan besar jiwanya dia minta maaf. Dia tunjukkan bahwa saya sebenarnya juga ingin memediasi. Tentu dia bermusyawarah, tapi dia berniat baik dia ingin menyelesaikan," Faisal menyambung.

Dalam kesempatan itu, Faisal dan Sunan Kalijaga sepakat untuk fokus mengawal kepentingan Gala Sky yang kini yatim piatu. "Ini demi masa depan Gala, Pak Haji (dia bilang)," ia mengakhiri.

Tahanan Politik Paling Ganteng

Sosok Paing Takhon, Tahanan Politik yang Lampaui V BTS Sebagai Pria Tertampan 2021 Versi TC Candler

Liputan6.com 2021-12-28 13:03:47
Mantan Biksu dan Model Ganteng Paing Takhon Ditangkap Tentara Myanmar. (dok.Instagram @meanplan_2.w._i._s._h/https://www.instagram.com/p/CKIiWP8ALta/Henry)

TC Candler kembali merilis daftar tahunan 100 Wajah Paling Tampan, Selasa (28/12/2021). Tahun ini, yang kampiun di posisi pertama adalah Paing Takhon, model sekaligus aktor asal Myanmar yang jadi tahanan politik sejak April 2021.

Dalam pengumuman posisi puncak daftar bergengsi tersebut, pihaknya dengan tegas meminta pembebasan Takhon. Siapa sebenarnya pria berusia 25 tahun tersebut dan bagaimana ia bisa sampai jadi tahanan politik?

Mengutip BBC, mantan biksu itu ditangkap awal April lalu setelah pihak militer Myanmar menargetkan selebritas yang mengkritik kudeta di negara tersebut. Takhon dibawa pergi dari rumah ibunya, menurut laporan media setempat.

Saudara perempuanya, Thi Thi Lwin, menulis di Facebook bahwa Takhon ditangkap oleh sekitar 50 tentara. Menurut Thi Thi, saudara laki-lakinya ditangkap saat sedang sakit parah di rumah ibunya di daerah North Dagon, Yangon, Myanmar.

"Karena ia sakit parah, mereka menangkapnya dengan tenang, tanpa kekerasan, tapi kami tidak tahu ke mana ia dibawa," ungkap Thi Thi.

Sebelumnya, Paing Takhon sempat jadi sensasi online setelah membagikan pengalamannya jadi biksu selama 10 hari lewat akun Instagram pribadi, yang kini sudah tidak dapat ditemukan. Momen tersebut ditandai sebagai waktu berharga dan istimewa baginya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Hukuman Penjara

Paing Takhon pernah menyabet posisi ke-10 dalam daftar Pria Tertampan 2020 versi TC Candler. Ia memulai karier di dunia modeling pada 2014 dan debut di seni peran pada 2017 lewat film Midnight Traveller.

Bertepatan dengan hari dinobatkannya sebagai Pria Tertampan 2021 TC Candler, Takhon dijatuhi hukuman penjara selama tiga tahun karena ikut serta dalam protes massal yang mengguncang Myanmar menyusul kudeta militer, Februari lalu.

Pengacaranya, Khin Maung Myint, mengatakan pada AFP bahwa ia telah dijatuhi hukuman kerja paksa. Ia juga menambahkan bahwa keluarga Takhon sedang mempertimbangkan apakah akan mengajukan banding.

Ia sebelumnya terlihat berpartisipasi dalam beberapa demonstrasi. Juga, kedapatan mengunggah gambar pemimpin sipil dan ikon pro-demokrasi Aung San Suu Kyi, yang telah dijatuhi hukuman empat tahun penjara karena menghasut perbedaan pendapat dan melanggar aturan COVID-19, salah dua dari serangkaian vonis yang bisa membuatnya dipenjara seumur hidup.

Seorang kenalan dekat, yang tidak ingin disebutkan namanya, sebelumnya mengatakan pada BBC bahwa Takhon menderita depresi dan kondisi fisik ketika ditangkap. Ia mengatakan, "Ia bahkan tidak bisa 'berdiri dengan benar.'" Namun, ia menambahkan, Takhon "sadar akan konsekuensi" yang menunggunya, dan mengungkap bahwa sang aktor "tidak takut sama sekali."


Daftar 10 Besar Pria Tertampan 2021 Versi TC Candler

10. Jason Momoa

9. Felix Kjellberg

8. Dean Schneider

7. Lucien Laviscount

6. Henry Cavill

5. Jungkook

4. Timothee Chalamet

3. V

2. Chris Hemsworth

1. Paing Takhon


Infografis Penangkapan Aung San Suu Kyi dan Kudeta Militer Myanmar

 

Syahrini Masuk ke Dunia Metaverse

Masuk ke Dunia Metaverse, NFT Syahrini Berhijab Terjual Dalam Beberapa Jam Saja Usai Dirilis

Liputan6.com 2021-12-28 17:25:00
Seperti penampilan OOTD-nya ini. Tampil dengan serba hitam dan juga dilengkapi topi warna senada, Syahrini tampil cantik dengan riasan chic. (Liputan6.com/IG/@princessyahrini)

Lama tak terdengar kabarnya, artis penyanyi Syahrini kini punya kesibukan baru. Belum lama ini, istri dari Reino Barack ini mengumumkan mata uang kripto Non-Fungible Token alias NFT pertamanya terjual sebesar US$20 atau jika dikurs sama dengan Rp287 ribu.

Syahrini patut bangga karena koleksi NFT-nya itu terjual hanya beberapa jam setelah dirilis beberapa waktu yang lalu.

"I Would Like To Thank All Supported And Joined Me in My Metaverse, My first NFT Is Now SOLD OUT In Just Several Hours Ater Its Launch. (Saya ingin berterima kasih atas dukungan semuanya dan bergabung dengan saya dalam My Metaverse, NFT pertama saya kini sudah terjual hanya dalam beberapa jam setelah dirilis," tulis Syahrini di akun Instagramnya, baru-baru ini.

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Bergabung

Sebelumnya Syahrini memang mengabarkan bahwa dirinya bergabung dengan Metaverse. Dirinya bahkan tak sabar dan sangat antusias dengan objek macam karya seni dan tengah menjadi tren tersebut.

Dalam sebuah kesempatan, Syahrini juga mengumumkan perilisan NFT pertamanya dengan tajuk Syahrini's Metaverse Tour.


NFT Unik

Seperti dilihat di Instagramnya, NFT Syahrini yang dijual ini bergambar wanita berhijab berwarna lilac dengan mengenakan kacamata.

NFT ini menjadi karya terbaru Syahrini setelah terakhir kali merilis karya berupa single bertajuk Seumur Hidupku pada 2020 lalu.


NFT

Sekadar informasi, NFT adalah aset yang digunakan untuk membeli dan menjual karya seni digital, seperti GIF, tweet, kartu perdagangan virtual, gambar objek fisik, skin video game, serta yang lainnya.

NFT menawarkan imbalan besar bagi seniman, musisi, influencer, dan kreator-kreator lain dari investor yang bersedia membayar gambar digital versi NFT mereka.

NFT adalah bagian dari konten digital yang terhubung ke blockchain, basis data digital yang menopang cryptocurrency seperti bitcoin dan ethereum.

Sementara itu, NFT memiliki sifat yang unik dan tidak dapat saling dipertukarkan, yang berarti tidak ada dua NFT yang sama.

Driver Ojol ke Amerika

Kerja dari Pagi hingga Malam, Driver Ojol Berhasil Wujudkan Cita-Cita Berkunjung ke Amerika

Liputan6.com 2021-12-28 16:00:49
Driver ojol (Instagram/@agesandri)

Semua cita-cita bisa diwujudkan jika disertai dengan doa dan kerja keras. Misalkan saja kisah driver ojek online (ojol) ini yang bekerja pagi hingga malam untuk bisa pergi ke Amerika Serikat.

Kisah perjuangan driver ojol dengan akun Instagram @agesandri dituangkan dalam sebuah video yang diunggah pada Jumat (24/12/2021). "ini cerita ojol ku, apa ceritamu ojol mu?," tulisnya.

Kerja Pagi-Malam

Awalnya pria bernama Ages Andri menjelaskan bahwa dirinya sedang ingin pergi ke Amerika. Karena itulah ia semangat bekerja dari pagi untuk mengumpulkan uang.

Orderan yang masuk pun terus ia terima dan kerjakan. Ages Andri tak pantang menyerah, ia bekerja dari pagi hingga malam demi bisa ke Amerika.

"dari pagi sampe malem, demi cita-cita," tulisnya.

Sampai Amerika

Karena kerja kerasnya itulah uang yang terkumpul semakin banyak dan bisa dipakai membayar biaya membuat Visa. "Alhamdulillah, tupo terus bisa buat bikin visa US," tulisnya.

Berkat kerja kerasnya itu ia pun berhasil pergi ke Amerika. Bahkan ia sempat selfie memakai atribut ojol dengan latar belakang patung Liberty.

"nahh.. kan sampe juga bisa poto sama mbah liberty," tulisnya.

"beneran yaa ini, bukan editan. jaket ojol gw masukin koper gw bawa sampe NEW YORK," tulisnya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

View this post on Instagram

A post shared by ages andri (@agesandri)


Komentar Netizen

Video yang tleah disukai lebih dari 90 kali ini mendapatkan beragam komentar netizen. Banyak dari mereka yang salut dengan pencapaian driver ojol ini.

"Terharu bang," tulis @muhammad_nurbayan

"Mantap bang..ga ada yg ga mungkin," jelas @evadewita

"Bayar visanya nyekek dompet dan diri om," komentar @bondhanamar

"Ini sebelum covid mah emang enak om," jelas @syurulputra

Sumber: Otosia.com


Infografis 6 Cara Efektif Hadapi Potensi Penularan Covid-19 Varian Omicron

 

Wajah Tercantik 2021

Lisa Blackpink Dinobatkan TC Candler Sebagai Pemilik Wajah Tercantik 2021

Liputan6.com 2021-12-28 15:00:00
Lisa BLACKPINK. (dok. Instagram @lalalalisa_m/https://www.instagram.com/p/CTr3iQOvhc7/)

Lisa Blackpink masuk dalam daftar 100 Most Beautiful Faces of 2021 yang disusun TC Candler. Tak main-main, ia menduduki posisi pertama.

Hal ini diumumkan lewat video yang diunggah kanal YouTube TC Candler, Selasa (28/12/2021). Dalam video tersebut, diungkap bahwa wanita bernama Lalisa Manoban itu telah enam kali masuk daftar tahunan ini.

Tak hanya Lisa, ketiga rekannya di Blackpink juga masuk dalam daftar ini.

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Langganan

Di bawah Lisa Blackpink, ada Rose di urutan ke-17, Jisoo di nomor 26, dan Jennie menempati posisi 30. Dari video ini, terungkap bahwa semua anggota Blackpink langganan masuk daftar tercantik TC Candler.

Hingga 2021, Jennie sudah enam kali masuk daftar ini. Sementara Jisoo dan Rose sama-sama tiga kali terpilih oleh TC Candler.


Twice

Selain Blackpink, grup K-Pop yang para personelnya banyak masuk dalam daftar ini adalah Twice. Tahun ini, empat anggota grup dari JYP Entertainment yang masuk dalam 100 wajah tercantik.

Mereka adalah Momo (68), Nayeon (50), Sana (24), dan Tzuyu (7).


Dominasi K-Pop

Secara keseluruhan, artis K-Pop mendominasi daftar pemilik wajah tercantik tahun ini. Tak hanya yang berasal dari Korea, tapi juga sejumlah bintang lain dari Jepang, China, Thailand, hingga Indonesia.

Selain yang telah disebut di atas, masuk pula Solar Mamamoo (84), Eunseo WJSN (80), Dita Karang Secret Number (74), Doah (62), Jeon Somi (47), Chung Ha (45), Kim Chaewon Kim(43), Ningning aespa (38), Chaeryeong ITZY (34), Sorn (28), dan Song Yuqi G)I-dle (22).

Selanjutnya yang masuk 20 besar adalah YooA Oh My Girl (20), Seulgi Red Velvet (13), Nana (10), dan Nancy Momoland (5).


Wajah Tertampan

Sementara itu dalam daftar lain, Wajah Tertampan 2021, model Myanmar Paing Takhon menempati urutan pertama. Ia menjadi tahanan politik sejak April 2021, karena mengkritik kudeta yang terjadi di negara tersebut.

Dalam pengumuman daftar ini, TC Candler juga mendesak pembebasan Paing Takhon.

Aksi Jokowi di Atas Perahu Naga

Aksi Jokowi Jajal Perahu Naga Saat Resmikan Bendungan Ladongi Senilai Rp 1,2 T

Liputan6.com 2021-12-28 16:30:49
Presiden Jokowi meresmikan Bendungan Ladongi di Kabupaten Kolaka Timur, Provinsi Sulawesi Tenggara, Selasa (28/12/2021).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Ladongi di Kabupaten Kolaka Timur, Provinsi Sulawesi Tenggara, Selasa (28/12/2021).

Prosesi peresmian ditandai dengan peninjauan bendungan oleh Presiden Jokowi bersama rombongan terbatas dengan menaiki Perahu Naga, didampingi oleh atlet dayung dari Sulawesi Tenggara.

Jokowi menyampaikan, prosesi menaiki perahu menandakan Bendungan Ladongi senilai Rp 1,2 triliun memiliki potensi besar untuk menjadi salah satu destinasi pariwisata air di Kabupaten Kolaka Timur.

"Kalau kita lihat alamnya yang indah di waduk ini juga bisa dikembangkan sebagai tempat wisata, utamanya tempat wisata air. Saya tadi mencoba naik perahu dayung karena memang arahnya waduk ini juga bisa dipakai sebagai tempat wisata," kata Jokowi, Selasa (28/12/2021).

Selain pariwisata, Presiden mengatakan Bendungan Ladongi memiliki fungsi utama untuk mengairi daerah irigasi seluas 3.604 ha yang berada di empat Kabupaten, yakni di Kabupaten Kolaka Timur, Konawe, Konawe Selatan, dan di Kolaka.

"Diharapkan dengan adanya Bendungan Ladongi, apa yang sering saya sampaikan terkait kemandirian, kedaulatan, dan ketahanan pangan bisa kita peroleh. Karena sekali lagi, tanpa air tidak mungkin yang namanya ketahanan pangan bisa tercapai," tutur dia.

Pada kesempatan tersebut, Presiden Jokowi juga meresmikan infrastruktur sumber daya air lainnya yakni Kolam Retensi Boulevard Sungai Wanggu yang digunakan untuk pengendali banjir di Kota Kendari. Kapasitas tampung kolam 495 ribu m3 dan mampu mereduksi debit banjir sungai Wanggu 12 persen.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Wilayah Sungai Sulawesi (BWSS) IV Kendari Direktorat Jenderal (Ditjen) Sumber Daya Air telah memulai pembangunan Bendungan Ladongi sejak 2016 dan telah selesai pada akhir 2021. Pembangunan bendungan ini bertujuan untuk mengoptimalkan potensi aliran Sungai Ladongi sebagai sumber daya air di Kabupaten Kolaka Timur.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Kurangi Risiko Banjir

Selain itu, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, Bendungan Ladongi merupakan satu dari tiga bendungan yang disiapkan untuk mengurangi risiko banjir di Sultra.

Bendungan kedua adalahBendungan Ameroro dengan kapasitas tampung 55,1 juta m3 di Kabupaten Konawe yang kini dalam tahap konstruksi dengan progres fisik 25 persen. Bendungan ketiga yakni Bendungan Pelosika yang nantinya akan membendung Sungai Konawe dan kini masih dalam tahan persiapan (review design).

"Namun dengan adanya dua bendungan besar yakni Ladongi dan Ameroro yang rata-rata berkapasitas tampung 50 juta m3, Insya Allah sudah bisa mengatasi banjir yang sering melanda Kolaka Timur, Konawe dan hilirnya," terang Menteri Basuki.

Bendungan Ladongi memiliki kapasitas tampung 45,9 juta m3 dan luas genangan sebesar 222 hektare akan dimanfaatkan untuk mengurangi risiko banjir sebesar 176,62 m3/detik atau sebesar 49,90 persen.

Selain itu juga penyediaan air baku sebesar 120 liter per detik, air irigasi seluas 3.604 ha dan berpotensi untuk sumber Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH).

Bendungan Ladongi merupakan bendungan tipe urugan batu dengan tinggi bendungan 67 meter. Konstruksi dilakukan oleh kontraktor BUMN PT Hutama Karya dengan kerja sama operasi (KSO) bersama kontraktor swasta nasional yakni PT Bumi Karsa dengan biaya APBN sebesar Rp 1,2 triliun.

Masjid Berusia 6 Abad Ditutup

India Tutup Masjid Berusia 600 Tahun

Liputan6.com 2021-12-28 10:00:12
Orang-orang mengunjungi patung lilin Perdana Menteri India Narendra Modi, pada pembukaan museum Madame Tussauds di Dubai, Uni Emirat Arab, Rabu (13/10/2021). Atraksi lilin terkenal di dunia i

Sebuah masjid berusia 600 tahun ditutup pemerintah India. Hal ini memicu keresahan di kalangan umat Muslim yang sudah lama beribadah di masjid tersebut

India adalah negara sekuler. Tetapi, sejak Narendra Modi berkuasa justru dinilai semakin condong ke agama tertentu.

Dilaporkan VOA Indonesia, Selasa (28/12/2012), masjid Jamia yang usianya ratusan tahun tampak menonjol di kawasan permukiman sekitarnya di Kota Srinagar, Kashmir. Gerbang utamanya tampak megah beserta menara-menara besarnya.

Namun, pihak berwenang India menganggap masjid itu sebagai tempat munculnya masalah -- menjadi pusat protes dan bentrokan yang menantang kedaulatan India atas wilayah Kashmir yang disengketakan.

Bagi Muslim Kashmir, masjid adalah tempat suci di mana mereka melakukan salat Jumat dan juga menyuarakan hal-hak politik mereka.

Bangunan yang terbuat dari batu bata dan kayu ini adalah satu di antara masjid tertua di kota berpenduduk 1,2 juta, yang 96 persennya adalah Muslim. Ribuan orang kerap salat di masjid di kota terbesar di Kashmir itu.

Dengan 378 pilar kayu, masjid ini dapat menampung 33 ribu jemaah. Pada acara-acara khusus selama bertahun-tahun, ratusan ribu Muslim juga memenuhi jalur dan jalan-jalan di sekitarnya untuk mengikuti salat yang diselenggarakan masjid tersebut.

Bagi Muslim Kashmir, masjid adalah tempat suci di mana mereka melakukan salat Jumat dan juga menyuarakan hal-hak politik mereka.

Di tengah-tengah ketegangan sosial yang terjadi, masjid ini hampir sebagian besar tutup selama dua tahun terakhir.

Imam besar masjid itu telah ditahan di rumahnya hampir tanpa henti selama periode itu. Gerbang utama masjid digembok dan ditutup dengan lembaran-lembaran seng gelombang pada hari Jumat.

Penutupan masjid memperdalam kemarahan warga Muslim Kashmir.

Bashir Ahmed, 65, pensiunan pegawai negeri, yang terbiasa salat di masjid itu selama lima dekade lebih mengatakan,

"Saya merasa tidak nyaman. Ada sesuatu yang hilang, jauh di dalam lubuk hati saya," katanya.

Pihak berwenang India menolak berkomentar mengenai pembatasan di masjid itu meskipun Associated Press telah berulang kali mengajukan permintaan komentar.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Masalah Protes

Pada masa lalu, para pejabat mengatakan pemerintah terpaksa menutup masjid Jamia karena komite pengelolanya tidak mampu menghentikan protes anti-India di lingkungan tersebut.

Penutupan masjid berusia 600 tahun ini berlangsung dalam penindakan keras yang dimulai pada 2019 setelah pemerintah mencabut status semiotonom yang telah lama disandang Kashmir.

Dalam dua tahun belakangan, sebagian masjid dan tempat-tempat ibadah lainnya di kawasan itu -- yang juga ditutup karena penindakan keras keamanan dan pandemi yang mengikutinya -- telah diizinkan untuk memberikan layanan keagamaan.

Masjid Jamia masih tetap tertutup bagi jemaah yang ingin salat Jumat.

Pihak berwenang mengizinkan masjid itu tetap buka pada enam hari lainnya, tetapi hanya beberapa ratus jemaah yang berkumpul di sana ketika itu, dibandingkan dengan puluhan ribu orang yang kerap datang untuk salat Jumat.

Kebebasan beragama dicantumkan dalam konstitusi India, mengizinkan warga untuk menganut dan secara bebas mempraktikkan ajaran agama mereka.

Konstitusi juga menyatakan negara tidak akan "mendiskriminasi, menggurui atau mencampuri agama apa pun."


Kenangan Menyakitkan

Bagi Muslim di Kashmir, penutupan masjid itu membawa kenangan menyakitkan dari masa lalu.

Pada tahun 1819, penguasa Sikh menutupnya selama 21 tahun. Selama 15 tahun belakangan, masjid ini kerap mengalami larangan berkala dan penutupan oleh pemerintah-pemerintah India selanjutnya.

Tetapi pembatasan yang sekarang ini adalah yang paling serius sejak wilayah itu terbagi antara India dan Pakistan setelah kedua negara itu meraih kemerdekaan dari Inggris pada tahun 1947. Kedua negara itu mengklaim keseluruhan wilayah tersebut.

"Pembatasan di wilayah ini telah meningkat sejak Partai Bharatiya Janata yang nasionalis Hindu berkuasa. Kami menyaksikan pembatasan terhadap kebebasan beragama. Kami telah mengalami penutupan masjid pada masa lalu, semasa pemerintahan autokrasi. India menyatakan ini adalah negara sekuler. Kalau memang demikian, mengapa kita melihat pembatasan agama seperti ini?" Zareef Ahmed Zareef, seorang penyair dan sejarawan lisan.

"Dan sering kali Masjid Agung yang menjadi sasarannya. Saya tidak melihat banyak perbedaan dalam hal pembatasan kebebasan beragama dalam pemerintahan autokrasi Sikh ketika itu dan pemerintahan demokratis sekarang ini," lanjutnya.

Setelah berkobarnya pemberontakan bersenjata di Kashmir menentang India pada tahun 1989, masjid tersebut dan wilayah-wilayah sekitarnya di jantung kota Srinagar menjadi tempat sentral penyelenggaraan protes.

India menggambarkan pemberontakan itu sebagai terorisme yang disponsori Pakistan, tuduhan yang disangkal Pakistan.

Khotbah di Masjid Jamia kerap kali membahas konflik yang telah lama memanas, dengan Mirwaiz Umar Farooq, imam besar dan salah seorang pemimpin separatis utama di kawasan, menyampaikan khotbah berapi-api yang menyoroti perjuangan politik Kashmir.


Larangan Ibadah

Pihak berwenang kerap melarang salat di masjid itu untuk periode yang lama.

Menurut data resmi, jika digabungkan pada tahun 2008, 2010 dan 2016, masjid itu telah ditutup selama sedikitnya 250 hari.

"Orang-orang di masjid berzikir dan merasakan spiritualitas, dan Mirwaiz memiliki gaya unik dalam berkhotbah. Diskusi mengenai isu sosial, ekonomi dan politik merupakan inti fungsi keagamaan masjid," kata Altaf Ahmad Bhat, salah seorang petinggi masjid itu.

Bhat mengesampingkan alasan keamanan dan ketertiban yang disebut pihak berwenang.

"Saya yakin ketidakmampuan merekalah yang membuat mereka tidak dapat menangani situasi. Kami menyuarakan pendapat kami di sini dan ini tidak selalu politis. Saya pikir ini sama sekali bukan argumennya," ujarnya. "Ia memiliki gaya berbeda dalam menjangkau orang-orang melalui khotbahnya. Selain terhadap masjid, restriksi juga diberlakukan terhadapnya. Ini merupakan tragedi bagi kami," pungkas Bhat.


Infografis 5 Cara Lindungi Diri dan Cegah Penyebaran COVID-19 Varian Omicron

 

Romeo Beckham Terkaya

Teken Kontrak dengan Puma, Romeo Jadi Anak Terkaya di Keluarga David Beckham

Liputan6.com 2021-12-28 10:01:59
Romeo Beckham. (dok. Instagram @romeobeckham/https://www.instagram.com/p/CX3oB41rZ3f/Dinny Mutiah)

Romeo Beckham baru saja menandatangani kontrak senilai 1,2 juta poundsterling atau hampir Rp23 miliar untuk menjadi wajah global baru bagi brand Puma. Lelaki berusia 19 tahun itu resmi menjadi anak terkaya dari keempat anak David Beckham dan Victoria.

Sumber menyebut kesepakatan mahal dengan raksasa pakaian olahraga itu akan menjadi yang pertama dari serangkaian kolaborasi menguntungkan yang disiapkan untuk Romeo dalam beberapa tahun ke depan. Putra kedua David Beckham itu disebut mengikuti jejak sang ayah yang menjadi bintang besar.

Bila sang putra menjalin kolaborasi dengan Puma, David selama 20 tahun menjadi wajah untuk Adidas. "Romeo benar-benar bekerja keras dan, selain meniti kesukesan di lapangan dengan bermain untuk Fort Lauderdale CF, tim cadangan di klub David, Inter Miami, dia juga mengukir namanya sendiri di antara para pengiklan," kata sumber itu.

Romeo menandatangani kontrak bermain untuk Fort Lauderdale CF pada September 2021. Ia dimainkan oleh klub itu dalam beberapa kesempatan.

Romeo dinilai tepat untuk menjadi wajah Puma yang menargetkan demografi kaum muda. Kontrak iklan itu menjadi kesepakatan besar pertama untuk Romeo setelah berkarir sebagai pemain sepak bola profesional.

Sebelumnya, desainer Yves Saint Laurent juga menunjukkan minatnya untuk kembali bekerja sama dengan Romeo setelah mereka sempat bermitra pada musim panas. "Masa depan sangat cerah untuknya dan tidak akan lama lagi ia akan menambah jutaan pound sterling lainnya di tabungannya," ujar sumber itu, dikutip dari The Sun, Selasa (28/12/2021).

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Karir Modeling

Romeo tak asing dengan dunia pemotretan. Ia mencatatkan namanya di industri fesyen sejak kecil, mengikuti jejak sang ibu, Victoria, yang kini dikenal sebagai desainer.

Pada 2011, ia menempati posisi ke-26 pria Inggris berpakaian terbaik. Padahal, ia baru saja berusia 8 tahun.

Dua tahun kemudian, ia menandatangani kontrak dengan Burberry dan menjadi salah satu bintang untuk kampanye yang dilakukan brand asal Inggris itu. Ia juga menjadi model untuk jenama asal Kanada, Goose. Pada Januari 2021, ia pertama kalinya menjadi model sampul majalah L'Uomo Vogue.


Bagi Waktu

Romeo kini membagi waktunya antara Inggris tempat keluarganya tinggal saat ini dengan Amerika Serikat tempatnya bermain sepakbola. Kakaknya, Brooklyn (22), juga tinggal di AS bersama tunangannya, Nicola Peltz. Putra sulung David Beckham itu baru saja meluncurkan program memasak.

Sementara itu, dua adiknya, Harper Seven dan Cruz masih bersekolah di Inggris. Mereka tinggal bersama David dan Victoria yang kembali menetap di negeri Ratu Elizabeth II itu.

Keluarga Beckham kembali bersama saat merayakan Natal tahun ini. Dalam potret keluarga terbaru yang dibagikan Romeo terlihat ia menyaingi tinggi sang ayah. Warganet bahkan geli melihat David berusaha berjinjit saat berdiri di samping putranya.

Mantan bintang Manchester United dan Real Madrid itu diketahui memiliki tinggi sekitar 175 cm, atau tinggi rata-rata pria di Inggris. Rupanya, sang anak jauh lebih tinggi dari siapapun di keluarga itu.


Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19