Volume 177

Iwan Bule Banjir Kritik

Ketua PSSI Ingin Masuk Ruang Ganti Pemain di Final Piala AFF 2020, Tuai Kritik Warganet

Liputan6.com 2021-12-29 11:28:48
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, melambaikan tangan saat menonton Timnas Indonesia U-22 melawan Thailand pada SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Selasa (26/11). Indonesia men

Ketua PSSI, Mochamad Iriawan menjadi sorotan usai berencana masuk ke ruang ganti pemain saat timnas Indonesia melawan Thailand, pada babak final Piala AFF 2020. di Stadion Nasional, Singapura, (1/1). Hal itu dilakukannya untuk mendukung langsung timnas Indonesia.

Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu mengaku akan terbang ke Singapura pada 31 Desember 2021 untuk mendukung Timnas Indonesia saat berlaga melawan Thailand.

Rupanya Mochamad Iriawan diketahui mengatakan rencananya itu ketika melakukan video call dengan para pemain Timnas Indonesia, termasuk Asnawi Mangkualam. Percakapannya itu pun diunggah di akun Instagramnya, @mochamadiriawan84 pada Senin (27/12/2021).

"Pokoknya saya berdoa dari sini," kata Iriawan.

"Kapan ke sini Pak," tanya Asnawi.

"Saya pada 31 Desember 2021 ke Singapura," lanjut Iriawan.

"Saya usahakan bisa turun ke tempat ganti pakaian, saya sedang izin ke AFF. Main bagus semuanya, Asnawi dan Egy Maulana Vikri luar biasa. Evan Dimas, kamu top," tambahnya Iriawan.

Tentunya rencana Iriawan tersebut bertentangan dengan regulasi turnamen. Hal itu yang lantas membuat aksinya itu menjadi sorotan warganet. Tak sedikit warganet yang lantas mengingatkan Iriawan untuk mengurungkan niatnya masuk ke ruang ganti pemain.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor0811 9787 670hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Dikritik Warganet

Aksinya tersebut rupanya dikritik warganet, hal tersebut terlihat dari kolom komentar pada unggahan tersebut. Banyak warganet yang meminta agar Iriawan tak melanggar regulasi turnamen.

"Pak tolong jangan masuk locker room pemain.. biar situasi pemaim tak terbebani dan mencegah yg tidak tidak," komentar @bonyseptian.

"Kalo diizinkan masuk locker room tolong gak usah aneh aneh pak kami ingin merasakan gelar juara udah capek runner up mulu," pinta @sepbolindo.

"Jgn masuk di locker room pak.. Cukup bapak hadir dan nonton aja udah bisa buat pemain semangat pak.." kata @diego24952.

"Awas di hukum pa masuk ke loker room," timpal akun @_lililililililililililililil.

"Demi menjaga kode etik jangan pak masuk ke lockeroom kecuali sesudah pertandingan," kata @indra250497.


Infografis Jadwal Piala AFF 2020 Semifinal dan Final

 

Garuda Takluk pada Gajah Perang

Hasil Leg 1 Final Piala AFF 2020: Takluk 0-4, Timnas Indonesia Tidak Berdaya Melawan Thailand

Liputan6.com 2021-12-29 21:21:35
Selebrasi striker Thailand, Chanathip Songkrasin, usai membobol Timnas Indonesia pada leg pertama final Piala AFF 2020 di National Stadium, Singapura, Rabu (29/12/2021) malam WIB. (AP Photo/S

Timnas Indonesia harus mengakui keunggulan Thailand pada leg pertama final Piala AFF 2020. Skuat Garuda menyerah 0-4 di Stadion Nasional, Singapura, Rabu (29/12/2021).

Chanathip Songkrasin jadi mimpi buruk timnas dengan mencetak gol di menit ke-2 dan 52. Sementara gol lain dicetak Supachok Sarachat ('67) dan Bordin Phala ('83).

Hasil ini membuka peluang Thailand untuk menambah koleksi gelar Piala AFF. Negeri Gajah Putih sebelumnya berjaya pada berjaya pada 1996, 2000, 2002, 2014, dan 2016.

Sementara Indonesia dibayangi kekalahan keenam pada final Piala AFF. Tim Merah Putih juga menyerah di laga puncak 2000, 2002, 2004, 2010, dan 2016.

Kedua tim bakal kembali bertarung pada leg kedua final Piala AFF 2020 di tempat sama, Sabtu (1/1/2022).


Babak Pertama

Secara administratif berstatus tuan rumah, Timnas Indonesia mengenakan warna kebesaran merah. Sementara Thailand memakai jersey biru. Shukri Hussain dari Arab Saudi dari menjadi wasit.

Thailand langsung mengancam. Bordin Phala melewati Pratama Arhan dan mengancam gawang Nadeo Argawinata. Tidak lama berselang, Philip Roller melepas bola ke Chanathip Songkrasin yang mencatatkan nama di papan skor pada menit kedua pertandingan.

Pertandingan berusia 10 menit. Timnas masih terkejut dan kesulitan keluar dari tekanan. Bola jarang dikuasai lama. Sementara Thailand dengan tenang menciptakan peluang.

Indonesia hampir kebobolan lagi. Asnawi Mangkualam membuang bola tendangan Bordin Phala dari garis gawang. Bola liar kemudian ditanduk Elias Dolah tapi masih melambung.

Indonesia mendapat serangan balik yang jarang terjadi. Namun, Irfan Jaya justru melakukan pelanggaran sebelum melepas tendangan.

Pemain tersubur sepanjang masa sekaligus top skor Piala AFF 2020 Teerasil Dangda dalam posisi bebas di kotak penalti Indonesia. Namun tendangannya masih melebar. Indonesia coba membalas tapi umpan silang Dedik Setiawan bisa dihalau lawan. Sepak pojok yang menyusul pun tidak berbuah apa-apa.

Bek Thailand Elias Dolah mendapat kartu kuning. Namun, dari situ dia terkena cedera sehingga diganti Pokklaw Anan.

Ricky Kambuaya melakukan akselerasi dan melancarkan serangan balik. Witan Sulaeman kemudian melepas umpan silang yang gagal disambut Irfan Jaya. Bola jatuh ke kaki Alfeandra Dewangga. Sayang tendangannya melambung tinggi.

Thailand mendapat kesempatan emas di akhir babak pertama. Bordin Phala dalam posisi bebas menyusul aksi Supachok Sarachat. Dia melepas tendangan ke tiang jauh yang masih bisa dimentahkan Nadeo Argawinata. Babak pertama berakhir tidak lama berselang.


Babak Kedua

Babak kedua dimulai. Shin Tae-yong melakukan tiga pergantian pemain. Elkan Baggott, Kadek Agung, dan Evan Dimas menggantikan Fachruddin Aryanto, Edo Febriansyah, dan Rachmat Irianto.

Chanathip Songkrasin benar-benar jadi mimpi buruk bagi Indonesia. Melalui serangan balik, kapten Gajah Perang itu memaksimalkan umpan Supachok Sarachat yang melancarkan serangan balik di menit ke-52.

Giliran Phitiwat Sukjitthammakul yang mengancam timnas. Mendapat bola dari umpan Teerasil Dangda, dia melepas tembakan yang sedikit di atas gawang Indonesia.

Thailand melakukan pergantian pemain. Thitiphan Puangchan dan Supachai Chaided menggantikan Teerasil Dangda dan Phitiwat Sukjitthammakul.

Irfan Jaya lepas dari penjagaan. Namun tendangannya masih bisa dimentahkan kiper. Shin Tae-yong kemudian memasukkan Egy Maulana Vikri untuk menggantikan Ricky Kambuaya.

Kualitas Thailand kembali terlihat dengan gol Supachok Sarachat pada menit ke-67. Perlahan mereka membuka pertahanan Indonesia untuk memperbesar keunggulan.

Pergantian terakhir di kubu Indonesia. Ramai Rumakiek mengisi tempat Irfan Jaya. Thailand merespon dengan mengganti kiper. Kawin Thamsatchanan menggantikan Siwarak Tedsungnoen. Chanathip Songkrasin juga tidak mendapat kesempatan mencetak hattrick karena ditarik keluar. Masuk Worachit Kanitsribampen.

Alih-alih mendapat penalti, Dedik Setiawan justru mendapat kartu kuning karena melakukan diving di kotak penalti Thailand.

Bordin Phala mempertegas supremasi Thailand. Kegagalan membuang bola dengan sempurna dimaksimalkannya untuk membuat kedudukan menjadi 4-0 di menit ke-83.

Permainan semakin terbuka dengan kedua tim jual beli serangan. Namun, peluang Thailand memperbesar skor lebih besar ketimbang Indonesia memperkecil kedudukan.

Skor tidak berubah di sisa waktu dengan Thailand unggul besar.


Susunan Pemain

Indonesia (5-4-1): Nadeo Argawinata; Asnawi Mangkualam, Fachruddin Aryanto, Rizky Ridho, Alfeandra Dewangga, Edo Febriansyah; Witan Sulaeman, Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, Irfan Jaya; Dedik Setiawan

Thailand (4-4-1-1): Siwarak Tedsungnoen; Philip Roller, Elias Dolah, Kritsada Kaman, Tristan Do; Bordin Phala, Phitiwat Sukjitthammakul, Weerathep Pomphan, Supachok Sarachat; Chanathip Songkrasin; Teerasil Dangda

Banjir Bonus Jika Timnas Menang

Janji Manis Bonus Menanti Timnas Indonesia Bila Juara Piala AFF 2020

Liputan6.com 2021-12-29 18:20:48
Piala AFF - Timnas Indonesia Vs Thailand - Ilustrasi Pelatih dan Pemain (Bola.com/Adreanus Titus)

Leg ke-1 Final Piala AFF 2020 Indonesia vs Thailand akan dimulai pada Rabu (29/12/2021) pukul 19.20 WIB malam ini.

Keberhasilan Timnas Indonesia lolos ke final Piala AFF 2020 pun disambut suka cita oleh masyarakat di Tanah air. Dukungan untuk perjuangan Timnas Indonesia juga diberikan beberapa pihak dalam bentuk bonus.

Berikut deretan pesohor hingga pengusaha Indonesia yang ramai-ramai mengucurkan bonus untuk Skuad Garuda, jika berhasil menangkan Piala AFF 2020, Rabu (29/12/2021).

Hotman Paris danNikita Mirzani

Pengacara kondang Hotman Paris Hutapea dan artis Nikita Mirzani turut menjanjikan bonus jika Skuat Garuda juara Piala AFF 2020. Lewat lewat usaha restoran miliknya Holywings Indonesia, Hotman dan Nikita akan menggelontorkan Rp 1 miliar jika trofi Piala AFF 2020 bisa dibawa ke tanah air.

GilangWidya Pramana

Gilang 'Juragan 99' Widya Pramana atau yang sering disebut Crazy Rich Malang juga turut menjanjikan bonus besar. Gilang siap memberikan bonus lagi senilai Rp 1 miliar. Sebelumnya Gilang sudah menyerahkan bonus Rp 500 juta atas keberhasilan timnas Indonesia ke final.

Co-Founder Roughneck,Rusli Ikhwan

Kemudian ada Roughneck salah satu brand menstreet wear terbesar di Indonesia yang juga berkomitmen untuk mendukung timnas Indonesia dalam bentuk produk sejumlah 500 juta rupiah jika timnas garuda menang dalam pertandingan final Piala AFF 2020.

Rusli Ikhwan, Co-Founder Roughneck menyatakan "Roughneck siap berkomitmen memberikan hadiah produk Roughneck sebagai salah satu brand lokal terdepan di Indonesia sejumlah 500 juta kepada semua pemain, staf pelatih dan jajaran PSSI Indonesia jika Indonesia keluar sebagai juara di AFF Suzuki Cup 2020 ini".


Jadwal Final Piala AFF

Rabu, 29 Desember 2021

Final Leg 1

19.30 WIB: Indonesia vs Thailand

Sabtu, 1 Januari 2022

Final Leg 2

19.30 WIB: Thailand vs Indonesia

Madam Pang Vs Crazy Rich Indonesia

Madam Pang, Wanita Tajir Penantang Para Crazy Rich Indonesia di Final Piala AFF 2020

Liputan6.com 2021-12-29 12:00:58
Nualphan Lamsam alias Madam Pang, wanita tajir yang menjabat sebagai manajer timnas Thailand di Piala AFF 2020 (LILLIAN SUWANRUMPHA / AFP)

Nama Madam Pang bersinar di kemeriahan Piala AFF 2020. Bersama timnas Thailand yang kembali melaju ke babak final, Madam Pang menonjol lewat 'sentuhannya' di dalam maupun luar lapangan.

Sosok Madam Pang tidak sulit dikenali. Di setiap pertandingan, dia selalu berada di bench pemain Thailand. Sesekali dia ikut bersorak dan berlari ke pinggir lapangan saat Gajah Perang mencetak gol.

Namun Madam Pang, bukan hanya pelengkap di skuat Gajah Perang. Wanita tajir pemilik nama lengkap Nualphan Lamsam tersebut merupakan manajer Timnas Thailand. Kekuatan finansial yang dimiliki membuat Madam Pang semakin leluasa dalam memanjakan pasukannya di medan perang.

Di Piala AFF 2020, Madam Pang menjanjikan bonus berlimpah bagi Timnas Thailand. Dari kantongnya, Madam Pang bersedia menggelontorkan 20 juta baht atau setara dengan Rp8,4 Miliar bila timnya juara. Jumlah ini dua kali lipat lebih besar dari hadiah Piala AFF 2020, yang hanya mencapai Rp4,2 Miliar.

Tidak berhenti sampai di situ saja. Madam Pang ternyata terus bergerilya mencari tambahan bonus lainnya. Hasilnya, sehari setelah timnas Thailand memastikan tempat di final Piala AFF 2020, Madam Pang mengumumkan tambahan sebesar 6 juta baht yang didapat dari saweran sana-sini.

Angka ini belum termasuk, 10 juta baht yang digelontorkan Presiden FAT, Somyot Poompanmoung.

Namun kekuatan uang bukanlah satu-satunya senjata Madam Pang dalam merawat pasukannya. Seperti seorang ibu, Madam Pang dibekali sentuhan yang mampu menenangkan hati siapa saja.

Lihat saja, ketika kiper Chatchai Budprom cedera parah saat melawan Vietnam di leg kedua. Di kamar ganti, Madam Pang seperti terlihat pada foto salah satu media Thailand, Thairath, tampak memegang pundak Budprom yang sedang menangis. Dia berusaha menghibur, Budprom yang tidak bisa tampil melawan Timnas Indonesia karena harus menjalani operasi dan perlu istirahat hingga 6-8 bulan.

Tidak hanya itu, dengan rendah hati, Madam Pang pun menyampaikan permintaan maaf kepada klub Budprom, BG Pathum United. "Untuk Chatchai Butprom, selalu ada arus kritik, hari air mata yang jatuh punya sejuta makna. Dan itu membuatnya terluka," kata Madam Pang usai menjenguk Budprom.

"Saya minta maaf kepada BG Pathum United karena pemainnya harus terluka," sambungnya.


Bukan Wajah Baru

Seperti dilansir dari Bangkok Post, Madam Pang sebenarnya bukanlah sosok baru bagi sepak bola Thailand. Sebelum ditunjuk sebagai manajer timnas U-23 dan timnas senior Timnas Thailand, Madam Pang cukup lama menjadi manajer timnas wanita Negeri Gajah Putih. Bersama Madam Pang, Timnas wanita Thailand dua kali berhasil tampil di putaran final Piala Dunia, yakin tahun 2015 dan 2019.

Madam Pang juga pernah klub Liga Thailand, Port Football Club. Di bawah kendali Madam Pang, timnya tidak hanya sukses dari sisi pretasi, tapi juga finansial, manajemen, hingga organisasi.

Pada 23 Agustus 2021 lalu, Madam Pang dipercaya sebagai manajer timnas putra Thailand. Dia menjadi wanita pertama yang menduduki posisi tersebut sepanjang sejarah sepak bola Gajah Putih.

Sebenarnya bukan kali ini saja, FAT menempatkan sosok perempuan di tengah-tengah tim sepak bola putra mereka. Pada SEA Games 2017 lalu, FAT juga menunjuk Watanya Wongopasi sebagai manajer tim sepak bola Negeri Gajah Putih. Wongopasi merupakan mantan reporter televisi. Bersama Wongopasi, timnas U-23 Thailand sukses merebut emas usai mengalahkan Malaysia dengan skor 1-0.


Tajir Sejak Lahir

Di luar sepak bola, Madam Pang dikenal sebagai generasi kelima dari dinasti Thailand-China, Lamsam. Nama keluarganya, Lamsam dalam bahasa sehari-hari Thailand berarti kaya raya.

Jadi boleh dikatakan, Madam Pang memang sudah kaya raya sejak lahir.

Dikutip dari Smp.com, keluarga Lamsam merupakan pendiri Kaikorn Bank, salah satu bak terbesar di Thailand dengan total aset yang diperkirakan mencapai USD 98 miliar. Sepupunya yang menjabat sebagai CEO di bank tersebut, Banthoon Lamsam, dan keluarga bahkan tercatat sebagai orang terkaya ke-31 di Thailand dengan total harta mencapai 860 juta USD atau setara dengan Rp 12,2 Triliun.

Madam Pang lahir di Bangkok, 21 Maret 1966. Ayahnya Photipong Lamsam, merupakan politisi kawakan dari Partai Demokrat. Sementara ibunya, adalah pemilik saham, Muang Thai Insurance Plc.

Pang memiliki anak tertua dari tiga bersaudara. Dia menempuh pendidikan S-1 di Universitas Chulalongkorn di bidang akuntansi. Madam Pang lalu melanjutkan pendidikan di Universitasn Boston.

Selain sebagai pebisnis, ibu satu putri itu juga sempat berkecimpung di dunia politik. Dia tercatat pernah menjabat sebagai asisten sekretaris jenderal Partai Demokrat, pada tahun 2006-2016.


Penantang Crazy-Crazy Rich Indonesia

Kehadiran Madam Pang tidak hanya memberi pengaruh bagi timnas Thailand saja. Gelontoran bonus yang dijanjikannya juga ikut menambah semarak persaingan di babak final Piala AFF 2020.

Di partai puncak, Timnas Thailand bakal berhadapan dengan kekuatan Timnas Indonesia. Kedua tim akan bertarung dua kali di Stadion National Singapura, pada 29 Desember 2021 dan 1 Januari 2022.

Sejauh ini, timnas Indonesia sudah mendapat Rp500 juta dari Presiden Arema FC yang juga pengusaha, Gilang Widya Pramana. Pengusaha bus Juragan 99 yang dijuluki sebagai Crazy Rich Malang itu, juga menjanjikan bonus sebesar Rp1 Miliar bila Skuat Garuda sukses membawa pulang gelar juara.

Selain Gilang, bonus besar juga disiapkan Nikita Mirzani dan Hotman Paris Hutapea bagi Timnas Indonesia. Lewat usaha restoran miliknya, Holywings Indonesia, mereka juga akan menggelontorkan Rp 1 miliar jika trofi Piala AFF 2020 bisa dibawa ke tanah air. (Simak beritanya pada tautan ini)

Lalu bagaimana dengan Crazy-crazy rich Indonesia lainnya? Semoga kehadiran Madam Pang membuat mereka juga berlomba-lomba menggelontorkan bonus bagi timnas Indonesia bila sukses mengalahkan Thailand.

Sehari Tambah 2 Juta Pengikut

Denny Darko Takjub Fuji Punya 1 Juta Subscriber Youtube Hanya Dalam Waktu Dua Hari

Liputan6.com 2021-12-29 12:24:30
Fuji mengunggah video pertama di channel YouTube pribadinya, Fuji an pada 24 Desember 2021. (Tangkapan Layar YouTube/Fuji an)

Pesulap yang juga seorang peramal Denny Darko mengaku tidak habis pikir dengan sosok Fuji, adik mendiang Bibi Andrianyah. Denny mengomentari pencapaian luar biasa Fuji dalam membuat konten YouTube.

Diakui oleh Denny Darko, hanya dalam dua hari saja, Fuji sudah menuai prestasi yang spektakuler. Fuji bisa punya subscriber 1 juta lebih dengan 7,2 juta viewers hanya dalam waktu dua hari saja.

"Fuji ini memang fenomenal," kata Denny Darko dikutip dari kanal YouTubenya, Rabu (29/12/2021).

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Upload Video

Menurut Denny Darko, pencapaian Fuji itu memang luar biasa. Apalagi, Fuji membuat kanal YouTube karena dipaksa Ria Ricis dengan mengunggah video seadanya.

"Di rumahnya Ria Ricis upload seadanya. Penontonnya tujuh juta, 7,2 juta, ini apa? Otakku keram, ini gimana maksudnya 7,2 juta viewers, subscriber 1,3, juta," tambah dia.


Pengalaman

Berdasarkan pengalamannya, Denny Darko mengaku baru bisa mendapatkan satu juta subscriber dalam kurung satu tahun. Sedangkan Fuji, dalam dua hari sudah mendapatkan satu juta lebih subscriber.

"Saya butuh satu tahun sampai 1,3. Ya Allah, Fuji. Inilah yang aku maksud dengan fenomena. Ini keajaiban," kata Denny Darko takjub.


Adsense

Menurut Denny Darko, Fuji mendapatkan adsense dalam dua hari mencapai Rp20 juta.

"Eta terangkanlah, saya enggak ngerti sama sekali. Ini, tujuh juta itu kalau adsense artinya dapat Rp20 juta man, gila dua hari," pungkasnya.

Ramalan Bencana di Tahun 2022

Tigor Otadan Ramal 2022 Ada Bencana Terjadi di Cilegon, Nganjuk dan Kediri

Liputan6.com 2021-12-29 14:45:15
Tigor Otodan (Foto: Instagram/@tigorotadan08reall)

Dalam beberapa hari lagi, 2021 akan berakhir, dan berganti dengan 2022. Sebelum datangnya pergantian tahun, ramalan 2022 pun mulai bersiweran tentang kejadian yang akan dialami pada tahun mendatang.

Salah satunya, seorang anak indigo, Tigor Otadan yang meramalkan peristiwa yang akan terjadi nanti.

Salah satunya tentang lorong berdarah. Namun Tigor mengaku tak tahu pasti peristiwa tersebut terkait dengan apa.

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Lorong Berdarah

Tigor Otodan menyebutkan dalam kanal YouTube Ngaji Roso, beberapa waktu lalu bahwa dalam peristiwa tersebut anak-anak menjadi korban.

"Saya lihat banyak sekali korban. Ada anak-anak, kayak hancur. Saya berharap bukan bom, miris. Orang yang tidak tahu apa-apa jadi korban. Bendanya yang meledak ada di jok dan sepatu," ungkapnya.


15 Daerah Longsor

Tak hanya itu, Tigor juga melihat beberapa daerah yang mengalami longsor.

"Di negara kita nanti abis lorong berdarah Cilegon warning karena aku enggak ngerti titik pusatnya dimana itu sekitar enam koma berapa skala richter. Di otak saya itu munculnya daerah Jawa Barat, Cilegon. Di Kediri juga kena dampak, mungkin setelah goncangan itu," lanjutnya.


Dari Barat ke Timur

Longsor terjadi karena adanya angin serta gelombang air yang cukup besar.

"Jadi angin terbesar saat ini arah-arahnya dari Barat ke Timur. Angin, air. Ya kalau bisa daerah kita enggak kena. Tapi aku lihat di Kediri pun, di depan rumah saya pun akan ada jatah itu," sambungnya.


Potensi

Selain dari Cilegon, dan Kediri, masih ada lagi daerah lain yang berpotensi terkena bencana alam.

"Sukabumi, Malang daerah Batu ada tanah longsor yang mengenai sekitar empat rumah. Di Malang kota aku lihat angin gede, ada satu kampus ternama nanti hancur atapnya. Ada Pacitan, Lampung, Ponorogo, Bondowoso, Bali daerah Ubud," tambahnya.


Hujan dan Longsor

Musibah yang nanti akan terjadi karena hujan dan juga longsor bersamaan.

"Di antara daerah ini campur sama hujan. Jadi sudah dengan keadaan hujan deras, longsor. Jadi orang paniknya dua kali. Kejadiannya tengah malam, sekitar pukul 01.00 - 02.00," bebernya.

Harga Meroket di Tahun Baru

HEADLINE: Mencari Biang Keladi Lonjakan Harga Pangan Jelang Tahun Baru

Liputan6.com 2021-12-30 00:00:00
Aktivitas pedagang dan pembeli di Pasar Mede, Jakarta, Rabu (15/12/2021). Harga pangan yang naik antara lain semua jenis cabe, bawang-bawangan serta minyak goreng. (Liputan6.com/Faizal Fanani

Terjadi lagi, harga bahan pangan melonjak menjelang akhir 2021. Setiap tahun, harga pangan memang selalu naik tetapi di tahun ini kenaikannya cukup tinggi dan membuat masyarakat kaget.

Beberapa komoditas pangan yang mengalami lonjakan harga yang sangat tinggi adalah cabai rawit merah dan telur ayam. Sedangkan komoditas lain juga melonjak tetapi tak setinggi cabai dan telur.

Dikutip dari laman hargapangan.id, Rabu (29/12/2021), harga cabai rawit merah Rp 94.500 per kg, turun tipis dibandingkan sebelumnya yang di harga Rp 95.400 per kg. Meski turun, harga cabai rawit merah masih terhitung tinggi dibanding rata-rata normal.

Kemudian, harga telur ayam naik menjadi Rp 30.100 per kg, naik Rp 500 dibandingkan sehari sebelumnya yang dibanderol Rp 29.600 per kg. Selain harga bawang merah juga naik menjadi Rp 30.100 per kg, naik Rp 50 dibandingkan sehari sebelumnya.

Jika dihitung secara bulanan, cabai rawit merah meroket hingga 130,97 persen. Kenaikan yang luar biasa. Sedangkan untuk telur ayam naik 3,56 persen.

Melambungnya harga sejumlah bahan pangan ini membuat konsumen terutama emak-emak syok. Dengan kenaikan harga ini, mereka tak berani membeli dalam jumlah banyak.

"Ya kaget juga. Tapi saya heran setiap momen tertentu harga-harga pasti naik. Anehnya pemerintah tidak bisa mengendalikan," ujar Cici Fitria, seorang pembeli di Pasar Jambu Dua Bogor, belum lama ini.

Tingginya harga-harga kebutuhan pokok juga membuat para pemilik warung nasi menjerit. Kenaikan ini dinilai terlampau tinggi jika dibanding harga normal.

"Sudah 6 bulan harga minyak goreng belum juga turun, sekarang harga cabai dan telur ayam ikut naik pula. Sama saja mematikan usaha kecil," terang Wiana, pemilik warung nasi di Jalan Malabar, Kota Bogor.

Menurutnya usaha warung nasi dan sejenisnya sangat bergantung tehadap cabai dan minyak goreng, untuk memasak dan meracik bumbu.

"Mau disiasati juga gimana, ya ga bisa. Harga ikut dinaikin kasihan konsumen, karena pelanggan saya kebanyakan buruh pabrik," ucapnya.

Omzet Pedagang Turun

Sekretaris Jenderal DPP IKAPPI Reynaldi Sarijowan mengatakan, pedagang pasar juga merasakan dampak dari kenaikan harga bahan pangan ini.

"Tentu (kenaikan harga) ini sangat berdampak, modal yang dikeluarkan tentunya sedikit mengingat omzet pedagang pasar yang masih belum pulih," kata Sekretaris Jenderal DPP IKAPPI Reynaldi Sarijowan, dalam pesan singkat kepada Liputan6.com, Rabu (29/12/2021).

Reynaldi pun mengharapkan pemerintah melakukan antisipasi terkait kenaikan harga bahan pokok untuk kedepannya.

"Harapannya agar pemerintah tidak lagi seperti pemadam kebakaran saat harga melonjak naik baru kasak kusuk, seharusnya ada strategi pangan jangka waktu ke depan guna untuk mengantisipasi lonjakan harga pangan," ujarnya.

Terkait kerugian yang dihadapi pedagang pasar, pedagang melihat harga mahal untuk mengambil barang-barang jualan mereka.

"Kalau permintaan tinggi seharusnya mengalami keuntungan. Namun pedagang ngambil barang saja sudah mahal," ungkap Reynaldi.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Infografis Harga Pangan Meroket (Liputan6.com/Triyasni)

Biang Keladi Kenaikan Harga Pangan

Peneliti Kementerian Pertanian (Kementan) Agung Hendriadi menjelaskan penyebab harga pangan naik di luar dugaan jelang Tahun Baru 2022.

Berkaca pada pengalamannya sebagai Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP), kenaikan harga beberapa komoditas seperti minyak goreng, cabai rawit merah dan telur memang kerap terjadi sebelum pergantian tahun. Namun, kali ini terlalu parah.

"Biasanya akhir tahun juga ada kenaikan. Tapi kenaikannya memang tidak terlalu besar seperti sekarang," kata Agung kepada Liputan6.com.

Agung menduga, faktor utama kenaikan harga bahan pangan yang tidak wajar ini bukan berasal dari sisi produksi. Tapi lebih kepada cuaca ekstrem yang menimpa sejumlah wilayah Indonesia akhir-akhir ini.

"Ini juga mungkin dipicu oleh kondisi cuaca yang ekstrem. Cuaca ekstrem akibatnya mempengaruhi produksi," ujar dia.

Cuaca ekstrem tersebut pun turut berpengaruh kepada distribusi bahan pangan yang menjadi sulit. Ditambah pemerintah sebelumnya juga sempat menerapkan kebijakan PPKM berlevel.

"Kedua masalah distribusi, itu juga karena cuaca, karena PPKM (sebelumnya)," ungkap Agung.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Ketua Asosiasi Champion Cabai Indonesia Tunov Mondro Atmojo. Menurutnya, harga cabai rawit merah di tingkat petani memang melambung drastis. Menurut catatannya, harga melambung lebih dari 100 persen dari harga normal.

"Harga cabai rawit merah melambung di tingkat petani sejak awal desember dari kisaran harga Rp 30 ribu per kg sampai Rp 70 ribu per kg di tingkat petani saat ini," katanya.

Faktor utama kenaikan harga di tingkat petani itu karena adanya gagal panen. Ini disebabkan cuaca ekstrem yang membawa hujan berkepanjangan sejak beberapa waktu lalu.

"Penyebab harga tinggi karena cuaca ekstrem jadi banyak gagal panen kena layu akar atau buruk akar," kata dia.

Sehingga, dengan terdampak cuaca ini, rata-rata hasil panen yang bisa didapatkannya hanya setengahnya dari produksi normal. Bahkan, jika terjadi hujan sejak pagi, petani tak bisa panen ke ladang miliknya.

"Dan meletusnya Semeru juga mempengaruhi kenaikan harga," kata dia.

Harga Telur dan Daging Ayam

Ketua Perhimpunan Insan Perunggasan Rakyat Indonesia (Pinsar) Singgih Januratmoko mengatakan, kenaikan harga telur ayam dan daging ayam wajar terjadi selama periode Natal dan Tahun Baru (Nataru). Untuk telur, lonjakan harganya memang mengikuti proses supply and demand saja.

"Jadi kalau ayam dan telur kondisi serapannya akhir tahun selalu naik. Untuk telur memang karena 6 bulan yang lalu hampir setahun setengah rugi. Jadi secara suplai berkurang," ujar Singgih kepada Liputan6.com.

Singgih lantas memaparkan beberapa alasan kenapa harga telur dan daging ayam naik. Khusus untuk daging ayam, itu terjadi akibat harga pakan jagung yang tahun ini naik 30 persen dibanding 2020.

"Otomatis karena pakan memang menyumbang 50 persen dari biaya produksi, otomatis harganya (daging ayam) naik antara 15-20 persen daripada tahun lalu," ujar dia.

"Kalau telur memang jauh di atas biaya produksi. Tapi memang karena waktu itu 6 bulan kemarin karena harganya murah sekali, orang mengurangi jumlah pasokan," tambah Singgih.

Kendati mahal, permintaan akan daging dan telur ayam sejauh ini malah membaik. "Permintaan ramai, normal. Kalau dibanding sebelum kondisi Covid-19, 80-90 persen sudah lumayan," pungkas Singgih.

Tak Ada Pelanggaran Hukum

Satuan Tugas (Satgas) Pangan Mabes Polri mengaku tak menemukan pelanggaran hukum terkait lonjakan harga sejumlah bahan pokok atau sembako di pasaran.

Kepala Satgas Pangan Mabes Polri, Brigjen Pol Whisnu Hermawan menyampaikan, kenaikan harga sembako lebih banyak disebabkan faktor alam.

Berdasarkan penelusuran Satgas Pangan Polri, ada beberapa faktor penyebab kenaikan harga pangan, seperti bencana alam serta curah hujan yang tinggi. Hal itu mengakibatkan petani mengalami gagal panen.

"Jadi, kenaikan harga cabe rawit lebih disebabkan gagal panen karena tingginya curah hujan dan erupsi gunung semeru serta berakhirnya masa panen di beberapa sentra produksi," kata Whisnu kepada wartawan, Selasa (28/12/2021).

Sedangkan kenaikan harga telur disebabkan peningkatan permintaan terhadap komoditi tersebut.

"Kenaikan tersebut belum dilakukan intervensi oleh pemerintah, karena beberapa bulan lalu harga telur sempat jatuh jauh di bawah HPP. Diharapkan kenaikan harga tersebut ikut memperbaiki atau menutupi kerugian yang telah dialami beberapa bulan sebelumnya," kata Whisnu.

Kendati demikian, Whisnu memastikan ketersediaan bahan pokok sepanjang 2021 dalam kondisi aman.

"Satgas Pangan Pusat menugaskan tim monitoring ke daerah yang dinilai mengalami lonjakan harga beberapa komoditas diantaranya wilayah DKI Jakarta, Jabar, Jateng dan Jatim," tandasnya.

Infografis Pemicu Harga Pangan Melonjak (Liputan6.com/Triyasni)


Mendag Jamin Pasokan Aman

Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi memastikan, stok bahan pangan dalam kondisi cukup saat libur hari perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru).

"Kalau kita lihat semua bahan pokok dan bahan penting ini semuanya dalam kondisi yang cukup," ujarnya kepada awak media di Jakarta, Rabu (22/12/2021).

Selain kecukupan stok, harga bahan pokok juga masih relatif stabil hingga saat ini. "Harganya semua stabil," tekannya.

Meski begitu, dia mengakui, jika terdapat bahan pangan yang mengalami kenaikan jelang Nataru. Antara lain komoditas cabai.

"Tapi, cabai tinggi karena persis panen terjadi hujan yang cukup tinggi. Sehingga, supply (pasokan) agak terganggu, jadi harganya tinggi," bebernya.

Mendag Lutfi pun meramalkan harga cabai akan kembali normal dalam satu sampai dua bulan ke depan. Menyusul, sejumlah sentra produksi akan memasuki musim panen.

"Jadi, dalam satu sampai dua bulan ketika di tempat lain panen harga akan turun," ucap dia menekankan.

Operasi Pasar

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, pemerintah tak tinggal dia melihat kenaikan harga pangan tersebut. Pemerintah menjalankan langkah nyata dalam melakukan stabilisasi harga pangan di akhir 2021.

"Pemerintah terus berupaya menstabilkan harga dan membantu masyarakat memenuhi kebutuhan sembako melalui operasi pasar terutama menjelang Tahun Baru 2022," kata Airlangga.

Airlangga berharap operasi pasar dapat membantu masyarakat untuk membeli sembako dengan harga khusus yang lebih murah.

Infografis Lonjakan Harga Pangan Jelang Tahun Baru (Liputan6.com/Triyasni)


Ganjal Laju Pemulihan Ekonomi

Direktur Center of Economic and Law Studies (CELIOS), sekaligus Ekonom, Bhima Yudhistira melihat kenaikan harga kebutuhan pokok menahan laju pemulihan konsumsi rumah tangga khususnya kelompok menengah dan bawah.

"Berdasar data BPS, komposisi garis kemiskinan dari bahan makanan mencapai 73 persen. Jadi sedikit saja harga minyak goreng dan cabai naik, yang rentan adalah masyarakat miskin yang paling terpukul," kata Bhima dalam keterangan tertulisnya, dikutip Rabu (29/12/2021).

Terlebih, upah minimum hanya naik rata-rata di kisaran 1 persen tahun 2022. Banyak pekerja yang daya beli nya merosot, menurut Bhima.

Selain menahan laju pemulihan ekonomi, ia juga menyebutkan bahwa inflasi yang terlalu tinggi juga berisiko mempercepat naiknya suku bunga acuan bank.

"Kalau bunga pinjaman lebih mahal maka efeknya pengusaha yang akan kena getahnya, mau ekspansi tapi bunga mahal," jelas Bhima.

Terkait langkah yang bisa dilakukan pemerintah, Bhima menyarankan agar stok pangan dalam negeri dipastikan cukup menjelang bulan suci Ramadhan.

"TPID perlu kerja keras memetakan risiko kebutuhan pangan di setiap daerah. Sedikit saja ada gejolak langsung dicari solusinya. Awasi juga praktik penimbunan bahan pangan impor dan penyelundupan di daerah rawan dan perbatasan," paparnya.

Bhima melanjutkan, substitusi produk impor harus segera disiapkan terutama pangan dan bahan baku industri karena gejolak harga barang impor berisiko terjadi.

"Pelajaran pentingnya, ketergantungan beberapa komoditas pangan impor di saat harga pangan internasional naik dan rupiah melemah akan menimbulkan imported inflation," jelas Bhima.

Giring Ganesha Dibela

Bela Giring, PSI: Apakah yang Tak Selesai Kuliah, Tidak Dapat Jadi Pemimpin?

Liputan6.com 2021-12-29 12:21:06
Vokalis grup band Nidji, Giring Ganesha saat jumpa pers di Kantor DPP PSI, Jakarta Pusat, Rabu (6/9). Giring Nidji mendeklarasikan diri untuk maju sebagai calon legislatif pada Pemilu Legisla

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Giring Ganesha kembali menjadi perbincangan warganet. Kali ini sebuah tangkapan layar dari website https://pddikti.kemdikbud.go.id yang berisi informasi Giring telah dikeluarkan atau Drop Out dari Universitas Paramadina.

Di kampus yang pernah dipimpin Anies Baswedan sebagai rektor, Giring mengambil jurusan Hukum Internasional.

Menanggapi hal tersebut, juru bicara PSI Ariyo Bimma menyatakan seharusnya netizen menyerang argumen Giring, bukan menyerang pribadinya.

"Saya heran mengapa tanggapannya menjadi ad hominem? Mengapa tidak didebat saja argumentasi PSI mengenai pemimpin 2024? Apakah ini karena apa yang disampaikan Giring tidak bisa dibantah sehingga harus masuk ke soal-soal seperti ini?," kata Ariyo saat dikonfirmasi, Rabu (29/12/2021).

Ariyo menyebut seorang yang tidak kuliah bukan berarti tidak bisa menjadi pemimpin.

"Apakah seseorang yang tidak selesai kuliah tidak dapat menjadi pemimpin? Tidak boleh mengajukan kriteria pemimpin yang diinginkannya?," kata dia.


Sebut Nama Tokoh Sukses yang DO

Ariyo lantas mencontohkan bos Facebook Mark Zuckenberg hingga nama tenar lain yang juga DO namun sukses.

"Tidak selalu ada korelasi antara pendidikan dan kepemimpinan. Bila benchmarknya negara demokrasi lain, John F Kennedy juga tidak selesai sekolahnya. Pilihan-pilihan seperti ini biasa dalam kehidupan anak muda. Mark Zuckenberg saja salah satu orang terkaya di dunia pernah DO, Bill Gates pun pernah di DO. Tidak ada yang bilang Zuck dan Gates bodoh, tapi mereka punya prioritas pada suatu masa dalam hidupnya," jelas dia.

Ariyo berdalih, pada tahun 2017 itu, Giring sedang sangat sibuk dengan karier musiknya.

"Ketika itu juga aktivitas di musik Giring sedang banyak-banyaknya. Wajar ketika anak muda sudah mengenal uang, independen, dan mandiri harus memilih prioritas. Giring Ganesha punya harapan agar anak muda Indonesia, terutama yang berhasil menyelesaikan kuliahnya, sudah punya rencana dan prioritas juga. Agar harapan harapan orangtua mereka yang menyekolahkan tidak sia-sia," pungkas dia.

Drama Squid Game Berlanjut?

Squid Game Bakal Lanjut Terus hingga Season 3?

Liputan6.com 2021-12-29 15:00:00
Poster serial Squid Game. (Foto: Dok. Netflix/ IMDb)

Drama Korea fenomenal Squid Game telah mendapat lampu hijau untuk dilanjutkan ke jilid kedua. Namun baru-baru ini sang sutradara, Hwang Dong Hyuk, mengirim sinyal bahwa kemungkinan drakor Netflix ini bakal dibuat hingga musim ketiga.

Dilansir dari Soompi, Rabu (29/12/2012), hal ini diungkapkan Hwang Dong Hyuk dalam sebuah interviu bersama KBS.

"Saya sekarang sedang berdiskusi dengan Netflix tentang musim kedua dan ketiga [Squid Game]," tutur sineas yang sebelumnya menggarap Silenced yang dibintangi Gong Yoo.

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Dalam Waktu Dekat

"Kurasa kita akan mencapai sebuah kesimpulan [atas diskusi ini] dalam waktu yang dekat," tutur Hwang Dong Hyuk.

Ia menyebutkan bahwa banyak orang yang menunggu kabar mengenai Squid Game, karena itu pihaknya berusaha keras dalam mempersiapkan musim kedua ini.

Lebih lanjut, Hwang Dong Hyuk mengungkap garis besar musim kedua nanti. "Fokus ceritanya adalah Seong Gi Hun akan mengungkap [misteri dari organisasi di balik permainan ini]," ujarnya.


Klarifikasi Netflix

Hari yang sama, Netflix memberikan klarifikasi mengenai pernyataan Hwang Dong Hyuk.

"Benar bahwa kami mendiskusikan beragam kemungkinan untuk Squid Game, termasuk musim ketiga. Namun, belum ada keputusan final," kata pihak Netflix.


Tak Punya Pilihan

Awal November lalu, Netflix secara resmi telah mengumumkan bahwa Squid Game Season 2 tengah digodok. Sutradara Hwang Dong Hyuk juga buka suara soal musim kedua ini dalam sebuah event promosi di Los Angeles, Amerika Serikat.

"Ada banyak permintaan dan tekanan dan cinta untuk musim kedua. Jadi seperti kami tak punya pilihan," Hwang Dong Hyuk membeberkan.


Penulisan yang Lama

Sebelumnya, ia sempat mengaku tak punya tenaga untuk mengerjakan Squid Game Season 2.

"Aku tak punya rencana matang untuk Squid Game 2. Memikirkannya saja sudah lelah," kata Hwang Dong Hyuk, dalam artikel yang dipublikasikan Variety pada September lalu.

Ia menjelaskan bahwa menulis Squid Game jauh lebih sulit ketimbang karyanya yang lain. "Karena ini adalah sebuah serial, bukan film. Butuh waktu enam bulan untuk menulis, lalu menulis ulang dua episode perdana," Hwang Dong Hyuk menjelaskan.

Bocor, Rahasia Ibu Kota Negara Baru

Ibu Kota Negara Baru Punya Sistem Pertahanan Canggih, Ini Bocorannya

Liputan6.com 2021-12-29 11:30:27
Visual desain garuda di bangunan Istana Negara Ibu Kota Baru. (dok. tangkapan layar IGTV @suharsomonoarfa)

Kementerian PPN/Bappenas mempersiapkan sistem yang mengantisipasi ancaman pertahanan dan gangguan keamanan di Ibu Kota Negara (IKN) baru.

Gangguan tersebut baik dengan teknologi tinggi lewat udara, laut, darat, dan siber. Sistem pertahanan Ibu Kota Negara Baru ini juga sudah dikaji sehingga tidak melanggar Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS).

"Sejalan dengan konsep IKN sebagai smart city, masterplan dirancang dengan muatan teknologi canggih dan local wisdom sehingga bercirikan smart defence dan smart security," kata Direktur Pertahanan dan Keamanan Kementerian PPN/Bappenas Bogat Widyatmoko dalam keterangan resminya, Jakarta, Rabu (29/12).

Bogat mengatakan dalam rencana pemindahan IKN penguatan pertahanan negara sangat diperlukan. Pemindahan ibu kota ke Pulau Kalimantan membuat perlunya strategi pertahanan dan keamanan yang berbeda.

Untuk itu Kementerian PPN/Bappenas telah menyusun sistem pertahanan dan keamanan di mana IKN sebagai center of gravity dan enabler. Sebagaimana negara lain, pertahanan dan keamanan adalah syarat keberlangsungan pembangunan di segala bidang.

"Negara dengan konflik tinggi cenderung sulit mensejahterakan masyarakatnya," katanya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Model Pemerintahan Khusus

Selain itu, pemerintah terus memastikan rencana pemindahan IKN dapat memenuhi kebutuhan dan tantangan masa depan. Salah satunya model pemerintahan yang tepat serta tantangan pertahanan dan keamanan di IKN nanti.

"Adanya kebutuhan nyata untuk memastikan tata kelola pemerintahan tidak terpaku pada pemerintah daerah existing, karena tata kelola di IKN ini perlu kerja lincah atau agile, efektif, dan efisien," ucap kata Staf Ahli Bidang Hubungan Kelembagaan Kementerian PPN/Bappenas Diani Sadia Wati.

Sahli Diani memastikan bentuk pemerintah daerah khusus IKN ini tidak akan keluar dari konstitusi. Harus tetap berdasar Undang-Undang Dasar 1945, tapi tetap mengadopsi kebutuhan dalam rangka mewujudkan IKN yang lincah

"Walau bentuk pemerintah khusus, harus konstitusional. Maka kita belajar dari hal itu," imbuh Sahli Diani.

Model pemerintahan daerah khusus di IKN diharapkan dapat memiliki tata kelola yang lebih baik, sehingga dapat menjunjung tinggi hubungan manusia dan lingkungan hidup.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com