Volume 178

Pantang Menyerah Timnas Garuda!

HEADLINE: Timnas Indonesia di Leg 2 Final Piala AFF 2020, Kutukan Berlanjut atau Masih Ada Asa?

Liputan6.com 2021-12-31 00:03:49
Tertinggal empat gol, Dedik Setiawan dan kawan-kawan masih mendapatkan beberapa peluang yang sayangnya belum berbuah gol. (AP/Suhaimi Abdullah)

Timnas Indonesia menghadapi tembok besar usai kalah 0-4 dari Thailand di leg 1 Final Piala AFF 2020 yang berlangsung di National Stadium, Singapura, Rabu (29/12/2021). Indonesia wajib meruntuhkan tembok itu saat leg kedua menghadapi Thailand digelar pada 1 Januari 2022.

Suporter timnas Indonesia dibuat kecewa dengan lemahnya permainan Garuda saat menghadapi Thailand. Menggunakan formasi 5-4-1, Indonesia tak berdaya menghadapi gempuran Chanatip Songkrasin dan kawan-kawan.

Thailand seperti leluasa mencetak gol lewat Songkrasin (2 gol), Supachok dan Bordin Phala. Apakah ini tanda kutukan gagal di final Piala AFF berlanjut? Apakah Indonesia masih punya peluang.

"Tidak menyangka kami bakal kemasukan banyak gol. Di sini pengalaman terlihat sangat berperan. Yang penting saat ini memulihkan fisik pemain," kata Shin Tae-yong pada jumpa pers usai laga.

"Kami coba tidak terlalu memikirkan skor leg pertama jadi pemain lebih semangat dan menunjukkan penampilan terbaik seperti laga-laga sebelumnya di Piala AFF," tambahnya.

Indonesia hadir di Piala AFF 2020 dengan skuat dipenuhi darah muda. Hanya Fachrudin Aryanto, Victor Igbonefo dan Evan Dimas yang pernah mencicipi atmosfer Piala AFF.

Infografis Perjalanan Timnas Indonesia vs Thailand di Piala AFF 2020 (Liputan6.com/Triyasni)

Sejak pertama kali ditangani pelatih Shin Tae-Yong, skuat Garuda memang seperti tak menjanjikan. Indonesia babak belur di kualifikasi Piala Dunia 2022, tapi makin membaik jelang digelarnya Piala AFF 2020.

Terbukti, Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan berhasil mencapai final setelah mengalahkan beberapa unggulan seperti Malaysia dan Singapura. Namun mengapa saat ini penampilan malah menurun di saat laga final?


Skuad Produktif

Shin Tae-Young mulai melatih Indonesia usai gantikan Simon Mc Menemy pada 2019. Dia diproyeksikan untuk membawa Indonesia bersaing di Piala Dunia U-20 yang harus digelar di 2021.

Namun Piala Dunia U-20 akhirnya ditunda pada dua tahun mendatang yaitu 2023. Maka itu, fondasi yang dibangun coach Shin yaitu mengangkat pemain muda.

Beberapa pemain keluar masuk seleksi Timnas Indonesia. Maka terpilihlah 30 pemain yang ada di skuad Piala AFF 2020 sekarang.

Di Piala AFF, Indonesia menjadi skuat paling produktif cetak gol yaitu dengan 9 gol di fase grup. Keganasan ini diteruskan saat melawan Malaysia dan Singapura.

Namun permainan Indonesia berubah total saat menghadapi Thailand. Shin Tae Yong pun ogah larut dalam kesedihan.

"Mungkin terlihat mustahil mengejar 0-4. Tapi bola itu bundar. Jika kita kerja keras sampai akhir, dan kita harus melakukannya untuk suporter Indonesia, kami mencoba meraih hasil lebih baik," ujar Shin Tae-yong.

Infografis Sang Juara dan Runner-Up Piala AFF (Liputan6.com/Triyasni)

Berikut hasil pertandingan Indonesia dengan Shin Tae Yong:

Kualifikasi Piala Dunia, Kualifikasi Piala Asia dan Uji Coba

Indonesia 2-3 Afghanistan

Indonesia 1-3 Oman

Thailand 2-2 Indonesia

Vietnam 4-0 Indonesia

Indonesia 0-5 Uni Emirat Arab

Indonesia 2-1 Chinese Taipei

Chinese Taipei 0-3 Indonesia

Afghanistan 1-0 Indonesia

Indonesia 4-1 Myanmar

Piala AFF 2020

Indonesia 4-2 Kamboja

Laos 1-5 Indonesia

Indonesia 0-0 Vietnam

Malaysia 1-4 Indonesia

Singapura 1-1 Indonesia

Indonesia 4-2 Singapura

Indonesia 0-4 Thailand


Masih Ada Harapan

Meski hampir mustahil, Shin meminta para pemainnya tetap bekerja keras di leg kedua. Menurutnya, para pemain harus bermain demi suporter timnas Indonesia.

"Kita harus kerja keras sampai akhir. Kita juga harus kerja keras demi fans. Kalau begitu, kita akan mendapat hasil yang baik," kata Shin.

Timnas Indonesia masih harus melakoni leg kedua melawan Thailand pada Sabtu (1/12/2021) malam WIB. Untuk bisa juara, timnas Indonesia harus menang paling tidak 5-0.

Semangat yang sama juga ditunjukkan kapten Indonesia, Asnawi Mangkualam Bahar. Gelandang yang main di klub Korea Selatan, Ansan Greeners ini mengatakan pertarungan untuk memperebutkan gelar juara belum usai.

Melalui akun Instagram miliknya @asnawi_bhr, Asnawi Mangkualam menegaskan pertandingan belum usai. Mengingat memang masih ada Leg 2 Timnas Garuda melawan Thailand.

"Hasbunallah Wanikmal Wakil....Belum usai!!," tulis Asnawi yang diunggah Rabu, 29 Desember 2021.

Dalam lima kali final yang pernah diikuti Timnas Indonesia, Indonesia pernah mengalami hal pahit seperti saat melawan Thailand. Pada final Piala AFF 2010, Indonesia kalah telak 0-3 lawan Malaysia di stadion Bukit Jalil.

Di laga leg pertama itu, Indonesia kalah lewat dua gol Safee Sali dan Ashari Samsudin. Duel begitu panas dan sempat memunculkan protes dari ofisial timnas karena kiper Indonesia, Marcus Harison disorot laser.

Pada leg kedua, Indonesia mengusung misi cetak tiga gol. Stadion GBK begitu bergemuruh menyambut perjuangan Indonesia.

Tapi Safee Sali kembali membuat fans Garuda lewat gol di menit ke-24. Meski begitu, Indonesia berhasil memenangkan pertandingan lewat dua gol M Nasuha dan Mohamad Ridwan. Indonesia tetap tersingkir dengan agregat 2-4, tapi Garuda keluar lapangan dengan kepala tegak.


Kutukan Berlanjut?

Statistik pertandingan memperlihatkan kurang bagusnya permainan Indonesia lawan Thailand. Dari penguasaan bola, Indonesia kalah jauh yaitu 66,6 persen Thailand dibandingkan 33,4 persen.

Penguasaan bola yang tinggi membuat Thailand memiliki sekitar 28 kali tendangan bola mati dari tendangan bebas dan sudut. Tendangan bebas 21 kali, sudut 7 kali.

Sedangkan Indonesia hanya mendapatkan 1 kali tendangan sudut dan 13 kali tendangan bebas.

Bicara serangan, Indonesia lagi-lagi kalah dari Thailand. Tim Gajah Putih tercatat melepas 9 kali tendangan ke arah gawang. Sedangkan Indonesia satu kali saja.

Jumlah tembakan melenceng Thailand 8, sedangkan Indonesia 3. Ini membuat akurasi tembakan Thailand berkisar 47,3 persen berbanding 25 persen Indonesia.

Indonesia agak mengimbangi Thailand dalam hal ketepatan umpan. Indonesia melepas 72,7 persen umpan akurat, sedangkan Thailand 85,6 persen.


Komentar Pengamat

Statistik menunjukkan Thailand menguasai bola sampai 66 persen. Indonesia tampak bermain bertahan tapi malah kebobolan 4 gol oleh Thailand.

Menurut mantan pelatih Timnas Futsal dan pengamat sepak bola, Justinus Lhaksana, Indonesia terlalu membiarkan Thailand kuasai bola. Padahal, disebutnya, Indonesia tak seharusnya main dengan strategi parkir bus.

"Saya lebih suka Indonesia pakai 4-4-2. Keliatan Indonesia pakai parkir bis. Thailand itu bukan Spanyol, Brasil, Jerman. Bahkan Thailand bukan Jepang, Korea dan Arab Saudi, mereka masih di level bawah itu jadi kekurangannya banyak," kata Justinus di chanel Youtube Justinus Lhaksana.

"Lawan Indonesia, Thailand seolah-olah hebat banget passing-passing. Kenapa umpan mereka sampai? Karena kita memberi ruang untuk bermain," dia menambahkan.

Infografis Jatuh Bangun Skuad Garuda di Piala AFF (Liputan6.com/Triyasni)

Meski begitu, Justinus berharap Indonesia bisa memperbaiki permainan di leg 2 final. Dia berharap koordinasi pertahanan Indonesia bisa lebih baik lagi.

"Secara keseluruhan kita memang layak kalah. Namun masih ada leg dua. Kita harus belajar kesalahan kita. Ini tidak hanya terjadi lawan Thailand, tapi juga terjadi lawan Singapura," ujar Justin.

"Pemain terlalu hilang fokus karena saat ada lawan di kanan, semua pemain ke kanan. Tapi tidak melihat pemain lawan di kiri."

Ronaldo Paling Mahal

Ronaldo Jawaranya, Inilah Jajaran Pesepakbola Dunia dengan Bayaran Termahal

Liputan6.com 2021-12-30 17:41:38
Cristiano Ronaldo memberikan microphone kepada Lionel Messi saat acara penghargaan Ballon d'Or di Zurich, (12/1/2015). (AFP/Fabrice Coffrini)

Profesi pesepakbola menjadi impian banyak pria di dunia, dengan besarnya bayaran jika sukses memasuki klub bergengsi. Ronaldo salah satu pemain yang jadi bukti kegigihan seorang pesepakbola.

Dalam artikelnya pada September 2021, majalah Forbes mengungkapkan pihaknya berbicara dengan klub, agen pemain, sponsor komersial, dan pakar sepak bola di seluruh dunia terkait penghasilan beberapa pesepakbola ternama di dunia.

Semua angka tersebut dikonversi ke dolar AS menggunakan nilai tukar saat ini dan termasuk gaji (sebelum pajak) untuk musim 2021-2022, bonus, dan dukungan.

Namun, biaya transfer tidak termasuk dalam rincian tersebut. Dikutip dari laman Forbes, Kamis (30/12/2021) berikut adalah deretan pesepakbola dunia dengan pembayaran termahal :

1. Cristiano Ronaldo - Manchester United

Dengan gaji yang kini sebesar USD 125 juta, Ronaldo disebut merupakan pesepakbola dunia dengan pembayaran termahal.

Pada awal September 2021, pemain berusia 36 tahun itu mencatat rekor sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa dalam sepak bola internasional ketika ia mencetak gol untuk ke-110 kalinya dalam kemenangan kualifikasi Piala Dunia negaranya melawan Irlandia.

Ronaldo telah menghasilkan lebih dari USD 1 miliar dalam pendapatan karir sebelum pajak, menjadikannya atlet olahraga pertama di dunia yang mencapai tonggak sejarah itu.

2. Lionel Messi - Paris Saint-Germain

Dengan gaji sebesar USD 110 juta, menjadikan Messi sebagai pesepakbola dengan pembayaran termahal kedua di dunia.

Dia juga mengantongi gaji sebesar USD 875 juta dan bonus serta USD 350 juta dari endorsement dengan total lebih dari USD 1 miliar selama karirnya.

Gaji barunya di PSG adalah potongan dari apa yang akan dia dapatkan jika dia bisa tinggal di Bara tetapi membuatnya tetap menjadi pemain olahraga dengan bayaran tertinggi di lapangan, bersama dengan Neymar, dengan siapa dia bersatu kembali di Paris setelah menjadi rekan satu tim di Catalan.

3. Neymar, JR -Paris Saint-Germain

Neymar, merupakan pesepakbola dengan pembayaran termahal ketiga di dunia dengan gaji sebesar USD 95 juta.

Pada Mei 2021, pesepakbola berusia 29 tahun itu menandatangani perpanjangan kontrak empat tahun untuk tinggal di Paris, Prancis hingga 2025 dan tetap menjadi salah satu pemain dengan bayaran tertinggi di tim Paris Saint-Germain.


Kylian Mbappe dan Mohamed Salah

4.Kylian Mbappe -Paris Saint-Germain

Dengan pendapatan USD 43 juta, Mbappe menolak perpanjangan kontrak dengan PSG yang akan memberinya dorongan untuk membuat penghasilannya setara dengan gaji Neymar dan membuatnya tetap bersama klub tersebut hingga 2024.

Musim 2021-2022 adalah masa terakhir kontraknya saat ini .

PSG berharap penandatanganan Messi adalah insentif bagi Mbappe untuk bernegosiasi untuk tetap bersama klub tersebut, tetapi mungkin sudah waktunya baginya untuk menjelajah lebih jauh dan mengklaim sorotan terang yang berhak dia warisi.

5.Mohamed Salah - Liverpool

Dengan gajinya sebesar USD 41 juta, Mohamed Salah telah menjadi salah satu pencetak gol terbanyak Liverpool dan Liga Premier.

Pada Oktober 2021, ia mencetak golnya yang ke-100 untuk klubnya, menjadi yang tercepat dalam sejarahnya.

Jadi Ikon Kedai Susu

Nadeo Argawinata, Kiper Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 Jadi Ikon Kedai Susu Sang Ibunda

Liputan6.com 2021-12-30 13:24:39
Nadeo Argawinata (Foto: Instagram/@nadeowinataa)

Nama Nadeo Argawinata, semakin melambung sejak menjadi kiper Timnas Indonesia di Piala AFF 2020. Apalagi, setelah menyelamatkan skuad Garuda dari jebolan tendangan penalti saat melawan Singapura di leg kedua semifinal.

Ketika melawan Thailand di leg pertama, Rabu (29/12/2021), Nadeo Argawinata juga berhasil menyelamatkan gawang dari tendangan-tendangan keras para pemain mereka.

Walau harus menelan pil pahit dengan kekalahan Indonesia 0-4 dari Thailand, sang ibunda, Ninuk Indahsari tetap bangga dengan sang putra serta Timnas Indonesia.

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Bawa Pulang Piala

Dan Ninuk berharap Nadeo Argawinata serta tim nya bisa membawa pulang Piala AFF 2020. Hal itu diungkapkannya dalam kanal YouTube KompasTV.

"Terima kasih kepada seluruh rakyat Indonesia yang sudah memberi doa kepada Timnas Indonesia. Nadeo bisa menggagalkan penalti Singapura, semoga di pertandingan yang berikutnya Nadeo Argawinata bisa memberi terbaik dan pulang membawa piala emas," ungkapnya.


Ikon Susu

Sebagai bentuk kebanggaannya kepada sang putra, ibunda Nadeo Argawinata juga mendirikan sebuah kedai susu di Kediri, Jawa Timur. Ninuk pun memajang human standee anaknya sebagai ikon kedai susunya.

Tampak Nadeo berdiri, sambil memegang minuman yang dijual sang ibundanya.


Alasan

Rupanya, bukan tanpa alasan sang ibunda mendirikan kedai susu ber-ikon Nadeo Argawinata. Ini merupakan bentuk dukungan Ninuk kepada sang putra di laga AFF 2020.


Sejak Kecil

Ninuk juga bercerita bahwa Nadeo sudah sejak usia empat tahun menyukai olah raga bola. Bahkan, saat tidur, pria kelahiran Kediri, 9 Maret 1997 memeluk bola serta sarung tangannya.

Kiper Singapura Jualan Nasi Padang

Gokil, Kiper Singapura di Piala AFF 2020 Jualan Nasi Padang dan Soto Mie

Liputan6.com 2021-12-30 15:00:07
Ilhan Fandi dan Hariss Harun makan siang di resto nasi padang milik kiper Singapura (Instagram dapurhassanSG)

Kiper Singapura Hassan Sunny jadi buah bibir usai tampil cemerlang di leg kedua semifinal Piala AFF 2020 melawan timnas Indonesia pekan lalu. Sunny jadi momok bagi pemain depan Indonesia.

Singapura memang akhirnya kalah 2-4 dari Indonesia di leg kedua lewat perpanjangan waktu sehingga gagal melaju ke final, namun aksi Sunny mengundang decak kagum.

Sunny menggagalkan banyak peluang Indonesia di leg kedua semifinal sebelum akhirnya terkena kartu merah juga di perpanjangan waktu. Sunny menyusul dua rekannya yang lebih dulu diusir wasit di semifinal kedua melawan Indonesia.

Kehebatan Hassan Sunny menghalau serangan-serangan Indonesia bahkan membuatnya viral di media sosial dengan dibandingkan dengan kiper fiksi di film Shaolin Soccer.

Tak hanya di Indonesia, nama Sunny juga booming di Singapura. Sosoknya jadi bahan pemberitaan media lokal. Latar belakang Sunny pun juga diangkat.

Rupanya Sunny memiliki usaha Nasi Padang dan Soto Mie. Menurut laporan Mothership.sg, Sunny dan keluarganya membuka restoran halal yang terletak di hawker (sejenis food court) di Tampines.


Makanan Indonesia dan Melayu

Resto nasi padang pemain 37 tahun itu bernama Dapur Hassan. Restoran ini menjual aneka masakan khas Indonesia dan Melayu. Menu utamanya adalah Nasi Padang.

Selain Nasi Padang, restoran milik Sunny menyediakan menu Soto Mie, Mie Rebus, Lontong, hingga Tahu Goreng. Dapur Hassan juga menyajikan menu khas Malaysia, Nasi Lemak.

Dapur Hassan dikelola oleh seluruh keluarga Sunny. Kokinya sendiri merupakan ibu mertua Hassan Sunny. Gerai ini buka jam 8 pagi sampai 3 sore. Khusus hari Senin, Dapur Hassan libur.


Ramai

Restoran kecil milik Sunny ini menurut laporan Mothership.sg cukup laris. Pelanggan harus mengantri cukup panjang saat jam makan dan juga di akhir pekan.

Beberapa pemain timnas Singapura sudah sempat mampir dan makan siang di Dapur Hassan. Seperti Ilhan Fandi dan Hariss Harun.

Gaji dari Madam Pang

Agar Tak Pusing Cari Kerja, Madam Pang Berikan Gaji ke Pemain Timnas Thailand

Liputan6.com 2021-12-30 12:32:29
Madam Pang, manajer timnas Thailand. Dok: Instagram @panglamsam

Konglomerat Thailand, Nualphan Lamsam (Madam Pang), sedang menjadi sensasi di Indonesia karena dukungannya yang royal kepada timnas Thailand. Ternyata, apa yang dia lakukan kepada sepak bola Thailand lebih luar biasa dari perkiraan.

Sebelumnya, Madam Pang merupakan general manager dari timnas perempuan Thailand. Ia menggunakan posisinya sebagai pemimpin di Muang Thai Insurance untuk memberikan kerja ke pemain timnas.

View this post on Instagram

A post shared by (@panglamsam)

Berdasarkan laporan The New York Timespada 2019, para pemain timnas diajak kerja di perusahaan Muang Thai apabila tak ada latihan atau pertandingan dalam waktu panjang.

Tujuan Madam Pang adalah supaya para pemain tidak pusing cari kerja, dan bisa memakai waktu mereka untuk berlatih.

Ketika sedang musim pertandingan, para pemain itu juga masih mendapat gaji. Harapannya, mereka bisa sepenuhnya fokus ke sepak bola.

Kini, sebagai manajer timnas putra Thailand, Madam Pang juga terkenal sangat dermawan dalam menjanjikan insentif berupa bonus uang bagi para pemain.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Final AFF 2020: Pelatih Timnas Filipina Percaya Diri

Pelatih Thailand, Alexandre Polking mengaku sangat puas dengan kemenangan 4-0 atas timnas Indonesia di final Piala AFF 2020, Rabu (29/12) malam WIB. Polking menyebut, satu tangan Thailand sudah menggenggam trofi AFF.

"Kami sekarang punya keuntungan besar. Tentu saja kami tidak boleh terlalu terlena. Tetapi sekarang kami sudah tahu, kendali ada di tangan kami untuk membawa trofi itu kembali ke Thailand," kata Polking dalam jumpa pers usai pertandingan.

Thailand membuktikan diri sebagai raja Asia Tenggara lewat gol cepat Chanathip Songkrasin di menit kedua. Skor 1-0 sebetulnya bertahan hingga babak pertama selesai.

Namun di babak kedua, The War Elephants menambah tiga gol lagi lewat Chanathip, Supachok Sarachat, dan Bordin Phala. Timnas Indonesia pun kalah 0-4.

Timnas Indonesia akan kembali berhadapan dengan Thailand di leg kedua, Sabtu (1/1/2022) malam WIB. Namun melihat skor leg pertama, publik Tanah Air sudah sangsi timnas Indonesia bakal juara.

Sebaliknya, optimisme tinggi digenggam publik Thailand. Chanathip dkk. tinggal selangkah lagi membawa pulang trofi AFF ke-6 sepanjang sejarah mereka.

V BTS Banjir Ucapan Ultah

V BTS Ultah, Warganet Warnai Twitter dengan Ucapan Selamat untuk Kim Taehyung

Liputan6.com 2021-12-30 11:53:24
Transformasi Gaya Rambut V BTS dari Debut Hingga Ulang Tahun Hari ini (Big Hit Entertainment)

Kim Taehyung atau lebih dikenal sebagai V BTS, hari ini, Kamis (30/12/2021) berulang tahun ke-26.

Pria kelahiran Daegu tahun 1995 ini pun mendapatkan segudang ucapan selamat ulang tahun dari para ARMY di media sosial, salah satunya di Twitter.

Beberapa warganet bahkan memamerkan kreasi mereka sebagai sebuah bentuk apresiasi kepada V BTS, di antaranya kolase foto, video berisi tulisan selamat ulang tahun, makanan, hingga billboard.

Selain itu, penggemar Kim Taehyung di Indonesia juga mempersiapkan inisiatif Perahu Taehyung, yang bertujuan membantu nelayan di Gunung Riting, Bangka Belitung, memiliki perahu yang digunakan untuk mencari nafkah.

"Sebenarnya untuk project setiap ulang tahun (personel) BTS, kami memang mau kasih hal berbeda," kata perwakilan komunitas Hacin melalui direct message pada Showbiz Liputan6.com, Rabu, 29 Desember 2021.

"Sudah hampir tiga tahun akun ini aktif memperingati ulang tahun member BTS dengan berbagai project," tuturnya. "Kalau sebelum-sebelumnya lebih ke alam, kali ini kami ingin project untuk masyarakat."

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Perahu Taehyung

Idenya muncul dari melihat perahu dayung yang ditumpangi V dalam program 'In The Soop', tahun lalu. Ia menyambung, pihaknya memang tidak membuka donasi untuk proyek ini.

"Karena kami sebenarnya adalah kumpulan pembaca karya Asabell Audida, yang juga merupakan ARMY (sebutan penggemar BTS), yang banyak menulis buku terinspirasi dari BTS," katanya bercerita.

Karena itu, Asa sering menyisihkan sebagian keuntungan dari penjualan karyanya untuk proyek terkait BTS. Ia menyebut, Hacin merupakan nama komunitas pembacanya, yang sebagian besar merupakan ARMY.

Dalam proses produksi perahu, mereka bekerja sama dengan Cepoon Initiative, komunitas setempat yang pernah membuat gagasan serupa.

"Kami menghubungi (Cepoon Initiative) untuk kerja sama. Kira-kira dari proses pengamatan, diskusi, seleksi profil penerima, sampai penyerahan, (butuh waktu) kurang lebih satu bulan."


Akun IG V BTS Cetak Rekor

Baru-baru ini, Guiness World Records juga mengumumkan bahwa akun Instagram milik V BTS menjadi akun yang tercepat mencapai satu juta dan 10 juta pengikut.

Untuk mengumpulkan sejuta followers, V hanya butuh waktu 43 menit. Angka 10 juta pengikut juga diraih dalam kecepatan fantastis, hanya 4 jam dan 52 menit.

Sekadar informasi, rekor satu juta followers tercepat sangat sering dipecahkan. Dalam catatan Guinness World Records, nama-nama terakhir yang pernah memecahkannya adalah Taeil NCT, Rupert Grint, dan Jennifer Aniston.

(Dio/Isk)


INFOGRAFIS: Deretan Prestasi Mendunia Artis Korea

 

Mobil Mewah, Parkirnya Payah

Warganet Gerah Melihat Mobil Mewah Parkir di Jalur Sepeda

Liputan6.com 2021-12-30 11:12:49
Mobil mewah parkir sembarangan (Twitter/adriansyahyasin)

Parkir mobil sembarangan bisa merugikan pengguna jalan lain. Misalkan saja parkir mobil di jalur sepeda sudah pasti mengambil hak pesepeda yang ingin menggunakan jalurnya. Aksi pelanggaran aturan lalu lintas ini juga dilakukan oleh pemilik mobilmewah.

Seperti mobil mewah dalam postingan akun Twitter @adriansyahyasin pada Minggu (26/12/2021). "Money can't buy brain," tulisnya.

Awalnya pemilik akun bernama Adriansyah Yasin Sulaeman sedang bersepeda. Namun di jalur sepeda ada mobil mewah yang diduga Porsche Cayman sedang diparkir.

Parkir sembarangan ini juga dilakukan mobil lain. Di depan mobil berwarna putih tersebut ada sedan lain yang turut parkir di jalur sepeda.

Belum diketahui secara pasti tempat insiden ini terjadi. Namun parkir sembarangan ini sukses membuat netizen kesal.

Sanksi

Tindakan parkir sembarangan seperti ini jelas telah melanggar aturan. Tentu pelanggar akan dikenai sanksi berdasarkan dengan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 284.

Begini bunyi pasalnya:

Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor dengan tidak mengutamakan keselamatan Pejalan Kaki atau pesepeda sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (2) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 (dua) bulan atau denda paling banyak Rp 500.000,00 (lima ratus ribu rupiah).

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Komentar Netizen

Postingan yang telah disukai lebih dari 39 ribu kali itu membuat netizen geram. Bahkan ada yang menyarankan agar mobil parkir sembarangan diperbolehkan ditabrak.

"emang salah banget si tu si mobil, tapi pemda juga mustinya bisa desain jalur sepeda biar ngga sejajar sama badan jalan. setau ane di belanda jalur sepeda kepisah sama badan jalan, jadi lebih safe buat bikers," tulis @amdthr

"Sebaiknya emang ada aturan vigilante: mobil parkir di jalur sepeda boleh ditabrak2," jelas @azvini

"Itu maksudnya kalo mau lewat ya lewat aja.. alias lindes aja naik ke mobilnya kak..," komentar @initrihar

"Gue jg ada ni mobil plat item fortuner ngelanggar lalin uda kya ambulance aja, pke strobo + sirine, mau gue viralin takut dipenjara. Masalahnya mobil pejabat," tulis @givemecreatine

"Pengen rasanya bawa sepeda terus sok2 gak sengaja ngebaret mobilnya," jelas @ra3an

Sumber: Otosia.com


Infografis Amankah Vaksinasi Covid-19 untuk Anak Usia 6-11 Tahun?

 

Kisah Mistis Pantai Gondo Mayit

Di Balik Seramnya Nama Pantai Gondo Mayit, Ada Keindahan yang Menanti

Liputan6.com 2021-12-30 04:00:00
Pantai Gondo Mayit, Blitar, Jawa Timur. (yo_cek/Instagram)

Beranjak ke arah selatan Jawa Timur, yaitu di daerah Blitar, ada suatu pantai yang memiliki nama 'menyeramkan'. Orang yang pertama kali mendengar nama pantai tersebut bisa saja takut atau bahkan enggan untuk mengunjunginya.

Pantai Gondo Mayit, itulah nama salah satu pantai di Blitar, Jawa Timur. Nama pantai tersebut memang bisa membuat orang mengurungkan niatnya untuk liburan ke pantai selatan Jawa Timur ini.

Gondo Mayit jika diartikan dalam bahasa Indonesia adalah bau mayat. Konon, berdasarkan cerita mitosnya, dulu di pantai ini sering ditemukan mayat yang bergelimpangan, baunya menyengat.

Namun, di balik nama pantai yang menyeramkan itu seakan hilang karena pesona keindahannya. Pantai Gondo Mayit menawarkan pesona alam yang tak kalah indah dengan pantai lain di Jawa Timur.

Suasana yang sejuk dan asri membuat wisatawan nyaman liburan ke Pantai Gondo Mayit. Menikmati sunset di pantai selatan Blitar kala senja menjadi suatu pilihan wisatawan.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Lokasi dan Jam Operasional

Pantai Gondo Mayit berlokasi di Desa Tambakrejo, Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Pantai ini merupakan salah satu objek wisata yang mudah diakses. Wisatawan bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun empat saat.

Wisata pantai di Blitar ini buka setiap hari selama 24 jam. Bagi orang dewasa dikenakan biaya tiket masuk Rp7.000. Sedangkan anak-anak gratis. Harga tiket ini bisa berubah tanpa ada pemberitahuan.


Fasilitas

Di Pantai Gondo Mayit sudah tersedia fasilitas yang dapat menunjang aktivitas wisatawan. Kamu tidak perlu khawatir saat memilih Pantai Gondo Mayit sebagai tempat berlibur.

Beberapa fasilitas yang tersedia di Pantai Gondo Mayit antara lain area parkir, pusat informasi, tempat ibadah, kamar mandi, wahana permainan, camping spot, dan rumah makan.

Selain itu, bagi para pencinta kuliner jangan khawatir pulang tanpa membawa buah tangan. Di pantai ini sudah tersedia pusat oleh-oleh. Kamu bisa memborong oleh-oleh untuk orang rumah, kerabat, atau sahabat.

Kamu juga tak perlu khawatir untuk konten media sosial. Di Pantai Gondo Mayit tersedia spot foto yang menarik dan instagramable. Latar pantai dengan keindahan ombaknya sayang kalau tidak diabadikan.

Pengakuan Ardi Bakrie

Ardi Bakrie Mengaku Sudah Jadi Manusia Lebih Baik, Minta Keringanan Vonis

Liputan6.com 2021-12-30 15:24:56
Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie (KapanLagi.com/Bayu Herdianto)

Terdakwa perkara dugaan penyalahgunaan narkotika, Ardi Bakrie memohon keringanan vonis kepada majelis hakim. Dia meminta majelis hakim mempertimbangkan hasil rehabilitasi yang sudah dijalaninya, di Balai Rehabilitasi Fan Campus, Bogor Jawa Barat.

"Saya berharap penuh agar yang mulia dapat mempertimbangkan proses rehabilitasi yang sudah saya jalankan kurang lebih selama 5 bulan terakhir ini," kata Ardi saat bacakan pleidoi atau nota pembelaan, di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Kamis (30/12/2021).

Di mana selama jalani rehabilitasi narkoba, Ardi mengklaim telah banyak berubah. Dia yakin sudah menjadi sosok manusia baru yang lebih baik.

"Alhamdulillah sudah berubah, saya menjadi manusia yang baru ini saya sudah dapat meregulasi emosi saya dalam berbagai situasi. Saya juga dapat melakukan komunikasi secara konstruktif dan dari segala pelajaran yang saya dapat sama rehabilitasi ini," ujar Ardi.

Dia pun merasa telah siap kembali menjalani kehidupannya baik sebagai seorang kepala keluarga. Juga siap kembali ke tengah masyarakat.

"Kini saya dapat berfungsi sebagai seorang suami yang bukan hanya mampu hadir secara jasmani, tetapi yang lebih penting lagi yaitu memenuhi kebutuhan emosional dan istri saya," kata Ardi.

Oleh karena itu, Ardi meminta kepada majelis hakim untuk menjatuhkan vonis nantinya sesuai tim asesmen terpadu (TAT) yang hanya merekomendasikan tiga bulan rehabilitasi.

"Saya juga mohon keringanan agar tidak tidaknya kami dapat putusan sesuai dari hasil asesmen TAT, tim asesmen terpadu yang menyebutkan rekomendasi putusan rehabilitasi rawat jalan selama 3 bulan lamanya," imbuh Ardi.

Terlebih, berdasarkan hasil pemeriksaan psikiater, Ardi dinyatakan telah pulih dari ketergantungan obat-obatan.

"Saya dinyatakan telah pulih dari ketergantungan narkotika dan saya dapat kembali bersosialisasi ke masyarakat," tutur dia.


Tuntutan Jaksa

Sebelumnya, Jaksa Penuntut Umum (JPU) menuntut tiga terdakwa artis Nia Ramadhani bersama suaminya Ardi Bakrie, serta sopir pribadi Zen Vivanto dengan hukuman rehabilitasi selama 12 bulan atau satu tahun, atas perkara dugaan pidana penyalahgunaan narkotika.

"Menempatkan terdakwa satu, Zen Vivanto, dua Ramadhania Ardiansyah Bakrie alias Nia Ramadhani, dan tiga Anindra Ardiansyah Bakrie pada lembaga rehabilitasi medis dan sosial di Rumah Sakit Ketergantungan Obat RSKO Cibubur, Jakarta Timur, secara rawat inap masing-masing selama 12 bulan," kata jaksa saat bacakan tuntutan di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat, Kamis (23/12).

Sehingga penuntut umum meyakini jika Nia, Ardi bersama Zen sebagaimana dakwaan terbukti melanggar Pasal 127 ayat 1 huruf a UU 35 Tahun 2009 tentang Narkotika Jo Pasal 55 ayat 1 KUHP.

Adapun hal-hal pertimbangan penuntut umum dalam tuntutan ini, yaitu hal yang meringankan para terdakwa mengakui dan menyesali perbuatannya.

Sementara hal yang memberatkan, perbuatan para terdakwa bertentangan dengan program pemerintah dalam pemberantasan narkoba.

"Perbuatan terdakwa 2 (Nia Ramadhani) dan 3 (Ardi Bakrie) tidak memberikan contoh yang baik kepada masyarakat," kata Jaksa.

Reporter: Bachtiarudin Alam

Sumber: Merdeka