Volume 179

Doddy Sudrajat: Donasi Gala untuk Negara

Doddy Sudrajat Minta Donasi Rumah Baru Untuk Gala Sky Dikembalikan Kepada Negara

Liputan6.com 2022-01-02 13:00:00
Ayah artis VA, Doddy Sudrajat tiba untuk jumpa pers di kawasan Buncit, Jakarta, Jumat (25/1). Dalam kesempatan itu, Doddy menjelaskan keadaan yang tengah dihadapinya dengan artis VA yang terj

Doddy Sudrajat mengakhiri 2021 dengan mengadu ke polisi setidaknya untuk dua perkara. Pertama, donasi rumah buat cucunya, Gala Sky Andriansyah. Kedua, soal dugaan pencemaran nama baik.

Pengacara ayah Vanessa Angel, Djamalludin Koedorboen, S.H. membenarkan. Ketika diwawancara awak media, ia menyebut ada kemungkinan Kementerian Sosial RI turun tangan soal donasi rumah baru Gala.

"Berita hari ini telah dirilis bahwa Kemensos akan mengambil tindakan tegas dan meluruskan apa yang sudah dilakukan oleh oknum-oknum terkait dengan donasi untuk Gala ini. Sehingga kita tinggal menunggu saja," katanya.

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Rekening Pribadi?

Menurut Djamalludin Koedorboen, kepolisian menyampaikan, bahwa misal ada pemeriksaan dari Kementerian Sosial RI kemudian ditemukan indikasi pelanggaran, maka akan ditindak tegas.

"Apalagi kita ketahui bersama bahwa di awal donasi ini menggunakan rekening pribadi dari saudara MI," ujar Djamalludin Koedorboen, kami lansir dari video interviu di kanal YouTube Cumicumi, Sabtu (1/1/2022).


Tak Harus Korbankan Hak

Bukan berarti Doddy Sudrajat tak senang masyarakat Indonesia peduli pada Gala Sky Andriansyah yang jadi yatim piatu akibat kecelakaan maut di Tol Jombang Mojokerto, 4 November 2021.

"Tapi tidak berarti mesti harus mengorbankan hak, kewajiban maupun nilai-nilai lain yang dirasakan oleh keluarga dari almarhumah Vanessa Angel," ujarnya seraya menyebut Doddy memang tak setuju ada donasi.


Tidak Menyetujui

"Karena sejatinya pihak keluarga sendiri tidak menyetujui, dan kemudian tidak mau sama sekali. Bahkan beberapa hari kemarin sebelum kami tanda tangan kuasa juga disampaikan bahwa donasi itu (baiknya) dikembalikan kepada negara," Djamalludin Koedorboen menyambung.

Alasannya, Doddy Sudrajat tak mau di masa mendatang Gala Sky Andriansyah menanggung beban psikologi maupun moral akibat yang terjadi saat ini. Menyoal dugaan pencemaran nama baik, Djamalludin Koedorboen punya penjelasan sendiri.


Sudah Ditandatangani

Kini, ada SKB tiga Menteri yang mengharuskan korban dugaan pencemaran nama baik harus melapor langsung. Walhasil, laporan ayah Vanessa Angel itu belum ditanggapi utuh oleh aparat.

"Oleh sebab itu surat kuasa yang sudah ditandatangi dalam kaitan dengan rencana pelaporan hari ini untuk sementara kami pending dulu dengan mempersiapkan beberapa bukti," ia mengakhiri.

Pratama Arhan Pemain Muda Terbaik

Thailand Juara Indonesia Runner Up Piala AFF 2020, Pratama Arhan Rebut Pemain Muda Terbaik

Liputan6.com 2022-01-01 22:05:36
Pratama Arhan - Pelatih Shin Tae-yong telah memastikan bahwa tidak bisa menurunkan bek kiri utama, Pratama Arhan, pada leg pertama final Piala AFF 2020 kontra Thailand. (AP/Suhaimi Abdullah)

Bek Timnas Indonesia, Pratama Arhan akhirnya resmi terpilih menjadi pemain muda terbaik di Piala AFF 2020 yang berakhir Sabtu, 1 Januari 2022. Ini merupakan hasil dari voting fans dan juga wartawan memantau penampilannya sepanjang Piala AFF 2020.

Penghargaan pemain terbaik yang diberi nama Goal NXGN Awarn for Young Player of Tournamen ini memancing banyak voting. Pratama Arhan meraih total 60.122 suara.

Pratama Arhan, 20 tahun, mengalahkan rekannya sendiri Witan Sulaiman dan Alfeandra Dewangga di pemilihan pemain muda terbaik. Witan dan Dewa merebut posisi dua dan tiga.

Sementara itu posisi empat diisi pemain Thailand Thanawat Suengchitthawon dan pemain Kamboja Sieng Chathea. Prahatama Arhan memiliki keunggulan dengan lemparan kedalamnya yang bisa mencapai jarak jauh.

Karena itu, dia bisa berbahaya bagi pertahanan lawan. Di Piala AFF 2020, dia main sebanyak enam kali dan absen saat kalah 0-4 dari Thailand.


Suara Pemain Lain

Sementara itu, Witan berada di posisi dua dengan 49.336 suara (33,76 persen) disusul Dewa 15.600 suara (10,67 persen).

Performa Pratama sepanjang Piala AFF memang mengesankan. Tidak hanya piawai meredam serangan lawan, penetrasinya juga membahayakan lawan.

Besarnya pengaruh Pratama terhadap tim pun terlihat ketika dirinya absen. Permainan timnas lebih buruk, termasuk pada leg pertama final.


Hasil Voting

Witan Sulaeman (Indonesia): 49.336 (33,76%)

Sieng Chanthea (Kamboja): 8.344 (5,71%)

Alfeandra Dewangga (Indonesia): 15.600 (10,67%)

Thanawat Suengchitthawon (Thailand): 11.445 (7,83%)

Paulo Gali (Timor Leste): 1.293 (0,88%)

Pratama Arhan (Indonesia): 60.122 (41,14%)

Total Suara: 146.140


Infografis Piala AFF

 

Timnas Kalah, Nasib Shin Tae-yong?

Nasib Shin Tae-yong usai Timnas Indonesia Gagal Juara Piala AFF 2020

Liputan6.com 2022-01-02 16:30:16
Reaksi pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong di pinggir lapangan pada pertandingan leg kedua semifinal Piala AFF 2020 melawan Singapura di Singapura Stadium, Sabtu, 25 Desember 2021. (AP Pho

Teka-teki masa depan Shin Tae-yong selaku pelatih Timnas Indonesia terjawab sudah. Walau gagal membawa skuad Garuda menjadi kampiun Piala AFF 2020, dirinya masih dipercaya PSSI untuk menangani Timnas Indonesia dalam jangka panjang.

Sebelumnya, nasib pelatih asal Korea Selatan itu sempat menjadi buah bibir publik sepak bola tanah air, setelah dirinya gagal mengantarkan Indonesia meraih gelar juara Piala AFF untuk pertama kalinya.

Banyak dari fans Timnas Indonesia yang optimis terhadap masa depan skuad Garuda apabila masih berada dibawah kepemimpinan Shin Tae-yong. Mereka berharap pelatih asal Korea Selatan tersebut untuk tetap melanjutkan perjuangannya bersama Timnas Indonesia usai Piala AFF 2020.

Hal itulah yang lantas membuat Shin Tae-yong angkat suara. Pada konferensi pers menjelang laga final leg kedua Piala AFF 2000, Tae-yong meyakinkan bahwa ia akan tetap bertanggung jawab dengan timnas sesuai dengan perjanjian kontrak yang telah di tanda tanganinya.

"Mudah saja. Saya sudah kontrak dengan PSSI sampai 31 Desember 2023, mungkin penggemar tidak banyak tahu soal ini," ujar Shin Tae-yong.

"Karena tidak ada yang bisa memecat saya dan tidak mungkin saya mengundurkan diri karena ada denda. Jadi, tanpa ada kesepakatan kedua belah pihak maka tidak akan terjadi apa pun," sambungnya.


Menpora Menjamin Shin Tae-yong

Melansir laman resmi Kemenpora, Zainudin Amali selaku Menteri Pemuda dan Olahraga juga turut berkomentar soal kontrak Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia. Ia menjamin kontrak pelatih asal Korea Selatan itu aman dan bahkan bisa saja diperpanjang apapun prestasi Indonesia di Piala AFF 2020.

"Jadi kita menjadi tuan rumah FIFA World Cup U-20 tahun 2023, maka kita tetap butuh pelatih. Dan Shin Tae-yong akan tetap menjadi pelatih untuk tim U-20 yang akan bertanding FIFA World Cup U-20 tahun 2023. Shin Tae-yong aman. Saya menjamin itu," kata dia dalam laman resmi Kemenpora.

Amali juga mengatakan bahwa masyarakat Indonesia dapat menilai sendiri perubahan yang telah dialami timnas sejak ditangani Shin Tae-yong.

Menurutnya, dibawah kepemimpinan Tae-yong, para pemain timnas yang mayoritas usianya masih muda dan minim pengalaman itu mampu menghadapi para pemain senior dalam Piala AFF 2020, walau pada akhirnya harus kembali gagal dipartai final untuk ke-6 kalinya.


Timnas Indonesia Kerap Berganti Pelatih

Kekhawatiran publik tanah air tersebut bukanlah tanpa sebab. Pasalnya, Indonesia memiliki kebiasaan yang kerap bergonta-ganti pelatih setelah gagal dalam ajang tertentu.

Mirisnya, adanya pergantian pelatih tersebut juga tidak membuahkan hasil satu pun trofi di Piala AFF. Bahkan, prestasi terbaik Timnas Indonesia hanya mampu mencapai partai final yang ujungnya berakhir menjadi runner-up.

Timnas Indonesia tercatat sudah berganti pelatih sebanyak 25 kali, terhitung sejak Piala AFF pertama kali digulirkan pada 1996. Jika dihitung secara rata-rata hingga 2021, artinya pergantian pelatih timnas Indonesia dilakukan sekali dalam setiap tahunnya.


Kontrak Jangka Panjang Shin Tae-yong

Kini, timnas Indonesia dilatih oleh Shin Tae-yong yang memiliki label sebagai mantan pelatih Piala Dunia bersama timnas Korea Selatan.Perlu diketahui, Shin Tae-yong didatangkan oleh PSSI pada akhir Desember 2019 lalu sebagai juru taktik timnas Indonesia menggantikan posisi Simon McMenemy. Dirinya mendapat durasi kontrak selama empat tahun hingga 2023.

Tidak hanya timnas senior saja, ia juga ditugaskan untuk menangani timnas U-19 dan U-23. Sejauh ini, prestasi terbaiknya bersama timnas adalah saat membawa Indonesia ke Kualifikasi Piala Asia 2023 dan final Piala AFF 2020.

Awalnya, Shin Tae-yong dikontrak untuk melatih timnas Indonesia dalam persiapan menghadapi Piala Dunia U-20 yang sedianya digelar di Indonesia tahun ini, namun harus ditunda hingga 2023.

Selain itu, adapun sejumlah agenda lain yang menanti dirinya seperti Piala AFF U-22 2022, Kualifikasi Piala Asia 2023, SEA Games 2021, dan Piala AFF 2022.

Penulis: Rafi Abdul Rochim

Mewahnya Stadion Piala Dunia 2022

Mewahnya Stadion Sepakbola Piala Dunia 2022 di Qatar Bak Hotel Bintang 5

Liputan6.com 2022-01-02 14:00:26
FIFA resmi meluncurkan logo Piala Dunia 2022 di Doha, Qatar, Selasa (3/9/2019). (AFP).

Piala Dunia 2022 yang akan digelar di Qatar, kini sedang dalam masa persiapan. Salah satu hal menarik adalah persiapan stadion yang dilakukan Qatar untuk Piala Dunia 2022 layaknya hotel mewah bintang lima.

Seperti yang dilihat dari cuplikan video yang diposting akun twitter @SUREKA2021, dia memperlihatkan bagian stadion untuk ajang Piala Dunia 2022 yang penuh dengan kemewahan dan kerlap kerlip cahaya lampu di atasnya.

"Not a 5 star hotel, But a football stadium in Qatar! (Bukan hotel bintang lima, ini stadion sepak bola Qatar," tulis akun tersebut.

Pemegang kamera menunjukkan, proses dirinya masuk ke stadion yang disambut oleh sejumlah orang berpakaian rapi yang menerima tamu dan mengecek tiket undangan. Setelah itu, pemegang kamera berjalan menuju sebuah lorong besar dan mewah bernuansa Timur Tengah.

Dia menuju ruangan dengan nomor layaknya kamar hotel. Ketika membuka pintu kamar tersebut, dia disuguhkan meja yang dipenuhi dengan makanan yang tertata rapi. Ternyata, ruangan tersebut merupakan corporate box dengan fasilitas mewah yang bersifat private.

Tersedia sofa mewah, kitchen set, meja makan yang diatasnya telah tersaji makanan yang juga mewah. Dari ruangan itu, menuju ke tempat duduk penonton. Demikian, yang memasuki ruangan layaknya kamar hotel tersebut bisa menikmati pertandingan sekaligus menikmati makanan lezat yang dihidangkan.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Keterlibatan Sejumlah Artis Dunia

Hal menarik lainnya, yang patut ditunggu adalah keterlibatan sejumlah artis dunia di panggung opening ceremony.

Salah satu artis besar yang santer disebut bakal menjadi pengisi adalah penyanyi sekaligus aktris Lady Gaga, seperti dilansir dari situs media Inggris The Sun, dikabarkan beberapa waktu lalu.

Bahkan, nama Lady Gaga akan bersanding dengan sejumlah musikus top kawakan dunia. Selain itu, terdengar juga kabar pasangan duet Bradley Cooper di lagu "Shallow" ini akan menjalin kerja sama dengan FIFA.

Status Pandemi Covid-19 Diperpanjang

Jokowi Nyatakan Status Pandemi Covid-19 di Indonesia Belum Berakhir

Liputan6.com 2022-01-02 17:34:25
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat sambutan Peringatan Hari HAM Sedunia Tahun 2021 pada 10 Desember 2021. (Dok Sekretariat Kabinet RI)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi memperpanjang status pandemi Covid-19 di Indonesia. Hal ini tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 24 Tahun 2021 tentang Penetapan Status Faktual Pandemi Covid-19 di Indonesia yang diteken Jokowi pada 31 Desember 2021.

"Menetapkan pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) yang merupakan Global Pandemic sesuai pernyataan World Health Organizalion secara faktual masih terjadi dan belum berakhir di Indonesia," demikian bunyi diktum kesatu sebagaimana dikutip Liputan6.com dari salinan Keppres, Minggu (2/1/2021).

Adapun keputusan ini diambil Jokowi dengan pertimbangan bahwa pandemi dan penyebaran Covid-19 yang telah dinyatakan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebagai global pandemic sejak 11 Maret 2020 dan ditetapkan sebagai bencana non alam pada 2020 lalu, sampai saat ini belum berakhir dan berdampak terhadap berbagai aspek. Termasuk, aspek kesehatan, ekonomi, dan sosial yang luas di Indonesia.

Pertimbangan lainnya yakni, putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 37/PUU-/(Vlll I 2020) yang menegaskan pentingnya pernyataan dari Presiden atas status faktual pandemi Covid-19 di Indonesia, perlu diberikan kepastian hukum mengenai belum berakhirnya pandemi Covid-19.

Dalam masa pandemi Covid-19, pemerintah melaksanakan kebijakan di bidang keuangan negara dan stabilitas sistem keuangan sesuai Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2020.

Pemerintah juga akan melaksanakan undang-undang yang mengatur mengenai anggaran pendapatan dan belanja negara setelah melalui proses legislasi dengan Dewan Perwakilan Rakyat.

Termasuk, dalam rangka menyetujui pengalokasian anggaranserta penentuan batas defisit anggaran guna penanganan pandemi Covid-19 beserta dampaknya, dan setelah mendapatkan pertimbangan dari Dewan Perwakilan Daerah.


Patuhi Peraturan yang Ada

Kemudian, pemerintah bakal mematuhi peraturan perundang-undangan terkait lainnya. Khususnya, dalam rangka penanganan, pengendalian, dan/atau pencegahan panderni Covid-19 beserta dampaknya mulai dari, bidang kesehatan, ekonomi, dan sosial.

"Keputusan Presiden ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan," bunyi Keppres.

Keturunan Pendiri Taj Mahal Hidup Miskin

Sultana Begum dan Klaim Keturunan Kaisar Pendiri Taj Mahal yang Sekarang Hidup dalam Kemiskinan

Liputan6.com 2022-01-02 11:30:57
Sultana Begum, perempuan India yang mengaku sebagai keturunan pendiri Taj Mahal, namun hidup dalam kemiskinan. (DIBYANGSHU SARKAR/AFP)

Adalah Sultana Begum, seorang wanita India yang mengaku sebagai pewaris dinasti Mughal. Ia tengah menuntut kepemilikan istana megah yang pernah jadi rumah bagi kaisar Mughal, lapor Aljazeera, Sabtu, 1 Januari 2022.

Begum diketahui tinggal di gubuk sempit dua kamar yang terletak di daerah kumuh di pinggiran Kolkata. Ia bertahan hidup dengan uang pensiun yang sedikit.

Di antara hartanya yang sederhana, terdapat catatan pernikahan dengan Mirza Mohammad Bedar Bakht. Pria itu dianggap sebagai cicit dari penguasa Mughal terakhir di India.

Kematiannya pada 1980 membuat Begum berjuang untuk bertahan hidup. Ia telah menghabiskan 10 tahun terakhir mengajukan petisi pada pihak berwenang untuk mengakui status bangsawannya dan memberikan kompensasi yang sesuai.

"Dapatkah Anda bayangkan bahwa keturunan kaisar yang membangun Taj Mahal sekarang hidup dalam kemiskinan yang menyedihkan?" kata wanita 68 tahun itu.

Begum telah membawa kasus ini ke meja hijau, mencari pengakuan bahwa ia adalah pemilik sah dari Red Fort abad ke-17 yang megah. Itu merupakan sebuah kastil di New Delhi, dan pernah jadi pusat kekuasaan Mughal.

"Saya berharap pemerintah akan memberi saya keadilan," katanya. "Ketika sesuatu jadi milik seseorang, itu harus dikembalikan."

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Simbol Kebebasan dari Kekuasaan Inggris

Kasus Sultana Begum bertumpu pada klaim bahwa garis keturunan mendiang suaminya dapat ditelusuri hingga Bahadur Shah Zafar, kaisar terakhir yang memerintah. Saat penobatan Zafar pada 1837, Kerajaan Mughal telah menyusut ke batas ibu kota.

Pemberontakan besar 20 tahun kemudian, sekarang dipuji sebagai perang kemerdekaan pertama India, mencatat tentara pemberontak menyatakan pria 82 tahun yang sekarang lemah sebagai pemimpin pemberontakan mereka.

Kaisar, yang juga seorang penyair Urdu, tahu bahwa pemberontakan yang kacau balau itu akan berakhir. Pasukan Inggris mengepung Delhi dalam waktu satu bulan dan dengan kejam memberantas pemberontakan, mengeksekusi semua 10 putra Zafar yang masih hidup meski keluarga kerajaan menyerah.

Banyak bagian bangunan Red Fort yang dihancurkan pada tahun-tahun setelah pemberontakan, dan kompleks itu rusak sebelum otoritas kolonial memerintahkan renovasinya pada pergantian abad ke-20. Sekarang, bangunan itu jadi simbol kuat kebebasan dari kekuasaan Inggris.

Perdana Menteri pertama India Jawaharlal Nehru mengibarkan bendera nasional dari benteng untuk menandai hari pertama kemerdekaan pada Agustus 1947. Ini jadi sebuah ritual yang sekarang diulang setiap tahun oleh para penerusnya.


Belum Mau Menyerah

Kasus pengadilan Begum bergantung pada argumen bahwa pemerintah India adalah penghuni ilegal properti itu, yang menurut Begum seharusnya diturunkan kepadanya. Pengadilan Tinggi Delhi menolak petisinya pekan lalu, menyebutnya "buang-buang waktu," tapi tidak memutuskan apakah klaimnya sebagai keturunan kekaisaran sah.

Alih-alih, pengadilan mengatakan tim hukumnya gagal membenarkan mengapa kasus serupa tidak dibawa oleh keturunan Zafar dalam 150 tahun sejak pengasingan. Pengacara Begum, Vivek More, mengatakan kasus itu akan berlanjut.

"Ia telah memutuskan untuk mengajukan pembelaan di hadapan pengadilan yang lebih tinggi yang menentang perintah itu," katanya.

Kehidupan Begum telah begitu getir, bahkan sebelum jadi janda dan dipaksa pindah ke daerah kumuh yang sekarang disebutnya sebagai rumah. Suaminya, yang dinikahi pada 1965 ketika ia baru berusia 14 tahun, berusia 32 tahun lebih tua darinya dan memperoleh sejumlah uang sebagai peramal, tapi tidak dapat menghidupi keluarga mereka.

Begum tinggal bersama salah satu cucunya di sebuah gubuk kecil, berbagi dapur dengan tetangga dan mencuci di keran umum di ujung jalan. Selama beberapa tahun, ia menjalankan sebuah toko teh kecil di dekat rumahnya, tapi toko itu dihancurkan untuk memungkinkan pelebaran jalan.

Ia sekarang bertahan hidup dengan uang pensiun enam ribu rupee (Rp1,1 juta) per bulan. Tapi, ia tidak putus asa dan tetap percaya bahwa pihak berwenang akan mengakuinya sebagai penerima sah warisan kekaisaran India, dan Red Fort.

"Saya berharap hari ini, besok, atau dalam 10 tahun, saya akan mendapatkan apa yang menjadi hak saya," katanya. "Insya Allah, saya akan mendapatkannya kembali ... saya yakin keadilan akan terjadi."


Infografis Raja Malaysia Turun Takhta demi Cinta

 

Jae Park Hengkang dari DAY6

Fakta-Fakta Jae Park yang Hengkang dari DAY6, Vokal terhadap Kesehatan Mental

Liputan6.com 2022-01-01 21:00:41
Jae Park. (dok. Instagram @eajpark/https://www.instagram.com/p/CDL0xjbgdbf/)

Jae Park, vokalis dan lead guitarist DAY6, keluar dari band tersebut, sekaligus berpisah dengan JYP Entertainment. Kabar ini disampaikan langsung pihak agensi lewat akun Twitter resmi @day6official, Sabtu (1/1/2022).

Sebelum berita ini muncul, Jae lewat akun Twitter pribadinya lebih dulu mengumumkan bahwa ia hiatus dari aktivitas grup yang debut pada 2015 itu. "Setelah berdiskusi dengan agensi, saya sampai pada keputusan bahwa saya akan istirahat dari DAY6," begitu penggalangan keterangannya.

Di sisi lain, dalam pernyataan resminya, JYP Entertainment menegaskan bahwa pria 29 tahun itu hengkang dari DAY6 dan agensi. "Per 31 Desember 2021, member DAY6 Jae meninggalkan band dan mengakhiri kontrak eksklusifnya dengan JYP Entertainment karena alasan pribadi," tulis mereka.

"JYP Entertainment mengambil keputusan ini demi menghormati permintaan Jae setelah kami melakukan diskusi panjang," urainya. "Meski hubungan kami dengan Jae telah berakhir, JYP Entertainment akan terus mendukung aktivitas Jae di masa mendatang."

Berbagai tanggapan pun diberikan para penggemar, dengan tidak sedikit di antaranya mengaku "tidak terkejut." Tahun-tahun belakangan, Jae telah menarik atensi khalayak, termasuk karena secara terbuka berbicara tentang kesehatan mentalnya. Berikut sederet fakta tentang pemilik nama Park Jae Hyung tersebut.

Lahir di Argentina

Jae lahir di Buenos Aires, Argentina. Ketika ditanya dalam wawancara bersama Eric Nam di akun YouTube Dive Studios, melalui program "Daebak Show," Jae mengaku tidak tahu mengapa ia bisa lahir di Argentina.

Ia menduga bahwa ibunya sedang mengandung Jae ketika bekerja bersama ayahnya di sana hingga ia lahir. Setelah itu, Jae dan keluarganya pindah ke Kanada untuk waktu yang singkat. Mereka kemudian pindah ke Amerika Serikat, dan memutuskan untuk menetap di sana.

Sebelum jadi member DAY6, ia belum pernah tinggal di Korea Selatan. Namun, Jae ingat ia pernah beberapa kali datang ke Korea Selatan saat masih kecil.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Bergabung dengan DAY6

Dibesarkan di Cerritos, California, Amerika Serikat, mengutip Dazed, Jae sedang mengejar pendidikan tinggi ketika ia mendapat kesempatan untuk mengikuti audisi survival show. Melalui pengalaman ini, yang mana Jae berhasil masuk babak enam besar, ia mampu mengukir ruang untuk dirinya di kancah musik Korea dengan akhirnya bergabung dengan DAY6 pada 2015.

Eksplorasi Skill

Dengan kemampuan public speaking dan bahasa Inggris yang notabene bagus, Jae kemudian direkrut jadi MC acara AFTER SCHOOL CLUB yang tayang di stasiun televisi Arirang. Dalam acara tersebut, ia ditemani Park Ji Min dan Kevin Woo. Puncaknya setelah dua tahun mengisi acara tersebut, Jae dinyatakan lulus dari perannya sebagai MC pada Juli 2018.

Di luar pekerjaan sehari-hari, Jae sibuk dengan berbagai proyek. Ia adalah streamer paruh waktu di Twitch, co-host podcast How Did I Get Here (HDIGH) dan merupakan artis solo, yang dikenal dengan alias eaJ.

HDIGH disebut "mengeksplorasi sisi menyenangkan Jae." Ia dan rekan pembawa acaranya memulai dengan sebuah topik, mulai dengan berbagi pendapat dan keyakinan mereka, dan perlahan, menyelami Google, menyimpang ke topik yang sama sekali baru di akhir episode.

Kritisi Agensi

Setidaknya sejak 2020, Jae punya rekam jejak secara terbuka mengkritisi mantan agensinya, JYP Entertainment. Berawal pada Juni 2020, ketika Jae mengaku pihak agensi memaksanya menghentikan kanal YouTube-nya.

Masih di bulan yang sama, Jae secara blak-blakan meng-RT unggahan Twitter DAY6 tentang aktivitas solo member DAY6 Young K. Ia menulis, "Mengapa kalian tidak mengunggah ulang acara Dive (merujuk pada program bersama Eric Nam) saya?"

Pada Agustus 2021, lewat fitur Twitter Space, Jae mengatakan bahwa ia harus bekerja sendiri saat mempersiapkan penampilannya di Head in Tthe Clouds (HITC). Hingga pada Oktober 2021, Jae menyebut bukan ia yang ingin istirahat dari aktivitas DAY6, melalui Live Instagram.

Karena itu, ia merasa kecewa saat tidak dihubungi untuk bergabung dalam sub-unit Even of Day yang terdiri dari Young K, Wonpil, dan Dowoon. Sub-unit pertama DAY6 ini debut pada 31 Agustus 2021.


Terbuka tentang Kesehatan Mental

Jae juga sering mengangkat isu kesehatan mental. Mengutip SCMP, di kursi belakang taksi di suatu hari di bulan April, Jae berpikir ia akan mati. Ia kemudian menyadari tidak mengalami serangan jantung, tapi serangan panik hebat, buah perjuangan panjangnya melawan kecemasan.

"Ketika Anda sampai pada ini ... saya tidak akan mengatakan resolusi damai, tapi resolusi yang sangat menakutkan bahwa, 'Ya, saya mungkin mati di sini dan saya harus menerimanya,' perspektif Anda tentang berbagai hal berubah," ia mengungkapkan.

"Saya menyadari bahwa saya telah menunda sesuatu begitu lama, sehingga saya jadi mati rasa pada kenyataan bahwa itu perlahan-lahan bermanifestasi secara fisik. Saya selalu percaya bahwa Anda bisa menyelesaikannya, bahkan jika Anda sakit, Anda naik ke atas panggung dan mulai bekerja, dan Anda tidak akan merasa sakit lagi," tuturnya.

"Bahkan jika Anda sakit kepala, Anda tidur, Anda bangun, Anda merasa lebih baik. Saya selalu jadi orang yang seperti itu. Tapi, tidak terasa seperti itu dalam perjalanan mobil itu," kata Jae.

Karena kejadian itu, Jae mulai menggali lebih dalam aspek kesehatan mental, dan menyebut sudah merasa lebih baik. Sejak saat itu pula, ia bertekad menyebarkan kesadaran tentang dampak toxic positivity dan pentingnya merawat kesehatan mental seperti halnya merawat kesehatan fisik.

Salah satu mediumnya, tahun lalu, Jae bekerja sama dengan merek pakaian amal Represent untuk meluncurkan lini pakaian From Friends, yang bermaksud mengingatkan orang-orang bahwa tidak apa-apa untuk menghubungi teman ketika mereka mengalami masa sulit, daripada selalu tampak bahagia dan menyingkirkan emosi.

Melalui kolaborasi tersebut, Jae dan Represent menyumbangkan 100 ribu dolar AS pada Jed Foundation, sebuah organisasi yang memerangi stigma kesehatan mental dan meningkatkan kesadaran akan pencegahan bunuh diri di kalangan pemuda Amerika.


Infografis 4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi COVID-19

 

China Tunjuk Robot AI Jadi Jaksa

China Buat Jaksa Kecerdasan Buatan untuk Mendakwa Pelanggar Hukum

Liputan6.com 2022-01-02 07:00:00
Ilustrasi Kecerdasan Buatan. Kredit: Geralts via Pixabay

Kecintaan China terhadap kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin kini telah menghasilkan bot jaksa pintar yang dapat mengajukan tuntutan atas perilaku kriminal dengan akurasi hingga 97 persen.

Jaksa ber-kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) itu dikembangkan oleh tim dari laboratorium data besar dan manajemen pengetahuan Akademi Ilmu Pengetahuan China yang dipimpin oleh Profesor Shi Yong -- yang mengklaim bahwa mesin dapat menentukan kejahatan dan mengajukan tuduhan semata-mata berdasarkan deskripsi verbal tentang apa yang terjadi.

Program AI saat ini berjalan di komputer desktop, dan dikembangkan ke keadaan saat ini setelah tim melatihnya antara 2015 dan 2020 menggunakan lebih dari 17.000 kasus kriminal yang berbeda, demikian seperti dikutip dari Mashable Asia, Sabtu (1/1/2022).

Saat ini, bot dapat menilai tersangka menggunakan 1.000 "sifat" yang berbeda yang berasal dari dokumentasi kasus yang dijelaskan manusia, dan dapat digunakan untuk menagih beberapa kejahatan paling umum di Shanghai -- termasuk penipuan, penipuan kartu kredit, pencurian, bahaya yang disengaja, mengemudi berbahaya, menghalang-halangi upaya hukum, menjalankan operasi perjudian ilegal, dan memprovokasi masalah.

Meskipun ini terdengar cukup revolusioner secara keseluruhan, ini bukan pertama kalinya China menggunakan AI dalam sistem peradilannya.

Pada tahun 2016, legislator China diperkenalkan ke System 206 -- alat AI yang mampu mengevaluasi bukti dan kondisi penangkapan, serta menentukan seberapa berbahaya seorang tersangka bagi masyarakat umum.

Jaksa AI baru saat ini bekerja bersama dengan Sistem 206, dan mengisi celah yang ditinggalkan oleh program yang lebih tua, yaitu mengajukan tuntutan dan menyarankan hukuman apa yang harus dijatuhkan untuk kejahatan individu.


Pertanyaan Etika

Jika semua berjalan sesuai rencana, jaksa AI baru harus dapat membantu sistem peradilan dengan mengurangi beban kerja jaksa manusia dan memungkinkan mereka untuk mencurahkan lebih banyak waktu untuk menangani kasus-kasus yang lebih sulit dan rumit.

Meskipun memiliki keterbatasan yang adil (mengingat betapa baru itu), tim pengembangan di belakang program mengatakan bahwa itu hanya akan meningkat seiring waktu dan peningkatan progresif.

Misalnya, perbaikan di masa depan memungkinkannya untuk menentukan kejahatan yang lebih tidak jelas, atau bahkan mengajukan beberapa tuduhan terhadap satu tersangka berdasarkan rincian kasus yang diajukan.

Terlepas dari manfaat potensial yang mungkin diberikan sistem, masih ada beberapa yang khawatir mengizinkan komputer untuk menagih orang dengan kejahatan.

"Akurasi 97 persen mungkin tinggi dari sudut pandang teknologi, tetapi akan selalu ada kemungkinan kesalahan," kata seorang jaksa dari Guangzhou. "Siapa yang akan bertanggung jawab ketika itu terjadi? Jaksa, mesin, atau perancang algoritma?"

Juga mengingat bahwa salah satu kejahatan yang dipercayakan kepada robot termasuk "memprovokasi masalah" melalui perbedaan pendapat politik, ada juga kekhawatiran bahwa alat semacam itu dapat digunakan untuk menekan kebebasan berbicara dan membatasi kebebasan vokal bagi warga negara.

Tetapi sampai kita melihat program ini sepenuhnya beraksi, kita tidak dapat benar-benar apakah implementasi seperti itu akan lebih baik atau lebih buruk bagi massa pada umumnya.

Dilema Harga Rokok Naik

Journal: Harga Rokok Naik, Antara Perlindungan Kesehatan Masyarakat dan Penerimaan APBN

Liputan6.com 2022-01-03 00:00:21
JOURNAL_Harga Rokok Naik, Indonesia Makin Sehat? (Liputan6.com/Abdillah)

Mulut Ridwan penuh kepulan asap ketika hendak mengomentari kenaikan cukai rokok. Pria berusia 30 tahun itu kaget, sekaligus menyayangkan harga rokok makin mahal.

Dia heran, sebagai negara produsen, harusnya harga rokok Indonesia lebih terjangkau. Ketimbang menaikkan harga, kata Ridwan, lebih efektif pemerintah menaikkan pajak barang mewah dari orang-orang kaya untuk pemasukan negara.

Saat ini, harga sebungkus rokok dari merek yang biasa dia hisap mencapai Rp20 ribu. Namun, kenaikan tarif cukai hasil tembakau atau cukai rokok rata-rata sebesar 12 persen mulai 1 Januari 2022 dipastikan membuat harga rokok favoritnya melonjak.

Dalam sehari, pria yang bekerja sebagai karyawan swasta di Jakarta itu dapat menghabiskan dua bungkus rokok. Meskipun harganya naik cukup drastis mulai 2022, bapak beranak dua ini belum mau mengubah kebiasaan merokoknya. Bahkan bila harganya menyentuh 50 ribu rupiah sebungkus, ia mengaku akan tetap membelinya.

"Kalau buat berhenti merokok sih enggak. Paling mengurangi jajan yang lain, supaya alokasi duit untuk beli rokok tetap aman. Sebenarnya tidak masalah harga rokok naik, asal jangan kemahalan. Kalau bisa harganya masih di bawah 30 ribu rupiah sebungkus," ucap Ridwan.

Lain lagi dengan Rendi (34), yang memilih beralih penuh memakai rokok elektrik vape ketika mengetahui harga rokok naik mulai 2022. Sebelumnya dia masih berganti-ganti dalam pemakaian vape dan menghisap rokok tembakau. Dengan harga baru rokok nanti, menurut dia lebih hemat memakai vape.

Hitung-hitungan Rendi, dia hanya perlu mengeluarkan uang sekitar Rp100 ribu per minggu untuk membeli liquid cairan rokok elektrik vape sebanyak 30 ml. Bandingkan jika dia setiap hari harus membeli sebungkus rokok yang harganya bisa mencapai Rp40 ribu.

"Sebelumnya masih suka ganti-ganti, kadang hisap rokok, kadang vape. Tapi, kalau harga rokok sampai 40 ribu (rupiah) sebungkus, mending beralih ke vape saja. Untuk kategori perokok berat saja, beli liquid untuk vape seharga 100 ribu (rupiah) bisa cukup buat seminggu," beber Rendi.

Tapi, dia menyebut hal itu tergantung selera masing-masing orang. Ada yang tetap lebih suka rasa rokok ketimbang menghisap vape, sehingga tidak mau ganti. Selain itu, untuk membeli device rokok elektrik, di awal perlu merogoh kocek setidaknya Rp300 ribu.

Konsumsi rokok masyarakat Indonesia pertahun (Liputan6.com / Abdillah)

Lindungi Kesehatan Masyarakat

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, telah mengumumkan kenaikan tarif cukai rokok rata-rata sebesar 12 persen di tahun 2022. Hal itu dilakukan untuk melindungi kesehatan masyarakat, mengingat rokok merupakan penyebab kematian nomor dua di dunia dan juga penyebab meningkatnya risiko stunting pada anak.

Keluarga perokok memiliki anak stunting 5,5 persen lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak merokok. Dari sisi ekonomi masyarakat, rokok juga tercatat sebagai sumber pengeluaran terbesar nomor dua di masyarakat baik di pedesaan maupun di perkotaan.

"Rumah tangga menjadi semakin miskin, karena pengeluaran yang seharusnya untuk meningkatkan ketahanan rumah tangga keluarga miskin, dikeluarkan untuk rokok yang mencapai 11 persen dari total pengeluaran keluarga miskin," ungkap Sri Mulyani.


Rp170 Triliun dari Cukai Rokok

Aturan baru mengenai cukai rokok termuat dalam dua Peraturan Menteri Keuangan (PMK), yakni PMK Nomor 192/PMK.010/2021 tentang Tarif Cukai Hasil Tembakau Berupa Sigaret, Cerutu, Rokok Daun atau Klobot, dan Tembakau Iris dan PMK Nomor 193/PMK.010/2021. PMK Nomor 192 mengatur kenaikan tarif cukai rokok rata-rata 12 persen.

Menurut Sri Mulyani, negara mesti membayar sebesar Rp15 triliun per tahun untuk mengobati masyarakat yang sakit karena rokok. Wanita yang akrab disapa Ibu Ani ini menyebut, total biaya kesehatan akibat merokok per tahunnya mencapai Rp 17,9 triliun sampai Rp27,7 triliun. Sebagian dari biaya itu yakni Rp15 triliun yang berasal dari BPJS Kesehatan.

"Akibat merokok sebanyak Rp10,5 triliun sampai Rp15,6 triliun biaya perawatan yang dikeluarkan oleh BPJS Kesehatan," beber Sri Mulyani.

Namun yang menarik, angka itu ternyata tidak sampai 10 persen dari jumlah pendapatan cukai rokok yang diterima negara, yaitu sebesar Rp173,78 triliun pada 2021. Dengan kenaikan cukai rokok rata-rata sebesar 12 persen pada 2022, Kementerian Keuangan memproyeksikan penerimaan cukai hasil tembakau (CHT) mencapai target APBN sebesar Rp193,53 triliun.

Sebenarnya, Sri Mulyani pernah menjanjikan bahwa setelah 2015, pemerintah melakukan penguatan berbasis kesehatan, setelah pada periode 2005 sampai 2015, Indonesia masih pro industri rokok, karena membutuhkan uangnya. Di sisi lain, dengan aturan ini, produksi rokok bakal turun 3,0 persen dari 320,1 miliar batang pada 2021 menjadi 310,4 miliar batang pada 2022. Indeks kemahalan juga naik menjadi 13,78 persen dari sebelumnya 12,7 persen.

Dari aspek kesehatan, prevalensi merokok dewasa ditargetkan turun dari 33,2 persen menjadi 32,26 persen, sedangkan prevalensi merokok anak turut diproyeksi turun dari 8,97 persen menjadi 8,83 persen. Data WHO menyebut angka prevalensi merokok nasional yang mencapai 29 persen menempatkan Indonesia sebagai pasar rokok tertinggi ketiga di dunia setelah China dan India (WHO).

Dengan keputusan yang mulai diberlakukan pada 1 Januari 2022 tersebut, pemerintah juga perlu menjaga keberlangsungan industri tembakau, yang berpengaruh terhadap tenaga kerja seperti buruh di pabrik rokok, petani tembakau, dan mata rantai pasokannya.

Seringkali dampak kenaikan cukai hasil tembakau (CHT) disusul dengan banyak munculnya produksi rokok ilegal. Dalam hal ini, pemerintah wajib untuk meminimalkan kemunculan rokok ilegal. CHT terbaru dibedakan antara jenis dan golongan.

Kenaikan CHT tertinggi ditetapkan untuk industri rokok yang memproduksi Sigaret Putih Mesin (SPM) Golongan I sebesar 18,4 persen, menjadi Rp935 per batang. Lalu, Sigaret Putih Mesin Golongan IIA mengalami kenaikan tarif CHT senilai 16,5 persen menjadi Rp565 per batang. Sementara tarif CHT Sigaret Putih Mesin Golongan IIB naik 18,1 persen menjadi Rp555 per batang.

Tarif CHT Sigaret Kretek Mesin Golongan I naik 16,9 persen menjadi Rp865 per batang. Kemudian tarif CHT Sigaret Kretek Mesin IIA naik 13,8 persen menjadi Rp535 per batang dan kenaikan CHT Sigaret Kretek Mesin IIB naik 15,4 persen menjadi Rp525 per batang.

Namun, tarif cukai untuk produksi jenis Sigaret Kretek Tangan (SKT), tidak berubah. Sebab, jenis ini memiliki unsur tenaga kerja yang besar. Besaran tarif cukai untuk jenis Sigaret Kretek Tangan Golongan I tetap Rp425 per batang, Golongan IIA tetap Rp300 per batang, Golongan IIB tetap Rp200 per batang, dan Golongan III masih Rp110 per batang.

Deretan negara dengan harga rokok termurah (Liputan6.com / Abdillah)

Risiko Kenaikan Cukai

Head of Center of Industry, Trade and Investment INDEF, Andry Satrio Nugroho, mengatakan, dengan kenaikan cukai rokok, maka setidaknya ada beberapa risiko yang harus diantisipasi pemerintah. Yang pertama adalah beban bagi industri.

Andry menjelaskan, dalam dua tahun terakhir, industri rokok mengalami beban yang cukup besar. Mulai dari pandemi Covid-19 dan cukai rokok yang mencapai double digit. Hal ini jadi pukulan telak bagi industri.

"Tentunya ini yang harus kita antisipasi adalah sumbangsih pengangguran oleh industri pabrikan atau rokok tersebut," kata Andry kepada Liputan6.com.

Kedua, kenaikan cukai rokok juga akan memberikan dampak bagi daya beli masyarakat. Apalagi rumah tangga miskin yang pengeluaran terbesarnya adalah komoditas rokok. Dengan kenaikan yang cukup tinggi, maka rumah tangga miskin tersebut mungkin akan mencari solusi lain.

"Dan solusi lain tersebut adalah rokok ilegal. Pastinya ini akan meningkat. Tahun 2020 sudah 4,9 persen dan untuk 2022, peredaran rokok ilegal ini akan cukup masif."

Menurut Andry, peredaran rokok ilegal memberikan beban yang cukup besar tidak hanya industri rokok dan petani tembakau, tapi juga pemerintah.

Potensi kehilangan penerimaan negara dari rokok ilegal cukup besar dibandingkan dengan kenaikan cukai saat ini. Hal ini yang harus diantisipasi masyarakat dan pemerintah ke depan.

"Dengan kenaikan cukai rokok ini, tentunya kita harapkan pendapatan negara bisa meningkat. Tapi juga harus siap dan mengantisipasi pabrikan juga akan mengalami kerugian dan mencoba mengurangi produksi rokok mereka," ujar Andry, lagi.


Keluhan Industri Rokok

Kenaikan tarif cukai hasil tembakau memunculkan ketidakpuasan. Gabungan Perserikatan Pabrik Rokok (GAPPRI) menyebut kebijakan pemerintah menaikkan tarif cukai rokok adalah sesuatu yang tidak wajar, karena dilakukan pada masa pandemi COVID-19. Di masa pandemi, kinerja industri tengah turun akibat pelemahan daya beli, belum lagi kenaikan cukai yang juga begitu tinggi pada 2020.

Ketua Umum GAPPRI, Henry Nayoan, menyatakan, dalam kondisi normal sebelum pandemi, kenaikan tarif cukai rokok rata-rata sebesar 10 persen, di mana pertumbuhan ekonomi mencapai lima persen dan inflasi sebesar tiga persen. Itu saja sudah memengaruhi penurunan produksi industri hasil tembakau sebesar satu persen.

Di masa pandemi, ucap Henry, relaksasi sebenarnya lebih dibutuhkan oleh industri rokok, seperti yang diberlakukan pada jenis SKT (Sigaret Kretek Tangan). Ia berpendapat, kenaikan cukai yang sangat tinggi diprediksi bakal berdampak pada kian maraknya rokok ilegal. Hal itu disebabkan gap harga antara rokok ilegal dan legal semakin jauh.

Keputusan menaikkan tarif cukai hasil tembakau (CHT) berpotensi mematikan industri tembakau menengah-kecil dan menurunkan serapan bahan baku. Saat ini, kata Henry, industri rokok belum mampu menyesuaikan dengan harga jual maksimal akibat kenaikan cukai tahun 2020 sebesar 23 persen dan harga jual eceran 35 persen.

"Harga rokok ideal yang harus dibayarkan konsumen pada tahun ini seharusnya naik 20 persen, tetapi baru mencapai sekitar 13 persen yang artinya masih ada 7 persen sisanya untuk mencapai harga dampak kenaikan tarif 2020," terang Henry dalam keterangan resmi GAPPRI.

Kendati GAPPRI keberatan dengan keputusan kenaikan tarif cukai rokok yang sangat tinggi, Henry menekankan bahwa industri hasil tembakau tetap menghormati keputusan pemerintah dan bersedia menaatinya. "GAPPRI juga mengapresiasi kebijakan tidak adanya kenaikan cukai pada jenis rokok Sigaret Kretek Tangan (SKT)," imbuhnya.

Pekerja merapikan batangan rokok yang telah selesai dibuat di PT Hanjaya Mandala Sampoerna (HMSP)Tbk, Surabaya, Kamis (19/5). (AFP Photo/Juni Kriswanto)

Kekhawatiran Buruh

Ketua Harian Forum Masyarakat Industri Rokok Indonesia (FORMASI), Heri Susanto, mengatakan, Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 192/PMK.010/2021 tentang Tarif Cukai Hasil Tembakau Berupa Sigaret, Cerutu, Rokok Daun atau Klobot, dan Tembakau Iris, tidak masuk akal, karena diumumkan hanya dalam 10 hari saja dan baru ditandatangani dan diundangkan beberapa hari yang lalu.

Setelah keputusan itu, menurut Heri, pabrik-pabrik rokok tidak serta-merta bisa langsung menaikkan harga rokok begitu saja. Heri menyebut, pemberlakuan ini terlalu tergesa-gesa. "Di sisi lain negara mau duitnya, tapi di sisi lain tidak mau risikonya," kata Heri kepada Liputan6.com.

Dia mengungkapkan bahwa semua pabrik rokok sudah mengurangi produksinya, bahkan tidak sedikit yang turun drastis. Jumlah pabrik rokok pun terus menurun, karena sudah banyak yang tutup setelah tidak mampu lagi beroperasi.

"Kalau buruh, kami sudah memikirkan bagaimana ya. Kalau nanti pabrik sudah tidak bisa meng-cover semua ini, pasti akan melakukan PHK. Kalau sudah tidak mampu, apalagi dengan situasi pandemi ini serbasulit," ujarnya.


Redam Potensi Kanker

Ketua Umum Yayasan Kanker Indonesia (YKI), dr. Aru Wisaksono Sudoyo, menyambut baik kenaikan cukai rokok. Menurut dia, ini dapat mengurangi potensi kejadian kanker di Indonesia.

"Yayasan Kanker Indonesia menyambut baik dan berterima kasih pada pemerintah RI atas rencananya menaikkan cukai rokok dalam waktu dekat. Kenaikan cukai rokok diharapkan akan menurunkan konsumsi rokok dan mengurangi potensi kejadian kanker baru yang banyak diakibatkan oleh rokok," kata Aru.

Menurut data Global Cancer Statistics (GLOBOCAN 2020), kejadian kanker di Indonesia terus meningkat dengan 397.000 kejadian baru dan 235.000 kematian akibat kanker.

Indonesia berada di peringkat ketiga sebagai negara dengan jumlah perokok tertinggi dengan prevalensi 33,8 persen atau sekitar 65,7 juta penduduk adalah perokok. Padahal, rokok mengandung karsinogen yang dapat berdampak pada seluruh tubuh dan dapat berakibat pada terjadinya 15 jenis kanker

(Liputan6.com / Abdillah)

Jenis kanker yang dapat timbul akibat karsinogen yakni kanker paru, kanker kandung kemih, leukimia, serviks, kolorektal, kerongkongan, panggul, ginjal, hati, mulut, tenggorokan, pankreas, perut, dan pangkal tenggorokan.

Mengingat rokok adalah penyebab kanker yang dapat dicegah, kata Aru, pengendalian terhadap rokok perlu dilakukan secara seksama.

"Hanya dengan upaya kolaboratif pemerintah, termasuk melalui kenaikan cukai rokok ini, beserta segenap komponen masyarakat, kita bisa turunkan kejadian kanker baru di Indonesia," katanya.

Dengan menaikan biaya cukai rokok, maka diharapkan konsumsi rokok di Indonesia bisa berkurang dan kualitas hidup masyarakat bisa meningkat.

"Ini juga meningkatkan penerimaan negara untuk membiayai Jaring Kesehatan Nasional di masa depan khususnya untuk penanganan kanker, meningkatkan kesehatan manusia dan komunitas, mengurangi beban penyakit dan kematian akibat kanker, serta manfaat umum lainnya," pungkas dr Aru.


INFOGRAFIS

 

Bungkus Makanan Pembunuh Bakteri

Ilmuwan AS, Singapura Buat Kemasan Makanan yang Bisa Membunuh Bakteri

Liputan6.com 2022-01-02 08:00:00
Ilustrasi makanan kemasan kaleng. (Foto; Pixabay)

Sebuah tim ilmuwan dari Nanyang Technological University (NTU), Singapura dan Harvard T.H. Chan School of Public Health, Amerika Serikat telah datang dengan jenis kemasan makanan baru yang membahas dua masalah utama dalam industri makanan saat ini - limbah dan ramah lingkungan.

Menurut rilis berita oleh lembaga Singapura, kemasan yang baru dikembangkan mampu menghilangkan bakteri sementara juga biodegradable. Semua ini berkat bahan utama yang digunakan dalam pembuatan kemasan - zein, demikian seperti dikutip dari Mashable Asia, Sabtu (1/1/2022).

Protein yang berasal dari makanan gluten, zein dikombinasikan dengan pati dan senyawa alami lainnya, dan kemudian diproses melalui metode yang disebut electrospinning (menggunakan kekuatan listrik untuk menghasilkan serat) untuk menghasilkan bahan untuk kemasan.

Dalam tes laboratorium, bahan ini ditemukan memiliki sifat antimikroba karena kemampuannya untuk menghasilkan senyawa pembunuh bakteri yang cukup untuk menghilangkan mikroba seperti E. dan jamur umum -- biasanya hal-hal yang menyebabkan makanan berubah menjadi buruk dengan cepat.

Yang lebih mengesankan adalah kenyataan bahwa senyawa ini dilepaskan hanya bila diperlukan - fitur yang meminimalkan risiko antimikroba dicerna oleh konsumen.

"Pelepasan antimikroba yang cerdas hanya ketika bakteri atau kelembaban tinggi hadir memberikan perlindungan hanya bila diperlukan, sehingga meminimalkan penggunaan bahan kimia dan melestarikan komposisi alami makanan yang dikemas," kata Mary Chan, pemimpin proyek dan direktur Pusat Bioengineering Antimikroba NTU.

Dalam satu percobaan, tim membungkus stroberi segar dalam kemasan baru dan membandingkan tingkat kesegaran buah-buahan dengan stroberi yang dikemas dalam kotak plastik biasa.

Hasilnya, stroberi tetap segar selama tujuh hari sebelum mengembangkan jamur, sementara stroberi di dalam kotak plastik hanya bertahan empat hari sebelum berubah berjamur.


Bermanfaat Besar

Meski masih dalam tahap pengembangan, para peneliti di balik kemasan sudah bersemangat tentang potensi kreasi mereka bagi industri makanan.

Pertama, kemasan secara langsung membahas masalah limbah makanan, dengan tambahan dua hingga tiga hari umur simpan yang berpotensi menawarkan kesempatan bagi bisnis dan konsumen baik untuk menghemat banyak dalam hal makanan dan uang.

Philip Demokritou, co-lead untuk proyek ini dan seorang profesor dari Harvard T.H. Chan School, mengatakan bahwa "keamanan pangan dan limbah telah menjadi tantangan sosial utama di zaman kita, dengan kesehatan masyarakat yang sangat besar dan dampak ekonomi mengorbankan ketahanan pangan."

"Salah satu cara paling efisien untuk meningkatkan keamanan pangan dan mengurangi pembusukan dan limbah adalah dengan mengembangkan bahan kemasan makanan tidak beracun biodegradable yang efisien," tambahnya.

Selain itu, kemasan juga disebut-sebut sebagai alternatif yang kuat untuk kotak plastik tradisional, tas, dan karton karena biodegradabilitasnya -- terutama bila digunakan dalam skala besar.

Masalah iklim dan polusi dunia sangat dikontribusikan oleh konsumsi bahan bakar fosil dan produk yang berasal dari sumber tersebut, termasuk plastik yang digunakan untuk mengemas dan mengangkut makanan.


Membantu Mengurangi Krisis Iklim yang Dipicu Limbah

Menurut pernyataan universitas, 55 persen dari 1,76 juta ton limbah domestik Singapura terdiri dari plastik, dengan sepertiga dari jumlah itu adalah kemasan makanan.

Jadi cukup jelas bagaimana menggunakan bahan baru dapat berfungsi untuk meringankan rasa sakit kemasan makanan saat ini.

"Bahan paket makanan pintar - ketika ditingkatkan - dapat berfungsi sebagai alternatif untuk mengurangi jumlah sampah plastik, karena biodegradable," kata universitas. "Bahan utamanya zein juga diproduksi dari tepung gluten jagung, yang merupakan produk sampingan limbah dari menggunakan pati jagung atau minyak untuk menghasilkan etanol."

Semuanya terdengar menjanjikan, dan tampaknya menjadi salah satu dari lebih banyak alternatif lain untuk kemasan plastik biasa, tetapi mungkin beberapa waktu sebelum kita melihat kreasi tim menjadi tersedia secara komersial.

Saat ini, tim sedang mencari mitra industri untuk membantu mereka meningkatkan produksi kemasan mereka, dengan rencana untuk menjadi komersial "dalam beberapa tahun ke depan".

Mereka juga saat ini sedang berupaya mengembangkan cara lain untuk menciptakan bahan kemasan makanan pintar berbasis biopolimer, dengan keamanan pangan dan retensi kualitas sebagai tujuan utama.

Penelitian tim telah diterbitkan dalam jurnalACS Applied Materials & Interfaces.