Volume 180

Daftar Artis Prostitusi Online

Polda Metro Sebut Penyidik Kantongi List Artis yang Terjun ke Dunia Prostitusi Online

Liputan6.com 2022-01-03 18:03:08
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan menjelaskan kasus penembakan di Exit Tol Bintaro. (Liputan6.com/Ady Anugrahadi)

Sejumlah selebritas Tanah Air diketahui terlibat dalam kasus prostitusi online. Polisi mengaku, pihaknya telah mengantongi daftar nama artis yang terjun ke praktik tersebut setelah menangkap artis Cassandra Angelie atau CA (23) bersama tiga orang muncikari atas kasus dugaan prostitusi online.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan menerangkan, pihak-pihak lain yang memiliki keterkaitan dengan tiga orang muncikari akan dimintai keterangan sebagai saksi.

"Jadwal pemanggilan akan segera disusun oleh penyidik yang tangani," kata dia di Polda Metro Jaya, Senin (3/1/2022).

Zulpan menerangkan, penyidik memiliki list berupa artis-artis Tanah Air yang terjun ke dunia prostitusi online. Khususnya mereka yang berdomisili di DKI Jakarta. Kendati demikian, Zulpan tak merinci nama-nama artis yang dimaksud.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Artis di Layar Lebar dan Sinetron

"Polda Metro sudah miliki daftar nama mereka-mereka yang ada di dalam list tersebut. Ini tidak bisa disampaikan karena menyangkut kehormatan seseorang hal-hal bersifat pribadi," terang dia.

Zulpan hanya menyebut, secara umum. Dia adalah artis-artis yang bermain di layar lebar dan sinetron. "Kira-kira begitu (artis sinetron dan film)," kata dia.

Messi Positif COVID-19

Lionel Messi Positif COVID-19, Jalani Isolasi di Argentina

Liputan6.com 2022-01-03 10:20:52
Lionel Messi telah menjadi pencetak gol paling produktif, namun belum terlihat di klub barunya, PSG. Mauricio Pochettino memiliki masalah di PSG jika Messi, Neymar, dan Mbappe dimainkan secar

Lionel Messi dikabarkan positif COVID-19, Minggu (2/1/2022). Messi tak sendiri, ada tiga rekannya di klub Paris Saint-Germain yang juga dinyatakan positif terinfeksi COVID-19. Mereka adalah pemain bek kiri Juan Bernat, kiper cadangan Sergio Rico, dan gelandang Nathan Bitumazala.

Sebelumnya, PSG juga mengumumkan bahwa ada salah seorang anggota staf mereka yang positif COVID-19.

Positif terinfeksi COVID-19, Lionel Messi dipastikan akan tetap berada di Argentina untuk menjalani isolasi. Pelatih PSG Mauricio Pochettino tidak yakin apakah peraih Ballon d'Or itu akan bisa kembali ke Prancis, atau mampu segera pulih dan ikut berlaga di Lyon pada Minggu pekan depan.

"Kita telah hidup bersama virus itu selama hampir 2 tahun dan semua orang tahu bahwa apa yang harus dilakukan untuk menghindari penularan. Tapi masih banyak yang belum diketahui dari bagaimana virus ini bertindak," ujar Pochettino, Minggu, 2 Januari 2022, dilansir Sports Illustrated.

"Dengan segala hormat pada Leo, dia saat ini telah ditangani oleh layanan kesehatan kami. Saya tak tahu apakah dia akan bisa bermain di Lyon. Dia dites positif (COVID-19) di Argentina, dan hingga dia negatif, dia tak akan bisa bepergian ke Prancis. Kita lihat saja kapan dia akan kembali," lanjut Pochettino.


Pelatih: Risiko COVID-19 Tak Terhindarkan

Terkait dengan lebih dari satu pemainnya positif COVID-19, Pochettino mengatakan, terinfeksi virus Corona adalah risiko yang dihadapi siapa pun yang terlibat dalam sepak bola skala internasional.

"Itu adalah risiko bagi semua orang yang terlibat dalam sepak bola skala dunia. Kontak tak dapat terhindarkan dalam sepakbola, jelas lebih berisiko," ujarnya.

Meski demikian, Pochettino menyatakan pihaknya telah mengambil semua langkah yang diperlukan untuk menghindarkan transmisi COVID-19 antarpemain.

"Saya melakukan apa yang disarankan oleh para personel medis pada kami."

Membelot ke Korut

Peristiwa Langka, Warga Korsel Membelot ke Korea Utara

Liputan6.com 2022-01-03 14:03:41
Tentara Korea Selatan bersiap melakukan pembersihan ranjau di DMZ (AP/Ah Young -joon)

Seorang warga Korea Selatan dilaporkan melintasi perbatasan yang dijaga ketat ke Korea Utara dalam sebuah pembelotan, kata militer Korsel.

Orang tersebut dilaporkan mampu menghindari deteksi selama beberapa jam meskipun ada operasi pencarian oleh pasukan Korea Selatan.

Dikutip dari laman BBC, Senin (3/1/2022), Kepala militer di Seoul mengatakan bahwa mereka tak tahu apakah orang itu masih hidup atau tidak dan ini dianggap sebagai peristiwa langka.

Tetapi, pihaknya telah mengirim pesan ke Korea Utara meminta orang tersebut untuk dilindungi.

Pasalnya, Korea Utara telah menerapkan kebijakan menembak pembelot selama pandemi.

Orang itu terdeteksi di Zona Demiliterisasi (DMZ), yang memisahkan kedua Korea, di sebuah titik di pantai timur sekitar pukul 21:20 waktu setempat (12:20 GMT) pada Sabtu (1/1), kata Kepala Staf Gabungan Korea Selatan (JCS).

Pejabat pertahanan di Seoul telah berjanji untuk merombak sistem pertahanan perbatasan setelah adanya pelanggaran serupa di masa lalu.

Pada September 2020, pasukan Korea Utara menembak dan membakar seorang pejabat Korea Selatan yang hilang di laut. Insiden itu memicu kehebohan.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Korut Umumkan Keadaan Darurat

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un sebelumnya telah mengumumkan keadaan darurat nasional dan menutup sebuah kota setelah seorang pembelot Korea Utara yang menurut Kim memiliki gejala COVID-19 menyeberang ke Utara dari Selatan.

Lockdown terkait pandemi COVID-19 di Korea Utara dan pembatasan pergerakan di dalam negeri juga telah mengurangi jumlah pembelotan dari Utara ke Selatan.

Perbatasan antara Korea Utara dan Selatan adalah salah satu daerah yang paling dijaga ketat di dunia.

Wilayah itu dipenuhi dengan ranjau darat, dikelilingi oleh pagar kawat listrik berduri, kamera pengintai dan penjaga bersenjata yang waspada 24 jam sehari.


Infografis Hasil Utama KTT Korea Utara Korea Selatan

 

Donasi untuk Gala Berujung Teror

Setelah Bantu Donasi Gala Sky, Selebgram Marissya Icha Dapat Teror Karangan Bunga Berisi Hinaan

Liputan6.com 2022-01-03 12:00:00
Selebgram Marissya Icha. (Foto: Instagram @marissyaicha)

Selebgram Marissya Icha berada di balik aksi donasi untuk Gala Sky Andriansyah. Uang hasil donasi dibelikan rumah, yang diserahkan bertepatan dengan hari lahir Vanessa Angel.

Aksi donasi ini dipolisikan Doddy Sudrajat lewat pengacaranya, Djamalludin Koedorboen, S.H. Tidak menutup kemungkinan, Kementerian Sosial RI akan menyelidiki aliran dana donasi.

Saat kabar ini menyebar, Marissya Icha tengah menemani keluarga H. Faisal liburan ke Bali. Belum jelas apakah ia telah pulang ke Jakarta, namun sebuah teror muncul.

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Bahasa Hinaan

Menilik unggahan di Instagram Stories-nya pada Senin (3/1/2022) siang, Marissya Icha mengaku mendapat kiriman karangan bunga berukuran besar berisi hinaan.

"Cieeee. Pagi-pagi ada yang kirimin karangan bunga segede lobby dengan bahasa hinaan," tulis Marissya Icha dengan latar gambar taman bunga. Ia menyertakan emotikon wajah ngakak.


Aku Sudah Dapat

Tak tinggal diam, pesohor Instagram dengan lebih dari setengah juta pengikut itu melacak toko bunga yang mengirim untuk mengetahui siapa pengirim sebenarnya.

"Aku sudah dapat toko bunga yang mengirimkan. Buat laporan lagi ah biar tambah banyak. Kamu fikir aku bakal pos? Mau pansos ya?" Marissya Icha menyambung.


Mending Buat Bayar Utang

Tak kurang akal, selebgram berhijab ini lantas mengirim sindiran kepada sang pengirim. Tampaknya, Marissya Icha mencurigai seseorang yang telah dikenalnya.

"Dibanding beli mahal-mahal itu bunga buat hal enggak jelas mendingan duitnya buat bayar hutang deh. Lumayan kan agar sedikit meringankan bebanmu," ia mengakhiri tanpa menyebut nama.


Marissya Versus Medina

Diberitakan sebelumnya, Marissya Icha terlibat perseteruan dengan selebgram sekaligus pengusaha Medina Zein hingga saling lapor ke polisi. Nyonya Lukman Azhari juga memberi Gala Sky rumah baru konon senilai tiga miliar rupiah.

Akta kepemilikan baru akan diserahkan setelah Pengadilan Agama Jakarta Barat memutuskan hak asuh putra Vanessa Angel dan Bibi Andriansyah itu jatuh ke tangan siapa.

Hugh Jackman Tertular

Setelah Hugh Jackman Umumkan Positif Covid-19, Semua Pentas Broadway Ditunda

Liputan6.com 2022-01-03 10:41:55
Hugh Jackman dan Deborra Lee. (AFP/Toru YAMANAKA)

Pada pekan lalu jelang Tahun Baru 2022, tepatnya pada Rabu (29/12/2021), Hugh Jackman mengumumkan dirinya dinyatakan positif mengidap Covid-19 di tengah persiapan tampil di sebuah pentas Broadway berjudul The Music Man.

Kabar tersebut sempat diumumkannya melalui akun Instagram resmi aktor pemeran Wolverine di X-Men ini, @thehughjackman, dalam sebuah unggahan video singkat.

"Saya hanya ingin memastikan kalian mendengarkan ini dari saya. Saya dites positif covid. Gejala ringan dan tetap menantikan untuk kembali ke atas panggung secepat mungkin! Mengirim cinta untuk kebahagiaan dan tahun baru yang sehat," tulis Hugh Jackman dalam keterangannya.

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Dikabarkan Pagi Itu

Lebih lanjut, dalam videonya, Hugh Jackman menyampaikan bahwa kondisinya itu diketahui pagi itu juga sebelum ia mengunggah video. Bahkan, Jackman juga mengaku sempat merasakan gejala kurang sehat.

"Gejala saya seperti merasa demam, tenggorokan dan hidung yang tak enak. Tapi saya baik-baik saja. Saya berusaha melakukan segala hal sebaik mungkin untuk bisa segera membaik," ujar sang aktor sambil mengenakan masker hitam.


Lawan Main Juga Positif

Melansir berbagai sumber, rupanya kala itu Hugh Jackman sedang mempersiapkan diri untuk bisa tampil dalam sebuah panggung broadway berjudul The Music Man.

Kondisi Hugh Jackman tersebut rupanya juga dialami lawan mainnya, aktris Sutton Foster. Alhasil panggung drama musikal The Music Man diundur hingga 6 Januari 2022.


Panggung Lain Ikut Diundur

Kewaspadaan terhadap varian baru Covid-19 seperti Omicron, membuat panggung Broadway lain di Amerika Serikat juga ikut terkena dampaknya.

Seperti disampaikan comicyears.com, pentas-pentas lain seperti The Lion King, Aladdin, Hamilton, sampai Harry Potter and the Cursed Child, akan dituda penampilannya.


Pengumuman

Salah satu pentas drama Broadway yang sudah cukup lama digelar, Waitress, diumumkan oleh pihak produksi akan ditunda penampilannya untuk tiba pada 9 Januari 2022.

"Kami dengan bersedih hati mengumumkan bahwa Waitress di Broadway akan ditutup secara efektif secepatnya," tulis pihak produksi di Twitter, disusul dengan pengumuman refund tiket bagi penonton yang telah membelinya.

Potret Bocah Jisoo Blackpink

Jisoo Blackpink Ultah, Bagikan Potret Gemas Masa Bocah

Liputan6.com 2022-01-03 14:20:13
Jisoo Blackpink. (Instagram/ sooyaaa__)

Menginjak hari ketiga 2022, Jisoo Blackpink memasuki usia baru. Pada Senin (3/1/2022) ini, bintang Snowdrop tersebut telah berumur 27 tahun, dalam perhitungan internasional.

YG Entertainment, telah merilis ucapan selamat di akun media sosial resmi grup pelantun "Boombayah" tersebut. Isinya adalah ucapan selamat, sekaligus foto cantik Jisoo tengah memegang kue mainan.

Member tertua di Blackpink ini juga tak mau kalah. Jisoo juga membagikan sejumlah potret dirinya. Bedanya, ia membagikan dua foto jadulnya.

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Baby Jisoo

Foto pertama memperlihatkan Baby Jisoo. Foto yang dijepret lebih dari dua dekade lalu ini memperlihatkan Jisoo yang mengenakan celemek bayi dan menatap ke arah kamera.

Dalam potret satunya lagi, Jisoo sudah berusia lebih besar. Ia tampil dengan jaket puffer warna silver, dengan rambut kucir dua.


Berkat Blink

Di caption, Jisoo secara khusus mengucapkan terima kasih kepada Blink, sebutan untuk penggemar Blackpink.

"Terima kasih untuk doa ultahnya!! Hari ini terasa ekstra-spesial bersama semua Blinks," tulisnya.


Ucapan Selamat dari Blackpink

Para personel Blackpink juga satu demi satu membagikan foto bersama Jisoo.

Lisa membagikan foto mereka sedang berpegangan tangan. Ia menambahkan sebuah kalimat pendek yang manis, "HBD @sooyaaa__ I Love You."


Doa Rose

Sementara Rose membagikan kembali foto yang diunggah YG, dan menulis, "Jisoo Unnie-nya aku, selamat ulang tahun ya. Aku berharap ultahmu penuh kebahagiaan. Aku mencintaimu..."

Jennie juga membagikan foto dari YG dan me-mention Jisoo.

Selamat ultah, Jisoo!

Obama Tampil Heboh

Gaya Kompak Michelle dan Barack Obama Rayakan Tahun Baru 2022

Liputan6.com 2022-01-03 17:02:00
Michelle dan Barack Obama saat merrayakan Tahun Baru 2022. (Tangkapan Layar Instagram @michelleobama)

Meski masih di tengah masa pandemi Covid-19, Tahun Baru 2022 disambut dengan penuh kemeriahan oleh warga dunia. Tidak terkecuali dengan Michelle dan Barack Obama yang juga antusias dengan pergantian tahun.

Pada Minggu, 2 Januari 2021, Michelle Obama membagikan potret dirinya dan Barack Obama. Pasangan ini terlihat saling merangkul dan mengenakan kacamata berbentung bintang dengan tema 2022 yang meriah.

"Selamat Tahun Baru dari saya dan kesayangan saya! Semoga Anda sepanjang tahun dipenuhi dengan kebahagiaan, cinta, dan kesehatan yang baik," tulis Michelle Obama dalam kolom keterangan.

Dalam potret tersebut, Michelle tampak berbalut atasan dan bawahan pendek warna hitam. Tampilannya dipadukan dengan outer berlengan panjang dengan detail yang meriah.

Untuk melengkapi penampilannya, perempuan berusia 57 tahun ini mengenakan sandal bertali hitam. Michelle juga memakai aksesori lengkap, mulai dari cincin, anting-anting besar, dan kalung panjang.

Sementara, Barack Obama memilih kemeja lengan pendek bermotif dan celana panjang abu-abu. Ia melengkapi tampilan serba gelapnya dengan sneakers hitam dan jam tangan warna senada.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Presiden Amerika Serikat (AS) ke-44, Barack Obama menggandeng tangan sang istri, Michelle Obama, sambil menyapa awak media setibanya pada acara parade di barak marinir AS, Washington, 27 Juni 2014. (AFP PHOTO / SAUL LOEB)

Liburan di Hawaii

Potret Tahun Baru yang dibagikan Michelle seminggu setelah ia dan suami menikmati liburan di Hawaii untuk Natal. Kala itu, Barack Obama dipotret tengah berenang di Samudra Pasifik.

Sedangkan, kedua putri Michelle dan Barack Malia dan Sasha yang berada di dekat ayahnya sedang bersantai di papan dayung. Rekreasi di Desember berlangsung selama liburan musim dingin Sasha yang menempuh studi di University of Michigan.

Liburan ini saat Malia mulai menjalani kehidupan sebagai lulusan perguruan tinggi setelah menyelesaikan studi dari Harvard University pada musim semi. Perjalanan ini menandai kelanjutan dari tradisi keluarga mereka selama puluhan tahun merayakan liburan di tempat Obama dibesarkan.


Tentang Obama

Barack Obama dibesarkan di Hawaii untuk sebagian besar masa kecilnya. Ia lantas pindah ke Los Angeles setelah sekolah menengah.

Obama akhirnya menyelesaikan studinya di Columbia University di New York City pada 1983. Pada 1988, ia mendaftar di Harvard Law School dan menjadi presiden kulit hitam pertama dari Harvard Law Review.

Setelah lulus, Obama menjadi pengacara hak-hak sipil dan akademisi, mengajar hukum tata negara di Fakultas Hukum University of Chicago dari 1992 hingga 2004. Ia lalu beralih ke politik elektif dan mewakili distrik ke-13 di Senat Illinois dari 1997 hingga 2004, ketika ia mencalonkan diri untuk Senat AS.


Infografis Libur Natal dan Tahun Baru, Ini 5 Langkah Cegah Lonjakan Covid-19

 

Wisata di Pulau Kosong

Sandiaga Uno Kembangkan Wisata Pulau Tak Berpenghuni, Siapa Minat?

Liputan6.com 2022-01-03 15:40:13
Sandiaga Uno Tinjau Kura-kura Bali di Pulau Serangan

Indonesia tengah menggenjot kinerja sektor pariwisata. Upaya ini dilakukan demi mendongkrak pertumbuhan ekonomi di tengah pandemi COVID-19.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan, saat ini wisata bahari ke pulau-pulau tengah diminati masyarakat. Untuk itu, pihaknya akan mengoptimalkan wisata ke pulau tidak berpenghuni.

"Berkaitan dengan pulau pulau tersebut ini masuk kolom wisata minat khusus yautu wisata bahari," kata Sandiaga dalam konferensi pers, Jakarta, Senin (3/1/2021).

Wisata bahari kata Sandiaga, memperlihatkan tren pertumbuhan positif baik dari segi permintaan maupun peluang wisata. Misalnya Pulau Pangkajene atau Pangkeb di Sulawesi Selatan.

"Sulawesi Selatan memiliki begitu banyak keberagaman dari destinasinya termasuk pulau-pulau yang tidak berpenghuni maupun berpenghuni. Kita akan dorong," jelasnya.

Dia menambahkan, pihaknya akan meminta Poltekpar Makasar untuk memetakan potensi wisata bahari ini. Kemudian, Kemenparekraf juga akan mendesain paket wisata.

"Kebetulan kita punya Poltekpar Makasar, akan kita minta memetakan dan kita buatkan paket wisatanya untuk kebangkitan ekonomi kita khususnya pariwisata dan ekonomi kreatif," tandasnya.

Reporter: Anggun P Situmorang

Sumber: Merdeka.com

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Sandiaga Uno Minta Penyelenggaraan Formula E Juga Tekankan Potensi Pariwisata

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekaf) Sandiaga Uno menilai Formula E bukan hanya acara olahraga otomotif, tetapi juga pariwisata. Sehingga dia berharap penyelenggaraan Formula E juga menekankan potensi pariwisata.

Sandiaga meminta rencana penyelenggaraan Formula E diikuti rangkaian prakegiatan seperti Costume Electrical Show hingga pelibatan kelompok usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

"Seperti kita menyiapkan Asian Games, bahwa ini tidak bisa hanya evennya tapi harus ada pra-even harus ada, kegiatan-kegiatan seperti costum electrical show maupun juga pelibatan UMKM," ujar Sandiaga di Taman Impian Jaya Ancol, Sabtu, (1/1/2022).

Gelaran balap mobil elektrik itu rencananya digelar pada 4 Juni 2022 di Ancol. Ancol ditunjuk sebagai lokasi sirkuit Formula E setelah melalui kajian panjang Formula E Operations (FEO) sebagai wakil federasi otomotif internasional (FIA).

Kawasan Ancol dipilih karena merupakan tempat dinamis dan ikonik di DKI Jakarta. Selain itu dinilai tidak akan mengganggu prasarana jalan masyarakat yang lain.

Sandiaga mengatakan berbagai kegiatan yang akan berlangsung pada 2022 dapat menjadi sinyal kebangkitan ekonomi dan pariwisata.

"Otomotif Sport Tourism ini yang kita kerja samakan dengan IMI (Ikatan Motor Indonesia) dan lain-lain, bisa mendatangkan kegiatan ekonomi dan membuka lapangan kerja. Bagi saya tahun 2022 adalah tahun kebangkitan. Kita harus bersatu padu dan lihat secara keseluruhan bahwa kita harus Gercep (gerak cepat), Geber (gerak bersama)," kata dia seperti dikutip dari Antara.

Masak Gorengan Pakai Tangan

Viral Pria Masak Gorengan dengan Tangan Kosong, Masuk ke Minyak Mendidih

Liputan6.com 2022-01-03 15:05:13
Tangan pria ini masuk ke minyak goreng panas tanpa melepuh. (Sumber: IndiaTimes)

Bagi sebagian besar orang pasti suka dengan camilan gorengan. Meski dikenal bisa menjadi penyebab obesitas hingga memicu tumbuhnya jerawat, cemilan ini tetap ramai diburu.

Saking banyaknya diganderungi, gorengan ini banyak dijual dan mudah ditemukan. Mulai dari di pinggir jalan bahkan hingga di restauran mewah. Disajikan saat masih hangat, menjadi daya tarik cemilan ini.

Namun ada yang unik dari penjual gorengan satu ini. Pria asal India ini mendadak jadi sorotan usai aksinya memasak Pakodas, salah satu nama makanan atau gorengan di sana.

Digoreng dalam banyak minyak yang panas, ia tak membutuhkan alat bantu seperti centong stainless steelatau sejenisnya. Tanpa ragu ia mengaduk minyak mendidih itu dengan tangan kosong.


Menggoreng dengan Tangan Kosong

Dilansir dari India Times oleh Liputan6.com, Senin (3/1/2022) sebuah video mendadak viral di dunia maya. Seorang blogger makanan dari Mumbai merekam video di warung bernama Kisan Pakode Wala dan membagikannya di Instagram.

Dalam tayangan itu terlihat pria yang merupakan seorang penjual makanan di Jaipur, India. Ia mencelupkan tangannya ke dalam minyak panas mendidih sambil menggoreng pakodas.

Pria dengan baju merah marun itu memasukkan pakodas ke dalam minyak panas dan kemudian dengan santai mencelupkan tangannya. Ia bahkan masih bisa tersenyum saat menunjukkan tangannya kepada si blogger.


Respons Takjub Warganet

Video yang diunggah di Instagram @bombayfoodie_tales pada akhir Desember 2021 lalu itu pun viral. Hingga kini video itu sudah ditonton lebih dari 1,6 juta kali.

Warganet membagikan beragam komentar terhadap video tersebut. Beberapa menyatakan keprihatinan dan heran. Hingga beberapa lainnya terkejut dengan aksi penjual itu.

"OMG. Gak berani coba, air panas saja takut bagaimana ini minyak panas," komentar salah satu pengguna.

"Luar biasa! Sungguh bakat yang berani," komentar warganet lainnya.

"Ultra legend Pro Max," canda lainnya.

Sekolah Dihantui Omicron

HEADLINE: Sekolah di Wilayah PPKM Level 1-2 Gelar PTM 100 Persen, Amankah?

Liputan6.com 2022-01-04 00:01:01
Guru mendampingi murid kelas 1 saat mengikuti Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas di SDN Malaka Jaya 07 Pagi, Klender, Jakarta, Senin (30/8/2021). Kegiatan PTM terbatas ini akan berlangsun

Ahmad Ilham, siswa kelas VII SMP 182 di Pancoran, Jakarta Selatan mengaku senang ketika pembelajaran tatap muka (PTM) dimulai pada Senin, 3 Januari 2022. Sebab menurutnya, dengan pembelajaran tatap muka dirinya bisa bertemu dengan teman-teman.

"Senang bisa ketemu teman-teman langsung," kata Ilham kepada Liputan6.com di lokasi, Senin (1/1/2022).

Ilham mengaku baru kali ini bertemu dengan teman-teman sekolahnya karena selama 2 tahun belajar hanya dilakukan secara daring.

Sementara Ibnu Adam teman sekelas Ilham mengaku ingin segera dapat bermain bola sepulang sekolah.

"Kalau saya ingin bisa main bola lagi," harap Ibnu.

Berbeda dengan anak-anak, pembelajaran tatap muka 100 persen ini justru dikhawatirkan oleh para orangtua. Ari, seorang ibu yang anaknya bersekolah di SMP 128 Pancoran mengatakan ada rasa khawatir saat mengizinkan anak laki-lakinya yang duduk di bangku kelas VII itu melangsungkan PTM.

"Khawatir pasti ada, karena kan masih pandemi juga, makanya saya jemput tadi pagi juga mengantar," kata dia kepada Liputan6.com di SMPN 182 Jakarta, Pancoran, Senin (3/12/2021).

Meski khawatir, namun Ari mendukung kebijakan pemerintah yang memutuskan menggelar PTM, meskipun sebenarnya belajar secara daring adalah pilihan yang paling baik.

"Intinya saya mendukung PTM. Walau mending online, soalnya tidak usah kemana-mana, asal tugas selesai," urai Ari.

Sebelumnya, pemerintah melalui empat Kementerian mengeluarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Dalam SKB tersebut tertulis pada tahun 2022, mewajibkan sekolah mulai dari anak usia dini hingga perguruan tinggi menggelar PTM.

Meski disambut gembira oleh siswa, namun kebijakan pemerintah ini ditentang oleh para epidemiolog karena dinilai berisiko untuk anak-anak. Terlebih saat ini muncul varian baru Covid-19, Omicron yang penularannya lebih cepat dari varian Delta.

Epidemiolog Universitas Indonesia (UI) Tri Yunis Miko menilai kebijakan pemerintah untuk memberlakukan PTM 100 persen kurang tepat. Menurut Miko, PTM 100 persen bisa dilakukan jika vaksinasi dosis kedua sudah dilakukan 100 persen.

"Itu vaksinasi belum 100 persen. Tapi kalau sudah 100 persen juga tidak aman," kata Miko kepada Liputan6.com di Jakarta.

Miko mengatakan, sebelum PTM dilakukan 100 persen seharusnya pemerintah memiliki data soal berapan jumlah siswa dan staf sekolah yang sudah divaksin, bagaimana kepatuhannya terhadap protokol kesehatan baik di sekolah maupun di luar lingkungan sekolah.

"Itu bener diuji coba kalau kepatuhannya masih kecil baik sekolah, kendaraan, jalan atau diluar sekolah sudah baik. Karena saya melihatnya sekolah-sekolah yang entah anak SD, SMP jajan pada buka masker. Kalau itu terjadi kalau ada omicron waw," ujar dia.

Untuk itu, Miko mengatakan pemerintah harus melakukan mitigasi penyebaran Covid-19 bukan kepada siswa, tetapi juga keluarga dan lingkungannya. Apalagi, varian Omicron menyebar begitu cepat.

Hal yang sama juga dikatakan oleh Epidemiolog dari Griffith University Dicky Budiman. Dia mengaku khawatir timbul klaster Omicron di sekolah jika pemerintah nekat memberlakukan PTM 100 persen.

"Kluster Omicron bakal terjadi kalau mitigasinya lemah," kata Dicky kepada Liputan6.com di Jakarta, 3 Januari 2021.

Dicky meminta pemerintah harus berhati-hati dengan adanya varian Omicron. Dia menyarankan agar pembelajaran tatap muka tetap dilakukan terbatas. Sehingga dapat diberlakukan protokol kesehatan di ruang kelas. Misalnya masing-masing anak memiliki jarak 4 meter persegi.

"Harus ada pembatasan kapasitas, maksimal 20 orang. Kalau kapasitas kelas itu tidak bisa 4 meter persegi perorang, sebaiknya ditambah ruang kelasnya, atau outdoor," kata Dicky.

Dicky menilai, kebijakan untuk menggelar PTM 100 persen tidak dapat diterapkan di setiap sekolah karena memiliki kapasitas dan fasilitas yang berbeda-beda.

"Ini tidak bisa digeneralisasi, ada sekolah yang mempunyai kapasitas ruangan dengan ventiliasi sirkuliasi yang baik," katanya.

Dicky mengatakan jika vaksinasi dan kapasitas sekolah tak memenuhi syarat, maka pembelajaran tatap muka harus dilakukan terbatas.

"Kalau belum siap meskipun sekolah tersebut berada di level 1, kapasitas 100 persen jangan dipaksanakan," tandas dia.

Selain pembatasan kapasitas, kata Dicky, siswa, guru dan staf sekolah wajib sudah divaksin 2 kali.

"Syarat vaksinasi lengkap sifatnya wajib," ujar dia.

Kekhawatiran PTM 100 persen ini juga dirasakan oleh Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI). Untuk itu, KPAI meminta pemerintah untuk mempercepat pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 12-17 tahun dan usia 6-11 tahun.

"Ketika pemerintah memutuskan menggelar PTM 100 persen, maka pemerintah harus melakukan percepatan dan pemerataan vaksinasi anak usia 12-17 tahun maupun vaksinasi anak uisa 6-11 tahun," kata Komisioner KPAI Retno Listyarti di Jakarta.

Menurut dia, tingkat vaksinasi harus mencapai minimal 70 persen dari populasi di sekolah. Hal ini agar terbentuk herd immunity atau kekebalan kelompok di lingkungan sekolah.

"Kalau hanya guru yang divaksinasi, maka kekebalan komunitas belum terbentuk, karena jumlah guru hanya sekitar 10 persen dari jumlah siswa," ujarnya.

Selain itu, KPAI meminta pemerintah pusat memastikan penyediaan vaksin untuk anak merata di seluruh Indonesia. Survei singkat KPAI pada Agustus lalu menemukan bahwa vaksinasi anak didominasi oleh Pulau Jawa.

"Itupun hanya menyasar anak-anak di perkotaan," ucap Retno.

KPAI juga mendorong pemerintah daerah melakukan testing, tracing, serta treatment (3T) terkait Covid-19 secara berkala dan acak apabila PTM digelar secara serentak mulai tahun 2022. Terlebih, Retno menyebut saat ini muncul Covid-19 varian Omicron di Indonesia.

"Penguatan 3T menjadi sangat penting dalam upaya melindungi warga sekolah, mengingat Omicron juga sudah masuk ke Indonesia," tutur Retno.

KPAI menyebut baru 79,17 persen sekolah yang siap menggelar PTM terbatas. Hasil tersebut merupakan evaluasi KPAI sepanjang 2021. KPAI melakukan Pengawasan PTM terbatas pada 8 Provinsi, yaitu DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Kepulauan Riau, dan Kalimantan Barat.

"Sekolah yang sudah menyelenggaraan PTM terbatas dengan kesiapan pada kategori cukup, baik dan sangat baik mencapai 79,17 persen," beber Komisioner KPAI Bidang Pendidikan, Retno Listyarti melalui pernyataan tertulis yang diterima Health Liputan6.com, Senin (3/1/2022).

"Sedang sisanya, yaitu kategori kurang dan sangat kurang mencapai 20,83 persen. Artinya, dengan kondisi belum siap, ternyata sekolah tetap menggelar tatap muka. Meskipun ketidaksiapan itu di antaranya, belum dibuatnya SOP (Standar Operasional Prosedur) dalam berbagai layanan saat PTM terbatas yang penilaiannya mencapai 30 persen dari total nilai."

Persentase 79,17 persen diperoleh dari pengawasan kesiapan infrastruktur PTM di sekolah. Secara rinci, pencapaian kategori sangat baik (91-100) ada 11 sekolah, yaitu di jenjang pendidikan SMA ada 5 sekolah, jenjang SMK ada 1 dan jenjang SMP ada 5 sekolah.

Namun, tidak ada jenjang SD yang mencapai skor nilai 91-100 (sangat baik). Jika ditotal keseluruhan sekolah yang diawasi, maka yang memiiki skor kategori sangat baik hanya sekitar 15,28 persen.

Kategori baik (81-90) dari hasil pengawasan infrastruktur PTM terbatas, KPAI menemukan, ada 10 sekolah di jenjang SMA, 10 sekolah di jenjang SMK, 7 sekolah dijenjang SMP; dan 5 sekolah di jenjang SD. Jika ditotal secara keseluruhan, maka kesiapan infrastruktur untuk kategori baik dari total sekolah yang diawasi adalah 44,44 persen.

"Sedangkan untuk kategori cukup (71-80), ada 5 sekolah untuk jenjang pendidikan SMA, tidak ada untuk jenjang SMK, 6 sekolah untuk SMP dan 3 sekolah untuk jenjang SD. Jika ditotal secara keseluruhan, maka kesiapan infrastruktur untuk kategori cukup dari total sekolah yang diawasi adalah 19,44 persen," Retno Listyarti memaparkan.

"Untuk kategori kurang (61-70), ada 5 sekolah pada jenjang SMA, tidak ada untuk jenjang SMK, 2 sekolah untuk jenjang SMP, dan 3 sekolah untuk jenjnag SD. Jika ditotal secara keseluruhan, kesiapan infrastruktur untuk kategori kurang dari total sekolah yang diawasi adalah 11,12 persen."

Retno melanjutkan, untuk kategori sangat kurang (51-60), ada 1 sekolah di jenjang SMA, 1 sekolah di jenjang SMK, 3 sekolah dijenjang SMP dan 2 sekolah di jenjang SD.

"Jika ditotal secara keseluruhan maka kesiapan infrastruktur untuk kategori sangat kurang dari total sekolah yang diawasi adalah 9,72 persen," katanya.

Infografis Sekolah Gelar PTM Terbatas 100 Persen, Kriteria dan Persyaratannya. (Liputan6.com/Abdillah)

Prokes Tidak Bisa Diterapkan Maksimal

Sementara menurut Dewan Pakar Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI), Hermawan Saputra dengan adanya penerapan PTM 100 persen maka protokol kesehatan tidak bisa dilaksanakan secara maksimal.

Hermawan mengingatkan bahwa protokol kesehatan yang paling mendasar mencakup memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan (3M). Dengan adanya protokol menjaga jarak, otomatis akan ada rekayasa lingkungan, pengaturan, volume kegiatan, dan hal lain yang menyangkut sirkulasi hingga pengelolaan sekolah. Ini yang membedakan jika PTM dilakukan dengan kapasitas penuh atau 100 persen.

"Kami tetap mengimbau agar penyelenggaraan PTM harus dengan 'PTM' juga, yaitu Prokes Tetap Maksimal," kata Hermawan kepada Liputan6.com melalui sambungan telepon, Senin (3/1/2022).

Hermawan menambahkan, jika ingin mengendalikan COVID-19 maka perlu memprediksi varian dari penyebab COVID-19.

"Nah sekarang kita menghadapi Omicron yang di negara lain terbukti lebih dahsyat ketimbang Delta. Di Eropa dan Amerika sudah terjadi kasus yang luar biasa yang dikarenakan varian Omicron."

Pemerintah Indonesia sendiri telah melaporkan adanya transmisi lokal varian Omicron. Maka dari itu, Hermawan berpendapat jika PTM 100 persen diterapkan maka terkesan meremehkan.

"PTM itu boleh, tapi tetap kewaspadaan tinggi dan prokes tetap maksimal," kata dia.

Jika PTM 100 persen diterapkan, maka potensi penularan Omicron di sekolah dapat terjadi, lanjut Hermawan.

"Ya jelas, itu sebabnya kita harus waspada. Sekarang Omicron kecenderungannya tiap hari kasus probable-nya tinggi terus dan bahkan sudah terjadi transmisi lokal," lanjutnya.

"Di sekolah kan bukan hanya tenaga pendidik tapi juga ada siswa, petugas parkir, kantin, sekuriti yang semuanya itu membutuhkan adaptasi baik dari kemampuan mereka untuk tetap taat protokol kesehatan, maupun pada cakupan vaksinasi."

Hal-hal tersebut dirasa belum 100 persen sehingga kecepatan Omicron yang sudah ada di Indonesia harus mampu diantisipasi dengan protokol yang tetap maksimal.

"Kita berharap pemerintah tetap bijaksana, tetap aware dengan keadaan dan fakta tentang Omicron dan sekaligus kita semua juga bersabar agar tetap berperilaku bersih dan sehat serta menerapkan protokol kesehatan minimal 3M," tutup Hermawan.


Bagaimana Rekomendasi IDAI?

Sementara Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mengeluarkan rekomendasi syarat pelaksanaan PTM 100 persen di tengah ancaman Omicron.

Dalam rekomendasi IDAI, PTM 100 persen dapat digelar hanya menyasar kepada anak usia 12-18 tahun. Sementara itu, anak sekolah usia 6-11 tahun dilakukan secara hybrid (50 persen luring, 50 persen daring).

Untuk anak usia di bawah 6 tahun, belum dianjurkan PTM sampai dinyatakan tidak ada kasus baru COVID-19 atau tidak ada peningkatan kasus baru. Syarat PTM 100 persen untuk 12-18 tahun, sebagai berikut:

  • Tidak adanya peningkatan kasus COVID-19 di daerah
  • Tidak adanya transmisi lokal Omicron di daerah

IDAI juga menekankan, sekolah tetap harus patuh pada protokol kesehatan, terutama fokus pada penggunaan masker wajib untuk semua orang yang ada di lingkungan sekolah, ketersediaan fasilitas cuci tangan, menjaga jarak, dan tidak makan bersamaan.

Anak dengan komorbiditas dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis anak sebelum PTM dilakukan. Komorbiditas anak meliputi penyakit seperti keganasan, diabetes melitus, penyakit ginjal kronik, penyakit autoimun, penyakit paru kronis, obesitas, hipertensi, dan lainnya.

Ketua Umum IDAI Piprim Basarah Yanuarso menyampaikan, rekomendasi terkait PTM ini mempertimbangkan beberapa hal, di antaranya, berdasarkan pengalaman yang terjadi sebelumnya, setiap habis libur, maka kasus COVID-19 akan meningkat.

"Jadi, tidak hanya pada dewasa, namun juga pada anak. Selain itu, sudah ditemukan varian Omicron di Indonesia, ditambah data di negara lain seperti Amerika Serikat, negara-negara Eropa dan Afrika terkait peningkatan kasus COVID-19 pada anak dalam beberapa minggu terakhir," ujarnya.

"Sebagian besar kasus anak yang sakit adalah anak yang belum mendapat imunisasi COVID-19," sambungnya.

Sekjen IDAI Hikari Ambara Sjakti menambahkan, rekomendasi IDAI juga mempertimbangkan pentingnya proses pendidikan anak usia sekolah dan sudah diaplikasikannya beberapa inovasi metode pembelajaran oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

"IDAI mendukung pelaksanaan pembelajaran tatap muka, tapi di waktu dan tempat yang tepat. Karena keselamatan dan kesehatan anak adalah yang utama," tambahnya.

Infografis Rekomendasi IDAI & Ancaman Varian Omicron. (Liputan6.com/Abdillah)


Melihat Pelaksanaan PTM 100 Persen di Sekolah

Seluruh sekolah saat ini menggelar pembelajaran tatap muka dengan kapasitas 100 persen. Tim Liputan6.com melihat secara langsung pelaksanaan PTM 100 persen Sekolah Menengah Pertama (SMP) 182 Jakarta pada Senin (3/1/2022).

Disekolah tersebut terlihat scan bardcode aplikasi PeduliLindungi yang terpasang di area gerbang masuk sekolah.

Selain itu, tempat cuci tangan dan hand sanitizer juga disiapkan sebagai syarat wajib sebelum masuk ke dalam ruang kelas.

"Murid-murid juga masuknya berbaris berjarak satu per satu, masuk pukul 06.30 WIB," kata Kepala Tata Usaha SMP 182 Jakarta, Nur Syaidah saat berbincang dengan Liputan6.com di lokasi, Senin (3/1/2022).

Sesampainya di ruang kelas, pelajar dan guru tidak diperkenankan melepas masker. Pembelajaran pun berlangsung dengan duduk berjarak sesuai protokol kesehatan.

Kendati jika ditemukan murid yang kurang sehat, sekolah menyediakan ruang isolasi lengkap dengan ranjangnya.

Nur Syaidah menjelaskan, murid masuk di SMP 182 hari ini sudah 100 persen, artinya mulai dari kelas VII sampai kelas IX semua melakukan pembelajaran tatap muka.

"Total tiga angkatan SMP 182 ada 900 murid, per kelasnya ada 36 siswa, Alhamdulillah berjalan lancar," kata Nur Syaidah.

Pada jam istirahat, para murid tidak diperkenankan jajan di luar. Memang untuk sementara ini, kantin belum dioperasikan pihak sekolah untuk berjualan.

"Anak-anak diminta membawa bekal dari rumah untuk dimakan di jam istirahat," ungkap Nur Syaidah.

Nur Syaidah menjelaskan, jam belajar diterapkan pada PTM penuh kali ini masih dibatasi hingga pukul 11.00 WIB. Nantinya secara serentak para murid akan dipersilakan pulang ke rumah masing-masing.

"Biasanya full day itu sampai lewat jam 12, tapi sekarang masih sampai jam 11 dulu mengikuti aturannya. Tapi sepulangnya tidak ada lagi belajar daring, selesai semua hari ini sampai jam 11, paling dikasih tugas di rumah," kata Nur Syaidah menandasi.

Sementara pelaksanaan PTM di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Pondok Bambu 02, Duren Sawit, Jakarta Timur, juga dengan penerapan protokol kesehatan ketat.

Wakil Kepala SDN Pondok Bambu 02, Ary Lestari mengatakan, siswa yang mengikuti PTM di sekolah wajib memakai masker, siswa juga melakukan cek suhu tubuh sebelum masuk ruang kelas dan mencuci tangan dengan sabun di wastafel yang tersedia.

"Cek suhu untuk yang darurat suhunya 37 ke atas itu menjadi perhatian, dan nanti kalau memang ada siswa bersuhu tinggi kami bisa amankan di ruang isolasi terlebih dahulu," kata Ary Lestari di Jakarta, Senin, 3 Januari 2021.

Ary mengatakan, pelaksanaan PTM ini dilakukan dari kelas 1 hingga 6 dan menerapkan jarak satu meter untuk tempat duduk siswa.

"Kami mempunyai ruang kelas yang bisa menampung jarak seperti itu. Kemudian siswa sudah masuk 100 persen dan rata-rata siswa per kelasnya di SDN Pondok Bambu 02 sekitar 30-32 siswa maksimalnya," ujar Ary seperti dikutip dari Antara.

Sementara, untuk kegiatan belajar dimulai dari pukul 07.00 WIB hingga 10.30 WIB.

Ary mengatakan, capaian vaksinasi dosis dua untuk guru dan tenaga kependidikan di atas 80 persen sudah terpenuhi.

"Sesuai dengan instruksi dinas, kami telah melakukan sosialisasi tentunya terlebih dulu bersama wali murid dan para siswa. Hari ini adalah hari pertama PTM 100 persen di sekolah kami," tutur Ary.

Infografis Ragam Tanggapan Sekolah Gelar PTM Terbatas 100 Persen. (Liputan6.com/Abdillah)


Saksikan video pilihan di bawah ini: