Volume 181

Gaga Muhammad Dituntut Bui

Gaga Muhammad Dituntut 4,5 Tahun Penjara

Liputan6.com 2022-01-04 14:56:40
Gaga Muhammad menjalani persidangan terkait kecelakaan yang membuat Laura Anna lumpuh dua tahun dan kini meninggal. (Foto: Instagram @gagamuhammad)

Kasus tindak pidana pelanggaran lalu lintas yang menjerat selebgram Gaga Muhammad kembali disidangkan di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Selasa (4/1/2022). Persidangan itu beragendakan pembacaan tuntutan oleh jaksa penuntut umum (JPU) terhadap mantan kekasih Edelenyi Laura Anna tersebut.

Hasilnya, jaksa menuntut Gaga Muhammad dengan hukuman 4,5 tahun penjara. "Menjatuhkan pidana penjara 4 tahun 6 bulan dan denda Rp 10 juta," kata Handri Dwi Z, selaku JPU yang membacakan tuntutan terhadap Gaga Muhammad di persidangan.

Dalam persidangan, JPU membeberkan alasan pemberian hukuman 4,5 tahun penjara terhadap pria yang sudah membuat Laura Anna itu lumpuh. Belakangan, Laura Anna meninggal dunia pada 15 Desember 2021, dua tahun sejak mengalami kecelakaan mobil bersama Gaga Muhammad.


Lalai

"Terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana mengemudikan kendaraan bermotor, yang karena kelalaiannya mengakibatkan kecelakaan lalu lintas dan mengakibatkan korban luka berat," Handri menjelaskan.


Dampak Psikologis

JPU meyakini kecelakaan lalu lintas yang membuat Laura Anna lumpuh total hingga kehilangan pekerjaan sebagai selebgram dampak kelalaian Gaga Muhammad saat mengendarai mobil dalam pengaruh alkohol.

"Perbuatan terdakwa juga mengakibatkan trauma dan dampak psikologis bagi Laura Anna Edelenyi. Luka berat yang dialami Laura Anna Edelenyi juga tidak dapat dipastikan kesembuhannya," dia membeberkan.

Gaya Crazy Rich Tanjung Priok

Kala Crazy Rich Ahmad Tanjung Priok Ahmad Sahroni Kendarai Mobil Mewah Tesla

Liputan6.com 2022-01-04 13:00:40
Ahmad Sahroni, Presiden Tesl Club Indonesia sambut baik penggunaan mobil listrik di IMI

Ahmad Sahroni bukan hanya dikenal sebagai anggota DPR RI, melainkan dikenal sebagai Crazy Rich Tanjung Priok. Julukan ini karena ia sosok orang kaya di kawasan Tanjung Priok, Jakarta Utara dan punya sejumlah koleksi mobil mewah.

Salah satu mobil mewah yang Sahroni kendarai adalah Tesla. Mobil Tesla pernah ia bawa saat berkunjung ke Balai Kota DKI Jakarta pada Senin, 29 November 2021 tatkala bertemu dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Pada kunjungan kala itu, Ahmad Sahroni membahas soal perhelatan Formula E yang akan digelar Juni 2022. Sahroni, yang juga didapuk sebagai Ketua Pelaksana Formula E Jakarta sukses membuat Anies terkesima.

Dari berbagai sumber, ditulis Selasa (4/1/2022), setelah melakukan pertemuan dengan Anies Baswedan selama satu jam lebih, Sahroni menuju kendaraan sedannya. Anies yang melihat mobil mewah seharga Rp1,65 miliar terkesima.

Bahkan Sahroni sempat membawa Anies Baswedan mengitari mobil canggih tersebut, sebelum akhirnya meninggalkan Balai Kota DKI Jakarta.


Sederet Jabatan yang Diampu

Ahmad Sahroni juga punya sederet jabatan yang diampu. Anies Baswedan melalui PT Jakarta Propertindo (Jakpro) menunjuk Sekjen Ikatan Motor Indonesia (IMI), Ahmad Sahroni sebagai Ketua Pelaksana Event Balap Mobil Listrik Internasional Formula E atau Jakarta E-Prix.

Dalam pelaksanaannya, Sahroni akan dibantu oleh Ketua Umum IMI, Bambang Soesatyo yang menjadi Ketua Panitia Pengarah Jakarta E-Prix.

Keputusan tersebut diungkapkan Gubernur Anies setelah pertemuan antara Co-founder Formula E Alberto Longo, Direktur Utama PT Jakpro Widi Amanasto, Ketua Umum IMI Bambang Soesatyo, dan Sekjen IMI Ahmad Sahroni di sebuah rumah makan di daerah Menteng, Rabu (24/11/2021).

Selain menjabat Sekjen IMI, Ahmad Sahroni diketahui juga menjabat Wakil Ketua Komisi III dari Fraksi Partai Nasdem.


Mobil Kepresidenan di Indonesia

 

Banjir Malaysia Merenggut Nyawa

125 Ribu Orang Terdampak Banjir Malaysia

Liputan6.com 2022-01-04 07:30:00
Warga mengarungi jalan yang dilanda banjir di Hulu Langat, luar Kuala Lumpur, Malaysia, Minggu (19/12/2021). Kuala Lumpur dan perkampungan sekitarnya dilanda banjir akibat hujan deras selama

Banjir besar masih terus menerjang negeri jiran Malaysia. Tercatat ada tujuh negara bagian yang diterjang banjir pada Minggu (2/1).

Dilaporkan AsiaOne, Selasa (4/1/2022) ada tujuh negara bagian Malaysia yang terdampak, yakni Kelantan, Terengganu, Pahang, Johor, Malacca, Negeri Sembilan dan Sabah.

Ada ribuan orang yang harus dievakuasi ke pengungsian di 128 titik.

Dari 125 ribu orang yang terdampak banjir Malaysia, sebanyak 117 ribu orang sudah bisa pulang.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Korban Meninggal

Setidaknya ada 50 orang meninggal di banjir ini. Ada pula dua orang yang hilang. Hal itu berdasarkan informasi dari Inspektur Jenderal Acryl Sani Abdullah Sani.

Ribuan WNI juga terdampak banjir Malaysia yang terjadi sejak Desember lalu. Korban meninggal tercatat sudah ada satu orang.

Hujan besar di Malaysia dimulai sejak pertengahan Desember.

Otoritas cuaca Malaysia menyatakan hujan besar akan terus terjadi. Badan penanggulangan bencana di Malaysia masih siaga.

Sunan Kalijaga Tolak Bela Mertua Vanessa

Alasan Sunan Kalijaga Ogah Jadi Pengacara Mertua Vanessa Angel, Dilarang Keras Undang-Undang

Liputan6.com 2022-01-04 11:30:00
Vanessa Angel meninggal dunia di Jawa Timur, Kamis (4/11/2021). (Foto: Instagram @vanessaangelofficial)

Setelah tak lagi jadi pengacara ayah Vanessa Angel, Sunan Kalijaga buka suara soal aksi Doddy Sudrajat melaporkan donasi untuk Gala Sky Andriansyah yang digagas Marissya Icha.

"Dan yang mempermasalahkan harus orang-orang yang ikut menyumbang, karena dia punya andil dalam donasi itu. Ketika donasinya dilencengkan, di belikan rumah, dibelikan mobil, tidak sesuai dengan apa peruntukkanya. Nah itu jadi satu persoalan," katanya.

Sunan Kalijaga tak mengatakan bahwa tak ada penyelewengan dalam donasi untuk Gala Sky. Namun selama ada banyak bukti transparan soal penggunaan uang donasi, mestinya tak perlu khawatir.

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Bukti Tak Ada Penyelewengan

"Saya tidak bilang tidak ada penyelewengan. Silakan saja pihak yang membuat donasi itu memaparkan secara terbuka, secara transparan, baik kepada keluarga dari almarhum Mbak Vanessa maupun dari keluarga almarhum Mas Bibi, Pak Faisal," katanya.

Melansir dari video interviu yang diunggah kanal YouTube Cumicumi, Senin (3/1/2022), Sunan Kalijaga kembali mengingatkan transparasi dana donasi. Dibelikan untuk apa dan sisa berapa mesti jelas.


Wajib Memaparkan

"Siapa pun orangnya yang membuka donasi itu wajib memaparkan ini lo hasilnya sekian, lalu beli rumah seharga sekian. Itu wajib menyampaikan kepada kedua belah pihak keluarga dan publik," Sunan Kalijaga menambahkan.

Dalam kesempatan itu, awak media menanyakan kemungkinan ayah Salmafina Sunan menjadi pengacara orangtua Bibi Andriansyah, yakni H. Faisal dan Dewi Zuhriati.


Itu Tidak Benar

Sunan Kalijaga menyebut peluang itu tak ada. Akhir tahun lalu, Sunan Kalijaga bersama Marissya Icha memang menemui orangtua Bibi Andriansyah. Namun itu murni silaturahmi.

"Itu saya nyatakan sekaligus klarifikasi itu tidak benar. Karena satu, di undang-undang advokat jelas bahwa hal seperti itu dilarang keras, akan mendapatkan sanksi yang keras, tidak diperbolehkan," urainya.


Sudah Tidak Mungkin

"Jadi sudah tidak mungkin bisa saya lakukan dan pastinya kalaupun Pak Faisal memohon sekali, saya harus katakan: Tidak bisa aturannya dan tidak boleh," Sunan Kalijaga membeberkan.

Diberitakan sebelumnya, Sunan Kalijaga mundur dari jajaran kuasa hukum Doddy Sudrajat dengan sejumlah alasan. Ia mengedepankan hati nurani. Selain itu, menginginkan mediasi kekeluargaan sebelum melangkah ke persidangan.

Menlu Jenguk Anak Raffi Ahmad

Menlu Retno Marsudi Jenguk Anak Raffi Ahmad, Doakan Rayyanza Jadi Diplomat

Liputan6.com 2022-01-04 11:04:58
Menlu Retno Marsudi mengunjungi anak kedua pasangan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, Rayyanza Malik Ahmad, Selasa (4/1/2022). (Igstory/@raffinagita1717).

Putra kedua pasangan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, Rayyanza Malik Ahmad terus dikunjungi rekan-rekan kedua orang tuanya baik dari dunia hiburan maupun bisnis. Berbeda dari biasanya, salah satu tokoh pemerintah kini tak ketinggalan mengunjunginya.

Adalah Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, yang mengunjungi kediaman Raffi Ahmad bersama dengan cucunya, Manggala.

Raffi Ahmad dan Nagita Slavina pun bercerita bahwa putra kedua mereka hari ini akan melakukan sunat di rumah sakit Bunda.

Dalam kunjungannya, Menlu Retno membawakan kado yang bertuliskan "Future Diplomats" dengan harapan agar Rayyanza tertarik untuk menjadi diplomat.

"Ada baju bertuliskan Future Diplomats dipake Rayyanza, siapa tau tertarik jadi diplomat," kata Menlu RetnoMarsudi kepada Rayyanza.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Raffi Ahmad Promosikan PPTM

Dalam kesempatan yang sama, Raffi Ahmad pun mempromosikan acara tahunan Kemlu yakni Pernyataan Pers Tahunan Menteri Luar Negeri (PPTM).

Acara tersebut merupakan acara tahunan yang akan menginformasikan tentang capaian selama tahun 2021 dan target yang ingin diraih di tahun 2022.

"Hai jangan lupa tanggal 6 Januari Ibu Menlu akan menyampaikan pernyataan pers tahunan, apa yang sudah dilakukan di 2021 dan apa yang mau dilakukan di 2022 di Channelnya Kemlu," ujar Raffi.

Raffi pun menyampaikan ucapan terima kasihnya dan berharap agar putranya memiliki rezeki dan kepintaran yang sama dengan Ibu Menlu.


Infografis 6 Cara Efektif Hadapi Potensi Penularan Covid-19 Varian Omicron:

 

Marvel Luncurkan Buku Masak

Marvel Siap Luncurkan Buku Masak Black Panther yang Terinspirasi Kerajaan Wakanda

Liputan6.com 2022-01-04 17:02:53
Bukan hanya Black Panther, Kerajaan Wakanda miliki banyak ksatria wanita. Film ini pun miliki karakter perempuan terbanyak dalam sejarah Marvel. (Cosmopolitan)

Marvel mengumumkan peluncuran buku masak yang diberi nama "Marvel's Black Panther: The Official Wakanda Cookbook". Buku masak ini akan menggambarkan tentang apa yang ditawarkan benua Afrika, membuat para penggemar dapat menggali puluhan resep makanan menarik.

Wakanda merupakan kerajaan fiksi di Afrika yang diperintah oleh Raja T'Challa alias Black Panther. Kerajaan Wakanda ditampilkan di film Black Panther dan beberapa film produksi Marvel lainnya.

Mengutip Mashed, 27 Desember 2021, buku masak itu diperkirakan akan diterbitkan pada April 2022 mendatang. Buku masak ini akan menampilkan sekitar 70 resep makanan dari seluruh Afrika.

Ada ikan trout panggang, kari ayam gaya desa, puding pisang gurih, sayap roadrunner glazed, samosa sayur, sampai berbagai minuman dan makanan penutup. Buku yang menjadi penghargaan untuk tradisi kuliner Afrika itu bisa dinikmati oleh semua usia.

Buku ini juga menampilkan resep yang mudah diakses dan menyenangkan untuk para koki berpengalaman maupun pemula. Bukan itu saja, para penggemar Black Panther juga akan dimanjakan dengan kecantikan fotografi penuh warna yang menampilkan kemegahan visual Wakanda.

Menurut Sideshow, buku masak ini dijual dengan harga 30 dolar AS atau sekitar Rp 420 ribu. Buku masak itu sudah bisa dipesan dengan perkiraan pengiriman pada Maret-Mei 2022 mendatang.

Inti dari buku masak ini adalah untuk menciptakan masakan yang dapat dipercaya Wakanda, proses kreatif yang terjadi di dalamnya lebih luas dari sekadar merakit campuran resep makanan khas Afrika.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Penulis Buku Masak

Black Panther merupakan komik dan karakter utama superhero Marvel yang diceritakan berasal dari Afrika. Black Panther versi komik maupun novel termasuk yang paling banyak menampilkan karakter wanita dibandingkan komik maupun film Marvel lainnya.

Penulis 'The Official Wakanda Cookbook' Nyanyika Banda mengatakan bahwa resep makanan yang hadir di dalam buku sebagian besar terinspirasi dari komik. Misalnya, salah satu resepnya ada hidangan ikan laut Malawi yang disebut chambo, menggambarkan lokasi Wakanda dalam komik.

Untuk menjadi penulis buku masak yang disukai banyak orang seperti Black Panther, seseorang harus memiliki pola pikir dan keterampilan tepat. Nyanyika sepertinya mampu melakukan hal tersebut. Dalam wawancara dengan Food52, resep kari ayam Malawi ia buat karena mengingat pengalaman di New England dan makan makanan yang disiapkan ayahnya yang berasal dari Malawi.

Meski hanya memiliki dua resep, setiap kali ayah Banda memasak, malam itu dipenuhi dengan kenangan masa kecil. "Ayah saya punya kari dan nsima, itu hubungannya dengan masa kecil saya. Sepertinya setiap kali ayahku pulang ia membuatkan kami kari," terang Nyanyika yang sudah 25 tahun berkecimpung di bidang kuliner.


Bisnis Restoran

Latar belakang itulah yang menjadi dasar bagi Nyanyika untuk berkarier sebagai koki, pemilik restoran, dan penulis buku makanan. Setelah bekerja dengan WD-50, Empllon Taqueria, dan Mission Chinese, ia mencoba membuka bisnis restoran Martha's Daughter di Duluth.

Ia juga membuka restoran lainnya yang memenangkan penghargaan Twin Cities' Eater sebagai restoran baru yang paling layak dikunjungi pada 2018. Pada restorannya itu, ia menyajikan makanan yang menggugah selera, seperti mi dan ayam taco.

Namun, seperti yang dilaporkan Eater Twin Cities, restoran itu terpaksa tutup pada 2019. Saat ini, pelanggan dikabarkan dapat memesannya melalui layanan pesan antar.


Diplomasi Lewat Jalur Kuliner

 

Petani Milenial Patut Dipuji

Petani Milenial Garut Rizal Pahreza Diganjar Satyalencana Kebaktian Sosial dari Presiden Jokowi

Liputan6.com 2022-01-04 00:00:53
Berangkat dari kepedulian untuk mengangkat petani lokal, Rizal Pahleva, petani milenial Garut, Jawa Barat berhasil meraih penghargaan bergengsi Satyalencana Kebaktian Sosial dari Presiden Jok

Berangkat dari kepedulian mengangkat petani lokal, Rizal Pahleva, petani milenial Garut, Jawa Barat berhasil meraih penghargaan bergengsi Satyalencana Kebaktian Sosial dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Penghargaan dari presiden ini tidak terlepas support serta dukungan dari Kementerian Sosial RI, termasuk Pemda Garut, dan semua pihak," ujar Rizal selepas mendapatkan penghargaan dari Pemda Garut, Senin (3/1/2022).

Menurutnya, pola pemberdayaan ekonomi yang ia bangun di desa serta beberapa daerah perbatasan di tanah air, sejalan dengan rencana Nawacita pembanguan yang digagas pemerintah.

"BIN, KPK, Kejaksaan sampai dari Polri, mulai Polda, pak Kapolres datang secara langsung survei, intinya lebih ke diskusi kiprah apa yang sudah dijalankan," kata dia menceritakan awal mula pemilihan kategori penghargaan yang diberikan.

Pengalamannya selama menempuh pendidikan di Amerika Serikat dalam pertukaran mahasiswa, kemudian Jepang, dan beberapa negara Asean, mampu mengantarkan petani milenial ini sebagai duta petani muda Asean.

"Saya juga mengabdi di daerah kelahiran saya di Garut dan wilayah perbatasan antar negara seperti Sebatik Nunukan Perbatasan Indonesia dan Malaysia, dan daerah lainnya," kata dia.

Tak pelak dengan segudang capaiannya itu, Rizal berhasil menyabet penghargaan The Asean Young Succes Farmer" di Philipina, termasuk mewakilai Indonesia pada ajang The 2nd Youth Leadhership Program in Agriculture for Belt and Road (South-South Coorporation) di China.

Pengalaman itu, kemudian diterapkan lulusan Institut Pertanian Bogor (IPB) itu dalam mengembangkan Agro Edu Wisata Eptilu Garut, dengan penerapan pola Closed Loop, untuk membuka peluang petani sekitar dalam meningkatkan kesejahteraan mereka.

"Hasilnya di Cikajang sudah berjalan sukses menyalurkan produk, dan memberikan nilai kesejahteraan bagi petani sekitar," ujar dia.

Dengan pola itu, terjalin sinergitas dan koordinasi semua pihak melalui model kemitraan agribisnis dari hulu hilir dengan pengembangan ekosistem yang berbasis digital, mulai teknik budi daya sistem logistik hingga jaminan pasar dan harga yang bersaing di tingkat off tanker.

"Pola itu memberikan kepastian pembayaran yang baik bagi petani, pola tanam sehingga sistem ekonomi petani ada kepastian dan memberikan keuntungan lebih bagi petani," kata dia.


Diduplikasi Bappenas

Bahkan, di lokasi Agro Edu Wisata Eptilu saat ini, seluruh pengunjung yang datang dimanjakan pemandangan yang indah. Mereka bisa memetik sendiri buah jeruk yang sudah matang, hingga menjadi area lokasi pengambilan gambar.

Melihat kemudahan yang diberikan, rencananya konsep pengembangan usaha pertanian Closed Loop bakal diduplikasi Badan Perencana Pembangunan Nasional (Bappenas) dan Bank Dunia mulai tahun ini.

"Konsep yang dikembangkan di kami di Garut akan direplikasi di 27 kota kabupaten di Indonesia dan itu sudah direkomendasikan langsung oleh Bappenas," kata dia.

Dengan metode itu, diharapkan mampu menghadirkan pola pendekatan dan koordinasi seluruh stakeholder dalam mencari formulasi terbaik untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat terutama petani.

"Kuncinya dari sana dulu, ketika sinergitas dan kolaborasi sudah terjalin apa yang sudah direncakan dapat berasama-sama dijalankan," kata dia.

Dalam kesempatan itu, petani milenial kota intan tersebut menyampaikan terima kasih atas dukungan Dinas Pertanian Garut, Dinas Sosial Garut, Kementerian Pertanian, Kementerian Koordinator Ekonomi, Kadin Hortikultura, serta Bank Indonesia KPW Jawa Barat atas dukuangannya selama ini.


Simak video pilihan berikut ini:

Charly Van Houten Nyaleg

Jadi Kader PAN, Charly Van Houten Bakal Nyaleg di Dapil Jawa Barat 8

Liputan6.com 2022-01-04 14:11:11
Sekjen DPP PAN Eddy Soeparno menyatakan musisi Charly Van Houten alias Charly ST12 resmi bergabung dan menjadi kader PAN.

Sekjen DPP PAN Eddy Soeparno menyatakan musisi Charly Van Houten alias Charly ST12 resmi bergabung dan menjadi kader PAN.

"Iya Alhamdulillah Charly sudah bergabung PAN," kata Eddy saat dikonfirmasi, Selasa (4/1/2022).

Eddy menyatakan Charly akan maju menjadi caleg PAN dari Dapil Jawa Barat 8, yang meliputi Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, dan Kabupaten Indramayu.

"Charly bertekad untuk menajadi caleg PAN dan maju dapil Jabar-8," kata dia.

Menurut Eddy, Charly adalah putra daerah Cirebon dan memiliki kemampuan membangun daerah bersama PAN.

"Charly putra daerah punya akar kuat di Cirebon dan pinya modal sosial cukup kuat sebagai seniman dan punya kemampuan sosialisasi yang baik," kata dia.


Diharapkan Bisa Hasilkan Satu Kursi

PAN berharap bergabungnya Charly akan menambah satu kursi bagi PAN di Pileg selanjutnya.

"Kami harap Charly dan teman lain bisa bersinergi untuk hasilkan satu kursi," pungkad dia.

Salju Turun di Arab Saudi

Indahnya Pegunungan Arab Saudi Diselimuti Salju Saat Tahun Baru 2022

Liputan6.com 2022-01-04 16:32:48
Pegunungan di Arab Saudi yang berada di wilayah Tabuk dekat perbatasan Yordania tertutup salju putih pada Hari Tahun Baru 2022. (SPA)

Di musim dingin, pegunungan di barat laut Arab Saudi adalah tujuan populer bagi mereka yang mencari kesenangan dengan salju. Penduduk setempat pun berbondong-bondong menuju wilayah tersebut untuk menikmati pemandangan hujan salju terbaru.

Orang-orang di wilayah Tabuk dekat perbatasan Yordania terbangun pada Hari Tahun Baru 2022 dan menemukan pasir gurun yang tertutup selimut salju putih.

Pegunungan Jabal Al-Lawz biasanya diguyur hujan salju saat suhu turun, dan musim dingin dianggap sebagai waktu terindah sepanjang tahun di wilayah tersebut.

"Setiap tahun kami menunggu salju turun agar kami bisa pergi menikmati kabsa (hidangan tradisional Saudi) bibi kami yang dimasak di atas salju. Itu adalah salah satu ritual kami," ujar Faris Al-Harbi, seorang insinyur yang dulu tinggal di Tabuk, mengatakan kepada Arab News yang dikutip Selasa (4/1/2022).

Arab Saudi dikenal dengan iklim gurun yang kering. Tetapi suhu bervariasi dari satu wilayah ke wilayah lainnya karena bentang alamnya yang beragam yang mencakup gunung, pulau, gurun, gua, dan lembah.

Salju biasanya turun di daerah pegunungan di utara Turaif, Tabuk, Arar dan Rafha. Penduduk setempat dan pengunjung sama-sama melakukan perjalanan dari berbagai bagian negara Kerajaan itu untuk menikmati cuaca dingin yang sejuk dan aktivitas salju seperti snowboarding.

Badr Al-Gbl, yang mengunjungi Tabuk selama musim dingin, mengatakan kepada Arab News: "Puncak gunung Tabuk diselimuti salju setiap tahun, dan itu menarik perhatian semua penduduk dan pengunjung."

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Salju juga Ada di Barat Daya Arab Saudi

Di barat daya Negeri Kerajaan itu, di wilayah Asir juga ada sedikit salju. Asir adalah rumah bagi pegunungan Soudah yang tertutup juniper, puncak tertinggi di Arab Saudi, menjulang lebih dari 3.000 m di atas permukaan laut.

Pusat Meteorologi Nasional telah mengeluarkan prakiraan badai petir dan angin kencang dalam beberapa hari mendatang di Asir, Jazan, Al-Madinah, Hail, perbatasan utara dan Al-Jawf, dan wilayah Tabuk, di mana lebih banyak salju diperkirakan akan turun.


Infografis 6 Cara Efektif Hadapi Potensi Penularan COVID-19 Varian Omicron

 

Booster Vaksin Gratis Atau Bayar

HEADLINE: Vaksinasi Booster COVID-19 Dimulai 12 Januari 2022, Gratis atau Bayar?

Liputan6.com 2022-01-05 00:01:26
Pakar Penyakit Menular AS berkata tidak perlu booster khusus varian karena vaksin booster yang tersedia sekarang sudah bisa melawan Omicron.(Pexels/Thirdman)

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo atau Jokowi, memastikan bahwa vaksinasi booster atau pemberian dosis ke-3 dapat dilaksanakan pada 12 Januari 2022. Hal tersebut diungkap Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin, Senin, 3 Januari 2022.

Dunia saat ini dalam kondisi tidak baik-baik saja. Baru sejenak menghirup 'udara segar' lantaran kasus baru COVID-19 yang kian melandai, tahu-tahu muncul Varian Omicron yang bikin ketar-ketir.

Ahli epidemiologi Griffith University Australia, Dicky Budiman pun menyebut bahwa sekarang merupakan waktu yang tepat untuk segera memberikan suntikan vaksin COVID-19 dosis ketiga kepada masyarakat.

Dicky, mengatakan, fakta sains menunjukkan bahwa dua dosis vaksin saja tidak cukup untuk perang melawan Omicron --- varian COVID-19 yang pertama kali terdeteksi di Afrika Selatan.

"Apalagi ada penurunan proteksi setelah tujuh bulan sehingga akhirnya seluruh masyarakat memang harus diberikan booster," kata Dicky saat dihubungi Liputan6.com pada Selasa, 4 Januari 2022.

Saat menyampaikan data terkait Omicron COVID-19 di seluruh dunia, Menkes Budi menyebut bahwa sampai dengan Senin kemarin, kasusnya terus merangkak naik dari hari ke hari.

"Sampai sekarang sudah ada kasus konfirmasi Omicron 408 ribu. Naik dari minggu yang lalu yang 184 ribu di seluruh dunia," katanya.

Angka kasus naik diikuti dengan jumlah negara yang melaporkan adanya Omicron Covid yang juga terus bertambah.

Dijelaskan Menkes, dari 115 negara pada minggu lalu menjadi 132 negara dengan kasus terbanyak saat ini ada di daerah Eropa, Inggris, Denmark, dan Amerika dengan jumlah di atas 20 ribu.

"Di Afrika Selatan sendiri sudah turun ke angka 1.800-an," katanya.

Bagaimana dengan Indonesia? Situs resmi GISAID.org menempatkan Indonesia di rangking ke-27 dunia. Dengan total kasus COVID-19 Omicron yang mencapai 164 jiwa.

Menurut Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Dwi Octavia, 162 di antaranya tercatat di Ibu Kota dan mayoritas kasusnya adalah pelaku perjalanan luar negeri.

Dwi lalu menyebut ada enam dari 162 kasus Varian Omicron yang merupakan transmisi lokal. Salah satunya yakni pelaku perjalanan dari Medan-Jakarta.

Infografis Siap-Siap Vaksinasi Booster Covid-19 Dimulai 12 Januari 2022. (Liputan6.com/Trieyasni)

Vaksin Booster Akan Diberikan ke 21 Juta Jiwa

Terkait dengan pelaksanaan vaksinasi booster, Menkes Budi, menekankan, hanya diperuntukkan bagi populasi dewasa atau berusia di atas 18. Tentu saja yang sudah memeroleh vaksin COVID-19 dosis lengkap.

"Vaksinasi booster ini juga akan diberikan dengan jangka waktu di atas enam bulan sesudah dosis kedua," kata Budi saat memberikan keterangan pers di Kantor Presiden, Jakarta pada Senin, 3 Januari 2022.

Kabar mengenai akan dilaksanakannya vaksinasi booster pada 12 Januari mendatang disampaikan Budi Gunadi Sadikin usai mengikuti rapat terbatas yang dipimpin Presiden Jokowi.

Lebih lanjut Menkes, mengatakan, vaksin tambahan hanya akan diberikan ke kabupaten/kota yang sudah memenuhi kriteria, yaitu 70 persen vaksinasi ke-1 dan 60 persen untuk suntik vaksin ke-2.

Menurut Budi, sampai sekarang ada 244 kabupaten/kota yang sudah memenuhi kriteria tersebut.

"Kita identifikasi ada sekitar 21 juta sasaran di bulan Januari yang sudah masuk ke kategori ini," ujarnya.

Dalam laporannya, orang nomor satu di Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, mengatakan, hampir seluruh provinsi sudah mencapai target vaksinasi dosis ke-1 di atas 70 persen.

"Alhamdulillah sekarang Bapak Presiden menargetkan 70 persen provinsi sudah selesai vaksinasi dosis pertama, sekarang tinggal tujuh yang belum," Budi menambahkan.

Adapun provinsi yang perlu mengejar agar target 70 persen tersebut tercapai adalah Kalimantan Barat, Sumatera Barat, Aceh, Sulawesi Barat, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Skema pemberian vaksin dosis ke-3 tidak cukup sebatas populasi dewasa saja. Menurut Dicky Budiman, harus ada aspek prioritas yang jelas.

Dicky bilang yang harus dikejar terlebih dahulu dalam pelaksanaan vaksinasi booster adalah kelompok berisiko.

"Sejak awal saya sudah mengusulkan bahwa untuk vaksinasi booster ini, pertama untuk penerima dari kelompok berisiko tinggi, seperti lansia, komorbid. Itu dari sisi kondisi tubuhnya berisiko tinggi. Jadi, ini yang harus diutamakan."

Karena dalam pelaksanaannya nanti ada dua opsi, Dicky lalu mengatakan bahwa ada kriteria yang pembiayaannya masuk dalam skema ditanggung negara. Yang dilihat dari sisi profesi.

Sebab, sederet profesi tersebut menjadi kelompok rentan dan perlu segera dicapai vaksinasi booster-nya.

"Seperti pelayanan kesehatan, pelayan publik, itu semua harus gratis. Harus gratis yang berisiko tinggi seperti itu, harus ditanggung pemerintah," kata Dicky.

"Karena mereka menjadi kelompok yang sangat rawan dan perlu segera dicapai. Kalau bayar ya akan menjauhkan dari tujuan," dia menambahkan.

Yap!Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengatakan, pemberian vaksin boosterkepada masyarakat punya tiga opsi, yaitu program pemerintah, penerima bantuan iuran (PBI) BPJS Kesehatan, dan vaksinasi mandiri atau berbayar untuk masyarakat umum.

Menurut Airlangga, saat ini pemerintah tengah merampungkan ketentuan terkait pelaksanaan vaksinasi booster. Aturan vaksinasi booster akan tertuang dalam Revisi Peraturan Menteri Kesehatan dan Peraturan Pemerintah.

"Dan, pelaksanaannya tergantung dari kebutuhan terhadap vaksin tersebut," katanya.

Itu mengapa, kata Dicky, harus dipaparkan dengan jelas pihak-pihak mana saja yang akan masuk kategori gratis dan berbayar.

Yang jelas, populasi yang berasal dari kelompok miskin harus mendapatkan vaksin ke-3 cuma-cuma. Jumlahnya berada di angka 69 atau hampir 70 juta jiwa.

"Nah, kelompok miskin ini, masyarakat miskin ini harus ditanggung pemerintah melalui mekanisme, PBI-nya BPJS Kesehatan. Karena mereka ini tidak akan memiliki kemampuan untuk bayar, tapi mereka kelompoknya besar dan harus di-cover," ujarnya.

Lebih lanjut, masyarakat umum dapat disokong melalui mekanisme tanggungan BPJS Kesehatan. Selain itu, bisa juga lewat asuransi swasta.

"Yang artinya, ya, sebetulnya berbayar tapi kan dibayarkan oleh asuransinya. Dan, artinya ada di situ mekanisme BPJS-nya, asuransi swasta atau pun milik pemerintah lainnya," Dicky menekankan.

Selanjutnya, yang terakhir adalah kelompok yang sifatnya mandiri. Hal ini berarti, masyarakat tersebut membayar sendiri atau dibayarkan institusi atau perkantoran atau lembaganya.

"Jadi, seperti itu yang usulan saya untuk mekanisme vaksinasi berbayar untuk booster. Karena akhirnya sisa ringannya yang berbayar menjadi sedikit," ujar Dicky.

Dicky, mengungkapkan, vaksinasi booster ini tentu dalam pelaksanaannya berbeda dengan vaksin dosis ke-1 dan ke-2. Sebab, Dicky melihat bahwa target utama pemerintah dalam pencapaian dua dosis.


Skema Vaksinasi Booster, Ada Opsi Berbayar dan Gratis

Di kesempatan yang berbeda, Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Emanuel Melkiades Laka Lena, tak memersoalkan perihal vaksinasi booster ada opsi berbayar dan gratis.

Melki dengan tegas mengatakan mendukung rencana pemerintah untuk memulai penyuntikan vaksin Corona dosis ke-3.

Menurut Politikus Golkar, populasi yang masuk kategori mampu dapat mengikuti skema vaksinasi mandiri. Hal tersebut guna membantu pemerintah dalam anggaran pengadaan COVID-19.

"Kategori mandiri tentu gotong royong membantu pemerintah dengan membayar sendiri vaksin booster-nya," katanya.

Sedangkan bagi warga yang tidak mampu, lanjut Melki, disarankan agar ditanggung negara.

"Sedangkan warga negara yang kepesertaan BPJS Kesehatannya dibayar negara, maka booster-nya dibayar negara. Booster diletakkan dalam sistem jaminan kesehatan nasional JKN yang pelaksanaan di lapangan sudah berjalan baik selama ini oleh BPJS Kesehatan," pungkas Melki.

Sementara itu, Pengamat Kebijakan Publik, Trubus Rahardiansyah, menilai, skema vaksinasi booster berbayar melanggar Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 24 tahun 2021 tentang Penetapan Status Faktual Pandemi COVID di Indonesia.

Trubus, menekankan, seharusnya pemerintah tidak membebankan biaya kepada masyarakat untuk penyuntikan vaksin COVID-19 dosis ke-3.

"Cuma catatan saya, vaksinasi booster kalau merujuk kepada Keppres Nomor 24 tentang perpanjangan darurat itu harus gratis lagi, karena rujukannya itu," katanya.

"Sekarang Keppres No 24 diperpanjang. Berarti konsekuensinya soal vaksin juga gratis. Tentang darurat dan karantina ditanggung negara," dia menambahkan.

Berdasarkan hal tersebut, Trubus mengatakan bahwa seharusnya tak ada lagi skema gratis atau berbayar dalam pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di Indonesia.

"Semuanya (harus gratis). Kalau seperti itu (berbayar) bertentangan dengan Keppres 24 itu. Jadi, tidak boleh berbayar," ujarnya.

Terlebih saat ini, lanjut dia, situasi di seluruh dunia masih pandemi. Sehingga, sudah sewajibnya menjadi tanggung jawab negara.

Bahkan, Trubus mengatakan bahwa tak hanya vaksinasi, turunan-turunannya seperti karantina pun masih tanggung jawab negara.

Dia, menegaskan, pemerintah RI dapat mengupayakan berbagai hal untuk menyediakan vaksinasi booster secara gratis. Terlebih langkah tersebut didukung Keppres Nomor 24 Tahun 2021.

"Di dalam (Keppres) 24 itu disebutkan salah satunya menggunakan undang undang Nomor 2 Tahun 2020 tentang pembiayaan COVID-19. Konsekuensinya harus gratis, ditanggung negara," katanya.

Menanggapi pernyataan Trubus, Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kemenkes RI, dr Siti Nadia Tarmizi mengatakan bahwa situasi pandemi tidak ada menyebutkan secara spesifik tentang vaksin.

"Kita tahu pelaksanaan vaksinasi ada Perpres-nya juga. Nanti ada aturan teknisnya. Makanya kan kita tidak mengatakan bahwa kebijakan finalnya seperti apa, belum," kata Nadia saat dihubungi Health Liputan6.compada Selasa malam, 4 Januari 2022, melalui sambungan telepon.

"Pak Airlangga mengatakan bahwa tanggal 12 Januari nanti diharapkan kita sudah bisa melakukan kick offvaksinasi," ujarnya.

Nadia menekankan bahwa ada dua mekanisme dalam pelaksanaan vaksinasi booster, yang disediakan gratis oleh pemerintah untuk PBI dan lanjut usia (lansia) dan vaksinasi mandiri atau berbayar untuk masyarakat umum.

Lansia digratiskan karena tergolong kelompok rentan yang menurut Nadia tentunya menjadi tanggung jawab pemerintah.

"Juga Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bahwa vaksinasi pada kelompok rentan bisa diberikan vaksinasi booster-nya, tapi untuk sasaran lain itu diharapkan ditunda dulu mengingat masih banyak yang belum mendapatkan vaksinasi sampai saat ini."

Dijelaskan Nadia, semisal saat ini Varian Omicron tak berkeliaran, vaksinasi boosterakan diberikan nanti menunggu lengkapnya 208 juta sasaran.

"Karena ada Omicron jadi dipercepat, tapi untuk kelompok-kelompok rentan," katanya.

"Tetapi kemudian untuk masyarakat yang ingin mengakses vaksinasi, diberikan juga akses vaksinasinya seperti itu dengan adanya vaksinasi mandiri. Sebab, belum merupakan rekomendasi dari WHO juga untuk memberikan vaksinasi boosteratau ketiga," kata Nadia.

Saat dimintai tanggapan perihal skema vaksinasi boosteryang memiliki dua opsi, Kepala Satuan Tugas COVID-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Profesor Zubairi Djoerban mengatakan bahwa pemberian vaksin dosis ke-3 penting guna melindungi semuanya agar tidak tertular. Tak hanya diri sendiri tapi juga keluarga.

Sehingga, kata dia, "Berbayar atau tidak, boosterperlu banget."

"Kalau bisa gratis, ya, gratis. Kalau enggak bisa, ya harus bayar. Kan memang penting agar kita dan keluarga kita tidak tertular," katanya kepada Health Liputan6.com.

"Intinya, dari segi ilmiah, boosterperlu atau tidak, perlu banget. Kemudian perlu banget, kita harus bikin prioritas sendiri. Bagaimana pun resourceselalu terbatas, jadi, kalau memang pemerintah tidak bisa menggratiskan, ya harus bayar," Zubairi menambahkan.

Terpenting, masyarakat yang tergolong tidak mampu sudah semestinya mendapat bantuan dari pemerintah.

"Kalau sama sekali enggak mampu, kasihan banget enggak bisa vaksin booster,"katanya.

Lantas, semisal nantinya pemerintah memutuskan berbayar yang kemudian membuat masyarakat memilih tidak vaksinasi booster,apakah ada dampaknya?

"Terbukti di Amerika Serikat yang sudah tertular itu hampir semuanya, termasuk yang sudah vaksin dua kali. Kemudian ada beberapa orang--- yang di awal-awal yang jumlahnya 17 orang--- sudah booster masih tertular tapi ringan," katanya.

"Berarti intinya, vaksin dua kali sudah bagus sekali, jadi, kalau tertular tidak terlalu berat. Namun, vaksin booster tetap paling bagus," pungkas Zubairi.


Vaksin yang Digunakan untuk Vaksinasi Booster?

Juru Bicara Satgas COVID-19 RI, Wiku Adisasmito, memastikan telah dilakukan uji klinis terhadap sejumlah subjek penelitian sebelum pemberian suntik vaksin booster kepada masyarakat luas.

"Dan, tidak ada indikasi KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi) berat pada subjek penelitian," kata Wiku di Media Center, IS Plaza, Jakarta pada Selasa, 4 Januari 2022.

Senada dengan penjelasan Menkes Budi, Wiku menjelaskan bahwa direkomendasikan rentang antara dosis ke-2 dan ke-3 atau pemberian booster minimal enam bulan setelahnya.

Sampai dengan saat ini, Menkes, mengatakan, belum ditentukan akan menggunakan vaksin yang mana dalam program vaksinasi booster pada 12 Januari 2022.

Menkes hanya menyebut ada yang homolog (jenis yang sama) dan ada yang heterolog (jenis vaksin yang berbeda).

"Yang mudah-mudahan dapat segera diputuskan tanggal 10 setelah keluar rekomendasi dari Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) serta Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Terpenting, kata Budi, vaksin yang digunakan untuk vaksinasi booster harus sudah mendapat emergency use listing (EUL) dari WHO dan emergency use of authorization (EUA) dari BPOM RI.

"Vaksin yang digunakan adalah vaksin yang sudah mendapatkan approval sebagai booster dari WHO dan BPOM," katanya.

Dalam Taklimat Bidang PMK yang diselenggarakan pada 29 Desember 2021, Kepala BPOM RI, Penny Lukito, mengatakan, saat ini pihaknya masih melakukan proses registrasi vaksin COVID-19 sebagai booster.

Vaksin yang dalam proses registrasi dan pra registrasi sebagai vaksin booster adalah Pfizer, AstraZeneca, Coronavac/COVID-19 Bio Farma, Zifivax, serta Sinopharm (pra registrasi).

"Ini sedang dalam proses. Mudah-mudahan dalam waktu dekat lengkap datanya. Sehingga bisa keluarkan EUA," kata Penny saat itu.

Sementara itu, Nadia mengatakan bahwa semua jenis vaksin bisa digunakan untuk dosis ke-3. Terlebih untuk lansia, "Kita punya cukup banyak dosis ini."

Hanya saja, lanjut dia, untuk vaksin Sinovac masih akan dilihat apakah akan memenuhi kebutuhan atau tidak. Sebab saat ini digunakan untuk vaksinasi COVID-19 anak usia 6-11 di Tanah Air.

Bahkan, Vaksin Nusantara garapan eX Menkes RI, Letnan jenderal TNI (Purn) dr Terawan Agus Putranto, masuk dalam daftar yang akan diberikan untuk vaksinasi booster.

"Vaksin Nusantara salah satunya. Seperti disampaikan Pak Airlangga bahwa pada prinsipnya vaksin adalah melatih sistem kekebalan tubuh, jadi, bisa dianggap," katanya.

"Seperti kita tahu, Vaksin Nusantara ini adalah bentuk jenis vaksinasi yang sifatnya pelayanan. Artinya, orang mungkin merasa bahwa sudah mendapat vaksin booster dengan mengakses layanan vaksinasi nusantara, enggak papa. Yang penting ada penambahan satu kali dosis dari dosis basic yang diberikan," Nadia menambahkan.

Akan tetapi, Nadia mengatakan bahwa pemerintah tidak mempunyai uji klinisnya terkait hal tersebut.

Terkait jenis vaksin, Zubairi, menjelaskan, dari beberapa penelitian menunjukkan bahwa Sinovac (vaksinasi ke-1), Sinovac (vaksinasi ke-2), kemudian Sinovac lagi, memang dapat melindungi tapi tidak sekuat kalau Sinovac, Sinovac, dan vaksin lain yang berbeda.

"Begitu juga dengan yang lain. Jadi, kalau bisa vaksin ke-3 berbeda dari vaksin ke-1 dan ke-2," katanya.

"Tetapi kalau tidak ada yang berbeda, yang sama pun tetap melindungi, tetap bermanfaat," Zubairi menekankan.

Sehingga, masyarakat tidak perlu khawatir. Seberapa pun besarnya efektivitas vaksin yang disuntikan, akan melindungi kita terhindar dari Virus Corona. Semisal masih kena, membantu kita terhindar dari keparahan.