Volume 184

Dari Turki, Positif Covid-19

Ashanty Dikabarkan Positif Omicron, Kemenkes RI: Sedang Proses Pemeriksaan

Liputan6.com 2022-01-07 11:28:21
Kali ini, Ashanty tampil lebih bold busana nuansa warna army. Mulai dari coat dan syal. Untuk sepatu, ia memilih boots cokelat. (Instagram/ashanty_ash).

Penyanyi Ashanty dikabarkan positif Omicron sepulang berlibur dari Turki. Kabar ini beredar setibanya di Jakarta dan melakukan tes PCR, yang mana ia positif COVID-19 dan langsung menjalani karantina hotel.

Lantas apakah benar istri dari Anang Hermansyah ini positif Omicron COVID-19? Juru Bicara Kementerian Kesehatan RI Siti Nadia Tarmizi menanggapi hal tersebut.

"Memang ada Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN), salah satunya inisial A, saat entry test didapatkan hasil PCR positif COVID-19 dan saat ini, sedang menjalani karantina di hotel karantina," kata Nadia melalui pesan singkat yang diterima Health Liputan6.com pada Jumat, 7 Januari 2022.

Pemeriksaan terhadap pelaku perjalanan luar negeri, termasuk berinisial A dengan metode PCR S-Gene Target Failure (SGTF) untuk mendeteksi kemungkinan varian Omicron. Selanjutnya, dilakukan Whole Genome Sequencing (WGS), apakah benar Omicron atau tidak.

"Sesuai prosedur yang ada, semua kasus positif PPLN, kita lakukan pemeriksaan SGTF dan WGS untuk memastikan variannya," kata Nadia.

"Saat ini, sedang dalam proses pemeriksaan keduanya (SGTF dan WGS)," dia melanjutkan.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua


Lakukan Isolasi Terpusat

Siti Nadia Tarmizi menambahkan, upaya penanganan pelaku perjalanan dari luar negeri dengan melakukan isolasi terpusat atau tempat karantina terpusat yang telah ditunjuk Pemerintah. Hal ini termasuk mendeteksi kemungkinan Omicron.

"Untuk melokalisir Omicron, Pemerintah mengambil kebijakan, semua kasus positif COVID-19 harus melakukan isolasi terpusat di rumah sakit atau Wisma Atlet," tambahnya.

Berdasarkan unggahan di media sosial, Ashanty bersama keluarga besar telah tiba di Jakarta pada Kamis, 6 Januari 2022.

Lewat Instagram Stories, Ashanty mengatakan, mulai karantina jam 21.00 WIB di Hotel Sahid, Jakarta Pusat. Dalam unggahan, ia mengungkapkan kembali menjalani tes PCR setibanya di Jakarta.

Sebelumnya, Ashanty berlibur ke Turki bersama keluarga besarnya dan keluarga sang menantu, Atta Halilintar. Ia juga tak lupa membagikan momen ketika berlibur di sana, termasuk saat Anang hendak transplantasi rambut.


Infografis 5 Cara Lindungi Diri dan Cegah Penyebaran Covid-19 Varian Omicron

 

Potret Fuji Dipangku Bibi

Fuji Perlihatkan Potret Masa Kecil, Dipangku Bibi Andriansyah

Liputan6.com 2022-01-07 11:10:16
Fuji Adik Bibi Andriansyah (Foto: Instagram/@fuji_an)

Fuji, adik ipar Vanessa Angel hingga kini belum juga bisa melupakan kenangan manis bersama sang kakak, Bibi Andriansyah. Padahal, kepergiannya sudah lewat dari 40 hari.

Baru-baru ini, Fuji kembali mengingat kebersamaannya dengan Bibi Andriansyah melalui sebuah potret.

Foto yang diunggah Fuji di akun Instagram miliknya, Kamis (6/1/2022), merupakan momen ketika ia masih kecil.

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Bersama Ibu

Dalam foto tersebut, wajah Bibi Andriansyah masih sangat muda, begitu juga Fadly, Frans, Fuji. Keempat anak ini berpose dengan sang ibu.

Terlihat kebahagiaan dari wajah mereka bisa bersama-sama di rumah.


Dipangku

Fuji yang terbilang masih kecil pun duduk dipangkuan sang kakak, Bibi Andriansyah. Sementara, Fadly dan Frans memilih duduk di bawah di depan Bibi.


Kenang

Dalam keterangannya, Fuji mengingat kembali saat potret tersebut diambil. "Ebuset deh pada gamandi apa ya," tulisnya.


Beragam

Kedua abang Fuji memberikan komentarnya. Frans seolah mengingat kembali kebersamaan dengan Bibi, ia pun memberikan emotikon menangis, "."

Berbeda dengan Fadly. Ia justru memilih untuk mencairkan suasana dengan berkomentar yang lucu, "Busetttttttttttttttttt keren juga gue ."

Muslimah Pertama di Angkasa Luar

Sosok Anousheh Ansari, Perempuan Muslim Pertama yang Terbang ke Angkasa Luar

Liputan6.com 2022-01-07 16:02:43
Cerita Anousheh Ansari Perempuan Muslim Pertama yang Terbang ke Angkasa Luar. (dok.Instagram @naiyabooks/https://www.instagram.com/p/CWqwR7bPTd-/Henry)

Anousheh Ansari bisa disebut sebagai salah satu wanita yang berpengaruh di dunia. Puluhan penghargaan di berbagai bidang telah didapatkannya. Ansari juga dikenal sebagai perempuan muslim pertama, dan bahkan orang muslim pertama yang berhasil pergi ke angkasa luar.

Kegagalan Daisuke Enomoto, miliarder Jepang, berangkat ke antariksa karena masalah kesehatan pada 18 September 2006 membuka kesempatan Ansari meluncur ke angkasa luar. Perempuan asal Iran yang lahir pada 12 September 1966 ini akhirnya terbang menggunakan Soyuz TMA-9 dan mengorbit selama enam bulan di antariksa sebelum akhirnya mendarat mulus di Kazakshtan.

Bagi Ansari, perjalanan ke angkasa luar merupakan perjalanan berharga baginya, karena ia bukanlah seorang astronaut. Peluangnya sebagai kru pesawat tidaklah mudah. Sebagai cadangan, ia hanya ikut dalam pelatihan selama enam bulan sebelum pergi.

"Saya mendapatkan pelatihan yang sama seperti astronaut lainnya. Tapi, latihan saya dalam tingkat 'pengguna', sementara mereka menjalani latihan sekitar dua tahun dengan lebih mendalam di tingkat perbaikan sistem. Namun, saya tetap mengambil peran aktif sebagai kru," ungkap Ansari.

Meski begitu, ia merasa tersanjung saat bisa menyaksikan bumi yang begitu indah dari antariksa. Baginya, perjalanan itu pengalaman yang berharga. Dia mampu mewujudkan impian masa kecilnya melalui kerja keras, ketekunan, dan pengorbanan. Pasalnya, Ansari mendapatkannya bukan dari warisan keluarga.

Saat ia masih kecil, keluarganya menjadi satu dari sekian banyak masyarakat Iran yang diasingkan lantaran sikap moyangnya yang kerap menghina pemimpin Iran kala itu, Shah Pahlevi. Kondisi ini mengakibatkan harta kekayaannya hilang.

Saat Ansari lahir, ayahnya hanya pekerja di percetakan yang bergaji kecil. Karena itulah, ia memindahkan keluarganya di Teheran dan menempati apartemen kecil bersama dengan kakek, nenek dan pamannya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Pindah ke AS

Setelah adiknya lahir, keluarga mereka berencana pindah ke Amerika Serikat (AS) dan menjual sebagian hartanya sebagai modal untuk pindah. Namun, permohonan mereka ditolak pihak Imigrasi.

Gagal pindah, Ansari dan keluarganya harus tidur berdesak-desakan dalam flat yang sempit karena ada beberapa saudaranya yang mengungsi dan menumpang di apartemen tersebut. Saat malam hari, Ansari terpaksa tidur di balkon bersama kakek neneknya. Dari sanalah ketertarikannya terhadap antariksa muncul.

"Saya akan berbaring di atas dipan saya dan melihat ke langit, berpura-pura berada di luar angkasa," kenang Ansari dikutip dari laman resmi The Horatio Alger Association. Bersekolah di sekolah Katolik Prancis. Ansari mampu mengusai berbagai bahasa, mulai dari Prancis, Inggris, Persia, sampai Arab.

Kemiskinan mulai terjadi saat konflik Iran-Irak pecah. Kala itu pemadaman listrik, kekurangan makanan menjadi hal yang kerap terjadi bagi keluarga besar itu. Ditambah lagi kodrat terlahir sebagai perempuan menjadikan dirinya terkucilkan.

Namun, sikap pesimitis itu memudar seiring neneknya yang terus menyemangatinya. Di usia 17 tahun titik terang mulai terlihat. Ayahnya kembali memproses imigrasinya ke AS dan lolos. Keluarga Ansari akhirnya pindah ke AS, tepatnya di Washington DC.


Mendirikan Perusahaan

Tinggal di pinggiran kota, Ansari sempat menolak untuk sekolah karena banyak yang mengolok-olok aksennya dan tak mau berteman. Meski begitu, Ansari mampu berprestasi di bidang akademi dan masuk di Universitas George Mason (GMU). Setelah lulus, ia bekerja di MCI Telecommunications dan kembali melanjutkan gelar magisternya di bidang teknik elektro.

Setelah menikah dengan sesama imigran Iran, Hamid Ansari pada 1991, kehidupannya semakin meningkat. Bersama suami dan saudara suaminya, Ansari mendirikan perusahaan teknologi Telecom Technologies, Inc pada 1993 yang kemudian diakusisi Sonus Networks, Inc pada 2000.

Keterlibatannya dalam antariksa dimulai pada 2004 saat perusahaan pengembangan kedirgantaraan Scaled Composites of Mojave, California, memenangkan penghargaan dengan SpaceShipOne, sebuah kendaraan yang disusun oleh desainer pesawat Amerika Burt Rutan. Ansari pun berpartisipasi dalam penerbangan luar angkasa melalui Space Adventures, Ltd., sebuah perusahaan pariwisata ruang angkasa.

Pada 2006, Ansari sukses merapat ke Stasiun Luar Angkasa Internasional selama delapan hari. Dia melakukan serangkaian percobaan tentang fisiologi manusia untuk Badan Antariksa Eropa, diwawancarai dari ruang untuk acara astronomi di televisi nasional Iran. Dia kembali ke Bumi dengan Soyuz TMA-8, mendarat di Kazakhstan pada 29 September 2006.

Setelah menyelesaikan misi luar angkasanya, Ansari terus bekerja sebagai pengusaha dan wirausaha. Pada 2006, ia mendirikan Prodea Systems, sebuah perusahaan teknologi digital, dan menjabat sebagai chief executive officer pertama perusahaan tersebut.


Apollo dan Jejak Manusia di Bulan

 

Park Ji-sung Indonesia

Asnawi Mangkualam Dapat Julukan Park Ji-sung Indonesia, Semoga Fans MU Bisa Terima

Liputan6.com 2022-01-07 13:30:17
Asnawi Mangkualam menjalani debutnya di Korea Selatan bersama Ansan Greeners. (Doc: K League).

Bek kanan andalan timnas Indonesia di Piala AFF 2020 lalu, Asnawi Mangkualam, akhirnya memperpanjang kontrak dengan klub K-League, Ansan Greeners. Dalam pengumuman resminya, klub yang bermain di Liga 2 Korea Selatan tersebut juga menjuluki Asnawi sebagai Park Ji-sung Indonesia.

"Ansan Greeners FC (pemilik Hwa-seop Yoon) memperbarui kontrak dengan 'Park Ji-sung Indonesia' Asnawi Mangkualam Bahar (22 tahun)," tulis Anshan dalam keterangan resminya di situs resmi klub.

Dalam keterangan resmi itu disebutkan bahwa Asnawi merupakan pemain Indonesia pertama yang bermain di Liga Korea. Dia bergabung dengan Ansan Greeners pada Januari tahun lalu. Selama memperkuat Anshan, pemain berusia 22 tahun tersebut berhasil menorehkan satu gol dan dua assist.

"Jiwa kepemimpinannya memungkinkan untuk memahami alasan pelatih Shin Tae-yong menunjuknya sebagai kapten timnas senior dan memberi kepercayaan penuh kepadanya," tulis Anshan.

Asnawi sebenarnya merupakan wakil kapten di Timnas Indonesia. Hanya saja, pada Piala AFF 2020 lalu, pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong belakangan lebih sering membangkucadangkan kapten Evan Dimas. Walhasil, Asnawi pun lebih banyak menyandang ban kehormatan itu sepanjang turnamen.


Penuh Pertimbangan

Perpanjangan kontrak Asnawi bersama Anshan Greeners sebenarnya tidak berjalan mulus. Kesepakatan kedua pihak sempat tertunda dan membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama.

Hanya saja sejumlah pertimbangan telah dilakukan oleh manajemen untuk mempertahankan Asnawi, termasuk peningkatan jumlah followers klub di media sosial. Menurut Anshan, pengikut mereka yang awalnya hanya 5000 kini membengkak menjadi 77 ribu followers sejak kehadiran Asnawi di tim.

"Saya mengenal Asnawi dengan baik," ujar pelatih baru Ansan, Jo Min-guk.

Meski baru menangani Ansan, Min-guk mengaku sudah mengenal Asnawi. Dia terkesan dengan penampilan Asnawi pada pertandingan Ansan Greeners melawan Daejeon tahun lalu.

"Ada banyak kelebihan, tapi saya pikir masih banyak area yang harus diperbaiki. Tapi sekarang dia baru berusia 22 tahun, pemain muda. Dia adalah pemain dengan banyak potensi untuk berkembang di masa depan, jadi saya akan mempersiapkan diri dengan baik selama musim dingin sehingga Asnawi dapat menunjukkan semua kekuatannya di lapangan pada musim 2022," Min-guk menambahkan.


Siapa Park Ji-sung?

Sementara itu, di balik pujian Ansan kepada Asnawi, menyandang julukan Park Ji-sung Indonesia tentu tidak mudah. Seperti diketahui, Park Ji-sung merupakan gelandang pekerja keras yang pernah dimiliki timnas Korea Selatan. Namanya juga sangat dipuja fans Mancehster United atau MU.

Di level timnas, Park Ji-sung sudah tiga kali tampil di Piala Dunia, yakni pada tahun 2002, 2006 dan 2010. Pada tahun 2022, Park Ji Sung bahkan ikut mengantar Korea Selatan finis di posisi keempat.

Sementara di MU, Park juga menorehkan tinta emas. Bersama skuat Setan Merah, dia sempat merasakan berbagai gelar juara, termasuk 4 trofi Premier League dan 1 trofi Liga Champions.


Komentar Asnawi

Tanpa embel-embel Park Ji-sung Indonesia, Asnawi sebenarnya sudah paham beratnya beban yang harus dipikulnya bersama Ansan. Apalagi, kompetisi yang diikuti lebih kompetitif dari di Indonesia.

"Pertama-tama, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Ansan Club karena telah mengakui saya," kata Asnawi.

"Tahun ini Ansan Greeners akan melakukan yang terbaik untuk promosi dengan meraih hasil terbaik sejak klub didirikan. Sebagai pemain Indonesia yang pertama kali masuk K-League, saya ingin menjadi contoh yang baik bagi pemain Indonesia untuk maju ke K-League. Perpanjangan kontrak ini akan membantu tim untuk menjadi lebih baik, dengan penampilan yang lebih baik di musim 2022."

Pohon Leonardo DiCaprio

Leonardo DiCaprio Jadi Nama Pohon Tropis Langka

Liputan6.com 2022-01-07 15:01:30
Walau hubungan keduanya baru berusia 8 bulan, namun Leo tak pernah jatuh cinta sedalam cintanya pada Camila. (ALBERTO E. RODRIGUEZ GETTY IMAGES NORTH AMERICA AFP)

Menghormati Leonardo DiCaprio, sekelompok ilmuwan hutan hujan di Inggris menamai sebuah pohon baru dari nama aktor 47 tahun tersebut. Keputusan ini termuat dalam jurnal ilmiah PeerJ, lapor People, Jumat (7/1/2022).

Para ilmuwan di Royal Botanic Gardens, Kew, baru-baru ini, menemukan jenis pohon baru yang hanya tumbuh di hutan Kamerun. Mereka pun memutuskan menamainya dengan nama DiCaprio sebagai pengakuan atas advokasi lingkungan bintang film The Great Gatsbytersebut.

"Pohon yang terancam dan spektakuler ini dinamai (dari nama) aktor Amerika dan konservasionis Leonardo DiCaprio yang selama beberapa bulan pada 2020 melobi secara ekstensif di media sosial untuk menarik perhatian terhadap ancaman bagi banyak spesies Ebo langka dari konsesi penebangan yang telah diumumkan di Ebo awal tahun itu," tulis para ilmuwan dalam jurnal tersebut.

"Konsesi itu dibatalkan pada Agustus 2020, pasti sebagian karena usahanya," imbuh mereka. Ilmuwan Kew, Dr Martin Cheek, mengatakan pada BBCbahwa pihaknya berpendapat DiCaprio sangat penting dalam membantu menghentikan penebangan Hutan Ebo.

Secara resmi disebut Uvariopsis dicaprio, pohon langka yang terancam punah ini memiliki bunga kuning-hijau mengilap dan akan dianggap sebagai anggota keluarga kenanga, kata para ilmuwan. Pohon tropis ini juga menandai tanaman baru pertama yang diberi nama para ilmuwan Kew tahun ini.

Tahun lalu, para ilmuwan Kew secara resmi menamai lebih dari 200 tanaman dan jamur. Beberapa dari spesies tersebut sudah punah atau terancam punah karena deforestasi maupun kondisi cuaca akibat perubahan iklim, menurut BBC.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Donasi DiCaprio

Tidak semata menawarkan advokasi lingkungan, Leonardo DiCaprio juga tidak segan berkontribusi langsung. Juni tahun lalu, ia berdonasi sebesar 43 juta dolar Amerika Serikat (AS) (Rp623 miliar) untuk mendukung pembangunan Galapagos.

Namun, SCMP melaporkan, keputusan itu justru menimbulkan pertanyaan, apakah dana tersebut sebaiknya dihabiskan di tempat lain? Dalam kasus ini, "wilayah konservasi kurang maju." Dalam beberapa tahun terakhir, pariwisata ke Kepulauan Galapagos telah berubah, dengan kapal pesiar jadi semakin kecil dan mewah.

Peluang kunjungan berbasis darat juga meningkat, dengan akomodasi murah di beberapa pemukiman di pulau yang digunakan sebagai basis perjalanan sehari melalui laut. Namun, hanya lima persen dari wilayah pulau yang terbuka untuk pengunjung.

Pembatasan yang masuk akal bermaksud melindungi spesies pulau. Kapal pesiar besar dijauhkan dan jumlah tempat berlabuh di semua kapal kecil yang beroperasi di perairan Galapagos tidak boleh bertambah. Artinya, kapal baru harus menunggu pensiunnya kapal lama.

Jumlah orang yang mendarat di lokasi mana pun pada satu waktu dikelola secara hati-hati, dan slot waktu harus dipesan. Tekanannya juga soal mengurangi dampak lingkungan di setiap kesempatan.

Pembakaran bahan bakar, cat lambung kapal, pembuangan limbah, plastik, daur ulang, penggunaan kembali, biosekuriti, dan banyak lagi telah dipertimbangkan dengan cermat. Program konservasi ilmiah berlimpah, dan aturan mengenai jarak yang harus dijaga dari satwa liar ditegakkan secara ketat oleh pemandu Ecoventura.


Advokasi Lingkungan

Tahun sebelumnya, tepatnya pada Juli 2020, DiCaprio juga vokal mendukung upaya perlindungan orang utan Sumatra dari ancaman COVID-19. Kala itu, ia mengunggah kampanye pengumpulan donasi Sumateran Orang Utan Conservation Programme (SOCP) yang berbasis di Kota Medan, Sumatra Utara.

"Kita belum tahu apakah primata non-manusia dapat tertular COVID-19, tapi SOCP tidak mau mengambil risiko. Sayangnya, tindakan pencegahan yang diperlukan ini mempersulit satu-satunya program reintroduksi orang utan di pulau itu untuk melanjutkan pekerjaan konservasi yang penting. Klik link di bio @socp.official untuk mempelajari lebih lanjut," tulisnya sebagai keterangan unggahan.

Sebelumnya, DiCaprio sempat berkunjung ke Pusat Karantina dan Rehabilitasi Orang Utan Sumatra milik SOCP pada 2016.

Pada 2019, DiCaprio juga mengunggah ulang foto lautan sampah dari akun Instagram resmi terverifikasi National Geographic. Lautan sampah itu merupakan hasil jepretan jurnalis fofo independen Adam Dean.

Beserta foto itu, akun National Geographic menulis keterangan, "Foto oleh Adam Dean. Pemulung tengah mengumpulkan plastik dari tempat pembuangan sampah lokal di Bantar Gebang, dekat Jakarta, Indonesia."


Infografis Indonesia Sumbang Sampah Plastik Terbesar Kedua Sejagat

 

Spirit Doll Mistis dari Jepang

Cerita Okiku, Spirit Doll Mistis dari Jepang

Liputan6.com 2022-01-06 19:10:10
Boneka okiku. Dok: Penn State University

Tren spirit doll sedang mencuat di Indonesia. Banyak wanita yang membeli boneka ini dan mengasuhnya, bahkan ada cerita spirit doll memiliki kekuatan perlindungan.

Di Jepang juga ada spirit doll yang memiliki desain elegan. Dikenal sebagai boneka mistis bernama Okiku.

Dikutip dari situs Old City Ghost, Kamis (6/1/2022), boneka Okiku konon dibeli orang seorang pemuda berusia 17 tahun untuk adiknya yang bernama Okiku. Saat itu tahun 1918.

Boneka itu dibeli di Sapporo ketika pemuda tersebut sedang berjalan-jalan. Ia melihat boneka yang menawan dan langsung membelinya.

Okiku sering bermain dengan boneka tersebut dan menjadikannya sebagai sahabat. Boneka itu diperlakukan bagaikan adik.

Boneka itu diajaknya makan, minum, dan tidur. Okiku lantas memanggil nama boneka itu seperti namanya sendiri: Okiku.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Okiku Meninggal

Pada 1919, Okiku terjangkit demam kuning. Gadis kecil itu kesulitan bernapas dan meninggal sembari memeluk boneka favoritnya.

Okiku baru berusia tiga tahun ketika ia meninggal.

Keluarganya ingin mengubur Okiku dengan boneka kesayangannya, tetapi tidak terlaksana.

Akhirnya, pihak keluarga menaruh boneka Okiku di altar keluarga untuk mengenang putrinya. Menjelang ulang tahun Okiku, fenomena mistis terjadi.


Kejadian Mistis

Pada suatu hari, keluarga Okiku menyadari ada yang aneh dari boneka itu. Pasalnya, rambutnya semakin panjang.

Padahal, ketika awal dibeli rambutnya masih sebahu. Kejadian lainnya mulai terjadi, lampu di rumah sering mati dan nyala sendiri, terdengar suara berisik di rumah, dan suara-suara aneh.

Fenomena itu terjadi ketika mendekati hari lahir Okiku dan hari kematiannya. Pihak keluarga dan pakar spiritual setempat menyebut jiwa anaknya terjebak di boneka tersebut.

Tahun demi tahun berlalu, keluarga Okiku malah makin senang dengan boneka itu. Namun, keluargaitu pindah ke distrik lain dan bonekanya diberikan ke kuil setempat, sebab mereka tak ingin menjauhkan boneka Okiku dari makam putri mereka.

Hingga kini, boneka Okiku berada di Kuil Mannenji di Kota Iwamizawa yang berlokasi di Hokkaido.


Infografis 6 Cara Efektif Hadapi Potensi Penularan COVID-19 Varian Omicron

 

Mimpi Anak Tukang Sapu

Mimpi Anak Tukang Sapu Jadi Jaksa Harus Kandas karena Nilai Psikotes 0

Liputan6.com 2022-01-07 06:00:51
Gedung Kejaksaan Agung Jakarta. (Liputan6.com/Muhammad Radityo Priyasmoro)

Ghufron (24) merupakan anak bontot dari empat bersaudara, yang terlahir dari keluarga yang hidup pas-pasan. Pasalnya sang ayah hanya seorang tukang sapu jalanan sementara ibunya tak bekerja.

Hidup di bawah garis kemiskinan tak pernah membuat Ghuforn patah arang dalam mengejar impiannya. Ghufron satu-satunya yang menyandang gelar sarjana. Sebab kakak rata-rata lulusan Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Sejak kecil Ghufron bercita-cita menjadi seorang jaksa. Pelan-pelan Ghufron merajut mimpi menjadi kenyataan. Dia menempuh studi di Fakultas Hukum Univeritas Veteran (UPN) Jatim lewat jalur beasiswa bidik misi Kementerian Riset dan Perguruan Tinggi.

Secara akademik, Ghufron terbilang orang cerdas. Ia menyelesaikan pendidikan strata 1 dengan mendapatkan predikat cum laude.

"Saya lulus pada 2020. Alhamdulilah cum laude dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3.74," kata dia saat dihubungi, Kamis (6/1/2022).

Ghuforn terus bertekad mengubah nasib agar keluarganya tak lagi dianggap diremehkan oleh tetangga. Ia mengikuti seleksi pegawai negeri sipil yang diselenggarakan oleh Badan Kepegawaian Nasional (BKN).

Ghufron mengambil formasi Ahli Pratama Jaksa. Kejaksaan Agung membuka kouta untuk 4.148 orang pada seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021.

Seperti masyarakat pada umumnya, Ghufron juga mengikuti serangkaian tes. Dua tahap seleksi, yaitu administrasi dan kompetensi dasar (SKD) dilalui dengan mulus.

Ghufron mengaku meraih nilai 61.822 dengan mendapat peringkat 266. Hasil itu membawanya lolos ke tahap berikutnya yaitu seleksi kompetensi bidang (SKB).

Tes SKB meliputi antara lain computer assisted test (CAT), wawancara, tes kesehatan dan psikotes. Ghufron dinyatakan gagal pada psikotest dan tes kesehatan. Meski, Ghufron menyakini memperoleh nilai tinggi pada CAT dan wawancara.

"Kalau tidak memenuhi syarat kan diberikan nilai 0," ucap Ghufron.


Turun Peringkat

Imbasnya peringkat Ghufron turun dari peringkat 266 menjadi peringkat 1007. Sebagaimana pengumuman yang diterima pada 28 Desember 2021.

Rasa penasaran menghantui Ghuforn. Ia coba tes kesehatan secara mandiri di Pramita Laboraturium Klinik pada 29 Desember 2021.

"Saya full medical check up, mau cek. Ada yang salah tidak dengan kondisi kesehatan saya," ujar dia.

Berdasarkan rekam medis, kondisi kesehatan dinyatakan normal. Pun demikian takala Ghufon menjalani psikotes secara mandiri. Ghufron mengklaim soal-soal persis dengan psikotest yang ada di kejaksaan.

Psikolog menyebut Ghufron laik menjadi PNS Kejaksaan. Bahkan, Ghufron memiliki IQ 116 yang disebutnya di atas rata-rata orang pada umumnya. Hasil tes mandiri membuat Ghufron bertanya-tanya.

"Apa yang membuatnya tak lolos pada psikotes dan tes kesehatan yang diselenggarakan Kejaksaan kenapa dinyatakan tidak memenuhi syarat. Saya di sini punya data pembanding," ucap Ghufron.


Kirim Surat

Ghufron pernah melakukan sanggahan terhadap hasil seleksi pada masa sanggah. Namun, hasilnya sia-sia. "Sampai saat ini tidak jelas pengumuman seperti apa," ujar dia.

Ghuforn tak menyerah begitu saja. Pikir Ghufron proses seleksi harus dibuat secara transpran karena percuma mendapat nilai bagus tapi dibuat tak memenuhi syarat dengan tolok ukur yang tak diketahui peserta.

Ghufron mengirimkan surat yang ditujukkan kepada Presiden, Ketua DPR, Ketua DPD, Komisi III, Menko Polhukam, Kepala Badan Kepegawaian Nasional, dan Kepala Kejaksaan Negeri Jawa Timur. Harapannya satu, adanya keadilan.

"Ini saya harus speak up supaya adanya keadilan untuk diri saya. Masa 405 orang yang nilainya di bawah saya dinyatakan lulus," tandas dia.

Sindiran Deddy Corbuzier

Sindiran Pedas Deddy Corbuzier Buat yang Terpapar Covid-19 Setelah Liburan ke Luar Negeri

Liputan6.com 2022-01-07 16:40:19
Deddy Corbuzier. (Foto: Instagram @mastercorbuzier)

Deddy Corbuzier kesal melihat masyarakat Indonesia yang masih nekat liburan ke luar negeri, di tengah kondisi pandemi seperti sekarang ini. Apalagi kini ada varian Covid-19 baru, yakni Omicron, yang penularannya lebih cepat dari varian Delta.

Kekesalan tersebut diungkapkan Deddy Corbuzier dalam Instagram Story-nya, di tengah ramainya pemberitaan Ashanty yang terpapar Covid-19 sepulangnya pelesiran dari Turki.

"Gue mau liburan ke Amerika, gue cancel. Gara-gara enggak mau aja gitu bawa virus masuk ke Indonesia gitu kan, gue cancel," kata Deddy Corbuzier di Instagram Stories, Jumat (7/1/2022).

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Menyebar

Kini, kata Deddy Corbuzier, virus Covid-19 varian Omicron mulai tersebar di Indonesia. Semua itu terjadi karena masyarakat tidak bisa menahan diri untuk tidak liburan ke luar negeri.

"Sekarang virusnya masuk dari mana-mana. Dari orang liburan, dari Turki, dari mana, ada artis yang kena," ujarnya.


Gelombang 3

Masuknya Omicron ke Indonesia bisa membuat kekacuan di Indonesia seperti saat gelombang kedua varian delta, yang telah mengenggut ribuan nyawa.

Apalagi Varian Omicron 70 kali lebih cepat dalam menggandakan diri.

"Mantap gelombang tiga luar biasa," sambung Deddy Corbuzier.


Positif Covid-19

Diketahahui Ashanty mengumumkan dirinya positif terpapar Covid-19 sepulangnya dari Turki untuk bertemu dengan keluarga Atta Halilintra.

Padahal sebelumnya saat berada di Istanbul, Turki, ia dinyatakan negatif Covid-19, sehingga bisa terbang ke Indonesia.

Saat ini Ashanty menjalani isolasi mandiri dan perawatan di Rumah Sakit Premier Bintaro, Tangsel.

Ahok Nyalon DKI 1?

Kata PDIP soal Peluang Ahok Kembali Maju Jadi Calon Gubernur DKI Jakarta

Liputan6.com 2022-01-07 17:03:16
Ahok. (Deki Prayoga/Bintang.com)

DPP PDI Perjuangan angkat bicara mengenai peluang Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok kembali maju di Pilgub DKI Jakarta. Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menjawab bahwa pihaknya harus melihat skala prioritas di Ibu Kota.

"Tentu saja kita lihat skala priroitas ya," ujar Hasto di Jakarta, Jumat (7/1/2022).

Saat ini, menurut Hasto, Ahok masih ingin mengajar di sekolah partai bagi kader-kader PDIP di seluruh Indonesia.

"Ketika saya bertemu dengan Pak Ahok, Pak Ahok ingin mengajar di seluruh pelosok Indonesia," kata dia.

Sikap tegas dan kepemimpinan Ahok, lanjut Hasto, sangat dibutuhkan calon pemimpin dari PDIP.

"(Ahok) mengajar anggota dan kader PDIP, bagaimana kepemimpinan yang berani menghadapi resiko, kepemimpinan yang membangun Jakarta yang dengan tegas, tanpa kompromi. Memang itu karakter yang diperlukan untuk memimpin Jakaarta. Pemimpin yang berani tegas, pemimpin yang berani membongkar berbagai hal yang merugikan kepentingan rakyat," ujar Hasto.


Keputusan Ada di Tangan Megawati

Meski demikian, bicara kans Ahok maku DKI 1, Hasto kembali mengingatkan bahwa keputusan berada di tangan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. "Bagi PDIP keputusan berada di ibu Megawati Soekarnoputri," tutur Hasto.

Selain itu, PDIP menurutnya memiliki banyak calon pemimpin yang bisa dicalonkan di Jakarta.

"Cukup banyak calon-calon pemimpin, karena proses kaderisasi di sekolah partai mereka layak untuk dicalonkan di Jakarta. Tapi skala prioritas saat ini untuk PDIP adalah memperkuat seluruh jejaring partai hingga menyentuh seluruh lapisan masyarakat di Jakarta," pungkas dia.

Desain Final Istana Baru

HEADLINE: Desain Final Istana Negara Ibu Kota Baru, Kapan Pembangunan Dimulai?

Liputan6.com 2022-01-08 00:00:23
Tangkapan layar instagram Seniman Nyoman Nuarta yang mengunggah desain Istana kepresidenan di Ibu Kota Baru.

Seniman I Nyoman Nuarta, tiba-tiba memposting desain Istana Presiden di Ibu Kota Negara Baru yang akan dibangun di Kalimantan Timur, melalui akun media sosial miliknya.

Postingan Nyoman Nuarta soal desain Istana Presiden tersebut hingga kini sudah disukai 5.219 orang. Dalam captionnya, dia mengungkapkan jika desain tersebut sudah final dan disetujui Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Gambar yang dimuatnya pertama kali, memperlihatkan Istana Presiden Ibu Kota Negara (IKN) dari sudut pandang keseluruhan. Nampak sayap garuda seperti benteng tinggi yang menjaga gedung-gedung di depannya.

Terlihat juga pepohonan rimbun di sekitar gedung yang digambarnya itu. Serta di tengah-tengah, terlihat gedung dengan lebih dari 20 tiang. Di paling depan, terlihat bendera merah putih berkibar di tiang yang kokoh.

Gambar kedua yang diunggah Nyoman, memperlihatkan sudut pandang burung atau bird eye. Terlihat gedung di tengah-tengah tadi memiliki dua kolam di dua sisi, di depan tiang-tiang yang berjejer. Sementara, di sisi atas gedung yang sama ada sebuah ruang lapang dengan hiasan rumput hijau.

Mundur kebelakang, ada satu gedung yang terlihat nampak lebih tinggi dari gedung sebelumnya yang dibalut warna hijau rerumputan. Di belakangnya, terlihat megah ornamen layaknya buruh Garuda yang mengembangkan sayapnya.

"Desain ISTANA IKN, yg telah final disambut dgn sukacita, dan telah disetujui Presiden," tulis Nyoman di akunnya.

Diketahui, Nyoman diundang untuk memberikan presentasi mengenai desainnya itu di Istana Negara, Jakarta pada Senin, 3 Januari 2022 lalu.

"Gambar sewaktu saya mendapat undangan presentasi di Istana Merdeka tgl 3 Januari, bersama Mensesneg, Men PUPR, dan Ibu Dirjen Karya Cipta," katanya.

"Terima kasih atas segala dukungannya untuk dapat menciptakan karya orisinil yg tidak dipengaruhi kaidah-kaidah arsitek kolonial," imbuh Nyoman Nuarta.

Filosofi Desain Istana Presiden

Nyoman coba menjelaskan, desain Istana Garuda di ibu kota baru memang sengaja dibuat berbeda dengan kompleks-kompleks istana yang sudah ada.

"Istana itu tidak sekadar tempat bekerjanya presiden mengendalikan pemerintahan. Jadi istana diharapkan juga bisa menjadi ikon yang tidak ada duanya di dunia," kata Nyoman kepada Liputan6.com.

Dia tak ingin desain istana kepresidenan baru terjebak dengan nuansa kolonial, seperti yang terlihat di Istana Bogor, Istana Negara Jakarta, hingga Gedung Putih atau White House di Washington DC, Amerika Serikat.

"Kalau kita lihat sekarang, Istana Bogor, Istana Merdeka, itu kan kelihatan arsitek kolonial. White House begitu juga, di Eropa begitu juga. Sama semua lah," jelas Nyoman.

Desain Garuda sengaja dipilih lantaran ia tak ingin menimbulkan konflik antar suku bangsa di Indonesia, yang punya ciri khas masing-masing.

"Kalau saya ambil salah satunya yang lain bagaimana? Marah enggak?. Jadi jalan tengahnya kita ambil yang sudah menjadi kesepakatan, yaitu Garuda Pancasila. Itu dasar filosofinya, yang sudah jelas mempersatukan bangsa dan negara ini," ungkapnya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Infografis Menanti Pembangunan Ibu Kota Baru di Kaltim. (Liputan6.com/Trieyasni)

Tunggu Perintah Jokowi

Soal desain ibu kota baru secara keseluruhan, pemerintah mengakui memang sudah ada. Ini dipastikan langsung Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

"Untuk desain Istana Negara, memang sudah ada. Namun, untuk pelaksanaannya, kami masih menunggu instruksi dari Bapak Presiden Jokowi," ujar Basuki.

Nantinya, fokus pembangunan pemerintah bukan hanya di wilayah IKN. Melainkan juga di daerah sekitar sehingga daerah penyangga bisa mendapat manfaat dari kehadiran IKN baru.

Proyek pembangunan ibu kota baru ini diharapkan dapat menjadi titik mula pemulihan ekonomi, pasca Covid-19. Perhitungan dan pemenuhan kebutuhan anggaran IKN akan tetap sejalan dengan konsolidasi fiskal pascapandemi Covid-19.

Pemerintah akan memastikan agar pendanaan ini tidak mengganggu penanganan Covid-19 dan program pemulihan ekonomi.

Menteri Keuangan Sri Mulyani menjelaskan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menetapkan bahwa kondisi penanganan covid-19 dan pemulihan ekonomi tetap jadi prioritas di 2021. Dalam APBN 2023 nanti adalah pemulihan ekonomi dan konsolidasi APBN.

APBN harus dijaga secara sangat hati-hati sehingga bisa menjaga berbagai kebutuhan negara, seperti penanganan covid, pemulihan ekonomi, melindungi secara sosial dan mengantisipasi gejolak global.

"Di sisi lain, ada prioritas nasional seperti pembangunan Ibu Kota Negara. Ini faktor yang akan mendominasi rancangan APBN kita di 2022, dengan mengantisipasi Undang-undang IKN, terutama 2023 dan 2024, seperti untuk Pemilu. Jadi seluruhnya diseimbangkan," ujar Sri Mulyani.

Soal pendanaan, pemerintah masih membuka peluang terkait berbagai skemanya, seperti salah satunya melalui utang. Utang proyek ini, bisa dilakukan melalui Surat Berharga Negara (SBN).

Pemerintah mengalokasikan dana dalam APBN 2022 untuk membangun ibu kota negara baru. Lokasi ibu kota baru tersebut berada di Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara Kalimantan Timur.

"Saat ini mulai menyiapkan kebutuhan anggaran pembangunan ibu kota negara baru pada APBN 2022," ujar Sri Mulyani.

Rincian anggaran ibu kota baru belum ditetapkan secara rinci karena masih tahap pembahasan dan perhitungan. Rincian anggaran akan keluar setelah Rancangan Undang-Undang Ibu Kota Negara selesai dibahas.

Namun, jika dilihat dari RUU IKN Pasal 24 ayat (1), salah satu sumber pembiayaannya akan berasal dari APBN. Pembangunan ibu kota negara diperkirakan akan menyedot dana hingga Rp 466 triliun.

Namun, APBN murni saja tidak cukup. Pemerintah juga membuka opsi sumber pendanaan lain yang sah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Salah satunya berasal dari pungutan pajak atau pungutan khusus IKN sebagai sumber ongkos konstruksi proyek ibu kota baru.

"Dalam rangka pendanaan untuk penyelenggaraan IKN sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Pemerintahan Khusus IKN dapat melakukan pemungutan pajak dan/atau pungutan khusus IKN," bunyi Pasal 24 ayat (2) RUU IKN.

Infografis Ragam Tanggapan Rencana Pembangunan Ibu Kota Baru. (Liputan6.com/Trieyasni)


Menunggu RUU IKN

Perbincangan mengenai Ibu Kota Negara (IKN) baru terus bergulir. Salah satunya mengenai Rancangan Undang-Undang Ibu Kota Negara (RUU IKN) yang masih terus digodok DPR RI.

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) ternyata telah menuntaskan masterplan pembangunan proyek Ibu Kota Negara (IKN) di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Termasuk di dalamnya desain istana negara karya budayawan I Nyoman Nuarta.

Kendati begitu, Deputi Bidang Pengembangan Regional Kementerian PPN/Bappenas S Prawiradinata menyampaikan, pembangunan fisik ibu kota baru belum bisa dikerjakan sebelum Undang-Undang atau UU IKN yang kini masih berbentuk RUU IKN terbit.

"Semua pembangunan fisik di ibu kota negara akan dimulai dengan harus nunggu UU IKN," kata Rudy kepada Liputan6.com.

Rudy menyampaikan, masterplan proyek ibu kota baru kini sudah selesai, dan tinggal dilakukan penyesuaian dengan tata ruang yang ada di lapangan. Begitu juga proyek istana negara, yang kini sudah disetujui oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Site plant-nya bagaimana, land development-nya seperti apa, karena kan di sana lokasinya berbukit. Itu yang lagi dipersiapkan teman-teman PUPR," ujar Rudy.

"Kemudian kan yang pasti sudah disiapin kan akses. Pak Jokowi juga kemarin kan sudah lihat. Lalu beberapa kebutuhan air bersih juga sedang disiapkan. Awalnya untuk memenuhi air bersih di Balikpapan, tapi bisa untuk Ibu Kota Negara," tandasnya.

Rencananya, pembangunan istana negara dan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) di ibu kota baru akan dimulai pada 2022 ini. Namun, Rudy tetap menggarisbawahi itu semua dapat terjadi jika penyebaran pandemi Covid-19 tetap terkendali.

"Kalau semuanya nanti berjalan seperti yang diharapkan, 2022 sudah mulai bangun kantor istana," pungkas dia.

Progress RUU IKN di DPR

Anggota Pansus RUU IKN, Kamrussamad menyebut, pihaknya belum melakukan persidangan guna membahas isi dari RUU tersebut. Namun dia Ia menyebut akan mulai dalam waktu dekat.

"Kita masih reses, tanggal 11 baru masuk persidangan," kata dia saat dihubungi Liputan6.com.

Sementara itu, Wakil Ketua Panitia Khusus RUU IKN, Saan Mustopa menyebut pembahasannya saat ini telah masuk di Tim Perumus. Artinya, langkah yang dilakukan ini akan rampung sebentar lagi setelah masuk ke tim sinkronisasi.

"Terkait progres pembahasan RUU IKN ini sekarang posisi sudah ada di Tim Perumus, kan alurnya dari Pansus ke Panja, Panja ke Tim Perumus, kita sedang pembahasan di Timus," kata dia kepada Liputan6.com.

"Nanti kalau sudah selesai masuk ke Timsin (Tim Sinkronisasi), kalau ada substansi yang belum selesai nanti dibawa lagi ke panja," imbuh Saan.

Disinggung mengenai target, Saan tegas menyebut RUU IKN akan selesai pada Januari ini. Targetnya sebelum masuk masa reses di Februari 2022 mendatang.

"Kita ingin berusaha di masa sidang ini selesai ini, akan selesai di Januari, setidaknya sebelum masa reses tahun ini, kan di Februari ada reses," jelas dia.

Saan menuturkan, sejumlah pasal yang mengundang perbedaan pandangan beberapa waktu lalu telah rampung dibahas. Satu yang cukup panjang pembahasannya yakni soal model pemerintahan di Ibu Kota Negara baru tersebut.

"Pasal-pasal yang secara substansi kemarin bikin perbedaan pandangan, tanggapan itu sudah diselesaikan," katanya.

"Soal bentuk pemerintahan, dulu ada idenya otorita, tapi otorita mengacu ke pasal 18 A Undang-undang Dasar, soal satuan-satuan pemerintah itu tidak dikenal satuan-satuan pemerintah dalam bentuk otorita," terangnya.

Sehingga, timnya telah menyepakati model pemerintahan mengacu pada pasal 18 UUD ini jadi pemerintahan khusus ibu kota negara. Sementara itu, status kekhususan negara yang dimaksudnya akan dibahas lebih lanjut.

"Supaya tak sama dengan pemerintah daerah lainnya, status khususnya akan dibicarakan. Misalnya representasi politik, nanti cukup DPR RI dan DPD RI disana, tak perlu ada provinsi, kepala daerah nanti setingkat menteri dan diangkat presiden," tuturnya.

Kapan Mulai Pindah?

Di sisi lain, Saan menyebut yang masih jadi pertanyaan publik adalah mengenai kapan perpindahan IKN ini dilakukan. Ia menegaskan mengenai itu akan dibahas kemudian, namun mengacu draft, akan dimulai semester pertama 2024.

"Kapan pindahnya? Kalau di draft itu dimulai semester pertama 2024, itu nanti dibicarakan juga terutama soal kesiapan, kalau kepindahan semester pertama 2024 apa sudah mungkin atau belum," kata dia.

"Kalau terkait anggaran pembiayaan kita akan bicarakan di sub-sub substansi yang lainnya, kan ada ada nanti itu soal penganggaran," imbuh Saan.

Infografis Desain Final Istana Kepresidenan di Ibu Kota Baru. (Liputan6.com/Trieyasni)


Saran Ekonom

Proyek ibu kota baru memang membuka opsi utang sebagai sumber pendanaan. Hal ini tentunya langsung mengundang respon berbagai pihak.

Ekonomi Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Nailul Huda menilai jika pendanaan menggunakan utang, akan terlalu berisiko. Apalagi, ini dinilai akan membebani keuangan negara kedepannya.

"Terkait dengan pendanaan, saya rasa jika membebankan kepada keuangan negara dengan penarikan hutang akan sangat berisiko untuk ke depannya," katanya kepada Liputan6.com, Jumat (7/1/2022).

Alasannya, kata Huda, penerimaan pajak negara saat ini belum pulih, imbas dari efek pandemi yang masih dirasakan di berbagai sektor. Jika memaksanakan menggunakan utang, Huda melihat ada potensi pengambilan utang lagi untuk menutup utang sebelumnya.

"Dan kemampuan membayar utang pun akan berkurang. Bahkan ada potensi utnu membayar utang IKN akan mengutang lagi. Gali lubang tutup lubang," kata dia.

Menimbang risiko itu, Huda melihat ada peluang jika menggunakan investasi asing atau lokal untuk membiayai pembangunan ibu kota baru.

"Maka yang paling tepat sebenarnya melalui investasi walaupun ada risiko juga kepemilikan infrastruktur akan menjadi investor asing ke depannya. Tapi seharusnya bisa dimitigasi ama pemerintah jauh-jauh hari sih," kata dia.

Dilirik Uni Emirat Arab

Menteri Investasi/Kepala BKPM (Badan Koordinasi Penanaman Modal) Bahlil Lahadalia memperkirakan, Uni Emirat Arab (UEA) bakal ikut mendanai proyek IKN lewat gelontoran investasi senilai USD 10 miliar, atau setara Rp 144 triliun (kurs Rp 14.400 per dolar AS).

Bahlil menyebut, jumlah itu merupakan bagian dari komitmen investasi Uni Emirat Arab ke Indonesia dengan total nilai mencapai USD 44,6 miliar, atau setara Rp 642,2 triliun.

"Menyangkut IKN, dari USD 44,6 miliar itu ada USD 10 miliar yang akan masuk di INA, totalnya USD 18 miliar. USD 8 miliar itu sudah clear di sekitar apa saja, USD 10 miliarnya masih tentatif untuk dimasukkan ke IKN," jelas Bahlil.

Namun, dia menyampaikan, Pemerintah UEA masih harus melakukan komunikasi yang sangat intens dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan untuk bagaimana bisa mengalokasikan investasi mereka selain untuk di IKN.