Volume 186

Gerbang Neraka Dipadamkan

Gerbang Neraka Turkmenistan yang Terbakar Sejak 1980 Bakal Ditutup dan Dipadamkan Selamanya

Liputan6.com 2022-01-09 18:35:00
Kawah api Darzava di Turkmenistan, yang umum dikenal sebagai Gerbang Neraka (AFP Photo)

Presiden Turkmenistan telah memerintahkan pemadaman "Gateway to Hell" atau Gerbang Neraka di negara itu, lubang titik api yang telah terbakar terus-menerus selama beberapa dekade di kawah gas gurun besar.

Presiden Gurbanguly Berdymukhamedov ingin hal itu dipadamkan karena alasan lingkungan dan kesehatan, serta bagian dari upaya meningkatkan ekspor gas, demikian seperti dikutip dari BBC, Minggu (9/1/2022).

Misteri mengelilingi penciptaan kawah Darvaza di Gurun Karakum.

Banyak yang percaya itu terbentuk ketika operasi pengeboran Soviet yang salah pada tahun 1971.

Tetapi penjelajah Kanada George Kourounis memeriksa kedalaman kawah pada tahun 2013 dan menemukan bahwa tidak ada yang benar-benar tahu bagaimana hal itu dimulai.

Menurut ahli geologi Turkmen setempat, kawah besar terbentuk pada 1960-an tetapi baru menyala pada 1980-an.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Tempat Wisata Populer yang Akan Dipadamkan

Kawah ini adalah salah satu tempat wisata paling populer di Turkmenistan.

"Kami kehilangan sumber daya alam yang berharga yang kami bisa mendapatkan keuntungan yang signifikan dan menggunakannya untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat kami," kata presiden dalam sambutan yang disiarkan televisi.

Dia menginstruksikan para pejabat untuk "menemukan solusi untuk memadamkan api".

Ada banyak upaya untuk mengakhiri kebakaran, termasuk pada tahun 2010 ketika Berdymukhamedov juga memerintahkan para ahli untuk menemukan cara untuk memadamkan api.

Pada 2018, presiden secara resmi menamainya Shining of Karakum.


Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah COVID-19

 

Bu Susi Komentar soal Gala

Susi Pudjiastuti Ikut Komentari Izin Donasi Rumah Gala Sky, Apa Katanya?

Liputan6.com 2022-01-10 13:22:45
Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti saat acara diskusi "Ngopi Bareng Presiden PKS" di DPP PKS, Jakarta, Senin (20/1/2020). Diskusi ini mengangkat tema "Sengketa Natuna dan

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Susi Pudjiastuti ikut mengomentasi polemik terkait izin donasi untuk rumah Gala Sky Ardiansyah, anak dari mendiang Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah.

Dalam sebuah postingan di laman Twitter-nya pada Sabtu (8/1/2022), Susi Pudjiastuti menanyakan prosedur tentang penggalangan dana untuk Gala Sky.

"Maaf, Kenapa harus ijin ?," tulisnya, dengan mengutip sebuah artikel tentang izin donasi rumah untuk Gala Sky.

Saat artikel ini disusun, unggahan Susi Pudjiastuti di Twitter di-retweet oleh 1,962 pengguna dan mendapat 'like' sebanyak 9,222.

Diketahui bahwa Doddy Sudrajat, melaporkan kepada polisi tentang penggunaan donasi rumah untuk cucunya, Gala Sky Ardiansyah, yang diinisiasi selebgram Marissya Icha.

Sementara itu, Marissya Icha dalam responsnya mengatakan siap memenuhi panggilan dari Kementerian Sosial RI.


Marissya Icha Bakal Klarifikasi ke Kemensos Terkait Donasi untuk Rumah Gala Sky

Kuasa Hukum Marissya Icha, yakni Ahmad Ramzy, mengatakan bahwa Marissya Icha akan menjalani pemeriksaan oleh Kemensos pada 11 Januari 2022 mendatang.

"Kita sudah terima panggilannya, kita akan hadir. Klien saya posisinya sekarang sedang di Bali, kita akan hadir dalam pemeriksaan tanggal 11," kata Ahmad Ramzy, dilansir dari sebuah video interview di laman Youtube Cumicumi, Senin (10/1/2022).

Pemeriksaan tersebut berkaitan dengan izin terkait penggalangan dana. Namun, pihak Marissya Icha belum bisa membeberkan informasi lebih lanjut terkait perizinan.

"Kita lihat nanti bagaimana prosesnya di Kementerian Sosial, mengenai izin atau tidak adanya izin, saya tidak bisa sampaikan di sini," jelas Ahmad Ramzy.

"Jadi kita sifatnya klarifikasi ke sana, terkait izin maupun tidak adanya izin nanti kita sampaikan di Kementerian Sosial," tambahnya.

Selain itu, Marissya Icha juga akan memenuhi panggilan Polres Jakarta Selatan terkait laporan yang dilakukan Medina Zein.

"Klien saya datang ke Jakarta insya allah hari Sabtu, jadi kita siap hadir, baik laporan polisi yang dibuat oleh saudari MZ di Polres Jakarta Selatan pada hari Senin, insya allah kita hadir, dan hari Selasanya di Kementerian Sosial," terang Ahmad Ramzy.

Raffi Ahmad Gandeng Mezut Ozil?

Raffi Ahmad Siap Gandeng Mezut Ozil untuk RANS Cilegon, dengan Harga Rp 64,31 Miliar atau Lebih?

Liputan6.com 2022-01-10 13:16:45
Gelandang Jerman, Mesut Ozil tersenyum saat kedatangannya di Bandara Ataturk di Istanbul (18/1/2021). Ozil akhirnya meninggalkan Arsenal dan bergabung dengan klub asal Turki, Fenerbahce. (AFP

Raffi Ahmad, kembali membuat gebrakan untuk tim sepak bola yang dibinanya, RANS Cilegon FC. Kali ini kabarnya, ia akan menggaet Mezut Ozil.

Mezut Ozil akan bermain dalam Liga 1 2022-2023 memperkuat RANSCilegon FC. Hal itu diungkapkan suami Nagita Slavina di kanal YouTube miliknya, baru-baru ini.

"Mezut Ozil tertarik gabung untuk Liga 1 musim depan. Saya sudah berkomunikasi via WhatsApp. Dan saya bisa katakan kami telah menjalin kesepakatan," ungkap ayah Rafathar dan Rayyanza.

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Harga Rp 64,31 Miliar

Dilansir transfermarkt.co.id, harga untuk gelandang serang klub Fenerbahce ini sebesar Rp 64,31 miliar. Harga ini terupdate pada 4 Januari 2022. Tentu untuk bermain di Indonesia harga ini cukup tinggi.


Bayar Lebih?

Apakah Raffi Ahmad dengan klub RANs Cilegon FC akan membayar lebih dari harga pasar untuk mantan pemain Arsenal dan Real Madrid? Sayangnya, belum ada pernyataan resmi dari Raffi Ahmad mengenai hal tersebut.


Tak Sedikit

Bila memang Raffi akan membayar dengan harga sama atau lebih, maka Rans Cilegon FC menjadi klub yang pertama mentransfer dengan nilai yang mahal di Tanah Air.

"Jika transfer Mezut Ozil ke RANS Cilegon benar terjadi, permainana cantik dari Jerman itu akan menandai Liga 1 Indonesia musim depan. Namun, Raffi Ahmad membutuhkan biaya yang tak sedikit untuk memboyong Mezut Ozil ke RANS Cilegon," tulis media Turki, Fotospor.


Kontrak

Mezut Ozil hingga kini masih bermain dalam klub Fenerbahce. Ia dikontrak sejak 25 Januari 2021 dan akan berakhir pada 30 Juni 2024.

Dear Lord..

Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar Curhat di Twitter: Dear Lord..

Liputan6.com 2022-01-10 14:12:47
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya.

Netizen ramai-ramai menyoroti twit Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup (LHK) Siti Nurbaya di akun Twitter pribadinya @SitiNurbayaLHK, Senin (10/1/2021). Siti mengunggah posting-an berbahasa Inggris.

"Dear Lord... every day in every way, teach me to tend to my own business and to keep my big mouth shut, especially when I do not know what I am talking about...," ucap Siti.

Twit itu pun langsung ditanggapi oleh warganet. Ada yang mempertanyakan apakah 'Lord' yang dimaksud oleh Siti merupakan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan.

"Ini lord mana yg dimaksud. Lord luhut bukan," kata akun @jungkookwie.

"Lord luuhoot?" kata akun @AbdeeNagaree.

"Nah ini bener bu pakailah twitter untuk curhat," tutur akun @Pids29.


Deforestasi Hutan

Selain itu, ada pula netizen yang menyinggung kebijakan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Salah satunya, meminta agar deforestasi hutan kembali dilakukan. "Ok bu, saatnya deforestasi kembali," ucap akun @mohammadAli1604.

Akang Daniel Incar Perempuan Indonesia

Profil Akang Daniel, Youtuber Korea yang Mencoba Mencari Jodoh Orang Indonesia

Liputan6.com 2022-01-10 13:20:00
Akang Daniel merupakan Youtuber asal Korea Selatan yang gemar membahas seputar budaya Indonesia. (Sumber: Instagram/@akangdaniel1122)

Anda yang gemar menyaksikan konten berbasis seputar dunia hiburan Korea pasti tidak asing dengan sosok yang satu ini. Memiliki nama populer Akang Daniel, oppa asli Korea ini baru saja menjadi bintang tamu program eksklusif Vidio dan Prambors yaitu K-Wave Today.

Ini bukan menjadi kali pertama studio K-Wave Today diramaikan oleh bintang tamu yang berasal dari negeri yang terkenal dengan makanan kimchi pedasnya ini. Sebelumnya, ada Bandung Oppa yang juga orang asli Korea dan jatuh cinta dengan negeri zamrud katulistiwa ini.

Akang Daniel sendiri merupakan Youtuber yang senang membahas berbagai hal seputar Indonesia. Dalam video yang ia unggah pun, tak jarang ia ikut menyanyikan lagu-lagu yang berkolaborasi dengan Youtuber Indonesia lainnya.

Hingga saat ini, konten-konten yang disajikan di kanal pribadinya masih seputar reaksi terhadap hal yang ada di Indonesia seperti tempat pariwisata, hingga sarana transportasinya. Berkat konten yang dibuatnya ini, kini Akang Daniel berhasil mendapatkan subscriber hingga 443 ribu. Penasaran dengan sosok Akang Daniel? Simak tentang profil singkatnya berikut ini.


Konten Seputar Indonesia

Jika banyak konten kreator Indonesia mencoba mengeksplorasi Negeri Ginseng, berbeda dengan Akang Daniel. Dirinya yang juga berkecimpung dalam membuat konten video di YouTube, memilih Indonesia sebagai temanya.

Akang Daniel sendiri merupakan content creator asli Korea yang sangat fasih berbahasa Indonesia. Kecintaannya pada Indonesia bermula ketika dirinya berkunjung ke Kota Bandung. Sejak saat itu, ia jatuh cinta dengan Kota Kembang karena udaranya yang sejuk dan menurutnya perempuannya cantik-cantik.

Menjadikan Bandung sebagai destinasi favoritnya ketika berada di Indonesia, membuat dirinya juga tertarik dengan Bahasa Sunda. Ia pun sukses bisa berkomunikasi menggunakan Bahasa Indonesia lengkap dengan logat Sunda meskipun belum begitu lancar.

Konon katanya, Youtuber yang senang melakukan cover lagu dengan tiga bahasa yaitu Sunda, Korea, dan Indonesia ini kembali lagi ke Indonesia karena sedang mencari jodoh orang asli Indonesia. Apakah misinya ini berhasil, ya?

Anda bisa mencari tahu seputar Akang Daniel lebih dalam dan juga mengenai kehidupannya sebagai konten kreator dengan nonton K-Wave Today episode 5. Anda juga bisa streaming K-Wave Today dengan bintang tamu yang tak kalah menarik lainnya eksklusif hanya di Vidio.

Gletser "Kiamat" Antartika

32 Ilmuwan Jelajahi Thwaites, Gletser Kiamat Antartika

Liputan6.com 2022-01-10 09:04:43
Pandangan udara kondisi pegunungan es di Semenanjung Antartika (3/11). Berbagai riset mengatakan fenomena ini disebabkan oleh aktivitas manusia, seperti emisi dari gas rumah kaca. (Mario Tama

Mencairnya Thwaites menyebabkan sekitar 50 miliar ton es jatuh ke dalam laut per tahunnya. Survei Antartika Inggris mengatakan gletser bertanggung jawab atas 4 persen kenaikan laut secara global, dan kondisi yang menyebabkannya kehilangan lebih banyak es semakin cepat, kata ilmuwan es Universitas Colorado Ted Scambos dari stasiun darat McMurdo bulan lalu.

Posisi Thwaites menghadap Laut Amundsen. Gletser seukuran negara bagian AS, Florida, itu mendapat julukan "gletser kiamat" karena banyaknya es yang dimilikinya. Sehingga jika semua es tersebut mencair, ketinggian permukaan air laut bisa naik lebih dari 65 sentimeter selama ratusan tahun.

Pentingnya gletser itu membuat AS dan Inggris ikut serta dalam misi senilai $50 juta untuk mempelajari Thwaites, gletser terluas di dunia melalui darat dan laut. Thwaites terletak jauh dari stasiun penelitian benua mana pun. Ia berada di bagian barat Antartika, timur Semenanjung yang dulunya merupakan area yang paling dikhawatirkan para ilmuwan.

"Thwaites adalah alasan utama saya mengatakan bahwa kita memiliki ketidakpastian yang begitu besar dalam proyeksi kenaikan permukaan laut di masa depan dan itu disebabkan karena (Thwaites) adalah daerah yang sangat terpencil, sulit dijangkau," Anna Wahlin, ahli kelautan dari Universitas Gothenburg dalam Swedia, sebagaimana dikutip dari Associated Press.

Mengutip VOA Indonesia, Senin (9/1/2022), sebuah tim ilmuwan sedang berlayar ke "suatu sudut dunia yang paling sulit dijangkau" sehingga mereka dapat mengetahui dengan lebih baik seberapa banyak dan seberapa cepat laut akan naik karena pemanasan global yang menggerogoti es Antartika.

32 ilmuwan pada Kamis 6 Januari 2022 memulai misi yang akan memakan waktu lebih dari dua bulan di atas kapal penelitian Amerika Serikat (AS). Tujuannya untuk menyelidiki daerah penting di mana gletser Thwaites yang besar tetapi mulai mencair dan pada akhirnya mungkin kehilangan sejumlah besar es karena air menjadi hangat.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Tiga Cara Runtuh Thwaites

Ilmuwan es Universitas Negeri Oregon Erin Pettit mengatakan Thwaites tampaknya runtuh dalam tiga cara, yaitu: mencair dari bawah oleh air laut, bagian daratan gletser "kehilangan cengkeramannya" pada tempatnya menempel di dasar laut, sehingga bongkahan besar bisa lepas ke laut dan kemudian mencair.

Dan kemungkinan ketiga adalah lapisan es gletser pecah menjadi ratusan retakan seperti kaca depan mobil yang rusak. Inilah yang dikhawatirkan Pettit karena akan menjadi yang paling merepotkan dengan retakan sepanjang 10 kilometer yang terbentuk hanya dalam setahun.

Belum ada yang pernah menginjakkan kaki di wilayah permukaan utama di Thwaites sebelumnya. Pada tahun 2019, Wahlin berada dalam tim yang menjelajahi daerah tersebut dari kapal dengan menggunakan kapal robotik namun tetapi tidak pernah turun ke darat.

Thwaites "tampak berbeda dari lapisan es lainnya," kata Wahlin. "Ini hampir terlihat seperti tumpukan gunung es yang telah ditekan bersama. Jadi semakin jelas bahwa ini bukan es padat seperti rak es lainnya, es padat halus yang bagus. Ini jauh lebih bergerigi dan bekas luka."


Infografis Ayo Jadikan 2022 Tahun Terakhir Indonesia dalam Masa Pandemi COVID-19

 

Si Ratu Begal Ditangkap

Velline Chu, Pedangdut dengan Julukan Si Ratu Begal yang Ditangkap karena Narkoba

Liputan6.com 2022-01-10 15:13:16
Velline Chu. (instagram.com/velline_ratubegal)

Teka-teki inisial pedangdut VU yang diamankan pihak kepolisian terkait kasus narkoba akhirnya terungkap. Inisial VU tersebut adalah Velline Chu.

Veline Chu diamankan bersama dengan suaminya. Setelah dites urine, keduanya positif narkoba jenis sabu.

Rilis penangkapan Velline Chu itu disampaikan oleh Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan di Polres Jaksel Senin (10/1/2022).

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Bersama Suami

"Yang pertama tersangka Budi Harianto alias BH, kedua Velline Chu, nama panggungnya. Mereka pasangan suami istri. Kemudian berdasarkan pemeriksaan tes urine kepada mereka berdua mereka berdua positif menggunakan narkoba jenis sabu," ujar Endra Zulpan.


Di Rumah

Dari rilis yang digelar itu, diketahui bahwa Velline Chu diamankan di kediamannya di kawasan Bekasi.

"Diamankan hari Sabtu tanggal 8 Januari 2022 sekitar pukul 22.00 WIB di perumahan Citra Grand Komplek Garden Bekasi. Ini rumah tersangka," bebernya lagi.


Ratu Begal

Sebagai informasi, Velline Chu merupakan pedangdut yang dikenal dengan julukan Ratu Begal. Namanya itu mulai dikenal setelah merilis sebuah single berjudul "Begal Cinta" pada 2016 lalu.

Penendang Sesajen Semeru Diburu

Polda Jatim Bentuk Tim Buru Penendang Sesajen di Lereng Semeru

Liputan6.com 2022-01-10 15:18:28
Kepala Bidang Humas Polda Jawa Timur, Kombes Pol Gatot Repli Handoko menyebut kepolisian akan profesional dan membawa kasus pelaku narkoba di Malang ini sampai tuntas ke pengadilan (Liputan6.

Polda Jatim membentuk tim khusus untuk mencari penendang sesajen di lereng Gunung Semeru yang sempat viral di media sosial.

"Iya benar, kita sudah bentuk tim untuk melakukan pencarian terhadap pelaku tersebut," tutur Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Gatot Repli Handoko kepada Liputan6.com, Senin (10/1/2022).

Gatot menyampaikan, menurut informasi yang diterima, dugaannya pelaku adalah salah satu relawan di lokasi pengungsian Gunung Semeru.

"Kita masih pencarian juga monitoring media sosialnya yang naikkan (videonya) itu," katanya.

Dikonfirmasi apakah terduga pelaku merupakan relawan pendatang yang bukan merupakan warga asli Lumajang, Gatot mengaku masih belum mengetahui detailnya.

"Kita masih belum tahu. Nanti kalau sudah ketemu, kita baru tahu apakah dia warga situ atau bukan," ucapnya.


Edukasi Warga

Gatot menegaskan, pihaknya juga memberi imbauan dan edukasi kepada masyarakat karena selama ini Lumajang sudah mulai damai, aman dan bagus.

"Jangan sampai dirusak dengan adanya video-video yang mengandung SARA dan kita harus menghormati kearifan lokal daerah situ," ujarnya.

Rihanna Buka Toko Lingerie

Rihanna Bakal Buka Toko Lingerie Savage X Fenty

Liputan6.com 2022-01-10 07:01:00
Rihanna (Martin BUREAU / AFP)

Rihanna terus mengembangkan bisnisnya dalam naungan Fenty. Kali ini, pelantun Umbrella tersebut menghadirkan toko lingerie Savage X Fenty.

Pembukaan toko lingerie ini disampaikan Rihanna melalui sebuah unggahan di akun Instagram pribadinya. Perempuan asal Barbados ini akan memperluas merek pakaian dalam Savage X Fenty untuk toko fisik.

"2022, kami datang dalam PANAS! kami akan memberi Anda pengalaman #SavageXFenty yang benar-benar baru dengan peluncuran toko ritel fisik kami!" tulis Rihanna dalam unggahan pada 8 Januari 2022 tersebut.

Penyanyi berusia 33 tahun ini melanjutkan bahwa toko lingerie tersebut baru akan hadir di Amerika Serikat. Rencananya, toko lingeri ini buka di Las Vegas, Los Angeles, Houston, Philadelphia dan Washington, DC.

Namun, Rihanna belum mengungkapkan tanggal pembukaan toko pakaian dalam tersebut. Kendati demikian, ada sederet produk dengan gaya seksi yang bakal dihadirkan.

Pendiri brand Fenty ini telah meluncurkan serangkaian penampilan yang semakin terbuka akhir-akhir ini. Ia tampak dalam balutan crotchless catsuits dan butt-baring pajama bottoms.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Gaet Selebritas Dunia

Installment ketiga dari peragaan busana Amazon Live-nya memulai debutnya pada September. Kala itu, acara menampilkan model dan selebritas dunia, seperti Irina Shayk, Emily Ratajkowski, Cindy Crawford, Gigi Hadid.

Mereka memamerkan produk berbahan lateks dan renda. Selain itu, ada pula penampilan lain dari Normani, Ricky Martin dan Nas.

Pada akhir Desember 2021 lalu, Rihana mengunggah potret dalam balutan lingerie bernuansa ungu. Ia mempromosikan produk dari Savage X Fenty. "@savagexfenty baru baru untuk tahun baru! tersedia sekarang," tulisnya kala itu.


Miliarder

Kesuksesan dalam berbisnis membawa Rihanna menjadi miliarder, menurut Forbes. Dilansir dari CNN, 5 Agustus 2021, Forbes yang melacak dan menerbitkan data mengenai orang-orang terkaya di dunia pada Rabu, 4 Agustus 2021 melaporkan perkiraan kekayaan bersih Rihanna mencapai 1,7 miliar dolar AS atau setara Rp24,3 triliun.

Hal tersebut membuat Rihanna menjadi musisi perempuan terkaya dan perempuan terkaya kedua di dunia hiburan setelah Oprah Winfrey. Rihanna mendedikasikan waktunya untuk membangun kerajaan bisnis melalui merek Fenty Beauty dan lini pakaian Savage x Fenty.

Forbes memperkirakan Fenty Beauty sendiri bernilai 2,8 miliar dolar AS atau sekitar Rp40,2 triliun. Pada 2018, Fenty Beauty menghasilkan pendapatan tahunan lebih dari 550 juta dolar AS atau setara Rp7,8 triliun. Hasil ini lebih dari KKW Beauty milik Kim Kardashian West, Kylie Cosmetics dari Kylie Jenner, dan Honest Company dari Jessica Alba, lapor Forbes.


Infografis Fakta-Fakta Menarik tentang Fashion

 

Omicron Kian Dekat

HEADLINE: Kasus COVID-19 Varian Omicron di Indonesia Terus Bertambah, Antisipasi Lonjakan?

Liputan6.com 2022-01-11 00:01:08
Pengunjung beraktivitas di sebuah pusat perbelanjan di kawasan Tangerang Selatan, Banten, Rabu (8/12/2021). Pemerintah mengingatkan varian omicron sudah masuk ke kawasan ASEAN, salah satunya

Rasa-rasanya sulit jadi negara 'bersih' alias nol kasus varian Omicron di tengah pagebluk COVID-19. Belum sebulan sejak temuan pertama kasus COVID-19 varian baru Omicron di Indonesia, saat ini sudah tercatat 414 orang terpapar B.1.1.529.

Kasus pertama terdeteksi di Indonesia pada 15 Desember 2021 pada petugas kebersihan di RS Darurat Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta. Dalam kurun waktu 27 hari, dari 1 menjadi 414 kasus Omicron.

Mayoritas yang terpapar Omicron adalah mereka pelaku perjalanan luar negeri (PPLN). Dari 414, 383 orang adalah mereka yang datang dari luar negeri. Terbanyak adalah PPLN yang datang dari Arab Saudi, Turki, Amerika Serikat, dan Uni Emirat Arab.

Melihat temuan fakta yang ada, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta masyarakat tetap waspada. Jangan sampai Omicron membawa Indonesia kembali dalam lonjakan kasus yang besar.

"Walau kita berhasil mengendalikan pandemi namun kita harus hati-hati, waspada terhadap kemungkinan risiko pandemi karena varian Omicron," kata Jokowi dalam pidato HUT ke-49 PDI Perjuangan secara virtual pada Senin, 10 Januari 2022.

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin malah sudah melihat besar kemungkinan Indonesia bakal alami kenaikan kasus karena Omicron. Ia memprediksi bakal terjadi gelombang Omicron dalam waktu dekat.

"Kita akan menghadapi gelombang dari Omicron ini," kata Budi dalam konferensi pers update PPKM pada Senin, 10 Januari 2022.

Namun, Budi meminta agar masyarakat tidak panik karena pemerintah sudah menyiapkan penanganannya dengan baik.

"Tidak usah panik, kita sudah mempersiapkan diri dengan baik," katanya.

Budi yakin meski gelombang Omicron naik dengan cepat tapi akan turun dengan cepat pula. Selain itu, pemerintah sudah mempelajari pola penularan Omicron berdasarkan kondisi di sejumlah negara.

Infografis Prediksi Lonjakan Kasus Covid-19 di Indonesia. (Liputan6.com/Abdillah)

Perlu Terapkan Lockdwon?

Kasus Omicron yang terdeteksi memang paling banyak dicatat di DKI Jakarta. Berdasarkan data per 9 Januari 2022, dari 407 orang yang terinfeksi, 86 persen atau 350 orang adalah pelaku perjalanan luar negeri.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyatakan apabila penyebaran Omicron semakin meluas, maka akan ada opsi penerapan lockdown lokal atau micro lockdown di Jakarta.

"Nanti kalau ada penyebaran baru ini tentu ada kebijakan yang ditetapkan sesuai aturan di antaranya bisa saja dilakukan lockdown lokal di tempat tertentu," kata Ariza pada wartawan, Senin (10/1/2022).

Ariza belum membeberkan syarat dan detail lockdown lokal, ia menyebut kebijakan itu baru akan diterapkan bila ada lonjakan.

"Nanti kita akan tindaklanjuti lagi, kita akan liat situasi kondisinya sesuai fakta dan data yang ada. Prinsipnya semua bekerja yang terbaik, memastikan warga ga terpapar virus," katanya.

Sementara itu, Dinkes DKI juga menyatakan adanya penerapan penguncian wilayah berskala mikro atau micro lockdown di beberapa lokasi menyusul peningkatan kasus Omicron.

"Dari wilayah diterapkan 'micro lockdown' yang dikelola pimpinan setempat dan masyarakat di sana," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Dwi Oktavia.

Saat ini, kebijakan mikro lockdown diberlakukan di RW 002 Kelurahan Krukut, Tamansari, Jakarta Barat. Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol Ady Wibowo menerangkan, Satgas COVID-19 tingkat Kota Jakarta Barat menerapkan mikro lockdown sejak Sabtu 8 Agustus 2022.

"Kita sudah aktifkan hari Sabtu lalu pembatasan mobilitas, testing, tracing, dan treatment juga sudah kita lakukan. Kita berlakukan mikro lockdown sesuai perkembangan situasi," ujar Ady kepada wartawan, Minggu 9 Januari 2022.

Penerapan micro lockdown dilakukan meningat ada 36 warga di Krukut terinfeksi COVID-19, satu diantaranya probable Omicron.

Kendati begitu, 35 warga yang dinyatakan positif COVID-19 itu belum bisa dipastikan apakah terinfeksi varian Omicron atau bukan. Namun menurut Ilham, gejala yang dialami warganya tidak berat.

"Gejala-gejalanya sih enggak terlalu berat, kebanyakan pilek, flu, sakit kepala. Enggak ada yang sampai butuh bantuan oksigen, enggak sampai ke situ," terang Lurah Krukut Ilham Nurkarin.


Indonesia Optimistis Kendalikan Omicron

Jika di kemudian hari kasus Omicron meledak, Budi yakin gelombang Omicron naik dengan cepat tapi akan turun dengan cepat pula. Selain itu, pemerintah sudah mempelajari pola penularan Omicron berdasarkan kondisi di sejumlah negara.

Senada dengan Budi, Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan optimistis Indonesia bisa hadapi Omicron dengan baik. Namun, ia menyarankan dilakukan upaya agar tidak membuat kasus Omicron makin banyak.

"Sistem kesehatan cukup siap hadapi Omicron yang ancam kehidupan kita. Namun, langkah preventif adalah kunci utama," kata Luhut dalam konferensi pers Senin, 10 Januari 2022.

Menurut Luhut, meski ada kecenderungan gejala pada pasien Omicron ringan tapi jika banyak orang sakit dalam waktu bersamaan hal tersebut tentu akan berbahaya. Maka dari itu upaya pencegahan perlu dilakukan dengan pengetatan pintu masuk, disiplin karantina dari yang luar negeri, serta penerapan 3T.

Luhut juga sudah meminta pemerintah daerah bekerja lebih dini untuk mempersiapkan berbagai hal mulai dari rumah sakit hingga obat-obatan dalam menghadapi kenaikan kasus Omicron.

"Kami sudah minta daerah untuk persiapkan rumah sakit, tempat isolasi terpusat untuk memitigasi hal yang tidak diinginkan," kata Luhut.

Terkait hal itu, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi memastikan, pemerintah sudah menyediakan obat hingga fasilitas kesehatan untuk menghadapi Omicron.

"Sudah ada persiapan dan buffer tambahan (obat hingga hingga fasilitas kesehatan) berdasarkan kondisi varian Delta kemarin," kata Nadia pada Desember 2021.

"Kesiapsiagaan dilakukan di hilir dengan memastikan ketersediaan tempat perawatan isolasi dan intensif tercukupi, termasuk obat-obatan dan ketersediaan ventilator serta oksigen," jelasnya.

Melihat data sementara dari 414 pasien Omicron di RI, Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa gejala varian Omicron cenderung tidak separah Delta.

Sebagian besar tanpa gejala dan gejala ringan. Hanya dua kasus sedang yang membutuhkan bantuan oksigen. Maka dari itu Kemenkes pun melakukan penyesuaian jurus untuk menghadapi varian Omicron.

"Memang kenaikan transmisi Omicron akan jauh lebih tinggi dari Delta. Tetapi yang dirawat jauh lebih sedikit. Sehingga strategi layanan kesehatan akan digeser," kata Budi.

"Sebelumnya fokus ke rumah sakit, sekarang fokusnya ke rumah karena akan banyak orang yang terkena dan tidak perlu ke rumah sakit," tambahnya.

Pemerintah juga telah melakukan kerja sama dengan 17 layanan telemedisin. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan pasien positif COVID-19 yang dirawat di rumah tetap mendapatkan pelayanan dengan yang seharusnya.

"Kami juga sudah bekerja sama dengan 17 platform telemedisin untuk memastikan agar orang yang harus dirawat di rumah tetap bisa mendapatkan akses untuk konsultasi kedokteran dan juga mendapatkan akses untuk delivery obatnya," kata Budi.

Tak hanya itu, Budi menambahkan, pemerintah juga telah bekerja sama dengan Kimia Farma untuk memastikan obat-obatan tersebut bisa sampai pada pasien yang melakukan perawatan di rumah.

Selain itu, Budi dan Luhut sama-sama mengatakan bahwa peran serta masyarakat adalah hal penting dalam menekan kasus Omicron yang tengah beredar di saat varian Delta masih jadi penyebab kasus COVID-19 di RI. Budi dan Luhut meminta masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan dan segera vaksin bagi yang belum.

"Paling penting percepat vaksinasi keluarga kita, rekan-rekan kita yang belum mendapatkan vaksinasi," kata Budi.


Skrining dan Karantina Tanpa Pandang Bulu

Mengingat sebagian besar kasus Omicron datang dari PPLN, maka pemerintah mengetatkan skrining dan karantina di pintu masuk kedatangan.

"Demi menekan laju penularan Omicron, Pemerintah Indonesia terus meningkatkan upaya skrining ketat di pintu-pintu masuk negara serta menegakkan peraturan karantina tanpa pandang bulu," tegas Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito di Media Center, IS Plaza, Jakarta, ditulis Senin (10/1/2022).

Satgas COVID-19 juga mengimbau Pemerintah dan Satgas COVID-19 Daerah untuk menggencarkan upaya 3T (testing, tracing, treatment) agar dapat menghindari lonjakan kasus COVID-19 di komunitas akibat varian Omicron.

Kementerian Perhubungan RI pun memprediksi kedatangan ke Indonesia akan mulai meningkat signifikan per tanggal 5 Januari 2022 hingga beberapa minggu ke depan. Setidaknya sampai minggu ketiga bulan Januari 2022.

"Langkah antisipasi harus direncanakan sedemikian rupa, termasuk keputusan menunda segala bentuk perjalanan yang tidak mendesak dan terencana, terlebih lagi dalam jumlah besar," terang Wiku.

"Karena akan memberikan risiko terhadap keberhasilan pengendalian COVID-19 pasca libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru)."

Salah satu upaya upaya menekan peluang importasi kasus COVID-19, terutama varian Omicron, Polri meluncurkan Aplikasi Monitoring Karantina pada 6 Januari 2022 di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.

"Aplikasi ini bentuk kolaborasi lintas sektor untuk memastikan karantina dijalankan secara disiplin dan tidak ada transmisi lokal, khususnya terkait varian Omicron melalui upaya penyatuan data menjadi satu sistem sebagai visi bersama satu data nasional," Wiku Adisasmito menambahkan.


WNA dari 14 Negara Dilarang Masuk RI

Presiden Jokowi, Luhut, hingga Budi Gunadi dalam banyak kesempatan juga meminta agar masyarakat tidak bepergian dulu ke luar negeri mengingat di sana banyak kasus Omicron. Selain itu, Indonesia juga memperketat pintu masuk dengan mengeluarkan aturan menutup pintu masuk sementara terhadap Warga Negara Asing (WNA) dari 14 negara yang terdeteksi laporan kasus transmisi Omicron tinggi.

Ketentuan ini tertuang dalam Surat Edaran (SE) Satgas Penanganan COVID-19 No. 1 Tahun 2022 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Luar Negeri pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

"Surat edaran terbaru ini menegaskan penutupan sementara masuknya WNA yang pernah tinggal atau mengunjungi selama 14 hari di negara atau wilayah kasus Omicron," ujar Wiku melalui pernyataan resmi yang diterima Health Liputan6.com pada Kamis, 6 Januari 2022.

Secara rinci, sesuai surat edaran terbaru yang diteken Ketua Satgas COVID-19 Letjen TNI Suharyanto tertanggal 4 Januari 2022, penutupan sementara ditujukan kepada negara dengan tiga kriteria.

Pertama, yang telah mengkonfirmasi adanya transmisi komunitas varian Omicron, seperti Afrika Selatan, Bostwana, Norwegia, dan Prancis.

Kedua, negara yang secara geografis dekat dengan transmisi varian Omicron, misal Angola, Zambia, Zimbabwe, Malawi, Mozambique, Namibia, Eswatini, Lesotho.

Ketiga, negara dengan jumlah kasus Omicron lebih dari 10.000, yakni Inggris dan Denmark.

Selain surat edaran, ada juga Surat Keputusan Ketua Satgas Penanganan COVID-19 No.2 Tahun 2022 tentang tentang Pintu Masuk (Entry Point), Tempat Karantina dan Kewajiban RT-PCR bagi Warga Negara Indonesia Pelaku Perjalanan Luar Negeri yang juga diterbitkan.

Lewat SK itu maka ada penetapan pintu masuk ke wilayah Negara Kesatuan Repulbik Indonesia bagi WNI pelaku perjalanan luar negeri.

"Jadi, hanya melalui 9 portal, antara lain, Bandara Soekarno Hatta di Banten, Juanda di Jawa Timur, Sam Ratulangi di Sulawesi Utara. Pelabuhan Laut Batam di Kepulauan Riau, Tanjung Pinang di Kepulauan Riau, Nunukan di Kalimantan Utara," tambahnya.

"Selanjutnya, di Pos Lintas Batas Negara Aruk di Kalimantan Barat, Entikong di Kalimantan Barat, dan Motaain di Nusa Tenggara Timur."


Pakar Epidemiologi: Perkuat Deteksi Dini Kasus di Komunitas

Pakar epidemiologi dari Griffith University Australia Dicky Budiman mengapresiasi kinerja pemerintah dalam mengendalikan Omicron di pintu masuk darat, laut dan udara pada yang baru saja datang dari luar negeri. Para PPLN memang wajib menjalani tes PCR dan karantina guna mencegah penularan di masyarakat.

Menurut Dicky, seharusnya sistem skrining aktif juga dijalankan di komunitas di dalam negeri. Bila hanya terkonsentrasi di pintu masuk sementara pelacakan di dalam negeri tidak diperkuat itu bisa membuat kasus Omicron merajalela.

"Jangankan banyak kasus, satu kasus lokal saja kita lemah dalam mendeteksi dini, ini bisa membuat virus Omicron leluasa bersirkulasi," kata Dicky dalam pesan suara kepada Health-Liputan6.com.

"Kalau sudah transmisi lokal sulit sekali diredam seperti varian Omicron ini," lanjutnya.

Dicky juga mengingatkan kepada masyarakat bahwa Omicron bukanlah varian ringan. Setiap varian dari COVID-19 bisa memiliki potensi terhadap sakit berat, badai sitokin bahkan kematian.

"Sejak awal saya sudah katakan Omicron jelas tidak ringan. Baru-baru ini di Australia ada atlet 23 tahun sudah divaksinasi, tidak punya komorbid tapi meninggal karena Omicron," kata Dicky.

Ia mengatakan kondisi rawan di Indonesia kemungkinan bisa terjadi sekitar Februari dan Maret 2022. Pada saat itu banyak penduduk yang sudah mulai menurun antibodi terhadap virus SARS-CoV-2 baik yang didapat dari vaksinasi dan maupun terpapar langsung COVID-19 sebelumnya.

"Di situ Omicron dan Delta bisa menimbulkan risiko bila tidak dimitigasi dari sekarang," tandasnya.

Bila upaya pencegahan bisa dilakukan dari sekarang, semoga saja Indonesia tidak mengalami masa krisis seperti India.

Salah satu negara Asia yang terdampak Omicron adalah India. Negara ini mencatat kenaikan kasus COVID-19 tercepat dengan peningkatan infeksi meningkat hingga enam kali lipat dalam sepekan terakhir. Hal ini dipicu oleh penyebaran varian Omicron yang semakin cepat di negara tersebut.

Dalam seminggu India melaporkan lebih dari 780 ribu kasus COVID-19. Selain itu, angka kematian juga meningkat selama seminggu, dari 495 kasus kematian pada minggu lalu kemudian naik menjadi 761.

Wilayah di India yang mencatat kasus COVID-19 tertinggi adalah Maharashtra. Setelah itu, Bengal juga mencatat jumlah kasus tertinggi kedua, hampir enam kali lebih banyak dari minggu sebelumnya.

Tak hanya itu, New Delhi juga mencatat kenaikan kasus hingga sembilan kali lipat.