Volume 185

Crazy Rich Bandung Dulunya Tukang Parkir

Doni Salmanan, Crazy Rich Asal Bandung yang Pernah Jadi Tukang Parkir

Liputan6.com 2022-01-08 19:03:00
Doni Salmanan, Crazy Rich asal Bandung yang sedang viral (Dok. YouTube/Doni Salmanan/Komarudin)

Doni Salmanan membagikan cerita tentang dirinya. YouTuber sukses asal Bandung, Jawa Barat ini mengungkapkan jika dirinya lahir pada Oktober 1998.

"Sebelum mengenal trading, saya sempat melamar di berbagai pabrik di daerah Katapang. Di sana banyak sekali pabrik dan saya pernah melamar ke pabrik," ungkap Doni Salmanan seperti dilansir dalam kanal YouTube-nya, Sabtu (8/1/2022).

Untuk melamar di pabrik-pabrik itu, Doni hanya bermodalkan ijazah SD. Ia tidak punya ijazah SMP atau SMA.

Doni menceritakan mengapa ia tidak diterima di pabrik-pabrik di sana. Karena mereka umumnya memilih karyawan yang ijazahnya SMA, sementara Doni hanya memiliki ijazah SD.

"Minimal ijazahnya SMP, tapi gajinya di bawah UMR, sedangkan SMA gajinya UMR. Gaji Rp2,8 juta saat itu sangat besar, tapi saya nggak diterma," ungkap Doni.

Doni Salmanan sempat menyesal mengapa ia tidak melanjutkan sekolah. Karena ia baru terasa susahnya mencari kerja. "Saya lalu jadi tukang parkir," kata Doni.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Belajar dari Internet

Namun keinginan Doni Salmanan kala masih menjadi tukang parkir untuk sukses sangat kuat. Ia pun sering menyisihkan uang untuk ke Warung Internet (Warnet). Di Warnet Doni mulai belajar berbagai hal, dan mencari berbagai peluang untuk menjadikannya sukses.

"Awalnya sempat mencoba Bitcoin, dengan modal seadanya, namun kurang berhasil, akhirnya saya tertarik dengan dunia trading, dan di situ saya pelajari seputar instrumen trading seperti Cryptocurrency, Saham, Forex, dan lainnya," ujar Doni seperti dikutip dari laman Liputan6.com.

Akhirnya pada tahun 2018 setelah ia merasa mulai memahami trading, ia pun memberanikan diri untuk meminjam uang kepada rentenir untuk menjadi modal trading sebesar Rp500.000.

Modal itu digunakan untuk membuka rekening bank, dan sisanya ditukarkan sebanyak 20 dolr Amerika. Satu bulan kemudian modal tersebut berhasil berkembang menjadi 2000 dollar, dan hingga menjadi seperti sekarang.


Mobil Mewah

Ia pun berpesan pada anak muda yang ingin mencoba trading seperti dirinya, untuk mempelajari dan mencobanya sendiri. "Jangan menitipkan modal kepada perorangan ataupun lembaga yang tidak terpercaya, karena hal tersebut merugikan dan juga tidak menjadikan kita semakin pintar dalam dunia trading," kata dia.

Intinya, kata Doni, jangan pernah menyerah untuk mencoba, dan jangan mencoba untuk menyerah, teruslah belajar selama itu baik, dan jangan pernah bosan, karena balajar adalah investasi terbesar dalam hidupmu," tutupnya.


Infografis Bisnis Game di Indonesia

 

Gading-Gisel Liburan Bareng

Gading Marten Cerita Keseruan Liburan Bersama Gisel dan Gempi di Bali

Liputan6.com 2022-01-09 08:30:00
Momen Gading Marten dan Gisel Rayakan Natal Bersama. (Sumber: Instagram/gadiiing)

Gading Marten, Gisel dan anak mereka, Gempita Nora Marten sempat menghabiskan libur tahun baru bersama di Bali.

Dalam sebuah kesempatan, Gading Marten pun menceritakan pengalaman liburan akhir tahunnya selama beberapa pekan di Pulau Dewata.

"Merayakan Natal, tahun baru di Bali cukup lama juga saya baru pulang sekarang," kata Gading Marten dikutip dari YouTube Intens Investigasi, Sabtu (8/1/2022),

Peraih Piala Citra 2018 ini bersyukur karena bisa menghabiskan banyak waktu bersama putri tercintanya, Gempi.

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Berkumpul

"Seperti biasa kumpul-kumpul karena kan Bali salah satu tempat favorit Gempi cuma masih ada keterbatasan karena pandemi," ujar Gading Marten.

"Cuma bisa ke beberapa tempat, kita banyak menghabiskan waktu di vila. Sisanya sih kadang ketemu Gisel sama Gempi lagi makan di mana, saya susulin," sambungnya.


Isu Balikan

Sementara itu, Raffi Ahmad sempat menggoda Gading telah balikan dengan mantan istrinya. Terkait ini, sang aktor klarifikasi.

"Enggak (balikan). Gosip. Saya sama Gisel sampai sekarang kan hubungan baik banget. Enggak ada (niat rujuk). Belum. Pokoknya yang kita lakukan berdua hanya untuk Gempi saja," ujar Gading Marten.


Tujuan Hidup Gisel

Sementara itu, Gisel juga merasa nyaman hidup tanpa ada pasangan. "Fokus hidupnya kan buat Tuhan, berbuat baik sama sesama, melayani keluarga di mana pun berada. Dengan atau tanpa pasangan itu mesti jalan," terangnya.

Putri Arab Saudi Akhirnya Bebas

3 Tahun Dipenjara Tanpa Dakwaan Jelas, Putri Arab Saudi Akhirnya Dibebaskan

Liputan6.com 2022-01-09 11:00:00
Ilustrasi bendera Arab Saudi (AFP Photo)

Seorang putri kerajaan Arab Saudi dan anak perempuannya telah dibebaskan dari penjara keamanan tinggi setelah ditahan selama hampir tiga tahun tanpa tuduhan, kata para pegiat HAM.

Putri Basma binti Saud ditahan pada Maret 2019 saat ia bersiap terbang ke Swiss untuk perawatan medis.

Tidak diketahui mengapa dia ditahan, dan baik dia maupun putrinya Suhoud tidak didakwa dengan kejahatan apa pun.

Beberapa berspekulasi itu mungkin terkait dengan advokasinya tentang isu-isu kemanusiaan dan reformasi konstitusi, demikian seperti dikutip dari BBC, Minggu (9/1/2022).

Keluarganya mengatakan kepada PBB dalam sebuah pernyataan tertulis pada tahun 2020 bahwa kemungkinan besar karena "catatannya sebagai kritikus" yang blak-blakan menjadi alasan penahanannya, kantor berita AFP melaporkan.

Pendukung lain menyarankan itu adalah hubungan dekatnya dengan mantan putra mahkota Mohammed bin Nayef, yang dilaporkan telah ditempatkan di bawah tahanan rumah.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Permohonan Amnesti Ditolak pada 2021

Putri Basma, 57, meminta Raja Saudi Salman dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman untuk membebaskannya April lalu, mengatakan dia tidak melakukan kesalahan dan bahwa kesehatannya memburuk.

Tidak diketahui perlakuan apa yang dia cari di luar negeri ketika dia ditahan pada 2019.

Mengumumkan pembebasannya di Twitter, ALQST untuk Hak Asasi Manusia mengatakan dia telah "ditolak perawatan medis yang dia butuhkan untuk kondisi yang berpotensi mengancam jiwa" selama waktunya di penjara Al-Ha'ir, di pinggiran ibukota.

Kelompok hak asasi Saudi menambahkan. "Selama penahanannya, tak ada tuduhan apa pun dilontarkan terhadapnya."

Putri Basma adalah putri bungsu Raja Saud, yang memerintah Arab Saudi antara tahun 1953 dan 1964.


Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah COVID-19

 

Rumah Gala Sky Disita Negara?

Rumah Donasi Gala Sky Andriansyah Terancam Disita Negara

Liputan6.com 2022-01-08 07:00:00
Keluarga H. Faisal baru saja menggelar acara pengajian rumah baru Gala Sky. (Sumber: YouTube/MARISSYA - ICHA)

H. Faisal ayah mendiang Bibi Andriansyah, telah membelikan rumah untuk Gala Sky Andriansyah, hasil donasi yang dikumpulkan oleh Marissya Icha. Rumah tersebut dibeli tak jauh dari kediaman mendiang Vanessa Angel dan Bibi Andriansyah semasa hidup.

Namun sayangnya rumah donasi seharga kurang lebih Rp 2,8 miliar, terancam disita oleh negara. Hal itu buntut dari pengaduan Doddy Sudrajat, yang tak senang dengan rumah tersebut.

"Kalau di Undang Undang, hasil Pengumpulan uang atau Barang (PUB) tanpa izin bisa disita negara," kata Kasubdit Pemantauan Kemensos, Sutisna Dayat dikutip dari kanal YouTube CumiCumi, Jumat (7/1/2022).

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Pemeriksaan

Untuk mengetahui apakah ada unsur pelanggaran atau tidak dalam donasi tersebut, pihak Kemensos akan meminta keterangan Marissya Icha sebagai penggagasnya.

"Sudah melayangkan undangan untuk klarifikasi. Kami melakukan asas praduga tidak bersalah," ujarnya.


Bukti

Saat pemeriksaan, pihak Kemensos akan meminta bukti-bukti lengkap terkait penggalangan donasi tersebut. Menurut Sutisna, dengan melakukan pemanggilan kepada Marissya Icha, sebenarnya sudah termasuk dalam sanksi.

"Selanjutnya bagaimana? Ya kami lihat yang bersangkutan menyampaikan klarifikasi. Kami minta laporan, apa saja alatnya, mana buktinya," ujar Sutisna.


Marissya Icha

Sebagai penggagas donasi rumah untuk Gala Sky Andriansyah, Marissya Icha siap memenuhi panggilan Kemensos pada 11 Januari 2021 mendatang.

"Kami sudah terima panggilanya dan klien saya posisi lagi di Bali," ujar Ahmad Ramzy selaku kuasa hukum Marissya Icha ditemui ditempat terpisah.

Pemain Indonesia di Liga Italia

Pemain Indonesia Shalika Aurelia Direkrut Klub Liga Italia

Liputan6.com 2022-01-08 22:32:49
Pemain Indonesia Shalika Aurelia Direkrut Klub Liga Italia (Instagram)

Kabar mengembirakan datang dari pesepakbola wanita Indonesia Shalika Aurelia. Dara 19 tahun itu resmi direkrut oleh klub sepak bola Italia, Roma.

Shalika akan bermain untuk tim wanita Roma atau yang dikenal Roma Calcio Femminile. Saat ini Roma bermain di Serie B.

Kepastian Shalika direkrut Roma dikonfirmasi sang pemain di akun Instagram miliknya pada Sabtu (8/1/2022). Dia memejeng foto jersey Roma Wanita.

"Langkah pertama di eropa. Bangga untuk mulai bermain di club ini diSERIE B Italy," tulis Shalika pada caption foto tersebut.

Kabar gembira ini langsung disambut oleh beberapa insan sepak bola Indonesia seperti Arthur Irawan. Ketum PSSI Mochamad Iriawan juga memberikan ucapan selamat.


Andalan Timnas Indonesia

"Patent," kata Iriawan alias Iwan Bule sembari memberikan emoji jempol.

Shalika merupakan pesepakbola wanita Indonesia yang sudah terjun membela timnas di berbagai level usia. Dia juga sudah masuk timnas senior walau baru 19 tahun.


Klasemen Liga 1

Memukau di Usia 40

Rayakan Ulang Tahun ke 40, Kate Middleton Rilis 3 Foto Terbaru yang Memukau

Liputan6.com 2022-01-09 12:39:22
Foto: Kensington Palace

Hari ini, Minggu (9/1/2022), Kate Middleton merayakan ulang tahunnya yang ke 40. Dalam rangka memperingatinya, Istana Kensington pun merilis tiga foto terbaru istri Pangeran William tersebut.

Melansir People, foto-foto yang rilis pada sehari sebelum hari kelahiran Kate ini diambil pada bulan November di Kew Gardens London oleh seorang fotografer bernama Paolo Roversi.

Pada foto pertama, Kate menampilkan nuansa vintage dalam balutan gaun putih yang tampak sederhana namun begitu elegan. Lengkap dengan rambutnya yang panjang tergerai.

Foto yang diambil dari sisi samping The Duchess of Cambridge tersebut juga menunjukkan anting berlian dan mutiara yang dikabarkan milik Putri Diana. Cincin pertunangan yang juga milik mendiang ibu mertuanya juga digunakan oleh Kate dalam foto itu.

Foto kedua tampil berbeda, sisi glamor dengan gaun satin berwarna merah cerah dengan senyum yang merona kini terpancar. Dalam foto ini, Kate menggunakan anting berlian dari koleksi Ratu Elizabeth.

Sedangkan foto ketiga yang diambil dengan lebih dekat, Kate terlihat lebih manis dan apa adanya dengan senyuman lebar yang menghiasi. Foto satu ini juga dibalut dengan nuansa hitam putih.


Dipajang di tempat bersejarah

Ketiga foto tersebut nantinya akan dipajang sebagai koleksi permanen dalam National Portrait Gallery. Galeri tersebut dikabarkan akan kembali buka pada 2023 mendatang.

Tak hanya itu, ketiga foto terbaru Kate juga akan ditampilkan di tiga tempat berbeda yang berarti untuknya yakni Berkshite, St. Andrews, dan Anglesey pada tahun ini.

Dahulu, Kate dibesarkan di Berkshite bersama orangtuanya. Sedangkan St. Andrews sendiri menjadi tempat bersejarah bertemunya Kate dan suaminya, Pangeran William.

Sedangkan Anglesey sendiri merupakan tempat dimana pasangan The Duke and Duchess of Cambridge tersebut tinggal setelah pernikahan pada tahun 2011 lalu.


Infografis

 

Tips Sukses ala Sule

Sule Ungkap Tips Hingga Bisa Sukses Seperti Sekarang

Liputan6.com 2022-01-09 13:00:00
Sule dan Nathalie Holscher (Instagram/nathalieholscher)

Komedian Sule menceritakan perjalanan karirnya hingga bisa sampai saat ini. Diakui oleh suami Nathalie Holscher, dirinya termasuk orang yang mengawali karir dengan tidak mudah.

Awalnya, komedian asal Cimahi, Jawa Barat, itu nekat meninggalkan keluarganya untuk merantau ke Jakarta. Meskipun, masa depannya belum bisa dipastikan.

"Gue nekat ninggalin keluarga, datang ke Jakarta. Itu setelah audisi, gue juara. Cuma gue nggak tahu ke depannya gimana. Gue nekat ke Jakarta itu bukan cari job tapi gua silaturahmi sama pelawak-pelawak, almarhum Pak Haji Jojon, Kang Rudi Sipit, Dicky Chandra dan yang lain-lain," ujar Sule dalam kanal Youtube Marcel Radhival berjudul 'BONGKAR HABIS !! Rahasia Penglaris Kang Sule'.


Bawa Uang

Ayah Rizky Febian itu mengaku bahwa uang yang dimilikinya saat itu pun tidak banyak.

"Gue di rekening engga sampe Rp2-3 juta tapi tetap nekat. Gua nyimpen di mantan bini gua yang dulu disimpen uanglah buat dia usaha, akhir dia usaha jual beli voucher pulsa dulu tuh," katanya.

Maka dari itu, dia percaya bahwa doa dan usahalah yang bisa membuatnya bertahan berkarir di industri hiburan hingga saat ini. Ketika ditanya perihal memakai penglaris, ia kembali menegaskan bahwa pemain 'Hongkong Kasarung' itu mengandalkan usaha untuk mempertahankan karirnya.

"Usaha dalam menggali skill dan kemampuan kan, itu salah satu usaha," sambungnya.


Berbakti pada orangtua

Di samping itu, Sule juga mengaku berbakti pada orangtua juga menjadi salah satu kunci utama kesuksesan karirnya. Apalagi, dia telah menjadi tulang punggung keluarga sejak kecil.

"Gue dari kecil sudah membantu orangtua. Ketika bokap gue sakit, selama 3 tahun nggak bisa dagang, gue yang nerusin. Gue yang ngurusin ke pasar dan lain-lain. Itu SMP loh gue," ujar Sule.


Pengalaman

Berbekal pengalamannya, Sule percaya bahwa 'penglaris' yang sesungguhnya adalah berbakti pada orangtua dan percaya dengan Tuhan. Sedangkan, menggunakan jasa dukun justru merupakan usaha yang sia-sia.

"Wah, celaka lah kalau percaya sama dukun-dukun palsu. Tetap harus ke Tuhan. Malah keluar duit dan berantakan hidupnya. Ketika dapat masalah larinya ke Tuhan atau ke ibu. Nanti disampaikan (sama ibu) ke Tuhan," tuturnya.

Perintah Tembak Mati

Kazakhstan Rilis Perintah Tembak Mati untuk Atasi Kerusuhan, KBRI Minta WNI Waspada

Liputan6.com 2022-01-09 13:52:47
Polisi anti huru hara berjalan untuk menghadang demonstran selama protes di Almaty, Kazakhstan, Rabu (5/2/2022). Demonstran yang mencela kenaikan harga gas cair bentrok dengan polisi di kota

Kazakhstan tengah dilanda kericuhan. Duta Besar Republik Untuk Kazakhstan dan Tajikistan Muhammad Fadjroel Rahman pada Sabtu 8 Januari 2022 mengeluarkan imbauan untuk WNI di negara tersebut.

Dalam imbauannya, ia memastikan bahwa 141 warga negara Indonesia yang ada di Kazakhstan dan tiga lainnya di Tajikistan berada dalam kondisi "sehat dan aman."

"Kami menjamin dan memberitahukan pada keluarga di Indonesia bahwa keadaan mereka sehat, aman; dan KBRI setia melayani mereka dalam masa state of emergency ini," ujar Fadjroel dalam pesan video yang diterima VOA ketika mengontaknya terkait meluasnya kerusuhan yang berawal dari demonstrasi memprotes kenaikan harga BBM seperti dikutip dari VOA Indonesia, Minggu (9/1/2022).

Meskipun demikian, KBRI, tegas Fadjroel, meminta agar seluruh WNI "selalu waspada dan hati-hati, menjauhi kerumunan massa, tidak keluar rumah jika tidak perlu benar atau ada keperluan penting, mematuhi aturan yang dikeluarkan pemerintah setempat, menjaga ketertiban dan tidak ikut dalam aksi massa."

Protes Kenaikan Harga BBM Bergulir Jadi Aksi Kekerasan

Pernyataan ini dikeluarkan KBRI di Kazakhstan setelah kerusuhan meluas di negara itu sepekan terakhir ini. Presiden Kazakhstan Kassym-Jomart Tokayev pada Jumat 7 Januari bahkan mengeluarkan perintah tembak di tempat guna mengatasi aksi kekerasan yang dilakukan sebagian demonstran.

Dalam pidato yang disiarkan televisi secara nasional itu, Tokayev mengatakan "teroris telah secara terus menerus merusak properti negara dan pribadi, dan menggunakan senjata terhadap warga sipil. Saya telah memberikan perintah kepada para penegak hukum untuk menembak mati tanpa peringatan."

Tokayev menolak seruan internasional agar pemerintahnya berunding dengan para pengunjukrasa. Ia mengklaim, tanpa bukti, bahwa mereka dilatih dan diorganisir oleh entitas asing yang tidak disebutkan namanya.

Tokayev menyebut para pengunjuk rasa sebagai bandit dan teroris yang harus dimusnahkan, dan berjanji akan segera melakukan hal itu.

Ia juga menyampaikan rasa terima kasih kepada Presiden Rusia Vladimir Putin karena telah mengirim pasukan -- atas perintah Tokayev -- untuk membantu menindak para pengunjukrasa.

Sementara itu pihak berwenang Kazakhstan telah menangkap Karim Massimov, mantan kepala komite keamanan nasional yang dipecat awal pekan ini, setelah meluasnya aksi demonstrasi memprotes kenaikan harga BBM, yang kemudian bergulir menjadi aksi kekerasan. Ia ditahan karena diduga melakukan pengkhianatan tingkat tinggi.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


AS Sangat Prihatin

Menteri Luar Negeri Amerika Antony Blinken mengatakan Amerika "sangat prihatin" dengan keadaan darurat di Kazakhstan. "Kami mengamati dengan seksama situasi itu dengan keprihatinan nyata, dan kami mendorong semua pihak untuk menemukan resolusi damai," ujarnya.

Departemen Luar Negeri Amerika pada Jumat (7/1) menyetujui "keberangkatan sukarela" pegawai pemerintah Amerika yang tidak esensial dan keluarga mereka dari kantor konsulat Amerika di Almaty, kota terbesar di Kazakhstan.

Penasehat Departemen Luar Negeri juga memperingatkan bahwa situasi di Kazakhstan dapat mempengaruhi kapabilitas Kedutaan Besar Amerika di Kazakhstan untuk memberikan bantuan kepada warga Amerika yang ingin meninggalkan negara di Asia Tengah itu.

Laporan dari Almaty mengatakan meskipun letusan senjata secara sporadis masih terdengar pada Jumat (7/1) pagi, kerusuhan mulai berkurang.

Demonstrasi memprotes kenaikan harga BBM yang berawal pekan lalu, dengan cepat meluas menjadi aksi kerusuhan yang oleh sebagian pengamat politik dinilai mencerminkan ketidakpuasan di negara itu sejak meraih kemerdekaan dari Uni Soviet tahun 1991.

Kementerian Dalam Negeri Kazakhstan pada Jumat (7/1) melaporkan sedikitnya 26 orang demonstran dan 18 aparat tewas dalam kerusuhan. Lebih dari 3.800 orang telah ditahan. Jumlah ini belum dapat diverifikasi secara independen. [em/ah]


Infografis Perang Global Melawan Corona

 

Rhoma Irama Buka Rahasia

Dengar Lagu Ini, Rhoma Irama Nangis Sampai Merangkak Keluar dari Kamar Mandi

Liputan6.com 2022-01-08 06:30:00
Rhoma Irama aktif di kanal YouTube. (Foto: Dok. YouTube Rhoma Irama Official).

Rhoma Irama buka kartu soal hal-hal pribadi yang selama ini tak diketahui publik. Bintang film Satria Bergitar dan Tabir Biru ini mengaku tipe yang mudah meneteskan air mata.

Ini disampaikannya kala berbincang dengan Irfan Hakim, Ramzi, dan Gilang Dirga dalam podcast Ternyata Hal Ini Yang Bikin Pak Haji Marah, di kanal YouTube Rhoma Irama Official, Jumat (7/1/2022).

Pengakuan ini bermula ketika Irfan Hakim menanyakan, apa yang (biasanya) membuat Sang Raja Dangdut menangis. Rupanya, ayah Ridho Rhoma tak hanya mewek saat hatinya sedih.

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Stok Air Mata

"Saya tuh kalau gembira nangis, ada hal yang sensitif nangis, kadang-kadang lagi salat nangis, lagi ceramah nangis, lagi pidato nangis, lagi ada kebahagiaan nangis," ujar pelantun "Begadang" dan "Judi."

Saking seringnya menangis, Rhoma Irama menduga ia kebanyakan stok air mata. Saat latihan buat manggung misalnya, baru mendengar intro lagu matanya sudah berkaca-kaca duluan.


Gampang Nangis

"Enggak tahu kenapa, saya ini gampang nangis. Apa kebanyakan air mata saya ini? Latihan saja, latihan, kadang-kadang baru intro saja saya sudah nangis. Saya langsung kebelakang," Rhoma Irama mengenang.

Bahkan, mendengar beberapa lagu karyanya sendiri pun, Rhoma Irama bisa menangis. Penyanyi kelahiran Tasikmalaya, 11 Desember 1946 ini mengingat setidaknya ada dua lagu. Pertama, "Sebujur Bangkai."


Sebujur Bangkai

"Tahu enggak lagu 'Sebujur Bangkai'? Itu selama beberapa puluh tahun, saya tidak bisa menyanyikannya. Waktu rekaman lagu 'Sebujur Bangkai,' sampai tiga malam, itu berarti tiga kali," ia membeberkan.

Hari pertama dan kedua gagal rekaman karena menangis. Hari ketiga, Rhoma Irama mencoba menyanyikan lagu itu tanpa perasaan, barulah berhasil. Lagu kedua, "Tabir Kepalsuan," yang notabene bukan tembang religi.


Tabir Kepalsuan

"Tahu enggak lagu 'Tabir Kepalsuan'? Pernah saya di kamar mandi, mau putar lagu itu, kan. Itu bisa gerung-gerungan saya. Padahal itu bukan lagu religi, bukan lagu apa. Tapi pas putar lagu itu nangis," Rhoma Irama bercerita.

"Bukan menangis yang netes air mata, tapi gerung-gerungan. Sampai saya keluar kamar mandi ke tempat tidur itu merangkak. Enggak tahu kenapa," pungkas Rhoma Irama, tak habis pikir.