Volume 189

Foto Selfie Ghozali Laku Rp 13,3 M

Nama Ghozali Everyday Trending Topic karena Jual NFT Foto Selfie Senilai Rp 13,3 Miliar

Liputan6.com 2022-01-13 07:22:58
Akun Ghozali Everyday di OpenSea. Dok: opensea.io

Nama Ghozali trending topic di Twitter lantaran dirinya menjual foto selfie dalam bentuk NFT di e-commerce OpenSea.

Pantauan Tekno Liputan6.com, Kamis (13/1/2021) pagi, ada lebih dari 17 ribu kicauan yang mengaitkan nama Ghozali di Twitter Indonesia.

Sementara di akun OpenSea milik Ghozali dengan nama Ghozali Everyday, volume traded atau volume perdagangan foto selfie-nya sudah bernilai 277 Ethereum atau sekitar Rp 13,3 miliar, pada sekitar pukul 07.00 WIB.

Nilai fantastis itu membuat warganet terkejut dan menyebut Ghozali sebagai pria yang sangat beruntung di tahun ini.

Selain itu, ada pula yang menyebut konsistensi Ghozali Everyday yang sangat luar biasa karena melakukan selfie selama hampir lima tahun.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Jual 933 NFT Foto Selfie

Dari akun OpenSea miliknya, terdapat 933 NFT yang semuanya merupakan foto selfie dirinya.

Sebagai informasi, Ghozali memilih untuk menjual foto selfie-nya selama lima tahun terakhir, dari 2017 hingga 2021, sebagai produk NFT.

"Saya mengambil foto diri saya sejak berusia 18 hingga 22 tahun (2017-2021). Itu benar-benar gambar saya berdiri di depan komputer hari demi hari," tulis Ghozali di akunnya.

Satu foto selfie Ghozali Everyday dihargai dengan harga terendah yaitu 0,13 Ethereum atau sekitar Rp 6 juta hingga hingga 0,7 Ethereum atau sekitar Rp 31 juta.


Apa Itu NFT dan Cara Kerjanya

Lalu apa itu NFT? Dalam penjelasan sederhana, NFT merupakan token digital, tidak dapat dipertukarkan, tapi dapat diperjualbelikan.

Hal ini yang membuat NFT cocok digunakan dalam transaksi karya seni digital oleh konsumen biasa maupun kolektor atau disebut sebagai crypto art yang ditunjang oleh Ethereum sebagai platform pendukungnya.

Dalam hal ini, NFT berfungsi sebagai alat verifikasi karya digital untuk transaksi crypto art. Hal ini yang membuat karya yang diperjualbelikan diperlakukan layaknya karya seni berformat fisik.

NFT mengubah aset digital dan jenis barang koleksi lainnya menjadi satu-satunya, sehingga karya seni tersebut bisa diverifikasi keasliannya dan mudah diperdagangkan melalui blockchain.

Artinya, transaksi jual beli aset digital melalui NFT menggunakan mata uang kripto (cryptocurrency), yang pada akhirnya tetap bisa dikonversi menjadi mata uang konvensional.

Setiap karya seni hanya ada satu NFT dan hal itu ditunjukkan lewat kode identitas unik. Dengan cara kerja seperti itu, NFT bisa difungsikan sebagai penanda orisinalitas dari sebuah karya.


Tak Cuma untuk Karya Seni

Jika dilihat pada fungsinya, NFT bisa memiliki ragam project dan asset. Pada industri gaming, terdapat NFT yang diluncurkan khusus game, seperti Axie Infinity, dan lain-lain.

Sementara untuk hal kepemilikan, NFT bisa menjadi wadah untuk mempertemukan orang-orang dengan minat yang sama di sebuah komunitas.

Nilai plus pada NFT juga bisa terlihat bagaimana aset ini mampu menjadi jembatan teknologi dengan dunia nyata. Sebab, NFT bisa menjadi semakin popular dan bernilai, sehingga bisa semakin cepat diterima oleh masyarakat umum.


INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar

 

Fuji Pernah Jadi Korban Bullying

Fuji Mengaku Pernah Jadi Korban Bullying Sampai Pindah Sekolah

Liputan6.com 2022-01-13 13:30:00
Fuji saat liburan di Bali. (Tangkapan Layar YouTube Fuji an)

Fuji, adik mendiang Bibi Andriansyah nampaknya semakin bersinar kariernya di bidang entertainment. Ia semakin sering tampil mengisi acara baik di televisi maupun di YouTube dan lainnya.

Fuji yang banyak mendapat pujian dan dukungan dari masyarakat, berbanding terbalik dengan adik mendiang Vanessa Angel yaitu Mayang dan Chika yang justru kerap menuai cibiran dan bullying.

Namun siapa sangka, Fuji juga rupanya juga sering menjadi korban bullying semasa sekolah. Hal itu diungkapkannya saat menggelar sesi tanya jawab di kanal YouTube-nya.

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Sampai Pindah Sekolah

Bahkan, karena sering dirundung, Fuji sampai-sampai pindah sekolah. Fuji menduga banyak yang tidak menyukai dirinya karena parasnya yang memang terlihat jutek. Dari situ, apa yang dilakukannya kerap mengundang cibiran teman-temannya.

"Pernah (di-bully waktu SMA), aku sampai pindah sekolah. Karena aku nggak tahu, kayaknya mukaku judes kan terus pada nggak suka sama aku terus pada ganggu-gangguin aku, kayak aku disorakin," ungkap Fuji di video YouTube terbarunya, Selasa (11/1/2022).


Hal Sepele

Bahkan Fuji juga pernah dirundung hanya karena hal sepele, yaitu karena menggerai rambutnya.

"Aku kan selalu iket rambut aku, terus suatu hari aku gerai rambut aku. Itu maksudnya hal biasa ya, aku langsung diteriakin 'Sok cantik banget sih'. Aku cuma 'Hah? Gua cuma gerai rambut lu sirik ama gue ya'. Ya gitu deh namanya juga anak SMA banyak iri-iriannya," sambungnya.

"Terus aku pernah kayak mau dilabrak tapi nggak jadi, aku juga nggak ngerti, labrak, labrak aja ya, emangnya aku peduli tuh," tambahnya.


Tak Menanggapi

Hingga saat ini, Fuji juga mengakui bahwa masih ada saja warganet yang tidak suka dengan dirinya. Hal itu jelas mengusik ketenangannya, namun ia memilih untuk tidak peduli akan hal tersebut.

"Aku kesel banget jujur, tapi ya udah lah, males tau ngadepin orang-orang kayak gitu. Capek, capek batin," ujarnya.

Gaya Jokowi di Atas Kawasaki

Gaya Jokowi Kendarai Kawasaki W175 untuk Tinjau Fasilitas MotoGP Mandalika

Liputan6.com 2022-01-13 10:30:41
Presiden Jokowi mengendarai motor Kawasaki W175 untuk menjajal Jalan Bypass Bandara Internasional Lombok (BIL)-Mandalika, Kamis (13/1/2022). (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengendarai motor Kawasaki W175 untuk menjajal Jalan Bypass Bandara Internasional Lombok (BIL)-Mandalika di Nusa Tenggara Barat (NTB), Kamis (13/1/2022). Jokowi juga tampil beda dengan memakai jaket edisi terbatas dengan tema G20 Indonesia.

Berdasarkan siaran pers Sekretariat Presiden, Jokowi bersama Ibu Negara Iriana tiba di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid Kabupaten Lombok Tengah pukul 09.50 Wita. Adapun bandara tersebut nantinya akan digunakan oleh para peserta dan penonton MotoGP Mandalika 2022.

Dari foto yang dibagikan, Jokowi tidak memakai kemeja putih yang kerap dipakainya saat melakukan kunjungan kerja. Jaket yang dipakai Jokowi didominasi warna hitam dan hijau tua dan bertuliskan 'G20 Indonesia 2022'

Jokowi juga mengendarai sepeda motor jenis Kawasaki W175 custom berwarna hijau metalik usai meninjau fasilitas Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid. Dia akan menjajal Jalan Bypass BIL-Mandalika dan meninjau kesiapan beberapa infrastruktur perhelatan MotoGP 2022.

Jokowi ditemani sejumlah menteri saat melakukan peninjauan di bandara. Mulai dari, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, dan Komandan Lapangan MotoGP Mandalika 2022 Hadi Tjahjanto.


MotoGP Mandalika Digelar Maret 2022

Berdasarkan kalender MotoGP, pelaksanaan Grand Prix Indonesia di Sirkuit Mandalika akan berlangsung pada Maret 2022. Sementara itu, pada Februari dijadwalkan tes resmi MotoGP di sirkuit tersebut.

Jokowi telah meresmikan Sirkuit Mandalika di KEK Mandalika Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat 12 November 2021. Jokowi menyampaikan sirkuit dengan panjang 4,3 kilometer itu kini siap menggelar ajang-ajang kelas dunia.

"Sirkuit Mandalika dengan panjang sirkuit 4,3 kilometer, dengan teknologi aspal terbaru, stone mastic asphalt (SMA), juga telah selesai dibangun dan siap untuk digunakan. Semuanya siap digunakan untuk mendukung penyelenggaraan event-event kelas dunia di Kawasan Mandalika," kata Jokowi dikutip dari siaran pers, Jumat 12 November 2022.

Jurnalis Jadi Figur Boneka Barbie

Sosok Ida B. Wells, Jurnalis yang Jadi Figur Boneka Barbie Terbaru

Liputan6.com 2022-01-13 13:02:00
Barbie menghormati sosok jurnalis Ida B. Wells dalam koleksi boneka terbaru mereka. (dok. Instagram @barbie/https://www.instagram.com/p/CYmIFXvLszH/)

Ida B. Wells, jurnalis kulit hitam yang dikenal lewat dedikasinya mengungkap kengerian hukuman mati tanpa pengadilan di Amerika Serikat (AS), dihormati sebagai figur boneka Barbie terbaru. Ia melengkapi serial "Inspiring Women" Barbie, lapor CNN, Rabu, 12 Januari 2022.

Boneka Barbie Wells menampilkan dirinya dalam gaun hitam leher tinggi bergaya 1800-an, dengan rambut ditata bertumpuk. "Ketika anak-anak belajar tentang pahlawan seperti Ida B. Wells, mereka tidak hanya membayangkan masa depan yang lebih baik," tulis Barbie di keterangan unggahan Instagram-nya.

"Mereka (anak-anak) tahu bahwa mereka memiliki kekuatan untuk mewujudkannya," imbuh pihaknya. Boneka itu akan mulai dipasarkan pada 17 Januari mendatang.

Wells lahir dalam perbudakan pada 1862 dan secara aktif terlibat mengungkap rasisme di AS, menulis tentang ras dan politik. Ia memiliki surat kabar The Memphis Free Speech and Headlight, dan merupakan kritikus vokal dari sekolah-sekolah terpisah.

Ia aktif dalam kampanye anti-hukuman mati tanpa pengadilan pada 1892 setelah beberapa rekannya digantung, menurut National Park Service. Ia bahkan mengunjungi Gedung Putih untuk mengadvokasi reformasi.

Ketika berusia 16 tahun, kedua orangtua dan adik laki-lakinya meninggal selama epidemi demam kuning. Jurnalis yang merupakan anak tertua dari delapan bersaudara membesarkan adik-adiknya dan jadi guru untuk menghidupi keluarganya, catat NPR.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Momen Penting dalam Hidup Ida B. Wells

Michelle Duster, penulis, sejarawan publik, dan cicit dari Ida B. Wells, berkata, "Saya merasa terhormat Barbie telah memilih untuk menghormati nenek buyut saya, Ida B. Wells, sebagai bagian dari seri 'Inspiring Women.'"

"Nenek buyut saya adalah seorang perintis, yang dengan berani mengikuti keyakinannya dan menantang status quo dengan memperjuangkan hak-hak sipil dan hak pilih perempuan. Ini adalah kesempatan luar biasa untuk menyinari kebenarannya dan warisan abadi untuk memberdayakan generasi baru untuk berbicara tentang apa yang mereka yakini," imbuhnya.

Momen penting dalam kehidupan Wells datang pada 1883 ketika ia bepergian dengan kereta api dari Memphis ke Woodstock, Tennesse, tempat ia menjadi guru. Ketika menolak untuk menyerahkan kursinya dan naik mobil terpisah, ia dipindahkan secara paksa.

Wells kemudian menggugat Chesapeake, Ohio, dan Southwest Railroad Co. Pengadilan setempat memenangkannya, tapi keputusan itu akhirnya dibatalkan di pengadilan federal.


Boneka Barbie Anne Avantie

Desember lalu, desainer Anne Avantie terpilih jadi orang Indonesia pertama yang dibuatkan boneka Barbie oleh Mattel Amerika Serikat. Perancang mode asal Semarang itu menerima langsung boneka yang dibuat sebagai bentuk penghargaan bagi sosok inspiratif.

Boneka itu tampak menyerupai gaya rambut Anne yang selalu dikonde, lengkap dengan bunga kamboja dijepit di sisi kanan rambutnya. Wajahnya pun dirias serupa dengan gaya keseharian perempuan yang juga akrab disapa Bunda Anne ini.

Boneka didandani dengan kebaya brokat hitam berpadu celana berwarna senada. Tersampir selendang batik di bahunya. Tak lupa kalung salib yang menjuntai hingga ke bagian atas perut, juga ditiru Barbie untuk menggambarkan sosok Anne.

"Ini selendangnya motif (batik) Pekalongan. Salut, Mattel di Amerika bisa menyerupai selendang Pekalongan ini, sangat mirip," ujar Anne.


Infografis Fakta-Fakta Menarik tentang Fashion

 

Jadi Asisten Pelatih di Italia

Wow, Kurniawan Dwi Yulianto Bakal Jadi Asisten Pelatih Klub Italia Como

Liputan6.com 2022-01-13 12:55:35
Staf pelatih Indonesia, Kurniawan Dwi Yulianto, saat sesi latihan di Stadion Wibawa Mukti, Jawa Barat, Jumat (02/11/2018). Latihan tersebut dalam rangka persiapan jelang laga Piala AFF 2018.

Mantan striker timnas Indonesia, Kurniawan DwiYulianto kembali ke Italia. Jebolan timnas Primavera yang pernah menimba ilmu di Negeri Piza itu bakal bergabung dengan tim Serie B, Como 1907.

Dalam wawancara dengan channel Youtube, Akurasi TV, Kurniawan mengaku bakal menempati posisi sebagai asisten pelatih Como 1907. Pria yang akrab disapa Si Kurus itu pun menjadi orang Indonesia pertama yang menjadi bagian dari tim kepelatihan klub di level profesional sepak bola Italia.

Dalam wawancara dengan Akurasi TV, Kurniawan bercerita tidak segera menerima tawaran dari Como. Sebab saat kesempatan pertama datang, dia masih menangani klub Malaysia, Sabah FA.

"Enggak kebayang (jadi asisten pelatih Como), enggak punya mimpi juga. Tahun lalu saat mereka promosi ke Serie B, saya dihubungi Pak Mirwan (Suwarso, Como)," ujar Kurniawan.

"Dia ingin ada pelatih asal Indonesia untuk jadi asisten. Tapi saat itu saya masih ada kontrak dengan Sabah. Ya alhamdulillah, mungkin sudah jalannya. Saat saya komunikasi lagi, mereka masih memberikan kesempatan," ujar pemain Kurniawan menambahkan.

Como 1907 seperti diketahui berlaga di Liga Italia Serie B. Saat ini, tim yang bermarkas di Lombardy itu berada di urutan ke-11 dengan 25 poin. Como merupakan tim promosi usai menjuarai Seire C musim lalu. Saat ini, tim utama Como 1907 ditangani pelatih asal Italia, Gatusso Giacomo.


Milik Orang Kaya Indonesia

Dua tahun lalu, dua orang terkaya di Indonesia, Bambang Hartono dan Robert Budi Hartono membeli klub ini dengan harga murah. Mereka membeli Como FC dengan nama Sent Entertainment Ltd.

Sent Entertainment Ltd, yang berdomisili di Inggris, dikendalikan oleh Bambang Hatono dan Robert Budi Hartono. Mereka merupakan bos perusahaan rokok kretek di Indonesia, Djarum, kekayaannya mencapai Rp 461 triliun.

Mirawan Suwarso, perwakilan Mola TV yang juga bagian dari salah satu usaha milik Djarum, dalam jumpa pers 2 tahun lalu membenarkan Como saat itu dalam status bermasalah hingga dinyatakan sebagai klub bangkrut di Italia. Karena itu, harganya juga murah, tidak sampai Rp 5 Miliar.

Menurut Mirawan, saat dibeli, klub dikeliling mafia, pengaturan skor hingga banyak tunggakan, termasuk listrik dan air. (Simak berita selengkapnya tentangan pembelian Como di tautan ini).


Menunggi Izin Kerja

Sementara itu, kepada Akurasi TV, Kurniawan mengaku belum bisa segera bergabung dengan tim Como. Dia masih menunggu work permit atau izin kerja terlebih dahulu.

"Work permit di Italia lagi enggak ngeluarin, jadi saya masih menunggu. Karena Como satu (program) sama Garuda Select. Jadi sekarang saya lagi tunggu Visa di UK (Inggris) untuk diperbantukan dulu di sana," kata Kurniawan.

Hal ini dibenarkan Kurniawan saat dihubungi Liputan6.com. Dia mengaku masih menunggu visa.

Garuda Select memang program pembibitan pemain usia muda asal Indonesia yang menimba ilmu sepak bola di Inggris.


Profil Kurniawan

Kurniawan Dwi Yulianto tentu bukan nama asing bagi sepak bola Indonesia. Pria kelahiran Magelang ini merupakan salah satu striker terbaik yang pernah dimiliki Indonesia. Namanya melejit melalui program pembinaan usia muda Timnas PSSI Primavera tahun 1993. Bersama beberapa pemain lainnya, Kurnaiwan bahkan pernah dipercaya menjadi bagian dari tim Sampdoria Primavera tahun 1994.

Selanjutnya dia bergabung dengan klub yang bermain di Liga Swiss, FC Luzern selama setahun.

Sepulang dari luar negeri, Kurniawan bermain di sejumlah klub besar di Indonesia. Mulai dari Pelita Bakrie, PSM Makassar, Persebaya Surabaya, hingga Persija Jakarta. Di era keemasannya, Kurniawan juga menjadi andalan timnas Indonesia di berbagai kompetisi, termasuk Piala AFF atau Piala Tiger.


Sebutan si Kurus

Sepanjang kariernya sebagai pesepak bola, Kurniawan mendapat julukan Si Kurus oleh pencinta sepak bola Indonesia. Julukan itu didapat Kurniawan sejak berlaga di Piala Tiger 1996.

Julukan yang diberikan kepada Kurniawan ini sama dengan julukan yang diberikan legenda Timnas Indonesia, mediang Ronny Pattinasarany. Alasan di balik pemberian julukan itu juga tak jauh-jauh dari fisik.

Baik Ronny ataupun Kurniawan sama-sama memiliki perawakan kurus. Perawakan ini membuat Kurniawan bermain cukup lincah sebagai striker.


Jadi Pelatih

Setelah pensiun sebagai pemain, Kurniawan melanjutkan kariernya sebagai pelatih. Hingga saat ini, Kurniawan tercatat pernah menjabat sebagai asisten pelatih timnas Indonesia senior dan U-23.

Sebelum bergabung ke Como 1907, Kurniawan juga sempat menangani tim Malaysia, Sabah FA.

Megan Fox Dilamar

Megan Fox Dilamar Machine Gun Kelly di Bawah Pohon Beringin, Cincinnya Tak Biasa

Liputan6.com 2022-01-13 13:20:00
Megan Fox dan Machine Gun Kelly. (AP Photo/Chris Pizzello, File)

Dalam waktu 1,5 tahun, Megan Fox akhirnya mantap melangkah ke jenjang yang lebih serius bersama sang kekasih, Machine Gun Kelly.

Dalam unggahan di akun Instagram hari ini, Kamis (13/1/2022), bintang Transformers itu mengungkap bahwa ia telah dilamar sang kekasih.

Ia memperlihatkan detik-detik saat pria bernama asli Colson Baker tersebut berlutut di depannya.

Wanita ini menutup mulutnya tanda terkejut, lalu ikut berlutut di depan sang rapper dan menerima cincin pertunangan di jari manisnya. Video 25 detik ini berakhir dengan adegan keduanya berangkulan dan berciuman mesra.

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Beringin Bersejarah

Lamaran ini berlangsung di bawah pohon beringin, yang rupanya punya sejarah dalam perjalanan hubungan mereka.

"Pada Juli 2020, kami duduk di bawah pohon beringin ini. Kami meminta hal magis," tulis Megan Fox di bagian caption.

"Kami tidak tahu rasa sakit yang akan kami hadapi bersama dalam masa yang begitu singkat dan cepat. Kami yang dimabuk cinta, tak sadar beban dan pengorbanan yang dibutuhkan dalam sebuah hubungan. Juga karma," lanjutnya.


Ending-nya Mengejutkan

Namun, kata Megan Fox, selama 1,5 tahun mereka berhasil melalui beragam cobaan. Sang aktris juga mengaku lebih banyak tertawa sejak bersama sang kekasih, yang akhirnya meminangnya.

Unggahan panjang ini kemudian ditutup dengan kalimat manis, sekaligus mengagetkan. "Dan dalam setiap masa hidupku sebelum ini, dan juga setelahnya, aku menjawab ya....lalu kami minum darah satu sama lain," Megan Fox memungkasi.


Zamrud dan Berlian

Sementara itu, Machine Gun Kelly mengunggah foto cincin pertunangan yang melingkar di jari manis sang kekasih. Cincinnya memiliki dua mata yang berukuran cukup besar, satu berlian dan lainnya zamrud.

"Aku tahu tradisinya memang hanya satu cincin, tapi aku mendesainnya dengan Stephen Webster supaya menjadi dua," katanya sebagai caption.

Machine Gun Kelly menyebut berlian melambangkan batu kelahirannya, sementara zamrud hal serupa untuk Megan Fox. Kedua batu ini dipasang dalam dua cincin magnetis yang melekat sabagai satu kesatuan, membentuk hati yang melambangkan cinta mereka, kata pria ini.


Sejak Pertama Bertemu

Dilansir dari E! News, cinta Megan Fox dan Machine Gun Kelly mulai bersemi beberapa bulan sebelum keduanya go public pada Juni 2020. Kala itu keduanya terlibat dalam pembuatan film Midnight in the Switchgrass.

"Trailer kami bersebelahan, jadi aku menunggu di luar trailerku setiap hari demi bisa mendapatkan sekerling kontak mata," kata Machine Gun Kelly, dalam sebuah podcast yang dirilis Juli 2020.

Megan menambahkan, keduanya langsung merasa terikat sejak perjumpaan pertama.

"Detik saat aku berada di ruangan bersamanya, mengucapkan halo dan menatap matanya, aku langsung tahu bahwa dirinya adalah sesuatu yang kusebut api kembar," kata dia.

Sebelum menjalin hubungan dengan Machine Gun Kelly, Megan Fox menikah dengan aktor Brian Austin Green. Keduanya dikaruniai tiga anak, dan masih dalam proses merampungkan perceraian.

Shin Tae Yong Doyan Sate

Shin Tae-yong Doyan Sate dan Sop Buntut Sejak Jadi Pelatih Timnas Indonesia

Liputan6.com 2022-01-13 06:30:06
Reaksi pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong di pinggir lapangan pada pertandingan leg kedua semifinal Piala AFF 2020 melawan Singapura di Singapura Stadium, Sabtu, 25 Desember 2021. (AP Pho

Nama pelatih tim nasional (timnas) Indonesia asal Korea Selatan, Shin Tae-yong makin dikenal luas usai membawa Tim Garuda menjadi finalis Piala AFF 2020 di Singapura. Meski gagal mempersembahkan gelar juara, permainan penuh semangat Asnawi Mangkualam dan teman-temanya tidak menyurutkan kekaguman warga Indonesia terhadap dirinya.

Mantan pelatih timnas Korsel di Piala Dunia 2018 Rusia tersebut jadi sosok populer di Indonesia. Pengikut akun Instagram pria yang akrab disapa STY ini pun semakin bertambah dan sudah mencapai 700 ribu lebih.

Selain urusan sepak bola, banyak yang penasaran dengan sosok STY, termasuk makanan kegemarannya. Sejak didapuk sebagai pelatih timnas Indonesia pada Januari 2020, ia memang lebih sering tinggal di Indonesia dan jarang pulang ke Korea Selatan terutama sejak pandemi Covid-19 melanda dunia.

Ia pun sudah menyukai beberapa makanan khas Indonesia, seperti sop buntut, satai dan nasi goreng. "Nasi goreng dan sate enak," ungkapnya dalam tayangan Podcast di akun Youtube Deddy Corbuzier bertajuk 'Shin Tae-yong-Exclusive d CloseTheDoor-Deddy Corbuzier Podcast' pada Selasa, 11 Januari 2022.

Melalui penerjemah Jeong Seok Seo, ia juga mengatakan menyukai sop buntut. Alasannya, sop buntut khas Indonesia rasanya mirip dan bisa mengobati kerinduannya dengan kuliner negara asalnya bernama galbi tang.

Mendengar itu, Deddy Corbuzier langsung memesankan sate kambing di warung yang tak jauh dari studio podcast miliknya. Shin Tae-yong pun lahap menikmati sate kambing itu saat sudah disajikan.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Tinggal di Bali

Ia bahkan sangat menikmati bagian lemak yang biasa berada di tusukan kedua dalam satu tusuk satai. Selain itu, ia juga menikmati acar bawang merah yang disajikan dalam seporsi sate kambing.

Bicara soal selera makannya, Shin Tae-yong mengaku bahwa dirinya bukan tipikal orang yang suka makan pedas. Kalau ada makanan pedas, ia memilih tidak memakannya.

Selain soal kuliner, STY juga mengaku kerasan tinggal di Indonesia. Seperti kebanyakan warga negara asing lainnya, ia juga menyukai Bali. Saat tidak ada agenda di Jakarta, dia akan berlibur ke Bali, bahkan punya keinginan untuk tinggal di Pulau Dewata tersebut.

"Saya sering sekali ke Bali. Jujur saja saya ingin tinggal di Bali," ucapnya. Pelatih kelahiran 11 Oktober 1970 ini merasa mulai nyaman menetap di Indonesia. Menurutnya, masyarakat Indonesia sangat baik dan ramah-ramah.


Cuaca Panas

Kebaikan itu pun tidak membuatnya kepanasan dengan cuaca di Indonesia. Baginya, cuaca panas adalah hal biasa yang ia juga rasakan di Korea Selatan.

Mengenai keluarganya, STY sebenarnya ingin mengajak mereka ke Indonesia, tapi terhalang pandemi yang membuatnya kesulitan mengurus masalah perizinan. Dia berharap suatu hari nanti dapat tinggal bersama istrinya di Pulau Bali. Sedangkan, kedua anaknya yang sudah beranjak dewasa kemungkinan akan tetap tinggal di Korea karena sudah bekerja di sana.

Dalam waktu dekat, Shin Tae-yong akan berangkat ke Bali untuk mempersiapkan timnas Indonesia menghadapi pertandingan FIFA Matchday melawan Bangladesh pada 24 dan 27 Januari 2022. Kedua pertandingan tersebut bakal dihelat di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali.


Shin Tae-yong Pelatih Baru Timnas Indonesia

 

Kesal Merasa Difitnah

Emosi Dicurigai Pakai Narkoba, Young Lex Merasa Difitnah

Liputan6.com 2022-01-13 12:20:09
Rapper Young Lex saat mengunjungi kantor Liputan6.com di Jakarta, Rabu (6/6). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Young Lex menyentil warganet yang menyeret namanya dalam kasus narkoba artis, yang terbaru, Ardhito Pramono. Keadaan ini sudah sering terjadi.

Young Lex mengunggah tangkapan layar komentar warganet yang menduga dirinya memakai obat terlarang. Pemilik nama asli Samuel Alexander Pieter ini merasa kesal dan tak terima.

"Young Lex itu bukan enggak make narkoba, cuma dia enggak ketahuan aja hahaha," kata pemilik akun (at)sukataredve****.

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Fitnah

Young Lex merasa bahwa komentar tersebut sudah tergolong pada tindakan fitnah.

"Cantik, terlihat seperti anak baik baik banget tapi mulutnya sa****! Kalo saya iseng mau saya ladenin gimana ya? Seolah2 gue make tapi ga ketahuan, gila2 fitnah nya ganas banget ya ga malu ya mbak?" ungkapnya.


Sering Dikaitkan

Pelantun lagu "Nyeselkan" ini kesal lantaran komentar semacam itu bukan hanya satu atau dua kali dialamatkan padanya.

"Ini udah beberapa kali setiap ada yang ketangkep nama gue di bawa2 dengan fitnah dan tuduhan yang sama, AH BELUM AJA SI LEX KE CIDUK," tuturnya jengkel.

"Kalo 1-2 kali ga masalah gue sibuk juga tapi ini udah sering banget!! Dan sekali2 gue kasih respon kali ya??" sambungnya.


Prinsip

Padahal, Young Lex memiliki prinsip untuk tidak mengonsumsi narkoba. Dia bahkan pernah diperiksa polisi dan urine-nya dinyatakan negatif.

"Itu prinsip gue ga akan pake narkoba! Lo tau prinsip ga?" kata dia dalam unggahan sebelumnya.

Pahlawan Pengendus Ranjau

Magawa, Tikus Pahlawan Pendeteksi Ranjau di Kamboja Mati pada Usia 8 Tahun

Liputan6.com 2022-01-13 12:01:58
Seorang pawang memegang seekor tikus pendeteksi ranjau darat di Phnom Penh, Kamboja, pada 27 Agustus 2020. (Xinhua/Phearum)

Tikus pahlawan bernama Magawa dikabarkan mati. Binatang pengerat itu jadi sorotan karena kepiawaiannya sebagai pendeteksi ranjau, bahkan sampai dianugerahi medali emas atas jasanya mendeteksi ranjau di Kamboja.

"Tikus pahlawan pendeteksi ranjau Magawa, yang dianugerahi medali emas atas jasanya mendeteksi ranjau di Kamboja, mati pada usia delapan tahun," kata badan amal Apopo dalam sebuah rilis berita pada Selasa 11 Januari 2022.

Apopo adalah organisasi nirlaba yang melatih tikus berkantung raksasa Afrika untuk menyelamatkan nyawa dengan mendeteksi ranjau darat dan tuberkulosis.

Mengutip Xinhua, Kamis (13/1/2022), selama lima tahun kariernya Magawa menemukan lebih dari 100 ranjau darat dan bahan peledak lainnya, membuatnya menjadi tikus pahlawan paling sukses yang dilatih Apopo hingga saat ini.

"Tikus pahlawan Magawa berpulang dengan damai akhir pekan ini," kata rilis berita itu. "Magawa dalam keadaan sehat dan menghabiskan sebagian besar pekan lalu bermain dengan antusiasme biasanya, tetapi jelang akhir pekan dia mulai melambat, lebih banyak tidur siang dan menunjukkan penurunan nafsu makan di hari-hari terakhirnya."

"Kontribusinya memungkinkan masyarakat di Kamboja untuk hidup, bekerja, dan bermain, tanpa takut kehilangan nyawa atau anggota tubuh," imbuh Apopo.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Pensiun Bulan Juni 2021

Pada September 2020, Magawa dianugerahi medali emas dari badan amal kedokteran hewan Inggris, People's Dispensary for Sick Animals, atas jasanya mendeteksi ranjau darat di Kamboja sebelum dia pensiun pada Juni tahun lalu.

Magawa lahir dan dilatih di Tanzania oleh Apopo untuk mendeteksi aroma bahan kimia eksplosif yang digunakan dalam ranjau darat dan menunjukkannya kepada pawangnya.

Konflik regional dan internal menjadikan Kamboja sebagai salah satu negara terdampak perang yang paling banyak memiliki sisa-sisa ranjau dan bahan peledak. Diperkirakan ada 4 hingga 6 juta ranjau darat dan amunisi lainnya yang tersisa dari konflik yang berlangsung hampir tiga dekade.

Ledakan ranjau darat dan unexploded ordnance (UXO) menewaskan 11 orang dan melukai 33 lainnya di Kamboja pada tahun lalu, kata sebuah laporan pemerintah, seraya menambahkan bahwa dari 1979 hingga 2021, ledakan ranjau darat dan UXO menewaskan sedikitnya 19.808 orang dan membuat 45.156 lainnya terluka atau harus diamputasi.


Infografis Jangan Anggap Remeh Cara Pakai Masker

 

Surat Terkirim Setelah 76 Tahun

Surat Tentara Perang Dunia II Terkirim Setelah 76 Tahun, Isinya Penuh Haru

Liputan6.com 2022-01-13 11:50:43
Surat Tentara Perang Dunia II Terkirim Setelah 76 Tahun, Isinya Penuh Haru (Sumber: Boston 25 News)

Saat belum adanya internet, surat menyurat melalui kantor pos menjadi jalan satu-satunya untuk bertukar informasi dan mendapatkan kabar. Tak heran pengirim dan penerima harus rela menunggu untuk menerima atau mendapatkan balasan. Namun siapa sangka, surat yang dikirimkan bisa saja terkendala dan menghambat pengiriman. Seperti halnya yang dialami pada Sersan Angkatan Darat AS John Gonsalves 76 tahun silam.

Benar saja surat yang dikirimkannya kepada ibunya baru diterima 76 tahun setelahnya. John Gonsalves mengirimkan surat pada masa Perang Dunia II. Tepatnya pada tanggal 6 Desember 1945 saat dirinya bertugas di Jerman. Saat itu surat menjadi perantara satu-satunya dirinya bisa berkomunikasi dengan keluarga.

Namun siapa sangka nasib surat berkata lain, sang pengirim maupun penerima sudah tiada saat surat tersebut dalam proses pengiriman. Pada akhirnya surat tersebut diterima oleh istri Sersan Gonsalves pada akhir tahun 2021.

"Bayangkan itu! Tujuh puluh enam tahun," ujar Istri Sersan Gonsalves, Angelina Gonsalves kepada Boston 25 News.

Momen ini membuat Angelina merasa tidak percaya atas apa yang terjadi pada surat yang dikirimkan suaminya saat Perang Dunia II. Berikut selengkapnya Liputan6.com merangkum kisahnya dari Boston 25 News, (13/1/2022).


Isi Surat Penuh Haru

Surat yang berhasil terkirim menggunakan Jasa Pengiriman Surat Amerika Serikat. Pada tahun 1945 Sersan Gonsalves berusia 22 tahun saat bertugas di Jerman. Surat yang telah diterima istrinya tersebut cukup mengejutkan dan membuat Angela Gonsalves penuh haru. BAgaimana tidak, sang suami telah meninggal pada tahun 2015 silam dan mengingatkan kembali pada keluarganya.

Surat tersebut berbunyi: "Sayang, Bu. Menerima surat lain dari Anda hari ini dan senang mendengar bahwa semuanya baik-baik saja. Untuk diriku sendiri, aku baik-baik saja dan bergaul dengan baik. Tapi sejauh makanan itu cukup buruk sebagian besar waktu. Cinta dan cium, Putramu Johnny. Aku akan segera bertemu denganmu, aku harap."


Kendala Pengiriman

Surat yang dikirimkan Sersan Gonsalves terkendala saat pengiriman. Masih belum dipastikan apa penyebabnya hingga belakangan surat Sersan Gonsalves untuk ibunya tersebut tiba-tiba muncul di pusat layanan surat di Pittsburgh, Amerika Serikat.

Mengetahui kisah dan surat yang dikirimkan, Layanan Pos Amerika Serikat berbela sungkawa atas kepergian Sersan Gonsalves dan Ibunya. Nyonya Gonsalves, yang akan merayakan ulang tahunnya yang ke-90 bulan ini, menggambarkan suaminya sebagai pria baik dan dicintai semua orang. Ia juga berterima kasih telah mengantarkan surat tersebut meskipun setelah 76 tahun lamanya.

Bendungan Terindah di Indonesia

Siap Diresmikan Jokowi, Intip Penampakan Bendungan Terindah di Indonesia

Liputan6.com 2022-01-13 11:45:56
Bendungan Bintang Bano di Desa Bangkat Monteh, Kecamatan Brang Rea, Kabupaten Sumbawa Barat, NTB.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam waktu dekat akan meresmikan Bendungan Bintang Bano di Desa Bangkat Monteh, Kecamatan Brang Rea, Kabupaten Sumbawa Barat, NTB. Bendungan dengan kapasitas tampung 76,2 juta m3 ini dipastikan rampung sejak akhir tahun lalu.

Vice President Operation and Business Development Division, Gagah Guntur Aribowo, menyampaikan Indra Karya berperan sebagai Konsultan Konstruksi Bendungan Bintang Bano. Indra Karya terlibat mulai dari pengerjaan Feasibility Study (FS) atau studi kelayakan ejak 2006, detail desain, kajian AMDAL, sertifikasi desain hingga pekerjaan supervisi konstruksi.

"Kemudian Indra Karya juga turut dalam pekerjaan Detail Engineering Desain (DED), Kajian AMDAL dan Sertifikasi Desain pada tahun 2009 dan pekerjaan supervisi konstruksi yang dimulai sejak November tahun 2015 hingga Desember 2021. Pada akhir bulan Desember 2021 progress pembangunan telah selesai 100 persen sehingga dalam waktu dekat sudah siap untuk diresmikan Presiden Joko Widodo," jelas Gagah, dalam keterangan, Kamis (13/1/2022).

Gagah menjelaskan bahwa desain Bendungan Bintang Bano dirancang dengan type bendungan rockfill inti tegak dengan tinggi 72 m, panjang 471 m dan lebar puncak 12 m. Bendungan Bintang Bano membendung aliran Sungai Brang Rea dengan total kapasitas tampung 76,2 juta m3 dan luas genangan 256,47 ha.

"Dengan selesainya pembangunan Bendungan Bintang Bano ini, diharapkan akan meningkatkan produktivitas pertanian pada areal + 6.600 ha, menyediakan air bersih bagi masyarakat Kab Sumbawa Barat sebesar 550 ltr/det dan pengendalian banjir bagian hilir terutama di Kota Taliwang," terangnya.

Selain itu bendungan ini juga dapat menghasilkan energi listrik dengan kapasitas 8,8 MW dan menjadi salah satu destinasi pariwisata yang menarik untuk dikunjungi. Alasannya, kata Gagah, bendungan Bintang Bano akan jadi bendungan terindah di Indonesia.

"Untuk menjaga fungsi bendungan dapat terus berjalan dengan baik dan dirasakan manfaatnya bagi masyarakat serta menjaga keamanan bendungan, nantinya bendungan ini akan dilakukan inspeksi rutin setiap tahun dan inspeksi besar secara berkala setiap 5 tahun sekali," tambah Gagah.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Indra Karya

Informasi, Indra Karya yang merupakan BUMN konsultan konstruksi yang kini masuk ke dalam Holding PT Danareksa (Persero) ini, telah terlibat dalam berbagai proyek strategis nasional terutama pada pembuatan Bendungan di Indonesia.

Sekitar 65 persen dari keseluruhan bendungan yang ada di Indonesia Indra Karya terlibat dalam pembangunan bendungan dan mengacu standar tinggi, inovatif, dan terintegrasi.

"Dalam menjamin ketersediaan air nasional, Bendungan menjadi salah satu bagian utama untuk memberikan pemastian ketahanan air secara berkelanjutan yang diperuntukan ketersediaan air baku bagi masyarakat termasuk bagi sektor pertanian untuk memperkuat ketahanan pangan di Indonesia," tutup Gagah.