Nusantara Menggantikan Jakarta

Nama Nusantara untuk Ibu Kota Baru Pilihan Jokowi

Liputan6.com 2022-01-17 14:10:22
Tangkapan layar instagram Seniman Nyoman Nuarta yang mengunggah desain Istana kepresidenan di Ibu Kota Baru.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menetapkan nama ibu kota negara baru. Penetapan nama ibu kota negara baru tersebut disampaikan oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa kepada Pansus RUU Ibu Kota Negara (RUU IKN).

Suharso bercerita, pada Jumat kemarin Presiden Jokowi telah menyampaikan kepada dirinya mengenai nama ibu kota negara baru pada Jumat 14 Januari 2022.

"Beliau (Jokowi) mengatakan Ibu Kota Negara ini namanya Nusantara," jelas Suharso dalam Rapat Pansus RUU Ibu Kota Negara di DPR, Senin (17/1/2022).

Suharso mengatakan, ada beberapa alasan yang mendasari nama Ibu Kota Negara Baru dengan Nusantara. Pertama adalah kata tersebut sudah dikenal sejak dulu dan sangat ikonik di dunia internasional.

"Selain itu juga menggambarkan kenusantaraan kita semua, Republik Indonesia. Saya kira kita semua setuju dengan istilah Nusantara itu," kata dia.

Sedangkan dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, Nusantara adalah sebutan (nama) bagi seluruh wilayah Kepulauan Indonesia.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Menteri Bappenas: Ibu Kota Baru Tak Ada Gubernur dan DPRD

Sebelumnya, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) Suharso Monoarfa mengatakan, ibu kota baru di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur tidak dipimpin oleh seorang gubernur yang dipilih lewat pemilihan kepala daerah.

Nantinya, wilayah tersebut juga tidak dilengkapi dengan DPRD seperti DKI Jakarta saat ini.

"Tidak punya DPRD, tidak punya yang disebut gubernur dan kepala daerahnya tidak dipilih dengan pemilihan. Artinya, menjalankan otonomi seluas-luasnya tapi terbatas," kata Suharso dalam rapat bersama DPR, Jakarta, Kamis (13/1/2022).

Suharso mengatakan, bentuk pemerintahan ibu kota negara baru nantinya disebut otorita.

Otorita merupakan lembaga pemerintah setingkat kementerian yang akan dibentuk untuk melaksanakan persiapan, pembangunan, dan pemindahan ibu kota negara serta penyelenggaraan pemerintahan khusus ibu kota negara.

Shin Tae-yong Diserang

Kritikan Haruna Soemitro untuk Shin Tae-yong yang Gagal Bawa Timnas Juara di Piala AFF

Liputan6.com 2022-01-17 18:08:35
Manajer Madura United sekaligus anggota Komite Eksekutif PSSI 2019-2023, Haruna Soemitro. (Bola.com/Aditya Wany)

Siapa Haruna Soemitro? Belakangan namanya menjadi perbincangan hangat warganet usai pernyataannya yang mengkritik pelatih Tim Nasional (Timnas Indonesia) Shin Tae-yong saat hadir sebagai narasumber dalam sebuah wawancara dengan media JPNN yang dimuat di kanal YouTube resminya.

Kritikan tersebut dilontarkan terkait kegagalan skuad Merah Putih di bawah asuhan Shin Tae-yong untuk bisa keluar sebagai juara di pentas Piala AFF 2020 kemarin.

Seperti diketahui dalam Piala AFF kemarin, Timnas Indonesia digasak Timnas Thailand dengan skor 4-0.

Haruna merupakan 1 dari 15 orang yang duduk sebagai anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI periode 2019-2023. Dia pernah menjabat sebagai manajer Persebaya Surabaya pada 2003 silam.

Pria asal Surabaya tersebut pernah pula membawa tim sepak bola Jawa Timur menyabet medali emas pada Pekan Olahraga Nasional (PON) Jawa Timur pada 2004 lalu.

Pada rapat evaluasi AFF lalu, Haruna mengaku telah meminta komitmen dari pelatih Shin Tae-yong untuk bersama-sama menuju target yang sama.

"Saya tadi sampaikan dalam rapat evaluasi kalau hanya runner-up, tidak perlu Shin Tae-yong. Karena kita sudah beberapa kali jadi runner-up," kata Haruna yang dikutip dari Youtube JPNN.COM.

Berikut kritik Haruna Soemitro yang sempat menjadi sorotan warganet hingga trending di Twitter dengan #HarunaOut dihimpun dari berbagai sumber:


1. Orang Tidak Mau Lihat Proses, tapi Hasil

Apa pun di sepak bola, tanpa prestasi itu nothing. Jadi, mau di PSSI mau di klub yang paling pertama orang lihat adalah prestasi. Proses tidak dilihat.

Meskipun proses bagus. Tadi kita diskusi dengan Shin Tae-yong. Mengapa proses di kita seperti ini. Kenapa kemarin kita sampai kalah 4-0 dari Thailand padahal kita tidak pernah kalah sebesar itu.

Di Sea Games yang baru saja kita sudah menang 2-0. Kenapa kemarin kita bisa kalah? Dia bilang Anda tidak tahu prosesnya. Ya memang begitu sepak bola. Orang tidak mau lihat proses, yang mau dilihat hasil.


2. Kalau Hanya Runner-up, Tidak Perlu Shin Tae-yong

Shin Tae-yong punya target menjadi juara Piala AFF U-19 (maksudnya U-23) di Kamboja. Itu targetnya juara. Piala AFF 2022, yang kemarin kan Piala AFF 2020 yang dilaksanakan 2021, itu nanti targetnya juara.

Ada komitmen baru dengan coah Shin Tae-yong bahwa ke depan kita harus betul-betul punya target yang sama, road map yang sama, dan keinginan pelatih harus sama dengan pelatih.

Saya tadi sampaikan dalam rapat evaluasi kalau hanya runner-up, tidak perlu Shin Tae-yong. Karena kita sudah beberapa kali jadi runner-up.


3. Kritisi Metode Pelatihan Shin Tae-yong

Saya ini banyak mendapat masukan dari pelatih Liga 1. Banyak menelpon saya, diskusi sama saya begini: coaching point apa yang kita dapat dari Shin Tae-yong selama melatih Tim Nasional?

Apakah dengan metode dan proses yang dilakukan Shin Tae-yong ini bisa diterapkan dan ditransformasi ke klub sehingga melahirkan liga yang kuat. Faktanya, katanya pelatih yang beri saran pada saya, belum ada.

Mayoritas klub Liga 1 melakukan proses dari kaki ke kaki. Proses build-up dari bawah. Tapi, proses latihan dan game plane Shin Tae-yong justru direct ball. Passing bergerak, direct ball. Wajar jika Shin Tae-yong menerima pemain yang tidak siap.

Hadiah Berlian Misterius

Fuji Dapat Hadiah Kalung dan Cincin Berlian, Dari Siapa?

Liputan6.com 2022-01-17 13:45:52
Fuji, adik ipar Vanessa Angel (Foto: Instagram/@fuji_an)

Marissya Icha mendapat jawaban ketus dari Fuji saat berkumpul dengan keluarga almarhum Bibi Andriansyah dan para sahabatnya, baru-baru ini. Itu terjadi ketika dia menanyakan alasan adik ipar Vanessa Angel itu baru datang.

"Apa sih nyari-nyariin. Kerja, cari duit," kata Fuji kesal seperti terlihat dalam kanal YouTube Marissya-Icha.

Meski demikian, MarissyaIcha tidak marah dengan jawaban Fuji. Sebaliknya, selebgram kelahiran Jakarta, 20 Maret itu, tetap memberikan hadiah mewah.

Bersama sang ibunda Dewi Zuriati, Fuji pun membuka hadiah tersebut. Apa isinya?


Tidak muat

Rupanya, Fuji mendapatkan hadiah kalung dan cincin berlian. Sang ibunda menanyakan keaslian dari barang tersebut.

"Asli mama, kita enggak main barang kw-kw an mama," ucap Marissya Icha.

Ternyata, cincin itu tidak muat di jari tengah Fuji. Wajahnya pun langsung sedih.

"Ini kayaknya kecil deh. Enggak muat," rajuknya.

Fuji pun langsung memberitahu ukuran lingkar jarinya ke publik. "Berarti size saya 13. Size saya 13," tuturnya.


Kesakitan

Untuk melepas cincin itu, Fuji harus mencuci tangannya dengan sabun terlebih dahulu. Walau sedikit kesakitan, akhirnya cincin tersebut keluar dari jarinya.

"Ini sakit, enggak nyaman pakai di kanan. Saya cari yang nyaman," ujarnya.

Rafathar Disuntik Vaksin Covid-19

Rafathar Tak Menangis Saat Disuntik Vaksin Covid-19 untuk Anak Usia 6-11 Tahun

Liputan6.com 2022-01-17 17:40:04
Bisa tiru style Nagita Slavina dan keluarga yang tampil kompak dalam balutan busana bernuansa beige. Nagita terlihat cantik dengan abaya berbahan organza disertai elemen border. Sementara Ra

Suntikan vaksin Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun sudah berjalan sesuai anjuran pemerintah. Rafathar pun tak mau ketinggalan untuk mendapat suntikan tersebut.

Serunya, Rafathar saat menjalani suntik vaksin tak ditemani oleh Nagita Slavina maupun Raffi Ahmad.

Ia hanya ditemani oleh pengasuhnya, Lala. Saat menjalani cek kesehatan, Rafathar pun anteng.

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Diam

Saat ditanya petugas nakes, Rafathar juga memilih diam. Semua pertanyaan dijawab oleh Lala. Hal itu terlihat dalam kanal YouTube Rans Entertainment, 14 Januari 2022 lalu.


Sakit Enggak?

Sebelum disuntik, Rafathar sempat menanyakan kepada Lala apakah sakit disuntik?

"Sakit enggak? Tapi lagi luka," Rafathar memberi alasan. Untungnya Lala bisa menenangkan Rafathar hingga akhirnya siap disuntik.


Tidak Menangis

Saat jarum suntik masuk ke tangannya, Rafathar terlihat tidak menangis. Bahkan, ia dengan beraninya melihat jarum tersebut masuk ke lengannya.

"Sakit enggak?" tanya petugas.

"Enggak," jawab Rafathar.


Bareng Sepupu

Kepergian Rafathar ke tempat penyuntikan vaksin tak sendiri. Ia bersama sepupu-sepupu lain yang ikut vaksin, termasuk putri Caca Tengker.

Rumah Upin Ipin di Dunia Nyata

Melihat Rumah Upin Ipin di Dunia Nyata

Liputan6.com 2022-01-17 14:19:35
Melihat Rumah Upin Ipin di Dunia Nyata. (Liputan6.com/www.emily2u.com)

Upin Ipin, serial animasi buatan Malaysia ini belakangan viral di sosial media (sosmed). Bukan karena tingkah lucu keduanya, namun karena ada dalam dunia nyata Upin Ipin sudah meninggal dunia sejak lama.

Dalam video tersebut terlihat makam Upin dan Ipin yang kecil berwarna biru muda. Pada nisan terlihat nama Ipin wafat 1 April 1996 dan Upin wafat 6 Agustus 1995.

Upin Ipin disebut sebagai animasi yang terinspirasi dari khayalan Opah belaka. Opah berkhayal kedua cucunya tersebut bermain di rumah layaknya masih hidup belum meninggal.

Tentu saja cerita Upin Ipin yang disebut diambil dari kisah nyata ini cukup membuat netizen terkejut. Pasalnya, banyak yang mengira Upin Ipin hanyalah animasi yang diciptakan tanpa ada kisah nyata di baliknya.

Terlepas dari viralnya video yang memperlihatkan makam Upin Ipin, kini rumah yang dibuat mirip layaknya di animasi sedang menjadi pusat perhatian.

Rupanya, rumah Opah memang ada di dunia nyata. Rumah tersebut menjadi inspirasi akan hadirnya cerita seru dari petualangan animasi Upin Ipin di setiap harinya.

Rumah tersebut pernah mengadakan semacam karnaval pada 2019, di mana wisatawan bisa masuk dan menikmati suasana rumah Upin Ipin.

Dilansir dari emily2u.com, orang dewasa membayar sebesar 5 Ringgit atau setara Rp 17.000, sedangkan anak kecil hanya 1 Ringgit atau setara Rp 3.400 untuk bisa masuk dan menikmati suasana rumah Upin Ipin pada saat itu.

Berikut Liputan6.com rangkum dari emily2u.com, potret rumah Upin Ipin di dunia nyata, Senin (17/1/2022):


1. Penampakan rumah yang dalam animasi ditempati oleh Opah, Kak Ros, serta Upin Ipin terbuat dari kayu dan kental dengan nuansa berwarna hijau.

 


2. Mulai masuk ke dalam rumah, terlihat ruang tamu atau living room yang terdapat vas bunga serta tempat duduk.

 


3. Masih di ruang tamu, terlihat sebuah meja yang di atasnya ada televisi atau TV dengan karpet seperti bahan plastik berwarna coklat.

 


4. Di ruang tamu itu pula, terdapat meja belajar Kak Ros berwarna coklat lengkap dengan kursinya dan terlihat sebuah vas bunga yang diisi kembang berwarna merah muda atau pink.

 


5. Kamar Upin Ipin di dunia nyata nampak sederhana dengan satu kasur, dua bantal, dan dua guling kecil ditutup seprei berwarna putih hijau. Terlihat sebuah meja baju keduanya.

 


6. Masih dalam kamar Upin Ipin, rupanya terdapat dua meja belajar dan dua kursi keduanya. Ada mainan kuda-kudaan berwarna-warni di ujung meja belajar mereka.

 


7. Lukisan atau gambar Upin Ipin ditempel di kamar mereka yang bercat coklat.

 


8. Kamar Opah yang juga nampak begitu sederhana dengan satu kasur kayu dan satu bantal dibalut seprei berwarna putih dengan lantai merah. Terlihat sebuah kursi kayu di ujung kaki tempat tidur serta meja kecil di samping kepala tempat tidur.

 


9. Beralih ke kamar Kak Ros yang juga hanya memiliki satu tempat tidur kayu dan satu bantal berbalut seprei merah muda. Nampak sebuah meja kecil di samping kepala tempat tidur. Ada sebuah meja rias lengkap dengan bangkunya serta lantai berwarna merah dan

 


10. Dapur kecil dan sederhana di rumah Opah, lengkap dengan meja makan kecil dan kursinya. Ada kompor untuk memasak serta sebuah wastafel mencuci piring.

 


11. Di dapur berlantai biru itu juga terlihat dua buah lemari serta nampak terlihat sebuah tangga berwarna coklat.

 

Agnez Mo di Cover Majalah AS

Gaya Menawan Agnez Mo Jadi Cover Majalah Fesyen Ternama Amerika Serikat

Liputan6.com 2022-01-17 15:02:49
Gaya Agnez Mo Jadi Cover Majalah Fesyen Ternama Amerika Serikat. foto: Instagram @composure.mag. Photographer @joeypucino

Agnes Monica alias Agnez Mo kembali menorehkan prestasi. Kali ini, dia didapuk sebagai model sampul majalah fesyen dan gaya hidup ternama asal Los Angeles, Amerika Serikat (AS), yakni Composure Magazine.

Ini bukan kali pertama menjadi cover majalah dunia. Sebelumnya, dia juga terpilih sebagai model sampul majalah ternama AS lainnya, Pure Dope.

Foto-foto pelantun 'Coke Bottle' itu sudah diunggah di akun media sosial Composure Magazine pada 14 sampai 16 Januari 2022. Mereka membagikan sejumlah foto Agnez dalam berbagai pose hasil jepretan fotografer Joey Pucino.

"Sampul ke-32 kami yang menampilkan Agnez Mo yang tak tertandingi telah tiba! Rentang vokal yang memukau dan menakjubkan, sejumlah penghargaan untuk menyanyi dan akting, dan kecakapan wirausaha hanyalah bagian dari kerajaan Agnez Mo," tulis majalah tersebut dalam unggahan mereka pada 14 Januari 2022.

Gayanya terkesan stunning bak supermodel papan atas. Agnez pun turut mengunggah potretnya di akun Instagram miliknya.

"Find my cover @composure.mag and my story," tulis Agnez Mo dalam keterangan, unggahannya pada 14 Januari 2022. Agnez menceritakan pengalamannya sebagai duta anti narkoba di majalah ini.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


MUA Indonesia

Dia juga berkisah tentang perannya dalam memberantas perdagangan manusia di Asia. Tentunya cerita kisah penyanyi kelahiran 1 Juli 1986 ini bisa menjadi inspirasi bagi banyak orang.

Menariknya, gaya kekasih Adam Rosyadi itu diatur oleh fashion stylist ternama, Estelle Aporongao dalam majalah ini. Dia diketahui pernah mengarahkan gaya beberapa selebritas Hollywood.

Untuk makeup ditangani MUA Indonesia yang namanya sudah mendunia, Archangela Chelsea. Tak heran jika Agnez tampil begitu memesona dalam balutan bodycon dress lengan panjang putih bermotif floral.

Gayanya pun semakin modis dengan aksesori neck ring emas di lehernya. Sementara rambut pendeknya diberi sentuhan wavy style. Penyanyi 35 tahun itu tampak begitu menawan dan fresh.


Pujian Melly Goeslaw

Dalam sesi foto lainnya, Agenz terlihat tampil seksi dengan kemben motif terang dipadukan jaket puff oversized. Ia melengkapi penampilannya dengan memakai kalung dan anting hoop nuansa emas.

Unggahan itu langsung menuai beragam reaksi. Banyak warganet yang terpana dan memuji paras cantik Agnez Mo. Bahkan, penyanyi Melly Goeslaw pun turut meninggalkan komentar.

"Cantiiiiik bangeeet," komentar Melly Goeslaw. "Untuk style Agnez Mo emg ga di ragukan lagi, cocok aja gitu liatnya!," komentar seorang warganet

"Bukan hanya cantik, tapi dia idolaku yg taat agama dan Tuhan. Sukses selalu my idol ku," komentar warganet lainnya. Sampai berita ini ditulis, unggahan Agnez Mo menjadi sampul majalah Composure di akun Instagram pribadinya sudah disukai lebih dari 105 ribu kali dan mendapatkan lebih dari 1.300 komentar.

Duet Prabowo-Jokowi?

HEADLINE: Wacana Duet Prabowo-Jokowi Maju di Pilpres 2024, Mungkinkah?

Liputan6.com 2022-01-18 00:03:33
Presiden Joko Widodo saat menerima Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (11/10/2019). Dalam pertemuan tersebut mereka membahas permasalahan bangsa dan

Sejumlah orang mengklaim sebagai pendukung Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dan Presiden Joko Widodo yang tergabung dalam Sekretariat Bersama Prabowo-Jokowi mendeklarasikan kedua pasangan tersebut untuk maju di ajang Pilpres 2024.

Ketua Koordinator Sekber Prabowo-Jokowi G Gisel dalam keterangannya mengatakan, duet pasangan ini menujukkan kinerja yang apik dalam periode kedua pemerintahan Jokowi. Di mana Prabowo notabenennya adalah Menteri Pertahanan.

Terlebih, dengan memberikan jabatan kepada partai pendukung dan juga pada lawan politiknya, Prabowo Subianto dari Partai Gerindra sebagai Menteri Pertahanan RI. Tentu ini adalah langkah taktis, stategis, dan keputusan besar yang diambil oleh Presiden Jokowi untuk mengonsolidasikan kekuatan dan stabilitas politik nasional, baik di dalam pemerintahan maupun di parlemen.

Disebutkan, apa yang telah dilakukan pemerintahan Jokowi, membangun di tengah pandemi Covid-19 adalah pekerjaan yang tidak mudah. Terlebih apa yang sudah dilakukan selama ini, tentu perlu diapresiasi dan dilanjutkan.

Misalnya saja, kata Gisel, di bidang infrastruktur, pemerintah memastikan pembangunan infrastruktur dan jaringan transportasi di berbagai wilayah di Indonesia tak terhenti meski penyebaran Covid-19 belum bisa dikendalikan. Kemudian, yang tidak kalah penting adalah agenda pemindahan status Ibu Kota Negara (IKN).

"Atas dasar kesadaran itu, kami dari Sekretariat Bersama (SEKBER) Prabowo-Jokowi mendorong Bapak Prabowo Subianto, Calon Presiden dan Bapak Joko Widodo, Calon Wakil Presiden, sebagaibagian dari Kebinet Indonesia Maju Jilid II untuk maju dalam Pemilu 2024. Dalam rangka melanjutkan kesinambungan kerja dan pembangunan nasional menuju Indonesia maju," kata Gisel dalam keterangannya yang dikutip pada Senin (17/1/2022).

Terkait isu ini, Direktur Eksekutif Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Khoirunnisa Nur Agustyati, mengatakan, dalam regulasi dimungkinkan bahwa Jokowi maju sebagai Cawapres di Pemilu 2024.

Pada Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 7 hanya disebutkan bahwa: 'Presiden dan Wakil Presiden memegang jabatan selama lima tahun, dan sesudahnya dapat dipilih kembali dalam jabatan yang sama, hanya untuk satu kali masa jabatan'.

Diketahui, Presiden Jokowi selama karir berpolitiknya, hanya menjabat sebagai Wali Kota Solo, Gubernur DKI Jakarta, dan memasuki dua periode sebagai Presiden RI.

"Kalau dari regulasi tidak ada larangannya. Tetapi seharusnya partai politik membuka kesempatan kepada kader-kader lainnya agar kaderisasi di partai politik terus berjalan. Saya rasa masyarakatnya pun juga menginginkan adanya alternatif pilihan di Pemilu 2024 nanti," kata Khoirunnisa kepada Liputan6.com, Senin (17/1/2022).

Dia pun meyakini, duet Prabowo-Jokowi ini tak akan mendapatkan banyak restu oleh partai politik. "Kalau menurut saya karena di 2024 nanti adalah pilpres yang tidak bisa diikuti oleh incumbent, jadi saya rasa parpol pasti menginginkan agar kader partainya bisa diusung sendiri dan memunculkan orang-orang yang baru," tutur Khoirunnisa.

Selain itu, bukan alasan bahwa dengan keduanya maju bisa meredakan riak-riak politik di Pilpres 2024 sebagaimana yang disampaikan oleh Sekretariat Bersama Prabowo-Jokowi.

"Berdasarkan pengalaman memang setiap menuju tahapan pencapresan memang akan menimbulkan keriuhan politik," jelas Khoirunnisa.

Jika memang akhirnya pasangan ini akhirnya muncul, jelas ini bentuk kritikan keras bagi proses kaderisasi di partai politik Indonesia.

"Seharusnya partai politik bisa melakukan kaderisasi dan mempersiapkan orang-orang yang bisa diusung dalam pilpres sehingga tidak hanya bergantung pada beberapa sosok atau figur tertentu saja. Saya rasa banyak tokoh-tokoh lain, termasuk tokoh-tokoh muda di partai yang bisa diusung dalam pemilu," kata Khoirunnisa.

Setali tiga uang, Direktur Pusat Studi Konstitusi (Pusako) Fakultas Hukum Universitas Andalas, Feri Amsari mengatakan, walaupun tidak diatur dalam Undang-Undang Dasar dan Pemilu, budaya hukum harusnya diperhatikan.

"Dalam setiap hidup berkonstitusi, ada yang namanya budaya berkonstitusi. Tidak elok kiranya presiden Joko Widodo terjebak hasutan pendukungnya yang menikmati kuasa dengan kemudian meminta presiden memperpanjang masa jabatan atau menjadi wakil Prabowo. Presiden itu tanggung jawab seumur hidup hanya saja masa jabatannya dibatasi dua periode (10 tahun). Setiap yang habis periode dalam budaya berkonstitusi tetap dipanggil presiden," kata Feri kepada Liputan6.com, Senin (17/1/2022).

"Bayangkan jika seseorang yang dipanggil presiden malah berminat menjadi wakil presiden dari orang yang pernah dikalahkannya dua kali berturut-turut. Tidak elok dan tidak etis jika presiden maju jadi wakil. Ibarat sudah jadi jenderal tapi tiba-tiba berminat jadi kopral. Enggak boleh terjadi itu," sambungnya.

Karena itu, sehendaknya para politikus bisa mengikuti berbudaya konstitusi tersebut. Feri pun yakin, bahwa Jokowi tak akan mau mengikuti hal tersebut.

"Budaya berkonstitusi harus menjadi hukum bagi para politisi, kalau tidak, itu bisa disebut cuma memburu kekuasaan. Saya juga tidak yakin Jokowi bersedia," kata dia.

Selain itu, wacana Prabowo-Jokowi hal biasa jelang Pemilu 2024. Bahkan, dirinya menyebut ini ulah sejumlah elit.

"Dukungan itu bagi saya respon politik biasa yang sedang digerakan elit. Perasaan politik masyarakat sedang diaduk saja. Harusnya Prabowo dan Jokowi beri pendidikan politik yang baik. Kalau sudah dua periode ya tidak maju. Kalau sudah kalah mencalon, beri kesempatan yang lain untuk mencalonkan. Begitu adab politik hukumnya," kata Feri.

Tak Sehat Bagi Demokrasi

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno, memandang usulan dari Sekretariat Bersama Prabowo-Jokowi adalah hal yang mustahil, terlebih sudah ada pernyataan dari orang nomor satu di Indonesia ini.

"Jokowi sudah berulangkali dengan nada keras tolak maju untuk ketiga kalinya. Jangankan cawapres, ada yang mau usung capres lagi di 2024 saja ditolak. Wacana semacam ini baiknya dihentikan, enggak sehat bagi demokrasi," kata dia kepada Liputan6.com, Senin (17/1/2022).

Memang secara aturan tak ada masalah jika Jokowi maju sebagai cawapres. Namun, permasalahannya dianggap menurunkan derajat politik Jokowi ke lebih rendah.

"Masa presiden dua periode disuruh turun kasta, jadi cawapres Prabowo lagi, rivalnya yang pernah dikalahkan dua kali. Masa ia Jokowi mau berpasangan dengan Menhannya saat ini, itu usulan konyol," jelas Adi.

Dia juga memandang wacana dari Sekretariat Bersama Prabowo-Jokowi ini tak akan ada yang merespon dan hanya dianggap isapan jempol belaka.

"Malah dicuekin karena wacana ini cenderung tong kosong. Ibarat dagangan wacana, ini macam dagangan enggak laku dan cenderung remeh-temeh, enggak ada yang minat," kata Adi.

Sementara, Direktur Eksekutif Indonesia Public Institute (IPI), Karyono Wibowo juga melihat bahwa argumentasi Sekber tersebut masih sangat lemah dalam mewacanakan Prabowo-Jokowi di Pemilu 2024.

"Disangkanya publik mendukung, alih-alih mencurigai ada kepentingan kelompok tertentu di balik wacana tersebut," kata Karyono kepada Liputan6.com, Senin (17/1/2022).

Selain itu, wacana ini juga masih dikesankan bahwa ada pihak yang meminta Jokowi menjabat lebih dari dua periode. Sehingga, jika ingin mewujudkan pasangan ini akan sangat berat hambatannya, lantaran alotnya kepentingan politik yang dibawa di Pemilu 2024.

"Karenanya menurut saya upaya untuk mewujudkan masa jabatan 3 periode dan mengusung Jokowi dan Prabowo akan mengalami hambatan berat," jelas Karyono.


Suara PDIP dan Gerindra

Terkait wacana Prabowo dan Jokowi dipasangkan pada Pemilu 2024, Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad memandang hal tersebut hanya dinamika masyarakat saja.

"Menyatakan hak dan pendapat itu dijamin undang-undang ya. Kita nikmati saja sebagai dinamika menjelang 2024," kata Dasco di Jakarta, Senin (17/1/2022).

Menurut dia, partainya saja sampai saat ini masih melakukan persiapan dan pemetaan untuk menghadapi Pemilu 2024.

"Kita dari Partai Gerindra juga masih memetakan, baik untuk koalisi partai maupun capres-cawapres," jelas Dasco.

Dia juga menegaskan, ini bukan urusan mendukung atau tidak, karena memang itu dinamika di masyarakat. "Sementara partai kita akan ada forum tersendiri untuk memutuskan hal tersebut," kata Dasco.

Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto menegaskan partainya akan selalu mengikuti konstitusi yang ada.

"Ya kalau kita melihat sikap dari PDIP berpolitik ini dengan rule of the games, yaitu konstitusi Undang-Undang Dasar mengikat kita semuanya, konstitusi telah menegaskan bagaimana Presiden melakukan jabatan selama dua periode, dan itulah yang jadi hukum dasar kita untuk kita taati secara bersama-sama," kata dia.

Meski demikian, dia menyebut, keseluruhan dinamika politik sah-sah saja di dalam negara demokrasi.

"Tetapi PDIP mengigatkan mari kita berdemokrasi dengan meningkatkan kualitas kehidupan demokrasi yang taat kepada konstitusi, memperhatikan rakyat sebagai pemegang kedaulatan seluruh kekuasaan politik dan semua berkontestasi secara sehat ke bawah untuk memenangkan hati rakyat itu yang diharapkan PDIP," kata Hasto.


Jadi Preseden Buruk

Ketua Umum Relawan Jokowi Mania, Immanuel Ebenezer mengatakan, wacana Prabowo-Jokowi jelas akan menjadi preseden buruk bagi bangsa dan demokrasi. Karena sudah dari awal menolak untuk bisa tiga periode.

"Yang terpenting salah satu amanat reformasi adalah membatasi kekuasaan eksekutif yaitu dua periode," kata pria yang akrab disapa Noel kepada Liputan6.com, Senin (17/1/2022).

Dia pun meyebut, jangan berandai-andai jika pasangan ini maju tak akan menimbulkan gejolak politik, terlebih Pemilu 2024 masih jauh.

Selain itu, Noel juga meyakini Priden Jokowi menolak hal ini. "Saya punya keyakinan, tidak mungkin berani presiden mencederai dirinya sendiri karena kan dia sikapnya menolak, tiba-tiba mau kan malu. Yang ada dia coba nyari orang yang dia percaya. Contohnya memimpin 2024 harus punya standar kerja dan komitmen terhadap pembangunan," kata dia.

"Itu standar kepemimpinan yang Jokowi katakan hari ini," sambungnya.

Politikus PKS Mardani Ali Sera juga menyampaikan bahwa mengelola negeri ini harus didasari etika dan nilai yang kuat, terlebih jika ada yang mencoba mengutak-atik aturan dan menabrak konstitusi bukanlah hal yang bijak dan dibenarkan.

"Tidak ada perpanjang atau tiga periode, semua mesti ditolak. Kita mesti menjaga konstitusi dan prinsip kehidupan bernegara," jelas dia kepada Liputan6.com, Senin (17/1/2022).

Selain itu, jika Jokowi maju sebagai Cawapres, maka apa yang selama ini dia bangun dan prestasinya akan menghilang.

"Warisannya bisa hilang dengan persepsi sebagai pengejar kekuasaan," kata Mardani.

Selain itu, jika ada yang ingin memajukan Prabowo-Jokowi di Pilpres 2024, terkesan matinya ide dan gagasan dalam berpolitik. "Konsekuensi kalau ide tidak ada," kata dia.

Djokovic Dideportasi

Komentar Pertama Djokovic Setelah Dideportasi dan Gagal Tampil di Australian Open

Liputan6.com 2022-01-17 15:30:27
Ekspresi kecewa petenis Serbia, Novak Djokovic usai kalah dari petenis Korea Selatan, Chung Hyeon pada ajang Australia Terbuka 2018 di Melbourne, (22/2/2018). Djokovic kalah 6-7, 5-7, 6-7.

Petenis putra nomor satu dunia, Novak Djokovic, akhirnya buka suara terkait kegagalannya tampil pada Australian Open tahun ini. Djokovic sangat kecewa tidak bisa tampil di kejuaraan bergengsi tersebut.

Djokovic seperti diketahui batal tampil di Australian Open 2022 akibat terbentur masalah visa. Petenis asal Serbia tersebut bahkan harus dideportasi setelah kalah dalam proses banding di pengadilan.

Masalah yang menimpa Djokovic bermula dari kedatangannya di Australia, pada 5 Januari lalu. Djokvic kaget saat ditolak masuk ke Australia. Setelah ditahan selama sekitar delapan jam, Djokovic ditolak masuk ke negara itu dan visanya dibatalkan. Dia dikirim ke hotel imigrasi, tinggal selama empat malam. Pasukan Perbatasan Australia mengatakan Djokovic gagal memenuhi persyaratan masuk.

Djokovic terbang ke Australia tanpa menjalani vaksinasi COVID-19 terlebih dahulu. Namun pihaknya beralasan telah menerima izin pengecualian medis dari penyelenggara turnamen Tennis Australia, dan ditindaklanjuti oleh Departemen Dalam Negeri Australia.

Pengecualian ini membuatnya bisa masuk Australia meski belum divaksin. Djokovic sendiri sebelumnya sempat terpapar COVID-19 dan dinyatakan sembuh pada akhir Desember 2021 lalu.

Hakim Pengadilan Sirkuit Federal Anthony Kelly kemudian memutuskan membebaskan Djokovic dari tahanan imigrasi. Kelly beralasan pemain itu tidak diberi cukup waktu untuk berbicara dengan pengacaranya sebelum keputusan untuk menolaknya masuk dibuat di bandara.


Sempat Berlatih

Beberapa jam kemudian, Djokovic berlatih di Melbourne Park. Namanya bahkan sempat masuk sebagai unggulan pada kejuaraan bergengsi tersebut. Djokovic sendiri sangat berambisi memenangkan Australian Open dan menambah koleksi grand slam-nya yang saat ini sudah mencapai 20 kali.

Namun status Djokovic ternyata belum sepenuhnya aman. Menteri Imigrasi Alex Hawke dia menggunakan kebijaksanaan menterinya untuk mencabut visa Djokovic dengan alasan "kesehatan dan ketertiban, atas dasar kepentingan umum untuk melakukannya."

Pengacara Djokovic lalu melakukan banding. Namun tiga hakim Pengadilan Federal menguatkan keputusan yang dibuat pada Jumat 14 Januari oleh menteri imigrasi untuk membatalkan visa Serbia pemain berusia 34 tahun itu. Dengan demikian, Djokovic pun batal tampil di Australian Open 2022.

(Baca juga kronologi lengkap penolakan visa Novak Djokovic lewat tautan ini)


Komentar Djokovic

"Saya ingin membuat pernyataan singkat untuk membahas hasil sidang Pengadilan hari ini.

"Sekarang saya akan meluangkan waktu untuk beristirahat dan memulihkan diri, sebelum membuat komentar lebih lanjut di luar ini.

"Saya sangat kecewa dengan keputusan Pengadilan yang menolak permohonan saya untuk peninjauan kembali atas keputusan Menteri untuk membatalkan visa saya, yang berarti saya tidak bisa tinggal di Australia dan berpartisipasi di Australia Terbuka.


Selanjutnya

"Saya menghormati putusan Pengadilan dan saya akan bekerja sama dengan otoritas terkait sehubungan dengan kepergian saya dari negara ini.

"Saya tidak nyaman karena fokus minggu-minggu terakhir ini ada pada saya dan saya harap kita semua sekarang bisa fokus pada permainan dan turnamen yang saya sukai.

"Saya ingin mendoakan yang terbaik bagi para pemain, ofisial turnamen, staf, sukarelawan, dan penggemar untuk turnamen ini.

"Akhirnya, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada keluarga, teman, tim, pendukung, penggemar, dan rekan-rekan Serbia saya atas dukungan Anda yang terus-menerus. Anda semua telah menjadi sumber kekuatan yang hebat bagi saya.'

Aksi Model Arek Suroboyo di Milan

Model Asal Surabaya Beraksi di Runway Milan Fashion Week 2022

Liputan6.com 2022-01-17 14:04:00
Model asal Surabaya, Rizal Rama memeragakan koleksi Fendi Men's Fall/Winter 2022/2023 pada 15 Januari 2022 di Milan Fashion Week. (MIGUEL MEDINA / AFP)

Model asal Surabaya bernama Rizal Rama beraksi di runway Milan Fashion Week 2022. Pada salah satu pesta mode terakbar dunia tersebut, Rizal memamerkan outfit dari rumah mode mewah, Fendi.

Kabar ini turut Rizal bagikan melalui sederet unggahan di akun Instagram pribadi. Termasuk, video singkat yang menampilkan para model, termasuk dirinya, berjalan di runway Fendi dengan mantap sekaligus mengenakan paduan busana hingga aksesori.

"Debut for @fendi Fall Winter 2022-2023, Milan Fashion Week 2022," demikian tulis Rizal dalam unggahan yang dibagikan pada 15 Januari 2022 tersebut.

Rizal sendiri berbalut kemeja lengan panjang, sling bag, bucket hat, dan beberapa aksesori seperti anting-anting, cincin, gelang, dan kalung. Tubuhnya yang tinggi berjalan dengan tatapan lurus ke depan diiringi musik dan tata cahaya.

Pada keterangan busana, Rizal membawakan look ketujuh. Ia juga mengabadikan beberapa potret dan video singkat momen di belakang layar peragaan busana tersebut.

Sementara, Rizal adalah model pemenang regional di Jakarta Fashion Week Model Search 2020. Saat ini, ia berada di bawah naungan agensi model, Persona Management, D'Management Group dan 3mmodels.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Koleksi Fendi

Dilansir dari Vogue, Senin (17/1/2022), desainer Silvia Fendi menyebut ingin merayakan pakaian klasik yang dikenakan untuk beragam acara. Nuansa klasik di runway Fendi tercermin dalam sentuhan houndstooth checks galore yang berpola palet warna pria.

Terdapat pula aksi dengan loafers dan Oxfords di samping sepatu lari Fendi terbaru, dan banyak jahitan. Jika dilihat lebih dekat, terungkap hampir setiap pakaian (kecuali tuksedo jas berekor Astaire-ish konvensional Jonas Gler) di bagian paling akhir dilengkapi dengan sentuhan anti-konvensional.

Ini adalah kesempatan memadukannya dengan surealis, ironis dan sensual. Ada pula potongan knitwear dengan strip bulu intarsia berpola kabel yang menampilkan potongan berbentuk V di bagian leher untuk memungkinkan kilasan kalung O'Lock rancangan Delfina Delettrez Fendi yang dihias mutiara, dikenakan dengan anting-anting yang serasi.

Detail clavicle-curious ini dikembangkan dalam dua jaket malam yang garis lehernya lebih mirip Audrey Hepburn daripada Humphrey Bogart, dan cocok digunakan untuk membingkai kalung mutiara. Bros bunga bulu berbalut kristal yang berpusat pada batu menghiasi setiap kerahnya.

Hadir juga suiting-centric pants dan celana pendek wol kotak-kotak atau kulit oxblood hadir dengan detail caping anterior. Tampilan diulang dengan jaket tanpa lengan yang bisa jadi jubah di bahu atau dikancingkan di rok untuk memungkinkan lebih banyak capey flavor.


Model Indonesia di Show YSL

Sebelumnya, model asal Bandung bernama Raihan telah lebih dahulu menapakkan langkahnya di kancah internasional. Ia menjadi salah satu model yang beraksi di runway Spring/Summer 2022 Meanswear Collection Saint Laurent di Pulau Isola Della Certosa, Venesia, Italia, 14 Juli 2021.

Raihan pun mnejalani proses seleksi ketat sebelum akhirnya tampil di sana. Ia berhadapan dengan para model dari berbagai negara. Setelah terpilih, ia terbang menuju Italia dari Paris, tempat tinggalnya kini.

Model kelahiran Bandung, 5 Mei 2001 ini telah lalu lalang di pentas mode Indonesia. Ia memeragakan busana di runway Jakarta Fashion Week, Iwan Tirta, dan Fatimah.


Infografis Fakta-Fakta Menarik tentang Fashion

 

Tom Cruise di Iron Man?

Isu Tom Cruise Jadi Iron Man dari Semesta Lain Makin Kencang

Liputan6.com 2022-01-17 13:20:00
Aktor ganteng, Tom Cruise ketika melakukan wawancara setibanya di World premiere film Mission: Impossible Fallout di Paris, Kamis (12/7). Mission: Impossible 6 tersebut merupakan sekuel salah

Rasanya sudah lebih dari setahun lalu ketika kabar Tom Cruise bakal menjadi Iron Man di film Doctor Strange 2 beredar. Itupun masih sebatas rumor lantaran belum berasal dari sumber yang sahih.

Namun melihat perkembangan terkini, tampaknya mulai banyak yang meyakini bahwa aktor Mission: Impossible ini bakal menggantikan peran Robert Downey Jr. sebagai tokoh bernama Tony Stark itu.

Pasalnya, kabar Tom Cruise bakal menjadi Iron Man, kini mulai sering menjadi bahasan media asing. Terlebih dengan makin dekatnya penayangan film Doctor Strange in the Multiverse of Madness, perbincangan ini kembali mencuat.

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Gambar yang Bikin Heboh

Melansir insidethemagic.net, pemilik akun Instagram Rahal Arts menghidupkan kembali rumor Tom Cruise menjadi Iron Man di Doctor Strange 2 dengan gambar terbaru buatannya.

Dalam gambar tersebut, terlihat ia menyatukan kepala Tom Cruise dengan kostum Iron Man dan menjadikannya seolah sebuah poster promo. Dalam keterangannya, ia mengaku terinspirasi dari rumor yang sudah lama tersebut.


Jadi Harapan

"Mendengar beberapa rumor bahwa Tom Cruise mungkin muncul sebagai varian Tony Stark di Doctor Strange Multiverse of Madness," tulisnya, belum lama ini.

"Akan sangat keren untuk melihat varian lain dari karakter MCU terkenal. Ditambah Tom Cruise pernah benar-benar dipertimbangkan untuk peran Iron Man sebelum RDJ. Jadi artinya apa," sambungnya.


Multi Semesta

Diyakininya Tom Cruise bakal muncul sebagai Iron Man tak lepas dari suguhan multi semesta dalam waralaba Marvel Cinematic Universe (MCU) dalam serial Loki, What If...?, serta film Spider-Man: No Way Home.

Ditambah lagi, film Doctor Strange 2 ini akan menjadi puncak dari konsep multi semesta yang awalnya digambarkan sedikit dalam serial WandaVison.


Rumor Tahun Lalu

Disampaikan wegotthiscovered.com yang bersumber dari Patreon pada tahun lalu, Marvel disebut menggandeng Tom Cruise untuk menjadi Tony Stark alias Iron Man di semesta lain dalam waralaba Marvel Cinematic Universe (MCU).

"Mereka sedang mempertimbangkan banyak cameo menarik untuk Strange untuk memainkan versi berbeda dari karakter yang kita kenal. Salah satu contoh yang saya dengar mereka mempertimbangkan Tom Cruise sebagai Tony Stark dari Bumi lain," ujar sumber dalam terpercaya bernama Daniel Richtman.

Joget ala Gala Sky

Mengintip Persiapan Joget Konser DWP Ala Gala Sky

Liputan6.com 2022-01-17 14:01:55
Kedua keluarga mendiang sempat sama-sama ajukan hak asuh Gala. (Sumber: Instagram/vanessaangelofficial)

Almarhumah Vanessa Angel semasa hidup sempat mengunggah aktivitas bahagianya bersama buah hati, Gala Sky.

Lewat akun pribadi Gala Sky @galasky yang diyakini dikelolah oleh kedua orangtuanya menampilkan video singkat yang menunjukkan bayi yang kini berusia 1 tahun 6 bulan itu tengah joget bersama ibunya.

Unggahan ini menampilkan Vanessa Angel dengan balutan busana serba hitam dan Gala yang mengenakan setelah baju putih dan celana pendek navy.

Dijelaskan dalam caption unggahan itu bahwa joget ini merupakan persiapan Gala yang sudah tak sabar ingin pergi ke DWP bersama ibunya.

"Gala ga sabar pingin ke DWP sama mami," tulis @galasky pada 1 Oktober 2021.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


9 Juta Penonton

Sejak artikel ini dinaikkan, video singkat yang menunjukkan Gala sangat antusias joget ini sudah ditonton lebih dari 9 juta.

Tak diketahui secara pasti, apakah caption diunggahan tersebut dibuat dalam konteks bercanda atau serius.

Namun yang jelas, DWP atau Djakarta Warehouse Project merupakan festival musik tahunan yang lazimnya menampilkan performa musisi yang mayoritas bergenre Electronic Dance Music (EDM).

Biasanya, konser tahunan yang diadakan oleh Ismaya Grup ini dihadiri oleh orang dewasa dengan musik kencang dan panggung yang penuh cahaya.


Infografis Kecelakaan Maut Vanessa Angel - Bibi Andriansyah