Sel Telur Luna Maya Dibekukan

Luna Maya Bekukan Sel Telur, Kenali Manfaatnya

Liputan6.com 2022-01-18 13:30:26
Luna Maya pun mengubah rambutnya menjadi short hair mirip dengan putri salju. (Instagram/lunamaya).

Beberapa hari lalu, aktris sekaligus model Luna Maya mengungkapkan bahwa ia telah membekukan sel telurnya (egg freeszing). Hal tersebut dikatakan olehnya saat tengah berbincang dengan Venna Melinda.

Saat itu, Luna sedang membicarakan tentang pasangan hidup yang dikaitkan dengan umur. Wanita kelahiran Bali ini berpendapat bahwa umur bukanlah masalah baginya untuk segera menikah.

"Aku tuh enggak pernah berpikir umur itu suatu masalah, oh karena kayak dikejar umur. Ya mungkin sebagai perempuan ada biological tickingya," ujar Luna pada video yang diunggah dalam akun YouTube Venna Melinda Channel ditulis Selasa (18/1/2022).

"Aku sudah freeze egg, dan aku pikir dengan teknologi dan pola hidup aku, aku rasa aku cukup sehat untuk seusiaku. Aku masih punya energi itu dan entah kenapa aku ngerasa aku enggak terbebani oleh usia," tambahnya.

Luna pun menjelaskan bahwa keinginan untuk melakukan freeze egg tersebut sudah ada sejak empat tahun lalu. Namun, hal tersebut baru dilakukannya pada tahun lalu.

"Aku sebenarnya sudah pengen dari empat tahun lalu. Cuma baru kesampean empat tahun lalu karena di Indonesia ada," kata Luna.

Lalu, apa sebenarnya manfaat dari pembekuan sel telur itu sendiri?

Mengutip Medical News Today, pembekuan sel telur atau yang dikenal dengan sebutan oocyte cryopreservation dapat memungkinkan wanita untuk menunda kehamilannya.

Mengingat biasanya wanita akan mengalami masa menopause pada usia 40 akhir hingga awal 50an. Pada tahun-tahun sebelum menopause, kesuburan pada wanita dinilai akan menurun.


Kemungkinan hamil

Menurut National Institutes of Health, membekukan sel telur memang membuat kehamilan kerap kali tidak semudah saat telur berada pada kondisi segar.

Namun, wanita yang telah melakukan pembekuan sel telur juga masih tetap memiliki harapan untuk dapat hamil dan mengandung di masa depan.

Pembekuan sel telur juga dinilai akan semakin baik jika dilakukan sedini mungkin, yakni pada wanita berusia dibawah 40 tahun.

Bahkan, American Society for Reproductive Medicine (ASRM) memperkirakan ada sebanyak 2 hingga 12 persen sel telur beku yang dapat berkembang menjadi kehamilan untuk wanita yang melakukannya dibawah usia 38 tahun.


Infografis

 

Vonis Gaga Muhammad

Gaga Muhammad Divonis 4,5 Tahun Penjara Kasus Kecelakaan Laura Anna

Liputan6.com 2022-01-19 11:53:12
Gaga Muhammad menjalani persidangan terkait kecelakaan yang membuat Laura Anna lumpuh dua tahun dan kini meninggal. (Foto: Instagram @gagamuhammad)

Sidang kasus kecelakaan lalu lintas yang dihadapi Gaga Muhammad sampai pada agenda putusan atau vonis. Sidang digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Rabu (19/1/2022).

Majelis hakim menyatakan Gaga Muhammad lalai dalam berkendara hingga menyebabkan kecelakaan bersama mantan kekasihnya, Laura Anna.

"Menyatakan terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan mengemudikan kendaraan bermotor karena kelalaiannya menyebabkan korban luka berat," kata Hakim Ketua, Lingga Setiawan, dalam persidangan, dikutip dari KapanLagi, Rabu (19/1/2022).

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Vonis

Atas perbuatannya, majelis hakim menjatuhkan hukuman empat tahun enam bulan penjara.

"Menjatuhkan pidana penjara empat tahun enam bulan, denda sebesar Rp 10 juta dengan jika tidak bayar diganti kurungan dua bulan," sambung majelis hakim.


Sesuai Tuntutan JPU

Vonis hakim sama dengan tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) yaitu 4,5 tahun penjara.

Saat itu, JPU menilai bahwa Gaga Muhammad telah terbukti melanggar pasal 310 ayat 3 undang-undang tentang lalu lintas dan angkutan jalan.

Fuji Ingin Berhijab, tapi...

Fuji Ingin Berhijab, Tapi Menanti Impiannya Terwujud

Liputan6.com 2022-01-19 11:00:00
Instagram

Foto Fuji adik mendiang Bibi Andriansyah saat mengenakan hijab menyedot perhatian publik. Tak sedikit warganet yang menanyakan kapan pemilik nama lengkap Fujianti Utami Putri benar-benar mengenakannya.

Dijelaskan Fuji dirinya memang berencana untuk mengenakan hijab. Namun hal itu tidak akan dilakukannya dalam waktu dekat ini.

"Saat ini, belum ada rencana pakai jilbab," ucap Fuji lewat channel YouTube-nya dikutip Selasa (18/1/2022).

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Impiannya

Sejak lama Fuji telah memikirkan perihal hijab. Ia pun berjanji akan mengenakannya bila dirinya sudah menikah dan dikaruniai anak.

"Nanti, kalau sudah punya tiga anak. Itu memang janjiku pada diri sendiri. Berarti ya sekitar 10, 11, 12 tahun lagi," jelasanya.


Hijab

Unggahan Fuji mengenakan hijab dibanjiri pujian warganet. Banyak yang mendukung dirinya untuk berpenampilan mengenakan hijab.

"Panggil aku ukhti uti," tulisnya dalam keterangan unggahan.


Popularitas

Fuji namanya kini sedang melesat sepeninggal Vanessa Angel dan Bibi Andriansya. Dara 19 tahun itu dikenal baik dalam mengasuh keponakannya Gala Sky Andriansyah. Fuji yang baru membuat kanal YouTube tercatat sudah punya lebih dari 2 juta subscribers.

Saat ini Fuji dikabarkan sedang dekat dengan Thariq Halilintar. Kedekatan mereka sering dibagikan Fuji di Instagram maupun YouTube-nya.

Pesta Nikah ala Anak Sultan

Sosok Putri Fadzilah, Anak Sultan Brunei yang Gelar Pesta Pernikahan 10 Hari Berturut-Turut

Liputan6.com 2022-01-19 13:04:40
Sosok Putri Fadzilah, Anak Penguasa Brunei yang Gelar Pesta Pernikahan 10 Hari Berturut-Turut. foto: Instagram @mediapermata

Di antara anak-anak Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah, nama Putri Fadzilah Lubabul Bolkiah tidak setenar saudaranya, Abdul Mateen Bolkiah atau Pangeran Mateen. Namun, sosoknya baru-baru ini mencuri perhatian karena akan menikah dengan pesta yang digelar selama 10 hari berturut-turut.

Acara pernikahan Fadzilah Lubabul Bolkiah sudah dimulai sejak 16 Januari dan akan berlangsung sampai 25 Januari 2022. Akad nikah akan digelar esok hari, Kamis, 20 Januari 2022, dengan resepsi megah dilaksanakan Sabtu ini.

Dilansir dari SCMP, 18 Januari 2022, Putri Fadzilah terkesan lebih menutup diri sehingga banyak yang tidak mengetahui sosoknya. Putri Fadzilah merupakan putri Sultan Hassanal Bolkiah dari pernikahan keduanya.

Perempuan kelahiran 23 Agustus 1985, ini merupakan putri bungsu Sultan Brunei dengan mantan istrinya, Hajah Mariam Abdul Aziz. Saudara kandung Putri Fadzilah, yakni mendiang Pangeran Azim meninggal pada Oktober 2020 karena penyakit autoimun dan cukup dikenal di kalangan sosialita di Amerika Serikat (AS).

Sementara, adik kandungnya, Pangeran Mateen namanya sudah dikenal luas. Mateen bahkan cukup terkenal di Indonesia setelah mendampingi ayahnya menghadiri pelantikan Jokowi dan KH Ma'ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden pada Oktober 2019.


Kuliah di Inggris dan AS

Sultan Hassanal Bolkiah sudah berkuasa di Brunei sejak 1967 dan merupakan pemimpin kerajaan terlama di dunia setelah Ratu Eizabeth II di Inggrus. Keluarga penguasa Brunei ini juga termasuk salah satu keluarga kerajaan terkaya di dunia dengan nilai kekayaan sekitar 28 miliar dolar AS atau sekitar Rp406 triliun.

Putri Fadzilah menempuh pendidikan tinggi di Inggris dan AS. Pada 2008, saat usianya 22 tahun, Fadzilah memperoleh gelar dalam studi internasional dari Kingston University di London, Inggris.

Kemudian pada 2015, sang putri memperoleh gelar master dalam administrasi bisnis atau MBA dari Hult International Business School di Cambridge, Massachusetts, AS. Walaupun sedikit tertutup, ternyata Putri Fadzilah juga disebut sebagai putri yang sporty dengan aktif bermain polo dan berkuda sejak remaja.


Upacara Kerajaan

Ia juga merupakan kapten tim bola net nasional Brunei. Ia pernah mengungkapkan pada Channel News Asia bahwa rekan satu timnya memanggil dirinya dengan sebutan Fad, dan dikenal orang yang iseng.

Putri Fadzilah nampaknya sangat senang berolahraga dan berharap bisa terus mendukung dan menghasilkan atlet yang lebih terampil di Brunei. Berbicara tentang pernikahannya, Putri Fadzilah akan menikah dengan Abdullah Nabil Mahmoud Al-Hasimi.

Hari pertama upacara dimulai dengan upacara kerajaan diikuti dengan pembukaan, perjamuan kerajaan dan upacara penutupan. Menurut situs Malaysia Hype, upacara pernikahan digelar tertutup karena hanya mengundang tamu-tamu khusus. Pihak kerajaan Brunei Darussalam sudah menggelar upacaara penerimaan tanda kerajaan dan pertunangan yang dilaksanakan di Istana Nurul Iman, pada 18 Januari 2022.


Gaun Pernikahan Raisa

 

Di Balik Video Mirip Nagita

Miss Kay, Sosok Wanita yang Disebut di Balik Video Nagita Slavina 61 Detik

Liputan6.com 2022-01-19 15:20:47
Miss Kay, Sosok Wanita yang Disebut Ada Dibalik Video Nagita Slavina 61 Detik. (Instagram @nagitaslavina__1717)

Miss Kay, belakangan disebut-sebut sebagai sosok di balik video syur Nagita Slavina 61 detik yang belum lama ini viral di sosial media (sosmed).

Nama itu terungkap dari netizen yang membagikan informasi di akun Instagram @nagitaslavina__1717 pada Selasa 18 Januari 2022.

"Nah jadi video real nya muka nya ini ya.Terimakasih yang tetap percaya sama Mama Gigi & tetap mendukung Mama Gigi ," tulis @nagitaslavina__1717.

Sementara itu, salah seorang warganet membagikan informasi soal dugaan pemeran video syur kepada Roy Suryo. Ia secara gamblang menyebut nama Miss Kay dalam kicauan di Twitter.

"Namanya Miss Kay," tulis akun @renotrimitra pada akun Twitter Pakar Telematika Roy Suryo @KRMTRoySuryo2, Sabtu 15 Januari 2022.

"bener, dia streamer," jawab @ogxrap.

"Badan miss kay itu bukan Nagita Slavina," imbuh @shadklyJefry.

Berdasarkan kabar yang beredar, sosok Miss Kay kerap mengisi situs dewasa di streaming berbayar. Namun belum didapatkan informasi lebih lanjut mengenai benarkah perempuan itu adalah pemeran dalam video syur mirip Nagita Slavina.


Kata Polisi

Sebelumnya, rekaman video syur yang disebut-sebut mirip artis Nagita Slavina beredar di media sosial. Satreskrim Polres Metro Jakarta Pusat melakukan penyelidikan usai menerima laporan dari Kongres Pemuda Indonesia (KPI).

Laporan terdaftar dengan nomor B/100/I/2022/SPKT/Resort Jakpus/POLDA METRO JAYA.

Dalam rekaman yang tersebar di beberapa akun twitter terlihat, wanita itu memperagakan aksi tak senonoh di atas tempat tidur. Dalam video itu, disisipkan dua foto yang diduga artis Nagita Slavina.

Terkait hal ini, Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Pusat AKBP Wisnu Wardhana memastikan rekaman video merupakan hasil rekayasa orang-orang tak bertanggung jawab.

Hal ini berdasar hasil penyelidikan dari Satreskrim Polres Metro Jakarta Pusat bersama Subdit Siber Ditreskrimsus Polds Metro Jaya.

"Hasil koordinasi dengan Subdit Siber Polda Metro Jaya, video itu fake alias palsu, hasil editing," kata dia kepada wartawan, Sabtu 15 Januari 2022.

Wisnu menerangkan, Satreskrim Polres Metro Jakarta Pusat dalam waktu dekat akan memanggil Presiden Kongres Pemuda Indonesia Pitra Romadoni selaku pelapor untuk dimintai keterangan dalam kasus ini.

Menurut Wisnu, penyidik merasa perlu menggali lebih jauh keterangan dari pelapor.

Sebab saat itu, pelapor hanya memberikan bukti berupa tangkapan layar dan rekaman video. Pelapor sendiri tidak menyebut orang yang dilaporkan.

"Kan belum tahu ini yang dilaporkan siapa. Dia melaporkan Nagita-nya atau siapa. Kan belum ada hasil klarifikasinya. Makanya kita lihat klarifikasi dari pelapor apakah hasilnya nanti. Ini (video) palsu kan hasil koordinasi. Nanti kita akan sampaikan kepada yang bersangkutan kepada pelapor hasilnya seperti ini," ucap dia.

Wisnu mengatakan, pemanggilan terhadap pelapor dijadwalkan pada pekan depan. "Minggu depan (pemeriksaan pelapor)," ujar dia.

Wasit Wanita Cetak Sejarah

Kisah Wasit Wanita, Salima Mukansanga Cetak Sejarah di Piala Afrika 2022

Liputan6.com 2022-01-19 13:30:56
Salima Mukansanga, wasit pertama yang memimpin pertandingan Piala Afrika (Kenzo Tribouillard / AFP)

Piala Afrika 2022 kembali menghadirkan cerita menarik seputar sepak terjang wasit yang bertugas. Namun kali ini bukan tentang keputusan kontroversial, tapi justru hal yang sangat membanggakan.

Sebelumnya, Piala Afrika 2022 yang dianggap membosankan sempat dicengangkan oleh blunder yang dilakukan wasit, Janny Sikazwe saat memimpin laga Tunsia melawan Mali. Sikazwe menjadi bulan-bulanan kritik setelah dua kali meniup peluit panjang saat laga belum melewati menit ke-90.

Belakang diketahui bila Sikazwe tidak fokus karena dehidrasi. Wasit asal Zambia itu bahkan harus dilarikan ke rumah sakit usai pertandingan tersebut. (simak cerita selengkapnya pada tautan ini).

Cerita tentang sepak terjang wasit di Piala Afrika 2022 ternyata tidak berhenti sampai di sini. Belum lama ini, publik kembali dibuat tercengang oleh komposisi pengadil lapangan yang diturunkan saat pertandingan Zimbabwe melawan Guinea pada Selasa siang (18/1/2022) waktu setempat.

Seperti dilansir dari Marca, untuk kali pertama dalam sejarah, pertandingan Piala Afrika akhirnya dipimpin oleh wasit wanita, yakni Salima Mukansanga. Tidak itu saja, wanita asal Rwanda itu dibantu oleh tiga wanita hebat lainnya, yakni asisten wasit Fatiha Jermoumi dari Maroko dan Carine Atemzabong dari Kamerun. Sedangkan Bouchra Karboubi dari Maroko ditugaskan di bagian VAR.

"Kami ingin tunjukkan kepada dunia, kami bisa melakukan sesuatu," kata Mukansanga kepada ESPN.


Kiprah Mukansanga

Mukansanga sebenarnya sudah mengukir sejarah di Piala Afrika saat ditugaskan sebagai ofisial keempat pada pertandingan Guinea melawan Malawi pada 10 Januari lalu. Saat itu dia menjadi wanita pertama sepanjang sejarah Piala Afrika yang mendapat kepercayaan sebagai ofisial pertandingan.

"Kami dapat menunjukkan bahwa kami dapat menjadi wasit permainan pria di level yang sulit dan berhasil. Hukum Permainannya sama, kami sekarang menggunakan VAR, sama seperti Piala Dunia, Olimpiade, dan ini adalah peluang besar, untukku dan untuk wanita lain," kata Mukansanga.

"Saya ingin wanita lain mendukung saya, wasit wanita lain dan wanita di seluruh dunia, karena kita bisa melakukan sesuatu," bebernya.


Butuh Kerja Keras

Eddy Maillet, ketua komite wasit CAF juga bangga melihat kiprah Mukansanga. Sebab menurutnya, wanita yang akrab dipanggil Salima itu telah bekerja keras untuk sampai tahapan ini.

"Kami tahu bahwa, bagi seorang wanita, dia harus mengatasi rintangan serius untuk mencapai level ini dan dia pantas mendapatkan banyak pujian," katanya.

"Momen ini bukan hanya untuk Salima tetapi untuk setiap gadis muda di Afrika yang memiliki hasrat untuk sepak bola dan yang melihat dirinya sebagai wasit di masa depan," Maillet menambahkan.

Sementara itu, laga di Ahmadou Ahidjo Stadium yang dipimpin Mukansanga berakhir dengan skor 2-1 untuk Zimbabwe. Sepanjang laga, Mukansanga mengeluarkan enam kartu kuning, 3 kartu untuk Zimbabwe dan 3 kartu untuk Guinea.

Jakarta Masih Kebanjiran

102 RT di Jakarta Tergenang Banjir, 1.195 Jiwa Mengungsi

Liputan6.com 2022-01-19 17:43:09
Banjir yang menggenangi sebuah jalan di Jakarta Pusat, Selasa (18/1/2022). (Istimewa)

Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta Mohamad Insaf menyatakan, ada 102 RT di Jakarta yang tergenang banjir.

"Informasi genangan saat ini ada 102 RT atau 0,335 persen dari 30.470 RT dan 1 ruas jalan tergenang yang ada di DKI Jakarta," kata Insaf dalam keterangan tertulis.

Dia mengatakan, jumlah pengungsi pun terus bertambah, yaitu 310 kepala keluarga (KK) atau 1.195 jiwa. Pengungsi tersebar di sejumlah lokasi.

Pengungsi banjir tersebar di Rusunawa Binaan Tegal Alur, Musala Al-Hidayah, belakang bubur Olo Olo, RPTRA Alur Anggrek, Masjid Darurohman, Majlis Ta'lim Al-Hikmah, RPTRA Kemuning, Majlis Ta'lim Durrotul Abiddin, Musala Al-ikhlas, Masjid Nurul Hidayat, Majelis Nurul Husna.

Lalu di majelis Taklim Nurul Hidayah, kantor Sekretariat RW 01, Musala Al-Hidayah RT 07 RW 10, Masjid An Nur, dan Reddoorz.


Daftar lokasi banjir

Berikut daftar lokasi banjir di Jakarta:

Jakarta Barat terdapat 93 RT terdiri dari:

Kelurahan Tegal Alur

Ketinggian : 40 - 90 cm, dengan jumlah 34 RT

Penyebab : Curah Hujan Tinggi, ROB dan Luapan Kali Semongol

Kelurahan Kamal

Ketinggian : 40 - 50 cm, dengan jumlah 32 RT

Penyebab : Curah Hujan Tinggi dan ROB

Kelurahan Cengkareng Barat

Ketinggian : 50 - 80 cm, dengan jumlah 19 RT

Penyebab : Curah Hujan Tinggi dan ROB

Kelurahan Kapuk

Ketinggian : 50 cm, dengan jumlah 8 RT

Penyebab : Curah Hujan Tinggi


Jakarta Utara

Jakarta Utara terdapat 9 RT terdiri dari:

Kelurahan Cilincing

Ketinggian : 60 cm, dengan jumlah 9 RT

Penyebab : Curah Hujan Tinggi dan Luapan Kali Begog

"Jalan tergenang di satu ruas jalan tergenang di Jakarta Utara dengan ketinggian 40 cm," jelas dia.

Bisnis dan Prestasi Putri Tanjung

Tengok Bisnis dan Prestasi Putri Tanjung, Anak Pengusaha Chairul Tanjung

Liputan6.com 2022-01-19 15:12:02
Gaya busana Putri Tanjung. (Foto: instagram/ putri_tanjung)

Putri dari pengusaha Chairul Tanjung, yakni Putri Tanjung tengah menjadi perbincangan warganet terkait kutipannya yang beredar di media sosial.

Kutipan itu berbunyi, "Gimana kita bisa tau resikonya kalau engga kita ambil? High risk, high return."

Putri konglomerat ini sejatinya sudah dikenal sebagai pengusaha. Dalam video YouTube unggahan CGV Kreasi berjudul "Putri Indah Tanjung Bongkar Cerita Masa Kecil Hingga Menuju Sukses (Staf Khusus Milenial Jokowi)," Putri mengungkapkan perjalanan memulai bisnisnya tidak se-indah yang dipikirkan orang-orang.

"Bapak memperbolehkan aku berbisnis, asalkan dua (syaratnya). Yang pertama, jangan minta modal sama bapak, dan jangan ajuin proposal ke semua perusahaan bapak," ungkap Putri.

Putri pun menanyakan alasan dari pernyataan ayahnya tersebut. "Karena kalau kamu rugi, bapak gak mau rugi, kamu harus rugi sendiri," ceritanya.

Saat ini, Putri Tanjung dikenal sebagai Founder & CEO of CXO Media, platfrom penyedia konten kreatif generasi milenial.

Diketahui bahwa di usia 15 tahun, Putri sudah aktif menjadi CEO Creativepreneur Even Creator dan Chief Officer Kreatif.

Sarjana Academy of Art di San Fransisco, Amerika Serikat ini juga kerap menyelenggarakan acara bertemakan kewirausahaan dengan konsep khas milenial melalui EO yang dimilikinya.

Karena pengaruhnya yang berhasil menginspirasi banyak kalangan muda, Putri Tanjung pada 2019 lalu juga mendapatkan kehormatan menjadi staf khusus Presiden termuda.


Postingan Twitter Warganet Soal Putri Tanjung

"Serius, orang-orang sangat membenci Putri Tanjung karena keistimewaannya? Tidak heran Anda terus gagal dalam hidup, Anda selalu fokus pada bagian negatif daripada gambaran besar seseorang," tulis akun @thatsroughbddy, yang diterjemahkan dari Bahasa Inggris.

Berikut sejumlah tweet warganet di Twitter mengenai Putri Tanjung, dimuat pada Rabu (19/1/2022) :

Seriously, people really hate Putri Tanjung because of her privilege? No wonder you keep failing in life, you always focus on the negative part instead of the whole big picture.

orang-orang knapa si pd salty-in putri tanjung. padahal "berjuang" kan porsinya g harus sama. ngembangin bisnis ga semudah itu, meskipun punya previlege ortu pengusaha. menurut gw pencapaiannya patut diapresiasi. yg kita liat dan contoh harusnya usahanya, jgn hasil akhirnya tok

pic.twitter.com/8d2ukM0uQN

Surat Penuh Cinta dari Andy Shinhwa

Andy Shinhwa Umumkan Rencana Pernikahan, Kirim Surat Penuh Cinta untuk Penggemar

Liputan6.com 2022-01-19 14:20:45
Andy Shinhwa. (Instagram/ andyofficial___)

Anggota grup K-Pop senior Shinwa satu demi satu melepas masa lajang. Yang paling baru adalah Andy Shinhwa.

Dilansir dari Soompi, Rabu (19/1/2022), kabar bahagia ini disampaikan Andy lewat sepucuk surat kepada fans, lewat akun Instagram pribadinya. Surat tulisan tangan ini penuh dengan cinta Andy untuk Shinhwa Changjo, sebutan untuk penggemar grupnya.

"Halo ini Andy Shinhwa. Tahun 2022 adalah tahun ke-24 sejak Shinhwa bertemu dengan Shinhwa Changjo," tulisnya di awal kalimat.

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Cinta Penggemar

"Tahun-tahun telah berlalu, banyak hal telah terjadi, tapi cinta dan dukungan tak berbatas yang kalian kirim telah menjadikan siapa diriku saat ini. terima kasih," Andy menambahkan.


Tentang Calon Istri

Idola berusia 40 tahun ini kemudian masuk ke pokok suratnya.

"Hari ini, aku ingin menjadi yang pertama mengabarkan berita ini kepada kalian. Aku telah menemukan seseorang yang kuinginkan, untuk menghabiskan seluruh hidupku bersamanya. Ia adalah seseorang yang membuatku tertawa pada masa sulit, dan begitu perhatian kepadaku," tulisnya.

"Sekarang, alih-alih hidup sendiri, aku akan hidup bersamanya," ia meneruskan.


Minta Restu

Di pengujung suratnya, Andy meminta restu penggemar untuk memasuki hidup baru.

"Kumohon restui awal baruku, dan sambut kami dengan tatapan hangat. Aku akan selalu memperlihatkan sisiku yang lebih baik sebagai Andy Shinhwa," ia menutup suratnya.


Anggota Ketiga

Andy adalah member Shinhwa ketiga yang telah melepas masa lajang. Eric menjadi anggota pertama yang mengucap ikrar sehidup semati pada 2017, disusul Junjin tiga tahun setelahnya.

Selamat, Andy!

Jurus Atasi Mahalnya Minyak Goreng

HEADLINE: Minyak Goreng Dipatok Rp 14.000 Seliter, Ampuh Atasi Harga Meroket?

Liputan6.com 2022-01-20 00:00:00
Penjual memperlihatkan minyak goreng kemasan di kiosnya Pasar Kebayoran Lama, Jakarta, Rabu (19/1/2022). Pemerintah resmi mengimplementasikan kebijakan minyak goreng satu harga Rp14.000 per l

Harga minyak goreng mengamuk sejak sebelum periode Natal 2021 dan Tahun Baru 2022. Harga minyak goreng sempat melambung hampir dua kali lipat atau 100 persen.

Biasanya atau normalnya, harga minyak goreng ada di kisaran 14 ribu per liter. Namun dalam dua bulan ini harganya melompat menjadi Rp 24 ribu per liter.

Banyak masyarakat mengeluh dengan kenaikan harga ini. Salah satunya adalah pengusaha warteg. Ketua Komunitas Warung Tegal Nusantara (Kowantara) Mukroni mengatakan, para pengusaha warteg tidak berani menaikkan harga makanan meskipun harga minyak goreng naik, karena takut ditinggal lari pelanggan.

"Sementara kami belum berani naikan harga karena memberatkan para pelanggan yang daya ekonominya belum pulih sepenuhnya. Takutnya pelanggan lari dari kami karena harganya mahal," papar dia kepada Liputan6.com, Rabu (19/1/2022).

Akibatnya, pengusaha warteg harus menanggung kerugian, meski tidak terlalu besar atau di bawah 10 persen dari pendapatan normal. Itu berkat strategi yang dijalankan, dengan mengecilkan porsi makanan jualan saat harga minyak goreng melambung. "Untuk sementara kami mengecilkan ukuran gorengan, tapi tidak menaikan harga makanan," ujar Mukroni.

Mengatasi kenaikan harga minyak goreng yang tak masuk akal ini, pemerintah pun menjalankan berbagai langkah. Pertama yang dilakukan adalah menjalankan operasi pasar.

Di awal tahun, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi melibatkan 70 industri minyak goreng sebagai upaya mendukung program penyediaan minyak goreng terjangkau bagi masyarakat. Program operasi pasar pemerintah dan industri ini ditargetkan berlangsung selama 6 bulan.

Namun ternyata upaya operasi pasar tidak ampuh. Harga minyak goreng masih di atas langit. Oleh karena itu, pada Selasa 18 Januari 2022, pemerintah memutuskan untuk mematok harga minyak goreng.

Mendag mengatakan bahwa pemerintah memberlakukan minyak goreng satu harga. Harga yang ditetapkan Rp 14.000 per liter untuk kemasan 1 liter, 2 liter, 5 liter, hingga 25 liter. Harga minyak goreng ini mulai berlaku pada 19 Januari 2022 pukul 00.01 dan dikhususkan untuk penggunaan rumah tangga dan usaha mikro dan kecil.

"Seluruh minyak goreng baik premium dan sederhana akan dijual setara Rp 14 ribu per liter, atau semua jenis kemasan baik premium maupun sederhana mulai 1 liter hingga 25 liter bagi pemenuhan kebutuhan rumah tangga dan usaha mikro dan kecil," kata dia dalam konferensi pers yang berlangsung pada Selasa 18 Januari 2022.

Kebijakan ini akan lebih dulu berlaku di seluruh toko ritel yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo). Artinya, untuk kemasan minyak goreng di pasar tradisional, penyesuaian harganya akan menyusul satu minggu kemudian.

"Sebagai awal pelaksanaannya, kebijakan minyak satu harga akan dilakukan melalui ritel modern yang jadi anggota Aprindo. Kemudian untuk pasar tradisional akan diberikan waktu satu minggu untuk lakukan penyesuaian," katanya.

Tak Perlu Panik

Mendag pun mengimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan pembelian secara berlebihan dengan adanya minyak goreng satu harga ini.

"Tak perlu panic buying karena pemerintah jamin bahwa pasokan dan stok minyak goreng dengan harga Rp 14 ribu, pemerintah akan mencukupi kebutuhan masyarakat," tegasnya.

Pemerintah melalui Badan Pengelola Dana Perkebunan Sawit (BPDPKS) menambah subsidi sebesar Rp 7,6 triliun untuk membiayai penyediaan minyak goreng kemasan. Mendag Lutfi menyebut akan sediakan 250 juta liter per bulan.

"Atau setara 1,5 miliar liter selama enam bulan kedepan. Ini sudah disosialisasikan kepada produsen dan pengusaha ritel," katanya.

Mendag pun meminta kepada pelaku ekspor bahan baku minyak goreng untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri. Dengan memastikan akan mengenakan sanksi pembekuan usaha hingga pencabutan izin ekspor.

Tujuannya, untuk memastikan pasokan bahan baku minyak goreng dalam negeri terpenuhi. Sehingga masyarakat rumah tangga, pelaku usaha mikro dan kecil mampu menjangkau harga minyak goreng murah.

Bahkan, Mendag Lutfi menerbitkan Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 02 Tahun 2022 Tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 19 Tahun 2021 Tentang Kebijakan dan Pengaturan Ekspor. Peraturan Menteri ini mulai berlaku pada 24 Januari 2022.

"Kebijakan in digunakan ini sebagai pencatatn sebagai pelaku usaha yang akan ekspor palm olein atau CPO agar minyak goreng terpantau dan pasokan CPO bahan baku minyak sawit tersedia. Ini bukan pelarangan untuk ekspor CPO dan Palm Olein, ini untuk catatan untuk ketersediaan CPO di dalam negeri. Dan ketersediaan barang ke luar," katanya.

"Tak ada larangan untuk lakukan ekspor pada saat ini. Kemudian, kami lanjutkan, dalam hal ini nanti kepada para produsen atau eksportir ketentuan tersebut akan ada sanksi pencabutan dan pembekuan," imbuhnya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Harga Turun TapiDibatasi

Perintah dari Mendag soal minyak goreng satu harga tersebut langsung dijalankan peritel. Pada 19 Januari 2022, beberapa minimarket yang dikunjungi oleh Liputan6.com sudah menjual minyak goreng dengan harga Rp 14 ribu per liter. Harga ini berlaku untuk semua merek.

Di sebuah minimarket di kawasan Cipadu Tangerang Selatan, tampak masyarakat menyerbu minyak goreng. Warga antre di kasir untuk membayar.

Sedangkan di rak pajang tinggal ada beberapa kemasan saja. Padahal waktu baru menunjukkan pukul 10.00 WIB.

"Saya tahu dari tetangga, harga minyak goreng sudah turun jadi Rp 14 ribu. Dia sudah beli duluan makanya saya langsung lari ke sini," kata Ida (52), salah satu pembeli kepada Liputan6.com.

Di minimarket tersebut, pembelian dibatasi tidak boleh lebih dari 2 liter. Menurut penjaga minimarket, pembatasan tersebut memang diperintahkan oleh kantor pusat.

Manajemen PT Indomarco Prismatama, pengelola Indomaret mengatakan bahwa perusahaan juga membatasi jumlah pembelian minyak goreng.

Ada pembatasan pembelian minyak goreng maksimal dua liter per konsumen per hari dan kemasan lima liter maksimal satu pcs.

"Benar. Pembatasan ini tujuannya lebih untuk pemerataan kepada konsumen," ujar Direktur Marketing PT Indomarco Prismatama, Darmawie Alie saat dihubungi Liputan6.com, lewat pesan singkat Rabu (19/1/2022).

Ia juga menyatakan, pihaknya sudah menjual minyak goreng sesuai dengan harga yang telah diumumkan Rp 14.000. "Ya seperti yang diumumkan di toko," kata dia.

Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Aprindo Roy Nicholas Mandey pun memastikan, seluruh ritel modern di berbagai penjuru Indonesia sudah menjual minyak goreng satu harga sejak waktu yang sudah ditentukan.

"Oh iya, per hari ini sudah kita lakukan. Itu di seluruh Indonesia, dari Aceh sampai Jayapura, tanpa terkecuali," tegas Roy Mandey kepada Liputan6.com, Rabu (19/1/2022).

Namun, dia tidak bisa menindaki jika ada pelaku usaha di luar anggota Aprindo yang menjual harga minyak goreng di atas Rp 14 ribu per liter.

"Kalau dia bukan anggota Aprindo kita tidak setop ya. Kalau yang belum menjual Rp 14 ribu pasti bukan anggota Aprindo, dan itu tugas pemerintah, dalam hal ini Kementerian Perdagangan yang akan menindak," ungkapnya.

Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) mendukung kebijakan pemerintah soal minyak goreng satu harga di level Rp 14 ribu per liter. GAPKI pun menjamin ketersediaan minyak sawit untuk bahan baku minyak goreng aman.

"Kami dari GAPKI tidak secara langsung berhubungan dengan minyak goreng, maka posisi kami adalah kalau GAPKI tentu mendukung program ini yang dipimpin oleh Kementerian Perdagangan. Yang jelas bahwa kami bisa mengatakan ketersediaan CPO untuk bahan baku minyak goreng sangat cukup," kata Ketua Umum Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) Joko Supriyono.

Warung Kelontong

Sedangkan Ketua Umum Asosiasi Industri Minyak Makan Indonesia (AIMMI) Adi Wisoko, tidak yakin Pemerintah dapat menjamin harga minyak goreng bisa turun di kisaran Rp 14 ribu per liter hingga seluruh pelosok tanah air.

Lantaran, program distribusi minyak goreng kemasan sederhana sebanyak 11 juta liter melalui operasi pasar dan ritel modern yang dimulai sejak November 2021 dinilai tidak memenuhi target. Bahkan harga minyak goreng masih tetap mahal.

"Arti kata secara keseluruhan tidak memenuhi komitmen yang seharusnya 11 juta liter ini. Maka, itulah yang terjadi, lanjutan dari minyak goreng tetap tinggi tidak turun," kata Adi dalam RDP dengan Komisi VI DPR RI, Rabu (19/1/2022).

Sekarang Pemerintah menerapkan kebijakan minyak goreng satu harga sebesar Rp 14 ribu per liter yang diberlakukan untuk seluruh kemasan sederhana hingga bermerek.

Peran BPDPKS sangat menentukan dalam menanggung semua kerugian yang dialami oleh penjual ritel modern, penjual toko, hingga penjual warung eceran. Selain itu, Pemerintah juga harus membuktikan hingga level bawah bahwa minyak goreng semua dijual rata Rp 14 ribu per liter.

"BPDP itu harus bisa bertanggung jawab, artinya kalau kita jual supermarket atau minimarket jelas ada, kalau kita jual ke toko-toko itu tokonya jelas. Namun, bagaimana mendapatkan bukti itu bisa capai Rp 14 ribu sampai tingkat pembeli eceran yang terbawah di warung-warung," ujarnya.

Mungkin untuk ritel modern bisa mudah terdata, dan dapat segera mengajukan kerugiannya ke BPDPKS untuk mengganti ongkos beli sebelumnya dari produsen. Namun, untuk warung-warung eceran bawah cukup sulit.

"Sisa-sisa yang belum terjual harus tercatat semua terbukti semua baru bisa diajukan ke BPDP, ini yang sudah ada di supermarket. Hasilnya tidak tahu apakah bisa menurunkan secara keseluruhan dan bisa menikmati harga Rp 14 ribu, kita hanya bisa nunggu," pungkasnya.


Kebijakan Pilih Kasih

Sedangkan Sekretaris Jenderal Induk Koperasi Pedagang Pasar (Inkoppas), Ngadiran, mengatakan program minyak goreng satu harga Rp 14 ribu per liter tidak turut dirasakan pedagang pasar.

"Sampai dengan hari ini saya coba monitor kawan-kawan di pasar, temen-temen pedagang itu belum mendapatkan alokasi atau belum bisa menjual minyak goreng yang harga Rp 14 ribu," kata Ngadiran kepada Liputan6.com, Rabu (19/1/2022).

"Karena, kalau minyak goreng harga itu menurut keterangan pak Dirjen Perdagangan Dalam Negeri (Kementerian Perdagangan), penjualnya hanya ritel modern," ungkapnya.

Dia pun menyesalkan implementasi kebijakan minyak goreng satu harga yang seakan pilih kasih tersebut. Sebab, banyak pelanggan yang kemudian lari meninggalkan pasar untuk beralih ke toko ritel modern.

"Otomatis lah (ditinggal). Karena di ritel modern, Alfamart/Indomaret di mana saja menjual dengan itu, ngapain ke pasar yang harganya Rp 18-19 ribu, atau 2 liter Rp 38-40 ribu," terangnya.

"Mereka juga akan belanja ke hypermarket, minimarket maupun ritel modern yang ada di wilayahnya. Jangankan beda Rp 3-4 ribu, beda Rp 500 aja masyarakat lari," keluh Ngadiran.

Padahal, Ngadiran beberapa kali sudah berkontak dengan Kementerian Perdagangan agar pedagang pasar turut mendapat alokasi minyak goreng Rp 14 ribu. Menurut dia, pedagang pasar sudah siap mengikuti tata cara dan syarat yang ditetapkan pemerintah.

"Saya sudah menyampaikan, saat kami dialog secara virtual maupun lewat media lain, kami menyampaikan, kami selaku pedagang pasar tradisional, warung tradisional juga diberikan kesempatan untuk membantu masyarakat dan pemerintah menjual minyak goreng yang katanya dijual Rp 14 ribu," tuturnya.


Ada Permainan

Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mengendus ada praktik kartel dalam urusan harga minyak goreng yang melambung di tanah air. Alasannya, Indonesia sebagai produsen Crude Palm Oil (CPO) terbesar di dunia tak mampu menstabilkan harga minyak goreng di harga wajar.

Ketua Pengurus Harian YLKI Tulus Abadi menilai, jika Indonesia sebagai produsen terbesar CPO, seharusnya harga minyak goreng tak akan melambung tinggi di pasaran domestik. Kemudian, ia pun menduga peningkatan demand di periode Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru) bukan penyebab kenaikan harga yang belum kunjung menurun.

"Sejak awal saya menduga bahwa ini bukan efek nataru, karena kalau efek nataru tentu kenaikannya tidak gila-gilaan atau diluar batas kewajaran. Oleh karena itu ini ada dugaan kartel atau praktik usaha persaingan tidak sehat lainnya. Sehingga sangat mendistorsi pasar baik dari segi harga atau pasokan," katanya.

Dengan begitu, ia meragukan upaya pemerintah yang mengguyur subsidi untuk menurunkan harga minyak goreng tak akan menyelesaikan masalah. Justru malah akan membuang-buang anggaran.

"Karena sebenarnya penyakit intinya bukan soal itu saja, tapi harusnya pemerintah mengendus dan membongkar adanya dugaan kartel terhadap bisnis CPO dan minyak goreng di indonesia," kata Tulus.


Dugaan Kartel

Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) tengah melakukan penyelidikan terkait dugaan praktik kartel penyebab mahalnya harga minyak goreng di pasaran.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat dan Kerja Sama KPPU Deswin Nur menyampaikan, saat ini proses penyelidikan masih dalam tahap awal. Yakni, pada tahap penelitian. "Iya, bahwa untuk (praktik kartel) minyak goreng, masih dalam penelitian KPPU," ujarnya.

Deswin melanjutkan, sejauh ini KPPU belum melakukan intervensi maupun memanggil para pelaku usaha terkait.

Adapun, temuan penelitian atas terjadinya dugaan praktik kartel pada komoditas pangan berbasis CPO tersebut akan segera diumumkan.

Pangkas Ekspor Sawit

Anggota Komisi VI DPR RI, Andre Rosiade, mengusulkan pemerintah mengurangi ekspor kelapa sawit atau crude palm oil untuk mengatasi harga minyak goreng yang melambung di dalam negeri.

Hal itu disampaikan dalam RDPU dengan beberapa asosiasi minyak, di antaranya Ketua Gabungan Industri Minyak Nabati Indonesia (GIMNI), Ketua Umum Asosiasi Industri Minyak Makan Indonesia (AIMMI).

Kemudian, Ketua Umum Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI), dan Direktur Utama PT. Kharisma Pemasaran Bersama Nusantara (KPBN) INACOM, Rabu (19/1/2022).

"Tinggal mengurangi pasar ekspor untuk diwajibkan mengisi kebutuhan dalam negeri dulu karena CPO (Crued Palm Oil) ini kan produksinya Indonesia. Masa ekspor yang kita kasih kesempatan dulu?" kata Andre.

Menurut dia, ekspor kelapa sawit dikurangi demi memenuhi kebutuhan dalam negeri. Dia menegaskan tidak peduli dengan harga kelapa sawit tembus diangka Rp 15 ribu per kg, yang terpenting kebutuhan masyarakat diutamakan.

"Mohon maaf kita enggak peduli harga CPO ini Rp 15 ribu atau berapa, tapi bagaimana rakyat Indonesia ini harus dikedepankan," tegasnya.