"Lemper Lebih Enak daripada Sushi"

Wander Luiz Sebut Lemper Lebih Enak daripada Sushi

Liputan6.com 2022-01-20 07:02:00
Striker Pss Sleman Wander Luiz suka dengan makan lemper (dok.Instagram/@wanderluiz_/https://www.instagram.com/p/CYBshuAlwTf/Komarudin)

Setiap pemain sepak bola tentu kurang lengkap jika tak mencicipi makanan di tempat ia bermain. Begitu juga dengan Wander Luiz, pemain sepak bola asal Brasil yang sekarang membela PSS Sleman.

Dalam sebuah unggahan di akun Instagram pribadinya @wanderluiiz_, ia mencoba mencicipi salah satu makanan Indonesia. Dalam video yang dibagikan itu, ia mencoba makan lemper.

"Yang 1 ini saya belum pernah lihat," ucap Wander Luiz. Ia memegang lemper yang dibungkus dengan daun pisang.

Kepada lawan bicaranya, Wander Luiz menyebut bahwa lemper mirip dengan makanan Jepang. Ia tampak senang dengan makan lemper.

"Seperti sushi," kata dia sambil tertawa. "Oke coba," imbuhnya.

Wander Luiz lalu mengunyah makanan tersebut. Sambil mengangguk-angguk, ia mencoba merasakan lemper itu. "Ya, terlihat seperti sushi," tegasnya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Lemper Lebih Enak daripada Sushi

Tak hanya sama dengan bentuknya, menurut Wander Luiz, rasa lemper juga sama dengan rasa sushi. Ia mengatakan enak dan menyukai lemper.

"Ini tuna di dalamnya?" tanya Wander. "Bukan!" jawab lawan bicaranya. "Ayam," imbuhnya.

"Ayam?" tanya Wander Luiz penasaran. "Ini lebih enak dari sushi," kata dia. "Saya habisin, maaf," sambung Wander Luiz sambil tertawa.


Kunjungi Tangkubanparahu

Dihimpun dari beberapa sumber, Wander Luiz bernama lengkap Wander Luiz Queiroz Dias. Ia lahir di Espirito Santo, Brasil, pada 17 Februari 1992.

Pesepak bola ini memiliki tinggi badan 1,90 meter. Ia bergabung dengan PSS Sleman pada 25 Desember 2021.

Sebelum bergabung dengan PSS Sleman, Wander Luiz sempat bermain dengan Persib Bandung. Saat berada di sana, ia sempat mengunjungi Taman Wisata Alam Gunung Tangkubanparahu.


Infografis - Nilai Pasar Skuad Klub BRI Liga 1

 

Ridwan Kamil Pimpin Ibukota Baru?

Santer Diisukan Jadi Kepala Otorita Ibukota Negara Baru, Begini Respons Ridwan Kamil

Liputan6.com 2022-01-20 17:00:00
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)

Nama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil santer diisukan menjadi salah satu kandidat calon Kepala Otorita Ibukota Negara Baru di Kalimantan Timur. Isu tersebut muncul setelah Presiden Joko Widodo membeberkan kriteria calon Kepala Otorita Ibukota Negara, yaitu punya latarbelakang arsitektur dan pernah memimpin wilayah.

Menangapi hal itu, Ridwan Kamil mengaku tidak mau gede rasa. Pasalnya, kata dia, hal tersebut masih sebatas perkiraan.

"Semalam saya sudah baca soal kriteria-kriteria itu. Tapi bukan hanya saya, ada Wali Kota makassar. Bu Risma juga arsitek dan pernah memimpin daerah," kata Ridwan Kamil saat ditemui usai berziarah ke Makam Syaikhona Kholil di Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur, Kamis (20/1/2022).

Ridwan Kamil pun ogah menanggapi seandainya dia yang dipilih Presiden Joko Widodo menduduki jabatan Kepala Otorita IKN Nusantara.

Bagi dia, siapa pun yang dipilih Presiden Jokowi nantinya, harus semaksimal mungkin menjalankan tugas membangun dan menyiapkan ibukota negara baru yang berlokasi di Kalimantan Timur.

"Saya tidak mau menanggapi hal yang belum pasti, Saya tidak mau geer, takut keliru," katanya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Jokowi Punya Waktu 2 Bulan

Pada Rapat Paripurna DPR ke 13, Selasa, 18 Januari lalu, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang atau RUU Ibu Kota Negara menjadi undang-undang.

Pengesahan RUU ini ditandatangani oleh 276 anggota dewan, dimana 77 orang hadir secara fisik dan sisanya 199 orang hadir secara virtual.

Sesuai aturan Presiden Joko Widodo harus menunjuk kepala Otorita IKN paling lambat dua bulan setelah undang-undang disahkan.

Pasal 10 UU IKN menyebutkan, Jabatan Kepala Otorita IKN Nusantara dan Wakilnya adalah lima tahun dan dapat diangkat kembali dalam masa jabatan yang sama.

Lokasi IKN sendiri berada di tengah-tengah tiga Kabupaten dan kota yaitu di sebelah selatan sebagai berada di Wilayah kota Balikpapan dan Kabupaten Penajam Paser Utara.

Sedang di sebelah utara dan barat masuk wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara. Adapun sebelah timur berbatasan dengan selat Makassar.


Infografis

 

Lingerie Pink Shandy Aulia

Warganet Puji Foto Shandy Aulia Pakai Lingerie Pink

Liputan6.com 2022-01-20 10:03:23
Shandy Aulia (Instagram/shandyaulia)

Shandy Aulia diketahui baru saja pulang dari liburan bersama keluarga di Amerika Serikat. Karenanya saat ini, ia dan keluarga sedang melakukan karantina.

Selama karantina, Shandy pun diketahui kerap membagikan aktivitasnya melalui Instagram. Salah satu yang menarik perhatian adalah saat dirinya melakukan potret diri memakai lingerie warna pink.

Dalam unggahan sekitar dua hari lalu, Shandy memperlihatkan foto dirinya dengan lingerie warna pink. "Pinkish for quarantine," tulisnya seperti dikutip dari akun Instagram shandyaulia.

Unggahan itu pun sontak mendapat beragam respons dari warganet. Banyak yang memuji kecantikan Shandy dalam foto tersebut.

Selain pujian, ada juga beberapa warganet yang membuat guyonan. Beberapa dari mereka menyebut aktris tersebut akan menambah momongan.

"Otw adiknya Claire," tutur salah satu warganet. Terlepas dari unggahan tersebut, Shandy baru-baru ini sempat memberikan klarifikasi terkait hubungannya dengan sang suami, David Herbowo.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Shandy Aulia Bongkar Alasan Balik ke Suami

Terkait hubungannya dengan sang suami, sebelumnya, Shandy Aulia sempat menggelar sesi tanya jawab daring via Instagram Stories.

Sejumlah pertanyaan seputar karier, kecantikan, dan tumbuh kembang anak diajukan warganet +62.

Ada satu pertanyaan yang mengusik perhatian Shandy Aulia. "Shandy apa yang bikin kamu ingat komitmen awal dulu dan kembali baik-baik saja dengan Daddy Claire," tanya seorang warganet.

Artis kelahiran Jakarta, 23 Juni 1987 ini sampai menulis jawaban panjang. Shandy Aulia mengaku jawabannya mungkin terdengar klise, yakni semua terjadi atas kehendak Sang Khalik.


Melawan Kesombongan

Dalam pernikahan, jika suami atau istri mulai berfokus pada kebahagiaan diri sendiri, maka di sinilah awal bencana. Pola pikir menyempit. Kalau sudah begini, rumah tangga jadi rawan konflik.

"Pada akhirnya harus melawan kesombongan diri dan benar-benar harus memandang hadirat Tuhan. Kalau andalkan logika dan pikiran sendiri pasti fokus pada: Saya berhak begini dan begitu," cuit Shandy Aulia.

Perlahan, bintang sinetron Inayah ini membangun kesadaran bahwa hidupnya milik Tuhan. Ia memutuskan berjalan sesuai dengan kehendak Tuhan yang notabene membenci perceraian.

"Tuhan pasti akan berikan perlindungan yang sempurna. Tidak mungkin Tuhan biarkan (saya) sendirian, terlebih pilihan saya mau tetap pada rancanganNya. Pasti diberikan kekuatan dan keadamaian dalam setiap prosesnya," ia mengakhiri.

(Dam/Ysl)

Pantang Mundur Meski Dibully

Mayang dan Chika Tegaskan Tak Akan Mundur Jadi Penyanyi Meski Banyak Tuai Hujatan dari Warganet

Liputan6.com 2022-01-20 12:20:17
Mayang dan Chika saat perform setelah tampil dalam acara Podcast di studio Liputan6.com, Jakarta, Rabu (19/1/2022). Dalam acara bincang ringan tersebut, adik dari mendiang Vannesa Angel terse

Mayang dan Chika, adik mendiang Vanessa Angel memutuskan untuk mengikuti jejak sang kakak untuk terjun di dunia hiburan. Keduanya memilih jalur musik untuk perjalanan kariernya di industri entertainment lewat dua buah single yang telah dirilis yaitu "Kemarin" dan "Hadapi Dengan Senyuman".

Sayangnya, keputusan mereka untuk menjadi penyanyi itu tidak dengan mudahnya langsung diterima oleh masyarakat. Pro kontra banyak mewarnai perjalanan karier Mayang dan Chika ini mengingat, mereka muncul tidak lama setelah sang kakak meninggal dunia.

Tak jarang, Mayang dan Chika mendapat respons negatif dan bullying dari para warganet. Kendati demikian, cibiran dan hujatan dari warganet tak menyurutkan niat mereka untuk terus eksis di dunia hiburan.

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Terlanjur

"Kita udah terlanjur nyebur ya, jadi ya udah jalanin aja," kata Chika dalam podcast Liputan6.com pada Rabu (19/1/2022).

"Kita udah terlalu jauh melangkah, mikirnya terlalu jauh untuk muter balik. Jadi ya udah lurus aja," timpal Mayang.


Support System

Beruntung, Mayang dan Chika memiliki support system yang baik dengan tetap memberikan dukungan kepada mereka di tengah banyaknya cibiran dari warganet. Termasuk dari keluarga dan teman-teman terdekat.

"Daddy dan mama selalu kasih support ke kita, kita juga saling support. Dari teman-teman dekat juga selalu support," kata Mayang.

"Aku alhamdulillah teman-teman aku support sih, makin dekat malah. Mereka nggak mau bahas itu (komentar warganet) kalau lagi chat-an sama aku," jelas Chika menimpali.


Sedikit Teman

Tak berbeda dengan Chika, Mayang yang mengaku hanya memiliki sedikit teman juga merasa sangat beruntung teman-temannya itu cukup dewasa dan selalu memberikan vibe positif kepadanya.

"Circle pertemanan aku ada yang menjauh, ada yang dekat juga. Cuman ya memang aku punya teman nggak banyak sih dari dulu. Jadi bisa dibilang teman aku hitungan jari," jelas Mayang.

Al dan El Klaim Lelaki Setia

Sebut Dirinya, Al dan El Lelaki Setia, Dul Jaelani: Enggak Ada Keturunan Ahmad Dhani-nya

Liputan6.com 2022-01-20 13:00:00
Mulan Jameela dan Dul Jaelani (Sumber: Instagram/mulanjameela1)

Dul Jaelani bicara soal kesetiaan dirinya dan kakak-kakaknya, Al Ghazali dan El Rumi, terhadap pasangannya masing-masing.

Menurut Dul, dia dan kakak-kakaknya adalah tipe pria yang sama dalam hal kesetiaan.

"Al, El Dul tuh setia loh. Itu kalau misalnya belum punya pacar memang kadang di sana sini. Tapi kalau sudah punya pacar, satu," ucap anak ketiga Ahmad Dhani saat jadi bintang tamu Rumpi No Secret belum lama ini.

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Riwayat pacaran Al dan El

Itu dibuktikan dari durasi berpacaran mereka yang panjang. El Rumi sempat pacaran sekitar tiga tahun dengan Marsha Aruan sebelum putus.

Al Ghazali juga telah berpacaran selama bertahun-tahun dengan Alyssa Daguise. Meski sempat putus nyambung, keduanya kini bahkan sedang menjalin hubungan ke arah serius.


Hubungan Dul dan Tissa

Dul Jaelani pun begitu. Sudah lebih dari setahun dia berpacaran dengan Tissa Biani. Hubungan keduanya kini masih terjalin sangat harmonis.

"Alyssa, Al kan setia banget. El dulu sama Marsha berapa tahun?" kata Dul.


Tak Seperti Ahmad Dhani

Atas dasar ini, Dul Jaelani merasa bahwa tak ada anak-anak Ahmad Dhani yang seperti sang ayah dalam percintaan. Seperti diketahui, Dhani sempat terlibat cinta segitiga dengan dengan Mulan Jameela saat masih menjadi suami Maia.

"Makanya enggak ada keturunan Ahmad Dhani-nya. Ha ha ha," kata Dul.

Jae Eks DAY6 Minta Maaf

Jae Eks DAY6 Minta Maaf soal Kata Tak Pantas, Jamie: Kutabok Kalau Diulangi

Liputan6.com 2022-01-20 16:40:20
Jamie atau Park Jimin. (Instagram/ jiminxjamie)

Nama Park Jimin alias Jamie menjadi trending topic pada Kamis (20/1/2022) siang ini di Twitter Indonesia. Penyebabnya ternyata adalah gesekannya dengan Jae eks DAY6 beberapa waktu lalu.

Seperti diketahui, dalam sebuah siaran langsungnya pria yang dikenal dengan julukan eaJ ini memanggil Jamie dengan istilah tak pantas. Ia menganggap Jamie berusaha menjadi THOT atau "that ho* over there", istilah untuk menyebut perempuan jalang.

Perkembangan terbaru, Jamie menyampaikan bahwa Jae telah minta maaf kepadanya.

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Tak Bermaksud

"Jae datang beberapa waktu lalu dan kami berbicara, dan ia meminta maaf atas kata-kata serta kesalahannya. Jika ada orang yang kenal Jae sebagai teman atau sahabat dekat, kalian akan tahu bahwa ia tak bermaksud dengan kata-katanya ini," cuit Jamie di Twitter terverifikasinya.


Merasa Tak Enak

Jamie juga mengungkap bahwa Jae berjanji akan lebih bijak dalam berkata-kata, dan pelantun "Stay Beautiful" ini mengapresiasinya.

"Dari semua kesalahan ini adalah sebuah alarm untuk masa depannya, dan aku ingin ia melangkah ke arah yang lebih baik. Dan sebagai seorang teman, aku ingin ia tahu hal ini adalah sesuatu yang perlu ia pikirkan kembali, dan ambil langkah," kata dia.

Ia menambahkan "Aku mengatakan semuanya tentang apa yang kurasakan, dan dia merasa sangat tak enak karenanya."


Tak Akan Diulangi

Jamie menyebutkan bahwa sang pelantun "Congratulations" berharap para penggemar yang ikut terluka tahu bahwa ia tak akan mengulangi kesalahan sama maupun bercanda tentang satu hal yang serius.

"Kan inilah arti teman?" kata Jamie.


Kalau Melakukannya Sekali Lagi

Ia menutup pernyataannya dengan kalimat menyengat, "Jadi @eaJPark, nanti kamu bakal kutabok kalau melakukan hal ini sekali lagi."

Bali Lebih Populer dari Prancis

Bali Peringkat ke-4 Destinasi Paling Populer di Dunia, Ungguli Yunani dan Prancis

Liputan6.com 2022-01-20 09:31:00
Ilustrasi Bali (Dok.Unsplash)

Bali di Indonesiamenempati posisi ke-4 sebagai destinasi paling populerdi dunia 2022 versi Tripadvisor. Platform perjalanan itu baru saja merilis daftar Travellers' Choice Awards 2022.

Bali yang menempati posisi keempat berada di atas Kreta di Yunani, Roma di Italia, dan Cabo San Lucas di Meksiko. Posisi lain yang juga berada di bawah Bali adalah Istanbul di Turki, Paris di Prancis, dan Hurghada di Mesir.

Sementara, Dubai ultramodern menempati posisi teratas, satu-satunya entri Timur Tengah. Daftar tahun ini berkisar seputar lokasi di seputar Eropa hingga liburan tropis dan gurun yang didambakan.

Dilansir dari CNN, Rabu, 19 Januari 2022, berikut adalah tempat-tempat dengan rating tertinggi di dunia dan paling disukai secara keseluruhan di Tripadvisor untuk 2022.

1. Dubai, Uni Emirat Arab

2. London, Inggris Raya

3. Cancun, Meksiko

4. Bali, Indonesia

5. Kreta, Yunani

6. Roma, Italia

7. Cabo San Lucas, Meksiko

8. Istanbul, Turki

9. Paris, Prancis

10. Hurghada, Mesir

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Posisi Teratas

Dubai selalu populer dan perlahan-lahan naik dalam peringkat Travellers' Choice Awards Tripadvisor selama beberapa tahun terakhir. "Sekarang pada 2022 dinobatkan sebagai destinasi paling populer nomor satu di dunia," kata Justin Reid, direktur media, tujuan, dan perjalanan di Tripadvisor, dalam email ke CNN Travel.

Menurut Reid, Dubai adalah kota ultramodern yang memiliki semuanya. Destinasi di Uni Emirat Arab itu punya pantai keemasan, santapan kelas dunia, dan hotel cantik.

Travellers' Choice Awards didasarkan pada ulasan tempat untuk dikunjungi, menginap, dan hal yang dapat dilakukan di destinasi untuk diperingkatkan sebagai terbaik dunia. Itu berarti suatu destinasi telah memperoleh ulasan wisatawan yang luar biasa di semua sektor pariwisatanya.


Aturan Masuk

Meskipun terdampak pandemi, Dubai masih menarik pengunjung dari dekat dan jauh selama setahun terakhir. Dubai telah menonjol sebagai tempat favorit wisatawan untuk dikunjungi dalam satu tahun ketika mereka benar-benar membutuhkan kegembiraan.

Bagi orang yang ingin bergabung dengan keramaian di Dubai tahun ini, aturan masuknya bisa sedikit rumit dan tergantung dari mana Anda berasal. Uni Emirat Arab, negara tempat Dubai berada, telah membuka aplikasi visa turis untuk pelancong yang divaksinasi dari semua negara, selain dari selusin negara Afrika.

Penumpang yang tiba di Dubai dari sebagian besar negara harus menunjukkan tes PCR negatif yang diambil dalam waktu 72 jam setelah kedatangan mereka. Durasinya kini dipangkas menjadi 48 jam untuk kedatangan dari tujuan tertentu.


Infografis Bali Siap Sambut Kedatangan Kembali Wisatawan Mancanegara

 

Negara Paling Instagrammable

Singapura Dinobatkan Jadi Tempat Paling Instagrammable di Dunia pada 2022

Liputan6.com 2022-01-20 06:30:30
Bugis Street, Singapura. (dok. unsplash @lvnatikk)

Situs web perjalanan yang berbasis di Inggris, Big 7 Travel, merilis daftar tahunan Tempat Paling Instagrammable di Dunia. Tahun ini, negara tetangga Singapura berhasil kampiun di posisi puncak listtersebut, lapor Today, Rabu, 19 Januari 2022.

Penobatan ini membuat Negeri Singa berhasil mengungguli kota-kota seperti Paris, London, dan Tokyo berdasarkan sistem penilaian yang menganalisa jumlah tagar untuk setiap tujuan. Juga, pertimbangan hasil survei dari audiens sosialnya dan masukan dari tim redaksi situs web tersebut.

Dalam artikel di daftar tahunannya, Singapura disebut penuh dengan peluang foto. Dari Supertree Grove yang ikonis di Gardens by the Bay hingga kaleidoskop seni jalanan yang semarak melalui Haji Lane, semua jadi sederet sudut menarik.

"Pastikan untuk berjalan-jalan di Jalan Koon Seng yang terkenal dengan rumah-rumahnya yang berwarna-warni dan jangan lupa mampir ke Tan Teng Niah untuk foto yang benar-benar menakjubkan," tambahnya.

Dalam daftar tahun 2021, Singapura berada di urutan ke-11, dengan Tokyo menempati posisi teratas. Kemudian di tahun sebelumnya, Singapura berada di urutan ke-5, dengan Sydney di posisi nomor satu.

Sedangkan dalam daftar terbaru untuk 2022, Boracay di Filipina dan pulau terbesar ketiga di Hawaii, Oahu, masing-masing berada di urutan kedua dan ketiga. Tokyo, New York City, dan kota pegunungan Banff di Kanada juga masuk dalam daftar 10 besar.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Ada dari Indonesia?

Ha Long Bay di Vietnam jadi perwakilan lain wilayah Asia Tenggara yang masuk dalam 10 besar daftar tempat paling Instagrammable di dunia. Sementara Kuala Lumpur, Malaysia berada di posisi ke-38.

Pihak publikasi menuliskan, "Ibu kota Malaysia ini praktis dipenuhi keindahan. Baik Anda tinggal untuk menangkap aspek budaya kota atau lebih tentang alam, Anda memiliki sedikit dari keduanya di Kuala Lumpur. Nikmati hutan rimbun di KL Forest Park, lihat warna-warni Batu Caves yang indah, dan nikmati suasana tenang Kuil Thean Hou."

Menyusul di posisi ke-20 ada Bali. Pulau Dewata disebut "telah lama menarik banyak orang untuk mencari surga yang sempurna untuk gambar, dan itu tidak mengecewakan." Bali dikatakan membanggakan budaya yang kaya dan beragam, serta gunung berapi yang dramatis, sawah nan luas, dan beberapa pantai terbaik di dunia.

Perwakilan lain dari Vietnam adalah Hoi An di posisi ke-19. "Kota yang sangat kaya budaya ini dipenuhi instagramabilitas. Baik Anda ingin mengabadikan Ancient Town yang menawan, Desa Tembikar Thanh Ha, atau Pasar Pusat Hoi An yang semarak, ada banyak inspirasi fotografi untuk dikunjungi," tulis pihaknya.


Top 10 Tempat Paling Instagrammable di Dunia Tahun 2022

1. Singapura

2. Boracay, Filipina

3. Oahu, Hawaii

4. Tokyo, Jepang

5. New York City, New York, Amerika Serikat

6. Banff, Kanada

7. Pantai Amalfi, Italia

8. Chicago, Illinois, Amerika Serikat

9. Lisboa, Portugal

10. Ha Long Bay, Vietnam


Infografis 5 Tips Liburan Aman Saat Pandemi

 

Nasib Jakarta Setelah Pindah Ibukota

Ibu Kota Baru dan Nasib Jakarta

Liputan6.com 2022-01-20 00:03:04
Ilustrasi penurunan muka tanah Jakarta (Liputan6.com / Triyasni)

Sidang Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) secara resmi menyetujui Rancangan Undang-Undang (RUU) Ibu Kota Negara (IKN) menjadi UU. Ibu Kota pindah ke Kalimantan Timur akhirnya menjadi kenyataan.

"Apakah RUU tentang Ibu Kota Negara ini, semua anggota menyetujui?" tanya Pimpinan Sidang Puan Maharani di Gedung DPR, Selasa (18/1/2022)

"Setuju," jawab anggota yang hadir.

Lalu bagaimana nasib Jakarta?

Terkait dengan hal ini, Wakil Ketua Komisi II DPR Saan Mustopa menyatakan, DPR dan pemerintah akan segera menjadwalkan rapat untuk membahas nasib Jakarta pasca-tidak lagi menjadi Ibu Kota Negara.

"Ya nanti (dibahas), kan begini bagaimanapun juga Jakarta punya nilai historis yang luar biasa, maka tentu kita harus memperlakukan secara khusus juga Jakarta ini," kata Saan di Kompleks Parlemen Senayan, Rabu (19/1/2022).

Saan menyatakan, Jakarta selain punya nilai historis juga merupakan pusat bisnis. Oleh karena itu DPR sepakat akan membahas RUU kekhususan Jakarta pascaadanya UU IKN.

"Walaupun sekarang IKN pindah, ini kan kota yang sudah terbentuk dan jadi. Pusat bisnis, pusat segala hal yang berkaitan dengan perekonomian kita. Jadi nanti kita akan bicarakan karena kemarin di Pansus semua sepakat untuk DKI ini pascatidak jadi Ibu Kota nanti statusnya akan kita bicarakan," papar dia.

Politikus Nasdem itu menyatakan, UU 29 Tahun 2007 tentang Pemprov DKI Jakarta sebagai Ibu Kota tak serta merta tidak berlaku pascapengesahan RUU IKN menjadi undang-undang.

"Enggak batal, kan UU kekhususan DKI enggak kita batalkan, tidak otomatis. Ini kan dua UU yang berbeda," kata dia.

"UU Ibu Kota ini kan baru, kita tidak pernah punya UU Ibu Kota, jadi UU Ibu Kota ini tidak berpengaruh terhadap UU yang ada DKI. Nah tinggal nanti setelah tidak lagi menjadi Ibu Kota, kita akan melabeli DKI seperti apa sebagai kota daerah yang punya nilai historis. Jadi, itu yang akan secepatnya kita bicarakan," tambah Saan Mustopa.

UU IKN mencantumkan aturan mengenai pengalihan status DKI Jakarta kepada ibu kota negara yang baru, yakni Nusantara. Ada dalam Pasal 4 Ayat 2 yang berbunyi, "Pengalihan kedudukan, fungsi, dan peran Ibu Kota Negara dari Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta ke IKN Nusantara".

Pasal 39 menjelaskan, kedudukan, peran, dan fungsi ibu kota negara tetap berada di Jakarta sampai dengan tanggal ditetapkannya pemindahan ibu kota negara dengan keputusan Presiden. Sedangkan kekhususan DKI Jakarta diatur dalam Undang-Undang Nomor 29 Tahun 2007 tentang Pemerintahan Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta Sebagai Ibu Kota Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Jadi Undang-Undang Ibu Kota (Negara) ini tidak berpengaruh terhadap Undang-Undang yang ada di DKI. Nanti setelah tidak lagi menjadi Ibu Kota, kita akan melabeli DKI seperti apa sebagai kota daerah yang punya nilai historis," ujar Saan.

Sementara itu, Anggota Komisi II Fraksi PDI Perjuangan, Rifqinizamy Karsayuda menyatakan terhitung sejak Undang-Undang Ibu Kota Negara disahkan pada 18 Januari 2022, maka Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta tidak lagi menjadi DKI.

"Statusnya Pemerintah Provinsi Jakarta, tanpa DKI," kata Rifqinizamy pada wartawan, Rabu (19/1/2022).

"Dalam UU, kalau tidak salah bab 15 dari UU IKN, DKI Jakarta secara de jure tidak lagi disebut DKI sejak UU disahkan," tambah dia.

Meski demikian, Rifqi menyebut kekhususan Jakarta tidak serta merta hilang meski tidak lagi menjadi Ibu Kota Negara. Menurutnya, Pemerintah telah menyusun RUU kekhususan Jakarta.

"Nanti kekhususannya akan diatur dalam UU, saya dapat info pemerintah sudah punya RUU-nya," ujar dia.

Dalam UU IKN, kata Rifqinizamy, Pemerintah diberi mandat menyusun RUU Kekhususan Jakarta.

"Tidak kalah penting dalam UU diberi mandat kepada pemerintah untuk segera menyusun UU terkait UU terkait Daerah Khusus Jakarta. Jadi, Ibukotanya hilang, kita akan menyusun UU khusus Jakarta," kata dia.

Politikus PDIP itu memastikan, Pemerintah tidak serta merta membuang keistimewaan Jakarta.

"Itu artinya pemerintah dan DPR masih menempatkan Jakarta sebagai daerah khusus berbeda dari provinsi lain di Indonesia," kata dia menandaskan.


Harapan Penguasa Jakarta

Sementara itu, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyatakan Pemprov DKI Jakarta telah mempersiapkan untuk melaksanakan revisi UU tentang DKI Jakarta pasca-pengesahan UU Ibu Kota Negara (IKN).

Kekhususan DKI masuk dalam UU Nomor 29 Tahun 2007 tentang Pemerintahan Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta sebagai Ibu Kota Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Jadi terkait IKN DKI Jakarta sudah mempersiapkan agar nanti revisi UU terkait DKI Jakarta bisa baik sesuai dengan harapan kita bersama untuk memastikan Jakarta juga bisa ada kekhususan seperti Aceh seperti Jogja," kata Riza di Balai Kota, Jakarta Pusat, Rabu (19/1/2022).

Kekhususan yang disebut Riza, yaitu menjadi kota pusat perekonomian, perdagangan, ataupun kesehatan. Pemprov DKI akan terus berkoordinasi dengan pemerintah pusat untuk melakukan pembahasan tersebut.

"Nanti juga kami akan koordinasi didialogkan dengan Kementerian Dalam Negeri dengan pemerintah pusat dengan DPR dan juga dengan Pak Presiden," ucapnya.

"Harapan kita dari pemerintah memberikan dukungan, proses pemindahan ini perlu waktu, perlu transisi. Dan Jakarta juga perlu kebijakan regulasi," kata Riza.

Yang jelas, Ahmad Riza Patria mengharapkan Jakarta akan tetap menjadi daerah kekhususan meskipun tidak menjadi ibu kota negara.

"Kita berharap DKI Jakarta tetap bisa menjadi derah istimewa sekalipun bukan Ibu Kota, nanti akan ada keputusan khusus di Jakarta," kata Riza.

Politikus Gerindra tersebut menyatakan terkait daerah kekhususan nantinya akan dilakukan pembahasan lebih lanjut bersama dengan sejumlah pakar. Dia memastikan Jakarta akan tetap nyaman untuk dihuni meskipun Ibu Kota akan pindah ke Kalimantan Timur.

"Jakarta idealnya sekalipun tidak menjadi Ibu Kota kami meyakini Jakarta masih akan menjadi tempat yang baik, nyaman, aman," ucapnya.

Lalu kata dia, Pemprov DKI akan membantu proses pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Nusantara.

"Kami pastikan proses nanti transisi pemindahan dari Jakarta berjalan dengan aman, baik, mudah-mudahan kita berharap ke depan kita punya ibu kota yang baik di Kaltim," ujar dia.

Riza juga berkomitmen untuk terus mempercantik Jakarta dan memperbaiki sejumlah permasalahan yang dihadapi.

"Kami akan terus mempercantik, memperindah dan memastikan moda transportasinya semakin baik, semakin terintegrasi. Kami akan terus atasi pengendalian banjir dan Jakarta akan menjadi kota yang membanggakan," tandas dia.

Sedangkan Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Mohammad Taufik mengharapkan saat masa transisi kepindahan Ibu Kota ke Kalimantan Timur, Jakarta masih tetap menjadi Ibu Kota.

"Mudah-mudahan dalam UU yang baru itu ada pasal yang mengatakan bahwa selama masa transisi entah lima tahun atau berapa itu, karena adanya proses pembangunan di masa transisi, Ibu Kota masih tetap di Jakarta," kata Taufik saat dihubungi, Rabu (19/1/2022).

Politikus Gerindra tersebut menyebut hal itu untuk mengantisipasi adanya kekosongan IKN saat proses transisi tersebut. Selain itu, dia juga menyatakan akan mendorong pemerintah pusat untuk menentukan nasib Jakarta setelah tidak menjadi Ibu Kota.

"Apakah daerah khusus ekonomi atau apa gitu loh karena kalau tidak, nanti sistem pemerintahan sama kayak Provinsi Jawa Barat dan Provinsi Jawa Timur," ujarnya.

Lanjut dia, sistem otonomi daerah di Jakarta akan berubah jika tidak menjadi daerah kekhususan. Seperti halnya dalam pelaksanaan Pilkada hingga Pileg.

Saat ini jabatan wali kota di Jakarta merupakan para aparatur sipil negara (ASN) yang ditunjuk oleh gubernur.

"Kalau sama kayak Jawa Barat dan Jawa Timur, kan struktur politiknya harus berubah dan tata pemerintahan juga harus berubah," jelas dia.


Tahapan Krusial Pemindahan IKN

DPR RI telah mengetok palu tanda persetujuan rancangan undang-undang tentang ibu kota negara atau RUU IKN menjadi UU IKN. Dengan begitu, proses pembangunan ibu kota baru yang diusulkan bernama Nusantara dapat segera dimulai.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, tahap selanjutnya proyek ibu kota baru yakni bagaimana UU IKN akan menjadi sebuah landasan untuk proses pembangunan dan pemindahannya.

Pelaksanaannya akan terdiri dari lima tahapan yang dimulai pada tahun ini. Namun, Sri Mulyani mengingatkan, justru tahap pertama yang berlangsung 3 tahun sampai 2025 nanti jadi paling sulit.

"Mungkin tahapan paling kritis sesudah undang-undang dibuat adalah tahap pertama, yaitu tahun 2022 ini hingga 2024," ujar Sri Mulyani di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (18/1/2022).

Usai fase pertama tersebut, pembangunan dan pemindahan ibu kota baru akan diikuti oleh tahap II-V yang akan berlangsung selama 20 tahun sejak 2025-2045.

Untuk tahapan pertama yang sangat kritis, Sri Mulyani melanjutkan, ini nanti dari aspek pendanaannya akan dilihat apa yang menjadi trigger awal. Indikator tersebut kemudian akan menimbulkan momentum untuk pembangunan selanjutnya.

Sekaligus juga untuk menciptakan anchor, atau dalam hal ini jangkar bagi pembangunan ibu kota negara dan pemindahannya.

"Oleh karena itu, sesudah kita bicara nanti, akan dibuat rencana induk yang detil yang akan tertuang di dalam Perpres. Namun dalam hal ini dari pembahasan kementerian/lembaga terkait, terutama nanti akan dilaksanakan oleh kementerian yang sangat penting yaitu PUPR," tuturnya.

Sri Mulyani akan memasukkan ongkos pembangunan ibu kota baru di Kalimantan Timur ke dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional atau Program PEN 2022.

Proyek ibu kota negara (IKN) di Kalimantan Timur ini akan masuk dalam PEN 2022 bersama program pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19 yang kini terus dijalankan pemerintah.

"Untuk itu, kami dari Kementerian Keuangan tentu memahami sekarang masih dalam kondisi pandemi Covid-19. Dan, kita juga sedang dalam rangka pemulihan ekonomi," ujar Sri Mulyani.

"Dua hal ini tetap akan jadi utama, namun di dalam pelaksanaan pembangunan IKN, terutama untuk momentum awalnya bisa dikategorikan sebagai proses pemulihan ekonomi," sambungnya.

Bendahara Negara menyebut, paket anggaran PEN tahun ini sebesar Rp 450 triliun sejauh ini belum dirinci seluruhnya. Sehingga momentum pembangunan ibu kota baru masih bisa terselip di dalamnya.

Ia bercerita, alokasi anggaran untuk program PEN di 2020/2021 masih terdiri dari kelompok penanganan Covid-19 sebagai yang paling penting untuk syarat negara pulih kembali.

Sementara untuk 2022 dan seterusnya, pemerintah bisa mendesain kembali kebutuhan awal program tersebut, terutama pelaksanaan akses infrastruktur agar bisa masuk di dalam kategori penguatan pemulihan ekonomi di dalam program PEN 2022.

"Untuk 2023 dan 2024, tentu dengan melihat perkembangan covid, ada juga momentum lain yaitu pemilihan umum yang harus disiapkan dan anggarannya mungkin cukup besar untuk tahun 2023 dan 2024. Dan tentu kemudian pembangunan IKN ini," urainya.

Sementara Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengklaim, pembangunan ibu kota baru Nusantara di Kalimantan Timur telah melalui proses perhitungan biaya matang. Sehingga proyek pembangunan itu dijamin tidak akan merugikan negara hingga generasi selanjutnya.

"Kita tidak serta merta kemudian akan merugikan anak cucu kita ke depan, sama sekali tidak. Jadi isu itu sama sekali saya berani untuk menolaknya," tegas Menteri Bappenas Suharso di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (18/1/2022).

Pemerintah disebutnya telah memperhitungkan rencana bisnis pembangunan ibu kota Nusantara dengan penuh telaten dan teliti. Proses itu kemudian dibantu oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

"Kita akan mengadaptasi bisnis model dan financial model sedemikian rupa yang tidak memberatkan APBN, yang justru akan menambah aset-aset kita sedemikian rupa. Jurus-jurusnya tentu akan berbeda, dan visi bisnis pemerintah juga tajam untuk ini," terangnya.

Omicron Jakarta Nyaris Tembus 1.000

HEADLINE: Kasus Varian Omicron di Jakarta Dekati Angka 1.000, Pengendaliannya?

Liputan6.com 2022-01-21 00:00:00
Kepadatan calon penumpang kereta Commuter Line (KRL) di Stasiun Tanah Abang, Jakarta, Rabu (12/1/2022). Kementerian Kesehatan memprediksi penyebaran kasus COVID-19 varian Omicron di Indonesia

Kasus penularan virus corona Covid-19 varian Omicron di Indonesia terus meningkat. Bahkan di Provinsi DKI Jakarta, lonjakan kasus Omicron nyaris menyentuh angka 1.000 orang.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta, tercatat hingga Rabu, 19 Januari 2022, total penularan kasus Omicron di Ibu Kota mencapai 988 orang. Dari angka tersebut, 663 di antaranya merupakan pelaku perjalanan luar negeri. Sementara 325 lainnya adalah transmisi lokal.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melaporkan, 87 persen kasus Omicron transmisi lokal ditemukan di DKI Jakarta. Hal itu berdasarkan data yang dipaparkan dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama DPR RI pada Selasa, 18 Januari 2022.

Data Kemenkes yang diperoleh Liputan6.com menunjukkan, total ada 174 kasus transmisi lokal varian Omicron di Indonesia. Data tersebut diperbaharui per 17 Januari 2022 pukul 16.06 WIB. Dari angka tersebut, 152 kasus ditemukan di DKI Jakarta, 7 di Jawa Barat, 4 di Banten, 9 di Jawa Timur, dan 2 dalam proses penyelidikan epidemiologi.

Kemenkes juga menyampaikan sebaran kasus Omicron di DKI Jakarta. Dalam peta sebaran yang dihimpun per 15 Januari 2022 itu, terdapat lima wilayah di Ibu Kota yang masuk kategori zona merah penularan Omicron, yakni Kecamatan Cilandak, Kalideres, Kebon Jeruk, Kebayoran Baru, dan Senen.

Sementara delapan wilayah di Jakarta masuk kategori zona hijau Omicron, yakni Kecamatan Menteng, Johar Baru, Pancoran, Pulo Gadung, Kramat Jati, Makasar, Pasar Rebo, dan Ciracas. Selebihnya, masuk zona oranye.

Kategori zona merah menandakan, wilayah tersebut terdapat lebih dari delapan pasien terinfeksi Omicron (rentang 8-14 kasus), zona oranye terdapat lebih dari satu kasus Omicron (rentang 1-7), dan zona hijau tidak ditemukan kasus Omicron alias nol.

Terkait hal itu, Deputi II Bidang Pembangunan Manusia Kantor Staf Presiden (KSP) Abetnego Tarigan mengatakan, Pemerintah terus memantau perkembangan data dan hasil kajian terkait varian Omicron di dalam dan luar negeri.

Pemerintah bahkan mengkaji kemungkinan skenario Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) jika kasus Omicron terus melonjak.

"Pendalaman dilakukan bersama 12 ahli lintas bidang. Rekomendasi para ahli melihat untuk sekarang belum perlu pemerintah menerapkan PSBB. Pendekatan level PPKM yang sudah ada pada tiap daerah, tetap digunakan," kata Abetnego saat dihubungi Liputan6.com, Kamis (20/1/2022).

Namun untuk mengantisipasi penularan Omicron yang lebih cepat dibanding varian Delta, maka intensitas asesmen level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dipercepat, yakni dilakukan setiap pekan. Hal ini agar pemerintah bisa lebih cepat menyesuaikan perkembangan situasi.

"Selain itu, Presiden secara sangat detail memastikan Pemerintah memperhatikan kesiapan obat, bed, oksigen, tempat karantina, serta perkembangan capaian vaksin," tutur Abetnego.

Lebih lanjut, Pemerintah tak henti-hentinya mengingatkan masyarakat agar selalu mematuhi protokol kesehatan (Prokes) pencegahan Covid-19, yakni dengan terus disiplin menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan menggunakan sabun atau hand sanitizer.

"Bagi yang memungkinkan, upayakan bekerja dari rumah, serta jika tidak mendesak jangan ke luar negeri dulu," kata Abetnego mengimbau.

Sementara itu, Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria menyatakan, pihaknya bersama Pemerintah Pusat dan Satgas Covid-19 terus melakukan berbagai upaya dalam menghadapi pandemi virus corona, terutama terkait kasus Omicron yang terus meningkat.

"Sudah disampaikan oleh Pak Luhut, Pak Jokowi, BNPB, Pak Gubernur semua, memang ada peningkatan (Omicron) sampai dengan pertengahan (Februari) bahkan di Maret (2022) puncaknya," kata Riza saat ditemui di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis sore.

Setidaknya ada tiga cara yang bisa dilakukan untuk mencegah lonjakan kasus Omicron, yakni pertama dengan tetap berada di rumah jika tidak ada keperluan mendesak. Pemerintah mengimbau masyarakat menghindari kerumunan karena dapat berpotensi memicu penularan virus corona.

"Pak Jokowi berkali kali mengingatkan tidak perlu keluar rumah, kecuali yang sangat penting dan genting. Iu yang harus dipatuhi. Kedua, laksanakan protokol kesehatan secara ketat disiplin dan bertanggung jawab," ucap Riza.

Ketiga, masyarakat diimbau segera mendapatkan vaksin Covid-19. Kemudian masyarakat yang telah divaksinasi Covid-19 dosis lengkap lebih dari enam bulan, diimbau segera mendapatkan vaksin penguat atau booster, terutama bagi kelompok rentan dan lanjut usia (lansia).

"Mari kita mengajak para orang tua, kakek, nenek kita yang memenuhi syarat kita dorong. Kalau perlu kita antar untuk mendapatkan vaksin di tempat-tempat yang telah disediakan. Setelah itu nanti baru orang dewasa silakan, sehingga sesuai urutannya registrasi dan pendaftaran," ujar Riza.

"Itu lah yang dapat dilakukan di samping tadi kita bersihkan kita desinfektan tempat tempat berkala dan sebagainya. Jadi mari semua harus bekerja sama memastikan bahwa apa yang kita perjuangkan sesuai ketentuan SOP yang ada, seperti yang sudah diatur oleh Satgas Pusat, oleh Pemerintah Pusat," imbuh dia.

Lebih lanjut, politikus Partai Gerindra itu menyatakan bahwa pemerintah telah menerapkan kebijakan micro lockdown pada wilayah-wilayah yang menjadi zona merah penularan Covid-19 varian Omicron. Kemenkes mencatat, ada lima kecamatan di Jakarta yang masuk kategori merah.

"Ya salah satu penanganannya kan di-micro lockdown. Selain itu diaktifkan active case finding 3T (testing, tracing, treatmen), semua sudah hapal apa tahapannya, sudah jelas Instruksi Gubernur, sudah jelas Mendagri, dari Pak Jokowi sudah jelas. Semua aturan sudah dilaksanakan, tinggal kita pastikan patuhi, taat pada aturan ketentuan dan perintah yang sudah disampaikan," tegas Riza.

Namun saat disinggung soal kemungkinan DKI Jakarta menerapkan kebijakan tarik rem darurat, Riza enggan membahas lebih jauh. "Saya belum berani bicara sampai ke situ, yang penting kita sikapi secara bijak," katanya menandaskan.


Perlukah Tarik Rem Darurat?

Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta, Abdul Aziz meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI mengambil kebijakan tegas menarik rem darurat seiring dengan peningkatan kasus Omicron di Ibu Kota yang sudah hampir menyentuh 1.000 pasien.

"Saya kira sudah saatnya Pemprov DKI menarik rem darurat sebelum terlambat," ujar Abdul Azis saat dihubungi Liputan6.comlewat pesan singkat, Kamis (20/1/2022).

Politikus PKS itu juga menyoroti berlangsungnya Pembelajaran Tatap Muka (PTM) 100 persen di tengah meningkatnya kasus Omicron. Apalagi sudah ada 70 lebih siswa hingga tenaga pendidik yang terpapar Covid-19 selama periode PTM 100 persen berlangsung.

Setidaknya ada 43 sekolah yang ditutup sementara selama lima hari karena temuan kasus Covid-19, namun beberapa sudah dibuka kembali. Menurut Azis, kondisi itu bisa menjadi pertimbangan untuk kembali menerapkan pembelajaran jarak jauh (PJJ).

"Meninjau kembali kebijakan sekolah offline, dan persiapan fasilitas kesehatan untuk antisipasi melonjaknya pandemi juga perlu dilakukan," katanya.

Pakar Epidemiologi dari Universitas Indonesia (UI), Tri Yunis Miko Wahyono menilai, pemerintah harus mengambil keputusan yang tepat untuk mengendalikan penularan Covid-19 varian Omicron. Menurut dia, kebijakan menarik rem darurat tidak bisa dilakukan sembarangan.

"Tarik rem daruratnya harus pada saat yang tepat. Tarik rem darurat itu ya sekarang dilakukan lockdown per kelurahan, ditarik rem daruratnya itu per RW. Jadi menurut saya, menarik rem daruratnya untuk siapa," kata Miko saat dihubungi Liputan6.com, Kamis.

Dia menyatakan, bahwa kebijakan lockdown untuk saat ini tidak bisa dilakukan secara general di seluruh DKI Jakarta. Kondisi itu tentu akan berdampak besar pada kondisi ekonomi yang mulai bangkit akibat pandemi Covid-19.

"Kalau di-lockdown se-Kota Jakarta matilah Kota Jakarta. Mulai sekarang harus diidentifikasi kegiatan-kegiatan mana yang bisa di-lockdown. Menurut saya yang bisa di-lockdown kecamatannya. Kalau kota madya atau se-provinsi itu harus bener-bener diihitung kerugian negara, kerugian pemerintah DKI," ucap Miko.

Meski begitu, dia memastikan bahwa upaya micro lockdown tersebut tidak bisa serta merta membuat laju penularan Omicron berhenti, tapi hanya mengurangi. Apalagi saat ini jumlah kasus Omicron di Jakarta terus naik.

"Penularan Covid-19 Omicron itu luar biasa (cepatnya). Kalau sudah seperti ini klasternya ya tinggal menunggu bom waktu. Tapi jumlah yang terkena Omicron bisa kita kurangi, tinggal melakukan lockdown atau membatasi kerumunan," kata Miko.


Prokes Kunci Utama Mengurangi Penularan Omicron

Miko juga menyoroti sejumlah klaster Omicron yang ditemukan di beberapa wilayah Ibu Kota, seperti di Kelurahan Krukut, Tamansari, Jakarta Barat. Melihat penularannya yang cepat, tidak menutup kemungkinan klaster-klaster Omicron akan terus bermunculan.

"Karena kecepatan penularan Omicron itu luar biasa, jadi pencegahannya tidak bisa menurunkan sampai 0. Jadi menurut saya, kemungkinan kita mengurangi kerumunan adalah cara untuk mengurangi penularan. Dan itu adalah mengurangi supaya orang-orang yang positif tidak berkerumun," ujarnya.

Sebab, kata dia, tak sedikit pasien yang terkonfirmasi Omicron hanya bergejala ringan, bahkan tidak memiliki gejala apa pun. Sehingga, sangat memungkinkan orang dengan Omicron yang tidak terlacak masih berkeliaran di luar, karena merasa tak memiliki gejala sakit.

Oleh karena itu, disiplin prokes adalah kunci utama untuk mengurangi penularan Omicron. Masyarakat juga diminta tidak berkerumun. Jika terpaksa keluar rumah, maka setidaknya prokes 3M (menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan) diterapkan.

"Harusnya diaktifkan lagi Perda Jakarta dilarang berkerumun, itu bagus. Tidak menyetop, tapi bisa mengurangi jumlah yang kena Omicron," tutur Miko.

Jika masyarakat masih abai, Epidemiolog UI ini khawatir, anak-anak terutama yang berusia di bawah 6 tahun akan menjadi korban karena belum bisa mendapatkan vaksin Covid-19. Begitu juga lansia, kelompok rentan, dan masyarakat umum yang belum divaksinasi Covid-19.

Kendati, Miko menegaskan, bahwa vaksinasi Covid-19 tidak menutup penularan varian Omicron. Namun vaksinasi corona dapat mengurangi risiko keparahan akibat Covid-19.

"Di Inggris, di Amerika itu sudah banyak orang divaksinasi tidak bisa menutup penularan Omicron, tapi mengurangi orang yang parah. Tadinya mungkin (gejala) sedang berat 20 persen, sekarang mungkin 5 sampai 10 persen kalau sudah divaksinasi," katanya menjelaskan.

Sementara itu, Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PDIP, Gilbert Simanjuntak meminta semua pihak mewaspadai varian Omicron yang cenderung terus meningkat. Meski gejalanya tidak seberat varian Delta, namun cepatnya laju penularan Omicron bisa membuat rumah sakit penuh dan bikin masyarakat kesulitan.

"Terbukti hanya dengan satu petugas terinfeksi di Wisma Atlet, lalu seluruh gedung ditutup. Angka kasus dengan tren ke atas atau naik sebaiknya diwaspadai kemungkinan menyebar dengan cepat, karena masyarakat yang sudah tervaksinasi juga dapat diinfeksi," kata Gilbert dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Kamis.

Anggota Dewan yang juga seorang Epidemiolog ini menuturkan, pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) 100 persen di Jakarta harus mendapat perhatian khusus di tengah meningkatnya kasus Omicron. Apalagi, menurut dia, jumlah siswa yang sudah divaksinasi Covid-19 masih sedikit.

"Vaksinasi yang diterima baru dosis pertama. Vaksinasi ini tidak sepenuhnya mampu menghadang varian Omicron, dan siswa mempunyai mobilitas yang tinggi, apalagi seperti euforia karena sudah lama tidak masuk sekolah," kata Gilbert.

Karena itu, dia meminta agar penerapan prokes di sekolah diawasi dengan ketat. "Baik oleh orangtua yang hadir, juga oleh Guru. Ini tanggung jawab semua pihak."

Mantan Wakil Ketua Regional South East Asia Regional Office International Agency for Prevention of Blindness WHO ini mendorong percepatan vaksinasi Covid-19 untuk anak usia sekolah. Bila perlu, anak yang belum divaksinasi tidak diperbolehkan masuk sekolah.

"Mengingat penularan Omicron lebih cepat, sebaiknya sekolah dibatasi lama tatap muka atau pelajarannya setidaknya selama sebulan. Ini bertujuan untuk mengurangi kontak, tahapan untuk menghentikan tatap muka bilamana perlu, dan evaluasi dampak tatap muka," ucap Gilbert.

Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta itu mengingatkan bahwa kasus infeksi Omicron kemungkinan akan terus naik hingga menimbulkan gelombang ketiga. Karena itu, dia mengajak seluruh masyarakat untuk selalu disiplin prokes.

"Kuncinya adalah 3M. Pengawasan oleh TNI Polri perlu, karena kalau sudah banyak yang terinfeksi, beban negara juga berat," kata Gilbert menandaskan.


Jumlah Pasien Covid-19 di Pusat Karantina

Kasus aktif Covid-19 di DKI Jakarta kian naik, yang disumbang lebih dari 2.000 orang adalah pelaku perjalanan luar negeri. Data Dinkes DKI Jakarta per 19 Januari 2022, jumlah kasus aktif di Ibu Kota naik 627 kasus, sehingga total 4.924 orang masih dirawat/isolasi.

Seiring kenaikan kasus Covid-19 tersebut, jumlah pasien perawatan Covid-19 di RSDC Wisma Atlet Kemayoran (Tower 5 dan 6) bertambah 21 orang per Kamis, 20 Januari 2022, sehingga totalnya menjadi 2.636 orang.

"Jumlah pasien rawat inap 2.636 orang (1.177 pria, 1.459 wanita ). Semula 2.615 orang, lalu bertambah 21 orang," tulis Kepala Penerangan Kogabwilhan I Kolonel Marinir Aris Mudian melalui pesan singkat yang diterima Health Liputan6.com, Kamis (20/1/2022).

Rekapitulasi pasien terhitung mulai tanggal 23 Maret 2020 sampai 20 Januari 2022 pukul 08.00 WIB, antara lain, pasien terdaftar 135.058, pasien keluar 132.422 orang. Rincian pasien keluar, yakni pasien rujuk ke rumah sakit lain 1.072, pasien sembuh 130.754, dan meninggal 596 orang.

Sementara itu, data keterpakaian tempat tidur (Bed Occupancy Ratio/BOR) Covid-19 di 140 RS di Jakarta hingga 16 Januari 2022, persentase tempat tidur isolasi terisi 706 pasien (20 persen) dari total 3.589 tempat tidur, sedangkan ada 31 pasien (5 persen) yang dirawat di ICU dari total 599 tempat tidur.

Sementara itu, kenaikan kasus Omicron di DKI Jakarta juga membuat Wisma Atlet Pademangan yang difungsikan sebagai salah satu tempat karantina pelaku perjalanan luar negeri kini merawat 2.616 orang. Data ini dihimpun per Kamis, 20 Januari 2022 pukul 08.00 WIB.

Kolonel Marinir Aris Mudian melaporkan, jumlah 2.616 pasien (1.247 pria, 1.369 wanita) yang dirawat di RSDC Wisma Atlet Pademangan (Tower 8, 9, dan 10) sudah berkurang.

"Semula 2.847 orang, lalu berkurang 231 orang," kata Aris.

Pasien yang dirawat di Wisma Atlet Pademangan merupakan pelaku perjalanan luar negeri, yang mencakup repatriasi Pekerja Migran Indonesia (PMI), dinas luar negeri, dan pelajar. Jumlah repatriasi yang sudah pulang sebanyak 196 orang.

Data hari ini juga menunjukkan, 551.268 orang PMI di Wisma Atlet Pademangan positif Covid-19 dari hasil pemeriksaan PCR.

Adapun terkait kasus Omicron, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mencatat, dari 988 orang yang terinfeksi, 663 orang di antaranya, pelaku perjalanan luar negeri, sedangkan 325 lainnya adalah transmisi lokal.

Pelaku perjalanan luar negeri yang dikarantina di RSDC Rusun Pasar Rumput (Tower 1, 2 dan 3) pada Kamis, 20 Januari 2022 berjumlah 2.906 orang (1.370 Pria, 1.536 wanita). Semula dikarantina 2.953 orang, lalu berkurang 47 orang.

Rekapitulasi pasien terhitung mulai tanggal 21 September 2021 sampai 20 Januari 2022 pukul 08.00 WIB, antara lain, pasien terdaftar 40.656, pasien keluar 37.750 orang. Rincian pasien keluar, yakni pasien rujuk ke rumah sakit lain 1.082, pasien pulang atas permintaan sendiri 32, serta pasien selesai isolasi 36.636 orang.

Aris juga melaporkan, pasien rawat inap di RSDC Rusun Nagrak (Tower 1, 2, 3, 5 dan 6) hari ini berjumlah 1.764 orang (552 pria, 1.212 wanita). Semula 2.088 orang, berkurang 324 orang.

Rekapitulasi pasien terhitung mulai tanggal 21 Desember sampai 20 Januari 2022 pukul 08.00 WIB, antara lain, pasien terdaftar 8.656, pasien keluar 6.892 orang, yang mana seluruhnya selesai isolasi.

Aris Mudian juga melaporkan, jumlah pelaku perjalanan luar negeri yang dikarantina di hotel di Jakarta. Tercatat hari ini, Kamis, 20 Januari 2022, ada 5.804 orang yang menjalani karantina di hotel/penginapan di Jakarta.