Volume 247

Hotman Paris Jadi Tukang Parkir di Blok M

Hotman Paris Jadi Tukang Parkir, Kenakan celana Denim Pendek dan Sandal Jepit

Liputan6.com 2022-03-24 17:20:12
Preskon film Stop Bullying (Adrian Putra/bintang.com)

Hotman Paris kembali membuat heboh publik. Pria yang pernah digadang-gadang sebagai kekasih Meriam Bellina ini menjadi tukang parkir di kawasan Blok M.

Tanpa malu, pengacara kondang ini mengenakan kaus berwarna putih dengan celana denim yang dipotong asal-asalan.

Tak hanya itu, Hotman Paris juga memakai sandal jepit berwarna cokelat.

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Diskon 50 Persen

Dalam video yang diunggah di akun Instagram terverifikasi miliknya, Kamis (24/3/2022), terlihat Hotman Paris tengah mengatur mobil-mobil.

"Parkir, kalau Hotman yang jaga parkir diskon 50 persen. Parkir parkir," ucapnya.


Seminggu

Hotman Paris tak hanya sehari saja menjadi tukang parkir di sana.

"Ini akan menjadi terheboh, Hotman Paris menjadi tukang parkir di Blok M. Seminggu gue dikasih. Mencari makan dengan tukang parkir," paparnya.


Salah Parkir

Hotman Paris dengan serius menjalani profesi barunya tersebut. Itu terlihat saat melihat kendaraan yang salah parkir.

"Ini motor salah, salah salah parkir ini," sambungnya.


Berat

Pembawa acara Hot Room berusaha memindahkan motor tersebut. Namun ia mengaku keberatan.

"Aduh berat banget. Aduh enggak enak banget jadi tukang parkir," tutupnya.

Istri Bongkar Pekerjaan Doddy Sebenarnya

Puput Bongkar Pekerjaan Doddy Sudrajat, Dulu Buka Toko Tapi Enggak Terkontrol

Liputan6.com 2022-03-24 10:00:00
Doddy Sudrajat dan Puput. (Foto: Dok. Instagram @dodysoedrajat_1)

Doddy Sudrajat digugat cerai sang istri di Pengadilan Agama Jakarta Pusat pada 15 Maret 2022. Fakta ini mengejutkan banyak pihak, mengingat keduanya tampak kompak dan baik-baik saja.

Sejumlah isu menyertai aksi Puput Sudrajat menggugat cerai ayah Vanessa Angel. Salah satunya mata pencarian. Isunya, Doddy hanya bisa menafkahi keluarga 10 persen dari yang seharusnya.

Puput menyebut faktor ekonomi hanya salah satu masalah yang menumpuk sejak 2018. Ibu dua anak ini lalu membongkar mata pencarian sang suami. Dulu, Doddy buka toko namun akhirnya tutup.

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Dia Bukan Artis!

"Enggak juga, ya. Dia bukan artis juga. Dulu, dia sempat... sebelum sama aku, sempat ada usaha. Dia wiraswasta punya toko, punya apa begitu. Aku diceritain saja," kata Puput Sudrajat.

Melansir video wawancara di kanal YouTube Uya Kuya TV, Puput menyebut yang namanya hidup ada pasang surut. Lalu tibalah Doddy Sudrajat di fase surut. Usaha tokonya amburadul.


Namanya Kehidupan...

"Cuma yang namanya kehidupan kan ada naik turunnya. Jadi mungkin dia fokus ke anaknya, almarhum ini. Jadi mungkin usahanya tidak terkontrol, dipercayakan sama orang," ia membeberkan.

Banyak yang menyayangkan keputusan Puput menggugat cerai Doddy Sudrajat. Pasalnya, pernikahan keduanya sudah enam tahun lebih. Sejak menikah, Puput dan Doddy bisnis bareng.


Pengadaan Barang

"Ada sih, beberapa pengadaan barang. Barang aku juga. Kami ada kerja sama dengan salah satu instansi. Kami ada pengadaan barang. Kita bareng-bareng," Puput Sudrajat membeberkan.

Dicecar pertanyaan soal pekerjaan suami, ia menyebut Doddy Sudrajat wiraswasta. Perkara wiraswasta apa, Puput mempersilakan awak media bertanya langsung ke Doddy Sudrajat.


Wiraswasta Saja

"Wiraswasta saja kali ya. Aku bukannya enggak bisa (menjelaskan pekerjaan Doddy). Aku minta tanya langsung saja sama orangnya. Aku takut salah menjawab, entar dia marah lagi," cetusnya. Puput mengaku masih sayang Doddy Sudrajat. Karenanya, ia tak mau ribut-ribut melulu.

Daripada frekuensi keributan menyering, lebih baik rumah tangga diakhiri. "Biar dia jalan sesuai dengan keinginan dia, aku jalan sesuai dengan jalur aku," ungkap Puput. "Daripada batin aku bertentangan terus akunya jadi ngebatin terus akhirnya menimbulkan percekcokan," imbuhnya.

Rusia Blokir Google News

Pemerintah Rusia Blokir Google News, Kenapa?

Liputan6.com 2022-03-24 18:30:59
Ilustrasi membuat google form (Gambar oleh Firmbee dari Pixabay)

Pemerintah Rusia baru-baru ini mengumumkan telah memblokir layanan Google News di negara tersebut.

Disebutkan, layanan agregator berita milik Google telah menyebarkan informasi palsu terkait operasi militer di negara itu di Ukraina.

"Kami telah mengonfirmasi beberapa orang di Rusia sulit mengakses Google News via aplikasi dan web. Hal ini bukan masalah dari sisi teknis pihak kita," kata Google dalam pernyataan, Kamis (24/3/2022).

Google menambahkan, "Kami telah bekerja keras untuk menjaga agar layanan informasi seperti News dapat diakses oleh pengguna di Rusia selama mungkin."

Adapun aksi pemblokiran oleh pihak Rusia ini merupakan reaksi ketika Google mengatakan tidak akan membantu laman web, aplikasi, da nkanal YouTube menjual iklan yang dianggap mengeksploitas, mengabaikan, atau memanfaatkan konflik di Ukraina.

Tak hanya itu, raksasa mesin pencari juga telah mengumumkan akan berhenti menjual semua iklan online di Rusia sejak awal Maret 2022 ini.

Interfax mengatakan Roskomnadzor, regulator Rusia melakukan tindakan pemblokiran Google ini atas permintaan kantor jaksa agung Rusia.


Tak Bisa Beli dan Berlangganan Aplikasi Android

Google Play Store. (Istimewa)

Belum lama ini, Google telah mengumumkan akan memangkas iklan dan media dari Rusia. Sekarang, perusahaan mengambil langkah untuk menangguhkan sistem penagihan (billing) di Play Store.

Mengutip postingan Google via Gizchina, (14/3/2022), perusahaan menangguhkan sistem pembayaran untuk pengguna di Rusia pada 10 Maret 2022.

Raksasa pencarian itu menjelaskan, pengguna tidak dapat membeli aplikasi dan game di perangkat tablet, TV, atau HP Android mereka masing-masing.


Tidak Bisa Beli Barang Digital

Tak hanya itu, pengguna juga tidak dapat melakukan pembayaran berlangganan atau pembelian barang digital di dalam aplikasi apa pun melalui Google Play Store.

Meski begitu, pengguna Android masih bisa mengunduh aplikasi dan game gratis yang tersedia di Play Store.

(Ysl/Isk)

Pakai Gaun Terlalu Seksi, BCL Dihujat

Kenakan Gaun Terlalu Seksi, Bunga Citra Lestari Panen Hujatan Warganet

Liputan6.com 2022-03-24 10:08:28
Transformasi BCL (Sumber: Instagram/bclsinclair)

Penyanyi cantik Bunga Citra Lestari atau yang akrab disapa BCL memang selalu berhasil menarik perhatian publik. BCL yang belum lama ini diketahui telah berulang tahun yang ke-39 tahun seolah tak pernah lepas dari sorotan publik khususnya warganet.

Baru-baru ini BCL diketahui mendapatkan komentar yang tak mengenakan lantaran penampilannya. BCL memang diketahui kerap tampil dengan gaun yang terbuka dan seksi. Hal ini yang membuat dirinya mendapat hujatan dari warganet.

Beberapa waktu lalu sebuah akun Instagram @bclfashionstyle mengunggah potret BCL mengenakan gaun yang cukup terbuka di bagian dadanya. Tak hanya pada bagian dada, gaun berwarna krem tersebut juga memiliki belahan cukup tinggi pada bagian paha.

Dari keterangan pada unggahan tersebut diketahui bahwa gaun itu adalah hasil rancangan desainer Yogi Pratama.

"@bclsinclair wearing a beautiful dress by @mryogiepratama Price is not available," tulis akun tersebut.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor0811 9787 670hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor0811 9787 670hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Dianggap Terlalu Seksi

Rupanya tak sedikit yang menganggap bahwa gaun tersebut terlalu seksi, hal ini pun memicu hujatan warganet. Tak sedikit yang menyayangkan penampilannya tersebut.

"Semoga akan sampai hidayah Allah SWT buat mu," kata akun @normahaliahmed.

"Sedih ngeliat aurat dipertontonkan," komentar akun @iid_yunus.

"Gak suka bgt penampilannya kasihan aurat diumbar ke semua orang," timpal @samsinar.inar.

"Aku mah cuma kasihan aja sama almarhum dialam sana katanya cinta banget tapi kok seperti itu pakaianya yaa? dl aku jg ga pake hijab tp karena suamiku dh meninggal akhirnya terketuk hatiku tuk pake hjb," tulis @asri2021hd.

"Udah kayak ngg berbusana InsyaAllah ada hidayah," akun @marinalistyo memberi doa.

"Makin sini makin terbuka," kata @i.s.aji.


Doa Ibunda di Usia BCL yang ke-39

BCL baru saja merayakan pergantian usia. Istri mendiang Ashraf Sinclair berulang tahun pada 22 Maret 2022. Pada tahun ini, ibunda Noah Sinclair berusia 39 tahun. Banyak ucapan dan doa diterima BCL, termasuk dari ibunda.

Emmy Syarif juga mengunggah foto kebersamaannya dengan BCL di akun Instagram pribadinya, Selasa (22/3/2022). Dalam keterangan, sang ibunda memanjatkan doa terbaik untuk wanita yang kerap disapa Unge.

"HBD sayang.... Semoga Allah memberikan yg terbaik utk Bunga. Makin sayang sm Noah, mamipapi, Alam n Tasya.... Tetap menjadi anak mami papi yg baik hati.... Aamiin," tutupnya." tulisnya.


Infografis Ayo Jadikan 2022 Tahun Terakhir Indonesia dalam Masa Pandemi Covid-19

 

AS: Tentara Rusia Penjahat Perang

Menlu AS: Tentara Rusia Pelaku Kejahatan Perang di Ukraina

Liputan6.com 2022-03-24 17:00:27
Menlu AS Antony Blinken di Jakarta, Selasa (14/12/2021). Dok: Tommy Kurnia/Liputan6.com

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken menuding ada kejahatan perang yang dilakukan oleh tentara Rusia di Ukraina. Kini, sudah genap satu bulan invasi digencarkan Rusia.

Antony Blinken adalah diplomat senior AS sebelum diangkat Presiden AS Joe Biden sebagai menlu. Dulu, Blinken juga mendukung intervensi militer di Irak, Libya, dan Suriah.

"Kita telah melihat banyak laporan kredibel tentang serangan tanpa pandang bulu dan serangan yang sengaja menargetkan warga sipil, serta kekejaman lainnya," ujar Menlu AS Antony Blinken dalam pernyataan resmi Kedutaan Besar AS, Kamis (24/3/2022).

Bangunan-bangunan yang hancur termasuk gedung apartemen, sekolah, rumah sakit, infrastruktur penting, kendaraan sipil, pusat perbelanjaan, dan ambulans. Blinken berkata serangan itu menyebabkan ribuan warga sipil tak berdosa terbunuh atau terluka.

Rusia juga disebut tidak segan menyerang fasilitas yang ada anak-anak seperti yang terjadi Mariupol. Pihak Ukraina disebut telah menandai gedung itu dengan kata "" yang dalam bahasa Rusia berarti "anak-anak". Tulisan itu dalam huruf besar dan bisa terlihat dari udara.

"Pasukan Putin menggunakan taktik yang sama di Grozny, Chechnya, dan Aleppo, Suriah, di mana mereka mengintensifkan pengeboman terhadap kota-kota guna mematahkan semangat rakyat," jelas Antony Blinken.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Dubes Inggris: Ukraina Tolak Jadi Koloni Rusia

Dubes Inggris untuk Indonesia, Owen Jenkins, turut memberikan kecaman baru pada aksi Rusia. Dubes Inggris berkata Presiden Putin mengira invasi akan berjalan mulus, namun sebaliknya terjadi.

"Ia menghadapi perlawanan sengit, terorganisir dan gigih, karena Ukraina tidak ingin menjadi koloni Rusia. Imperialisme Rusia, yang kita lihat dipamerkan secara terang-terangan di Ukraina, tidak dapat diterima di Ukraina, atau di dunia saat ini," ujar Dubes Inggris Owen Jenkins dalam pernyataan resmi.

Dubes Owen Jenkins juga menyorot ketika Rusia menyerang 80 pengungsi Ukraina yang berlindung di masjid. Sebelumnya, Arab News dan Al Jazeera turut melaporkan kejadian tersebut.

WHO juga mencatat bahwa setidaknya ada 43 fasilitas kesehatan yang kena dampak serangan Rusia.

"Serangan membabi buta terhadap warga sipil tak berdosa adalah sama dengan kejahatan perang," ujar Dubes Inggris.

Pakai Gaun Bekas dari Era 50-an

Kate Middleton Bergaya Vintage di Jamaika, Pakai Gaun Bekas Era 50-an

Liputan6.com 2022-03-24 18:02:00
Kate Middleton dan Pangeran William tur komunitas Trench Town di Kingston, Jamaika, pada 22 Maret 2022. (RICARDO MAKYN / AFP)

Penampilan Kate Middleton selalu berhasil mencuri atensi dalam berbagai kesempatan. Salah satunya ketika istri Pangeran William ini mengenakan busana bernuansa vintage dengan sentuhan yang dipersonalisasi di Jamaika.

Dikutip dari People, Kamis (24/3/2022), Kate Middleton dan Pangeran William tiba di Jamaika pada Selasa, 22 Maret 2022. Pasangan ini disambut sorak-sorai meriah oleh banyak orang di Trench Town.

Kala itu, Kate mencuri atensi dengan balutan gaun musim panas berbahan katun berwarna coral-and-turquoise dari butik Inggris Willow Hilson Vintage. "Ini adalah mimpi yang menjadi kenyataan, dan saya tidak bisa berhenti berseri-seri," Willow Hilson, pendiri butik independen yang berbasis di Cheltenham, mengatakan.

Hilson melanjutkan, "Saya telah melakukan ini sejak berusia 21 tahun, dan yang saya inginkan hanyalah seseorang seperti Kate mengenakan gaun saya."

Hilson membeli gaun era 50-an itu dari pemilik aslinya dan menggambarkan potongan mode itu sebagai "siluet tampilan baru ikonis yang menempel di sepanjang pinggang, dilengkapi rok lebar yang indah." Namun, visual gaun Duchess of Cambridge nyatanya tidak sesuai desain aslinya.

Tim busana Kate menggunakan selendang yang serasi bersama gaun tersebut untuk menambahkan aksen di sekitar garis leher. "Kate tidak sering memakai (gaun) tali spageti, jadi mereka menggunakan selendang untuk memperlebar talinya," jelas Hilson.

"Saya pikir itu penyesuaian yang bagus. (Gaun) itu terlihat luar biasa pada dirinya," tambahnya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Aksesori

Kate Middleton melengkapi penampilannya dengan gelang emas dari merek perhiasan Kingston, Lashawndla Bailey-Miller. Ibu tiga anak ini juga memakai raffia court shoes dari Russell & Bromley dan anting-anting mutiara oleh Maria Black.

Busana yang dikenakan Kate merupakan pakaian penuh warna dan diklaim cocok untuk momen pertemuan dengan tim bobsleigh Jamaika dan bermain drum di Trench Town Culture Yard Museum. "Itu sangat tepat, karena memiliki semua warna Karibia yang hebat. Ini adalah jenis gaun reggaeton dalam palet warnanya. Ia terlihat seperti sedang bersenang-senang," kata ahli vintage itu.

Ini bukan pertama kalinya Kate memilih mengenakan pakaian vintage dalam tur yang sedang berlangsung di Karibia. Berangkat dari Belize pada Selasa, Kate memadukan celana panjang putih dengan jaket vintage Yves Saint Laurent merah yang telah ada di lemarinya selama lebih dari dua dekade. Jaket itu dibelinya saat masih jadi mahasiswa St. Andrews, tempat Kate dan William bertemu.


Mode Berkelanjutan

"Keberlanjutan dalam mode adalah percakapan besar saat ini," kata Hilson, yang membuka butik aslinya pada 2012 sebelum pindah ke Cheltenham pada 2019.

"Saya harap ini akan terus berlanjut. Saya pikir mendapatkan seseorang seperti Kate untuk bergabung dengan itu benar-benar bagus, karena itu menunjukkan kepada orang-orang bahwa tidak apa-apa memakai barang bekas dan tidak apa-apa memakai pakaian vintage," tambahnya.

Meski Kate telah mendaur ulang pakaiannya selama bertahun-tahun, ini adalah pertama kalinya dia mengenakan tampilan vintage dalam waktu yang begitu cepat. Ini juga pertama kalinya dia mengenakan pakaian dari tahun 1950-an.

Sebelumnya, Kate mengenakan gaun Oscar de la Renta vintage berwarna merah muda dan hitam polka dot pada 2020, yang diyakini berasal dari era lebih baru.


Modifikasi

Namun, bukan hal yang belum pernah terjadi sebelumnya bagi tim internal Kate untuk memodifikasi pakaian agar lebih "sesuai dengan tur." Untuk tur pasangan kerajaan di India dan Bhutan pada 2016, misalnya, Kate mengenakan gaun maxi oleh desainer Mumbai Anita Dongre.

Kala itu, tim mempersonalisasikannya dengan mengubah syal menjadi ikat pinggang untuk membuat tampilan lebih kontemporer dan kasual. Hilson mengatakan, "Saya pikir setiap pemilik toko barang antik memimpikan seseorang seperti Kate Middleton mengenakan salah satu gaun mereka. Ini sangat tidak terduga, tapi luar biasa."


Infografis Desainer Indonesia di Pentas Fesyen Dunia

 

Prancis: Kripto Dipakai untuk Danai Teroris

Pejabat Prancis Sebut Kripto Digunakan untuk Danai Teroris

Liputan6.com 2022-03-24 08:52:36
Ilustrasi Mata Uang Kripto, Mata Uang Digital. Kredit: WorldSpectrum from Pixabay

Kepala unit intelijen keuangan Prancis mengatakan pada Selasa waktu setempat, transfer kripto digunakan untuk mendanai terorisme di Suriah dan Irak serta pornografi anak di Asia Tenggara.

Direktur Tracfin, Guillaume Valette-Valla, badan anti pencucian uang negara itu, mengatakan kepada anggota parlemen di Parlemen Eropa. Menurut Valette-Valla, mereka yang melakukan pembayaran online kecil harus dipaksa untuk mengungkapkan identitas mereka. Transaksi anonim kecil seperti itu seharusnya tidak diperbolehkan, tambahnya.

Peringatan itu datang ketika Christine Lagarde dari Bank Sentral Eropa memperingatkan peran cryptocurrency dalam menghindari sanksi keuangan yang ditempatkan pada Rusia setelah invasi ke Ukraina.

"Kami telah mengamati beberapa kali penggunaan aset kripto dari Eropa" yang digunakan untuk mendanai "terorisme, dan keterlibatan dengan terorisme, di wilayah Suriah-Irak," kata Valette-Valla pada sesi bersama komite ekonomi dan kebebasan sipil Parlemen Eropa, dikutip dari CoinDesk, Kamis (24/3/2022).

Kasus serupa yang berkaitan dengan pornografi anak "sangat disayangkan berulang," tambahnya, Valette-Valla mengatakan minggu lalu dia telah mentransfer tiga kasus ke jaksa penuntut umum di mana transaksi kecil telah dilakukan untuk melihat kasus pelecehan anak secara langsung di Asia Tenggara.

Organisasi Valette-Valla, Tracfin, adalah bagian dari kementerian ekonomi Prancis dan bertanggung jawab untuk mengumpulkan intelijen tentang dugaan keuangan gelap dari perusahaan keuangan dan sumber lain, meneruskan temuannya ke otoritas kehakiman untuk kemungkinan penuntutan.

Anggota parlemen saat ini sedang mempertimbangkan rencana untuk memperluas aturan transparansi pembayaran yang ada ke sektor kripto dengan cara yang dapat mengakhiri anonimitas online sama sekali.

Di bawah aturan ini, yang dikenal sebagai aturan perjalanan, transfer bank konvensional perlu mengidentifikasi pihak yang terlibat dalam transaksi apa pun di atas 1.000 Euro, dengan transaksi mencurigakan yang diteruskan ke pihak berwenang.

Namun, anggota parlemen cenderung menghapus ambang batas yang lebih rendah untuk transaksi kripto karena pembayaran digital besar dapat dengan mudah dipecah menjadi potongan-potongan kecil yang menghindari deteksi, sebuah praktik yang dikenal sebagai smurfing.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Arus Dana Keluar Selama 2 Minggu di Sektor Kripto, Ada Apa?

Sebelumnya, produk dan dana investasi cryptocurrency menunjukkan arus keluar bersih untuk minggu kedua berturut-turut, menurut sebuah laporan dari manajer aset digital CoinShares pada Senin.

Hal tersebut kemungkinan disebabkan oleh kekhawatiran terus-menerus tentang regulasi dan kemungkinan dampak dari konflik Rusia-Ukraina.

Sektor kripto mencatat arus keluar bersih sebesar USD 47 juta atau sekitar Rp 674,3 miliar pada pekan ketiga Maret 2022, setelah mengalami arus keluar sebesar USD 110 juta pada pekan sebelumnya.

Arus keluar datang di tengah upaya berkelanjutan untuk mengatur kripto. Presiden Joe Biden menandatangani perintah eksekutif beberapa minggu lalu yang mengharuskan pemerintah untuk menilai risiko dan manfaat dari menciptakan dolar digital bank sentral, serta masalah kripto lainnya.

Spesifik dalam kripto terbesar bitcoin, tercatat ada arus keluar terbesar sebesar USD 33 juta dalam minggu terakhir, laporan tersebut menunjukkan, mengikuti arus keluar sebesar USD 70 juta sebelumnya. Namun, arus year-to-date tetap positif, sebesar USD 63 juta.

"Meskipun Bitcoin telah menyusut kembali sedikit setelah mencapai USD 42.000 selama akhir pekan, itu masih berhasil karena menutup minggu ini jauh di atas USD 40.000," kata direktur eksekutif di aset digital hedge fund ARK36, Mikkel Morch, dikutip dari Channel News Asia, Selasa, 22 Maret 2022.

Penurunan semacam itu tampaknya sehat setelah kenaikan signifikan selama seminggu terakhir dan tidak boleh dipandang sebagai reaksi negatif terhadap berita geopolitik atau makro tertentu. Selama Bitcoin tetap di atas USD 40.000, ada peluang bagus untuk melanjutkan kenaikan harga.

Sedangkan untuk produk berbasis Ethereum memiliki arus keluar sebesar USD 17 juta minggu lalu, lebih rendah dari minggu sebelumnya, yang mencatat arus keluar sebesar USD 50 juta.

Ethereum terus menderita dari sentimen negatif investor, kata para analis, dengan arus keluar tahun ini sebesar USD 151 juta, atau 1,2 persen dari total aset yang dikelola.

Rindu Vanessa-Bibi, Kenapa Enggak Ajak Aku?

Rindu Vanessa Angel dan Bibi Andriansyah, Fuji: Kenapa Enggak Ajak Aku Sih?

Liputan6.com 2022-03-24 13:30:00
Fuji. (ist)

Fuji masih terpukul atas kepergian Vanessa Angel dan Bibi Andriansyah dalam kecelakaan maut di Jawa Timur, 4 November 2021.

Dalam YouTube Kanda Brothers, pemilik nama lengkap Fujianti Utami Putri ditanya, apabila diberi kesempatan satu menit bertemu lagi dengan Vanessa dan Bibi, apa yang ingin dia katakan?

"Mau peluk saja, kalau misalnya aku bisa ikut, aku ikut saja, aku capai. Aku enggak tahu nanti bakal dibilang drama atau apa aku enggak peduli. Aku capai," kata tante Gala Sky Andriansyah itu.

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Rindu

Sambil menangis, dia mengungkap rasa rindu kepada Vanessa Angel dan Bibi Andriansyah. Bahkan, dia bersedia menggantikan posisi Vanessa dalam kecelakaan kala itu.

"Aku tuh capai, aku kangen banget kenapa enggak ajak aku sih? Kenapa gue enggak diajak? Berharap ada di mobil itu. Kalau perlu aku saja yang kelempar keluar. Bisa enggak sih aku saja yang tukaran," ucapnya.


Kecelakaan

Dalam peristiwa tersebut, Vanessa Angel terlempar keluar mobil dan mengakibatkan perdarahan.

Rasa bersalah juga masih membayangi Fuji. Diberitakan sebelumnya, Vanessa Angel dan Bibi Andriansyah sempat merayakan ulang tahun Fuji di malam sebelum kecelakaan.


Bersalah

Saat itu, orangtua Gala Sky ini baru tiba dari Bali. Sementara keesokan harinya mereka harus kembali menempuh perjalanan darat ke Surabaya untuk urusan pekerjaan.

"Aku tuh ngerasa bersalah, kenapa sih aku harus ulang tahun tanggal segitu. Kenapa sih? Harusnya aku enggak ulang tahun kan bisa mereka langsung Surabaya, enggak usah ke Jakarta ketemu aku," ungkapnya.

Paul Pogba Depresi karena Jose Mourinho

Paul Pogba Akui Alami Depresi Gara-Gara Jose Mourinho

Liputan6.com 2022-03-24 18:30:10
Paul Pogba - Manchester United harus merogoh kocek dalam untuk memulangkan mantan pemainnya ini dari Juventus yang kala itu bernilai 94 juta Pounds. Namun sayang sekembalinya ke Old Trafford,

Gelandang Manchester United, Paul Pogba mengatakan bahwa dia mengalami depresi setelah berselisih dengan Jose Mourinho selama menjabat sebagai manajer Manchester United.

Pada Desember 2018 lalu, Mourinho melepas jabatannya sebagai manajer Manchester United. Hal ini dilakukan karena hubungan Pogba dan Mourinho yang semakin sulit, setahun berselang Mourinho akhirnya dipecat.

Sejak kejadian itu, Pogba mengaku bahwa dia telah mengalami depresi berkali-kali, namun tidak pernah dia ceritakan ke siapa-siapa.

"Saya telah mengalami depresi berkali-kali dalam karir saya, tetapi saya tidak pernah membicarakannya," katanya dilansir dari BBC.com, Rabu (23/3/2022).

"Kadang-kadang, anda tidak tahu saya depresi, saya hanya ingin mengisolasi diri, sendirian, dan ini adalah tanda-tanda yang tidak menipu," ucapnya.

"Secara pribadi, itu dimulai ketika saya bersama Jose Mourinho di Manchester. Anda bertanya pada diri sendiri pertanyaan, bertanya-tanya apakah anda bersalah, karena anda tidak pernah mengalami saat-saat seperti ini dalam hidup anda."

Mau tahu posisi MU di klasemen Liga Inggris? Cek di halaman berikutnya.


Mencari Bantuan ke Patrice Evra

Setelah dipecatnya Mourinho, Pogba baru dapat menceritakannya kepada keluarga dan berbicara dengan mantan rekan setimnya di Manchester United, Patrice Evra untuk membantu mengatasinya.

Dia tidak mau bahwa hal hal tersebut mempengaruhi penampilannya saat bertanding bersama Manchester United.

"Saya tidak ingin momen-momen negatif ini membuat saya melupakan semua pencapaian saya, tetapi itu tidak selalu mudah," katanya.

"Dan ketika anda tidak bisa melakukan semuanya sendirian, saya berbicara banyak dengan Paman Pat (Evra), mantan pemain yang mengalami (depresi), karena mereka akan segera memahami anda," ucap Pogba.

"Berbicara, didengarkan, mengeluarkan semua kemarahan dan depresi yang menggerogotimu, itu wajib bagiku," jelasnya.


Medali Piala Dunia Dicuri

Pada kesempatan yang sama, Pogba juga menceritakan mengenai mimpi buruk yang menimpa keluarganya ketika rumahnya dirampok selama pertandingan Liga Champions Manchester United melawan Atletico Madrid.

Saat itu, kedua anaknya yang masih kecil dan pengasuh mereka berada di rumah.

"Yang membuat saya takut adalah kedua anak saya berada di rumahbersama pengasuh selama insiden ini. Yang utama adalah anak-anak saya baik-baik saja," pungkas Pogba.

Penulis: Jesslyn Koesman


Peringkat


Infografis

 

Kalau Mau Mudik Wajib Vaksin Booster Dulu

HEADLINE: Vaksin Booster COVID-19 Jadi Syarat Mudik Lebaran 2022, Prosedur dan Pengawasan?

Liputan6.com 2022-03-25 00:00:09
Petugas kesehatan dari Puskesmas Kecamatan Matraman melakukan vaksinasi COVID-19 di SD Negeri 25 Utan Kayu Selatan, Matraman, Jakarta Timur, Rabu (23/3/2022). Vaksin yang digunakan adalah vak

Mudik Lebaran jadi salah satu agenda yang paling dirindukan warga Indonesia yang mayoritas beragama Islam. Tradisi yang melibatkan mobilitas masyarakat secara besar-besaran itu surut dalam dua tahun terakhir karena pandemi COVID-19.

Tapi tahun ini berbeda. Pemerintah telah melonggarkan sejumlah aturan pengetatan terkait pandemi COVID-19. Masyarakat yang rindu keluarga dan kampung halaman memiliki harapan untuk bisa kembali mudik di penghujung Ramadan.

"Bagi masyarakat yang ingin melakukan mudik Lebaran dipersilakan, diperbolehkan. Dengan syarat sudah mendapat dua kali vaksin dan satu kali booster," kata Presiden RI, Joko Widodo atau Jokowi saat konferensi pers yang disiarkan di kanal Youtube Sekretariat Presiden pada Rabu, 23 Maret 2022.

Keputusan pelonggaran mudik Lebaran 2022 ini berdasarkan beberapa pertimbangan dari para ahli yang disampaikan pada Presiden Joko Widodo, seperti dikatakan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers, Rabu, 23 Maret 2022 petang.

Ada tiga alasan pemerintah kembali memperbolehkan masyarakat mudik Lebaran tahun ini, yaitu kasus COVID-19 di Indonesia menunjukkan tren penurunan, angka reproduksi COVID-19 yang mendekati 1, dan pola kenaikan kasus di beberapa negara berbeda dengan di Tanah Air.

Menkes Budi Gunadi mengatakan, kasus harian COVID-19 di Indonesia terus turun. Meski ada varian baru yakni subvarian Omicron BA.2, namun masyarakat dianggap telah memiliki kekebalan yang tinggi karena vaksinasi.

Seperti diketahui, varian Omicron memiliki subvarian BA.1 dan BA.2. Sub varian BA.2 ini memiliki penularan yang lebih tinggi.

"Hasil penelitian menunjukkan orang yang pernah COVID-19 divaksinasi, justru daya tahan tubuhnya sangat kuat dan bertahan lama. kombinasi kekebalan itu yang terjadi," katanya dalam konferensi pers, Rabu (23/3/2022).

Sementara itu, angka reproduksi efektif (Rt) COVID-19 di Indonesia pun telah mendekati 1. Menkes menjelaskan, ini artinya berdasarkan epidemiologi, kasus di Indonesia terkontrol.

"Kalau 1 artinya 1 orang menulari 2 orang, 2 orang menulari 3 orang dan seterusnya. Perkiraan akhir bulan ini akan seperti Oktober/November lalu," jelasnya.

Terkait kenaikan kasus COVID-19 di sejumlah negara di Eropa dan Asia seperti di Inggris, Jerman, Prancis, Hongkong serta China beberapa pekan terakhir, Menkes Budi Gunadi menjelaskan bahwa tren kenaikan di negara-negara tersebut ternyata berbeda dengan India dan Indonesia.

"Indonesia dan India agak beda polanya. Padahal varian (BA.2) ini sudah dominan di India dan indonesia. Tapi tidak menunjukan lonjakan kasus," katanya.

Salah satu dugaannya, kata Menkes, Indonesia dan india memulai program vaksinasi relatif lambat dibandingkan Singapura, Korea Selatan atau Jepang. Di sisi lain, Indonesia pernah mengalami gelombang Delta yang cukup banyak menginfeksi masyarakat.

"Sebelum vaksinasi dilakukan, kita terkena gelombang Delta yang cukup tinggi. Tapi masyarakat sudah memiliki antibodi karena infeksi-bukan vaksinasi," katanya.

Oleh karena itu, Menkes mengatakan, pemerintah benar-benar membuka ruang gerak yang besar bagi umat muslim untuk bisa berkumpul pada Ramadan dan Idulfitri tahun ini. Meski dengan syarat percepatan vaksinasi dosis kedua dan vaksin booster.


Kenapa Vaksinasi Booster Jadi Syarat Mudik?

Dijelaskan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, pemberlakuan wajib vaksinasi COVID-19 dosis lanjutan atau booster sebagai syarat mudik Lebaran 2022 semata-mata untuk melindungi populasi lanjut usia (lansia).

"Vaksinasi kalau tidak lengkap dampaknya negatif terutama ke orangtua. Kita mau merayakan Lebaran dengan baik, jangan sampai kebaikan merugikan orangtua," kata Menkes saat temu media melalui Zoom pada Rabu malam.

"Kalau mau mudik sebaiknya di-booster, supaya memerkecil risiko orang yang dikunjungi nanti terkena," lanjut Budi.

Masyarakat yang tidak memenuhi persyaratan ini pun tetap dapat melakukan mudik. Namun, kata Menkes Budi Gunadi, mereka diwajibkan melakukan tes COVID-19.

"Kalau yang booster-nya lengkap tidak usah tes. Tapi kalau yang belum booster, kalau dia baru vaksinasinya 2 kali, harus tes antigen," jelas Budi Gunadi dalam konferensi pers, Rabu (23/3/2022).

Sementara itu, bagi pemudik yang baru menerima vaksin dosis pertama harus melakukan tes PCR COVID-19.

Itu mengapa yang belum menerima vaksin booster harus melampirkan hasil negatif dari tes COVID yang dilakukan.

"Baru dua kali vaksin, harus tes antigen. Kalau baru satu kali vaksin, dia harus tes PCR," pungkas Menkes.

Budi menyampaikan, pemerintah ingin masyarakat dapat melakukan ibadah Ramadan dan merayakan Lebaran Idulfitri dengan kehidupan mendekati normal.

Kendati begitu, kata dia, pemerintah juga tak ingin nantinya pelonggaran ini merugikan masyarakat lanjut usia (lansia) yang rentan terpapar COVID-19. Terlebih, lansia menjadi sasaran kunjungan anak serta cucunya saat Lebaran.

"Jadi beliau (Presiden Jokowi) dengan sangat bijak, ya kita rayakan dengan baik. Tapi jangan sampai merugikan para orangtua yang dikunjungi anak-anak dan cucunya," ujarnya.

"Oleh karena itu, beliau (Presiden) menyarankan, kalau mau mudik itu sebaiknya di-boostersupaya memperkecil risiko orang yang dikunjungi nanti terkena," sambung Budi.


Cek Vaksinasi Booster Saat Arus Mudik

Terkait protokol kesehatan saat mudik Lebaran 2022, Menkes Budi Gunadi menyebut, pemerintah akan memeriksa status vaksinasi pemudik melalui aplikasi PeduliLindungi. Dalam aplikasi tersebut tertera informasi apakah pemilik aplikasi sudah mendapat vaksinasi boosteratau belum.

"Di PeduliLindungi kelihatan ada vaksin ketiga atau tidak. Kemudian memang untuk mudik dengan kendaraan umum kita mengeceknya pada saat naik (kendaraan umum)," ujar Budi Gunadi.

Sementara untuk mengecek pemudik Lebaran 2022 yang menggunakan kendaraan pribadi akan dilakukan secara acak. "Mudik dengan kendaraan pribadi nanti tinggal dilakukan dengan random checking," kata dia.

Keterangan serupa juga didapat dari Juru Bicara Vaksinasi Kementerian Kesehatan RI Siti Nadia Tarmizi. Nadia mengatakan, melalui aplikasi PeduliLindungi, status vaksinasi seseorang akan terlihat.

Lebih lanjut, Nadia menjelaskan, status vaksinasi para calon pemudik yang menggunakan transportasi umum akan dicek saat hendak naik kendaraan umum. Sedangkan pada pengguna kendaraan pribadi akan dilakukan pengecekan acak di jalur mudik.

"Kalau menggunakan transportasi udara, laut, dan darat, (pengecekan status vaksinasi) saat akan check in ya," terang Nadia saat dikonfirmasi Health Liputan6.commelalui pesan singkat pada Kamis, 24 Maret 2022.

"Tapi yang menggunakan kendaraan pribadi akan dilakukan random check (pemeriksaan acak) pada titik-titik tertentu (jalur mudik Lebaran)."

Menurut Budi Gunadi, pembahasan aturan mudik Lebaran 2022 masih terus dirapikan, termasuk prosedur pengecekan dan pengawasan status vaksinasi booster bagi pemudik. Nantinya, aturan rinci mengenai pelaksanaan mudik Lebaran 2022 akan diterbitkan melalui Surat Edaran (SE) Satgas Penanganan COVID-19 dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

"Mudik masih lama kanya, akhir April. Tapi kami segera beresin(aturan mudik). Saya rasa paling telat minggu depan sudah keluar (surat edaran)," ujar Budi Gunadi.

"Setidaknya, yang penting kami sudah sampaikan protokolnya seperti apa. Nanti akan diformalkan aturannya lewat Surat Keputusan (SK) Menteri Perhubungan dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)--Ketua Satgas Penanganan COVID-19," lanjutnya.

Juru Bicara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Adita Irawati pun mengaku, pihaknya tengah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait perihal aturan mudik Lebaran, termasuk koordinasi dengan Satgas COVID-19.

"Kemenhub akan segera berkoordinasi dengan sejumlah pemangku kepentingan, yakni Satgas Penanganan COVID-19, Kementerian dan Lembaga, serta unsur terkait lainnya," kata Adita, Rabu (23/3/2022).

Adita mengatakan, Kemenhub nantinya akan menerbitkan Surat Edaran tentang petunjuk pelaksanaan teknis di lapangan, baik perjalanan luar negeri maupun dalam negeri. Dia pun menyebut, seperti sebelum-sebelumnya surat edaran tersebut akan merujuk pada SE Satgas Penanganan COVID-19.

"Adapun petunjuk teknis pelaksanaan di lapangan juga akan kami diskusikan dengan para stakeholderstermasuk pihak POLRI, di antaranya mekanisme pengawasan terhadap ketentuan syarat perjalanan dan penerapan protokol kesehatan di lapangan."


Beragam Tanggapan Pakar dan Praktisi

Kebijakan mengenai pelonggaran mudik Lebaran di masa pandemi mendapat tanggapan banyak pihak. Ketua Umum Asosiasi Travel Agent Indonesia (Astindo) Pauline Suharno menanggapi baik vaksinasi booster sebagai syarat mudik Lebaran. Namun Pauline turut mewaspadai adanya sekelompok masyarakat yang pandai mencari celah dari aturan yang ada.

Dia coba menyoroti aturan larangan mudik di masa awal pandemi COVID-19, yang ternyata masih bisa diakali banyak orang.

"Tapi kan orang Indonesia pintar lah. Kalau misalkan dibilang waktu kayak tahun lalu, contohnya dibilang enggak boleh mudik tanggal sekian sampai tanggal sekian, orangnya malah mudik duluan. Malah liburan lebih lama," ujarnya kepada Liputan6.com, Kamis (24/3/2022).

Menurutnya mafia dari praktik-praktik serupa itu telah ada sejak dua tahun lalu. Pauline mengaku belum bisa membayangkan, bagaimana implementasi kebijakan tersebut jika diterapkan di jalanan. Sebab seperti diketahui, kemacetan panjang sering terjadi di jalan antar provinsi saat musim mudik Lebaran di masa normal.

"Kalau misalkan diterapkan di perbatasan-perbatasan biasanya pakai scan QR. Cuman berapa banyak yang harus disortir," ungkap dia.

Oleh karenanya, ia pun meminta pemerintah untuk memikirkan bagaimana pengawasannya di lapangan. Sehingga syarat vaksin booster untuk bisa mudik benar-benar dapat terimplementasikan sesuai harapan.

"Kerja sama antar Dishub, Satgas, bagaimana di perjalanan nanti enggak kecolongan nih. Orang malah pakai sertifikat vaksin palsu, atau QR Code palsu. Kan bisa aja," sebut Pauline.

Kritik datang dari Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi. Menurutnya, kebijakan vaksin booster sebagai syarat wajib mudik Lebaran sama saja dengan pemerintah kembali melarang masyarakat pulang kampung. Sebab, pemerintah dinilainya masih belum bisa menjamah banyak warga dengan vaksin booster-nya.

"Wajib vaksin booster jika ingin mudik Lebaran, sama saja melarang mudik. Pasalnya, saat ini baru 12 jutaan warga yang dibooster," tulis Tulus dalam status WhatsApp miliknya, Kamis (24/3/2022).

"Dan hal yang mustahil dalam satu bulan ke depan bisa mengejar vaksinasi booster, agar warga bisa mudik," keluh dia.

Tulus mengimbau pemerintah agar fokus saja dengan program vaksinasi dosis kedua yang saat ini baru mencapai 155 juta penerima. Serta vaksin dosis pertama yang masih berkisar di angka 194 juta penerima.

"Apalagi jika ada kendala teknis/medis, misalnya orang yang baru saja vaksin kedua, kan tidak bisa langsung vaksin booster. Perlu jeda 3 bulan," sebutnya.

"Jadi, pakai kebijakan yang fair sajalah, jangan neko-neko. Biar tidak terkesan ada udang di balik kebijakan (business oriented)," tegas Tulus.

Anggota Komisi IX DPR RI Rahmad Handoyo memberi catatan, kebijakan wajib boostervaksin COVID-19 sebagai syarat untuk mudik Lebaran 2022 membutuhkan pengawasan ekstra.

"Saya rasa itu baik untuk pengendalian COVID, namun harus ada catatan, pertama cakupan booster, kedua pengawasan seperti apa," kata Rahmad saat dikonfirmasi, Kamis (24/3/2022).

Politikus PDI Perjuangan itu juga mengingatkan bahwa stok vaksin booster yang masih terbatas. "Booster itu terbatas masih di bawah 15 juta, tentu ini akan jadi kesulitan di lapangan," kata dia.

Ketersediaan vaksin di berbagai daerah pun mendapat sorotan anggota Komisi IX DPR RI Saleh Partaonan Daulay. Dia pun menilai kebijakan mudik dengan menyertakan syarat vaksin boosterbisa jadi masalah. Pasalnya, masih banyak masyarakat yang belum mendapatkan giliran untuk divaksin COVID-19 dosis ketiga itu.

"Vaksin booster memang sudah jalan. Tetapi, tidak semua bisa dilaksanakan secara bersamaan. Ada jadwal dan target yang sudah diprogramkan. Dipastikan, tidak semua orang yang hendak mudik sudah dibooster," kata dia, Kamis (24/3/2022).

Menurut dia, belum adanya masyarakat mendapat booster bukan karena enggan divaksin, tetapi masalah waktu dan keterbatasan kapasitas di berbagai daerah.

"Bukan karena tidak mau divaksin. Ini lebih pada persoalan waktu dan kapasitas vaksinator kita di berbagai daerah. Terutama di kota-kota besar yang penduduknya banyak yang akan mudik. Kalaupun mereka bekerja keras, rasa-rasanya pasti akan ada keterbatasan," kata Saleh.

Infografis Ragam Tanggapan Vaksin Booster Jadi Syarat Mudik Lebaran 2022. (Liputan6.com/Trieyasni)

Syarat booster untuk mudik Lebaran, diniliai pengamat kebijakan publik Trubus Rahadiansyah bisa membuat masyarakat bingung dan cenderung tak ditaati. Dia berpendapat, setiap orang mempunyai waktu yang berbeda-beda dan ketersediaan vaksin di setiap daerah juga beragam.

"Kalau booster tidak perlu diwajibkan, karena semua masyarakat belum booster. Sekarang kalau mau boosterkan harus nunggu undangan dulu dari aplikasi. Saya pikir dosis satu, dosis dua lengkap itu yang penting," kata dia kepada Liputan6.com, Kamis (24/3/2022).

Jika memang pemerintah tetap mau memasukkan booster sebagai syarat, ada beberapa hal yang harus dipenuhi. Pertama, dia menyarankan harus disiapkan tempat booster baik itu di terminal, tol, bandara maupun laut.

"Pengawasannya bagaimana? Tinggal ditanya aja kalau belum booster mereka pakai aplikasi PeduliLindungi, atau difotokopi booster. Tapi yang pasti pemerintah harus menyediakan," sambungnya.

Selain itu, pemerintah harus segera menyiapkan aturannya. Karena mudik tak akan sampai sebulan lagi berjalan.

"Jangan sampai menghalangi orang mau mudik. Jangan-jangan pas mudik di jalan disuruh pulang karena belum booster. Itu bisa jadi masalah. Aturan sampai sekarang belum jelas, masih abu-abu. Lebarannya sudah dekat ini, nanti aturannya bisa jadi macan ompong doang karena tidak akan ditaati dan jadi tidak efektif," kata Trubus.

Trubus juga menyoroti level PPKM yang berbeda di tiap-tiap daerah.

"Ini kan harus dipikirkan aturannya, ketika mudik bagaimana? Kalau memang boleh mudik, jangan pakai aturan yang aneh-aneh. Kalau dilarang ya aturannya seperti apa. Kalau level 4 dilarang mudik itu ya harus ada aturannya," jelas dia.

Karena itu, dia berharap aturan yang ada nanti baik dari booster sampai tata pelaksanaan mudiknya, jangan sampai membingungkan masyarakat.

Sementara epidemiolog Dicky Budiman berpendapat gelombang arus mudik tahun ini bakal sulit dihindari. Mengingat banyak masyarakat yang sudah menahan rindu tidak pulang kampung dua kali Lebaran selama pandemi COVID-19 menerjang.

Selain itu, jelang tahun ketiga pandemi COVID-19 pemerintah juga sudah menggunakan bahasa komunikasi yang membangun optimisme publik agar mudik dengan lebih leluasa tapi aman. Maka dari itu, Dicky mendukung aturan pemerintah terkait vaksinasi booster jadi syarat mudik bagi orang yang sudah saatnya mendapatkan perlindungan vaksin dosis ketiga.

Dicky juga meminta agar masyarakat tak sulit mendapatkan vaksin boostersehingga bagi yang paling tidak lebih dari tiga bulan lalu sudah dapat dosis kedua, bisa vaksinasi dosis ketiga.

"Pemerintah percepat, permudah boosterini jangan sampai ada sangkaan atau kejadian vaksin booster-nya susah didapat," kata Dicky lewat pesan suara kepada Health-Liputan6.com, Kamis (24/3/2022).

Ia menyarankan terutama bagi lansia, orang dengan komorbid serta imunokompromais untuk mendapatkan boostervaksin COVID-19 demi mencegah terpapar varian virus Corona baik di perjalanan maupun di tujuan. Bila pun nanti terpapar COVID-19, risiko mengalami kesakitan maupun kematian lebih rendah.

"Peran pemerintah di sini untuk memastikan agar risiko yang terjadi bisa kecil yakni dengan mitigasi. Seperti vaksinasi boosterbagi yang sudah bisa mendapatkannya terutama pada kelompok berisiko tinggi, ya setidaknya dua dosis bila masih dalam durasi proteksi, itu masih tepat," kata peneliti Global Health Security dan Pandemi pada Center for Environment and Population Health di Griffith University Australia, itu.


Siapkan Posko Vaksinasi

Tak sekadar mensyaratkan vaksinasi booster untuk mudik Lebaran 2022, pemerintah juga akan menyiapkan sejumlah posko vaksinasi di jalur mudik. Nantinya, masyarakat yang belum mendapat vaksin lengkap dan boosterdapat merapat ke posko vaksinasi tersebut.

"Nanti disiapkan oleh Kementerian Perhubungan tempat-tempat vaksinasi gratis di fasilitas-fasilitas angkutan umum dan beberapa pos, di mana masyarakat bisa langsung disuntik sebelum mudik," kata Budi Gunadi.

Budi Gunadi mengatakan, hal itu adalah keinginan langsung dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Tujuannya, agar masyarakat yang mudik tidak membawa risiko penularan COVID-19 saat berkumpul dengan orangtua dan sanak saudara di kampung halaman.

"Intinya Pak Presiden ingin, yuk masyarakat kita bisa longgarkan, mudahkan. Silakan mudik cuma pastikan suntiknya vaksinasi lengkap plus booster," jelas Budi.

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin memastikan, stok vaksin Covid-19 di Indonesia masih aman. Saat ini, masih tersedia 80 juta dosis vaksin yang belum disuntikkan kepada masyarakat.

"Jadi masih ada 80 juta dosis vaksin yang masih bisa kita pakai untuk suntik booster, termasuk juga suntik (dosis) kedua," ungkapnya dalam konferensi pers virtual yang disiarkan melalui YouTube Kementerian Kesehatan RI, Kamis (23/3/2022).

Budi menjelaskan, total vaksin COVID-19 yang sudah diterima Indonesia baik melalui pembelian langsung atau hibah sebanyak 475 juta dosis. Tercatat 275 juta dosis di antaranya sudah disuntikkan kepada masyarakat.

Menurut Menkes, sisa 80 juta dosis vaksin saat ini cukup untuk digunakan hingga empat bulan mendatang. Berdasarkan perhitungan selama ini, rata-rata penggunaan vaksin dalam sepekan hanya 5 hingga 6 juta dosis.

"Jadi kalau kondisi normal 20 jutaan satu bulan, yang kita miliki masih ada 4 bulan stok. Jadi artinya cukup untuk suntikan dosis kedua dan booster," ucap Budi.


Potensi Ledakan Kasus

Dicky Budiman menegaskan meski sudah ada aturan boosterpada mudik Lebaran 2022, bukan berarti bebas dari ledakan kasus COVID-19.

"Enggak ada ledakan (kasus)? Itu enggak ada jaminan. Walau sudah dua dosis divaksin, ya pasti ada. Kita lihat di Eropa, Amerika bahkan negara-negara Asia seperti China dan Hong Kong terjadi ledakan. Maka dari itu boostervaksin COVID-19 penting," katanya.

Selain booster, Dicky meminta agar masyarakat tetap patuh menjalankan 5M (mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, mengurangi mobilitas, menjauhi kerumunan). Lalu, pemerintah tetap menjalankan 3T (testing, tracing, treatment) dengan baik.

Di sisi lain, Dicky menyarankan pemerintah gencar melakukan literasi ke publik untuk membangun kewaspadaan bahwa situasi pandemi ini belum berakhir.

"Sehingga kita semua punya peran tanggung jawab di situasi pandemi ini," kata Dicky.

Menkes Budi Gunadi tak menampik adanya potensi peningkatan kasus dari kebijakan mudik Lebaran 2022.

"Pengamatan kita, potensi kenaikan setiap kali ada acara besar kerumunan, ada," kata Budi Gunadi.

Meski demikian, kenaikan kasus usai acara besar umumnya tidak melonjak tinggi. Lonjakan tinggi kasus COVID-19 hanya terjadi jika ada varian baru COVID-19.

Dia mengambil contoh lonjakan kasus COVID-19 yang terjadi pada gelombang kedua disebabkan varian baru Delta. Kemudian gelombang ketiga yang dipicu varian baru Omicron.

"Kita naiknya di bulan Februari disebabkan oleh varian baru dan itu konsisten di negara lain di dunia," ujarnya.

Budi menjelaskan, kebijakan mengizinkan mudik Lebaran Idulfitri 2022 berdasarkan arahan Presiden Joko Widodo. Jokowi ingin memberikan kesempatan kepada umat Islam di Indonesia merayakan Ramadan dan Idulfitri di kampung halaman.

"Oleh karena itu, Bapak Presiden sengaja meminta kami. Alhamdulillah kondisinya juga memungkinkan ketika beliau memutuskan untuk memberikan kesempatan yang luas kepada umat Islam agar bisa melaksanakan ibadah Ramadan dan Idulfitri sebaik-baiknya," ucap Budi.