Volume 248

"Pecat Dirut BUMN yang Suka Impor"

Jokowi Minta Erick Thohir Pecat Dirut BUMN yang Suka Impor

Liputan6.com 2022-03-25 14:45:49
Presiden Joko Widodo, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Dirut PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati, melepas 20 pembalap Moto GP pada acara Pertamina Grand Prix of Indonesia: Energy to Speed Up

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sangat jengkel dengan sejumlah kementerian, pemerintah daerah dan juga BUMN yang masih sering impor. Padahal barang yang diimpor tersebut sudah diproduksi di dalam negeri. Dia pun menyentil langsung beberapa menteri termasuk BUMN.

Jokowi menjelaskan, saat ini banyak perusahaan pelat merah yang masih suka impor. Jokowi lantas meminta Menteri BUMN Erick Thohir agar direktur utama di perusahaan pelat merah itu diganti.

"BUMN, saya sampaikan ke menteri BUMN, dah ganti dirutnya. Ganti, ngapain kita?" tutur kata Jokowi saat memberikan Pengarahan dalam Aksi Afirmasi Bangga Buatan Indonesia di Bali, Jumat (25/3/2022).

"Mau impor kita? kita sudah bisa bikin semuanya itu, sudah bisa bikin semuanya. Sudahlah jangan diteruskan," tambah Jokowi.

Presiden juga memerintahkan LKPP hingga akhir 2022 dapat memasukkan 1 juta UMKM sebagai penyuplai barang di E-Katalog.

"Lompatannya harus begitu, kepala daerah ambil UKM-UKM kita yang baik-baik masuk ke E-Katalog, yang sering dikeluhkan SNI susah, SNI barang apa toh? Sertifikat sulit, sertifikat apalagi? Buat sederhana, barang kita sendiri, jangan ruwet, mahal, bayar sini bayar sana, kapan UMKM kita dapat SNI kalau digitukan? Dipermudah, biar semua bisa masuk ke E-Katalog," tegas Jokowi.

Acara "Aksi Afirmasi Bangga Buatan Indonesia" didahului dengan Business Matching belanja produk dalam negeri pada 22-24 Maret 2022.

Berdasarkan hasil simulasi yang dilakukan oleh BPS, dampak pembelian produk dalam negeri senilai Rp 400 triliun dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 1,67 - 1,71 persen.

Jika pertumbuhan ekonomi sebesar 3,69 persen pada 2021, maka dengan memaksimalkan penggunaan produk dalam negeri, ekonomi Indonesia dapat terdongkrak hingga 5,36 - 5,4 persen.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Jokowi Minta Permudah Pengurusan Sertifikat SNI: Jangan Ruwet

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengaku mendengar adanya keluhan soal sulitnya pembuatan sertifikat Standar Nasional Indonesia (SNI).

Dia pun meminta agar pembuatan sertifikat SNI disederhanakan dan dipermudah.

"Yang sering dikeluhkan SNI susah, SNI barang apa toh? Sertifikatnya sulit, sertifikat apalagi? Buat sederhana, barang kita sendiri," kata Jokowi saat memberikan Pengarahan dalam Aksi Afirmasi Bangga Buatan Indonesia di Bali, Jumat (25/3/2022).

Dia pun meminta agar biaya pembuatan sertifikat SNI bisa terjangkau oleh semua pihak. Hal ini agar pelaku usaha kecil, mikro, dan menengah (UMKM) bisa mendapatkan sertifikat SNI.

"Jangan ruwet, mahal bayar sini, bayar sana. Kapan UMKM kita dapat SNI kalau digitu-gituin. Dipermudah, biar semua (UMKM) bisa masuk ke e-catalog," katanya.

"Kalau kita semangat semua seperti ini, UKM (usaha kecil menengah) kita tersenyum semua, UKM kita mau tidak mau berproduski investasi lagi," sambung Jokowi.

Bangun IKN, Pemerintah Ajak Warga Donasi

Garap Proyek Ibu Kota Negara Baru, Pemerintah Ajak Masyarakat Patungan

Liputan6.com 2022-03-25 12:00:31
Sejumlah siswa mencari lokasi calon ibu kota baru pada peta saat kegiatan belajar bertema wawasan Nusantara di SDN Menteng 02, Jakarta, Selasa (27/8/2019). Kegiatan belajar wawasan Nusantara

Pemerintah membuka banyak skema pendanaan pembangunan Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara di luar APBN. Salah satunya urun-dana (crowd funding) dari masyarakat.

Tim Komunikasi IKN Sidik Pramono menyatakan, urun-dana merupakan penggalangan dana yang melibatkan banyak orang dan sifatnya donasi/sosial. Urun-dana ini sifatnya sukarela, tidak ada pemaksaan, dan yang menjadi pemrakarsa pun dari pihak masyarakat sendiri.

"Alternatif urun-dana ini adalah kesempatan dan ruang bagi masyarakat untuk berpartisipasi secara aktif dan mempunyai rasa memiliki di IKN," kata Sidik lewat pesan tertulis, Jumat (25/3/2022).

Sidik menjelaskan, pendanaan dari urun-dana bisa dialokasikan untuk jenis-jenis fasilitas umum dan fasilitas sosial tertentu dengan skala tertentu. Seperti misalnyataman anggrek hutan, rumah diaspora global, ataupun museum artifak hutan.

"Intinya, urun-dana sebagai salah satu alternatif pembiayaan adalah dari, oleh, dan untuk masyarakat," tegas dia.


Mayoritas Pendanaan APBN

Secara umum, pendanaan untuk persiapan, pembangunan, dan pemindahan IKN, termasuk penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Khusus Ibu Kota Nusantara bersumber dari APBN. Atau, sumber lain yang sah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

"Pemerintah sedapat mungkin menekan pendanaan yang bersumber dari APBN dengan memaksimalkan pendanaan yang dimungkinkan dan sesuai menurut ketentuan perundang-undangan," ungkap Sidik.

Sumber lain yang sah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan antara lain berasal dari pemanfaatan Barang Milik Negara (BMN) dan/atau pemanfaatan aset dalam penguasaan.

Kemudian, penggunaan skema kerja sama pemerintah dan badan usaha; kontribusi swasta/BUMN. Antara lain berupa pembiayaan dari ekuitas dan obligasi korporasi.

"Dan creative financing, seperti crowd funding, dana filantropi, ataupun dana corporate social responsibility (CSR)," pungkas Sidik.

Italia Gagal ke Piala Dunia 2022

Italia Gagal ke Piala Dunia 2022, Twitter Heboh

Liputan6.com 2022-03-25 09:00:03
Para pemain Makedonia Utara merayakan kemenangan atas Italia pada pertandingan play-off kualifikasi Piala Dunia 2022 di stadion Renzo Barbera, di Palermo, Italia, Jumat (24/3/2022). Dengan ha

Italia secara mengejutkan gagal lolos ke putaran final Piala Dunia 2022. Juara Euro 2020 tersebut disingkirkan Makedonia Utara pada semifinal play-off Kualifikasi Piala Dunia 2022 Qatar zona Eropa.

Bertanding di Stadion Renzo Barbera, Jumat (25/3/2022), Italia secara mengejutkan kalah 0-1.Gol Aleksandar Trajkovski di menit ke-90+2 membawa Makedonia Utara menghancurkan ambisi pasukan Roberto Mancini.

Tersingkirnya Italia sangat mengejutkan dan mengundang reaksi penggemar, legenda, serta jurnalis di Twitter. "Setelah absen di Rusia 2018, Italia tersingkir dari Piala Dunia 2022. Sungguh bencana yang luar biasa," kata pakar sepak bola Italia Fabrizio Romano di akun Twitternya.

Sementara itu, legenda sepak bola Inggris Gary Lineker mengatakan: "Bagi Italia, berubah dari menjadi Juara Eropa bahkan tidak mencapai babak playoff terakhir adalah kejatuhan yang dahsyat dan menghancurkan."


Komentar penggemar

Kegagalan Italia melaju ke putaran final Piala Dunia 2022 juga mendapat komentar dari penggemar di Twitter. "Piala Dunia kedua berturut-turut tanpa Italia," kicau akun @paddy power.

"Makedonia Utara telah mengalahkan Italia. TIDAK NYATA," tulis pemilik akun @AdamJSmithy. "Penggemar Italia menyadari bahwa mereka telah melewatkan dua Piala Dunia berturut-turut...," ucap akun @FootyHumour.

"Jadi Italia mengalahkan Inggris untuk menjadi Juara Eropa hanya untuk Makedonia Utara mengakhiri harapan Piala Dunia mereka," ucap akun @UtdFaithfuls. "Berikutnya Italia bermain di Piala Dunia bisa jadi setelah 12 tahun menunggu," ledek Khizer dengan akun @khiz_7.


Italia frustasi

Italia tampil mendominasi Makedonia Utara. Pasukan Roberto Mancini tercatat melapaskan 32 tembakan, tapi hanya lima yang mencapai target.

Para pemain Italia frustasi karena tidak bisa mencetak gol penting. Ciro Immobile cs tampak menyerah begitu berhasil mencapai sepertiga akhir.

Italia memiliki naluri pembunuh untuk menyamakan skor. Kelemahan itu kembali menghantui mereka dalam situasi yang paling ekstrem.


Lawan Portugal

Usai menyingkirkan Italia, Makedonia Utara akan menghadapi Portugal untuk memperebutkan satu tempat di Piala Dunia 2022 Qatar. Portugal sebelumnya mengalahkan Turki 3-1 di Estadio Do Dragao.

Otavio dan Diogo Jota membawa Portugal unggul 2-0 di babak pertama. Turki sempat memperkecil skor lewat gol Burak Yilmaz di menit ke-62. Tapi, Matheus Nunes menambah keunggulan Portugal dengan golnya di menit ke-90+4.

Indra Kenz: Tidak Ada Niatan Menipu

Indra Kenz Minta Maaf: Tidak Pernah Ada Niatan Menipu

Liputan6.com 2022-03-25 14:40:50
Indra Kesuma alias Indra Kenz (kanan) tiba di Gedung Bareskrim, Jakarta, Kamis (24/2/2022). Indra Kenz menjalani pemeriksaan terkait kasus dugaan penipuan investasi bodong aplikasi trading bi

Indra Kesuma alias Indra Kenz, tersangka kasus dugaan penipuan investasi dengan salah satu perkara pokok judi online lewat trading binary option Binomo, meminta maaf kepada seluruh masyarakat Indonesia.

"Pada kesempatan kali ini izinkan saya menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh masyarakat Indonesia, khususnya pengenal dunia trading," kata Indra di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (25/3/2022).

Dia mengaku telah mengenal platform Binomo sejak 2018 dan terjun langsung di dalamnya.

Kemudian pada 2019 dia membuat akun YouTube yang turut membahas terkait binary option dan memamerkan kemampuannya dalam trading. "Dari awal tidak pernah ada niatan untuk merugikan orang lain atau pun sampai menipu. Karena orang tua saya tidak pernah mengajarkan saya untuk menipu," jelas Indra.


Bisa Belajar

Indra menegaskan, dirinya akan mengikuti dan mematuhi segala proses hukum yang berjalan dengan kooperatif.

"Sayang sekali hal ini harus terjadi dan saya terima kasih kepada pihak kepolisian dan aparat yang telah bertugas mengawal kasus ini, dan tentunya ke depannya saya berharap masyarakat Indonesia bisa belajar dalam kejadian kali ini untuk memilih investasi. Banyak yang ilegal maupun legal. Karena semua investasi memiliki resiko," kata dia.

Stres Main di Sinetron Ikatan Cinta

Amanda Manopo Stres Jalani Alur Cerita Baby Blues di Ikatan Cinta, Ungkap Kelemahan Penulis Skenario yang Baru

Liputan6.com 2022-03-25 13:20:00
Amanda Manopo stres dengan alur cerita Ikatan Cinta (Foto: Instagram/Twitter @amandamanopo)

Keluhan soal alur cerita sinetron Ikatan Cinta tidak hanya datang dari penonton, tapi juga sang pemeran utama. Amanda Manopo dikenal vokal dalam menyuarakan pendapat terkait materi sinetron yang meraih rating nomor 1 itu.

Lewat akun media sosial terverifikasi miliknya, Amanda menyampaikan kritik soal jalan cerita sinetron produksi MNC Pictures. Ini bukan kali pertama dilakukan mantan kekasih Billy Syahputra itu.

Terbaru, pekan ini Amanda Manopo komplain soal alur cerita soal baby blues yang terkesan berlarut-larut. Sebagaimana diketahui, karakter Andin yang diperankan Amanda belum lama ini melahirkan bayi laki-laki. Setelah itu, Andin mengalami baby blues. Ini merupakan kondisi ibu yang habis melahirkan mengalami rasa gundah dan sedih berlebih.

Sebelum ini, tulisan Amanda di media sosialnya terkait Ikatan Cinta juga pernah jadi sorotan. Tahun lalu, ia menyebut cerita terlalu diulur-ulur. Bulan lalu, Amanda kembali protes dengan cerita yang dianggap tidak berkembang, hingga membuatnya sempat ingin mundur. Berikut beberapa cuitan Amanda soal alur Ikatan Cinta yang diutarakan di Twitter, dirangkum Showbiz Liputan6.com, Jumat (25/03/2022).

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Stres

Amanda mengunggah foto di Twitter dengan wajah cemberut. Pada unggahan itu, ia menulis "Stress bgt loch baca script nya bs kena baby blues beneran nih *coya."


Tidak Kenal Penulis Baru

Sejak Februari 2022, Ikatan Cinta tidak lagi ditulis oleh Donna Rosamayna. Dalam credit title, pada bagian penulis skenario hanya dicantumkan 'Team MNC Pictures'. Seorang warganet bertanya pada Amanda siapa penulis yang baru.

Namun Amanda mengaku dia dan kru yang lain juga tidak tahu. "Mon maap pemain sutradara aja kagak tau siapa, dirahasiakan.. Mental nya ga siap :)," jawab mantan kekasih Chris Laurent.


Penulis Baru Tidak Teliti

Amanda menyebut penulis yang baru seolah tidak memahami karakter dalam Ikatan Cinta. "Memang dari kita semua yang ada di sini mempertanyakan ko siapa.. kapan mau ketemu kapan discus. Capek setiap mau take esekusi terus 20 menittan, Mau kemana inii dia.. tokoh yang di tulis," ungkapnya.

Bahkan, ada pantangan makan salah satu karakter yang diabaikan oleh penulis baru. "Jelass semua yang ada di set mikir keras kalau ada yg miss dr hal2 kecil.. Contoh reyna ga boleh makan es krim krn punya sakit, tapi di seknario. Reyna lg makan eskrim dengan sangat enak.. dan tidak terjadi apa2. Hal kecil seperti itu yg sering trjdi," ungkapnya.


Tantangan yang Maksa

Awalnya Amanda menganggap alur konflik soal Andin kena baby blues sebagai tantangan. Tapi lama kelamaan ia merasa tidak natural.

"Untuk ini peran baby blues ini jujur another tantangan sih.. but its to much. Maksa bgt. Harus tau kondisi terus apalagi syuting sama bayi yang kerjaan nya tidur.. tapi skenario harus nangis. Mental anak bayi yg masuk 2 bulan bisa rusak.. And also me.." tulisnya.


Bergetar

Lantaran stres dengan skenario Ikatan Cinta, Amanda mengaku tubuhnya sampai bergetar. "Jujur gatau kenapa.. cuma td kok ga di suruh nangis kok tiba2 nangis sampe shacking tangan dingin badan.. hmm apa sudah mulai gila?" tutupnya.

Donald Trump Tuntut Hillary Clinton

Donald Trump Tuntut Hillary Clinton, Tuding Berkonspirasi Rusak Kampanye Pilpres 2016

Liputan6.com 2022-03-25 09:33:34
Hillary Clinton, mantan ibu negara AS yang juga eks rival Donald Trump (AP/Mary Altaffer)

Mantan Presiden Donald Trump mengajukan gugatan federal yang luas pada Kamis 25 Maret 2022 terhadap Hillary Clinton, Komite Nasional Demokrat dan 26 orang serta entitas lain yang ia klaim berkonspirasi untuk merusak kampanye Pilpres 2016 dengan mengaikatkannya secara palsu ke Rusia.

Mengutip CNN,Jumat (25/3/2022), gugatan itu menyebutkan sejumlah besar karakter yang dituduh Donald Trump selama bertahun-tahun mengatur konspirasi "negara dalam" terhadapnya - termasuk mantan Direktur FBI James Comey dan pejabat FBI lainnya, pensiunan mata-mata Inggris Christopher Steele dan rekan-rekannya, dan segelintir orang. penasihat kampanye Clinton.

"Dengan kedok 'penelitian oposisi,' 'analisis data,' dan strategi politik lainnya, para Tergugat dengan kejam berusaha mempengaruhi kepercayaan publik," kata gugatan yang diajukan di pengadilan federal di Florida. "Mereka bekerja sama dengan satu tujuan, melayani diri sendiri: menjelek-jelekkan Donald J. Trump."

Lebih dari 108 halaman, gugatan itu ditujukan kepada banyak lawan politik Trump dan menyoroti keluhan yang telah dia keluhkan selama bertahun-tahun. Ia mengklaim Demokrat dan pejabat pemerintah melakukan serangkaian pelanggaran, mulai dari konspirasi pemerasan hingga penuntutan jahat, penipuan komputer, dan pencurian data rahasia internet. Gugatan itu meminta biaya dan kerusakan lebih dari $24 juta.

Gugatan itu juga berisi beberapa ketidakakuratan faktual dan beberapa klaim palsu muluk atau berlebihan yang sama yang telah dibuat Trump puluhan kali.

Gugatan perdata itu menuduh bahwa Clinton dan petinggi Demokrat menyewa pengacara dan peneliti untuk mengarang informasi yang mengikat Trump ke Rusia, dan kemudian menjajakan kebohongan itu kepada media dan pemerintah AS, dengan harapan akan melemahkan peluangnya untuk menang pada 2016. Trump mengklaim bahwa mereka salah. dibantu oleh "loyalis Clinton" di FBI, yang menyalahgunakan kekuasaan mereka untuk menyelidiki dia karena permusuhan politik.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Tudingan Demi Tudingan

John Podesta, ketua kampanye Clinton 2016 dan salah satu terdakwa gugatan, mengungkap di Twitter bahwa bagian dari gugatan itu mungkin "menghebohkan."

"Apakah menurut Anda Trump mengajukan kasus ini dengan harapan memanggil Vladimir Putin sebagai saksi karakter? Pernyataan Trump seharusnya menjadi tamparan," tulis Podesta.

CNN telah menghubungi banyak terdakwa untuk memberikan komentar. Beberapa pengacara untuk terdakwa yang disebutkan dalam gugatan itu masih mencernanya pada hari Kamis.

"Kami belum sempat membaca pengaduan, tetapi mengetahui mantan Presiden, mungkin sangat sedikit di sana yang benar," kata Aitan Goelman, yang mewakili mantan pejabat FBI Peter Strzok.

Kampanye Clinton memang diketahui membayar peneliti untuk menggali informasi tentang Trump dan Rusia, dan Demokrat yang terhubung dengan baik membawa beberapa temuan mereka ke penegakan hukum, percaya bahwa kemungkinan hubungan antara Trump dan Rusia layak untuk diselidiki. Tapi banyak tuduhan dalam gugatan sebelumnya telah dibantah oleh inspektur jenderal Departemen Kehakiman dan laporan bipartisan dari Komite Intelijen Senat.

Penasihat khusus John Durham, selama tiga tahun terakhir, telah menyelidiki banyak perilaku yang disebutkan Trump dalam gugatannya. Durham belum melangkah sejauh apa yang diklaim Trump.

Durham telah mengajukan tuntutan pidana terhadap tiga terdakwa yang digugat Trump pada hari Kamis. Ia mendapatkan pengakuan bersalah dari mantan pengacara FBI tingkat rendah Kevin Clinesmith, yang mengaku mengubah email yang mendukung surat perintah pengawasan terhadap mantan pembantu kampanye Trump yang memiliki koneksi luas dengan agen Rusia.

Durham juga menuduh pengacara kampanye Clinton, Michael Sussmann, berbohong kepada FBI tentang siapa yang dia wakili selama pertemuan musim gugur 2016 tentang hubungan Donald Trump-Rusia. Durham menuduh Sussmann diam-diam membawa kecurigaan tentang Trump ke FBI sebagai bagian dari pekerjaannya untuk Demokrat, termasuk Clinton. Dan Durham juga menuduh sumber informasi utama Steele untuk berkasnya yang terkenal, Igor Danchenko, dengan berbohong kepada FBI pada tahun 2017 tentang kontaknya terkait dengan berkas tersebut. Baik Sussmann dan Danchenko melawan tuduhan tersebut.


Gugatan Donald Trump Berisi Konspirasi Picu Penyelidikan Tak Berdasar

Gugatan Trump mengklaim bahwa Clinton dan terdakwa lainnya berkonspirasi untuk memicu "penyelidikan tidak berdasar" oleh FBI terhadap potensi kolusi Trump-Rusia dalam pemilihan 2016. Beberapa hakim federal menegakkan legalitas penyelidikan itu, yang kemudian diambil alih oleh penasihat khusus Robert Mueller dan mengungkap lusinan hubungan antara rekanan Trump dan pejabat Rusia.

Penyelidikan menetapkan bahwa Rusia campur tangan dalam pemilihan 2016 untuk membantu Trump menang, melalui operasi hack-and-leak melawan Clinton, dan dengan kampanye disinformasi canggih yang menargetkan pemilih AS di media sosial. Penyelidikan juga menemukan bahwa kampanye Trump berusaha memanfaatkan campur tangan Rusia, meskipun tidak membangun konspirasi kriminal antara pembantu Trump dan orang Rusia mana pun.

Beberapa pakar hukum dengan cepat mempertimbangkan gugatan Trump pada hari Kamis, menolaknya sebagai aksi politik yang tidak berdasar.

Carter Page, mantan penasihat kampanye kepresidenan Trump, juga menggugat beberapa orang yang sama yang disebut Trump sebagai terdakwa pada hari Kamis, tetapi gugatannya lebih terfokus pada pelanggaran hak privasinya ketika dia diawasi oleh FBI dalam penyelidikan Rusia.Cerita ini telah diperbarui dengan detail tambahan.


Infografis Presiden AS Donald Trump

 

Dulu KD Sering Kasih Baju Bekas ke Maia Estianty

Kebaikan Krisdayanti Dibongkar, Dulu Kerap Bagikan Baju Bekas ke Maia Estianty

Liputan6.com 2022-03-25 13:00:00
Maia Estianty dan Krisdayanti. (Foto: Dok. Instagram @maiaestiantyreal)

Krisdayanti merayakan ulang tahun ke-47 di Jakarta, Kamis (24/3/2022). Pesta sederhana ini dihadiri suami, anak, mantu, cucu, dan sejumlah sahabat dekat. Salah satunya, Maia Estianty.

Nyonya Irwan Mussry lantas membagikan sejumlah momen pesta ulang tahun Nyonya Raul Lemos. Salah satunya pose Maia Estianty dan KD menempelkan pipi sambil menatap kamera.

Diunggah di akun Instagram terverifikasinya pada 24 Maret 2022, Maia Estianty berbagi kisah masa lalu soal kebaikan ibunda Aurel Hermansyah. Dulu, KD sering berbagi baju.

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Baju-Baju Bekas

"Happy Birthday@krisdayantilemos. Jaman dulu, sering banget ke rumah Mimi, cuma buat dikasih baju2 bekas doi. Ha ha ha. Mimi, super royal," beber Maia Estianty.

Setelahnya, ibu tiga anak ini mendoakan pelantun "Ku Tak Sanggup" dan "Cobalah Untuk Setia." Maia Estianty menilai karier Krisdayanti tak pernah mundur meski usia bergerak maju.


Tambah Moncer

"Makin bahagia, terberkati, sehat, tambah moncer.. Makin makmur dan selalu harmonis dengan seluruh keluarga," cuit penulis lagu "Salahkah Aku Terlalu Mencintaimu."

Dalam waktu singkat, unggahan ini disambut antusias Krisdayanti di kolom komentar. "Mai, suwun. TTM (Teman Tapi Mesra -red) forever," sahut mertua Atta Halilintar itu.


Jaman Jebot

Sejumlah selebritas menyelamati dan mengenang kebaikan Krisdayanti. Salah satunya Aming yang menyebut KD tak berubah. "Kenal dari jaman jebot ampe sekarang tetep cantaka dan super humble," kata Aming.

KD rupanya mengenal satu per satu sahabatnya lengkap dengan momen spesial yang pernah dilalui bersama. Salah satunya tampak ketika merespons unggahan personel Lingua, Amara.


Pejuang Krismon

"Happy birthday Yanti, sehat bahagia, penuh berkah," cuit pelantun "Bila Kuingat" sembari mengunggah pose bareng Krisdayanti di Instagram Stories, kemarin. KD menyebut Amara teman seperjuangan era krisis moneter 1998.

"Terima kasih Mar. Pejuang krismon bareng kamu enggak akan lupa," sahut Krisdayanti. Seperti diketahui, pada 1998 KD meroket dengan "Menghitung Hari." Tahun yang sama, Lingua merilis album Bintang dengan hit super romantis "Tak Kan Habis Cintaku."

Mesut Ozil Bisnis Sepatu

Concave dan Mesut Ozil Berkolaborasi Merancang Sepatu yang Bisa Seimbangkan Tubuh Penggunanya

Liputan6.com 2022-03-25 12:02:46
Kolaborasi Concave Indonesia dan Mesut Ozil Luncurkan Sepatu yang Bisa Menyeimbangkan Tubuh Penggunanya. foto: dok. Concave Indonesia

Produsen sepatu dan perlengkapan olahraga, Concave, meluncurkan koleksi eksklusif M10 "Gradient" yang merupakan hasil kerja sama dengan bintang sepak bola dunia, Mesut Ozil. Dalam kolaborasi ini, Concave menghadirkan produk olahraga, seperti sepatu lari, kaus, tracksuit, dan trackpant.

Koleksi itu membawa semangat #TheGreatnessIsNear dan memiliki desain eksklusif hasil arahan zil, sebagai Global Creative Director di Concave Asia. Di dunia sepak bola, Mesut zil dikenal sebagai mantan pemain timnas (tim nasional) Jerman yang sudah malang melintang bermain di Liga Eropa.

Ia pernah menyabet lima kali penghargaan Pemain Terbaik Jerman pada 2011, 2012, 2013, 2015, dan 2016. Ia ikut membawa Jerman menjuarai Piala Dunia 2014 di Brasil.

Saat ini, Mesut zil bermain sebagai kapten untuk klub asal Turki, Fenerbahe S.K. Sebelumnya, dia memperkuat klub Real Madrid, Arsenal, dan Schalke.

Concave adalah jenama dari Inggris yang berekspansi ke pasar Indonesia pada 2019. Koleksi M10 Gradient ini diproduksi PT Aggiomultimex International Group di Tangerang, Banten. Selain Concave, pabrik ini telah memproduksi berbagai produk global dari merek ternama seperti Lacoste, Oakley, Dolce Gabbana, sampai Prada.

"Untuk Concave, kami membawanya dari global ke lokal untuk memberikan pengalaman baru bagi para pecinta sepakbola di Indonesia," kata Subagio Lembono, CEO Aggiomultimex International Group, yang juga induk dari Concave Indonesia, dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com.

Untuk koleksi sepatu bola, Concave Indonesia memproduksi sepatu dengan keunggulan teknologi bernama Accustrike dan Powerstrike. Kedua teknologi ini dikhususkan untuk menyesuaikan tulang metatarsal kaki penggunanya, yaitu melapisi bagian atas sepatu dengan mengaplikasikan material fleksibel TPU (Thermoplastic Polyurethane) dan komposit busa bantalan yang disebut Meta Guard.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Tambahan Kekuatan

Metatarsal adalah bagian tulang panjang pada kaki yang menghubungkan pergelangan kaki dengan jari kaki. Tulang ini membantu menyeimbangkan tubuh saat kita berdiri dan berjalan.

"Teknologi ini bisa menghasilkan akurasi dengan margin kesalahan yang lebih kecil dan tambahan kekuatan tendangan bagi pemakainya hingga 20 persen," terang Subagio.

Fashion style bertema Athleisure kini tengah menjadi tren. Athleisure merupakan gaya berpakaian kasual yang biasa digunakan saat berolahraga maupun aktivitas lainnya.


Nyaman dan Stylish

Gaya ini dipilih karena dinilai sangat simpel dan bersifat everyday aesthetic. Ozil juga memiliki streetwear brand dengan label M10.

Koleksi kolaborasi Concave bersama pria berusia 33 tahun ini menyajikan apparel yang bukan hanya nyaman dipakai olahraga tapi dapat memberikan kesan yang stylish. Produk apparel yang akan rilis dalam koleksi M10 Gradient ini di antaranya sepatu lari M10 Volker Run, casual t-shirt, hoodie, tracksuit, dan trackpant.


Menyapa Penggemar

Inisiasi kolaborasi ini berawal dari keinginan Ozil untuk mengembangkan sayap inhouse brand-nya M10 Streetwear, serta menggapai penggemar di Asia Tenggara, terutama Indonesia. Ozil pun sempat menyapa penggemarnya lewat sebuah video eksklusif.

"Hello guys, I am Mesut zil. Check out my collaboration with Concave. Assalamualaikum teman-teman semua di Indonesia," sapa zil ke penggemarnya di Indonesia. Concave Indonesia meyakini kerjasama ini menjadi angin segar bagi industri sportwear di Indonesia.

"Sepanjang pandemi, industri sportwear di Indonesia sempat menurun. Kami berharap kolaborasi yang akan berjalan selama lima tahun ke depan ini bisa menjadi angin segar bagi kita semua," kata Subagio. (Natalia Adinda)


Eksistensi Sepatu Lokal di Tanah Air

 

Vladimir Putin Akan ke Bali, Sikap RI?

Vladimir Putin Akan ke Bali, Indonesia Tegaskan Tetap Netral Jalani Presidensi G20

Liputan6.com 2022-03-25 18:24:48
Presiden Rusia Vladimir Putin menyampaikan pidatonya pada konser perayaan delapan tahun referendum tentang status negara bagian Krimea dan Sevastopol serta penyatuannya kembali dengan Rusia,

Pemerintah Indonesia akan bersikap secara netral dan tak memihak dalam penyelanggaraan KTT G20, kata Kementerian Luar Negeri (Kemlu RI) pada Kamis (24/3).

Dian Triansyah Djani, Stafsus Program Prioritas Kemlu dan Co-Sherpa G20 Indonesia mengatakan, Presidensi G20 Indonesia bersifat imparsial dan netral, demikian disebutkan dalam press briefing Kemlu RI, Kamis (24/3/2022).

"Sudah sesuai dengan presidensi sebelumnya, adalah untuk mengudang semua anggota G20," ujar Dian Triansyah Djani.

"Hal harus diunderline juga adalah bahwa diplomasi Indonesia selalu didasarkan pada based of principal," ujarnya.

Dubes Triansyah menyatakan bahwa Indonesia dalam mengetuai berbagai konferensi, forum, atau organisasi baik itu dalam konteks badan-badan PBB, atau pada saat kami memimpin DK PBB, ASEAN atau dewan lainnya, selalu berpegang pada rules of procedur dan aturan yang berlaku.

"Demikian juga di G20. Oleh karena itu, sudah kewajiban presiden G20 untuk mengundang seluruh anggotanya," ujar Dubes Triansyah.

"Saya ingin underline juga, bahwa penting bagi kita untuk fokus pada G20 menangani global recovery yang jadi prioritas warga dunia."

"Seperti diketahui bahwa duniakan belum sepenuhnya keluar dari krisis pandemi. Banyak negara berkembang mengalami kesulitan ekonomi. Jadi G20 berupaya dorong recovery tersebut."

"Jadi, saya pikir akan melangsungkan tugas kita seperti presidensi sebelumnya."

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Dubes Rusia: Vladimir Putin Ingin Datang ke Indonesia

Duta Besar Rusia Lyudmila Vorobieva berkata Presiden Vladimir Putin ingin datang ke Indonesia untuk menghadiri G20. Namun, ada beberapa catatan.

"Itu akan tergantung kepada banyak sekali hal terkait situasinya," ujar Dubes Rusia dalam konferensi pers, Rabu (23/3/2022).

Ketika ditanya media apakah Presiden Vladimir Putin ingin datang, Dubes Rusia membenarkan hal itu.

"Dia ingin datang," ujarnya.

Dubes Rusia pun mengingatkan bahwa pokok dari G20 adalah meningkatkan situasi ekonomi. Ia berkata keterlibatan Rusia juga sesuai slogan G20 di Indonesia, yakni Recover Together, Recover Stronger.

Saat ini, Rusia sedang melancarkan invasi ke Ukraina. Sejauh ini, ada 117 anak yang tewas, dan kondisi Rusia terhantam sanksi-sanksi ekonomi.


Infografis Reaksi Global terhadap Serbuan Rusia ke Ukraina

 

Invasi Rusia ke Ukraina Bikin Indonesia Dilema?

HEADLINE: Putin Akan Hadiri KTT G20 di Bali, Invasi Rusia ke Ukraina Bikin Indonesia Dilema?

Liputan6.com 2022-03-26 00:02:03
Presiden RI, Jokowi dan Presiden Rusia, Vladimir Putin (kanan) berbincang disela upacara penandatanganan seusai pertemuan di Sochi, Rusia, Rabu (18/5). Kedua pemimpin negara itu melakukan per

Sudah sebulan lebih, operasi militer Rusia masih menggempur Ukraina. Perang Rusia dan Ukraina tak hanya menewaskan ribuan orang, tapi juga menciptakan jutaan pengungsi dan kota-kota yang hancur.

Serangan kilat pasukan Presiden Rusia Vladimir Putin pada pekan pertama perang, ternyata tidak mampu menguasai Ukraina. Mereka pun mengubah strategi menjadi pemboman kota-kota dengan artileri, serangan udara dan misil. Warga sipil termasuk rumah sakit, gereja dan perumahan diserang, membuat Presiden Amerika Serikat Joe Biden menyebut Putin sebagai "penjahat perang".

Pasukan Rusia telah berulang kali menyerang ibu kota, Kiev, tetapi gagal mengepung kota. Kota pelabuhan Mariupol selatan yang terkepung telah terkena dampak paling parah, menjadi sasaran pemboman selama berminggu-minggu yang telah menewaskan sedikitnya 2.300 orang dan menghancurkan sebagian besar kota, menurut pejabat Ukraina.

Pada Kamis 24 Maret 2022, Presiden Chechnya Ramzan Kadyrov menyatakan pasukan dari wilayahnya di Rusia, telah menguasai balai kota di pelabuhan Mariupol tenggara Ukraina yang terkepung. Pasukannya langsung mengibarkan bendera Rusia.

"Insya Allah sebentar lagi Mariupol akan bersih total," tulisnya di akun Telegram yang memiliki lebih dari 1,4 juta pelanggan seperti dikutip dari AFP, Jumat (25/3/2022).

Di tengah serangan yang dilancarkan ke Ukraina, Duta Besar Rusia Lyudmila Vorobieva mengatakan, Presiden Vladimir Putin ingin datang ke Indonesia untuk menghadiri KTT G20. Namun, ada beberapa catatan, "tergantung kepada banyak sekali hal terkait situasinya," ujar Lyudmila di Jakarta.

Menurutnya, Presiden Vladimir Putin ingin datang ke forum yang diselenggarakan di Bali pada akhir 2022 ini. "Dia ingin datang," tegasnya.

Mengingat bahwa pokok dari G20 adalah meningkatkan situasi ekonomi, menurut Lyudmila, keterlibatan Rusia juga sesuai slogan G20 di Indonesia, yakni Recover Together, Recover Stronger.

Namun, akibat invasi Rusia ke Ukraina, keinginan Putin untuk menghadiri KTT G20 mendapat penolakan dari Amerika Serikat dan sekutunya. Berawal dari Polandia yang meminta Amerika untuk mempertimbangkan untuk mengeluarkan Rusia dari KTTG20 dan mengizinkan Warsawa untuk mengklaim kursi Moskow.

Presiden AS Joe Biden pun menyatakan, Rusia seharusnya dikeluarkan dari G20 yang akan digelar di Indonesia. Hal itu ia ungkapkan saat menghadiri pertemuan dengan para pemimpin dunia di Brussels, Belgia, Kamis 24 Maret 2022.

"Jawaban saya adalah ya, tergantung pada G20," ucap Biden.

Gayung bersambut, Perdana Menteri Australia Scott Morrison juga terang-terangan meminta Rusia diusir dari G20 2022. Ia menyatakan tak mau duduk dengan negara yang menginvansi negara lain.

"Rusia menginvasi Ukraina. Maksud saya, ini adalah tindakan berbahaya dan agresif yang merusak aturan hukum internasional," ujar PM Morrison seperti dilansir Sky News.

"Kami telah membuat pernyataan-pernyataan dan perwakilan-perwakilan yang sangat jelas tentang kekhawatiran kami pada keterlibatan Rusia di G20 tahun ini," imbuhnya.

Infografis Putin Akan Hadiri KTT G20 Bali di Tengah Invasi ke Ukraina. (Liputan6.com/Trieyasni)

Direktur Biro Riset Ekonomi Asia Timur di Australian National University, Shiro Armstrong dan Direktur Eksekutif Centre for Strategic and International Studies, Rizal Damuri menilai konflik Rusia-Ukraina membuat agenda G20 tentang kerja sama untuk pemulihan pandemi menjadi sulit.

Karena itu, keduanya berharap agar Indonesia berusaha menjaga G20 tetap berfokus pada kerja samanya. "Indonesia harus menemukan cara untuk menjaga agar G20 tetap fokus pada hasil kerja sama dan diarahkan pada pemulihan ekonomi," kata Shiro Armstrong dan Rizal Damuri.

Namun, hal itu tentunya tidak mudah, Shiro dan Rizal melihat, tantangannya adalah fokus pada sejumlah kecil hasil strategi daripada sederet keinginan yang tidak dapat dicapai. "Kemajuan yang jelas dalam reformasi WTO akan menjadi warisan monumental kepemimpinan Indonesia di G20," tutur mereka.

Reformasi WTO menjadi penting, jelasnya, karena G20 sebagai satu-satunya kelompok yang dapat memobilisasi dukungan dari negara ekonomi terkuat dunia untuk mereformasi institusi global. Selain itu, "Indonesia memiliki otoritas moral yang hanya sedikit dimiliki negara lain untuk menetapkan arah strategis yang jelas bagi reformasi WTO."

Hal itu terlihat ketika Indonesia melangkah maju mengartikulasikan rencana komprehensif untuk Reformasi WTO pada KTT G20 di Osaka pada tahun 2019. Inisiatif ini disambut dan menarik dukungan dari negara-negara G20 lainnya, yang mengarah ke Inisiatif Riyadh untuk Masa Depan WTO pada tahun 2020.

Terpisah, Pengamat Hubungan Internasional Hikmahanto Juwana meminta Indonesia melalui Kemlu harus segera bertindak untuk suksesnya KTT G20 dan memastikan semua kepala pemerintahan dan kepala negara hadir. Menurutnya ada tiga langkah yang perlu dilakukan.

"Pertama, Kemlu harus turun menjadi juru damai atas konflik yang terjadi di Ukraina dan saat ini meluas antara AS dengan sekutunya dan Rusia," katanya saat dihubungi Liputan6.com.

Kemlu, sambung Hikmahanto, bisa meminta perwakilan Indonesia di AS dan negara-negara sekutunya untuk mengidentifikasi apa yang diminta terhadap Rusia. Sementara perwakilan Indonesia di Rusia melakukan hal yang sama.

"Selanjutnya Menlu berdasarkan masukan dari perwakilan Indonesia merumuskan solusi yang tepat untuk ditawarkan baik ke AS dan sekutunya dan ke Rusia," jelasnya.

Langkah kedua adalah Menlu atau utusan khusus Indonesia harus melakukan shuttle diplomacy atau diplomasi ulang alik untuk membicarakan solusi yang ditawarkan. "Ketiga, bila diperlukan Menlu dapat meminta Presiden untuk melakukan pembicaraan langsung dengan Presiden Putin dan Presiden Joe Biden agar konflik segera diakhiri demi kemanusiaan dan keselamatan serta perekonomian dunia," ungkap Hikmahanto.

Sementara itu, Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri (Kemlu) telah menyatakan akan bersikap secara netral dan tak memihak dalam penyelanggaraan KTT G20 yang nantinya akan dihadiri atau tidak oleh Presiden Rusia Vladimir Putin. Staf Khusus Program Prioritas Kemlu dan Co-Sherpa G20 Indonesia Dian Triansyah Djani mengatakan, Presidensi G20 Indonesia bersifat imparsial dan netral, "Sesuai dengan presidensi sebelumnya, adalah untuk mengudang semua anggota G20."

"Hal harus di-underline juga adalah bahwa diplomasi Indonesia selalu didasarkan pada based of principal," ujarnya.

Triansyah menyatakan, Indonesia dalam mengetuai berbagai konferensi, forum, atau organisasi baik itu dalam konteks badan-badan PBB, atau pada saat kami memimpin DK PBB, ASEAN atau dewan lainnya, selalu berpegang pada rules of procedur dan aturan yang berlaku. "Demikian juga di G20. Oleh karena itu, sudah kewajiban presiden G20 untuk mengundang seluruh anggotanya."

"Saya ingin underline juga, bahwa penting bagi kita untuk fokus pada G20 menangani global recovery yang jadi prioritas warga dunia," ia menambahkan.

Seperti diketahui, sambung Triansyah, duni belum sepenuhnya keluar dari krisis pandemi COVID-19. Banyak negara berkembang mengalami kesulitan ekonomi. "G20 berupaya mendorong recovery tersebut. Jadi, saya pikir akan melangsungkan tugas kita seperti presidensi sebelumnya," ia memungkasi.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Bukan Pertama Terjadi

Presiden Rusia Vladimir Putin kemungkinan akan menepati undangannya untuk bergabung dengan KTT G20 di Bali akhir 2022, meskipun ada seruan dari Amerika Serikat dan negara lain untuk melarangnya menghadiri pertemuan pada November 2022, buntut dari invasinya ke Ukraina.

Ancaman yang dilemparkan pada Rusia bukan kali pertama terjadi. Dikutip dari laman Fortune, Jumat (25/3/2022), ada kejadian serupa pernah terjadi juga sebelumnya.

Pada 2014 -- setelah Putin mencaplok Krimea -- anggota G8 setuju untuk mengecualikan Rusia dari pertemuan mereka, kembali menjadi G7.

Pada saat itu, Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov meremehkan pentingnya pengusiran Rusia, dengan mengatakan G8 "tidak memberikan kartu keanggotaan dan, menurut definisinya, tidak dapat menghapus siapa pun."

Australia, yang menjadi tuan rumah G20 pada 2014, sebelumnya juga mengancam akan mendorong penghapusan Rusia dari KTT tersebut. Namun akhirnya Rusia diizinkan untuk bergabung karena anggota G20 lainnya tidak memiliki konsensus untuk mengecualikan Moskow.

Sekarang, sekali lagi, anggota G20 terbagi. Apakah Putin harus diizinkan untuk hadir, atau apakah Ukraina harus diundang juga, seperti yang disarankan Joe Biden. Kehadiran Putin akan "sangat bermasalah" bagi anggota Eropa, kata salah satu sumber Uni Eropa kepada Reuters. Perdana Menteri Australia Scott Morrison menyebut duduk dengan Putin di Bali "langkah yang terlalu jauh", dan mengatakan dia telah berbicara langsung dengan Presiden Indonesia Joko Widodo mengenai masalah tersebut.

Polandia sebelumnya mengatakan bahwa mereka meminta AS untuk mempertimbangkan untuk mengeluarkan Rusia dari G20 dan mengizinkan Warsawa untuk mengklaim kursi Moskow. Presiden AS Joe Biden pun menyatakan, Rusia seharusnya dikeluarkan dari G20 yang akan digelar di Indonesia. Hal itu ia ungkapkan saat menghadiri pertemuan dengan para pemimpin dunia di Brussels, Belgia, Kamis 24 Maret 2022.

"Jawaban saya adalah ya, tergantung pada G20," jawab Biden, ketika ditanya apakah Rusia seharusnya dikeluarkan dari kelompok tersebut.

Biden juga mengatakan, apabila negara-negara seperti Indonesia dan lainnya tidak setuju untuk mengeluarkan Rusia, maka menurut pandangannya, Ukraina juga seharusnya diizinkan untuk menghadiri pertemuan tersebut.

Menurut Joe Biden, alat paling efektif untuk mengakhiri invasi ke Ukraina adalah menjaga persatuan NATO dan Eropa dan menghukum negara-negara yang menentang sanksi terhadap Rusia.

Jjika negara-negara G20 lainnya tidak mendukung pengusiran Rusia dari kelompok, Joe Biden akan membuat Ukraina dapat berpartisipasi dalam pertemuan itu, seperti dikutip dari NBC News, Jumat (25/3/2022).

"Satu-satunya hal yang paling penting adalah bagi kita untuk tetap bersatu dan dunia untuk terus fokus pada betapa kejamnya orang ini (Presiden Rusia Vladimir Putin) dan semua nyawa orang tak bersalah yang akan hilang dan hancur dan apa yang terjadi," kata Biden.

"Jika Anda adalah Putin dan Anda berpikir bahwa Eropa akan retak dalam satu bulan atau enam minggu atau dua bulan, mengapa tidak. Mereka dapat mengambil apa pun untuk satu bulan lagi. Tapi alasan saya meminta pertemuan itu, kita harus tetap sepenuhnya, benar-benar bersatu," imbuh Biden.

Berbeda dengan Amerika, China menyatakan bahwa Rusia adalah anggota penting dari G20. Maka tidak sepantasnya Rusia dikeluarkan dari G20.

"G20 adalah forum utama dari kerja sama ekonomi internasional. Ia membawa semua ekonomi besar di dunia, termasuk Rusia, yang merupakan anggota penting dari grup tersebut. Tidak ada anggota yang punya hak untuk mencopot negara lain dari keanggotaannya," ujar Jubir Kemlu China Wang Wenbin.

Meski lebih banyak negara yang menolak Rusia, namun sepertinya G20 tidak akan mengeluarkannya dari kelompok, mengingat keputusan apa pun tentang keanggotaan perlu dicapai semua anggota.

Infografis Pro-Kontra Rencana Kehadiran Putin di KTT G20 Bali. (Liputan6.com/Trieyasni)


Negara Penolak Rusia di KTT G20

Beredar ide agar Rusia diusir dari G20. Kabar itu muncul di tengah invasi Rusia ke Ukraina, dan ketika Indonesia akan menjadi tuan rumah G20.

Saat ini, anggota G20 adalah Argentina, Australia, Brazil, Kanada, China, Prancis, Jerman, India, Indonesia, Italia, Jepang, Korea Selatan, Meksiko, Rusia, Arab Saudi, Afrika Selatan, Turki, Inggris, Amerika Serikat, dan Uni Eropa.

Rusia mendapat pembelaan dari China yang berkata bahwa Rusia adalah anggota penting dari G20.

"G20 adalah forum utama dari kerja sama ekonomi internasional. Ia membawa semua ekonomi besar di dunia, termasuk Rusia, yang merupakan anggota penting dari grup tersebut. Tidak ada anggota yang punya hak untuk mencopot negara lain dari keanggotaannya," ujar Jubir Kemlu China Wang Wenbin, Rabu (23/3).

Berikut tiga negara yang diduga mendukung agar Rusia diusir dari G20:

1. Polandia

Tak disangka, Polandia justru menjadi salah satu negara yang berani meminta agar Rusia diusir. Polandia ingin menggantikan posisi Rusia.

Dilaporan Polskie Radio, Kamis (24/3/2022), gagasan itu diungkapkan oleh Menteri Pembangunan dan Teknologi, Piotr Nowak. Ia bahkan sudah membahas ini dengan Amerika Serikat.

"Proposal kami untuk mencopot Rusia dari grup G20 dan menggantikannya dengan Polandia diterima dengan pemahaman besar oleh perwakilan-perwakilan administrasi Amerika," ujarnya.

Polandia merupakan negara yang berbatasan dengan Rusia (Kaliningrad) dan Ukraina. Dulu Polandia juga anggota blok timur bersama Uni Soviet, tetapi kini mengambil posisi anti-Rusia.

2. Amerika Serikat

Amerika Serikat belum terang-terangan mengambil sikap tentang pencopotan Rusia sebagai anggota G20. Ia hanya berkata hubungan dengan Rusia tak bisa lagi berjalan seperti biasa.

"Pada pertanyaan G20, saya akan mengatakan ini: Kami percaya bahwa ini tak bisa lagi bisnis seperti biasa bagi Rusia di institusi-institusi dan di komunitas internasional," ujar Penasihat Keamanan Nasional AS Jake Sullivan dalam konferensi pers di Gedung Putih.

Sullivan berkata bahwa AS ingin lebih dahulu melakukan konsultasi kepada para sekutu-sekutunya terkait respons terhadap Rusia di satu institusi tertentu.

Sementara, Duta Besar Rusia untuk Indonesia, Lyudmila Vorobieva, menyatakan bahwa Presiden Vladimir Putin ingin hadir di G20. Namun, pihak Rusia berkata masih melihat situasi.

3. Australia

Perdana Menteri Australia Scott Morrison juga terang-terangan agar Rusia diusir dari G20 tahun ini. Ia berkata tak mau duduk dengan negara yang menginvansi negara lain.

"Rusia menginvasi Ukraina. Maksud saya, ini adalah tindakan berbahaya dan agresif yang merusak aturan hukum internasional," ujar PM Morrison seperti dilansir Sky News.

"Kami telah membuat pernyataan-pernyataan dan perwakilan-perwakilan yang sangat jelas tentang kekhawatiran kami pada keterlibatan Rusia di G20 tahun ini," lanjutnya.


Apa Itu G20?

Indonesia memegang presidensi G20 pada 2022 dan menjadi tuan rumah dalam perhelatannya di akhir tahun. Sebenarnya, apa itu G20?

Dilansir dari laman resmi G20, Jumat (25/2/2022), G20 adalah platform multilateral strategis yang menghubungkan negara-negara maju dan berkembang di dunia. G20 memiliki peran strategis dalam mengamankan pertumbuhan dan kemakmuran ekonomi global di masa depan.

Secara akumulatif, anggota G20 mewakili lebih dari 80 persen PDB dunia, 75 persen perdagangan internasional, dan 60 persen populasi dunia.

Dimulai pada 1999 sebagai pertemuan menteri keuangan dan gubernur bank sentral, G20 telah berkembang menjadi pertemuan puncak tahunan yang melibatkan Kepala Negara dan Pemerintahan.

Selain itu, pertemuan Sherpa (yang bertugas melakukan negosiasi dan membangun konsensus di antara para Pemimpin), kelompok kerja, dan acara khusus juga diselenggarakan sepanjang tahun.

Negara Anggota G20

Negara anggota G20 meliputi Argentina, Australia, Brasil, Kanada, China, Prancis, Jerman, India, Indonesia, Italia, Jepang, Republik Korea, Meksiko, Rusia, Arab Saudi, Afrika Selatan, Turki, Inggris, Amerika Serikat, dan Uni Eropa. Spanyol juga diundang sebagai tamu tetap.

Setiap tahun, Kepresidenan mengundang negara-negara tamu, yang mengambil bagian penuh dalam latihan G20.

Beberapa organisasi internasional dan regional juga berpartisipasi, memberikan forum tersebut representasi yang lebih luas.

Alur Kerja G20

Kepresidenan G20 berputar setiap tahun di antara para anggotanya, dengan negara yang memegang kepresidenan bekerja sama dengan pendahulu dan penerusnya, juga dikenal sebagai Troika, untuk memastikan kesinambungan agenda.

Saat ini Italia, Indonesia, dan India adalah negara Troika.

G20 tidak memiliki sekretariat tetap. Agenda dan koordinasi kerja tersebut diselesaikan oleh perwakilan pribadi pemimpin G20 yang dikenal dengan sherpa bersama para menteri keuangan dan gubernur bank sentral.

Puncak kerja G20 di setiap siklus adalah komunike yang mengungkapkan komitmen dan visi anggota untuk masa depan, yang disusun dari rekomendasi yang dipilih dan hasil dari pertemuan tingkat menteri dan alur kerja lainnya.

Sejarah G20

G20 dibentuk pada tahun 1999 dengan tujuan untuk membahas kebijakan dalam rangka mencapai stabilitas keuangan internasional.

Forum ini dibentuk sebagai upaya untuk mencari solusi atas kondisi ekonomi global yang dilanda krisis keuangan global tahun 1997-1999 dengan melibatkan negara-negara berpenghasilan menengah dan memiliki pengaruh ekonomi sistemik, termasuk Indonesia.

Atas saran para Menteri Keuangan G7, para Menteri Keuangan G20 dan Gubernur Bank Sentral mulai mengadakan pertemuan untuk membahas tanggapan terhadap krisis keuangan global yang terjadi. Setelah itu, pertemuan tingkat Menteri Keuangan diadakan secara rutin pada musim gugur.

Sembilan tahun kemudian, pada 14-15 November 2008, para pemimpin negara-negara G20 berkumpul untuk KTT G20 yang pertama.

Pada kesempatan itu, para pemimpin negara tersebut mengkoordinasikan respon global terhadap dampak krisis keuangan yang terjadi di AS saat itu dan sepakat untuk mengadakan pertemuan lanjutan.

Untuk mempersiapkan KTT tahunan, para Menteri Keuangan G20 dan Gubernur Bank Sentral, bersama dengan para Sherpa bertemu beberapa kali dalam setahun.


Infografis Ragam Komentar Polemik Kehadiran Putin di KTT G20 Bali