Volume 249

Juara Setelah Dikritik Pedas Rudy Hartono

Jonatan Christie Juara Swiss Open 2022, Komentator Denmark Singgung Kritik Pedas Rudy Hartono

Liputan6.com 2022-03-28 13:09:45
Tunggal putra unggulan ke-4, Jonatan Christie lolos ke final setelah menang atas unggulan ke-7, Kidambi Srikanth (India) dengan rubber game, 18-21, 21-7, 21-23. Di final Jonatan Christie akan

Tunggal putra Indonesia Jonatan Christie alias Jojo sukses meraih gelar juara Swiss Open 2022 usai mengalahkan wakil India Prannoy HS dengan straight game 21--12 dan 21--18 di laga final yang berlangsung pada Minggu (27/3/2022) malam WIB.

Keberhasilan Jojo menyabet titel Swiss Open 2022 tak lepas dari kritik yang dilontarkan sejumlah pihak kepada pemain berusia 24 tahun tersebut. Hal ini juga disinggung oleh komentator badminton, Steen Pedersen, dalam partai puncak Swiss Open di St. Jakobshalle.

Seperti diketahui, legenda tunggal putra Indonesia Rudy Hartono sebelumnya sempat memberi kritik pedas pada Jonatan Christie. Ia menilai Jojo merupakan pemain tanpa keistimewaan. Pebulu tangkis itu disebut kaku, tidak atletis, dan tidak enak dilihat.

Meski demikian, Jojo berhasil membayar kritikan Rudy Hartono dengan prestasi baru. Capaiannya di Swiss Open edisi ini mengakhiri puasa gelar individu selama lebih dari dua tahun, setelah terakhir kali menjuarai Australian Open 2019.

Situasi tersebut rupanya menjadi hal menarik di mata Pedersen. Komentator asal Denmark ini tanpa segan mengatakan Rudy Harotono perlu melontarkan pendapat-pendapat serupa, demi memacu semangat penggawa tunggal putra Tanah Air di tiap turnamen.

"Jika ini (kritikan pedas), yang diperlukan untuk membuat mereka (pemain tunggal putra Indonesia), tampil seperti itu, maka Rudy Hartono harus terus melakukannya sebelum turnamen," ujar Pedersen kala menjadi komentator di laga final Swiss Open 2022.


Tanggapan Warganet

Aksi Pedersen sontak menjadi bahan perbincangan warganet di Twitter. Beberapa kalangan memuji sikap sang komentator yang terbilang update hingga mengetahui perkembangan kabar-kabar bulu tangkis dalam negeri.

Meski demikian, tak sedikit pula netizen yang memberi tanggapan balasan terkait kritik pedas Rudy Hartono. Kepala Bidang Hubungan Luar Negeri PP PBSI Bambang Roedyanto--atau yang akrab disapa Rudy Roedyanto--bahkan ikut mengunggah cuitan mengenai hal ini.

"Waduh, masa pemain yang kaku bisa juara AG (Asian Games) dan bantu rebutin Piala Thomas?" tulisnya dalam cuitan balasan yang diunggah pada Minggu (27/3/2022) siang WIB.


Jonatan Christie: Sangat Berarti

Terlepas dari hal itu, Jonatan Christie nampaknya sangat mengapresiasi gelar Swiss Open yang baru saja diraihnya. Ia menyebut capaian ini sebagai hal yang berarti bagi dirinya, usai absen menjuarai turnamen individual sejak 2019.

"Hasil ini sangat berarti buat saya, bukan hanya gelar juaranya, tetapi juga prosesnya. Saya bisa bermain di sini (Swiss Open) dan All England kemarin saja sudah (menjadi) sebuah anugerah luar biasa setelah saya positif COVID-19 di Jerman," ujarnya, dilansir dari situs resmi PB Djarum.

"Masih banyak yang ingin saya raih, gelar-gelar di level yang lebih tinggi. Semoga juara di Swiss ini bisa menjadi awalan dan motivasi saya di tahun 2022. Mudah-mudahan saya bisa konsisten bermain seperti ini. (Tampil) maksimal dan menikmati pertandingan," pungkas Jojo.


Ganda Putra

Selain Jonatan Christie, wakil Indonesia di nomor ganda putra, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, juga sukses mencatatkan hasil serupa dalam Swiss Open 2022. Pasangan nomor 9 dunia itu keluar sebagai juara usai menuntaskan perlawanan wakil Malaysia Goh Sze Fei/Nur Izzuddin di partai puncak.

Fajar/Rian menang straight game dengan 21--18 dan 21--19 atas pasangan dari Negeri Jiran. Di semifinal, Fajar/Rian juga sempat menumbangkan unggulan kedua Aaron Chia/Soh Wooi Yik lewat drama rubber game. Catatan tersebut menjadi prestasi sendiri buat pasangan Indonesia, mengingat Aaron/Soh unggul di atas kertas ketimbang Fajar/Rian.

Crazy Rich Asli Tak Suka Barang Mewah

Grace Tahir Ungkap Tak Suka Pakai Barang Mewah, Berapa Harga Jam Tangan dan Pakaiannya?

Liputan6.com 2022-03-27 14:33:57
Video Grace Tahir viral melalui akun YouTube probadinya yang mengunggah video parodi Indra Kenz. Dalam video tersebut, Grace Tahir mengaku bernama Indri Benz, Crazy Rich dari Glodok. (Foto: i

Nama putri konglomerat sekaligus pengusaha Grace Tahir kini sedang jadi sorotan. Penyebabnya, videonya menyindir Indra Kenz sebagai crazy rich 'abal-abal' viral di sosial media.

Grace merupakan seorang anak konglomerat di Indonesia yakni Dato Sri Tahir dan Rosy Riady. Tahir termasuk pengusaha yang sukses dan masuk ke dalam jajaran orang terkaya di Indonesia.

Ia adalah pemilik dari Mayapada Group. Sementara itu, Rosy Riady adalah anak konglomerat Mochtar Riady, pendiri Lippo Group. Meski hidup dengan kekayaan melimpah, anak kedua dari empat bersaudara ini memilih untuk tidak memamerkan kekayaannya.

Kalau meihat akun Instagramnya @gtahirs, ia hampir tidak pernah menunjukkan potret kemewahan dirinya. Hal itu diakui oleh Grace saat menjadi bintang tamu di kanal YouTube Denny Sumargo yang bertajuk 'Orang Kaya Beneran Turun Gunung!! (Grace Tahir)' pada Sabtu, 26 Maret 2022.

Ada yang bikin Denny Sumargo penasaran dengan sosok Grace. Denny kepo apakah outfit Grace semahal para crazy rich yang suka pamer kekayaan atau barang branded.

Denny mengawalinya dari menanyakan harga kacamata Grace terlebih dahulu. Jawabannya bikin pria yang akrab disapa Densu ini geleng-geleng kepala, karena Grace lupa merek dan harga kacamatanya saking sudah lama dia pakai. Namun dia akhirnya memberikan kisaran harga kacamatanya yakni sekitar Rp1-2 jutaan.

Berlanjut ke kemeja putih yang dipakainya saat itu, dia ternyata membelinya dari aksi acara amal seharga Rp1 juta. Ada juga sneakers-nya yang cukup terjangkau yakni seharga Rp1 jutaan juga.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


5 Tahun Belum Ganti

Ditambah lagi yang jadi sorotan adalah jam tangan Grace Tahir. Dia hanya mengenakan jam tangan dari brand Casio yang menurut Grace harganya sekitar Rp500 ribuan saja.

Ini sungguh sangat terbanding terbalik dengan kebiasaan orang-orang kaya yang suka pakai jam tangan dengan harga puluhan juta hingga miliaran rupiah. Yang bikin Densu dan mungkin sebagian besar warganet kaget adalah, Grace memakai celana yang sudah lima tahun belum diganti.

Dia pun sudah lupa mereka dan harganya. Penggalan wawancara Denny kepoin harga outfit Grace itu langsung viral. Banyak akun gosip yang mengunggah ulang video itu salah satunya, @nyinyir_update_official, pada Sabtu, 26 Maret 2022.


Konten Menyadarkan

"Jam tangan para konglomerat itu casio yah. Duh mimin jadi pengen beli nih," komentar akun tersebut. Sejumlah warganet pun ikut menanggapi dengan beragam komentar.

"Malu sendiri jadinya, we yang jauuhh lebih misqueen pake jam guess yang jutaan. Konten-konten kek gini bikin menyadarkan," komentar seorang warganet. "Konsep pikirannya tuh Gaya bukan yang utama tapi fungsi. Keren sih," timpal warganet lainnya.


Crazy Rich

Beberapa pekan lalu, Grace mengunggah video dan beraksi memparodikan gaya Indra Kenz saat memamerkan kekayaannya di atas jet pribadi. Gaya Grace yang nyentrik dan menggelitik berhasil menghibur banyak warganet.

Selain di pesawat jet, Grace juga membuat video saat berada di tahanan dengan memakai kemeja oranye khas baju tahanan. Ia membayangkan gaya Indra Kenz saat ditahan.Grace terlihat tampil total dalam video parodi yang diunggah di Youtube pada 9 Maret 2022 dan bertajuk 'Review Private Jet ala Indri Benz'. Ia menirukan gaya pria yang dijuluki Crazy Rich Medan tersebut dengan nama Indri Benz. "

Video tersebut sebenarnya tidak terlalu mengejutkan. Ia bisa dibilang termasuk seorang Youtuber yang cukup aktif membuat konten lewat akun miliknya, gt.bodyshot.Ia kerap mengunggah video dirinya mewancarai sejumlah figur publik seperti Deddy Corbuzier, Luna Maya, Reza Rahadian, Kak Seto dan masih banyak lagi.


Ragam Tanggapan Dugaan Banyak Crazy Rich Terlibat Pencucian Uang

 

Rp 48,7 M untuk Gorden DPR

Untuk Penggantian Gorden, DPR Anggarkan Biaya Mencapai Rp 48,7 M

Liputan6.com 2022-03-27 10:01:51
Gedung DPR/MPR di Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jakarta. (Liputan6.com/Devira Prastiwi)

Anggaran mencapai Rp 48,7 miliar akan digunakan oleh DPR RI untuk melakukan penggantian gorden dan blind. Biaya itu nantinya akan diambil dari APBN 2022.

Seperti dilansir situs lpse.dpr.go.id, tender tersebut diberi nama Penggantian Gordyn dan Blind DPR RI Kalibata. Tender penggantian gorden itu diikuti 49 peserta dan memiliki kode tender 732087.

"Tahun anggaran APBN 2022. Nilai pagu paket Rp 48.745.624.000. Nilai HPS paket Rp 45.767.446.332,84," bunyi tulisan dalam situs tersebut.

Dalam situs itu juga tertulis, lokasi pekerjaan berada di Jl. DPR Dalam Tim. No.12, RT.12/RW.5, Rawajati, Kecamatan Pancoran, Kota Jakarta Selatan. Situs tersebut juga menjelaskan bagaimana perkembangan tahap tender penggantian gorden dan blind itu di DPR RI.

"Tahap tender saat ini evaluasi administrasi, kualifikasi, teknis dan harga," tulis situs tersebut.


Belum Direspons

Pihak Merdeka.com telah mencoba menghubungi Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar, untuk menanyakan perihal pengadaan interior tersebut. Namun, hingga berita ini tayang, belum ada respons lebih lanjut.

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka.com

Fuji Kesal Konten Selama Umrah Dicibir

Fuji Kesal Konten Selama Umrah Dicibir, Bandingkan dengan Konten di Kelab Malam

Liputan6.com 2022-03-27 12:00:16
7 Potret Fuji di Tanah Suci, Jilbab Syar'i-nya Banjir Pujian (Sumber: Instagram/fuji_an)

Fujianti Utami Putri yang juga dikenal sebagai Fuji, kini sedang menjalani ibadah umrah bersama rombongan dari Tanah Air, termasuk salah satunya adalah sang kekasih, Thariq Halilintar. Selama di Tanah Suci Mekkah, rombongan ini rupanya bersedekah dengan membagi-bagikan makanan.

Momen selama umrah tersebut lalu diabadikan melalui sejumlah media sosial termasuk milik Fuji. Alhasil publik pun jadi mengetahui agenda yang dilaksanakan selama berada di Tanah Suci. Sejumlah selebriti seperti Anji dan Keanu Angelo terlihat di sana.

Namun begitu, agenda mulia Fuji dan rombongan di Mekkah rupanya menuai komentar pedas bernada cibiran. Sejumlah warganet mengkritik momen tersebut hingga akhirnya membuat Fuji kesal dan membuat konten balasan agar masyarakat Tanah Air memahami kegiatan mulianya.

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Beredar di Medsos

Video balasan tersebut disampaikan secara singkat oleh Fuji dan kemudian beredar di media sosial. Awalnya, Fuji menyampaikan kembali komentar-komentar negatif yang ditujukan kepadanya.

"Sedekah kok dikontenin, berbuat baik kok dikontenin?" ujar Fuji mengulang kembali komentar-komentar negatif yang bermunculan, seperti diunggah juga di akun Instagram @lambepelakor_ , baru-baru ini.


Bandingkan dengan Foya-Foya

Melanjutkan pernyataannya, Fuji pun langsung membandingkan konten berisi agenda mulia dirinya dan kawan-kawan dengan konten berisi orang-orang yang sedang hura-hura membuang uang demi kenikmatan diri sendiri.

"Ya, gimana orang yang di kelab, yang lagi mabuk-mabukan, lagi foya-foya? Itu boleh dikontenin?" lanjut Fuji.


Komentar Negatif Lainnya

Fuji sebelumnya juga sempat membuat konten TikTok di Tanah Suci yang memancing reaksi negatif dari beberapa warganet. Lewat live Instagram Putra Siregar, Fuji memberi tanggapan. Dia tak memiliki tendensi buruk dari unggahan tersebut.

"Aku jalan ke hotel, aku bikin TikTok cuma rekam doang, enggak ada unsur untuk becanda atau gimana, sekadar rekam," tutur pemilik nama lengkap Fujianti Utami Putri pada Kamis (24/3/2022).

"Sama aja dong konsepnya kalau kita foto atau video. Terus aku dihujat gini-gini," sambungnya.


Akhirnya Dihapus

Agar tak memancing keributan yang lebih serius di kalangan warganet, Fuji akhirnya memutuskan untuk menghapus konten TikTok-nya itu.

"Itu aku kayak daripada menuai pro dan kontra, mending aku takedown biar kalian enggak ribut. Aku klarifikasi biar kalian enggak gimana-gimana," ucapnya.

"Ibaratnya kalau kalian puasa kan enggak 24 jam puasa. Enggak ada salahnya kalau kalian malam minum kan? Ibaratnya gitu," ujar Fuji menyambung.

Luna Maya-Ariel NOAH Bertemu, Jodoh?

Luna Maya dan Ariel NOAH Bertemu Lagi, Aming: Jodoh Pasti Bertemu

Liputan6.com 2022-03-27 09:00:40
[Foto: Instagram Aming]

Luna Maya bertemu kembali dengan mantan kekasihnya, Ariel NOAH dalam acara pesta ulang tahun Bunga Citra Lestari. Perayaan ini dilangsungkan pada 22 Maret 2022 lalu.

Lewat Instagramnya, komedian Aming yang juga menghadiri acara tersebut mengunggah foto bersama mantan pasangan selebritas itu.

"Jodoh pasti bertemu," kata mantan suami Evelyn Nada Anjani pada Sabtu (26/3/2022).

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Keakraban

Aming tampak merangkul Luna Maya dan Ariel NOAH, keduanya memperlihatkan senyuman ke arah kamera.

Dalam waktu satu ja setelah diunggah, foto tersebut telah disukai oleh lebih dari 16 ribu pengguna Instagram dan dipenuhi ribuan komentar.


Respons

Tak sedikit warganet yang berharap Ariel NOAH dan Luna Maya kembali jadi sepasang kekasih.

"Kak amiing pepeeetin terus tu berdua, kali2 bisa balikan," kata salah satu warganet di kolom komentar.

"Kawal. Sampe. Balikan," kata warganet lainnya.

"Yaudah si balikan terus nikah deh," warganet lain menimpali.


Ultah BCL

Sementara itu, di hari ulang tahunnya BCL mengucap syukur karena mendapat banyak cinta dari orang-orang di sekelilingnya. Dia mengucapkan terima kasih.

"Thank you teman2 for this beautiful flowers, gifts and cakes for my birthday.. Terima kasih juga untuk doanya.. I love you," tulisnya di Instagram.

Messi Beri Kode Segera Pensiun

Lionel Messi Beri Kode Pensiun Usai Piala Dunia 2022

Liputan6.com 2022-03-27 11:00:05
Angel Di Maria dan Lionel Messi - Dua pemain Argentina ini merupakan pilar keberhasilan Tim Tango meraih juara Copa America 2021 lalu. La Pulga yang baru pindah ke PSG kini akan bahu-membahu

Lionel Messi memberi penghormatan kepada penggemar Argentina. Hal itu dilakukan usai pertandingan melawan Venezuela pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Stadion Alberto J.Armando, Argentina, Sabtu (26/3/2022).

Argentina menang 3-0 atas Venezuela. Gol kemenangan tuan rumah diciptakan Nicolas Gonzalez (35'), Angel Di Maria (79'), dan Lionel Messi (82').

Bagi Messi, kemenangan ini sangat penting dalam menjaga kebahagiannya. "Saya tidak mengharapkan sesuatu yang kurang dari orang-orang, dari persatuan antara publik Argentina dan tim ini," katanya seperti dikutip dari Reuters.com.

Seperti diketahui, penggemar Argentina sudah lama menghormati Messi, terlebih setelah memenangkan Copa America 2021. Ini merupakan trofi besar pertama mereka dalam 28 tahun.


Nyanyi Bersama

Selama bertanding, Messi dan kawan-kawan mendapatkan dukungan melalui nyanyian dari para penggemar di Stadion. Melihat para penggemarnya semangat bernyanyi, Messi memimpin rekan satu timnya di putaran kemenangan bersama dengan 50.000 penonton.

"Saya sudah lama bahagia di sini, sejak sebelum kami memenangkan Copa America," kata Messi.

"Orang-orang telah menunjukkan bahwa mereka mencintai saya dan saya bersyukur untuk itu. Semuanya mengalir secara alami, yang membuatnya lebih mudah di dalam dan di luar lapangan," jelasnya.


Sempat Tidak Dipanggil

Awalnya, bintang Argentina sempat tidak diikut sertakan dalam kualifikasi Piala Dunia 2022 Qatar. Pada dua pertandingan melawan Chile dan Kolombia, Messi tidak ikut bermain.

Hal ini dikarenakan, Lionel Messi sedang berusaha untuk sembuh dalam melawan Covid-19. Namun, ketidakhadirannya tidak mempengaruhi penampilan dari Timnas Argentina.

Mereka berhasil memenangkan kedua pertandingan saat melawan Chile dengan skor 2-1 dan saat melawan Kolombia 1-0.

Penulis: Jesslyn Koesman


Infografis

 

Bebaskan Jam Kerja Karyawan, Asal...

Raffi Ahmad Bebaskan Jam Kerja Karyawannya, Asal Syarat Ini Terpenuhi

Liputan6.com 2022-03-27 08:30:23
"Aku yakin. Ya alhamdulillah sejauh ini bisnis aku jalan semua. Ga ada yang gagal, amit-amit," ujar Raffi Ahmad. (Adrian Putra/Bintang.com)

Raffi Ahmad sukses membuat Rans Entertaimen menjadi kanal YouTube nomor satu di tanah air. Dari situ, ia berhasil membuat kerajaan bisnis lain dan bisa sukses seperti sekarang ini.

Namun siapa sangka dibalik kesuksesan tersebut ternyata suami Nagita Slavina tidak pernah mengekang para karyawannya. Bahkan ia membebaskan perihal jam kerjanya.

"Gue sempat bilang sama tim gue, 'lu mau datang ke kantor jam berapa aja, lu mau pulang jam berapa aja, suka-suka kalian'," ujarnya Raffi Ahmad dikutip dari YouTube Kuy Entertainment, Jumat (25/3/2022).

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Cuti

Tak hanya itu, masalah cuti juga dibebaskan oleh Raffi Ahmad. Kapan saja bisa mengambil cuti namun sesuai dengan jatah yang tekah ditentukan.

"Mau ambil cuti hari apa saja, ataupun memang misal jatah cutinya sekian, terserah," ucap Raffi.


Asal Beres

Meski membebaskan, yang terpenting semua pekerjaan yang telah diberikan bisa selesai tepat waktu sesuai dengan yang ditentukan.

"Gue bilang 'terserah lu mau masuk jam berapa saja, yang penting kerjaannya beres, tanggung jawabnya beres,'," ucapnya.


Satukan Visi

Raffi menjelaskan ia berusaha menyatukan visi dan misi kepada karyawannya. Oleh karenanya ia siap kapanpun diperlukan oleh karyawannya untuk sebuah pekerjaan.

"Jadi kita benar-benar visinya adalah kita mau sukses bareng-bareng, kita harus capek bareng-bareng," kata dia.

Taliban Larang Perempuan Naik Pesawat

Taliban Larang Puluhan Perempuan Naik Pesawat karena Bepergian Tanpa Pria

Liputan6.com 2022-03-27 16:01:01
Aksi sekelompok wanita saat berunjuk rasa di Herat, Afghanistan, Kamis (2/9/2021). Para pengunjuk rasa mendesak Taliban menghormati hak-hak kaum perempuan, termasuk menempuh pendidikan. (AFP

Penguasa Taliban Afghanistan menolak mengizinkan puluhan perempuan naik beberapa penerbangan, termasuk beberapa ke luar negeri, karena mereka bepergian tanpa wali laki-laki, kata dua pejabat maskapai Afghanistan, Sabtu 26 Maret 2022.

Para pejabat, yang berbicara dengan syarat anonim karena takut akan dampak dari Taliban, mengatakan puluhan wanita yang tiba di bandara internasional Kabul pada hari Jumat untuk naik penerbangan domestik dan internasional diberitahu bahwa mereka tidak dapat melakukannya tanpa wali laki-laki, lapor media asing.

Beberapa wanita adalah warga negara ganda yang kembali ke rumah mereka di luar negeri, termasuk beberapa dari Kanada, menurut salah satu pejabat.

Perempuan ditolak naik pesawat ke Islamabad, Dubai dan Turki dengan Kam Air dan Ariana Airline milik negara, kata para pejabat.

Perintah itu datang dari kepemimpinan Taliban, lanjut pejabat itu seperti dikutip dari the International News, Minggu (27/3/2022).

Pada hari Sabtu, beberapa wanita yang bepergian sendirian diberi izin untuk naik penerbangan Ariana Airlines ke provinsi Herat barat, kata pejabat itu. Namun, pada saat izin diberikan mereka telah melewatkan penerbangan mereka, katanya.

Presiden bandara dan kepala polisi, baik dari gerakan Taliban dan kedua ulama Islam, bertemu hari Sabtu dengan pejabat maskapai penerbangan. Masih belum jelas apakah Taliban akan membebaskan perjalanan udara dari perintah yang dikeluarkan beberapa bulan lalu yang mengharuskan wanita yang bepergian lebih dari 45 mil untuk ditemani oleh kerabat laki-laki.

Pejabat Taliban yang dihubungi oleh kantor berita Amerika tidak menanggapi beberapa permintaan komentar.


Pembatasan Hak-Hak Perempuan

Serangan terbaru terhadap hak-hak perempuan di Afghanistan yang dikelola Taliban yang menolak perjalanan udara perempuan, terjadi hanya beberapa hari setelah pemerintah yang semuanya laki-laki melanggar janjinya untuk mengizinkan anak perempuan kembali ke sekolah setelah kelas enam.

Sebuah badan amal Afghanistan bernama PenPath, yang mengelola puluhan sekolah "rahasia" dengan ribuan sukarelawan, berencana untuk melakukan protes di seluruh negeri untuk menuntut Taliban membalikkan ketertibannya, kata Matiullah Wesa, pendiri PenPath.

Pada hari Sabtu di Forum Doha 2022 di Qatar, Roya Mahboob, seorang pengusaha wanita Afghanistan yang mendirikan tim robotika khusus perempuan di Afghanistan, diberi Penghargaan Forum untuk pekerjaan dan komitmennya terhadap pendidikan anak perempuan.

Raih 24 Penghargaan Film Dunia

Rio The Survivor Raih 24 Penghargaan Film Internasional, Tayang di Bioskop Indonesia 31 Maret

Liputan6.com 2022-03-27 15:30:00
Rio The Survivor, film Indonesia dari kisah nyata yang diputar di sejumlah festival film internasional. (IST)

Perjalanan film Rio The Survivor selama tiga tahun sejak diproduksi pada awal 2019, akhirnya membuahkan hasil. Bahkan, film ini bisa dianggap layak menjadi salah satu kebanggaan masyarakat Indonesia.

Film ini meraih 24 penghargaan dari berbagai Festival Film Internasional di berbagai negara Eropa, Asia, Amerika, hingga Afrika. Sebanyak 19 penghargaan dimenangkan, sementara 5 lainnya hanya masuk nominasi.

Masyarakat Indonesia yang penasaran dengan kisah maupun adegan yang disajikan dalam film Rio The Survivor, dalam waktu dekat sudah bisa menyaksikannya mulai 31 Maret 2022 di bioskop.

Rio The Survivor mengisahkan tentang perjuangan seorang anak untuk mendapatkan hak hidup dan pendidikan demi mengejar impian.

Kekuatan cerita Rio The Survivor yang terinspirasi dari kisah nyata dengan kemasan misi sosial dan banyak pesan moral membuat film ini mendapat banyak apresiasi di berbagai festival film internasional.

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Nyaris Tak Diterima

Festival film terbesar seperti Cannes Film Festival, Prancis, menerima Rio The Survivor sebagai peserta pada 2021. Namun begitu, sebelumnya Rio The Survivor sempat ditolak masuk sebagai peserta Festival De Cannes karena film ini telah meraih penghargaan di festival film lain.

Namun lantaran kekuatan misi dan cerita Rio The Survivor yang disajikan, film ini akhirnya diterima sebagai peserta Festival De Cannes. Namun, harus ada perubahan dan perbedaan dari film yang dikirim ke festival film lain.

Meski tidak masuk nominasi, tanggapan dari panitia Festival De Cannes sangat menyambutnya. Sampai-sampai, Directeur Departement des Films, Christian Jeune, langsung turun tangan untuk menangani Rio The Survivor. Ia memberi gambaran perihal dunia perfilman internasional sambil memberi hormat kepada Rio The Survivor.


Sambutan Festival Lain

Salah satu festival film terbesar di Afrika, Durban Festival Film Internasiona (DFFI)l, Afrika Selatan, yang usianya lebih tua dari Festival Film Indonesia turut memberikan sambutan hangat kepada Rio The Survivor.

Dalam festival yang diikuti oleh total 3 ribu film untuk semua kategori dan 300 film khusus untuk Feature Film dari berbagai negara, Rio The Survivor masuk nominasi sebagai Best Film.

Selain itu, Rio The Survivor ditayangkan secara nasional oleh DFFI di Afrika Selatan. Ini merupakan penayangan perdana Rio The Survivor kepada masyarakat umum, terutama di luar negeri.

Di Best Istanbul Film Festival, Turki, yang juga diikuti oleh sekitar 3.000 film dari berbagai negara, Rio The Survivor bahkan sukses terpilih sebagai Best Film atau Film Terbaik.

Pada beberapa festival film internasional lainnya, Rio The Survivor malah dinobatkan sebagai karya terbaik di beberapa kategori (Daftar Penghargaan Terlampir).


Sekilas Film

Rio The Survivor merupakan film yang ditulis dan disutradarai oleh Yudie Oktav. Sebelumnya, ia lebih dikenal sebagai jurnalis dan aktivis kemanusiaan bersama Yayasan Syair Untuk Sahabat atau Syair.org.

Ketajaman sosok Yudie, yang tumbuh di dunia media, dalam melihat permasalahan sosial begitu terasa dalam alur cerita dan pengambilan gambar yang disajikan di Rio The Survivor. Menampilkan realita yang sering terjadi di lingkungan masyarakat kita.

"Semoga Rio The Survivor dapat memberi pencerahan bagi masyarakat Indonesia yang sudah banyak sekali dijejali oleh konten, program, dan film yang tidak mendidik," ucap Yudie Oktav dalam keterangan tertulis yang diterima Showbiz Liputan6.com, Minggu (27/3/2022).

"Selain itu, Rio The Survivor juga ingin menggugah kepedulian masyarakat pada permasalahan sosial termasuk stigma dan diskriminasi yang kerap terjadi di masyarakat kita," sambungnya.


Melibatkan Bambang Pamungkas dan Para Musikus Top

Film Rio The Survivor melibatlkan Bambang Pamungkas, mantan bintang sepak bola tim nasional Indonesia, dan gitaris Slank, Ridho Hafiedz, yang bertindak sebagai music director.

Lalu untuk soundtrack film melibatkan band legendaris Godbless, /rif, Buluk bersama band Kausa, dan Jikunsprain.

"Film ini memiliki pesan moral yang sangat luar biasa karena merupakan kisah nyata tentang diskriminasi yang terjadi pada anak-anak yang kurang beruntung di Indonesia. Ini sebuah fakta yang selama ini luput dari perhatian kita bahwa Indonesia ini yang kita banggakan dengan keberagamannya, dengan pluralismenya, ternyata masih ada diskriminasi terhadap anak-anak," ungkap Bambang Pamungkas.

Di luar tema film yang mengangkat diskriminasi, Rio The Survivor merupakan film tentang sepakbola karya dari Syair.org dan Citkart Production, didukung oleh BRI yang juga sponsor utama kompetisi Liga 1 sepakbola nasional.


Daftar Penghargaan Rio The Survivor

1. Best Film di London Independent Film Awards, Inggris

2. Best Film di Best Istanbul Film Festival, Turki

3. Best Film di Stockholm City Film Festival, Swedia

4. Best Film di Uruvatti International Film Festival, India

5. Best Film di Five Continents International Film Festival, Venezuela

6. Honorable Award Best Film di Florence Film Awards, Italia

7. Best Director, Yudie Oktav, di London Independent Film Awards, Inggris

8. Best Director, Yudie Oktav, di Uruvatti International Film Festival, India

9. Best Director, Yudie Oktav, di Five Continents International Film Festival, Venezuela

10. Best Script Writer, Yudie Oktav, di Uruvatti International Film Festival, India

11. Best Screenplay, Yudie Oktav, di Five Continents International Film Festival, Venezuela

12. Best Actor, Raditya Evandra, di Eastern Europe Film Festival, Romania

13. Best Actor, Raditya Evandra, di Stockholm City Film Festival, Swedia

14. Best Actor, Raditya Evandra, di Uruvatti International Film Festival, India

15. Best Young Actor, Raditya Evandra, di Five Continents International Film Festival, Venezuela

16. Best Supporting Actress: Sri Widayati, di Five Continents International Film Festival, Venezuela

17. Special Mention Original Score: Ridho Hafiedz, di Five Continents International Film Festival, Venezuela

18. Best Production, Yudie Oktav & Moh. Unggul, di Five Continents International Film Festival, Venezuela

19. Best Sound Design, H. Maman, di Five Continents International Film Festival, Venezuela

Sebagai Finalis dan Hanya Masuk Nominasi

20. Best Film di Eastern Europe Film Festival, Rumania

21. Best Film di Barcelona Indie Filmmakers Festival, Spanyol

22. Best Film di Rome Independent Prisma Awards, Italia

23. Best Film di Durban International Film Festival, Afrika Selatan

24. Best Director di Best Film Awards, London, Inggris

Demi Cinta, Mendayung dari Thailand ke India

Demi Mencari Istrinya, Pria Nekat Mendayung Perahu dari Thailand ke India

Liputan6.com 2022-03-27 10:00:26
Ilustrasi batu ditengah laut (pixabay)

Seorang pria Vietnam harus diselamatkan oleh kapal nelayan Thailand setelah mencoba menyeberangi Laut Andaman dengan perahu karet untuk mencari istrinya.

Dilansir dari Odditycentral, pada Rabu (23 Maret 2022) Angkatan Laut Kerajaan Thailand menerima laporan dari kapten kapal pukat nelayan tentang perahu karet kecil yang mereka temukan di Laut Andaman, sekitar 80 kilometer dari pantai.

Rupanya, ada seorang pria di atasnya dengan beberapa barang bawaan seperti tangki air minum yang hampir kosong, dan beberapa mie instan. Pria itu tidak bisa berbahasa Thailand atau Inggris, dan karena takut dirinya akan terbunuh, perahu nelayan memutuskan untuk menariknya dan perahunya kembali ke tempat yang aman.

Marinir Thailand mencegat kapal penangkap ikan dan mencoba berbicara dengan pria yang diselamatkan, tetapi mereka tidak bisa mendapatkan banyak informasi darinya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor0811 9787 670hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Mencari istrinya ke India

Seorang penerjemah Vietnam kemudian dibawa masuk, dan para pejabat mengetahui bahwa pria itu bernama Ho Huang Hung, sedang mencari istrinya di India. Dia telah kehilangan kontak dengan istrinya tersebut dua tahun lalu karena pandemi Covid-19 dan berharap untuk bertemu kembali. Rupanya, pria berusia 37 tahun itu terbang ke Bangkok dari Kota Ho Chi Minh pada 2 Maret 2022 silam, berharap untuk kemudian terbang ke Mumbai, India.


Membeli perahu karet

Sayangnya, dia kesulitan mendapatkan visa dan tidak dapat memenuhi rencananya, jadi dia pergi ke Pattaya, di mana dia membeli perahu karet biru dan kuningnya dan memulai perjalanannya pada 5 Maret 2022.

Hung mengatakan kepada pihak berwenang Thailand bahwa dia siap untuk mendayung sampai ke India, melintasi Samudra Hindia dengan perjalanan sekitar 2.000 kilometer. Sayangnya, setelah 18 hari di laut, pria Vietnam itu hanya berjarak 80 kilometer dari pantai Thailand.


Berbekal Mie Instan

Pada hal ini, asalkan tidak ada hal buruk yang terjadi padanya, dia akan mencapai tujuannya dalam waktu sekitar 625 hari. Dengan hanya 10 bungkus mie instan dan sedikit air, Ho Huang Hung memiliki cukup bekal untuk mungkin bertahan beberapa hari lagi, tapi jelas tidak sampai 20 bulan lagi.

Dan dengan munculnya Topan Asani di Teluk Benggala, dia beruntung telah ditemukan. Terlepas dari kegagalannya untuk merencanakan perjalanannya mencari sang istri, tekad Hung bahkan mengesankan Angkatan Laut Thailand, yang baru-baru ini men-tweet, "Tidak peduli seberapa besar lautan... itu tidak dapat menghalangi cinta sejati pria ini". Hung telah ditawari akomodasi sementara sampai pihak berwenang memutuskan bagaimana membantunya bersatu kembali dengan istrinya.


Infografis Ayo Jadikan 2022 Tahun Terakhir Indonesia dalam Masa Pandemi Covid-19