Volume 252

Ronaldinho Gabung Klub Milik Raffi Ahmad

Ronaldinho Resmi Gabung Klub Milik Raffi Ahmad

Liputan6.com 2022-03-29 21:24:00
Bos RANS Cilegon FC Raffi Ahmad akan mendatangkan Ronaldinho ke Indonesia

Rans Cilegon FC akan mendatangkan legenda Brasil dan Barcelona Ronaldinho. Pengumuman ini dilakukan pada perayaan hari jadi satu tahun perusahaan milik Raffi Ahmad, RANS Entertainment.

Raffi Ahmad menyatakan masih ada satu pemain bintang lainnya yang akan bergabung.

"Satu sudah konfirmasi dan menandatangani kontrak (Ronaldinho). Satu lagi masih dalam tahap negosiasi. Semoga bisa terealisasi," kata Raffi.

Ronaldinho mengaku gembira bisa datang dan membela Rans Cilegon FC dalam sebuah video yang ditayangkan dalam acara itu. "Halo Indonesia, saya Ronaldinho. Akan segera bergabung dengan klub Rudy Salim dan Raffi. Sampai bertemu di Rans FC," ucap Ronaldinho.

Pada kesempatan tersebut, Raffi menyampaikan Ronaldinho akan bermain saat Rans Cilegon FC menggelar turnamen mini pada pramusim. Ada tiga klub yang diundang untuk mengikuti kompetisi tersebut yakni Persis Solo, Arema FC, dan Persija Jakarta.


Ditonton Suporter

Selain persiapan Rans Cilegon FC, turnamen itu sekaligus untuk amal dan diharapkan bisa bisa ditonton langsung suporter.

"Saya berharap mini turnamen ini bisa terselenggara. Semoga pemain bintang kami lainnya sudah bisa bergabung pada turnamen nanti," ujar Raffi.


Sarat Prestasi

Ronaldinho pensiun pada 2015 setelah tiga tahun tidak aktif. Fluminense menjadi klub terakhir yang diperkuatnya.

Saat masih bermain, Ronaldinho meraih berbagai gelar bergengsi mulai dari Liga Champions, La Liga, Serie A, hingga Piala Dunia. Ia juga pernah mendapat Ballon d'Or pada 2005.


Infografis

 

Jefri Nichol Adu Jotos dengan Netizen

Viral Jefri Nichol Adu Jotos dengan Netizen di Bandung, Lawan Ambruk 3 Kali KO

Liputan6.com 2022-03-30 15:00:00
Jefri Nichol. (Foto: Instagram @jefrinichol)

Selasa (29/3/2022), nama Keanu trending di Twitter Indonesia. Bukan Keanu AGL melainkan Keanu Pahlevi, seorang netizen yang menyerang Jefri Nichol di medsos.

Percekcokan bermula ketika sang aktor mengkritisi sejumlah netizen yang tak malu menyebar tautan bajakan film Jakarta Vs Everybody yang dibintangi Jefri Nichol.

Bukannya minta maaf sekelompok netizen malah memaki Jefri Nichol bahkan menghina film terbarunya berkualitas buruk. Naik pitam, Jefri Nichol menantang netizen nakal.

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Sewa Jam 6

Keanu Pahlevi dan Jefri Nichol lantas bikin janji temu buat adu jotos via fitur pesan langsung alias direct message. Setelah sepakat bertemu di sebuah arena tinju di Bandung, keduanya berkoordinasi via WhatsApp.

"Gue sewa jam 6, kelamaan kalau jam segitu," ujar Jefri Nichol kala pihak lawan mengajukan koreksi jam. "Enggak bisa, full tempatnya. Tempat boxingnya ada wasit sama mereka punya kontrak juga," imbuhnya saat Keanu minta bertemu jam 7.


Di Bandung

Kabar pertemuan di Bandung untuk adu jotos dikonfirmasi Jefri Nichol lewat akun Twitter pribadinya, hari yang sama. "Gue udah di lokasinya, di Bandung. Tinggal nunggu Keanu Pahlevi datang," cuitnya.

Rupanya, Keanu Pahlevi menepati janji. Keduanya adu jotos di atas ring. Ini kali pertama Keanu dan Jefri adu jotos. Bintang film Jailangkung dan Dear Nathan keluar sebagai pemenang setelah lawan tiga kali KO.


Pertama Kali Tanding

Momen Jefri Nichol meninju lawan hingga sempoyongan, limbung, kemudian ambruk terekam dalam video berdurasi 14 detik yang diunggah di akun Twitter pribadinya. Hingga artikel ini disusun video tersebut ditonton hingga dua juta kali dan disukai 45 ribuan orang.

Lebih dari 5000 orang merespons di fitur reply dan dicuit ulang 15 ribu kali. "Sama-sama pertama kali tanding, good fight bro Keanu Pahlevi," aktor kelahiran Jakarta, 15 Januari 1999 mencuap.


Sudah Selesai

Dalam kesempatan itu, Jefri Nichol respek Keanu Pahlevi menepati janji. Terakhir, Jefri Nichol mengingatkan tak akan menyenggol orang jika tak ada yang memulai.

"Udah selesai. Gue respect dia benaran datang. Gue enggak bakal nyenggol orang kalau enggak disenggol dunia," pungkasnya seraya menyertakan tangkapan layar makian netizen.

Konser Tulus Dibubarkan

Konser Tulus di Bandung Dibubarkan Karena Belum Kantongi Izin, Ini 5 Faktanya

Liputan6.com 2022-03-30 14:10:21
Tulus. (Foto: Dok. Tulus Management)

Pada Selasa (29/3/2022), digelar konser musik solois Tulus bertajuk Soundfest Bersua di area Critical 11, Kecamatan Cicendo, Kota Bandung. Namun, konser tersebut gagal digelar karena sebelum Tulus naik panggung, Satgas Covid-19 membubarkan konser tersebut.

Konser Tulus dibubarkan karena tidak mengantongi izin dan diketahui panitia memberitahu perihal konser tersebut kepada Polri dan Satpol PP secara mendadak. Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kota Bandung Asep Gufron mengonfirmasi adanya pembubaran kegiatan tersebut

"Iya, dibubarkan karena panitia belum memiliki izin," kata Asep, Selasa (29/3/2022) malam.

Lantaran pihak penyelenggara memberitahukan secara mendadak kepada Satgas Covid-19, alhasil Satgas Covid-19 pun merapatkan perihal konser tersebut juga secara mendadak dan berakhir pada hasil rapat yang tidak merekomendasikan izin konser tersebut. Penonton pun merasa kecewa karena konser Tulus terpaksa harus dibuburkan.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang fakta soal konser Tulus yang dibubarkan karena tidak mengantongi izin, Rabu (30/3/2022).


1. Belum Mengantongi Izin

Konser musik Tulus yang digelar di Bandung pada Selasa (19/3/2022) dibubarkan Satgas Covid-19 karena belum mengantongi izin. Sejak pukul 18.30 WIB, petugas sudah mendatangi lokasi dan menanyakan surat izin penyelenggaraan konser. Hanya saja, panitia penyelenggara tidak bisa menunjukkannya.

"Tadi ditanya izin, (panitia) tidak memperlihatkan baik dari satgas maupun polres soal izin keramaian. Setelah itu ya sudah tidak boleh ada kegiatan." Tambahnya.


2. Tidak Merekomendasikan

Pihak panitia yang mendadak memberitahukan soal konser tersebut tentunya membuat Satgas juga mendadak untuk merapatkan perizinan soal konser tersebut. Alhasil, hasil rapat tersebut tidak merekomendasikan dan memberikan izin untuk konser.

"Ini juga baru dirapatkan di satgas tadi pagi. Hasil rapatnya memang tidak merekomendasikan izin buat konser tersebut," ujar Asep.


3. Bandung Masih Menerapkan PPKM Level 3

Melansir dari Merdeka.com, Pemerintah Kota Bandung masih menerapkan PPKM Level 3, di mana acara musik masuk dalam kegiatan yang diatur. Oleh karenanya, konser Tulus tersebut terpaksa dibubarkan. Selain karena tidak mengantongi izin, konser tersebut juga menimbulkan keramaian yang bisa membuat lonjakan kasus Covid-19 kembali meningkat.

Asep Gufron menjelaskan bahwa konser atau acara musik sudah bisa dilaksanakan. Namun beberapa syarat yang harus dipenuhi adalah mengantongi izin dari satgas dan polisi.

"Apabila salah satu izinnya tak keluar, maka konser tidak boleh dilaksanakan," ucapnya.


4. Tidak Ada Sanksi

Dibubarkan sebelum acara dimulai, panitia atau penyelenggara tidak mendapatkan sanksi dari Satgas Covid-19. Konser Tulus tersebut dibubarkan 90 menit sebelum acara konser dimulai, tepatnya pada pukul 18.30 WIB.

"Enggak (sanksi), kami kan belum menerbitkan izin dan kegiatan itu belum mulai konsernya juga." Jelas Asep.


5. Dibubarkan Sebelum Konser Dimulai

Pembubaran konser tersebut pun sangat disayangkan karena penonton sudah datang sejak pukul 15.00 WIB. Konser Tulus dimulai pada pukul 20.00 WIB dan Asep Gufron memastikan tidak ada lagi keramaian sejak pukul 18.30 WIB di venue konser Tulus.

"Sudah enggak ada, tadi dari jam 18.30 WIB juga sudah diimbau," katanya Asep.

Marshanda: Jarang Syuting Mental Makin Sehat

Marshanda Akui Jarang Syuting Malah Bikin Mentalnya Makin Sehat

Liputan6.com 2022-03-30 15:20:00
Marshanda menjalani terapi kesehatan mental di AS. (Foto: Instagram @marshanda99)

Marshanda belum lama ini menanggapi sejumlah komentar dari warganet yang isinya berupa tudingan bahwa dirinya sudah tak laris lagi. Pasalnya, wajahnya kini memang sudah jarang terlihat di layar televisi.

Namun begitu, Marshanda mengaku bahwa kegiatannya yang sudah tak sepadat dahulu membuatnya bisa lebih sehat secara mental. Ditambah lagi, aktris yang akrab disapa Chacha ini sudah lama mengaku sedang memiliki gangguan mental yang disebut dengan bipolar.

"Gue pernah baca komen netizen atau di interview, pernah ada yang melontarkan 'Wah Marshanda sudah enggak laku nih, sekarang?' Terus gue wondering, sih kayak gimana ya dengar kata-kata itu?" ujar aktris sinetron Orang Ketiga, seperti disampaikannya melalui video di akun Instagram @marshanda99.

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Tak Sepadat Dahulu

Seperti diketahui banyak orang, Marshanda sudah mengawali kariernya sebagai aktris sinetron di usia anak-anak. Namanya pun sudah makin terkenal ketika ia berusia remaja. Setelah berusia kepala 3, Marshanda mengakui kehidupannya tak sepadat dahulu namun malah lebih bisa dinikmati.

"Kalau ditanya waktu gue di umur 15 tahun, zaman syuting apapun itulah, sinetron zaman dulu gue karena banyak banget. Gue enggak tahu umur 32 akan ngerasa apa saat ditanya kalimat seperti itu. Sekarang jarang muncul di TV, dan ternyata gua merasa baik-baik saja," Chacha mengungkapkan.


Menemukan Hal yang Dicari

Marshanda pun mengaku bahwa sesuatu yang dicarinya dalam hidup bukanlah materi atau popularitas semata. Namun juga kesanggupannya untuk membantu banyak orang.

"Dan gue baru sadar bahwa yang gue cari dari hidup, kepuasan itu datang dari bukannya kuantitas gue muncul di media. Tapi di mana gue bisa memberikan harapan sama orang yang lagi down atau mungkin mental health challenge like me," tutur Marshanda.


Mengubah Hidup Orang Lain

Tak hanya itu, Marshanda juga mengaku sudah mengubah hidup banyak orang, terutama bagi para penderita gangguan bipolar. Sehingga, ia pun tak peduli dengan popularitasnya di muka publik.

"Saat gue pernah open bipolar disorder dan itu raising awarness di Indonesia tentang mental health, dan gue bisa merubah banyak hidup orang. Karena mereka jadi punya harapan, bisa survive dan tetap bisa maju seperti gue. Itu, lebih penting dari laku dunia entertainment... Buat gue," ucap Marshanda.


Bangga

Dalam keterangan video yang ditulisnya, Marshanda mengaku bahwa dirinya kini bangga dengan kehidupan yang disebut oleh beberapa orang sebagai tak lagi "laku".

"Ada yang lebih penting dari menjadi selebriti "laku" dan rajin tampil di media buat gue. How much I wanna show up is my choice and nothing makes me proud more than being who I already am now. ," tulisnya.

"(Emang sih tahun lalu gue shooting 2 film layar lebar dan rekaman soundtrack, tapi ini untuk ngasih sudut pandang berbeda aja bahwa "jadi artis laku bukan hal #1 yang bikin gue merasa hebat".) ," sambungnya.

Mantan Security IPB Raih Gelar Doktor

Kisah Hudi Santoso, Mantan Security IPB yang Raih Gelar Doktor

Liputan6.com 2022-03-30 06:46:32
Pihak kampus IPB menyatakan bahwa kantin kotor bukan jadi penyebab banyaknya mahasiswa IPB terkena hepatitis A. Lalu apa sebabnya?

Mantan Satpam Kampus IPB University Bogor Hudi Santoso berhasil meraih gelar doktor lewat disertasi berjudul "Model Komunikasi Digital Desa Wisata dalam Pengembangan Kapasitas Pelaku Wisata di Kabupaten Bogor".

"Saya jadi satpam sekitar empat tahun di IPB. Persisnya ketika pembangunan gedung Fakultas Kedokteran Hewan," ujar Hudi yang dikutip dari Antara, Rabu (30/3/2022).

Dia tak pernah menyangka bisa menempuh studi hingga program doktoral di kampus bergengsi seperti IPB. Hudi menorehkan prestasi membanggakan usai menjalani Sidang Terbuka Promosi Doktor di IPB University, Bogor, Jawa Barat, Senin (28/3).

"Sempat ngojek juga di kampus (IPB). Dari situ saya berpikir kalau begini terus, hidup saya stagnan, enggak ada perubahan. Alhamdulillah, diberi kemudahan. Masuk diploma, lanjut S1 di UNS Solo, kemudian lanjut lagi magister hingga doktor di IPB," kata Hudi.

Terkait disertasi, Hudi mengatakan kalau Kabupaten Bogor memiliki potensi desa wisata yang sangat besar. Dengan 42 desa yang berpotensi menjadi desa wisata dan 25 di antaranya sudah aktif sebagai desa wisata.

Hanya saja, kata Hudi, pengelolaan desa wisata ini dirasa belum optimal, terutama jika melihat potensi yang dimiliki.

Dia menjelaskan kalau pengelola desa wisata di Bogor seharusnya memiliki kemampuan dalam mengakses, mengelola, memanfaatkan berbagai platform apps media untuk menyampaikan informasi, promosi, dan membangun reputasi desa wisata yang dikelola.

"Para pengelola desa wisata belum mampu melaksanakan praktik komunikasi pemasaran. Padahal, ini merupakan unsur penting untuk pengembangan dan keberlanjutan desa wisata yang mampu menghadirkan banyaknya kunjungan wisatawan sehingga keuntungan dapat diperoleh secara optimal," lanjut dia.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Kembangkan Desa Wisata

Hudi menjelaskan bahwa komunikasi pemasaran lewat media sosial sangatlah penting dalam mengembangkan desa wisata. Karena semakin tinggi pemanfaatan media sosial seperti Facebook, Instagram dan Youtube, maka komunikasi pemasaraan semakin meningkat popularitasnya.

Penelitian yang dilakukan Hudi menggunakan metode penelitian survei terhadap 166 responden yang didapat dari 3.320 orang populasi pelaku desa wisata di Kabupaten Bogor.

Penelitian dilaksanakan dari bulan Maret sampai dengan bulan Juni 2020 di empat kecamatan, yaitu Pamijahan, Leuwiliang, Babakan Madang, dan Tenjolaya.

Adapun tim pembimbing disertasinya terdiri dari Dr. Ir. Amiruddin Saleh, MS, Prof. Dr. Ir. H Musa Hubeis, Diplome Ing, DEA, dan Dr. Ir. Wahyu Budi Priatna, MSi. Sedangkan tim pengujinya adalah Prof. Dr. Ir. Pudji Muljono, MSi dan Prof. Dr. Widodo Muktiyo, MCom.

Hudi, yang kini menjadi dosen tetap Sekolah Vokasi IPB itu memaparkan bahwa untuk pengembangan desa wisata di Kabupaten Bogor dibutuhkan dukungan dari semua pemangku kepentingan. Terutama dari pemerintah daerah Kabupaten Bogor.

Pemerintah daerah perlu membuat kebijakan yang prioritas seperti mengadakan pelatihan komunikasi pemasaran dan pemanfaatan media digital, serta memfasilitasi modal untuk menguatkan kewirausahaan pelaku wisata agar desa wisata menjadi semakin berkembang.

"Selain itu, pelaku desa wisata di Kabupaten Bogor perlu membuka diri dengan cara aktif mencari informasi di media untuk meningkatkan fasilitas di desa wisata. Seperti wahana atau spot foto yang menarik sehingga dapat menarik wisatawan," katanya.

Karir Marc Marquez Akan Berakhir?

Karir Marc Marquez di MotoGP Disebut Bakal Berakhir, Ini Alasannya

Liputan6.com 2022-03-30 13:31:47
Marc Marquez siap tempur di MotoGP Qatar di sirkuit Losail (AFP)

Karir pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, di MotoGP disebut bisa berakhir setelah dia kembali mengalami diplopia atau penglihatan ganda.

Hal itu disampaikan oleh mantan pebalap Grand Prix, Keith Huewen, dalam acara podcast yang membahas tentang MotoGP bersama Crash.net.

"Cedera ini tidak seperti patah tulang yang bisa diperbaiki 'secara mekanis," kata Keith Huewen dikutip dari laman Crash.net, Rabu (30/3/2022).

"Cedera mata bagi saya, sepenuhnya non-media, sedikit mirip seperti cedera otak. Itu adalah sesuatu yang Anda tidak bisa lakukan apapun untuk mengubahnya dan Anda harus mengatasinya situasi tersebut," sambungnya.

Diketahui bahwa saat sesi pemanasan sebelum MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika, Marquez mengalami crash yang membuatnya terpental dari tunggangannya.

Peristiwa itu membuat Marquez mengalami cedera kepala hingga dilarikan ke Rumah Sakit di Lombok dan tidak mengikuti balapan.

Saat dalam perjalanan kembali ke Spanyol, dirinya mendapati masalah pada matanya.


Cedera Bisa Bikin Karir Marc Marquez Berakhir?

Menurut Huewen, masalah cedera membuat Marquez mendekati akhir karirnya sebagai pebalap MotoGP.

"Setiap kali dia jatuh dan setiap kali dia pulih dari cedera ini secara tidak sadar dia akan gugup dari semua yang biasa dia lakukan. Ini akan memiliki efek pada performa serta kesejahteraan mentalnya," ujar dia.

"Sayangnya, bagi saya sepertinya, karena cedera, Marc Marquez mendekati akhir karir yang sepertinya memiliki cara yang adil untuk berlari," kata Huewen.

"Kami tahu gayanya adalah menyelamatkan yang tidak dapat diselamatkan dan dia tidak bisa menghindari kecelakaan yang cukup besar," pungkasnya.

Awas, 95% Platform Pinjol Ilegal

Awas, 95 Persen Platform Pinjaman Online Berstatus Ilegal

Liputan6.com 2022-03-30 16:10:40
Ketahui daftar pinjol yang resmi terdaftar dan berizin OJK per Oktober 2021. (pexels/adrenn).

Peneliti Center of Digital Economy and SMEs, INDEF Nailul Huda mengatakan, masih banyak kasus-kasus yang merugikan masyarakat terkait dengan pinjaman online (pinjol). Dia menyebut, 95 persen platform pinjol didominasi oleh pinjol ilegal.

"Pinjol resmi hanya 5 persen," paparnya dalam diskusi online Penipuan Investasi, Jakarta, Rabu (30/3/2022).

Nailul mengatakan, kondisi melek literasi keuangan dan literasi digital juga masih rendah. Hal ini terlihat dari kemampuan pengetahuan keuangan atau financial knowledge masyarakat Indonesia masih di bawah rata-rata negara The Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD).

"Skor financial knowledge pada masyarakat Indonesia masih di bawah rata-rata negara OECD dengan skor 4,6. Skor 3,7 tercatat milik Indonesia," katanya.

Dia melanjutkan, skor finansial yang rendah tersebut membuat masyarakat mudah tertipu akan berbagai modus investasi hingga keuangan. Kemudian juga mempengaruhi keputusan pengelolaan keuangan yang kurang rasional.

"Hal ini juga menandakan minimnya pengetahuan individu terhadap risiko serta pemanfaatan pengelolaan keuangan," tandas Nailul.

Reporter: Anggun P Situmorang

Sumber: Merdeka.com


5 Langkah Asosiasi Berantas Pinjol Ilegal

Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) memiliki upaya untuk memerangi penipuan berkedok pinjaman online ilegal (pinjol ilegal) yang hingga kini masih marak. Hal itu disampaikan dalam webinar YLKI bertajuk " Perlindungan Konsumen Digital Finance ", secara virtual, Selasa (15/3/2022).

Sekretaris Jenderal AFPI, Sunu Widyatmoko, mengatakan kasus pinjol ilegal harus dilihat secara komprehensif. Menurutnya, pinjol ilegal hadir karena memanfaatkan celah-celah regulasi.

"Memang, celah regulasi yang paling nakal adalah mereka bisa terkoneksi dengan bank dan menjalankan bisnis penyaluran penarikan dana melalui perbankan," ujar Sunu.

Berikut 5 upaya AFPI dalam memerangi pinjol ilegal, pertama, sosialisasi Industri Fintech Pendanaan Bersama. AFPI bekerja sama dengan OJK, Bank Indonesia, dan Industri Jasa Keuangan untuk memberikan wawasan dan pendidikan tentang Fintech Pendanaan Bersama.

Kedua, perlunya payung hukum setara dengan undang-undang. AFPI hanya ingin ada peraturan yang mengatur bahwa hanya fintech berizin yang boleh beroperasi.

"Ada juga mereka menggunakan payung hukum koperasi, sehingga mereka memelintir izin di koperasi dan melakukan praktek pinjaman ilegal. Payung hukum sesuatu yang sangat penting, ini tugas dari regulator, Pemerintah, parlemen untuk mengatasi hal ini," ungkapnya.

Ketiga, peningkatan inovasi oleh Fintech Pendanaan Bersama untuk bisa menjangkau lebih banyak masyarakat dengan lebih efektif, murah, dan mudah.

Upaya keempat, AFPI menggandeng sejumlah pihak untuk memberantas pinjol ilegal, diantaranya Kemenkominfo, Direktorat Cyber Crime Polri, dan Google Indonesia, hingga perbankan nasional

Kelima, AFPI rutin berpartisipasi dalam seminar dan konferensi untuk mengedukasi masyarakat umum, UMKM tentang Fintech Pendanaan Bersama.

Konglomerat China Ramai-Ramai Pindahkan Harta

Orang Kaya di China Berbondong-bondong Pindahkan Harta ke Singapura, Ada Apa?

Liputan6.com 2022-03-30 15:00:22
Para wisatawan mengunjungi Taman Merlion di Singapura pada 6 Maret 2020. Tempat-tempat wisata utama di Singapura sepi dari turis di tengah epidemi virus corona COVID-19. (Xinhua/Then Chih Wey

Singapura kini semakin menarik orang kaya di China untuk menyimpan kekayaan mereka di Negeri Singa tersebut. Mereka memindahkan hartanya melalui kantor keluarga.

Sejak aksi protes mengganggu ekonomi Hong Kong pada tahun 2019, warga China yang mengantongi uang dengan jumlah besar telah mencari tempat alternatif untuk menyimpan kekayaan mereka.

Dikutip dari CNBC International, Rabu (30/3/2022), jumlah masyarakat berbahasa Mandarin yang besar, dan tidak memiliki pajak kekayaan, menjadi salah satu faktor dipilihnya Singapura sebagai tempat penyimpanan harta masyarakat kaya di China.

Pemindahan ini meningkat tahun lalu menyusul keputusan Beijing terhadap industri pendidikan dan penekanan untuk kemakmuran bersama, bukan hanya segelintir orang.

Perusahaan Singapura membantu orang kaya China memindahkan aset mereka ke negara tersebut melalui kantor keluarga. Perusahaan ini menangani investasi dan manajemen kekayaan untuk keluarga kaya.

Di Singapura, mendirikan kantor keluarga biasanya membutuhkan modal setidaknya sebesar USD 5 juta atau setara Rp 71,6 miliar.

Selama 12 bulan terakhir, pertanyaan tentang pendirian kantor keluarga di Singapura meningkat dua kali lipat di Jenga, sebuah firma akuntansi dan layanan korporat berusia lima tahun, menurut pendirinya, Iris Xu.

"(Orang kaya China) percaya ada banyak peluang untuk mengumpulkan banyak uang di China, tetapi mereka tidak yakin apakah aman bagi mereka untuk menyimpan uang di sana," bebernya.


Miliarder di China Semakin Bertambah

Iris Xu mengungkapkan, sekitar 50 kliennya telah membuka kantor keluarga di Singapura - masing-masing dengan aset setidaknya sebesar USD 10 juta.

Pertumbuhan ekonomi China yang pesat telah memicu penambahan ratusan miliarder hanya dalam beberapa dekade, menurut Forbes.

Penambahan ini membuat jumlah total miliarder di China sebanyak 626, kedua setelah Amerika Serikat dengan 724 miliarder.

Rusia Bongkar Rahasia Lab Biologi AS

Terus Disanksi Barat, Rusia Bongkar Rahasia Laboratorium Biologi AS di Ukraina

Liputan6.com 2022-03-30 14:27:03
Ilustrasi bendera Rusia (pixabay)

Rusia mengungkapkan rahasia kerja sama yang dijalin Amerika Serikat dengan Ukraina terkait laboratorium biologi yang menurut pihaknya, sangat membahayakan. Rusia menemukan adanya sebuah jaringan yang terdiri dari 30 laboratorium biologi milik AS bekerja di wilayah Ukraina sejak 2014.

Menurut keterangan dari Kedutaan Besar Rusia di Jakarta, Rabu (30/3/2022), tujuan laboratorium tersebut adalah meneliti penyakit-penyakit mematikan, para patogen, dan virus yang sangat berbahaya. Pemesan penelitian tersebut adalah Defense Threat Reduction Agency di bawah Kementerian Pertahanan AS, dengan 3 jurusan penelitian.

Sesuai dengan pernyataan Pentagon, mereka melakukan pemeriksaan suasana biologi di wilayah yang digunakan untuk penempatan pasukan negara-negara NATO. Selain itu, mereka juga secara teratur mengumpulkan dan membawa jenis-jenis mikroorganisme berbahaya ke AS.

Laboratorium di Ukraina tersebut juga melakukan penelitian agen-agen senjata biologi dengan penyakit yang khusus untuk wilayah tersebut, memiliki wabah-wabah alam dan dapat menginfeksi manusia.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Data Dihapus

Selama operasi militer khusus Rusia di Ukraina, para staf laboratorium tersebut memberikan dokumen kepada pihak Rusia yang akan dihapus segera semua informasi mengenai program biologi milter oleh pihak AS yang dilaksankan di wilayah Ukraina dan didanai oleh Kementerian Pertahanan AS.

Kemudian, sejak 24 Februari 2022 Kementerian Kesehatan Ukraina memberikan arahan untuk menghapus semua agen biologis yang ada di laboratorium.

Rusia pun menuding bahwa Washington dan Kiev sangat takut bahwa para eksper Rusia akhirnya mendapat akses pada dokumen-dokumen pekerjaan tersebut yang bertujuan untuk diperkokohnya sifat-sifat patogen para mikroorganisme dengan penggunaan metode biologis sintetis.


Proyek Paling Berbahaya

Rusia turut menyampaikan adanya proyek besar berbahaya yang bernama "UP-4".

Dikatakan, tujuan proyek itu adalah menentukan penyakit burung yang merupakan suasana paling berbahaya dan memiliki potensi sebesar-besarnya untuk destabilisasi epidemi epidemiologi di wilayah tertentu selama jangka waktu pendek.

Salah satu tujuan adalah penelitian jalur-jalur migrasi burung untuk menentukan mana melewati wilayah Rusia dan tidak memengaruhi negara-negara Eropa. Dua hal itu dibuktikan oleh fakta adanya pendaftaran burung pada wilayah Rusia dan penangkatan mereka ke Ukraina serta monitor jalur kembali mereka.

Selain itu, selama penelitian para ahli menentukan tempat-tempat kumpul burung di mana mereka dapat ditular oleh patogen yang paling berbahaya.

Rusia menyimpulkan bahwa para ahli biologi AS dan Ukraina hendak menggunakan senjata sebagai senjata penularan massa. Pendekatan itu pun dianggap nekat, tidak berperikemanusiaan dan sangat tidak bertanggung jawab.

Kekhwatiran khusus ditimbulkan oleh fakta pelaksanaan eksperimen-eksperimen seperti "UP-4" di dekat wilayah-wilayah berpenduduk padat negara-negara Eropa, yaitu pihak AS.


Infografis Rusia Vs Ukraina, Ini Perbandingan Kekuatan Militer:

 

Baju Dinas DPRD DKI Jakarta Rp 1,7 M

Anggaran Baju Dinas DPRD DKI Jakarta Rp1,7 M, Pemprov: Selama Ada di APBD Kami Bayar

Liputan6.com 2022-03-30 16:02:41
Suasana pelantikan lima pimpinan DPRD DKI Jakarta di Gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (14/10/2019). Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta dijabat oleh Ahmad Suhaimi dari PKS, Zita Anjani dari PAN, M Tau

Pemprov DKI Jakarta mengalokasikan anggaran dalam APBD 2022, untuk pengadaan baju dinas dan atribut DPRD DKI Jakarta sebesar Rp1,7 miliar. Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Jakarta Edi Sumantri, mengatakan selama pengadaan tersebut telah dianggarkan, pihaknya akan membayar.

"Selama pengadaan itu memang sudah dianggarkan ya kami tinggal membayar saja. Teknisnya bisa ditanya ke Sekwan (Sekretaris Dewan)," kata Edi kepada merdeka.com, Rabu (30/3/2022).

Namun, ia mengaku tidak mengingat secara detail perihal nilai pengadaan untuk baju dinas dan atribut untuk para anggota DPRD DKI Jakarta tersebut. Yang jelas, dia kembali menegaskan selama pengadaan ada dalam APBD, Pemprov DKI akan melaksanakan ketentuan tersebut.

Dia juga enggan berkomentar pantas tidaknya nilai Rp1,7 miliar untuk pengadaan tersebut.

"Saya tidak tahu angka persisnya, karena fungsi saya hanya membayar jika memang sudah ada di APBD, kalau pengadaannya misalnya Mei, ya berarti sekarang belum dibayar," ucap Edi.


Baju Dinas DPRD Jakarta

Anggota DPRD DKI Jakartaakan mendapatkan baju dinas baru. Hal ini diketahui dalam penganggaran alokasi pengadaan paket untuk Baju Dinas dan Atribut DPRD yang diunggah melalui situs sirup.lkpp.go.id.

Dalam situs LKPP disebutkan, paket yang akan dilelang merupakan penyediaan pakaian dinas dan atribut DPRD DKI Jakarta dengan tender yang akan digelar Mei 2022.

Kode RUP untuk pengadaan tersebut adalah 33763197 dengan nama KL/PD Pemerintah Daerah Provinsi DKI Jakarta, Satuan Kerja Sekretariat DPRD.

Pengadaan baju dinas dan atribut DPRD bersumber dari APBD DKI 2022. Berikut rinciannya;

- MAK: 4.02.01.1.15.02.5.1.02.01.01.0061 dengan pagu Rp 582.673.520 (Rp 582 juta)

- MAK: 4.02.01.1.15.02.5.1.02.01.01.0063 dengan pagu Rp 316.009.320 (Rp 316 juta)

- MAK: 4.02.01.1.15.02.5.1.02.01.01.0065 dengan pagu Rp 846.655.920 (Rp 846 juta)

- MAK: 4.02.01.1.15.02.5.1.02.02.01.0015 dengan pagu Rp 1.306.800 (Rp 1,3 juta)

Total pagu Rp1.746.645.560.

Reporter: Yunita Amalia

Sumber: Merdeka.com


Sudah Vaksinasi Covid-19, Yuk Tetap Taat Protokol Kesehatan