Volume 254

Harga LPG 3 Kg dan Pertalite Juga Naik

Menko Luhut: Usai Pertamax, Harga LPG 3 Kg hingga Pertalite Juga Naik

Liputan6.com 2022-04-01 12:03:55
(Foto:Dok.Pertamina)

Pemerintah berencana akan menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi jenis Pertalite, Premium, hingga LPG 3 kg secara bertahap pada periode Juli hingga Maret 2022.

Hal itu disampaikan langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan atau Menko Luhut.

"Over all, yang akan terjadi itu Pertamax, Pertalite, Premium, gas yang 3 kilo itu bertahap. Jadi 1 April, nanti Juli, nanti September itu bertahap (naiknya) dilakukan oleh pemerintah," ujarnya saat meninjau Proyek LRT di Depo LRT Jabodebek Bekasi, Jumat (1/4/2022).

Menko Luhut menyebut, kebijakan penyesuaian harga itu bagian dari efisiensi pemerintah imbas dari kenaikan sejumlah komoditas. Menurutnya, rencana tersebut menemuka dalam rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo.

"Semua efisiensi kita lakukan. kKita akan mendorong perintah Presiden kemarin dalam rapat pemakaian mobil listrik tempatnya Pak Budi Karya (Menhub)," tegasnya.

Dia menyebut kenaikan BBM nonsubsidi jenis Pertamax tergolong terlambat. Menyusul kenaikkan harga minyak mentah dunia sudah berlangsung lama dan telah melebihi batas kewajaran di APBN 2022.

"Saya ingin berikan gambaran, seluruh dunia kemarin (naik) paparan saya kepada presiden (Jokowi). Memang kita yang paling terlambat menaikkan (BBM). Semua negara-negara sudah naik," katanya.


Penjelasan Menko Luhut

Menko Luhut mencatat, saat ini, harga minyak mentah dunia telah menembus level USD 100 per barel. Sedangkan, dalam asumsi alokasi APBN harga minyak dipatok USD 63 per barel.

"Kan angkanya sudah luar biasa," tekannya.

Menko Luhut menyebut, kenaikan komoditas minyak mentah dunia sendiri dipengaruhi oleh sejumlah faktor. Antara lain dengan peningkatan permintaan akibat pemulihan ekonomi global hingga perang antara Rusia dan Ukraina.

"Sekarang sunflower tidak bisa impor atau ekspor dari Ukraina karena perang," ungkapnya.

Untuk itu, dia menyatakan kenaikkan harga BBM jenis Pertamax sudah harus dilakukan pada 1 April 2022. Hal ini demi menyelamatkan keuangan Pertamina imbas mahalnya harga minyak mentah dunia.

"Kalau di tahan terus nanti akan jebol (keuangan) Pertamina. Jadi, terpaksa harus kita lakukan," tutupnya.

Reporter: Sulaeman

Sumber: Merdeka.com

Alasan Keturunan PKI Bisa Jadi Tentara

HEADLINE: Keturunan PKI Bisa Ikut Seleksi Prajurit TNI, Mekanisme dan Prosedurnya?

Liputan6.com 2022-04-02 00:01:31
Prajurit TNI AD mengikuti Apel Gelar Pasukan Jajaran TNI AD di Lapangan Monas, Jakarta, Selasa (25/1/2022). Pasukan TNI AD dan Alutsista dipamerkan saat mengikuti gelar apel pasukan. (Liputan

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa bikin gebrakan baru. Ia memperbolehkan keturunan Partai Komunis Indonesia (PKI) mendaftarkan diri menjadi prajurit TNI.

Gebrakan baru ini didasari TAP MPRS 25 Tahun 1996. Dalam Ketetapan Majelis Permusyawaratan Rakyat Sementara itu melarang mereka yang memiliki ideologi komunisme, ajaran komunisme, organisasi komunis, maupun organisasi underbow dari komunis tahun 1965.

Menurut Andika, yang terlarang yakni mereka yang memiliki ideologi komunisme dan PKI. Sementara para keturunan PKI, tak masuk dalam larangan seperti TAP MPRS 25 Tahun 1996 tersebut.

Peneliti Lembaga Studi Pertahanan dan Studi Strategis Indonesia (Lesperssi), Beni Sukadis, mendukung kebijakan baru Panglima TNI. Menurut dia, tak masuk akal jika masih melarang keturunan PKI gabung TNI.

"Mereka (keturunan PKI) enggak ada dosa kok," kata Beni kepada Liputan6.com, Jumat (1/4/2022).

Beni menjelaskan, saat ini sudah masuk era reformasi dan generasi PKI sudah yang ketiga atau keempat. "Itu kan berarti umurnya belasan tahun, artinya kan sudah cucunya. Apakah punya pengaruh dari kakeknya, saya enggak yakin. Jadi sekarang kan Gen Z, ya tentunya generasi sekarang dengan kemajuan teknologi informasi dengan minat dan bakat sudah beda dengan zaman dulu."

Menurut Beni, sulit memahami logika orang yang masih mencurigai keturunan PKI. Namun, ia menyadari masih ada pihak-pihak yang tak setuju dengan kebijakan baru Panglima, terutama kaum konservatif.

Kekhawatiran soal keturunan PKI, kata dia, adalah residu kebijakan orde baru. "Apakah (kebijakan melarang) harus dilanjutkan? Kan enggak, kan kebijakan orde baru sendiri banyak kelemahannya, banyak kesalahannya. Baiknya memang ada, tapi lebih banyak kesalahannya. Jadi di satu sisi Panglima benar."

Beni mengatakan, di masa lalu, khususnya tahun 1970-an, memang ada ada rasa curiga antar satu kelompok dengan kelompok lain, terutama kelompok TNI kepada PKI.

"Tapi sekarang kan bukan zamannya lagi, apalagi reformasi semuanya dan demokrasi sudah jalan," ucap dia.

Hak Asasi

Anggota Komisi I DPR, Hillary Lasut, menilai kebijakan baru Panglima TNI sudah tepat. Sebab, jika keturunan PKI dilarang gabung TNI, justru itu melanggar Hak Asasi Manusia (HAM).

"Bicara keturunan, kita tahu HAM itu melekat pada setiap manusia, tidak peduli siapa keturunannya, tidak peduli darah mana, karena setiap warga negara punya HAM yang sama, hak untuk hidup untuk menentukan nasib," kata Hillary kepada Liputan6.com, Jumat (1/4/2022).

Hillary menyatakan seseorang tidak boleh disalahkan atas tindakan orang lain, meski dia adalah keturunannya. "Apalagi menanggung hal yang bukan tanggung jawab dia. Bukan dia yang memilih dilahirkan di keluarga PKI," tambah Hillary.

Politikus NasDem itu menyebut keputusan Panglima TNI sangat bijaksana dan sudah sepantasnya didukung DPR.

"Dia (keturunan PKI) mau merisikokan nyawanya untuk lindungi NKRI itu jauh lebih NKRI, dariapada orang yang selama ini menyatakan bukan PKI, tetapi sifatnya merusak NKRI. Menurut saya sudah sepantasnya kita mendukung."

Sementara Anggota Komisi I DPR dari Fraksi Partai Golkar, Dave Laksono, menilai, kebijakan Jenderal Andika tersebut adalah bentuk penegasan dari Undang-undang dan hukum yang berlaku.

"Yang Panglima TNI putuskan itu adalah penegasan daripada undang-undang dan hukum yang berlaku sesuai dengan TAP MPRS (No. 25 tahun 1966), melarang segala macam paham-paham yang berkaitan dengan sosialisme ataupun juga leninisme, maxisme maupun juga komunisme," kata Dave.

Apalagi, lanjut Dave, saat ini generasi keturunan PKI adalah generasi ketiga atau bahkan keempat.


Kebijakan Konkret Anti-diskriminasi

Head of Center for Intermestic and Diplomatic Engagement (CIDE), Anton Aliabbas, mengapresiasi gebrakan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. Namun, ia meminta gebrakan tersebut diikuti dengan pembuatan kebijakan yang lebih konkret.

"Ada baiknya pernyataan tersebut diikuti dengan pembuatan kebijakan yang konkret sebagai bentuk pelembagaan atas sikap antidiskriminasi di lingkungan TNI. Hal ini penting dilakukan guna menghindari adanya dugaan lip service atau keputusan yang bersifat ad-hoc semata," ujar Anton kepada Liputan6.com, Jumat (1/3/2022).

Anton mengatakan, kebijakan pelarangan keluarga PKI berkarier dalam lembaga negara merupakan bentuk diskriminasi. Apalagi, menurut Anton, dalam TAP MPRS Nomor 25 Tahun 1996 tak disebutkan pelarangan bagi keturunan anggota PKI.

"Ketetapan MPRS tersebut secara tegas melarang organisasi PKI dan aktivitas penyebaran ajaran komunisme. Tidak ada satu pun kalimat yang menyatakan pengikut PKI dilarang beraktivitas ataupun bergabung pada institusi pemerintahan," kata Anton.

Menurut Anton, para keturunan PKI tidak seharusnya menanggung beban yang ditinggalkan orangtua mereka. Lagipula, menurut Anton, ada beberapa organisasi pemberontakan lainnya di Indonesia, namun tak mendapat perlakuan sama seperti PKI.

"Larangan keturunan bergabung ke TNI hanya berlaku untuk PKI saja, sementara kalau kita berbicara terkait pemberontakan di Indonesia ada banyak seperti DI/TII, PRRI/Permesta dan lain-lain," kata dia.

Anton berpandangan, pelarangan keturunan juga berpotensi melanggar hak asasi manusia (HAM) dan UUD 1945 karena menjadikan tidak semua warga negara sama kedudukannya di muka hukum dan memiliki kesempatan sama untuk mendapatkan pekerjaan layak.

"Tidak ada manusia yang bisa memilih untuk dilahirkan oleh keluarga siapa. Karena itu, langkah membebankan keturunan atas tindakan pendahulunya tidak memiliki dasar hukum kuat," kata dosen Universitas Paramadina ini.

Selain itu, menurut Anton, ideologi komunis sudah gagal berkembang, baik pada level nasional maupun internasional. Lagipula, dalam perekrutan prajurit, sejatinya TNI memiliki mekanisme dan standar bakunya sendiri.

"Penting kiranya Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa membuat kebijakan adanya evaluasi berkala terhadap mekanisme seleksi termasuk Tes Wawasan Kebangsaan yang dimiliki TNI. Hal ini penting dilakukan untuk terus mengkontekstualkan ancaman kontemporer yang dihadapi TNI secara organisasi. Kepekaan atas perkembangan ancaman kekinian akan berkontribusi dalam pembangunan profesionalisme TNI," kata dia.


Tanpa Dasar Hukum

Panglima TNI, Jenderal Andika Perkasa, sebelumnya mengingatkan jajarannya bahwa keturunan anggota PKI tidak boleh dijadikan alasan untuk menggagalkan calon prajurit dalam proses seleksi.

Menurut dia, jika panitia seleksi menggagalkan calon prajurit karena alasan keturunan PKI, maka itu merupakan keputusan yang tidak memiliki dasar hukum.

Andika menjelaskan kepada seluruh panitia seleksi penerimaan prajurit TNI mengenai TAP MPRS Nomor 25 Tahun 1966.

"Yang lain saya kasih tahu ini, TAP MPRS Nomor 25 tahun 66, satu menyatakan PKI sebagai organisasi terlarang, tapi tidak ada kata-kata underbow segala macam. Menyatakan komunisme, leninisme, marxisme sebagai ajaran terlarang itu isinya," terang Andika.

"Ini adalah dasar hukum, ini legal. Tapi tadi yang dilarang itu PKI, kedua adalah ajaran komunisme, marxisme, leninisme, itu yang tertulis. Keturunan (PKI) ini melanggar TAP MPR apa? Dasar hukum apa yang dilanggar sama dia?" tegas Andika.

Untuk itu, Andika mengingatkan agar tidak lagi mengada-ada dalam memaknai dasar hukum tersebut. "Jadi jangan kita mengada-ada, saya orang yang patuh peraturan perundangan, ingat ini. Kalau kita melarang, pastikan kita punya dasar hukum," jelas Andika.

"Zaman (kepemimpinan) saya tidak ada lagi keturunan dari apa, karena saya menggunakan dasar hukum, oke. Hilang (cabut) nomor empat (ketentuan keturunan PKI)," imbuh Andika.

Infografis Keturunan PKI Bisa Ikut Seleksi Prajurit TNI. (Liputan6.com/Trieyasni)

Mekanisme dan Prosedur

Syarat rekrutmen TNI tahun 2022 menjadi semakin mudah setelah Jenderal Andika menghapus beberapa syarat yang dinilai tidak relevan.

Selain menghapus larangan keturunan PKI tak boleh mendaftarkan diri jadi anggota TNI, syarat rekrutmen lain yang dihapus adalah mekanisme tes renang dan tes akademik.

Kebijakan ini diambil Andika ketika dirinya memimpin rapat koordinasi penerimaan prajurit TNI tahun 2022 yang meliputi perwira prajurit karier, bintara prajurit karier, dan tamtama prajurit karier.

Keputusan mencabut mekanisme tes renang dan tes akademik dalam rekrutmen TNI tahun 2022 setelah Andika menerima paparan dari anak buahnya. Kebijakan ini berlaku dalam proses seleksi di tingkat daerah hingga pusat.

"Kita enggak fair juga ada orang yang enggak pernah renang, nanti enggak fair, sudahlah," kata dia, dikutip dari kanal YouTube Jenderal TNI Andika Perkasa.

Andika juga menjelaskan, mekanisme penerimaan prajurit juga tak perlu lagi menerapkan tes akademik. Menurut dia, dalam bidang akademik, cukup mengambil dari nilai ijazah.

"Menurut saya, tes akademik ini sudah ambil saja IPK, terus transkripnya, karena bagi saya yang lebih penting yaitu tadi ijazahnya saja, ijazah SMA itulah akademik mereka. Enggak usah lagi ada tes akademik, tes akademik ya tadi, ijazahnya tadi. Kalau ada ujian nasional, sudah itu lebih akurat lagi, itulah dia," sambung dia.

Pada penghujung rapat, Andika memerintahkan bawahannya untuk segera memperbaiki mekanisme penerimaan prajurit.

"Jadi yang saya suruh perbaiki, perbaiki, tidak usah ada paparan lagi karena sangat sedikit. Tapi setelah diperbaiki, itu yang berlaku. Jadi PR harus membuat Perpang (Peraturan Panglima TNI) segala macam, segera dibuat," pungkasnya.


INFOGRAFIS

 

Di Makam Vanessa Angel, Gala Sky: Ini Mami

Ziarah ke Makam Vanessa Angel dan Bibi Andriansyah, Gala Sky: Ini Mami

Liputan6.com 2022-04-01 14:00:00
[Foto: YouTube Intens Investigasi]

Menjelang Ramadhan, keluarga Haji Faisal kembali berziarah ke makam Vanessa Angel dan Bibi Andriansyah di TPU Taman Malaka, Jakarta Selatan, Jumat (1/4/2022).

Gala Sky Andriansyah juga ikut serta berziarah ke makam orangtuanya. Anggota keluarga terlihat membaca surat Yasin di sisi pusara almarhum dan almarhumah.

Setelah itu, Haji Faisal melantunkan doa. Dia mendoakan agar seluruh kesalahan anak dan menantunya selama hidup dapat dimaafkan.

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Doa Haji Faisal

"Kasihani mereka ya Allah, sayangi mereka. Tempatkan mereka di tempat terbaik di Surga-Mu. Mereka orang-orang baik," kata Haji Faisal sambil menangis dikutip dari KapanLagi.com


Ini Mami

Saat anggota keluarga sedang membaca Yasin, Gala Sky tampak memandangi foto orangtuanya yang terletak di atas makam.

Tak lama kemudian, anak balita ini berkata, "Ini mami."


Tabur Bunga

Usai berdoa, seluruh anggota keluarga menabur bunga di atas makam. Gala Sky juga melakukan hal yang sama.

Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah meninggal dunia pada 4 November 2021 di Tol Jombang - Mojokerto, Jawa Timur. Keduanya pasangan berpulang dalam insiden kecelakaan tunggal usai menabrak dinding pembatas tol dengan kecepatan tinggi.

Taisei Marukawa Pemain Terbaik

Profil Taisei Marukawa, Gelandang Persebaya Peraih Pemain Terbaik BRI Liga 1 2021/22

Liputan6.com 2022-04-01 11:17:16
Ekspresi kecewa pemain Persebaya Surabaya, Taisei Marukawa saat melawan Persela Lamongan dalam laga pekan ke-8 BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Kamis (21/10/2021). (Bola.c

Taisei Marukawa langsung menjadi buah bibir di musim pertamanya bermain di Indonesia. Membela Persebaya Surabaya, Marukawa muncul sebagai andalan di lini tengah klub berjuluk Bajul Ijo tersebut.

Statistik mencatat, Marukawa menyumbangkan 17 gol dan sembilan asis bagi Persebaya. Torehan tersebut membuatnya dinobatkan sebagai pemain terbaik BRI Liga 1 2021/2022.

Marukawa didatangkan Persebaya dari klub Latvia, Noah Jurmala, Mei 2021. Menurut situs transfermarkt, harga transfer Marukawa mencapai Rp 1,74 miliar.

Siapa sangka, Marukawa langsung nyetel dengan permainan Persebaya. Ia tampil di 32 pertandingan dan hampir selalu menjadi pilihan utama pelatih Aji Santoso.

Marukawa biasa ditempatkan di posisi sayap kanan. Namun pemain berusia 25 tahun tersebut juga bisa berposisi sebagai gelandang serang atau sayap kiri.

Berkat penampilan cemerlangnya, Marukawa menjadi idola baru suporter Persebaya alias Bonek. Sayangnya, Bonek tampak harus mengucapkan salam perpisahan kepada idola barunya tersebut.


Tak Sepakat Soal Kontrak

Ya, Marukawa sudah memberi isyarat akan hengkang di akhir musim ini. Hal itu disampaikannya lewat akun instagram.

Marukawa menyebut negosiasi kontrak baru dengan Persebaya buntu. Alhasil, ia terpaksa angkat kaki.

"Pertama-tama saya sangat sedih kami tidak dapat menyetujui kontrak baru dengan Persebaya, tetapi inilah sepak bola dan saya mengerti bahwa situasi ini dapat terjadi." tulis Marukawa seperti dikutip Transfermarkt.


Berterima Kasih

Lebih lanjut, Marukawa pun berterima kasih untuk dukungan suporter Persebaya. Marukawa mengakui, Persebaya dan Surabaya bakal punya tempat spesial di hatinya.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada selutuh tim, pelatih, staf, Bonek dan Bonita, saya sangat berharap kita dapat bekerja sama lagi suatu hari nanti. Kota dan klub ini akan berada di hati saya selamanya. Salam Satu Nyali, Wani!" tulisnya.


Profil Marukawa

Nama: Taisei Marukawa

Lahir: Hiroshima, Jepang 30 Januari 1997

Tinggi, 1,69m

Statistik

Main: 32

Gol: 17

Asis: 9

Mengaku Jadi Korban Pelecehan Seksual

Aming Ngaku Jadi Korban Pelecehan Seksual Bertahun-tahun Oleh Orang Terdekat

Liputan6.com 2022-04-01 13:00:00
Aming [foto: instagram/psychodiva2016]

Aming mengungkap masa kelam dalam hidupnya. Bintang Extravaganza ini ternyata pernah jadi korban pelecehan seksual dalam rentang waktu yang panjang.

Hal ini dia ceritakan lewat kanal YouTube sahabatnya, Melaney Ricardo. Mantan suami Evelyn Nada Anjani pernah jadi korban pelecehan oleh orang dekat.

"Gue dulu korban pelecehan bertahun-tahun. Dari gue SD sampai kuliah, sama orang terdekat. Aku pernah diperkosa. Kita enggak usah sebut namanya. Karena gue sudah accept apa yang terjadi dalam hidup gue," kata Aming dalam YouTube Melaney Ricardo, Jumat (1/4/2022).

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Tak Menyalahkan Diri Sendiri

Namun Aming berusaha untuk tidak menyalahkan diri sendiri atas pengalaman buruk yang terjadi dalam hidupnya itu.

"Itu di luar kendaliku, itu bukan kesalahanku. Jadi ya sudah. Aku pernah diperkosa waktu kuliah awal-awal sebelum sakit berat yang dulu," tuturnya.


Diserang

Kejadian itu membuat Aming merasa mental dan fisiknya diserang bertubi-tubi. Ini keadaan yang sangat berat untuk dilalui. "Sampai akhirnya itu yang membentuk persona dan karakter gue seperti sekarang," ujar bintang film Doa Yang Mengancam.


Orientasi Seksual

Aming mengambil kesimpulan bahwa itulah penyebab orang-orang kerap mempertanyakan perihal orientasi seksualnya. "Gue kadang ngambang maunya apa, arahnya ke mana. Misalnya yang paling kepo orang sexual preference-nya seperti apa," ucap Aming.

"Gue menyadari dengan berbagai layer trauma psikis yang gue alami termasuk fisik, oh ternyata hal-hal yang terjadi dalam hidup gue yang bikin gue enggak jelas menurut orang," imbuhnya.

Paket Wisata Kumpul Kebo di Semarang

Uniknya Paket Wisata Kumpul Kebo di Kabupaten Semarang

Liputan6.com 2022-04-01 13:02:04
Pemandangan dari Skyview di Kampoeng Kopi Banaran, Bawen, Kabupaten Semarang. (Liputan6.com/Asnida Riani)

Sekarang sudah banyak paket wisata unik yang bisa dipilih pelancong. Salah satu yang menarik ada di Kabupaten Semarang, tepatnya di Desa Wisata Lerep, Ungaran Barat.

Bagaimana tidak, pihaknya menggagas paket wisata kumpul kebo. "Ini jangan diartikan secara istilah, namun harfiah," kata Heru Subroto, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang, Jawa Tengah ketika ditemui di acara media tour Forum Wartawan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Forwaparekraf) di Kampoeng Kopi Banaran, Bawen, Kabupaten Semarang, Rabu, 30 Maret 2022.

Lebih lanjut ia mengatakan, paket wisata ini akan memugkinkan pengunjung melihat kerbau membajak sawah, juga tahap-tahap lain dalam bertani. Ini termasuk bercocok tanam, mengolah tanah, serta menanam padi.

Heru menjelaskan, pengunjung juga nantinya akan disajikan atraksi budaya dan kerajinan lokal. Selain itu, ada pula embung sebagai salah satu daya tarik di sini. "Ada juga homestay (yang dikelola warga lokal)," tuturnya. "Total ada 70 desa wisata di Kabupaten Semarang," ucapnya. "Tapi, yang mumpuni baru dua, yang lain masih rintisan."

Selain Desa Wisata Lerep, desa wisata lain yang telah dianggap pantas untuk dikunjungi adalah Desa Wisata Patemon, Tengaran. "Kalau di sana, salah satu pengembangan wisatanya adalah lomba membuat gazebo antar RT," Heru bercerita.

"Melihat ini, yang mana salah satu kreasi gazebonya ditawar (Rp)20 juta, saya menyadari tingginya potensi swadaya masyarakat," ia menyambung.

Melihat tren pariwisata tahun ini, Heru menilai pengembangan desa wisata punya peran krusial. Terkait ini, pihaknya mengklaim telah melakukan pembinaandan penilaian terhadap para rintisan desa wisata.

"Pantas enggak (untuk ditetapkan sebagai desa wisata), dan kami punya indikator internal dalam menentukan hal itu. Kemudian, regulasi dengan mengeluaran SK (Surat Keputusan) Bupati untuk mengembangkan ekistensi desa wisata," ia mengutarakan.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Pembinaan UMKM di Desa Wisata

Heru juga mengatakan bahwa pihaknya melakukan pembinaan pada kelompok sadar wisata (pokdarwis) setempat. Juga, mendorong pengembangan Usaha Mikro Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Semarang secara keseluruhan.

Terkait upaya meningkatkan kunjungan wisata, Heru menyebut penting untuk memahami tren dan punya trik tertentu. "Pertama, orang lebih senang wisata di luar terbuka," tuturnya.


Menangkap Tren Pariwisata

Tren berwisata di ruang terbuka, Heru mengatakan, jadi suatu peluang untuk Kabupaten Semarang. Pasalnya, di samping desa wisata, pihaknya punya banyak tawaran destinasi wisata alam, seperti Candi Gedong Songo dan Bukit Cinta.

"Tapi, (walau wisata luar ruang) harus tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat," ia menegaskan.

Kemudian, pariwisata sekarang bertitik berat pada fasilitas wisata keluarga. "Kunjungannya tidak hanya 1--2 orang," ucapnya.


Berdasarkan CHSE

Terakhir, pihaknya akan berfokus pada pengelolaan pariwisata berdasarkan Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environment (Ramah lingkungan) (CHSE). "Jadi, kekhawatiran penyebaran COVID-19 bisa dikurangi," tutur Heru.

Di samping, ia menyebut bahwa pengembangan potensi pariwisata, termasuk di Kabupaten Semarang, tidak hanya bisa digerakkan dinas pariwisata. Ini merupakan gerakan yang perlu dikeroyok banyak pihak.


4 Unsur Wisata Ramah Lingkungan atau Berkelanjutan

 

Tradisi Sambut Ramadan yang Dilarang Ulama

Tradisi Mandi Balimau Sambut Ramadhan yang Dilarang Ulama

Liputan6.com 2022-04-01 12:00:00
Balimau merupakan tradisi mandi menggunakan jeruk nipis yang berkembang di kalangan masyarakat Minangkabau.

Satu hari menjelang puasa, masyarakat Sumatera Barat memiliki tradisi mandi balimau, tradisi ini terus berkembang turun temurun hingga kini.

Mandi balimau merupakan tradisi mandi dengan jeruk nipis yang berkembang di kalangan masyarakat Minangkabau. Biasanya dilakukan di sungai atau tempat pemandian.

Tradisi mandi balimau dilakukan satu atau dua hari menjelang puasa. Mandi balimau ini menjadi tradisi hampir di seluruh wilayah di Sumbar.

Di Kota Padang biasanya dari tahun ke tahun, ada 12 titik lokasi untuk tradisi mandi balimau seperti Pantai Padang, Pantai Aia Manih, Pantai Pasir Jambak, Lubuak Tampuruang, dan Lubuak Paraku.

Jika dilihat dari segi agama, mandi balimau ini oleh ulama di Sumbar dinilai bukan bagian dari agama islam dalam menyambut Ramadhan.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Dilarang Ulama

Ketua Majelis Ulama Sumbar, Buya Gusrizal Gazahar mengatakan tradisi Balimau merupakan kebiasaan sebelum masuknya Islam. Sehingga tradisi mandi balimua seharusnya tidak dilakukan oleh masyarakat menjelang Ramadhan.

"Kalau mandi membersihkan diri itu bisa di rumah, ulama meluruskan ini," ujarnya.

Apalagi, lanjutnya momentum ini juga dimanfaatkan untuk kegiatan yang tidak baik, mandi beramai-ramai di sungai bercampur antara laki-laki dan perempuan.

Kemudian juga, kata Gusrizal, banyak muda-mudi yang pergi ke lokasi pemandian itu secara berpasang-pasangan, kemudian mandi-mandi.

"Katanya mau menyambut Ramadhan? kenapa tidak menyambutnya dengan hal-hal bermanfaat, memperbanyak ibadah," ujarnya.

Ia juga meminta pemerintah daerah mengambil kebijakan agar mandi balimau di tempat-tempat tertentu itu dihentikan, karena tidak sesuai dengan syariat islam.


Mandi Pertobatan

Sebuah referensi dari Bangtjik Kamaluddin dalam bukunya,Mandi Belimau Di Dusun Limbung Bangka Belitung, menulis awal mula penerapan tradisi ini adalah masyarakat Desa Jada Bahri dan Desa Kimak Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung.

Seorang bangsawan keturunan Kerajaan Mataram Yogyakarta bernama Depati Bahrein melarikan diri dari kejaran Belanda. Lalu pada 1700-an, sampailah Depati Bahrein bersama pasukannya ke Pulau Bangka.

"Konon Depati Bahrein kemudian melakukan ritual mandi pertobatan yang kemudian dicontoh oleh warga sekitar," tulis Bangtjik Kamaluddin.

Akhirnya, istilah mandi pertobatan ini menjamur ke sebagian besar Tanah Melayu sebelum memasuki bulan Ramadan. Tradisi ini kemudian dikenal dengan balimau di daerah lain.

Reporter: Novia Harlina


Simak juga video pilihan berikut ini:

Tips Hidup Sukses ala Elon Musk

6 Tips Hidup Sukses ala Elon Musk, Bisa Dicoba

Liputan6.com 2022-04-01 09:08:51
Elon Musk. (dok.Instagram @elonrmuskk/https://www.instagram.com/elonrmuskk/?hl=id/Henry)

Elon Musk adalah sosok yang harus diperhitungkan. Selain merupakan salah satu orang paling kaya di dunia, keputusannya juga memberikan dampak yang amat luas. Bahkan, satu cuitan dia di Twitter dapat berdampak pada saham tertentu.

Elon Musk terkenal karena bekerja 100 jam seminggu, menginspirasi banyak orang untuk bekerja keras. Namun, ada beberapa tip dan rahasia yang dia yakini dan ia bagikan di berbagai konferensi dan pertemuan.

Tips-tipsnya itu mungkin dapat membantu Anda menjadi sukses dalam hidup Anda juga. Lalu, apa saja saran-sarannya untuk hidup sukses? Ini dia.

1. Baca buku

Membaca buku tidak hanya membuat bahasa kita lebih baik, tetapi juga memberi kita pengetahuan dan informasi tentang banyak hal yang tidak akan diajarkan orang lain kepada Anda. Elon Musk pernah berbagi pada konferensi pers bahwa ia biasa membaca ensiklopedia sebagai seorang anak.

Untuk generasi baru, Elon berpesan agar "banyak membaca literatur. Cobalah untuk menyerap informasi sebanyak mungkin, serta membangun basis pengetahuan umum yang layak sehingga Anda bisa mendapatkan pemahaman dasar tentang lanskap pengetahuan."

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


2. Jaringan itu penting

Anda tidak bisa hanya duduk di rumah dan menyelesaikan sesuatu. Jaringan adalah bagian penting dari pertumbuhan sebagai pribadi selain membantu diri Anda sendiri secara profesional. "Berbicaralah dengan orang-orang dari berbagai lapisan masyarakat, serta dari berbagai sektor, pekerjaan, dan keterampilan. Pelajari semua yang Anda bisa," sarannya.


3. Berkontribusi

Selain diri Anda sendiri, Anda juga harus berkontribusi pada masyarakat. Dalam podcast, Elon mengatakan bahwa orang harus memberi kembali kepada masyarakat dan bukan hanya menerima. Dia berkata: "cobalah untuk memberikan kontribusi bersih yang positif kepada masyarakat. Itu adalah tujuan yang layak untuk dikejar."


4. Berusahalah menjadi orang yang bermanfaat

Elon berbagi bahwa penting untuk berguna bagi dunia di sekitar Anda meskipun itu adalah sebuah tantangan. "Lakukan hal-hal yang berguna bagi sesama manusia, bagi dunia." Lebih lanjut dia menyarankan bahwa menjadi berguna itu menantang -- sangat sulit!"


5. Ambil risiko

Bermain aman sepanjang waktu akan menghentikan Anda untuk berkembang. Elon berbagi bahwa Anda harus "mengambil risiko sekarang, untuk melakukan sesuatu yang berani, Anda tidak akan menyesalinya. Seiring bertambahnya usia, pengambilan risiko juga berdampak pada keluarga dan anak-anak Anda. Anda akan memiliki lebih sedikit waktu di tangan Anda." Dia percaya bahwa yang terbaik adalah mengambil risiko ketika Anda tidak memiliki komitmen atau kewajiban apa pun.


6. Bersiaplah untuk gagal jika Anda berencana untuk sukses

Jika Anda memiliki ide, keyakinan, kerjakan dengan sikap bahwa Anda akan berhasil, namun Elon percaya bahwa Anda juga harus mempersiapkan diri untuk kegagalan. "Jika ada sesuatu yang cukup penting, Anda harus mencoba meskipun kemungkinan hasilnya adalah kegagalan," katanya.

Muncul Lagi Usai Lama Menghilang

5 Potret Kim Seon Ho Muncul di Bandara Thailand Usai Menghilang dari Dunia Hiburan

Liputan6.com 2022-04-01 14:01:06
Unggahan warganet mengenai kedatangan Kim Seon Ho di Thailand. (Twitter/kseonhoarchives)

Kemunculan aktor Kim Seon Ho di Bandara Thailand memunculkan kehebohan di tengah para penggemar.

Pasalnya, ia tengah hiatus dalam dunia hiburan sejak beberapa bulan lalu.

Dilansir dari Koreaboo, Jumat (1/4/2022), ia terlihat sedang berada di Bandara Suvarnabhumi di Bangkok. Ia terlihat tampil kasual dengan sweatpants warna abu-abu yang dipadu dengan t-short putih. Ia juga tampak ditemani dengan sejumlah orang lain.

Sejumlah video yang memperlihatkan kedatangan Kim Seon Ho di Bandara Thailand dibagikan ke media sosial dan menjadi viral.

Berikut adalah sejumlah potret yang berhasil diambil para penggemar ketika Kim Seon Ho berada Bandara Thailand:

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Potret Kim Seon Ho


Infografis 4 Cara Tampil Menawan Saat Foto Pakai Masker Cegah Covid-19: