Volume 256

Vonis Mati Pemerkosa 13 Santriwati

PT Bandung Vonis Mati Herry Wirawan Pemerkosa 13 Santriwati

Liputan6.com 2022-04-04 15:35:20
Terdakwa pemerkosa belasan santri di Bandung, Herry Wirawan, keluar dari ruang persidangan setelah agenda sidang tuntutan di Pengadilan Negeri Bandung, Selasa (11/1/2022). (Foto: Humas Kejati

Majelis Hakim Pengadilan Tinggi (PT) Bandung menjatuhkan vonis hukuman mati kepada pelaku pemerkosaan 13 santriwati, Herry Wirawan. Putusan banding itu dibacakan hari ini, Senin (4/4/2022).

"Menghukum Terdakwa oleh karena itu dengan pidana "MATI"," seperti dikutip Liputan6.com dari laman resmi PT Bandung soal kasus pemerkosaan santriwati, Senin.

Majelis hakim yang diketuai Herri Swantoro itu juga memutuskan Herry tetap ditahan.

Banding tersebut diajukan oleh Kejaksaan Tinggi Jawa Barat. Pada pengadilan tingkat pertama, majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Bandung menghukum Herry dengan pidana penjara seumur hidup.

Pada putusan itu, majelis hakim memperbaiki sejumlah putusan PN Bandung. Salah satunya terkait restitusi.


Bayar Restitusi

Sebelumnya, PN Bandung membebaskan Herry dari pembayaran kepada anak korban sebesar lebih dari Rp 300 juta dan membebankan restitusi itu kepada pemerintah.

"Menimbang, bahwa majelis hakim tingkat pertama telah menjatuhkan putusan untuk membebankan restitusi kepada Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, bahwa hal ini bertentangan dengan hukum positif yang berlaku," ujar majelis hakim.

Restitusi adalah ganti rugi yang diberikan kepada korban atau keluarganya oleh pelaku atau pihak ketiga sebagaimana telah diatur dalam Pasal 1 angka 11 UU Nomor 31 Tahun 2014 tentang Perlindungan Saksi dan Korban.

Miyabi Mengucapkan Selamat Puasa

Miyabi ke Indonesia Saat Ramadhan, Sedekah di Bali dan Ucapkan Selamat Puasa

Liputan6.com 2022-04-04 14:40:30
Maria Ozawa alias Miyabi

Mantan pemain film dewasa Maria Ozawa alias Miyabi tiba di Indonesia, Minggu (3/4/2022). Melalui akun Instagramnya @maria.ozawa0108 wanita berdarah campuran Jepang-Kanada ini membagikan momen bersedekah dengan memberikan makanan gratis ke panti asuhan di Bali.

"My first charity in Bali. My first sedekah," tulis Miyabi di akun Instagramnya.

Bahkan, Miyabi juga ikut turun langsung membagikan makanan tersebut ditemani artis Indonesia Evelin Nada Anjani.

Selain itu wanita kelahiran Hokkaido, 8 Januari 1986 ini, juga menyapa masyarakat Indonesia dengan mengucapkan, "Selamat menunaikan ibadah puasa orang Indonesia."

Miyabi rencananya akan menghabiskan waktu liburan di Indonesia dan berkeliling di Pulau Bali.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Pemersatu Bangsa

Bukan kali ini saja Miyabi membuat geger orang Indonesia, sebelumnya pada 2019, Miyabi juga terlihat mengenakan jersey Indonesia, saat Timnas Garuda menghadapi Thailand di Stadion Rizal Memorial, Filipina, dalam pertandingan sepakbola Sea Games.

Kala itu, Miyabi datang langsung untuk memberikan dukungan kepada Timnas Indonesia U-22. Miyabi terlihat datang menggunakan jersey merah timnas.

"Saya datang sebagai brand ambassador. Saya lihat Indonesia suporternya fanatik dan semoga hari ini menang," kata Miyabi kala itu.

"Buat saya Indonesia adalah negara yang spesial. Makanya saya hari ini memakai jersey Indonesia. Saya berharap Timnas Indonesia bisa meraih kemenangan 2-0 dan saya berencana datang lagi pada pertandingan berikutnya," ujar Miyabi.

Kehadiran Miyabi langsung dimanfaatkan para suporter untuk berswafoto. Maklum, nama perempuan asal Jepang itu memang tersohor.

BLT Minyak Goreng Tepatkah?

BLT Minyak Goreng Tepatkah? Ini Kata Mantan Menkeu

Liputan6.com 2022-04-04 16:40:08
Petugas menata minyak goreng di rak sebuah supermarket kawasan Jakarta, Jumat (25/3/2022). Sempat mengalami kekosongan stok, saat ini minyak goreng sudah kembali normal di supermaket dengan h

Langkah pemerintah memberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) minyak goreng kepada masyarakat dinilai tepat oleh ekonom senior Chatib Basri. Mantan menteri keuangan ini mengatakan banyak manfaat yang bisa didapat dari subsidi ini bagi yang membutuhkan dan juga bagi pemerintah.

"Mitigasi terbaik dengan memberikan subsidi targeted, ini lebih baik (dari jenis subsidi yang lain)," kata Chatib dalam dalam webinar Macroeconomic Update 2022, Jakarta, Senin (4/4/2022).

Dia menjelaskan, subsidi pemerintah lewat komoditas langsung kurang efektif. Sebab akan membuat suntikan dana yang digelontorkan pemerintah kurang efektif.

Mengontrol harga minyak goreng atau barang lain sudah terbukti tidak efektif. Bukan hanya di Indonesia, di berbagai negara pun terjadi hal serupa.

"Ini pelajaran dari berbagai negara selain di Indonesia. Begitu ditetapkan HET (harga eceran tertinggi), barang hilang di pasaran. Price control ini tidak bisa dilakukan," kata dia.

Selain itu biaya yang dikeluarkan juga lebih besar, namun tidak diikuti efektivitasnya. Subsidi lewat harga komoditas membuat barang tidak dinikmati masyarakat yang memang membutuhkan.

Misalnya, pada kebijakan HET minyak goreng beberapa bulan lalu membuat kalangan menengah atas juga ikut merasakan subsidinya. Hal ini belum tentu dinikmati masyarakat kelas bawah yang memang membutuhkan minyak goreng dengan harga terjangkau.

Untuk itu, Chatib menilai kebijakan pemerintah saat ini yang melepas harga minyak goreng dengan nilai keekonomiannya dan diikuti pemberian BLT sudah tepat. Biaya yang dikeluarkan APBN juga semakin ringan.

"Beban BLT ini jadi lebih ringan dibandingkan memberikan subsidi kepada harga komoditas," kata dia.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Jokowi Sebar BLT Minyak Goreng Senilai Rp 300 Ribu untuk 23 Juta Keluarga

Presiden Joko Widodo (Jokowi) merespon kenaikan harga minyak goreng yang terus terjadi akibat lonjakan harga minyak sawit mentah (CPO) di pasar internasional.

RI 1 bakal memberikan bantuan langsung tunai atau BLT minyak goreng kepada total 23 juta penerima, termasuk untuk 20,5 juta keluarga yang berhak menerima BLT.

"Untuk meringankan beban masyarakat, pemerintah akan memberikan BLT minyak goreng. Bantuan itu akan diberikan kepada 20,5 juta keluarga yang termasuk dalam daftar bantuan pangan non-tunai (BPNT), dan program keluarga harapan (PKH)," kata Jokowi, Jumat (1/4/2022).

Selain itu, sisa bantuan BLT minyak goreng pun akan diberikan kepada penjual gorengan yang berdagang di pinggir jalan.

"Juga untuk 2,5 juta pedagang kami lima (PKL) yang berjualan makanan gorengan," imbuh Jokowi.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com

Adik Tiri Vanessa di Sidang Cerai Doddy

Sidang Perceraian Doddy Sudrajat dan Puput Dihadiri Chika, Jadi Saksi?

Liputan6.com 2022-04-04 15:00:00
Doddy Sudrajat dan Puput. (Foto: Dok. Instagram @dodysoedrajat_1)

Proses perceraian Doddy Sudrajat dan sang istri, Puput, masih bergulir di Pengadilan Agama Jakarta Pusat. Pada Senin (4/4/2022), sidang kembali digelar dengan agenda menghadirkan para saksi.

Selain Puput, putri sambung Doddy Sudrajat, Chika juga hadir di sana.

Adik tiri mendiang Vanessa Angel juga masuk ke dalam ruang sidang. Apakah ia salah satu saksi yang dipersiapkan Puput?

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Jawaban Pengacara

Abdul Kodir Batubara, kuasa hukum Puput, memberikan penjelasan kehadiran Chika yang terekam dalam kanal YouTube Cumicumi, Senin (4/4/2022).

"Kita tidak ada mengupayakan Chika sebagai saksi. Apalagi itu anak-anak, di bawah umur enggak bisa dijadikan saksi. Tadi hanya menemani Mbak Irma," paparnya.


Tiga Kali Pemanggilan

Sementara itu, Doddy Sudrajat kembali tak terlihat di persidangan cerainya.

"Nah itu, pengadilan sudah memanggil secara pasti lebih dari tiga kali pemanggilan, beliau juga tidak hadir. Mungkin nanti ada kebijakan dari pengadilan sendiri atau ketua majelis untuk mempertimbangkan bagaimana sejauh ini," ungkapnya.


Tak Masuk Ruang Sidang

Sedangkan Puput, yang datang ke Pengadilan Agama Jakarta Pusat justru tak masuk ke dalam ruang sidang. Sang pengacara beberkan alasannya.

"Sidang ini kan tertutup, Mbak Puput sudah menyerahkan kepada kuasa hukum. Dan ini hanya mendengarkan keterangan saksi saja, sementara saksi menjelaskan terkait anak saja," bebernya.


Putusan Verstek

Ketidakhadiran mertua mendiang Bibi Andriansyah ini membuat Puput ingin diputuskan secara verstek.

"Ada harapan, karena Doddy tidak pernah hadir," tuturnya.

"Tadi pagi daddy sudah WhatsApp aku banyak banget. Ada beberapa poin yang harus disampaikan. Intinya, daddy tidak mau berpisah kalau bisa baik-baik lagi. Kalau memang harus berpisah, ya sudah daddy ikhlas," sambung Irma.

Pengakuan Angelina Sondakh Jadi Bukti Baru?

HEADLINE: Angelina Sondakh Pilih Rahasiakan Dalang Megakorupsi Hambalang, Indikator Pengusutan Kembali?

Liputan6.com 2022-04-05 00:10:09
Banner Infografis Angelina Sondakh Pilih Rahasiakan Dalang Utama Megakorupsi Hambalang. (Liputan6.com/Abdillah)

Pengakuan Angelina Sondakh mengetahui dalang megakorupsi Pusat Pelatihan, Pendidikan, dan Sekolah Olahraga Nasional (P3SON) di Bukit Hambalang, Bogor, Jawa Barat, dinilai bisa menjadi trigger untuk menelusuri kembali siapa saja yang terlibat, tapi belum dihukum.

Namun, untuk pengusutan kembali kasus korupsi Hambalang, menurut Pakar Hukum Universitas Tri Sakti, Abdul Fickar Hadjar, tidak bisa hanya berdasarkan omongan Angelina Sondakh. "Kalau cuma omongan (dari Angelina Sondakh) begitu ya, itu bisa orang ngeledek. Begitu ditanya, 'oh saya enggak tahu, itu cuma macam-macam aja'," ucap Abdul Fickar kepada Liputan6.

"Jadi, itu kalau menurut saya kurang kuat. Tapi, itu bisa menjadi indikator. Tapi untuk membongkar itu, bisa dibuka lagi berita acara persidangannya Angelina Sondakh. Bisa dilihat lagi. Itu akan kelihatan. Bisa dipetakan," jelasnya.

Tapi, dia menilai, pernyataan wanita yang akrab disapa Angie tersebut hanya dapat menjadi trigger. Karena dari perkaranya, baik dari berkas maupun berita acaranya di pengadilan, penelusuran dapat dilakukan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Abdul Fickar juga berpendapat, apabila KPK benar-benar akan melakukan penyelidikan lagi untuk kasus megakorupsi Hambalang, pemeriksaannya tidak harus dengan mantan Wasekjen Partai Demokrat itu.

"Sebenarnya Angelina Sondakh itu bagian dari kelompok besar atau dia memang main sendiri. Itu kan keliatan. Dalam berita acara persidangan. KPK bisa menelusuri berkas yang ada atau berkas persidangannya Angelina Sondakh," ujarnya.

Dalam wawancara eksklusif Rosiana Silalahi pada 31 Maret 2022 di KompasTV, Angie awalnya mengaku sempat merasa seperti pihak yang dikorbankan dalam kasus megakorupsi Hambalang. Tapi, setelah bertahun-tahun berada di balik jeruji besi, kini dia berubah pikiran.

"Tapi aku mulai menyadari ketika bertahun-tahun di penjara bahwa kesalahan ada pada aku. Aku tidak dikorbankan, aku memang bodoh, kita ini diinjak orang, karena kita izinkan orang lain buat injak kita," ucap Angie.

Mengenai pernyataan Angie itu, Abdul Fickar menyebut bahwa bisa jadi korupsi tersebut dilakukan bersama-sama atau banyak orang, bukan hanya satu orang.

"Dan dari banyak orang itu, bisa jadi umpamanya satu orang yang dianggap seorang pimpinan. Itu sebenarnya gampang. Tinggal menelusuri fakta persidangan dan putusannya saja. Itu akan kelihatan kok. Pasti itu. Enggak jauh-jauh, bisa dikejar," ujar Abdul Fickar.

Pengusutan kembali, kata dia, bisa dilakukan selama kasus belum daluwarsa. Tindak pidana korupsi maksimal 20 tahun penjara, sehingga kasus Hambalang belum daluwarsa untuk dicari pelaku-pelaku lainnya. "Itu kan ancaman hukumannya berapa? 20 tahun untuk korupsi. Itu belum daluarsa, sekarang baru 10 tahun. Belum daluwarsa itu, masih bisa dikejar," katanya.

"Pernyataan Angelina sondakh bisa dijadikan trigger untuk ditelusuri. Persoalannya sekarang, tinggal KPK, ini mestinya dikejar. Kenapa Angelina Sondakh saja, padahal di dalam berkas-berkas itu bisa mungkin juga ada orang lain. Di persidangan kan ada nama-nama itu yang disebut," jelas Abdul Fickar.

Angelina Sondakh sendiri sudah bebas setelah dihukum 10 tahun penjara. Dia juga didenda Rp500 juta subsider enam bulan kurungan serta diharuskan membayar uang pengganti Rp2,5 miliar dan 1,2 juta dolar AS subsider satu tahun penjara.

Pembangunan proyek sarana prasarana untuk P3SON di Hambalang masuk pada tahun anggaran 2010-2012, yang dilakukan di atas tanah seluas 32 hektare. Proyek itu senilai Rp 2,5 triliun. Proyek itu dihentikan karena KPK menemukan kasus korupsi.


Nama-Nama yang Disebut

Partai Demokrat sendiri memilih bungkam terkait wawancara Angelina Sondakh dengan Rosiana Silalahi tersebut. Sejumlah pengurus Demokrat menolak berkomentar.

Sementara Juru Bicara DPP Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra, juga enggan membahasnya. "Maaf ya. Tidak ada yang bisa dikutip dari kami terkait ini (pengakuan Angie)," katanya.

Di sisi lain, dugaan keterlibatan Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas dalam kasus megakorupsi Hambalang muncul dari pernyataan mantan Wakil Direktur Keuangan Grup Permai, Yulianis. Yulianis menyebutkan, Ibas pernah mendapatkan uang sebesar USD200 ribu dari perusahaannya ketika Kongres Partai Demokrat 2020 di Bandung.

"Benar, uang 200.000 dollar AS kepada Ibas itu terkait kongres (Partai Demokrat) di Bandung. Saya yakin," beber Yulianis, ketika ditanya wartawan setelah bersaksi di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Kamis (14/3/2013).

Bukan hanya itu, Ibas juga disebut-sebut mendapatkan uang sebesar USD900 ribu dalam empat tahap dari PT Anugerah Nusantara, perusahaan milik Nazaruddin. Nama Ibas tertera pada dokumen yang diduga milik Direktur Keuangan PT Anugerah, Yulianis. Dokumen yang diduga rekap data keuangan PT Anugerah itu sempat beredar di kalangan wartawan.

Kasus megakorupsi Hambalang cukup menyita perhatian publik, sebab nama putra kedua Presiden Susilo Bambang Yudhoyono itu disebut-sebut mengetahui adanya Tindak Pidana Korupsi dalam pembangunan sarana olahraga nasional tersebut. Nama Ibas bahkan disebut 'pangeran' oleh Angelina Sondakh. Terseretnya nama Ibas cukup lama, tapi kendati masa jabatan pimpinan KPK telah berganti, hingga kini belum mengindikasikan akan adanya pemanggilan nama Ibas. Ibas sendiri telah membantah terlibat dalam proyek Hambalang dan mengaku tidak mengenal Yulianis.

Pada 25 Oktober 2013, mantan Bendahara Umum Partai Demokrat, Muhammad Nazaruddin, yang juga terpidana kasus suap Wisma Atlet SEA Games, sempat menyebut nama politikus PDIP, Wayan Koster, sebagai penerima suap pengurusan anggaran proyek Hambalang. Nazaruddin juga menyebut nama politisi PDIP lainnya, Olly Dondokambey, yang menerima duit sogokan pengurusan Hambalang.

Nama mendiang Sudi Silalahi juga pernah disebut dalam persidangan kasus korupsi proyek pusat olahraga Hambalang. Adalah saksi Widodo Wisnu Sayoko yang menyebut nama Menteri Sekretaris Negara era Presiden SBY itu ketika memberi keterangan dalam sidang dengan terdakwa mantan Kepala Biro Rumah Tangga Kemenpora Deddy Kusdinar di Pengadilan Tipikor Jakarta, Selasa (3/12/2013).

Lalu terdapat nama mendiang Mahyudin, politisi Demokrat yang juga mantan wakil gubenur Sumatera Selatan. Dalam sidang pengadilan tipikor pada Selasa, 11 Maret 2014, majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Anwar mengatakan mantan Ketua Komisi Olahraga DPR Mahyuddin menerima Rp 600 juta dari proyek Hambalang. Menurut Anwar, uang itu diberikan oleh Sekretaris Menteri Pemuda dan Olahraga Wafid Muharam kepada Mahyuddin saat Kongres Partai Demokrat di Bandung pada 2010.

Infografis Angelina Sondakh Pilih Rahasiakan Dalang Utama Megakorupsi Hambalang. (Liputan6.com/Abdillah)


Yang Masuk Jeruji Besi

Andi Mallarangeng yang kala itu menjabat sebagai Menpora, serta adiknya Choel Mallarangeng, menjadi terpidana dan tersangka dalam kasus Hambalang. Andi divonis 4 tahun penjara dan denda Rp 200 juta pada Juli 2014.

Choel dalam kasus ini diduga menyalahgunakan wewenang terkait proyek Hambalang dan dianggap telah memperkaya diri sendiri dan orang lain, juga korporasi atas perbuatan yang dilakukannya. Choel divonis 3,5 Tahun penjara di Pengadilan Tipikor Jakarta.

Ketua Umum Partai Demokrat saat itu, Anas Urbaningrum ikut terseret kasus Hambalang. Mantan Direktur Operasional 1 PT Adhi Karya(persero) Teuku Bagus Mukhamad Noor juga terlibat. Anas diduga menerima pemberian hadiah terkait perencanaan, pelaksanaan, dan pembangunan pusat olahraga Hambalang.

Hukuman Anas paling berat. Di tingkat kasasi, dia divonis 14 tahun penjara wajib membayar denda sebesar Rp 5 miliar subsider satu tahun dan empat bulan kurungan. Anas juga diwajibkan membayar uang pengganti sebesar Rp 57.592.330.580 kepada negara.

Hak politik Anas pun dicabut. Padahal di tingkat pertama, Anas divonis 8 tahun penjara dan diringankan di tingkat banding menjadi 7 tahun penjara. Sedangkan Teuku Bagus Noor divonis 4,5 tahun penjara dan denda Rp 150 juta.


Pengakuan Angie soal Dalang Megakorupsi Hambalang

Sebelumnya, dalam sebuah program wawancara eksklusif Rosiana Silalahi pada 31 Maret 2022, mantan politikus Partai Demokrat, Angelina Sondakh, mengaku mengetahui siapa dalang kasus megakorupsi wisma atlet Hambalang, yang ikut menyeretnya ke penjara.

Dalam acara yang tayang di kanal YouTube KompasTV tersebut, Puteri Indonesia 2001 itu memastikan bahwa dia tidak seorang diri ketika melakukan korupsi. Apabila dipikirkan secara logika, wanita yang akrab disapa Angie ini menekankan, ia tidak bisa melakukan korupsi itu sendirian.

"Enggak ada orang yang bisa korupsi sendiri, saya ini siapa? Saya hanya orang yang datang dari Manado, masuk ke politik. Dipikir secara logika, enggak akan masuk akal. Tapi ya sudah, akhiri diskusi. Pentingkah? Rasanya kan itu sudah usang juga?" ujar Angie.

Rosiana Silalahi juga penasaran kenapa eks kader Partai Demokrat itu memilih menutupinya. Padahal, yang dia ungkap mestinya demi sebuah kebenaran.

"Apakah ada kebenaran di dunia ini? Apakah ada keadilan. Itu pertanyaan ke diriku sendiri. Aku mencarinya bertahun-tahun, menghitung hari, berharap hari itu akan datang. Sampai hari ini, aku sudah tak punya harapan untuk mencari kebenaran," tutur Angie, yang mengenakan baju warna biru dalam wawancara itu.

Angie juga menegaskan bahwa tidak ada kata-kata dikorbankan dalam kasus yang menyeretnya. Ketika itu, dia mengaku tidak bisa menolak.

"Kalau kita sok-sok bersih dalam sistem itu, kita bakal digeser. Jadi, tidak ada pilihan selain ikut atau kita tergeser," bebernya.

Angelina Sondakh mengaku memilih bungkam terkait dalang megakorupsi wisma atlet Hambalang karena takut dan demi keselamatan anaknya, Keanu Massaid.

Perempuan yang pernah dua kali terpilih sebagai anggota DPR fraksi Partai Demokrat ini sangat menyakini kebenaran kasus itu suatu hari akan terungkap, tanpa harus menyebut apapun lagi.

Rosiana juga sempat melontarkan pertanyaan soal aktor di belakang megakorupsi wisma atlet Hambalang, yang apabila diungkap harga bayarannya adalah keselamatan sang anak, Keanu Massaid.

Tapi, Angie mengelak bahwa ia tidak pernah secara terang-terangan menyebut ada aktor besar di belakang megakorupsi proyek Hambalang. Dia mengaku hanya memiliki perasaan atas keselamatan anaknya saja.

"Saya tidak men-judge, ataupun tidak mau mengatakan, yes there is (Aktor). Saya enggak pernah bilang ini ada kekuasaan besar dan it's my feeling," ucap Angie.

Infografis Perjalanan Kasus Hukum Angelina Sondakh hingga Pembebasan. (Liputan6.com/Abdillah)

Olivia Rodrigo Raih 3 Piala Grammy Awards

Olivia Rodrigo dan Mimpi Kecil yang Tercapai, Bawa Pulang 3 Piala Grammy Awards 2022

Liputan6.com 2022-04-04 14:55:57
Olivia Rodrigo dalam Grammy Awards 2022. (AP Photo/John Locher)

Penyanyi wanita asal Amerika Serikat, Olivia Rodrigo berhasil memenangkan tiga penghargaan sekaligus dalam Grammy Awards 2022.

Dirinya dinominasikan dalam tujuh penghargaan dan menenangkan kategori Best New Artist, Best Pop Solo Performance untuk lagu Drivers License, dan Best Pop Vocal Album untuk Sour.

Saat naik ke panggung, penyanyi berusia 19 tahun tersebut mengucapkan terima kasih pada para penggemarnya yang telah mendukung selama dua tahun terakhir.

Selain itu, Olivia Rodrigo juga mendedikasikan penghargaan Grammy tersebut pada orangtuanya dan membahas soal mimpi masa kecilnya.

"Ketika saya berusia sembilan tahun, saya memberi tahu ibu saya bahwa saya akan menjadi pesenam Olympic walaupun saya hampir tidak bisa melakukan gerakan jungkir balik," ujar Olivia dikutip NME, Senin (4/4/2022).

"Dia pikir saya bercanda tetapi saya sangat defensif. Jadi seminggu kemudian saya memberitahu dia bahwa saya akan memenangkan Grammy, dia sangat mendukung, meskipun saya yakin dia berpikir bahwa itu hanya mimpi anak kecil," tambahnya.


Dukungan sang ibu

Dalam kesempatan yang sama, Olivia Rodrigo pun akhirnya mengucapkan terima kasih pada ibunya karena telah memberikan dukungan.

"Saya ingin berterima kasih pada ibu saya, karena telah mendukung semua impian saya, tidak peduli seberapa gilanya," kata Olivia.

"Dan saya ingin berterima kasih kepada ibu dan ayah saya karena sama-sama bangga dengan saya karena memenangkan Grammy seperti ketika saya belajar cara melakukan back walkover. Ini untuk kalian dan karena kalian, terima kasih," Olivia menutupnya.

Sebagai pelengkap, Olivia Rodrigo juga membawakan lagu Driver License yang sukses berkumandang secara internasional dalam acara Grammy 2022 yang diadakan di MGM Grand, Las Vegas.


Infografis

 

Memulai Bisnis Sejak Usia 13

Amanda Manopo Ternyata Punya Bisnis Kecantikan, Segini Harga Produk Skin Soul Miliknya

Liputan6.com 2022-04-04 16:37:01
Amanda Manopo dalam konferensi pers Skin Soul 1st Anniversary #TheMeaningfulJourneyofUS (dok. Skin Soul)

Aktris Indonesia, Amanda Manopo dikenal luas dengan sederet film dan salah satu sinetron yang dibintanginya saat ini, Ikatan Cinta.

Tak hanya aktif di industri perfilman, sang aktris ternyata juga menggeluti bisnis produk kecantikan, yang dinamainya Skin Soul.

"Pas saya umur 13, 14 itu memang sudah memulai bisnis, tapi dulu ada e-commerce seperti sekarang, dulu paling lewat online shop dan Instagram saja," kata Amanda Manopo dalam konferensi pers Skin Soul 1st Anniversary di Jakarta, dikutip Senin (4/4/2022).

Pada April 2021, Skin Soul meluncurkan produk pertamanya yaitu body lotion, disusul body wash dan body scrubpada Juli 2021, dan produk face care hadir 17 Agustus 2021.

Sebelum diluncurkan, produk body lotion Skin Soul menarik 10 ribu pembeli bahkan ketika masih dibuka sesi pre-order.

"Sampai sekarang itu penjualan (body wash) ada 232 persen, sedangkan face caretelah 282 persen penjualan," ungkap kakak Amanda, sekaligus Chief Marketing Officer Skin Soul, Angelica Manopo.

Saat ini, produk yang dijual Skin Soul semakin beragam, di antaranya adalah toner, face wash, night cream, hingga serum wajah.

Menurut salah satu laman e-commerce resminya, harga dari produk Skin Soul ditawarkan mulai Rp. 115.000 hingga Rp 465.500.


Lebih Memilih Bisnis

Ketika ditanya lebih memilih bisnis atau akting, Amanda Manopo pun menjawab dirinya memilih bisnis.

"Saya akan pilih ke bisnis karena lebih menjamin ke depannya. Mencoba sesuatu yang belum pernah saya coba, sedangkan syuting dan akting sudah dari usia 13 tahun," ungkap CEO Skin Soul tersebut, dikutip Senin (4/4/2022).

"Sukanya, ada uang yang kita dapat dan dukanya ada challenge yang kita anggap sembuat kita semakin baik lagi. Challenge-nya bukan sekadar customer, tapi relasi dan internal," kata Amanda.

Presiden Ukraina Muncul di Grammy Awards

Muncul di Grammy Awards 2022, Presiden Ukraina Minta Artis Top Dunia Lawan Rusia

Liputan6.com 2022-04-04 14:03:40
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky memberi isyarat saat konferensi pers bersama Presiden Emmanuel Macron setelah pertemuan mereka di Kyiv, Ukraina, 8 Februari 2022. Volodymyr Zelensky berhar

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky membuat penampilan kejutan di GrammyAwards 2022 pada Minggu (3/4), mendesak dukungan untuk negaranya dan meminta artis top industri untuk "mengisi keheningan" yang dibawa oleh perang dengan musik.

Volodymyr Zelensky menyampaikan pesan pra-rekamannya sebelum penampilan dari John Legend dari lagu "Free", yang diikuti oleh penyanyi Ukraina Mika Newton, musisi Siuzanna Iglidan dan penyair Lyuba Yakimchuk.

"Apa yang lebih berlawanan dengan musik? Keheningan kota yang hancur dan membunuh orang," kata Zelensky, demikian dikutip dari Channel News Asia, Senin (4/4/2022).

"Musisi kami memakai pelindung tubuh, bukan tuksedo. Mereka bernyanyi untuk yang terluka di rumah sakit - bahkan untuk mereka yang tidak dapat mendengarnya. Tapi musik akan tetap menerobos."

"Kami membela kebebasan kami untuk hidup, mencintai, dan bersuara," katanya.

"Di tanah kami, kami melawan Rusia, yang membawa keheningan mengerikan dengan bomnya. Keheningan yang mematikan. Isi keheningan dengan musik Anda, isi hari ini untuk menceritakan kisah kami."

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Salahkan Rusia

Penampilannya di malam terbesar musik di Amerika Serikat muncul saat kemarahan global atas tuduhan kejahatan perang Rusia di Ukraina meningkat, dengan penemuan kuburan massal dan mayat di kota-kota dekat Kiev.

Zelensky secara langsung menyalahkan para pemimpin di Moskow atas "penyiksaan" dan "pembunuhan" warga sipil.

"Katakan yang sebenarnya tentang perang di jejaring sosial Anda, di TV. Dukung kami dengan cara apa pun yang Anda bisa. Apa pun, tetapi jangan diam," katanya dalam pesan Grammy-nya.

"Dan kemudian kedamaian akan datang."

"Untuk semua kota kami, perang sedang menghancurkan Chernihiv, Kharkiv, Volnovakha, Mariupol, dan lainnya. Mereka sudah menjadi legenda, tetapi mereka memiliki impian untuk hidup, dan bebas."

"Bebas sepertimu, di panggung Grammy."


Infografis Reaksi Global terhadap Serbuan Rusia ke Ukraina

 

Ada Aliran Dana Fakarich ke Indra Kenz

Kasus Binomo, Polisi: Ada Aliran Dana Fakarich ke Indra Kenz

Liputan6.com 2022-04-04 16:08:38
Tersangka Indra Kesuma alias Indra Kenz memberikan keterangan saat jumpa pers kasus trading binary option Binomo di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (25/3/2022). Dalam jumpa pers ini Indra

Polisi masih memeriksa Fakar Suhartami Pratama atau Fakarich, yang dikenal sebagai guru dari Indra Kesuma alias Indra Kenz terkait kasus dugaan penipuan investasi trading binary option lewat aplikasi Binomo. Penyidik sendiri mendalami terkait adanya aliran dana di antara keduanya.

"Yang bersangkutan diperiksa terkait dengan hubungan yang bersangkutan dengan tersangka IK, hubungannya yaitu terkait dengan aliran dana yang mengalir dari saudara F ke saudara IK. Lebih lengkap akan disampaikan setelah selesai pemeriksaan," tutur Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (4/4/2022).

Fakarich datang memenuhi panggilan pemeriksaan Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dittipideksus) Bareskrim Polri terkait kasus dugaan penipuan investasi trading binary option lewat aplikasi Binomo.

Dirtipideksus Bareskrim Polri Brigjen Pol Whisnu Hermawan membenarkan adanya jadwal pemeriksaan terhadap Fakarich hari ini.

"Iya (Fakarich)," tutur Whisnu saat dikonfirmasi, Senin (4/4/2022).

Di hadapan awak media, Fakarich yang tiba di Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, tidak memberikan keterangan apapun. Dia langsung berlalu masuk ke gedung untuk menjalani pemeriksaan penyidik.


2 Kali Mangkir

Sebelumnya, polisi menyatakan bakal menjemput paksa Fakar Suhartami Pratama alias Fakarich. Pasalnya, dia yang merupakan guru dari tersangka kasus Binomo, Indra Kenz itu telah dua kali mangkir dari panggilan penyidik.

Fakarich diketahui tidak memenuhi panggilan penyidik pada Senin, 21 Maret 2022 dan Kamis 31 Maret 2022.

"Dipanggil tidak datang berarti ada upaya membawa. Iya, sesuai KUHAP, nanti membawa," ujar Dirtipideksus Bareskrim Polri Brigjen Whisnu Hermawan.

Fakarich diduga merupakan guru Binomo Indra Kenz. Dia juga diduga yang telah mengajarkan Indra Kenz dalam memindahkan uang dari rekening satu ke rekening lain agar tak terlacak.

Indra Kenz telah ditetapkan tersangka dan ditahan. Crazy rich asal Medan tersebut terancam hukuman maksimal 20 tahun penjara dengan persangkaan pasal judi online, penipuan, penyebaran hoaks, hingga tindak pidana pencucian uang atau TPPU.

Indra Kenz dijerat dengan Pasal 45 Ayat 2 Juncto Pasal 27 Ayat 2 dan/atau Pasal 45 Ayat 1 Juncto Pasal 28 Ayat 1 Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Kemudian Pasal 3 dan/atau Pasal 5 dan/ Pasal 10 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) Juncto Pasal 378 Juncto Pasal 55 KUHP.

Kapal Minyak Pertamina Dicegat Greenpeace

Kapal Raksasa Pertamina Pembawa Minyak dari Rusia Sempat Dicegat Greenpeace di Denmark

Liputan6.com 2022-04-04 12:46:25
Transformasi PIS menjadi Subholding Integrated Marine & Logistcs membuat kapal milik PIS dapat menjadi revenue generator utama dalam bisnis angkutan PIS (Foto: Siaran Pers)

Sejumlah aktivis Greenpeace dilaporkan berusaha memblokir pengiriman minyak Rusia oleh dua kapal tanker milik Pertamina di lepas pantai Denmark.

Kedua kapal Pertamina dari Rusia itu akan mengirim minyak. Pemblokiran itu dilakukan dalam aksi menyerukan larangan impor bahan bakar fosil dari Rusia, sebagai tanggapan atas invasi di Ukraina.

"Pada pukul 11.00, para aktivis memulai blokade kapal supertanker Pertamina Prime, mencegah kapal lain mendekatinya dan memblokir pengiriman minyak," kata juru bicara Greenpeace Emma Oehlenschlager, dikutip dari france24.com, Senin (4/4/2022).

Para aktivis itu, yang disebut berjumlah 11 orang, memblokir akses kapal dengan berenang dan menggunakan kayak di sekeliling kapal.

Mereka juga terlihat membawa spanduk bertuliskan 'Berhenti Mengobarkan Perang'.

Sebelum pemblokiran terjadi, sekitar 100.000 ton minyak mentah rencananya ditransfer dari kedua kapal.

"Baru kali ini kami berhasil menghentikan pengiriman. Dalam kasus lain, kapal tanker dialihkan atau dipercepat", ungkap Oehlenschlager.

"Mereka sekarang akan mempertahankan blokade selama mungkin untuk memastikan kapal tidak bisa saling berdekatan untuk melakukan transfer," terangnya.

Dalam dua pekan terakhir, Greenpeace di Denmark telah berusaha memblokir pengiriman minyak oleh kapal-kapal Rusia di wilayah perairan negara tersebut.

Langkah itu merupakan desakan kepada pemerintah untuk melarang pengiriman minyak Rusia di perairannya.


Pertamina Ungkap Minat Membeli Minyak Mentah dari Rusia

PT Pertamina (Persero) sebelumnya telah mengungkapkan rencana memanfaatkan peluang pembelian minyak mentah murah dari Rusia.

Tak hanya Indonesia, India dan China juga sudah memutuskan pembelian minyak mentah dari Rusia.

Dalam RDP bersama Komisi VI DPR RI yang disiarkan online pada Senin (28/3/2022), Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan bahwa dengan revamping Kilang Balongan yang direncanakan rampung pada Mei tahun ini, Pertamina akan lebih fleksibel dalam menerima berbagai jenis minyak mentah.

"Di tengah situasi geopolitik kita melihat ada opportunity untuk membeli (minyak) dari Rusia dengan harga yang baik. Pak Taufik (Dirut PT KPI) sudah melakukan approach untuk itu," kata Nicke dalam RDP bersama Komisi VI DPR RI.

"Kita akan membeli (minyak Rusia) untuk dicoba dulu di kilang kita," ungkapnya.

Nicke memperjelas bahwa "setelah (minyak) ini bisa masuk, karena kilang yang selesai revamping nanti baru Balongan, maka kita akan melakukan pengadaan dari Rusia".

"Kami sudah koordinasi dengan Kemlu, dengan BI, untuk masalah ini. Gak ada masalah sepanjang perusahaan yang kita deal tidak terkena sanksi. Untuk pembayaran kami juga sudah berkoordinasi, mungkin nanti melalui India," lanjut dia.