Volume 258

Para Menteri Tak Punya Empati

Jokowi Geram Para Menteri Tak Punya Empati ke Rakyat

Liputan6.com 2022-04-06 14:30:40
Presiden Joko Widodo atau Jokowi membuka Presidensi G20 Indonesia secara virtual. (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)

Kenaikan harga sejumlah barang yang digunakan oleh mayoritas penduduk Indonesia membuat Presiden Joko Widodo (Jokowi) geram. Termasuk kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) Pertamax yang belum lama ini.

Jokowi geram karena para menteri menteri tak memberikan penjelasan atau alasan yang terang kepada masyarakat terkait kenaikan BBM tersebut. ia menilai para menteri tidak memiliki empati terhadap masyarakat.

Ia pun meminta menterinya memberikan penjelasan kepada rakyat.

"Pertamax, menteri juga tidak memberikan penjelasan apa-apa, mengenai ini. Hati-hati. Kenapa Pertamax (naik), ceritain dong kepada rakyat ada empati kita gitu loh. Enggak ada," ujar Jokowi dalam Sidang Kabinet Paripurna, mengutip YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (6/4/2022).

"Yang berkaitan dengan energi enggak ada. Itu yang namanya memiliki sense of crisis yang tinggi," tambahnya.

Kegeramannya ini lantaran saat ini harga-harga barang kebutuhan pokok sedang mengalami kenaikan. Ia pun mewanti-wanti menteri-menterinya untuk bisa memperhatikan dampaknya terhadap rakyat.

"Seluruh yang hadir disini, anggota kabinet, menteri, kepala lembaga agar kebijakan yang diambil itu tepat. Sikap-sikap kita, kebijakan-kebijakan kita, pernyataan-pernyataan kita harus memiliki sense of crisis, harus sensitif pada kesulitan-kesulitan rakyat," tuturnya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Minyak Goreng

Selain itu, Jokowi juga menyoroti terkait harga minyak goreng kemasan yang tak kunjung terkendali. Diketahui, persoalan ini sudah berlarut hingga membuat Kementerian Perdagangan bongkar pasang kebijakan.

Sama seperti kenaikan Pertamax, Jokowi menyentil jajarannya karena tak memberikan penjelasan kepada masyarakat terkait harga minyak goreng.

"Jangan sampai kita ini seperti biasanya dan tidak dianggap oleh masyarakat enggak melakukan apa-apa. Tidak ada statement, tidak ada komunikasi harga minyak goreng sudah 4 bulan. Tidak ada penjelasan apa apa, kenapa ini terjadi," ujarnya.


Hati-Hati

Terlebih, Jokowi menuturkan, barang-barang kebutuhan pokok sudah mulai naik. Oleh sebab itu, Jokowi menekankan para menteri dan kepala lembaga hati-hati dalam mengambil setiap kebijakan.

"Seluruh yang hadir disini, anggota kabinet, menteri, kepala lembaga agar kebijakan yang diambil itu tepat. Sikap-sikap kita, kebijakan-kebijakan kita, pernyataan-pernyataan kita harus memiliki sense of crisis, harus sensitif pada kesulitan-kesulitan rakyat," tuturnya.


Infografis Modus Operasi Kartel Minyak Goreng

 

Terungkap, Masa Lalu Raffi Ahmad

6 Potret Jadul Raffi Ahmad, Pernah Jadi Anak Band Bareng Aldi Taher dan Indra Sinaga

Liputan6.com 2022-04-06 15:30:29
Potret jadul Raffi Ahmad (Foto: Instagram/@raffinaguita1717)

Raffi Ahmad dikenal sebagai salah satu artis papan atas Tanah Air. Memiliki banyak pemasukan dengan nilai yang diduga fantastis, membuat suami Nagita Slavina ini dijuluki Sultan Andara. Kesuksesan pria kelahiran Bandung, 17 Februari 1987 ini tidak didapat secara instan. Ia mulai terjun ke dunia hiburan dengan mendapat peran kecil di sinetron.

Ayah dua anak ini cukup sering mengenang momen masa lalunya. Ia tak malu mengungkap bahwa honornya di awal karier Rp 500.000. "Berkat kerja keras dan konsisten, gue yang tadinya cuma main sinetron jadi diajak buat jadi host tv, sitkom, main film dan jadilah Raffi Ahmad yang sekarang," tulis Raffi dalam sebuah unggahan pada Januari 2022.

Beberapa foto agaknya belum pernah dipublikasikan sebelumnya. Pada Selasa (05/04/2022) misalnya, Raffi mengungkap pernah jadi anak band dengan rekan yang kini juga eksis di industri hiburan. Berikut 6 potret lawas Raffi Ahmad yang dirangkum oleh Showbiz Liputan6.com dari Instagram terverifikasinya, Rabu (06/04/2022).

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Band

Pemain sinetron Arti Sahabat ini rupanya pernah aktif ngeband. "Ceritanya Zaman perjuangan waktu itu gw masih ngontrak di daerah permata hijau yaitu rumah sepupu gw di komp lemigas kebon nanas, ceritanya di rumah kontrakan gw bikin studio buat latihan band , nama Band nya RADIO," ungkap Raffi. Dalam foto, tampak sosok Aldi Taher dan Indra Sinaga eks Lyla Band.


Pernikahan

Foto ini diambil pada tahun 2009, saat Raffi berusia 22 tahun. Ini adalah acara akad nikah Nisya Ahmad, adik Raffi Ahmad, dengan Andika Rosadi. Tampak pula Syahnaz Sadiqah yang kala itu belum terjun ke dunia hiburan.


Wali Nikah

Mengingah sang ayah, Munawah Ahmad telah meninggal saat Raffi masih belia, presenter laris ini yang menjadi wali dalam pernikahan Nisya. Meski usianya 22 tahun, Raffi tampak tegas dan penuh percaya diri dalam momen sakral itu.


Gading dan Gisel

Salah satu foto lawas yang diunggah Raffi beberapa pekan lalu. Terlihat kebersamaannya dengan Gading Marten dan Gisella Anastasia. Jika dilihat dari kedekatan Gading dan Gisel, diduga foto ini diambil saat mereka masih berstatus sebagai suami istri.


Cool

Salah satu penampilan cool Raffi beberapa tahun lalu. Pria berzodiak Aquarius ini tampak tampan memakai kemaja hitam.


Nagita Slavina

Raffi juga mengunggah momen syuting sinetron lawas bareng Nagita Slavina. Jauh sebelum dekat dan pacaran, Raffi dan Nagita pernah dipasangkan dalam sinetron Tikus & Kucing Mencari Cinta yang tayang di SCTV.

Harta Rp 3.146,5 T, Jadi Orang Terkaya

Elon Musk Jadi Orang Terkaya di Dunia dengan Harta Rp 3.146,5 Triliun

Liputan6.com 2022-04-06 13:41:38
Usai Diganti, Terungkap Nama Panggilan Anak Elon Musk. (dok.Instagram@elonrmuskk/https://www.instagram.com/p/CA3xxHOnycu/Henry)

Nama Elon Musk tidak pernah berhenti jadi bahan perbincangan. Setelah menjadi pemilik mayoritas saham Twitter dengan kepemilikan 9,2 persen saham, ia kini dinobatkan jadi orang terkaya di dunia.

Ya, laporan Forbes mengungkap, bos Tesla dan SpaceX itu kini jadi orang terkaya di dunia menggantikan Jeff Bezos yang sebelumnya menduduki tahta.

Bahkan, Forbes menyebut Elon Musk sebagai salah satu orang paling berpengaruh di era saat ini.

Mengutip Gizchina, Rabu (6/4/2022), berdasarkan daftar tahunan Forbes, nilai kekayaan Elon Musk baru saja melampaui kekayaan founder Amazon Jeff Bezos.

Menariknya, ini merupakan pertama kalinya dalam empat tahun, posisi Jeff Bezos sebagai orang paling tajir di dunia diambil orang lain.

Forbes menyebut, per 11 Maret 2022, Elon Musk memiliki kekayaan sebesar USD 219 miliar (setara Rp 3.146,5 triliun). Setahun terakhir, kekayaan Elon Musk bertambah sebesar USD 68 miliar (setara Rp 977,1 triliun).

Disebutkan, kekayaan Elon Musk melonjak tajam karena nilai saham Tesla yang naik 33 persen. Menariknya, beberapa orang meramalkan Elon Musk akan menjadi triliuner pertama di dunia.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Jeff Bezos Turun ke Nomor 2

Sementara, Bezos harus puas berada di podium kedua orang terkaya di dunia lantaran nilai saham Amazon turun sekitar 3 persen.

Selain karena nilai saham Amazon turun, Bezos juga lebih sering berdonasi di tahun ini. Diketahui, Jeff Bezos mendonasikan USD 6 miliar dari kekayaannya.

Menariknya, dalam daftar orang paling kaya di dunia ini, Forbes mendata lebih dari 2.668 miliarder di seluruh dunia. Jumlah tersebut adalah daftar dengan anggota paling sedikit dibandingkan tahun 2021 yang mencatat ada 2.755 miliarder.

Dari 2.668 miliarder, Forbes mendata kekayaan milik seluruh orang paling kaya di dunia bernilai lebih dari USD 12,7 triliun. Angka ini turun dari tahun 2021 yang sebesar USD 13,1 triliun.


Ada 236 Miliarder Baru, Termasuk Rihanna

Perlu dicatat pula, di tahun 2022 ini, untuk pertama kalinya sebanyak 236 orang masuk dalam daftar miliarder Forbes.

Di antara orang-orang tersebut ada penyanyi asal Barbados, Rihanna, dan sutradara film The Lord of the Rings Trilogy, Peter Jackson.

Uniknya, negara seperti Barbados, Bulgaria, Estonia, dan Uruguay kini untuk pertama kalinya memiliki miliarder yang masuk di daftar Forbes.


Daftar 5 Orang Terkaya Dunia Teknologi

Berikut sejumlah nama dari dunia teknologi yang masuk dalam daftar miliarder Forbes:

1. Elon Musk -- tinggal di Texas, Amerika Serikat, dan memiliki kekayaan sebesar USD 219 miliar dari Tesla dan SpaceX

2. Jeff Bezos -- tinggal di Washington, Amerika Serikat, dengan kekayaan senilai USD 171 miliar dari bisnis Amazon

3. Bill Gates -- tinggal di Washington, Amerika Serikat. Ia memiliki USD 129 miliar dari Microsoft

4. Larry Page -- tinggal di California, Amerika Serikat, dan memiliki kekayaan senilai USD 111 miliar dari Google

5. Mukesh Ambani, tinggal di India, dengan kekayaan sebesar USD 90,7 miliar dari bisnisnya, Reliance Industries. Reliance berkecimpung di berbagai bidang, termasuk petrokimia, migas, telekomunikasi, hingga retail.

(Tin/Isk)


Infografis Miliarder

 

Miyabi Bersedekah di Bali

Ajakan DJ Shacho Meluluhkan Hati Miyabi untuk Bersedekah di Indonesia

Liputan6.com 2022-04-06 16:20:00
DJ Shacho dan Miyabi (https://www.instagram.com/p/Caq1_YXvZrf/)

Kedatangan Maria Ozawa alias Miyabi ke Indonesia, turut ditemani oleh sejumlah figur publik. Selain Evelyn Nada Anjani dan Nadya Almira Puteri, wanita yang diketahui sudah berusia 36 tahun itu juga didampingi oleh sosok bernama DJ Shacho.

Setelah tiba di Indonesia tepatnya Bali, Miyabi ditemani Evelyn, Nadya, dan DJ Shacho, datang ke salah satu panti sosial Pulau Dewata tersebut. Kebersamaan mereka pun sanggup menyentuh hati para warganet yang mengenal Miyabi.

Rupanya, kunjungan Miyabi dan kawan-kawan ke panti sosial untuk bersedekah itu, awalnya merupakan ide dari DJ Shacho. Maklum saja, DJ berparas rupawan satu ini memang memiliki rasa cinta kepada Indonesia bila kita intip sejumlah unggahan di Instagram.

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Ajakan DJ Shacho

Hal itu disampaikan oleh Evelyn Nada Anjani saat menyampaikan salah satu agenda mereka selama bersama Miyabi di Bali. Bahkan, Evelyn dan Nadya pun datang ke panti sosial atas ajakan Shacho.

"Miyabi datang ke indonesia karena DJ Shacho mengajak Miyabi untuk berbagi di Indonesia. Aku dan Nadya juga dengan senang hati ikut untuk berbagi di bulan Ramadhan ini ke panti asuhan bersama mereka," ujar Evelyn dalam keterangannya kepada wartawan, belum lama ini.


Lama Bersahabat

Rupanya, DJ Shacho yang mengklaim dirinya sebagai 'DJ YouTuber Top Nomor 1 di Jepang', merupakan sahabat Evelyn sudah cukup lama. Ia pun menjelaskan apa agenda sahabatnya di masa mendatang.

"DJ Shacho adalah artis top, musisi, DJ, dan youtuber di Jepang. Dia akan banyak bikin musik dan menghibur orang-orang di Indonesia. Bisa cek di YouTube Repezen Foxx," terang Evelyn.


Dekat dengan Miyabi

Selanjutnya, Evelyn menyebutkan bahwa Miyabi dan DJ Shacho memiliki kedekatan. Namun tampaknya keduanya masih dalam rangka jalinan persahabatan.

"Iya, DJ Shacho sangat dekat dengan Miyabi. Mereka akan sering bersama juga," jelas Evelyn.


Banyak Berbuat Baik

Meskipun turut mengisi acara di beach club terbaru Raffi Ahmad bersama Miyabi dan Evelyn, DJ Shacho tetap memaknai bulan Ramadan dengan hal-hal positif.

"DJ Shacho di bulan Ramadhan bukan nge-DJ, tapi lebih membanyakkan berbuat baik," terang Evelyn.

Promosikan Skincare Indonesia

Lee Min Ho Resmi Menjadi Brand Ambassador Skincare Lokal Indonesia, Azarine Cosmetic

Liputan6.com 2022-04-05 17:56:00
Azarine Cosmetic menggandeng aktor ternama asal Korea Selatan, Lee Min Ho sebagai brand ambassador terbarunya (https://www.instagram.com/p/Cb4ntd0rSbn/)

Aktor beken Korea Selatan Lee Min Hoo didapuk sebagai brand ambassador brand skincare lokal Indonesia, Azarine Cosmetic. Bintang drama Korea Boys Over Flowers dan The King: Eternal Monarch ini dipilih bukan tanpa alasan.

Azarine Cosmetic memilih Lee Min Ho sebagai brand ambassador untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat bahwa produk skincare lokal Indonesia di era ini semakin berinovasi dan memberikan kualitas produk yang bersaing.

Setelah resmi menjadi brand ambassador Azarine Cosmetic, produk pertama kolaborasi Azarine dan Lee Min Ho yaitu produk Sun Care Series X Lee Min Ho secara resmi diluncurkan pada 4 April 2022 lalu. Berikut 4 produk kolaborasi Sun Care Series X Lee Min Ho yang dirangkum Liputan6.com


Hydrasoothe Sunscreen Gel

Sunscreen ini memiliki tekstur gel yang ringan dan mudah meresap di kulit. Sunscreen ini tidak mudah diratakan, tidak membuat lengket, dan whitecast. Azarine Hydrasoothe Sunscreen Gel terbuat dari bahan-bahan alami dan pilihan seperti Aloe Vera, Green Tea, Propolis, Pomegranate, Niacinamide.

Bagi pemilik kulit berminyak dan sensitif, produk ini bisa digunakan karena sunscreen karena tidak menimbulkan efek kusam dan berminyak saat digunakan. Selain itu, sunscreen ini juga silicon free, jadi produk ini tidak akan membuat kulit tersumbat. Cara pakainya pun mudah, cukup oleskan secara merata sunscreen ini sebanyak 2 ruas jari.


Azarine Tone Up Mineral Sunscreen

Selain melindungi kulit dari sinar matahari, sunscreen ini juga melindungi kulit dari bluelight, melembapkan, dan menenangkan kulit. Serta yang membedakan sunscreen ini dengan sunscreen Azarine yang lain adalah sunscreen ini memberikan efek cerah atau tone up pada kulit.

Keunggulan dari sunscreen ini adalah tidak lengket dan cepat meresap, serta diformulasikan dengan Skintelligence Technology sehingga akan menyesuaikan dengan warna kulit dan memberikan efek soft tone up tanpa membuat kulit abu-abu.


Azarine Hydrasoothe Sunscreen Mist

Sunscreen Azarine yang satu ini berbentuk botol spray dengan tekstur water base yang sangat praktis untuk digunakan dan dibawa. Azarine Hydrasoothe Sunscreen Mist diformulasikan dengan bahan aktif seperti Hyaluronic Acid, Ceramide, Centella Asiatica, dan Ectoin yang cocok untuk segala jenis kulit.

Sunscreen ini dapat melembapkan kulit, mudah diserap, tidak meninggalkan whitecast, sehingga cocok untuk digunakan sebelum dan sesudah menggunakan makeup, maupun untuk reapply sunscreen.


Hydramax C Sunscreen Serum

Untuk pemilik kering, Azarine Hydramax C Sunscereen Serum tepat diformulasikan dengan berbagai hyaluronic acid untuk menjaga hidrasi kulit dan membuat kulit menjadi kenyal.

Kandungan vitamin C & E juga menjadi anti oksidan yang ampuh untuk mencerahkan dan menstimulasi produksi kolagen. Teksturnya juga ringan dan mudah meresap serta memiliki cooling effect yang menyegarkan.

Ramai-Ramai Paksa Karyawan Ngantor Lagi

Google, Microsoft dan Amazon Bakal 'Paksa' Karyawan Kembali ke Kantor

Liputan6.com 2022-04-06 07:00:44
Suasana kantor pusat Google di Googleplex, Mountain View, Palo Alto, California. Liputan6.com/Jeko Iqbal Reza

Google akan mengharuskan karyawan kembali bekerja di kantor tiga hari seminggu. Sekadar informasi, sejak pandemi merebak, perusahaan selalu berharap karyawannya bakal bisa kembali lagi bekerja ke kantor.

Meski begitu, banyak karyawan yang menyampaikan keprihatinan dan mempertanyakan apakah kembali ke kantor benar-benar diperlukan.

Sebelumnya, pada pertemuan virtual yang terjadi belum lama ini, Sundar Pichai, CEO Google membacakan salah satu pernyataan yang paling banyak ditanyakan karyawan Google.

"Google menghasilkan rekor keuntungan selama pandemi. Mengapa Anda ingin menerapkan kembali bekerja di kantor?" itu pernyataan paling banyak ditanyakan oleh karyawan Google kepada manajemen, seperti dikutip Gizchina, Rabu (6/4/2022).

Seperti diketahui, banyak perusahaan teknologi termasuk Google menghasilkan lebih banyak keuntungan di masa pandemi. Hal ini berkat dukungan tools kolaborasi yang memungkinkan karyawan bisa bekerja lebih fleksibel di luar kantor.

Kehidupan karyawan dengan keluarga masing-masing pun makin seimbang karena tidak perlu menghabiskan banyak waktu di luar rumah.

Dua pertiga dari karyawan berharap bisa menerapkan gaya kerja dari rumah sepenuhnya. Sementara, separuh karyawan dunia teknologi mengaku mempertimbangkan cari pekerjaan baru jika diperlukan.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Berbagai Perusahaan Ingin Karyawan Kembali ke Kantor

Dengan begitu bisa terlihat ada ketidaksesuaian harapan karyawan dengan perusahaan menyoal lingkungan kerja yang diharapkan.

Sekadar informasi, ada banyak perusahaan yang mengubah kebijakan beberapa kali sebelum memutuskan untuk kembali ke kantor.

Pada Juni 2022, Amazon membatalkan rencananya kembali ke kantor. Amazon memperbolehkan karyawan untuk kembali bekerja di kantor tiga hari dalam seminggu, serta tidak mewajibkan kehadiran penuh.

Amazon mengatakan, manajemen pun akan terus belajar dan berevolusi menjadi lebih baik. Sementara pada Oktober lalu, perusahaan menyerahkan keputusan kembali ke kantor atau tidak ke tim kerja masing-masing karyawan.


Masa Transisi sebelum Kembali ke Kantor

Sementara itu, Microsoft dan Google menambah masa transisi hingga 30 hari agar karyawan lebih mudah menyesuaikan diri saat kembali ke kantor.

Awalnya, Google jadi salah satu perusahaan pertama yang berencana membawa kembali karyawan bekerja di kantor pada musim semi lalu, sebelum infeksi Covid-19 di AS meningkat.

Saat itu, Google menyebut, karyawan bisa menerapkan bekerja dari jarak jauh hingga 12 bulan, jika ada keperluan tertentu.

Sejak itu, manajemen Google pun melunak. Perusahaan kemudian menyebut akan menyetujui 85 persen permintaan karyawan untuk bekerja dari tempat lain secara permanen.

Belum lama ini dalam memo kepada karyawan, eksekutif Google yang bergerak di bidang pencarian, periklanan, dan perdagangan menulis, "Anda semua sudah dewasa dan kami percaya Anda akan melakukan sesuatu untuk hidup Anda. Buatlah keputusan yang tepat untuk keluarga dan hidup Anda. Kami tidak berharap akan 100 persen bekerja hari di kantor."

(Tin/Ysl)

ARMY Tuntut The Project Minta Maaf pada BTS

ARMY Tuntut The Project Meminta Maaf kepada BTS tentang Candaan Covid-19

Liputan6.com 2022-04-06 14:20:00
BTS di Grammy Awards 2022. (Twitter/ bts_bighit)

The Project, sebuah acara Australia saat ini tengah membuat ARMY, meradang. Lantaran menayangkan lelucon tentang idol K-Pop BTS.

Acara yang ditayangkan pada Senin (4/4/2022) itu membahas tentang Grammy Awards. Dan di situ The Project membuat lelucon tentang kedekatan BTS dengan Covid-19.

Disebutkan pula bahwa salah satu anggota BTS masih terpapar, dan tidak bisa menghadiri Grammy Awards di Las Vegas, dilansir Dailymail, Selasa (5/4/2022).

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Diedit

Tak hanya itu, cuplikan video acara Grammy kemudian dipotong, menampilkan klip Kim Tae Hyung, salah satu personel BTS. Video singkat ini kemudian diedit menjadi terlihat seperti batuk yang merupakan partikel Covid-19.


Menari

Padahal, kenyataannya V BTS tengah menari untuk penampilan Justin Bieber yang tengah membawakan "Peaches."

Sementara Jungkook yang sebelumnya dinyatakan positif Covid-19 pada 27 Maret lalu sudah mendapat izin untuk menghadiri Grammy setelah dinyatakan negatif.


Reaksi Keras

Tentu saja, itu membuat ARMY bereaksi keras. Mereka menuduh acara tersebut tidak adil menargetkan BTS. Padahal diketahui banyak artis yang terkenal juga pernah terpapar, dan cepat pulih.

"Fakta itu adalah hal yang Anda pilih untuk fokus dan pengeditan yang menyesatkan. Tae bahkan bukan salah satu anggota yang baru saja pulih dan dia bahkan tidak batuk di sini," cuit salah satu penggemar BTS di akun Twitternya.


Minta Maaf

"Lelucon yang tidak pantas yang membuatku merasa tidak nyaman. Tolong lakukan yang lebih baik," cuit yang lainnya.

Bahkan salah satu ARMY meminta The Project untuk meminta maaf kepada BTS.

"Berhenti bersikap tidak sopan. Siapa pun yang melakukan ini, minta maaf kepada BTS," timpal lainnya.

Ratusan Anjing Mati, Korban Invasi Rusia

Ratusan Anjing Mati di Penampungan Hewan Ukraina yang Terdampak Invasi Rusia

Liputan6.com 2022-04-06 15:03:00
Seorang prajurit Ukraina berjalan melintasi jembatan yang hancur di kota Borodianka, barat laut Kiev pada 4 April 2022. Saat pasukan Rusia mundur, kota kecil Borodianka, 50 km barat laut Kiev

Ratusan anjing dilaporkan mati di penampungan hewan Ukraina setelah ditinggalkan tanpa perawatan menyusul invasi Rusia ke negara tersebut. Menurut organisasi hak hewan yang berbasis di Ukraina, UAnimals, 485 anjing tercatat ditelantarkan dan ditinggalkan dalam kandang yang terkunci di sebuah penampungan hewan di Borodyanka, Ukraina.

Kelompok itu menyebut anjing-anjing itu ditinggalkan tanpa makanan maupun air selama berminggu-minggu. Sukarelawan baru menemukan mereka pada 1 April 2022 setelah pasukan Rusia meninggalkan area itu.

Dari jumlah tercatat, 150 anjing di antaranya dilaporkan mati. UAnimals kemudian membagikan kabar tersebut di media sosial.

Sukarelawan yang terlibat dalam upaya penyelamatan mengatakan bahwa anjing yang tersisa kini dalam kondisi kritis. Hewan-hewan itu pun dibawa ke dokter hewan setempat. Namun, beberapa dari mereka mati dalam perjalanan untuk mendapatkan perawatan.

"Beberapa hari lalu, kami dikejutkan dengan berita mengerikan, lebih dari 300 anjing terbunuh di Penampungan Hewan Borodyanka. Hewan-hewan itu tidak mati karena dibom. Mereka mati secara menyedihkan tanpa air dan makanan, terkunci di kandangnya," demikian pernyataan UAnimals, dikutip dari People, Rabu (6/4/2022).

Kelompok itu lalu mengontak polisi untuk menjerat pemilik penampungan itu dengan tuduhan penyiksaan hewan. "Kita harus meminta pertanggungjawaban semua orang yang bungkam dan berkontribusi pada tragedi itu," imbuh mereka.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Kesulitan Pakan

Tak hanya manusia, hewan-hewan di Ukraina juga menghadapi kesulitan. Melansir rilis Humane Society International (HSI), penampungan hewan, klinik hewan, dan pemilik hewan peliharaan di Ukraina kesulitan mencari pakan dan kebutuhan medis untuk menjaga hewan mereka tetap sehat.

Palang Merah Rumania dan Humane Society International (HSI) telah bekerja bersama untuk menyediakan kebutuhan hewan bagi Ukraina. Mereka menambahkan persediaan penyelamat hidup untuk hewan ke dalam daftar bantuan kemanusiaan yang didistribusikan ke Ukraina.

Sedangkan, HSI telah menyumbangkan lebih dari satu ton makanan hewan ke Palang Merah Rumania untuk membantu upaya ini. Menurut HSI, ini adalah pertama kalinya Palang Merah Rumania memasukkan bantuan untuk hewan peliharaan dalam daftar.

"Dalam situasi seperti ini, kita tahu tidak hanya manusia tetapi juga hewan membutuhkan bantuan. Kami bahagia dan merasa terhormat memiliki HSI di sisi kami, memastikan lebih banyak makanan hewan yang dibutuhkan untuk dikirimkan ke Ukraina," kata Direktur Eksekutif Palang Merah Rumania di Sibiu, Raluca Morar, dalam sebuah pernyataan.


Tragedi

Morar mengatakan satu ton pertama makanan hewan kering telah sampai di titik pemuatan di Sibiu dan akan didistribusikan ke Ukraina dalam beberapa hari ke depan. Hal itu merupakan bentuk dukungan kesejahteraan hewan.

Sementara, Direktur HSI Rumania, Andreea Roseti mengatakan akan ada tambahan bantuan lagi untuk pakan hewan. Ia menyebut banyak anjing dan kucing peliharaan kini berkeliaran di jalanan, terpisah dari keluarga pemiliknya. "Mereka bingung, trauma, dan membutuhkan bantuan," kata dia.

Ia menambahkan bahwa dampak perang tidak berbeda dirasakan oleh manusia maupun hewan. "Bersama Palang Merah, kami akan mendapatkan bantuan untuk mereka di Ukraina yang putus asa mencari bantuan untuk membuat hewan peliharaan mereka tetap hidup di masa krisis," ucapnya.


Tuduhan Kejahatan Perang

Sebelumnya, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menuduh militer Rusia melakukan kejahatan terburuk sejak Perang Dunia Kedua. Dilansir dari laman Channel News Asia, Rabu (6/4/2022), ia mengatakan kepada Dewan Keamanan PBB bahwa warga sipil telah dibunuh dan tank Rusia telah menghancurkan orang "untuk kesenangan".

Dia menyerukan mereka yang bertanggung jawab untuk diadili sebagai Nazi di Nuremberg. Setelah pidatonya melalui tautan video ke Dewan Keamanan, Zelensky menunjukkan video grafis gambar orang Ukraina yang tewas, beberapa terbakar dan cacat. Gambar mengerikan jasad tergeletak di jalan di kota-kota seperti Bucha telah menimbulkan kecaman di seluruh dunia.

"Militer Rusia mencari dan dengan sengaja membunuh siapa saja yang mengabdi pada negara kami," katanya. "Mereka membunuh seluruh keluarga, orang dewasa dan anak-anak, dan mereka mencoba membakar jasad-jasad itu." (Natalia Adinda)


Syarat Putin Setop Perang di Ukraina

 

Cucu Presiden AS Akan Menikah di Gedung Putih

Cucu Tertua Presiden AS, Naomi Biden Bakal Menikah di Gedung Putih

Liputan6.com 2022-04-06 12:31:51
Cucu Joe Biden, Naomi, dan kekasihnya, Peter Neal. (dok. Instagram @naomibiden/https://www.instagram.com/p/Cbc9caTOXMZ/)

Cucu perempuan Presiden Joe Biden, Naomi Biden, akan menikah dengan tunangannya, Peter Neal di Gedung Putih akhir tahun ini.

"Peter dan saya sangat berterima kasih kepada Nana dan Pop saya atas kesempatan untuk merayakan pernikahan kami di Gedung Putih," twit Naomi ( 28) pada Senin sore.

Dilansir dari laman Fox News, Rabu (6/4/2022), Naomi, putri tertua dari putra presiden, Hunter, bertunangan September lalu di Jackson Hole, Wyoming, dia memposting di Instagram.

Pernikahan mereka akan digelar pada 19 November 2022.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Pernikahan di Gedung Putih

Ada 18 pernikahan dan empat resepsi di Gedung Putih, menurut Asosiasi Sejarah Gedung Putih.

Anak-anak Presiden James Monroe, John Quincy Adams, John Tyler, dan Ulysses Grant mengadakan pernikahan di Gedung Putih pada 1800-an, sementara anak-anak Presiden Theodore Roosevelt, Woodrow Wilson, Lyndon Johnson, dan Richard Nixon menikah.

Grover Cleveland adalah satu-satunya presiden yang pernah menikah sendiri di Gedung Putih, saat ia menikahi Frances Holmes di Blue Room pada 2 Juni 1886.


Infografis Siap-Siap Vaksinasi Booster Covid-19 Dimulai 12 Januari 2022:

 

Subsidi Upah Pekerja Segera Cair

HEADLINE: Subsidi Upah ke 8,8 Juta Pekerja Segera Cair, Urgensinya?

Liputan6.com 2022-04-07 00:00:42
Banner Infografis Subsidi Upah 2022 ke 8,8 Juta Pekerja Segera Cair. (Liputan6.com/Trieyasni)

Lagi, pemerintah menarik kocek lebih dalam dalam membantu masyarakat menghadapi kondisi yang ada. Terbaru, para pekerja akan kembali diguyur bantuan subsidi upah atau BSU. Insentif ini diberikan kepada pekerja bergaji di bawah Rp 3,5 juta per bulan.

Perihal BSU ini disampaikan langsung Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto usai sidang Kabinet Paripurna tentang Antisipasi Situasi dan Perkembangan Ekonomi Dunia di Istana Negara, Jakarta, Selasa 5 April 2022, lalu.

Airlangga menyatakan pemerintah akan memberikan BSU sebesar Rp 1 juta. "Ada program baru yang diarahkan Bapak Presiden yaitu bantuan subsidi upah untuk gaji di bawah Rp 3,5 juta besarnya Rp 1 juta per penerima," kata Airlangga.

Dalam program ini pemerintah menargetkan akan ada 8,8 juta pekerja yang menerima bantuan subsidi gaji atau BSU.

Program BSU tahun 2022 pun disebut akan diteruskan melalui skema Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP) untuk korban pemutusan hubungan kerja (PHK).

Merespons arahan Presiden Jokowi, Menteri Keuangan Sri Mulyani pun sudah menyiapkan anggaran penyaluran BSU yang akan diambil dari dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Saat ini pemerintah mengantongi anggaran PEN sebesar Rp 455 triliun.

Khusus untuk subsidi upah, pemerintah menyiapkan anggaran Rp 8,8 triliun yang akan menyasar 8,8 juta penerima.

"Kita masih ada Rp 455 triliun untuk program pemulihan ekonomi PCPN. Ini difokuskan ke program seperti labor intensive atau program-program yang meningkatkan ketahanan," ungkap Sri Mulyani.

Seperti diketahui, BSU subsidi gaji di 2022 ini memang bukan pertama kali diberikan pemerintah. Sebelumnya, Kementerian Ketenagakerjaan telah mengelola BSU pada 2020 dan 2021 dengan beberapa ketentuan kriteria penerima dan jumlah bantuan yang diberikan.

BSU 2020 difokuskan pada pekerja/buruh yang memiliki upah di bawah Rp 5 juta. Saat itu penerima BSU akan mendapatkan total subsidi sebesar Rp 2,4 juta yang dicairkan Rp 1,2 juta pada masing-masing termin atau Rp 600 ribu per bulan selama 4 bulan. Untuk penyaluran dana BSU, menggunakan rekening pribadi penerima BSU.

Di sisi lain, hal ini juga mengacu pada prasyarat penerima BSU berdasarkan data BPJS Ketenagakerjaan. Di mana Pekerja harus terdaftar aktif BPJS Ketenagakerjaan sampai 30 Juni 2020.

Sementara pada 2021, BSU menyasar pekerja/buruh yang terdampak kebijakan PPKM level 3 dan 4, serta memiliki upah di bawah Rp3,5 juta, atau jika daerah tersebut upah minimum nya lebih dari Rp3,5 juta maka menggunakan batasan upah minimum yang berlaku.

Kemudian diutamakan bagi pekerja atau buruh yang bekerja pada sektor industri barang konsumsi, transportasi, aneka industri, properti dan real estate, perdagangan dan jasa, kecuali jasa pendidikan dan kesehatan. Adapun dana yang diterima oleh penerima BSU sebesar Rp 500.000 per bulan, dan disalurkan sekaligus untuk dua bulan sebesar Rp 1.000.000P

Pada 2021, penyaluran dana subsidi gaji disalurkan melalui 4 Bank Himbara yaitu BRI, BNI, BTN, dan Mandiri. Khusus Provinsi Aceh menggunakan Bank Syariah Indonesia (BSI).

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Infografis Subsidi Upah ke 8,8 Juta Pekerja Segera Cair. (Liputan6.com/Trieyasni)

Mekanisme Pencairan Masih Digodok

Sebagai pihak yang bertanggungjawab soal subsidi gaji, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah pun menyatakan saat ini Kementerian Ketenagakerjaan tengah mempersiapkan seluruh instrumen kebijakan pelaksanaan BSU 2022.

Adapun pada 2022 ini, kriteria penerima BSU sementara didesain untuk pekerja/buruh yang memiliki upah di bawah Rp 3,5 juta. Basis data penerima BSU juga masih menggunakan data pekerja/buruh peserta BPJS Ketenagakerjaan.

"Pemerintah mengalokasikan anggaran BSU 2022 sebesar Rp8,8 triliun dengan alokasi bantuan per penerima sebesar Rp 1 juta. Adapun rincian terhadap kriteria dan mekanisme BSU 2022 ini sedang digodok oleh Kementerian Ketenagakerjaan," jelasnya.

Menaker Ida memastikan program ini dapat dijalankan dengan cepat, tepat, akurat, dan akuntabel.

"Oleh karena itu, tujuan dari BSU ini selain melindungi dan mempertahankan kemampuan ekonomi pekerja/buruh, juga diharapkan dapat meningkatkan daya beli masyarakat sehingga mengungkit pertumbuhan ekonomi," kata Menaker melalui Siaran Pers Biro Humas Kemnaker.

Menaker berharap BSU dapat segera dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan pekerja/buruh. Tepat bermakna sesuai dengan sasaran penerima, serta sesuai dengan persyaratan dan ketentuan.

"Sedangkan akurat didasarkan pada data yang bisa dipertanggungjawabkan, dan akuntabel sesuai dengan tata kelola yang benar," ujarnya.

Selain itu, saat ini pihaknya juga tengah menyiapkan beberapa hal antara lain merampungkan regulasi teknis BSU 2020, mengajukan dan merevisi anggaran bersama Kemenkeu.

"Serta yang tidak kalah penting adalah mereviu data calon penerima BSU 2022 bersama BPJS Ketenagakerjaan, dan berkoordinasi dengan pihak Himbara selaku Bank Penyalur," pungkasnya.

Sedangkan, Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Susiwijono mengatakan subsidi tersebut akan diberikan kepada pekerja dalam waktu dekat. Diperkirakan pelaksanaannya sebelum lebaran Idulfitri.

Hal ini agar, daya beli masyarakat menjelang hari raya tetap terjaga ditengah kenaikan harga komoditas.

"Penyalurannya akan dilakukan secepatnya, untuk menjaga daya beli para Pekerja, di masa Ramadan dan Idul Fitri," kata dia.

Jika mengacu aturan pada 2021, ada beberapa syarat dapat subsidi upah dapat diberikan, melansir laman https://bsu.kemnaker.go.id/ yaitu:

1. Warga Negara Indonesia yang dibuktikan dengan kepemilikan NIK

2. Peserta aktif program jaminan sosial ketenagakerjaan BPJS Ketenagakerjaan

3. Mempunyai Gaji/Upah paling banyak sebesar Rp 3,5 juta. Besaran ini mengacu pada ketentuan yang ditetapkan pemerintah pada 2021

4. Pekerja/Buruh bekerja di wilayah dengan upah minimum provinsi atau kabupaten/kota lebih besar dari Rp 3.500.000 maka persyaratan Gaji/Upah tersebut menjadi paling banyak sebesar upah minimum kabupaten/kota dibulatkan ke atas hingga ratus ribuan penuh.

5. Bekerja di wilayah PPKM Level 3 dan Level 4 yang ditetapkan pemerintah

6. Diutamakan yang bekerja pada sektor industri barang konsumsi, transportasi, aneka industri, properti dan real estate, perdagangan & jasa kecuali Pendidikan dan Kesehatan (sesuai klasifikasi data sektoral BPJSTK)

Infografis Syarat Dapat Subsidi Gaji dan Cara Cek Bansos. (Liputan6.com/Trieyasni)


Reaksi Buruh

Upaya pemerintah dalam rangka meringakan beban pekerja di tengah pandemi Covid-19 yang belum usai dan kenaikan harga komoditas pangan melalui BSU atau subsidi gaji rupanya tidak mendapatkan tanggapan yang positif dari buruh.

Pasalnya, bantuan subsidi upah atau BSU yang akan digelontorkan pemerintah dinilai belum mampu menutupi beban yang ditanggung buruh saat ini. Sebagai gantinya, kelompok buruh meminta pemerintah mampu memperbaiki kondisi kerja.

Tujuannya, untuk mencapai kesejahteraan buruh yang jadi landasan kecukupan. Dengan demikian, bantuan subsidi upah sendiri belum cukup untuk berikan kepada buruh di masa saat ini.

Ketua Federasi Serikat Buruh Persatuan Indonesia (FSBPI) Dian Trisnanti menyampaikan dengan perbaikan kondisi kerja itu diharapkan mampu meningkatkan daya beli buruh. Ia pun menekankan BSU dengan total anggaran Rp 8,8 triliun belum cukup.

"Belum, yang dibutuhkan kenaikan upah sesuai kebutuhan riil, dan perbaikan kondisi kerja (kepastian kerja dengan penghapusan fleksibilitas pasar kerja)," katanya kepada Liputan6.com, Rabu (6/4/2022).

"Harapannya negara lebih fokus pada perbaikan kondisi kerja Yang strategies untuk meningkatkan kesejahteraan buruh. Buruh sejahtera akan meningkatkan daya beli buruh," imbuh dia.

Ia menyebut, subsidi seharusnya diperuntukkan bagi seluruh pekerja. Baik pekerja formal maupun informal.

Diketahui, pemerintah akan menggelontorkan subsidi upah sebesar Rp 1 juta per orang kepada pekerja dengan gaji Rp 3,5 juta per bulan. Sasarannya, adalah 8,8 juta pekerja yang terdaftar sebagai peserta BPJamsostek.

"Yang dibutuhkan adalah perubahan kondisi kerja supaya buruh sejahtera. Mulai dari kepastian kerja dengan menghapuskan sistem kerja kontrak outsourcing," katanya.

"Upah minimum yang sesuai kebutuhan riil buruh, jaminan sosial bagi buruh Yang menyeluruh, penegakan hukum perburuhan (selama ini tingkat kepatuhan pengusaha rendah)," tambahnya.

Hal Ini juga diamini Presiden Partai Buruh Said Iqbal. Dia menilai, skema yang dijalankan pemerintah untuk menyalurkan subsidi upah ini belum tepat. Pasalnya, disinyalir hanya menyasar pekerja formal yang terdaftar di BPJamsostek.

"Kalau menggunakan skema pemerintah dimana hanya buruh penerima upah Rp 3,5 juta ke bawah dia disubsidi upah, berarti itu akan diberikan kepada pekerja diluar kota-kota besar, kota industri," tutur dia dalam konferensi pers, dikutip Rabu (6/4/2022).

"Padahal yang terdampak terhadap kenaikan upah tiga tahun berturut-turut yang berdampak daya beli buruh itu, adalah buruh yang berada di kota industri," tambahnya.

Dengan asumsi demikian, pekerja atau buruh di kota industri, yang menerima upah minimum diatas Rp 3,5 juta tak akan mendapatkan subsidi upah tersebut.

Dia pun menuding pemerintah dan BPJamsostek tidak terbuka terkait skema pemberian subsidi upah ini.

Kendati demikian, dia masih setuju dengan adanya program subsidi upah. Ini sebagai buah dari usulan Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) sejak April 2021 lalu.

Namun, ia memberikan tiga catatan. Pertama, penerima subsidi upah adalah peserta BPJamsostek dan bukan peserta BPJamsostek.

Kedua, penerima subsidi upah adalah pekerja yang mendapat upah minimum sesuai ketentuan di daerahnya masing-masing. Ketiga, penambahan anggaran subsidi upah ini digabung dengan Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP).

"Jangan dicampur aduk dengan perlu training, orang itu sekarang perlu cash money, kalau nanti keadaan normal, baru butuh training," katanya.

Infografis Ragam Tanggapan Subsidi Upah untuk 8,8 Juta Pekerja. (Liputan6.com/Trieyasni)


BSU Rp 1 Juta Dinilai Masih Kurang

Meski disambut pesimis buruh, subsidi upah yang akan digelontorkan pemerintah mendapatkan dukungan Anggota Komisi IX DPR RI Rahmad Handoyo.

Dia menilai ini bisa mendorong kepatuhan dari perusahaan terhadap pekerjanya. Kepatuhan yang dimaksud Rahmad yakni akan makin banyak perusahaan yang mendaftarkan pekerjanya ke BPJamsostek. Pasalnya, BSU ini hanya dibagikan kepada peserta BPJamsostek.

"Jadi apapun kami sambut positif. Ada prasyarat ya, prasyarat salah satunya adalah yang utama tentu menjadi anggota BPJS ketenagakerjaan. Nah untuk itu (BSU) menjadib penghargaan kepada perusahaan dan pekerja yang sudah menjadi peseta BPJS Ketenagakerjaan," katanya saat dihubungi Liputan6.com, Rabu (6/4/2022).

"Saya kita ini menjadi pemicu perusahaan lain majpun warga negara yang belum menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan untuk bisa berbondong-bondong," imbuhnya.

Alasannya, dengan mendaftarkan ke BPJamsostek ini, peserta akan mendapatkan berbagai manfaat. Dalam bentuk bernagai jaminan sosial yang ada dalam programnya.

Demgan demikian, Rahmad menyambut positif langkah pemerintah yang akan menyalurkan BSU di masa pandemi saat ini. Diketahui, pemerintau mengalokasikan Rp 8,8 triliun untuk BSU tersebut.

"Pemerintah sangat bagus ya, sangat meringankan bagi sodara kira yang bekerja yang dengan gaji Rp 3,5 juta yang dibawah itu. Saya kira membuat sedikit meringankan beban disaat harga-harga saat ini naik (karena) dampak global maupun perang global," tuturnya.

Disisi lain, Rahmad meminta pemerintah juga turut memperhatikan pekerja sektor informal. Pasalnya, banyak pekerja yang juga memiliki pendapatan di bawah Rp 3,5 juta perbulan.

"Namun juga bahwa saudara kita yang bekerja di informal pun banyak yang terkena dampak (kanaikan harga dan pandemi). Gajinya dibawah Rp 3,5 pun banyak, seperti penjaga toko pekerja-pekerja lainnya itu perlu dipikirkan," katanya.

"Kalau toh akhirnya tidak mendapatkan BSU barangkali pemerimtah perlu pikirkan bagaimana memberikan bantuan tunai, bantuan langsung, bantuan sosial berupa sembako," imbuhnya.

Dengan demikian, harapannya bisa meringankan beban yang dipikul para pekerja informal tadi. Penyaluranny, kata dia, bisa dikelola oleh Kementeriam Sosial.

Dukungan yang sama juga diungkapkan Ekonom sekaligus Direktur Center of Economic and Law Studies (Celios), Bhima Yudhistira.

Bhima menyatakan mendukung upaya pemerintah yang bakal kembali menggelontorkan BSU sebesar Rp 1 juta pada tahun ini.

Hanya saja, seharusnya pemerintah bisa mengeluarkan dana lebih besar ke masing-masing penerima subsidi gaji.

"Subsidi upah memang perlu untuk dilanjutkan, tapi nominalnya harus lebih tinggi dari tahun 2020-2021 lalu," ujar Bhima kepada Liputan6.com.

Adapun nilai anggaran untuk program subsidi upah kali ini sebesar Rp 8,8 triliun, untuk pekerja dengan penghasilan dibawah Rp 3,5 juta per bulan.

Menurut perhitungan Bhima, dengan asumsi garis kemiskinan Rp 486.168 per kapita per bulan, seharusnya nilai bantuan kepada masing-masing penerima bisa Rp 900 ribu lebih tinggi.

"Setidaknya satu orang pekerja mendapat Rp 1,9 juta, dengan asumsi 1 pekerja menanggung 3 orang anggota keluarga sehingga tidak jatuh dibawah garis kemiskinan," seru dia.

Bhima pun mencolek BPJS Ketenagakerjaan untuk membuat update data tenaga kerja saat ini. Sehingga penyaluran bantuan subsidi gaji eksekusinya lebih efisien.

"Masalah pendataan perlu terus diperbaiki akurasi penerima (subsidi upah), dengan sinkronisasi data di BPJS Ketenagakerjaan maupun data riil perusahaan," imbuh dia.

Hal senada diungkapkan Ekonom sekaligus Direktur Riset Centre of Reform on Economics (CORE) Indonesia, Piter Abdullah, mengapresiasi upaya tersebut yang dinilainya bisa mengantisipasi dampak kenaikan harga terhadap masyarakat.

Namun, ia mengingatkan program BSU pastinya bakal semakin menekan anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN).

Terlebih, pada saat bersamaan pemerintah juga mengalokasikan anggaran untuk bantuan sosial (bansos) lain seperti bantuan langsung tunai (BLT) minyak goreng senilai Rp 6,9 triliun.

"Bantuan ini tentu saja menambah beban APBN. Sumber dana BSU saya kira dari realokasi APBN yang ada saat ini," ujar Piter kepada Liputan6.com.

Kendati begitu, dia mencoba optimistis, pemerintah pasti telah mempersiapkan dana untuk seluruh program bansos tersebut. Sehingga tidak sampai mengganggu program-program strategis lain yang sudah jauh direncanakan sebelumnya.

"Maka pemerintah bisa melakukan refocusing dan realokasi anggaran dalam APBN," kata Piter.


Pencairan Tunggu Regulasi

Sementara itu, BPJS Ketenagakerjaan alias BPJAMSOSTEK memastikan siap mendukung kebijakan Bantuan Subsidi Upah tahun 2022 sebagai mitra penyedia data.

Deputi Direktur Bidang Hubungan Masyarakat dan Antar Lembaga BPJS Ketenagakerjaan Dian Agung Senoaji, mengatakan BPJAMSOSTEK akan mempersiapkan data sesuai dengan kriteria yang diatur dalam regulasi tersebut.

"Kami menghimbau kepada perusahaan/pemberi kerja dan peserta untuk selalu memastikan tertib kepesertaan program Jamsostek. Karena perlindungan BPJAMSOSTEK sangat diperlukan dan Pemerintah menggunakan data kepesertaan tersebut untuk penyaluran bantuan seperti BSU," jelas Dian kepada Liputan6.com.

Lebih lanjut, menanggapi informasi mengenai rencana pemberian BSU kepada peserta BPJAMSOSTEK, sampai saat ini dalam tahap penyusunan regulasi oleh Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan.

"Sebenarnya pertanyaannya banyak ke Kemnaker karena masih di pembahasan regulasi," ujarnya.

Sedangkan, Ketua DPR RI Puan Maharani mengingatkan agar bantuan sosial bagi pekerja berupa subsidi gaji ini dapat disalurkan dengan tepat sasaran.

Kemudian agar distribusi bantuan dana tersebut berjalan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. "Pastikan agar BSU diterima bagi mereka yang berhak menerimanya," kata Puan.

Puan menilai subsidi upah akan membantu para pekerja yang kesulitan secara ekonomi, khususnya akibat pandemi Covid-19. Oleh karena itu, validasi data penerima mutlak dilakukan.

"Hindari missed saat verifikasi data. Jangan sampai ada pekerja yang seharusnya menerima bantuan jadi tidak masuk karena kesalahan teknis penginputan data," ucap mantan Menko PMK itu.

Puan meminta Pemerintah menjelaskan lebih lanjut seperti apa realisasi penyaluran subsidi upah dengan skema JKP itu.

"Apakah ini artinya penerima mendapat BSU melalui program yang ada di JKP atau tetap mendapat bantuan tunai seperti sebelumnya? Kami minta Pemerintah dapat memberikan penjelasan secara mendetail," tutup Puan.

Infografis Subsidi Gaji Pekerja Biar Apa? (Liputan6.com/Triyasni)