Volume 259

Siap Patuhi Perintah Jokowi

Luhut Siap Patuh Usai Jokowi Minta Para Menteri Tak Lagi Bahas Penundaan Pemilu

Liputan6.com 2022-04-07 08:19:42
Menko Maritim dan Sumber Daya Luhut B Panjaitan saat menghadiri sidang tahunan MPR RI di ruang rapat paripurna 1 Gedung Nusantara, Jakarta, Selasa (16/8). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan akan patuh dengan perintah Presiden Joko Widodo, yang meminta para menteri tidak lagi membahas wacana penundaan pemilu dan perpanjangan masa jabatan presiden.

Kemarin (6/4/2022), Jokowi menegur jajaran menterinya agar tidak lagi mengurusi isu penundaan pemilu 2024 dan perpanjangan masa jabatan presiden.

"Ya pasti Pak Luhut patuh kepada arahan Presiden," kata Juru Bicara Menko Luhut, Jodi Mahardi kepada Merdeka, Kamis (7/4/2022).

Menurut Jodi, Menko Luhut sekarang tetap bekerja seperti biasanya. Luhut ditugaskan Mengawal pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19 serta menangani kesulitan yang dihadapi masyarakat.

"Pak Luhut hari ini seperti biasanya juga tetap fokus untuk mengawal pemulihan ekonomi pasca pandemi ini dan juga fokus dalam bekerja untuk menangani kesulitan-kesulitan yang dihadapi oleh masyarakat sesuai yang diperintahkan presiden kemarin," bebernya.


Teguran Jokowi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kemarin, menegur para pembantunya agar fokus bekerja. Jokowi tidak ingin para menteri menyuarakan soal penundaan pemilu dan perpanjangan masa jabatan.

"Fokus kepada bekerja dalam penanganan kesulitan-kesulitan yang kita hadapi. Jangan sampai ada lagi yang menyuarakan lagi mengenai urusan penundaan, urusan perpanjangan, enggak," kata Jokowi saat Sidang Kabinet Paripurna yang disiarkan dalam saluran YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (6/4/2022).

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka.com

Usia 19 Jadi Salah Satu Orang Terkaya Dunia

Kenalkan 12 Orang Terkaya Muda Dunia di 2022, Ada yang Berusia 19 Tahun

Liputan6.com 2022-04-07 03:00:11
Ilustrasi Miliarder Dunia. Unsplash/Hunter Race

Orang tajir di dunia ini bukan hanya Elon Musk. Ada pula sederet orang terkaya dunia lainnya yang memiliki harta melimpah bahkan di usianya yang masih muda.

Melansir Forbes, Rabu (6/4/2022), Kevin David Lehmann yang berusia 19 tahun masih bertahan menjadi miliarder atau orang kaya termuda dunia selama dua tahun berturut-turut. Kekayaannya kini tembus hingga USD 2,4 miliar.

Satu-satunya remaja dalam daftar Forbes tersebut telah mewarisi 50 persen saham di jaringan toko obat Jerman dari ayahnya.

Di samping itu, ada pula empat miliarder pendatang baru di tahun ini. Gary Wang yang berusia 28 tahun berhasil memimpin di antara keempatnya.

Dia merupakan pendiri dan chief technology officer dari pertukaran cryptocurrency FTX yang berlokasi di Bahama.

Selain itu, juga ada Ryan Breslow yang berusia 27 tahun. Meski putus sekolah di Stanford, kini dia berhasil mengantongi kekayaan hingga USD 2 miliar.

Adapun yang senasib dengan Ryan karena keluar dari Stanford. Dia adalah Pedro Franceschi dan Henrique Dubugras. Masing-masing berumur 25 dan 26 tahun dan memiliki kekayaan mencapai USD 1,5 miliar.

Menurut informasi terbaru, Forbes telah merilis daftar 12 miliarder termuda 2022 yang usianya masih di bawah 30 tahun. Secara kolektif, bernilai USD 3,7 miliar lebih rendah dari kelompok tahun alu.

Lebih lanjut, berikut ini 12 daftar miliarder termuda 2022 menurut Forbes berdasarkan usia.


Daftar Miliarder Termuda 2022

12. Andy Fang

Usia: 29 tahun

Kekayaan bersih: USD 1,1 miliar

Sumber kekayaan: DoorDash

Negara: Amerika Serikat

11. stanley Tang

Usia: 29 tahun

Kekayaan bersih USD 1,2 miliar

Sumber kekayaan: DoorDash

Negara: Amerika Serikat

10. gustav Magnar Witzoe

Usia: 28 tahun

Kekayaan bersih: USD 4,5 miliar

Sumber kekayaan: Budidaya Ikan

Negara: Norwegia

9. Gary Wang

Usia: 28 tahun

Kekayaan bersih: USD 5,9 miliar

Sumber kekayaan: Cryptocurrency

Negara: Amerika Serikat

8. Ryan Breslow

Usia: 27 tahun

Kekayaan bersih: USD 2,0 miliar

Sumber kekayaan: E-Commerce

Negara: Amerika Serikat

7. Austin Russell

Usia: 27 tahun

Kekayaan bersih: USD 1,6 miliar

Sumber kekayaan: Teknologi mobil otonom

Negara: Amerika Serikat


Daftar Teratas

6. Katharina Andresen

Usia: 26 tahun

Kekayaan bersih: USD 1,3 miliar

Sumber kekayaan: Perusahaan Investasi

Negara: Norwegia

5. Henrique Dubugras

Usia: 26 tahun

Kekayaan bersih: USD 1,5 miliar

Sumber kekayaan: Fintech

Negara: Brasil

4. Wang Zelong

Usia: 25 tahun

Kekayaan bersih: USD 1,5 miliar

Sumber kekayaan: Produksi Pigmen

Negara: Cina

3. Pedro Franceschi

Usia: 25 tahun

Kekayaan bersih: USD 1,5 miliar

Sumber kekayaan: Fintech

Negara: Brasil

2. Alexandra Andresen

Usia: 25 tahun

Kekayaan bersih: USD 1,3 miliar

Sumber kekayaan: Perusahaan Investasi

Negara: Norwegia

1. Kevin David Lehmann

Usia: 19 tahun

Kekayaan berish: USD 2,4 miliar

Sumber kekayaan: Apotek

Negara: Jerman

Reporter: Aprilia Wahyu Melati


Infografis miliarder dunia

 

Nita Gunawan, Selingkuhan Raffi Ahmad?

Dituding Jadi Selingkuhan Raffi Ahmad, Nita Gunawan: Aku Hanya Wanita Biasa

Liputan6.com 2022-04-07 10:30:36
Nita Gunawan (Sumber: Instagram/nitagunawan09)

Model Nita Gunawan namanya sempat ramai dibicarakan publik terkait kedekatanya dengan Raffi Ahmad. Bahkan ada yang menyebut Nita Gunawan adalah selingkuhan suami Nagita Slavina.

Rumor tersebut beredar setelah keduanya tampil bersama di salah satu acara televisi. Ada cuplikan saat Raffi Ahmad mencolek Nita Gunawan yang kabarnya telah dihapus pihak televisi.

Tak hanya itu, Nita Gunawan juga kerap hadir dalam setiap acara yang dibuat oleh Raffi Ahmad, salah satunya saat berada Mari Beach Bali.

Ramainya pemberitaan tentang kabar menjadi selingkuhan Raffi Ahmad, Nita Gunawan melalui akun Instagramnya seolah mengklarifikasi atas gosip yang beredar.

"Aku hanya wanita biasa," kata Nita Gunawan dikutip dari Instagramnya @nitagunawan09, Rabu (6/4/2022).

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Diam

Tak banyak bicara mengenai gosip yang beredar menjadi jalan yang dipilih oleh Nita Gunawan. Ia tak mau salah bicara yang nantinya malah memperburuk keadaan.

"Karena yang diam itu emas," tulis Nita Gunawan lagi.

Di akhir tulisannya ia menanyakan kabar warganet saat ini, dan memberikan semangat dalam menjalani hari-harinya.

"Apa kabar kalian semua??? Semangat yah ," tutupnya.


Komentar Warganet

Komentar beragam dituliskan warganet dalam unggahan Nita Gunawan. Ada yang menanggapi dengan santai. Namun ada pula yang menanggapi sinis unggahan tersebut.

"Wanita biasa yg tidak akan merebut kebahagiaan orglain, ya ngga mbak," tulis akun @caramel_macchiato16

"Tetap semangat n slowww wolesss santuyyy j dlm tanggapin yg tdk benar. Your smile transfer energi positive buat yg melihatny kok teman n tetap semangattt biar suksesss selalu...Aamiiin," tulis akun @muantape_brooo

"Cantik sih ok .. Status sosialnya mbak Nitagunawan masih kalah jauh sama mama Gigi .. lebih tinggi kelasnya mama Gigi jauh mama gigi dari lahir uda sultan," tulis akun @deviandriani421

Richard Lee Jadi Tersangka

Polisi Tetapkan Richard Lee Jadi Tersangka, Skincare Helwa yang Dipromosikan Kartika Putri Ternyata Miliki Izin BPOM

Liputan6.com 2022-04-07 15:40:00
dr. Richard Lee ditahan Polda Metro Jaya atas kasus akses ilegal. (Sumber: YouTube/dr. Richard Lee MARS)

Perseteruan antara Kartika Putri dengan YouTuber Richard Lee memasuki babak baru. Polda Metro Jaya telah menetapkan Richard Lee tersangka dalam kasus dugaan pencemaran nama baik Kartika Putri.

"Yang pertama terkait pencemaran nama baik yang pelapornya adalah Kartika Putri. Kemudian, satu lagi masalah ilegal akses, dua-duanya sudah kami tetapkan sebagai tersangka," kata Dirreskrimsus Polda Metro Jaya Kombes Pol Auliansyah Lubis kepada pewarta di Jakarta, baru-baru ini.

Bila dirunut beberapa waktu kebelakang, perseteruan antara Kartika Putri dan Richard Lee bermula pada Januari 2021. Bemula dari unggahan video Richard Lee yang membahas salah satu produk kecantikan Helwa Beauty berupa krim wajah yang dianggapnya berbahaya.

Ternyata, produk yang dimaksud Richard Lee dalam videonya pernah dipromosikan oleh Kartika Putri. Tak terima dengan penyataan Richard Lee yang dianggap tak mendasar, Kartika Putri melaporkannya ke kepolisian.


Miliki Izin dari BPOM

Dirreskrimsus Polda Metro Jaya, Kombes Pol Auliansyah Lubis kepada awak media mengungkapkan, produk kecantikan yang dipromosikan Kartika Putri itu sudah ada izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM)

Ia menambahkan, Kartika Putri sebelum menerima produk Helwa untuk dipromosikan itu sudah dicek barcode dan memang kosmetik itu telah memiliki izin dari BPOM sehingga merupakan produk yang aman.

"Namun di medsos Richard Lee mengatakan, Kartika Putri meng-endorse obat abal-abal dan sebagainya," lanjut Kombes Pol Auliansyah Lubis.


Penetapan Status Tersangka

Dokter Richard Lee sudah ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan pencemaran nama baik. Hal itu diungkapkan Kombes Pol Auliansyah Lubis, di kanal YouTube KH Infotainment, Selasa (5/4/2022).

"Awal mulanya itu Richard Lee ini mengambil obat atau membeli kosmetik itu melalui online. Apakah benar produknya si Helwa atau tidak kita kan enggak tahu namanya juga produk online," ungkap Kombes Pol Auliansyah Lubis.

Dijelaskan Kombes Pol Auliansyah Lubis bahwa Richard Lee memiliki kesalahan saat mengambil sample. "Mungkin juga, yang perlu kita ketahui dan garis bawahi, sebenarnya Richard Lee itu juga cara pengambilan dan sample itu juga salah. Mungkin tidak difoto, dan lain sebagainya," sambungnya.


Produk Aman

Ditegaskan Kombes Pol Auliansyah Lubis, bahwa sejak Februari hingga Juni 2020 sudah ada pembaharuan izin BPOM terhadap kosmetik Helwa yang selama ini dipromosikan oleh Kartika Putri

"Sedangkan yang dibeli Richard Lee melalui media online tuh di tahun 2019. Jadi sebenarnya apa yang diendorse oleh Kartika Putri, ia sudah mengecek bahwa produk itu sudah ada izin BPOM dan merupakan produk yang aman," bebernya.

Sementara itu, Richard Lee sempat sesumbar bahwa banyak korban dari produk tersebut. Salah satunya, kepada Richard Lee, mengaku jika wajahnya rusak usai memakai kosmetika yang dipromosikan Kartika Putri.

"Sampai saat ini Richard Lee belum bisa menghadirkan kepada penyidik siapa orang yang mukanya rusak itu. Richard Lee sudah kita tetapkan sebagai tersangka," Kombes Pol Auliansyah Lubis memungkasi.

Orang Kaya Dipaksa Buang Sampah Sendiri

Orang-Orang Kaya di New York Dipaksa Buang Sampah Sendiri, Ada Apa?

Liputan6.com 2022-04-07 17:03:53
Sebuah apartemen di 220 Central Park South, New York pada 24 Januari 2019. Apartemen seluas 2.200 meter persegi itu baru saja dibeli seharga US$238 juta atau sekitar Rp 3,3 triliun oleh seor

Penghuni beberapa apartemen paling mahal di New York City dilaporkan mungkin harus membuka pintu sendiri, mengambil paket secara mandiri, bahkan membuang sampah sendiri. Pasalnya, penjaga pintu, pengawas, kuli, dan staf lain mengancam akan mogok kerja, lapor New York Post, Rabu, 6 April 2022.

Serikat pekerja yang mewakili 30 ribu karyawan dari manajer properti real estat Vornado Realty Trust dan Related Cos. menginginkan perjanjian perundingan bersama yang akan berlaku pada 20 April 2022. Tanggal itu sekaligus menandai berakhirnya kontrak saat ini.

Manajemen perusahaan sebelumnya dilaporkan ingin memangkas hari libur, cuti sakit, dan biaya perawatan kesehatan. Ini mendorong serikat pekerja yang mewakili pekerja, SEIU 32BJ, mengutarakan ketidaksetujuan mereka, menurut Bloomberg News.

Penyewa dan manajer properti telah diberitahu untuk mempersiapkan kemungkinan penghentian pekerjaan. Artinya, penghuni, tidak terkecuali yang tinggal di apartemen mewah, akan bertanggung jawab atas tugas-tugas umum sehari-hari, seperti keamanan, pengumpulan sampah, pembersihan, dan layanan serupa.

Sebuah bangunan yang dikelola Hoyt & Horn di Brooklyn mengatakan bahwa meski perusahaan akan mempekerjakan seorang penjaga keamanan, residen harus mengoperasikan interkom, menyaring tamu, dan menerima paket sendiri. Kepala serikat pekerja mengatakan pada Bloomberg bahwa ada beberapa sesi tawar-menawar lagi yang dijadwalkan hingga 20 April 2020.

Namun, terlepas dari itu, ia mengatakan, "Saya tidak terlalu percaya diri."

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Tidak Sebanding dengan Biaya Hidup

Ketua serikat pekerja, Kyle Bragg, mengatakan, "Ini bukan waktu untuk mundur, tetapi waktu untuk bergerak maju." Tapi, perwakilan dari tim manajemen mengatakan bahwa kemajuan sedang dibuat.

"Kami akan terus berusaha untuk mencapai kontrak yang adil bagi kedua belah pihak pada 20 April (2022)," Howard Rothschild, presiden Dewan Penasihat Realti untuk Hubungan Perburuhan, yang menangani negosiasi, mengatakan.

Menurut serikat pekerja, pekerja bangunan memperoleh rata-rata 26,45 dolar AS (sekitar Rp379 ribu), yang berarti 55 ribu dolar AS (Rp791 juta) per tahun. Gaji tahunan mereka dilaporkan telah naik 3,3 persen per tahun berdasarkan kontrak saat ini, yang ditandatangani pada 2018.

Tapi, biaya hidup telah meningkat dengan kecepatan yang melebihi kenaikan gaji tahunan. Menurut Biro Statistik Tenaga Kerja AS, biaya naik sekitar 5,1 persen pada Februari 2022 dibanding bulan yang sama pada tahun lalu. Rekor tingkat inflasi ditambah melonjaknya biaya sewa di kota membuat staf menuntut kenaikan gaji untuk mengimbanginya.


Peran Kunci

Penjaga pintu, pengawas, dan pekerja bangunan lain telah memainkan peran kunci dalam menjaga gedung apartemen tetap berfungsi karena sebagian besar dunia ditutup selama pandemi. Tugas ini sering kali membahayakan kesehatan mereka sendiri dalam prosesnya.

Para pekerja ini mencari kompensasi yang lebih baik saat AS mengalami periode kerusuhan buruh yang tidak terlihat sejak awal 1980-an. Bryce Moreno, 35, penjaga pintu dan porter di sebuah gedung di East 79th Street dan Second Avenue di Manhattan, mengatakan ia merasa tidak dihargai dan diremehkan.

"Anda bertepuk tangan untuk kami pada satu saat dan kemudian, Anda tahu, Anda mencoba merogoh saku kami dan mengeluarkan apa yang kami dapatkan selanjutnya," kata Moreno. "Kami tidak berusaha untuk melepaskan apapun."

Moreno, yang telah bekerja di sektor ini selama sekitar 14 tahun, menghasilkan rata-rata sekitar 26 dolar AS (sekitar Rp374 ribu) per jam. Ia mengatakan, kenaikan inflasi membuatnya "berjuang untuk mendapatkan kenaikan upah yang sesuai dengan biaya hidup di kota dan negara."


Kenaikan Harga Sewa

Pertarungan tenaga kerja terjadi ketika penyewa apartemen juga menemukan diri mereka terjepit. Biaya rata-rata untuk menyewa apartemen di Manhattan pada Februari 2022 adalah 3.700 dolar AS (sekitar Rp53 juta) per bulan, naik 4,2 persen dari Januari 2022 dan 23,5 persen dari tahun sebelumnya, menurut perusahaan pialang real estat Douglas Elliman.

"Dengan inflasi saat ini, banyak orang hidup dari gaji ke gaji," kata Crystal Ann Johnson, 35, yang bekerja sebagai pramutamu dan penjaga pintu di Silver Towers di Manhattan. "Kami akan mendapatkan apa yang pantas kami dapatkan."

Sementara, menurut data dari StreetEasy, harga rata-rata sewa apartemen di Manhattan mencapai 3.800 dolar AS (sekitar Rp55 juta) per bulan pada Februari 2022. Angka ini mencatat kenaikan lebih dari seribu dolar AS dari tahun sebelumnya.

Di Brooklyn, biaya sewa apartemen rata-rata telah naik 400 dolar AS, jadi 2.800 dolar AS (sekitar Rp40 juta) per bulan, sejak tahun lalu. Queens dan Bronx juga mengalami peningkatan, namun Staten Island tetap datar.

Infografis Serba-serbi Rumah Ramah Lingkungan. (Liputan6.com/Triyasni)

Makan Soto Diganti 2 Buah Pisang

Sindir Pernyataan Ma'ruf Amin, Warganet Makan Soto Pakai 2 Buah Pisang Sebagai Pengganti Nasi

Liputan6.com 2022-04-07 13:02:09
Warganet makan soto pakai dua buah pisang untuk sindir pernyataan Wapres Ma'ruf Amin. (dok, tangkapan layar TikTok @bintimaesaroh86/https://www.tiktok.com/@bintimaesaroh86/video/7082117276220

Saat kunjungan kerja ke Ponorogo, Jawa Timur, akhir bulan lalu, Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mengatakan bahwa dua buah pisang setara dengan satu porsi nasi. Konteksnya, saat itu ia berbicara soal diversifikasi pangan dengan jargon "Kenyang Tak Harus Makan Nasi."

"Pangsa pisang di dalam negeri akan semakin potensial. Sebagai perbandingan, dua buah pisang itu setara dengan satu porsi nasi sebanyak 100 gram," katanya dalam video yang diunggah ke kanal YouTube Wakil Presiden Republik Indonesia, 31 Maret 2022. "Jadi, sebenarnya kalau bapak ibu makan dua buah pisang, itu artinya sudah cukup mengenyangkan untuk mengganti satu porsi nasi."

Pernyataan ini pun menarik respons warganet, dan tanggapannya tidak hanya berupa komentar. Seorang pengguna Tiktok, @bintimaesaroh86, tampak mempraktikkan apa yang dimaksud Wapres. "Pisang soto ayam," tulisnya sambil membubuhkan emoji di sebuah unggahan.

Latar belakang suara dalam video tersebut memperdengarkan seorang pembaca berita menyebutkan pernyataan Ma'ruf Amin tentang konsumsi dua buah pisang. Di klip tersebut tampak dua buah pisang yang sudah dikupas kulitnya ditaruh di dalam mangkuk, lengkap dengan beberapa isian seperti kecambah dan potongan daun bawang.

Itu kemudian disiram dengan kuah soto, bahkan ditambahkan sesendok sambal. Video berdurasi 15 detik itu pun berakhir ketika si perekam mengaduk sajian "pisang soto ayam" tersebut, tanpa memperlihatkan memakannya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Tuai Beragam Komentar

Unggahan, yang sampai artikel ini ditulis sudah mencatat 4,8 juta penayangan, ini pun menarik perhatian warganet. Komentar yang dituliskan pun beragam. Salah satunya menulis, "Lama-lama generasi Indonesia melemah kalau gini pejabatnya."

Tapi, ada juga yang sepertinya bermaksud meluruskan pernyataan Wapres. "100 gram nasi = 130 kcal. 2 buah pisang = 160 kcal, gitu maksudnya," tulis pengguna lain.

Ada juga yang berkomentar, "Ya enggak salah. Sumber karbo bukan cuma nasi. Gue dulu pas masih kerja biasa sarapan pake buah. (Makan) siangnya bisa aja mi, malem roti. Tanpa makan nasi." Pengguna lain menulis, "Kalodi madura, kuah soto bukan sama pisang, tapi dimakan sama singkong d kukus atau direbus. Enak banget."

Namun demikian, ada juga yang salah fokus dengan berkomentar, "Sotonya keliatan enak. Boleh spill resepnya? Hehe." Ada juga yang menulis, "Baru ditinggal sejam, sekte mana lagi ini????"

Dalam pernyataannya, Ma'ruf juga mengatakan, kebiasaan masyarakat Indonesia adalah makan nasi sekaligus pisang. "Jadi, makan dua pisang tidak perlu makan nasi. Tapi biasanya kita makan nasi iya, dua pisang iya. Itu berlebihan," tuturnya.


Pengembangan Hortikuktura Berorientasi Ekspor

Menurut laporan kanal News Liputan6.com, Ma'ruf Amin turun langsung untuk kegiatan panen perdana pisang cavendish dalam rangka program pengembangan hortikuktura berorientasi ekspor di Demplot Desa Pulung Ponorogo, Jawa Timur. Ia mengaku bersyukur karena Tuhan memberi karunia bagi Indonesia berupa tanah yang menghasilkan keanekaragaman genetik buah, khususnya pisang.

"Pisang adalah buah yang paling banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia. Memiliki cita rasa yang beragam, harganya terjangkau, dan mudah diolah jadi produk yang bernilai komersial," ucapnya.

Wapres menyambung, "Besarnya pangsa ekspor buah-buahan dunia, khususnya komoditas pisang, jadi peluang bagi Indonesia. Untuk itu, kita perlu terus meningkatkan produksi, baik dari segi kuantitas, kontinuitas, maupun kualitas."

Ma'ruf mengaku menerima laporan bahwa produksi pisang Indonesia meningkat dari tahun ke tahun. Pada 2020, produksi pisang mencapai lebih dari delapan juta ton, sementara volume ekspor pisang mencapai 5,5 ribu ton per Mei 2021. Ekspor pisang jadi yang terbesar kedua setelah manggis.


Punya Banyak Jenis Pisang

Lebih lanjut Ma'ruf Amin mengatakan, "Ada utusan dari (Arab) Saudi, ia mengatakan bahwa, 'Saya itu senang sekali datang ke Indonesia. Buah-buahannya banyak ragamnya.' Saya bilang, 'Indonesia itu pisang saja punya banyak sekali.' Saya menemukan di Papua Barat saja, di satu provinsi ada 125 jenis pisang. Artinya, kalau se-Indonesia itu bisa ribuan jenis pisang. Ini kekayaan alam kita Indonesia."

Ia juga mengaku menyambut baik upaya Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian yang menginisiasi Program Pengembangan Hortikultura untuk Peningkatan Ekspor dan Ekonomi Daerah. "Pola kemitraan di sektor pertanian sangat penting untuk meningkatkan pendapatan masyarakat, sehingga menggerakkan sumber daya perdesaan untuk menghasilkan produk yang berdaya saing," kata Ma'ruf.

Bagi petani, lanjutnya, kemitraan dapat mengatasi masalah pembiayaan usaha pertanian, memperbaiki kualitas produk, dan meningkatkan akses pasar bagi produk yang dihasilkan. Sementara itu, perusahaan juga akan memperoleh persediaan bahan baku yang berkualitas.

"Keberhasilan model pemberdayaan ekonomi sektor pertanian harus terus dikembangkan. Saya minta pada Ibu Gubernur dan dan para bupati agar Pengembangan Hortikultura untuk Peningkatan Ekspor dan Ekonomi Daerah dapat diperluas di Jawa Timur agar penghasilan dan kesejahteraan petani semakin meningkat," imbuhnya.

Infografis 7 Penyebab Sampah Makanan. (Liputan6.com/Triyasni)

Sosialita Pacar Jefri Nichol

Sosok Taj Belleza, Anak Sosialita Pacar Jefri Nichol

Liputan6.com 2022-04-07 10:35:06
Taj Belleza dikenal sebagai pacar Jefri Nichol (dok.Instagram/@bellezaa_17/https://www.instagram.com/p/CCGXeQXHAV4/Komarudin)

Jefri Nichol beberapa kali ketahuan sedang menghabiskan waktu bersama dengan selebgram Livy Renata. Padahal, ia diketahui sudah memiliki pacar, Taj Belezza. Warganet pun mempertanyakan soal hubungan dan bagaimana perasaan Taj Belleza sebagai pacar Jefri Nichol melihat kedekatan mereka.

Tak heran bila akhirnya sosok Belleza pun kembali mencuri perhatian publik. Banyak orang yang penasaran dengan sosok perempuan berambut hitam panjang tersebut.

Perempuan bernama lengkap Taj Belleza Izdihar Elishama akan genap berusia 22 tahun pada November 2022. Ia merupakan putri seorang sosialita, Irna Mareta. Sementara, ayahnya adalah Reubeun Elishama, seorang aktor, ia merupakan adik dari Lukman Sardi.

Kedua orangtua Belleza sudah bercerai. Reubeun bahkan sudah menikah lagi dengan Shenty Feliziana, seorang perempuan Malaysia yang juga terkenal di Singapura.

Sejumlah orang menyebut Belleza ada kemiripan dengan tokoh perempuan lain. Ada yang mengatakan mirip dengan Shenina Cinnamon, sementara yang lainnya berpendapat Belleza mirip dengan sosialita Dita Soedarjo. Namun tak seperti kebanyakan selebritas, Belleza termasuk jarang mengunggah aktivitasnya di media sosial.

Dalam sebuah potret, Belleza sedang berada di suatu tempat dengan pemandangan alam yang indah. Dari kejauhan tampak sebuah gunung yang menjulang.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Karier

Tak jauh berbeda dengan ayahnya, Belleza juga berkarier berkarier dalam dunia hiburan. Belleza mengawali eksistensinya di media sosial "ask.fm" yang popular pada 2014.

Perempuan 21 tahun itu juga menjadi model majalah ternama yang menampilkan brand-brand terkenal dari seluruh dunia. Hal itu yang membuat Belleza jadi sorotan publik, terlebih saat beredarnya hubungan dengan sang kekasih dengan Livy Renata.

Potret kebersamaan Jefri dan Belleza terlihat dalam sebuah unggahan saat keduanya merayakan Hari Valentine pada Februari 2022 lalu. Mereka kompak mengenakan pakaian putih.

Sejak itu hubungan keduanya menjadi sorotan. Apalagi, saat itu Jefri dikabarkan sudah putus dengan Shenina Cinnamon.


Ramai Komentar

Terkait dengan kedekatan Livy dengan Jefri, warganet ramai berpendapat dalam kolom komentar Belleza. Apakah Belleza cemburu dengan kedekatan Jefri dengan Livy?

"Belleza ga akan cemburu kayanya, soalnya dia jauh lbh cantik, sexy, keren dan gayanya cool abis," komentar seorang warganet. "Lu kok diem ajaa si ,kami yg netizen gerah liat si livy," imbuh warganet yang lain.

"Belle diem karna dia tau Livy bukan saingannya dia :)))," timpal warganet yang lain. "Pantes ga cemburu.. lebih cantik n sexy sih.. no need to worry," kata pengikutnya yang lain.


Jefri Nichol dan Livy Renata

Aktor Jefri Nichol akhir-akhir ini kedapatan beberapa kali sedang berpose dengan Livy Renata, selebgram yang beberapa waktu lalu sempat menjadi sorotan. Livy mengaku di berbagai konten video sebagai anak sultan yang hampir tidak pernah merasakan hidup sederhana, seperti diberitakan kanal Showbiz Liputan6.com.

Keluguan Livy Renata saat menjawab pertanyaan maupun menceritakan kisahnya, ternyata agak berbeda di belakang kamera. Ia tampak antusias ketika memiliki kesempatan untuk bertemu dengan artis cowok pujaannya.

Dalam sebuah unggahan terbaru di media sosial, Livy mengaku sudah sempat menghabiskan malam pertama bersama Jefri Nichol. Kontan saja hal itu membuat sejumlah penggemar bertanya-tanya soal perasaan Belleza, kekasih Jefri Nichol.

Infografis selebritas di panggung politik (Liputan6.com/Abdillah)

Putri Tidur di Dunia Nyata

Kisah Bocah Perempuan Inggris Tidur Selama 9 Tahun, Jadi Putri Tidur Nyata

Liputan6.com 2022-04-07 16:00:47
Rumah Ellen Sadler dan Ellen Sadler saat muda (Sumber: BBC The Vicar of Dibley, Hub Pages)

Tidur merupakan kebutuhan penunjang hidup manusia. Tidur cukup selama delapan jam sehari sangatlah penting untuk mengistirahatkan badan. Namun apa jadinya jika tidur secara berkepanjangan. Seperti kisah bocah perempuan asal Inggris yang telah tidur selama 9 tahun.

Melansir dari History of Yesterday, kisah unik ini terjadi pada abad ke-19. Seorang bocah perempuan bernama Ellen Sadler kala itu berusia 11 tahun, pada 11 Maret 1871 ia tertidur secara normal. Namun anehnya ia tak kunjung bangun hingga 9 tahun kemudian.

Sempat dikira meninggal, petugas medis yang bahkan terkejut dengan apa yang dialami Ellen. Denyut nadi dan napas masih terdeteksi di tubuh bocah perempuan itu. Meskipun diteriaki, diguncang, atau didorong, Ellen tidak mau bangun layaknya dongeng putri tidur di dunia nyata.

Semua orang bertanya-tanya bagaimana gadis itu masih hidup setelah berbulan-bulan tidak makan atau minum. Berikut selengkapnya Liputan6.com merangkum kisah Ellen Sadler melansir dari History of Yesterday, Kamis (7/4/2022).


Tidur Usia 11 Tahun

Ellen lahir pada 15 Mei 1859 di sebuah keluarga besar dengan 12 anak, sedangkan dia menjadi yang ke-10. Keluarganya terletak di sebuah desa kecil Inggris yang terletak di antara Oxford dan Buckinghamshire yang dikenal sebagai Turville.

Ayahnya bernama William Sadler adalah seorang petani tetapi meninggal sejak usia muda dalam sebuah kecelakaan. Ibunya Anne Sandler menikah lagi dengan Thomas Frewen, seorang pekerja pabrik yang memperlakukan anak-anaknya seperti anaknya sendiri.

Tahun 1871 menjadi tahun yang bersejarah bagi Ellen Sadler di mana ia memulai tidur sperti orang pada umumnya. Hal janggal kemudian terjadi saat Ellen tak bisa bangun di keesokan harinya. Hal ini membuat Ellen populer, bahkan menarik orang-orang dari luar negeri untuk melihat gadis yang sedang tidur itu.


Bangun Usia 21 Tahun

Apa yang dialami Ellen tentu membuat panik keluarganya terlebih sang ibu. Tahun pertama Anne Sadler memberi makan Ellen dengan bubur, susu, dan anggur dengan gula menggunakan teko kecil. Namun nahas, ibu Ellen meninggal akibat serangan jantung di tahun 1880.

Usai 5 bulan kematian sang ibu, Ellen Sadler terbangun dengan usianya yang bertambah 9 tahun jadi 21 tahun. Ellen benar-benar bangun pada Malam Tahun Baru pada tahun 1880. Ketika dia bangun dia dikelilingi oleh saudara-saudaranya dan diberi kabar sedih bahwa kedua orang tuanya telah meninggal.

Sayangnya pada tahun 1901, Ellen meninggal tanpa penjelasan apa pun dan tidak ada catatan apa pun tentang apa yang telah dia lakukan beberapa tahun sebelum kematiannya.

Ellen Sadler akhirnya menghembuskan napas terakhirya di tahun 1901, tepat berusia 42 tahun.


Idap Penyakit Langka

 

Pesta Cahaya di Awal Puasa di Yerusalem

Pesta Cahaya Jadi Penanda Awal Bulan Puasa di Yerusalem

Liputan6.com 2022-04-07 13:00:00
Pasukan keamanan Israel berjaga di atas gerbang Damaskus di Kota Tua Yerusalem saat warga Palestina berkumpul pada hari pertama bulan suci Ramadhan, 2 April 2022. Ramadan adalah bulan suci um

Kawasan Kota Tua di Yerusalem menyelenggarakan pesta cahaya pada awal bulan Ramadan. Lampu menyala di mana-mana, menerangi jalan-jalan sempit, di mana orang-orang berjalan sambil bernyanyi dan memainkan alat musik, menyambut kehadiran bulan suci umat Islam itu.

Riuh rendah suara orang dan musik terdengar hingga kejauhan. Ratusan orang terlihat berjalan berduyun-duyun dipenuhi rasa suka cita. Sejumlah dari mereka terlihat bersenda gurau dan bercakap-cakap, sejumlah lainnya asyik menyanyi dan memainkan beragam alat musik.

Suasana pandemi COVID-19 sama sekali tidak tercermin. Orang-orang berkumpul tanpa menjaga jarak atau bahkan mengenakan masker, demikian dikutip dari laman VOA Indonesia, Kamis (7/4/2022).

Senin malam waktu setempat (4/4), atau hari ketiga Ramadan di Yerusalem, lain dari biasanya. Kawasan Kota Tua-nya terlihat terang-benderang. Semua lampu di kawasan itu seolah dinyalakan.

Tujuan orang-orang di sana hanya satu, yakni berkumpul di pusat komunitas Burj Al-Laqlaq, dekat Masjid al-Aqsa, dan menyaksikan bersama-sama acara penyalaan sebuah lentera raksasa.

Hussam Abu Esheh, seorang seniman Yerusalem yang terlibat dalam penyelenggaraan acara itu menjelaskan makna penyalaan lentera raksasa itu.

"Hari ini dari sini, dari Yerusalem, dari Kota Tua, dekat masjid Al-Aqsa, dari Burj Al-Laqlaq, kami menyalakan lentera Yerusalem untuk menerangi jalan bagi seluruh alam semesta dan seluruh umat manusia, serta menyebarkan energi positif dari kota ini, terlepas dari rasa sakit, penindasan dan penderitaannya. Kota ini akan terus bertahan atas izin Tuhan, menerangi jalan ke seluruh bagian dunia dan atau seluruh umat manusia," komentarnya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Ketegangan Palestina-Israel

Ketegangan meningkat dalam beberapa hari terakhir setelah sejumlah orang Palestina menewaskan 11 orang Israel dalam beberapa serangan terpisah.

Dalam konflik Israel-Palestina, Ramadan sering menjadi periode peningkatan gesekan dan konfrontasi. Bentrokan antara warga Palestina dan polisi Israel di sekitar Kota Tua selama Ramadan tahun lalu memicu terjadinya perang 11 hari antara Israel dan kelompok militan Islam Hamas di Jalur Gaza pada bulan Mei.

Pihak berwenang Israel berusaha untuk menghindari terulangnya kekerasan tahun lalu selama Ramadan tahun ini.

Para pemimpin Israel, Yordania dan Palestina telah mengadakan banyak pertemuan dalam beberapa pekan terakhir, dan Israel telah mengumumkan serangkaian isyarat niat baik, dalam upaya menjaga ketenangan selama Ramadan.

Israel merebut Yerusalem Timur, Tepi Barat dan Jalur Gaza, dalam perang Timur Tengah pada tahun 1967. Israel kemudian mencaplok Yerusalem Timur, sebuah langkah yang tidak diakui oleh sebagian besar masyarakat internasional.

Palestina mengusahakan Tepi Barat dan Gaza sebagai bagian dari negara merdeka mereka pada masa depan, dengan Yerusalem Timur sebagai ibu kotanya.


Infografis tradisi bersih-bersih sambut Ramadan

 

Setop Bicara Penundaan Pemilu

HEADLINE: Jokowi Tegaskan Menteri Setop Bicara Penundaan Pemilu, Sinyal Reshuffle Kabinet?

Liputan6.com 2022-04-08 00:03:33
Pengarahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada Komisaris dan Direksi PT Pertamina dan PT PLN, 16 November 2021. (Dok Sekretariat Kabinet RI)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi bereaksi dengan meminta anak buahnya atau para menteri untuk tak lagi mendengungkan wacana penundaan Pemilu 2024 yang berbuah dan mengarah ke perpanjangan jabatannya untuk ketiga kalinya. Jokowi dengan tegas memerintahkan jajarannya berhenti menimbulkan polemik dan fokus bekerja.

Jokowi juga menekankan para menteri harus memiliki sense of crisis dan sensitif terhadap kesulitan-kesulitan yang dialami masyarakat saat ini. Jokowi memerintahkan menteri menjelaskan kepada masyarakat situasi global yang saat ini sedang sulit.

Bahkan, mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga menegur menterinya karena tak memberikan penjelasan kepada masyarakat terkait naiknya harga minyak goreng dan Pertamax. Terlebih, kenaikan harga minyak goreng sudah berbulan-bulan.

Dia menekankan pentingnya menyampaikan informasi kepada masyarakat. Jokowi tak ingin masyarakat menganggap pemerintah tak berbuat apa-apa karena tak ada penjelasan dan komunikasi dari menteri terkait.

Direktur Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Khoirunnisa Agustyati memandang bahwa Presiden Jokowi ingin menterinya benar-benar fokus bekerja.

"Saya menangkap pernyataan presiden itu konteksnya adalah meminta para menteri untuk fokus bekerja, sehingga para menteri tidak perlu berbicara soal wacana 3 periode. Tapi sebetulnya presiden bisa lebih tegas lagi kalau ingin wacana 3 periode ini betul-betul dihentikan, presiden bisa menyatakan bahwa dia hanya akan menjabat sampai Oktober 2024 dan tidak akan menambah masa jabatan lagi," kata dia kepada Liputan6.com, Kamis (7/4/2022).

Menurut Khoirunnisa, pernyataan Presiden Jokowi ini jauh lebih tegas dari sebelumnya terkait penundaan Pemilu 2024 ataupun perpanjangan masa jabatan presiden tiga periode.

"Untuk lebih tegas sebetulnya presiden bisa menegur langsung menterinya yang beberapa waktu lalu mengeluarkan wacana 3 periode dan ada pernyataan langsung dari presiden bahwa dia hanya akan menjabat sampai 2024 saja," kata dia.

"Kalau dari videonya marahnya presiden ini lebih ke performa menterinya. Karena di video ini meminta menteri kerja serius," sambung Khoirunnisa.

Dia enggan berspekulasi bahwa ini mengarah ke arah reshuffle kabinet. Namun, teguran Presiden Jokowi ini lebih kepada menyoroti masalah kinerja menterinya.

"Soal reshuffle, karena ini hak prerogative presiden bisa jadi performa menteri menjadi pertimbangan presiden untuk melakukan reshuffle," kata Khoirunnisa.

Senada, Direktur Eksekutif Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), Sirojudin Abbas, memandang ada dua hal yang ingin disampaikan Presiden Jokowi ke publik. Yang pertama adalah ingin menunjukkan secara tegas bahwa isu penundaan Pemilu 2024 yang disampaikan oleh para menterinya adalah sebuah hal yang tidak baik.

"Tentu saja tidak bagus untuk citra politik pemerintah karena konstitusi dua periode dan Pemilu sudah disepakati oleh pemerintah dan DPR tanggal 14 Februari 2024. Kalau pun ide itu berlanjut, itu bukan wilayah pemerintah lagi tapi MPR. Apakah MPR mau amandemen atau tidak. Jadi Presiden ingin membuat garis pembatas terkait isu itu. Supaya pejabat publik tidak terlibat," kata dia Kepada Liputan6.com, Kamis (7/4/2022).

Yang kedua, menegaskan lagi bahwa posisinya bukan untuk mendorong adanya penundaan Pemilu 2024 ataupun menolak. Karena bola isu ini bukan berada di ranah pemerintah.

"Beliau ada di tengah, beliau taat konstitusi dan beliau juga siap jika konstitusi diubah. Saya kira dua hal itu bisa dipahami dari pernyataan yang kemarin. Pemerintah setop tidak ikut-ikutan, kalau MPR lanjut jadi urusan MPR," kata Abbas.

Dia juga melihat, apa yang disampaikan Jokowi bukanlah bentuk amarah, hanya menegaskan kepada para pembantunya untuk tidak melakukan manuver politik. "Seperti Apdesi kemarin yang susah dipisahkan oleh LBP (Luhut Binsar Pandjaitan). Jadi kalau mau dibilang aspirasi rakyat tapi LBP ada di situ, jadi susah," kata Abbas.

Meski demikian, dia belum melihat bahwa ini sebagai sinyal untuk melakukan reshuffle. Kalaupun ada, bukanlah isu perpanjangan presiden tetapi lebih kepada masalah yang dihadapi Indonesia seperti krisis energi dan pangan.

"Dalam kasus minyak goreng saja, Kementerian Perdagangan, Kementerian Ekonomi, Kementerian Perindustrian, Kementerian Pertanian bisa kelihatan terkaget-kaget dan kurang tangkas dalam mengatasi masalah apalagi kalau situasinya berbaur dengan situasi politik dan ekonomi global," jelas Abbas.

"Terlebih lagi Indonesia sedang memegang Presidensi G20 tapi antar anggota G20 sendiri sedang tegang-tegangnya akibat perang Rusia-Ukraina dan itu bukan masalah sederhana. Jadi kalau akan melakukan reshuffle pertimbangannya bukan soal isu tiga periode atau penundaan Pemilu tapi respons kebutuhan pemerintah merespons situasi global dan nasional, kinerja kepemimpinan," sambungnya.

Infografis Jokowi Minta Menteri Setop Bicarakan Penundaan Pemilu 2024. (Liputan6.com/Trieyasni)

Sikap Para Pembantu Jokowi

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto salah satunya yang sempat mengaungkan wacana ini. Menurut dia, apa yang disampaikan atasannya tersebut terkait Pemilu sudah jelas.

"Itu saya rasa, itu sudah jelas," kata pria yang menjabat sebagai Ketua Umum Golkar ini di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (7/4/2022).

Airlangga menegaskan, tak perlu lagi menanggapi pernyataan Presiden Jokowi tersebut. Ibarat rancangan undang-undang, hal tersebut sudah jelas dan terang benderang.

"Kalau di dalam RUU itu, normanya jelas. Penjelasannya tidak perlu," kata dia.

Sementara, Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan akan patuh dengan perintah Presiden Joko Widodo, yang meminta para menteri tidak lagi membahas wacana penundaan pemilu dan perpanjangan masa jabatan presiden.

Kemarin (6/4/2022), Jokowi menegur jajaran menterinya agar tidak lagi mengurusi isu penundaan Pemilu 2024 dan perpanjangan masa jabatan presiden.

"Ya pasti Pak Luhut patuh kepada arahan Presiden," kata Juru Bicara Menko Luhut, Jodi Mahardi, Kamis (7/4/2022).

Menurut Jodi, Menko Luhut sekarang tetap bekerja seperti biasanya. Luhut ditugaskan Mengawal pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19 serta menangani kesulitan yang dihadapi masyarakat.

Menurutnya ini sesuai perintah Presiden Jokowi, yaitu fokus menangani kesulitan yang dihadapi masyarakat.

"Pak Luhut hari ini seperti biasanya juga tetap fokus untuk mengawal pemulihan ekonomi pasca pandemi ini dan juga fokus dalam bekerja untuk menangani kesulitan-kesulitan yang dihadapi oleh masyarakat sesuai yang diperintahkan presiden kemarin," bebernya.

Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko, meminta masyarakat menghentikan polemik perpanjangan masa jabatan presiden. Menurut dia, Presiden Joko Widodo atau Jokowi sudah tegas mengatakan akan mematuhi konstitusi yang berlaku.

"Saya ingin tegaskan kepada masyarakat Indonesia sudahlah cukup jangan lagi berpolemik tentang jabatan tiga periodelah, perpanjanganlah. Presiden sudah tegas mengatakan seperti itu. Jangan jadi bahan gorengan yang enggak berkualitas," kata Moeldoko kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (6/4/2022).

Dia menyebut bahwa saat ini pemerintah berfokus menangabu pandemi Covid-19 yang belum selesai. Selain itu, kata Moeldoko, pemerintah juga sedang memikirkan skenario menghadapi perang Ukraina-Rusia.

"Dampaknya seperti apa itu sudah disiapkan skenario-skenario. Pengaruhnya terhadap ekonomi. Kita berpikir ke depan," ujarnya.

Moeldoko pun heran dengan masyarakat yang masih meributkan isu tersebut. Dia mengajak masyarakat untuk menyudahi polemik perpanjangan masa jabatan presiden.

"Jangan berputar-putar bangsa ini berbicara yang tidak produktif. Bicara perpanjangan bicara tiga periode. Presiden sudah jelas mau ngomong apa lagi? Masih lagi dipersoalkan. Sekali lagi saya ingatkan sudah cukup berpolemik tentang ini," tutur Moeldoko.


Presiden Jokowi Serius

Pengamat politik Hendri Satrio memandang bahwa apa yang disampaikan Presiden Jokowi untuk anak buahnya tersebut adalah sebuah sikap serius.

"Mimik wajah Presiden Jokowi pada saat menyampaikan pesan tersebut kepada para menterinya menunjukan wajah serius. Artinya Presiden Jokowi betul-betul ingin para menterinya tahu bahwa pemerintah sudah seharusnya fokus membicarakan kepentingan rakyat, seperti mengenai harga-harga yang melambung naik dan kelangkaan yang terjadi," kata dia kepada Liputan6.com, Kamis (7/4/2022).

Menurut dia, marahnya Jokowi bukan sekedar pencitraan semata.

"Saya yakin kali ini marahnya Pak Jokowi sangat serius. Tapi marah itu kan tanda sayang. Kalau Presiden Jokowi diam saja justru merupakan tanda reshuffle sudah dekat," kata Hendri.

Dia juga memandang, ini bukan sinyal untuk reshuffle kabinet. Pasalnya, jika ingin merombak, sudah dilakukan jauh-jauh hari.

"Kalau ingin reshuffle sebetulnya Pak Jokowi bisa melakukannya dari kemarin-kemarin. Pernyataan Pak Jokowi kemarin harus disikapi serius oleh para pembantunya, terlebih di antara mereka ada ketua partai politik," kata Hendri.

"Dan arahan Presiden Jokowi tersebut seharusnya diterjemahkan oleh para menteri yang ketua parpol dan elite parpol untuk menginformasikan atau menginstruksikan hal yang sama kepada koleganya yang berada di DPR yang satu partai politik," sambungnya.


Sikap Parpol

Ketua DPR RI yang juga Politikus PDIP Puan Maharani mengapresiasi sikap Presiden Jokowi yang melarang para menterinya untuk membuat polemik di masyarakat terkait wacana penundaan pemilu atau perpanjangan masa jabatan Presiden.

Ia menyebut seharusnya para menteri fokus mengurusi pandemi dan masalah kenaikan harga.

"Kami tentu berharap para menteri mengikuti perintah Presiden, sehingga bisa lebih fokus membantu Presiden mengatasi berbagai persoalan bangsa, khususnya kenaikan berbagai harga komoditas yang memberatkan rakyat saat ini," kata Puan, Kamis (7/4/2022).

"Kalau ada yang beralasan wacana tersebut sah dalam negara demokrasi, saya pikir topik tentang pemulihan ekonomi rakyat sekarang ini lebih penting untuk dibicarakan di ruang publik," tambah Puan.

Lebih lanjut Puan menjelaskan, yang dibutuhkan rakyat saat ini bukanlah perbicangan penundaan pemilu atau perpanjangan presiden.

"Tapi bagaimana harga-harga sembako tidak melonjak, dan juga mudah didapatkan. Terlebih di masa-masa jelang Hari Raya sekarang ini," ujarnya.

Menurut Puan, ketika pemerintah lewat para menterinya terus mendengungkan wacana penundaan pemilu atau perpanjangan masa jabatan presiden, hal tersebut justru akan mengurangi kepercayaan publik terhadap pemerintah.

"Kalau kepercayaan terhadap pemerintah menurun, justru seluruh elemen bangsa yang merugi. Padahal di saat-saat seperti ini, sangat dibutuhkan kerjasama dan gotong royong semua elemen bangsa, baik pemerintah, aparat negara, swasta dan seluruh rakyat untuk bisa sama-sama pulih dari dampak pandemi Covid-19 yang memukul kita dua tahun belakangan ini," kata dia.

Puan mengingatkan saat ini adalah momen transisi dari pandemi ke endemi yang harus diisi dengan fokus pemerintah melakukab pemulihan ekonomi.

"Mari kita satukan energi bangsa untuk bisa mengatasi tantangan ekonomi saat ini, agar kita semua bisa bersama-sama memanfaatkan momentum pemulihan ekonomi transisi Covid-19 dengan sebaik-baiknya. Jangan sampai momentum ini lepas karena hal-hal yang kontraproduktif," kata dia.

Sementara, Sekretaris Fraksi NasDem DPR RI Saan Mustopa menilai sikap Presiden Joko Widodo meminta menteri menghentikan pembicaraan penundaan pemilu sebagai tanda bahwa mantan gubernur DKI Jakarta itu taat konstitusi. Jokowi dinilai mendukung maksimal masa jabatan presiden dan wakil presiden dua periode sesuai UUD 1945.

"Saya melihat bahwa Pak Jokowi sangat taat terhadap konstitusi ya. Artinya ya Pak Jokowi menghargai konstitusi dan tetap bahwa yang namanya presiden wakil presiden itu masa jabatannya dua periode," kata Saan kepada wartawan dikutip Kamis (7/4/2022).

NasDem menyambut positif langkah Jokowi menegur menterinya menghentikan pembahasan penundaan pemilu. Pernyataan itu dinilai mengakhiri polemik selama ini.

"Jadi menurut saya itu hal yang sekali lagi positif dan mengakhiri semua polemik wacana terkait dengan soal penundaan pemilu maupun tiga periode jabatan presiden," jelas Saan.

Wakil Ketua Komisi II DPR RI ini pun berharap para menteri mematuhi arahan Jokowi agar tidak lagi ada manuver terkait penundaan pemilu.

"Jadi sekali lagi ya tentu kita berharap bahwa apa yang disampaikan oleh Pak Jokowi itu ditaati dan dilakukan oleh seluruh para menteri," tegas Saan.

Politikus PKB Luqman Hakim menyebut pernyataan Presiden Joko Widodo agar para menteri berhenti bicara penundaan pemilu, bisa diartikan bahwa wacana penundaan pemilu dan perpanjangan masa presiden segera mati atau tamat.

"Perintah presiden itu bukan berarti hanya melarang bicara, tetapi juga bermakna harus dihentikannya manuver-manuver dan mobilisasi dukungan dari elemen-elemen masyarakat guna mendukung penundaan pemilu, perpanjangan masa jabatan presiden 2027 dan presiden 3 periode," ujar Luqman kepada wartawan, Kamis (7/4/2022).

Luqman berharap, adanya perintah dari Jokowi itu benar bisa seluruh wacana perpanjangan jabatan presiden.

"Semoga perintah Presiden Jokowi itu menjadi batu nisan dari kuburan wacana penundaan pemilu, perpanjangan masa jabatan presiden 2027 dan presiden 3 periode," ujarnya.

Wakil Ketua Komisi II itu mengingatkan,kondisi pandemi Saat ini seharusnya para pejabat fokus menangani masalah kenaikan harga, bukan bermanuver politik.

"Sangat tidak etis jika elite-elite malah sibuk bermanuver untuk melanggengkan kekuasaannya," tutur Luqman.

Infografis Ragam Tanggapan Menteri Diminta Setop Bicarakan Penundaan Pemilu 2024. (Liputan6.com/Trieyasni)