Volume 260

Mudik Gratis, Mau?

Mudik Gratis Kemenhub Kuota 10.500 Kursi, Ini Daftar Tujuan

Liputan6.com 2022-04-08 18:45:27
Petugas menata motor milik para peserta mudik gratis dari Kemenhub di Lapangan Gudang Bulog, Jakarta, Rabu (23/7/14). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kembali menggelar mudik gratis bagi masyarakat pada Lebaran 2022. Kuota pemudik yang disediakan saat ini mencapai 10.500 orang.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi menyampaikan langkah ini sebagai upaya mengakomodasi pemudik yang biasa menggunakan sepeda motor. ia juga menyediakan sejumlah truk untuk mengangkut sepeda motor ke daerah tujuan mudik.

"Sebagaimana arahan Bapak Menteri Perhubungan, kami diminta untuk menyiapkan mudik gratis bagi masyarakat umum atau masyarakat yang akan mudik dengan sepeda motor. Hanya saja tahun ini anggarannya tidak terlalu besar dan kisaran masyarakat yang dapat ditampung yaitu 10.500 penumpang yang ditampung dengan 350 unit bus," kata dia dalam Media Briefing Kesiapan Angkutan Lebaran, Jumat (8/4/2022).

Jumlah itu, akan dibagi untuk keberangkatan mudik dan balik mudik. Rinciannya, 270 bus akan dioperasikan untuk mengangkut 8.100 penumpang untuk mudik. Sementara, 80 bus akan dioperasikan unutk mengangkut 2.400 penumpang untuk balik mudik.

Guna menunjang pemudik, ia juga menyediakan truk pengangkut sepeda motor yang bisa dimanfaatkan pemudik. Diantaranya ada 34 unit truk untuk mengangkut 1.020 kendaraan.

"Baik itu untuk yang mudik maupun yang balik, yang mudik sekitar 510 mtor untuk 17 truk dan baliknya juga sama," katanya.

Dirjen Budi menyampaikan tujuan mudik akan menyasar dua provinsi, yakni Jawa Barat ke Cirebon, Tasikmalaya, dan Garut. Dan Jawa Tengah ke Tegal, Semarang, Kudus, Solo, Wonogiri, Purworejo, Purwokerto, Demak, Klaten, Wonosari, Yogyakarta, Magelang, Wonosobo, dan Kebumen.

"Memang sebagian besar itu ke Jawa Tengah, karena hasil survei saja banyak perjalanan masyarakat ke Jawa Tengah," kata dia.

Kemudian, untuk balik mudik akan disiapkan bus dari lima kota, yakni Purwokerto, Semarang, Yogyakarta, Solo, dan Wonogiri.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Dibuka Pekan Depan

Sementara terkait waktunya, Dirjen Budi menyebut keberangkatan mudik akan dimulai pada 28 April 2022. Ia menyebut, mekanismenya sedang dimatangkan dan akan dibuka pendaftarannya pada pekan depan.

"Minggu depan pendaftarannya bisa menggunakan online atau juga menggunakan secara manual. Kita sengaja manual karena banyak peminat mudilk yang belum familiar untuk online.

"Ini akan ccepat terisi karena sudah banyak komunitas masyarkat, yang sudah komunikasi dengan saya. Jadi kalau mau mendaftar ya monggo cepat-cepatan, atau melalui komunitass yang dikoordinir oleh beberapa pemimpin atau koordinator komunitas di beberapa daerah tadi," imbuhnya.

Bagi masyarakat yang akan mendaftar mudik gratis dapat mengakses laman www.mudikhubdat2022.com dan mendaftar secara daring. Selanjutnya dapat login dan mengisi data lengkap, kemudian menunggu verifikasi dan validasi sistem.

Setelah itu calon pemudik dapat mengunduh dan cetak QR e-tiket peserta mudik. Selanjutnya calon pemudik dapat membawa QR e-tiket beserta data pendukung lainnya (KTP, Kartu Keluarga/KK, Bukti Vaksin) ke lokasi registrasi untuk mendapatkan nomor bus. Calon pemudik kemudian dapat berangkat sesuai dengan lokasi pemberangkatan dan tujuan sesuai nomor bus.


Syarat

Syarat lainnya untuk mudik gratis ini yaitu pemudik wajib memiliki dokumen sah kependudukan seperti KTP dan KK, sudah vaksin lengkap/booster. Bagi calon pemudik yang baru vaksin dosis 2, diwajibkan membawa hasil tes antigen maksimal 1x24 jam atau PCR maksimal 3x24 jam sebelum keberangkatan.

Sementara bagi yang baru mendapatkan dosis 1, wajib membawa bukti tes PCR maksimal 3x24 jam sebelum pemberangkatan. Bagi pemudik yang memiliki kondisi kesehatan khusus dapat membawa bukti hasil tes PCR 3x24 jam dan surat keterangan rumah sakit pemerintah bahwa yang bersangkutan belum /tidak dapat mengikuti vaksinasi covid-19 pada saat pemberangkatan. Bagi anak-anak wajib menyerahkan dokumen KK.

Selama pendaftaran dan proses keberangkatan peserta mudik gratis ini wajib mendownload dan menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Bagi calon pemudik yang tidak mempunyai smartphone maka dapat membawa bukti kartu vaksin dan booster.

Infografis Mudik Gratis Bareng Kemenhub

Heboh Video Ustaz Yusuf Mansur

Ustaz Yusuf Mansur dan PayTren Jadi Trending Topik di Twitter, Viral Dibahas karena Video Marah Marah Beredar di Media Sosial

Liputan6.com 2022-04-08 16:40:00
Ustaz Yusuf Mansur. (Foto: Instagram @yusufmansurnew)

Video marah Ustaz Yusuf Mansur beredar luas di media sosial sejak Jumat, 8 April 2022, pagi. Yusuf Mansur marah marah karena mengeluhkan kebutuhan dana besar untuk perusahaan miliknya, PayTren.

"Emang kita lagi ngurusin saham itu ngurusin ape? Emang kita masuk perusahaan sana, perusahaan sini, menyebut ini, menyebut itu, emang buat siapa? Yang saya lakukan buat PayTren!" ujar Ustaz Yusuf Mansur dalam video marah yang beredar itu, Jumat (8/4/2022).

PayTren merupakan manajer investasi syariah pertama di Indonesia yang didirikan oleh ayah Wirda Mansur di bawah nama PT PayTren Aset Manajemen (PAM). Perusahaan tersebut beroperasi sejak 24 Oktober 2017.

Perusahaan yang didirikan Yusuf Mansur juga mengantongi surat izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melalui Salinan Keputusan Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Nomor ; KEP-49/D.04/2017 tentang Pemberian Izin Usaha Perusahaan Efek yang melakukan kegiatan usaha sebagai Manajer Investasi Syariah kepada PT PayTren Aset Manajemen.


Trending Topik

Dari pantauan Liputan6.com, Ustaz Yusuf Mansur dan PayTren memuncaki trending topik Twitter pukul 14.56 WIB pada Jumat, 8 April 2022. Mayoritas pengguna Twitter ikut membahas video Ustaz Yusuf Mansur yang sedang marah-marah.

Mereka menyesalkan aksi Ustaz Yusuf Mansur yang marah-marah membahas masalah bisnis PayTren. Selama ini, Ustaz Yusuf Mansur dikenal sebagai penceramah yang bijak dan selalu mengajak masyarakat dengan tema sedekah.

"Stop calling this salesman as ustadz. He's only Pak Yusuf Mansur for me, always talk about money all the time," cuit salah seorang pengguna Twitter.

"Dulu ane sukak ustad satu ini saat ngaji subuh Qultum nya bagus. Skarang kok ane liyat sperti ambisius terhadap fuluz. Slamet sahur skaar ...," sambung pengguna Twitter yang lain.


Butuh Duit Rp 1 Triliun

Ustaz Yusuf Mansur jadi pembicaraan di media sosial. Penyebabnya, beredar video Yusuf Mansur marah marah saat membahas mengenai Paytren. Dalam video yang beredar di media sosial, Yusuf Mansur mengenakan jas dan kacamata serta berpeci hitam.

"Bisa saya ajak ngomong Anda semua, saya butuh duit 1 triliun buat kerjain Paytren," kata Ustaz Yusuf Mansur dengan nada bicara yang memperlihatkan dirinya sedang marah. Video marah ini viral di media sosial TikTok sejak Jumat, 8 April 2022, pagi.

Tak cuma bicara dengan nada marah, Ustaz Yusuf Mansur juga terlihat berkata-kata dengan memukul meja yang ada di hadapannya. Sontak gesture ayah Wirda Mansur semakin memperlihatkan dirinya dalam amarah kala menyampaikan pendapatnya itu.


Demi PayTren

Ustaz Yusuf Mansur diduga tengah berbicara dengan para anggota Paytren dalam video marah-marah yang sedang viral. Sebab, kemarahan Ustaz Yusuf Mansur dipicu strategi dalam menjalankan bisnis Paytren, sebuah aplikasi berbayar yang dirintisnya.

Dalam video yang beredar itu, Ustaz Yusuf Mansur mengaku tengah mengupayakan banyak cara untuk bisa mempertahankan Paytren sebagai sebuah bisnis yang bisa bersaing.

"Maka itu lah saya ngamen, saya ngasong demi siapa, demi Anda semua, demi satu nama Paytren," dia menambahkan.

Sementara itu, manajemen Paytren Aset Manajemen membenarkan mengenai rencana penjualan 100 persen saham perusahaan oleh pengendali saham Ustaz Yusuf Mansur.

"Betul. Sesuai pengumuman kami di harian terkait rencana tersebut," ujar Direktur Utama Paytren Aset Manajemen, Ayu Widuri saat dihubungi Liputan6.com, lewat pesan singkat, Senin (21/3/2022).

Surat-Surat Pangeran Charles untuk Pedofil

Surat-Surat Pangeran Charles Meminta Nasihat pada Pedofil Jimmy Savile Terungkap

Liputan6.com 2022-04-08 13:10:04
File foto 3 Maret 2020 memperlihatkan reaksi Pangeran Charles selama kunjungannya ke Royal College of Music di London. Pangeran Charles yang kini berusia 71 tahun positif tertular corona (COV

Hubungan dekat antara Pangeran Charles dan mantan presenter BBC Jimmy Savile, yang secara terbuka diekspos sebagai pedofil setelah kematiannya pada 2011, sedang diperiksa. Pasalnya, film dokumenter baru di Netflix mengungkap surat-surat di antara keduanya, lapor People, Jumat (8/4/2022).

Di sana, Savile tampaknya berperan sebagai penasihat tidak resmi untuk Pangeran Charles, merujuk pada tayangan Jimmy Savile: A British Horror Story. Menurut The Times, surat-surat yang diperoleh para pembuat film itu ditulis antara 1986 hingga 2006.

Jalinan komunikasi ini menunjukkan putra Ratu Elizabeth meminta nasihat dari Savile. Ini termasuk memintanya bertemu dengan saudara iparnya Sarah Ferguson, yang Savile diketahui menyusun buku pegangan hubungan media yang menurut Charles ditunjukkan pada Ratu dan mendiang Pangeran Philip.

Tidak ada indikasi bahwa Charles tahu tentang kejahatan si pedofil, yang tidak terekspos sampai beberapa dekade kemudian. Setelah kematiannya, 450 orang mengajukan tuduhan pelecehan yang dilakukan Savile. Sebuah penyelidikan selanjutnya mengungkap bahwa ia melakukan pelecehan seksual, terutama pada anak-anak dan remaja.

Clarence House, yang mewakili Pangeran Charles, sampai saat ini menolak berkomentar soal surat-surat tersebut. Surat pertama, tertanggal 14 Januari 1987, adalah catatan tulisan tangan dari mantan suami Putri Diana itu.

"Mungkin saya salah, tapi Anda adalah pria yang tahu apa yang sedang terjadi," tulis Prince of Wales. "Yang benar-benar saya butuhkan adalah daftar nasihat dari Anda. Saya sangat ingin pergi ke bagian negara yang tidak bisa dijangkau orang lain."

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Meminta Saran Terkait Pangeran Andrew

Pangeran Charles juga dilaporkan meminta saran pada 1989 tentang "kunjungan yang bermanfaat untuk meningkatkan moral, dll., ke kelompok, tempat, proyek, dan sebagainya yang bermanfaat, tapi tidak mendapat cukup perhatian."

Charles juga mencari saran tentang cara menangani insiden tertentu, seperti ketika Pangeran Andrew membuat komentar tidak sensitif mengenai bencana Lockerbie 1988. Itu berupa pengeboman pesawat oleh teroris yang menewaskan semua orang di dalamnya, dan 11 orang di darat.

Selama kunjungan ke Skotlandia hanya beberapa hari setelah tragedi itu, Pangeran Andrew dilaporkan berkata, "Saya kira secara statistik sesuatu seperti ini harus terjadi pada tahap tertentu ... Tentu saja, itu hanya memengaruhi komunitas dalam cara yang sangat kecil."

"Ini menghidupkan kembali diskusi tentang bagaimana keluarga kerajaan harus menanggapi bencana," kata sutradara film dokumenter Rowan Deacon. "Jimmy Savile menulis berkas ini, dokumen nasihat yang cukup mendalam, tentang bagaimana Ratu harus bersikap dan bagaimana anggota keluarga kerajaan tidak boleh bersaing satu sama lain."


Nasihat pada Pangeran Charles

Sementara itu, nasihat yang diberikan Savile termasuk mempekerjakan "orang khusus dengan pengalaman yang cukup dalam hal-hal seperti itu" dan memiliki "ruang insiden" dengan beberapa saluran telepon independen, teleteks, dan medium serupa.

Pangeran Charles mengatakan dalam sebuah surat pada 1989 pada Savile, "Saya melampirkan salinan memo saya tentang bencana yang menggabungkan poin Anda dan yang saya tunjukkan pada ayah saya. Ia menunjukkannya pada HM (Yang Mulia Ratu)."

Pangeran Charles juga meminta Savile bertemu dengan Fergie, panggilan akrab mantan istri Pangeran Andrew, dalam catatan Desember 1989. "Saya ingin tahu apakah Anda akan siap untuk bertemu dengan saudara ipar saya, Duchess of York?" ia berkata. "Saya merasa bahwa itu akan sangat berguna baginya jika Anda bersedia. Saya merasa dia bisa 'dibangunkan' dengan akal sehat Anda yang lugas!"

Korban Savile muncul beberapa kali selama bertahun-tahun, tapi penyelidikan polisi tidak pernah membuahkan hasil sampai setelah kematiannya. Menurut The Times, sebuah surat anonim dikirim ke polisi pada 1998 yang menyatakan bahwa Savile "menganggap ia tak tersentuh karena orang-orang yang bergaul dengannya."


Kematian Jimmy Savile

Ungkapan dalam surat itu salah satunya merujuk pada hubungan Jimmy Savile dengan mantan Perdana Menteri (PM) Inggris Margaret Thatcher, yang berhasil dilobi supaya Savile mendapat gelar ksatria pada 1990.

"Konsekuensinya, itu memberinya segel persetujuan di mata publik Inggris," kata Deacon. "Itu mengkonsolidasikan kepercayaan kami padanya. Kami tidak menyarankan untuk sesaat bahwa Thatcher atau Pangeran Charles tahu apa yang sebenarnya dia lakukan."

Ia menyambung, "Meski demikian, segel persetujuan itu berarti bahwa bobot rasa hormat dan kepercayaannya adalah sebuah planet dibandingkan dengan suara-suara kecil dari wanita-wanita (diduga korban pelecehan seksual oleh Savile) ini yang muncul setiap saat."

Mirror melaporkan, Savile meninggal karena pneumonia dua hari sebelum ulang tahunnya yang ke-85 di rumah penthousenya di Roundhay, Leeds. 29 Oktober 2011. Keponakannya, Roger Foster, mengatakan pada saat itu bahwa Savile telah "meninggal dengan tenang dalam tidurnya di malam hari."

Savile dimakamkan di Woodlands Cemetery di Scarborough. Ia menuntut agar dikubur dengan sudut 45 derajat agar presenter Jim'll Fix It itu "melihat pemandangan laut."

Setelah gelombang pasang tuduhan tentang kejahatan masa lalunya terungkap, keluarga Savile mengambil batu nisannya, dan dikirim ke tempat pembuangan sampah. Batu nisan itu bertuliskan "itu baik selama itu berlangsung."

INFOGRAFIS: 6 Tips Lindungi Diri dari Pelecehan Seksual (Liputan6.com / Abdillah)

Maia Estianty Tantang Angelina Sondakh Baca Quran

Maia Estianty Menantang Angelina Sondakh Membaca Al Quran, Hasilnya Mengharukan

Liputan6.com 2022-04-08 19:30:00
Maia Estianty dan Angelina Sondakh

Maia Estianty dan Angelina Sondakh diketahui sudah lama bersahabat. Maia juga yang mengorbitkan Angelina Sondakh menjadi penyanyi dengan berperan sebagai produsernya.

Tak hanya di dunia musik, Maia Estianty juga turut menyaksikan perjalanan hidup Angelina Sondakh yang tidak mudah. Mulai ditinggal wafat Adjie Massaid, hingga dipenjara selama sepuluh tahun.

Istri Irwan Murssy itu mengaku banyak belajar dari perjalanan hidup mantan terpidana korupsi tersebut.

"Ikut menyaksikan perjalanan hidupnya, Angelina Sondakh dari ditinggal almarhum Adjie Massaid, belajar agama Islam di tempat yang sama, guru yang sama, kemudian harus mendekam di penjara 10 tahun, sampai mengalami pertobatan," tulis Maia Estianty dalam unggahan Instagramnya seperti dilihat Jumat (9/4/2022).


Menantang Baca Al Quran

Kini setelah bebas, Maia bertemu dengan Angie. Saat bertemu dengan Angelina Sondakh, mantan istri Ahmad Dhani itu mencoba untuk menantang wanita yang karib disapa Angie itu untuk membaca Alquran.

Angelina Sondakh memang dikabarkan beberapa kali khatam Alquran selama mendekam di penjara. Dia bahkan disebut hafal beberapa juz Alquran.

"Luar biasa... Sudah men challenge dia seberapa dia hafal ayat Alquran, dan ternyata benar2 hafal...MaasyaaAllah...," tambah Maia.


Pembelajaran

Buat Maia Estianty, masa lalu Angelina menjadi pembelajaran yang berharga. Tak perlu malu dengan kesalahan karena saat ini sudah memilih untuk bertobat dan tidak melakukan kesalahan untuk yang kedua kalinya.

"Lebih baik pendosa bertobat dan mengaku salah... daripada kita yang merasa lebih benar ibadahnya, tetapi merasa angkuh, sombong, kepada yang dianggap kurang baik.. serta tetap senang mencela orang2," imbuh Maia.


Pesan

Saat ini, Maia mendoakan agar kehidupan Angelina Sondakh lebih baik lagi. Maia juga mendukung apapun yang dilakukan Angelina Sondakh selama dalam kondisi baik.

"Semoga ke depan semakin bijak, hati2 dalam hidup dan makin menemukan kebahagiaan," ungkapnya.

Sosialita Rusia Ramai-Ramai Gunting Tas Chanel

Sosialita hingga Influencer Rusia Ramai-Ramai Gunting Tas Chanel

Liputan6.com 2022-04-08 11:01:00
Influencer dan sosialita Rusia menggunting tas Chanel mereka sebagai protes setelah rumah mode mewah melarang orang Rusia membeli barang baru di tengah perang di Ukraina. (Tangkapan Layar Ins

Sosialita hingga influencer Rusia ramai-ramai menghancurkan tas Chanel mereka sebagai protes setelah rumah mode mewah itu melarang orang Rusia membeli barang baru di tengah perang di Ukraina. Beberapa di antara perempuan Rusia ini membagikan video tengah menggunting tas mewah tersebut.

Dikutip dari New York Post, Jumat (8/4/2022), beberapa sosialita dan influencer itu mengunggah video menggunakan gunting sampai gunting berkebun untuk menghancurkan tas Chanel mereka. Salah satunya dilakukan oleh model Rusia Victoria Bonya yang menyebut bahwa "Chanel House tidak menghormati kliennya."

"Belum pernah melihat merek apa pun yang bertindak begitu tidak sopan terhadap klien mereka seperti @chanelofficial," tulis model berambut pirang itu pada keterangan videonya.

Dalam video yang awalnya berwarna lantas berubah menjadi hitam putih saat model tersebut menggunting tas Chanel hitamnya. Setelah selesai menggunting, ia membuang dua bagian tas dan berkata, "bye-bye."

Sosialita Rusia pertama kali mulai berbagi kemarahan mereka terhadap rumah mode Prancis tersebut beberapa hari yang lalu. Hal tersebut menyusul Chanel melarang mereka membeli produk mewah mereka di seluruh dunia.

Chanel menarik bisnis dari Rusia sebagai protes atas invasi Vladimir Putin ke Ukraina, bersama dengan banyak merek lain. Namun, fashionista Rusia tidak berharap akan dilarang berbelanja di negara lain.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Kata Chanel

Desainer interior dan influencer Rusia Liza Litvin mengeluh tentang pengalamannya ditolak berbelanja tas Chanel di mal top Dubai, East2West melaporkan. Ia menyebut bahwa Chanel "memiliki pesanan baru yang hanya mereka jual setelah saya menandatangani selembar kertas yang mengatakan bahwa saya tidak akan memakai tas ini di Rusia."

Litvin menjelaskan, "Mereka meminta rincian identitas saya dan saya memberikan nomor telepon Rusia saya. Selanjutnya, manajer mengatakan bahwa mulai hari ini mereka menjual ke Rusia hanya jika mereka menandatangani perjanjian untuk tidak memakai barang-barang mereka di Rusia."

Kantor perusahaan Prancis Chanel mengonfirmasi kebijakan baru yang mereka klaim dipaksakan karena sanksi Uni Eropa dan Swiss terhadap barang-barang mewah. "Pembatasan sanksi terbaru dari Uni Eropa dan Swiss melarang 'penjualan, secara langsung atau tidak langsung, barang-barang mewah kepada orang atau badan hukum mana pun di Federasi Rusia atau untuk digunakan di Federasi Rusia,'" kata perusahaan itu dalam sebuah penyataan.

Pelanggan sekarang diminta "untuk mengonfirmasi bahwa produk yang mereka beli tidak akan digunakan di Rusia." "Kami memahami bahwa tindakan ini, yang ditujukan untuk mematuhi persyaratan hukum, dapat menimbulkan ketidaknyamanan tertentu bagi beberapa pelanggan. Kami saat ini sedang bekerja untuk meningkatkan prosedur dan meminta maaf atas kesalahpahaman dan ketidaknyamanan terkait," kata Chanel.


Bela Tanah Air

Untuk memprotes "Russophobia," mantan klien Chanel menghancurkan produk mereka di depan jutaan orang. Pembawa acara dan aktor TV Rusia Marina Ermoshkina menggunakan gunting kebun untuk memotong tas tangan abu-abu gelap untuk mendukung Tanah Airnya.

"Tidak ada satu tas pun, tidak ada satu pun yang sepadan dengan cinta saya untuk Tanah Air saya," jelasnya dalam keterangan Instagram-nya.

"Itu tidak sepadan dengan rasa hormat saya untuk diri saya sendiri. Saya menentang Russophobia, saya menentang merek yang mendukung Russophobia. Chanel hanyalah aksesori," tambahnya.

Ia melanjutkan, "Aksesori yang pada titik tertentu memutuskan untuk mempermalukan orang, rekan saya, memutuskan untuk mendiskriminasi orang berdasarkan kebangsaan, yang tidak akan saya toleransi. Bagaimanapun, yang utama adalah prinsip, dan bukan apa yang ada di tangan Anda, tetapi apa yang ada di dalam diri Anda."


Aksi Gunting

DJ Rusia Katya Guseva mengikuti jejak Ermoshkina menggunakan gunting untuk menghancurkan tas rantai hitamnya dan mengunggah video untuk menjelaskan protesnya. "Saya selalu bermimpi bahwa tas Chanel akan muncul di lemari saya, dan itu terjadi tahun lalu," tulisnya dalam keterangannya.

"Tetapi setelah saya mengetahui tentang kebijakan merek tersebut terhadap orang Rusia, saya memutuskan untuk menghapus tas-tas ini dari kehidupan sehari-hari saya sampai situasinya berubah," lanjutnya.

Guseva menambahkan, "Saya menentang Russophobia, saya menentang merek yang mendukung Russophobia dan diskriminasi terhadap perempuan berdasarkan kebangsaan."

Kami gadis-gadis Rusia cantik apakah kami memiliki tas Chanel atau tidak," lanjutnya. Beberapa penonton menghargai protes Rusia sementara yang lain mengejek mereka karena keluhan mereka tentang aksesoris fashion mewah di tengah perang yang telah menewaskan ribuan orang.

Medan Perang Pindah dari Ukraina ke Indonesia?

HEADLINE: AS Tak Ikut G20 Bila Ada Rusia, Medan Perang Pindah dari Ukraina ke Indonesia?

Liputan6.com 2022-04-09 00:02:03
Presiden RI Joko Widodo, Presiden Prancis Francois Hollande, Presiden China Xi Jinping, Presiden Rusia Vladimir Putin, Kanselir Jerman Angela Merkel tiba untuk menghadiri upacara pembukaan KT

"Kami tidak akan berpartisipasi di sejumlah pertemuan G20 jika orang-orang Rusia ada di sana." Ancaman itu dilontarkan Menteri Keuangan Amerika Serikat Janet Yellen.

Tak puas telah berhasil menyingkirkan Rusia dari Dewan Hak Asasi Manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Amerika terus menyuarakan agar Moskow juga dicopot dari keanggotan G20. "Ia (Presiden AS Joe Biden) meminta agar Rusia dicopot dari G20. Jadi Presiden Biden menjelaskan, dan saya tentu setuju dengannya, bahwa itu tidak bisa menjadi persoalan biasa di mana pun ---untuk Rusia--- di lembaga keuangan mana pun," ujar Yellen.

Menurut laporan The Week, Jumat (8/4/2022), ancaman AS itu belum berlaku untuk seluruh rangkaian G20, melainkan hanya acara terkait kementerian keuangan. Seorang juru bicara menyatakan, ucapan Yellen mengacu pada pertemuan para menteri keuangan dan gubernur bank sentral yang ditetapkan pada 20 April di Washington.

Menteri keuangan G20 dan gubernur bank sentral bertemu beberapa kali dalam setahun, biasanya di negara tuan rumah yang bergiliran setiap tahun. Sesi April direncanakan berlangsung di sela-sela pertemuan musim semi IMF-Bank Dunia di Washington.

Yellen juga diperkirakan akan menghadiri pertemuan menteri keuangan G20 pada April di Bali. sedangkan pertemuan puncak G20 Indonesia akan digelar pada pertengahan November 2022. Saat ini, ada sejumlah diskusi dan forum yang digelar dalam Engagement Groups dan Working Groups.

Isu-isu yang dibahas ada yang fokus di ekonomi, seperti infrastruktur, perdagangan, dan energi, namun ada juga isu seperti forum kepemudaan, sains, parlemen, kelompok sipil, dan perkotaan.

Duta Besar Rusia untuk Indonesia, Lyudmila Vorobieva, menyatakan Presiden Rusia Vladimir Putin berminat untuk datang ke Indonesia demi menghadiri G20 di Bali. Namun, Dubes Rusia belum bisa memberikan komitmen penuh karena masih banyak faktor-faktor yang harus dipertimbangkan.

Sementara itu, di dalam negeri, petisi menolak kehadiran Putin ke Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 Indonesia beredar. Petisi yang diprakarsai Milk Tea Alliance Indonesia di Change.org itu bertajuk "Pak Jokowi, Jangan Datangkan Presiden Putin di Konferensi G20!".

Hingga pukul 15.45 WIB, Jumat (8/4/2022), petisi tersebut telah ditandatangani 20.406 orang, dari 25.000 tanda tangan yang ditargetkan.

"Vladimir Putin, Presiden Rusia, adalah yang paling bertanggung jawab dalam menyebabkan perang ini. Ia mengirimkan pasukan militer secara ilegal, sampai menyerang kawasan padat penduduk di rumah sakit bersalin di Ukraina!," tulis pembuat petisi tersebut.

"Untuk itu, lewat petisi ini, yuk kita sama-sama suarakan kepada Pak Jokowi dan Ibu Menlu Retno Marsudi, untuk tolak kedatangan Putin pada Konferensi G20 November nanti, kecuali dia benar-benar mau menyelesaikan konfliknya dengan Ukraina secara damai," ajak mereka.

Infografis AS Tak Mau Hadiri G20 Jika Ada Rusia (Liputan6.com/Triyasni)

Pengamat Hubungan Internasional Hikmahanto Juwana menilai sikap Amerika Serikat yang menancam tak hadiri KTT G20, sama sepeti meninggalkan Indonesia untuk menyelesaikan masalahnya sendiri. "Sikap AS seolah memperlakukan Indonesia sama dengan Ukraina saat diserang oleh Rusia, ditinggalkan sendirian untuk memecahkan masalah," ujar Himahanto ketika dihubungi Liputan6.com.

Menurut Hikmahanto, Indonesia sebelumnya selalu menuruti kemauan Amerika Serikat. Padahal seperti Ukraina yang hendak bergabung dalam NATO, Indonesia sebelumnya telah menuruti kemauan AS dan sekutunya untuk berhadapan dengan Rusia.

Indonesia telah menjadi co-sponsor di mana AS menjadi sponsor utama atas Resolusi Majelis Umum PBB untuk mengutuk serangan Rusia. Hikmahanto menambahkan, tentu Indonesia layak dihukum oleh AS dan sekutunya bila suara Indonesia abstain, bahkan menentang Resolusi PBB yang mengutuk Rusia.

"Lebih lanjut sikap AS seolah tidak berempati dengan posisi Indonesia sebagai Tuan Rumah G20," ungkapnya.

Hal ini mengingat Indonesia telah melakukan berbagai persiapan, bahkan menyelenggarakan pertemuan-pertemuan di tingkat teknis untuk membahas terobosan bagi tumbuhnya perekonomian dunia. "Semua ini dimatikan karena medan perang antara Rusia dengan AS dan sekutunya telah dipindahkan dari Ukraina ke Indonesia," kata Hikmahanto.

Menurut dia, tidak seharusnya ego AS dan sekutunya terhadap Rusia dilampiaskan ke Indonesia yang sudah berani mengutuk Rusia atas serangannya. Terlebih Indonesia berisiko untuk kehilangan sahabatnya dan dimasukkan dalam katagori negara-negara yang tidak bersahabat oleh Rusia.

"Indonesia masih memiliki ketergantungan dengan Rusia yang cukup signifikan mulai dari suku cadang pesawat tempur Shukoi hingga BBM yang telah disuling," jelasnya.

Bagi Indonesia, sambungnya, harapan terhadap AS dan sekutunya sangat sederhana. "Pertama jangan pindahkan konflik dengan Rusia ke Forum G20. Tidak seharusnya pernyataan akan hadir atau tidak disampaikan pada saat ini dan digantungkan pada syarat hadir tidaknya Rusia. Biarkan semua mengalir pada saatnya," ujarnya.

Kedua, Indonesia tidak ingin ditekan dalam mengundang Rusia sebagai anggota G20. "Bukannya tidak mungkin bila Indonesia mengikuti kehendak AS dan sekutunya maka Rusia akan mendapatkan dukungan dari China dan mungkin India. Dua negara ini akan bersikap untuk tidak hadir bila Rusia dihalangi untuk hadir," ungkapnya.

Padahal China dan India merupakan dua negara penting di G20 karena memiliki jumlah penduduk yang besar.

Ketiga, AS dan sekutunya terus mendukung Indonesia sebagai Presiden dan tuan rumah yang baik dalam pelaksanaan event G20 tahun ini. "Indonesia tidak ingin masalah geopolitik di Eropa berimbas pada pembahasan perekonomian dunia di masa mendatang. Terlebih dijadikan medan untuk melanjutkan upaya menjatuhkan Putin sebagai Presiden Rusia," sambungnya.

Apa yang Harus Dilakukan Menlu RI? "Pertama saya apresiasi apa yang akan dilakukan Menlu Retno Marsudi," ujar Hikmahanto.

Menurutnya, karena kalau ujungnya nanti G20 gagal diselenggarakan bahkan bubar karena pertikaian AS dan sekutunya Vs Rusia, Indonesia sebagai presidensi sudah melakukan upaya dan ikhtiar. "Ini jauh lebih baik ketimbang berharap waktu akan menyelesaikan pertikian dua kelompok," ungkapnya.

Menurut Hikmahanto, sejumlah hal yang harus dilakukan Menlu Retno adalah, "Pertama, memberi pemahaman kepada negara-negara pro AS bahwa yang diminta oleh Rusia adalah jaminan bahwa NATO tidak melakukan ekapansi terus ke Timur."

Kedua, lanjut dia, meminta agar negara Eropa untuk membuat jaminan tertulis bahwa mereka tidak akan menerima Ukraina sebagai anggota NATO. Ketiga, bertemu lagi dengan Rusia membawa bekal inj dan meminta agar Rusia lakukan gencatan senjata.

Selanjutnya ke Ukraina, Indonesia meminta agar Presiden Volodymyr Zelenskyy tidak melakukan provokasi ke Rusia dan lebih mengedepankan rakyatnya. "Karena provokasi terhadap Rusia akan meningkatkan agresivitas Rusia dan itu dilampiaskan dengan membuat rakyat Ukraina dalam situasi yang sulit," tutup Hikmahanto.

Terpisah, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Teuku Faizasyah kepada Liputan6.com melalui pesan singkatnya, menyampaikan harapan agar ancaman boikot Amerika tak berbuntut panjang hingga ke perhelatan inti G20 Indonesia yang digelar akhir tahun ini. "Semoga tidak berkepanjangan ya."

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Rusia Ditendang dari Dewan HAM PBB

Rusia ditendang dari keanggotaan Dewan HAM Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Keputusan itu diambil setelah mayoritas negara anggota menyetujui draf resolusi penangguhan keanggotaan Federasi Rusia di Dewan Hak Asasi Manusia PBB, atas laporan pelanggaran berat dan sistematis dan pelanggaran hak asasi manusia di Ukraina.

Resolusi yang diprakarsai Amerika Serikat pada Kamis 7 April 2022 mencapai dua pertiga suara mayoritas anggota dalam pemungutan suara di Majelis Umum PBB yang diperlukan untuk meloloskan resolusi tersebut, dengan 93 suara mendukung dan 24 menentang. Mengutip Al Jazeera, Jumat (8/4/2022), ada 58 negara memutuskan abstain, termasuk Indonesia, tetapi suara mereka tidak dihitung dalam penghitungan akhir.

Resolusi singkat tersebut menyatakan "keprihatinan besar atas krisis hak asasi manusia dan kemanusiaan yang sedang berlangsung di Ukraina, khususnya atas laporan pelanggaran dan pelanggaran hak asasi manusia dan pelanggaran hukum humaniter internasional oleh Federasi Rusia, termasuk pelanggaran berat dan sistematis dan pelanggaran hak asasi manusia".

Pemungutan suara, yang menjadikan Moskow sebagai anggota tetap pertama Dewan Keamanan PBB dan membuat keanggotaannya dicabut dari badan PBB mana pun, segera disambut oleh Kiev tetapi dikritik oleh Moskow.

"Penjahat perang tidak memiliki tempat di badan-badan PBB yang bertujuan melindungi hak asasi manusia. Terima kasih kepada semua negara anggota yang mendukung resolusi UNGA yang relevan dan memilih sisi sejarah yang benar," kata Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba di Twitter.

Sementara itu, juru bicara Kremlin Dmitry Peskov menyatakan penyesalannya tentang keputusan tersebut. "Kami minta maaf tentang itu," kata Peskov dalam sebuah wawancara dengan Sky News Inggris. "Dan kami akan terus membela kepentingan kami menggunakan segala cara hukum yang mungkin," kata Peskov.

Rusia menyebut sejumlah negara yang tidak menentukan untuk memilih "menentang" dengan mengatakan abstain atau tidak memberikan suara, akan dianggap sebagai tindakan yang tidak bersahabat dan akan mempengaruhi hubungan bilateral. Dalam apa yang disebut non-paper yang diperoleh kantor berita The Associated Press, Rusia mengatakan upaya untuk mengeluarkannya dari Dewan Hak Asasi Manusia adalah tindakan politik oleh negara-negara yang ingin mempertahankan posisi dominan dan kontrol mereka atas dunia.

Hal itu digaungkan oleh Gennady Kuzmin, wakil duta besar Rusia untuk PBB, yang mengatakan pada sesi khusus UNGA tentang Ukraina sebelum pemungutan suara hari Kamis bahwa resolusi yang dipimpin AS "tidak ada hubungannya dengan situasi hak asasi manusia di lapangan."

"Apa yang kami lihat adalah upaya AS untuk mempertahankan posisi dominan dan kontrol totalnya, untuk melanjutkan upayanya pada kolonialisme hak asasi manusia," kata Kuzmin. Ia kemudian mengumumkan bahwa Rusia telah memutuskan untuk keluar dari Dewan Hak Asasi Manusia sama sekali.

"Anda tidak mengajukan pengunduran diri setelah Anda dipecat," kata Duta Besar Ukraina untuk PBB Sergiy Kyslytsya. Ia mendesak anggota UNGA untuk "menekan tombol 'ya' dan untuk menyelamatkan Dewan Hak Asasi Manusia serta banyak nyawa di seluruh dunia dan di Ukraina".

"Di sisi lain, menekan 'tidak' berarti menarik pelatuk dan berarti titik merah di layar - merah karena darah orang yang tidak bersalah hilang," kata Sergiy Kyslytsya.

Mengutip situs UN.org, resolusi tersebut menerima mayoritas dua pertiga dari mereka yang memberikan suara, dikurangi abstain, di Majelis yang beranggotakan 193 negara, dengan 93 negara memberikan suara mendukung dan 24 menentang.

Rusia, China, Kuba, Korea Utara, Iran, Suriah, Vietnam, termasuk di antara mereka yang memberikan suara menentang. Yang abstain antara lain India, Brasil, Afrika Selatan, Meksiko, Mesir, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Yordania, Qatar, Kuwait, Irak, Pakistan, Singapura, Thailand, Malaysia, Indonesia, dan Kamboja.

Infografis Rusia Didepak dari Dewan HAM PBB (Liputan6.com/Triyasni)


Dalang Penolakan Rusia di G20

Suara-suara penolakan kehadiran Rusia di G20 semakin keras, terutama dari negara-negara Barat. Menteri Keuangan Amerika Serikat Janet Yellen sudah berkata ogah datang ke acara-acara terkait kementeriannya apabila Rusia hadir.

Pertemuan puncak G20 akan dilaksanakan pada November 2022, namun sepanjang tahun ini ada sejumlah forum dan dialog yang digelar. Hal itu biasa dilakukan dalam acara G20. Pada 20 April 2022, ada Finance Ministers and Central Bank Governor Meeting.

Mayoritas negara Barat yang menolak Rusia belum secara eksplisit meminta agar G20 atau Rusia diboikot. Namun, secara implisit menyampaikan pesan bahwa Indonesia tak bisa memperlakukan Rusia dengan cara business as usual.

Suara yang paling mengkhawatirkan berasal dari Uni Eropa. Pada akhir Maret lalu, kelompok dengan 28 anggota ini telah menyatakan kehadiran Rusia di forum-forum menteri akan bermasalah.

"Telah ada diskusi-diskusi terkait apakah layak untuk Rusia untuk menjadi bagian G20," ujar seorang pejabat senior G7, dikutip yahoo!finance. "Jika Rusia tetap menjadi anggota, maka itu akan menjadi organisasi yang kurang berguna.

G7 terdiri atas Kanada, Prancis, Jerman, Italia, Jepang, Inggris, dan Amerika Serikat. Rusia pernah bergabung ke G7 sehingga namanya menjadi G8, tetapi keanggotaan Rusia dibatalkan usai mencaplok Semenanjung Krimea yang secara sah milik Ukraina pada 2014.

"Telah diperjelas kepada Indonesia bahwa kehadiran Rusia kepada pertemuan-pertemuan menteri akan sangat problematis bagi negara-negara Eropa," ujar sumber Uni Eropa tersebut.

Sebelumnya dilaporkan, aksi penolakan yang keras juga muncul dari tetangga Rusia sendiri: Polandia.

Dilaporan Polskie Radio, Kamis (24/3), gagasan itu diberikan oleh Menteri Pembangunan dan Teknologi, Piotr Nowak. Ia bahkan sudah membahas ini dengan Amerika Serikat.

"Proposal kami untuk mencopot Rusia dari grup G20 dan menggantikannya dengan Polandia diterima dengan pemahaman besar oleh perwakilan-perwakilan administrasi Amerika," ujarnya.

Polandia merupakan negara yang berbatasan dengan Rusia (Kaliningrad) dan Ukraina. Dulu Polandia juga anggota blok timur bersama Uni Soviet, tetapi kini mengambil posisi anti-Rusia.

Amerika Serikat belum terang-terangan mengambil sikap tentang pencopotan Rusia sebagai anggota G20. Ia hanya berkata hubungan dengan Rusia tak bisa lagi berjalan seperti biasa.

"Pada pertanyaan G20, saya akan mengatakan ini: Kami percaya bahwa ini tak bisa lagi bisnis seperti biasa bagi Rusia di institusi-institusi dan di komunitas internasional," ujar Penasihat Keamanan Nasional AS Jake Sullivan dalam konferensi pers di Gedung Putih.

Sullivan berkata bahwa AS ingin lebih dahulu melakukan konsultasi kepada para sekutu-sekutunya terkait respons terhadap Rusia di satu institusi tertentu.

Sementara, Duta Besar Rusia untuk Indonesia, Lyudmila Vorobieva, menyatakan bahwa Presiden Vladimir Putin ingin hadir di G20. Namun, pihak Rusia berkata masih melihat situasi.

Saat ini, anggota G20 adalah Argentina, Australia, Brazil, Kanada, China, Prancis, Jerman, India, Indonesia, Italia, Jepang, Korea Selatan, Meksiko, Rusia, Arab Saudi, Afrika Selatan, Turki, Inggris, Amerika Serikat, dan Uni Eropa.

Rusia mendapat pembelaan dari China yang berkata bahwa Rusia adalah anggota penting dari G20.

"G20 adalah forum utama dari kerja sama ekonomi internasional. Ia membawa semua ekonomi besar di dunia, termasuk Rusia, yang merupakan anggota penting dari grup tersebut. Tidak ada anggota yang punya hak untuk mencopot negara lain dari keanggotaannya," ujar Jubir Kemlu China Wang Wenbin, Rabu (23/3).

Perdana Menteri Australia Scott Morrison juga terang-terangan agar Rusia diusir dari G20 tahun ini. Ia berkata tak mau duduk dengan negara yang menginvansi negara lain.

"Rusia menginvasi Ukraina. Maksud saya, ini adalah tindakan berbahaya dan agresif yang merusak aturan hukum internasional," ujar PM Morrison seperti dilansir Sky News.

"Kami telah membuat pernyataan-pernyataan dan perwakilan-perwakilan yang sangat jelas tentang kekhawatiran kami pada keterlibatan Rusia di G20 tahun ini," lanjutnya.

Sementara, Presiden AS Joe Biden pada Senin (4 April) menuduh Presiden Rusia Vladimir Putin melakukan kejahatan perang dan menyerukan pengadilan, menambah kecaman global atas pembunuhan warga sipil di kota Bucha, Ukraina, ketika lebih banyak gambar grafis dari kematian mereka muncul.

"Anda melihat apa yang terjadi di Bucha," kata Biden kepada wartawan setelah mendarat di Washington dari Delaware, tempat dia menghabiskan akhir pekan, demikian seperti dikutip dari laman Channel News Asia, Selasa (5/4/)

"Ini menjamin dia - dia adalah penjahat perang."

Penemuan kuburan massal dan mayat terikat ditembak dari jarak dekat di Bucha, di luar Kyiv, sebuah kota yang direbut kembali oleh pasukan Ukraina dari pasukan Rusia, tampaknya akan menggembleng Amerika Serikat dan Eropa untuk menjatuhkan sanksi tambahan terhadap Moskow.

"Kami harus mengumpulkan informasi. Kami harus terus menyediakan senjata yang dibutuhkan Ukraina untuk melanjutkan pertempuran. Dan kami harus mendapatkan semua detailnya sehingga ini bisa menjadi kenyataan, mengadakan pengadilan kejahatan perang," kata Biden.


Apa Itu G20?

Indonesia memegang presidensi G20 pada 2022 dan menjadi tuan rumah dalam perhelatannya di akhir tahun. Sebenarnya, apa itu G20?

Dilansir dari laman resmi G20, Jumat (25/2/2022), G20 adalah platform multilateral strategis yang menghubungkan negara-negara maju dan berkembang di dunia. G20 memiliki peran strategis dalam mengamankan pertumbuhan dan kemakmuran ekonomi global di masa depan.

Secara akumulatif, anggota G20 mewakili lebih dari 80 persen PDB dunia, 75 persen perdagangan internasional, dan 60 persen populasi dunia.

Dimulai pada 1999 sebagai pertemuan menteri keuangan dan gubernur bank sentral, G20 telah berkembang menjadi pertemuan puncak tahunan yang melibatkan Kepala Negara dan Pemerintahan.

Selain itu, pertemuan Sherpa (yang bertugas melakukan negosiasi dan membangun konsensus di antara para Pemimpin), kelompok kerja, dan acara khusus juga diselenggarakan sepanjang tahun.

Negara Anggota G20

Negara anggota G20 meliputi Argentina, Australia, Brasil, Kanada, China, Prancis, Jerman, India, Indonesia, Italia, Jepang, Republik Korea, Meksiko, Rusia, Arab Saudi, Afrika Selatan, Turki, Inggris, Amerika Serikat, dan Uni Eropa. Spanyol juga diundang sebagai tamu tetap.

Setiap tahun, Kepresidenan mengundang negara-negara tamu, yang mengambil bagian penuh dalam latihan G20.

Beberapa organisasi internasional dan regional juga berpartisipasi, memberikan forum tersebut representasi yang lebih luas.

Alur Kerja G20

Kepresidenan G20 berputar setiap tahun di antara para anggotanya, dengan negara yang memegang kepresidenan bekerja sama dengan pendahulu dan penerusnya, juga dikenal sebagai Troika, untuk memastikan kesinambungan agenda.

Saat ini Italia, Indonesia, dan India adalah negara Troika.

G20 tidak memiliki sekretariat tetap. Agenda dan koordinasi kerja tersebut diselesaikan oleh perwakilan pribadi pemimpin G20 yang dikenal dengan sherpa bersama para menteri keuangan dan gubernur bank sentral.

Puncak kerja G20 di setiap siklus adalah komunike yang mengungkapkan komitmen dan visi anggota untuk masa depan, yang disusun dari rekomendasi yang dipilih dan hasil dari pertemuan tingkat menteri dan alur kerja lainnya.

Sejarah G20

G20 dibentuk pada tahun 1999 dengan tujuan untuk membahas kebijakan dalam rangka mencapai stabilitas keuangan internasional.

Forum ini dibentuk sebagai upaya untuk mencari solusi atas kondisi ekonomi global yang dilanda krisis keuangan global tahun 1997-1999 dengan melibatkan negara-negara berpenghasilan menengah dan memiliki pengaruh ekonomi sistemik, termasuk Indonesia.

Atas saran para Menteri Keuangan G7, para Menteri Keuangan G20 dan Gubernur Bank Sentral mulai mengadakan pertemuan untuk membahas tanggapan terhadap krisis keuangan global yang terjadi. Setelah itu, pertemuan tingkat Menteri Keuangan diadakan secara rutin pada musim gugur.

Sembilan tahun kemudian, pada 14-15 November 2008, para pemimpin negara-negara G20 berkumpul untuk KTT G20 yang pertama.

Pada kesempatan itu, para pemimpin negara tersebut mengkoordinasikan respon global terhadap dampak krisis keuangan yang terjadi di AS saat itu dan sepakat untuk mengadakan pertemuan lanjutan.

Untuk mempersiapkan KTT tahunan, para Menteri Keuangan G20 dan Gubernur Bank Sentral, bersama dengan para Sherpa bertemu beberapa kali dalam setahun.

Infografis Negara Penolak Vladimir Putin di G20 (Liputan6.com/Triyasni)

Heboh, Pose Gisel di Tepi Pantai

Gisel Asyik Menyelami Bawah Laut Parigi Moutong, Pose di Tepi Pantai Bikin Salah Fokus

Liputan6.com 2022-04-08 09:03:00
Artis Gisella Anastasia berpose saat mengunjungi Kantor KLY di Gondangdia, Jakarta, Jumat (14/9). Gisel banyak melakukan olahraga sederhana yang lebih mengandalkan berat tubuh dari pada ala-a

Gisella Anastasia atau akrab disapa Gisel tak jarang membagikan beragam aktivitas melalui akun Instagram pribadi. Di antara potret kesibukan sebagai pesohor dan ibu dari Gempita, unggahan Gisel saat menyelam sukses mencuri perhatian.

Semua berawal dari unggahan Gisel pada 4 April 2022 lalu yang membagikan serangkaian potret tengah menyelami keindahan spot diving Parigi Moutong di Sulawesi Tengah. Gisel berbalut peralatan menyelam lengkap di antara cantiknya terumbu karang.

Dia menyelam dari satu spot ke spot lain dengan panorama coral cantik, mantap terabadikan dalam sederet potret. Ia pun tak dapat menutupi rasa bahagia dapat ambil bagian dalam membingkai momen seru yang sukses membuat berdecak kagum tersebut.

"Ga nyangka bisa jatuh cinta segitunya sama coral yg super cantik dan gede gede banget. Itu ikan kecil yg seliweran udah ga terhitung lagi berapa banyak," tulis Gisel dalam kolom keterangan potret.

Gisel melanjutkan, "Dr jauh kyk titik titik aja gt. Rasanya pgn bawa pulang. So #blessed bisa menikmati indahnya ciptaan Tuhan"

Pada potret yang berbeda, masih mengabadikan ragam keseruan agenda menyelam Gisel. Salah satu potret apik ketika kamera berada di ambang air dan darat yang memperlihatkan Gisel duduk di tepi kapal tengah berbalut peralatan menyelam lengkap.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Kekaguman Gisel

Beralih ke potret lain, Gisel kembali memperlihatkan potretnya menjelajah bawah laut Parigi Moutong. Sembari melihat ke kamera, ia berpose di dekat coral warna-warni yang super cantik.

"Ampibabo. Herannya disini bisa ada coral garden kyk seluas bola gt dengan coral berwarna warni, berbagai tekstur dan ukuran di kedalam 30meter.So amazing," tulisnya dalam kolom keterangan.

Ada pula momen Gisel menyaksikan segerombolan ikan-ikan kecil tengah berkumpul dekat terumbu karang. "Mereka ini yg bikin gemes setiap kali turun di Parigi kmrn," tulisnya.

"Sampe gemes pengen ngitungin ada berapa ekor sih sebenernya yg tinggal d setiap rumah tangga perkarangan itu gemesss kan ngebayangin mereka hidup bertetangga. Kok ya bisa ga nyasar k rumah ikan lain," lanjutnya.


Momen Seru

Setelah keseruan menyelami bawah laut Parigi, Gisel juga berbagi momen lain. Salah satunya ketika bersantai dan berendam di air laut yang jernih menampakkan gradasi biru nan memanjakan mata.

"Berhubung lg terik banget, posting rendeman di air dl biar adem," tulisnya pada unggahan 6 April 2022.

Keesokan hari ini, Gisel kembali membagikan potret tengah bersantai dan duduk di atas hammock. Ia berbalut crop top hitam dengan bagian belakang yang menyilang dan celana jeans pendek.

Rambutnya diikat satu dan sembari mengenakan kacamata hitam. "Foto2 kmrn waktu nungguin dive berikutnya. Sok sok duduk disitu biar instagramable padahal fokus banget nahan core biar ga kejungkel," tulisnya.


Bikin Salfok

Gisel melanjutkan, "Slide sampe trakir buat liat ekspresi pas udh lepas kacamata deh, emang ga bisa mau sok sok cantik."

Namun, serangkaian potret Gisel tersebut sukses membuat warganet salah fokus alias salfok. "Salfok slide 3," tulis warganet.

"Slide ke 3 aku zommm lohh ada titik2 apa yakk," lanjut warganet lain.

"Slide ke 3 jangan di zoom," tambah lainnya.

Di sisi lain, ada pula warganet yang memuji kecantikan Gisel. "Cantik bngt mma gsel," tulis seorang warganet.

"Cantinya mama isel," lanjut lainnya. "Gorgeous queen," tambah warganet lain.

Infografis: 4 Unsur Wisata Ramah Lingkungan atau Berkelanjutan

Wayne Rooney Iri pada Ronaldo?

Dikritik Wayne Rooney, Cristiano Ronaldo: Cuma Iri

Liputan6.com 2022-04-08 09:30:13
Manchester United berhasil memetik poin penuh saat menjamu Brighton pada laga lanjutan Liga Inggris di Old Trafford, Rabu (16/02/2022) dini hari WIB. Duo Portugis, Cristiano Ronaldo dan Bruno

Pemain Manchester United (MU) Cristiano Ronaldo membalas kritik dari Wayne Rooney setelah dia menyarankan klub untuk memutus kontrak pada akhir musim ini. Ronaldo menyebut mantan kapten MU itu hanya iri kepadanya.

Ketika diwawancarai oleh Sky Sports, Wayne Rooney menyebut MU seharusnya mencari sosok penyerang muda, bukan seperti Ronaldo.

Bukan hanya Ronaldo, Rooney juga menyebut nama Paul Pogba sebagai dua pemain yang harus dicoret MU setelah musim berakhir.

"Dia telah mencetak gol-gol penting di Liga Champions sejak awal, dia mencetak hat-trick melawan Tottenham," ujar Rooney dilansir dari Sky Sports.com.

"Tapi kalau melihat masa depan klub, anda harus memilih pemain yang lebih muda, yang lebih lapar, untuk melakukan yang terbaik demi menggendong Manchester United selama dua-tiga tahun ke depan," jelasnya.

Pemain berkebangsaan Inggris ini menyinggung umur Ronaldo yang sudah menginjak 37 tahun dan absen dalam beberapa laga karena masalah kebugaran.

"Dan tentunya Cristiano sudah mulai (tua). Dia jelas-jelas bukan lagi pemain yang sama dengan dirinya di usia 20-an. Dan itu pasti, namanya juga sepakbola. Dia ancaman di depan gawang tetapi menurut saya untuk aspek pertandingan lainnya, Man United membutuhkan lebih, mereka membutuhkan pemain muda yang lapar," tambahnya.

"Menurut saya mereka punya pemain muda apik. Saya kira (Jadon) Sancho akan meningkat tahun depan, (Marcus) Rashford akan lebih baik tahun depan."


Respon Ronaldo

Tak terima dikritik seperti itu, Ronaldo pun merespon unggahan Ronney di sosial media, Rabu (6/4/2022). "Dia cemburu," tulis Ronaldo dengan emoticon mata, Rabu (6/4/2022).

Sebagai diketahui, Ronaldo sendiri sudah mencetak 18 gol dalam 32 pertandingan lintas kompetisi musim ini. Namun, dia juga kerap absen karena masalah kebugaran.

Ronaldo juga melewatkan derby Manchester yang sangat penting karena masalah fleksor pinggul dan memutuskan untuk terbang ke luar negeri. Keputusan ini sempat membuat banyak rekan setimnya kaget.

Alhasil, Manchester United harus menelan kekalahan 1-4 pada laga tersebut. Simak berita lengkapnya di sini.


Pertandingan Selanjutnya

Manchester United akan bertemu Everton pada lanjutan Liga Inggris 2021/2022. Pertandingan ini berlangsung di Stadion Goodison Park, Sabtu (9/4/2022). Setelah itu, MU meladeni Norwich City.

Setan Merah akan coba memperbaiki performa setelah gagal menunjukkan performa terbaik di tiga pertandingan terakhir. Mereka hanya meraih satu kemenangan dengan mengalahkan Tottenham Hotspur. Selain itu MU dikalahkan Atletico Madrid dan ditahan Leicester City.

Penulis: Jesslyn Koesman

Sewa Mobil Rp 30 Juta per Hari Buat Mudik

Jadi Incaran, Rental Mobil Ini Sewakan Lamborghini Rp 30 Juta Per Hari Buat Mudik

Liputan6.com 2022-04-08 16:10:30
Mobil pemudik memadati dua ruas Jalan Tol Cikopo Palimanan (Cipali) pada Km 187 sebelum pintu keluar Gerbang Tol Cipali, Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (1/6/2019). Memasuki H-4 Lebaran, kepadatan

Ramadhan selalu dinanti umat muslim di seluruh dunia setiap tahunnya. Bukan hanya karena amalannya yang berlipat ganda, namun juga tradisi-tradisi yang tidak akan ditemukan di bulan lain. Salah satu tradisi yang sangat khas dari bulan Ramadhan adalah mudik atau pulang ke kampung halaman.

Tradisi Ramadhan yang satu ini juga disebut sebagai tradisi lebaran. Setelah menjalankan ibadah puasa selama satu bulan, saatnya menyambut hari kemenangan bersama keluarga tercinta. Bagi seorang perantau, mudik akan dilakukan demi bisa berkumpul dan berjabat tangan dengan orangtua dan sanak saudara lainnya.

Terlepas dari musim perayaan, sebagian dari kita cenderung mengemas tas dan pulang ke kampung halaman terutama jika tanggal merah jatuh pada Jumat atau Senin, yang berarti memberi kita akhir pekan yang panjang.

Untuk menghemat biaya, beberapa orang mungkin memilih untuk bepergian melalui transportasi umum seperti kereta api atau bus. Namun, pernahkah terpikir untuk kembali ke kampung halaman dengan 'gaya' membawa mobil mewah? Lalu bagaimana caranya? Berikut Liputan6.com ulas selengkapnya dilansir dari World of Buzz pada Jumat (8/4/2022).


Banyak yang tertarik dengan sewa mobil mewah

Melansir World of Buzz, Manajer Sewa Mobil Mewah AHMJ di Kuala Lumpur mengungkapkan bahwa masyarakat sudah mulai menanyakan harga sewa mobil mewah. Karena perbatasan sekarang benar-benar terbuka, kebanyakan orang sudah bersemangat tentang liburan yang akan datang.

Beberapa nama mobil mewah yang disediakan perusahaan tersebut antara lain, Ford Mustang, Nissan Skyline, Lamborghini, Ferrari, McLaren, Alphard, dan Vellfire. Manajer menambahkan bahwa mobil mewah paling mahal yang mereka miliki di toko adalah Lamborghini Aventador.


Harga sewa Lamborghini hampir Rp 30 juta

Lebih lanjut, Manajer juga mengungkapkan bahwa ada orang yang rela menghabiskan hingga RM7,999 per hari atau hampir 30 juta rupiah untuk menyewa Lamborghini untuk pulang kampung alias mudik. Mobil mewah tersebut tak lain adalah Lamborghini Aventador yang disebut paling mahal dari yang lain.

"Berdasarkan catatan rental kami beberapa hari ini, Alphard & Vellfire berada di urutan teratas daftar. Tetapi masih ada orang yang bersedia membayar RM7,999 untuk menyewa Lamborghini," kata manajer itu, dikutip dari World of Buzz.

Selain mobil mewah, perusahaan juga menyediakan mobil reguler seperti Myvi dan Toyota Vios. Harganya diharapkan jauh lebih murah, yaitu mulai dari RM120 per hari atau sekitar 400 ribu rupiah. Ada pula Nissan Skyline yang per harinya dikenakan biaya RM3,999 atau hampir 14 juta rupiah.