Volume 262

Ade Armando Babak Belur Dipukul Massa

Ade Armando Babak Belur, Diduga Dipukuli Demonstran di Gedung DPR

Liputan6.com 2022-04-11 16:33:32
Ade Armando (Facebook Ade Armando)

Pegiat media sosial Ade Armando babak belur digulung massa aksi mahasiswa di depan Gedung DPR RI, Senin (11/4/2022).

Ade Armando yang mengenakan kaos berwarna hitam bertuliskan "Pergerakan Indonesia" itu menerima pukulan dan tendangan saat berada di tengah-tengah massa aksi.

Tak diketahui pasti apakah mahasiswa atau bukan yang menggulung Ade Armando. Namun saat diamankan, Ade Armando hanya terlihat mengenakan celana dalam saja.

Wajahnya terlihat babak belur dan bercucuran darah. Dia dibopong polisi dari tengah-tengah lautan demonstran.

Ade Armando diketahui mendatangi Gedung DPR/MPR RI, Senin (11/4/2022). Dia mengaku tidak berniat ikut aksi.

"Saya tidak ikut demo. Tetapi saya mantau dan saya ingin menyatakan mendukung," ujar Ade kepada wartawan di lokasi.

Dia menolak perpanjangan masa jabatan presiden. Pasalnya, pemerintah, KPU, dan DPR sepakat pemungutan suara jatuh pada 14 Februari 2024.

"Siapa pum partai politik masih berpikir untuk memperpanjang 3 periode harus tahu bahwa masyarakat enggak suka sama itu," kata dia.

Rusuh Dipicu Lemparan Batu Massa Baju Bebas

Demo Rusuh di Depan Gedung DPR Berawal dari Lemparan Batu Massa Baju Bebas

Liputan6.com 2022-04-11 16:22:24
Massa mahasiswa sejumlah aliansi mulai mendatangi kawasan sekitar Gedung DPR untuk berunjuk rasa di Jakarta, Senin (11/4/2022). Diketahui, ada empat tuntutan yang disuarakan dalam aksi mahasi

Aksi demo mahasiswa di depan Gedung DPR/MPR, Senayan berujung ricuh. Kericuhan terjadi sesaat setelah Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad menemui massa demonstran, Senin (11/4/2022).

Pantauan Liputan6.comdi lapangan, demo rusuh terjadi saat Listyo dan Dasco turun dari mobil komando. Tiba-tiba massa dengan pakaian bebas yang ada di sisi timur melemparkan botol berisi batu ke arah gerbang utama Gedung DPR, Senayan.

Lemparan batu tersebut juga mengarah ke mobil komando yang dinaiki para orator dari massa mahasiswa. Satu orang mahasiswa memakai almamater warnai hijau bahkan terluka di kepala dan langsung dievakuasi temannya menjauh.

Begitu juga mobil komando mahasiswa yang sempat dilempari langsung menjauh ke tempat yang lebih aman. Sementara massa yang memakai baju bebas membakar ban dan benda-benda lain di lokasi.

Belum diketahui pasti, dari mana massa berbaju bebas tersebut berasal.

Aparat kepolisian kemudian menembakkan gas air mata untuk membubarkan massa.

Massa dari kalangan mahasiswa dan yang memakain baju bebas berhamburan berlari ke lokasi yang lebih aman. Namu tak berselang lama, massa berbaju bebas dari arah jembatan Semanggi kembali mendekat ke depan gerbang utama Gedung DPR/MPR, Senayan.

Hingga berita ini ditulis, kerusuhan masih terjadi. Namun massa masih bertahan di sekitar kawasan Gedung DPR/MPR, Senayan.


Pendekatan Humanis

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menginstruksikan jajarannya agar mengawal dan mengamankan aksi demonstrasi mahasiswa pada 11 April 2022, dengan mengedepankan pendekatan humanis.

Hal itu diinstruksikan Kapolri saat menggelar video conference bersama seluruh jajaran baik dari tingkat Mabes Polri Polda dan Polres jajaran.

"Polri memberikan dan menjamin setiap warga negara untuk menyampaikan aspirasinya atau memberikan ruang demokrasi. Oleh karena itu, pendekatan humanis harus terus dilaksanakan dalam mengawal aksi demonstrasi," kata Sigit dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Minggu (10/4/2022).

Sigit memastikan, Polri memiliki komitmen dalam rangka menjunjung tinggi HAM dan nilai-nilai demokrasi di Indonesia. Dalam hal ini, kata Sigit, Korps Bhayangkara berpegang teguh pada UUD 1945 maupun Undang-Undang (UU) soal kebebasan berpendapat dan berekspresi yang merupakan bagian dari hak asasi manusia sehingga diberikan perlindungan secara universal.

Di sisi lain, Sigit juga menegaskan, aparat kepolisian tetap akan menjalankan tugasnya dalam memberikan jaminan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas). Sebab itu, Sigit berharap, demonstrasi 11 April besok, juga diharapkan mampu menghormati dan menjaga kesucian serta kekhusyukan umat Islam yang sedang menjalani ibadah Puasa Ramadan.

"Sebab itu, humanis harus terus dilaksanakan. Apalagi, karena saat ini bulan Ramadan, kesucian dan kekhusyukan bagi umat muslim yang sedang menjalani puasa tetap harus kita perhatikan," ujar Sigit.

Demi semakin menciptakan situasi kamtibmas yang tetap kondusif, aman dan damai dalam demonstrasi di bulan Ramadan, Sigit mengimbau, baik ke kepolisian maupun peserta aksi untuk sama-sama mengantisipasi adanya penumpang gelap atau oknum yang berusaha menunggangi demonstrasi tersebut.


Waspada Penumpang Gelap

Menurut Sigit, dengan adanya antisipasi penumpang gelap dari pihak kepolisian dan peserta aksi, maka aspirasi yang disampaikan bisa berjalan dan tersalurkan dengan baik tanpa adanya noise atau sumbatan komunikasi.

Dengan tidaknya adanya noise tersebut, Sigit meyakini aspirasi yang disampaikan mahasiswa dan masyarakat bisa diterima dengan baik dan ditindaklanjuti oleh para pemangku kebijakan. Sebagai kaum intelektual, Sigit juga meyakini mahasiswa juga tidak ingin dan berharap aksinya disusupi oleh oknum yang tak bertanggung jawab.

"Sehingga penyampaian pesan ini betul-betul tersampaikan dengan jernih tidak ada noise. Dengan begitu, para pengambil keputusan, pemangku kebijakan, mendengarkan dengan jelas, kemudian segera bisa ditindaklanjuti pesan tersebut tanpa terganggu oleh noise-noise tersebut. Ini tentunya menjadi tanggung jawab kita bersama," papar Sigit.

Terkait penumpang gelap atau oknum yang berusaha menciderai aspirasi mahasiswa dan masyarakat, Sigit menyatakan bahwa, kepolisian akan memberikan tindakan tegas kepada siapa pun pihak yang mencoba memanfaatkan demonstrasi tersebut demi mengambil keuntungan untuk kepentingan segelintir kelompok.

"Tapi terhadap kelompok-kelompok penyusup yang akan menunggangi tolong dari rekan-rekan untuk mengawasi betul. Kalau sampai terjadi pemicu kemudian terjadi hal yang sifatnya anarkis dan kita harus melakukan penegakan hukum, tarik sampai ke atas hingga sampai tuntas dan itu semuanya akan kita proses. Karena Polri ingin gerakan mahasiswa betul-betul berjalan aman, tertib dan aspirasinya tersampaikan," tutup Sigit.

"Sekali lagi saya imbau, mari bersama-sama kita jaga kesucian bulan Ramadan. Sampaikan aspirasi dengan tertib dan damai. Semoga saudara-saudara kita umat muslim bisa menjalankan ibadah puasa dengan tenang dan lancar hingga akhir," pungkas Kapolri.


Tuntutan BEM SI

Koordinator Media Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia atau BEM SI 2022, Luthfi Yufrizal merilis maklumat aksi demonstrasi 11 April 2022. Seperti dikutip dari situs Instagram resmi mereka, aksi tersebut akan dilangsungkan pukul 10 pagi dan berkolasi di Gedung DPR Jakarta.

"Aliansi BEM Seluruh Indonesia kembali akan menggelar aksi masa yang akan dilaksanakan Senin 11 April 2022 Pukul: 10.00 WIB di DPR RI," tulis Luthfi dalam Instagramnya dan sudah dibenarkan, Minggu (10/4/2022).

Luthfi menambahkan, ada empat tuntutan yang akan disuarakan besok dalam aksi. Pertama, mendesak dan menuntut wakil rakyat agar mendengarkan dan menyampaikan aspirasi rakyat bukan aspirasi partai.

Kedua, mendesak dan menuntut wakil rakyat untuk menjemput aspirasi rakyat sebagaimana aksi massa yang telah dilakukan dari berbagai daerah dari tanggal 28 Maret 2022 sampai 11 April 2022.

"Ketiga, mendesak dan menuntut wakil rakyat untuk tidak mengkhianati konstitusi negara dengan melakukan amandemen, bersikap tegas menolak penundaan pemilu 2024 atau masa jabatan 3 periode," tegas Luthfi.

Terakhir, mendesak dan menuntut wakil rakyat untuk menyampaikan kajian disertai 18 tuntutan mahasiswa kepada presiden yang sampai saat ini belum terjawab.

"Kami ada dan terus berlipat ganda. Panjang Umur Perjuangan!," tutup Luthfi.

Infografis Gelombang Demo Mahasiswa Tolak RUU Kontroversial. (Liputan6.com/Triyasni)

Kim Seon Ho Punya Warteg di Cikini

Kim Seon Ho Buka Warteg di Cikini, Bagi-Bagi Makanan Gratis untuk Buka Puasa

Liputan6.com 2022-04-08 17:00:00
Kim Seon Ho mendapat hadiah ulang tahun berupa warteg alias warung Tegal dari basis penggemarnya --- Seonhohada --- di Indonesia. Warteg Mamang Seon Ho di Jakarta akan beroperasi selama empat

Diam-diam aktor Kim Seon Ho membuka warteg alias warung Tegal pertamanya di Indonesia. Untuk saat ini baru beroperasi di Jakarta. Tidak menutup kemungkinan akan buka di wilayah lainnya.

Warteg ini adalah hadiah dari Seonhohada --- sebutan basis penggemar Kim Seon Ho --- di Indonesia. Untuk sang idola yang akan berulang tahun ke-36 pada Mei mendatang. Yang digagas Seonhohada Indonesia Project.

Dijelaskan salah seorang tim Seonhohada Indonesia Project, Laila, warteg 'Mamang Seonho' diadakan sebagai proyek ulang tahun Kim Seon Ho di tahun 2022. Tahun lalu pun mulai dilaksanakan jauh-jauh hari sebelum bulan Mei.

Proyek ulang tahun Kim Seon Ho kali ini dimulai di bulan April. Bertepatan dengan momentum puasa Ramadhan.

"Kenapa jadi di bulan Ramadhan, simply karena berdekatan dengan bulan Mei. Ramadhan juga identik dengan kebaikan, dan itu sejalan dengan tujuan SIP sendiri, menyebar kebaikan," kata Laila saat berbincang dengan Health Liputan6.com melalui aplikasi pesan singkat.

Sehingga Seonhohada Indonesia Project menilai tidak ada salahnya apabila proyek warteg 'Mamang Seonho' beririsan langsung dengan bulan Ramadhan.

"Dan, hal ini memang sudah dikonsep dari awal proyek, enggak tiba-tiba berubah akadnya," Laila melanjutkan.

Adapun alasan menghadiahi Kim Seon Ho warteg lantaran pemeran Hong Dusik di drama Korea 'Hometown Cha-Cha-Cha' doyan sekali makan.

Kecintaannya akan makanan terlihat di berbagai momen. Paling jelas terlihat saat Kim Seon Ho tampil selama dua tahun di acara ragam (variety show) 2 Days 1 Night.


Warteg Kim Seon Ho Buka di Cikini

Laila, melanjutkan, karena proyek dan penyaluran berlangsung di bulan Ramadhan, sangat umum dilakukan bagi-bagi makanan untuk buka puasa.

Selain itu, kata Laila, Seonhohada Indonesia ingin mengangkat sesuatu yang 'Indonesia banget' sebagai hadiah untuk Kim Seon Ho.

"Dan, masyarakat Indonesia melekat dengan warteg. Makanya, kami memutuskan untuk menggunakan konsep warteg gratis dalam proyek kali ini," kata Laila.

Saat ditanya apakah warteg ini cuma sekadar 'nama' doang atau 'numpang' warteg yang sudah ada, Laila menjawab yang mengarah pada poin nomor dua.

"Dalam proyek ini kami mencari warteg yang eksisting untuk kami 'branding' sebagai Warteg Mamang Seonho," katanya.

"Salah satu alasannya, ini juga bisa membantu UMKM atau warteg eksisting karena makanan yang mereka jual kita borong untuk kemudian dibagikan kepada yang membutuhkan," Laila melanjutkan.

Warteg Kim Seon Ho yang pertama terletak di Jalan Kali Pasir Nomor 56, Cikini, Jakarta Pusat. Akan buka selama empat hari terhitung sejak 7 s/d 10 April 2022.

Menurut Laila, akan dibagikan total 1.000 paket makanan untuk buka selama selama empat hari.


Terkumpul Ratusan Juga untuk Proyek Ulang Tahun Kim Seon Ho

Proyek warteg Kim Seon Ho dapat berjalan karena penggalangan dana melalui 'Kado Ultah Seonho' di situs Kita Bisa. Yang dibuka sejak 12 Maret 2022 dengan target sebesar Rp150 juta.

Namun, baru di penghujung Maret saja, sudah terkumpul uang sebesar Rp124.276.376 yang berasal dari 8.137 donatur.

"Penggalangan ini masih kita buka sampai tanggal 24 April 2022 dan penyaluran terakhir rencananya akan dilakukan di minggu terakhir bulan April sebelum Lebaran," kata Laila.

"Alhamdulillah, kalau dilihat respons Seonhohada untuk kegiatan kebaikan positif banget. Memang tercermin dari apa yang bisa dilihat dari Seonho. Seonhohada pun jadi senang ikut berbuat baik," Laila melanjutkan.

Untuk lokasi selanjutnya, Laila, mengaku, Seonhohada Indonesia Project masih melakukan proses skrining bersama dengan pihak NGO yang membantu dalam proses penyaluran.

Namun, kata Laila, harapannya warteg Kim Seon Ho bisa dibuka di daerah lain di luar Jakarta. Sehingga semakin banyak lagi orang yang merasakan manfaat dari warteg ini.

"Warteg gratis ini kami bagikan untuk warga yang membutuhkan, seperti pengemudi ojek online, tukang sapu jalanan, dhuafa, pejuang jalanan, pedagang, dan warga yang sedang berpuasa," ujarnya.

Laila memastikan bahwa seluruh transaksi dari uang yang masuk ke Kita Bisa dilakukan secara transparan. Dari halaman tersebut akan terlihat penyaluran dananya ke mana saja.

INFOGRAFIS: Beda Durasi Waktu Puasa Negara-Negara di Dunia (Liputan6.com / Triyasni)

Puput-Doddy Sudrajat Resmi Cerai

Puput dan Doddy Sudrajat Resmi Cerai Secara Verstek

Liputan6.com 2022-04-11 14:41:01
Doddy Sudrajat dan Puput. (Foto: Dok. Instagram @dodysoedrajat_1)

Gugatan cerai Puput terhadap Doddy Sudrajat dikabulkan oleh Majelis Hakim Pengadilan Agama Jakarta Pusat , Senin (11/4/2022). Kini keduanya sudah tidak lagi menyandang status sebagai sepasang suami istri alias bercerai.

Perceraian diputus secara verstek lantaran ayah mendiang Vanessa Angel sudah tiga kali berturut-turut tidak hadir dalam sidangan perceraiannya dengan pemilik nama asli Roy Pujiarti. Sehingga hal itu menjadi alasan kuat majelis hakim memutuskan perceraian secara cepat.

Halim Perdana Kusuma kuasa hukum Puput mengatakan, sejak awal pihaknya memang ingin perceraian ini diputus secara verstek. Ternyata apa yang mereka inginkan diwujudkan oleh majelis hakim.

"Jadi kita mengajukan langsung saksi dan kita minta putusan verstek. Jadi sudah putusan. Kami menyampaikan kesimpulan secara lisan, saat itu langsung diputus verstek," kata Halim Perdana Kusuma saat ditemui di Pengadilan Agama Jakarta Pusat, Senin (11/4/2022).

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Tanpa Perlawanan

Lanjut Halim Perdana Kusuma, segala proses telah ia lalui untuk menjalani persidangan ini. Ternyata tidak ada perlawanan dari pihak tergugat dalam hal ini Doddy Sudrajat, sehingga hakim memutuskan untuk segera mengakhiri persidangan.

"Prosesnya memang sudah harus putusan, ini putusan pengadilan, bukan karena Doddy tidak pernah hadir, semua proses sudah dilalui, dari saksi, pembuktian dan lainnya," jelasnya.


Banding

Terhitung sejak hari ini pihak Doddy Sudrajat diberikan kesempatan untuk mengajukan banding apabila keberatan. Bila sama sekali tidak ada respons dari Doddy Sudrajat, maka putusan dinyatakan inkrah.

"Enggak masalah (pihak terkait tidak hadir), sudah diwakili kuasa hukum dan ini belum inkrah ya nanti ada waktu 14 hari untuk perlawanan dari pihak tergugat ya," jelsanya.


Pernikahan dan Gugatan Cerai

Seperti diketahui Puput menggugat cerai Doddy SUdrajat pada 15 Maret 2022 dan teregistrasi dengan nomor 516/Pdt.G/2022/PA.JP. Sering terjadi percekcokan dan tidak dinafkahi secara layak menjadi salah satu alasan Puput menggugat cerai besan Haji Faisal.

Diketahui Doddy Sudrajat menikah dengan Puput pada 2016. Keduanya menikah dengan status duda dan janda. Dari pernikahannya itu mereka dikaruniai anak perempuan yang diberi nama Aisyah.

Ayah Vanessa Khong Juga Jadi Tersangka

Vanessa Khong Heran Sang Ayah Jadi Tersangka Karena Terima Aliran Dana, Padahal untuk Renovasi Rumah Indra Kenz

Liputan6.com 2022-04-11 12:30:41
Tak Kalah Tajir dari Indra Kenz, Ini 7 Sumber Kekayaan Vanessa Khong (Sumber: Instagram/vanessakhongg)

Vanessa Khong bersama ayahnya, Rudiyanto Pei, serta adik Indra Kenz, yakni Nathania Kesuma, saat ini telah ditetapkan jadi tersangka dalam kasus Binomo yang tengah menjerat Indra Kenz. Mereka dipersangkakan dengan pasal tindak pencucian uang.

Vanessa Khong melalui unggahan di Instagram-nya telah menyampaikan tanggapan yang cukup panjang lebar. Termasuk juga tentang penetapan tersangka terhadap dirinya dan sang ayah.

Vanessa Khong menegaskan bahwa dirinya dan sang ayah siap membuktikan bahwa mereka tidak bersalah dalam kasus ini.

"Media boleh ngomong apa aja, kalian boleh mikir apa aja tentang aku dan keluargaku yang jelas kita sangat sangat bisa membuktikan kalau kita gak melakukan seperti apa yg dituduhkan. biar fakta aja yg berbicara," tulis Vanessa Khong.

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Untuk Renovasi

Soal dana yang diterima sang ayah dari Indra Kenz, ia menyebut bahwa uang tersebut adalah atas permintaan Indra Kenz untuk biaya renovasi rumahnya. Vanessa juga menyatakan memiliki bukti lengkap semua pembayarannya.

"Bingung deh, sebenarnya ini kasus apa sih? Kasus binomo atau kasus teroris ya? Papaku jadi TSK juga karena trima aliran dana, padahal dikirim duit ke papa karena dia minta tolong BANGUN N RENOV Rumah. semua BUKTI pembayaran juga sudah LENGKAP. Btw, rumah dia juga udh disita semua toh," sambung Vanessa Khong.


Masih Utang

Sepertinya Vanessa Khong sangat keberatan dengan tudingan bahwa sang ayah menikmati aliran dana dari Indra Kenz. Pasalnya, baru terungkap bahwa sebenarnya Indra Kenz justru masih memiliki utang kepada ayah Vanessa Khong.

"Padahal dia masi utang sama papa akuu ini.... Eh malah dibilang menikmati duit dia," tulis Vanessa Khong dalam unggahan lain.


Tersangka

Terlepas dari itu, Vanessa Khong juga berpesan kepada semua pihak yang pernah berurusan soal uang dengan Indra Kenz. Karena tidak menutup kemungkinan akan muncul tersangka-tersangka lain.

"Kalau kita bisa jadi tsk, berarti semua org yg pernah terima duit dari dia jadi TSK semua dong ya? wahh.. gak paham sih kalau ini penjara bakal penuh," tutupnya.

Kangen Adjie Massaid, Keanu Ogah Sekolah

Angelina Sondakh Banjir Air Mata, Ceritakan Keanu Ogah Masuk Kelas Karena Kangen Adjie Massaid

Liputan6.com 2022-04-11 13:00:43
Angelina Sondakh

Selama 10 tahun pisah dari anak bukan perkara mudah. Angelina Sondakh kini berupaya membangun koneksi dengan putranya, Keanu Massaid setelah bebas dari Rutan Pondok Bambu Jakarta pada 3 Maret 2022.

Selama dipenjara, istri almarhum Adjie Massaid kerap dikunjungi putra semata wayangnya. Sebuah kisah pilu dibagikan Angelina Sondakh dalam video interviu di kanal YouTube Maia Al El Dul TV, Minggu (10/4/2022).

Selama ini, Puteri Indonesia 2001 itu mengaku sekolah dan mengajar kepada anaknya. Padahal, ia dipenjara akibat korupsi miliaran rupiah terkait wisma atlet Hambalang, Sumatra Selatan.

Psikiater menyarankan Angelina Sondakh memberi tahu kenyataan sebenarnya saat Keanu Jabaar Massaid berusia 9 tahun. Apes, si kecil tahu duluan. Emosinya meledak saat tahu ibunya dibui alias jadi pesakitan.

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Kan Mami Dipenjara!

"(Keanu bilang) kan Mami dipenjara! Itu gue kayak disambar geledek. Waktu gue divonis 12 tahun tuh gue sudah enggak tahu gimana. Dan dia benar-benar nunjukin emosinya," kata Angelina Sondakh.

Sebelum kejadian itu, ia kerap memantau perkembangan Keanu Massaid di sekolah lewat surat. Suatu hari, pihak sekolah mengabarkan bahwa prestasi putranya terus menurun.


Ngedrop Banget

"Ada satu surat tuh yang benar-benar bikin aku ngedrop banget. Tulisannya tuh Keanu was found... Jadi Keanu ditemukan di hall ruang makan sendirian. Enggak mau masuk (kelas)," kenangnya.

"Terus setelah ditanya, kata Keanu: Saya mau di sini saja, karena aku kangen Papa," Angelina Sondakh bercerita sambil berlinang air mata. Membaca surat itu, hatinya benar ambyar.


Tersiksa Banget

"Aku baca begitu tuh, benar-benar deg. Sudah masuk penjara tuh kita kayak tersiksa banget. Keanu begitu bikin aku lebih down sebenarnya. Jadi aku harus mempersiapkan mental aku untuk menghadapi Keanu," beri tahunya.

Angelina Sondakh menyadari kesalahannya. Keanu Massaid kala itu tak tahu penyebab ayahnya meninggal. Satu pertanyaan belum terjawab, ia harus menghadapi kenyataan berpisah dari ibunya selama 10 tahun.

"Jadi di saat dia benar-benar lagi butuh, aku enggak ada. Actually, ketika bebas pun yang ada dalam pikiranku, aku mau minta maaf sama Keanu dan kedua orangtuaku. Itu saja, karena sebenarnya mereka menghadapi masa yang lebih sulit daripada aku," pungkasnya.

Jadi Tukang Bangunan di Prancis

Liburan di Prancis, Hamish Daud Menginap di Rumah Warga dan Jadi Tukang Bangunan

Liputan6.com 2022-04-10 17:30:05
"Aku separuh Australia, separuh Indonesia. Setelah lahir di Australia, aku tinggal di Bali selama beberapa tahun bersama kedua orang tuaku sampai mereka pisah. Lalu aku pindah ke Jakarta sela

Hamish Daud, suami Raisa kini tengah berada di Perancis. Berbeda dari biasanya, momen liburan Hamish di negara Eropa Barat kali ini tak ditemani istri dan buah hatinya, Zalina Raine Wyllie.

Jauh dari Tanah Air, Hamish membagikan keseruannya selama berada di sana. Tak hanya menikmati indahnya pemandangan Perancis, Hamish bahkan tak segan memperlihatkan momen saat ia membantu jadi tukang bangunan.

Pakai baju simpel lengkap dengan boots dan beanie hat skate hitam, penampilan Hamish pun mencuri perhatian. Ia tampak gagah meski saat menenteng ember berisi material bangunan.

Momen liburan Hamish Daud selama di Perancis diketahui dari sejumlah unggahan di akun Instagramnya. Sebelum ke Prancis, Hamsih ternyata lebih dulu ke Swiss untuk urusan pekerjaan.

Ia kemudian melanjutkan perjalanannya ke Prancis untuk menemui temannya. Namun Hamish tak banyak membagikan potret diri saat liburan ke Prancis.

Ia justru lebih banyak mengunggah potret suasana kota yang dikunjunginya. Seperti momen menyeberang di zebra cross serta lalu lalang orang-orang saat dirinya sedang nongkrong di sebuah kedai kopi.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Pakaian Kotor

Hamish juga membagikan momen belanja di supermarket. Dalam potret tersebut, tampak seikat benda putih seperti bambu muda atau rebung.

Hamish juga membagikan potret kentang goreng dengan bumbu keju yang diletakkan di sebuah piring cantik. Seorang pria berambut putih tampak menyambut Hamish dengan senyum hangat.

Di sisinya, terdapat kain tenun Sumba yang diduga merupakan buah tangan dari Hamish. Kain tenun tersebut berwarna senada dengan baju pria yang tak diceritakan identitasnya tersebut.

Selanjutnya ada potret seorang pria yang sedang bekerja dengan cangkul. Pakaiannya tampak kotor karena berurusan dengan pasir dan semen untuk membangun rumah. Rumput hijau dan langit biru menjadi latar potret yang diambil Hamish.


Tak Canggung

Pria berusia 42 tahun itu akhirnya juga membagikan potretnya sendiri. Dengan baju sederhana dan topi beanie, Hamish ikut bekerja membangun rumah.

Menurut sejumlah warganet, Hamish tetap ganteng saat sedang menjadi kuli bangunan di Prancis. Hamish terlihat gagah saat mengangkat bebatuan dengan kaleng di kedua tangannya.

Progres pembangunan rumah juga diperlihatkan Hamish. Selain rekan yang pertama, ada dua pria lain terlihat sedang bekerja sama membangun rumah. Hamish diketahui berada di wilayah administratif Bourgogne atau Burgundia.

Beda dari kesannya sebagai selebritas di Indonesia, Hamish bisa berbaur dengan para pria Prancis untuk melakukan pekerjaan kasar membangun sebuah rumah. Tak ada kecanggungan yang diperlihatkan Hamish. Ia bahkan terlihat seperti tukang bangunan ahli yang sudah biasa merancang sebuah rumah.


Bangunan Tua

Namun sebenarnya kelihaian Hamish Daud sebagai tukang bangunan bukan hal baru yang mengejutkan. Seperti diketahui, Hamish merupakan lulusan arsitektur. Ia bahkan merancang sendiri rumah impiannya bersama Raisa dengan kemampuannya tersebut.

Sebuah bangunan rumah yang tampak lawas dan kokoh berdiri juga dibagikan Hamish di akun Instagram miliknya. Rumah tersebut kemungkinan menjadi tempat tinggal Hamish selama berada di Prancis. Wilayah Bourgogne yang dikunjungi Hamish juga dikenal sebagai penghasil anggur.

Video perjalanan Hamish berkeliling wilayah Bourgogne pun diperlihatkan. Wilayah Bourgogne mempunyai banyak bangunan tua serta pemandangan alam yang indah.

Hamish juga membagikan keseruan bersama rekan yang ditemuinya di Prancis. Dalam momen tersebut, mobil rekan Hamish rupanya telah mencapai 400 ribu kilometer yang dirayakan mereka dengan penuh suka cita. Anjing rekan Hamish pun ikut bersorak kegirangan.

Infografis Teror Beruntun dan Status Darurat Tertinggi Prancis. (Liputan6.com/Trieyasni)

Usia 13 Tahun Mendadak Jadi Miliarder

Gadis 13 Tahun Jadi Miliarder dalam 1 Tahun dari Jualan NFT

Liputan6.com 2022-04-11 11:46:45
Ilustrasi NFT (Foto: Unsplash by Pawel Czerwinski)

Nyla Hayes, gadis berumur 13 tahun telah menemukan rahasia sukses yang membuatnya jadi kaya raya, yaitu dengan menjual karya seninya sebagai Non Fungible Token (NFT).

Hayes menggambar sosok wanita yang merupakan beberapa tokoh mulai dari mantan Hakim Agung AS Ruth Bader Ginsburg, hingga aktris Lucille Ball.

Gambar-gambar miliknya tersebut kemudian diubah menjadi NFT dan menjualnya di situs penjualan NFT.

"Saya suka menggambar wanita dari seluruh dunia karena saya sangat menyukai budaya yang berbeda dan latar belakang yang berbeda," kata Nyla Hayes dikutip dari Today.com, Senin (11/4/2022).

Koleksi NFT yang dibuat Hayes dinamai "long neckies" atau leher panjang. Hal tersebut sesuai detail karya gambarnya yang menunjukkan sosok seorang wanita dengan leher yang panjang.

Penggambaran leher yang panjang ternyata muncul karena kesukaan Hayes terhadap dinosaurus Brontosaurus, jadi dia memberi mereka nama panggilan yang lucu.

"Saya tidak tahu harus menyebutnya apa. Jadi saya hanya menganggap mereka sebagai 'long neckies'. Awalnya saya hanya ingin menyatukan dua hal yang saya sukai, yaitu Brontosaurus dan wanita. Saya ingin menunjukkan betapa cantik dan kuatnya wanita, dan saya juga memikirkan brontosaurus," jelas Hayes.


Harga NFT yang Dijual

Pada Maret, Hayes menjual potret "Long Neckie Lady" miliknya seharga USD 6.621 atau sekitar RP 65 juta di Instagram. Lalu pada bulan sebelumnya, dia menjual lukisan lain seharga USD 3.920 atau sekitar Rp 56,3 juta.

Ibu Hayes, Latoya, mengatakan dia memberikan putrinya sebuah smartphone pada usia 9 tahun karena dia sangat tertarik pada seni.

"Saya bisa melihat betapa bersemangatnya dia tentang seninya dan saya hanya berpikir, jika saya bisa mendukungnya dengan cara apa pun. Itulah tepatnya yang akan saya lakukan, "kata Latoya.

Sebelum Hayes mulai menghasilkan banyak uang, dia akan menggambar potretnya di ponsel cerdasnya dan hanya menunjukkannya kepada keluarga dan teman-temannya. Dia gugup karena orang tidak akan menyukainya atau menganggapnya aneh.

Tetapi dengan sedikit dorongan dari pamannya, Hayes dan ibunya memutuskan untuk melihat ke NFT untuk melihat apakah itu bisa menjadi pasar yang menguntungkan baginya.


Potret Sampul Time

Pada 2021, Hayes dinobatkan sebagai "Artist-in-Residence" pertama Time Magazine, sebuah kehormatan yang diberikan kepada mereka yang memajukan karir mereka melalui NFT.

Sebagai artis-in-residence mereka, dia membuat koleksi fenomenal di mana dia menciptakan kembali potret sampul Time dari franchise "Women of the Year".

Ketika dia pertama kali mulai menjual NFT, dia tidak pernah berpikir bisnisnya akan sukses seperti sekarang.

"Saya hanya berpikir akan keren untuk menempatkan karya seni saya di luar sana dan menunjukkannya kepada orang-orang, tetapi untuk melihat bagaimana orang bereaksi terhadapnya. Saya tidak pernah menyangka akan meledak seperti ini." ujar Hayes.

Hayes mengatakan itu semua tidak akan terjadi tanpa dukungan ibunya, menggambarkannya sebagai "luar biasa."

Infografis: 5 pesohor dunia yang terjun ke bisnis NFT (Liputan6.com / Abdillah)

Arahan Jokowi soal Pemilu Redam Gejolak Politik?

HEADLINE: Arahan Tegas Jokowi Terkait Pemilu Serentak 2024, Redam Gejolak Politik?

Liputan6.com 2022-04-12 00:02:30
Presiden Joko Widodo atau Jokowi memimpin rapat terbatas (ratas) di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (7/11). Jokowi miminta pemenuhan perumahan bagi ASN, TNI, dan Polri diperhatikan juga aksesb

Sehari jelang demonstrasi mahasiswa 11 April 2022, muncul rekaman video Presiden Jokowi menggelar rapat terbatas di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat. Dalam rekaman video dari YouTube Sekretariat Presiden, Jokowi menyatakan secara tegas bahwa Pemilu akan digelar pada 14 Februari 2024.

Selain itu, Jokowi juga meminta agar regulasi atau payung hukum untuk Pemilu dan Pilkada Serentak 2024 segera diselesaikan. Dia menegaskan bahwa tahapan Pemilu 2024 akan dimulai pada Juni 2022 mendatang.

Menurut Pengamat Politik dari Universitas Islam Negeri Jakarta, Adi Prayitno, ada dua hal yang dapat dicermati dalam ratas Jokowi itu. Pertama ini sebagai penegasan dari Pemerintah bahwa agenda demokrasi akan tetap berjalan sesuai amanat konstitusi. Pernyataan Jokowi itu juga sebagai bantahan terhadap tudingan masyarakat yang dinilai mengambang.

"Ini untuk menegaskan Jokowi itu tegas bahwa Pemilu 2024 itu on schedule. Tidak seperti tuduhan-tuduhan publik selama ini yang menilai statemen presiden itu mengayun dan mengambang. Jadi untuk mnengakhir spekulasi tuduhan terkait presiden tidak tegas," kata dia kepada Liputan6.com, Senin (11/4/2022).

Kemudian kedua, Adi menambahkan, sebagai upaya untuk meredam eskalasi demonstrasi yang dilakukan mahasiswa di seluruh Indonesia secara simultan. Hal ini selaras dengan tuntutan para mahasiswa yang menolak lantang terkait penundaan pemilu dan jabatan presiden 3 periode.

"Dua hal ini paling mungkin, kan ada buktinya. Ketika dia ngomong gitu. Makanya demonya tidak jadi ke Istana, jadinya ke DPR. Artinya pernyataan Presiden itu ampuh untuk meredam protes-protes mahasiswa yang selama ini melihat presiden tidak tegas," terang dia.

Karena itu, lanjut Adi, isu soal penundaan pemilu maupun perpanjangan jabatan presiden seharusnya otomatis berhenti. Ia berharap para elite tidak lagi memainkan wacana yang tidak produktif tersebut.

"Ketika pernyataan presiden bilang Pemilu 24 Februari 2024, mestinya itu mengakhiri segala-galanya. Dan semoga jadi akhir kekisruhan terkait Pemilu 2024. Karena kontraproduktif, energi kita habis dan tidak ada gunanya juga, nggak penting bagi negara ini di tengah kesulitan yang dihadapi oleh rakyat," jelas dia.

Dia pun meminta Jokowi untuk bertindak tegas kepada anak buahnya yang masih tidak mengikuti arahan tegas Presiden. Sebab bila itu terjadi, masyarakat akan menilai bawahan tersebut memiliki kuasa melebihi Presiden.

"Kalau masih ada yang ngeyel, masih ada genit genit, ya berarti dia merasa lebih dari presiden. Makanya ketegasan presiden itu mesti ada, (bisa) lewat semacam ultimatum akan memberhentikan terhadap menteri yang agresif berkampanye penundaan pemilu," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Departemen Politik dan Perubahan Sosial Centre for Strategic and International Studies (CSIS) Arya Fernandes mengungkapkan, penegasan Jokowi terhadap Pemilu 2024 merupakan langkah baru. Hal ini lantaran muncul isu-isu liar dari elite politik usai Pemerintah, DPR, dan KPU menetapkan jadwal pasti Pemilu 2024.

"Kepastiannya udah lama ini, tapi kan karena ada agenda-agenda politik lain, buyar lagi. Makanya saya sampaikan ini kepastian baru," ujar dia kepada Liputan6.com, Jakarta, Senin (11/4/2022).

"Itu memberikan suatu kepastian yang baru bagi penyelenggaraan Pemilu 2024. Karena proses penyelenggaraan itu penting kepastian. Karena KPU sebagai penyelenggara harus mempersiapkan tahapan pemilu ya," dia mengimbuhkan.

Selain itu, lanjut Arya, penegasan Pemilu 2024 itu juga berkat peranan publik, terutama kelompok mahasiswa, masyarakat sipil, dan partai-partai oposisi. Elemen-elemen itu berperan strategis dan penting untuk mendorong Jokowi memberikan kepastian Pemilu 2024.

"Saya kira faktor publik mahasiswa dan masyarakat, parpol oposisi punya aspek strategis juga dalam mempengaruhi kebijakan Istana terkait jadwal Pemilu 2024," ujar dia.

Namun demikian, dia tidak dapat menjamin pergerakan-pergerakan silent di parlemen juga akan terhenti. Karena persoalan amandemen UUD 1945 dipegang oleh partai yang punya perwakilan di Senayan.

"Belum ada jaminan juga. Masih was was. Karena yang punya power, melakukan amandemen UUD, ada di partai," ujar dia.

Namun demikian, itu bisa diatasi jika Jokowi juga tegas menolak hal itu. Karena walau bagaimana pun, Jokowi memiliki andil mengendalikan gerbong koalisi.

"Tapi kan presiden bisa mengendalikan partai koalisi. Lokus perubahan masa jabatan kan di presiden. Kalau presiden (bilang) nggak mau, gimana? ujar Arya.

Meski demikian, Ia menilai para partai politik tak akan lagi bermain dengan isu melawan konstitusi ini. Karena langkah tersebut akan menjadi persoalan serius yang dapat membetot perhatian rakyat Indonesia.

"Partai partai ini berhitung. Protes publik ini terkait manuver perpanjangan 3 periode ini, publik serius, protesnya tinggi. Kalau ada parpol yang masih berusaha melakukan itu, Saya kira akan muncul instabilitas politik dan resikonya besar," ujar dia.

Adapun Deputi V Kantor Staf Presiden Jaleswari Pramodhawardani mengungkapkan pernyataan Presiden Jokowi yang disusul arahan dalam Rapat Terbatas Minggu 10 April bukanlah komitmen insidental. Sudah sejak lama Jokowi di berbagai kesempatan menekankan tegak lurus dengan konstitusi dan terus mendengar aspirasi masyarakat.

"Sehingga tidak pernah ada perubahan sedikit pun dari sikap Presiden," kata Jaleswari kepada Liputan6.com, Senin (11/4/2022).

Namun bila ada pemaknaan berbeda dalam menilai arahan Jokowi, Ia menganggapnya sah-sah saja. Yang jelas, kata Jaleswari, komitmen Presiden Jokowi dalam menegakkan Pasal 6A, Pasal 7, Pasal 22E serta terkait lainnya dalam UUD 1945 yang mengatur pemilu serta masa jabatan Presiden, akan tetap dijalankan Presiden.

"Dan seluruh pembantu Presiden wajib mendukung kewajiban konstitusional tersebut. Sikap Presiden sejak awal sangat jelas," tegas dia.

Karena itu, ketegasan Jokowi soal Pemilu 2024 itu dinilainya berimbas pada aksi kumpul demo mahasiswa pada 11 April 2022. Massa mahasiswa yang semula berencana menggeruduk Istana, pada menit-menit terakhir mengubah haluan ke depan Gedung DPR/MPR.

"Itu implikasi dari apa yang ditegaskan kembali oleh presiden. Sejak awal, presiden tegas soal penundaan pemilu, perpanjangan jabatan presiden dan jabatan presiden 3 periode. Presiden menolak semuanya," kata dia.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Infografis Pemilu Serentak 2024 dan Arahan Tegas Jokowi. (Liputan6.com/Abdillah)

Gelombang protes dari mahasiswa terjadi di sejumlah wilayah Indonesia. Mereka menolak penundaan pemilu maupun 3 periode jabatan presiden.

Menurut Koordinator Media BEM SI 2022, Luthfi Yufrizal, akan ada 1.000 massa aksi yang turun menyuarakan pendapatnya dari mahasiswa di seluruh penjuru tanah air.

"Estimasi ada 1.000 massa aksi dan dari berbagai daerah yang ada di Indonesia," kata Luthfi saat dikonfirmasi pada Minggu (10/4/2022).

Luthfi menambahkan bahwa ada empat tuntutan yang akan disuarakan dalam demo 11 April 2022. Yaitu mendesak dan menuntut wakil rakyat agar mendengarkan dan menyampaikan aspirasi rakyat bukan aspirasi partai.

Kemudian mendesak dan menuntut wakil rakyat untuk menjemput aspirasi rakyat sebagaimana aksi massa yang telah dilakukan dari berbagai daerah dari tanggal 28 Maret 2022 sampai 11 April 2022.

Selanjutnya, mendesak dan menuntut wakil rakyat untuk tidak mengkhianati konstitusi negara dengan melakukan amandemen, bersikap tegas menolak penundaan pemilu atau masa jabatan tiga periode.

Dan terakhir, mendesak dan menuntut wakil rakyat untuk menyampaikan kajian disertai 18 tuntutan mahasiswa kepada presiden yang sampai saat ini belum terjawab.

"Kami ada dan terus berlipat ganda. Panjang Umur Perjuangan!," katanya.

Terkait lokasi, Luthfi membenarkan kalau demo BEM SI ini berpindah tempat dari kawasan Istana Negara menuju Kompleks DPR, Senayan, Jakarta.

"Iya, Aliansi BEM Seluruh Indonesia kembali akan menggelar aksi massa yang akan dilaksanakan Senin 11 April 2022 Pukul 10.00 WIB di DPR RI," kata Luthfi.

Menurut Pengamat Politik Universitas Al Azhar Indonesia, Ujang Komarudin, gerakan mahasiswa saat ini membuat Istana menjadi was-was. Sehingga tuntutan mahasiswa terkait Pemilu 2024 langsung direspons cepat oleh Jokowi.

"Karena sekarang gerakannya besar, dahsyat untuk mahasiswa, sebab itu mengkhawatirkan Pak Jokowi dan pemerintah. Karena itu sebelumn demo (mahasiswa) direspons dengan rapat terbatas. Jadi ini soal tekanan mahasiswa yang luar biasa, yang menginginkan Jokowi bersikap tegas terkait Pemilu 2024," jelas Ujang kepada Liputan6.com, Senin (11/4/2022).

Dia menilai gerakan yang disuarakan mahasiswa tersebut sesuai dengan aspriasi rakyat. Karena selama ini, masyarakat tidak berdaya menghadapi kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan pemerintah.

"Selama ini kenaikan BBM, rakyat diam saja. Kenaikan minyak goreng, rakyat diam saja, Jokowi 3 periode rakyat diam saja. Lalu ini diwakili oleh mahasiswa. Jadi kegelisahan, kesulitan, aspirasi masyarakat diwakili demo mahasiswa hari ini," ujar dia.


Jaminan dari Parlemen

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad menjamin tidak ada proses politik di parlemen untuk penundaan pemilu maupun masa perpanjangan presiden. Hal itu disampaikan usai menemui pendemo di depan Gedung DPR.

"Aspirasi yang mereka sampaikan itu kan sebenarnya di DPR itu baru wacana, di DPR ini tidak pernah ada proses politik soal perpanjangan jabatan presiden penundaan pemilu maupun presiden 3 periode," ujar Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (11/4/2022).

Saat ini DPR segera membahas program, tahapan, dan anggaran pemilu bersama KPU. Proses politik itulah yang tengah berjalan. Rencananya akan dilakukan sebelum masa reses pada Kamis (14/4/2022).

"Proses politik yang ada di DPR hari ini, sementara yang berjalan adalah proses politik tahapan pemilu, jadi enggak ada proses penundaan, proses perpanjangan, sehingga proses politik yang ada itulah yang akan tetap kita jalankan itu tahapan pemilu," kata Dasco.

Mengenai anggaran pemilu belum dibahas, kata politikus Gerindra ini perlu waktu. Nanti setelah Presiden Joko Widodo melantik anggota KPU akan dibahas DPR.

"Masalah anggaran itu kan soal timing-nya, soal memang anggaran keseluruyan daripada mitra-mitra pemerintah, mitra mitra DPR, nah sehingga itu ada waktunya. Dan itu pasti akan dibahas apalagi disesuaikan dengan KPU yang baru dilantik," katanya.

Sedangkan Wakil Ketua Umum Golkar Ahmad Doli Kurnia menilai sah saja para mahasiswa melakukan demonstrasi terkait isu penundaan pemilu. Doli bilang, isu itu telah dijawab pemerintah yang memastikan penyelenggaraan Pemilu 2024 jatuh pada 14 Februari sesuai kesepakatan dengan DPR.

"Saya kira kan penyampaian aspirasi aspirasi apa saja termasuk teman-teman mahasiswa, itu hal biasa saja dalam kehidupan demokrasi kita, jadi saya kira kita menghargai apa yang dilakukan temen-temen mahasiswa itu, aspirasinya tentu kita akan perhatikan," ujar Doli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (11/4/2022).

"Saya kira kan apa yang mereka sampaikan sebenarnya sudah dijawab," sambungnya.

Di sisi lain, Doli mengatakan wacana penundaan pemilu yang berkembang di masyarakat perlu juga dihargai. Golkar melalui Ketua Umumnya Airlangga Hartarto sebelumnya menerima aspirasi petani sawit soal penundaan pemilu.

"Dengan kemudian ada berbagai wacana yang berkembang di masyarakat itu juga kita hargai, yang menyampaikan ada keinginan untuk menunda pemilu memperpanjang masa jabatan dan seterusnya, jadi setiap aspirasi setiap penyampaian itu hak yang dijamin oleh konstitusi," ujar Ketua Komisi II DPR RI ini.

Doli mengatakan, sikap Golkar mengikuti Presiden Joko Widodo. Pemerintah menegaskan pemilu digelar pada 14 Februari 2024.

"Tapi kembali lagi, pemerintah Pak Presiden (Jokowi) sudah menegaskan, jadi saya kira sudah clear, enggak ada masalah lagi," katanya.

Sementara itu, Komisi II DPR RI memastikan akan menggelar rapat dengar pendapat dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk membahas program, tahapan dan anggaran Pemilu 2024 pada Rabu 13 April 2022. Rapat dengar pendapat itu akan dilakukan bersama anggota KPU RI periode 2022-2027.

"Tanggal 13 (April), hari Rabu, ya kita reses 14 (April), hari Rabu kita akan jadwalkan (RDP dengan KPU)," ujar Wakil Ketua Komisi II DPR RI Junimart Girsang di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (11/4/2022).

"Setelah pelantikan (KPU Bawaslu) besok," sambungnya.

Menurut Junimart juga tidak ada masalah KPU sempat terjadi kekosongan jabatan komisioner karena pelantikan baru digelar Selasa 12 April 2022.

Junimart yakin anggota KPU yang baru sudah berkoordinasi dengan anggota yang lama terutama terkait program, tahapan, dan anggaran pemilu.

"Kan toh mereka sudah koordinasi komunikasi dengan KPU yang lama. Jadi untuk RDP nanti kita hanya meminta program tahapan dan bagaimana anggaran. Apakah masih mau naik tetap atau bagaimana ini," kata Junimart.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) meminta DPR menjadwalkan ulang rapat dengar pendapat untuk membahas tahapan Pemilu 2024. Sebabnya, anggota KPU RI periode 2022-2027 akan dilantik pada Selasa 12 April. Jadwal bertabrakan dengan hari pelantikan.

Anggota KPU RI Hasyim Asy'ari mengatakan, pihaknya meminta menjadwalkan ulang sebelum masa sidang DPR berakhir.

"KPU tetap mengusulkan RDP membahas Tahapan Pemilu 2024, pada pekan ini selama masih masa sidang ini sebelum masuk masa Reses," katanya dalam keterangannya, Minggu 10 April 2022.

Infografis Demo 11 April 2022 dan Tuntutan Mahasiswa. (Liputan6.com/Abdillah)


Tahapan Pemilu Dimulai Juni 2022

Dalam rapat terbatas yang berlangsung di Istana, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menegaskan bahwa pemilihan umum (Pemilu) 2024 akan tetap dilakukan sesuai jadwal yakni, 14 Februari. Jokowi meminta para menteri untuk menyampaikan penyelenggaraan pemilu kepada masyarakat.

"Saya kira sudah jelas, semua sudah tau bahwa pemilu akan dilaksanakan 14 Februari 2024. Ini perlu dijelaskan," kata Jokowi dalam rapat terbatas Persiapan Pemilu dan Pilkada Serentak Tahun 2024, yang disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden, Minggu (10/4/2022).

Hal ini agar tak muncul isu dan spekulasi bahwa pemerintah berupaya menunda Pemilu. Jokowi juga tak mau ada spekulasi beredar di masyarakat terkait adanya upaya untuk memperpanjang masa jabatan presiden menjadi 3 periode.

"Jangan sampai nanti muncul spekulasi-spekulasi yang isunya beredar di masyarakat bahwa pemerintah tengah berupaya untuk melakukan penundaan pemilu atau spekulasi perpanjangan masa jabatan presiden juga yang berkaitan dengan 3 periode," ujarnya.

Jokowi menekankan bahwa pemerintah dan DPR telah sepakat bahwa Pemilu akan digelar 14 Februari. Sementara itu, Pilkada Serentak dilaksanakan pada November 2024.

"Kita telah sepakat pemilu dilaksanakan tanggal 14 Februari dan Pilkada dilaksanakan nanti di November 2024. Sudah jelas semuanya," jelas Jokowi.

Selain itu, dia juga meminta para menteri untuk menyampaikan kepada masyarakat bahwa tahapan Pemilu 2022 akan dimulai Juni 2022. Hal ini sesuai dengan ketentuangan perundang-undangan.

"Dijelaskan sekalian, tahapan Pemilu itu sudah dimulai nanti di bulan Juni 2022, pertengahan Juni 2022 sudah dimulai karena memang ketentuan UU-nya nya 20 bulan sebelum pemungutan suara," tutur Jokowi.

Adapun tahapan Pemilu 2024 akan dimulai pada pertengahan Juni 2022.

"Tahapan pemilu itu sudah dimulai nanti di bulan Juni 2022, pertengahan Juni 2022 sudah dimulai, karena memang ketentuan UU-nya 20 bulan sebelum pemungutan suara," ujar Jokowi.

Selain itu, Ia juga meminta agar regulasi atau payung hukum untuk Pemilu dan Pilkada Serentak 2024 segera diselesaikan. Hal ini mengingat tahapan Pemilu 2024 akan dimulai pada Juni 2022.

"Ini segera dikejar juga, penyelesaian payung hukum regulasi yang dibutuhkan untuk Pemilu dan Pilkada Serentak 2024," jelas Jokowi.

Dia pun memerintahkan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md untuk berkomunikasi secara intens dengan DPR RI dan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Jokowi tak ingin regulasi tersebut nantinya multitafsir dan menimbulkan polemik di masyarakat.

"Saya minta Menko Polhukam komunikasi yang intens dengan DPR RI, juga KPU ri sehingga perencanaan programnya bisa didetailkan lagi. Sehingga, regulasi yang ada, yang disusun ini tidak multitafsir dan nanti bisa menimbulkan perselisihan di lapangan," katanya.

Jokowi memastikan bahwa anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) periode 2022-2027 akan dilantik pada 12 April 2022. Usai dilantik, mereka akan langsung mempersiapkan tahapan Pemilu dan Pilkada Serentak 2024.

"Oleh sebab itu, kita nanti perlu berbicara dengan KPU dan Bawaslu mengenai persiapan-persiapan ini, agar persiapan pemilu dan pilkada yang ini," ucap Jokowi.

Dia ingin Pemilu dan Pilkada Serentak 2024 dipersiapkan dengan sebaik mungkin. Terlebih, kata Jokowi, Indonesia belum pernah punya pengalaman menyelenggarakan pemilu dan pilkada secara serentak.

"Kita belum pernah punya pengalaman serentak, itu betul-betul bisa kita persiapkan dengan matang," jelas Jokowi.

Tak hanya itu, Mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga menginginkan peserta Pemilu dan Pilkada 2024 untuk tidak menimbulkan kegaduhan dengan membuat isu-isu politik yang tak baik. Dia mengingatkan semua pihak menghindari politik identitas dan SARA.

"Jangan membuat isu-isu politik yang tidak baik, terutama isu-isu politik identitas yang mengedepankan isu politik SARA," kata Jokowi.

Dia ingat betul bahwa isu politik identitas pernah muncul saat pemilu-pemilu sebelumnya. Jokowi tak ingin isu ini kembali muncul di Pemilu dan Pilkada 2024.

"Saya kira, kita memiliki pengalaman yang tidak baik di pemilu sebelumnya. Kita harapkan ini tidak terjadi di 2024," ucapnya.

Kendati begitu, Jokowi memahami bahwa tensi politik kerap naik menjelang pemilu dan pilkada. Hanya saja, dia meminta agar masyarakat jangan sampai terprovokasi dengan kepentingan-kepentingan politik yang tidak bermanfaat.

"Oleh sebab itu, saya juga minta dilakukan edukasi, pendidikan politik yang masif kepada masyarakat, kepada para konstestan," ujar Jokowi.

Infografis Tanggapan Arahan Tegas Jokowi soal Pemilu 2024. (Liputan6.com/Abdillah)

Maldives Versi Indonesia

Intip 5 Pulau Terindah di Maluku Utara, Maldives versi Indonesia

Liputan6.com 2022-04-11 12:00:03
Pulau Dodola.

Badan Pusat Statistik (BPS) baru-baru ini menobatkan Provinsi Maluku Utara menjadi provinsi dengan penduduk paling bahagia di Indonesia. Banyak faktor yang membuat Provinsi Maluku Utara menyandang gelar tersebut.

Salah satunya ialah Maluku Utara punya destinasi wisata yang disebut Maldives versi Indonesia di Pulau Morotai. Pulau Morotai merupakan pulau yang ada di Kepulauan Halmahera - Maluku Utara yang dikelilingi 33 pulau-pulau kecil.

Pulau Morotai sendiri sudah dikenal sebagai pulau yang memiliki alam dan bawah laut yang indah. Bahkan saking indahnya, Pulau Morotai ditetapkan sebagai destinasi wisata unggulan di Indonesia Bagian Timur melalui Status Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata di mana kawasan tersebut dikembangkan oleh PT Jababeka Morotai, salah satu anak usaha dari PT Jababeka Tbk.

Setiap tahun, banyak para wisatawan lokal maupun mancanegara datang untuk menjelajahi Pulau Morotai dan pulau-pulau kecilnya yang cantik.

Tujuannya, agar merasakan sendiri sensasi Maldives-nya versi Indonesia ini. Tak hanya itu, bahkan saat ini di pulau-pulau cantik morotai telah dijadikan para anak muda atau publik figur untuk healing, selfie, hingga membuat konten media sosiaslnya.

Terdapat 5 pulau yang terkenal di Pulau Morotai, yaitu Pulau Dodola, Pulau Pasir Timbul, Pulau Zum-zum, Pulau Kolorai dan Pulau Kokoya.

Semua pulau tersebut telah menjadi tujuan wisata bagi para wisatawan untuk melakukan jelajah pulau atau island hopping. Mau kenal lebih dekati 5 pulau Maldives Indonesia itu?

Di bawah ini telah terangkum 5 pulau tersebut yang dikumpulkan dari berbagai sumber, dikutip dari keterangan tertulis Jababeka Morotai, Senin (11/4/2022):

1. Pulau Dodola

Pulau Dodola merupakan destinasi ikonik di Pulau Morotai. Pulau Dodola sendiri terdiri dari Pulau Dodola Besar dan Pulau Dodola Kecil. Keindahan Pulau Dodola akan terlihat saat air laut sedang surut.

Jika air laut surut, wisatawan akan melihat pasir timbul yang membentuk jalan dari Pulau Dodola Besar dan Pulau Dodola Kecil, yaitu sekitar 500 meter. Dan pemandangan yang kamu lihat ialah terbentangnya pasir putih yang luas.

Saat di sana, wisatawan bisa bermain pasir, membuat konten video, berenang di pinggir pantai ataupun snorkeling maupun diving.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


2. Pulau Pasir Timbul

Pantai ini sangat unik. Bukan hanya karena pasirnya yang putih yang dikeliling air laut yang biru dan bening. Tapi karena jika dilihat dari atas, Pulau Pasir Timbul seperti kuning telur.

Namun demikian, sebenarnya ini ialah pasir pantai di tengah lua yang dikeliling batu karang. Apa saja yang bisa dilakukan di sini? Wisatawan bisa berenang atau snorkeling untuk melihat berbagai karang yang indah dan gerombolan ikan-ikan karang yang cantik.

3. Pulau Zum-zum

Pulau ini menyimpan banyak barang-barang peninggalan Perang Dunia II. Itu karena, dahulu, Pulau Morotai dijadikan sebagai Pusat Komando dan Pusat Pertahanan Tentara Amerika Serikat. Oleh karenanya, jejak perang tersebut masih terekam di Pulau Zum-zum. Terdapat patung Jenderal Mc Arthur setinggi 20 meter dengan tulisan "I Shall Return".

Patung tersebut dibangun sebagai pengingat bahwa Jenderal Mc Arthur pernah menetap dan mengendalikan pasukannya dari Pulau Zum-zum.


4. Pulau Kolorai

Salah satu pulau cantik di Pulau Morotai. Di sini, kamu bisa menikmati nuansa pantai yang tenang ditemani deburan ombak dengan air laut berwarna tosca. Wisatawan juga bisa berenang di laut atau bersnorkeling bersama teman atau keluarga.

Pulau Kolorai juga merupakan pulau para nelayan Morotai tinggi yang terkenal akan kehangatan dan keramahannya. Sehingga Anda bisa berinteraksi dengan warga lokal maupun melihat aktivitas para nelayan saat akan pergi ke laut.

5. Pulau Kokoya

Pulau yang tak jauh dari Pulau Pasir Timbul juga memiliki keindahan yang menawan: pantai dengan pasir berwarna putih dan air laut sejernih kristal.

Begitu sampai di pulau ini, kamu akan disambut oleh ribuan ikan-ikan kecil yang berenang bebas di dermaga. Adapun luas Pulau Kokoya kurang lebih 8 hektar dan hanya dihuni oleh satu keluarga nelayan.

Kegiatan seru yang bisa dilakukan di sini ? Wisataan bisa berfoto ria, bermain pasir ataupun berenang di pinggir pantai atau snorkeling.

Infografis: 4 Unsur Wisata Ramah Lingkungan atau Berkelanjutan