Volume 263

Capres yang Akan Larang Muslim Berhijab

Sosok Marine Le Pen, Calon Presiden Prancis yang Bakal Larang Muslim Pakai Hijab di Tempat Umum

Liputan6.com 2022-04-11 21:02:15
Sosok Marine Le Pen, Calon Presiden Prancis yang Bakal Larang Muslim Pakai Hijab di Tempat Umum. foto: Instagram @marine_lepen

Pemilihan presiden atau pilpres Prancis memasuki putaran kedua. Presiden yang masih berkuasa, Emmanuel Macron akan berhadapan dengan anggota sayap kanan Marine Le Pen. Diperkirakan, perebutan kursi orang nomor satu di Prancis ini berlangsung sangat ketat dan presiden akan ditetapkan pada 24 April 2022, seperti dikutip dari laman Hindustan Times, Senin (11/4/2022).

Persaingan di antara keduanya pun semakin memanas. Macron menuduh Le Pen mendorong manifesto ekstremis dari kebijakan rasis dan merusak segala aturan, termasuk janji melarang penggunaan hijab bagi kaum muslim.

"Duel yang akan kami lakukan dalam 15 hari ke depan akan menentukan bagi Prancis dan Eropa," kata Macron kepada para pendukungnya.

Emmanuel Macron juga mendesak semua pemilih untuk bersatu di belakangnya guna menghentikan sayap kanan berkuasa di negara terbesar kedua di Uni Eropa itu. Sementara itu, Le Pen mengatakan bahwa dia akan 'membawa ketertiban kembali ke Prancis' selama rapat umum pemilihan baru-baru ini.

"Apa yang akan dipertaruhkan pada 24 April adalah pilihan masyarakat, pilihan peradaban," katanya kepada para pendukungnya. Siapa sebenarnya osok Le Pen yang dinilai sarat kontroversi tersebut?

Dilansir dari beragam sumber, Marine Le Pen adalah putri bungsu dari tiga bersaudara yang merupakan anak dari seorang pendiri partai, Front Nasional Prancis, Jean Marie- Le Pen pada 1972. Marine Le Pen dilahirkan di Neuilly-sur-Seine, Prancis, pada 5 Agustus 1968.

Masa kecilnya diwarnai oleh karir politik yang kontroversial warisan ayahnya. Le Pen sering menemani ayahnya saat rapat umum dan pertemuan sebagai juru kampanye di Front Nasional.

Pada 1976, di usianya yang masih delapan tahun, masyarakat Prancis yang marah atas ide-ide ayahnya menyebabkan insiden pengeboman di apartemen keluarganya di Paris. Dari peristiwa tersebut, Le Pen sadar akan kemasyhuran ayahnya, dan sering menghabiskan waktunya di kantor ayahnya.

Orangtua Le Pen, Jean-Marie dan Pierrette Le Pen sering tidak memiliki waktu untuk Le Pen kecil karena mereka kerap bepergian, berpesta, atau berlayar, sampai kemudian mereka bercerai. Setelah Jean-Marie mengatakan Pierrette harus bekerja sebagai pembersih, dia mencari balas dendam dengan berpose di majalah Playboy versi Prancis dengan pose menggosok lantai dapur, seperti dilansir dari Market Watch.

Marine banyak menghabiskan waktu kecilnya di sebuah rumah yang ditinggalkan ayahnya dari seorang donatur kaya raya. Le Pen pindah ke rumah tersebut setelah serangan bom yang menghancurkan apartemen mereka di Paris.

Para pembom itu menargetkan ayahnya tetapi tidak pernah tertangkap. Le Pen mengatakan dia tidak lagi menjadi gadis kecil seperti yang lain setelah ledakan 1976 ketika dia berusia delapan tahun.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Ketegangan dengan Ayahnya

Le Pen, bergabung ke partai saat usia 18 tahun, dan menjadi perempuan termuda dibandingkan anggota lainnya. Bakatnya untuk berbicara di depan umum, membimbingnya untuk belajar hukum. Ia kuliah di Universitas Pantheon-Assas di Paris, dan menerima Master of Laws, pada 1991 dan Magister Studi Lanjut dalam Hukum Pidana. Ia kemudian bekerja sebagai pembela umum di Paris 1992-1998.

Pada 1998, Le Pen kembali ke partai dan menjadi penasehat hukum untuk ayahnya. Ia menjadi wakil pimpinan partai naungan ayahnya, dan menjadi anggota parlemen di Prancis. Kebijakan-kebijakan yang bertentangan dengan ayahnya menyebabkan ketegangan antar-keduanya.

Pada 2011, Le Pen mengambil alih posisi ayahnya sebagai pemimpin partai Front Nasional Prancis. Le Pen berencana untuk meninggalkan Uni Eropa, memulihkan kemerdekaan nasional, dan menghentikan gelombang imigran, serta mengakhiri globalisasi.

Pada 2015, Le Pen diadili karena komentarnya yang dibuat pada 2010, dengan membandingkan Muslim dengan kependudukan Nazi di Prancis. Ia akhirnya dibebaskan.


Mirip Donald Trump

Pada rapat umum awal Februari 2017, Le Pen dengan lantang mengatakan "On est chez nous! (ini adalah negara kita)", ketika Le Pen mencerca imigran atau turis yang melakukan kejahatan di Prancis. Secara internasional, Le Pen menginginkan hubungan yang lebih dekat dengan Rusia.

Pada sejumlah masalah, pandangan politisi Prancis populis, Le Pen, sangat mirip dengan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump. Ia bahkan dijuluki Trump dari Prancis.

Meskipun berhaluan politik sayap kanan, Marine Le Pen memprotes cap sayap kanan di partai Front Nasional. Dia mengatakan julukan tersebut membuat partainya kehilangan dukungan signifikan.

Pada putaran pertama pemilihan presiden Prancis, Le Pen memenangkan 21,5 persen suara, menempati posisi kedua di belakang Macron, yang meraih 23,8 persen. Macron bisa meraih 59,8 persen suara dalam putaran kedua, sementara Le Pen mendapatkan 40,2 persen suara.


Larangan Hijab

Namun, pengkritik Le Pen tetap menyebut partai mereka berhaluan sayap kanan, terutama setelah Le Pen menyangkal bahwa pemerintah Prancis bertanggung jawab atas pengumpulan orang Yahudi selama Perang Dunia Kedua yang mengundang kecaman luas.

Kontroversi lainnya dari sosok Le Pen adalah berjanji akan melarang wanita Muslim mengenakan hijab di depan umum jika terpilih sebagai presiden Prancis. Ia menguraikan bagaimana komitmennya untuk melarang jilbab di semua tempat umum dan aturan itu ditegakkan oleh polisi dengan cara yang sama seperti mengawasi penggunaan sabuk pengaman dikenakan di mobil.

"Orang-orang akan didenda dengan cara yang sama seperti tidak mengenakan sabuk pengaman. Bagi saya, polisi sepertinya sangat mampu menegakkan tindakan ini," katanya seperti dikutip Arabnews, 4 April 2022.

Menurut kantor berita AP, upaya Le Pen selama bertahun-tahun untuk mengubah citra dirinya menjadi lebih pragmatis dan tidak terlalu ekstrem akan memainkan peran penting dalam hasil pilpres Prancis.

Infografis Teror Beruntun dan Status Darurat Tertinggi Prancis. (Liputan6.com/Trieyasni)

Mualaf, Marcel Siahaan Jadi Abdul Matin

Marcell Siahaan Jadi Mualaf, Miliki Nama Islam yang Diambil dari Asmaul Husna

Liputan6.com 2022-04-12 09:00:16
Marcell Siahaan

Marcell Siahaan, telah memeluk agama Islam sejak beberapa waktu lalu. Suami Rima Melati Adams ini pun sudah tak lagi menutupi agama yang dipeluknya.

Bahkan, pemilik nama lengkap Marcellius Kirana Hamonangan Siahaan ini memperlihatkan kebersamaannya dengan keluarga usai beribadah.

Seperti diketahui sejak kecil, pelantun "Firasat" ini kerap menonton acara agama Islam di stasiun televisi meski keyakinan yang dianutnya kala itu masih Kristen.

Diakui penyanyi keturunan Jawa, Betawi dan Batak ini kepindahannya ke Islam bukan karena desakan dari sang istri.

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Nama Lain

Setelah menjadi muslim, Marcell Siahaan memiliki nama lain yang berbau Islami. Bahkan namanya itu diambil dari asmaul husna, yaitu nama-nama Allah yang indah. Hal itu terungkap dari akun Instagram @fatih_indonesia, Sabtu (9/4/2022).

"Abdul Matin adalah nama islam dari @marcellsiahaans diambil dari asmaul husna AL MATIN (yang Maha Kokoh)," tulisnya.


Dalam Diam

Semula, Marcell Siahaan memang tak mempublikasikan ke banyak orang bahwa dirinya menjadi mualaf. Kepada sahabatnya Daniel Mananta, ia membongkar semuanya.

"Perjalanan spiritual Marcell yang hening dalam diam, tanpa publikasi dan tanpa haus pengakuan, gak pernah melakukan self proclaim kalau dirinya berhijrah, meyakini bahwa agama itu sangat privasi," lanjutnya.


Karya

Usai menjadi mualaf, Marcell Siahaan tak lagi hanya fokus berkarya di dunia musik saja. Kini, ia mulai merambah ke dunia bisnis. Selain sebagai pemilik, Marcell juga menjadi modelnya.

"Value tersebut yang meyakini kami berkolaborasi bersama untuk menciptakan satu karya untuk dinikmati di hari raya, ALMATIN!" tutupnya.

Miliaran Harta Indra Kenz untuk Vanessa Khong

Vanessa Khong Diguyur Duit Rp 1,1 Miliar oleh Indra Kenz, Plus Dapat Tanah Senilai Rp 7,8 M

Liputan6.com 2022-04-12 11:00:00
Tunangan Indra Kenz, Vanessa Khong ikut terseret kasus investasi bodong. (Sumber: Instagram/vanessakhongg)

Polisi akhirnya buka suara soal naiknya status hukum Vanessa Khong, dari saksi menjadi tersangka kasus investasi bodong berkedok trading binary option Binomo. Ayah Vanessa Khong, Rudiyanto Pei, dan adik Indra Kenz, Nathania Kesuma juga jadi tersangka.

Kabag Penerangan Umum Divisi Humas Polri, Kombes Pol. Gatot Repli Handoko menjelaskan, naiknya status pacar Indra Kenz sudah sesuai prodsedur hukum yang berlaku.

Mulanya, Vanessa Khong diperiksa sebagai saksi pada 8 Maret 2022. Pemeriksaan kedua dilakukan 5 April 2022. Dari situ, keterlibatan Vanessa Khong dalam pusaran Binomo kian jelas.

Melansir dari video jumpa pers di kanal YouTube Intens Investigasi, Senin (11/4/2022), Vanessa Khong diketahui menerima aliran dana dengan jumlah enggak kaleng-kaleng dari Indra Kesuma.

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Rp 1,1 Miliar

"Telah dilakukan pemeriksaan sebagai saksi, pertama pada tanggal 8 Maret 2022, kemudian yang kedua tanggal 5 April 2022. Saudara VK menerima aliran dana dari saudara IK sebesar 1,1 miliar rupiah," katanya.

"Menerima sebidang tanah di Tangerang Selatan atas nama VK senilai 7,8 miliar rupiah. Selanjutnya menyidik juga memblokir rekening milik saudara VK," Gatot Repli membeberkan.


Rp 8 Miliar

Sementara itu, ayah Vanessa Khong, Rudiyanto Pei telah diperiksa aparat dengan status sebagai saksi pada 16 Maret 2022. Pemeriksaan kedua digelar pada 6 April 2022.

"RP diketahui menerima aliran dana dari saudara IK sebesar 1,5 miliar rupiah. Kemudian membantu tersangka IK menyamarkan hasil kejahatan dalam bentuk membeli 10 buah jam tangan mewah senilai 8 miliar rupiah," urainya.


Cekal

Tak hanya menetapkan Rudiyanto Pei sebagai tersangka, penyidik memblokir rekening bank. "Kemudian penyidik juga melakukan pemblokiran rekening terhadap rekening milik suadara RP," pungkas Gatot Repli.

Diberitakan sebelumnya, awak media mempertanyakan mengapa tiga tersangka baru tak langsung ditahan. Gatot Repli menyebut para tersangka telah dicekal alias cegah tangkal.

Doddy Sudrajat Blokir Nomor Kontak Puput

Doddy Sudrajat Blokir Nomor Kontak Puput, Terakhir Ngobrol 3 Minggu Lalu

Liputan6.com 2022-04-12 13:20:00
Doddy Sudrajat dan Puput. (Foto: Dok. Instagram @dodysoedrajat_1)

Majelis Hakim Pengadilan Agama Jakarta Pusat akhirnya mengabulkan gugatan cerai Puput terhadap Doddy Sudrajat. Perceraian ini diwarnai sejumlah selentingan termasuk komunikasi keduanya merenggang selama beberapa minggu terakhir.

Kabar tersebut lantas dikonfirmasi awak media kepada Puput Sudrajat dan kuasa hukumnya, Halim Perdana Kusuma. Klarifikasi keduanya dimulai dengan perkara "tunjangan" nafkah 10 juta per bulan.

"Kalau terhadap nafkah benar, kita mengajukan. Tapi karena tidak ada pekerjaan, maka ditolak. Karena Mbak Puput sendiri yang bekerja maka, Mbak Puput yang menafkahi," kata sang pengacara.

Dalam kesempatan itu, Puput mengaku plong akhirnya cerai dari ayah Vanessa Angel. Ia berjanji membesarkan kedua putrinya, Mayang dan Chika dengan semaksimal mungkin.

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Harusnya Minggu Kemarin

Sejumlah jurnalis menyebut, proses perceraian Doddy Sudrajat dan Puput secara verstek berlangsung ringkas. Namun, ibu dua anak ini malah menilai sebaliknya.

"Malah saya berpikir agak lama harusnya minggu kemarin, ternyata harus minggu ini," ujarnya kami lansir dari video jumpa pers di kanal YouTube Cumicumi, Senin (11/4/2022).


Hak Asuh Anak

Lebih lanjut, Puput mengaku tidak kaget hak asuh anak jatuh ke tangannya. "Hak asuh anak, sudah jelas jatuh ke tangan saya ya. Sudah dari dulu saya yang kover semua," Puput menyambung.

Meski begitu, ia berjanji tak akan menghalangi Doddy Sudrajat menemui buah hatinya. Jika ingin bertemu, Puput mempersilakan sang mantan suami berkoordinasi dengan pengacara atau sahabatnya, Irma.


Sudah Diblokir

"Bisa komunikasi lewat Irma, bisa komunikasi lewat lawyer aku," ungkapnya. Ini memantik rasa penasaran awak media, mengapa tak langsung mengontak Puput lewat aplikasi WhatsApp, misalnya.

"Enggak ada. Kan nomor aku sudah diblokir," aku Puput seraya bilang, "Terakhir komunikasi kapan, ya? Sudah tiga minggu yang lalu." Komunikasi itu pun sebatas membahas proses sidang cerai.

Orang Terkaya Asia, Hartanya Rp 1.752 T

Gautam Adani Jadi Orang Terkaya Asia, Hartanya Tembus Rp 1.752 Triliun

Liputan6.com 2022-04-12 13:00:14
Gautam Adani, (Photo: AFP)

Miliarder Gautam Adani dari India kini Jadi Orang Terkaya di Asia usai hartanya meroket selama dua tahun terakhir.

Bahkan taipan infrastruktur India Gautam Adani telah menjadi centi-miliarder terbaru di dunia, bergabung dengan kelompok elit dengan kekayaan lebih dari USD 100 miliar.

Kelompok elit ini hanya beranggotakan 8 mogul atau miliarder di dunia. Mereka antara lain Elon Musk, Jeff Bezos dan Bill Gates.

Melansir laman Forbes, Selasa (12/4/2022), Gautam Adani mejadi miliarder Asia terkaya yang pernah ada mengacu pada penutupan pasar saham tanpa menyesuaikan dengan inflasi.

Adani yang berusia 59 tahun, yang merupakan satu-satunya orang India yang saat ini berada di klub elit, adalah pendiri dan ketua Adani Group, konglomerat pelabuhan dan energi dengan enam perusahaan publik di India.

Kekayaannya naik melewati angka 12 angka setelah International Holding Co. di Abu Dhabi menginvestasikan USD 2 miliar dalam tiga bisnisnya yang berfokus pada energi hijau. Ketiga bisnisnya yakni Adani Green Energy, Adani Transmission, dan Adani Enterprises.

IHC diketuai Sheikh Tahnoun bin Zayed Al Nahyan, penasihat keamanan nasional UEA dan saudara dari putra mahkota negara, Sheik Mohamed bin Zayed Al Nahyan.

Sontak pengumuman ini membuat saham Adani Green Energy, perusahaan energi terbarukan yang dimiliki Adani lebih dari 60 persen, melonjak hampir 25 persen pada Jumat.

Saham Adani Transmission dan Adani Enterprises juga naik, masing-masing sebesar 11 persen dan 3 persen.


Kantongi Harta USD 122 Miliar

Adani kini mengantongi kekayaan sekitar USD 122 miliar, menurut pelacak kekayaan miliarder real-time Forbes. Ini menjadikannya orang terkaya di Asia dan orang terkaya No. 6 di dunia.

Adani melompat ke puncak daftar orang terkaya dunia bukan tanpa usaha. Perjalanan dunia bisnisnya dimulai pada 1988, ketika dia memulai perusahaan ekspor komoditas setelah putus kuliah dan menolak toko tekstil ayahnya.

Pemilik pelabuhan terbesar di India, yang terletak di negara bagian asalnya, Gujarat ini, pertama kali bergabung dengan jajaran miliarder pada 2008. Kala itu, kekayaan bersihnya diprediksi mencapai USD 9,3 miliar.

Namun kekayaannya kian bertambah justru saat pandemi Covid-19. Usai dia melakukan ekspansi besar-besaran ke bisnis energi terbarukan, media, bandara dan banyak lagi.

Adani mengatakan dia ingin menjadi produsen energi hijau terbesar di dunia, dengan tujuan menginvestasikan hingga USD 70 miliar ke dalam proyek energi terbarukan.


Geser Mukesh Ambani

Perkiraan kekayaan Adani telah melonjak dari USD 8,9 miliar menjadi USD 50,5 miliar pada April 2021, ketika Forbes merilis daftar Miliarder Dunia tahunan pada tahun itu.

Dia kemudian menyalip sesama miliarder India Mukesh Ambani, kepala Reliance Industries, sebagai orang terkaya di Asia pada Februari 2022. Ini setelah kekayaan bersihnya hampir dua kali lipat sekali lagi, menjadi lebih dari USD 90 miliar.

Saham Adani Green Energy telah meningkat hampir 80 persen dalam setahun. Pada saat Forbes merilis daftar miliarder tahun 2022, Ambani telah mendapatkan kembali posisi No. 1 di Asia, menggeser Adani hanya dengan selisih kekayaan USD 700 juta.

Ambani sekarang adalah orang terkaya kedua di Asia -- dirinya sendiri hampir mencapai centi-miliarder, dengan kekayaan sekitar USD 99,4 miliar.

Infografis Orang Terkaya di Indonesia (liputan6.com/desi)

Anak Ahok Lebih Suka Cewek Tunduk dan Bodoh

Nicholas Sean Anak Ahok Lebih Suka Cewek yang Tunduk dan Bodoh Ketimbang Cerdas tapi Tak Mengurus Keluarga

Liputan6.com 2022-04-12 15:40:56
6 Potret Nicholas Sean Putra Ahok, Akui Tidak Akan Nikah Seumur Hidupnya (sumber: Instagram/nachoseann)

Nicholas Sean, putra dari Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dan Veronica Tan, berbicara terus terang seputar pandangannya soal wanita yang masuk dalam kriterianya. Tak diduga, Sean mengaku tak mau punya pasangan wanita yang cerdas dan punya banyak uang.

Ungkapan tersebut disampaikan oleh Sean saat berbincang dengan Melaney Ricardo. Seperti bisa disimak di kanal YouTube Melaney Ricardo, putra sulung Ahok berbicara banyak seputar kehidupan keluarganya, cinta, dan hubungan asmara.

Sempat berbicara seputar perceraian orangtuanya, Nicholas pun akhirnya membahas hal-hal yang berkaitan dengan pribadinya. Salah satunya adalah pandangannya tentang wanita yang tak terduga.

"Perempuan seperti apa yang kamu suka untuk jadi pacar?" ujar Melaney Ricardo bertanya seperti bisa disimak di kanal YouTube sang presenter, Senin (11/4/2022).

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Tunduk dan Mendengarkan

Secara blak-blakan, Sean mengaku bahwa ia mendambakan seorang wanita yang tunduk dan mau mendengarkan dirinya.

"Tunduk, mau mendengarkan," jawab Sean secara spontan, membuat Melaney yang mendengarkan terkejut.

"Aku enggak mau cewek pintar dan kaya. Jadi tekanan. Aku ingin mereka bodoh dan bergantung," sambungnya.


Tak Diurus

Menurut Sean, ia lebih suka dengan wanita seperti yang ia sebutkan itu lantaran tak suka seorang pria tidak diurus setelah menikah meskipun istrinya adalah orang yang pintar.

"Apa intinya kalau punya istri yang cerdas tapi tidak tunduk? Mereka enggak mendengar, sibuk sendiri dan enggak mengurusi kamu?" ujarnya blak-blakan.

"Mending yang biasa-biasa saja." lanjut Sean.


Menyerempet Orangtuanya

Lebih detail, Sean membeberkan hal yang diketahuinya soal memiliki pasangan hidup. Pemuda yang mengaku enggan menikah dan tak percaya dengan cinta yang tulus ini pun mengambil contoh dari orangtuanya.

"Untuk aku, enggak usah terlalu pintar. Yang penting sikapnya, tunduk dan mendengarkan... Cuma buat aku, cewek harus dengarkan cowoknya. Kalau enggak mau dengarkan cowoknya, cari beta-submissive-guy," ujarnya ceplas-ceplos.

"Kan ada alpha male, beta male, alpha female, dan beta female juga. Ya sudah, cocok-cocokan saja. Terjadinya apa? Alpha ketemu alpha ya cerai, kayak keluarga gua... Ya kan?" urainya disusul reaksi Melaney yang mencoba menahan tawa.

Selain di Indonesia, Bangun Masjid di Uganda

Tak Hanya di Indonesia, Ivan Gunawan Juga Bangun Masjid di Uganda Afrika

Liputan6.com 2022-04-12 13:31:12
foto: IG/@ivan_gunawan

Desainer sekaligus presenter ternama Indonesia, Ivan Gunawan kerap melakukan hal-hal yang tak terduga. Misalnya dengan membangu masjid. Tak hanya di negeri sendiri, Ivan bahkan membangun masjid di luar negeri.

Ia ternyata membuat masjid di Desa Raubarangga, Uganda, Afrika. Rencana mulia tersebut pertama kali diketahui dari unggahan akun Instagram @Hamza.tamimy yang kemudian direpost oleh Ivan Gunawan di akun TikTok miliknya @igun31.

Dalam video berdurasi 32 detik itu, terlihat ada seorang pria yang diketahui bernama Hamza. Ia menjelaskan bahwa dirinya tengah berada di lokasi masjid milik Ivan Gunawan yang akan dibangun.

"Assalamualaikum, kak Igun. Alhamdulillah sekarang kita sudah dapet tempat untuk lokasi masjid Indonesia, ini lokasinya di Ruabarangga, Uganda barat yang dapat menampung 400 hingga 500 jemaah," kata Hamza.

"Ini masjid yang cukup besar, karena biasanya masjid-masjid yang dibuat di sini paling cuma menampung 150 sampai 200, tapi ini mencapai hampir dua kali lipatnya," sambungnya.

Hamza juga tak lupa mengungkapkan rasa syukur dan terima kasihnya pada Ivan Gunawan. "Ga nyangka bgt sih keberangkatan kali ini di support total sama kak @ivan_gunawan , dari di repost, transfer dana yang bikin gue sama @yudhanurzahra sujud sukur merinding dan minta langsung dibangunin Masjid dengan nama Masjid Indonesia," tulis Hamza.

Proses pembangunan Masjid Indonesia ini masih terus berjalan. Saat ini, sudah dilakukan pembabatan pepohonan di atas lahan tersebut.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Cukup Besar

Menurut Hamza, bangunan Masjid Indonesia by Ivan Gunawan akan berdiri di wilayah Desa Ruwabarangga, Uganda Barat. Desa tersebut tercatat memiliki sekitar 5 ribu penduduk.

Masjid itu nantinya dapat menampung jemaah 400 sampai 500 orang. kapasitas ini cukup besar jika dibandingkan dengan masjid-masjid yang ada di sana. "Ini masjid yang cukup besar, karena biasanya masjid-masjid yang ada di sini paling cuma menampung 150 sampai 200, tapi ini mencapai hampir dua kali lipatnya," jelas Hamza.

Hamza mengatakan bahwa untuk hari pertama proses pembangunan telah dilakukan pembabatan pepohonan di atas lahan tersebut. Pembangunan masjid juga melibatkan sejumlah warga setempat.

"Ikuti terus perkembangan bangunannya, siapa yang ga sabar lihat Masjid Indonesia berdiri gagah di tanah Afrika," tulis Hamza. Ivan Gunawan pun sempat berkomentar mengenai pembangunan masjid atas namanya


Komentar Igun

Igun menuliskannya di unggahgan Hamza terkait proses pengenalan awal lokasi Masjid Indonesia by Ivan Gunawan. "@mastercorbuzier Masjid kita ada di Uganda," tulis Ivan Gunawan menandai akun Deddy Corbuzier.

Tentu saja unggahan ini menuai reaksi positif dari warganet. Tak sedikit yang memuji dan mendoakan pria yang akrab disapa Igun itu.

"Masya Alloh bangga deh sama ka igun semoga menjadi amal jariyah ka igun kelak aamiin," komentar seorang warganet. "Bangga bangett punya idola seperti kamu mas @ivan_gunawan berkah selalu rezeki kamu ya mass Aamiin," komentar warganet lainnya.

Belum diketahui alasan Igun membangun masjid di Uganda. Yang jelas, unggahan pada 10 April 2022 itu sudah dilihat lebih dari 1,5 juta kali dan disukai lebih dari 205 ribu kali.


Masjid di Garut

Tahun lalu, Igun memenangkan tantangan yang diberikan Deddy Corbuzier, karena berhasil menurunkan berat badan sebanyak 20 kilogram (kg) dalam waktu tiga bulan. Atas kemenangannya itu, Igun berhasil mendapatkan uang sebesar Rp500 juta seperti yang dijanjikan ayah Azkara Corbuzier itu.

Ia pun akan menggunakan uang tersebut untuk menepati janjinya. "Ini bukan milik gue, milik masyarakat. Karena ini gue niatin bikin masjid di Garut," kata Igun di kanal YouTube Deddy Corbuzier,

Menurut Igun, ia sudah memiliki tempat untuk membangun masjid. Ada rekan bisnisnya yang mewakafkan tanah kepadanya untuk dibuat masjid dan tempat hafiz quran.

Untuk konsep masjid, Ivan Gunawan mau nuansa serba putih. Ia juga akan menyediakan fasilitas buat para penjaga masjid. "Aku buatin rumah untuk marbot, penjaga masjid jadi selalu bersih, bagus terawat. Gue sudah cari inspirasi, pengin warna putih, minimalis dan dibuka 24 jam," pungkas Igun.

Infografis: Masjid Indah dan Ikonik di Indonesia. (Triyasni/Liputan6.com)

Musisi yang Juga Penyair

Profil Fiersa Besari Musisi yang Terkenal Sebagai Penulis

Liputan6.com 2022-04-12 10:04:07
Fiersa Besari (Daniel Kampua/Fimela.com)

Penampilan Fiersa Besari selalu curi perhatian, begitu pun saat muncul sebagai bintang tamu di Grand Final X Factor Indonesia, Senin, 11 April 2022. Ia berkolaborasi dengan dengan finalis Danar Widianto malam itu.

Selama ini, Fiersa Besari terkenal dengan lagu-lagunya yang romantis yang membuat banyak orang menyukainya. Lelaki kelahiran Bandung, 3 Maret 1984 itu mulai dikenal publik sebagai penyanyi pada 2012 lalu dengan lagunya yang viral berjudul Melangkah Tanpamu.

Lagu tersebut dibuat setelah mengalami proses berpikir yang panjang. Ia akhirnya memutuskan serius untuk bersolo karier.

Pada 2013, ia meluncurkan lagu berjudul April. Lagu tersebut ditulis sebagai kado perpisahan dengan seorang perempuan yang bernama sama dengan judul lagu.

Pada 2014, ia kembali meluncurkan lagu, judulnya Waktu yang Salah. Ia makin dikenal dengan lagu Garis Waktu yang muncul pada 2016.

Fiersa Besari juga sempat meluncurkan lagu Juara Kedua pada 2015. Saat itu, ia mulai tekun menggeluti industri musik.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Penulis

Fiersa Besari dikenal sebagai penulis andal yang mencintai sastra Indonesia. Fiersa pun aktif menjadi seorang penulis. Terhitung sejak 2016 hingga 2018 sudah lima buku yang diterbitkannya.

Berkat buku-bukunya, itu ia masuk ke dalam jajaran best seller. Lima buku tersebut yang ia terbitkan adalah Garis Waktu, Konspirasi Alam Semesta, Catatan Juang, Arah Langkah, dan Albuk 11:11.

Kegemarannya dalam menulis serta menciptakan lagu dengan gaya sastra yang indah, membuat banyak dijadikan sebagai kata-kata penyemangat. Ia juga dikenal sebagai pendiri dari komunitas pecinta buku bernama "Pecandu Buku".


Kata-Kata Inspiratif

Berikut kata-kata yang dinilai inspiratif yang dikutip dari kanal Hot Liputan6.com.

1. Beberapa rasa memang harus dibiarkan menjadi rahasia. Bukan untuk diutarakan, hanya untuk disyukuri keberadaannya.

2. Tak perlu repot-repot menyamakan diri dengan orang lain. Kau diciptakan untuk menjadi unik. Sudah terlalu banyak orang yang sama seperti kebanyakan orang.

3. Aku diam, bukan berarti tak memperhatikan.

4. Seiring waktu, kita akan terbiasa untuk biasa saja.

5. Kita enggak harus selalu mengomentari yang sedang ribut. Sesekali nggak apa-apa menyendiri. Bahagia di dunia kita sendiri.

6. Lucu, kita membentuk pola pikir anak kecil agar tumbuh menjadi seperti kita. Padahal, diam-diam kita rindu menjadi anak kecil lagi.

7. Lagi-lagi imajinasi menertawakanku karena selalu berhasil menemuimu.


Kata-Kata Memotivasi

Berikut kata bijak Fiersa Besari memotivasi:

1. Menaruh harapan tidak perlu berlebihan. Beberapa rencana baik harus bertemu dengan kenyataan buruk

2. Ketika kesetiaan menjadi barang mahal. Ketika kata maaf terlalu sulit untuk diucap. Ego siapa yang sedang kita beri makan?

3. Perasaan laksana hujan, tak pernah datang dengan maksud yang jahat. Keadaan dan waktulah yang membuat kita membenci kedatangannya.

4. Ketika kau melakukan usaha mendekati cita-citamu, di waktu yang bersamaan cita-citamu juga sedang mendekatimu. Alam semesta bekerja seperti itu.

5. Beberapa orang berhenti menyapa bukan karena perasaannya berhenti, melainkan karena telah mencapai titik kesadaran untuk berhenti disakiti.

6. Perasaan laksana hujan, tak pernah datang dengan maksud yang jahat. Keadaan dan waktulah yang membuat kita membenci kedatangannya.

7. Tidak perlu bersama selamanya. Selamanya terlalu lama. Seumur hidup saja. Untukku, itu sudah lebih dari cukup.

Infografis Geger Video Parodi Lagu Indonesia Raya. (Liputan6.com/Trieyasni)

Oplas Mirip Idol Agar Diterima Kerja

Ditolak Kerja karena Kurang Ganteng, Pria Nekat Operasi Plastik hingga Mirip Idol Kpop

Liputan6.com 2022-04-12 13:05:44
(odditycentral.com)

Seorang pria dari Vietnam, baru-baru ini menjadi perbincangan viral di media sosial karena transformasi fisiknya yang drastis hingga membuatnya seperti idol Kpop.

Melansir dari Oddity Central, Selasa (12/4/2022), kisah transformasi bermula ketika pria bernama Tran Dang Phuoc Cuong mulai pergi untuk belajar di Tiongkok. Di sana, ketika itu usianya masih 17 tahun, dia mendaftar kursus bahasa Mandarin, sehingga ia bisa belajar bahasa Mandarin dan meningkatkan peluangnya menemukan pekerjaan untuk menghidupi dirinya sendiri.

Kemudian, dia mencoba mencari pekerjaan paruh waktu dan mengetahui bahwa penampilannya juga menjadi penghalang, dan itu mendorongnya untuk melakukan operasi plastik dan mengubah penampilannya secara drastis.

Setelah mencoba mendapatkan pekerjaan sebagai penari di sebuah bar Shanghai yang populer dan ditolak karena tidak memiliki wajah yang cukup tampan, Cuong pun memilih bekerja sebagai pelayan restoran. Dia pun mulai menabung untuk mengubah wajah yang telah terbukti menjadi kendala untuk mencapai mimpinya.

Pada tahun 2011, Cuong menjalani operasi untuk pertama kalinya, berinvestasi dalam operasi hidung untuk mengurangi ukuran hidungnya.

Enam bulan kemudian, dia menjalani operasi plastik lagi, kali ini untuk mengubah bentuk hidungnya dan memanjangkan ujung hidungnya.

Mengikuti prosedur ini, ia dengan percaya diri melamar pekerjaan sebagai model foto untuk toko mode, dan mulai merencanakan prosedur kosmetik berikutnya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor0811 9787 670hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Lakukan berbagai prosedur lainnya

Selama bertahun-tahun, pria berusia 27 tahun itu membentuk kembali bibirnya, melapisi dagunya, menjalani operasi 12 jam untuk menurunkan tulang pipinya, memotong tulang rahangnya dan membentuk kembali hidunya.

Berkat operasi plastik yang dijalaninya, orang-orang yang mengenalnya sebelumnya bahkan tidak bisa mengenalinya lagi.

"Saya tidak akan pernah melupakan saat-saat saya berbaring di meja operasi dengan cahaya lampu operasi di mata saya, bau antiseptik, anestesi, perban, dan wajah saya bengkak dan tidak bisa dikenali lagi," kata Cuong kepada DaNang24h.

"Banyak orang berpikir bahwa banyak operasi plastik bisa membuatmu 'kecanduan', tapi, pada kenyataannya, tidak ada yang kecanduan rasa sakit. Lebih dari sekali saya berpikir untuk menyerah di meja operasi," lanjutnya.

Tapi dia tidak pernah membiarkan rasa sakit dan penderitaan dari operasi plastik berulang kali menghalangi mimpinya untuk mengubah penampilannya sepenuhnya.

Dia tidak menyarankan individu untuk melakukan oplas jika mereka pikir itu akan meningkatkan kehidupan dan kepercayaan diri mereka.


Kisah serupa

Seorang pria Vietnam berusia 26 tahun memutuskan untuk mengubah penampilannya dengan bantuan operasi plastik setelah gagal mendapatkan pekerjaan karena penampilannya.

Dia bahkan mengaku bahwa dirinya ditertawakan saat wawancara kerja karena penampilannya. Pengguna TikTok, Do Quyen mendapat banyak perhatian di media sosial, setelah mengunggah foto-foto yang dia klaim sebagai mantan dirinya sebelum menjalani sembilan prosedur operasi plastik.

Perbedaan penampilan Quyen yang sangat signifikan membuat banyak orang terkejut. Pria itu terlihat seperti dua orang yang berbeda mulai dari bentuk wajah, mata hingga hidungnya.

Melansir dari Oddity Central, Selasa (2/3/2021), Quyen mengklaim bahwa dia beralih ke operasi plastik setelah mencoba mendapatkan pekerjaan dan ditertawakan oleh pewawancara, karena penampilannya yang tidak menarik.

Pria yang saat ini bekerja sebagai penata rias di Saigon, mengatakan kepada pengikut TikTok bahwa dia telah menghabiskan sekitar 400 juta dong ($ 17.400) atau setara dengan Rp 240 juta untuk sembilan operasi plastik besar, termasuk operasi hidung, implan dagu, veneer porselen, pembentukan kembali bibir, operasi kelopak mata ganda dan implan bibir.

"Pertama kali saya pulang setelah operasi plastik, orang tua saya tidak mengenali saya," kata Quyen.

Quyen secara rutin mengunggah foto dan video dirinya di Instagram dan TikTok, termasuk klip transisi yang menekankan transformasi dramatisnya.

Meskipun dia mendapat banyak kritik, Quyen tidak menyesal telah melakukan operasi plastik dan memberi tahu para pengikutnya bahwa mereka semua harus melakukan apa pun yang membuat mereka merasa nyaman.

"Selalu menjadi kuat dan temukan kecantikan yang paling membuat Anda percaya diri. Standar kecantikan bagi saya adalah ketika Anda melihat diri sendiri di cermin dan Anda merasa puas dan percaya diri," tambah Quyen.

Infografis Fenomena Operasi Plastik (Liputan6.com/Triyasni)

Akhirnya RUU TPKS Disahkan

HEADLINE: RUU Tindak Pidana Kekerasan Seksual Disahkan, Poin-Poin Pentingnya?

Liputan6.com 2022-04-13 00:01:04
Sejumlah massa aksi yang tergabung dalam berbagai elemen masyarakat menggelar aksi di Patung Kuda, Jakarta, Selasa (8/3/2022). Aksi ini untuk memperingati Hari Perempuan Internasional serta m

Tok! Suasana ruang rapat Paripurna mendadak haru. Ketua DPR, Puan Maharani, menahan isak tangis sebelum tak kuasa meneteskan air matanya saat mengesahkan Rancangan Undang-undang Tindak Pidana Kekerasan Seksual atau RUU TPKS menjadi Undang-Undang TPKS, Selasa 12 April 2022.

Bukan tanpa sebab, penantian panjang selama enam tahun di DPR dengan melalui berbagai perdebatan dan diskusi berbuah manis. Dengan disahkannya RUU TPKS, harapan ke depan adalah perundangan ini mampu mengakomodir hak-hak korban kekerasan seksual yang selama ini terlupakan.

Ketua Panja RUU TPKS, Willy Aditya, menjelaskan poin-poin penting dari hadirnya undang-undang tersebut.

Pertama, UU tersebut berpihak dan berperspektif pada korban. Kedua, aparat penegak hukum memiliki payung hukum atau legal standing yang selama ini belum ada terhadap setiap jenis kasus kekerasan seksual.

"Ketiga, ini adalah kehadiran negara bagaimana memberikan rasa keadilan dan perlindungan terhadap korban kekerasan yang selama ini kita sebut dalam fenomena gunung es," kata Willy kepada Liputan6.com, Selasa (12/4/2022).

"Negara hadir dalam bentuk, ketika restitusi tidak hadir, maka kemudian negara hadir dalam bentuk kompensasi. RUU ini juga memuat tentang victim trust fund atau dana bantuan korban. Ini adalah sebuah langkah maju bagaimana kita hadir dalam memberikan perlindungan kepada warga negara Indonesia," tambahnya.

Politisi NasDem itu menilai, pengesahan RUU TPKS juga merupakan hadiah menjelang peringatan Hari Kartini dan bukti komitmen DPR menyelesaikan RUU yang telah mandek bertahun-tahun.

"Ini adalah salah satu contoh bagaimana sebuah undang-undang direalisasikan, dimenangkan, bagaimana komitmen politik yang besar dari anggota dewan, komitemen politik yang besar dari pemerintah, serta partisipasi publik yang sangat."

Willy mengingatkan UU TPKS adalah penantian banyak pihak, terutama para korban yang selama ini belum terlindungi.

"Ini penantian korban, penantian perempuan Indonesia, kaum disabilitas dan anak-anak Indonesia dari predator seksual yang selama ini bergentayangan," kata dia.


Yang Baru dari UU TPKS

Peneliti Institute for Criminal Justice Reform (ICJR), Maidina Rahmawati, menilai pengesahan UU TPKS ini punya arti penting untuk penguatan pengaturan tentang perlakuan dan tanggung jawab negara untuk mencegah, menangani kasus kekerasan seksual dan memulihkan korban secara komprehensif.

UU TPKS ini memiliki 93 Pasal dan 12 Bab. Menjangkau materi mengenai: 1) Ketentuan Umum, 2) Jenis Tindak Pidana Kekerasan Seksual, 3)Tindak Pidana Lain yang Berkaitan dengan Tindak Pidana Kekerasan Seksual, 4) Penyidikan, Penuntutan dan Pemeriksaan di Sidang Pengadilan 5) Hak Korban, Keluarga Korban dan Saksi 6) Penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Perlindungan Perempuan dan Anak di Pusat dan Daerah, 7) Pencegahan, Koordinasi dan Pemantauan, 8) Partisipasi Masyarakat dan Keluarga, 9) Pendanaan, 10) Kerja sama internasional, 11) Ketentuan Peralihan, 12) Ketentuan Penutup

"UU ini penting karena menekankan asas pengaturan tindak pidana kekerasan seksual berdasar pada penghargaan atas harkat dan martabat manusia, non-diskriminasi, kepentingan terbaik bagi korban, keadilan, kemanfaatan dan kepastian hukum (Pasal 2 UU TPKS), serta tujuan utama pengaturan kekerasan seksual yang berorientasi pada korban (Pasal 3), yang mana hal ini tidak pernah dimuat dalam UU lain," kata Maidina kepada Liputan6.com, Selasa (12/4/2022).

Menurut dia, dalam bahasan tentang tindak pidana kekerasan seksual (Pasal 4-14), UU TPKS menjangkau seluruh ketentuan dalam UU lain yang berdimensi kekerasan seksual di Indonesia, yang mana menjadi subjek dari UU ini.

"Hal ini merupakan kebaruan yang sangat patut diapresiasi," tambahnya.

Sebelum UU ini, pengaturan soal kekerasan seksual terpisah-pisah dalam beberapa UU, misalnya KUHP, UU Perlindungan Anak, UU PKDRT, UU Pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang (PTTPO) dan UU Pornografi, yang mengatur hukum acara dan hak korban namun bergantung pada pasal yang digunakan dalam UU tersebut.

Ada pula peraturan yang tidak mengakomodasi hak korban dan hukum acara yang berorientasi pada korban, misalnya pemaknaan perkosaan dan perbuatan cabul dalam KUHP yang menyulitkan proses pembuktian.

"UU TPKS yang disahkan mewadahi semua bentuk kekerasan seksual, yang menjamin hak korban dan hukum acara secara padu dalam UU ini," ucap Maidina.

Secara substansi UU TPKS mengatur hak yang jauh lebih komprehensif, menjangkau seluruh aspek yang dibutuhkan mulai dari hak prosedural dalam penanganan, hak perlindungan yang menjamin perlakuan aparat penegak hukum yang tidak merendahkan korban ataupun menyalahkan korban, dan hak pemulihan dalam bentuk rehabilitasi medis, mental, sosial dan masih banyak lagi.

"Keberadaan UU TPKS ini penting, untuk itu pekerjaan rumah selanjutnya adalah mengawal implementasi UU ini agar dapat juga bermanfaat bagi korban sebagaimana rumusannya," jelasnya.

Infografis Momentum Pengesahan RUU Tindak Pidana Kekerasan Seksual. (Liputan6.com/Trieyasni)


Terobosan

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga, menilai ada beberapa terobosan dalam RUU TPKS, antara lain:

1. Pengualifikasian jenis tindak pidana seksual, beserta tindak pidana lain yang dinyatakan secara tegas sebagai tindak pidana kekerasan seksual sebagaimana diatur dalam ketentuan peraturan perundang-undangan lainnya,

2. Pengaturan hukum acara yang komprehensif, mulai tahap penyidikan, penuntutan, dan pemeriksaan di sidang pengadilan dengan tetap memperhatikan dan menjunjung tinggi hak asasi manusia, kehormatan, dan tanpa intimidasi,

3. Pengakuan dan jaminan hak korban atas penanganan, perlindungan, dan pemulihan, sejak terjadinya tindak pidana kekerasan seksual, yang merupakan kewajiban negara dan dilaksanakan sesuai dengan kondisi dan kebutuhan korban

4. Perkara tindak pidana kekerasan seksual tidak dapat dilakukan penyelesaian di luar proses peradilan, kecuali terhadap pelaku anak.

"Hadirnya Undang-Undang ini merupakan wujud nyata kehadiran Negara dalam upaya mencegah segala bentuk kekerasan seksual, menangani, melindungi, dan memulihkan korban, melaksanakan penegakan hukum, merehabilitasi pelaku, mewujudkan lingkungan tanpa kekerasan seksual, dan menjamin ketidakberulangan terjadinya kekerasan seksual. Inilah semangat dan roh perjuangan kita bersama, antara DPR RI, Pemerintah, dan Masyarakat Sipil, yang perlu terus kita ingat agar Undang-Undang ini nantinya memberikan manfaat ketika diimplementasikan, khususnya bagi korban kekerasan seksual," ujar Bintang dalam keterangan tertulis, Selasa (12/4/2022).

Bintang menuturkan, pemerintah telah melakukan rapat-rapat kerja secara intensif sejak akhir Januari hingga 11 Februari 2022 yang dikoordinasikan oleh Menteri PPPA sebagai leading sector, bersama dengan Menteri Sosial, Menteri Dalam Negeri, dan Menteri Hukum dan HAM, selaku wakil Pemerintah, baik bersama-sama maupun sendiri, dalam pembahasan RUU TPKS dengan DPR RI.

Penyusunan pandangan Pemerintah dan Daftar Inventarisasi Masalah (DIM) juga melibatkan Kementerian/Lembaga yang bidang tugasnya berkaitan dengan substansi yang diatur dalam RUU TPKS.

"Pembahasan RUU TPKS oleh Panitia Kerja Pemerintah dan Panitia Kerja DPR RI dimulai sejak 24 Maret hingga 6 April 2022. Dalam pembahasan yang berlangsung konstruktif, Pemerintah maupun DPR RI telah berupaya secara optimal menyusun Undang-Undang yang komprehensif, tidak multitafsir, dan tidak tumpang tindih dengan peraturan perundang-undangan lainnya. Naskah RUU TPKS kemudian ditandatangani oleh Fraksi-Fraksi di DPR RI dan Pemerintah pada 6 April tersebut, yang selanjutnya diteruskan ke Sidang Paripurna DPR RI untuk disahkan."

Bintang menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya atas sinergi, kolaborasi, dan komitmen yang baik dari Pemerintah dan DPR RI, dan pendampingan yang luar biasa dari masyarakat sipil.

"Tentu kami harapkan nantinya UU ini dapat menjadi UU yang implementatif. Bicara soal implementatif, maka kita berbicara bagaimana nantinya kita dapat mengatur lebih lanjut dalam peraturan pelaksanaan, baik itu Peraturan Presiden, maupun Peraturan Pemerintah," ucapnya.

Infografis Ragam Komentar Pengesahan RUU Tindak Pidana Kekerasan Seksual. (Liputan6.com/Trieyasni)


Implementasi

Komisi Nasional Anti Kekerasan terhadap Perempuan (Komnas Perempuan) menyambut sukacita pengesahan UU TPKS. UU ini telah diperjuangkan Komnas Perempuan sejak sepuluh tahun lalu.

"Kita apresiasi pengesahan RUU ini, dari perjalanan yang panjang. Kita bisa bilang tiga generasi atau tiga periode kepemimpinan gerakan perempuan kalau kita hitung," kata Wakil Ketua Komnas Perempuan, Mariana Amiruddin, kepada Liputan6.com, Selasa (12/4/2022).

UU TPKS mengadopsi enam elemen kunci payung hukum yang komprehensif untuk penanggulangan tindak pidana kekerasan seksual. UU TPKS memuat terobosan hukum yaitu dengan mengatur: (1) Tindak Pidana Kekerasan Seksual; (2) Pemidanaan (sanksi dan tindakan); (3) Hukum Acara Khusus yang hambatan keadilan bagi korban, pelaporan, penyidikan, penuntutan dan pemeriksaan di pengadilan, termasuk pemastian restitusi dan dana bantuan korban; (4) Penjabaran dan kepastian pemenuhan hak korban atas penanganan, perlindungan dan pemulihan melalui kerangka layanan terpadu; dengan memperhatikan kerentanan khusus termasuk dan tidak terbatas pada orang dengan disabilitas. (5) Pencegahan, Peran serta masyarakat dan keluarga; (6) Pemantauan yang dilakukan oleh Menteri, Lembaga Nasional HAM dan masyarakat sipil.

Terkait pengaturan tindak pidana kekerasan seksual, UU TPKS juga mengatur sembilan tindak pidana kekerasan seksual yang sebelumnya bukan tindak pidana atau baru diatur secara parsial.

Mula dari tindak pidana pelecehan seksual nonfisik, pelecehan seksual fisik, pemaksaan kontrasepsi, pemaksaan sterilisasi, pemaksaan perkawinan, penyiksaan seksual, eksploitasi seksual, perbudakan seksual dan kekerasan seksual berbasis elektronik.

Selain pengaturan sembilan tindak pidana tersebut, UU TPKS mengakui tindak pidana kekerasan seksual yang diatur dalam undang-undang lainnya, yang karenanya maka kedepannya hukum acara dan pemenuhan hak korban mengacu pada UU TPKS.

"Ini salah satu UU yang mutakhir. Pertama, dia memikirkan korban, mengatur bagaimana agar korban itu bisa langsung mengakses hukum. Kedua, ini juga UU yang memperhatikan soal pelayanan dan pencegahan. Itu tidak terlalu banyak atau malah tidak ada sebelumnya di UU yang lain."

Komnas Perempuan akan terus mendukung upaya implementasi UU TPKS dalam mendorong perumusan peraturan turunan. Hal ini sejalan dengan menjalankan mandat pemantauan dalam UU TPKS sebagai mekanisme yang integral untuk memastikan daya guna dari payung hukum yang telah lama dinanti oleh korban kekerasan seksual dan masyarakat luas ini.

"Yang penting nantinya adalah prakteknya atau implementasi UU di pihak kepolisian, kejaksaan, itu sebetulnya yang lebih penting untuk dipantau lebih jauh," ucap Mariana.

Infografis 1 dari 4 Perempuan Mengalami Kekerasan Fisik atau Seksual. (Liputan6.com/Trieyasni)


Penolakan

Dari sembilan fraksi, hanya fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang menolak RUU TPKS dibawa ke tahap paripurna DPR RI. Menurut Anggota Fraksi PKS, Almuzzammil Yusuf, RUU TPKS tidak lengkap karena tidak memuat larangan perzinahan dan LGBT.

"RUU yang lengkap mengatur kesusilaan, dari perzinahan, penyimpangan seksual hingga kekerasan seksual adalah RUU KUHP. RUU TPKS bisa membahayakan yaitu permisif terhadap (penyimpangan) seksual," kata Almuzzammil.

Dalam pandangan Fraksi PKS, dijelaskan salah satu poin penolakan PKS adalah agar RUU TPKS ini tidak lengkap mengatur jenis-jenis Tindak Pidana Kesusilaan yaitu segala bentuk Tindak Pidana Kekerasan Seksual, Perzinaan, dan Penyimpangan Seksual. Sehingga pembahasan RUU TPKS ini tidak menggunakan satu paradigma yaitu Kekerasan Seksual saja.

"Fraksi PKS konsisten untuk memperjuangkan agar dalam RUU TPKS diatur perihal larangan dan pemidanaan terhadap Perzinaan dan Penyimpangan Seksual sebagai salah satu bentuk Tindak Pidana Kesusilaan. Norma Perzinaan dalam KUHP bermakna sempit sehingga tidak bisa menjangkau perbuatan zina yang dilakukan oleh pasangan yang keduanya belum terikat perkawinan dengan pihak lain," kata Almuzzammil

Fraksi PKS juga mengusulkan untuk memasukan larangan hubungan seksual berdasarkan orientasi seksual yang menyimpang (LGBT)/Penyimpangan Seksual dalam RUU TPKS, dengan mengakomodasi pemidanaan bagi pelaku penyimpangan seksual baik dilakukan terhadap anak maupun dewasa.

"Mengingat adanya kekosongan hukum perihal pengaturan LGBT di Indonesia, karena tidak ada satu pun hukum positif Indonesia yang secara eksplisit-normatif melarang perilaku LGBT, maka pembentuk undang-undang perlu segera mengaturnya," kata dia.

Fraksi PKS menolak Rancangan Undang-Undang tentang Tindak Pidana Kekerasan Seksual untuk disahkan menjadi Undang-undang dan dilanjutkan ke tahap berikutnya sesuai dengan peraturan perundang-undangan, sebelum didahului adanya pengesahan RKUHP dan/atau pembahasan RUU TPKS ini dilakukan bersamaan dengan pembahasan RKUHP.

"Jika RUU ini berdiri sendiri dan tanpa adanya perluasan perzinahan (Pasal 284 KUHP) dan Larangan LGBT (Pasal 292 KUHP), maka muatan RUU TPKS berisi norma sexual consent, artinya jika tidak ada kekerasan maka hubungan seksual dibolehkan," kata dia.

Infografis Tarik Ulur dari RUU PKS hingga RUU TPKS. (Liputan6.com/Trieyasni)