Volume 264

"Allah Sudah Banyak Menutup Aibku"

Alasan Angelina Sondakh Pakai Hijab: Allah Sudah Banyak Menutup Aibku

Liputan6.com 2022-04-13 14:00:31
Angelina Sondakh. (Foto: Dok. YouTube Maia Al El Dul TV)

Angelina Sondakh akhirnya buka suara soal perjalanan spiritualnya selama 10 tahun berada di Rutan Pondok Bambu Jakarta akibat kasus korupsi. Puteri Indonesia 2001 ini akhirnya pakai hijab, sekitar tiga atau empat tahun setelah dibui.

"Aku di tahun ketiga atau empat. Jadi ada pelajaran fikih juga di lapas. Jadi kami berusaha untuk mengkaji Islam secara teori yang benar-benar kita praktikkan," ujar istri almarhum Adjie Massaid.

Keputusan pakai hijab bukan hal mudah mengingat latar belakang keluarga besar Angelina Sondakh beragam. Ayahnya, Lucky Sondakh, dan ibunya Nasrani. Ia pun dulu Nasrani sebelum dinikahi Adjie Massaid.

Melansir dari video wawancara yang dipublikasikan kanal YouTube Maia Al El Dul TV pada Selasa (12/4/2022), ibunda Keanu Massaid menyebut Islam moderat sebagai kiblatnya kini.

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Kiblat Moderat

"Tapi kiblatnya aku sih moderat. Karena ayahku Nasrani kan, jadi aku enggak mungkin menghilangkan orangtua dalam kehidupan aku dan mengabaikan mereka. Itu sangat tidak mungkin," kata Angelina Sondakh.

Meski telah mualaf dan berhijab, selamanya Angelina Sondakh respek dan sayang orangtua. Pasalnya, selama dibui, hanya orangtua dan Keanu Massaid yang rajin menjenguk sekaligus menguatkannya.


Menempatkan Diri

"Aku harus bisa menempatkan diri sementara orangtua aku tuh, sangat sayang sama aku. Merekalah yang tertinggal, yang datang setiap minggu dua kali tiga kali tuh orangtua aku," ia menyambung.

Kali pertama melihat Angelina Sondakh pakai hijab, Lucky Sondakh syok berat. Mengingat, citra Puteri Indonesia yang stylish melekat pada anaknya selama bertahun-tahun.


Berusaha Menutup Aurat

"Aku berusaha untuk menutup (aurat) walaupun mungkin tidak se-syari. Karena begini saja sudah bikin orangtua aku syok. Terus, kalau aku sudah mulai pakai syari, aku tahu ayahku bisa menerima cuma aku bisa melihat kok begitu ya," urai Angelina Sondakh.

Lantas apa yang membuatnya mantap pakai hijab? "Karena aku merasa bahwa Allah, sudah banyak menutup aibku. Ketika Allah meminta aku menutup auratku, aku mencoba untuk melakukannya karena Allah sudah menutup banyak sekali aibku," pungkasnya.

Kala itu Angelina Sondakh membayangkan, andai Tuhan membuka aibnya dan orang-orang terkasih, entah apa jadinya ia sekarang. Karenanya, ia mantap mengikuti perintah Sang Khalik.

Joe Biden: Putin Lakukan Genosida

Alasan Joe Biden Sebut Vladimir Putin Melakukan Genosida di Ukraina

Liputan6.com 2022-04-13 13:34:35
Foto yang diambil pada 10 Maret 2011 antara Joe Biden yang waktu itu menjabat sebagai Wapres AS dan Vladimir Putin sebagai Presiden Rusia. (AP Photo)

Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengatakan untuk pertama kalinya, bahwa "diktator" Vladimir Putin melakukan genosida di Ukraina.

Lantas, apa alasan Joe Biden mengeluarkan pernyataan bahwa Putin adalah diktator yang melakukan genosida?

Berbicara kepada wartawan di Iowa, saat dia bersiap untuk naik ke Air Force One, Biden memperjelas pernyataannya.

"Ya, saya menyebutnya genosida. Semakin jelas bahwa Vladimir Putin hanya mencoba untuk menghapus gagasan menjadi orang Ukraina," kata Biden, demikian dikutip dari laman BBC, Rabu (13/4/2022).

"Semakin banyak bukti yang keluar dari secara harfiah, hal-hal mengerikan yang telah dilakukan Rusia di Ukraina."

"Dan kami akan membiarkan pengacara memutuskan secara internasional apakah itu memenuhi syarat atau tidak, tetapi tampaknya seperti itu bagi saya."

Vladimir Putin mengatakan kampanye operasi militer ke Ukraina berjalan sesuai rencana. Pernyataan tersebut disampaikan dalam kunjungannya ke fasilitas peluncuran ruang angkasa Vostochny di Timur Jauh Rusia.

Selain itu, pada kesempatan tersebut ia juga menambahkan operasi militer tersebut tidak bergerak lebih cepat karena Rusia ingin meminimalkan kerugian.

"Operasi (militer) ini akan berlanjut hingga benar-benar selesai dan memenuhi tugas yang telah ditetapkan,'' tegas Putin seperti dikutip dari VOA Indonesia.

Dengan kata lain perang Rusia Ukraina akan terus berlanjut hingga tujuan Vladimir Putin tercapai.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Ekonomi Rusia

Mengomentari perekonomian Rusia, Putin mengatakan telah berhasil mengelak sanksi Barat. Lebih jauh ia mengatakan ekonomi dan sistem keuangan Rusia bertahan terhadap dampak dari apa yang disebutnya sebagai sanksi Barat "blitz".

Ia juga mengatakan bahwa mata uang rubel kini telah mulai pulih.

"Jika mitra-mitra kita memperburuk situasi di bidang keuangan, asuransi, transportasi, termasuk transportasi laut, maka situasinya akan memburuk bagi mereka. Kekurangan pangan atau lonjakan harga yang sangat tinggi di pasar dunia akan menimbulkan kelaparan di beberapa wilayah di seluruh dunia. Hal ini tak terelakkan. Langkah selanjutnya adalah gelombang migrasi baru, termasuk ke negara-negara Barat," ujar Putin.

Putin mengatakan sanksi terhadapnya akibat invasi Rusia justru akan menjadi bumerang bagi Barat.

Ia menyebut soal pembatasan ekspor pupuk Rusia dan sekutunya Belarusia, justru akan menaikkan harga pupuk global, yang pada akhirnya menyebabkan kekurangan pangan dan peningkatan arus migrasi.

Putin menggarisbawahi pernyataannya dengan mengatakan "akal sehat harus menang," dan menambahkan Barat harus '"kembali menggunakan akal sehat dan membuat keputusan yang seimbang tanpa kehilangan muka."


Rusia Harus Menanggung Akibat Invasi

Secara terpisah Menteri Keuangan Ukraina Sergii Marchenko mengatakan Rusia seharusnya membayar kerusakan infrastruktur Ukraina setelah konflik berakhir nanti.

Dalam wawancara dengan Sky, Marchenko mengatakan ada beberapa cara yang dapat dilakukan Rusia untuk mengumpulkan dana restitusi bagi Ukraina itu, antara lain pembekuan aset bank dan oligarki bisnis, serta pengenaan pajak tambahan pada minyak dan gas.

''Karena keputusan mereka (memulai invasi) maka mereka seharusnya membayar (kerugian yang ditimbulkan). Perang di Ukraina merupakan keputusan mereka. Maka setelah perang berakhir, mereka harus membayar kerugian yang ada," kata Marchenko.

Marchenko juga menyerukan masyarakat internasional untuk memastikan ganti rugi dan restitusi itu.

Sementara itu, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky memperingatkan bahwa pasukan Rusia "akan bergerak dengan operasi yang lebih besar" di Ukraina timur, tetapi dia juga mengatakan pasukannya akan siap dan "akan menanggapinya."

Berbicara dalam pidato melalui video pada Minggu 10 April malam, Volodymyr Zelensky mengatakan hari-hari ke depan akan sama pentingnya dengan perang yang telah berlangsung selama enam minggu.


Pengiriman Senjata AS ke Ukraina

Dia juga mengatakan dalam wawancara dalam program "60 Minutes" jaringan televisi CBS pada Minggu malam bahwa kelangsungan hidup Ukraina tergantung pada apakah Amerika Serikat meningkatkan pengiriman senjata.

"Dia punya daftarnya," kata Zelensky. "Presiden Biden dapat menorehkan sejarah sebagai orang yang berdiri bahu-membahu dengan rakyat Ukraina yang menang dan memilih hak untuk memiliki negara sendiri. Ini juga tergantung padanya."

Para menteri luar negeri Uni Eropa bertemu pada Senin (11/4) untuk membahas putaran lain sanksi terhadap Rusia.

Hari Senin (11/4) Biden mengadakan pembicaraan secara virtual dengan Perdana Menteri India Narendra Modi.

Ketika AS berusaha menekan Rusia dengan berbagai sanksi, termasuk pada industri energi utama negara itu, India telah mengambil sikap netral dan melanjutkan pembelian minyak dan gas Rusia sementara juga abstain dalam pemungutan suara untuk mengeluarkan Rusia dari Dewan Hak Asasi Manusia PBB.

Juru bicara Gedung Putih Jen Psaki mengatakan dalam sebuah pernyataan pada Minggu bahwa Biden akan menggunakan pertemuan itu untuk membahas "konsekuensi perang brutal Rusia terhadap Ukraina dan mengurangi dampak destabilisasinya pada pasokan makanan global dan pasar komoditas."

Infografis Reaksi Global terhadap Serbuan Rusia ke Ukraina. (Liputan6.com/Trieyasni)

Tak Pernah Buka Puasa-Sahur Bersama

Terungkap, Nagita Slavina Tak Pernah Buka Puasa dan Sahur Bersama Raffi Ahmad Semenjak Menikah

Liputan6.com 2022-04-13 07:35:00
Tampil bergaya powerful dress, tampilan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina curi perhatian. (Foto: Instagram/ ulzporto)

Bulan Ramadhan menjadi kesempatan bagi setiap keluarga untuk berkumpul dan menjalankan ibadah puasa. Namun hal itu tidak dialami oleh Nagita Slavina.

Wanita yang akrab disapa Gigi itu mengaku tidak pernah merasakan makan sahur dan berbuka puasa bareng dengan Raffi Ahmad. Hal itu terjadi selama bulan Ramadhan.

Nagita Slavina menceritakan hal itu kepada Lesti Kejora. Ini berawal dari Lesti yang menanyakan soal aktivitas Raffi Ahmad selama Ramadhan.

"Ini tahun ke berapa Kak Gigi puasa ditinggal sama kak Raffi?" tanya Lesti Kejora.

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Sejak Menikah

Menurut Nagita Slavina, Raffi Ahmad tidak pernah ada di rumah kala makan sahur dan buka puasa semenjak mereka menikah.

"Ih dari awal nikah! Dari sebelum nikah juga enggak pernah sahur dan buka bareng," ujar Nagita Slavina, dilansir dari kanal YouTube Leslar Entertainment.


Bekal

Meski begitu, Nagita tetap berupaya menyiapkan makan sahur dan berbuka puasa. Bahkan, dirinya kerap membuatkan Raffi Ahmad bekal makan sahur.

"Ya, pengin. Cuma udah biasa juga nggak, aku tetep nyiapin sahur tapi aku kirimin," ujarnya.


Tak Ambil Pusing

Menghadapi kondisi seperti itu, Nagita tak mau ambil pusing. Dirinya menganggap apa yang dilakukan oleh suaminya itu sebagai berkah dan rezeki bagi keluarganya.

"Sudah dari awal-awal nikah selalu ada acara gitu. Tapi ya udah, disyukuri aja kan berkah juga," pungkas Nagita Slavina.

Warganet pun merespons video percakapan Nagita dan Lesti. Beberapa di antara mereka ikut memberikan respons dan komentar yang beragam.

"Gigi perempuan baik," tulis salah satu netizen.

"Dia wanita penyabar," sambung netizen lain.

Video Seks Kim Kardashian Bocor

Skandal Bocornya Video Seks Kim Kardashian dengan Ray J

Liputan6.com 2022-04-13 11:04:01
Mengintip rumah Kim Kardashian yang bergaya minimalis (dok.YouTube/Vogue)

Kim Kardashian mengungkapkan putranya yang berusia enam tahun, Saint, mengetahui tentang video seksnya bersama Ray J, mantan kekasihnya pada 2007, dengan cara yang sangat mengejutkan. Wanita berusia 41 tahun itu mengakui bahwa dia takut suatu hari harus berbagi dengan keempat anaknya tentang skandal masa lalunya, menurut US Weekly.

Setelah melihat cuplikan episode pertama The Kardashians Hulu, outlet tersebut melaporkan ada momen besar dengan putra Kim dan Kanye, Saint. Adegan tersebut menampilkan bocah enam tahun dengan polosnya bermain game di iPad ketika dia menemukan lebih banyak tentang masa lalu ibunya, dikutip dari The Sun, Rabu (13/4/2022).

Selama permainan Roblox, iklan "sangat tidak pantas" untuk sebuah artikel muncul yang berisi tentang Kim dan mantannya Ray J. Saat episode perdana serial reality keluarga Kardashian yang baru berlanjut, pendiri SKIMS mengungkapkan putranya menangis melihat gambar dirinya.

Foto itu disertai dengan pesan tentang kemungkinan ada "rekaman yang belum dirilis" di luar sana dari rekaman seksnya pada 2007 dengan penyanyi berusia 41 tahun itu. Segera, Kim menghubungi pengacaranya di episode tersebut untuk membahas apa yang terjadi dan mengapa skandal itu muncul kembali.

Dia bilang dia "99 persen" yakin tidak ada lagi rekaman yang bisa dibocorkan. Kemudian, dia menangis saat menceritakan apa yang terjadi yang melibatkan putra mereka kepada Kanye, dan berusaha menenangkannya.

Kim menangis karena tidak ingin semua "perselingkuhan yang benar-benar memalukan" ini kembali bertahun-tahun kemudian. Dia menambahkan, "Saya tidak percaya ini terjadi sekarang."

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Belum Terkenal

Kim Kardashian dan Ray J berusia 22 tahun saat film itu dibuat. Rekaman itu terancam akan menghancurkan karier Kim sebelum benar-benar baru dimulai, tetapi pada akhirnya justru membantu melambungkannya ke ketenaran.

Dia masih relatif tidak dikenal ketika rekaman itu dirilis pada Maret 2007 oleh Vivid Entertainment. Video tersebut diberi judul "Kim Kardashian: Superstar."

The Sun sebelumnya mengungkapkan bahwa bintang reality takut mantan pacar Ray J merilis rekaman intim lainnya. Video lain itu berisi hubungan intimnya dengan sang mantan pacar.

Kim telah menghabiskan ratusan ribu dolar untuk menyewa tim pengacara untuk menutup kasusnya. Dia bertekad untuk melindungi keluarganya "dengan segala cara."


Rekaman Lain

Seorang sumber mengatakan, "Kim tahu bahwa Ray J membuat rekaman lain dari mereka bersama. Beberapa rekaman akan sangat intim. Dia telah memberitahu pengacaranya."

Sekitar waktu rilis kaset pertama, Kim muncul sebagai stylist Paris Hilton di The Simple Life. Belakangan, ia lebih dikenal sebagai putri pengacara OJ Simpson Robert Kardashian. Namun beberapa bulan kemudian, berkat kehebatan bisnis "momager" Kris Jenner, ia memulai debutnya di layar TV dengan Keeping Up With The Kardashians.

Kim mengajukan gugatan terhadap Vivid segera setelah itu dengan menuduhnya merilis rekaman itu tanpa izin. Dia melayangkan gugatan setelah pencipta Girls Gone Wild dan teman keluarga Joe Francis membantunya memperoleh 5 juta dolar AS untuk distribusi video itu.


Pengaruh Ekstasi

Sebelumnya, Kim Kardashian mengaku tak sadarkan diri ketika membuat sebuah video porno bersama dengan Ray J beberapa tahun yang lalu. Saat itu, ia berada dalam pengaruh narkotika. Kim Kardashian sempat mengonsumsi ekstasi dan akhirnya terjadilah adegan seperti dalam video porno tersebut, diberitakan kanal Showbiz Liputan6.com.

Hal itu baru saja diakui oleh Kim Kardashian dalam episode terbaru Keeping Up With The Kardashian. Ibu tiga anak ini mengaku pernah mengonsumsi ekstasi dan membuat keputusan yang tak bisa dibanggakan di bawah pengaruh narkotik itu. Pengakuan ini ia ungkap saat sedang ngobrol santai bersama Scott Disick dan Kendall Jenner.

Kim menceritakan pengalamannya saat menghadiri reuni SMA kepada Scott dan Kendall. Ia kembali mengenang masa mudanya yang doyan pesta. Ia juga mengakui kisah di balik pernikahan pertamanya di usia 19 tahun.

"Aku menikah di bawah pengaruh ekstasi. Aku pakai ekstasi sekali dan langsung nikah. Aku pakai lagi terus bikin video porno. Kayaknya bakal terus terjadi hal buruk lagi deh," kata Kim Kardashian dengan mimik muka santai belum lama ini.

Infografis Ayo Jadikan 2022 Tahun Terakhir Indonesia dalam Masa Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)

Crazy Rich Jaktim Ditangkap Polisi

Profil Putra Siregar, Crazy Rich Jakarta Timur yang Ditangkap karena Kasus Penganiayaan

Liputan6.com 2022-04-13 10:04:00
Putra Siregar, crazy rich Jaktim yang ditangkap karena kasus penganiayaan (dok.Instagram/@putrasiregar17https://www.instagram.com/p/CXszdzUPLmC/Komarudin)

Putra Siregar, pengusaha pemilik gerai penjualan handphone ditangkap oleh pihak kepolisian. Ia ditangkap bersama dengan sahabatnya, artis Rico Valentino.

Putra Siregar dan Rico Valentino ditangkap karena diduga terlibat kasus penganiayaan terhadap seorang warga bernama Nuralamsyah. Peristiwa tersebut terjadi di sebuah kafe di kawasan Senopati, Jakarta Selatan, pada 2 Maret 2022.

Ia dan Rico ditangkap sepulang menunaikan ibadah umrah. Sebelum ditangkap polisi, mereka dilaporkan ke Polres Metro Jakarta Selatan.

Putra Siregar merupakan lelaki asal Batam cukup terkenal. Ia merupakan pemilik pusat penjualan ponsel yang berlokasi di Condet, Jakarta Timur, dengan slogan 'Hape Pejabat Harga Merakyat'. Kini, gerai ponselnya diketahui punya ratusan karyawan di seluruh Indonesia.

Ia merupakan alumni Universitas Sumatera Utara, Medan. Sebelum sukses seperti sekarang, ia disebut pernah menjadi pengamen, sales parfum keliling, hingga pedagang handphone (HP) bekas di Batam.

Popularitas Putra kian melambung dengan terjun ke kanal YouTube. Ia sering berpromosi lewat influencer terkenal, seperti Sarah Kiehl dan Anya Geraldine.

Putra Siregar juga dekat dengan sederet selebritas ternama, seperti Raffi Ahmad, Anji, Atta Halilintar, hingga Baim Wong. Ia juga disebut mengelola klub sepak bola bersama Atta Halilintar, AHHA PS Pati FC.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Bisnis Kecantikan

Putra Siregar mencoba mengembangkan bisnis barunya. Ia mulai merambah bisnis baru di bidang kecantikan dan kesehatan.

Hal ini terinspirasi dari sang istri, Septia Yetri yang memiliki kecantikan alami dan memiliki pengetahuan tentang kosmetik. Menurut Putra, istrinya bisa cantik dengan bujet yang tidak besar.

"Orang berpikir dia istri sultan atau istri Putra Siregar perawatannya wajah dan kulitnya mahal, tapi kenyataannya engga. Istri saya memiliki kecantikan alami dan pengetahuan dia tentang kosmetik luar biasa. Makanya, kita beranikan diri untuk membuka bisnis baru di bidang kecantikan dan kesehatan," ujar Putra Siregar, dikutup dari kanal Showbiz Liputan6.com.

Sebagai brand baru dalam dunia kecantikan dan kesehatan, Putra Siregar optimistis PStore Glow akan menjadi brand skincare pilihan konsumen. PStore Glow mengusung tagline 'Cantik Alami Kejora Sepanjang Hari'.


Siapkan Delapan Bulan

Putra mengaku PStore Glow sudah disiapan sejak delapan bulan lalu. Hanya tes market di keluarga PStore dan dalam waktu dekat segera diluncurkan.

"Sudah banyak yang akan bergabung termasuk beberapa artis, karena mereka bukan saja menjadi brand ambassador,tapi mereka juga bisa sebagai owner. Nantinya mereka akan terlibat dalam pendistribusian dan penjualan. Ini yang membedakan bisnis kita dengan yang lain dan ini menjadi inspirasi," katanya.

Berbagai produk PStore Glow diklaim sudah teruji serta berkualitas karena sudah melalui BPOM. Ia mengaku produknya terbuat dari bahan-bahan organik dan aman bagi pengguna. Produk Pstore Glow pilihan Whitening memiliki value proposition dengan adanya bahan Purple Rice sebagai keunggulan dalam produknya.

"Manfaat dari purple rice itu sendiri bagi kesehatan wajah untuk membantu mencerahkan kulit wajah secara alami dan bisa digunakan all skin type. Berkat adanya kandungan protein peptida di dalamnya pun mampu mengurangi garis-garis halus akibat penuaan dini. Selain itu, bermanfaat juga untuk mengecilkan pori-pori dan mengatasi masalah jerawat yang membandel," urai Septia Yetri.


Kasus Lain

Dihimpun dari beberapa sumber, sebelumnya, Putra Siregar pernah tersandung kasus kepabeanan karena diduga menjual handphone secara ilegal. Bea Cukai Kanwil DKI Jakarta mengusutnya dan menangkap pemilik PS Store Putra Siregar pada 23 Juli 2020.

Ia sempat ditetapkan sebagai tersangka. Ia dituntut dengan Pasal 103 huruf d, UU Nomor 17 Tahun 2006 tentang Kepabeanan karena memperjualbelikan barang yang tidak terdaftar di Kementerian Perindustrian dan Perdagangan.

Pada 2017, Putra Siregar mengaku juga pernah ditangkap oleh Bea Cukai pada 2017. Dia berurusan dengan lembaga tersebut karena diduga menyelundupkan HP ilegal. Namun, ia tak pernah menipu.

Infografis Orang Terkaya di Indonesia (liputan6.com/desi)

Pemenang Hak Asuh Gala Sky

Haji Faisal Mendapatkan Hak Asuh dan Hak Wali Gala Sky Andriansyah

Liputan6.com 2022-04-13 15:28:00
Vanessa Angel - H. Faisal (Foto: Instagram/@h_faisal_69)

Persidangan hak wali Gala Sky Andriansyah, putra mendiang Vanessa Angel dan Bibi Andriansyah sampai pada keputusan. Hal itu diungkapkan kuasa hukum H. Faisal, Sandy Arifin.

Dijelaskan Sandy Arifin, bahwa keputusan tentang hak wali dan hak asuh Gala Sky Andriansyah dilakukan secara iforte, dilansir kanal YouTube Intens Investigasi, Rabu (13/4/2022).

Hasil sidang keputusan itu dibacakan kuasa hukum H. Faisal di depan Pengadilan Agama Jakarta Barat dihadapan awak media.

"Mengadili, dalam esepsi, menolak esepsi tergugat. Dalam konpensi mengabulkan gugatan para penggugat seluruhnya. Jadi alhamdulillah gugatan kita dikabulkan untuk seluruhnya," ujar Sandy Arifin.

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Di Bawah Asuhan

Selanjutnya, Sandy Arifin juga menyebutkan tentang siapa yang berhak atas hak wali Gala Sky Andriansyah. Apakah Doddy Sudrajat atau H. Faisal yang selama ini mengasuhnya?

"Menetapkan anak bernama Gala Sky Andriansyah bin Febri Andriansyah lahir di Jakarta tanggal 14 Juli 2020 berada di bawah pengasuhan atau hatonah para penggugat H. Faisal bin H. Bakar dan Ibu Dewi Zuhriati binti H. Zuhir sebagai kakek nenek dari pihak ayah," lanjutnya.


Beri Akses

Meski H. Faisal mendapatkan hak asuh anak, namun ia tak boleh menghalangi Doddy Sudrajat yang juga kakek Gala Sky untuk bertemu dengan cucu semata wayangnya.

"Dengan kewajiban memberikan akses kepada tergugat sebagai kakek anak tersebut dari ibu untuk bertemu dengan anak tersebut," paparnya.


Hak Wali

Tak hanya hak asuh, H. Faisal juga mendapatkan hak wali terhadap Gala Sky Andriansyah.

"Menetapkan penggugat satu H. Faisal bin H. Bakar sebagai wali dari anak bernama Gala Sky Andriansyah bin Febri Andriansyah dan selaku wali dapat mewakili anak yang belum dewasa tersebut mengenai segala perbuatan hukum di luar pengadilan," sambungnya.

Pemerkosaan Jadi Senjata Perang Baru

Konflik Rusia vs Ukraina, Pemerkosaan Ratusan Warga Sipil Diduga Jadi Senjata Perang Baru

Liputan6.com 2022-04-13 11:55:09
Pekerja pemakaman membawa jasad seorang pria dari kuburan massal untuk diidentifikasi di kamar mayat, di Bucha, di pinggiran Kiev, Ukraina, Minggu, 10 April 2022. Invasi Rusia ke Ukraina hing

Presiden Ukraina, Volodymyr Oleksandrovych Zelenskyy mengungkapkan bahwa pasukan Rusia telah melakukan ratusan pemerkosaan pada warga Ukraina, termasuk pada anak-anak.

Hal ini lantaran seorang tentara Rusia ditangkap setelah diduga merekam dirinya melecehkan seorang bayi di Ukraina.

"Di daerah-daerah yang dibebaskan dari penjajah, pencatatan dan penyelidikan kejahatan perang yang dilakukan oleh Rusia terus berlanjut," ujar Zelenskyy dikutip Daily Mail, Rabu (13/4/2022).

"Kuburan massal baru ditemukan hampir setiap hari. Testimonial sedang dikumpulkan. Ribuan korban, ratusan kasus penyiksaan, mayat terus ditemukan di saluran air dan ruang bawah tanah," Zelenskyy menjelaskan.

Begitupun dengan kasus pemerkosaan yang saat ini telah terus dicatat oleh Ukraina. Di dalamnya termasuk wanita remaja dan anak-anak kecil, bahkan bayi.

Presiden La Strada-Ukraina, Kateryna Cherepakha mengungkapkan bahwa hotline darurat organisasinya menerima telepon yang memberitahu bahwa tentara Rusia telah melakukan sembilan kasus pemerkosaan yang melibatkan 12 wanita dan anak perempuan.

"Kami tahu dan melihat, dan kami ingin Anda mendengar suara kami bahwa kekerasan dan pemerkosaan sekarang digunakan sebagai senjata perang oleh penjajah Rusia di Ukraina," ujar Kateryna.

Skala kebrutalan ini telah menyebabkan pihak hak asasi Ukraina menginformasikan pada PBB bahwa pemerkosaan sedang digunakan sebagai senjata perang.

"Tidak mungkin membayangkan kengerian yang lebih besar," kata Presiden Lithuania, Gitanas Nauseda.

Korbannya, seorang anak laki-laki berusia 11 tahun melaporkan dirinya diperkosa oleh pasukan Rusia di depan ibunya.


Rentetan kasus pemerkosaan

Komisaris Parlemen Ukraina untuk Hak Asasi Manusia, Lyudmila Denisova mengungkapkan anak laki-laki (11) yang menjadi korban diserang di Bucha, dimana sejumlah warga sipil tewas disiksa dan ditemukan setelah beberapa minggu.

Lyudmila juga menjelaskan bahwa lima tentara Rusia juga memperkosa seorang gadis berusia 14 tahun yang sedang hamil.

"Ada sekitar 120.000 anak-anak Ukraina ditangkap dan diculik. Beberapa diperkosa dan yang lainnya diselundupkan di Rusia," kata Lyudmila.

Pada 8 April, seorang gadis berusia 16 tahun dan wanita berusia 78 tahun diperkosa. Di samping itu, salah satu tentara Rusia juga ditangkap atas rekaman yang muncul saat memerkosa seorang bayi di Ukraina.

Rekaman itu dikirimkan oleh Alexei Bychkov (24) pada rekannya di Rusia sebelum akhirnya ia ditahan pada hari Sabtu setelahnya.

Tentara tersebut juga diduga telah membagikan video lain tentang pelecehannya terhadap anak-anak kepada teman dan koleganya.

Tak berhenti di sana, diberitakan kekejaman berlanjut saat 25 orang gadis dan wanita berusia 14 hingga 25 tahun di Bucha diperkosa secara sistematis ketika ditahan di ruang bawah tanah.

Sembilan dari 25 wanita tersebut kini sedang hamil.


Diliputi senjata

Lebih lanjut Lyudmila menjelaskan, rumah seorang wanita berusia 50 tahun yang tinggal bersama suaminya diterobos pada 7 Maret lalu. Wanita tersebut juga telah memberikan keterangan.

Menurut pengakuan wanita itu, dia dibawa ke sebuah rumah di dekat rumahnya dan diperintahkan untuk menuruti permintaan pelaku dengan ancaman senjata.

"Dia terus mengancam akan membunuh saya jika saya tidak melakukan apa yang dia katakan. Kemudian dia memperkosa saya," tambahnya.

Saat tentara itu sedang memperkosa wanita berusia 50 tahun tersebut, empat tentara lainnya masuk dan membawa tentara itu pergi. Sejak saat itu, ia mengaku tak pernah melihat tentara itu lagi.

Namun ketika kembali ke rumah, ia menemukan suaminya telah mengalami luka tembak di perut dan meninggal dua hari kemudian.

Sang suami dimakamkan di kebun belakang rumah. Sementara para tentara yang menghentikan pemerkosaan itu juga tinggal di rumah wanita tersebut selama berhari-hari, melakukan ancaman kekerasan dan memintanya untuk menyerahkan barang-barang milik mendiang suaminya.

Penyerangan dan pemerkosaan juga tidak berhenti di sini. Masih ada sederet kasus lainnya yang juga terjadi di Ukraina yang melibatkan penyerangan, pemerkosaan, dan pembunuhan.


Gunakan media sosial

Dalam perang yang terjadi antara Rusia dan Ukraina ini, media sosial menjadi salah satu alat yang juga digunakan. Pemerintah Rusia dan Ukraina telah mengatur agenda pelaporan media dengan lebih luas lagi.

Media sosial juga telah menjadi sumber informasi utama bagi seluruh dunia yang ingin memahami konflik yang terjadi diantara keduanya.

"Perang informasi tidak lagi merupakan lengan strategi tambahan, tetapi komponen paralel dari kampanye militer. Munculnya media sosial telah membuat lebih mudah dari sebelumnya untuk melihat bagaimana negara menggunakan komunikasi massa sebagai senjata," kata dosen senior di School of Communication, International Studies and Languages of the University of South Australia, Collette Snowden dikutip Channel News Asia.

Pemerintah Ukraina juga telah menggunakan media sosial untuk meminta dukungan pada dua juta pengikutnya di sana. Dalam konflik di Ukraina, media sosial yang sukses dapat menjadi senjata yang berguna untuk melawan musuh.

Tindakan yang dilakukan Rusia dan tindakan balasan oleh Ukraina pun kini telah dipelajari secara luas oleh para peneliti. Tidak mengherankan, penelitian tersebut menemukan bahwa masing-masing pihak membingkai konflik dengan cara yang sangat berbeda.

"Penelitian juga menemukan bahwa media sosial dapat mempertahankan, dan bahkan memperburuk, permusuhan antara Ukraina dan Rusia secara daring," kata Snowden.

Infografis Rusia Serang Ukraina dan Dalih Vladimir Putin. (Liputan6.com/Trieyasni)

Kinder Joy Dilarang Beredar

Kinder Joy Dilarang Beredar, Alfamart Hentikan Penjualan di Semua Gerai

Liputan6.com 2022-04-13 10:00:34
Alfamart tarik peredaran Kinder Joy

Semua produk Kinder, termasuk cokelat Kinder Joy dilarang beredar di Indonesia. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI menghentikan sementara peredaran produk merek Kinder lantaran adanya potensi cemaran bakteri Salmonella.

Menindaklanjuti hal ini, Alfamart segera menghentikan peredaran produk merek Kinder Joy untuk sementara waktu. Penghentian ini dilakukan sampai dipastikan produk tersebut tidak mengandung cemaran bakteri Salmonella dan dinyatakan aman oleh BPOM.

"Kami melakukan penghentian peredaran tersebut sesuai dengan rilis resmi BPOM pada senin tanggal 11 April kemarin," papar Corporate Communication GM Alfamart, Nur Rachman kepada Liputan6.com,Rabu (13/4/2022).

Ia menjelaskan bahwa Alfamart telah mengirimkan surat elektronik ke seluruh gerai terkait hal tersebut dan menonaktifkan produk Kinder Joy.

"Mulai 12 April 2022 produk Kinder Joy kami tarik terlebih dulu dari rak display sambil menunggu keputusan resmi dari BPOM soal keamanannya. Keselamatan konsumen adalah yang utama bagi kami," jelasnya.

Alfamart patuh terhadap keputusan resmi BPOM. Apabila BPOM menemukan bahan berbahaya maka produk akan dilakukan retur ke produsen untuk dimusnahkan, papar Nur Rachman


Ternyata Ini Alasan BPOM RI Hentikan Peredaran Kinder Joy

Semua produk Kinder, termasuk cokelat Kinder Joy dilarang beredar di Indonesia. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI menghentikan sementara peredaran produk merek Kinder lantaran adanya potensi cemaran bakteri Salmonella.

"BPOM akan menghentikan peredaran produk merek Kinder untuk sementara waktu, sampai dipastikan produk tersebut tidak mengandung cemaran bakteri Salmonella," tulis laman resmi BPOM.

Kepala Biro Humas BPOM RI Noorman Effendi saat dikonfirmasi, Senin (11/4/2022) membenarkan kabar tersebut. BPOM akan melakukan random sampling dan pengujian di seluruh wilayah Indonesia terhadap produk merek Kinder yang terdaftar.

Kegiatan itu dilakukan sehubungan dengan diterbitkannya peringatan publik oleh (Food Standard Agency/FSA) Inggris, terkait penarikan produk cokelat Merek Kinder Surprise. Kebijakan serupa juga diikuti oleh sejumlah negara di Eropa, antara lain Irlandia, Prancis, Jerman, Belanda, dan Swedia.

Pada 2 April 2022, FSA Inggris menerbitkan peringatan publik terkait penarikan secara sukarela produk cokelat merek Kinder Surprise karena diduga terkontaminasi bakteri Salmonella (non-thypoid) yang dapat memicu gejala ringan seperti diare, demam, dan kram perut bagi konsumen.


Korban 63 Anak

Korban yang terdampak dilaporkan sebanyak 63 orang anak-anak, meski tak sampai menyebabkan kematian.

BPOM menyebutkan produk yang ditarik adalah produk cokelat merek Kinder Surprise dalam kemasan tunggal 20 gram dan kemasan isi tiga masing-masing 20 gram, dengan batas kedaluwarsa masing-masing produk sampai dengan 7 Oktober 2022.

Inggri juga memperluas cakupan penarikan produk dengan menambahkan beberapa varian, yaitu produk merek Kinder Surprise kemasan 100 gram, Kinder Mini Eggs kemasan 75 gram, Kinder Egg Hunt Kit kemasan 150 gram, dan Kinder Schokobons kemasan 200 gram dengan batas kedaluwarsa 20 April hingga 21 Agustus 2022. Kebijakan itu sebagai prinsip kehati-hatian pada semua produk cokelat Kinder yang diproduksi oleh Ferrero N.V/S.A di Belgia.

Dalam keterangan tersebut BPOM memastikan seluruh produk cokelat merek Kinder yang ditarik di Inggris, tidak terdaftar di BPOM RI.


Imbauan BPOM

Produk merek Kinder yang terdaftar di Badan POM berasal dari India dengan nama varian produk, antara lain Kinder Joy, Kinder Joy for Boys, dan Kinder Joy for Girls. Produk tersebut diproduksi oleh Ferrero India PVT, LTD.

Untuk melindungi masyarakat dengan mengedepankan prinsip kehati-hatian, BPOM akan melakukan pengujian menggunakan sampel acak di seluruh wilayah Indonesia terhadap produk merek Kinder yang terdaftar.

BPOM mengimbau masyarakat untuk melapor ke BPOM melalui Contact Center HALOBPOM atau Unit Layanan Pengaduan Konsumen (ULPK) Balai Besar/Balai/Loka POM di seluruh Indonesia jika menemukan produk cokelat merek Kinder yang tidak terdaftar di BPOM.

BPOM juga mengimbau masyarakat agar menjadi konsumen cerdas dan tidak mudah terpengaruh dengan isu yang beredar. Selalu lakukan Cek KLIK (Cek Kemasan, Cek Label, Cek Izin Edar, dan Cek Kedaluwarsa) sebelum membeli atau mengonsumsi produk pangan.

Infografis Negara-Negara Pendukung Produk Ganja untuk Pengobatan. (Liputan6.com/Abdillah)

Terseret Kasus Trading Ilegal

Boy William Beri Penjelasan Usai Namanya Ikut Terseret Kasus Trading Ilegal

Liputan6.com 2022-04-13 13:40:04
Boy William. (Foto: Dok. Instagram @boywilliam17)

Kasus situs-situs dan aplikasi trading ilegal saat ini masih ramai diberitakan. Masalah ini semakin banyak menyeret nama-nama artis besar di Indonesia ke dalam pusaran masalah. Salah satunya adalah nama Boy William yang diduga juga terlibat dalam masalah trading ilegal aplikasi OctaFX.

Terkait hal tersebut, Boy William pun memberikan penjelasan mengenai perannya di aplikasi trading ilegal tersebut. Boy William mengaku tidak ada hubungan apapun dengan OctaFX selain sebagai talent produk endorse.

Boy William menyatakan dirinya bukan afiliator dan tidak mendapat komisi apapun dari aplikasi OctaFX. Bentuk kerjasamanya hanya sebatas talent untuk endorsement.

"Kita sama mereka jual jasa seperti biasa, kita cuman endorse produknya, kita cuman endorse brand mereka tersebut. Kita sama sekali bukan afiliator dan kerjasamanya juga nggak berdasarkan komisi, jadi aku nggak menerima komisi sama sekali dari pihak mereka, hanya sebagai talent," tegas Boy William dilansir dari tayangan di YouTube Starpro Indonesia beberapa waktu lalu.

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Kurang Paham

Boy William sendiri mengaku tidak banyak mengetahui mengenai aplikasi-aplikasi trading ilegal tersebut. Ia hanya diminta untuk mengendorse produk tersebut di konten-konten miliknya.

"Aku kurang paham soal kayak gitu-gitu. Soalnya kita kan di sini jual jasa doang, siapapun yang mau promosi produknya di kita asal bisa masuk rate card-nya kita, aku mah ambil aja, di sini kan nyari duit, cara nyari duit aku kan kayak gitu," kata Boy William.


Tak Tertarik

Tak hanya itu, Boy William juga menyatakan sama sekali tidak tertarik untuk bergabung menjadi afiliator aplikasi-aplikasi trading tersebut. Apalagi terjun langsung mencoba bisnis trading tersebut.

"Kayaknya aku sudah nyaman dengan bisnisku sekarang. Sudah aman cari duitnya gini saja," ucapnya.


Pelajaran

Namun terlepas dari itu, dari kejadian ini Boy William mengaku banyak mendapat pelajaran berharga. Ke depannya, ia mengaku akan lebih hati-hati dan selektif dalam menerima endorse dari produk apapun.

"Aku pun di sini juga baru ngadepin hal seperti ini dan baru tahu juga bahwa ngendorse hal-hal seperti itu butuh wawasan lebih luas lagi, dari kejadian ini kita banyak belajar juga, ke depannya kita lebih teliti dan selektif untuk brand-brand," katanya.

"Semoga semua para artis atau endorser atau talent lainnya ke depannya kita hati-hati memilih produk dan selektif ya," tutupnya.