Volume 265

Cinta Laura Penasaran Konsep Neraka

Penasaran Konsep Neraka, Cinta Laura Langsung dapat Jawaban dari Habib Husein Jafar

Liputan6.com 2022-04-15 10:30:47
Diakui Cinta, ia terbiasa sejak kecil untuk melihat sesuatu dari berbagai perspektif yang luas. Termasuk dalam hal memilih barang yang akan ia beli, akan dilihat lebih dulu tentang harga, man

Cinta Laura penasaran dengan konsep neraka menurut padangan Islam. Karena itu, wanita bernama lengkap Cinta Laura Kiehl ini bertanya kepada Habib Husein Jafar.

" Apa sih konsep neraka di mata Habib?" kata Cinta Laura dikutip dari YouTube PUELLA ID, Kamis 14 April 2022.

Habib Husein Jafar ini pun menjelaskan bahwa neraka lahir karena Tuhan yang Maha Cinta.

" Jadi neraka itu bukan karena Tuhan Maha Pemarah, bukan karena Tuhan Maha Dendam. Cinta itu justru melahirkan neraka, neraka itu lahir dari Tuhan yang Maha Cinta" kata Habib Husein Jafar.

Pria asal Bondowoso, Jawa Timur, ini menjelaskan contoh tentang perumpamaan neraka. Ia mencontohkan orang sakit akan sembuh setelah minum obat meski rasanya pahit, begitu juga dengan konsep neraka sebenarnya.

" Saya kasih contoh orang yang sakit, maka ketika kita diberikan segala nikmat makanan atau minuman, akan hambar nggak akan terasa. Maka untuk kita bisa merasakan kenikmatan makanan dan minuman itu kita harus diobati dan obat itu pahit. Begitulah konsep neraka," kata Habib.


Seperti minum obat

Menurut Habib Husen konsep neraka seperti minum obat yang sudah dijelaskan karena Tuhan ingin manusia merasakan sakit dan pahit baru bisa menikmati indahnya surga.

Jadi jika manusianya yang dosanya lebih banyak dari pada amal kebaikannya maka akan dimasukan ke neraka sebelum merasakan nikmat surga.

"Tuhan sebenarnya ingin semua orang pergi ke Surga. Tapi kalau dia memiliki masalah sakit dalam hati dan pikirannya, dia tidak akan merasakan nikmatnya Surga. Maka yaudah, Tuhan masukkan dia ke neraka untuk seperti diobati, pahit memang. Tapi agar kamu bersih, sehingga kamu bisa merasakan Surga itu dengan penuh kenikmatan," tuturnya.

(Dream.co.id)

infografis Kebiasaan Saat Puasa Ramadan di Indonesia. (Liputan6.com/Abdillah).

Akui Jadi Brand Ambasador DNA Pro

Akui Jadi Brand Ambasador DNA Pro, Ivan Gunawan Dicecar Puluhan Pertanyaan

Liputan6.com 2022-04-15 08:00:49
Artis Ivan Gunawan mendatangi Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Kamis (14/4/2022). Dia memenuhi panggilan penyidik Bareskrim Polri untuk diperiksa sebagai saksi kasus penipuan robot trading D

Ivan Gunawan ditemani kuasa hukumnya Sandy Arifin memenuhi panggilan penyidik Bareskrim Polri untuk menjalani pemeriksaan sebagai saksi terkait kasus investasi bodong DNA Pro Akademi, Kamis (14/4/2022).

Kurang lebih selama 3,5 jam pria yang akrab disapa Igun menjalani pemeriksaan penyidik Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Polri, di Jakarta, terkait kerjasamannya dengan DNA Pro.

Selama menjalani pemeriksaan Igun berusaha untuk kooperatif. Dalam pemeriksaannya ia pun mengakui dikontrak sebagai brand ambasador DNA Pro Akademi selama tiga bulan.

"Jadi hari ini, saya memenuhi panggilan Bareskrim Polri terkait permasalahan saya bersama dengan masalah DNA Pro," ujar Igun usai pemeriksaan.


Profesional

Mantan kekasih Rossa ini mengungkapkan, ia dicecar puluhan pertanyaan terkait kerjasamanya sebagai brand ambasador DNA PRo yang dibayar kurang lebih Rp 1 Miliar.

"Jadi hubungan saya adalah pure hubungan profesional antara artis dan DNA Pro. Kurang lebih seperti itu. Saya menceritakan semuanya dari awal bertemu sampai akhirnya dikontrak," ujarnya.


Kembalikan Uang

Saat pemeriksaan Ivan Gunawan tanpa diminta langsung membawa uang hasil kerjasamanya dengan DNA Pro untuk diserahkan kepada Penyidik Bareskrim Polri.

"Jadi total kontrak yang diberikan DNA Pro kepada saya hari ini saya kembalikan," ucapnya.


Niat Baik

Buat Ivan Gunawan apalah arti uang tersebut bila membuat hidupnya tak nyaman. Oleh karenannya ia lebih memilih mengembalikan dari pada nantinya malam mempersulit dirinya.

"Dengan niatan saya dan itikad baik saya, karena saya rasa rejeki yang Alah titipkan kepada saya itu bukan atau belum menjadi milik saya," katanya

Hotman Paris Mundur dari Peradi

Otto Hasibuan: Pengunduran Diri Hotman Paris dari Peradi Sedang Dipertimbangkan

Liputan6.com 2022-04-15 02:29:56
Hotman Paris. (Foto: Instagram @hotmanparisofficial)

Ketua Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Otto Hasibuan menegaskan organisasinya masih mempertimbangkan surat pengunduran diri Hotman Paris Hutapea dari Peradi.

"Ada suratnya tetapi kami sedang mempertimbangkan apakah itu dikabulkan atau tidak. Kalau kami kabulkan, melanggar Pasal 30 Undang-Undang Advokat," kata Otto di Jakarta, Kamis (14/4/2022).

Kendati surat pengunduran diri telah diajukan oleh Hotman Paris, menurut Otto Hasibuan, pengabulan pengunduran diri Hotman Paris tampaknya akan lama.

Pasalnya, Peradi masih mempertimbangkan apakah persoalan pengunduran diri ini bertentangan dengan Pasal 30 Undang-Undang Advokat. Oleh karena itu, dia masih mempertimbangkan persoalan tersebut.

"Penguduran diri belum kami jawab apakah dikabulkan atau tidak. Kami sedang mencermati berdasarkan Pasal 30 Undang -Undang Advokat, semua setiap advokat itu wajib menjadi anggota Peradi," kata Otto yang dilansir dari Antara.

Sementara itu, Ketua Dewan Kehormatan Pusat Peradi Adardam Achyar enggan mengomentari persoalan pengunduran diri Hotman Paris.

"Seorang hakim hanya boleh bicara melalui putusan. Kami minta maaf dengan catatan Peradi karena putusan telah dibacakan secara terbuka, dan Peradi juga sebagai warga negara tentu mengedepankan keterbukaan publik," kata Adardam.


Hotman Paris Rela Tak Dibayar

Direktur Jenderal Pajak, Kementerian Keuangan, Suryo Utomo bekerja sama dengan Raffi Ahmad dan para tokoh publik lainnya mengajak masyarakat untuk membayar pajak. Mengingat, pengikut Raffi Ahmad di media sosial sangat banyak.

Cara ini diakui Suryo sangat efektif karena masih dihari yang sama, fotonya dan Raffi di akun sosial media telah dilihat 150 ribu pengikut Raffi.

"Jadi inilah sebetulnya cara kami mengajak para pesohor untuk membantu negara dalam bentuk bercerita tentang pajak kepada masyarakat secara keseluruhan," tutur Suryo di acara Tax Campaign Spectaxcular DJP 2022 Talkshow: Bincang Bijak Soal Pajak, Jakarta, Rabu (23/3/2022).

Cara itu diamini pengacara kondang Hotman Paris Hutapea yang juga hadir dalam kesempatan yang sama. Menggandeng tokoh berpengaruh di publik juga bisa mendorong masyarakat untuk menjadi wajib pajak yang taat.

"Pemakaian para pesohor ini sangat perlu buat marketing," kata dia.


Siap Kampanye Taat Pajak

Hotman juga mengaku siap menjadi salah satu tokoh yang dilibatkan untuk kampanye taat pajak. Bahkan dia mengaku tak perlu dibayar meskipun salah satu brand kopi lokal membayarnya Rp 2 miliar untuk setahun.

"Saya dipakai Kopi Kenangan dengan kontrak 1 tahun Rp 2 miliar, tapi buat kantor pajak saya kasih gratis," kata dia.

Meski begitu, Hotman menilai kesadaran masyarakat untuk menjadi wajib pajak yang taat tidak bisa mengandalkan kesadaran. Baginya kesadaran membayar pajak di masyarakat hanya sebagian kecil saja.

"Memang benar kesadaran itu perlu, tapi manusia tetap manusia, kesadaran hanya sekian persen saja," kata dia


Sanksi Keras dan Efektif

Jurus ampuhnya justru dengan sanksi keras dan pengawasan yang efektif. "Tetap sanksi keras dan pengawasan itu sangat efektif," ungkapnya.

Saat ini Hotman terdaftar sebagai wajib pajak di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Jakarta Utara. Meskipun dirinya mengaku telah menjadi ikon tetap tidak mendapatkan diskon khusus dalam hal kewajiban membayar pajak.

"Saya ikon KKP tapi tetap bayar pajak tidak dapat diskon," kata dia.

Dia tetap resah bila harus membayar pajak dengan sanksi 200 persen bila ketahuan menyembunyikan harta. Sehingga kesadaran untuk membayar pajak juga harus diiringi dengan sanksi yang tegas .

"Sanksi 200 persen ini bikin saya tidak bisa tidur. Makanya dalam waktu dekat saya juga mau TA (tax amnesty) yang kedua lagi," katanya.

Janji Setia Buat Doni Salmana

Dinan Fajrina Tulis Janji Setia Buat Doni Salmana, Akui Tidak akan Pernah Pergi

Liputan6.com 2022-04-15 09:00:00
Tanggapan Dinan Fajrina Soal Isu Perceraian. (Sumber: Instagram/dinanfajrina)

Dinan Fajrina terus memberikan semangat kepada suaminya, Doni Salmanan yang kini tengah mendekam di penjara karena tersandung kasus investasi bodong dan pencucian uang binary Option.

Sebagai istri, Dinan Fajrina berusaha untuk menguatkan pemilik nama asli Doni Muhammad Taufik agar bersabar dan kuat dengan cobaan yang dihadapi saat ini.

Tak dipungkiri Dinan Fajrina, ia mengaku rindu setelah kurang lebih sebulan berpisah dengan suaminya. Yang paling dirindukannya adalah melihat senyuman manis crazy rich asal Bandung bila sedang bersamanya.

"Teruntuk kekasih yang senyumnya senantiasa menenangkan, seberat apapun beban yang kini kau pikul sendiri, sesulit apapun masalah yang kini kau hadapi, jangan berhenti tersenyum ya? Tetap jadi lelaki yang sabar dan kuat ya?," tulis Dinan Fajrina di akun Instagramnya, dikutip Kamis (14/4/2022).


Jangan Menyerah

Dinan Fajrina juga berharap Doni Salmanan tidak menyerah dengan masalahnya. Lantaran tak bisa berbuat banyak, doa terbaik kerap dipanjatkan wanita 23 tahun buat suaminya tercinta.

"Jangan menyerah, jangan pudar, jangan sendu. kamu tahu, tak banyak yang bisa aku lakukan selain berdoa dan tetap di sisimu," ujarnya.


Janji Setia

Janji setia untuk tidak meninggalkan Doni Salmanan di masa sulitnya juga dituliskan Dinan Fajrina. Ia akan terus mendamping Doni Salmanan sampai kasus yang dihadapinya selesai.

"Aku tidak bisa menjanjikanmu untuk memperbaiki hal-hal, tapi aku berjanji bahwa aku tidak akan pernah pergi; dan kamu harus tahu bahwa kamu tidak akan menghadapi masalah sendirian karena saya akan berada di sini," tulis Dinan Fajrina menggunakan bahasa Inggris.


Doa

Di penghujung tulisannya, doa dipanjatkan Dinan Fajrina buat suami tercinta. Dalam unggahannya Dinan Fajrina tampak mencium pipi Doni Salmanan yang kompak menggenakan baju berwarna hitam.

"Semoga Allah dan semua hal baik selalu bersamamu, sayang," tulisnya lagi.

Muncul Lagi di Publik Usai Idap OCD Ekstrem

Aliando Syarief Muncul di Muka Publik Setelah Divonis OCD Ekstrem, Ada Emosi yang Tak Dipanggil Tapi Datang

Liputan6.com 2022-04-15 15:30:00
Aliando Syarief buka kartu soal kesan pertama muncul di muka publik setelah pengakuan OCD ekstrem. Ia hadir di showcase 7 film Falcon Pictures di Jakarta, 14 April 2022. (Foto: Wayan Diananto

Untuk kali pertama, Aliando Syarief tampil di muka publik setelah mengaku mengidap Obsessive-Compulsive Disorder alias OCD di medsos awal 2022. Ia hadir dalam showcase 7 film terbaru Falcon Pictures yang akan dirilis mulai Mei hingga Desember 2022.

Diberitakan sebelumnya, akibat OCD ekstrem, bintang sinetron Ganteng-ganteng Serigala mengeluh seperti ada gelombang di atas kepalanya. Ia juga kerap mendengar sejumlah bisikan.

Lantas bagaimana rasanya kali pertama tampil di muka publik menghadapi puluhan jurnalis, tamu undangan, hingga penggemar? Aliando Syarief deg-degan dan berjuang keras untuk tenang.

"Ketika di depan, yang terjadi alhamdulillah bisikannya sudah enggak ada. Cuma kontrol emosi. Tiba-tiba ada emosi yang enggak gue panggil itu ada," katanya di Epicentrum XXI Jakarta, Kamis (14/4/2022).

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Marah

"Emosi itu kan bentuknya macam-macam. Ada emosi marah, sedih. Itu yang sering muncul emosi marah. Emosi marah sering muncul, yang enggak gue panggil. Dia tiba-tiba menyerang orang-orang," Aliando Syarief menjelaskan.

Kalau emosi marah datang meski tak diundang, bintang film Asal Kau Bahagia mencoba menenangkan diri dan menyinkronkan fungsi rasa, mata, dan otak. Itu pula yang terjadi selama acara berlangsung.


Enggak Gue Panggil

"Itu enggak gue panggil dan enggak gue mau rasakan. Jadi apa yang gue lihat sama apa yang gue rasa. Jadi otak, mata sama perasaan enggak sinkron. Kalau marah-marah sih tetap kontrolnya pada keyakinan," urainya.

Aliando Syarief menyebut, ada banyak lapisan emosi. Ia mengandaikan ada tujuh lapis emosi dan OCD level ekstrem telah "menghantam" hingga lapisan kelima. Yang dilakukannya saat ini menjaga dua lapis yang tersisa seraya memperbaiki kelimanya.


Ibarat 7 Lapis

"Balik lagi, kita kan ada beberapa lapis tuh. Jadi yang kena itu cuma beberapa lapis dari mentalitas. Ibarat ada tujuh, itu enggak sampai ke tujuhnya. Paling sampai lima, jadi ada dua lagi yang bisa kita pikirkan dan kontrol," Aliando Syarief membeberkan.

Kini ia masih menjalani terapi dengan bantuan psikolog. Sang aktor optimistis, dapat melewati ujian ini. Ia juga berterima kasih kepada penggemar yang setia mendukung dan mendoakan.

"Masih terapi sampai sekarang. Cuma spesial untuk Warkop DKI Kartun dan tanggal 14 ini launching semuanya, dan gue diundang di sana. Jadi gue hadir untuk melihat hasil trailer dari filmnya," ia mengakhiri.

Kenyataan Pahit Alami Chelsea Olivia

Chelsea Olivia Hadapi Kenyataan Atap Rumah Ambruk dan Sandal Kesayangan Jamuran: Mau Nangis Banget

Liputan6.com 2022-04-15 15:00:00
Chelsea Olivia berbagi cerita soal putranya, Dante Oliver Alinskie, yang disunat baru-baru ini. (Foto: Instagram @chelseaoliviaa)

Chelsea Olivia dan Glenn Alinskie berencana untuk kembali ke Jakarta usai 4 bulan menetap di Bali. Pasangan artis yang sudah dikaruniai dua orang anak ini meninggalkan Ibu Kota imbas pandemi Covid-19 yang terus meningkat.

Alhasil keduanya memutuskan untuk menetap sementara di Pulau Dewata hingga kondisi virus Corona di Jakarta terkendali. Kini, setelah dirasa aman dari gempuran virus Corona, Chelsea Olivia dan Glenn Alinskie berniat kembali ke rumah.

Antusiasme untuk kembali beraktivitas di rumah bersama dua anak mereka, Nastusha Olivia Alinskie dan Dante Oliver Alinskie, tak lagi terbendung. Personel grup vokal Bukan Bintang Biasa ini segera menyiapkan keperluan untuk pulang ke Jakarta.

Namun yang terjadi selanjutnya justru mengejutkan. Rumah yang sudah ditinggal selama 4 bulan itu dalam kondisi tak terurus hingga ambruk pada bagian atap. Langit-langit alias plafon rumah Chelsea Olivia dan Glenn Alinskie jatuh menimpa barang-barang di bawahnya.

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Foto Rumah Ambruk

"Mau nangis banget. 4 bulan di Bali dan akhirnya mau pulang (udah seneng-seneng) hari ini appointment untuk dibersihin satu rumah karena lagi enggak ada mbak. Dan pas dibuka rumahku ambruk," tulis Chelsea Olivia dalam Instagram Stories, diikuti emotikon tangisan.

Dalam foto yang diunggah, tampak plafon rumah pasangan selebritas itu sudah ambruk dan berserakan di lantai. Serpihannya juga mengenai beberapa perabotan.

Namun, Chelsea Olivia dan Glenn Alinskie tetap bersyukur serta berterima kasih kepada para kerabatnya yang telah membantu membenahi rumah mereka.


Sandal Berjamur

"Bangun tidur dengan syok lihat laporan rumah hancur," imbuhnya.

Tak hanya atap rumah yang ambruk, sandal-sandal kesayangan Chelsea Olivia juga berjamur. Karena itu, ibu dua anak ini memutuskan segera kembali ke Jakarta.

"Tersakit, sendal kesayangan berjamur. Okay saatnya pulang ke rumah beresin rumah," tuturnya.


Tuhan Baik

Meski ditimpa musibah, istri Glenn Alinskie tetap bersyukur karena saat kejadian berlangsung keluarganya sedang di Bali.

"Cobaan datang kapanpun tapi Tuhan baik yah, untung banget kita sekeluarga (terutama anak-anak) nggak ada di rumah pas kejadian," Chelsea Olivia menuliskan.

Medina Zein Berhijab Lagi

Medina Zein Kembali Berhijab di Bulan Ramadhan 2022, Didoakan agar Istikamah dan Lebih Dewasa

Liputan6.com 2022-04-15 07:35:00
Medina Zein. (Foto: Instagram @medinazein)

Bulan Ramadhan 2022 menjadi momentum bagi Medina Zein untuk kembali berhijab. Sebelumnya, istri Lukman Azhari ini sempat memutuskan untuk melepas hijabnya.

Keputusan Medina Zein untuk tampil tanpa hijab rupanya tak berlangsung lama. Saat menjalani ibadah puasa Ramadan, keyakinannya untuk kembali menggunakan hijab muncul. Alhasil, Medina Zein kembali memakai hijab.

Informasi mengenai Medina Zein yang kembali berhijab dibeberkan kuasa hukumnya, Machi Achmad. Menurut dia, banyak hal positif yang didapat Medina Zein dari keputusannya kembali mengenakan hijab di bulan Ramadan 2022.

"Iya, beliau sudah berhijab lagi dan semakin tenang juga pribadinya," kata Machi Achmad dikutip dari YouTube Cumicumi, Kamis (14/4/2022).


Hubungan dengan Suami Membaik

Sang pengacara juga menyebut bahwa hubungan Medina Zein dengan suaminya perlahan membaik. Seperti diketahui, sebelumnya diberitakan bahwa rumah tangga mereka sedang retak.

"Dan saya selaku teman dan lawyer,sejauh ini masih berusaha membantu memperbaiki hubungan Lukman dan Medina. Alhamdulillah sampai saat ini belum ada yang mengajukan gugatan," kata Machi Achmad.

"Yang saya dengar mereka berdua sudah mulai rukun kembali, cuma saya tidak menggali terlalu jauh. Sudah ada komunikasi kembali," dia menyambung pernyataan.


Didoakan Istikamah

Sebagai teman sekaligus pengacara, Machi Achmad tentu sangat senang dengan keputusan Medina Zein untuk berhijab kembali. Dia berharap kliennya tetap istikamah.

"Mudah-mudahan enggak cuma di Ramadhan ini. Mungkin kebawa panggilan hati saja. Sejauh ini sudah adem lagi kayaknya, sudah rukun lagi. Sekarang sudah lebih tenang dan memang ingin menyelesaikan semua masalah," tuturnya.


Rehat dari Media Sosial

Setelah kembali berhijab, Medina Zein juga mulai membatasi aktivitasnya di media sosial. Pengacara menganggap ini sebagai keputusan yang bijaksana agar hidupnya jauh lebih tenang.

"Ya kita doakan saja. Dia juga sudah mulai mengurangi main sosmed yang mungkin dicap netizen gaduh. Dia sudah lebih dewasa," Machi Achmad memungkasi.

Diberitakan sebelumnya, setelah diterpa gosip soal keretakan rumah tangganya, Medina Zein mengakui hubungannya dengan sang suami sedang tidak harmonis. Medina bahkan mengaku sudah pisah rumah.

"Sementara sudah tidak tinggal serumah, sudah 1,5 bulan," kata Medina Zein, Maret 2022 lalu.

Ji Chang Wook Merasa Akrab dengan Ridwan Kamil

Ji Chang Wook Merasa Akrab dengan Ridwan Kamil, Panggil Emil Hyung

Liputan6.com 2022-04-15 03:00:00
Ji Chang Wook. (Glorious Entertainment/ Instagram - glorious_enter)

Ji Chang Wook baru-baru ini terlihat sempat berinteraksi dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dalam sebuah proogram bertema Mantul House yang didukung salah satu perusahaan e-commerce terbesar di Indonesia

Dalam program tersebut, Ridwan Kamil tampak mengajari bahasa Indonesia dan bahasa Sunda kepada sejumlah artis Korea Selatan, termasuk di antaranya tentu saja adalah Ji Chang Wook.

Meskipun tayangan tersebut diunggah melalui platform e-commerce tersebut, Ridwan Kamil memamerkan melalui media sosialnya potongan video saat berinteraksi dengan aktor drama Korea tersebut.

Menariknya, Ridwan Kamil mendapatkan panggilan khusus dari Ji Chang Wook saat sang aktor menyapa Gubernur Jawa Barat itu. Momen tersebut juga membuat Ji Chang Wook terlihat antusias.

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Antusias

Dalam keterangan foto, sosok yang akrab disapa Kang Emil ini tampak antusias dengan interaksinya bersama Ji Chang Wook.

Saking antusiasnya, Ridwan Kamil sampai menyebut Ji Chang Wook sebagai aktor drama Korea yang paling terkenal.

"Ini cuplikan hasil saya ngajarin Bahasa Indonesia/Sunda Kepada Ji Chang Wook @jichangwook aktor drakor terbeken saat ini," tulis Ridwan Kamil seperti ia tulis dalam keterangan unggahan video di akun Instagram @ridwankamil, belum lama ini.


Panggilan Khusus

Salah satu momen menarik yang terlihat adalah ketika Ji Chang Wook menyapa Ridwan Kamil dengan panggilan khusus yang bikin kaget.

"Emil Hyung!" seru Ji Chang Wook dengan nada ramah dan seolah merasa akrab.

Selain kaget, orang-orang di studio tersebut juga ikut tertawa dengan cara Ji Chang Wook memanggil sang gubernur.


Orang Sunda

Pertemuannya dengan Ji Chang Wook, membuat Ridwan Kamil merasa yakin telah berhasil membuat bintang Korea tersebut memiliki kemampuan berbahasa Sunda yang cukup.

"Tuh, katanya, "Abdi sono ka anjeun". Kang Ji Chang Wook udah cocok jadi urang sunda, belum?" celetuk sang gubernur melanjutkan keterangan videonya.

Unggahan ini membuat para penggemar Ji Chang Wook menyampaikan perasaan heboh mereka kepada Ridwan Kamil lantaran sudah sukses berinteraksi dengan idola mereka.

"Ya allah kang @ridwankamil masyallah my oppa nhuun tos d ajaran bhs sunda @riana_ifacs kitah terharu ," tulis @mil***.

"Emil hyung harusnya emil ahjussi pak," celetuk @adi***.

Pantang Menyerah Pembalap Tunanetra

Pernah Kecelaakaan hingga Cedera Otak, Pembalap Tunanetra Ini Tak Pernah Menyerah pada Disabilitasnya

Liputan6.com 2022-04-15 14:00:27
Ilustrasi penyandang tunanetra. Photo by MART PRODUCTION

Jika suatu saat dalam hidup Anda merasa tidak bisa mengatasi disabilitas Anda, mungkin Anda perlu mencontoh semangat dari seorang pembalap tunanetra, Dan Parker.

"Anda bisa membuat alasan atau Anda bisa mewujudkannya" - Dan Parker.

Dilansir dari CBS News, siapa sangka, Parker masih mencoba membuat rekor kecepatan dunia baru saat ia menjadi seorang tunanetra. Namun Parker mungkin bisa menjadi salah satu yang memotivasi semua penyandang disabilitas yang sedang merasa kesulitan mengatasi disabilitasnya dan merasa ingin menyerah karena takdir keterbatasan karena difabel.

Pada tahun 2012, Parker, dari Columbus, Georgia, mengalami kecelakaan dan mengalami cedera otak traumatis yang sangat parah hingga membutakannya.

"Saya tidak pernah membayangkan saya akan kembali ke kursi mobil balap. Tapi saya telah menjadi pembalap sepanjang hidup saya, saya hanya harus mencari cara lain untuk melakukannya," kata Parker, dikutip dari CBS News.

Sebagai juru mesin, Parker mendapatkan peralatan adaptif sehingga ia bisa membuat suku cadang dan kemudian merancang seluruh mobil balap.


Pendukung kendaraan otonom

Pekan lalu, Parker dan krunya, bersama dengan pendukung dari National Federation of the Blind and Cruise (sebuah perusahaan kendaraan otonom), melakukan perjalanan ke Spaceport America di selatan New Mexico untuk mencoba rekor Guinness kategori mobil tercepat yang dikendarai dengan mata tertutup.

Tentu saja, tidak ada penutup mata yang diperlukan. Tapi ia memang memiliki sistem panduan audio khusus dan, untuk tujuan keselamatan, seorang pengemudi yang terlihat di sampingnya dengan tangan melayang di atas kemudi, untuk berjaga-jaga.

Meskipun ia tidak membutuhkannya, karena Parker melaju 211 mil per jam, dan tentu membuat rekor.

"Ketahuilah, bukan kebutaan yang menghentikan Anda. Kelilingi diri Anda dengan orang-orang percaya dan kejar impian Anda. Anda bisa membuat alasan atau mewujudkannya," saran Parker.

Ia mengatakan bahwa para penyandang disabilitas juga yang menginspirasinya untuk meraih mimpinya.

Menurut National Federation of the Blind, tantangan mencapai rekor yang dilalui Parker, yaitu "Blind Driver Challenge," berupaya menarik perhatian pada kebutuhan akan teknologi yang dapat diakses yang akan meningkatkan mobilitas dan kemandirian transportasi bagi penyandang tunanetra melalui kendaraan otonom.

Infografis 8 Tips Nyaman Pakai Masker Cegah Covid-19 (Liputan6.com/Triyasni)