Volume 266

Selamat dari Pembunuhan Karena Puasa

Kisah Bung Karno Selamat dari Pembunuhan karena Sedang Puasa Ramadhan

Liputan6.com 2022-04-17 01:05:30
Presiden pertama Indonesia Sukarno (AFP)

Ketua DPR RI Puan Maharani menceritakan bahwa berkah dari ibadah puasa pada bulan Ramadan menyelamatkan kakeknya yang juga presiden pertama RI Sukarno dari upaya pembunuhan.

Puan mengatakan bahwa Bung Karno memang berulang kali mendapatkan ancaman pembunuhan selama masa pengabdiannya.

"Alhamdulillah, Allah Swt. berkehendak lain sehingga upaya-upaya itu selalu gagal," kata Puan yang dikutip dari Antara, Sabtu (16/4/2022).

Di antara upaya pembunuhan terhadap Bung Karno terjadi pada bulan Ramadan 1379 Hijriah, atau bertepatan dengan tanggal 9 Maret 1960. Saat itu memasuki puasa hari ke-11.

Ceritanya, saat itu Presiden ke-1 RI Sukarno sedang memimpin sidang Dewan Pertimbangan Agung (DPA).

"Pada siang itu, terjadi bombardir tembakan ke arah Istana, atau tepatnya di ruang makan," ujar Puan.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Teror Dilakukan Pilot

Teror yang dilancarkan oleh seorang pilot Angkatan Udara Daniel Alexander Maukar di ruang makan Istana itu untuk membunuh Bung Karno yang dikiranya sedang santap siang. Padahal, Bung Karno sedang puasa sehingga tidak berada di ruang makan.

"Upaya pembunuhan itu hanya meninggalkan bekas lubang di dinding ruang makan Istana," kisah Puan.

Atas perbuatannya, Daniel yang kemudian terancam hukuman mati di pengadilan militer menerima pengampunan dari presiden pertama RI Soekarno sehingga hanya menjalani hukuman kurungan selama 8 tahun.

"Itulah salah satu berkah puasa, berkah yang dikaruniakan Tuhan YME pada bulan suci Ramadan yang dirasakan Bung Karno sehingga selamat dari upaya pembunuhan," kata Puan.

Puan pun mengajak seluruh umat Islam pada bulan Ramadan yang mulia dan penuh keberkahan ini dengan aktivitas positif, produktif, untuk menyongsong masa depan Indonesia lebih baik.


Upaya Pembunuhan di Cikini

Upaya pembunuhan terhadap Sukarno juga pernah terjadi di Perguruan Cikini di Jalan Cikini Raya Nomor 76, Menteng, Jakarta Pusat. Akibat ledakan granat aktif, sebagian mobil kepresidenan rusak. Selain itu korban pun berjatuhan. Tujuh orang dinyatakan meninggal di lokasi dan puluhan orang terluka. Dua dari beberapa korban tewas yakni brigadir pengawal voorijders presiden, yakni Muhammad dan Ahmad bin Udi.

Sedangkan Bung Karno selamat dari kejadian itu. Pengawalnya pun sigap memberikan komando dan perlindungan saat peristiwa itu terjadi.

"Saya tidak terlupa karena korbannya dari kawan saya ada 100-an orang, baik meninggal, luka parah, atau luka kecil. Ada beberapa yang cacat seumur hidup," kata Megawati.

Presiden Sukarno pun dengan para pengawal dan putra-putrinya langsung meninggalkan lokasi dan menuju Istana Merdeka dengan mobil berkecepatan tinggi. Bung Karno dalam buku The Remarkable Story of Soekarno karya Aditmitra Nursalim disebutkan bahwa sebenernya dirinya telah melihat sendiri pelaku dari gerak-geriknya yang mencurigakan. Berselang beberapa hari para pelaku teror ditangkap.

Lawrence Wong, Calon PM Singapura

Profil Singkat Lawrence Wong yang Disebut Bakal Jadi PM Singapura

Liputan6.com 2022-04-17 11:00:24
Menteri Keuangan Lawrence Wong bersama orang tuanya, dalam sebuah foto yang diposting di halaman Facebook-nya pada tahun 2015. (Lawrence Wong/Facebook)

Menteri Keuangan Lawrence Wong pada Kamis (14 April 2022) disahkan sebagai pemimpin tim generasi keempat (4G) People's Action Party's / PAP (Partai Aksi Rakyat) yang berkuasa di Singapura. Mengakhiri spekulasi berbulan-bulan mengenai identitas perdana menteri Singapura berikutnya.

Perdana Menteri Lee Hsien Loong pada Sabtu 16 April 2022 mengadakan konferensi pers untuk menguraikan bagaimana Menteri Keuangan Lawrence Wong dipilih sebagai pemimpin tim generasi keempat (4G) PAP.

"Rencananya Lawrence menggantikan saya sebagai PM, baik sebelum atau sesudah (jika PAP menang) Pemilihan Umum berikutnya. Itu jatuh tempo pada 2025 dan pasti akan menjadi pertarungan yang sulit," kata Lee dalam posting media sosial, Sabtu 16 April 2022.

Lee, yang ayahnya Lee Kuan Yew adalah pemimpin kemerdekaan negara pulau itu, telah menjadi PM Singapura sejak 2004.

Stabilitas telah lama menjadi salah satu kekuatan utama Singapura yang kaya, menjadikannya surga bagi investor dan bisnis di kawasan di mana pergolakan politik tidak jarang terjadi.

Lawrence Wong yang membantu mengarahkan negara-kota Asia Tenggara itu melalui pandemi COVID-19 sebagai ketua bersama satuan tugas pemerintah, telah diperkirakan oleh para analis sebagai calon penerus Lee yang berusia 70 tahun.

Suksesi kepemimpinan di negara itu, yang diatur oleh PAP sejak kemerdekaannya tahun 1965, biasanya merupakan urusan yang direncanakan dengan hati-hati.

Berikut adalah delapan hal yang perlu diketahui tentang profil Lawrence Wong yang kini berusia 49 tahun dan menjadi penerus Perdana Menteri Lee Hsien Loong, dikutip dari Straits Times,Minggu (17/4/2022):

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


1. Keluarga Biasa dari Marine Parade Housing Board

Lawrence Wong dibesarkan dalam apa yang dia gambarkan sebagai ordinary family atau keluarga biasa di kawasan Marine Parade Housing Board.

Ayahnya, yang meninggal pada Agustus tahun 2021 lalu pada usia 86 tahun, lahir di Pulau Hainan China dan pergi ke Ipoh di Malaysia saat masih kecil. Setelah menyelesaikan pendidikan menengahnya, ayah Wong pindah ke Singapura untuk bekerja di bagian penjualan di Sime Darby.

Di Singapura sang ayah menikahi ibunya, yang sekarang berusia 82 tahun.

Sang ibu mulai bekerja pada usia sembilan tahun - membantu mencuci pakaian tetangga dan merawat bayi mereka - sambil mengganggu orang tuanya yang awalnya enggan untuk membiarkan dia pergi ke sekolah, melawan bias gender saat itu. Dia akhirnya menjadi guru dan mengajar selama 40 tahun.

Lawrence Wong juga memiliki saudara laki-laki, lebih tua dua tahun, yang adalah seorang insinyur kedirgantaraan di DSO Laboratories.

2. Masa Kecil Bersekolah Biasa Bukan Elite

Menteri Keuangan Lawrence Wong yang disebut-sebut bakal menggantikan PM Singapura. (AP)

Lawrence Wong menghadiri taman kanak-kanak PAP Community Foundation (PCF) di Marine Parade sebelum pergi ke Sekolah Dasar Haig Boys, tempat ibunya mengajar.

Dia mengingatnya sebagai seorang pendisiplin baik di sekolah maupun di rumah, dan bagaimana hal itu memberinya "rasa tanggung jawab yang kuat". Itu juga mendarah daging dalam dirinya, etos untuk memastikan dia melakukan sesuatu dengan baik begitu dia berkomitmen untuk itu.

Di sekolah, Pak Wong lebih merupakan sosok kutu buku daripada sporty. Dia akan nongkrong di perpustakaan Marine Parade yang lama untuk meminjam buku-buku fiksi ilmiah dan buku-buku gitar.

Setelah dari Haig Boys, ia melanjutkan ke Sekolah Teknik Menengah Tanjong Katong. Wong telah berbicara tentang orang-orang yang bertanya kepadanya mengapa dia tidak pergi ke sekolah "elite" seperti Institusi Raffles sebagai gantinya.

Dia mengatakan bahwa wajar untuk melanjutkan pendidikannya di sekolah dekat rumah, di mana semua temannya berada dan di mana dia akhirnya menyenanginya.

Mr Wong melanjutkan ke Victoria Junior College, di mana ia mendapat beasiswa pemerintah untuk belajar di Amerika Serikat. Ia memperoleh gelar sarjana dan magister di bidang ekonomi dari University of Wisconsin-Madison dan University of Michigan-Ann Arbor, dan juga memiliki gelar Master di bidang Administrasi Publik dari Harvard Kennedy School.


3. Menjadi Sekretaris Utama untuk PM Lee

Setelah kembali ke Singapura, Wong ditempatkan di Kementerian Perdagangan dan Industri dan melakukan pemodelan ekonomi.

Dia kemudian naik pangkat di kementerian keuangan dan kesehatan. Sebagai direktur keuangan perawatan kesehatan di Kementerian Kesehatan, ia menerapkan reformasi pada MediShield untuk memberikan perlindungan yang lebih baik kepada warga Singapura terhadap tagihan rumah sakit yang besar.

Wong kemudian menjadi principal private secretary (PPS) atau sekretaris pribadi utama untuk Perdana Menteri Lee Hsien Loong pada tahun 2005.

Tiga tahun kemudian, ia diangkat sebagai kepala eksekutif Otoritas Pasar Energi. Setelah 14 tahun berkarir dalam pelayanan publik, ia pergi untuk mengikuti Pemilihan Umum 2011 dan terpilih sebagai anggota parlemen untuk GRC Pantai Barat. Dia saat ini adalah anggota parlemen untuk Marsiling-Yew Tee GRC.

4. Reputasi Sebagai Ahli Kebijakan

Menteri Keuangan Lawrence Wong yang disebut-sebut bakal menggantikan PM Singapura. (AFP)

Di awal karir Wong, ia menolak tawaran dari sektor swasta, dan bekerja untuk pemerintah, yang menurutnya memungkinkannya untuk melakukan berbagai proyek dan membentuk skema yang dapat membantu warga Singapura.

Dia mengatakan bahwa dia merasa penting untuk turun ke lapangan untuk menjelaskan kebijakan - yang bisa menjadi alasan mengapa dia mendapatkan reputasi sebagai ahli kebijakan, atau seseorang yang sangat tertarik pada detail kebijakan yang lebih baik.

Ketika ditekan pada label dalam sebuah wawancara dengan The Sunday Times pada tahun 2020, dia berkata: "Itu sebagian dari apa yang saya dibesarkan ... Bahwa ketika Anda melakukan sesuatu, Anda harus memasukkan semuanya ke dalamnya, Anda harus benar-benar ingin unggul. "

Dia menambahkan: "Apa pun yang Anda lakukan sehari-hari, jika Anda melakukannya dengan baik, jika Anda bertanggung jawab, itu sendiri merupakan kesaksian tentang bagaimana Anda sebagai pribadi adalah contoh, Anda tahu, cahaya bagi dunia."


5. Disorot Soal Penanganan COVID-19

Pada tahun 2020, Menteri Kesehatan saat itu Gan Kim Yong memiliki ide untuk membentuk kelompok untuk memimpin perjuangan Singapura melawan pandemi COVID-19 yang muncul. Lawrence Wong adalah pilihannya untuk menjadi ketua bersama yang pada akhirnya menjadi gugus tugas multi-kementerian untuk COVID-19.

Wakil Perdana Menteri Heng Swee Keat, yang bertindak sebagai perdana menteri saat PM Lee pergi, menelepon Wong untuk memberitahunya tentang pengangkatannya.

Tanggapan Wong adalah "Oke, jika Anda pikir saya dapat membantu, saya akan dengan senang hati mendukung dan saya akan melakukan yang terbaik".

Dalam buku In This Together: Singapore's COVID-19 Story yang ditulis oleh The Straits Times, ia mengakui bahwa peran tersebut bukanlah sesuatu yang secara alami akan masuk ke dalam portofolionya saat itu - Menteri Pembangunan Nasional dan Menteri Keuangan Kedua - meskipun kementerian tersebut akan harus terlibat dalam mengelola krisis yang sedang berlangsung.

Di depan umum, dia juga tidak terlihat sebagai pilihan yang paling jelas.

Tapi Wong akan terus membuat tanda di briefing media untuk penjelasannya yang tenang dan jelas tentang kebijakan, pemahaman detail dan kehadiran yang mantap secara keseluruhan.

Gan dan Wong keduanya menggunakan kata yang sama - menyenangkan - untuk menggambarkan bagaimana rasanya bekerja sama.

Berbicara di Parlemen pada Maret 2020, Wong yang biasanya tidak berperasaan, kewalahan dan harus menahan air mata saat dia memberi penghormatan kepada para garis depan.

6. Debut Anggaran Signifikan Perdana2021

Setelah hampir dua tahun sering muncul sebagai wakil ketua gugus tugas multi-kementerian untuk COVID-19, Wong mengenakan topi yang berbeda pada Februari 2022, menyampaikan pernyataan Anggaran pertamanya sejak menjabat sebagai Menteri Keuangan pada Mei 2021.

Itu adalah Anggaran yang signifikan, dikemas dengan langkah-langkah pajak progresif yang bertujuan tidak hanya untuk menghasilkan pendapatan untuk mendanai program-program utama yang dibutuhkan selama beberapa tahun ke depan, tetapi juga untuk mengatasi kesenjangan sosial.

Wong bertanggung jawab untuk menguraikan visi Pemerintah tentang "masyarakat yang lebih adil, lebih berkelanjutan, dan lebih inklusif" dan dia melakukannya dengan caranya yang biasa tanpa gangguan.

"Melihat kembali apa yang telah kita lalui selama tahun-tahun COVID-19 ini, tidak ada yang perlu kita takuti. Kita akan selalu menang. Kita akan selalu menang," tutupnya. "Kami akan memetakan jalan baru ke depan bersama. Kami akan melihat melalui pandemi hari ini, dan membangun Singapura yang lebih baik besok."


7. Kecintaan Terhadap Musik dan Anjing

Biodata Instagram Lawrence Wong masih bertuliskan "kutu buku, pemain gitar, dan pecinta anjing".

Ayahnya memberinya gitar ketika dia berusia delapan tahun, dan dia masih berbicara tentang musik dengan sangat antusias. Ketika teman-teman sekolah memiliki foto selebritas favorit mereka di file sekolah, dia memiliki foto gitar Eric Clapton.

Wong menyukai rock, blues dan soul, dan penyanyi jazz seperti Nina Simone dan Ella Fitzgerald.

Dia memilih AS untuk melanjutkan studinya karena itu adalah rumah bagi musisi favoritnya.

Di University of Wisconsin-Madison, dia bahkan mengamen dengan teman sekamarnya dari Amerika.

Kecintaan Wong lainnya: anjing. Anjing Golden Retrievernya yang berusia 16 tahun, Summer, meninggal pada Juli 2020.

Pada tahun 2011, ia menulis tentang "golden girl" di sebuah posting Facebook, mengatakan: "Ada sesuatu yang luar biasa tentang cara anjing berperilaku - mereka makan dengan penuh semangat, bermain dengan gembira, dan mencintai dengan boros.

Dalam banyak hal, mereka membantu memulihkan kehidupan kita yang membuat heran sendiri, mengilhami kita untuk melihat hal-hal dari perspektif baru, dan memungkinkan kita untuk lebih menghargai banyak berkat sederhana dalam hidup."

8. Menghadapi Pidato-Pidato Utama

Ilustrasi Singapura (Dok.Unsplash/ Joshua Ang)

Setelah Pemilihan Umum 2020, Lawrence Wong yang memimpin konferensi pers untuk berbagi temuan awal dari post-mortem PAP.

Dia adalah anggota komite eksekutif pusat pengambil keputusan tertinggi partai, dan penasihat Forum Kebijakan PAP, yang mengorganisir dialog reguler untuk anggota partai berpangkat tinggi untuk melibatkan para pemimpin pemerintah dalam kebijakan.

"Saya melakukannya hari ini tetapi bisa saja salah satu dari kita. Saya tidak berpikir Anda perlu membaca terlalu banyak tentang siapa juru bicaranya," katanya kemudian, menegaskan kembali bahwa fokus Pemerintah adalah membuat Singapura melalui Krisis COVID-19, dan masalah suksesi politik akan dibahas nanti.

Pada Januari 2021, Wong menyampaikan pidato di konferensi Singapore Perspectives dari lembaga think-tank Institute of Policy Studies (IPS), menyentuh tema-tema utama ketidaksetaraan dan meritokrasi; keberlanjutan; dan solidaritas sosial.

Dia kemudian muncul sebagai pembicara utama di forum ras dan rasisme pada bulan Juni dan kesukuan dan politik identitas pada bulan November, di tahun di mana masalah ini mengemuka di Singapura melalui serentetan insiden yang dipublikasikan secara luas.

Pidatonya di Juni 2021 secara khusus dipuji di beberapa kalangan karena menghadirkan pendekatan yang lebih berpikiran maju dan progresif daripada biasanya, untuk topik yang sering diperdebatkan.

Kemudian, dia berjanji bahwa Pemerintah akan terus melibatkan warga Singapura dan memperbarui kebijakannya tentang ras dan kerukunan ras.

"Tidak ada komunitas yang mendapatkan semua yang diinginkannya, tetapi secara kolektif, kami telah mencapai lebih banyak hal bersama daripada yang seharusnya kami dapatkan dengan hanya berfokus pada agenda individu kami," kata Wong.

Infografis Terhantam Covid-19, Singapura Masuk Jurang Resesi Ekonomi. (Liputan6.com/Trieyasni)

Mandi Sehari Sekali, 10 Menit

Nicholas Saputra Mengaku Hanya Mandi Sehari Sekali dengan Durasi 10 Menit

Liputan6.com 2022-04-16 17:00:30
(Adrian Putra/Bintang.com)

Sebagai figur publik, Nicholas Saputra, memiliki penggemar wanita yang sangat banyak. Ketampanan bintang Ada Apa dengan Cinta? ini tak dipungkiri bikin wanita meleleh.

Tapi siapa sangka, pemilik nama lengkap Nicholas Schubring Saputra ini tak seperti kebanyakan pria lainnya dalam hal mandi.

Hal itu diungkapkan lawan main Dian Sastrowardoyo ini saat berbincang dengan Novita Anggie di kanal YouTube Mother and Beyond, Senin (11/4/2022). Ia mengaku mandi hanya sekali dalam sehari.

Saat itu, Novita Anggie menebak bahwa Nicholas Saputra selalu memakan waktu yang cukup lama bila membasuh badannya.

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


5-10 Menit

Jawaban yang diberikan Nicholas Saputra pun cukup mengejutkan. Hal itu juga diperlihatkan Novita Anggie dalam video tersebut.

"Aku boleh nuduh? Mandinya pasti lama, kan?" ujar Novita Anggie menerka.

"Enggak. Tapi enggak beneran, gue mandi tuh lima sampai 10 menit selesai," aku Nicholas Saputra.


Keramas

Dalam waktu singkat tersebut, Nicholas membongkar bahwa tak hanya untuk membasuh badannya saja. Tapi sudah keseluruhan.

"Semua jadi satu (keramas). Kan rambutnya enggak panjang," lanjutnya.


Air Mengalir

Nicholas Saputra dikenal sebagai aktor yang menghabiskan waktu senggangnya dengan traveling, bahkan sampai ke pedalaman. Meski begitu, ia tetap mandi walau hanya sehari sekali.

"Mandi yang penting dapat air yang bersih, yang mengalir sama alat kebersihannya juga bawa yang lebih efektif misal membunuh kuman, membersihkan. Itu penting sih. Harus dong mandi, palingan sehari sekali," paparnya.


Sehari Sekali

Pria kelahiran Jakarta, 24 Februari 1984 ini mengakui bahwa mandi di kali pedalaman merupakan hobinya. Namun sehari-harinya, berapa kali ia mandi?

"Sehari-hari sebenernya mandi sekali, ya. Tapi kalau traveling kadang-kadang kalau aktivitasnya berat, keringatan habis jalan-jalan jauh, ya dua kali," imbuhnya.

Gaya Luna Maya di Konser BTS

Tampilan Luna Maya Saat Nonton Konser BTS di Las Vegas

Liputan6.com 2022-04-17 13:30:00
Luna Maya (Sumber: Instagram/lunamaya)

Luna Maya tak dapat menutupi rasa bahagianya ketika dapat menyaksikan aksi boy band idolanya, BTS. Ia bahkan rela terbang ke Negeri Paman Sam untuk menonton langsung konser BTS di Las Vegas.

Konser BTS berlangsung di Allegiant Stadium, Las Vegas, Amerika Serikat pada Sabtu, 16 April 2022, waktu setempat. Sebelum konser dimulai, Luna Maya berkesempatan untuk melihat boy band asal Korea Selatan tersebut soundcheck terlebih dahulu.

Ia merekam aksi para personel BTS yang tengah soundcheck sebelum beraksi di hadapan para Army, demikian penggemar setia mereka akrab disapa. Tampak pula deretan tempat duduk di bagian tribune yang masih kosong ketika persiapan tersebut dilakukan.

Sesekali Luna ikut in frame dengan merekam aksi BTS sebagai latar belakangnya. Senyum manis aktris sekaligus model tersebut tampak jelas menghiasi wajahnya.

Konser BTS Permission to Dance On Stage Las Vegas ini menggenapi empat konser yang telah terlaksana di Las Vegas. Sebelumnya, RM dkk beraksi di Seoul, Korea Selatan pada Maret 2022 lalu.

Sementara, tak banyak keterangan yang Luna Maya tulis dalam unggahan pada 16 April 2022 itu. "HAAAPPPPPYYYYY," begitu tulisnya singkat penuh antusias menonton konser BTS.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Gaya Monokrom

Saat menyaksikan konser BTS, Luna tampil dalam balutan outfit monokrom. Ia tampak mengenakan inner dan celana pendek warna hitam.

Tampilan Luna dilengkapi dengan baju lengan panjang warna putih dengan tulisan warna hitam di bagian tengahnya. Ia lantas memadukannya dengan topi merchandise BTS bertuliskan Mic Drop.

Tak hanya itu, Luna juga menyempurnakan tampilannya dengan mengenakan sepatu bot hitam selutut. Beberapa aksesori seperti anting-anting, gelang, hingga cincin turut mempermanis gayanya.

Rambut panjangnya dibiarkan tergerai indah dengan ditata agak curl. Pulasan makeup natural turut menyempurnakan gayanya di konser BTS.


Banjir Komentar

Kolom komentar Luna Maya dibanjiri komentar dari para pesohor Tanah Air. Tak sedikit dari mereka yang ikut antusias melihat unggahan Luna mengabadikan soundcheck BTS.

"AAAAA GILEEE ENAK BGT," tulis penyanyi Vidi Aldiano.

"Paling depan banget mbaknya?? Sapa tau ditarik RM kepanggung," tulis Edric Tjandra.

"WOHOOO SEDEKET ITUUUU," komentar Ayu Dewi.

"Mau nyempil disitu plissss," tulis Ersa Mayori.


Rencana Nonton

Sebelumnya, Luna Maya telah mengungkapkan rencananya untuk menyaksikan langsung konser BTS di Las Vegas. Hal tersebut disampaikan Luna melalui unggahan di Instagram Stories @lunamaya pada Kamis, 31 Maret 2022.

Luna berinteraksi dengan warganet yang mengikuti akunnya. Berbagai pertanyaan dilontarkan kepadanya.

Selama unggahan bertema "Ngobrol Aja Deh Yuk", seorang warganet pun menanyakan soal Luna Maya yang ingin menonton konser BTS di Las Vegas. Ia pun lanats menyebut bahwa dirinya memang hendak menonton BTS.

"Kak Luna enggak berangkat nonton Bangtan di Vegas kak?" tanya seorang warganet. "Pergi dong! I'm going!" jawab Luna.

INFOGRAFIS: Deretan Prestasi Mendunia Artis Korea (Liputan6.com / Abdillah)

Perempuan Indonesia Manggung di Coachella

Niki Zefanya Cetak Sejarah, Penyanyi Perempuan Indonesia Pertama yang Manggung di Coachella

Liputan6.com 2022-04-17 14:00:21
Penampilan Niki Zefanya di Coachella. (Sumber: Instagram/nikizefanya)

Nama Niki Zefanya mendadak menjadi perbincangan di media sosial. Niki jadi trending topic karena pencapaian dan prestasinya. Seperti diketahui, Niki Zefanya mencetak sejarah baru bagi industri musik tak hanya di Tanah Air tetapi juga di dunia.

Untuk pertama kalinya, seorang penyanyi perempuan dari Indonesia yang tampil di Coachella, salah satu festival musik terbesar di Amerika Serikat. Niki Zefanya tampil pada Jumat (15/4/2022) waktu Amerika Serikat, atau Sabtu (16/4/2022) waktu Indonesia.

Tak hanya Niki, dijadwalkan Rich Brian juga akan manggung di Coachella pada hari kedua, yaitu Sabtu (16/4/2022) atau Minggu (17/4/2022) waktu Indonesia.

"Bersama dengan Rich Brian, kamu menjadi penyanyi pertama asal Indonesia yang tampil dalam coachella, bagaimana perasaan kamu? ini sejarah," tanya seorang pembawa acara di sela-sela acara, dikutip dari kanal YouTube Coachella.

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Bersyukur

Niki Zefanya mengaku bersyukur bisa menjadi penyani perempuan Indonesia pertama yang tampil di Coachella.

"Ya ini sejarah, dan sekali lagi, saya sangat bersyukur, saya begitu beruntung bahwa saya dalam posisi ini, luar biasa. Seminggu lalu, aku merasa gugup. Dan di sini aku melakukannya, dan itu luar biasa," jawab Niki Zefanya.


Sempurna

Di media sosial banyak beredar potongan video-video penampilan Niki Zefanya di Coachella. Salah satu yang paling menarik perhatian adalah ketika Niki membawakan lagu berbahasa Indonesia. Ya, di panggung Coachella, Niki menyanyikan lagu "Sempurna" milik Andra And The Backbone

"Lagu berikutnya adalah untuk keluargaku, dan untuk negaraku," kata Niki Zefanya di atas panggung.


Trending

Di Twitter, banyak warganet yang kemudian dibuat terkagum dengan penampilan Niki Zefanya. Lagu "Sempurna" yang dinyanyikan Niki juga menjadi trending topic.

"niki keren bngt bngt siii bawain lagu indonesia "sempurna" at coachella di main stage pula. also her outfit omg she is so gorgeous ," tulis @yk28in.

"Indonesian proud! QUEEN NIKI sang "sempurna" by Andra and the backbone ," timpal @95GIZIBE.

"Aaaaa niki nyanyiin lagu sempurna di coachella and she looks 'sempurna' ," tambah @rewinterz.

Target Wirda Mansur Beli 100 Jet Pribadi

Cita-Cita Setinggi Langit, Wirda Mansur Ingin Beli 100 Private Jet dengan Penghasilan Rp100 M Sehari

Liputan6.com 2022-04-17 15:00:06
Klarifikasi Wirda Mansur. (Sumber: Instagram/wirda_mansur)

Putri Yusuf Mansur, Wirda Mansur kembali jadi sorotan netizen di media sosial. Jika sebelumnya Wirda mengungkap dirinya pernah kuliah di 4 universitas berbeda, kini putri Yusuf Mansur tersebut mencuri perhatian saat daftar impiannya diketahui publik.

Daftar yang ditulis tangan oleh perempuan kelahiran 29 November 2001 tersebut langsung menjadi viral belum lama ini. Nama Wirda Mansur masuk dalam jajaran topik trending di Twitter.

Daftar yang diketahui milik Wirda Mansur tersebut diberi judul 'My Life 10 Years (From Now)'. Seperti judulnya, catatan ini berisi sederet harapan dan cita-cita yang ingin diwujudkan Wirda dalam 10 tahun ke depan sejak dituangkan dalam bentuk tulisan.

- menjadi wanita muslim tersukses dan terkaya serta orang penting nggak hanya di Indonesia tapi juga universitas terbaik dunia yang sudah menamatkan hafalan Alquran beserta artinya,

- menghafal 10.000 hadist,

- menguasai 20 bahasa,

- menerbitkan 1000 buku,

- menjadi lulusan terbaik Oxford University,

- menjadi tamu kehormatan di White House dan TED,

- masuk daftar 30 under 30 majalah Forbes,

- menyambangi seluruh negara yang ada di dunia,

- menjadi pemilik 1000 perusahaan di mana omsetnya mencapai Rp 100 triliun dan berpenghasilan Rp 100 miliar per hari,

- menggaji karyawannya minimal Rp 15 juta,

- mempunyai rumah senilai lebih dari Rp 30 miliar,

- membangun sekolah besar di 5 benua, aviation, dan juga bandara sendiri,

- membeli 100 unit private jet serta memborong mobil Lamborghini dan Ferrari,

- memberangkatkan orang umroh/haji, serta

- menikah dengan sang pujaan hati.


Wirda adalah selebgram dan pengusaha muda

Selain sebagai putri seorang pemuka agama, Wirda bukan lah sosok yang asing di mata publik. Ia juga dikenal sebagai seorang selebgram dan juga pengusaha muda.

Tak hanya itu, Wirda juga sempat terjun ke dunia perfilman tanah air lho. Ia pernah menjajal kemampuan aktingnya saat membintangi film bertajuk CAHAYA CINTA PESANTREN.

Di sisi lain, Wirda juga mengikuti jejak sang ayah menjadi seorang penghafal Alquran. Diketahui Wirda sempat memutuskan berhenti sekolah saat masih duduk di kelas lima SD untuk fokus menghafal Alquran.

Selanjutnya, Wirda sempat menempuh pendidikan selama setengah tahun di Tangerang untuk mendalami bahasa Arab. Lalu di usia 16 tahun, Wirda sempat bersekolah di Depok serta mengajar tahfidz Alquran.

Melihat daftar milik Wirda Mansur yang begitu luar biasa dan mulia, tentu kita semua mendoakan agar semua harapan dan cita-citanya bisa tercapai.

(Kapanlagi.com)

Infografis Journal Indonesia Sambut Endemi, Lebaran Bisa Mudik Lagi (Liputan6.com/Abdillah)

Ancaman Raffi Saat Bertengkar dengan Istri

Ancaman Raffi Ahmad saat Bertengkar dengan Istrinya, Nagita Slavina Sampai Istighfar

Liputan6.com 2022-04-17 07:00:00
Tampil bergaya powerful dress, tampilan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina curi perhatian. (Foto: Instagram/ ulzporto)

Dalam rumah tangga, pertengkaran suami dan istri tentu tak terhindarkan. Sama halnya dengan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina. Ada kalanya keduanya bertengkar.

Melalui kanal YouTube AH, Raffi Ahmad bercerita kepada Aurel Hermansyah dan Atta Halilintar, seperti apa dia dan sang istri saat bertengkar.

Menurut Raffi Ahmad, Nagita Slavina sempat berbicara hal yang tak ingin didengar oleh Raffi. Dia bilang, hanya ingin hidup dengan kedua anaknya.

"Tahu enggak, aku kalau berantem sama Nagita terakhir-terakhir bilang 'Biarinlah aku hidup sama anak-anak saja, enggak usah ada kamu'," tutur Raffi Ahmad.

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Mengancam

Mendengar pernyataan istrinya, aktor dan presenter berusia 34 tahun itu memberi ancaman. Kalimat yang dikeluarkan Raffi tak main-main.

"Aku bilang: Ya sudah kalau ngomong gitu terus, ya sudah aku makan seafood terus yang banyak biar aku mati. Jadi kamu dikabulkan," ujar Raffi Ahmad.

Tak mau hal itu terjadi, Nagita Slavina memukul punggung Rafi Ahmad sambil mengucap istighfar. "Astagfirullahamazim," kata dia.


Tak Bisa Kehilangan

Raffi Ahmad tahu bahwa sang istri hanya menggertak. Dia yakin Nagita Slavina tak bisa hidup tanpa dirinya. "Tuh kan enggak mau kehilangan aku, kan? Makanya enggak usah sok ngomong gitu," ucap Raffi Ahmad.


Masalah Apa?

Terkait hal yang diributkan, Raffi dan Nagita tak membocorkan. Biasanya konflik antara mereka terjadi karena hal yang sama. "Kita enggak ribut karena prinsipnya sama. Kalaupun ribut paling karena itu lagi, itu lagi. Ya biasalah," tutup Raffi Ahmad.

Keluhan Kaesang soal Jokowi

Kaesang Pangarep Ngeluh Tak Pernah Dikasih Oleh-Oleh dari Presiden Jokowi

Liputan6.com 2022-04-17 03:00:00
Kaesang Pangarep. (Foto: Instagram @kaesangp)

Satu fakta kocak diungkap Kaesang Pangarep saat membahas sang ayah, Presiden Jokowi. RI-1 dikenal sebagai kakek yang dekat cucu. Di tengah kesibukan, Presiden Joko Widodo meluangkan waktu bercengkerama dan menggendong cucu meski ujungnya kelelahan sendiri.

Kalau sudah begini, "popularitas" Kaesang Pangarep sebagai anak bungsu tidak segemilang dulu. Setengah bercanda, bintang film Cek Toko Sebelah itu mengaku mulai terlupakan.

"Kayak yang anak terakhir sudah dilupakan. Dulu anak terakhir kan, anak bungsu, anak nomor tiga, apalagi sekolah di Singapura pasti ditanyain sudah makan belum? Sekarang bodo amat, cari duit sono ha-ha-ha," ujarnya.

Berbincang dengan Irfan Hakim dalam video konten kanal YouTube DeHakims Story, yang mengudara Jumat (15/4/2022), ia menyebut Jokowi tak pernah memanjakan ketiga anaknya.

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Tak Ada yang Dimanja

"Enggak, sih. Enggak ada (yang dimanja). Bapak tuh orang yang enggak pernah ngasih oleh-oleh seumur hidup. Bapak kan dulu namanya eksportir pasti keluar negeri, nih," Kaesang Pangarep membeberkan.

Dulu saat masih aktif di bidang ekspor kayu, Jokowi kerap terbang ke luar negeri untuk urusan bisnis. Kaesang Pangarep sering berharap dapat oleh-oleh dari ayahnya. Namun, harapannya tak kesampaian.


Boro-boro

"Namanya kita seorang anak, kadang-kadang pulang dari Jerman, (saya bilang) wah hadiahnya bagus nih. Boro-boro. Hadiahnya apa? Selamat. Ya sih, alhamdulillah. Tapi, kan kita berharap ada sesuatu lagi, kan," akunya.

Kini Jokowi jadi Presiden RI. Perjalanan dinas ke berbagai kota di Indonesia hingga melawat sejumlah negara kerap dilakoninya. Apakah Kaesang Pangarep mendapat oleh-oleh?


Sampai Sekarang Enggak Pernah

"Enggak (suka bawa oleh-oleh). Sampai sekarang enggak pernah. Mentok-mentok itu juga, kemarin ya, pas ke Brebes sama satunya lagi lupa ke mana. (Bapak) bawa telur asin nih. Ini mah beli sendiri juga bisa, ha-ha-ha," kata Kaesang Pangarep.

Pertanyaan lain yang diajukan Irfan Hakim di pengujung percakapan, apakah Jokowi takut istri? "Definisi takut istri tuh gimana? Mungkin bukan takut tapi menghormati, enggak tahu juga ding kan enggak pernah ikut campur," selorohnya lalu tertawa.

Kakek 103 Tahun Nikahi Wanita 37 Tahun

Kakek 103 Tahun Ini Menikahi Perempuan 37 Tahun, Alasannya Bikin Geleng Kepala

Liputan6.com 2022-04-17 15:00:39
Hajji Mukheilif Farhoud Al-Mansouri, lahir pada tahun 1919, yang menikah untuk ketiga kalinya minggu lalu, dikelilingi oleh putra dan cucunya di desa mereka di Irak. (Sumber: Arab News)

Pria berusia 103 tahun yang menikah untuk ketiga kalinya menjadi perhatian banyak orang baru-baru ini. Dilansir dari Arab News, seorang kakek berasal dari Irak berusia 103 tahun dengan 15 anak dan ratusan cucu telah menikah untuk ketiga kalinya dan mengatakan dia berharap istri barunya akan memberinya lebih banyak anak.

Hajji Mukheilif Farhoud Al-Mansouri, yang berasal dari provinsi selatan Al-Diwaniyah dan lahir pada tahun 1919 itu pekan lalu menikah dengan seorang wanita berusia 37 tahun di daerah Somar, 180 kilometer dari Baghdad.

Salah satu putra Al-Mansouri, Abdul Salam, mengatakan kepada Rudaw Media Network bahwa setelah ibunya meninggal 23 tahun lalu, ayahnya menikah lagi tetapi istri kedua pergi dan kembali ke keluarganya tahun ini. Al-Mansouri menunggu beberapa bulan untuk melihat apakah dia akan kembali, namun harapan itu pupus.

Kakek itu juga membeberkan alasan utama mengapa dirinya menikah lagi di usia yang sudah menginjak lebih dari satu abad. Berikut ini kisah selengkapnya yang Liputan6.com lansir dari Arab News, Minggu (17/4/2022).


Ingin punya lebih banyak anak

Melihat kenyataan bahwa sang istri kedua tak kembali dan meninggalkannya, Al-Mansouri memutuskan menikah lagi untuk yang ketiga kalinya. Dia meminta anak-anaknya untuk mencarikannya istri ketiga yang "mampu melahirkan lebih banyak anak."

Abdul Salam berkata, "Pilihan kami adalah wanita yang baik, lahir pada tahun 1985. Mereka bertunangan dan kemudian diadakan pesta pacar, diikuti dengan pernikahan yang dihadiri oleh putra dan cucu."

Melansir Arab News, Al-Mansouri mengatakan bahwa istrinya masih muda dan ia ingin memiliki lebih banyak anak. Meski begitu, dia tidak menginginkan apa pun dari anak-anaknya dan hanya "berdoa agar Tuhan memberkati mereka dan menemaninya."


Putra sulungnya 9 kali menikah dan punya 4 istri

Rupanya, Al-Mansouri adalah seorang pemula dalam hal pernikahan dan anak-anak dibandingkan dengan putra sulungnya, Kadhem, 72 tahun, yang memiliki 16 putri dan 17 putra dari sembilan pernikahan, dan saat ini memiliki empat istri.

Menurut laporan Rudaw Media Network, Kadhem mengatakan bahwa anggota keluarganya selalu menghargai kehidupan dan percaya bahwa mereka tidak perlu takut untuk menikah dan memiliki anak lagi.

2 Kali Ramadan di Tahun 2030?

Tahun 2030 Akan Terjadi Dua Kali Ramadhan, Kok Bisa?

Liputan6.com 2022-04-17 16:00:00
Petugas melakukan pemantauan hilal di atap gedung Kanwil Kementrian Agama, Jakarta Timur, Jumat (26/5). Pemantauan tersebut untuk menentukan jatuhnya bulan Ramadan 1438 H yang nantinya akan d

Sebuah temuan para astronom terkait bulan ramadhan beberapa puluh tahun mendatang sudah dapat diprediksi saat ini.

Astronom Saudi Khaled al-Zaqaq mengatakan bulan suci Ramadhan 1451 dan 1452 Hijriah diprediksi sama-sama jatuh pada 2030 Masehi.

Sehingga umat muslim akan merayakan bulan puasa dua kali dalam satu tahun. Dikutip Al Arabiya melalui Antara, hal tersebut dapat terjadi karena kalender Hijriah Islam berdasarkan siklus bulan.

Berbeda dengan kalender Gregorian atau Masehi yang menandai perjalanan Bumi mengelilingi Matahari.

Kejadian sebelumnya terakhir kali terjadi pada tahun 1997, dan pada tahun 1965. Diperkirakan, fenomena tersebut akan terjadi lagi pada tahun 2063.

Pada 1451 H, bulan Ramadhan akan dimulai 5 Januari 2030, sementara Ramadhan 1452 H akan dimulai 26 Desember 2030.

Hal ini akan mengakibatkan umat Islam berpuasa selama sekitar 36 hari total pada tahun 2030, yakni 30 hari penuh untuk tahun 1451 H dan sekitar enam hari untuk tahun 1452.

Tahun lunar Hijriah berlangsung selama 354 atau 355 hari, artinya tidak sejalan persis dengan kalender Masehi yang 365 hari.


Tahun 2028

Hal ini juga berarti bahwa Ramadhan jatuh di musim yang berbeda setiap tahun, yakni berlangsung dalam siklus sekitar 32 tahun.

Ramadhan 1449 H, yang akan dimulai pada tahun 2028, akan berlangsung pada pertengahan musim dingin.

Pada tahun 1466 H, bertepatan dengan tahun 2044, bulan suci akan dimulai pada puncak musim panas.

Puasa Ramadhan dilaksanakan dari terbit fajar hingga terbenam Matahari, artinya puasa terlama terjadi saat Ramadhan pada musim panas, dan terpendek ketika jatuh pada musim dingin.