Volume 267

Tsamara Amany Hengkang dari PSI, Kenapa?

Tsamara Amany Keluar dari PSI

Liputan6.com 2022-04-18 16:09:58
Ketua DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Tsamara Amany Saat Diwawancarai Sejumlah Media di Serang, Banten. (Foto: Yandhi Deslatama/Liputan6.com)

Politikus Tsamara Amany menyatakan keluar dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Tsamara mengaku ingin fokus pada isu perempuan Indonesia.

"Selama 5 tahun mengabdi di PSI sebagai ketua DPP per hari ini 18 April 2022 saya memutuskan untuk mengundurkan diri sebagai pengurus dan kader PSI. Salah satunya dengan fokus menyuarakan isu perempuan dan mengabdi untuk kepentingan perempuan," kata Tsamara di akun Instagram miliknya @tsamaradki seperti dikutip Liputan6.com, Senin (18/4/2022).

Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie menghormati keputusan Tsamara. Dia menilai, anak muda seperti Tsamara sudah sepantasnya mengejar pengalaman sebanyak-banyaknya.

"Selagi masih muda Sis, kejarlah pengalaman dan pengetahuan seluas-luasnya dan sebanyak-banyaknya agar kelak ketika pengalaman dan pengetahuan Sis Tsamara semakin bertambah dan bertumbuh tentu akan jauh lebih matang dan lebih jago dalam mengarungi dunia politik," kata Grace di Twitter DPP PSI, Senin (18/4/2022).

Grace menyebut PSI adalah rumah bagi Tsamara, oleh karena itu dia berharap Tsamara bisa pulang kembali ke PSI nantinya.

"PSI ini rumah perjuangan. Oleh karenanya, kelak kalau Sis sudah cukup waktu mengembara di luar sana pulanglah di rumah kita bersama Sis, PSI. Sukses terus untuk Sis Tsamara," kata dia


Sempat Muncul di Survei Bursa Wagub DKI

Lembaga survei Nusantara Strategic Network (NSN) menilai politisi muda Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Tsamara Amany Alatas dan Wali Kota Bogor Bima Arya punya potensi besar menjadi wakil gubernur DKI Jakarta pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024.

"Tsamara Amany menjadi calon wakil gubernur favorit DKI Jakarta yang cocok dipasangkan dengan nama-nama yang ada dalam bursa calon gubernur," kata Direktur Program NSN, Riandi, melalui keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

Lembaga survei NSN mensurvei 400 responden mewakili seluruh wilayah DKI Jakarta dengan metode multistage random sampling dan pengambilan data secara tatap muka menerapkan protokol kesehatan pada 5-15 Januari 2022.

Tingkat kesalahan ("margin of error") survei sebesar 4,9 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.


Hasil Survei

Dari hasil survei tersebut beberapa nama muncul sebagai calon gubernur potensial untuk memimpin DKI Jakarta, antara lain Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Menteri Sosial Tri Rismaharini, Gubernur Petahana Anies Baswedan, dan Wakil Gubernur Ahmad Riza Patria.

Dari simulasi hasil survei menunjukkan, pasangan Ganjar-Tsamara Amany Alatas mendapatkan dukungan sebanyak 34,5 persen, Riza-Tsamara (28,5 persen), dan Risma-Tsamara (21,0 persen).

"Ketika dipasangkan dengan Anies yang notabene kerap berseberangan sikap dengan PSI pun tetap mendapat dukungan sebesar 14,3 persen," tutur Riandi seperti dilansir dari Antara.

Selain itu, pasangan Ganjar-Bima Arya mendapat dukungan sebanyak 30,8 persen, Riza-Arya Bima (27,8 persen), Anies-Bima Arya (19,0 persen), Risma-Bima Arya (14,5 persen), dan sisanya tidak tahu/tidak jawab (7,9 persen).

Amien Rais: Pak Luhut Please Resign

Amien Rais: Pak Luhut Please Resign, Makin Cepat Makin Bagus

Liputan6.com 2022-04-18 05:35:35
Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais usai menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (10/10). Amien enggan membeberkan isi dari pemeriksaan tersebut. (

Ketua Majelis Syuro Partai Ummat, Amien Rais, mengkritik rezim Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan. Amien bahkan minta Luhut mundur dari kabinet.

"Saya ingin membuat rekomendasi untuk rezim Jokowi-Luhut, pertama seyogianya Pak Luhut segera mengundurkan diri," kata Amien di acara Milad 1 Tahun Partai Ummat, Minggu (17/4).

Menurut Amien Rais, sebagian masyarakat sipil sudah tak percaya kepada Luhut. Pendiri Partai Ummat ini lalu mengutip politisi PDIP, Masinton Pasaribu, yang pernah mengkritik Luhut seperti biang kerok.

"Sebagian besar masyarakat sipil saya yakin sudah tidak percaya lagi dengan Pak Luhut, dan Masinton Pasaribu yang lebih tahu itu mengatakan saya bersedia ditembak daripada mencabut pernyataan saya bahwa Luhut adalah biang kerok, saya enggak tega ya, tapi itu menurut Pak Masinton," tuturnya.

Maka dari itu, Amien meminta Luhut untuk mengundurkan diri. Dia bilang, makin cepat Luhut minggat dari jabatannya, makin bagus.

"Jadi pada Pak Luhut saya mengatakan, please resign the sooner the better, jadi makin cepat makin bagus," ujar Amien Rais.


Harus Tegas

Mantan elite PAN ini menilai, Jokowi harus tegas terhadap Luhut. Kata dia, Luhut adalah beban nasional.

"Pak Luhut nekat dan sudah terjebak dengan narsisistik megalomania yang diidapnya, Pak Jokowi seyogianya memecat dia, Luhut bukan lagi aset bangsa, tapi telah menjadi beban nasional," pungkasnya.

Sumber: Muhammad Genantan Saputra/Merdeka.com

Infografis Jokowi Minta Menteri Setop Bicarakan Penundaan Pemilu 2024. (Liputan6.com/Trieyasni)

Aset Roman Abramovich Rp 100,5 T Dibekukan

Lagi, Aset Diduga Milik Miliarder Rusia Roman Abramovich Rp 100,5 Triliun Dibekukan

Liputan6.com 2022-04-18 13:00:18
1. Roman Abramovich - Pemilik Chelsea ini menolak keinginan Mourinho untuk memboyong bek baru, John Stones. Akibatnya terbukti lini belakang The Blues tampil mengecewakan musim ini. (AFP/Carl

Otoritas di negara pulau Jersey membekukan aset senilai lebih dari USD 7 miliar atau setara Rp 100,5 triliun, yang diduga terkait dengan miliarder Rusia Roman Abramovich.

Langkah ini menjadi sanksi keuangan terbaru bagi miliarder Rusia sebagai respon dari negara Barat atas konflik di Ukraina.

Dilansir dari CNBC International, Senin (18/4/2022) polisi Jersey juga mengeksekusi surat perintah penggeledahan di tempat-tempat yang diduga terkait dengan kegiatan bisnis Abramovich, menurut surat keterangan dari Departemen Petugas Hukum di negara itu.

"Pengadilan Kerajaan juga memberlakukan perintah pembekuan resmi pada 12 April, yang dikenal sebagai saisie judiciaire, atas aset yang diketahui bernilai lebih dari USD 7 miliar yang diduga terkait dengan Abramovich dan yang terletak di Jersey atau dimiliki oleh entitas berbadan hukum Jersey," kata Jersey's Law Officers Department.

Surat kabar Financial Times sebelumnya melaporkan bahwa Abramovich telah memindahkan sejumlah investasinya dari British Virgin Islands ke Jersey dalam beberapa tahun terakhir. Pemindahan aset termasuk sejumlah helikopter, dan superyacht.

Bailiwick Express edisi Jersey juga melaporkan bahwa Abramovich diperkirakan akan pindah ke Jersey pada tahun 2018, tetapi pemindahan itu tidak terjadi setelah perpanjangan visa Inggrisnya tertunda menyusul kasus keracunan mantan anggota militer Rusia Sergei Skripal dan putrinya di kota Salisbury, Inggris.

Jersey dan Guernsey, yang juga bergantung pada Inggris untuk perlindungan, memerintahkan perusahaan industri keuangan di sana untuk membekukan aset lima bank Rusia dan tiga miliarder lainnya menyusul pecahnya konflik Rusia-Ukraina pada akhir Februari, menurut laporan BBC saat itu.

Juga bulan itu, Menteri Hubungan Luar Negeri Jersey Ian Gorst mengatakan negara pulau tersebut akan mengambil "tindakan lebih lanjut" yang sejalan dengan tindakan Inggris.

"Petugas terus bekerja sama dengan rekan-rekan di Inggris, dan kami siap untuk mengambil tindakan lebih lanjut untuk memastikan respons Jersey sejalan dengan komunitas internasional," ujar Gorst pada saat itu.


Abramovich Dilaporkan Alihkan Kepemilikan Superyacht Aquamarine

Pembekuan aset di Jersey terjadi sebulan setelah Inggris mengumumkan sanksi keuangan terhadap Abramovich, karena hubungan dekatnya dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Beberapa waktu setelah konflik Rusia-Ukraina terjadi, Abramovich mengumumkan akan menjual klub sepak bola ternama Inggris yang dimilikinya, Chelsea.

The Guardian pekan lalu melaporkan bahwa Abramovich mengalihkan kepemilikannya atas superyacht bernama Aquamarine ke sebuah perusahaan yang berbasis di Jersey yang dikendalikan oleh rekanannya, David Davidovich, pada 24 Februari, hari yang sama konflik Rusia-Ukraina pecah.

Namun saat ini, belum diketahui secara jelas apakah superyacht sepanjang 50 meter itu, yang masih berada di Belanda, akan menjadi salah satu aset yang dibekukan oleh otoritas Jersey.

Selain itu, Abramovich juga dikabarkan ikut meramaikan bursa pembelian klub Spanyol, Valencia. Informasi ini dibocorkan oleh calon pembeli Kelelawar Mestalla lainnya, yakni Miguel Zorio.

Zorio yang telah mengajukan tawaran sebesar 248 juta euro mengklaim, kalau sang pemilik Valencia CF, Peter Lim juga mendapat tawaran dari pihak lain, yakni Abramovich.

"Peter Lim ingin menjual klub itu di London dengan harga 250 juta euro (setara 3,9 Triliun) dan dia belum berhasil," kata Zorio seperti dilansir dari Metro.co.uk.

"Belakangan dia membocorkan kepada medua kalau dia ada dua tawaran, yakni dari saya dan dari pemilik Chelsea," tambah Zorio.

"Dan dari sini, saya katakan dia bisa membayar kompensasi kerugian sebesar 50 juta per tahun atau dia boleh menjualnya kepada kami. Suka atau tidak suka," bebernya.


Abramovich Dikabarkan Harus Berutang untuk Bayar Gaji Pekerja

Sebelumnya, juga muncul kabar Abramovich meminta pinjaman uang untuk membayar gaji stafnya, menyusul serangkaian sanksi ekonomi yang ia hadapi dari negara Barat.

Dilansir dari Daily Mail, sejumlah sumber melaporkan bahwa Abramovich meminta pinjaman uang dari teman sesama miliarder dan selebritas, sebesar USD 980.000 atau Rp 14 miliar.

Laporan media Page Sixmenyebut sutradara film Hollywood Brett Ratner termasuk di antara mereka yang diminta pinjaman oleh Abramovich, serta figur-figur lain di Hollywood dan Silicon Valley.

"Roman meminta beberapa teman terdekatnya yang kuat untuk mengizinkannya meminjam USD 1 juta. Dia mengatakan dia tidak pernah melewatkan gaji untuk stafnya, yaitu USD 750.000 per minggu, dan dengan asetnya yang dibekukan, dia tidak dapat membayar," kata sumber itu kepadaPage Six.

Abramovich harus mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk membayar stafnya, yang mencapai lebih dari 600.000 euro per minggu.

Sang miliader juga dilaporkan telah mendekati keluarga Rothschild setelah asetnya di Inggris dan AS disita bulan lalu.

Namun, belum ada keterangan atau konfirmasi lebih lanjut dari pihak Rothschilds mengenai laporan itu.

Infografis Reaksi Global terhadap Serbuan Rusia ke Ukraina. (Liputan6.com/Trieyasni)

"Tertutup Sudah Pintu Surgaku"

Ikhlas Sang Ibunda Meninggal Dunia, Desy Ratnasari: Tertutup Sudah Pintu Surgaku

Liputan6.com 2022-04-18 13:40:00
Ibu Desy Ratnasari Meninggal Dunia, Ini 7 Potret Kenangannya Bareng Sang Ibunda (Sumber: Instagram/desyratnasariterdepan)

Desy Ratnasari saat ini tengah dirundung duka. Ia kehilangan sosok ibunda tercintanya. Hj. Mulyanah binti M. Partadiharja, meninggal dunia pada Senin (18/4/2022).

Kabar duka itu semula diketahui melalui unggahan di Instagram Partai Amanat Nasional. Partai yang menaungi Desy Ratnasari itu mengunggah potret ucapan belasungkawa atas meninggalnya ibunda Desy Ratnasari.

Tak lama setelahnya, baru lah kemudian Desy Ratnasari mengumumkannya langsung di akun Instagram pribadinya. Desy Ratnasari menyatakan telah mengihkhlaskan kepergian sang ibunda.

"Tertutup sudah pintu surgaku.....in syaa Allah kami ikhlas ya Rabb....," tulis Desy Ratnasari pada Senin (18/4/2022).

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Mohon Maaf

Lebih lanjut, Desy Ratnasari mewakili mendiang ibundanya meminta maaf kepada semua kesalahan yang pernah diperbuat baik yang disengaja maupun tidak. Serta meminta doa untuk mendiang ibundanya.

"Hamba mohon ampunkan semua kekhilafan Mama, dengan kasih sayangMu ya Rabb terimalah amal ibadah Mama....jadikanlah alam kuburnya menjadi taman surgaMu ya Rabb.... Rabbighfirli waliwalidayya warhamhuma kamaa rabbayani saghira.... ," tutupnya.


Ucapan Belasungkawa

Unggahan Desy Ratnasari itu langsung dibanjiri oleh ucapan duka dan doa dari warganet dan para sahabat Desy Ratnasari.

"Inalillaahi wa inna ilaihi roojiuun... smg almarhumah husnul khotimah," tulis Sahrul Gunawan.

"Innalillahi Wainailaihi Rojiun.. turut berduka untuk bu dewan, Smg amal ibadah beliau diterima Allah SWT, Alfatihah utk ibunda," timpal Eko Patrio.

Pemulung Sukses Didik Ratusan Anak Yatim

Kisah Pemulung Pendiri Rumah Tahfidz Al-Qur'an yang Didik Ratusan Anak Yatim dan Duafa

Liputan6.com 2022-04-18 13:02:52
Rumah Tahfidz Daarul Ihsan yang didirikan Abi Sariin di kawasan Bintaro Sektor 9, Tangerang Selatan. (dok. Daarul Ihsan)

Jangan remehkan kekuatan semangat dan doa. Itu menjadi pegangan Abi Sariin, seorang pemulung yang kini jadi pengepul sampah, saat mendirikan Rumah Tahfidz Daarul Ihsan untuk anak yatim dan duafa.

Lelaki yang kini hampir berusia 50 tahun itu memiliki jalan hidup berliku. Ia yatim piatu sejak kelas 5 SD dan harus menanggung hidup sembilan adiknya. Sementara, dua kakaknya meninggal karena tak sanggup menanggung kerasnya kehidupan.

"Alhamdulillah, saya tidak anggap itu beban karena janji Allah dalam Al-Qur'an, 'Tidaklah Allah bebani hambanya kecuali sesuai batas kemampuan hamba tersebut,'" ujarnya saat berbincang di panggung bersama Dewi Sandra dalam acara Wardah: Ramadhan Gathering 2022, Rabu, 13 April 202.

Ditinggalkan tanpa harta benda memadai, ia pun dipaksa memutar otak. Yang terpikir saat itu adalah bagaimana bisa berusaha tanpa perlu modal. Ia pun memilih pekerjaan sebagai pemulung, walau keluarga besarnya menentang karena dianggap aib.

"Itu usaha yang enggak butuh modal, tapi (harus) tahan malu. Saya niatkan segala amal baik untuk amalan orangtua saya, karena waktu saya masih kecil, saya belum bisa berbakti," tuturnya.

Bertahun-tahun memulung, ia berhasil mengumpulkan uang Rp75 ribu. Ia kemudian membeli gerobak sampah. Lima tahun kemudian, modal kembali terkumpul untuk mengembangkan usahanya. Namun, ujian kembali datang. Ia ditipu orang.

"Barang dibawa, tapi saya tidak dibayar. Satu (mobil) Kijang juga hilang," kata dia.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Titipan Anak

Dalam kondisi terpuruk, ia dititipkan seorang bayi berusia tujuh bulan. Anak itu yatim piatu setelah ditinggalkan orangtuanya yang juga hidup di bawah garis kemiskinan. Sariin yang asli Betawi mengaku tak bisa menolak permintaan orangtua anak itu. Di sisi lain, ia sendiri mengalami kesulitan ekonomi untuk memenuhi kebutuhannya dan adik-adiknya.

Ia mengaku tak patah semangat. Sambil terus memulung rongsokan, ia akhirnya bisa mendirikan bank sampah. Sementara, anak yatim yang ditampungnya dididik menghafal Al-Qur'an.

Ternyata makin banyak anak yang dititipkan kepadanya. Ia pun mendirikan rumah tahfidz untuk anak-anak yatim dan duafa pada 1998 di kawasan Bintaro Sektor 9, Tangerang Selatan. Ia memanfaatkan rumah peninggalan orangtua yang berukuran 33 meter persegi sebagai asrama.

Rumah itu awalnya tidak memiliki kamar mandi dan hampir roboh. Aksi kebaikannya berbuah manis. Ia dibantu dermawan untuk merenovasi tempat tinggal itu. Ia juga mendapat wakaf lahan dari lurah setempat untuk tempat tinggal para santri. Total ada 50 anak yatim piatu yang kini tinggal di sana, terbagi masing-masing 25 putra dan 25 putri.

"Yang udah lulus sekarang 216 anak," ucap Sariin.


Sampai Mandiri

Sariin mengaku telah mewakafkan rumah warisan orangtuanya sebagai asrama bagi siswa Daarul Ihsan. Ia sendiri bersama istri memilih tinggal di gudang bersama barang bekas yang masih dikumpulkan saat ini.

"Rumah saya di surga," ucapnya berharap.

Sebagai orang yang pernah hidup susah, ia tak ingin anak lain mengalami apa yang dia alami. Karena itu, mereka dididik agar bisa mandiri di kemudian hari. Para santri diizinkan untuk tinggal di asrama hingga lulus SMA. Selanjutnya, mereka akan ditawari pilihan akan melanjutkan kuliah atau langsung bekerja.

"Kami akan lepaskan sampai mereka mandiri, minimal dapat pekerjaan," ujarnya.

Selain pelajaran agama dan ilmu lainnya, anak-anak itu juga dilibatkan dalam bisnis pengumpulan sampah Sariin. Mereka biasanya akan ditugasi mengambil sampah yang terkumpul dari berbagai titik binaan bank sampah milik Sariin.


Lakukan, Lupakan

Selama menjalankan rumah tahfidz, ia mengaku banyak belajar seni kehidupan. Ia menyadari bahwa sebaik-baiknya manusia bukanlah mereka yang kaya atau terkenal, tetapi orang yang banyak memberikan manfaat untuk orang lain.

"Sukses itu bukan seberapa banyak yang kita raih, tapi seberapa banyak yang bisa kita beri," sahut Sariin.

Karena itu pula, ia berusaha istiqamah. Ia menerapkan prinsip ikhlas agar yang dilakukannya bisa optimal. "Lakukan, lupakan," kata dia.

Semangat itu rupanya menarik perhatian perusahaan kosmetik Wardah yang baru saja meluncurkan kampanye Bergerak Hidupkan Harapan. Kampanye itu bertujuan mengajak semua orang agar kembali bergerak setelah lebih dari dua tahun bertahan dalam situasi pandemi. Brand Development Wardah Group Head Novia Sukmawaty bekerja sama dengan rumah tahfidz itu untuk memberdayakan tempat tersebut.

Itu juga bagian dari upaya mengembangkan 1.000 santri dan 300 masjid di sejumlah wilayah di tahun ini. "Ada beberapa masjid yan akan direnovasi," ujarnya.

Infografis Sampah Kemasan Produk Kecantikan. (Liputan6.com/Abdillah)

Daood Debu Kritis Akibat Kecelakaan

Daood Debu Disebut Kritis Akibat Kecelakaan, Warganet Kirim Doa

Liputan6.com 2022-04-18 12:30:00
[Foto: Instagram Daood Debu]

Telah terjadi kecelakaan maut di Tol Pasuran-Probolinggo, Jawa Timur, Senin (18/4/2022) dini hari. Daood Debu adalah salah satu korban selamat dalam kecelakaan ini.

Pihak Debu mengungkap bahwa Daood mengalami luka yang cukup parah. Dia bahkan disebut sedang mengalami masa kritis.

"Daood patah tulang kaki, tapi Alhamdulillah keadaan stabil. Dia lagi dipindahkan ke Surabaya untuk dioperasi," ujar Ibrahim selaku teman keluarga saat dihubungi wartawan.

"Kondisi masih kritis, jadi mohon doanya," Ibrahim mengakhiri pernyataannya.


Doa

Tak lama setelah berita buruk ini mencuat, unggahan Daood Debu di akun Instagram pun banjir doa dari warganet. Mereka berharap agar kondisi Daood segera membaik.

"Semoga lekas pulih....Amin ya Allah," kata perempuanpanggung.

"Semoga Cepat Sembuh," kata warganet lainnya.

"Get well soon master," yang lain menimpali.


Kecelakaan

Diberitakan sebelumnya bahwa ada dua orang meninggal dalam peristiwa tersebut. Yaitu, seorang perempuan bernama Al-Haddad Amal Sheikh Aidaros, warga Selangor Malaysia, dan satu laki-laki yang belum diketahui identitasnya.

Kasat PJR Ditlantas Polda Jatim, AKBP Dwi Sumrahadi R menyatakan, Toyota Velfire Nopol L 1055 DLI yang membawa lima penumpang celaka setelah menabrak sebuah kendaraan.

Lagu Hati-Hati di Jalan Dikomentari Moledoko

Tips Jaga Berat Badan Saat Ramadan

Jaga Berat Badan di Ramadhan, Ade Rai Sarankan Hal Ini

Liputan6.com 2022-04-18 00:00:10
Ade Rai. (Foto: Dok. Instagram @ade_rai)

Ade Rai berbagi tips untuk menjaga berat badan selama Ramadhan. Pegiat kebugaran sekaligus Co-Creator Fita's programs ini menganjurkan untuk memperhatikan asupan yang dikonsumsi saat sahur.

"Kalau saya mungkin perhatian di sahur. Kalau sahur kita jadikan sebagai sebuah syarat. Misalnya kita ternyata hanya mau minum kopi atau teh saja. Atau kalau mau makan, kita masukkannya kalau bisa protein, lemak dan serat," kata Ade Rai dalam sebuah diskusi daring.

Ade melanjutkan, agar penurunan berat badan sambil berpuasa dapat berjalan dengan sukses, sebaiknya saat sahur jangan mengonsumsi karbohidrat. Hal tersebut bertujuan agar tubuh dapat menggunakan lemak sebagai sumber tenaga saat berpuasa.

"Nah kalau seandainya di sahur kita enggak masukin karbohidrat, tidak terjadi kenaikan insulin. Jadi otomatis badan hanya tahunya 'Oh iya. Gula nggak masuk jadi masih pakai lemak sebagai sumber tenaga'," kata Ade, dilansir Antara.

"Jadi kalau cuma mengonsumsi protein, lemak dan serat saja, pada saat itu kita bisa hitung berarti terakhir kita makan itu jadi jam 9 malam. Berarti kita makan lagi baru jam 7 atau setengah 7 hari berikutnya. Itu artinya kita berpuasa hampir 22 jam," tambahnya.

Ade mengatakan bahwa setiap tubuh manusia memiliki kecerdasan tersendiri untuk mencari sumber daya energi lain ketika seseorang tidak makan. Oleh sebab itu, tidak perlu khawatir tubuh akan merasa lemas jika tidak mengonsumsi karbohidrat saat sahur.

"Justru kadang-kadang ketika kita tidak makan, badan itu punya kecerdasan buat mencari yang namanya alternatif sumber daya energi yang lain. Makanya dia pakai lemak," tuturnya.


Waktu Berolahraga

Selain itu, Ade Rai juga menjelaskan waktu terbaik untuj berolahraga selama puasa. Dia menyebut olahraga sebaiknya dilakukan menjelang waktu berbuka puasa.

"Kalau waktu yang tepat, sebenarnya idealnya ya kalau kita bicara secara hormonal itu the end of fasting. Itu adalah waktu yang paling tepat untuk kita melakukan aktivitas olahraga," jelasnya.

Ade Rai menyebut tubuh manusia memiliki dua mode. Mode pertama disebut fat storing, yakni ketika seseorang makan. Sedangkan mode kedua yakni fat burning, saat seseorang tidak makan.


Gunakan Sisa Makanan

Tubuh akan menggunakan sisa-sisa makanan yang ada di dalam tubuh untuk dijadikan energi pada saat delapan jam berpuasa untuk mengoptimalkan fat burning. Misalnya makanan sisa sahur yang masih ada di dalam tubuh.

"Misal di sahurnya, atau sekitar 10 jam ke depan saja dia masih mencari yang namanya cadangan makanan yang masih ada. Uniknya pada saat kita berolahraga di ujung puasa sebelum buka puasa, itu akan mengoptimalkan badan, akan mengaktivasi hormon yang namanya sensitive lipase," jelas Ade.

"Jadi olahraga sebelum buka, saya rasa itu salah satu hal yang baik. Bisa dengan kardio, atau menurut saya yang paling bagus adalah latihan beban." imbuhnya.


Tidak Harus Pakai Alat

Meski disebut latihan beban, bukan berarti harus menggunakan alat-alat berat. Ade menerangkan, latihan beban bisa dilakukan tanpa memerlukan alat apa pun. Contohnya seperti gerakan plank, ketika tubuh akan menahan berat beban sendiri sebagai bebannya.

"Di kepala kita bahwa latihan beban ini harus pakai besi atau yang berat-berat. Jawabannya tidak. Hanya cukup dengan menggunakan tubuh sendiri. Misalnya plank, jadi nggak ngapa-ngapain, diam saja tapi ototnya kerasa," tutup Ade Rai.

Gibran Rakabuming Diam-Diam Konsultasi ke Irfan Hakim

Irfan Hakim Diam-Diam Pernah Diajak Konsultasi oleh Gibran Rakabuming Soal Merawat Kura-Kura

Liputan6.com 2022-04-17 19:30:00
Irfan Hakim bangga jadi 'polisi ganteng' meski sesaat (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Irfan Hakim belum lama ini mengajak Kaesang Pangarep putra Presiden Jokowi untuk berbincang di kanal YouTube miliknya. Sejumlah perbincangan terkait keluarga presiden dan kehidupan Kaesang pun dibahas secara santai.

Namun di tengah perbincangan, rupanya terkuak bahwa Irfan Hakim aslinya ingin mengajak kakak Kaesang, Gibran Rakabuming Raka untuk tampil di dalam kontennya. Wali kota Solo itu memang memiliki minat yang sama dengan sang presenter.

Gibran dan Irfan Hakim sama-sama punya hobi memelihara kura-kura. Bahkan, Gibran ternyata pernah berkonsultasi dengan Irfan Hakim seputar merawat kura-kura.

Namun, Irfan Hakim menyebut bahwa Gibran menanggapi chat dari Irfan Hakim dengan kalimat yang menurut sang presenter membingungkan untuk dijawab. Hingga akhirnya, perbincangan tak berlanjut.

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Mengajak Kolaborasi

Dalam perbincangan dengan Kaesang, Irfan Hakim mengaku pernah menghubungi Gibran untuk membahas koleksi kura-kuranya.

Namun tanggapan Gibran terhadap ajakan Irfan Hakim di luar dugaan. Seolah Gibran tak mau kanal YouTube Irfan Hakim nantinya dipenuhi oleh komentar buruk dari haters dirinya.

"Gua pernah WhatsApp sama Gibran karena dia pelihara kura-kura juga. Terus gua tanya mau lihat koleksinya, dong. Ngajak dia kolaborasi, terus jawaban dia aneh banget, 'Tapi saya banyak haters-nya,'" ujar Irfan Hakim menceritakan di kanal YouTube DeHakims Story, Jumat (15/4/2022).


Konsultasi Kura-Kura

Kaesang lalu menyarankan Irfan Hakim untuk mengajak Gibran ke acara bincang-bincang di kanal YouTube sang presenter.

Lalu, Irfan Hakim mengatakan bahwa Gibran ternyata pernah berkonsultasi dengan dirinya seputar merawat telur kura-kura.


Tak Berlanjut

Namun konsultasi tersebut tak berlanjut lantaran tanggapan Gibran yang bikin Irfan bingung untuk melanjutkannya lagi.

"Kemarin dia konsultasi, kura-kura dia bertelur katanya. Terus aku mau kirim inkubator, 'Mau enggak?' Dia jawab, 'Takut mindahinnya, takut dosa.' Random juga dia. Sudah gitu krik-krik, gua enggak balesin lagi," ujar Irfan Hakim.

Persiapan Mudik Lebaran 2022

HEADLINE: Persiapan Mudik Lebaran 2022 Aman dan Nyaman, Pengendalian COVID-19?

Liputan6.com 2022-04-19 00:01:08
Sejumlah calon pemudik bersiap memasuki bus di Terminal Kampung Rambutan Jakarta, Kamis (24/3/2022). Pemerintah memastikan bahwa masyarakat diperbolehkan mudik Lebaran tahun 2022 dengan syara

Berbeda dari dua tahun sebelumnya, masyarakat boleh melakukan mudik Lebaran pada tahun ini. Pemerintah optimistis penyelenggaraan mudik Lebaran 2022 dapat berjalan aman dari serangan COVID-19. Pemerintah memastikan, kebijakan mudik tahun ini juga dipersiapkan dengan matang bekerja sama berbagai lintas sektor.

"Tahun ini pemerintah kembali membolehkan perjalanan mudik. Masyarakat dapat kembali merayakan hari raya bersama keluarga dan sanak saudara di kampung halaman," kata Presiden Joko Widodo dalam konferensi pers di Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (14/4/2022).

Meski demikian, Jokowi mengingatkan agar masyarakat tetap waspada. Virus Corona SARS-CoV-19 penyebab COVID-19 masih ada. Karenanya Jokowi mengimbau agar gelombang baru penularan COVID-19 jangan sampai terjadi dengan adanya perjalanan mudik Lebaran tahun ini.

"Namun, kita harus tetap waspada. Jangan sampai perjalanan mudik justru memicu munculnya gelombang baru penularan COVID-19," sambungnya.

Menurut dia, arus mudik Lebaran tahun ini diperkirakan akan sangat besar. Kendati diperbolehkan, pemerintah akan tetap memprioritaskan keselamatan masyarakat selama perjalanan mudik.

"Sekali lagi, jangan sampai ada lonjakan kasus (COVID-19) yang tak terkendali setelah kita merayakan Hari Raya (Idul Fitri)" jelas Jokowi.

Jokowi mengatakan aturan perjalanan mudik Lebaran 2022 akan diatur secara ketat dan terperinci.

"Pemerintah akan melakukan pengaturan-pengaturan perjalanan mudik secara ketat dan terperinci," kata Jokowi dalam konferensi pers di Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (14/4/2022).

Menurut dia, para menteri tengah menyusun aturan perjalanan mudik Lebaran 2022. Jokowi menargetkan aturan ini sudah dapat diumunkan kepada masyarakat secepatnya.

"Para menteri dan seluruh jajaran pemerintah sedang bekerja keras untuk menyiapkan aturan-aturan ini. Pekan depan akan kami sampaikan kepada seluruh masyarakat," jelasnya pekan lalu.

Selain Jokowi, Wakil Presiden atau Wapres Ma'ruf Amin turut berpesan agar giat mudik Lebaran tetap berhati-hati dan terus menerapkan protokol kesehatan atau prokes secara ketat.

"Pemerintah akan memberi kelonggaran untuk membolehkan masyarakat mudik Lebaran. Tetapi, karena pandeminya belum hilang, kepada masyarakat supaya tetap berhati-hati," kata Ma'ruf Amin saat memberikan keterangan pers di Aceh pekan lalu.

Ma'ruf menilai, kehati-hatian para pemudik adalah hal terpenting demi mencegah transmisi virus Corona kepada sanak famili yang ditemui di kampung halaman. Sehingga diharapkan setelah Lebaran tidak terjadi lagi lonjakan kasus COVID-19.

"Dari berbagai perkiraan, yang mudik antara 70-80 juta orang. Nah, ini masyarakat supaya berhati-hati karena mereka pulang kampung di daerah itu ada orang tua, ada orang sakit, dan anak-anak," tutur Wapres Ma'ruf Amin.

Menyoal kebijakan mudik Lebaran yang diambil pemerintah, Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito menyampaikan hal itu sudah melalui proses panjang. Khususnya melihat perkembangan COVID-19 Tanah Air. Perkembangan COVID-19 nasional dinilai semakin membaik, sehingga kebijakan mudik pun diizinkan.

"Kebijakan mudik tahun ini merupakan hasil dari proses pemantauan dan pertimbangan yang panjang. Ini termasuk mempertimbangkan jumlah kasus COVID-19. Masing-masing daerah punya tantangan sendiri, misal pemenuhan cakupan vaksinasi dan prioritas bagi penduduk rentan seperti lansia," ujar Wiku saat sesi International Press Briefing di Media Center COVID-19, Graha BNPB, Jakarta.

"Ada juga implementasi kebijakan serta kesiapan fasilitas umum untuk mobilisasi massa dan pergerakan ke daerah asal dan tujuan wisatawan. Saat ini, untuk mencapai implementasi kebijakan yang baik, Pemerintah mendukung acara mudik gratis dan massal di berbagai daerah di Indonesia."

Upaya mengantisipasi lonjakan COVID-19 usai Lebaran juga terus dilakukan. Pemerintah secara rutin melakukan pertemuan kementerian/lembaga dan pemerintah daerah untuk memantau perkembangan COVID-19.

"Pemerintah optimistis kita bisa menyelenggarakan mudik tahun ini dengan aman COVID-19. Hal itu bisa terwujud jika kebijakan mudik yang disesuaikan dengan baik, dijalankan di lapangan serta kepatuhan masyarakat," ucap Wiku.


Titer Antibodi Meningkat

Keyakinan pemerintah bahwa mudik Lebaran 2022 akan berjalan lancar didukung dengan data antibodi COVID-19 penduduk Indonesia naik di angka 99,2 persen. Hasil survei antibodi ini merupakan sero survei kedua yang dilakukan dalam menghadapi mudik dan Lebaran 2022.

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin menyampaikan, penghitungan sero survei antibodi pertama kali dilakukan pada Desember 2021. Hasil antibodi tersebut, 86,6 persen penduduk Indonesia sudah mempunyai antibodi COVID-19.

Selanjutnya, sero survei antibodi kedua kalinya dilakukan untuk pengambilan keputusan Pemerintah terkait mudik Lebaran 2022. Dalam hal ini, penerapan kebijakan mudik Lebaran termasuk mempertimbangkan hasil survei antibodi COVID-19 penduduk.

"Di rapat terbatas (ratas) tadi, kami meng-update(perbarui) mengenai hasil terakhir sero survei yang dilakukan oleh Kementerian Kesehatan bekerja sama dengan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKUM UI). Di bulan Desember 2021, kita lakukan sero survei, hasilnya 86,6 persen masyarakat Indonesia sudah memiliki antibodi," ungkap Budi Gunadi saat memberikan keterangan pers di Kantor Presiden Jakarta, Senin (18/4/2022).

"Nah, sebelum Lebaran, kami melakukan sero survei yang kedua untuk menghadapi Lebaran. Bahwa kadar antibodi masyarakat Indonesia naik menjadi 99,2 persen. Artinya, 99,2 persen dari populasi masyarakat Indonesia sudah memiliki antibodi."

Ditegaskan kembali oleh Budi Gunadi, 99,2 persen antibodi COVID-19 penduduk Indonesia berasal dari vaksinasi maupun infeksi.

"Jadi, pengambilan kebijakan mudik ini ada basis risetnya (melihat survei antibodi)," lanjutnya.

Tak hanya persentase antibodi secara keseluruhan, Budi Gunadi Sadikin juga menyampaikan, jumlah kadar titer antibodi COVID-19 naik. Bahkan kenaikan tersebut melesat di angka ribuan.

"Hal yang menarik, kami juga mengukur kadar (titer) antibodinya berapa. Kalau di bulan Desember 2021, kami lakukan sero survei, kadar titer antibodi di angka ratusan, sekitar 500 sampai 600," paparnya.

"Nah, di bulan Maret 2022 ini, titer antibodi sudah di angka ribuan, sekitar 7.000 sampai 8.000. Ini menunjukkan, bukan hanya banyak masyarakat yang sudah memiliki antibodi, tapi kadar antibodi yang tinggi."

Persentase antibodi dan kadar titer antibodi yang tinggi dapat menjadi perlindungan dari serangan virus Corona. Hal ini berdampak terhadap berkurangnya risiko terpapar dan masuk rumah sakit akibat COVID-19.

"Sehingga kalau nanti diserang virus, daya tahan tubuh bisa cepat menghadapinya dan mengurangi sekali risiko untuk masuk rumah sakit juga wafat," imbuh Menkes Budi Gunadi.

"Itulah sebabnya, kami percaya, Pemerintah ya Insya Allah, Ramadhan kali ini, mudik kali ini bisa berjalan dengan lancar, tanpa membawa dampak negatif kepada masyarakat."

Survei ini dilakukan secara kolaborasi oleh Kementerian Kesehatan, Kementerian Dalam Negeri, Tim Pandemi COVID-19 Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI), Eijkman, dan Prodia, antibodi dapat diperoleh lewat vaksinasi dan sudah pernah kena infeksi COVID-19.

Budi Gunadi mengingatkan pentingnya vaksinasi COVID-19 ketika memberikan keterangan pers terkait Hasil Serologi Survei Nasional di Gedung Kementerian Dalam Negeri Jakarta, pada Maret lalu. Bahwa vaksinasi yang juga menciptakan antibodi atau kekebalan itu mencegah hospitalisasi dan kematian, bukan mencegah penularan COVID-19.

"Yang perlu diingat, antibodi ini tidak mencegah penularan, tidak mencegah transmisi, melainkan mencegah hospitalisasi, mencegah kematian. Itu sebabnya, kita lihat di bulan Januari 2022, walaupun sudah tinggi (antibodi) 86,6 persen, jumlah kasusnya naik lebih tinggi dari varian Delta," ujarnya.

"Akan tetapi, hospitalisasinya seperempat atau seperlima dari Delta, kematiannya pun jadi sepersepuluh dari Delta. Kemudian, kalau enggak mau tertular (COVID-19), pakai masker."


Aturan Mudik Lebaran 2022

Dalam relaksasi mudik tahun ini, pemerintah menetapkan sejumlah aturan yang berlaku mulai 2 April 2022.

Aturan mudik lebaran 2022 itu secara resmi dikeluarkan remerintah melalui Satuan Tugas (Satgas) COVID-19. Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebelumnya mengatakan bahwa mereka yang akan mudik Lebaran dan sudah divaksin booster, akan dibebaskan dari tes COVID-19 sebelum perjalanan.

Secara lengkap, aturan mudik lebaran 2022 tersebut tertuang dalam Surat Edaran Nomor 16 Tahun 2022 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri Pada Masa Pandemi Covid-19 yang diterbitkan oleh Satgas Penanganan COVID-19. Salah satunya Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN) harus menerapkan protokol kesehatan.

"Pemerintah berharap melalui SE ini, masyarakat dapat berperan lebih dalam mencegah penularan COVID-19, terutama saat melakukan tradisi mudik Lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah," kata Suharyanto dikutip dari siaran persnya, 3 April, dikutip dari kanal Ramadan Liputan6.com.

Satgas meminta, agar setiap individu yang melaksanakan perjalanan orang wajib menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan (prokes) COVID-19 3M, yakni memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, serta mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan hand sanitizer. Selain itu, setiap masyarakat yang melakukan perjalanan dalam negeri pun harus menggunakan aplikasi PeduliLindungi sebagai syarat melakukan perjalanan dalam negeri.

Berikut ini protokol kesehatan yang diatur selama mudik Lebaran 2022 seperti dikutip dari laman resmi Satgas COVID-19.

1. Wajib menggunakan masker kain tiga lapis atau masker medis yang menutup hidung, mulut dan dagu.

2. Mengganti masker secara berkala setiap empat jam, dan membuang limbah masker di tempat yang disediakan.

3. Mencuci tangan secara berkala menggunakan air dan sabun atau hand sanitizer, terutama setelah menyentuh benda yang disentuh orang lain.

4. Menjaga jarak minimal 1,5 meter dengan orang lain serta menghindari kerumunan.

5. Tidak diperkenankan untuk berbicara satu arah maupun dua arah melalui telepon maupun secara langsung sepanjang perjalanan dengan moda transportasi umum darat, perkeretaapian, laut, sungai, danau, penyeberangan, dan udara.

6. Tidak diperkenankan makan dan minum sepanjang perjalanan penerbangan bagi perjalanan yang kurang dari 2 jam, kecuali mereka yang wajib mengonsumsi obat dalam rangka pengobatan yang jika tidak dilakukan dapat membahayakan keselamatan dan kesehatan orang tersebut.

Satgas juga mengatur syarat mudik terkait COVID-19 bagi PPDN di Indonesia. Satgas sekaligus menginformasikan bahwa pemerintah tidak mewajibkan syarat hasil negatif pemeriksaan virus Corona bagi warga yang melakukan perjalanan mudik di dalam wilayah aglomerasi.

Sebagai informasi, aturan ketentuan vaksinasi ini dikhususkan bagi PPDN dengan moda transportasi udara, laut, dan darat menggunakan kendaraan pribadi atau umum, penyeberangan, dan kereta api antarkota dari dan ke daerah di seluruh Indonesia. Berikut syarat status vaksinasi bagi pelaku mudik atau PPDN:

1. PPDN yang sudah mendapatkan vaksinasi dosis lanjutan alias booster tidak wajib menunjukan hasil negatif tes RT-PCR atau rapid test antigen.

2. PPDN yang telah mendapatkan vaksinasi dosis kedua wajib menunjukkan hasil negatif rapid test antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 1 x 24 jam atau hasil negatif tes RT PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 3 x 24 jam sebelum keberangkatan sebagai syarat perjalanan.

3. PPDN yang telah mendapatkan vaksinasi dosis pertama wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 3 x 24 jam sebelum keberangkatan sebagai syarat perjalanan.

4. PPDN dengan kondisi kesehatan khusus atau penyakit komorbid yang menyebabkan pelaku perjalanan tidak dapat menerima vaksinasi wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR. Sampelnya harus diambil dalam kurun waktu maksimal 3 x 24 jam sebelum keberangkatan sebagai persyaratan perjalanan.

Persyaratan wajib lainnya, melampirkan surat keterangan dokter dari Rumah Sakit Pemerintah yang menyatakan bahwa yang bersangkutan belum atau tidak dapat mengikuti vaksinasi Covid-19.

5. PPDN dengan usia di bawah 6 tahun dikecualikan terhadap ketentuan vaksinasi dan tidak wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau rapid test antigen, tapi wajib melakukan perjalanan dengan pendamping perjalanan yang telah memenuhi ketentuan vaksinasi dan pemeriksaan Covid-19.

Relaksasi syarat mudik juga diberikan bagi kelompok anak-anak yang belum mencapai usia 18 tahun, sehingga tidak bisa mendapat vaksin booster. Anak usia di bawah 18 tahun dibolehkan ikut mudik bersama orang tua tanpa membawa tes COVID-19, baik tes Antigen atau PCR.

"Kita memang mensyaratkan booster kalau tidak mau dites antigen atau PCR untuk mudik. Tapi booster ini kan hanya diberikan ke (masyarakat) di atas 18 tahun. Jadi memang ada dinamika kalau anak-anak di bawah 18 tahun gimana? Mau booster juga belum boleh," kata Budi seperti dikutip dari siaran daring kanal Youtube Sekretariat Presiden, Senin (18/4/2022).

"Jadi akhirnya diputuskan oleh bapak Presiden ya anak-anak remaja kalau mau mudik belum di-booster enggak papa, enggak usah dites antigen," imbuhnya.

Menkes Budi Gunadi berharap, dengan kebijakan kepala negara para anak-anak di bawah 18 tahun dapat mendampingi para orangtuanya untuk ikut tradisi mudik Lebaran. Asalkan vaksinasi COVID-19 kepada mereka sudah dua kali dilakukan.

"Ini hadiah dari beliau (presiden) kepada anak-anak kita yang keluarganya mau menikmati mudik ini dengan lebih baik lagi," ucap Budi.


Pengamat: Mudik Lebaran 2022 Terlalu Berisiko

Pengamat Kebijakan Publik dari Universitas Trisakti Trubus Rahadiansyah menilai kebijakan pemerintah yang memperbolehkan mudik pada Lebaran 2022 kali ini terlalu berisiko. Terlebih saat ini kasus COVID-19 di DKI Jakarta meningkat dalam 2 hari terakhir.

Trubus berharap vaksin booster yang menjadi syarat perjalanan mudik bisa menekan angka penularan COVID-19.

"Melihat situasi di Jakarta sekarang kondisi penularan kasus Covid-19 masih tinggi. Ini harusnya para pemudik sadar COVID-19 masih ada. Mudik sebenarnya tidak aman tapi dengan sebagian sudah di booster sudah divaksin tahap dua mudah-mudahan tidak terjadi penularan secara masif," kata Trubus kepada Liputan6.com di Jakarta, Senin, (18/4/2022).

Trubus khawatir kasus yang cukup tinggi di Jakarta akan membawa COVID-19 ke daerah. "Kekhawatiran kita kemudian itu warga yang mudik penyakitnya carrier mengikuti ke sana (daerah)," kata dia.

Untuk itu, kata dia, pemda harus memberi edukasi kepada masyarakat terhadap kedatangan warga pendatang yaitu dengan tetap menjalankan protokol kesehatan dan segera vaksin.

Kemudian, ujar Trubus, pemerintah daerah harus menyiapkan infrastruktur kesehatan, pelayanan kesehatan tenaga kesehatan dan obat-obatan untuk mengantisipasi terjadi ledakan COVID-19 usai lebaran.

"Ledakan diantisipasi, ketiga pentingnya pemerintah daerah dan pendatang untuk saling menyadari COVID masih tinggi dan masih ada. Menurut saya, paling penting bagaimana ketika kita berkumpul hindari kerumunan itu," katanya.

Trubus juga menyarankan agar vaksinasi booster juga disediakan di rest area, terminal, stasiun, pelabuhan hingga bandara. Mengingat capaian vaksinasi booster baru 13,6 persen.

"Penggunaan aplikasi PeduliLindungi dioptimalkan kalau misal ditenggarai ada merah atau hitam segera diambil langkah harus di tracing ambil langkah ke layanan kesehatan kalau misal merah hitam artinya ditenggarai terlular COVID," kata dia.

Adapun Epidemiolog Dicky Budiman menyampaikan status krisis dunia maupun nasional terkait ituasi COVID-19 belum terlampaui.

"Status atau fase akut emergensi pandemi ini hanya bisa dilalui ketika setidaknya kurang lebih 70 persen dari total penduduk sudah mendapatkan dua dosis dan itu saya kira bisa kita raih dalam waktu yang tidak terlalu lama," kata Dicky kepada Health Liputan6.com Senin (18/4/2022).

Walau demikian, kondisi pandemi di Indonesia memang sudah membaik. Terkait mudik aman atau tidak, ia menyebut bahwa mudik belum terlalu aman, tapi jauh lebih aman ketimbang dua Lebaran sebelumnya.

"Sehingga upaya mitigasi perlu dilakukan dalam bentuk sudah divaksinasi dan menerapkan protokol kesehatan. Artinya potensi lonjakan tetap ada karena masih ada kurang lebih 20 persen penduduk yang masih rawan dan belum memiliki antibodi."

Sedangkan, antisipasi terbaik menurut Dicky adalah meningkatkan vaksinasi, menerapkan 5M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas), dan tetap menjaga kualitas 3T (testing, tracing, treatment).

"Meskipun tidak semasif sebelumnya, enggak mesti, tapi surveilansnya ditingkatkan."

Dalam meningkatkan vaksinasi, Dicky setuju dengan adanya posko-posko vaksinasi di jalan yang bisa meringankan dan memudahkan masyarakat. Selain di jalan, di daerah tujuan pun dapat disediakan posko vaksinasi.

"Jadi yang datang terus kembali ke wilayahnya itu yang awalnya baru vaksinasi satu dosis bisa jadi dua dosis, yang baru dua dosis jadi tiga dosis sehingga risiko arus balik menjadi lebih kecil potensi menimbulkan lonjakannya."

Dicky menambahkan, situasi pandemi COVID-19 yang melandai di Indonesia memang patut disyukuri.

"Namun, yang menjadi catatan kita dan harus disadari bersama bahwa situasi ini tidak bisa digeneralisasi karena indikator yang harus kita tuju adalah angka reproduksi dan tes positivity rate yang harus di bawah 1 persen."

Dalam menghadapi mudik yang identik dengan arus perpindahan sebagian besar masyarakat maka kedisiplinan menerapkan protokol kesehatan menjadi hal penting.

Indonesia perlu belajar pada negara-negara yang terlalu cepat menetapkan pembebasan, pelonggaran, atau pencabutan respons dalam aspek deteksi dan proteksi.

"Ini bahaya, contohnya Inggris. Ketika semua dilonggarkan, masyarakat abai, maka yang terjadi adalah dampak buruk pada sektor ekonomi juga terjadi karena penerbangan akhirnya banyak yang batal karena banyak yang terinfeksi dan tidak bisa melaksanakan tugas."

Ini berpengaruh pula pada sektor-sektor pelayanan publik lainnya dan ini tentu merugikan, tambah Dicky.

"Dan inilah yang menjadi contoh pada kita bahwa virus ini tetap bersirkulasi meskipun sudah dideklarasikan bebas. Virus ini tidak berpengaruh terhadap deklarasi itu."


Posko Vaksinasi COVID-19 di Jalur Mudik

Juru Bicara Kementerian Kesehatan RI (Jubir Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi menyebut, posko vaksinasi COVID-19 di jalur mudik Lebaran 2022 mengalokasikan maksimal 1.000 dosis vaksin untuk peserta.

"Alokasi jumlah vaksin COVID-19 tergantung dengan titik posko mudik. Kalau posko-posko besar itu bisa sampai dengan 1.000 dosis, posko kecil sekitar 150-300 dosis," ujar Nadia, mengutup dari Antara, Rabu (13/4/2022).

Menurut dia, posko vaksinasi COVID-19 di jalur mudik masih dalam tahap persiapan bersama Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan TNI-Polri selaku penyelenggara kegiatan dalam menyiapkan tim vaksinator hingga pengelolaan rantai dingin vaksin.

Nadia mengatakan, sejumlah persyaratan penetapan posko vaksinasi telah disiapkan, di antaranya lokasi penyelenggaraan yang tidak berpotensi mengganggu kelancaran lalu lintas mudik.

Mudik kali ini diprediksi meningkat sampai dua kali lipat, sehingga fokus utama adalah memastikan keamanan lalu lintas untuk para pemudik. Selain itu, kata Nadia, memastikan petugas dan pemudik aman dari COVID-19 karena masih dalam pandemi.

"Kami tidak berharap ada antrean atau penumpukan, tentunya kita mengimbau masyarakat segera lakukan vaksinasi sekarang, kalau kita mau mudik nyaman jangan divaksin pada saat mudik," kata Nadia.

Nadia mengatakan, setiap posko vaksinasi akan dilengkapi armada ambulans yang bersiaga untuk menangani peserta yang mengalami Kejadian Ikutan Pasca-Imunisasi (KIPI) dan kejadian lainnya.

"Meski diselenggarakan di lokasi posko, pelaksanaan vaksinasi tetap mengikuti standar prosedur medis, termasuk penyediaan fasilitas observasi peserta selama 15-30 menit untuk melihat reaksi vaksin pada tubuh peserta," papar dia.

Nadia berpesan agar calon pemudik yang sedang mengalami gangguan kesehatan seperti demam, pusing atau nyeri di bagian tertentu agar tidak memaksakan diri melakukan perjalanan.

"Kalau nggak enak badan, merasa pusing kan jadi enggak nyaman mudiknya. Jadi ini kami sampaikan pemberian vaksinasi pada posko vaksinasi sebenarnya adalah sebagai upaya yang terakhir," jelas dia.

Nadia menegaskan, pemerintah sejak awal sudah memberi informasi bahwa vaksinasi sudah bisa dilakukan jauh sebelum mudik dengan harapan supaya mudik menjadi aman dan nyaman.


Persiapan Transportasi Mudik

Kementerian Perhubungan mempersiapkan sejumlah angkutan transportasi untuk melayani mudik Lebaran tahun ini. Sebanyak 85,5 juta penduduk diperkirakan akan mudik melalui berbagai alat transportasi.

"Tahun ini harus diantisipasi ada 85,5 juta orang melakukan mudik melalui berbagai transportasi. Angka ini naik 40 persen justru lebih banyak dibanding pandemi," kata Juru Bicara Menteri Perhubungan Adita Irawati, Jakarta, Senin (18/4/2022).

Adita mengatakan, pihaknya terus memastikan berbagai transportasi siap melayani masyarakat. Tidak hanya itu, penerapan sejumlah syarat kesehatan untuk perjalanan terus dimaksimalkan agar dapat menekan penyebaran Covid-19.

"Kita harus memastikan moda dan transportasinya siap melayani. Di masa pandemi ada dua aspek yang menjadi perhatian, yaitu aspek kesehatan dan keselamatan. Kami terus melakukan pengecekan langsung kepada operator terkait dan memastikan modanya layak beroperasi," katanya.

Sementara itu, Kemenhub juga berupaya memastikan awak transportasi dalam kondisi prima dan sehat saat melayani masyarakat. Sehingga nantinya perjalanan mudik bisa berjalan dengan baik dan selamat.

"Awaknya harus sehat memastikan penumpang diangkut dengan selamat. Kita pastikan ada cadangan alat transportasi jangan sampai masyarakat tak terangkut," kata Adita.

Adita mengimbau masyarakat mengurangi keinginan untuk mudik menggunakan roda dua. Sebab, alat transportasi tersebut cukup berisiko dan kondisi cuaca saat ini juga kurang mendukung bepergian jauh menggunakan roda dua.

"Mudik menggunakan roda dua, kalau bisa dikurangi, belum risiko di perjalanan, belum risiko cuaca saat ini. Kita ada mudik gratis, bisa dimanfaatkan. Dari yang sudah kami lihat di lapangan, operator menyambut ini (mudik) dengan gembira," tandasnya.

Sebelumnya, POLRI menyebut akan menurunkan 166.743 personel ke lapangan untuk melakukan pengamanan dan penjagaan arus mudik Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri 2022.

"166.743 personel Mabes, Polda dan instansi terkait lainnya," kata Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Eddy Djunaedi saat dikonfirmasi, Jakarta, Rabu (13/4/2022).

Personel tersebut nantinya juga akan bertugas untuk memberikan pelayanan terhadap masyarakat melalui posko-posko yang didirikan oleh kepolisian.

"Polri nanti akan mendirikan pos pam (pengamanan) dan pos yan (pelayanan). Di pos yan itulah nanti bersama sama steakholder terkait lainnya ditempatkan ruang untuk vaksin maupun booster," ungkap Eddy.

Sementara itu, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri memprediksi bahwa puncak arus mudik Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran akan berlangsung di tanggal 29 dan 30 April 2022.