Volume 269

Aksi Crazy Rich Surabaya Hebohkan Warga

Crazy Rich Surabaya Tom Liwafa Tebar Sembako, Ada Sepatu dan Sandal Lebaran

Liputan6.com 2022-04-20 14:06:46
Tom Liwafa dan Delta Hesti membagikan 1.500 paket berisi sembako serta sepatu dan sandal untuk warga kurang mampu di Surabaya. (Dian Kurniawan/Liputan6.com).

Pasangan suami istri yang juga pengusaha muda Surabaya, Tom Liwafa dan Delta Hesti membagikan 1.500 paket berisi sembako serta sepatu dan sandal untuk warga kurang mampu di Surabaya pada Selasa 19 April kemarin.

Pembagian ribuan sembako tersebut beberapa kali dilakukan Tom Liwafa beserta istrinya menjelang lebaran, namun kali ini sedikit berbeda karena juga dibagikan sepatu dan sandal bagi masyarakat dalam rangka pembukaan toko Deliwafa di kawasan Kedung Cowek Surabaya.

"Kenapa kita lakukan seperti itu, karena kita merasa bahwa ekonomi ini harus terus bangkit, perekonomian harus tetap jalan akhirnya bagaimanapun kita sekarang juga menyerap tenaga kerja terutama di kota Surabaya," kata Tom, Rabu (20/4/2022).

Salah seorang warga yang menerima paket sembako dan sepatu serta sendal mengaku senang.

"Alhamdulillah sembako bisa dimasak buat menu puasa dan sepatu sandal bisa buat lebaran nanti mas," ujar Khomariah warga Kenjeran Surabaya.

Di masa PPKM Level 1 di Surabaya, Tom Liwafa kembali membuka gerai ketiga Deliwafa setelah Sidoarjo dan Gresik. Deliwafa menjual aneka kebutuhan wanita yang mempunyai kepedulian terhadap berlangsungnya perekonomian UMKM.

Sebab di tokonya tersebut memajang beragam produk hasil produksi pelaku usaha kecil dan mikro, seperti sepatu, sendal, tas, baju dan banyak lainnya.

"Dari UMKM ini kita menyerap banyak sekali penjahit, kita produk-produknya lokal semua. Artinya banyak menyerap tenaga kerja daripada UMKM," ucap Tom.


UMKM

"Ketika kemudian kita ini bisa memperkerjakan orang-orang UMKM, perekonomian naik, customer dari orang Surabaya sendiri dan Jawa Timur maka semuanya nanti akan berangsur memulih perekonomian kita," imbuh Tom.

Berkat kepedulian Tom Liwafa terhadap perkembangan UMKM, bapak tiga anak ini mendapat penghargaan dari Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur.

Selain menjual barang produksi UMKM, Tom Liwafa juga memberikan wadah bagi UMKM untuk promosi melalui acara UMKM Festival Surabaya atau UFS.

Dalam pembukaan gerai Ketiga Deliwafa tersebut juga turut hadir Fujianti Utami Putri. Tak ayal kehadiran adik ipar almarhum Vanessa Angel tersebut membuat suasana menjadi riuh ramai.

INFOGRAFIS: Daftar Bansos 2021, Dari Kartu Sembako Hingga Prakerja (Liputan6.com / Abdillah)

"Usut Tuntas Mafia Minyak Goreng"

Tegas, Jokowi Minta Usut Tuntas Mafia Minyak Goreng

Liputan6.com 2022-04-20 14:00:14
Presiden memberikan keterangan pers usai menyerahkan bansos di Pasar Bangkal, Sumenep, Jatim, Rabu (20/04/2022). (Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta aparat hukum untuk mengusut tuntas para mafia minyak goreng.

Ini dia sampaikan dalam keterangan pers, di Pasar Bangkal Baru, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, melansir laman Setkab, Rabu (20/04/2022).

"Kemarin dari Kejaksaan Agung sudah menetapkan empat tersangka urusan minyak goreng ini dan saya minta diusut tuntas sehingga kita bisa tahu siapa ini yang bermain ini bisa mengerti," ujar dia.

Kendati pemerintah telah menyalurkan BLT Minyak Goreng, Presiden menilai bahwa saat ini minyak goreng masih menjadi masalah di tengah masyarakat.

Jokowi berharap agar harga minyak goreng dapat kembali mendekati harga normal.

"Kita ingin harganya yang lebih mendekati normal. Jadi memang harganya tinggi, karena apa? Harga di luar, harga internasional itu tinggi banget sehingga kecenderungan produsen itu penginnya ekspor karena memang harganya tinggi di luar," ujarnya.

Pemerintah sendiri telah melakukan berbagai upaya untuk mengatasi persoalan minyak goreng ini, antara lain melalui beragam kebijakan seperti penetapan harga eceran tertingi (HET) untuk minyak goreng curah dan subsidi ke produsen.

Namun, Presiden melihat kebijakan tersebut belum berjalan dengan efektif dalam beberapa pekan ini.

"Di pasar, saya lihat minyak curah banyak yang belum sesuai dengan HET yang kita tetapkan. Artinya, memang ada permainan," tegasnya


Instruksi Mendag Usai Dirjennya Ditetapkan Jadi Tersangka atas Kasus Ekspor Minyak Goreng

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi menegaskan, Kementerian Perdagangan (Kemendag) mendukung proses hukum yang dilakukan Kejaksaan Agung terkait dugaan gratifikasi atau suap pemberian izin penerbitan ekspor (PE) minyak goreng.

"Kementerian Perdagangan mendukung proses hukum yang tengah berjalan saat ini. Kementerian Perdagangan juga siap untuk selalu memberikan informasi yang diperlukan dalam proses penegakkan hukum," tegas Lutfi dalaam keterangan tertulis, Rabu (20/4/2022).

Dalam menjalankan fungsinya, Mendag Lutfi selalu menekankan jajarannya agar pelayanan perizinan dilakukan sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan transparan. Untuk itu, Mendag Lutfi mendukung proses hukum jika terbukti terjadi penyalahgunaan wewenang.

"Saya telah menginstruksikan jajaran Kemendag untuk membantu proses penegakkan hukum yang tengah berlangsung karena tindak korupsi dan penyalahgunaan wewenang menimbulkan kerugian negara dan berdampak terhadap perekonomian nasional serta merugikan masyarakat," pungkas Muhammad Lutfi.


DPR Panggil Mendag

Komisi VI DPR RI berencana akan memanggil Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi terkait kasus dugaan tindak pidana korupsi terkait pemberian fasilitas ekspor Crude Palm Oil (CPO) dan turunannya pada bulan Januari 2021 sampai dengan Maret 2022, yang menjerat anak buahnya.

Karena itu, Anggota Komisi VI DPR RI Andre Rosiade akan mengusulkan kepada pimpinan Komisi agar mendapatkan izin dari pimpinan DPR untuk melakukan rapat pada masa reses.

"Kita minta keterangan apa yang terjadi ini kok bisa ditetapkan tersangka, ada paa dengan Kemendag, jadi saya usulkan ke pimpinan Komisi VI DPR agar meminta izin pimpinan DPR agar kita bisa melakukan rapat kerja dengan Menteri Perdagangan untuk meminta klarifikasi dan keterangan mengenai kondisi ditetapkan tersangka Dirjen Perdagangan Luar Negeri," kata dia, Rabu (20/4/2022).

Politikus Gerindra itu mengakui sudah lama mengendus ada hal aneh terkait polemik minyak goreng ini. Pasalnya, bisa langka tapi produksi minyak goreng mengalami surplus hingga 1 miliar liter per tahun.


Dirjen Daglu Kemendag Jadi Tersangka

Sebelumnya, Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan (Dirjen PLN Kemendag) Indrasari Wisnu Wardhana resmi ditetapkan sebagai tersangka oleh Kejaksaan Agung (Kejagung).

Indrasari terjerat kasus mafia minyak goreng, yakni dugaan tindak pidana korupsi terkait pemberian fasilitas ekspor Crude Palm Oil (CPO) dan turunannya pada bulan Januari 2021 sampai dengan Maret 2022.

Selain Indrasari, Kejagung juga menetapkan tiga tersangka lainnya, sehingga total ada empat tersangka yang ditetapkan Kejagung dalam kasus minyak goreng ini.

"Tersangka ditetapkan empat orang. Yang pertama pejabat eselon I pada Kementerian Perdagangan bernama IWW, Direkrut Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan," tutur Jaksa Agung ST Burhanuddin di Kejagung, Jakarta Selatan, Selasa (19/4/2022).

Secara rinci, keempat tersangka adalah Indrashari Wisnu Wardhana selaku Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan, Stanley MA selaku Senior Manager Corporate Affair Permata Hijau Grup, Master Parulian Tumanggor selaku Komisaris Utama PT Wilmar Nabati Indonesia dan, PT selaku General Manager di Bagian General Affair PT Musim Mas.

Menurut Burhanuddin, ketiganya tersangka dari pihak perusahaan telah secara intens berusaha mendekati Indrashari agar mengantongi izin ekspor CPO.

"Padahal perusahaan-perusahaan itu bukanlah perusahaan yang berhak melakukan impor," jelas dia.

Keempat tersangka pun langsung dilakukan penahanan di dua tempat berbeda. Indrashari Wisnu Wardhana dan Master Parulian Tumanggor ditahan di Rutan Salemba Cabang Kejagung, sementara Stanley MA dan PT di Rutan Salemba Cabang Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan.

"Selama 20 hari ke depan terhitung hari ini," Burhanuddin menandaskan.

Kesal Karena Dapat Sindiran

Hotman Paris Gondok Merasa Disindir Otto Hasibuan, Minta Pihak Seberang ke Pasar Inpres Beli Kaca

Liputan6.com 2022-04-20 16:30:00
Hotman Paris (https://www.instagram.com/p/CCr91hLF0sx/)

Selasa (19/4/2022), pengacara sekaligus presenter Hotman Paris menggelar konferensi pers di Jakarta. Ia menanggapi sejumlah pernyataan yang sebelumnya dilontar Otto Hasibuan soal pamer harta. Emosi Hotman memuncak kala mengingat ceramah Otto Hasibuan yang diduga menyindirnya.

"Dalam dua bulan terakhir, dia memberikan ceramah-ceramah yang mendiskreditkan saya. Tidak disebutkan langsung, tapi dia mengatakan, para pengacara mencari harta. Intinya jangan seperti itu yang gayanya begini katanya," kata Hotman Paris.

Yang dimaksud dengan gaya begini, menurutnya, melambai-lambaikan tangan ke kamera sedangkan di jemari tangan bertengger cincin berlian senilai miliaran rupiah. Presenter The Hotman dan Hotroom tak habis pikir dengan ceramah Otto Hasibuan.

"Yang gayanya begini di Indonesia kan cuma saya. Setelah saya bikin postingan hati-hati Anda mengumumkan seolah-olah saya melanggar kode etik, Anda memang tidak sebutkan nama saya tapi seluruh Indonesia tahu ciri-ciri orang yang Anda sebutkan itu saya," akunya.

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Pamer Mobil dan Pesawat

Melansir dari video jumpa pers di kanal YouTube Intens Investigasi, Rabu (20/4/2022), suasana meruncing setelah ia "menguliti" konten di akun Instagram Otto Hasibuan. Masih menurut Hotman Paris, konten akun Instagram pihak seberang tak jauh beda dengannya.

"Ternyata sebagaimana Anda dapat, isi Instagram saya sama dia enggak ada beda. Pamer mobil, pamer pesawat, bahkan duduk di pewasat first class pun dimasukkan sama istrinya. Ya saya sudah ratusan kali naik pesawat, saya tidak pernah pamerkan," urai Hotman Paris.


Berarti Apa Bedanya?

"Berarti apa bedanya? Makanya saya bilang sama Otto: Tolong, tolong, tolong, pergi ke Pasar Inpres beli kaca yang besar. Tolong beli kaca yang cocok, berfotolah dirimu," cetusnya seraya menambahkan, "Kenapa aku terus disindir gitu lo."

Terpisah, awak media meminta tanggapan Otto Hasibuan terkait keluhan Hotman Paris. Kepada awak media, sang pengacara menyebut tak pernah pamer harta di medsos. Hanya sekadar berbagi foto.


Saya Enggak Pernah Pamer

"Saya enggak pernah pamer, saya hanya foto. Karena tergantung Anda ukuran pamer itu apa? Saya kenal Hotman, kan saya tahu dia kayak apa. Kalau itu menyenangkan hatinya yang enggak apa-apa toh. Biasa-biasa saja buat saya," tuturnya.

Melansir dari video klarifikasi yang dipublikasikan di kanal YouTube Intens Investigasi pada hari yang sama, Otto Hasibuan menyebut, "Enggak berubah saya dengan apa pun yang dia katakan. Dia mau ngomong apapun ya biarin saja. Enggak ada masalah."

Korupsi Minyak Goreng: Maling Teriak Maling

Pernyataan Keras Faisal Basri soal Dugaan Korupsi Minyak Goreng: Maling Teriak Maling

Liputan6.com 2022-04-20 14:00:37
Faisal Basri memberikan materi bahaya rokok. (Yopi Makdori/Liputan6.com)

Ekonom senior Faisal Basri menyatakan bahwa pernyataan para pejabat kementerian Perdagangan (kemendag) mengenai adanya mafia minyak goreng di Indonesia layaknya maling teriak maling. Hal tersebut setelah terungkapnya kasus dugaan korupsi minyak goreng yang melibatkan pejabat kemendag.

Kejaksaan Agung mengumumkan kasus dugaan tindak pidana korupsi atas pemberian izin fasilitas ekspor minyak sawit (Crude Palm Oil/CPO) dan turunannya, yang menyeret Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan (Dirjen Daglu Kemendag), Indrasari Wisnu Wardhana.

Faisal Basri mengumpamakan kasus tersebut layaknya maling teriak maling. Pernyataan keras ini disampaikan melalui akun twitternya disertai link tautan pemberitaan media online terkait kasus korupsi pemberian izin ekspor minyak sawit itu.

"Ini namanya maling teriak maling," ujar Faisal dalam akun Twitter pribadinya, @FaisalBasri, dikutip Rabu (20/4/2022).

Diketahui, Kejaksaan Agung (Kejagung) menetapkan empat tersangka dalam kasus ekspor minyak goreng, yakni dugaan tindak pidana korupsi terkait pemberian fasilitas ekspor Crude Palm Oil (CPO) dan turunannya pada bulan Januari 2021 sampai dengan Maret 2022. Salah satunya adalah Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan (Dirjen Daglu Kemendag).

"Tersangka ditetapkan empat orang. Yang pertama pejabat eselon I pada Kementerian Perdagangan bernama IWW, Direkrut Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan," tutur Jaksa Agung ST Burhanuddin di Kejagung, Jakarta Selatan, Selasa (19/4/2022).

Secara rinci, keempat tersangka adalah Indrashari Wisnu Wardhana selaku Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan, Stanley MA selaku Senior Manager Corporate Affair Permata Hijau Grup, Master Parulian Tumanggor selaku Komisaris Utama PT Wilmar Nabati Indonesia dan, PT selaku General Manager di Bagian General Affair PT Musim Mas.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Mafia Minyak Goreng

Sebelumnya, Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi tak main menyebut soal adanya dugaan mafia minyak goreng. Sebab, akibat ulah pada mafia ini, stok minyak goreng di pasaran mengalami kelangkaan.

Mendag Lutfi mengatakan, pihaknya sudah menyerahkan seluruh data dugaan mafia penimbun minyak goreng kepada kepolisian. Saat ini, sudah ada calon tersangka yang akan ditetapkan dalam beberapa waktu ke depan.

"Saya serahkan itu kepada polisi, biar merekalah yang memutuskan bagaimana proses hukumnya. Jadi Pak ketua saya baru dikasih tahu dirjen perdagangan luar negeri hari Senin sudah ada calon tersangkanya," kata dia saat rapat kerja dengan Komisi VI DPR. dikutip Sabtu (19/3/2022).

Mendag menduga mafia-mafia ini berada dibalik kosongnya minyak goreng di pasaran. Karena sebelumnya, Kementerian Perdagangan telah menggelontorkan jutaan liter minyak goreng. Namun, nyatanya dilapangan tidak sampai ke tangan masyarakat.

Berdasarkan data yang dimiliki Kemendag, ada tiga wilayah yang distribusi minyak gorengnya berlimpah, diantaranya Jawa Timur, Sumatera Utara, dan Jakarta. Tapi, minyak goreng malah susah didapatkan. Melihat hal itu, Mendag menilai ada yang tidak beres.


Paparkan Bukti

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi diminta oleh Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Andre Rosiade untuk memaparkan bukti adanya dugaan mafia minyak goreng. Sebab, menurut Andre, pemerintah harus terbuka dalam mengusut mafia minyak goreng.

"Bapak sudah punya dugaan mafia itu siapa tolong bapak sebutkan itu siapa. Kalau tidak, bapak sebutkan proses yang sudah bapak lakukan," katanya dalam rapat kerja di DPR, Jakarta, Kamis (17/3).

Menanggapi hal tersebut, Mendag lutfi mengatakan, pihaknya sudah melakukan sejumlah langkah dalam menangani mafia minyak goreng. Bersama Kepolisian, Kemendag melakukan penyisiran. Dia pun menunjukkan salah satu bukti transaksi mafia minyak goreng.

"Saya tidak mau nyebutin namanya karena ini azaz praduga tidak bersalah, tapi kita sudah temukan dan ini jumlahnya ribuan ton dan ini sekarang pihak polri lewat Kabareskrim sudah mulai ditangkap-tangkap dan diperiksa nih (bukti kwitansi)," jelasnya sambil menunjuk kwitansi bukti transaksi minyak goreng.

Reporter: Sulaeman

Sumber: Merdeka.com

Infografis Ragam Tanggapan Gonjang-Ganjing Minyak Goreng. (Liputan6.com/Abdillah)

Misteri Tangisan di Lembah Kematian Nusakambangan

Misteri Tangisan Menyayat di Lembah Kematian Nusakambangan, Ruh Napi Gentayangan?

Liputan6.com 2022-04-20 04:00:03
Salah satu titik jalan dari Dermaga Sodong menuju Lapas Karanganyar dan lapas lain di Nusakambangan, Cilacap. (LIputan6.com/Muhamad Ridlo)

Lembah Nirbaya populer sebagai salah satu tempat yang digunakan untuk eksekusi mati di Pulau Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah. Tak aneh jika tempat ini lantas dikenal sebagai lembah kematian Nusakambangan.

Konon, sejak zaman kolonial Lembah Nirbaya sudah kerap dijadikan tempat mengeksekusi napi. Hingga zaman modern, lembah ini juga digunakan sebagai lapangan tembak mati.

Beragam kisah misteri berembus dari lembah kematian ini. Dari teriakan minta tolong makhluk tak kasat mata, hingga tangisan misterius nan menyayat.

Saat ini, lembah Nirbaya telah disulap menjadi Lapas Terbuka Nusakambangan. Ada peternakan dan pusat kegiatan positif lain yang dilakukan oleh napi yang hendak mengembangkan diri, sebelum hari pembebasan.

Nirbaya sebenarnya adalah nama penjara warisan kolonial yang ditutup oleh pemerintah Indonesia sejak 1986. Riwayat panjang lapas ini membuat lembah ini bak berselimut misteri.

Kerap terjadi hal misterius di tempat ini. Salah satu yang populer adalah misteri tangisan minta tolong yang kerap didengar oleh napi Lapas Terbuka. Namanya Lapas Terbuka para napi beraktivitas di luar sel, misalnya untuk memberi pakan sapi.

Saksikan Video Pilihan Ini:


Eksekusi Mati dan Lembah Nirbaya Saat Ini

Lembah Kematian di Nusakambangan masih selalu menjadi kandidat lokasi eksekusi mati lantaran tempatnya yang terpencil dan sepi. Trio Bom Bali: Amrozi, Imam Samudara, dan Ali Ghufron kehilangan nyawa di pancang-pancang yang ditancapkan di lembah ini pada 2008.

Setelah itu menyusul dua terpidana mati asal Nigeria yang kemudian dikubur di Lembah Nirbaya. Pada Januari 2015, lembah itu diduga digunakan lagi untuk mengeksekusi lima dari enam gembong narkoba meski Kejagung tak pernah mengonfirmasi hal tersebut.

Namun pada 2017, Lembah Nirbaya telah disulap menjadi Lapas Industri Nirbaya, Nusakambangan. Papan nama berwarna kuning mencolok menegaskan identitas gedung megah yang kira-kira dibangun mulai dua tahun lalu.

Di tempat itu dibangun pusat pembibitan dan penggemukan sapi Bali. Di kastel, terdapat 152 ekor sapi Bali (Bos javanicus) yang diurus oleh 17 anak kandang. Semuanya adalah napi yang tengah menjalani masa asimilasi. Sapi yang sejenis dengan banteng Jawa (Bos javanicus Domecticus) itu gemuk-gemuk dengan kekhasan pantat dan kaki berwarna putih cerah.

Kepala Lapas Terbuka Nusakambangan kala itu, Ahmad Hardi, menuturkan jenis sapi Bali dipilih dengan berbagai pertimbangan, antara lain daya adaptasi tinggi, sesuai dengan iklim Nusakambangan, dan kualitas karkasnya yang bagus.

"Pemilihan sapi Bali ini juga untuk melestarikan jenis sapi yang masih berkerabat dengan jenis sapi Jawa. Jenis sapi Jawa mungkin juga akan kembali diternakkan," kata Hardi.


Penggemukan Sapi

Dalam masa pemeliharaan selama enam bulan ini, kata Hardi, rata-rata bobot sapi jantan di pusat penggemukan sudah bertambah sebanyak 43 kilogram. Saat ini sapi program penggemukan sudah memasuki tahap lelang. Adapun sapi betina program pembibitan saat ini sudah bunting dan tinggal menunggu kelahiran.

"Jadi, rata-rata perkembangan pertumbuhannya rata-rata 43 kilogram per ekor. Lebih kurang sudah enam bulan. Ini sudah memasuki tahap lelang," ujarnya.

Hardi menjelaskan, lapas produktif merupakan kerja sama KemenkumHAM dengan Badan Perencanaan Nasional (Bappenas), Kementerian Pertanian, Kementerian Perhubungan, badan usaha, perbankan, lembaga swadaya masyarakat nasional dan internasional serta Kamar Dagang Indonesia (Kadin).

"Peternakan sapi Nusakambangan di masa depan akan dikembangkan menjadi salah satu penopang kebutuhan daging nasional dengan proyeksi kapasitas ribuan ekor," ujar dia.

Hardi optimistis peternakan ini akan berkembang, terutama mengingat potensi melimpahnya pakan ternak di Nusakambangan.

Meski begitu, tetap saja, Lembah Nirbaya tetap muram di kala malam tiba. Anak-anak kandang tak mungkin mau sendirian tatkala langit berangsur temaram.

Mereka tak mau mendengar tangisan yang menyayat dari makhluk tak kasat mata penghuni lembah kematian ini.

Tim Rembulan

Virzha Akui Terima Uang dari DNA Pro

Akui Terima Uang dari DNA Pro, Virzha Siap Penuhi Panggilan Penyidik Bareskrim Polri

Liputan6.com 2022-04-20 08:00:22
"Kemarin baru disidang (orang tua) gue kapan nikah. Ya udah ditanyain, kalau bisa tahun ini jangan lewat lagi karena target (menikah usia) 25, udah lewat 6 tahun," tutup Virzha. (Instagra

Beberapa selebritis Tanah Air ikut terseret dalam kasus investasi bodong robot trading DNA pro, termasuk penyanyi Virzha. Pemilik nama asli Muhammad Devirzha mengaku telah menerima surat panggilan dari penyidik Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dit Tipideksus) Bareskrim Polri.

Dalam panggilan tersebut Virzha diperiksa sebagai saksi karena pernah ikut bagian dalam acara DNA Pro.

"Dipanggil juga cuma sebagai saksi," ujar Virzha, ditemui di kawasan Kebagusan, Jakarta Selatan, Selasa (19/4/2022).

Tak dipungkiri Virzha, dirinya pernah mendapatkan uang dari DNA Pro. Bukan menjadi brand Ambassador, namun dirinya sempat diundang menjadi pengisi acara untuk menghibur para tamu undangan dalam acara penghargaan khusus pengguna trading DNA Pro.

"Dapat dari bayaran manggung. Kan pernah ngisi acara awarding mereka," jelas Virzha.

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Siap Hadiri Pemeriksaan

Sebagai warga negara yang baik, Virza memastikan diri akan hadir memenuhi panggilan penyidik Bareskrim Polri. Rencanannya pelantun "Aku Lelakimu" menjalani pemeriksaan pad 22 April 2022.

"Siap lah, saya bakal penuhi panggilan," ucap Virzha.


Selebritis dan DNA Pro

Polisi telah menjadwalkan pemeriksaan terhadap beberapa selebritis kenamaan Tanah Air terkait keterlibatannya dalam kasus DNA Pro. Beberapa nama beken seperti Ello, Billy Syahputra, Rizky Billar, Lesti Kejora dan DJ Una akan menjalani pemeriksaan sebagai saksi dalam kasus tersebut.

Selebritis tersebut ada yang menjadi brand ambassador DNA Pro, dan juga mendapatkan uang seperti Rizky Billar dan Lesti kejora. Diketahui co-founder DNA Pro Stevan Richard pernah membawa uang Rp1 miliar dalam sebuah koper, sebagai hadiah atas kelahiran Baby L.


Ivan Gunawan

Sebelumnya, Ivan Gunawan telah menjalani pemeriksaan di Bareskrim Polri pada 14 April 2022. Saat menjalani pemeriksaan, Igun begitu sapaannya, sekaligus mengembalikan uang sebesar Rp 1 miliar, upah pembayarannya sebagai brand ambassador DNA Pro selama tiga bulan.

Infografis Journal Indonesia Sambut Endemi, Lebaran Bisa Mudik Lagi (Liputan6.com/Abdillah)

Cerita Puasa di Tengah Perang Rusia Ukraina

Cerita Puasa Ramadhan 2022 WNI Maysaroh dan Rini di Tengah Perang Rusia Ukraina

Liputan6.com 2022-04-20 13:00:46
WNI Rini Ambarwati (kiri) dan Maysaroh (kanan) hingga kini masih tinggal dan bertahan di Ukraina pasca invasi Rusia (dok: VOA/Pribadi)

Kondisi perang Rusia Ukraina dialami sejumlah warga negara Indonesia (WNI) saat Ramadhan 2022. Walau penuh ketegangan dan kesendirian, warga muslim Indonesia, Maysaroh dan Rini Ambarwati masih bertahan di Ukraina.

Mereka tetap menjalankan ibadah suci puasa Ramadhan di tengah invasi Rusia. Keduanya berharap agar selalu dilindungi dan segera tercapai perdamaian.

Berikut ini cerita kedua WNI tersebut, dikutip dari VOA Indonesia, Rabu (20/4/2022):

Sejak 2017 lalu, Maysaroh asal Indramayu menetap di Ukraina. Ia tinggal bersama suaminya, warga Ukraina dan anaknya yang masih balita di kota Odessa. Tak pernah ia menyangka akan berada di situasi konflik seperti yang terjadi saat ini.

Walau berat, pasca-invasi Rusia, Maysaroh memilih untuk tetap bertahan di Ukraina dan tidak ikut rombongan WNI yang dievakuasi ke. Sesuai dengan peraturan pemerintah, saat ini pria Ukraina berusia 18-60 tahun, termasuk suami Maysaroh, tidak diizinkan ke luar negeri, karena aturan wajib militer.

"Dilema buat saya. Antara pilih pulang, ketemu keluarga, dan ninggalin di sini, suami dan ibu mertua yang udah sepuh, dilema bangetlah. Ada sih sisi cemburu, 'aduh kalau saya ikut evakuasi, saya udah di kampung nih, udah ketemu sanak keluarga nih di kampung'," ujar Maysaroh kepada VOA belum lama ini.

"Tapi ya udahlah konsekuensinya kita tinggal di sini, ya udah harus terima," tambahnya.

Situasi mencekam yang kerap terjadi di luar kota Odessa saat ini selalu membuat Maysaroh merasa ngeri.

Ditambah lagi dua minggu pertama saat baru terjadi invasi Rusia ke Ukraina, Maysaroh sempat syok dan tak berani keluar rumah. Bunyi dentuman yang mengagetkan dan sirine berkali-kali kerap terdengar.

"(Bunyi) bum bum bum, gitu kan dengar nih. Sampai saya sama anak saya juga lihat-lihatan kalau ada (bunyi) bum gitu. Cuman, setelah dua minggu, kita keluar, di jalanan itu aktivitas udah ramai, udah biasa lagi," jelasnya.

Maysaroh beruntung karena hingga saat ini persediaan pangan di pasar dan supermarket tetap tersedia. Namun, ia selalu waspada, khususnya saat berada di luar rumah.

"Dampak dari perang ini ya ngeri-ngeri sedap gitu ya, karena kalau kita jalan tuh ada militer gitu yang berseragam dengan bawa senjata gitu kan. Yang biasanya kita nggak pernah temuin, tapi di perang ini, kita udah biasa temuin," katanya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Ramadhan di Tengah Konflik

Sudah sekitar 11 tahun lamanya Maysaroh tidak merasakan suasana syahdu bulan Ramadhan di Indonesia, karena selalu merantau.

"Jarang sekali saya temukan orang muslim di (Ukraina)," cerita Maysaroh.

Berbeda dengan di Tanah Air, bulan Ramadhan memang hampir selalu ia jalani dengan penuh kesendirian, mengingat mayoritas penduduk Ukraina adalah pemeluk agama Kristen, termasuk keluarga suami Maysaroh yang kerap khawatir melihatnya tidak makan dan minum.

"Aduh, kasihan banget katanya, enggak makan, enggak minum seharian. Eh, bukannya kasihan, malah justru yang dikangeni orang Muslim saya bilang," cerita Maysaroh.

Menjalankan ibadah bulan Ramadhan serba sendiri juga dirasakan oleh warga Indonesia, Rini Ambarwati asal Malang, Jawa Timur. Hingga kini, Rini masih tinggal dan bertahan di Kota Lviv, Ukraina, bersama suaminya yang adalah warga lokal.

Rini yang sudah menetap di Ukraina sejak tahun 2018 mengaku belum pernah bertemu dengan komunitas muslim di Lviv. Tidak hanya berpuasa sendirian, situasi yang menegangkan di Ukraina membuat Ramadhan kali ini terasa lebih berat. Hatinya tidak tenang dan ia merasa seperti 'ada yang mengganjal.'

"Karena untuk saat ini kita masih belum bisa hidup normal. Belum bisa pergi jauh, maksudnya keluar agak lebih jauh (se)dikit dari rumah itu enggak bisa," ujar Rini Ambarwati kepada VOA belum lama ini.

Kota Lviv dan Odessa sama-sama memiliki masjid, namun Rini dan Maysaroh lebih sering beribadah di rumah masing-masing.

Namun, keduanya berencana pergi ke masjid untuk mengikuti hIdul Fitri.


Makanan Halal di Ukraina

Untungnya, di Ukraina Rini dan Maysaroh masih bisa menemukan bahan pangan dan restoran halal. Rini bisa mendapatkan daging halal di supermarket dan makanan halal juga tersedia di banyak restoran di kotanya.

"Di sini karena banyak turis dari Middle East beberapa tahun terakhir ini, dan saya pernah ke sana juga, ya restoran biasa,"" kata Rini.

Supermarket halal yang tak jauh dari rumah Maysaroh menjual beragam rempah, keju, serta berbagai daging halal, seperti ayam, kambing, sapi, kelinci, bebek, dan kalkun.

Namun, Maysaroh mengaku, makanan di Ukraina kurang pas di lidahnya. Ia lebih sering masak makanan rumahan khas Indonesia, termasuk di bulan Ramadhan tahun ini. Terkadang, ia pergi ke supermarket Thailand untuk membeli saus atau bahan pangan yang dapat ia racik sesuai dengan lidah Indonesia.

"Jadi saya berusaha biar enggak terlalu homesick, saya masak apa yang saya bisa ditemukan di sini. Sayur sop, tempe orek, kadang saya kalau bikin tempe kan saya stok tuh tempenya. Jadi kalau kangen bikin tempe goreng, orek tempe, dan suami suka itu," ceritanya.

Yang juga selalu menjadi favorit di antara keluarga dan teman-teman Maysaroh yang berasal Ukraina adalah bakwan goreng, yang selalu ada di setiap acara.

"Bakwan itu udah paling top,go international. Pertama nyobain tuh mereka udah, 'wow' enak banget,' sampai sekarang favorit di (Ukraina)," katanya.

Sebelum terjadi invasi, Rini mengaku masih bersemangat untuk menyiapkan berbagai makanan khas Indonesia seperti rendang atau minuman es campur dan agar-agar untuk berbuka puasa.

Namun, untuk saat ini ia lebih memilih menu yang simpel, mengingat tidak mudah untuk mencari bumbu dan rempah yang biasa dipakai dalam masakan tradisional Indonesia.

"Sambal terasi pakai sayur, tahu, tempet, gitu aja udah nikmat banget kalau di Ukraina ya. Dan itu susah dicari," tambah Rini.


Rindu Kampung Halaman

Rini mengaku sangat rindu menjalankan puasa di Indonesia. Ia masih teringat ketika dibangunkan untuk sahur dan saat menunggu waktu berbuka puasa.

"Karena kalau di (Ukraina) itu nungguin waktu buat berbuka puasa enggak ada rasa-rasa menunggu gitu, enggak ada. Kita cuman dikasih tahu notifikasi lewat HP waktunya berbuka, terus langsung aja makan. Jadi tidak terasa spesial seperti Ramadhan di Indonesia," ujar Rini.

Satu hal yang sangat dirindukan oleh Maysaroh adalah kedua anaknya yang masih tinggal di Indonesia. Mereka kerap menanyakan kabarnya.

"(Saya) ada anak yang usia 12 tahun ya. Nanya terus, Mama kapan pulang?" cerita Maysaroh.

"Ada pertanyaan-pertanyaan yang bikin saya sedih. Rencananya saya mau bawa dia ke sini, kondisinya lagi kayak gini. Sayang, enggak bisa," lanjutnya.

Walau khawatir, keluarga Maysaroh terus berharap agar kondisinya aman dan selamat di Ukraina.

"Mereka, yang penting saya selamat, di sini, aman. Yang penting aman, selamat, dan bisa pulang kapan aja. Semoga dilindungilah dari perang ini, semoga cepat berakhir ya," katanya.

Rini dan Maysaroh juga berharap agar segera tercapai perdamaian.

"Semoga ramadan kali ini bisa membawa berkah dan kedamaian bagi kita semua," pungkas Rini

Infografis Reaksi Global terhadap Serbuan Rusia ke Ukraina. (Liputan6.com/Trieyasni)

Waspada Pinjol Berkedok Koperasi

Hati-Hati, Ada Pinjol Ilegal Berkedok Koperasi Muhammadiyah

Liputan6.com 2022-04-20 11:00:39
Ilustrasi pinjaman online atau pinjol. Unsplash/Benjamin Dada

Modus pinjaman online (pinjol) ilegal berkedok koperasi Muhammadiyah patut diwaspadai masyarakat. Oleh karena itu, Kementerian Koperasi dan UKM meminta kepada aparat penegak hukum untuk segera mengambil tindakan terhadap praktik ilegal yang mengatasnamakan koperasi tersebut.

Diketahui dalam beberapa waktu terakhir ini beredar penawaran pinjaman online melalui akun media sosial dan pesan instan atas nama KSPS Syariah Muhammadiyah. Hal itu menimbulkan keresahan di tengah masyarakat khususnya Persyarikatan Muhammadiyah.

Deputi Bidang Perkoperasian Kementerian Koperasi dan UKM, Ahmad Zabadi, mengatakan bahwa praktik koperasi tersebut ilegal karena tidak menjalankan regulasi perkoperasian serta regulasi internal Persyarikatan Muhammadiyah dengan benar.

"KemenkopUKM meminta aparat penegak hukum agar segera menindak tegas adanya praktik ilegal yang mengatasnamakan koperasi, khususnya KSPS Syariah Muhammadiyah, karena dikhawatirkan dapat merusak citra koperasi dan merusak nama besar Muhammadiyah sebagai sebuah organisasi Islam terbesar di tanah air," kata Zabadi, dalam keterangan resminya, Rabu (20/4/2022).

Zabadi menegaskan koperasi tersebut telah mencatut nama ormas Muhammadiyah untuk kepentingan keuntungan pribadi. Di samping itu, mereka juga berpotensi merugikan citra Muhammadiyah dan pengembangan koperasi syariah yang ada di internal organisasi Muhammadiyah selama ini.

"Apalagi saat ini Persyarikatan sangat konsen dalam mengembangkan pilar ketiga (ekonomi) Muhammadiyah, jangan sampai jelang Muktamar ke-48 di Solo, Jawa Tengah nanti, terciderai dengan adanya praktik koperasi ilegal mengatasnamakan Muhammadiyah ini," kata Zabadi.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Koordinasi

Sebelumnya, Kementerian Koperasi dan UKM telah berkoordinasi dengan Majelis Ekonomi dan Kewirausahaan Pimpinan Pusat Muhammadiyah (MEK-PPM) serta Induk Baitut Tamwil Muhammadiyah (BTM). Melalui koordinasi tersebut, KemenkopUKM menyampaikan perlunya Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) setempat untuk melaporkan praktik ilegal KSPS Syariah Muhammadiyah kepada pihak berwajib di Kediri, Jawa Timur.

Hal ini dikarenakan alamat dari KSPS tersebut berada di Kediri, Jawa Timur. Selain itu, juga Kemenkop UKM berharap setelah menempuh jalur hukum, pihak PDM bersama Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur dapat menginformasikan ke publik melalui jaringan media internal yang dimiliki oleh Persyarikatan.

Zabadi mengatakan Muhammadiyah selama ini adalah mitra strategis pemerintah dalam mengembangkan koperasi syariah dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Melalui koperasi syariah berbasis Baitut Tamwil Muhammadiyah (BTM) pemerintah merasa terbantu dengan hadirnya BTM di berbagai komunitas Persyarikatan di Tanah Air.

Apalagi dengan munculnya Surat Edaran Nomor 004/B/G/2017 dari MEK-PPM, telah mendorong lahirnya Gerakan Microfinance Muhammadiyah (GMM) untuk mengembangkan satu Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM), satu Baitut Tamwil Muhammadiyah (BTM) di seluruh jaringan Persyarikatan.

"Hal ini sangat jelas betapa besarnya komitmen Muhammadiyah dalam gerakan koperasi dan pembangunan perekonomian masyarakat," pungkas Zabadi.


Lagi, SWI OJK Ciduk 105 Pinjol Ilegal dan 20 Investasi Bodong

Sebelumnya, Satgas Waspada Investasi hingga awal Maret 2022 kembali menemukan 105 pinjaman online atau pinjol ilegal serta 20 investigasi bodong yang tidak berizin.

Hingga bulan lalu, Satgas kembali menemukan 105 pinjaman online ilegal yang beroperasi menawarkan pinjaman ke masyarakat. Dari temuan tersebut Satgas melalui Kementerian Kominfo langsung melakukan pemblokiran situs dan aplikasi tersebut.

Mengutip data OJK, Selasa (19/4/2022), sejak 2017 sampai Maret 2022, total telah dilakukan penutupan untuk 3.889 pinjol Ilegal. Satgas Waspada Investasi mendorong penegakan hukum kepada para pelaku pinjaman online ilegal ini dengan terus menerus juga melakukan pemblokiran situs dan aplikasi agar tidak diakses oleh masyarakat.

Selain itu, hingga Maret 2022, Satgas Waspada Investasi kembali menemukan 20 entitas yang melakukan penawaran investasi. Sebanyak 9 entitas diantaranya terciduk melakukan money game.

Kemudian, 3 entitas melakukan kegiatan robot trading tanpa izin, 3 entitas melakukan kegiatan perdagangan asset kripto tanpa izin, dan 5 entitas lain-lain.

Sementara sejak awal 2022 hingga Maret, Satgas Waspada Investasi telah menghentikan sebanyak 19 entitas robot trading tanpa izin dan 634 platform perdagangan berjangka komoditi tanpa izin, termasuk di dalamnya kegiatan binary option.

Penanganan terhadap investasi ilegal dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh anggota Satgas Waspada Investasi dari 12 Kementerian/Lembaga. Satgas Waspada Investasi bukan aparat penegak hukum sehingga tidak dapat melakukan proses hukum.

Selain menghentikan dan mengumumkan kepada masyarakat, Satgas Waspada Investasi juga melakukan pemblokiran terhadap situs/website/aplikasi dan menyampaikan laporan informasi ke Bareskrim Polri.

Infografis Cara Hindari Jeratan Pinjol Ilegal (Liputan6.com/Triyasni)

Hafal Quran Sejak Usia 7 Tahun

Cerita Hafiz Cilik Disabilitas di Banyuwangi, Hafal Quran Sejak Usia 7 Tahun

Liputan6.com 2022-04-20 14:00:00
Hafiz cilik asal Banyuwangi, Ahmad NAdhif. (Liputan6.com/ ist)

Satu lagi talenta hebat muncul dari Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Ahmad Nadhif, sudah hafal Al-Qur'an sejak berusia tujuh tahun lebih dua bulan. Itu pun dihafalkannya dalam rentang waktu tak genap satu tahun.

Tak ayal, hafiz cilik yang kini berusia 8 tahun itu mengikuti ajang lomba tahfidz di salah satu televisi nasional yang tayang Ramadhan ini, kehadirannya memukau banyak kalangan.

Keterbatasan fisik dan gangguan pada suaranya tak menyurutkan bocah asal Desa Tegaldlimo, Banyuwangi itu untuk menghafal dan melantunkan kalam ilahi.

"Adik Nadhif ini menjadi motivasi dan inspirasi bagi kita semua. Bahwa Allah SWT selalu memberikan yang terbaik bagi kita, dalam situasi dan kondisi apapun," ungkap Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani saat bertemu Nadhif pada acara Festival Qur'an, Selasa (19/4/2022).

Kepada bocah kelas 2 Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatus Syibyan Tegaldlimo itu, Ipuk terlihat mengobrol dengan gayeng. Keduanya sangat akrab.

"Bisa dibuka maskernya, Bu?" pinta bocah kelahiran 1 April 2014 itu saat bertemu dengan Bupati Ipuk.

Ipuk yang disiplin mengenakan masker itu pun menuruti. "Pingin tahu wajahnya bunda, ya?" jawab Ipuk. "Oke, karena sudah tak banyak orang, saya buka," imbuhnya yang senantiasa menjaga prokes tersebut.

Nadhif pun sumringah. Rasa penasarannya untuk melihat langsung wajah pemimpin Banyuwangi itu terwujud. "Saya senang bisa di sini," ungkapnya polos.

Kiai Muhammad Thohir, ayahanda Nadhif, yang mendampinginya menceritakan bahwa anaknya tersebut mulai menghafalkan Qur'an sejak berusia 6,5 tahun. Hampir setiap hari bisa menghafalkan beberapa lembar ayat-ayat suci Qur'an.

"Kami menerapkan pola hafalan secara klasikal. Membacanya bersama-sama dan kemudian setoran satu per satu," ungkap ayahnya yang sekaligus sebagai pengasuh Pesantren Tahfidz Sunan Kalijogo, Tegaldlimo itu.


Tips Menghafal Quran

Thohir mengaku cukup memberikan kelonggaran pada putranya tersebut. Nyaris ia tak memaksakannya. Seperti halnya tatkala waktunya bermain, kedua orangtuanya mempersilakan buah hatinya itu untuk bermain.

"Tapi, karena lingkungannya di pondok, banyak teman-teman seusianya yang menghafalkan Al-Qur'an, jadi ya tetap kondusif untuk menghafalnya," ungkap kiai lulusan Pesantren Al-Falah, Ploso, Kediri itu.

Di pesantren yang diasuhnya tersebut, terang Thohir, ada sekitar 50 santri anak-anak yang tinggal untuk menghafal Al-Qur'an. Serta tak kurang dari 150 santri lainnya yang hanya belajar dan menghafal, tapi tinggal di luar pondok.

"Terciptanya lingkungan inilah yang saya kira berpengaruh dalam mempercepat hafalan," ujar Thohir yang mulai merintis pesantren sejak empat tahun silam itu.

Saat ini, di pesantren tahfidz tersebut, tak kurang dari 7 santrinya yang telah hafal 30 juz. Rerata masih duduk di bangku kelas 5 hingga 6 sekolah dasar.

"Pada tahun kemarin, kita mulai merintis boarding school. Sehingga nantinya bisa terintegrasi antara program tahfidz dan pendidikan formalnya," pungkas Thohir.