Volume 270

Pentas Musik dengan Penonton Gaib

Cerita Tantri Kotak Saat Manggung Penontonnya Gaib, Bikin Merinding

Liputan6.com 2022-04-21 18:00:00
"Sebenarnya ini masalah hubungan private aku sama Allah. Jadi biar aku sama Allah saja yang tahu alasannya mengapa," kata Tantri di Studio RCTI, kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Senin

Vokalis Tantri Kotak menceritakan pengalaman mistis saat manggung di daerah Kota Baru, Kalimantan Selatan, bersama band Kotak.

Tantri menceritakan sebelum dirinya manggung sudah mendapat peringatan dari penyelenggara acara bahwa penonton yang akan hadir akan berkurang secara tiba-tiba.

"Ini pertama kalinya gue dan kotak main di Kota Baru, Kalimantan. Pas sampe sana EO bilang, 'Mbak kalian jangan kaget kemarin Ari lasso main di gor, akses pintu cuma satu jangan kaget kalau penonton hilang setengah," ucap Tantri Kotak seperti dilihat dalam video yang diunggah akun Instagram @lambegosiip.

Tantri pun penasaran dan kepikiran dengan ucapan EO tersebut. Hingga saatnya tiba waktu tampil di sekitar pinggir pantai.

"Kita manggung di pinggir pantai untuk akses keluar masuk (penonton) nggak keliatan ya, butuh proses dape rapet banget hilang sebentar," tutur Tantri.


Kaget

Benar saja, ucapan EO terbukti. Betapa kagetnya Tantri saat hanya balik badan sebentar ke arah drummer, tiba-tiba penonton yang tadinya penuh menjadi setengah.

"Pas sudah manggung setelah dikasih itu gue merhatiin penonton. Pas udah setengah lagu, gue balik badan ke arah drum, pas balik ya itu hilang," sambungnya.

Meski berhijab, Tantri juga tak ingin merubah penampilannya saat di atas panggung. Yang berbeda menurutnya, adalah sekarang tidak bisa manggung di sembarang tempat seperti di club atau cafe. (Instagram/tantrisyalindri)


Penonton Hilang

Pemilik nama asli Tantri Syalindri Ichlasari melihat bahwa penonton yang aktif hanya berada di barisan depan saja.

" Sepadet-padetnya penonton ya yang aktif nikmatin musik cuma penonton dari tengah ke depan. Dari tengah ke belakang cuma ngelihatin gitu doang, mempehatikan aja," imbuhnya.

Karena penasaran, artis 32 tahun ini pun bertanya kepada pihak penyelenggara siapa penonton tersebut.

"Pas gue tanya itu siapa ternyata penduduk kota hilang dan di sana memang ada kota hilang," ujarnya.

Tantri Kotak di acara Joox Karaoke Superstar. (Bambang E Ros/Fimela.com)


Merinding

Video ini mengaundang beragam reaksi netizen, tak sedikit yang takut mendengar cerita Tantri.

"Sarajana kota ghoib, kota legenda kalsel," kata akun mel_mei_mei.

"Kayak ari lasso jg pnh gt serem yakkk," kata akun santihuang91.

"Iya mas ari lasso pernah cerita begini juga, serem banget juga ceritanya," kata akun itsmeshas_.

Ingin Jadi Ustaz, Akan Belajar di Mesir

Raffi Ahmad Ingin Menjadi Ustaz, Bakal Mendalami Ilmu Agama di Mesir

Liputan6.com 2022-04-21 02:00:00
Dahsyatnya Award 2019 (Adrian Putra/Fimela.com)

Raffi Ahmad diketahui memiliki kesibukan yang sangat padat. Sampai-sampai, sang buah hati, Rafathar, tak mau mengikuti jejak ayahnya karena kelewat sibuk hingga tak memiliki waktu banyak untuk keluarganya.

Memang, suami Nagita Slavina dikenal pekerja keras sejak kecil. Lantaran ia harus menafkahi keluarganya setelah sang ayah, Munawar Ahmad, meninggal dunia. Duduk di bangku SMP, Raffi sudah mulai bekerja.

Tak hanya sibuk di dunia akting, pemilik nama lengkap Raffi Farid Ahmad ini juga terjun ke panggung musik, dan kini lebih menekuni dunia presenter, yang membawanya menjadi seorang sultan Andara.

Di balik kesibukkannya mencari pundi-pundi rezeki, ayah Rafathar dan Rayyanza ini memiliki cita-cita yang tak banyak diketahui orang. Dan itu akan diwujudkannya nanti.

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Usia 40 Tahun

Raffi Ahmad, menceritakan kepada sahabatnya Irwansyah serta sang istri, Zaskia Sungkar mengenai harapannya di masa depan. Ia memiliki prinsip yang berbeda dari kebanyakan orang, yang baru memulai karier di usia matang yaitu 40 tahun.

"Aku tuh punya target, kalau orang bilang life begin at 40 untuk laki-laki. Tapi kalau aku udah enggak boleh, life happy from 40. Jadi umur 40 tuh udah enggak mau memikirkan terlalu banyak hal yang seperti sekarang," ungkapnya, di kanal YouTube The Sungkars, Selasa (19/4/2022).


Menjadi Ustaz

Dan saat ini, Raffi Ahmad mengakui sudah mulai belajar mendalami agama. Ia beringinan untuk menjadi ustaz bila bisnis yang dikelolanya sudah cukup maju. Sehingga ia bisa fokus untuk akhirat.

"Sebenarnya pengin jadi ustaz," tutur Raffi Ahmad, yang disambut tertawa Irwansyah.

Namun, Zaskia Sungkar justru mengamini cita-cita bagus sang pemilik klub sepak bola Rans Cilegon FC.


Ke Kairo

Tak tanggung-tanggung, untuk bisa mendalami ilmu agama yang benar pria kelahiran Bandung, 17 Februari 1987 ini ingin belajar ke luar negeri bersama seorang ustaz yang dipercaya.

"Kalau perusahaannya udah settle, aku mau sekolah di Kairo, atau di Mesir untuk mendalami ilmu agama. Aku sama Ustaz Hanan Attaki ke sana," Raffi membocorkan niatnya tersebut.


Lebih Tenang

Raffi Ahmad mngakui bahwa di usia 40 tahun nanti dirinya tak masalah tetap bekerja. Namun, ia akan lebih banyak menikmati hidupnya bersama keluarga.

"Menjalani hidup setiap detik itu bersyukur dan menjalani. Target aku kalau diizinkan begitu. Nanti Irwan telepon lagi di Itali nih, lagi di Mekah nih," paparnya.

Infografis 4 Cara Tampil Menawan Saat Foto Pakai Masker Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)

Pilih Adjie Massaid daripada Ayah Ibu

Angelina Sondakh Akui Membangkang Orangtua, Lebih Memilih Adjie Massaid daripada Ayah Ibu

Liputan6.com 2022-04-21 14:30:00
Angelina Sondakh mendekat kepada Tuhan selama di penjara. (Foto: Dok. Instagram @angelinasondakh09)

Angelina Sondakh mengenang momen dijebloskan ke Rutan Pondok Bambu Jakarta akibat kasus korupsi miliaran rupiah. Selama dibui, hanya orangtuanya, yakni Lucky Sondakh dan Sjul Kartina bersama Keanu Massaid yang menjenguk.

Puteri Indonesia 2001 itu kemudian terkenang konflik keluarga di masa lalu, yakni saat menjadi mualaf lalu menikah dengan Adjie Massaid. Mulanya, pernikahan ini tak direstui ayah ibu.

Namun, Angelina Sondakh kala itu pribadi yang ambisius. Kariernya politiknya berkibar. Pada usia 26 tahun, ia menjadi anggota DPR RI fraksi Partai Demokrat yang tengah berkuasa.

"Ambisius, saat karier lagi naik nih, kan. Politik juga mantap, di usia aku ke-26 aku sudah menjadi anggota DPR dua periode dengan posisi yang waktu itu alhamdulillah, pasti orang mencari dari habis salat Subuh sampai tahajud," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Gula Dikerubuti Semut

Melansir dari video wawancara di kanal YouTube Ngobrol Asix, Rabu (20/4/2022), Angelina Sondakh menyebut dirinya saat itu bagai gula yang dikerubuti banyak semut dengan beragam kepentingan.

"Pokoknya sudah kayak gula yang dikerubuti semut. Terus tiba-tiba amblas. Aku menikah dengan menentang orangtua karena aku memang memilih Mas Adjie daripada orangtuaku waktu itu dengan segala risiko yang harus aku hadapi," urai Angelina Sondakh.


Itu Kan Pilihanmu

"Jadi kalau aku ada apa-apa sama Mas Adjie, pasti orangtuaku bilang: La, itu kan pilihanmu. Jadi aku enggak pernah mengeluh tuh," artis kelahiran Australia, 28 Desember 1977 ini menyambung.

Rumah tangga di kehidupan nyata memang tak seindah film dan sinetron. Kala konflik dengan Adjie Massaid tepercik, Angelina Sondakh yang punya dua anak tiri enggan curhat ke ayah ibunya.


Mungkin Aku Lupa Diri

"Namanya kita rumah tangga enggak mungkin tuh semulus seperti yang di dalam film-film dan sinetron. Pasti ada konflik dan itu sering terjadi apalagi aku bekerja, Mas Adjie bekerja," beber Angelina Sondakh seraya mengaku lupa diri.

Saat terpuruk, tak ada yang memberi dukungan intens selain ayah dan ibu. Bahkan, saat ia berhijab, Lucky Sondakh yang mulanya syok menerima keputusan putrinya dengan kasih sayang.

"Masih terlalu banyak mimpi yang mungkin di usiaku ke-32 waktu itu yang lagi matang-matangnya, dengan segala prediksi keberhasilan yang membayangi otakku. Mungkin aku lupa (diri). Aku mengakui," pungkasnya.

Infografis Angelina Sondakh Pilih Rahasiakan Dalang Utama Megakorupsi Hambalang. (Liputan6.com/Abdillah)

Adik Indra Kenz Ditahan

Adik Indra Kenz Ditahan Usai Diperiksa dalam Kasus Binomo

Liputan6.com 2022-04-21 07:50:06
Tersangka Indra Kesuma alias Indra Kenz dihadirkan dalam jumpa pers kasus trading binary option Binomo di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (25/3/2022). Pihak kepolisian menyebut Indra Kenz

Polisi menahan adik Indra Kesuma alias Indra Kenz, Nathania Kesuma usai menjalani pemeriksaan sebagai tersangka kasus dugaan penipuan investasi trading binary option platform Binomo.

"Iya, sudah ditahan," ujar Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Polri Brigjen Whisnu Hermawan saat dikonfirmasi, Kamis (21/4/2022).

Penahanan dilakukan usai Nathania menuntaskan pemeriksaan oleh penyidik Bareskrim Polri sejak pukul 11.30 WIB Rabu 20 April 2022. Dia ditahan di Rutan Bareskrim Polri.

"Penahanan di rutan Bareskrim selama 20 hari ke depan," kata Whisnu.

Dengan demikian, adik Indra Kenz ini menyusul Vanessa Khong, dan ayahnya, Rudiyanto Pei yang juga sebelumnya sudah ditahan di Rutan Bareskrim sejak beberapa hari lalu.

Ketiga tersangka dipersangkakan itu melanggar Pasal 5 dan atau pasal 10 Undang-Undang No. 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang dan pasal 55 ayat 1e KUHP.

Sebagai informasi, Nathania telah ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan penipuan investasi trading binary option platform Binomo. Sebab, dia menerima aliran dana dari Indra Kenz sebesar Rp9,4 miliar. Uang itu digunakan untuk membuka akun Indodax yang nantinya akan dioperasionalkan oleh Indra Kenz.

Selain itu, Nathania juga diketahui menandatangani dokumen rumah yang dibeli Indra Kenz. Rumah itu berada di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Sedangkan khusus peran, Vanessa Khong dan Rudiyanto Pei disebut turut diduga menerima dan membantu menyamarkan aliran dana hasil kejahatan.


Total Tujuh Tersangka

Sedangkan khusus empat tersangka lainnya, Brian Edgar Nababan (Manager Development Binomo) Wiky Mandara Nurhalim (Admin Indra Kenz), hingga Fakar Suhartami Pratama (Guru Trading Indra Kenz).

Mereka disangkakan Pasal 45 ayat (2) jo Pasal 27 ayat 2 dan/atau Pasal 45 A ayat (1) jo Pasal 28 ayat 1 Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, Pasal 3, Pasal 5, serta Pasal 10 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang, Pasal 378 KUHP jo Pasal 55 KUHP.

Atas dasar peran untuk Fakar, dia berperan sebagai guru atau mentor dari Indra Kenz. Selain itu, dia juga afiliator Binomo. Kemudian, Brian berperan sebagai Development Manager Binomo. Dia juga yang merekrut Indra Kenz dan Fakar sebagai afiliator.

Sedangkan, Wiky berperan mengelola grup Telegram berbayar Indra Kenz. Di mana, dalam grup itu Indra Kenz mengajarkan cara trading di Binomo untuk meyakinkam membernya.

Dengan demikian, total tersangka dalam kasus dugaan penipuan investasi trading binary option platform Binomo mencapai tujuh orang.


Vanessa Khong Terima Rp5 Miliar dari Indra Kenz di Kasus Binomo

Polisi mengungkap bahwa kekasih Indra Kesuma alias Indra Kenz, Vanessa Khong (VK) dan ayah dari Vanessa, Rudiyanto Pei (RP) turut menerima aliran dana dalam pusaran kasus dugaan penipuan investasi trading binary option lewat aplikasi Binomo.

"Tersangka VK menerima aliran dana dari tersangka IK sekitar Rp5 miliar," tutur Dirtipideksus Bareskrim Polri Brigjen Whisnu Hermawan saat dikonfirmasi, Selasa (19/4/2022).

Selain itu, lanjut Whisnu, Vanessa juga menerima beberapa barang dari Indra Kenz dengan nilai sekitar Rp349 juta dan dibelikan sebidang tanah di Jalan Sutra Uama Cluster Sutera Narada I, Kelurahan Pakulonan, Kecamatan Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten.

"Senilai Rp7,8 miliar yang diatasnamakan VK," kata Whisnu.

Polisi juga membeberkan adanya aliran dana yang masuk ke ayah Vanessa Khong (VK) terkait kasus dugaan penipuan investasi trading binary option platform Binomo. Nilainya pun sekitar Rp1,5 miliar.

"Tersangka RP menerima aliran dana dari tersangka IK sebesar Rp 1.583.000.000," tutur Dirtipideksus Bareskrim Polri Brigjen Whinsu Hermawan saat dikonfirmasi, Selasa (19/4/2022).

Menurut Whisnu, ayah Vanessa Khong juga dengan sengaja menyamarkan hasil kejahatan Indra Kenz dengan cara memborong jam tangan mewah milik pria yang dikenal dengan sebutan Crazy Rich Medan itu.

"Dalam bentuk membeli jam tersangka IK sebanyak 10 jam dengan harga Rp 8 miliar secara cash, di mana sebelumnya tersangka IK membeli sejumlah jam mewah seharga Rp 24 miliar," kata Whisnu.


Vanessa Khong dan Ayahnya Terancam 5 Tahun Penjara di Kasus Binomo Indra Kenz

Polisi resmi menahan kekasih Indra Kesuma alias Indra Kenz, Vanessa Khong (VK) dan ayah dari Vanessa, Rudiyanto Pei (RP) dalam kasus dugaan penipuan investasi trading binary option platform Binomo. Keduanya pun terancam hukuman lima tahun penjara.

Dirtipideksus Bareskrim Polri Brigjen Whisnu Hermawan menyampaikan, Vanessa dan Rudiyanto disangkakan Pasal 5 dan atau Pasal 10 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) jo Pasal 55 ayat 1 KUHP.

"Ancaman hukumannya 5 tahun penjara dan denda paling banyak Rp1 miliar," tutur Whisnu saat dikonfirmasi, Selasa (19/4/2022).

Whisnu mengungkap, Vanessa dan Rudiyanto turut menerima aliran dana dalam pusaran kasus dugaan penipuan investasi trading binary option lewat aplikasi Binomo.

"Tersangka VK menerima aliran dana dari tersangka IK sekitar Rp5 miliar," jelas dia.

Selain itu, lanjut Whisnu, Vanessa juga menerima beberapa barang dari Indra Kenz dengan nilai sekitar Rp349 juta dan dibelikan sebidang tanah di Jalan Sutra Uama Cluster Sutera Narada I, Kelurahan Pakulonan, Kecamatan Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten.

"Senilai Rp7,8 miliar yang diatasnamakan VK," kata Whisnu.

Sementara tersangka Rudiyanto, disebut menerima aliran dana sekitar Rp1,5 miliar. Dia juga diduga dengan sengaja menyamarkan hasil kejahatan Indra Kenz dengan cara memborong jam tangan mewah milik pria yang dikenal dengan sebutan Crazy Rich Medan itu.

"Dalam bentuk membeli jam tersangka IK sebanyak 10 jam dengan harga Rp8 miliar secara cash, di mana sebelumnya tersangka IK membeli sejumlah jam mewah seharga Rp24 miliar," Whisnu menandaskan.

Reporter: Bachtiarudin Alam

Sumber: Merdeka.com

Infografis Crazy Rich Indra Kenz Terjerat Kasus Binomo. (Liputan6.com/Abdillah)

Bikin Presenter AS Ketagihan Martabak

Agnez Mo Sukses Bikin Presenter Amerika Ketagihan Martabak, Pempek, dan Ceker Setan

Liputan6.com 2022-04-21 11:40:00
Agnez Mo memperkenalkan makanan khas Indonesia saat menjadi bintang tamu di program International Street Food Taste Test. (Sumber: Instagram/Good Mythical Morning)

Agnez Mo belum lama ini menjadi bintang tamu di salah satu konten ternama Amerika Serikat, Good Mythical Morning (GMM). Penyanyi yang sedang mengepakkan sayapnya di industri musik dunia ini terlihat memperkenalkan sejumlah makanan khas Indonesia.

Dalam videonya, Agnez Mo terlihat berinteraksi akrab dengan dua presenternya, Rheet McLaughlin dan Link Neal. Ia pun beraksi dengan wawasan kulinernya, menjelaskan dari daerah mana saja asal sejumlah street food Indonesia yang dibawa ke acara tersebut.

Menariknya, kedua presenter GMM menebak apakah makanan yang ada di depan mereka benar-benar berasal dari Indonesia atau bukan. Agnez Mo diminta untuk menjelaskan entah itu jujur atau bohong. Barulah setelah itu kedua presenter menebak dan Agnez yang memutuskan jawaban mereka salah atau benar.

Di acara ini, Agnez Mo dengan lancarnya menjelaskan seputar street food khas Indonesia yang dibawa ke acara tersebut. Mulai dari ceker setan, pempek, sampai martabak. Meskipun ada dua makanan yang ternyata bukan dari Indonesia.

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Ceker Setan

Pertama, Agnez Mo memperkenalkan ceker setan yang disebutnya berasal dari Malang, Jawa Timur, kampung halaman kekasihnya, Adam Rosyadi.

Di situ, Agnez Mo mengajarkan cara memakan ceker ayam yang sangat pedas itu. Kedua presenter tampak menikmati sensasi pedasnya.

Tebakan pertama, kedua presenter menebak dengan benar makanan tersebut meskipun Agnez sempat mengelabuhi mereka dengan wajah pura-pura polos.


Pempek

Makanan selanjutnya adalah pempek khas Palembang, Sumatera Selatan. Secara lancar, Agnez Mo menjabarkan dari apa saja pempek dibuat. Kedua presenter pun kagum dengan racikan telur dan ikan yang ada di dalam pempek.

"Ini favoritku, ini disebut pempek, fishcake dibuat dari ikan giling dan tapioka," jelas Agnez Mo seperti bisa disimak di kanal YouTube Good Mythical Morning.

Menariknya kedua presenter salah menerka lantaran menebak pempek bukan dari Indoenesia. Setelah itu, Agnez Mo menjelaskan bahwa pempek bisa menjadi makanan penutup maupun makanan utama.


Martabak Manis

Setelah itu, Agnez Mo berbohong soal giant fried squid dari Taiwan yang disebutnya dengan nama "laut bohongan". Barulah ia menjelaskan seputar martabak manis yang dibawa kepadanya.

"Jadi, ini disebut martabak manis. Makanan penutup ini terdiri dari kacang, cokelat, keju di antara adonan pancake. Ini makanan penutup yang bisa kau temukan di mana saja. Ini semacam bagian dari hidup kami di Indonesia. Setiap kota pasti punya yang satu ini, bahkan di restoran," jelas Agnez.

Kali ini, Agnez Mo membuat kedua presenter tepat menjawab bahwa makanan yang berasal dari Bangka tersebut adalah street food Indonesia. Salah satu presenter pun mengatakan bahwa martabak adalah makanan Indonesia yang paling disukainya di acara tersebut.

Infografis Oleh-oleh Makanan khas Indonesia. (Liputan6.com/Triyasni)

Ribut dengan Suami Karena Rambut

Cerita Dian Sastro Pernah Didiamkan Suami Gara-Gara Potong Rambut

Liputan6.com 2022-04-21 09:32:00
Dian Sastrowardoyo. (Foto: instagram.com/therealdisastr)

Siapa bilang Dian Sastro tak pernah bermasalah gara-gara rambut? Aktris pemeran Kartini itu mengaku bahkan pernah didiamkan suami beberapa hari gara-gara potong rambut.

Ia mengungkapkan hal itu terjadi karena suami tak menyukai potongan rambut pendeknya. Indraguna Sutowo, kata Dian, lebih menyukai istrinya tampil dengan rambut panjang. Tak ingin jadi konflik berkepanjangan, Dian berusaha memberikan pengertian pada sang suami.

"Kalau dikomentarin hanya karena rambut, 'emangnya keberhargaan diri aku hanya sepanjang bentukan rambut aku ya? I am not my hair'," ujar Dian dalam jumpa pers virtual 'Rambutku, Mahkotaku' yang diprakarsai Dove pada Rabu, 20 April 2022.

"Kamu tahu apa yang saya bilang kepada suami saya? 'Mas, kalau kamu enggak suka sama rambutnya, enggak usah kayak gini (mendiamkan) sama orangnya dong," ia melanjutkan.

Menurut ibu dua anak itu, suaminya adalah orang baik yang hanya perlu diingatkan tentang pentingnya self-worth. Karena itu, ia tak ingin menunggu orang lain mengajarinya tentang nilai diri. "Itu namanya self-worth. Kita harus ingetin," ujarnya seraya menyebut sang suami tak lagi mengulangi perilaku yang membuatnya tak nyaman itu.

Perkara rambut lain yang sering dihadapinya adalah diejek orang di sekelilingnya. Memiliki rambut lurus dan panjang ternyata tak menjamin ia terbebas dari masalah itu. Biasanya mereka mengomentari potongan rambut yang dianggap membosankan.

"Kayak misalnya aku udah kelamaan enggak potong rambut, terus dikasih komentar 'aduh, out of style banget sih, enggak ada modelnya. Kayak enggak fashionable, jadi kayak mbak-mbak gitu.' Boring banget, gitu," ucap dia.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Tergantung Hormon

Pengalaman itu juga pernah dirasakan teman-temannya yang lain. Padahal, menurut Dian, seseorang semestinya bisa mendefinisikan kecantikan secara mandiri, bukan mengikuti 'standar' yang dirumuskan orang lain. "Mau rambut keriting, panjang, pendek, berwarna, pakai hijab, yang penting dirawat," ujarnya.

Saat menghadapi situasi tersebut, Dian akan meresponsnya bergantung perasaannya saat itu. Bila kepercayaan dirinya sedang maksimal karena hormon kebahagiaannya sedang penuh, ia mengaku tak akan terpengaruh dengan komentar negatif. Tetapi bila perasaannya sedang tak baik, ia membutuhkan waktu memulihkan perasaan itu sedikit lebih lama.

"Supaya pulih lagi bisa menghabiskan enam jam, sehari, bahkan kalau mood-nya lagi jelek banget bisa sampai dua hari," tutur dia.

Sementara, psikolog Indah Sundari berbagi saran untuk mengatasi masalah itu. Ia mengatakan dalam situasi canggung karena lontaran komentar negatif orang terdekat, kita sebaiknya menghindar dari situasi itu.

"Kalau tetap memaksakan diri di situasi itu, tapi emosi sedang enggak netral, itu akan berdampak buruk. Interaksi bisa rusak atau malah mood kita jadi negatif," ujarnya.


Komunikasi Asertif

Menghindar menjadi jalan terbaik untuk menyelesaikan masalah tanpa masalah. Setelah emosi kita lebih stabil, kata Indah, baru bisa menanggapi komentar itu lebih baik.

"Kita bisa bilang, aku suka kok, aku nyaman kayak gini. Jadi, kita yang tunjukkan kalau diri kita nyaman," ujarnya.

Di titik ini, menurut Indah, pentingnya berkomunikasi asertif. Anda bisa mengawali dengan kata 'saya', alih-alih menggunakan kata 'kamu'. "Ketika pakai i statement, fokusnya yang terjadi pada diri kita, kita memasukkan perspektif kita. Tapi you statement, itu kesannya menyudutkan dia. 'Kamu enggak ngerasain sih'. Malah micu argumentasi yang sifatnya konflik," ia menerangkan.

Indah berpendapat 'bullying' atau perisakan bisa terjadi karen faktor budaya kolektif soal standar kecantikan, termasuk gaya rambut. Karena kesadaran koleksi, mereka yang tampil agak berbeda dari standar, seakan-akan menjadi orang lain atau tidak cantik. Di samping, ada kebiasaan mengomentasi atau menilai oleh orang terdekat.

"Karena merasa dekat jadi bebas menilai apapun. 'Kan deket, nggak kesinggung dong'," ujarnya.


Penting Dirawat

Terkait masalah itu pula, Dian bersemangat bisa terlibat dalam kampanye "Rambutku, Mahkotaku" yang mengusung pentingnya keberhargaan diri. Ia menyanyikan lagu bertema rambut yang diaransemen Eka Gustiwana bersama empat sosok perempuan lain.

"Lewat lagu ini kita mau bilang bahwa kamu enggak sendirian. Ada aku dan empat temenku yang tahu rasanya," ucap Dian.

Mengingat rambut adalah salah satu elemen penting dalam penampilannya, Dian mengingatkan pentingnya perawatan rutin. Ia mengaku keramas hampir tiap hari karena ia berolahraga setiap hari. Kesegaran penampilannya tergantung pada tingkat kebersihannya.

"Dalam sehari bisa keramas sampai dua kali. Kalau olahraga dua kali, keramas dua kali," ujarnya.

Ia juga pernah mengalami masalah kerontokan rambut. Hal itu terjadi saat ia bereksperimen dengan mewarnai rambut. Setiap kali keramas, rambutnya banyak yang rontok.

"Aku pakai sampo sampai bener-bener rontoknya berkurang, masih ada sedikit. Dulu segepok, sekarang cuma tinggal beberapa strain. Sangat ngaruh pemilihan sampo dan kondisioner yang tepat," kata dia.

Infografis Tips Perawatan Rambut di Masa Pandemi (Liputan6.com/Abdillah)

Kontroversi Terbaru Jefri Nichol

Deretan Kontroversi Jefri Nichol, Terbaru Diduga Ciuman dengan Lelaki

Liputan6.com 2022-04-21 11:34:08
Jefri Nichol (Deki Prayoga/Fimela.com)

Jefri Nichol kembali menjadi perbincangan publik usai mengunggah sebuah foto di Instagram-nya. Pada potret yang diunggah pada Rabu, 20 April 2022 tersebut terlihat Jefri sedang berciuman.

Aktor 23 tahun itu diduga berciuman dengan seorang lelaki. Dalam unggahan itu, ia tak memberi keterangan apapun. Hal tersebut yang kemudian ramai jadi bahan gunjingan warganet.

Namun, Jefri menyematkan emoji kamera dan menandai akun orang yang mengambil gambar tersebut. Foto tersebut diambil oleh akun @yestianovira.

Sementara itu, Jefri juga menyertakan akun Instagram seorang pria yang diduga dicium olehnya: Rizal Rahmansyah. Unggahan tersebut langsung dihujani beragam komentar dari warganet.

"Lagi ngapain si jep?" tanya seorang warganet penasaran. "Lagi ngapain si jep?" tanya akun yang lain.

"Positif thinking aja. Lagi kasih nafas buatan," komentar pengguna yang lain. "Selalu aneh aneh ajaa," tulis warganet yang lain.

Jefri Nichol merupakan salah satu artis papan atas Tanah Air yang dikenal banyak orang. Di antara karyanya sebagai aktor, tidak jarang ia jadi bahan perbincangan banyak orang karena tersangkut beberapa kasus.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Bandingkan Kondisi Fisik

Salah satunya pada 31 Januari 2020, Jefri Nichol berkicau di akun Twitter-nya. Kala itu, ia dinilai menyinggung dan membandingkan fisik orang.

"Yang ngetweet 'kalau orang jelek ngelakuin ini pasti blablabla. Kalo orang cakep ngelakuin ini pasti blablabla', pasti mukanya memang, mohon maaf... jelek," tulis Jefri Nichol di akun Twitter pribadinya.

Banyak warganet berkomentar negatif di unggahan tersebut. Setelah itu, Jefri bahkan kembali menulis kicauan yang bernada menyinggung. "Sudah jelek, sok tahu, suka comparing... Kasihan kayak enggak punya tujuan hidup," tambahnya.


Tampil Feminin

Masuk dalam deretan kontroversinya, Jefri Nichol kedapatan mengunggah foto dirinya berpenampilan feminin lewat Instagram pribadi.

Dalam unggahan tersebut, Jefri mengenakan long outer pink lembut berbahan satin. Ia juga mengenakan rok pendek selutut berwarna biru. Penampilan feminin tersebut didukung kalung mutiara yang Jefri kenakan.

Diketahui dari keterangan foto tersebut, dress yang membalut tubuh kekar Jefri adalah karya Saroon Atelier. Jefri tak memberikan keterangan apapun dalam unggahan tersebut, selain menandai pemilik label.


Bukan Halangan

Lewat penampilan femininnya, Jefri Nichol bermaksud menyampaikan pesan tertentu. Hal tersebut diungkapnya melalui wawancara seputar dunia fesyen cowok yang diunggah akun Instagram @herbyuss,19 Juni 2021.

Saat ditanya bagaimana pendapatnya tentang cowok yang memakai kutek dan kalung mutiara, Jefri berpendapat bahwa itu bukan suatu halangan. Jefri berpendapat bahwa fesyen harus diperlakukan sesuai standar kenyamanan penggunanya. "Senyamannya. Mau pakai rok kek atau apa, kalau nyaman, ya pakai aja," tutur Jefri.

Ia juga ditanya pesan yang terkandung dalam foto saat ia mengenakan dress. Jefri mengaku bahwa ia nyaman mengenakan pakaian tersebut. "Pesan apa ya. Kalau gue bisa, kalau gue suka pakai apa aja,maksudnya gue nyaman pakai dressitu waktu foto, jadi ya gue pakai," ujar Jefri.

Infografis 4 Cara Tampil Menawan Saat Foto Pakai Masker Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)

"Perceraian adalah Jalan Terbaik"

Ronal Surapradja Sebut Perceraian Jalan Terbaik

Liputan6.com 2022-04-21 15:00:00
Ronal Surapradja bersama istrinya, Seruni Purnamasari, saat liburan di Jepang (dok.Instagaram/@rocknal/https://www.instagram.com/p/CPTMOH6taib/Komarudin)

Rumah tangga Ronal Surapradja dan Seruni Purnamasari sedang tidak baik-baik saja. Pernikahan keduanya yang sudah terjalin selama 14 tahun terancam bubar, setelah anggota geng motor Prediksi ini mengajukan permohonan talak cerai ke Pengadilan Agama Jakarta Selatan.

Pria yang namanya terkenal lewat serial komedi Extravaganza mengaku sudah membulatkan niatnya untuk bercerai dari Seruni Purnamasari. Menurutnya keputusan ini adalah yang terbaik buat masa depannya keduanya.

Namun sayangnya, hingga kini pria 44 tahun itu tak menjelaskan alasan kuat mengapa dirinya ingin bercerai dengan wanita yang telah memberikannya dua orang anak.

"Mungkin ini yang terbaik," kata Ronal Surapradja di Pengadilan Agama Jakarta Selatan, Kamis (21/4/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Minta Didoakan

Tak banyak kata yang diucapkan Ronal Surapradja mengenai perceraiannya. Yang pasti ia minta didoakan agar dirinya dan Seruni Purnamasari sama-sama diberikan jalan terbaik terkait masalah ini.

"Doain saja, karena memang ya saya tidak tahu ini boleh dibuka atau tidak. Tapi saya berharap teman-teman yang menyaksikan mendoakan saja untuk kami," kata Ronal.


Yang Terbaik

Buat Ronal Suraprdja, doa adalah hal yang paling dibutuhkan saat ini di tengah kondisi rumah tangganya yang sedang tidak baik-baik saja. Meski berat namun Ronal kembali menegaskan bahwa ini adalah jalan terbaik buat keduanya.

"Kami butuh itu, kami tidak butuh yang lain. Hanya doa yang terbaik untuk kami," kata Ronal.


Pernikahan

Seperti diketahui Ronal Surapradja menikah dengan Seruni Purnamasari pada 25 Mei 2008. Dari pernikahan tersebut keduanya dikaruniai dua orang anak.

Namun secara mengejutkan Ronal diam-diam menggugat cerai Seruni Purnamasari ke Pengadilan Agama Jakarta Selatan pada 21 Maret 2022 secara e-court.

Dalam gugatannya itu, Ronal murni ingin bercerai dengan Seruni dan tidak membahas perihal harta gana gini dan juga hak asuh anak.

Perceraian di Indonesia 2016 (liputan6.com/trie yas)

Ultah, Ratu Elizabeth Dapat Hadiah Barbie

Ratu Elizabeth II Dapat Hadiah Boneka Barbie Mirip Dirinya pada Ulang Tahun ke-96

Liputan6.com 2022-04-21 18:35:25
Barbie Ratu Elizabeth II. (AFP/Mattel)

Perusahaan pembuat mainan Mattel memberikan kehormatan kepada Ratu Inggris Elizabeth II berupa boneka Barbie yang mirip dengannya. Royal Barbie tersebut menandai peringatan Platinum Jubilee dan 70 tahun tahta Inggrisnya.

Boneka Barbie itu tersedia mulai Kamis 21 April, yang merupakan ulang tahun ke-96 Ratu Elizabeth II. Akan ada serangkaian boneka Ratu Elizabeth II yang merupakan bagian dari Koleksi Tribut Barbie, yang khusus dibuat untuk menghormati tokoh-tokoh terkenal dan sejarah.

Barbie Ratu Elizabeth II akan dihiasi dengan salah satu pakaian paling ikonik kerajaan Inggris: replika tiara Ratu Mary yang dia kenakan selama pernikahannya dengan mendiang Pangeran Philip, serta medali yang terinspirasi oleh Royal Family Orders. Pita merah muda dan biru juga akan menampilkan potret miniatur ayahnya Raja George VI dan kakek George V.

<p>Ratu Elizabeth II jadi figur boneka Barbie. (dok. MATTEL)</p>

Royal Barbie ini akan dibungkus dalam sebuah kotak yang terinspirasi oleh ruang tahta Istana Buckingham, dan juga akan menampilkan logo dan lencana berbentuk lambang untuk memperingati hari jadi Ratu naik takhta.

Ratu ElizabethII yang berusia 96 tahun pada Kamis 21 April, naik tahta setelah kematian ayahnya Raja George VI pada 6 Februari 1952. George VI adalah raja yang paling lama berkuasa dalam sejarah Inggris.

Platinum Jubilee for the Queen --- pemimpin yang paling lama memerintah dalam sejarah Inggris --- akan dimulai pada 2 Juni 2022, dan berlangsung hingga 5 Juni.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Genap Berusia 96 Tahun

Ratu Elizabeth II genap berusia 96 tahun pada hari ini, Kamis (21/4/2022), sama dengan peringatan Hari Kartini di Indonesia. Menyambut hari kelahiran pemimpin monarki Inggris itu, pihak kerajaan meluncurkan foto resminya pada Rabu sore, 20 April 2022.

Foto yang diambil oleh fotografer Henry Dallal itu dirilis oleh Pertunjukan Kuda Windsor Kerajaan. Dikutip dari laman People, potret yang diambil pada bulan lalu itu berlatar Kastil Windsor. Sang ratu berdiri dihimpit oleh dua kuda poni kesayangannya, Bybeck Katie dan Bybeck Nightingale.

Ia mengenakan mantel bergaya jubah berwarna hijau tua. Tangannya memegang tali kekang sepasang poni favoritnya di depan pohon magnolia. Sepanjang hidupnya, Ratu Elizabeth dikenal akan kesukaannya pada kuda. Ia bahkan dihadiahi kuda pertama berjenis poni Shetland saat usianya baru menginjak 4 tahun.

Dia juga dikenal bersemangat di acara pacuan kuda, dengan selalu antusias menyemangati kudanya. Namun, dia dilaporkan belum menaikinya lagi sejak awal September.

"Dia merasa sedikit tidak nyaman," kata seorang sumber kepada The Sun pada bulan Oktober. "Dia suka berkuda, dan itu telah menjadi bagian dari ritualnya hampir sepanjang hidupnya. Dia sangat kecewa karena tidak pergi berkuda sejak awal September."

Kecintaannya pada menunggang kuda diturunkan kepada putrinya, Putri Anne. Ia menjadi anggota kerajaan Inggris pertama yang berkompetisi di Olimpiade, tepatnya Olimpiade Montreal pada 1976. Mengikuti jejaknya, putri Anne, Zara Tindall, berkompetisi di Olimpiade 2012 dan memenangkan medali perak sebagai anggota tim Olimpiade Inggris Raya.


Perayaan di Sandringham

Sementara, Istana Buckhingham menyatakan ulang tahun Ratu Elizabeth II akan dirayakan secara tertutup di Sandringham, sekitar 110 mil di utara London. Dia berangkat dari Kastil Windsor, kediaman resminya setelah kematian Pangeran Philip, ke rumah pedesaan itu sejak Rabu, 20 April 2022.

Sandringham merupakan tempat sang suami, mendiang Pangeran Philip, menghabiskan banyak waktunya setelah mundur sebagai anggota senior kerajaan pada Agustus 2017. Wood Farm yang memiliki lima kamar tidur sengaja direnovasi agar lebih nyaman ditinggali Pangeran Philip, sementara Ratu Elizabeth II lebih banyak beraktivitas di Istana Buckingham untuk melanjutkan tugas kerajaannya.

Sangdringham merupakan properti yang pertama kali dibeli oleh Ratu Victoria dan suaminya, Albert, pada 1862. Tempat itu memiliki pemandangan menawan dari depan dengan taman berlanskap mengagumkan, kata mantan pengawal ratu, Ken Wharfe.

"Dia tidak perlu menjadi seorang bangsawan di sana," ujar mantar pegawai Ratu itu. "Dia bisa menjadi Elizabeth alih-alih menjadi Sang Ratu."

Properti itu juga tempatnya biasa merayakan Natal bersama keluarga kerajaan Inggris. Selain menyenangkan, tempat itu juga meninggalkan kesan mengharukan. Ia bisa tinggal di Sandringham hingga lewat 6 Februari, yakni hari peringatan kematian ayahnya, Raja George VI sekaligus hari ia naik tahta.

Ketika pandemi Covid-19 menyebar ke seluruh dunia pada 2020, Pangeran Philip dan Ratu menghabiskan banyak waktu bersama di Istana Windsor, sebelum kematiannya. Ia juga merayakan Natal di kastil itu saat kasus Covid-19 melonjak.


Pangeran Harry Ingin Ratu Elizabeth II Dilindungi

Di saat hampir bersamaan, Pangeran Harry melontarkan komentar yang mengundang tanya publik soal sang nenek. Ia mengaku ingin Ratu Elizabeth II 'dilindungi'. Komentar itu keluar setelah ia mengunjungi Ratu untuk minum teh di Kastil Windsor bersama Meghan Markle, Kamis pekan lalu.

"Saya hanya ingin memastikan ia dilindungi dan memiliki orang-orang yang tepat di sekelilingnya," ujarnya dalam wawancara program NBC, Today, dikutip dari The New York Times.

Komentarnya yang samar, ke jaringan TV Amerika, menimbulkan keresahan para komentator kerajaan dan tabloid London. Elizabeth, kata mereka, dilindungi dengan baik oleh putra dan pewarisnya dan ayah Harry, Pangeran Charles, dan oleh putra sulungnya, Pangeran William. Implikasi yang jelas adalah bahwa cucunya yang sekarang tinggal di California Selatan, tidak perlu 'mengambil alih' peran itu.

Sang ratu, yang terpapar Covid-19 pada Februari, sangat lemah sejak kematian suaminya, Pangeran Philip, setahun yang lalu. Dia telah membatalkan beberapa pertemuan publik dan bahkan tidak lagi pergi ke acara-acara yang digelar di dekat kediamannya, seperti kebaktian Paskah yang diadakan di kapel St. George di Windsor.

Ratu Elizabeth melakukan sebagian besar tugasnya melalui panggilan video. Ia juga mengungkapkan bahwa kini ia kesulitan berjalan setelah terpapar Covid-19. Kondisinya yang menurun telah menimbulkan pertanyaan tentang seberapa banyak dia akan mengambil bagian dalam empat hari upacara selama Platinum Jubilee, menandai 70 tahun dia di atas takhta.

Infografis Putri Diana (Liputan6.com/Abdillah)

Kriteria Jemaah Haji yang Berangkat Tahun Ini

HEADLINE: Kuota Haji 2022 Indonesia 100.051 Orang, Prioritas Kriteria Jemaah?

Liputan6.com 2022-04-22 00:05:13
Umat Muslim berdoa selama bulan puasa Ramadhan di sekitar Ka'bah, tempat suci umat Islam, di kompleks Masjidil Haram di kota Saudi Mekah (9/4/2022). Pengumuman tersebut diterbitkan melalui su

Setelah dua tahun tertunda, lampu hijau telah diberikan pihak Saudi kepada pemerintah Indonesia, guna memberangkatkan jemaahnya dalam Ibadah Haji 1443H/2022M. Pada tahun ini, Indonesia akan memberangkatkan 100.051 jemaah dan 1.901 petugas.

"Insya Allah (kloter pertama), kita akan berangkatkan pada tanggal 4 Juni 2022," ujar Menag Yaqut Cholil Qoumas dalam saluran YouTube Kementerian Agama, Selasa (19/4/2022).

Lalu pertanyaannya, siapa yang akan diprioritaskan untuk berangkat?

Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Kemenag, Saiful Mujab, menjelaskan, yang menjadi prioritas sebenarnya adalah jemaah haji 2020. Namun, rencana sedikit berubah setelah ada syarat dari Saudi.

"Yang diberangkatkan itu jemaah haji dua tahun lalu, itu menjadi data utama untuk diberangkatkan tentunya bagi yang sudah melunasi, itu prioritas utama. Tapi ternyata, Saudi memberi batas usia yang dikeluarkan untuk jemaah haji. Jadi bukan pemerintah Indonesia yang keluarkan, mereka mensyaratkan haji tahun ini yang berangkat di bawah usia 65 tahun," kata Saeful kepada Liputan6.com, Kamis (21/4/2022).

"Setelah itu kita urut kacang dari prioritas pertama itu, kita keluarkan yang di atas usia 65 tahun, karena yang kita butuhkan 92.825 jemaah karena yang 100.051 orang itu masih gelondondangan kalau dalam rumus UU, 8% untuk haji khusus. Tapi itu sudah diplot 7 ribu sekian jumlahnya," tambah dia.

Kerajaan Arab Saudi memang sudah membuat persyaratan jemaah yang berangkat haji tahun ini. Ada 2 syarat yang ditentukan.

Pertama, usia maksimal 65 tahun dan telah menerima vaksinasi lengkap Covid-19 yang disetujui Kementerian Kesehatan Saudi.

Kedua, jemaah yang berasal dari luar Kerajaan wajib menyerahkan hasil tes PCR negatif Covid-19 yang dilakukan dalam waktu 72 jam sebelum keberangkatan ke Arab Saudi.

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Hilman Latief, mengaku pada awalnya sudah mempersiapkan skenario untuk memprioritaskan jemaah lansia. Namun, kebijakan Arab Saudi menentukan maksimal 65 tahun.

"Saya juga berdiskusi pak Menteri untuk lansia skenarionya seperti apa. Nampaknya, setelah muncul pengumuman, haji tahun ini ditunjukkan bahwa maksimal usia 65 tahun," terang Hilman di situs resmi Kemenag.

Anggota Komisi VIII FPKS, Bukhori Yusuf, mengatakan, prioritas yang berangkat harus sesuai antrean. "Jadi harus urut dan sesuai proporsi berbasis kabupaten/kota," ucapnya kepada Liputan6.com, Kamis (21/4/2022).

Bukhori juga mendorong agar Kemenag bisa memanfaatkan kuota negara lain yang tidak memberangkatkan jamaahnya atau tidak sepenuhnya mengambil kuota. Dengan begini, kuota Indonesia bisa lebih banyak lagi.

Sementara Ketua Komisi VIII DPR RI, Yandri Susanto, mengatakan, jatah kuota Indonesia sebanyak 100.051 adalah keputusan Arab Saudi yang tidak bisa diganggu gugat. Menurutnya, angka ini merupakan yang terbanyak dibandingkan kuota negara lain.

"Ini sudah keputusan Saudi. Kita terbanyak dari seluruh dunia mengirimkan jamaah," ucapnya kepada Liputan6.com, Kamis (21/4/2022).

<p>Infografis Kuota Haji 2022 Indonesia (Liputan6.com/Trie Yas)</p>

Sosialisasi Syarat Berangkat

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Hilman Latief, mengajak Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah dan Penyelenggara Ibadah Haji Khusus untuk ikut mensosialisasikan kebijakan terbaru dari Pemerintah Arab Saudi.

Menurut Hilman, pengumuman dari Saudi menjadi jawaban atas kerinduan jemaah Indonesia untuk bisa melaksanakan ibadah haji. Dia mengajak semua pihak untuk membangun narasi yang memberi semangat kepada jemaah yang nantinya bisa berangkat tahun ini, dan mereka yang masih dalam masa tunggu.

"Bangun narasi untuk menyemangati jemaah kita yang Insya Allah berangkat tahun ini. Kita juga harus menyemangati jemaah yang berangkatnya tahun depan," kata Hilman.

Para pelaku penyelenggaraan ibadah umrah dan haji, lanjut Hilman, agar memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa ada jemaah yang harus siap berangkat dan belum berhak berangkat.

"Mari kita edukasi masyarakat bahwa ada yang harus siap berangkat tahun ini dan juga mungkin harus siap berangkatnya adalah tahun depan," sebutnya.

Hilman juga menyampaikan bahwa Kemenag tengah menyiapkan program "Sapa Jemaah Haji". Program ini bertujuan menyapa jemaah haji yang masuk dalam masa tunggu. Ke depan, bimbingan manasik tidak hanya diberikan kepada jemaah yang akan berangkat saja.

"Kami dari Kemenag sedang merumuskan dan Insya Allah sudah tinggal dicoba bagaimana kita menyapa jemaah haji yang 5 juta itu."

"Bahwa mereka setelah lunas belum pernah dikasih pengajian apapun, karena jemaah yang baru akan berangkat tahun depan atau tahun berjalan yang dapat materi manasik. Saya ingin Kementerian Agama bisa menyapa dengan online, dengan pengajian, dengan macam-macam," jelasnya.

<p>Infografis Syarat Jemaah Berangkat Haji 2022 (Liputan6.com/Trie Yas)</p>


Biaya Haji

Pemerintah bersama DPR telah menetapkan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) yang dibayar jemaah haji tahun ini, rata-rata sebesar Rp39.886.009.

"Biaya perjalanan ibadah haji (Bipih) atau biaya yang dibayar langsung oleh jemaah haji rata-rata per jemaah disepakati sebesar Rp39.886.009. Ini meliputi biaya penerbangan, sebagian biaya akomodasi di Mekkah dan Madinah, biaya hidup (living cost), dan biaya visa," ungkap Menag Yaqut Cholil Qoumas di situs resmi Kemenag.

Ia menjelaskan, Bipih merupakan salah satu komponen dari Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH). Komponen lain dari BPIH adalah biaya protokol kesehatan. Tahun ini disepakati biayanya senilai Rp808.618,80 per jemaah. Komponen ketiga dari BPIH adalah biaya yang bersumber dari nilai manfaat keuangan haji yang disepakati sebesar Rp41.053.216,24 per jemaah. Jadi total BPIH tahun ini disepakati sebesar Rp81.747.844,04 per jemaah.

Pada tahun 2020, Pemerintah dan DPR menyepakati rata-rata Bipih senilai Rp35,2 juta. Artinya, ada selisih dengan penetapan Bipih 2022. Meski demikian, selisih itu tidak dibebankan kepada jemaah haji lunas tunda tahun 1441 H/2020 M. Penambahan biaya akan dibebankan kepada alokasi Virtual Account.

"Jadi bagi calon jemaah haji tunda berangkat yang telah melunasi pada tahun 2020, tidak akan diminta menambah pelunasan. Karena ini dapat ditanggulangi dengan alokasi Virtual Account," kata Menag.

Menag menyampaikan, semua pembahasan BPIH yang dilakukan Pemerintah dengan DPR menggunakan asumsi kuota 50%. "Asumsi kuota haji Indonesia tahun 1443 H/2022 M yang dijadikan dasar pembahasan BPIH adalah sebanyak 110.500 jemaah atau sebanyak 50% dari kuota haji tahun 2019," tutur Menag menjelaskan.

"Ini terdiri dari kuota untuk jemaah haji reguler sebanyak 101.660 dan haji khusus sebanyak 8.840 orang," sambungnya.

Menag menegaskan, meskipun kuota yang digunakan merupakan angka asumsi, tetapi ini sekaligus menjadi target pemerintah. Ia mengungkapkan hingga hari ini Pemerintah RI terus berkoordinasi dengan Pemerintah Arab Saudi.

"Pemerintah optimis, pada musim haji tahun ini kita bisa memberangkatkan jemaah meskipun belum dalam jumlah normal, tapi optimal. Dan kita bisa memberikan pelayanan terbaik," tegas Menag.

Sekjen Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (Amphuri), Budi Firmansyah, mengatakan, meski biaya haji naik, namun Indonesia masih memiliki biaya haji yang tergolong murah jika dibandingkan negara-negara lain.

"Rasionalnya harganya tidak seperti itu. Jadi ini salah satu dari pihak pemerintah memberikan (subsidi) kepada para jemaah, salah satu niat baik," kata Budi kepada Liputan6.com, Kamis (21/4/2022).

Ia menjelaskan, pada dasarnya biaya haji reguler sejak dulu sudah disubsidi pemerintah. Dan sisi positifnya tahun ini, calon jemaah haji yang telah melunasi pada tahun 2020, tidak akan diminta menambah lagi pelunasannya.

"Cuma dari sisi lain, juga Haji Khusus. Haji Khusus ini manfaatnya dirasakan oleh masyarakat, juga harus ada feedbacknya. Bukan Haji Reguler saja, apalagi Haji Khusus setornya lebih mahal," ucap dia.

<p>Infografis Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji 2022 per Jemaah (Liputan6.com/Trie Yas)</p>