Volume 271

Batal Dipenjara 1 Tahun

Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie Sukses Ajukan Banding, Vonis 1 Tahun Penjara Dibatalkan

Liputan6.com 2022-04-21 20:30:00
(Instagram/ramadhaniabakrie)

Nia Ramadhani dan sang suami, Ardi Bakrie, kini sudah dinyatakan bebas setelah keduanya sempat menjalani rehabiliasi selama delapan bulan akibat penyalahgunaan narkoba.

Pasangan selebriti dan pengusaha ini telah merampungkan masa rehabilitasi narkoba yang bertempat di Fan Campus, Cisarua, Jawa Barat. Awalnya, mereka divonis satu tahun penjara namun mengajukan banding.

Kebebasan Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie sudah disampaikan kepada keduanya sejak Maret 2022 setelah keduanya mengajukan banding ke Mahkamah Agung. Dari pernyataan pengacara, rupanya banding mereka diterima dan vonis setahun penjara dibatalkan.

"Ya sudah pulang sudah istirahat di suatu tempat," ujar pengacara Nia dan Ardi, Wa One Nur Zainab, kepada wartawan di Polres Metro Jakarta Selatan, Kamis (21/4/2022), melansir kanal YouTube Seleb Oncam News.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Sudah Selesai

Selain itu, mengintip putusan3.mahkamahagung.go.id, terdapat putusan banding dari pasangan tersebut yang telah ditetapkan pada tanggal 29 Maret 2022 dengan nomor: 34/PID.SUS/2022/PT DKI.

Dalam amar putusan yang tertera, Pengadilan Tinggi DKI Jakarta menerima permintaan banding dari penasihat hukum para terdakwa dan penuntut umum.

Terdapat juga 'perubahan putusan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat tanggal 11 Januari 2011 Nomor 770/Pid.Sus/PN Jkt Pst sekedar mengenai amar putusan pada angka 2.'

Sehingga, amar selengkapnya berbunyi sebagai berikut:

"Menyatakan terdakwa I Zen Vivanto, terdakwa II Ramadhania Ardiansyah Bakrie, Terdakwa III, Anindra Ardiansyah Bakrie telat terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana penyalahguna narkotika Golongan I bagi diri sendiri yang dilakukan secara bersama-sama."

"Memerintahkan para terdakwa menjalani pengobatan dan/atau perawatan melalui rehabilitasi medis dan sosial di Lembaga Rehabilitasi Fan Campus Cisarua, Kabupaten Bogor masing-masing selama 8 bulan yang diperhitungkan seluruhnya dengan masa rehabilitasi yang sudah dijalani para terdakwa."


Ungkapan Pengacara

Mambahas hal tersebut, Wa Ode Nur Zainab mengungkapkan kelegaannya atas bebasnya dua kliennya tersebut.

"Jadi di website Mahkamah Agung sebenarnya sudah muncul bahwa perkara Bu Nia, Pak Ardi, Pak Zen Vivanto (sopir) ditingkat banding sudah putus di 29 Maret 2022," ujar Wa Ode dalam kesempatan yang sama.

"Putusannya bahwa beliau-beliau ini menjalani rehabilitasi selama delapan bulan di Fan Campus," terang Wa One Nur Zainab.

"Karena putusannya di tanggal 29 Maret 2022. Artinya mereka sudah lewat dong dari 8 bulan menjalani rehab. Jadi sudah selesai," sambungnya.


Penangkapan

Diketahui sebelumnya, Nia Ramadhani ditangkap di kediamannya di kawasan Pondok Indah Jakarta Selatan pada 7 Juli 2022. Penangkapan tersebut merupakan pengembangan dari penangkapan sopir mereka, Zen Vivanto.

Dari kasus tersebut, ketiganya divonis hukuman 1 tahun penjara oleh Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Tak terima dengan putusan tersebut mereka mengajukan banding ke Mahkamah Agung dan akhirnya diputuskan menjalani rehabilitasi selama 8 bulan.

Infografis Artis Tersandung Kasus Penyalahgunaan Narkoba (Liputan6.com/Abdillah)

Duitnya Tak Laku di Penjara

Duit Angelina Sondakh Tak Laku di Penjara, Harus Bersihkan Got Agar Bisa Telepon Anak

Liputan6.com 2022-04-22 15:00:12
Angelina Sondakh

Angelina Sondakh berbagi cerita sengsaranya mendekam di penjara akibat kasus mega-korupsi Hambalang. Ibunda Keanu Massaid itu menyebut, masih punya banyak uang di fase awal masuk rutan.

Menteri Hukum dan HAM yang baru kemudian menetapkan kebijakan baru yang disebut Angelina Sondakh sebagai well treatment di mana keadilan benar-benar diterapkan bagi para penghuni lapas.

"Jadi enggak ada nih: Oh, lo tahanan koruptor. Yang dilihat adalah, kalau lo kerja, ya gue bisa kasih lo fasilitas. Fasilitas dalam artian ya sudah, tapi lo kasih kontribusi dulu. Duit lo enggak laku di sini. Ya sudah oke," katanya.

Duit napi tak bisa membeli kenyamanan dan privilese di penjara. Sebagai ganti uang adalah kerja keras dan kreativitas. Ini disampaikannya dalam video wawancara di kanal YouTube Ngobrol Asix, Rabu (20/4/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Naik Tangga Demi Anak

"(Aku ditanya) enggak takut panas kan Mbak Angie? Enggaklah. Karena itu aku berpikir itu adalah harga yang harus aku bayar. Jadi ketika aku bisa naik sampai tangga 9 meter, 12 meter," kenang Angelina Sondakh.

Naik tangga dan bersih-bersih lapas dilakukannya agar bisa menelepon anak di luar jam wartel. Yang dimaksud jam wartel adalah pukul 14 hingga 17. Di jam itu, napi mengantre demi bisa menelepon keluarga. Durasi telepon pun dibatasi, 5 menit saja.


Cuma 5 Menit

"Di sana, jam 5 itu kan sudah tutup keong. Dari jam setengah 2 sampai jam 5 itu pasti antre tuh orang. Kita punya waktu cuma 5 menit buat video call," Puteri Indonesia 2011 itu membeberkan.

Dengan melakukan beragam pekerjaan kasar di lapas, Angelina Sondakh bisa mendapat fasilitas tambahan. Tidak mewah namun lebih dari cukup untuk ukuran narapidana kasus korupsi.


Pekerjaan Kasar

"Kalau aku melakukan pekerjaan-pekerjaan kasar bersihin got, terus aku bersihin septic tank, nyapu dan aku nyapunya ngesot kalau di lapas atau blok. Nah, anak-anak sudah tahu makanya aku galak di sana kan," urai Angelina Sondakh.

"Kalau kita yang kerja untuk pembersihan lapas itu bisa masuk sampai jam setengah 6 atau jam 6. Wartel sepi dong, aku bisa telepon sama Keanu lama. Aku kerja dari pagi sampai sore supaya aku bisa bertelepon sekitar setengah jam dengan Keanu," tutupnya.

Menurunkan gengsi dan ego, Angelina Sondakh rela bekerja layaknya babu agar komunikasi dengan buah hati lebih leluasa. Kini, ia menarik napas lega bisa melewati masa-masa sukar.

Infografis Angelina Sondakh Pilih Rahasiakan Dalang Utama Megakorupsi Hambalang. (Liputan6.com/Abdillah)

Ngamuk di Dalam Pesawat

Mike Tyson Meninju Seorang Pria di Dalam Pesawat, Dilaporkan tapi Tetap Santai

Liputan6.com 2022-04-22 14:47:26
Petinju kelas berat Mike Tyson menunggu untuk menimbang berat badan di Blackburn Center, Howard Univeristy, Washington DC (09/06/2005). (AFP PHOTO/Jim WATSON)

Mike Tyson tertangkap kamera memukul seorang penumpang di dalam pesawat sebelum lepas landas di Bandara Fransisco. Hal itu lantaran petinju satu ini kehilangan ketenangannya di dalam pesawat, Rabu (20/4/2022).

Dilansir TMZ, Kamis (21/4/2022), pemilik nama lengkap Michael Gerard Tyson ini berulang kali meninju seorang pria yang membuatnya kesal. Padahal sebelumnya, Mike Tyson yang ditemani seorang saksi, awalnya cuek dengan mereka dan penumpang lainnya.

Namun, pria yang mendapat julukan Iron Mike ini kesal dengan pria yang duduk di belakangnya yang berbicara di telinganya. Mike lalu menyuruhnya untuk tenang.

Pria tersebut tidak melakukan seperti yang disuruh Mike Tyson dan membuat si Leher Beton melemparkan beberapa pukulan ke wajah pria itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Berdarah

Dalam video itu terlihat pria yang kena bogem mentah Mike Tyson, hingga berdarah di dahinya. Saksi menjelaskan Mike turun dari pesawat hanya beberapa detik kemudian.

Penumpang yang terkena pukul pun menerima perawatan medis dan pergi ke polisi untuk melaporkan insiden itu.


Ditangani

Departemen Kepolisian San Fransisco telah menanggapi tempat kejadian. Dan sudah menahan dua orang yang terlibat dalam insiden tersebut.

Polisi menambahkan bahwa setelah salah satu orang dirawat karena cedera yang tidak mengancam jiwa itu memberikan rincian minimal tentang insiden yang terjadi. Tetapi ia menolak untuk bekerja sama lebih lanjut dengan penyelidikan polisi.


Bahagia

Usai meninju penumpang lain, Mike Tyson terlihat lebih bahagia. Itu terlihat saat seorang penggemar berfoto selfie dengannya. Kehadirannya di Miami untuk menghadiri konferensi ganja.

Tak hanya itu, selama berada di luar lobi, Mike juga tak segan untuk menyapa orang-orang yang ada di sana.

Pria kelahiran New York City, 30 Juni 1966 ini tak terlihat khawatir usai terjadinya insiden pemukulan di dalam pesawat. Ia mencoba pergi ke Miami dengan penerbangan JetBlue di San Fransisco.

Infografis Mike Tyson vs Roy Jones Jr (Abdillah)

"Bagaikan Nabi Muhammad dan Siti Khadijah"

Beda 15 Tahun dengan Pacar, Wulan Guritno: Bagaikan Nabi Muhammad dan Siti Khadijah

Liputan6.com 2022-04-22 14:20:00
Wulan Guritno perkenalkan kekasihnya ke para sahabat. (Sumber: YouTuber/The Hermansyah A6)

Baru-baru ini, sejumlah artis seperti Wulan Guritno, Ririn Ekawati, Paula Verhoeven, Titi Kamal, Ashanty, Tya Ariestya, Olla Ramlan dan Nagita Slavina berbuka puasa bersama di sebuah tempat privat.

Saat sedang asyik berbincang-bincang, datanglah kekasih Wulan Guritno, Sabda Aheesa. Hubungan keduanya memang tengah jadi perbincangan hangat karena perbedaan usia yang sangat jauh.

Acara buka bersama itu pun seketika berubah menjadi acara konferensi pers. Teman-teman selebritas antusias bertanya kepada Wulan perihal hubungannya dengan sang berondong.

Salah satu yang paling kepo adalah Ayu Dewi. Dia penasaran, berapa perbedaan usia Wulan Guritno dengan Sabda Aheesa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Perbedaan Usia

Tampak malu-malu, mantan istri Aldilla Dimitri itu pun mengungkap perbedaan usia antara dirinya dengan kekasih. "Bagaikan Nabi Muhammad dan Siti Khadijah. Lima belas tahun," kata ibunda Shaloom Razade ini diiringi dengan tawa bahagia.


Sefrekuensi?

Tak puas dengan jawaban Wulan, Ayu Dewi kembali bertanya, apakah obrolan di antara keduanya sefrekuensi? Wulan dan Sabda diketahui sudah menjalin hubungan selama empat bulan.

"Nyambung karena dia old soul ya say," kata Wulan Guritno. Momen ini direkam dan diunggah ke YouTube Ayu Dewi.

Gantian Titi Kamal yang bertanya pada Sabda. Apa yang membuatnya tertarik dan mencintai Wulan Guritno? Jawabannya pun memicu kehebohan. "She's hot," kata dia malu-malu.


Go Public

Sementara itu, hubungan mereka mulai jadi sorotan usai foto keduanya berpelukan saat menghadiri acara ulang tahun mantan suami Wulan Guritno. Kini keduanya kembali membagikan momen mesra di Instagram masing-masing.

Aktris kelahiran 1981 itu memberikan kejutan untuk sang kekasih yang sedang berulang tahun. Momen ini pertama kalinya Wulan Guritno secara terang-terangan menunjukkan kemesraan ke publik. Keduanya pun mesra berdansa bersama selama acara.

Pasrah Berperan Jadi Gadis Bodoh

Amanda Manopo Merasa Karakternya di Ikatan Cinta Dibuat Tidak Cerdas, Hanya Bisa Pasrah

Liputan6.com 2022-04-22 11:30:00
Amanda Manopo. (Foto: Instagram @amandamanopo)

Sinetron Ikatan Cinta yang sudah 1 tahun 6 bulan mengudara kembali menjadi sorotan. Sudah hampir sepekan sosok Arya Saloka yang menjadi pemeran utama pria tidak muncul. Berbagai spekulasi, mulai dari cuti lantaran syuting film hingga hengkang untuk seterusnya, beredar di media sosial. Tak hanya itu, beredar cuplikan video Amanda Manopo yang mengeluhkan pengembangan karakter Andin yang diperankannya.

Ikatan Cinta berhasil memuncaki rating selama 1,5 tahun terakhir. Meski demikian, sinetron ini tak lepas dari kritikan pedas. Sudah beberapa kali penonton sinetron ini menyuarakan unek-unek hingga menjadi trending topic Indonesia di platform microblogging Twitter. Uniknya, pemain utamanya sendiri beberapa kali mengeluhkan jalan cerita lewat media sosial.

Lewat Instagram Stories, Arya Saloka awal pekan ini sempat mengunggah keluhan warganet soal alur cerita berlatar hukum yang dianggap lemah. Sebelumnya, Amanda Manopo tercatat tiga kali mengeluhkan pengembangan konflik Ikatan Cinta. Mulai dari penyelesaian yang diulur-ulur hingga konflik baby blues yang membuatnya stres.

Kamis (21/04/2022), beberapa akun gosip di Instagram mengunggah potongan video Amanda yang mengaku jengah saat membaca naskah Ikatan Cinta. Ia juga terlihat kecewa dengan pengembangan karakter Andin yang diperankannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Saya Kesal

Dalam potongan video yang diunggah akun gosip di Instagram, Amanda mengakui dirinya kesal dengan jalan cerita Ikatan Cinta. Ia cenderung menyalahkan penulis skenario.

"Saya pun juga kesal. Terkadang penulis, kita walau sudah berakting, kita ngikutin penulis juga kan. Pas gue baca.. (menghela napas) ngeselin penulisnya. Kok bisa-bisanya si Elsa," ujar Amanda dalam video ber-watermark Intens Investigasi yang diunggah akun Instagram @tante_rempong_officiall.


Dibikin Oon

Pada kesempatan itu, wanita kelahiran 6 Desember 1999 juga menyayangkan pengembangan karakter yang diperankannya. Amanda merasa, karakter Andin dibuat tidak cerdas.

"Abis gitu, kok (karakter) gue dibikin oon," keluh Amanda dengan wajah kecewa. Meski demikian, Amanda hanya bisa pasrah. Sebagai pemain, mantan pacar Chris Laurent hanya bisa mengikuti skenario yang tersedia. "Mau enggak mau kita harus ngikutin (naskah), kan," katanya.


Pemain Baru

Selain jalan cerita, Ikatan Cinta juga kembali menjadi perbincangan terkait munculnya pemain baru. Sudah sepekan lebih Ammar Zoni memperkuat sinetron yang tayang setiap malam ini. Tak sedikit yang menduga kehadiran Ammar untuk menggeser Arya Saloka.

Namun, sejauh ini pihak rumah produksi, stasiun TV hingga Arya sendiri tak pernah memberikan komentar. Sampai tayangan Kamis (21/04/2022), wajah Arya masih muncul dalam bumper dan materi promosi Ikatan Cinta.

Infografis Pakai Masker Boleh Gaya, Biar Covid-19 Mati Gaya (Liputan6.com/Triyasni)

Sembuh dari Kanker Paru Stadium 4

Kiki Fatmala Ungkap Sembuh dari Kanker Paru Stadium 4, Ini 4 Faktanya

Liputan6.com 2022-04-22 14:05:12
Kiki Fatmala (Sumber: Instagram/qq_fatmala)

Nama Kiki Fatmala munmgkin sudah tak asing bagi sebagian masyarakat Indonesia. Mengawali karier sebagai pemain film, Kiki Fatmala sendiri telah aktif sebagai seorang aktris sejak 1988.

Berbabagi judul film serta sinetron pun telah ia bintangi. Namun, dalam beberapa tahun terakhir Kiki Fatmala sendiri terlihat jarang muncul di layar kaca. Rupanya, wanita kelahiran 26 Oktober 1969 ini tengah berjuang melawan penyakit kanker paru-paru yang tengah diidapnya.

Kabar mengejutkan ini pun diketahui dari unggahan di akun Instagram pribadinya @qq_fatmala. Dalam unggahan video pada Kamis (21/4/2022), ia juga menceritakan mengenai awal dirinya mengetahui jika mengidap kanker paru-paru. Kiki Fatmala pun baru mengetahui jika dirinya mengidap kanker paru stadium 4 pada 19 November 2021 lalu.

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, berikut ini beberapa fakta serta kisah Kiki Fatmala yang berjuang mengatasi kanker paru stadium 4, Jumat (22/4/2022).


1. Awal diagnosis kanker paru-paru stadium 4.

Melalui unggahan video di akun Instagram pribadinya, pemain Comic 8 ini menceritakan mengenai pengalamannya saat pertama kali didiagnosis mengidap kanker paru-paru stadium 4. Dirinya juga menyebutkan saat mengetahui penyakit yang diidapnya, ia merasa jika hidupnya begitu berubah.

"19 November 2021 hari dimana semuanya berubah. Itu adalah hari di mana saya didiagnosis menderita Kanker Paru-Paru Stadium IV. Saya menyadari bahwa tidak ada yang akan pernah sama dan bahwa Hidup Terbagi menjadi 2 bagian : Sebelum dan Setelah ini" tulisnya.


2. Jalani pengobatan di Singapura

Usai didiagnosis mengidap kanker paru-paru stadium 4, Kiki Fatmala pun mengusahakan berbagai pengobatan termasuk menjalani kemotrapi. Ia pun diketahui menjalani rangkaian pengobatan di sebuah rumah sakit di Singapura.

Bukan hanya mengusahakan berbagai pengobatan saja, namun Kiki Fatmala dan sang suami juga tak lepas untuk terus berdoa kepada Tuhan. Dirinya pun percaya jika tak ada yang tak bisa dilakukan oleh Tuhan pada hambanya.

"Kami telah Diberkati oleh Semua Dukungan & Doa. Bagi Tuhan Tidak ada Yang Mustahil." tulis Kiki Fatmala di akun Instagram pribadinya.


3. 5 bulan usai didiagnosis baru umumkan pada publik.

Meski telah didiagnosis mengidap kanker paru-paru stadium 4 pada November 2021 lalu, namun Kiki Fatmala memutuskan baru mengumumkan mengenai penyakit ganas yang diidapnya pada publik pada Kamis (21/4/2022) kemarin. Tak hanya itu saja, ia juga memgunggah kolase foto-foto saat menjalani rangkaian pengobatan termasuk kemoterapi dalam sebuah video.

Selama 5 bulan terakhir, Kiki Fatmala dengan gigih berjuang menjalani rangkaian perawatan termasuk biopsi, SABR (Sterotactic Ablative Body Radiotherapy) guna menghentikan penyebaran dan pertumbuhan sel kanker hingga kemoterapi. Ia pun diketahui menjalani 6 kali kemoterapi untuk mengobati kanker paru-paru yang diidapnya. Bahkan, dirinya rela untuk bolak-balik ke rumah sakit untuk perawatan.


4. Umumkan kesembuhan

Usai berjuangan selama 5 bulan menjalani rangkaian perawatan kanker paru-paru stadium 4 yang diidapnya, Kiki Fatmala pun mengumumkan jika dirinya telah sembuh. Melalui akun Instagram, ia mengaku begitu bersyukur bisa menghadapi cobaan yang tak pernah diperkirakan sebelumnya.

"Mengucap syukur kesembuhan yang terjadi.....Segala perkara dapat ku tanggung di dalam dia yang memberi kekuatan kepadaku" ujarnya.

Tak sampai disitu saja, Kiki Fatmala juga turut berterima kasih atas doa dan dukungan yang diberikan baik dari suami, dokter, keluarga hingga para sahabat.

Manajer Baru MU

MU Pilih Erik Ten Hag sebagai Manajer Baru, Ini Alasannya

Liputan6.com 2022-04-22 00:05:29
Erik ten Hag (AFP / Gabriel Bouys)

Erik ten Hag akhirnya dipilih sebagai manajer baru Manchester United. Pelatih asal Belanda tersebut mengalahkan sejumlah kandidat lainnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, MU punya sejumlah kandidat untuk posisi manajer di Old Trafford. Mauricio Pochettino dari Paris Saint-Germain adalah salah satunya.

Kemudian ada Manajer Chelsea Thomas Tuchel, Julen Lopetegui dari Sevilla, dan pelatih timnas Spanyol Luis Enrique. Untuk Enrique, dia menolak meninggalkan timnas Spanyol sampai setelah Piala Dunia 2022.

Mengutip Ace Football, Kamis (21/4/2021) Setan Merah juga pernah mewawancarai Lopetegui dan Pochettino. Sementara Tuchel, kedua belas tidak pernah berkomunikasi.

Selama beberapa minggu terakhir, Ten Hag telah menjadi favorit sebagai suksesor Ole Gunnar Solskjaer. Dia telah membuat dewan klub terkesan dengan visi dan motivasi jangka panjangnya selama proses wawancara.

"Selama empat tahun terakhir di Ajax, Erik telah membuktikan dirinya sebagai salah satu pelatih paling menarik dan sukses di Eropa," kata direktur sepak bola Manchester United John Murtough.

"Terkenal karena timnya yang atraktif, sepak bola menyerang, dan komitmen terhadap pemain muda."

"Dalam percakapan kami dengan Erik menjelang penunjukan ini, kami sangat terkesan dengan visi jangka panjangnya untuk mengembalikan Manchester United ke level yang kami inginkan untuk bersaing, dan dorongan serta tekadnya mencapai itu," ucap Murtough melanjutkan.

"Kami mendoakan yang terbaik untuk Erik karena dia fokus untuk mencapai akhir musim yang sukses di Ajax dan berharap dapat menyambutnya di Manchester United musim panas ini."

Simak klasemen Liga Inggris di halaman berikutnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Komentar Erik ten Hag

Erik ten Hag sudah menandatangani kontrak tiga tahun sebagai manajer Manchester United hingga Juni 2025. Dia menjadi suksesor Ole Gunnar Solskjaer mulai musim panas 2022.

Kesepakatan MU dengan Ten Hag juga mencakup opsi untuk memperpanjang satu tahun lagi. Juru strategi asal Belanda itu secara resmi mengambil peran tersebut di akhir musim.

Man Utd bakal membayar klausul rilis 2 juta euro atau sekitar Rp 31,2 miliar dalam kontrak Ten Hag di Ajax. Ajax dikabarkan telah mengizinkan pelatih berusia 52 tahun itu untuk memutuskan transfer bersama klub.

"Merupakan kehormatan besar untuk ditunjuk sebagai manajer Manchester United dan saya sangat senang dengan tantangan di depan," kata Ten Hag kepada situs Manchester United.

"Saya tahu sejarah klub hebat ini dan semangat para penggemar. Dan saya benar-benar bertekad untuk mengembangkan tim yang mampu memberikan kesuksesan yang pantas mereka dapatkan."

"Akan sulit untuk meninggalkan Ajax setelah tahun-tahun yang luar biasa ini, dan saya dapat meyakinkan para penggemar kami tentang komitmen penuh saya serta fokus untuk membawa musim ini ke akhir yang sukses sebelum saya pindah ke Manchester United," ucap Ten Hag menambahkan.


Bangun skuad

Keputusan Manchester United menunjuk Erik ten Hag tidak main-main. Setidaknya juara Liga Inggris 20 kali itu telah menyiapkan anggaran sebesar 200 juta pound atau sekitar Rp 3,74 triliun untuk sang manajer baru.

Dana tersebut untuk belanja pemain pada bursa transfer musim panas ini. Dengan demikian, Ten Hag dapat memperkuat skuad Setan Merah.

Daily Mirror mengklaim jika Eric Bailly, Phil Jones, Alex Telles, Anthony Martial, Marcus Rashford, dan Aaron Wan-Bissaka bisa dijual musim ini. Penjualan mereka akan membebaskan Setan Merah dari beban gaji.

Pemain lain yang juga akan meninggalkan Old Traffrod ialah Paul Pogba, Jesse Lingard, Edinson Cavani, Juan Mata, Nemanja Matic, dan Lee Grant. Mereka akan pergi ketika kontraknya berakhir pada Juni mendatang.

Ten Hag dikabarkan diyakini sudah memiliki daftar pemain yang akan dibawanya ke Old Trafford. Mereka di antaranya Anthony dan Jurrien Timber, anak asuhnya di Ajax.


Peringkat

 

Penyanyi Korea Kagumi Dance Ayu Ting Ting

Jessi Penyanyi Korea Kagum dengan Gerakan Dance Ayu Ting Ting

Liputan6.com 2022-04-22 15:41:46
Jessi. (Instagram/ jessicah_o)

Ayu Ting Ting lagi-lagi membuat artis dari negara lain terkagum-kagum. Kali ini giliran Jessica Ho yang dikenal sebagai Jessi, seorang penyanyi rap asal Korea Selatan yang cukup dikenal di seluruh dunia saat ini.

Dalam sebuah unggahan, Jessi menantang para penggemarnya untuk membuat dance cover lagu barunya, "Zoom" yang kini sedang menjadi sorotan para penggemarnya maupun pecinta musik Korea secara global.

Tak disangka, Ayu Ting Ting dengan lancarnya imelakukan gerakan dance lagu "Zoom" bersama seorang rekannya yang diunggah di Instagram. Dari berbagai dance cover, hanya rekaman milik Ayu Ting Ting yang mendapatkan emotikon hati dari Jessi.

Meskipun tak menuliskan komentar apapun, Jessi melalui Instagram Stories akun @jessicah_o kagum dengan gerakan dance Ayu Ting Ting. Hal itu bisa dilihat dari tiga buah simbol hati yang disematkannya di video dance cover dari Ayu Ting Ting.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Antusiasme Ayu Ting Ting

Ayu Ting Ting mengunggah video dance cover "Zoom" pada 19 April 2022 silam. Ia tampak antusias dengan tarian yang diperagakannya kala itu.

"Yeaah zoom #zoomchallenge," tulisnya melalui akun Instagram @ayutingting92 dalam keterangan unggahan video singkatnya.

Gerakan dance Ayu Ting Ting ini mendapat banyak komentar positif dari sejumlah rekan-rekan sesama artis mulai dari Denny Cagur sampai Marsha Aruan.


Ungkapan Terkejut

Disebut oleh penyanyi aslinya, Ayu Ting Ting pun tentunya dalam hati sangat bangga video cover lagu tersebut bisa menyita perhatian penyanyi aslinya.

Mengintip Instagram Stories, terlihat Ayu memajang gambar dari tangkapan layar tersebut. Ia lalu mengungkapkan ekspresi terkejut sekaligus bangga.

Tak banyak kalimat yang dituliskan oleh Ayu Ting Ting, ia hanya menuliskan kata "Wow".


Kilas Balik Jessi

Mengenai, Jessi sang penyanyi rap dikenal sebagai salah satu artis Solo dari Korea Selaan yang popularitasnya sudah tak perlu ditanyakan lagi.

Selain itu, Jessi juga dikenal sebagai pribadi yang ramah kepada para penggemar. Bahkan, Jessi kerap mengunggah ulang video para penggemar yang menyanyikan ulang atau gerakan dance ala dirinya.

INFOGRAFIS: Deretan Prestasi Mendunia Artis Korea (Liputan6.com / Abdillah)

Calon Kuat Pelatih Persija

Profil Thomas Doll, Calon Kuat Pelatih Persija Musim Depan

Liputan6.com 2022-04-22 14:13:45
Thomas Doll (Wikipedia/Creative Commons)

Tersiar kabar bahwa Thomas Doll menjadi kandidat kuat untuk melatih tim Sepak Bola Persija Jakarta pada musim mendatang.

Hal ini terus menguat setelah sebelumnya Persija resmi tak lagi dilatih oleh Sudirman.

Lantas siapa Thomas Doll?

Thomas Doll merupakan pria 56 tahun berkebangsaan Jerman. Ia lahir di Malchin dan memegang sertifikat pelatih dari UEFA Pro Licence, demikian dikutip dari laman transfermarkt, Jumat (22/4/2022).

Saat berusia produktif sebagai pemain profesional, ia membela Jerman. Ia juga pernah bermain sebagai gelandang serang untuk Hansa Rostock, BFC Dynamo, Hamburger SV, Lazio, Eintracht Frankfurt dan Bari.

Doll memulai karirnya dengan tim lokal BSG Lokomotiv Malchin, sebelum bergabung dengan tim DDR-Oberliga divisi pertama Jerman Timur Hansa Rostock.

Ketika Hansa Rostock terdegradasi ke DDR-Liga setelah musim 1985-86, ia bergabung dengan BFC Dynamo, tim dominan negara itu, di mana ia memenangkan dua gelar Jerman Timur (pada 1987 pada 1988) dan memainkan pertandingan Piala Eropa pertamanya.

Di BFC Dynamo ia bekerja sama dengan sesama pemain depan berbakat Andreas Thom dan penyapu Frank Rohde.

Setelah reunifikasi, Doll adalah salah satu pemain yang paling dicari dari bekas Jerman Timur.

Bersama dengan Frank Rohde ia bergabung dengan Hamburger SV pada tahun 1990.

Setelah hanya satu musim di sana, ia cukup mengesankan untuk pindah ke klub Italia Lazio.

Dia bermain di Lazio selama tiga tahun, sebelum kembali ke Bundesliga pada tahun 1994, bergabung dengan Eintracht Frankfurt, tetapi dia terhambat oleh cedera dalam tiga musim yang dia habiskan bersama klub dan hanya membuat 28 penampilan.

Setelah satu tahun di Italia bersama Bari, ia kembali ke Hamburger SV pada 1998. Ia bermain lagi selama tiga musim, tetapi cedera terus memakan korban.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Manajemen Persija Jakarta Gelar Buka Puasa Bersama The Jakmania

Persija Jakarta dan kelompok suporter The Jakmania menggelar forum silaturahmi melalui acara buka puasa bersama pada Ramadhan 2022.

Agenda tersebut berlangsung di Sekretariat The Jakmania, GOR Soemantri Brodjonegoro Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (14/4/2022). Jajaran pengurus Jakmania yang diketuai Diky Soemarno menyambut manajamen Persija.

Turut hadir Direktur Utama Persija Ambono Janurianto, Presiden Persija Mohamad Prapanca, serta jajaran lainnya.

Pada kesempatan ini, The Jakmania mengutarakan langsung kritik dan saran kepada manajemen Macan Kemayoran menyongsong Liga 1 musim depan.

"Kami mengapresiasi kunjungan manajemen Persija sekaligus berdiskusi langsung dengan kami. The Jakmania akan selalu mendukung dan siap bermitra dengan Persija Jakarta," ujar Diky.

Sebaliknya, Persija mensosialisasikan program jangka pendek, menengah, dan panjang kepada The Jakmania.

"Terima kasih karena kami diundang buka puasa di markas The Jakmania. Saya mewakili Persija berharap hubungan Persija dan the Jakmania bisa selalu harmonis seperti ini," kata Ambono dilansir situs resmi klub.


Gerindra Ingatkan Janji Politik Anies Jadikan JIS Stadion Kandang Persija

Belum lama ini, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD)DKI Fraksi Gerindra Yudha Permana memuji kualitas Jakarta Internasional Stadium (JIS) sebagai lapangan sepak bola terbaik yang dimiliki Provinsi Jakarta dan Indonesia.

Dengan megahnya stadion ini, dia mengingatkan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan BUMD Jakarta Propertindo tentang tujuan awal pembangunan stadion megah tersebut.

"Tujuan awal pembangunan stadion ini untuk warga Jakarta dan stadion kandang Persija. Ini komitmen politik saat kampanye, dan saya serta seluruh anggota komisi E berharap ini direalisasikan," ujarnya, Rabu, (20/4/2022).

Yudha menjelaskan, komitmen politik itu terjadi saat kampanye Pilkada 2017. Saat itu, dirinya yang menjadi bagian timses, menjadi mediator pertemuan antara Jakmania, Persija dengan pasangan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno di Gelanggang Remaja Polonia, Jakarta Timur.

Dalam pertemuan tersebut, tercetus janji dari pasangan nomor 3 itu untuk membangun stadion sebagai stadion kandang Persija. Stadion itu sebagai pengganti stadion Lebak Bulus dan Lapangan Banteng.

"Pak Anies menjanjikan stadion sekelas Internasional saat pertemuan itu, dan itu JIS saat ini. Jakpro harus memahami ini dan merealisasikannya," tambahnya.

Yudha tidak melarang JIS dikelola secara komersil oleh Jakpro. Namun, pengelolaan itu seyogyanya mengikuti jadwal bertanding Persija. "Jakpro kalau berniat tulus, undang Persija, tanya jadwalnya, lalu sesuaikan. JIS Ini salah satu janji politik Pak Anies untuk Persija, dan jejak digitalnya terekam baik, " tegasnya.

Yudha memberi masukan terkait kondisi rumput yang menguning dan kontur tanah yang mulai tidak rata harus menjadi perhatian khusus pihak pengelola agar bisa terus terawat dengan prima.


Keluhkan Udara Panas

Bukan hanya itu, selama tiga hari menyaksikan pertandingan bola di JIS yang berlangsung malam hari, muncul berbagai keluhan terkait panasnya udara hampir di semua tribun.

"Ini kondisi sirkulasi udara harus juga jadi perhatian khusus pengelola. Saya nonton tiga hari berturut-turut dengan hanya jumlah penonton 3 ribuan bagaimana kalau 80.000 penonton, udaranya panas, dan keluhan itu keluar juga dari mayoritas penonton," tegasnya.

Yudha mengatakan, dalam waktu dekat Komisi E akan memanggil semua stake holder, Persija dan Jakmania untuk mendiskusikan terkait janji tersebut.

"Nanti ada tahapan pemanggilan dan undangan kepada pihak pihak terkait untuk mendiskusikan semua persoalan yang ada," tutupnya.

INFOGRAFIS Internastional Champions Cup 2015: Paris Saint-Germain vs Fiorentina (Bola.com/Samsul Hadi)

Rawan Bencana di Jalur Mudik, Antisipasinya?

HEADLINE: BNPB Rilis Peta Rawan Bencana di Jalur Mudik Lebaran 2022, Antisipasinya?

Liputan6.com 2022-04-23 00:03:33
Penumpang memasukkan barang bawaan ke bagasi bus AKAP di Terminal Bayangan Lebak Bulus, Jakarta, Kamis (21/4/2022). Sebagian pemudik memilih pulang kampung lebih awal untuk menghindari pun

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah merilis peta daerah rawan bencana di jalur mudik Lebaran 2022.

Hal ini dilakukan, agar para pemudik khususnya yang menggunakan moda transportasi darat tetap bisa aman sampai kampung halaman.

Berdasarkan data dari BNPB yang dikutip pada Jumat (22/4/2022), peta wilayah rawan bencana tersebut hanya memuat dua wilayah saja. Yakni Pulau Sumatera dan Jawa.

Untuk Jalur rawan banjir di Sumatera, BNPB memuatnya antara lain; Banda Aceh-Medan, Medan-Padang, Padang-Jambi, Bengkulu-Palembang, dan Palembang-Bandar Lampung.

Sedangkan jalur rawan longsor bagi pemudik di Sumatera diantaranya; Banda Aceh-Medan, Medan-Pekanbaru, Padang-Pekanbaru, Jambi-Palembang, Palembang-Bandar Lampung, Bengkulu-Bandar Lampung.

Sementara itu, jalur rawan banjir di pulau Jawa meliputi; Merak-Serang, Labuan-Bogor, Jakarta-Bogor, Karawang-Purwakarta, Purwakarta-Bandung, Bandung-Kadipaten, Kadipaten-Ciamis, Indramayu-Karang Ampel, Cirebon-Kuningan, Kuningan-Pemalang, Pemalang-Ungaran, Semarang-Purwodadi, Semarang-Kudus, Demak-Solo, Purwodadi-Cepu, Cepu-Jombang, dan Bondowoso-Situbondo.

Untuk jalur rawan longsor di pulau Jawa, diantaranya; Merak-Tangerang, Tangerang-Jakarta, Merak-Pelabuhan Ratu, Jakarta-Bogor, Jakarta-Cikampek, Cikampek-Purwakarta, Cikampek-Cirebon, Kadipaten-Sumedang, Cirebon-Pemalang, Pemalang-Batang, Batang -Semarang, Semarang-Yogyakarta, Semarang-Solo, Jepara-Tuban, Tuban-Gresik, Gresik-Surabaya, Surabaya-Besuki, Gempol-Malang, Probolinggo-Klakah, Besuki-Ketapang, Jember-Banyuwangi, Pulau Madura: Kamal-Kalianget.

Kepala BNPB Letnan Jenderal TNI Suharyanto mengatakan, pihaknya merilis Peta Mudik Aman Bencana 2022 bekerjasama dengan segenap pemangku kepentingan di tingkat nasional seperti PUPR dan BMKG, serta tentu saja dengan pemerintah daerah melalui BPBD-BPBD di sepanjang jalur mudik khususnya Jawa dan Sumatra.

Dia menyebut ini penting, yang pertama adalah ini adalah mudik setelah 2 tahun kita bergulat menghadapi pandemi.

"Dalam 2 tahun ini tentu saja ada perubahan-perubahan karakteristik potensi bencana yang harus diwaspadai oleh pemudik untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan," kata Suharyanto kepada Liputan6.com, Jumat (22/4/2022).

Menurut dia, akhir bulan April hingga awal Mei saat arus balik nanti, wilayah Jawa dan Sumatra akan didominasi oleh karakteristik cuaca musim peralihan dengan bencana dominan cuaca ekstrim berupa angin puting beliung, angin kencang baik yang disertai hujan dengan intensitas tinggi dengan durasi pendek maupun tanpa hujan. Disamping itu di beberapa wilayah cuaca ekstrim ini dapat berkembang menjadi bencana lanjutan seperti tanah longsor.

"Catatan BNPB hingga 21 April 2022 tercatat 81 kali kejadian cuaca ekstrim yang sebagian besar terjadi di Jawa dengan dampak pohon tumbang, tiang listik atau papan reklame roboh, kerusakan rumah bagian atas, dan pada beberapa kejadian juga menimpa mobil atau motor yang saat itu berada di lokasi kejadian. Selain itu, potensi banjir juga masih cukup tinggi, di bulan April ini sudah tercatat 60 kejadian banjir yang cukup merata terjadi di jalur mudik Jawa dan Sumatra," jelas Suharyanto.

"Hal-hal inilah yang membuat BNPB merasa perlu merilis peta mudik tersebut agar masyarakat yang melakukan mudik tahun ini bisa lebih waspada dan terhindar dari potensi bencana," sambungnya.

Suharyanto mengatakan, dalam peta tersebut telah dilengkapi dengan nomor telepon BPBD di sepanjang jalur mudik tersebut jika ada kondisi darurat yang membutuhkan pertolongan cepat. Selain itu peta mudik juga bisa diakses secara interaktif melalui aplikasi Inarisk di gawai komunikasi pelaku mudik.

BNPB, lanjutnya, melalui Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) selalu melakukan komunikasi secara harian kepada BPBD-BPBD seluruh Indonesia.

"Khusus untuk mudik ini tentu saja penguatan koordinasi terus kita lakukan karena tidak hanya untuk kesiapsiagaan terhadap potensi bencana alam, tetapi juga untuk penguatan kembali posko-posko satgas penegakan disiplin protokol kesehatan, agar tujuan kita sesuai tagar mudik aman, mudik sehat benar-benar bisa kita laksanakan," kata Suharyanto.

<p>Infografis Peta Jalur Mudik Lebaran 2022 Rawan Bencana di Pulau Jawa. (Liputan6.com/Trieyasni)</p>

Bentuk Antisipasi di Tengah Cuaca Ekstrem

Sementara itu, Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati, memandang, apa yang dilakukan BNPB sebagai langkah kesiap-siagaan atas potensi bencana yang muncul sebagai tindak lanjut Peringatan dini dan Prakiraan Cuaca berbasis Dampak (IBF) yang dirilis oleh pihaknya.

Bahkan, menurut dia, cuaca di Indonesia saat ini dilanda Pancaroba, di mana akan ada cuaca ekstrem dalam waktu singkat terlebih di sore hari.

"Saat ini sebagian besar wilayah Indonesia memang sedang memasuki periode Pancaroba, yaitu transisi dari musim hujan ke musim kemarau yang ditandai dengan beberapa kejadian cuaca ekstrem dalam waktu singkat, terutana di sore, malam, atau dini hari. Peta rawan bencana yang dikeluarkan oleh BNPB dengan mengacu info peringatan dini dari BMKG sangat penting untuk mendukung keselamatan dan kenyamanan masyarakat yang melakukan mudik," kata Dwikorita kepada Liputan6.com, Jumat (22/4/2022).

Karena itu, pihaknya meminta bagi para pemudik untuk tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrim yang menyebabkan terjadinya potensi bencana hidrometeorologi berupa banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang dan puting beliung, terutama untuk masyarakat yang berada dan tinggal di wilayah rawan bencana.

"BMKG juga menghimbau masyarakat agar lebih mengenali lingkungan dan potensi bencana di lingkungan tempat tingalnya, karena salah satu upaya mitigasi sesungguhnya adalah dengan memahami cuaca dan lingkungan tempat kita tinggal, sehingga dapat mengurangi dampak yang ditimbulkan dari bencana hidrometeorologi yang dapat datang sewaktu-waktu," jelas Dwikorita.

Selain itu, dia meminta agar masyarakat tetap meng-update informasi cuaca dari BMKG (Cuaca Publik, Cuaca Penerbangan Dan Cuaca Maritim) melalui kanal-kanal yang tersedia, baik melalui call centre 196, website www.bmkg.go.id, sosial media infoBMKG di instagram dan YouTube, serta pada aplikasi telepon pintar infoBMKG.

"BMKG selama ini selalu melakukan koordinasi secara Pentahelik pemerintah, masyarakat, akademisi, media massa dan dunia usaha terkait bencana hidrometeorologi melalui update informasi cuaca, potensi cuaca ekstrem dan potensi bencana hidrometeorologi di wilayah bencana. Peringatan dini Cuaca juga selalu disampaikan oleh BMKG, termasuk peningkatan Sistem Koordinasi Dan Kecepatan Koordinasi antar kementrian, lembaga, pemerintah daerah, TNI/Polri, LSM dan BNPB, serta pemuka msyarakat di daerah bencana," kata Dwikorita.


Penting untuk Pemudik

Pengamat transportasi Deddy Herlambang menilai apa yang dilakukan oleh BNPB ini penting bagi pemudik. Karena bisa menjadi informasi dan edukasi saat hendak jalan menuju kampung halaman. "Semisal kalau hujan deras, wilayah mana yang harus dihindari," kata dia kepada Liputan6.com, Jumat (22/4/2022).

Meski demikian, wilayah ini lebih spesifik bagi jalur non tol. Karena biasanya, jika jalan tol pihak operator sudah menginformasikannya, dan memang ada pelayanan.

"Yang jalan non tol ini yang harus kita waspadai terutama di Sumatera atau yang di selatan Jawa, rawan longsor. Jadi paling tidak, pemudik tahu kondisinya bahwa di sini rawan, kalau hujan tentunya harus hati-hati," jelas Deddy.

Menurut dia, dengan hal ini maka para pemudik sudah bisa mengantisipasinya. Karena banjir maupun longsor masih bisa diprediksi daripada gempa. Sehingga, dengan adanya peta kerawanan ini jelas masyarakat mendapatkan manfaatnya yang bentuknya informasi tersebut.

"Kalau misal ada bencana bisa belok, cari jalur alternatif. Kalau tol kan enggak bisa, disitu terus kan sampai hujannya reda," jelas Deddy.

Senada, Pengamat transportasi Azas Tigor Nainggolan memandang data yang dikeluarkan BNPB ini sangat penting. dan wajib mensosialisasikan itu kepada masyarakat.

"Termasuk juga kepada pemerintah daerah dan Pemda kan juga wajib menggunakan data BNPB untuk mengantisipasi kondisi di lokasi tempat mereka masing-masing, termasuk menjaga pelayanan publik agar terus berjalan," kata dia kepada Liputan6.com, Jumat (22/4/2022).

Menurut Tigor, apa yang dikeluarkan BNPB ini wajib digunakan oleh pemerintah daerah guna memastikan mudik Lebaran 2022 berjalan aman.

"Di UU Kebencanaan itu kan dinyatakan Pemda memiliki kewajiban menggunakan data yang dikeluarkan oleh BNPB untuk kepentingan pelayanan atau pekerjaan di wilayah mereka masing-masing. Itu enggak boleh dipertanyakan, itu sudah mandatnya undang-undang," jelas dia.

Tigor menjelaskan, dengan disosialisasikan ke masyarakat, otomatis mereka memiliki pengetahuan akan daerah rawan bencana. "Nah mereka harus hati-hati dan juga dipastikan aman, jangan memaksakan diri," tukasnya.

Ketua Komisi V DPR RI Lasarus juga berpandangan, BNPB harus segera mensosialisasikan akan peta kerawanan ini. Karena menurutnya, ini memang tupoksi dari lembaga tersebut.

"BNPB selaku penanggung jawab nasional terhadap penanggulangan bencana wajib hukumnya melakukan koordinasi dengan BPBD baik provinsi maupun kabupaten kota, baik terkait personil maupun sarana prasarana yang diperlukan, serta menyampaikan titik-titik kerawanan bencana yang dimaksud," kata dia kepada Liputan6.com, Jumat (22/4/2022).

Selain itu, perlu juga ada kesiapan di masing-masing pemerintah daerah ini.

"Perlu dipastikan kesiapan terkini di masing-masing daerah dengan kerawanan benana yang sudah terdeteksi. Terkadang di pemerintah yang jadi masalah adalah soal koordinasi karena sering kali muncul ego sektoral," kata Politikus PDIP ini.

<p>Infografis Peta Jalur Mudik Lebaran 2022 Rawan Bencana di Pulau Sumatra. (Liputan6.com/Trieyasni)</p>


Daerah Bersiap

Demi mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana alam saat musim mudik Lebaran 2022. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cianjur, Jawa Barat, berkoordinasi dengan dinas terkait untuk menyiagakan alat berat di titik rawan bencana alam. Gerak cepat itu dilakukan di sepanjang jalur mudik Cianjur.

Sekretaris BPBD Cianjur Rudi Wibowo mengatakan, berdasarkan informasi dari BMKG intensitas hujan hingga akhir bulan April masih tinggi disertai angin kencang, sehingga berpotensi terjadinya bencana alam.

"Karena sebagian besar wilayah Cianjur masuk dalam zona merah bencana, termasuk jalur yang akan dilalui pemudik mulai dari utara hingga selatan termasuk rawan terjadi bencana, sehingga kami imbau pemudik yang melintas untuk ekstra waspada saat melintas," katanya.

Namun untuk penanganan cepat, pihaknya berkoordinasi dengan dinas terkait di Pemkab Cianjur, Pemprov Jabar dan pusat, untuk menyiagakan alat berat di wilayah utara dan selatan, sebagai upaya antisipasi ketika terjadi bencana, sehingga tidak sampai terisolir.

Untuk pengawasan dan pemantauan hingga saat ini, pihaknya masih menyiagakan sekitar 1.000 orang Relawan Tangguh Bencana (Retana) di masing-masing kecamatan dan desa. Bahkan mereka akan dilibatkan dalam pengawasan jalur rawan bencana di wilayah selatan menjelang dan setelah Lebaran.

"Kita akan siagakan relawan di titik rawan longsor yang dapat memutus akses mudik khusus di jalur selatan Cianjur seperti Sukanagara, Pagelaran, Cibinong hingga Naringgul. Mereka akan bertugas bersama TNI/Polri untuk mengimbau pengguna jalan atau pemudik untuk ekstra hati-hati," katanya.

Pihaknya mengimbau warga di wilayah rawan bencana, segera melapor jika melihat tanda alam akan terjadi bencana ke aparat setempat atau langsung ke BPBD Cianjur dan segera melakukan evakuasi mandiri.

"Kita siagakan relawan termasuk melakukan tindakan evakuasi ketika terjadi bencana," katanya.

Meski tak masuk di dalam peta rawan bencana, Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo di Palangkaraya, Jumat (22/04/2022) mengatakan, kesadaran akan potensi bencana dan menyiapkan langkah-langkah antisipasinya perlu menjadi tugas pemda.

Edy mengatakan, kesiapsiagaan Pemprov Kalteng mengantisipasi potensi bencana, tak hanya terhadap bencana alam saja, seperti banjir dan lainnya, tetapi juga bencana non alam seperti pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini.

Untuk itu sebagai kesiapsiagaan menghadapi bencana pada masa libur lebaran, Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran (BPBPK) Kalteng melaksanakan rapat kesiapan Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (TRC PB) tingkat provinsi.

Kepala Pelaksana BPBPK Kalteng Falery Tuwan mengatakan kewaspadaan terhadap potensi bencana alam pada masa libur dan mudik lebaran, yang harus dilakukan yaitu memberi rasa aman kepada masyarakat khususnya pemudik.

"Kami mengarahkan BPBD kabupaten dan kota memetakan secara detail daerah-daerah rawan bencana alam, baik rawan banjir, tanah longsor, dan lainnya, yang ada di jalur mudik dan di tempat-tempat wisata," terangnya.

Selain itu, melakukan pemasangan rambu-rambu peringatan dan rambu-rambu jalur mencukupi pada daerah rawan bencana tersebut, dan membangun komunikasi secara memadai kepada seluruh masyarakat menggunakan berbagai media informasi yang tersedia.

<p>Infografis Tips Aman Berkendara di Lokasi Rawan Bencana Saat Mudik Lebaran 2022. (Liputan6.com/Trieyasni)</p>