Volume 273

Patah Tulang, Diduga Jadi Korban KDRT

Medina Zein Alami Patah Tulang, Diduga Jadi Korban KDRT

Liputan6.com 2022-04-25 16:00:29
Medina Zein. (Foto: Instagram @medinazein)

Medina Zein telah melaporkan suaminya, Lukman Azhari ke Polrestabes Bandung, Jawa Barat pada 23 April 2022. Lukman dilaporkan atas dugaan tindak KDRT.

Hal ini disampiakan oleh kuasa hukum Medina Zein, Razman Arif Nasution. Pengusaha asal Bandung ini mengalami luka di beberapa bagian tubuhnya.

"Laporan di Polrestabes bandung itu setelah 2 kali Medina memaafkan kelakuan yang kurang pantas dilakukan seorang suami kepada istrinya," kata kuasa hukumnya, dikutip dari Youtube Cumicumi, Senin (25/4/2022).

"Apa itu? Saya sebenarnya sudah dikirimi medina sejak 2 bulan lalu, foto-foto muka biram, tangan biram dan patah. Saya telepon, Medina menangis," sambungnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Dibenturkan

Pengacara Medina Zein pun membeberkan tindakan tak pantas yang diduga dilakukan Lukman Azhari terhadap Medina Zein.

"Saya lihat di sini dijelaskan dibenturkan empat kali kepalanya ke tembok. Foto-foto ada di saya, visum juga sudah," tutur Razman.


Laporan

Kekerasan itu terjadi di sebuah hotel di kawasan Bandung, Jawa Barat, Sabtu (23/4/2022) pukul 07.30 WIB. Malam harinya, Medina pun membuat laporan ke polisi.

"Maka tadi malam Medina Susani resmi melaporkan saudara Lukman Azhari atau Lukmanul Hakim selaku suaminya ke Polrestabes dengan dugaan kekerasan dalam rumah tangga," ungkapnya.


Orang Ketiga?

Diberitakan juga bahwa rumah tangga Medina Zein dengan Lukman Azhari diwarnai dengan isu perselingkuhan.

"Pertanyaan saya ini ada video-video, foto-foto dengan seorang perempuan dan CCTV-nya, tapi itu urusan asmara urusan ke belakang," kata pengacara.

Sejak Jadian Selalu Ditanya Kapan Nikah

Curhat Fuji dan Thariq Halilintar, Sudah Ditanya Kapan Nikah Sejak Hari Pertama Jadian

Liputan6.com 2022-04-25 12:00:00
Kemeja putih dan celana hitam juga menjadi tampilan klasik yang selalu trendi dipakai dalam setiap kesempatan (Foto: Instagram @thariqhalilintar)

Banyak pihak yang mendukung hubungan Thariq Halilintar dan Fuji. Tak cuma pihak keluarga, penggemar pun antusias meleihat hubungan asmara mereka.

Melihat kecocokan satu sama lain, tak sedikit warganet yang meminta agar Fuji dan Thariq Halilintar segera menikah. Pasangan seleb ini rupanya sedikit tertanggu dengan desakan ini.

Adik Atta Halilintar mengungkap bahwa hari-harinya tak pernah lepas dari pertanyaan kapan dia menikahi Fuji. Bahkan pertanyaan ini sudah ada sejak awal hubungan.

"Kalau ditanyain ya sudah terbiasa, dari hari pertama jadian tuh, sudah ditanya kapan nikah. Bukan hari pertama jadian doang, tapi hari pertama ketemu pun sudah ditanya kapan nikah," kata anak keempat keluarga Halilintar itu dikutip dari YouTube Rans Entertainment, Senin (25/4/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Tak Suka

Fuji juga merasa terganggu dengan pertanyaan tersebut. Dia merasa seperti dituntut untuk cepat-cepat menikah dengan sang pacar meski usianya masih sangat muda.

"Jujur aku agak enggak suka sih, agak enggak suka. Mending doain aja, jadi jangan dipaksa, jangan dituntut," ungkap adik almarhum Bibi Andriansyah.


Tak Mau Didikte

Thariq Halilintar ingin semuanya berjalan secara alami. Dia tak ingin menikah karena keinginan dan kesiapan sendiri, bukan karena desakan pihak mana pun.

"Sesuatu yang kita lakuin entar jadi diktean orang lain. Penginnya dari kita sendiri kan. Slow aja. Manusia itu berproses," tuturnya.


Doa

Ketimbang ditanya terus kapan menikah, Thariq dan Fuji lebih suka didoakan agar hubungan mereka selalu terjalin dengan baik dan harmonis.

"Minta doanya aja ya, guys, doain aja," tutupnya.

Infografis Bedanya Kartu Nikah dengan Buku Nikah. (Liputan6.com/Triyasni)

Nikita Mirzani Pacari Mantan Pembalap Moto GP?

Momen Kebersamaan Nikita Mirzani dengan Mantan Pembalap MotoGP

Liputan6.com 2022-04-25 13:04:48
John Hopkins dikabarkan kekasih baru Nikita Mirzani, mantan pembalap. (Sumber: Instagram/nikitamirzanimawardi_172)

Sosok Nikita Mirzani identik dengan artis kontroversial dan mengomentari isu terkait beberapa selebritis serta pengusaha. Semua isi hatinya dicurahkan melalui media sosial.

Kini Nikita Mirzani mendadak mencuri perhatian lewat unggahan terbarunya di Instagram. Wanita kelahiran 1986 tersebut dikabarkan telah memiliki kekasih baru. Sosok pria itu adalah mantan pembalap MotoGP, John Hopkins.

John Hopkins tentu sudah tak asing lagi di telinga para pecinta MotoGP. Ia merupakan mantan pembalap asal Amerika Serikat dan kini dikenal menjadi pelatih profesional. Melalui Instagram, Nikita Mirzani tampak berada di sirkuit MotoGP Portugal menemani sang kekasih.

Keduanya terlihat mesra selama di back stage bersama American Racing Team. Pelatih pembalap Joe Roberts and Marcos Ramirez di Moto2 sejak 2020 lalu itu bahkan mengajak Nikita Mirzani memperkenalkan suasana di balik perisapan balap kelas dunia ini.

Go public, berikut ini 6 potret Nikita Mirzani dan John Hopkins yang dikabarkan pacaran dirangkum dari Instagram @nikitamirzanimawardi_172 oleh Liputan6.com, Senin (25/4/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


1. Ini momen kala Nikita Mirzani dan John Hopkins foto bareng Valentino Rossi di MotoGP Portugal 2022.

 


2. Sama-sama single parent, John Hopkins juga seorang duda yang memiliki dua orang buah hati.

 


3. John Hopkins merupakan mantan pembalap MotoGP asal Amerika Serikat sekaligus pelatih profesional.

 


4. 'Akhirnya berada di satu tempat," tulis Hopkins juga menyertakan tagar girlfriend yang memperkuat dugaan keduanya pacaran.

 


5. Dikabarkan memiliki hubungan spesial, Nikita Mirzani unggah beberapa potret saat ia berada di MotoGP Portugal.

 


6. Nikita Mirzani unggah foto mesra bersama John Hopkins, mantan pembalap MotoGP.

 

Menyepi ke India Usai Tampar Chris Rock

Will Smith Menyepi ke India Usai Kontroversi Tampar Chris Rock di Panggung Oscar 2022

Liputan6.com 2022-04-25 09:09:57
Will Smith di Piala Oscar 2022. (AP Photo/Chris Pizzello)

Will Smith tertangkap kamera tengah bepergian ke India. Ini menjadi momen dirinya dipotret untuk kali pertama sejak kontroversi Smith menampar Chris Rock di panggung Oscar 2022 pada akhir Maret 2022 lalu.

Dikutip dari Page Six, Senin (25/4/2022), Will Smith tampak bersemangat dalam sederet potret yang beredar di dunia maya. Aktor "King Richard" ini tersenyum dan melambaikan tangan kepada penggemar yang memotretnya di lapangan terbang pribadi pada Sabtu, 23 April 2022 di Mumbai, India.

Belum diketahui tujuan Smith bepergian ke India. Kemungkinan besar, perjalanan ini adalah 'pelarian' bagi dirinya yang dilarang menghadiri semua acara Academy of Motion Picture Arts and Sciences selama 10 tahun.

Pelarangan tersebut terjadi setelah Smith dengan terang-terangan menampar Chris Rock di panggung Oscar 2022. Saat itu, komedian tersebut bercanda soal G.I. Jane yang menyinggung Pinkett Smith yang menderita kondisi rambut rontok, alopecia.

Setelah menampar Rock dan kembali ke tempat duduknya di samping sang istri. Lantas, Smith berteriak pada Rock, "Jangan sebut nama istriku dari mulutmu!".

Keesokan harinya, Will Smith menyampaikan permintaan maaf kepada Chris Rock dan The Academy atas perilakunya. "Perilaku saya di Academy Awards tadi malam tidak dapat diterima dan tidak dapat dimaafkan," jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Sanksi Oscar

Will Smith melanjutkan, "Lelucon dengan biaya saya adalah bagian dari pekerjaan, tetapi lelucon tentang kondisi medis Jada saya terlalu berat untuk saya tanggung dan saya bereaksi secara emosional."

Smith melanjutkan untuk meminta maaf kepada "Academy, produser acara, semua peserta dan semua orang yang menonton di seluruh dunia," serta "Williams Family dan Keluarga King Richards saya." "Saya sangat menyesal bahwa perilaku saya telah menodai apa yang telah menjadi perjalanan yang indah bagi kita semua," kata Smith.

"Saya adalah pekerjaan yang sedang berjalan. Hormat kami, Will." Smith juga mengundurkan diri dari The Academy sesaat sebelum dilarang.

Pihak Academy of Motion Pictures Arts and Sciences buka suara terkait kasus Will Smith yang menampar Chris Rock saat acara penyerahan piala Oscar 2022. Mereka meminta aktor itu untuk menyerahkan Piala Oscar yang baru diraihnya.

"Segalanya terungkap dengan cara yang tidak dapat kami antisipasi," kata Academy kepada Associated Press, Rabu, 30 Maret 2022, seperti dikutip dari Pagesix, Kamis, 31 Maret 2022. "Meskipun kami ingin mengklarifikasi bahwa Smith diminta untuk meninggalkan upacara dan menolak, kami juga menyadari bahwa kami dapat menangani situasi secara berbeda."


Mundur dari Keanggotaan Academy

Will Smith juga mengundurkan diri sebagai anggota dari Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS). Pengunduran diri Smith telah diterima pihak Academy. Ini adalah buntut penamparan pada Chris Rock yang dilakukan Will Smith.

"Kami telah menerima dan menerima pengunduran diri Will Smith segera dari Academy of Motion Picture Arts and Sciences," kata David Rubin, Presiden Academy of Motion Picture Arts and Sciences, dalam sebuah pernyataan yang dikirim ke People pada Jumat 1 April 2022.

Rubin menambahkan, pihaknya akan terus melanjutkan proses disipliner terhadap Smith atas pelanggaran Standar Perilaku Academy. Sanksi tersebut akan dijatuhkan sebelum pertemuan dewan dengan jadwal pada 18 April 2022.

Pernyataan Academy itu sebagai tanggapan terhadap Smith yang mengumumkan pengunduran dirinya setelah dia memukul Chris Rock di Academy Awards ke-94 pada Minggu malam. "Saya telah langsung menanggapi pemberitahuan sidang disiplin Academy, dan saya akan sepenuhnya menerima setiap dan semua konsekuensi atas perilaku saya," kata aktor pemenang Oscar itu dalam sebuah pernyataan yang diterima People, Jumat, 1 April 2022.


Pernyataan Smith

"Tindakan saya pada presentasi Academy Awards ke-94 mengejutkan, menyakitkan, dan tidak dapat dimaafkan. Daftar orang-orang yang telah saya sakiti sangat panjang dan termasuk Chris, keluarganya, banyak teman dan orang yang saya cintai, semua yang hadir, dan audiens global di rumah. Saya mengkhianati kepercayaan Academy," tambahnya.

Smith juga mengatakan ia telah merampas nominasi dan pemenang lain dari kesempatan mereka untuk merayakan dan dirayakan untuk pekerjaan luar biasa mereka. Ia akan menerima konsekuensi yang akan dijatuhkan pada dirinya.

"Saya patah hati. Saya ingin mengembalikan fokus pada mereka yang pantas mendapatkan perhatian atas pencapaian mereka dan memungkinkan Academy untuk kembali ke pekerjaan luar biasa yang dilakukannya untuk mendukung kreativitas dan seni dalam film. Jadi, saya mengundurkan diri dari keanggotaan di Academy of Motion Picture Arts and Sciences," ia berkata.

Dia menyimpulkan, "Perubahan membutuhkan waktu dan saya berkomitmen untuk melakukan pekerjaan untuk memastikan bahwa saya tidak akan pernah lagi membiarkan kekerasan mengambil alih alasan."

(Infografis Oscar/Deisy)

Giliran DJ Una Diperiksa Polisi

DJ Una Jalani Pemeriksaan Polisi Terkait Kasus Robot Trading DNA Pro

Liputan6.com 2022-04-25 15:21:44
(Instagram @putriuna)

Putri Una Astari Thamrin alias DJ Una datang memenuhi panggilan penyidik Bareskrim Polri. Dia akan dimintai keterangan terkait kasus dugaan penipuan investasi robot trading DNA Pro.

Di hadapan awak media, DJ Una tidak banyak memberikan komentar. Dia menjanjikan adanya pernyataan usai menjalani pemeriksaan. "Setelah pemeriksaan ya," ucap DJ Una di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (25/4/2022).

Kejaksaan Agung (Kejagung) telah menerima Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP) dari Dirtipideksus Bareskrim Polri atas kasus dugaan tindak pidana di bidang perdagangan, yakni memperdagangkan sarana investasi komoditi berjangka robot trading DNA Pro, yang tidak memiliki perizinan di bidang perdagangan atas nama tersangka PT DPA.

Kapuspenkum Kejagung, Ketut Sumedana, menyampaikan, SPDP itu dikirimkan oleh pihak kepolisian pada 17 Maret 2022 dan diterima Sekretariat Jampidum pada 21 Maret 2022.

"Bahwa dengan diterimanya SPDP atas nama tersangka PT DPA, Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum telah menunjuk tujuh orang Jaksa Penuntut Umum (JPU) untuk mengikuti perkembangan penyidikan perkara tindak pidana dengan menerbitkan Surat Perintah Penunjukan JPU (P16) untuk mengikuti perkembangan penyidikan perkara tindak pidana Nomor: PRINT-1094/E.3/Eku.1/3/2022 tanggal 25 Maret 2022," tutur Ketut dalam keterangannya, Kamis (21/4/2022).

Ketut menyebut, tim JPU selanjutnya akan mempelajari berkas perkara tersangka PT DPA setelah diterima pada saat Tahap I itu.

"Dan memberikan petunjuk atas aset-aset yang telah disita dari PT DPA dan pihak-pihak lain yang terlibat dalam kejahatan yang disangkakan melanggar Pasal 106 jo. Pasal 24 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja," kata Ketut.

Sebelumnya, polisi telah menetapkan 12 tersangka dalam kasus dugaan penipuan investasi robot trading DNA Pro. "Modus tetap sama yaitu skema ponzy, tidak berizin, dan tindak pidana pencucian uang," ujar Dirtipideksus Bareskrim Polri Brigjen Whisnu Hermawan kepada wartawan, Jumat (8/4/2022).


Para Tersangka

Whisnu merinci, para tersangka adalah FR, RK, RS, RU, YS, AB, ZII, JG, ST, FE, AS, dan DV.

"Sampai saat ini untuk mengamankan dana para member, penyidik telah memblokir 27 rekening yang digunakan sebagai sarana menerima transferan dana dari member dan mentransferkan profit, bonus, dan komisi kepada member," jelas dia.

Adapun modus aplikasi robot trading DNA Pro adalah menawarkan profit atau keuntungan sebesar 1 persen per hari melalui investasi di gold atau emas dan Forex yakni mata uang yang diperdagangkan di pasar Rusia dan bekerja sama dengan Alfa Success Corporation. Penerapannya sendiri menggunakan sistem penjualan distribusi langsung alias MLM dengan skema piramida.

Selanjutnya, DNA Pro juga menawarkan beragam bonus, di antaranya bonus penjualan robot sampai 15 level, bonus profit sharing 5 level, dan bonus networking 5 level.

Tidak ketinggalan menawarkan satu member dapat membentuk lebih dari satu username atau akun, membentuk tim founder sebagai tim pemasaran, membagikan komisi selain bonus yang ditawarkan kepada para member yang berhasil mengajak member baru, dan membentuk rekening exchanger untuk digunakan sebagai rekening menerima transferan dana dari member dan mentransferkan profit, bonus, juga komisi kepada member.

"Dalam proses penyidikan, terungkap bahwa profit, profit sharing, bonus, dan komisi merupakan hasil kejahatan dengan skema piramida yang dilakukan oleh PT DNA Pro Akademi, di mana profit, profit sharing, bonus, dan komisi yang diterima oleh para member berasal dari dana investasi yang di investasikan oleh member lainnya," Whisnu menandaskan.

Andhika Kangen Band Vs Tri Suaka Memanas

Somasi Andhika Kangen Band untuk Tri Suaka dan Zidan serta Permintaan Maaf

Liputan6.com 2022-04-25 15:33:00
Andhika Kangen Band merasa dilecehkan atas parodi Tri Suaka dan Zinidin Zidan (dok.Instagram/@babang_andikamahesa/https://www.insta

Kuasa hukum Andika Kangen Band, Mario Andreansyah dan Wayan Saka mengungkapkan bahwa kliennya merasa dilecehkan atas aksi parodi Tri Suaka dan Zinidin Zidan. Keduanya pun sudah mengucapkan permintaan maaf.

Tri dan Zinidin sempat memarodikan Andhika Mahesa saat menyanyikan lagu 'Penantian yang Tertunda'. Karena dinilai melecehkan, Andhika pun melayangkan somasi kepada dua penyanyi itu.

"Terkait dengan klarifikasi atau berita-berita yang sedang viral, kami dari kuasa hukum saudara Andika Kangen Band menyampaikan somasi terbuka terhadap saudara Tri Suaka atas viralnya parodi-parodi yang sedang beredar saat ini," ujar Mario Andreansyah dalam video yang beredar dan juga diunggah di kanal YouTube Citra Selebriti.

"Dalam video itu mereka menyanyikan dengan gestur tubuh yang melecehkan, mengolok-olok dan sambil tertawa-tawa. Jadi itu membuat seolah melecehkan klien kami," sambung Wayan Saka. Karena parodi itu, Andika pun merasa mengalami kerugian secara material, maupun non-material. Bahkan disebutnya bahwa produktivitas Kangen Band jadi terganggu gara-gara kasus ini.

"Klien kami sangat merasa dirugikan baik dari materiil dan immaterial atas perbuatan saudara TS dan ZZ. Atas perbuatan mereka, sangat mengganggu dan mengusik ketenangan klien kami dalam membuat video dan lagu baru 'Cinta Mati 2'," ujar kuasa hukum.

Andika melalui kuasa hukumnya pun memberi waktu tiga kali 24 jam kepada Tri Suaka dan Zidan untuk meminta maaf kepada Andika Mahesa melalui sejumlah media.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Permintaan Maaf

Tri Suaka pun menyampaikan permohonan maafnya kepada Andika Mahesa melalui media sosial. Hal itu karena banyaknya hujatan yang dilancarkan kepada Tri dan desakan permintaan dari Andika.

"Saya Tri Suaka, dengan adanya video ini saya ingin meminta maaf dengan bang Andika Kangen band dan juga Kangen band khususnya, dan juga buat Bang Rizal Armada, dengan adanya video Tri memparodikan gaya bernyanyi," ujar Tri Suaka di awal videonya.

"Semoga saja dengan adanya video ini, abang-abang memaafkan kesalahan Tri. Mungkin Tri waktu itu tidak tahu kalau itu bisa menyindir perasaan. Tapi InsyaAllah Tri tidak ada keinginan buat mengejek ataupun berniat buruk di konten itu karena itu juga yang merekam orang. Tri InsyaAllah dalam hati enggak ada keinginan menyinggung," tuturnya menyambung.

Tri juga respect sama karya-karyanya Andika. "Semoga dengan adanya video ini Abang memaafkan kesalahan Tri. Juga buat fans Kangen Band, siapa pun yang melihat video ini, maafkan kesalahan saya. Semoga ini menjadi pelajaran buat saya pribadi," Tri menambahkan.


Promosikan Tri Suaka

Jauh sebelum masalah ini muncul, terungkap bahwa Andika Kangen Band justru menunjukkan sikap sebaliknya. Ia pernah menyanjung Tri Suaka dan mempromosikannya ke beberapa orang temannya.

"Jadi inget, gw itu tau ada band namanya Trisuaka itu dari @babang_andikamahesa malahan...Waktu itu lagi di jalan mau ke Semarang bulan puasa tahun lalu, dim rangka main ke rumah dek @juanzerlinda. Dan mbak @riris.amara," tulis akun @nickosalasa yang diunggah ulang oleh Andika Kangen Band pada Senin (25/4/2022).

Tak hanya mengenalkan Tri Suaka, Andika Kangen Band juga menyebut bahwa Tri Suaka adalah anak muda yang kreatif dan sedang naik daun.

"Bang Dika bilang: Ko, lu tau Trisuaka gk? Lah gw yg gk uptodate ini malah bilang: Apaan tuh? Komunitas Pencinta hewan? (Karena ada suaka2 nya gw pikir berbau2 alam gitu, hehehe... Maaf...),"cerita akun tersebut.


Puji Tri Suaka

"Kata bang Dika: Bukan, ini anak2 muda kreatif lagi naik daun.. Coba deh liat di Youtube, keren2 loh..Waktu itu skip karena lagi di mobil buru2...," sambungnya.

Akhirnya, baru kali ini lah ia tahu Tri Suaka karena masalah yang sedang hangat dibicarakan itu. Kendati demikian, ia berharap agar masalah Tri Suaka dengan Andika Kangen Band itu bisa selesai dengan baik dan jadi pelajaran.

"Eh, barang mah gw baru tau kemaren, oooh itu toh... Yowislah... Mudah2an bisa ambil hikmahnya...," tutupnya.

Tri Suaka mengukapkan bahwa ternyata video tersebut hanyalah rekaman dari live streaming di media sosial. Kala itu, Tri yang sedang bersama Zidan menanggapi challenge alias tantangan dari warganet.


Live Streaming

"Itu video empat bulan yang lalu, lah. Sudah lama... Proses mau naik kelas, lah positive thinking-nya. Itu enggak ada angin enggak ada hujan tahu-tahu naik konten kayak gini," ungkap Tri Suaka saat berbicara dengan Ian Kasela di telepon.

"Itu lagi live, bang. Itu challenge mengikuti gaya penyanyi. Salah satunya Andika...," sambung Tri Suaka.

Dalam sebuah kesempatan, Ian Kasela mengungkapkan, "Harusnya enggak berani macam-macam dengan abangnya, seniornya, secara etika, secara sopan santun enggak bagus. Gua yakin, Tri juga, gua setelah bertemu sama dia, Tri Suaka secara pribadi jauh dari hal begini yang berani melecehkan orang, kayaknya enggak, deh," sambung Ian Kasela.

Infografis Pro dan Kontra RUU Permusikan. (Liputan6.com/Triyasni)

Pangeran Harry-Meghan Markle Penuh Drama

Buku Terbaru tentang Kerajaan Inggris Ungkap Pangeran Harry dan Meghan Markle Penuh Drama

Liputan6.com 2022-04-25 16:02:00
Meghan Markle dan Pangeran Harry di One World Observatory pada 23 September 2021 di New York City. (ROY ROCHLIN / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / GETTY IMAGES VIA AFP)

Kehidupan Pangeran Harry dan Meghan Markle tiada henti menjadi sorotan. Pasangan ini tak jarang pula diterpa berita miring yang memicu kontroversi di publik, termasuk melalui sebuah buku.

"Sumber istana melaporkan bahwa persiapan untuk persatuan Sussex adalah drama sepanjang waktu," kata Tina Brown, penulis buku "The Palace Papers: Inside the House of Windsor - The Truth and the Turmoil" yang rilis Selasa, 26 April 2022, dikutip dari Page Six, Senin (25/4/2022).

Ada pertengkaran yang kini terkenal dengan penata rias dan kepercayaan ratu, Angela Kelly. Tiara yang akan dikenakan Meghan Markle, mendorong Harry untuk berteriak, "Apa pun yang diinginkan Meghan, Meghan bisa dapatkan."

Ada pula kabar pertengkaran Markle dengan calon iparnya Kate Middleton yang dilaporkan terlalu ketat untuk gadis pembawa bunga. Kejadian ini berakhir dengan tergantung pada siapa yang menceritakan kisahnya, apakah Middleton atau Markle atau keduanya menangis.

Brown menulis bahwa "Sumber Istana" yang dibocorkan di sana "banyak mengamuk. Berteriak secara langsung di depan anggota staf lainnya, pada dasarnya di depan terlalu banyak orang, itulah sebabnya semuanya mulai keluar ... "

Buku ini juga menggali anggota kerajaan lain dari "The Firm" termasuk Charles, Diana, Camilla, William dan Kate Middleton, yang Brown percaya tidak akan pernah menikahi pewaris takhta jika bukan karena ibunya yang cerdas secara sosial. Pangeran Andrew dan persahabatannya dengan Jeffrey Epstein juga diperiksa, dengan Brown menolak Duke of York yang dipermalukan sebagai "mesin yang dimahkotai."

Brown melihat masa kecil William dan Harry yang sulit dan bagaimana seringnya pertengkaran orangtua mereka dan ketidakbahagiaan ibu mereka, Diana, mempengaruhi mereka. Harry pernah memukul kaki ayahnya dengan tinju kecilnya sambil berteriak, "Aku benci kamu, aku benci kamu, kamu membuat Mummy menangis!"

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Kehidupan Harry

Para pangeran muda juga harus berurusan dengan sifat ibu mereka yang berubah-ubah. "Mereka terbiasa dengan orang yang mereka cintai yang tiba-tiba menghilang atau tidak disukai lagi," tulis Brown, termasuk sepupu favorit mereka, Beatrice dan Eugenie, yang diabaikan ketika Diana berhenti berbicara dengan ibu gadis-gadis itu, Sarah Ferguson.

Harry merasa sulit di Eton yang disebut sekolah paling terkenal di Inggris dan didirikan pada 1440 oleh Henry VI. Berduka setelah kematian mengejutkan Diana pada 1997 dalam kecelakaan mobil di Paris, ia berjuang secara akademis.

Sebagai seorang remaja, sang pangeran, Brown menulis, "secara teratur terlibat perkelahian yang berubah menjadi fisik, berakhir dengan tongkat penopang setelah menendang jendela selama perselisihan dengan siswa lain atas seorang gadis."

Akhirnya, Brown menulis, dia minum terlalu banyak dan ada bukti bahwa "secara emosional, Harry adalah manusia IED." Setelah beberapa tahun yang sebagian dihabiskan di Australia dan Afrika Selatan, ia mendaftar di Royal Military Academy Sandhurst pada 2005.


Kesehatan Mental

Hampir semua orang di sekitar pangeran, tulis Brown, setuju bahwa Angkatan Darat "menyelamatkan Harry agar tidak keluar jalur." Tetapi setelah meninggalkan militer, dia "bertindak agresif, bersenang-senang sepanjang malam" dan tidak senang dengan tugas kerajaannya.

Ia bertemu model cantik dan aktris Cressida Bonas melalui sepupunya Eugenie pada Mei 2012. Putri seorang Earl, Bonas "adalah dunianya tetapi tidak terobsesi dengannya," tulis Brown. "Cantik tapi bukan yang bersolek, dengan karier yang berkembang sebagai aktris di panggung dan TV setelah meninggalkan Universitas Leeds."

Di antara teman dan keluarga, "ada kesepakatan umum bahwa Ms. Bonas memiliki semua bakat untuk menjadi pasangan yang sempurna untuk Harry, yang sangat mencintainya." Tapi, Bonas dilaporkan akhirnya lelah dengan temperamen sang pangeran.

Suatu Hari pada Tahun Baru, pasangan itu pergi ke pub lokal dengan keluarga untuk makan ketika seorang pria tua mendekati mereka dan meminta izin berfoto untuk istrinya yang sakit. Bonas hendak mengatakan ya ketika Harry memerah dan membentak, "Minggir."

Harry kemudian mengakui bahwa dia belajar tinju waktu ini karena dia selalu "di ambang meninju seseorang." "Suasana hati yang biasa" Harry, tulis Brown, "semakin garang" ketika sang pangeran terus-menerus melampiaskan tentang saudaranya William dan ayahnya Charles.

Dia "merasa terus-menerus diperburuk oleh kekuatan yang dimiliki oleh ibu tirinya, Camilla, yang membuatnya merasa seperti pengunjung di Highgrove." Segalanya begitu tegang, Harry kebanyakan berkomunikasi dengan ayahnya melalui sekretaris pribadi.


Cerita Harry

Brown mengungkapkan Bonas akhirnya mendorong Harry untuk mendapatkan bantuan untuk kesehatan mentalnya. "Cressida mulai memiliki kekhawatiran serius tentang kesehatan mental Harry," tulis penulis.

"Dialah yang pertama kali membujuk Harry untuk menemui terapis." Tapi sudah terlambat. Teman-teman mereka mengharapkan pengumuman pertunangan keduanya, tetapi setelah dua tahun bersama Harry, Bonas tidak berniat menjadi bangsawan.

Saat mereka putus pada 2014, menurut buku itu, Harry menulis kepada mantannya sebuah "surat manis yang mengatakan bahwa saya mengagumi Anda, saya berharap Anda baik-baik saja dan di atas semua itu, terima kasih telah membantu saya mengatasi sisi iblis saya dan mencari bantuan." Pangeran itu "yakin dia akan melajang selama sisa hidupnya" sampai dia bertemu Meghan Markle pada Juli 2016.

Ketika mereka bertemu di London's Soho Club musim panas itu, Harry kesepian dan ingin memulai sebuah keluarga. Markle juga merasakan hal yang sama.

Acaranya "Suits" selesai, dia akan berusia 35 tahun, dan pacarnya, koki Kanada Cory Vitiello telah "memutuskan dia belum siap untuk menikah, bahkan jika Markle sudah siap." Jadi, mungkin tidak mengherankan bahwa segala sesuatunya bergerak cepat.

Setelah berkencan, sang pangeran membawa aktris itu ke Botswana untuk tinggal di tenda mewah di kamp safari Kwena. Harry begitu bahagia, namun William bersikap skeptis.

"Setiap kali saudaranya jatuh cinta, itu adalah letusan Vesuvius," tulis Brown. "'Kau sadar ini gadis keempat yang kau bawa ke Botswana,' dia mau tidak mau berkomentar setelah kisah perjalanan Harry yang berbinar."

Infografis Geger Wawancara Meghan Markle dan Pangeran Harry. (Liputan6.com/Trieyasni)

Apartemen Mewah Jimin BTS Disita

Apartemen Mewah Jimin BTS Sempat Disita Gara-Gara Nunggak Asuransi, Agensi Akui Keteledoran

Liputan6.com 2022-04-25 10:40:36
Jimin BTS. (Facebook/ BTS () )

Sebuah kabar kurang enak sempat berembus mengenai Jimin BTS, atau lebih tepatnya mengenai apartemen milik sang superstar K-Pop. Dilansir dari Soompi, Senin (25/4/2022), apartemennya sempat disita.

Kabar ini pertama kali dikabarkan oleh Biz Hankook pada 24 April lalu. Penyitaan apartemen mewah di Nine One Hannam tersebut dilakukan oleh Badan Asuransi Kesehatan pada 25 Januari lalu.

Gara-garanya, adalah sang penyanyi telat membayar asuransi kesehatan premium. Sepanjang masa penyitaan, empat surat pemberitahuan telah dikirimkan kepada member BTS ini.

Akhirnya apartemen ini dikembalikan kepada Jimin BTS pada 22 April kemarin, setelah tunggakan ini dibayar. Tak lama, agensi BTS yakni Big Hit Music buka suara.

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Jimin Tak Sadar

Big Hit Music mengakui bahwa penyitaan ini terjadi karena keteledoran pihaknya. "Mengenai masalah ini, agensi menjadi pihak yang pertama menerima semua surat yang tiba di asrama artis, dan dalam proses menyampaikannya kepada artis, sebagian surat tidak dicantumkan secara tidak sengaja," begitu kalimat pihak agensi di awal pernyataannya.

Lantas bagaimana dengan Jimin sendiri?

"Karena aktivitas Jimin di luar negeri sejak akhir tahun lalu, periode istirahat panjang, dan aktivitas di luar negeri setelahnya, dia tidak menyadari masalah tunggakannya," tutur pihak agensi.


Langsung Melunasi

Segera setelah Jimin mengetahui perkara ini, ia langsung melunasi tunggakan asuransi kesehatan tersebut. Big Hit Music juga menjelaskan bahwa saat ini permasalahan tersebut sudah beres.

"Kami minta maaf karena telah menimbulkan kekhawatiran pihak artis maupun penggemar karena kesembronoan perusahaan kami," begitu isi penutup pernyataan Big Hit.


Beli Tahun Lalu

Apartemen mewah di Nine One Hannam ini sendiri dibeli Jimin BTS pada Mei 2021. Juni tahun yang sama, media ramai memberitakan pembelian apartemen tersebut, karena dibayar secara tunai. Jimin dikabarkan membeli seharga 5,9 miliar won, atau tak kurang dari Rp 75,9 miliar.

RM BTS juga membeli unit apartemen di lokasi yang sama, juga secara tunai. Ia membeli unit seharga 6,36 miliar won, atau sekitar Rp 81,8 miliar. Kabarnya, harga apartemen RM lebih mahal ketimbang milik Jimin, karena dilengkapi balkon tambahan.

INFOGRAFIS: Deretan Prestasi Mendunia Artis Korea (Liputan6.com / Abdillah)

Juara Masterchef Indonesia Season 9

Profil Cheryl Gunawan Juara Masterchef Indonesia Season 9, Lulusan Institut Kuliner di Selandia Baru

Liputan6.com 2022-04-25 10:00:00
Gunawan Juara Masterchef Indonesia 2022 Season 9 (Foto: Instagram/@cheryl.mci9official)

Ajang Masterchef Indonesia season 9 telah resmi berakhir pada hari Minggu (24/04/2022). Cheryl Gunawan berhasil keluar sebagai pemenang. Wanita asal Surabaya sukses mengalahkan grand-finalist lainnya, Palitho.

Kompetisi Masterchef Indonesia season 9 telah bergulir sejak Januari 2022. Arnold Poernomo, Juna Rorimpandey dan Renata Moeloek kembali menjadi juri. Ada 22 kontestan yang berhasil lolos ke babak utama atau galeri Masterchef Indonesia 2022. Cheryl dan Palitho berkompetisi dalam grand final.

Dalam babak grand final, Cheryl dan Palitho dihadapkan pada empat tantangan. Pada tantangan pertama dan kedua, Cheryl sempat tertinggal. Namun ia berhasil memperbaiki performa pada dua tantangan selanjutnya. Cheryl berhasil mengumpulkan 1514 poin, unggul tipis dari Palitho yang meraih 1511 poin.

Cheryl pun mendapat hadiah berupa uang senilai Rp 100 juta dan sebuah mobil. Berikut profil Cheryl yang dirangkum oleh Showbiz Liputan6.com dari laman Wikipedia Indonesia, Senin (25/04/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Keluarga

Pemilik nama Cheryl Putri Gunawan lahir di Surabaya pada 26 Mei 1997. Tahun ini ia akan berusia 25. Cheryl merupakan putri dari Gunawan Suharto Goei dan Lilik Juliawati Suhargo.

Cheryl memiliki dua kakak perempuan yaitu Cindy dan Candy Puteri Gunawan, serta seorang adik laki-laki Calvin Putera Gunawan. Sang kakak, Candy, sempat ikut audisi Masterchef Indonesia season 9 tapi tak lolos lantaran mendapat dua 'no' dari Arnold dan Renatta.


Pendidikan

Cheryl menyelesaikan pendidikan sekolah di kota kelahirannya. Tercatat, ia lulusan SMP Santa Maria Surabaya dan SMA Katolik St. Louis 1 Surabaya. Ia lalu meneruskan pendidikan S1 di Le Cordon Bleu, Wellington, Selandia Baru.

Le Cordon Bleu merupakan institut kuliner yang populer. Pertama dibuka di Perancis, kini Le Cordon Bleu memiliki kampus di 20 negara, salah satunya Selandia Baru.


Dessert

Cheryl dikenal piawai membuat hidangan penutup atau dessert. Rupanya, ia telah memiliki usaha di bidang bakery & pastry. Selain seorang wirausaha, Cheryl juga aktif sebagai kreator konten.

Cheryl juga memiliki hobi yang tak berhubungan dengan kuliner. Ia disebut suka berolahraga dan traveling.


Infografis

 

Orang Indonesia Kebal Covid-19?

HEADLINE: Klaim 99,2 Persen Masyarakat Indonesia Punya Antibodi COVID-19, Tetap Perlu Prokes?

Liputan6.com 2022-04-26 00:01:12
Petugas melayani warga yang mendaftar mudik gratis Lebaran 2022 di Gedung Balai Pertemuan Metro Jaya (BPMJ), Jakarta Selatan, Sabtu (23/4/2022). Polda Metro Jaya membuka program mudik grat

Pada tahun kedua pandemi COVID-19, pemerintah mengklaim masyarakat di Jawa dan Bali memiliki antibodi terhadap virus SARS-CoV-2 penyebab COVID-19 nyaris 100 persen. Tingginya antibodi berasal dari infeksi langsung, vaksinasi, maupun gabungan antara sudah terinfeksi dan divaksinasi COVID-19.

Survei serologi atau penelitian antibodi ini dilakukan oleh Kementerian Kesehatan bersama Fakultas Kesehatan Masyarakat Indonesia (FKM UI) pada Maret 2022. Partisipan dalam survei ini adalah mereka yang pernah diambil sampelnya dalam survei nasional pada Desember 2021 lalu.

Adapun survei mengambil sampel dari 21 kabupaten kota di Jawa dan Bali melibatkan 2.100 orang yang dicek antibodinya atau sekitar 100 orang per kabupaten/kota yang dipilih. Hasilnya 99,2 persen warga di wilayah keberangkatan dan tujuan mudik Jawa-Bali sudah memiliki antibodi terhadap virus Corona penyebab COVID-19.

Tingkat antibodi ini lebih tinggi dibandingkan penelitian serupa yang dilakukan pada Desember 2021. Hasil antibodi pada survei tersebut yakni 86,6 persen penduduk Indonesia sudah mempunyai antibodi COVID-19.

"Kami meng-update (memperbarui) mengenai hasil terakhir sero survei yang dilakukan oleh Kementerian Kesehatan bekerja sama dengan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKUM UI). Di bulan Desember 2021, kita lakukan sero survei, hasilnya 86,6 persen masyarakat Indonesia sudah memiliki antibodi," ungkap Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin saat memberikan keterangan pers di Kantor Presiden Jakarta, Senin, 18 April 2022.

Pemerintah menjadikan kenaikan hasil antibodi berdasakan sero survei yang dilakukan pada Maret 2022, sebagai dasar kebijakan untuk menghadapi Lebaran 2022. Dengan tingkat antibodi yang tinggi, pemerintah mengambil kebijakan memperbolehkan masyarakat mudik di tahun ini dengan beberapa syarat. Salah satunya bebas tes COVID-19 bila sudah mendapatkan vaksinasi booster.

"Jadi, pengambilan kebijakan mudik ini ada basis risetnya (melihat survei antibodi)," lanjut Budi.

Hal senada disampaikan epidemiolog yang juga termasuk dalam tim peneliti dari FKM UI, Pandu Riono. Ia mengatakan bahwa penelitian sero survei di Maret jadi dasar kebijakan pelonggaran mudik.

"Ternyata hasil survei mendukung (mudik), proporsi penduduk di daerah asal dan tujuan mudik Jawa Bali yang mempunyai antibodi SARS CoV-2 sebesar 99,2 persen," Pandu dalam pemaparan hasil survei bersama Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) pada Rabu, 20 April 2022.

Sero survei yang dilakukan juga bisa menunjukkan tingkat titer antibodi masyarakat di Jawa dan Bali sudah ribuan, yakni 7-8 ribu. Sementara pada Desember 2021 hanya sekitar ratusan.

<p>Infografis Klaim 99,2 Persen Masyarakat Indonesia Punya Antibodi Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)</p>

Tingkat Antibodi Tinggi, Prokes Pantang Kendur

Pandu mengatakan dengan antibodi dan kadar titer antibodi yang tinggi pada penduduk di wilayah asal dan tujuan mudik Jawa-Bali maka dapat mengurangi risiko hospitalisasi dan kematian dalam kegiatan mudik Lebaran tahun 2022.

Hal serupa pun disampaikan Budi Gunadi. Ia berharap dengan antibodi yang tinggi terhadap virus SARS-CoV-2 akan mengurangi kefatalan bila ada masyarakat yang terpapar COVID-19.

"Sehingga kalau nanti diserang virus, daya tahan tubuh bisa cepat menghadapinya dan mengurangi sekali risiko untuk masuk rumah sakit juga wafat," imbuh Budi Gunadi.

"Itulah sebabnya, kami percaya, Pemerintah ya insyaAllah, Ramadhan kali ini, mudik kali ini bisa berjalan dengan lancar, tanpa membawa dampak negatif kepada masyarakat," kata Budi.

Meski kadar antibodi dan titer antibodi tinggi, Pandu dan Iwan Ariawan yang tergabung dalam Tim Pandemi FKM UI mengatakan bahwa masyarakat bukan berarti santai tanpa menerapkan protokol kesehatan. Memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mencuci tangan dengan sabun sebagai aspek protokol kesehatan (prokes) harus tetap dijalankan.

"Bukan berarti kita melepas protokol kesehatan, kita tetap harus mendorong masyarakat untuk tetap patuh prokes supaya tetap sehat selama perjalanan karena pandemi belum selesai," kata Pandu.

Tingkat antibodi yang tinggi terhadap COVID-19 jangan juga kemudian membuat jemawa. Pasalnya, Anda masih bisa terpapar dan menularkan virus Corona ke orang lain.

"Masyarakat jangan jemawa, jangan lupa masker. Kalo demam, batuk, pilek dan sakit tenggorokan tetap harus waspada. Memiliki antibodi bukan jaminan tidak bisa menulari ke orang lain. Apalagi jika di lingkungan sekitar pemudik ada lansia yang belum divaksin," tegas Iwan Ariawan.

Wakil Presiden Ma'ruf Amin juga berpesan kepada para pemudik agar tidak menjadi pembawa virus saat balik ke kampung halaman. Dia tidak ingin pemudik menjadi penyebab penularan virus COVID-19 kepada keluarganya.

"Ini harus dijaga. Jangan dari kota membawa virus ke kampung dan dari kampung jangan membawa virus ke kota," ujar Ma'ruf di Yogyakarta, Jumat (22/4/2022).

Maka dari itu, Ma'ruf meminta agar protokol kesehatan dan vaksinasi terus dilakukan baik untuk pemudik maupun keluarganya di kampung halaman. Pemerintah juga telah meminta agar para pemudik sudah memperoleh vaksin booster agar lebih aman.

"Pesan saya supaya pemudik tetap menjaga kesehatan, menerapkan protokol kesehatan, kemudian (melakukan) vaksinasi COVID-19," tutur Ma'ruf.

"Karena di tempat yang mereka tuju untuk mudik itu ada orang tua, ada orang sakit, ada anak-anak," ujarnya.

<p>Infografis Antibodi Covid-19 Masyarakat Naik Jadi 99,2 Persen, Mudik Aman? (Liputan6.com/Abdillah)</p>


Punya Antibodi Tak Lantas Kebal dari COVID-19

Vaksinolog lulusan Italia, Dirga Rambe Sakti, mengatakan bahwa tingginya antibodi pada masyarakat Jawa dan Bali tentu hal yang baik. Terlebih bila masyarakat mendapatkan antibodi lewat vaksinasi, itu artinya seseorang tidak perlu sakit untuk mendapatkan kekebalan dari COVID-19.

Namun, Dirga mengingatkan ketika masyarakat sudah memiliki antibodi terhadap COVID-19 bukan berarti kebal terhadap virus Corona. Dirga menerangkan bahwa meski sudah memiliki antibodi COVID-19, masih mungkin terkena COVID-19 atau terjadi lonjakan kasus.

"Antibodi ini sangat dinamis ya, jadi tidak bisa melihat antibodi ini seperti hitam dan putih, tidak berarti kalau sudah punya antibodi berarti kebal," kata Dirga dalam Virtual Class bersama Liputan6.com pada 22 April 2022.

Senada dengan Dirga, epidemiolog Dicky Budiman pun mengatakan kekebalan tubuh terhadap COVID-19 tidak bersifat permanen. Hal ini berarti, peningkatan kadar antibodi warga tidak 100 persen menjamin lonjakan penularan penyakit itu tidak terjadi lagi.

"Artinya tidak bisa menjamin 100 persen tidak terjadi lonjakan. Kita tahu bahwa imunitas terhadap COVID-19 tidak bersifat permanen," kata Dicky, mengutip Antara.

Dirga juga mencotohkan bahwa sudah banyak negara yang warganya memiliki antibodi tinggi. Nyatanya, negara-negara tersebUt melaporkan adanya lonjakan kasus serta kematian akibat COVID-19.

"Banyak sekali negara-negara yang melaporkan masyarakatnya sudah memiliki antbodi tinggi mengalami lonjakan kasus dan kematian. Oleh karena itu, informasi ini seharusnya tidak membuat kita abai (pada protokol kesehatan)," terang Dirga.

<p>Infografis Ragam Tanggapan Antibodi Covid-19 Masyarakat Naik Jadi 99,2 Persen. (Liputan6.com/Abdillah)</p>


Prokes Tak Ketat, Risiko Kasus COVID-19 Meningkat Pasca Lebaran

Walaupun antibodi COVID-19 penduduk Indonesia di angka 99,2 persen, Mantan Direktur WHO Asia Tenggara Tjandra Yoga Aditama menyampaikan, kemungkinan kasus COVID-19 naik pasca mudik Lebaran 2022 bisa saja terjadi.

"Yang antibodi hampir 100 persen adalah di 21 Kabupaten di Jawa dan Bali ya. (Daerah) lain akan baik kalau dilakukan survei juga," ucap Tjandra Yoga saat dihubungi Health Liputan6.com melalui pesan singkat pada Senin, 25 April 2022.

"Kenaikan kasus (COVID-19 pasca mudik Lebaran) kemungkinan dapat terjadi, tetapi harapannya tidak terlalu tinggi."

Serupa dengan Tjandra, Dicky Budiman pun mengatakan bahwa potensi kenaikan kasus usai Lebaran memang ada.

"Potensi adanya peningkatan kasus pasca mudik tentu tetap ada karena bagaimanapun kita masih memiliki populasi rawan yang jumlahnya kurang lebih 20 persen. Baik karena belum divaksinasi atau karena penurunan imunitas," ujar Dicky melalui pesan video.

Dengan proporsi yang kurang lebih 20 persen ini, jika merujuk populasi Indonesia yang mendekati 300 juta tentu ini sudah sangat signifikan. Bahkan, jumlahnya melebihi jumlah penduduk Singapura, Kamboja, dan Laos.

"Ini tentu juga membawa kerawanan tersendiri karena sebarannya yang terutama di daerah perifer, di daerah yang cakupan vaksinnya belum memadai, bukan hanya di luar Pulau Jawa tapi juga di sebagian Pulau Jawa. Terutama yang bukan wilayah aglomerasi," sebut pria yang juga peneliti di Griffith University Australia ini.


Upaya Cegah Lonjakan Usai Lebaran 2022

Tjandra Yoga Aditama bersyukur bahwa jumlah kasus dan kematian akibat COVID-19 Indonesia terus melandai. Adanya momen mudik Lebaran 2022, diharapkan tidak terjadi lonjakan COVID-19.

"Semua tentu berharap agar angkanya (kasus COVID-19) dapat terus ditekan dan jangan sampai ada lonjakan kasus tidak terkendali sebagai dampak mudik kali ini," ucapnya yang juga Direktur Pasca Sarjana Universitas YARSI dan Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI).

Ada beberapa tips, menurut Tjandra Yoga, yang bisa dilakukan untuk mencegah lonjakan kasus COVID-19 pasca mudik Lebaran 2022.

"Pertama, sesuai kebijakan yang sudah ada, maka bagi yang belum (vaksin booster) agar segera mendapat vaksinasi booster, baiknya bukan hanya bagi pemudik, tapi juga keluarga di kampung halaman. Ini bukan hanya bermanfaat bagi para pemudik, melainkan punya dampak bagi memberi perlindungan juga bagi kemungkinan penularan di kampung halaman yang dikunjungi," jelasnya.

"Kedua, para pemudik agar tetap menjaga protokol kesehatan dalam hal memakai masker secara ketat dan juga secara rutin mencuci tangan."

Tips ketiga mencegah lonjakan COVID-19 pasca mudik Lebaran 2022, yakni para pemudik perlu berupaya optimal untuk menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

"Tentu tidak terlalu mudah dan perlu disesuaikan dengan situasi lapangan yang ada. Sesuai anjuran Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), setidaknya ada hal-hal yang harus kita lakukan bila terpaksa berada dalam kerumunan," Tjandra Yoga Aditama menjelaskan.

"Ya, sedapat mungkin kalau ada kerumunan di ruang terbuka daripada di ruang tertutup. WHO menyebutnya sebagai open air spaces safer than enclosed spaces. Artinya, ada dua hal kalau harus berkumpul, yaitu memang akan jauh lebih baik kalau dilakukan di udara terbuka saja dan kalau terpaksa harus di dalam ruangan, maka seharusnya ada ventilasi terbuka dengan udara luar."

Ketika berada di dalam kerumunan, Tjandra Yoga, yang merupakan Mantan Dirjen P2P dan Kepala Balitbangkes Kementerian Kesehatan, menyarankan, tetap berupaya maksimal menjaga jarak dengan orang lain di sekitar.

"WHO menyebutnya, sebagai farther away from others safer than close together.Langkah ini untuk mencegah penularan kalau barangkali di sekitar kita ada yang batuk, bersin atau berbicara keras, dan lainnya," terangnya.


Antibodi Nyaris 100 Persen, Siap Beralih ke Endemi?

Menilik hasil survei antibodi yang hampir 100 persen ini, apakah Indonesia sudah siap masuk endemi? Menurut Budi Gunadi Sadikin, keputusan memasuki endemi berada di tangan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan penetapan dari Presiden.

Pandu Riono mengatakan, hasil survei serologi dengan angka antibodi yang cukup tinggi, bukan ditujukan untuk bisa mendeklarasikan endemi.

"Kita tidak bisa men-declare (mengumumkan) apakah ini sudah masuk endemi atau tidak," kata Pandu dalam konferensi pers Update Perkembangan COVID-19 di Indonesia, Rabu (20/4/2022).

Penetapan endemi COVID-19, menurut Menkes Budi Gunadi Sadikin, melalui sejumlah pertimbangan yang harus dipenuhi, tidak hanya dari sisi kesehatan saja. Penegasan ini menanggapi pernyataan Satgas COVID-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI), yang menyebut Indonesia bisa masuk endemi 3 bulan lagi.

"Endemi itu pertimbangannya tidak hanya kesehatan, tapi juga sosial, politik, dan budaya. Kita sudah mengalami pandemi lebih dari 10 kali sejak abad ke 13 dan 14, selalu pertimbangannya banyak," ujar Budi Gunadi saat kegiatan vaksinasi booster dan donor darah di City Hall Pondok Indah Mall, Jakarta.

Dari segi kesehatan, Pemerintah telah menyiapkan sejumlah skenario menuju endemi sesuai standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Diharapkan transmisi virus Sars-CoV-2 semakin rendah. sehingga penyebarannya dapat semakin ditekan.

"Bapak Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah menyiapkan skenario-skenario (endemi). Kita ingin kalau bisa indikator transmisi yang WHO ada 3, yakni level 1 dalam 6 bulan berturut-turut," terang Budi Gunadi.

"Usulan epidemiolog, kalau bisa reproduction number-nya (rata-rata orang yang terinfeksi COVID-19) di bawah 1 selama 6 bulan berturut-turut juga minimal vaksinasi lengkapnya dua kali.


Endemi Masih Tetap Pakai Masker?

Ketika memasuki endemi, Budi Gunadi Sadikin menekankan, bukan berarti virus Sars-CoV-2 penyebab COVID-19 hilang sepenuhnya. Masyarakat akan tetap hidup berdampingan dengan COVID-19.

"Virusnya tetap ada tapi penularannya rendah terkendali. Jadi, bisa saja yang masuk dirawat sedikit sekali," jelasnya.

"Yang penting adalah budaya masyarakat sudah paham bagaimana menangani penyakit itu sendiri tanpa dipaksa oleh Pemerintah. Sama seperti kalau sakit demam berdarah, rumah disemprot. Kalau ada demam, panasnya naik turun, kita cek darah sendiri, sehingga kalaupun masuk rumah sakit tertangani dengan baik."

Yang terpenting adalah edukasi masyarakat terhadap protokol kesehatan harus terus dilakukan di masa menuju transisi endemi, bahkan bila sudah masuk endemi. Ada kesadaran masyarakat untuk melakukan tes COVID-19 jika merasa bergejala.

"Karena itu kita harus pakai masker. Kalau kena (bergejala), misalnya, harus PCR, kemudian kalau sudah PCR dan positif mesti isolasi untuk tidak menularkan. Itu yang paling penting dipenuhi sebagai syarat menjadi endemi," ucap Menkes.


Lebaran, Ajang Ujian Indonesia Hadapi COVID-19

Sekretaris Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan (Kemenkes), dr Siti Nadia Tarmizi mengungkapkan bahwa momentum tersebut menjadi ujian bersama bagi Indonesia agar tidak memiliki peningkatan atau lonjakan kasus kembali.

"Kita cukup optimistis mengingat cakupan vaksinasi cukup tinggi. Pencapaian ini tentu tidak lepas dari dorongan sejumlah regimen vaksin yang telah kita gunakan selama ini," ujar Nadia.

Hal ini lantaran vaksinasi memang menjadi salah satu pelindung terkuat masyarakat dari virus Corona. Apalagi beberapa jenis vaksin juga telah dinyatakan aman dan halal untuk digunakan masyarakat. Dengan kerja sama berbagai pihak, pemberian vaksin juga terus dilakukan.

"Berbagai upaya kita lakukan dengan berbagai skema agar masyarakat Indonesia segera mengakses vaksinasi. Supaya tingkat fatalitas dan kematian bisa kita tekan serendah mungkin dan dalam waktu secepat mungkin," kata Nadia dalam konferensi pers daring pada 25 April 2022.

Nadia mengungkapkan kebanyakan daerah di Indonesia sudah berada dalam PPKM level 1. Sementara itu, tidak terjadi pula peningkatan kasus yang signifikan.

"Kalau kita lihat angka konfirmasi harian turun terus. Pada tanggal 25 April dilaporkan 317 kasus. Jauh turun dari pada saat kita mengalami puncak Omicron ataupun juga pada saat varian Delta," ujar Nadia.

Angka kematian di Indonesia hari ini juga dipaparkan Nadia sebanyak 33 kasus. Padahal angka tertingginya pada gelombang Omicron kemarin mencapai 2.200 kasus.

"Angka positif kita saat ini sudah kurang dari satu persen atau 0,25 persen dan tingkat keterisian rumah sakit kita hingga 23 April hanya 3 persen," kata Nadia.