Volume 275

Tina Rahimi Petinju Muslimah Pertama

Tina Rahimi Petinju Muslim Perempuan Pertama Wakil Australia di Pertandingan Internasional

Liputan6.com 2022-04-27 19:40:59
Setelah berhenti menjadi makeup artis, Tina Rahimi menekuni tinju dan akan bertanding di Birmingham bulan Juli. (Tina Rahimi instagram)

Nama Tina Rahimi tengah jadi sorotan, pasalnya ia bakal jadi petinju Muslim perempuan pertama yang mewakili Australia di Pekan Olahraga Antar Negara Persemakmuran di Birmingham, Inggris, pada Juli 2022 mendatang.

Mengutip ABC Australia, Rabu (27/4/2022), Tina yang berasal dari Bass Hill di Sydney tersebut akan bertanding di kelas 57 kg. Ia merupakan satu dari delapan petinju yang baru pertama kali mewakili Australia di pertandingan internasional.

Secara keseluruhan cabang tinju Australia akan menurunkan 11 petinju, yang empat di antaranya adalah perempuan. Sementara tujuh lainnya pria.

Tina Rahimi, petinju perempuan yang sekarang berusia 26 tahun baru menekuni tinju selama beberapa tahun terakhir dan sebelumnya adalah seorang "make-up artist" atau perias wajah.

Semula, Tina Rahimi berencana untuk menjadi petinju profesional. Namun adanya wabah COVID-19 dan persiapan menjelang Pesta Olahraga Persemakmuran saat ini memaksanya untuk sementara menunda rencana.

"Sejak mulai menekuni tinju saya tidak pernah berhenti. Saya sangat suka," kata Tina kepada media Australia The Daily Telegraph.

"Saya merasa mampu bertinju dan kemudian menonton pertandingan tinju yang lebih lagi menambah motivasi saya. Saya merasa saya akan bisa bertanding dengan baik, mulai berlatih dan pertandingan pertama saya adalah di tahun 2018."

"Saya suka dengan kontak fisik. Saya tidak pernah takut kena pukulan. Saya bahkan berlatih dengan remaja putra, dan walau mendapat pukulan saya tetap maju melawan."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Dua Kali Kalah,Perempuan Muslim PertamaWakil Australia di Cabang Tinju

Catatan rekor pertandingan Tina sejauh ini adalah 15-2, artinya menang 15 kali dan kalah dua kali, dan sekarang berharap akan berprestasi bagus di Pekan Olahraga Antar Negara Persemakmuran di Birmingham, Inggris, bulan Juli.

Tina mengatakan dengan menjadi perempuan muslim pertama yang mewakili Australia di cabang tinju, dia berharap akan memberi inspirasi bagi perempuan lain dari seluruh kalangan untuk terjun di dunia olahraga.

"Saya tahu saya memiliki potensi dan kemampuan untuk merebut medali emas, jadi saya benar-benar mendedikasikan diri ke cabang tinju sekarang ini," katanya.

"Ini akan menjadi prestasi luar biasa dari seorang berlatar belakang Muslim. Tidak banyak perempuan Muslim pernah mencapai prestasi seperti ini sebelumnya.

"Saya harus mengenakan hijab untuk menutup rambut saya dan juga tangan dan kaki saya dibalut pakaian, jadi saya tampak berbeda.

"Saya merasa bahwa kita bisa melakukan apa saja, kalau kita betul-betul berniat. Bahwa walau kita tampak atau mengenakan pakaian berbeda, berasal dari agama berbeda, tidak berarti kita tidak bisa mencapai impian yang kita inginkan."


Tiga Petinju Perempuan lain, Total Australia Kirim 425 Atlet

Tinju merupakan cabang kedua yang sudah mengumumkan atlet yang akan dikirim ke Birmingham, setelah minggu lalu tim angkat besi melakukan hal yang sama.

Australia secara keseluruhan akan mengirimkan 425 atlet ke pertandingan yang akan dilangsungkan antara tanggal 26 Juli sampai 8 Agustus tersebut.

Petinju perempuan Australia lainya adalah Kaye Scott, 37 tahun, yang akan menjadi petinju Australia kedua yang bertanding di tiga Pekan Olahraga Persemakmuran.

Kaye merebut medali perunggu di kelas 70 kg di Pekan Olahraga Persemakmuran di Gold Coast, Queensland, di tahun 2018 namun akan bertanding di kelas 69 kg di Birmingham.

Satu petinju lagi adalah Catlin Parker yang merebut medali perak di kelas 78 kg empat tahun lalu dan juga mewakili Australia di Olimpiade Tokyo 2021.

Petinju perempuan keempat Australia adalah Callum Peters yang baru berusia 19 tahun yang akan bertanding di kelas 75 kg.


Petinju Perempuan Arab Saudi Taklukkan Dua Gunung Tertinggi Dunia

Berbicara soal petinju wanita, Rasha al-Khamis, seorang perempuan Arab Saudi telah menorehkan prestasi terbaru. Ia menjadi petinju perempuan bersertifikasi pertama yang berhasil mendaki dua dari tujuh puncak tertinggi dunia (Seven Summit).

Dikutip dari Al Arabiya pada Minggu (25/3/2018), Rasha mengatakan, ada kesamaan dari tinju dan mendaki. Yakni, kegembiraan dan tantangan.

Meskipun Rasha berasal dari keluarga yang dikenal karena budaya dan seni, cucu dari almarhum penulis Abdullah bin Khamis, menjelaskan semangatnya untuk olahraga, geografi dan alam membawanya ke dunia ini.

Rasha mengatakan, dia mengenakan sarung tangan tinju pertamanya pada tahun 2011 ketika belajar di Universitas Southern California dan saat itulah cintanya untuk olahraga dimulai.

"Saya bergabung dengan klub tinju dan berlatih dua hingga tiga kali seminggu selama dua tahun berturut-turut," katanya.

"Saya menyukai permainan dan saya mendapat banyak manfaat dari itu karena telah mengembangkan karakter dan keterampilan saya seperti kecepatan dan efisiensi."

"Tinju adalah olahraga yang luar biasa, dan salah satu olahraga tercantik yang pernah saya mainkan. Tinju menanamkan kepercayaan diri dan menghilangkan energi negatif sembari memberikan energi pada pikiran.

Sebagai petinju, Anda harus memiliki refleks yang cepat. Itu juga bukan olahraga yang mahal, tetapi perlu kemauan keras untuk menguasainya," ucap perempuan Arab Saudi itu.

Selengkapnya di sini...

Hubungan Indonesia Australia (Liputan6.com/Trieyas)

Jadi Pengacara Kasus Dugaan Pencabulan

Barbie Kumalasari Ditunjuk Menjadi Pengacara di Sidang MMS, Terdakwa Kasus Santriwati

Liputan6.com 2022-04-27 15:41:26
Barbie Kumalasari (ist/ Munady Widjaja)

Barbie Kumalasari kini menyibukkan dirinya dengan menjalani pekerjaannya di luar dunia hiburan Tanah Air, tepatnya sebagai seorang pengacara. Aktris sinetron ini sedang menjadi pengacara guru mengaji berinisial MMS yang diduga melakukan pencabulan terhadap 10 santriwati di Kota Depok.

Sidang kasus MMS ini bertempat di Pengadilan Negeri Depok, Jawa Barat dengan agenda pembacaan dakwaan pada bulan April 2022. Barbie Kumalasari menjelaskan dalam pernyataan pers bahwa terdakwa disebutnya melakukan pencabulan karena terbawa suasana.

"Dia melakukan itu secara spontan. Ketika melihat suasana memang aman, lagi berada di dalam kamar dengan mengajak mengaji atau menyuruh masuk kamar," ungkap Barbie Kumalasari dalam pernyataan usai sidang pada Selasa (26/4/2022).

"Pura-pura menjahit pakaian, tiba-tiba disamperin, didatangi. Ada yang dicium, ada yang dibuka celananya," lanjut Barbie Kumalasari memaparkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Pasal yang Menjerat

Dalam sidang ini, MMS didakwa mencabuli 10 orang santriwati. Jaksa pun mendakwa MMS karena dipastikan bersalah telah melanggar UU Perlindungan Anak.

MMS lantas didakwa telah melanggar Pasal 82 ayat (1), ayat (2), ayat (4) jo Pasal 76 E Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2016 juncto Pasal 65 ayat 1 KUHP.


Meringankan Hukuman

Namun begitu, di sisi lain Barbie Kumalasari menyampaikan bahwa kliennya itu memiliki beberapa hal yang bisa membuat hukumannya diringankan. Ia berharap ancaman yang dituntut Jaksa tak sampai maksimal meskipun tindakan pelaku sangat tidak dibenarkan.

"Pertama, beliau berprofesi sebagai guru ngaji. Kedua, beliau membebaskan iuran SPP selama tiga tahun para santrinya. Membebaskan iuran seragam, biaya makan dan minum, dan beliau sangat kooperatif untuk mengakui," kata Barbie Kumalasari.

"Itu segi positif dari beliau yang mungkin insyaallah bisa setidaknya meringankan," ujarnya berharap.

Ilustrasi korban pelecehan | unsplash.com/@anthonytran


Masih Tahap Pemeriksaan

Selanjutnya Kumalasari menegaskan bahwa kasusnya ini masih dalam tahap pemeriksaan. Agenda sidang selanjutnya adalah mendengarkan keterangan saksi.

"Nanti akan dilakukan pemeriksaan dan lebih jelasnya akan diutarakan oleh saksi pada sidang selanjutnya," tutup Barbie dalam keterangannya.

INFOGRAFIS: 6 Tips Lindungi Diri dari Pelecehan Seksual (Liputan6.com / Abdillah)

Malaysia Bebas Masker 1 Mei

Malaysia Resmi Cabut Peraturan COVID-19, per 1 Mei Warga Boleh Tidak Pakai Masker

Liputan6.com 2022-04-27 19:00:00
Pelancong mengantre di konter check-in Bandara Internasional Kuala Lumpur, Sepang, Malaysia, Jumat (1/4/2022). Mulai hari ini, Malaysia membuka perbatasannya untuk orang asing dan pelancong y

Malaysia secara resmi akan mencabut pembatasan COVID-19 mulai Minggu, 1 Mei 2022. Pada hari itu, warga boleh tidak pakai masker saat berada di luar ruangan dan pelancong yang sudah vaksinasi penuh tidak perlu lagi tes COVID --- baik itu PCR maupun antigen.

Menteri Kesehatan Malaysia, Khairy Jamaluddin, mengatakan, kewajiban pakai masker hanya ditegakkan di dalam ruangan, termasuk di pusat perbelanjaan dan di transportasi umum.

"Pakai masker di luar ruangan adalah opsional, tetapi tetap dianjurkan," kata Jamaluddin saat konferensi pers pada Rabu, 27 April 2022, dikutip dari situs Channel News Asia.

Menkes Khairy melanjutkan bahwa seluruh warga juga didorong tetap memakai masker di luar ruangan apabila berada di tempat-tempat ramai seperti di pasar Ramadhan, stadion, dan pasar malam.

Sedangkan peraturan untuk pelancong, Khairy, mengatakan, semua protokol pengujian untuk masuk ke Malaysia, baik tes pra-keberangkatan maupun kedatangan, tidak lagi dibutuhkan.

Dengan syarat, pelancong sudah menerima dosis penuh vaksin COVID-19. Peraturan yang sama juga berlaku bagi mereka yang telah pulih dari infeksi COVID-19 enam hingga 60 hari sebelum tanggal keberangkatan.

Semua peraturan tersebut berlaku juga untuk pelancong anak berusia 12 ke bawah.

Sayangnya, kata Khairy, bagi pelancong yang belum sepenuhnya di-vaksinasiCOVID tetap harus menjalani tes serta wajib karantina selama lima hari.

Khairy lalu menambahkan bahwa asuransi perjalanan tidak lagi menjadi pra-syarat bagi warga negara asing (WNA) untuk masuk ke Malaysia.


Pencabutan Peraturan COVID-19 Lainnya, Tidak Perlu Check In MySejahtera

Khairy juga mengatakan bahwa check-in melalui aplikasi pelacakan kontak MySejahtera tidak lagi diperlukan dan orang-orang yang bahkan tidak vaksinasi sama sekali juga akan diizinkan memasuki lokasi.

Menurut dia hanya warga yang telah dites positif terkena Virus Corona dan telah dikeluarkan perintah untuk isolasi mandiri yang tidak akan diizinkan masuk.

Tidak hanya itu, Khairy juga menyebut bahwa orang-orang dengan COVID-19 boleh menyudahi karantina lebih awal jika tes RTK-Ag yang diawasi secara profesional menunjukkan hasil negatif pada hari keempat.

Aturan karantina bagi pasien COVID-19 saat ini adalah tujuh hari.

Malaysia sebelumnya sudah membuka kawasan perbatasannya pada 1 April usai lebih dari dua tahun membatasi keluar dan masuk karena pandemi COVID-19.


Kasus COVID-19 di Malaysia Alami Penurunan

Malaysia pada Selasa, 26 April 2022, melaporkan 3.361 kasus baru COVID-19. Jumlah ini meningkat dibanding Senin, 25 April 2022, sebanyak 2.478 jiwa.

Meski terlihat adanya penambahan, tapi secara garis besar jumlah kasus COVID-19 di Malaysia telah menurun selama beberapa minggu terakhir dengan lima angka kasus harian terakhir dilaporkan pada 13 April 2022.

Sementara puncak kasus COVID-19 di sana terjadi pada bulan Maret dengan penambahan harian yang bahkan pernah mencapai 30.000 kasus.

Meski begitu, angka yang sudah divaksinasi tergolong besar. Hingga Selasa, lebih dari 16 juta atau 68,1 persen populasi orang dewasa telah menerima vaksin booster.

Sementara untuk vaksinasi dosis penuh telah mencapai 97,6 persen.

Menurut situs COVIDNOW Kementerian Malaysia, lebih dari 81,5 persen dari total populasi telah divaksinasi penuh.

Sejak awal pandemi COVID-19, Malaysia telah melaporkan lebih dari 4,4 juta kasus COVID-19 dengan lebih dari 35.500 kematian.


Bagaimana dengan Indonesia?

Bagaimana dengan Indonesia? Sepertinya kewajiban untuk mengendurkan penggunaan masker masih belum akan dilakukan dalam waktu dekat.

Sebab, Presiden Joko Widodo atau Jokowi pada Senin, 25 April 2022, mengatakan, transisi dari pandemi COVID-19 menuju endemi harus dilakukan secara hati-hati.

Menurut Jokowi, transisi dari pandemi ke endemi perlu melalui berbagai tahapan. Sehingga pemerintah Indonesia tidak ingin seperti negara-negara lain yang langsung melakukan kebijakan melepas masker.

Jokowi, mengatakan, pemerintah akan melihat situasi pada masa transisi selama enam bulan ke depan.

"Saya tidak ingin kayak negara-negara lain langsung buka masker, ndak. Ini masih masa transisi, kira-kira enam bulan kita lihat seperti apa, baru nanti silakan kalau di luar ruangan buka masker, kalau di dalam ruangan masih pakai masker," ujarnya.

Hal ini diutarakan Jokowi menyusul pertanyaan jurnalis terkait diperbolehkannya mudik pada musim Lebaran 2022 dan dampaknya pada transisi tersebut.

"Memang mudik kita perbolehkan karena melihat angka-angka kasus harian sudah sangat rendah dan kasus aktifnya kan sudah di bawah 20 ribu memang rendah," kata Jokowi usai meninjai Sirkuit Formula E, Jakarta pada Senin, 25 April 2022.

"Tetapi, apapun ada masa transisi yang masih kita harus hati-hati," Jokowi menambahkan.

Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)

Ironi Bupati Bogor Ditangkap KPK

Sebelum Ditangkap KPK, Ade Yasin Sempat Teken Aturan Larangan ASN Terima Gratifikasi

Liputan6.com 2022-04-27 11:13:54
Bupati Bogor Hj Ade Yasin saat peluncuran aplikasi Teman Sehat.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menangkap Bupati Bogor Ade Yasin, terkait dugaan suap.

Yang bersangkutan terjaring operasi tangkap tangan (OTT) lembaga antirasuah itu yang dilakukan sejak Selasa 26 April 2022 hingga pagi hari ini, Rabu (27/4/2022).

Sebelum ditangkap KPK, Ade Yasin sempat menerbitkan Surat Edaran (SE) terkait larangan bagi aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, untuk menerima gratifikasi Lebaran 2022.

Adapun, SE Bupati Bogor Nomor 700/547-Inspektorat tersebut mengatur setiap ASN, pimpinan, dan karyawan BUMD dilarang melakukan permintaan, pemberian, serta penerimaan gratifikasi yang berhubungan dengan jabatan atau kewenangannya berkaitan dengan Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah atau pandemi Covid-19.

"Tindakan tersebut dapat menimbulkan konflik kepentingan, bertentangan dengan peraturan atau kode etik, dan memiliki risiko sanksi pidana," kata Ade di Cibinong Senin 25 April 2022.

Seperti dilansir dari Antara, ASN di lingkungan Pemkab Bogor juga dilarang memanfaatkan kondisi pandemi Covid-19 atau Lebaran sebagai kesempatan untuk melakukan tindakan koruptif.

Dia menjelaskan larangan tersebut berdasarkan pada ketentuan Pasal 12 B dan Pasal 12 C Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

"Permintaan dana atau hadiah sebagai THR (tunjangan hari raya) merupakan perbuatan yang dilarang dan dapat berimplikasi pada tindak pidana korupsi," kata Ade.

Perayaan hari raya keagamaan atau hari besar lainnya merupakan tradisi untuk meningkatkan religiositas, menjalin silaturahmi, dan saling berbagi, khususnya kepada pihak yang membutuhkan.

"Perayaan tersebut sepatutnya tidak dilaksanakan secara berlebihan yang menyebabkan peningkatan pengeluaran yang tidak dibutuhkan, peka terhadap kondisi lingkungan sosial, dan mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku," tutur Ade.


Ditangkap KPK

Sebelumnya, Tim Satgas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar operasi tangkap tangan (OTT) di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Operasi senyap dilakukan sejak Selasa, 26 April 2022 hingga pagi hari ini, Rabu (27/4/2022).

Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri membenarkan tim penindakan lembaga antirasuah mengamankan Bupati Bogor Ade Yasin dalam operasi senyap.

"Benar, tadi malam sampai (27/4/2022) pagi KPK melakukan kegiatan tangkap tangan di wilayah Jawa Barat. Di antaranya Bupati Kab. Bogor, beberapa pihak dari BPK Perwakilan Jawa Barat dan pihak terkait lainnya," ujar Ali dalam keterangannya, Rabu (27/4/2022).

Ali tak menjelaskan detail kasus apa yang membuat Ade Yasin diciduk tim penindakan KPK. Namun Ali memastikan Ade Yasin terlibat tindak pidana suap.

"Kegiatan tangkap tangan ini dilakukan karena ada dugaan tindak pidana korupsi pemberian dan penerimaan suap," kata Ali.


Terkait Suap

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap Bupati Bogor Ade Yasin saat menggelar operasi tangkap tangan (OTT) di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Operasi senyap dilakukan sejak Selasa, 26 April 2022 hingga pagi hari ini, Rabu (27/4/2022).

Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri mengatakan, penangkapan ini diduga terkait tindak pidana korupsi pemberian dan penerimaan suap.

"Kegiatan tangkap tangan ini dilakukan karena ada dugaan tindak pidana korupsi pemberian dan penerimaan suap," kata Ali dalam keterangannya, Rabu (27/4/2022).

Selain Ade Yasin, KPK juga menangkap BPK Perwakilan Jawa Barat serta pihak lainnya.

"Benar, tadi malam sampai (27/4/2022) pagi KPK melakukan kegiatan tangkap tangan di wilayah Jawa Barat. Di antaranya Bupati Kab. Bogor, beberapa pihak dari BPK Perwakilan Jawa Barat dan pihak terkait lainnya," ujar Ali.


Sita Sejumlah Uang

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) turut menyita sejumlah uang dalam operasi tangkap tangan (OTT) yang dilakukan di wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Dalam operasi senyap ini, tim penindakan menangkap Bupati Bogor Ade Yasin, auditor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Kabupaten Bogor, dan beberapa pihak lainnya.

"KPK telah mengamankan beberapa pihak dari Pemda Kabupaten Bogor, Pemeriksa BPK dan rekanan serta sejumlah uang serta barang bukti lainnya," ujar Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron dalam keterangannya, Rabu (27/4/2022).

Diketahui, Tim Satgas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar operasi tangkap tangan (OTT) di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Operasi senyap dilakukan sejak Selasa, 26 April 2022 hingga pagi hari ini.

Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri membenarkan tim penindakan lembaga antirasuah mengamankan Bupati Bogor Ade Yasin dalam operasi senyap.

"Benar, tadi malam sampai (27/4/2022) pagi KPK melakukan kegiatan tangkap tangan di wilayah Jawa Barat. Diantaranya Bupati Kabupaten Bogor, beberapa pihak dari BPK Perwakilan Jawa Barat dan pihak terkait lainnya," ujar Ali dalam keterangannya.

Raffi Ahmad Bikin Film untuk Anak Kedua

Setelah Rafathar, Raffi Ahmad Juga Akan Buatkan Film untuk Anak Kedua Berjudul Rayyanza

Liputan6.com 2022-04-27 18:30:00
Melihat outfit bayi sultan, Rayyanza yang harganya jutaan rupiah(instagram/raffinagita1717)

Raffi Ahmad sempat membuatkan film khusus untuk anak pertamanya, Rafathar Malik Ahmad, yang berjudul Rafathar. Film tersebut dibintangi oleh Rafathar juga sang ayah.

Sama seperti anak pertamanya, Raffi Ahmad juga rupanya berencana membuatkan film untuk anak keduanya, Rayyanza Malik Ahmad. Dia masih memikirkan apa genre yang cocok.

"Pengen buatin film Rayyanza, cocoknya genre apa nih? komen yok gaiiisss," tulis suami Nagita Slavina sebagai keterangan.

Dia menyertakan poster Rayyanza yang mengenakan kostum astronot. Matanya yang bulat membuat poster film itu tampak menggemaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Genre

Dia masih menimbang-nimbang, apakah film untuk anak keduanya akan memiliki genre yang sama dengan film Rafathar.

"Setelah Rafathar kini terbitlah Rayyanza. Kalau film Rafathar dulu genrenya action, comedy, dan adventure. Siapa yang dulu udah nonton film Rafathar?" tuturnya.


Opini Warganet

Raffi Ahmad berpikir, mungkin genre petualangan akan cocok untuk Rayyanza. Namun begitu, dia masih membutuhkan warganet untuk memberikan opininya.

"Kalau Rayyanza cocok genre apanih? sama kaya Rafathar atau cocok genre lain? Apakah genre adventure cocok buat Rayyanza?" tutupnya.


Film Rafathar

Sementara itu, film Rafathar sendiri dirilis pada 2017 lalu. saat itu, Rafathar masih balita. Film Rafathar disutradarai oleh Bounty Umbara dan siproduseri oleh Anggy Umbara.

Antusiasme masyarakat terhadap film Rafathar kala itu cukup besar. Film tersebut mendapat 250 ribu penonton.

Elon Musk Janji Temui Jokowi di AS

Elon Musk Janji Temui Jokowi di AS pada 14 Mei 2022

Liputan6.com 2022-04-27 09:31:24
Pendiri SpaceX danTeslaElon Musk (kaus hitam) foto bersama dengan Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (kelima kiri), Duta Besar Indonesia untuk AS Rosan Roeslani (k

Pertama kalinya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan baru saja menemui CEO Tesla Inc., Elon Musk di Texas.

Kunjungan Luhut ini ternyata menjadi kunjungan pembuka sebelum nantinya Jokowi akan bertemu dengan Elon saat kunjungan ke AS.

Pertemuan tersebut berlangsung di Giga Factory Tesla di Austin Texas. Dari foto yang dibagikan Luhut terlihat Elon berpakaian santai mengenakan kaos hitam dengan celana panjang hitam.

Sementara itu, Luhut datang bersama timnya mengenakan setelan jas. Luhut terlihat mengenakan jas berwarna biru dongker dan kemeja biru muda. Namun tampilan Luhut terlihat santai karena tidak mengenakan dasi dengan satu kancing teratas yang dibiarkan terbuka.

Pertemuan tersebut berlangsung selama satu jam. Kepada Elon dan timnya, Luhut menjelaskan potensi bahan baku baterai listrik yang dimiliki Indonesia. Bahkan pemerintah memiliki program hilirisasi untuk memanfaatkan sumber daya alam tersebut.

"Saat ini sedang kami eksplorasi terus lewat program hilirisasi mineral," ungkapnya melalui akun instagramnya @luhut.pandjaitan, dikutip di Jakarta, Rabu (27/4/2022).

Luhut mengatakan baru kali ini Elon menerima tamu dengan antusias dengan kunjungannya. Mengingat beberapa waktu lalu Elon sedikit kaku dengan kebijakan terkait industri baterai dan pengolahan nikel di Indonesia.


Janji Temui Jokowi

Luhut mengatakan pada bulan Mei mendatang Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Amerika Serikat dan bertemu dengan Elon. Keduanya akan bertemu di SpaceX.

"Nanti tanggal 14 Mei saat kunjungan kenegaraan Presiden Joko Widodo ke Amerika Serikat, Elon berjanji akan mengubah schedule-nya demi menemui langsung Presiden Jokowi," kata dia.

Dalam pertemuan tersebut, Luhut juga mengundang kehadiran Elon ke Bali dalam forum B20 yang menjadi salah satu rangkaian kegiatan G20 pada November mendatang.

Luhut sangat berharap pertemuannya dengan Bos Tesla bukan yang terakhir. Akan ada pertemuan lanjutan yang membahas progres kerja sama Indonesia dengan Tesla. Sehingga industri nikel di dalam negeri memiliki teknologi tinggi dan bisa menjadikan Indonesia sebagai pemain rantai pasok skala global untuk industri kendaraan listrik.

"Saya harap ini bukan pertemuan kami yang terakhir dan ke depan ada pembahasan terkait progres perkembangan industri nikel," kata dia mengakhiri.


Bertemu Menko Luhut Pandjaitan, Elon Musk Pakai Kaus Seharga Rp435 ribu

Sebagai salah satu orang terkaya di dunia, Elon Musk sudah sering bertemu orang-orang penting, termasuk para pejabat dari berbagai negara. Baru-baru ini misalnya, CEO Tesla itu bertemu Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan.

Momen tersebut dibagikan oleh pengusaha dan pengurus Kadin Indonesia Pandu Sjahrir melalui akun Instagram pribadinya @pandusjahrir. Pertemuan tersebut berlangsung di pabrik perakitan listrik Tesla Inc. di Austin, Texas, Amerika Serikat (AS).

Dalam unggahan tersebut, Elon terlihat bersalaman dengan Pandu dan Menko Luhut Pandjaitan. Sekilas, foto itu terkesan biasa saja Namun yang menarik, Musk hanya mengenakan kaus dan terlihat sangat santai.

Hal itu kontras dengan Menko Luhut dan rombongan yang menggunakan jas. Meski termasuk salah satu orang terkaya di dunia, pria itu justru terlihat bersahaja dengan mengenakan kaus yang harganya sekitar 30 dolar AS atau setara Rp435 ribu.

Ini tentu "tidak mencerminkan" hartanya, yang menurut Bloomberg Billionaire Index, mencapai sekitar Rp4,350 triliun. Kaus yang dikenakan Elon Musk sendiri adalah kaus merchandise resmi dari Tesla. Anda bisa membeli kaus yang diberi nama Men's Battery Day itu di situs resmi Tesla dengan harga 30 dolar AS.


Orang Biasa

Dalam situs web tersebut juga tersedia kaus lain dengan harga bervariasi. Rentang harganya antara 30 sampai 40 dolar AS atau sekitar Rp432 ribu--Rp576 ribu per potong kaus.

Menurut beberapa orang dekatnya, Musk bukan orang yang senang menghabiskan uang untuk gaya hidup. Grimes, mantan pasangan hidup Mask, mengatakan pada Vanity Fair, bulan lalu bahwa gaya hidup ayah dari X A-12 itu tidak mewah. Pebisnis itu bahkan bisa dibilang mirip orang pada umumnya.

"Ia tidak menyukai hidup seperti orang super kaya. Ia hidup seperti di bawah garis kemiskinan. Saya sampai berpikir kenapa kita tidak punya rumah, dan mengapa hanya harus makan roti selama delapan hari berturut-turut," ungkap Grimes.

Yang pasti, menurut Grimes, seluruh uang yang dimiliki Musk digunakan untuk kepentingan riset dan teknologi. Salah satu yang paling menguras keuangan pria berusia 50 tahun itu menurutnya adalah biaya riset untuk tinggal di Mars.

Siap Jadi Saksi Kasus DNA Pro

Bila Diperlukan, Rossa Bersedia Jadi Saksi di Pengadilan Terkait Kasus DNA Pro

Liputan6.com 2022-04-27 12:20:27
Rossa di Bareskrim (KapanLagi.com/Budy Santoso)

Rossa sempat menjadi saksi ke Bareskrim Mabes Polri terkait kasus robot trading DNA Pro. Pelantun lagu "Pudar" ini sempat tampil dalam acara yang digelar DNA Pro di Bali.

Sebagai warga negara yang baik, Rossa pun kooperatif memenuhi panggilan penyidik. Ke depannya, dia juga bersedia menjadi saksi di pengadilan bila keterangannya memang dibutuhkan.

"Tentunya kalau proses penyidikan kan akan diserahkan ke Kejaksaan kemudian ke Pengadilan," kata kuasa hukum Rossa, Muhammad Wardaya dikutip dari YouTube KH Infotainment, Rabu (27/4/2022).

"Kalaupun memang diperlukan tentunya ibu Rossa bersedia jadi saksi di pengadilan. Kalau itu memang kewajiban hukum," Wardaya menyambung pernyataan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Harapan

Pihak Rossa akan melihat perkembangannya nanti. Apakah dia memang akan dihadirkan sebagai saksi di Pengadilan atau tidak.

"Pemeriksaan kan masih berlanjut, tidak hanya di penyidikan sampai juga di pengadilan. Tapi mudah-mudahan bisa dimengertilah karena Rossa kan sudah memberikan keterangan," tutur pengacara.


Honor Tak Disita

Diberitakan sebelumnya, saat pemeriksaan, penyidik menyampaikan bahwa ada kemungkinan honor nyanyi Rossa dari DNA Pro sebesar Rp 172 juta disita untuk dijadikan alat bukti di pengadilan.

Namun setelah dikabarkan oleh pihak Bareskrim, honor menyanyinya tak jadi disita. Hal ini membuat Rossa sangat bersyukur.


Profesional

"Memang harusnya pengembaliannya memang minggu ini, itu kesepakatannya. Namun demikian, alhamdulillah Allah masih melindungi dan masih rezeki saya juga," kata Rossa dikutip dari YouTube KH Infotainment, Rabu (27/4/2022).

Kepentingan Rossa di sana hanya untuk menjalankan profesinya sebagai penyanyi. Polisi menilai bahwa Rossa tak ada indikasi melakukan promosi.

Infografis Waspada Penipuan Online Shop via Medsos. (Liputan6.com/Abdillah)

Aung San Suu Kyi Divonis 5 Tahun Bui

Vonis Baru Aung San Suu Kyi, 5 Tahun Penjara Atas Kasus Korupsi Rp 8,6 Miliar

Liputan6.com 2022-04-27 15:34:06
Pemimpin de facto Myanmar Aung San Suu Kyi pada Selasa 19 September 2017 akhirnya bicara ke dunia soal krisis di Rakhine yang memicu eksodus massal warga Rohingya ke Bangladesh (AP Photo/Aung

Pengadilan di Myanmar yang dikuasai junta militer telah memutuskan mantan pemimpin Aung San Suu Kyi bersalah atas korupsi. Ini merupakan putusan terbaru dalam serangkaian persidangan rahasia.

Aung San Suu Kyi telah berada di bawah tahanan rumah sejak Februari 2021 ketika kudeta militer menggulingkan pemerintah terpilihnya.

Peraih Nobel berusia 76 tahun itu telah didakwa dengan serangkaian pelanggaran kriminal termasuk penipuan pemilih. Dia menyangkal semua tuduhan dan kelompok hak asasi telah mengutuk persidangan pengadilan sebagai palsu.

Sidang tertutup di ibu kota Nay Pyi Taw telah ditutup untuk umum dan media, dan pengacara Suu Kyi dilarang berbicara kepada wartawan.

Pada Rabu (27/4/2022), seperti dikutip dari BBC, pengadilan junta memutuskan dia bersalah karena menerima suap US$600.000 atau sekitar Rp 8,6 miliar dalam bentuk uang tunai dan emas batangan dari mantan kepala Yangon, kota dan wilayah terbesar Myanmar.

Dia divonis lima tahun penjara atas korupsi. Pengacara mengatakan kepada BBC bahwa mereka belum bisa bertemu dengannya.

Vonis terbaru ini membuat total hukuman penjara menjadi 11 tahun, karena dia sebelumnya dinyatakan bersalah atas pelanggaran lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Vonis Lain Sejak Desember 2021 Terancam 190 Tahun Penjara

Pada Desember 2021, Aung San Suu Kyi dihukum karena menghasut perbedaan pendapat terhadap militer dan melanggar aturan kesehatan masyarakat terkait COVID-19.

Lalu pada Januari 2022 dia juga dinyatakan bersalah karena memiliki radio walkie-talkie selundupan di rumahnya dan melanggar lebih banyak aturan COVID-19.

Suu Kyi masih menghadapi 10 dakwaan korupsi lainnya, masing-masing diancam hukuman maksimal 15 tahun, serta dakwaan penipuan pemilu dan pelanggaran undang-undang rahasia resmi.

Pendukungnya mengatakan tuduhan itu dibuat-buat oleh rezim junta untuk memastikan Suu Kyi, yang tetap sangat dihormati di Myanmar sebagai ikon demokrasi, dipenjara seumur hidup.

Jika dinyatakan bersalah atas semua tuduhannya, dia akan menghadapi hukuman penjara total lebih dari 190 tahun, menurut beberapa perkiraan.

Kelompok hak-hak sipil dan demokrasi, serta PBB, telah mengecam proses hukum sebagai lelucon. Human Rights Watch menyebutnya sebagai "sirkus ruang sidang dari proses rahasia atas tuduhan palsu".

Rezim militer Myanmar telah menolak tuduhan tersebut, mengatakan Suu Kyi telah menerima pengadilan yang adil dan proses hukum sejauh ini.


Perebutan Kekuasaan Myanmar dengan Junta Militer Berujung Kudeta

Perebutan kekuasaan dengan kekerasan oleh militer Februari lalu di Myanmar, juga dikenal sebagai Burma, terjadi beberapa bulan setelah Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD) pimpinan Suu Kyi memenangkan pemilihan umum dengan telak.

Militer menuduh kecurangan pemilih dalam kemenangan tersebut, namun pengamat pemilihan independen mengatakan pemilihan itu sebagian besar bebas dan adil.

Kudeta itu memicu demonstrasi yang meluas, mendorong militer Myanmar untuk menindak pengunjuk rasa, aktivis, dan jurnalis pro-demokrasi.

Suu Kyi - dan banyak anggota partainya - termasuk di antara lebih dari 10.000 orang yang telah ditangkap oleh junta sejak mereka merebut kekuasaan.

Hampir 1.800 orang tewas dalam tindakan keras militer terhadap perbedaan pendapat, menurut Asosiasi Bantuan untuk Tahanan Politik (Burma).

Kekacauan juga menyebabkan pertempuran terus berlanjut. Junta militer menghadapi oposisi yang meluas dan beberapa bagian negara itu sekarang dilanda konflik bersenjata.


Putusan Kasus Korupsi Aung San Suu Kyi Sempat Ditunda Oleh Pengadilan Myanmar

Sebuah pengadilan di Myanmar, Selasa (26/4), menunda satu hari penjatuhan vonis atas kasus pertama dari hampir selusin kasus korupsi yang diajukan terhadap mantan pemimpin negara itu, Aung San Suu Kyi.

Pengadilan di ibu kota Naypyitaw tidak mengungkapkan alasan penundaan penyampaian vonis itu hingga Rabu, kata seorang pejabat hukum yang berbicara dengan syarat namanya dirahasiakan kepada Associated Press karena dia tidak berwenang untuk memberikan informasi.

Persidangan Suu Kyi tertutup untuk umum, dan pengacaranya dilarang berbicara kepada pers, demikian dikutip dari laman VOA Indonesia, Selasa (26/4/2022).

Suu Kyi, yang terguling karena kudeta militer Februari tahun lalu, bisa menghadapi hukuman 15 tahun penjara dan denda jika terbukti bersalah.

Ia telah membantah tuduhan bahwa ia telah menerima emas dan ratusan ribu dolar yang diberikan kepadanya sebagai suap oleh seorang pejabat politik.

Para pendukungnya dan sejumlah pakar hukum independen telah mengecam penuntutannya sebagai tidak adil dan dimaksudkan untuk mencegah Suu Kyi yang berusia 76 tahun kembali aktif dalam politik. Ia telah dijatuhi hukuman enam tahun penjara dalam kasus bukan korupsi, dan masih menghadapi 10 tuduhan korupsi lain.

Partai Liga Nasional untuk Demokrasi yang dipimpin Suu Kyi menang telak dalam pemilihan umum 2020, tetapi para anggota parlemen tidak diizinkan untuk menduduki kursi mereka ketika tentara merebut kekuasaan pada 1 Februari 2021, dan menangkap Suu Kyi dan banyak rekan senior di partai dan pemerintahannya.

Militer Myanmar mengklaim mereka bertindak karena telah terjadi kecurangan pemilu besar-besaran, tetapi para pemantau pemilu independen tidak menemukan adanya penyimpangan besar.

Infografis Penangkapan Aung San Suu Kyi dan Kudeta Militer Myanmar. (Liputan6.com/Trieyasni)

Depresi, Aming Jadi Perempuan

Perubahan Aming Jadi Perempuan Bernama Mina Dipicu Depresi

Liputan6.com 2022-04-26 22:06:00
Aming (Foto: Instagram/@amingisback)

Aming Supriatna Sugandhi alias Aming tampil bak perempuan bernama Mina karena dipicu depresi. Ia berdandan dengan rambut panjang tergerai dan dada yang membesar ke depan.

"Gue merasa dengan kayak begini gue lebih, jujur ya, kata orang kenapa sih lo gitu-gituan? Satu, gue marasa ini bagian dari proses kreatif gue, dari dulu kan lo tahu itu," kata Aming dalam perbincangan di kanal YouTube Curhat Bang Denny Sumargo, Senin, 25 April 2022.

Seperti diketahui, komedian kelahiran Jakarta, 7 November 1980 ini menempuh jalan hidup yang tidak mudah. Ia jadi korban pelecehan seksual bertahun-tahun semasa kecil, tapi ia baru berani mengakuinya belakangan ini dengan melakukan penerimaan diri.

"Kedua, gue merasa dengan apa yang sudah gue lalui, gue merasa dunia fantasi jauh lebih manis bersahabat. Dan juga lebih punya rasa belas kasihan daripada dunia reality," sambung Aming.

Menurut Aming, masyarakat zaman sekarang kehilangan welas asih."Gue merasa akhir-akhir ini orang tuh pada... gue sih enggak keberatan ya orang mau menggunakan jarinya mulutnya untuk sesuatu yang kita anggap mudarat atau menyakiti yang lain," ucap Aming.

Aming menyebutkan bahwa aura depresi yang keluar dari dalam dirinya ketika menjadi seorang Aming dapat membuat orang tidak nyaman. Dibandingkan Aming sebagai masa lalunya, Mina yang merupakan Aming yang sekarang disebut lebih atraktif.

"Tapi ketika membuka dimensi dunia fantasi lewat proses kreatif ini semua, terlahirlah Mina yang jauh lebih atraktif," ucap Aming.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Jadi Lebih Lepas

Dengan berpenampilan sebagai perempuan Aming merasa jadi lebih lepas dan bebas. "Makanya dengan gue tampil seperti ini. Gila ya, manusia hari gini tambah-tambah enggak punya perasaan ya. Sudah daripada gue pusing, mending gue lari ke dunia fantasi di mana gue bisa lebih lepas, bebas, lebih bergembira," keluhnya.

Dengan seperti ini, lanjut Aming, dirinya merasa jauh lebih bisa merasakan kebebasan serta kebahagiaan. Ia bahkan menyebut bahwa menjadi seorang Aming adalah hal yang basi dengan sejumlah masalah yang ia sebutkan "Jadi aming tuh basi, gue ngerasa jadi Aming tuh kurang menarik," ujarnya.

Aming identik dengan citra depresi dan hidup yang kelam. "Aming yang cuma kelihatannya depresi melulu. Floating melulu. Aming itu kayaknya enggak menarik banget. Aura depresinya tuh bikin orang kayak enggak nyaman," imbuhnya.

Namun Aming sadar, larut dalam pandangan orang lain tidaklah bijak. "Kayaknya gue yang paling gimana amat padahal setahu gue sepanjang gue berkarier, sepanjang gue berada di dunia entertainment ini, kan gue enggak pernah punya niat jahat sama orang, atau ribut sama orang," cetusnya.


Korban Pelecehan Seksual

"Intinya begini saja sih, gue enggak pernah jahat apapun ke orang, enggak pernah ngapa-ngapain ke orang setahu gue ya, itu saja. Hidup itu baik-baik sajalah enggak usah aneh-aneh," Aming mengakhiri.

Sebelumnya, Aming mengungkap masa kelam dalam hidupnya. Bintang Extravaganza itu ternyata pernah jadi korban pelecehan seksual dalam rentang waktu yang panjang.

Hal ini dia ceritakan lewat kanal YouTube sahabatnya, Melaney Ricardo. Mantan suami Evelyn Nada Anjani pernah jadi korban pelecehan oleh orang dekat.

"Gue dulu korban pelecehan bertahun-tahun. Dari gue SD sampai kuliah, sama orang terdekat. Aku pernah diperkosa. Kita enggak usah sebut namanya. Karena gue sudah accept apa yang terjadi dalam hidup gue," kata Aming dalam YouTube Melaney Ricardo, Jumat, 1 April 2022.

Aming berusaha untuk tidak menyalahkan diri sendiri atas pengalaman buruk yang terjadi dalam hidupnya itu. "Itu di luar kendaliku, itu bukan kesalahanku. Jadi ya sudah. Aku pernah diperkosa waktu kuliah awal-awal sebelum sakit berat yang dulu," tuturnya.


Fisik dan Mental

Kejadian itu membuat Aming merasa mental dan fisiknya diserang bertubi-tubi. Ini keadaan yang sangat berat untuk dilalui. "Sampai akhirnya itu yang membentuk persona dan karakter gue seperti sekarang," ujar Aming.

Aming mengambil kesimpulan bahwa itulah penyebab orang-orang kerap mempertanyakan perihal orientasi seksualnya. "Gue kadang ngambang maunya apa, arahnya ke mana. Misalnya yang paling kepo orang sexual preference-nya seperti apa," ucap Aming.

"Gue menyadari dengan berbagai layer trauma psikis yang gue alami termasuk fisik, oh ternyata hal-hal yang terjadi dalam hidup gue yang bikin gue enggak jelas menurut orang," imbuhnya.

Aming bahkan mengungkap sempat melakukan percobaan bunuh diri. Beruntung aksinya itu tidak berhasil. "Aku pernah berada di situasi paling buruk. Aku pernah hampir bunuh diri tapi itu gagal. Karena orang-orang kayak gue yang mengalami mental problem kita sering bertanya-tanya, kita tuh buat apa sih di sini," kata Aming dikutip dari YouTube Melaney Ricardo.

INFOGRAFIS: 6 Tips Lindungi Diri dari Pelecehan Seksual (Liputan6.com / Abdillah)

Usia 13 Tahun Lulus Sarjana

Lulus Sarjana di Usia 13 Tahun, Bocah di Minnesota Ingin Lanjut Studi Program Doktoral

Liputan6.com 2022-04-27 19:10:00
Ilustrasi ucapan, wisuda, Islami. (Photo by rawpixel.com on Freepik)

Seorang anak laki-laki Minnesota, Amerika Serikat yang berusia 13 tahun akan lulus dengan gelar sarjana dari University of Minnesota pada Mei 2022.

Dikutip dari laman UPI, Rabu (27/4/2022), rencananya bocah berusia 13 tahun itu akan melanjutkan studi untuk mendapatkan gelar doktor.

Elliott Tanner dari St. Louis Park dijadwalkan lulus pada Mei dari University of Minnesota dengan jurusan fisika dan jurusan matematika.

Tanner mengatakan, langkah selanjutnya dalam pendidikannya adalah program doktor fisika sekolah.

Ibu anak laki-laki itu, Michelle Tanner, mengatakan dia belajar membaca sendiri pada usia ketika kebanyakan anak masih mencari cara untuk mengikat sepatu mereka.

"Dia sudah mulai membaca ketika dia mungkin berusia dua atau tiga tahun. Kami berkata, 'Oh, well, itu menarik. Anda membaca. Kami tidak mengajarinya membaca,'" katanya kepada KSTP-TV.

Tanner mulai membaca buku teks tingkat perguruan tinggi pada usia sembilan tahun, dan dua tahun kemudian dia lulus dari Normandale Community College dengan gelar associate of science.

"Luar biasa. Ini semacam perjalanan yang gila untuk sampai ke sini, tapi ini adalah pengalaman yang menyenangkan," kata Tanner.

Dia mengatakan, berharap untuk mendapatkan gelar doktor dan kembali studi ke universitas.

"Saya berharap menjadi profesor di University of Minnesota untuk menyebarkan kegembiraan dan semangat fisika ini kepada orang lain," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Bocah di Belgia Masuk Kuliah Usia 8 Tahun

Sebelumnya, seorang bocah asal Belgia lulus sekolah menengah di usia delapan tahun. Sebelumnya, ia menyelesaikan pendidikan dasar hanya dalam kurun waktu 1,5 tahun.

Seperti dikutip dari BBC, bocah jenius itu diketahui bernama Laurent Simons. Sang ayah orang Belgia dan ibunya berasal dari Belanda.

Menurut orang tuanya, Laurent Simons memiliki nilai Intelligence Quotient (IQ) 145. Ia akan masuk pendidikan diploma, yang umumnya memiliki murid dengan usia 18 tahun.

Berbicara kepada radio RTBF Belgia, Laurent mengatakan subjek favoritnya adalah matematika. "Karena begitu luas, ada statistik, geometri, aljabar," kata Laurent Simons.

Setelah dua bulan liburan dari sekolah, Laurent Simons akan mulai kuliah pertamanya. Di usia yang amat dini.

Sang ayah mengatakan putranya memiliki kesulitan berinteraksi untuk bermain dengan anak-anak lain ketika masih balita. Putranya juga tak terlalu tertarik pada mainan. Tak disangka ternyata buah hatinya itu justru memiliki kepandaian yang luar biasa.

Bocah Belgia itu mengatakan dia bercita-cita menjadi seorang ahli bedah dan astronaut. Tetapi kini ia tertarik dengan dunia komputer.

"Jika dia memutuskan besok untuk menjadi tukang kayu, itu tak jadi masalah bagi kami, selama dia bahagia," tutur sang ayah.


Kasus Serupa

Meski tak semuda Laurent Simons, Carson Huey-You, bocah laki-laki asal Texas, Amerika Serikat juga menginjak bangku kuliah di usia dini. Ia memakan 'bangku' universitas di usia 11 tahun.

Berdasarkan laporan surat kabar kampus, TCU360 yang juga dimuat di Daily Mail, Kamis 29 Agustus 2013, Carson mendaftar jurusan fisika kuantum di Texas Christian University (TCU) saat usianya 10 tahun. Ketika itu ia mengalami kesulitan mendaftar secara online, karena belum paham menggunakan internet.

Jadi, bocah kelahiran 2002 itu melewati jalur lain, yaitu mengikuti SAT sebagai standar penilaian untuk diterima di universitas. Hasilnya menakjubkan, Carson mendapat total nilai 1.770 dari 2.400. Itu artinya kemampuan Carson di atas rata-rata seorang siswa, yang umumnya hanya mencapai 1.500.

Bukan hanya itu, pihak kampus juga terpesona untuk meloloskan bocah berkulit hitam itu karena kemahirannya dalam berbicara bahasa Mandarin. Bahkan dalam sesi wawancara pihak kampus dibuat terlena, dengan permainan piano Carson yang sangat menakjubkan.

Pada semester pertamanya di TCU, ia mengambil 4 mata kuliah.

"Aku mengambil kalkulus, fisika, sejarah dan agama. Itulah empat kelas pertamaku," kata Carson pada CBS DFW yang juga dilansir Daily Mail.


Anak Indonesia Jadi Mahasiswa Kedokteran di Usai 15 Tahun

Peter Susanto, anak pasangan asal Indonesia yang sekarang tinggal di Darwin, Australia Utara, sudah menjadi seorang mahasiswa kedokteran.

Peter menjadi mahasiswa kedokteran di usia yang baru ke-15 tahun.

Berikut ini kisah selengkapnya, dikutip dari ABCAustralia, Senin (28/3/2022):

Adalah Peter, anak tertua dari pasangan Henri dan Lenny Susanto yang sebelumnya pernah tinggal di Adelaide, Australia Selatan.

Baik Henri dan Lenny melihat bahwa putra mereka Peter memiliki tingkat kecerdasan tinggi ketika dia bisa menerjemahkan kata-kata dari Bahasa Indonesia ke dalam bahasa Inggris di saat masih berusia dua tahun.

13 tahun kemudian, Peter duduk di bangku kuliah di Charles Darwin University untuk bisa menjadi seorang dokter.

"Menjadi seorang dokter adalah impian saya untuk bisa membantu orang lain dan juga adalah tantangan," kata Peter.

Ia sebelumnya pernah mengikuti program bernama "Child Genius" yang diselenggarakan jaringan televisi SBS di Australia.

Dalam lomba untuk menemukan siapa yang paling jenius di kalangan anak-anak berusia 9 sampai 12 tahun di tahun 2018 tersebut, Peter menduduki peringkat ketiga.

Setelah itu, Peter terlibat banyak kegiatan lain di saat sedang sekolah di Haileyburty Rendall, salah satu sekolah swasta ternama di Darwin.

Tahun lalu, Peter Susanto mendapatkan skor 99,60 untuk Sertifikat Lulusan Sekolah Menengah di Australia yang dikenal dengan nama ATAR dan menjadi siswa terbaik di sekolahnya.

ATAR adalah nilai yang digunakan untuk menentukan masuknya siswa ke perguruan tinggi.

Nilai ATAR tertinggi yang bisa dicapai siswa di Australia adalah 99,95.

Peter mengatakan walau usianya baru 15 tahun, dia sudah siap untuk menjadi mahasiswa, baik secara akademis maupun saat nanti bergaul bersama mahasiswa lain.

"Orang tua saya maupun sekolah sudah mempersiapkan saya dengan baik, dalam soal bergaul dengan yang lain, juga memperkenalkan saya dengan siswa lain yang lebih tua.

"Saya punya keterampilan untuk menjadi tidak berbeda dengan yang lain selama di universitas," katanya.

"Saya siap untuk menjadi dokter."

Infografis 6 Cara Dukung Anak dengan Long Covid-19 Kembali ke Sekolah. (Liputan6.com/Abdillah)