Volume 276

Khilaf, Sempat Buka Hijab

Medina Zein Khilaf Sempat Buka Hijab karena Suami Diduga Berselingkuh

Liputan6.com 2022-04-28 18:20:00
Medina Zein. (Foto: Instagram @medinazein)

Belum lama ini Medina Zein sempat melepas hijab. Rupanya keputusan besar itu diambil berkaitan dengan konflik rumah tangga yang sedang dihadapinya.

Seperti ramai diberitakan, suami Medina Zein, Lukman Azhari, disebut-sebut berselingkuh. Akibat ulah wanita lain, Medina bahkan menjadi korban kekerasan dalam rumah tangga atau KDRT.

Pengusaha asal Bandung ini pun menyampaikan penyesalan karena sempat menanggalkan hijabnya. Dia menyampaikan permohonan maaf.

"Kemarin saya minta maaf, saya kemarin lepas hijab karena saya benar-benar sudah stres banget, sudah dalam tekanan," tutur Medina Zein dikutip dari YouTube Intens Investigasi, Kamis (28/4/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Tujuan Lepas Hijab

Medina Zein melepas hijab agar bisa berpenampilan seperti wanita terduga selingkuhan suaminya. Namun belakangan dia sadar bahwa tindakan itu salah.

"Sebenarnya suami saya pengin apa sih? Pengin saya berpenampilan seperti itu? Saya buktiin saja, oh oke gue juga bisa kayak gitu," ujar Medina Zein.

"Tapi pas aku pikir-pikir ngapain sih, kayak sorry ya enggak level kalau aku harus mengikuti gaya dia," ia menyambung.


Tak Jadi Diri Sendiri

Dengan melepas hijab, Medina Zein merasa tak lagi menjadi diri sendiri. "Karena aku pikir, aku memang berhijab dari awal terus tiba-tiba aku buka, aku pikir ini bukan diri aku. Ini aku tertekan gara-gara masalah saja," ungkapnya.


Berhijab Lagi

Akhirnya, selebgram dengan 900 ribuan pengikut ini kembali mengenakan hijab. Dia berharap agar Tuhan memaafkan kesalahannya yang telah lalu.

"Jadi akhirnya aku memutuskan berhijab lagi karena menurut aku itu bukan suatu hal yang bisa menyembuhkan luka dan permasalahan aku. Mudah-mudahan Allah memaafkan kekhilafan aku," ia mengakhiri.

Infografis 7 Gelagat Pria Ketika Selingkuh via Ponsel. (Liputan6.com/Lois Wilhelmina)

Masjidil Haram, Tempat Paling Steril di Dunia?

Masjidil Haram Malam 27 Ramadhan Diklaim Tempat Paling Steril di Dunia

Liputan6.com 2022-04-28 13:00:54
Presidensi Umum Urusan Dua Masjid Suci Arab Saudi pada malam ke-27 Ramadhan 2022 membersihkanMasjidil Haram di Makkah. (reasahalharmain)

Persiapan General Presidency for the Affairs of the Two Holy Mosques atau Presidensi Umum Urusan Dua Masjid Suci Arab Saudi pada malam ke-27 Ramadhan 2022 diklaim telah membuat Masjidil Haram di Makkah menjadi tempat paling steril di dunia.

Di antara persiapan tersebut, tim presidensi tersebut telah menyediakan 11 robot untuk sterilisasi, desinfeksi dan pengendalian epidemi di dalam Masjidil Haram.

The Agency for Field Services and Affairs (Badan Layanan dan Urusan Lapangan) mengatakan bahwa penyediaan robot-robot ini merupakan bagian dari paket layanan yang diberikan oleh Kepresidenan, dalam persiapan untuk menerima jemaah untuk melakukan sholat Tarawih pada malam 27 bulan Ramadhan yang diberkati.

Lebih dari 70 satgas disediakan untuk mensterilkan Masjidil Haram, di samping partisipasi 700 pekerja dan lebih dari 100 pengawas, yang bekerja sepanjang waktu dalam mensterilkan seluruh bagian Masjidil Haram dan halaman luar dan toiletnya.

Badan tersebut menekankan bahwa robot beroperasi dengan sistem kontrol otomatis yang diprogram pada pra-peta, selain memiliki 6 tingkat yang meningkatkan keamanan atmosfer lingkungan yang sehat, serta secara cerdas menganalisis persyaratan sterilisasi.

Patut disebutkan bahwa robot-robot yang disediakan untuk mensterilkan Masjidil Haram Makkah ini sebelumnya telah memperoleh paten SLAM, selain itu juga dibedakan dengan fakta bahwa satu robot dapat bekerja selama 5-8 jam tanpa membutuhkan intervensi manusia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


10 Hari Pertama Ramadhan 2022, 8 Juta Liter Air Zamzam Dibagikan di Masjidil Haram

Sebanyak delapan juta liter air Zamzam akan dibagikan kepada pengunjung di Masjidil Haram di Makkah Arab Saudi selama sepuluh hari pertama Ramadhan 2022.

Dengan rincian mengutip Arab News, Kamis (14/4/2022), delapan juta liter Zamzam tersebut didistribusikan dalam tiga juta botol sekali pakai, dan melalui 25.000 kontainer yang tersebar di sekitar masjid. Ditambah 250 tas punggung yang dibawa oleh karyawan, 58 gerobak pintar dengan kapasitas masing-masing 80 liter, serta 33 gerobak khusus yang masing-masing menampung 100 botol.

Lebih dari 100 karyawan telah dikerahkan ke berbagai pintu masuk masjid, yang 100 di antaranya ditempatkan saat ini, untuk menyambut pengunjung, mengarahkan mereka, mengatur arus massa, dan mendukung personel keamanan dalam mengarahkan orang dari satu bagian ke bagian lain ketika berdoa di area mataf.

Masjid juga telah dibersihkan 100 kali pada sepertiga pertama Ramadhan oleh 4.000 karyawan.

Setiap kali dibersihkan, digunakan 1.300.000 liter desinfektan dan 25.000 liter wewangian.


Ramadhan 2022, Jemaah di Dua Masjid Suci Saudi Disambut 50 Ribu Karpet Baru

Sebagai bagian dari persiapan Ramadhan, Kepresidenan Umum Urusan Dua Masjid Suci menutupi lantai kedua tempat ibadah dengan 50.000 karpet baru untuk kenyamanan dan perlindungan jamaah sepanjang tahun, terutama selama bulan puasa.

Karpet, yang dibuat di Arab Saudi, memenuhi kriteria dan spesifikasi teknis tertentu agar sesuai dengan ruang Dua Masjid Suci dan memenuhi kebutuhan jemaah dan pengunjung.

Direktur departemen pembersihan karpet di Masjidil Haram di Makkah, Jaber Ahmed Al-Wada'ani, mengatakan penutup lantai baru membutuhkan waktu 11 bulan untuk diproduksi.

"Mereka berkualitas tinggi dan mewah sehingga jamaah dapat melakukan sholat dengan segala hormat dan ketenangan," katanya kepada Arab News seperti dikutip Kamis (14/4/2022).

Kepresidenan Umum untuk Urusan Dua Masjid Suci mendirikan departemen spesialis 43 tahun yang lalu untuk membersihkan, mendisinfeksi, mensanitasi, dan mengharumkan karpet dengan bantuan teknologi terbaru dan terbaik.

"Dulu, karpet Masjidil Haram Makkah diimpor dari Jerman, Belgia, dan Lebanon selama bertahun-tahun. Dari 1999 hingga 2000, impor karpet dihentikan dan batch pertama karpet didirikan di pabrik Makkah," kata Wada'ani.

14 batch pertama karpet Makkah buatan Arab Saudi memiliki spesifikasi teknis yang sama. Namun, mereka dibuat dengan nuansa merah. Kemudian, hijau diadopsi dan warna ini menjadi warna standar untuk karpet di kedua masjid.


Spesifikasi Karpet

Kepala fasilitas eksternal di Departemen Karpet Masjidil Haram, Muhammad Al-Thibani, menjelaskan detail khusus dan gambar yang diterapkan pada karpet.

"Lambang Arab Saudi dibuat di tengah setiap permadani, dan area permadani yang tersisa dihiasi dengan pola kayu dan bunga serta berbagai warna kuning, krem, dan biru tua, semuanya bergelombang dengan cara yang elegan dan harmonis," kata Muhammad Al-Thibani kepada Arab News.

Karpet Dua Masjid Suci memiliki spesifikasi teknis yang membuatnya berbeda dari karpet biasa atau pada umumnya. Mereka lebih tebal, lebih kuat, dan lebih tahan lama. Mereka memiliki benang yang lebih lembut, tumpukan yang lebih tinggi, terasa lebih empuk di bagian bawah, memiliki stabilitas warna yang lebih baik, dan tidak terpengaruh oleh pencucian berulang.

Al-Wada'ani berkata: "Karpet ini terbuat dari 100 persen benang akrilik murni. Tumpukan itu beratnya 400 gram, dan tingginya mencapai 14 milimeter. Tinggi total satu karpet adalah 16 milimeter."

Dengan warna hijau lumut yang khas, karpet menjalani beberapa operasi pencucian sepanjang tahun karena binatu memasok Masjidil Haram dengan 2.000 karpet bersih seminggu.

Ada pemantauan masalah pembersihan dan pemeliharaan sepanjang waktu, dan para pekerja di masjid secara teratur menyapu, membersihkan, dan mengharumkan semua karpet selama siklus 24 jam.

INFOGRAFIS: Beda Durasi Waktu Puasa Negara-Negara di Dunia (Liputan6.com / Triyasni)

Sistem Error, Antrean Kendaraan Mengular

Pembelian Tiket di Pelabuhan Merak Error, Antrean Kendaraan Mengular

Liputan6.com 2022-04-28 14:30:46
Pelabuhan Merak macet

Sistem pembelian tiket dan scan barcode tiket di Pelabuhan Merak bermasalah, akibatnya antrean kendaraan mudik Lebaran terus mengular keluar pelabuhan, Kamis (28/4/2022). Kini, kerusakan sistem itu tengah diperbaiki.

Sembari menunggu sistem kembali normal, Polres Cilegon melakukan diskresi dengan menaikkan penumpang dan kendaraan ke dalam kapal.

"Kalau ada error dan sistemnya itu bermasalah itu akan kami ambil diskresi supaya tetap naik, karena antrean makin panjang," kata Kapolres Cilegon, AKBP Sigit Haryono, Kamis (28/4/2022).

AKBP Sigit menerangkan, demi kelancaran arus mudik, dimana masyarakat sudah melakukan perjalanan jauh, maka kendaraan yang berada diluar Pelabuhan Merak akan ditarik masuk ke seluruh dermaga yang masih kosong. Kemudian, kendaraan lainnya yang belum masuk ke dalam pelabuhan, mengantre di Jalan Cikuasa Atas yang dijadikan kantung parkir.

"Semua ditarik ke dalam pelabuhan. Kami mengedepankan kepentingan umum, namun tetap mengutamakan keselamatan, kelancaran, kita utamakan," terangnya.

Kapolres Cilegon mengatakan, pemeriksaan dan pembelian tiket di dalam pelabuhan maupun kapal, akan diatur oleh PT ASDP Indonesia Ferry.

Saat ini yang terpenting adalah, arus pemudik dari Pulau Jawa menuju Pulau Sumatera terus berjalan dan tidak boleh terhenti karena kerusakan sistem ticketing.

"(Pemeriksaan tiket) nanti mereka (ASDP) yang ngatur, yang penting harus naik dulu mengisi kapal, supaya ritme kapal tidak terganggu. Kalau ritme kapal terganggu, semuanya bisa terganggu nanti," jelasnya.

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini


Pelabuhan Merak Mulai Padat

Sebelumnya, kendaraan pemudik mulai memadati Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten pada H-4 Lebaran atau hari ini Kamis (28/4/2022).

Kamis dini hari, kendaraan-kendaraan pemudik yang didominasi kendaraan pribadi memadati sejumlah dermaga, seperti Dermaga 1 dan Terminal Eksekutif Pelabuhan Merak.

"Pemudik mulai memadati Pelabuhan sejak Rabu malam (27/4/2022) pukul 20.00 WIB, Alhamdulillah saat ini sudah bisa terurai," kata Petugas ASDP bernama Evi kepada Antara sambil mengatur lalu lintas di Terminal Eksekutif Merak, Banten pada Kamis.

Para pemudik yang memadati Pelabuhan Merak didominasi kendaraan pribadi, baik itu kendaraan roda empat maupun roda dua.

Berdasarkan data yang dirilis ASDP Cabang Merak, hingga Rabu (27/4/2022) pukul 20.00 WIB jumlah penumpang yang menyeberang dari Pelabuhan Merak tercatat sebanyak 261.741 orang.

Jumlah tersebut terdiri dari penumpang pejalan kaki sebanyak 12.307 orang dan penumpang dalam kendaraan sebanyak 249.434 orang.

Sedangkan jumlah kendaraan yang menyeberang dari Merak tercatat sebanyak 60.734 kendaraan, dengan kendaraan roda dua tercatat sebanyak 9.129 kendaraan, kendaraan roda empat 32.218 kendaraan, kemudian bus 2.044 kendaraan dan truk 17.343 kendaraan.

Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Shinto Silitonga menjelaskan prediksi puncak mudik Lebaran akan terjadi sekitar tanggal 28-30 April 2022.

Wadirlantas Polda Banten AKBP Alfaris Pattiwael mengatakan, pihaknya memberlakukan skema rekayasa lalu lintas di wilayah Gerem yang berdekatan dengan Gerbang Tol Merak dan Jalan Gerem, Merak yang mengarah ke Jalan Cikuasa Atas, pada hari ini Kamis (28/4/2022).

"Secara on the spot kami melaporkan di Pos Gerem kami melakukan rekayasa lalu lintas di sini mengarah ke jalan Cikuasa Atas. Jadi di Cikuasa Atas, di jalan layang, di mana kami menunggu apabila kondisi di Cikuasa Atas itu sudah lengang maka kami akan kirim ke sana," katanya.

Tips Mudik Sehat Saat Pandemi COVID-19

Pakar Kesehatan Bagi Tips Mudik Sehat Saat Pandemi COVID-19

Liputan6.com 2022-04-28 18:35:18
Sejumlah calon penumpang menunggu untuk memasuki rangkaian kereta api Airlangga di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Minggu (10/4/2022). PT KAI Daop 1 telah membuka pelayanan kereta api jarak jau

Mudik Lebaran 2022 jadi ajang banyak orang untuk kembali bertemu sanak saudara di kampung halaman. Bagaimana tidak, sudah dua tahun tidak kembali ke sana saat Lebaran karena pandemi COVID-19.

Pemerintah memprediksi sekitar 80 juta orang mudik Lebaran tahun ini. Berbeda dengan mudik sebelum pandemi COVID-19, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan selama perjalanan mudik. Hal ini tentu perlu dipersiapkan dengan baik guna mencegah penularan SARS-CoV-2 penyebab COVID-19.

Bila salah satunya Anda yang pulang ke kampung halaman, berikut pesan mudik sehat seperti disampaikan Direktur Pasca Sarjana Universitas YARSI yang juga mantan Direktur Penyakit Menular WHO Asia Tenggara, Profesor Tjandra Yoga Aditama lewat pesan teks ke Health-Liputan6.com pada Kamis, 28 April 2022.

Pesan MUDIK sehat

M-emakai masker dan selalu rajin mencuci tangan. Tentu juga pemudik dan keluarga di kampung halaman sebaiknya sudah mendapat booster

U-payakan jangan ada dalam kerumunan berkepanjangan, dan selalulah berusaha jaga jarak kalau terpaksa didalam kerumuman

D-isiapkan bekal yang cukup untuk perjalanan, ingat bukan tidak mungkin ada macet panjang. Siapkan makanan/minuman untuk di jalan, obat2an yang mungkin diperlukan serta bekal untuk anak-anak

I-stirahat diperlukan kalau lelah berkendara, jangan dipaksakan. Sebaiknya juga sesudah 4 jam berturut-turut mengendarai kendaraan maka baiknya istirahat

K-endaraan yang digunakan harus dalam keadaan baik, dan hati-hatilah berkendara, ikuti aturan lalu lintas dan arahan petugas


Perhatikan Hal Ini dalam Perjalanan Mudik

Selama dalam perjalanan mudik perhatikan lima hal berikut. Mulai dari beristirahat hingga menjaga kebersihan pangan.

a. Bila lelah dalam perjalanan, segera beristirahat. Sebaiknya juga setiap empat jam berkendara (baik roda 4 atau roda 2) maka harus beristirahat. Pemerintah sudah menyediakan titik-titik istirahat di beberapa tempat.

b. Bila selama dalam perjalanan ada keluhan sakit, maka segera berobat ke Pos Kesehatan, Puskesmas dan Rumah Sakit disepanjang jalur arus mudik yang tentunya sudah disediakan pemerintah.

c. Selalu menjaga kebersihan makanan dan minuman yang dikonsumsi dalam perjalanan mudik. Hindari jajan sembarangan.

Selain itu, alangkah lebih baik kalau selama perjalanan jangan mengonsumsi makanan yang terlalu pedas atau terlalu asam. Hindari juga makanan dan minuman yang mudah mengiritasi saluran cerna kita.

Demi keamanan dan kesehatan, jangan mau menerima begitu saja minuman dan makanan dari orang yang tidak dikenal.

d. Selalu harus menjaga kebersihan lingkungan, jangan buang sampah sembarangan.

e. Patuhi senantiasa rambu lalu lintas dan arahan petugas. Pengendara sepeda motor harus menggunakan helm, dan pengendara mobil harus memasang seat bealt saat berkendara demi keamanan dan keselamatan selama perjalanan.


Bawa Obat-Obatan Pribadi

Bawalah obat-obat yang diperlukan selama perjalanan. Paling tidak bawa obat berikut:

a. Obat-obat yang memang rutin dikonsumsi untuk Anda yang memiliki penyakit kronik. Misalnya tekanan darah tinggi, diabetes melitus. Jangan sampai karena terlalu sibuk sampai lupa membawa obat-obatan tersebeut.

b. Obat emergency atau kedaruratan yang diperlukan, seperti obat demam, mual sakit perut dan lain-lain.


Tips Mudik Bersama Anak

Apakah perjalanan mudik kali ini membawa bayi? Bila membawa bayi dan anak maka persiapan harus lebih ekstra. Hal ini mengingat mereka memiliki kebutuhan yang sedikit berbeda dari orang dewasa.

Paling tidak ada tiga hal yang harus diperhatikan seperti disampaikan Tjandra berikut ini:

a. Membawa bekal yang cukup untuk anak-anak kita selama cukup lama di perjalanan, termasuk antisipasi kalau-kalau terkena kemacetan panjang. Siapkan mainan yang disukai anak untuk menemaninya sepanjang perjalanan.

Jangan lupa membawa perlengkapan dan kebutuhan dasar bagi mereka seperti popok, bedak, bantal, makanan bayi/anak.

Selama di perjalan beri anak edukasi. Jelaskan pada anak ciri khas mengenai kota-kota yang dilalui.

b. Sebaiknya jangan membawa anak mudik dengan sepeda motor, apalagi untuk perjalanan jauh karena sangat melelahkan untuk anak, dan bahkan mungkin tidak terlalu aman.

c. Apabila anak ikut mudik dengan menggunakan angkutan umum, upayakan agar anak tidak ikut berdesak-desakan.

Infografis Aturan Perjalanan Mudik Lebaran 2022 dari Satgas Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)

Rafathar Masuk Pesantren

Raffi Ahmad Masukkan Rafathar ke Pesantren, Apa Alasannya?

Liputan6.com 2022-04-28 11:30:00
Nagita Slavina, Rafathar, dan Raffi Ahmad. (Foto: Instagram @raffinagita1717)

Raffi Ahmad telah mengantar anaknya, Rafathar Malik Ahmad, ke Pesantren Bayt Al-Quran, Rabu (27/4/2022). Lewat akun Instagram-nya, Raffi memperlihatkan sejumlah aktivitas anak sulungnya saat berada di pesantren.

"Rafathar Pesantren," tulis Raffi Ahmad dalam unggahannya. Bersama keterangan itu, dia mengunggah foto Rafathar sedang bercengkrama dengan para santri.

Tak cuma itu, ada pula video saat Rafathar sedang berdoa bersama santri lainnya selepas salat. Bila dilihat, Rafathar adalah satu-santunya santri termuda.

Sebelum mengantar anaknya ke pesantren, suami Nagita Slavina ini memasukkan putranya ke salah satu pesantren di Jakarta. Anak berusia 7 tahun itu akan berada di sana hingga menjelang Lebaran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Pesantren di Jakarta

"Nanti Rafathar akan masuk pesantren pertama di Jakarta dulu, nanti Lebaran hanya ketemu mama papanya sehari," kata Raffi Ahmad dalam sebuah video.

Mendengar ucapan sang ayah, Rafathar hanya mengangguk tanpa mengeluarkan sepatah kata pun. Rencananya, pendidikan Rafathar di pesantren akan terus berlanjut seusai lebaran.

"Nanti habis Lebaran masuk pesantren yang di Puncak, Bogor, ketemu mama papanya cuma sebulan sekali," kata Raffi Ahmad.


Tujuan

Tujuan Raffi memasukkan anaknya ke pesantren adalah agar sang putra menjadi anak yang saleh dan berkepribadian lebih baik lagi.

"Biar Rafathar jadi anak baik, enggak suka marah-marah. Enggak apa-apa sayang ya," tuturnya.


Respons

Warganet pun kagum melihat kemauan Rafathar masuk pesantren. "Masyaallah semangat aa," kata salah satu warganet di kolom komentar.

"Yaampun anak aku gemes banget," kata warganet lain.

"MasyaAllah aa pinter," tambah yang lainnya.

Infografis Hilal Ramadhan (Liputan6.com/Deisy Rika)

Guru Menari di Kelas, Nadiem Makarim Apresiasi

Sosok Guru SMK yang Ajak Para Murid Menari di Kelas hingga Diapresiasi Nadiem Makarim

Liputan6.com 2022-04-28 14:02:00
Guru seni tari di SMKN 12 Surabaya bernama Abing Santoso menari tarian kreasinya bersama para muridnya di kelas. Viralnya video Abing turut diapresiasi Menteri Nadiem Makarim. (Tangkapan L

Beberapa bulan belakangan, media sosial ramai dengan beragam video yang menampilkan guru dan para muridnya menari di kelas di SMKN 12 Surabaya. Sosok guru SMK di balik video yang viral tersebut tidak lain adalah Abing Santoso.

Besarnya antusiasme pada penampilan Abing dan para murid bahkan sukses mencuri atensi, sekaligus diapresiasi oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim. Ia tampak mengunggah kembali video Abing dan murid-muridnya saat menari di akun Instagram pribadinya dengan menyertakan pesan kekaguman dan dukungan.

Abing sempat berbagi kisah mengenai latar belakang dirinya membuat video menarik di kelas bersama para murid. Ini berawal dari spontanitas dan keinginannya untuk menerapkan metode pendidikan yang menyenangkan dan memanusiakan.

"Awalnya, spontanitasnya itu ketika anak-anak merespons TikTok, mereka bermain TikTok dengan gaya TikTokers," kata Abing saat dihubungi Liputan6.com, Rabu, 27 April 2022.

Guru seni tari ini pun bertanya kepada murid-muridnya soal tujuan membuat video tersebut, yang dijawab agar dapat diunggah di media sosial dan viral. Abing kembali menerangkan bila murid-muridnya ingin sukses dengan versi sendiri, caranya dengan lebih menggali kecintaan terhadap seni tari tradisional.

"Kebetulan anak-anak ini jurusan tari. Saya sebut kalau mereka membuat tarian tradisional sesuai passion apakah menarik? Anak-anak jawab menarik," lanjut guru seni tari ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Curi Atensi Menteri Nadiem

Berkat pesan dari Abing, murid-muridnya tak lagi berjoget kekinian, tapi menari tarian tradisional. Awalnya, video menari hanya terdiri dari lima orang, yakni Abing dan empat muridnya.

"Awalnya Februari (2022) itu viral, sekali up langsung viral. Views-nya kalau di akun saya sampai 17 juta sekarang," kata Abing.

Setelah itu, ia menjawab permintaan banyak pesan yang masuk untuk menari dengan lebih banyak murid. "Saya inisiatif langsung satu kelas saja saya aktifkan," tambahnya.

Abing menambahkan, "Langsung direspons sama Menteri Nadiem Makarim malamnya, saat itu saya upload pagi, malamnya langsung direspons. Lusanya di-repost."

Sementara, Nadiem terlihat mengunggah kembali video Abing pada 16 April 2022. "Pasti adik-adik SMKN 12 Surabaya senang sekali punya guru yang kreatif seperti Bapak @abing_santoso2961," tulisnya.

"Berkat kreativitas Bapak Abing, Gending Srampat terdengar semakin menarik dan menginspirasi penggerak budaya lain untuk mengembangkan dan memajukan karya seni tradisi. Semangat terus untuk berkarya!" tutup Nadiem.


Kreasi Tari

Dalam video tari yang viral di media sosial, Abing menyebut tarian tersebut adalah kreasi Gending Srampat. Ia kreasikan gerakan versinya sendiri.

"Tapi kreasi Gending Srampat sudah ada. Kita mengolaborasikan dengan anak-anak sekarang. Kita membuat gerakan yang mudah, simpel, tapi elegan dan bisa dibawakan orang lain (dengan) sangat mudah," terang Abing.

Selain video tersebut, Abing dan murid-muridnya juga membawakan tarian kreasi lain pada unggahan berbeda. Tak jarang pula ada warganet yang meminta jenis tarian lain yang dibawakan dalam unggahan.

"Kayak (jaipong) bajidor kahot kemarin sudah rilis. Kemarinnya lagi pas momen reog pada demo, ada yang request, 'Bang, tolong dong yang reog, tolong narasikan save Ponorogo, save Indonesia atau menjaga seni budaya Indonesia'" ungkapnya.

Di sisi lain, Abing mengatakan murid-muridnya sangat bersemangat untuk diajak menari bersama. "Anak-anak sangat senang, apalagi videonya viral," katanya.

Ia menerangkan, "Makanya, anak-anak ini saya ajak mereka satu kelas membuat video berangkat dan pulang kelas, mereka sangat mau banget, sangat antusias."

Abing mengaku sangat kagum dengan antusiasme murid-muridnya. "Yang buat saya kagum juga, anak-anak saking antusiasnya jadi enggak minder dan tegang," jelasnya.


Sosok Abing Santoso

Kecintaan Abing Santoso pada dunia seni membawanya menuntut ilmu di bidang tersebut. Ia meraih gelar Strata 1 di Sekolah Tinggi Kesenian Wilwatikta atau STKW Surabaya dengan mengambil jurusan seni tari.

"S2 saya sedang menjalankan tesis mengambil Teknologi Pendidikan di Unitomo, Surabaya (Universitas Dr. Soetomo)" terang Abing.

Abing menjalani profesinya saat ini sebagai tenaga pendidik dan seniman. Ia mengajar seni tari di SMKN 12 Surabaya dan menjadi dosen tidak tetap di STKW Surabaya.

"Selain itu, saya juga seorang seniman, di luar melayani project, pesanan garapan tarian, atau membuat tarian, penari juga. Kalau sudah di luar gerbang, freelance," lanjutnya.

Melalui akun media sosialnya, Abing tak jarang mengabadikan aksinya ketika menari di atas panggung. Beragam kesenian tari ia bawakan dengan serangkaian pertunjukan yang mengundang decak kagum dari banyak pihak.

Semangatnya ingin melestarikan budaya Indonesia, terkhusus tarian Nusantara. Langkah ini juga ia seimbangkan dengan menerapkan pendidikan yang menyenangkan bagi para muridnya.

Wayang Potehi menjadi salah satu warusan seni budaya Tionghoa - Jawa

Chilla Kiana Isi Lagu Disney

Jadi Pengisi Lagu Disney, Ini 7 Potret Terbaru Chilla Kiana yang Menawan

Liputan6.com 2022-04-28 13:25:18
Chilla Kiana (Sumber: Instagram/chillakiana)

Chilla Kiana merupakan salah satu penyanyi Indonesia kelahiran Surabaya yang saat ini kariernya sudah mendunia. Dikontrak oleh Walt Disney, ia menjadi salah satu penyanyi yang pengisi dari lagu-lagu Disney bersama penyanyi berbakat lainnya dari seluruh dunia.

Selain menjadi pengisi lagu, Chilla Kiana juga dikenal sebaai pengisi suara suara Princess Elena di serial Disney, Elena of Avalor dan pengisi suara Maika Chono di serial TV Tokyo, Aikatsu Friends!.

Prestasinya ini pun tentu dapat menjadi inspirasi bagi para penyanyi muda lainnya untuk dapat merambah kesuksesan hingga mendunia. Saat ini Chilla Kiana sudah berusia 26 tahun dan kerap membagikan aktivitasnya dalam media sosial Instagram. Banyak dari potret yang diunggahnya ini mencuri perhatian netizen karena tampil menawan.

Berikut 7 potret terbaru Chilla Kiana yang Liputan6.com kutip dari Instagram @chillakiana, Kamis (28/4/2022)


1. Begini potret Chilla Kiana, penyanyi kelahiran Surabaya yang kariernya mendunia

 


2. Menjadi pengisi suara dan lagu dari Disney, tentu menjadi kebanggaan

 


3. Menjadi salah satu bagian dari rumah produksi yang film dan serialnya banyak ditonton jutaan penggemar

 


4. Chilla mendapatkan kontrak pertamanya dengan Walt Disney saat usianya masih 16 tahun

 


5. Di usianya yang masih muda tersebut, ia menjadi salah satu penyanyi Indonesia yang bisa go internasional

 


6. Dalam kesehariannya ia pun banyak menyapa penggemar melalui media sosial

 


7. Punya paras menawan, banyak dari para penggemar yang memuji penampilannya tersebut

 

Lebaran Merana Tanpa Bibi

Faisal Kakek Gala Sky Merana Lebaran Tanpa Anak, Sebut Bibi Andriansyah Tak Pernah Bantah Orangtua

Liputan6.com 2022-04-28 18:30:00
Vanessa Angel dalam kenangan. Ia meninggal dunia di Jawa Timur, 4 November 2021. (Foto: Instagram @vanessaangelofficial)

Lebaran 2022 tinggal hitungan hari. Ada sedih yang menyelinap di benak Haji Faisal. Kakek Gala Sky itu terkenang, ini Lebaran pertama tanpa Bibi Andriansyah dan Vanessa Angel sejak keduanya meninggal di Jawa Timur pada 4 November 2021.

Berbulan-bulan setelah tragedi itu, Faisal masih kerap berziarah ke makam anak dan menantu. Ada kesedihan dan rindu yang harus dituntaskan. Perasaan yang sama juga bersemayam di benak sang istri, Dewi Zuhriati.

"Sebenarnya suasana bagi saya, mungkin bagi istri saya juga, atau katakanlah bagi keluarga saya, suasana tuh memang terasa sangat berbeda. Semenjak almarhum tidak ada, itu suasana sangat berbeda," kata Faisal.

Sebagai orangtua, ada kenangan dan kesan yang tak mungkin dihapus. Setiap kali menyambangi makam anak dan menantu, air mata Haji Faisal selalu tumpah. Apalagi Lebaran identik dengan kumpul keluarga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Sulit untuk Melupakan

"Saya sangat sulit untuk melupakannya. Saya sempat menangis tadi. Saya belum pernah, anak saya yang namanya (almarhum) Febri ini membantah saya," Faisal membeberkan.

Melansir dari video wawancara dari kanal YouTube Cumicumi, Kamis (28/4/2022), ada setumpuk pertanyaan yang menggenangi benaknya tiap kali rasa rindu terhadap Bibi Andriansyah mekar.


Terlalu Cepat

"Kadang saya berpikir kenapa anak saya harus mendahului saya? Kenapa dia dipanggil terlalu cepat? Kadang-kadang saya berpikir ke situ. Rasanya kita sebagai orangtua sudah membayar utang kepada anak," imbuhnya.

Jauh di lubuk hati Faisal, ia telah mengikhlaskan kepergian Bibi Andriansyah dan Vanessa Angel dalam kecelakaan maut. Namun tak dimungkiri, pertanyaan-pertanyaan itu menyusupi hati dan pikiran tanpa diminta.


Bukan Saya Tidak Pasrah

"Bukan saya tidak pasrah. Bukan saya tidak rela. Bukan saya tidak menerima, tapi selalu pertanyaan-pertanyaan itu ada juga di pikiran saya," Faisal buka kartu. Kalau sudah begini, ia diajak istri ziarah.

"Mamanya bilang: Ya sudahlah Pa, kita jalan ke makam. Jadi makanya kenapa kami sering ke makam, karena kesedihan itu sudah tidak terbendung lagi," paparnya panjang. "Itu pulang baru plong," tutup Faisal.

(Liputan6.com / Abdillah)

OTT KPK Tak Mempan Buat Jera Koruptor?

HEADLINE: Bupati Bogor Ade Yasin Terjerat Kasus Suap, OTT KPK Tak Mempan Buat Jera Koruptor?

Liputan6.com 2022-04-29 00:00:00
Bupati Bogor 2018-2023, Ade Yasin bersiap menjalani rilis penetapan tersangka dan penahanan di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (28/4/2022). Ade Yasin ditetapkan sebagai tersangka dugaan suap pe
"Saya dipaksa untuk bertanggung jawab terhadap perbuatan anak buah saya. Tapi sebagai pemimpin saya harus siap bertanggung jawab."

Bantahan tersebut disampaikan Bupati Bogor Ade Yasin setelah ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan tindak pidana suap terhadap auditor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Jawa Barat. Dia mengaku dipaksa bertanggung jawab atas perbuatan anak buahnya di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor.

Pengakuan itu disampaikan Ade Yasin sesaat sebelum diseret ke dalam mobil tahanan yang telah terparkir di halaman Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (28/4/2022) dini hari.

Pemilik nama lengkap Ade Munawaroh Yasin itu mengaku tidak mengetahui adanya transaksi tersebut. Politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini juga menegaskan, bahwa dirinya tidak terlibat dan tidak pernah memerintahkan anak buahnya melakukan penyuapan.

"Itu ada inisiatif dari mereka. Jadi ini namanya IMB ya, Inisiatif Membawa Bencana," kata Ade Yasin kepada wartawan yang menunggunya di depan Gedung KPK.

Terkait hal ini, KPK menegaskan bahwa penetapan tersangka terhadap Ade Yasin telah dilakukan berdasarkan bukti-bukti yang kuat. Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri menyatakan bahwa bantahan yang disampaikan Ade Yasin merupakan hal yang lumrah.

"Bantahan tersangka hal lumrah dan umum disampaikan. Itu hak yang bersangkutan. KPK dalam menaikkan proses penyidikan dugaan tindak pidana korupsi perkara ini, tentu sudah mengantongi berbagai bukti yang kuat dan cukup menurut ketentuan hukum," kata Ali dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Kamis sore.

Namun dia mengingatkan pihak-pihak yang dipanggil KPK dalam penanganan perkara hukum agar bersikap koperatif. Sebab ada hukuman yang dapat diterapkan bagi pihak-pihak yang merintangi proses penyidikan kasus korupsi.

"Kami berharap kepada para tersangka dan pihak-pihak yang nantinya dipanggil KPK agar kooperatif menerangkan apa adanya di hadapan Tim Penyidik," ucap Ali Fikri.

Pengamat politik, Jamaluddin Ritongan menilai bahwa penangkapan terhadap Bupati Bogor Ade Yasin ini menunjukkan bahwa OTT KPK belum memberi efek jera bagi para koruptor.

"OTT kali ini menambah deretan kepala daerah ditangkap KPK. OTT KPK tampaknya tidak membuat efek jera bagi kepala daerah," kata Jamaluddin saat dihubungi Liputan6.com, Kamis (27/4/2022).

Jamaluddin menilai, masih banyaknya pejabat yang terjerat korupsi dipengaruhi tiga faktor, pertama vonis hukuman yang dijatuhkan kepada koruptor terlalu rendah. Banyak kepala daerah yang terjerat kasus korupsi hanya divonis hukuman di bawah 5 tahun penjara.

"Vonis tersebut juga tidak diikuti upaya pemiskinan bagi si koruptor. Hal itu, tentunya tidak membuat jera para koruptor," ujar dia.

Faktor kedua, masyarakat dapat menerima koruptor setelah selesai menjalani hukuman. Bahkan ada kesan masyarakat menyambut koruptor dengan suka cita.

"Hal itu tentunya membuat koruptor tidak merasa diasingkan oleh masyarakat. Akibatnya, sang koruptor merasa tetap nyaman setelah berbaur kembali dengan masyarakat," katanya.

Faktor terakhir yakni besarnya biaya politik untuk menjadi kepala daerah. Ini menjadi faktor fundamental yang paling berpotensi memicu pejabat berperilaku koruptif, karena modal yang besar tidak mungkin bisa dikembalikan hanya dari gaji dan tunjangannya selama lima tahun menjabat.

"Akibatnya, kepala daerah akan menutupi biaya politik itu dengan cara tidak halal. Mereka mencari sumber keuangan yang dapat menutupi cost politik tersebut. Akibatnya, korupsi jalan yang paling cepat untuk menutupi semua cost politik," ucap Jamaluddin.

"Selama tiga hal itu masih berlaku, maka kepala daerah akan tetap ada yang terkena OTT oleh KPK," ujarnya menambahkan.

Selain itu, kasus Bupati Bogor ini juga membuktikan bagaimana politik dinasti sangat merugikan masyarakat. Ade Yasin diketahui merupakan adik kandung Bupati Bogor periode 2008-2013 dan 2013-2014, Rachmat Yasin. Bupati Bogor dua periode itu juga dua kali ditangkap KPK.

"Politik dinasti memang membutakan masyarakat untuk memilih pemimpinnya. Masyarakat dininabobokan sehingga tidak menjadi kritis memilih pemimpinnya. Akibatnya, terpilihnya seseorang menjadi kepala daerah bukan karena prestasi, tapi lebih dominan karena kekuatan finansial," ucap Jamaluddin.

"Akibatnya semakin besar finansial dikeluarkan untuk menjadi kepala daerah. Hal ini kiranya akan menambah subur praktik korupsi," katanya memungkasi.

<p>Infografis Bupati Bogor Ade Yasin Terjerat Kasus Suap. (Liputan6.com/Trieyasni)</p>

Indonesia Corruption Watch (ICW) menyoroti bahwa kasus jual beli predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dalam laporan keuangan yang melibatkan internal BPK telah berulang kali terjadi. ICW menilai bahwa instrumen pengawasan internal BPK gagal menjalankan fungsinya.

"Ini menunjukkan BPK tidak pernah serius membenahi instansinya. Padahal BPK adalah salah satu lembaga yang mestinya menjadi garda terdepan dalam pemberantasan korupsi," ujar Koordinator Divisi Korupsi Politik ICW, Egi Primayogha dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Kamis.

ICW pun menegaskan bahwa predikat WTP dari BPK tidak menjamin institusi yang menerimanya bebas dari korupsi. Musababnya, penekanan yang diberikan BPK adalah kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku, ataupun laporan keuangan yang sudah sesuai dengan Standar Pelaporan Keuangan Negara.

"Kasus-kasus korupsi bahkan kerap terjadi di daerah yang mendapat predikat WTP. Jual beli predikat itu condong dilakukan untuk menjaga gengsi atau membohongi publik, bahwa institusi yang dipimpinnya bersih dari korupsi. Padahal belum tentu demikian. Jangan sampai publik keliru memahami itu," tutur Egi.

Korupsi kepala daerah yang terjadi berulangkali juga harus menjadi fokus partai politik (parpol) untuk membenahi diri. ICW menilai, terus berulangnya kepala daerah terjerat korupsi menunjukkan bahwa parpol gagal dalam melakukan fungsi rekrutmen politik dan kaderisasi anggota.

"Korupsi kepala daerah tidak terlepas dari pemilihan umum yang berbiaya tinggi. Ini membuat kepala daerah terdorong melakukan praktik koruptif agar bisa digunakan untuk memberi mahar pada parpol, jual beli suara, kampanye dalam Pilkada ataupun balas jasa ketika ia terpilih," katanya.

ICW juga menyoroti praktik politik dinasti di Kabupaten Bogor. Egi mengingatkan bahwa natur dari politik dinasti adalah untuk berkuasa dan melayani diri sendiri.

"Sehingga orientasi untuk kepentingan publik dipinggirkan. Dampaknya praktik-praktik koruptif akan marak terjadi," ucap Egi menandaskan.


Balada Politik Dinasti Yasin

Pakar Hukum Pidana dari Universitas Trisakti, Yenti Garnasih menilai bahwa perkara suap yang menjerat Bupati Bogor Ade Yasin menjadi kasus dinasti politik terburuk di Indonesia. Ade Yasin ditangkap menyusul kakaknya, Rachmat Yasin yang sudah dua kali dicokok KPK terkait penyelewengan kekuasaan di daerah yang sama, Kabupaten Bogor.

"Sejak awal kan saya yang paling anti-dinasti politik. Saya khwatir terjadi seperti ini, tapi dianulir oleh MK (Mahkamah Konstitusi) dengan alasan HAM, karena semua berhak (dipilih). Tapi kepatututan tidak pernah dipikirkan di Indonesia," ujar Yenti saat berbincang dengan Liputan6.com melalui sambungan telepon, Kamis.

Dia mengingatkan bahwa aturan yang berlaku di Indonesia sebenarnya tidak hanya hukum tertulis, tetapi juga hukum-hukum yang dikaitkan dalam kondisi kehidupan sosial masyarakat. "Jangan kita samakan seperti di Amerika, ada klan Kennedy, klan Hillary, kita belum siap seperti itu. Akhirnya yang terjadi penyalahgunaan, mumpung ada kesempatan ya jadi mumpung-mumpung".

Ketua Pansel Capim KPK 2019-2023 ini getol menentang politik dinasti karena khawatir terjadi penyelewengan kekuasaan jika ada kepala daerah yang memiliki kaitan keluarga dengan kepala daerah lainnya, misalnya gubernur dengan bupati di satu wilayah atau bupati dengan bupati di wilayah lain.

"Kalau yang ini sangat keterlaluan, satu kabupaten yang sama, bupati yang lama kakaknya sedang dipenjara karena korupsi lalu adiknya naik," ucap Yenti.

Bahkan dia mendengar kabar bahwa adik kandung Ade Yasin juga tengah disiapkan menggantikan dirinya menjadi Bupati Bogor karena masa jabatannya akan berakhir pada 2022 ini.

"Kalau benar ada adiknya AY disiapkan menggantikan dirinya, partai tempatnya bernaung harus bijak membatalkan dinastinya. Jadi insiden ini betul-betul menampar kita bagaimana pemidanaan terhadap koruptor selama ini tidak mencegah dan tidak (memberi) efek jera," ujar Pakar Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) tersebut.

Menurut dia, ada andil besar elite parpol untuk meruntuhkan politik dinasti di suatu daerah, sekaligus mencegah potensi lahirnya kepala daerah yang koruptif. Ketum parpol tidak boleh mencalonkan kader yang keluarganya memiliki rekam jejak korupsi.

"Lalu solusinya juga edukasi. Edukasi ke masyarakat jangan pilih mereka yang berdinasti karena rawan akan terjadi rasuah," kata Yenti Garnasih.

Lebih lanjut, Yenti mengaku sangat kecewa terhadap BPK yang seharusnya berfungsi sebagai kontrol pemerintahan, tapi justru masih bisa disuap.

"Untuk apa punya badan audit negara seperti BPK kalau bisa disuap? Kalau begini bukan check and balances, tapi di-balances-kan saja. BPK harus sadar dia mengemban amanah rakyat untuk mengawasi. Apakah kita harus sewa auditor asing atau dari swasta karena kita tidak percaya lagi audit pemerintah?" ujarnya.

Selain itu, Ketua Masyarakat Hukum Pidana dan Kriminologi Indonesia (Mahupiki) ini juga tidak setuju dengan penempatan napi koruptor di dalam satu lembaga pemasyarakatan, seperti di Lapas Sukamiskin.

Sebab, kata dia, kondisi itu justru akan menciptakan faktor kriminogen atau faktor yang membuat orang menjadi kriminal dari satu kesamaan hukuman.

"Mereka pelaku rasuah seharusnya ditempatkan sendiri-sendiri, yang berat-berat ditaruh saja di Pulau Buru sana, karena koruptor-koruptor yang punya power dulunya malah jadi berkumpul maka ada istilah power tends to corrupt dan akhirnya tidak ada efek jera kepada meraka usai dibui," ucap Yenti menandaskan.


Bongkar Motif Besar di Balik Suap WTP

Peneliti Pusat Kajian Anti Korupsi Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada (Pukat UGM) Zainur Rahman menyayangkan opini WTP dari BPK masih bisa dibeli dengan sejumlah uang. Kasus suap Bupati Bogor ini menjadi catatan tersendiri bagi BPK untuk melakukan perbaikan internal secara mendasar.

"Tidak sekedar dalam bentuk jargon-jargon tetapi yang paling penting yaitu perbaikan kultur di BPK, agar BPK menjadi lembaga negara yang independen, mandiri, yang tidak mudah dibeli dengan sejumlah uang," ujar Zainur saat dihubungi Liputan6.com, Kamis.

Masih banyaknya pegawai atau pejabat BPK yang terjerat kasus hukum berupa penerimaan suap dan gratifikasi menunjukkan bahwa ada kultur buruk yang belum hilang di internal lembaga audit tersebut.

"Tentu untuk menghilangkan kultur itu harus ada upaya pengawasan bagaiman pengawasan internal BPK yang dapat menjamin para auditornya itu tidak bermain mata dengan auditee, tidak mudah menerima iming-iming apalagi sampai dalam bentuk pemberian," katanya.

Yang membuat miris, kata Zainur, auditor yang ditangkap KPK ini banyak yang masih berusia muda. "Artinya kalau tidak ada perbaikan mendasar, ya kita ke depan masih melihat lagi kemungkinan auditor dari BPK tersangkut kasus suap dari para penyelenggara negara."

Namun di balik kasus suap predikat WTP ini, menurut Pukat UGM, ada motif besar yang menjadi pekerjaan rumah (PR) KPK untuk segera diungkap ke publik. Apalagi nilai suap yang diberikan hanya untuk status WTP tidak sedikit, mencapai Rp 1,9 miliar.

"Saya ragu itu (suap) hanya untuk sekedar citra yang baik (memperoleh WTP). Ini harus didalami oleh KPK kenapa harus ada pemberian suap. Yang harus didalami oleh KPK adalah apa yang ingin ditutupi sampai harus memberikan suap atau gratifikasi itu," ucap Zainur.

Menurut dia, proyek Jalan Pakansari, Bogor harus diteliti secara mendalam oleh KPK apakah ada dugaan pelanggaran hukum di dalamnya atau tidak. Jika KPK bisa menemukan alat bukti tindak pidana terkait pembangunan Jalan Pakansari, maka harus segera dibuka dengan penyidikan perkara baru.

"Catatan saya lainnya adalah ini suap nilainya relatif besar Rp 1,9 M, ini kan auditor level jabatan muda. KPK harus mendalami dari mana para penyuap pejabat di Bogor itu memperoleh uang Rp 1,9 M. Apakah uang pribadi? Sepertinya tidak mungkin," kata Zainur.

Dalam praktik korupsi, uang yang digunakan untuk menyuap oleh pejabat negara biasanya berasal dari pihak-pihak yang memiliki kepentingan, misal dari penyedia barang dan jasa, atau dari pihak yang berusaha mengurus perizinan, tapi juga mungkin dari kas lembaga atau instansi pemerintah.

"Nah itu harus dibuka seterang-terangnya. Ini bisa jadi pengumpulan uang Rp 1,9 M itu juga dari hasil korupsinya, sehingga ini bisa jadi kasus korupsi baru," tutur dia.

Lebih lanjut, Pukat UGM juga menyoroti pernyataan Ade Yasin yang membantah keterlibatan dirinya dalam kasus suap ini. Bahkan dia cenderung menyalahkan anak buahnya yang seolah-olah menyeret dirinya dalam lingkaran setan.

"Menurut saya itu bukan sikap pemimpin yang bertanggung jawab ya. Seharusnya pemimpin itu bisa menolak dengan tegas inisiatif dari anak buahnya yang bermaksud melakukan tindak pidana bukan dengan menyetujuinya, mendukungnya, itu artinya masih bersifat korup, karena tanggung jawab terakhir ada di bupati."

Menurut dia, seorang bupati seharusnya sejak awal menolak inisiatif buruk dari anak buahnya. Bahkan anak buah tersebut harus diberi sanksi tegas, bukan justru didukung.

"Tidak bisa menyalakan anak buah. Anak buah punya inisiatif seperti itu karena berarti anak buahnya menganggap pemimpinnya itu punya kecenderungan untuk melakukan hal-hal yang melanggar hukum, sehingga ada inisiatif untuk melakukan suap itu," demikian kata Zainur Rahman.


Tambah Daftar Panjang Kepala Daerah Ditangkap KPK

Sebelumnya, KPK telah menetapkan Ade Yasin bersama tiga anak buahnya yakni Sekretaris Dinas PUPR Kabupaten Bogor Maulana Adam (MA), Kasubid Kas Daerah BPKAD Kabupaten Bogor Ihsan Ayatullah (IA), dan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Dinas PUPR Kabupaten Bogor Rizki Taufik (RT). Mereka dijerat sebagai pihak pemberi suap.

Sementara tersangka penerima suap adalah Kasub Auditorat Jabar III BPK Jabar Anthon Merdiansyah (ATM), Ketua Tim Audit Interim BPK Kabupaten Bogor Arko Mulawan (AM), serta dua pemeriksa BPK Jabar Hendra Nur Rahmatullah (HNRK) dan Gerri Ginajar Trie Rahmatullah (GGTR).

Ade Yasin dan tiga tersangka pemberi suap disangka melanggar Pasal 5 ayat (1) huruf a atau b atau Pasal 13 UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang perubahan atas UU Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo Pasal 55 ayat (1) ke 1 KUHP.

Sementara pihak penerima disangka melanggar Pasal 12 huruf a atau b atau Pasal 11 UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang perubahan atas UU Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo Pasal 55 ayat (1) ke 1 KUHP.

Penangkapan Ade Yasin ini menambah daftar panjang kepala daerah yang terjaring OTT KPK. Sebelum Ade, pada tahun ini KPK tercatat telah menjaring tiga kepala daerah dalam operasi senyap tersebut.

Pada Rabu 5 Januari 2022, KPK menangkap Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi. Seminggu setelahnya, giliran Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Abdul Gafur Mas'ud yang dijaring KPK.

Selanjutnya, tim KPK kembali bergerak dan berhasil menangkap Bupati Langkat Terbit Rencana Perangin Angin pada Selasa 18 Januari.

Tahun lalu, beberapa kepala daerah juga terkena OTT KPK. Mulai dari Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex Noerdin, Bupati Kolaka Timur Andi Merya Nur, Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono, Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari, Bupati Nganjuk Novi Rahman Hidayat, dan Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah.

Ketua KPK, Firli Bahuri mengungkapkan, pemberian suap dilakukan agar Kabupaten Bogor menerima predikat opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari BPK. Hal itu disampaikan Firli dalam jumpa pers di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (28/4/2022) dini hari.

Firli menyebut, awalnya tim pemeriksa dari BPK Jabar ditugaskan sepenuhnya mengaudit berbagai pelaksanaan proyek pada Dinas PUPR Kabupaten Bogor.

Tim pemeriksa tersebut yakni Kasub Auditorat Jabar III Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Jabar Anthon Merdiansyah, Ketua Tim Audit Interim BPK Kabupaten Bogor Arko Mulawan, dan para pemeriksa BPK Jabar Hendra Nur Rahmatullah, Gerri Ginajar Trie Rahmatullah, dan Winda Rizmayani.

Firli mengatakan, atas keinginan Ade Yasin agar Kabupaten Bogor menerima opini WTP itu, pada sekitar Januari 2022, diduga ada kesepakatan pemberian sejumlah uang antara Hendra Nur dengan Kasubid Kas Daerah BPKAD Kabupaten Bogor Ihsan Ayatullah dan Sekretaris Dinas PUPR Kabupaten Bogor Maulana Adam dengan tujuan mengondisikan susunan tim audit interim (pendahuluan).

Sebagai realisasi kesepakatan, Ihsan dan Maulana diduga memberikan uang sekitar Rp 100 juta dalam bentuk tunai kepada Kasub Auditorat Jabar III BPK Jabar Anthon Merdiansyah di salah satu tempat di Bandung.

Anthon kemudian mengondisikan susunan tim sesuai dengan permintaan Ihsan di mana nantinya obyek audit hanya untuk SKPD tertentu. Kemudian audit dilaksanakan mulai Februari 2022 hingga April 2022.

Adapun temuan fakta tim audit di Dinas PUPR, salah satunya pekerjaan proyek peningkatan jalan Kandang Roda - Pakan Sari dengan nilai proyek Rp 94,6 miliar yang pelaksanaannya diduga tidak sesuai kontrak.

"Selama proses audit, diduga ada beberapa kali pemberian uang kembali oleh AY (Ade) melalui IA (Ihsan) dan MA (Maulana) kepada tim pemeriksa di antaranya dalam bentuk uang mingguan dengan besaran minimal Rp 10 juta hingga total selama pemeriksaan telah diberikan sekitar sejumlah Rp 1,9 miliar," kata Firli.

Kini Ade Yasin telah ditahan di Tumah Tahanan (Rutan) Polda Metro Jaya untuk 20 hari pertama terhitung sejak 27 April-16 Mei 2022. Dalam operasi ini, KPK juga menyita uang senilai Rp 1,024 miliar dalam bentuk tunai dan tabungan.

<p>Infografis Deretan Kepala Daerah Terkena OTT KPK. (Liputan6.com/Trieyasni)</p>

Antisipasi Macet di Pelabuhan Merak

Cegah Kepadatan di Pelabuhan Merak, Polisi Buka-Tutup Gardu Gerbang Tol Cikupa

Liputan6.com 2022-04-28 17:45:00
Foto udara menunjukkan kendaraan terjebak macet di gerbang masuk tol Cikupa, Tangerang, Banten, Kamis (28/4/2022). Memasuki H-4 Hari Raya Idulfitri 1443 H atau Lebaran 2022, kendaraan pemu

Polisi memberlakukan buka-tutup di gardu Gerbang Tol Cikupa, Tangerang, demi mencegah kepadatan kendaraan di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten.

"Kami berkoordinasi dengan pengelola jalan tol dalam hal ini PT MMS (PT Marga Mandalasakti-red). Apabila volume kendaraan di Pelabuhan Merak terlalu padat, kami akan membatasi pembukaan gardu. Dari awalnya ada 10 yang bisa dimaksimalkan, kami sempitkan menjadi enam gardu saja," ujar Wakasatlantas Polres Tangerang yang juga Kepala Pos Pengamanan Gerbang Tol Cikupa AKP I Made Artana, Kamis (28/4/2022).

Menurut I Made Artana, hal itu dilakukan demi menghambat volume kendaraan dari arah Jakarta-Tangerang yang menuju ke Pelabuhan Merak.

Andai kendaraan dibiarkan melewati Gerbang Tol Cikupa tanpa adanya penutupan sebagian gardu, pihak kepolisian menyatakan bahwa hal itu dapat mengganggu arus lalu lintas di wilayah pelabuhan dan Cilegon.

Pantauan di Gerbang Tol Cikupa, Kamis (28/4/2022), sekitar pukul 13.30 WIB, arus kendaraan masih normal meski terjadi antrean sepanjang sekitar satu kilometer. Semua gardu beroperasi seperti biasa.

"Penutupan gardu memang situasional, hanya diberlakukan saat volume kendaraan di pelabuhan padat," tutur I Made Artana.

Pihak kepolisian sendiri memastikan benar-benar memantau pergerakan kendaraan di Gerbang Tol Cikupa karena itu satu-satunya pintu tol menuju ke Pelabuhan Merak.

Setiap keputusan yang dibuat didasarkan pada kepentingan masyarakat yang menjalankan mudik menjelang Hari Lebaran yang diperkirakan jatuh pada 2 Mei 2022.

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini


Pelabuhan Merak Mulai Padat

Sebelumnya, kendaraan pemudik mulai memadati Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten pada H-4 Lebaran atau hari ini Kamis (28/4/2022).

Kamis dini hari, kendaraan-kendaraan pemudik yang didominasi kendaraan pribadi memadati sejumlah dermaga, seperti Dermaga 1 dan Terminal Eksekutif Pelabuhan Merak.

"Pemudik mulai memadati Pelabuhan sejak Rabu malam (27/4/2022) pukul 20.00 WIB, Alhamdulillah saat ini sudah bisa terurai," kata Petugas ASDP bernama Evi kepada Antara sambil mengatur lalu lintas di Terminal Eksekutif Merak, Banten pada Kamis.

Para pemudik yang memadati Pelabuhan Merak didominasi kendaraan pribadi, baik itu kendaraan roda empat maupun roda dua.

Berdasarkan data yang dirilis ASDP Cabang Merak, hingga Rabu (27/4/2022) pukul 20.00 WIB jumlah penumpang yang menyeberang dari Pelabuhan Merak tercatat sebanyak 261.741 orang.

Jumlah tersebut terdiri dari penumpang pejalan kaki sebanyak 12.307 orang dan penumpang dalam kendaraan sebanyak 249.434 orang.

Sedangkan jumlah kendaraan yang menyeberang dari Merak tercatat sebanyak 60.734 kendaraan, dengan kendaraan roda dua tercatat sebanyak 9.129 kendaraan, kendaraan roda empat 32.218 kendaraan, kemudian bus 2.044 kendaraan dan truk 17.343 kendaraan.

Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Shinto Silitonga menjelaskan prediksi puncak mudik Lebaran akan terjadi sekitar tanggal 28-30 April 2022.

Wadirlantas Polda Banten AKBP Alfaris Pattiwael mengatakan, pihaknya memberlakukan skema rekayasa lalu lintas di wilayah Gerem yang berdekatan dengan Gerbang Tol Merak dan Jalan Gerem, Merak yang mengarah ke Jalan Cikuasa Atas, pada hari ini Kamis (28/4/2022).

"Secara on the spot kami melaporkan di Pos Gerem kami melakukan rekayasa lalu lintas di sini mengarah ke jalan Cikuasa Atas. Jadi di Cikuasa Atas, di jalan layang, di mana kami menunggu apabila kondisi di Cikuasa Atas itu sudah lengang maka kami akan kirim ke sana," katanya.