Volume 277

Disebut Keturunan ke-43 Nabi Muhammad

Raja Abdullah II Disebut Sebagai Keturunan ke-43 Nabi Muhammad

Liputan6.com 2022-04-29 15:03:12
Raja Abdullah II. (jordanembassy.org.au)

Raja Abdullah II Ibn Al Hussein adalah generasi ke-43 keturunan langsung Nabi Muhammad. Demikian seperti tertulis dari situs Kedutaan Besar Kerajaan Hashemite Yordania di Canberra.

Situs tersebut, yang dikutip Jumat (29/4/2022), menyebut bahwa Raja Abdullah II mengambil alih kekuasaan konstitusionalnya sebagai Raja Kerajaan Hashemite Yordania pada 7 Februari 1999, hari di mana ayahnya, mendiang Raja Hussein, meninggal dunia. Ia menjadi raja hingga kini.

Raja Abdullah II berkomitmen untuk membangun warisan yang ditinggalkan oleh mendiang Raja Hussein I untuk memajukan institusionalisasi demokratis dan pluralisme politik Yordania, sambil bekerja untuk perdamaian yang adil dan komprehensif dalam iklim keterbukaan dan toleransi.

Lahir di Amman pada 30 Januari 1962, Raja Abdullah II adalah putra tertua mendiang Raja Hussein dan memiliki empat saudara lelaki dan enam saudara perempuan, serta dua putra dan dua putri.

Raja Abdullah II memulai pendidikannya di Islamic Educational College dan mengenyam pendidikan menengah di St. Edmund's School di Surrey, Inggris, Eaglebrook School di Massachusetts, kemudian di Deerfield Academy di Amerika Serikat.

Pada tahun 1980, Raja Abdullah memasuki Akademi Militer Kerajaan Sandhurst di Inggris, di mana ia menerima pendidikan militernya.

Raja Abdullah II kuliah di Universitas Oxford pada tahun 1984, menjalani kursus Studi Khusus selama satu tahun dalam Politik Internasional dan Urusan Dunia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Kembali ke Tanah Air

Sekembalinya ke rumah, Raja Abdullah II melanjutkan jalur militernya, mendapatkan pengalaman dan bekerja hingga pangkat Kapten dan Komandan Kompi Tank di Armored Brigade atau Brigade Lapis Baja ke-91.

Dari 1986 -1987, juga sebagai Kapten, ia bergabung dengan Royal Jordanian Air Force unit Helicopter Anti-Tank Wing Yordania sebagai Instruktur Taktik, di mana ia menerima kualifikasi sebagai Cobra Attack Helicopter Pilot (Pilot Helikopter Serang Cobra).

Pada tahun 1987, Raja Abdullah II mengambil studi di School of Foreign Service di Georgetown University di Washington, D.C., dan tinggal sebagai Mid-Career Fellow. Ia menempuh Advanced Study and Research dalam Hubungan Internasional di bawah naungan Master of Science di Foreign Service Program.


Karir Militer

Sekembalinya ke rumah, ia ditugaskan ke Batalion Tank ke-17, Brigade Pengawal Kerajaan ke-2 dan pada musim panas 1989, ia menjadi Komandan Batalion ke-2, dengan pangkat Mayor.

Pada tahun 1991, Raja Abdullah adalah Perwakilan Armor di Kantor Inspektur Jenderal. Dia dipromosikan menjadi Letnan Kolonel pada akhir tahun dan mengambil alih komando Resimen Mobil Lapis Baja ke-2 di Brigade ke-40.

Setelah menyerahkan batalion pada Januari 1993, Raja Abdullah dipromosikan menjadi Kolonel penuh dan ditugaskan sebagai Wakil Komandan Pasukan Khusus Yordania. Pada bulan Juni 1994, ia dipromosikan ke pangkat Brigadir Jenderal, dan mengambil alih komando Pasukan Khusus Kerajaan Yordania, setelah menjabat sebagai Wakil Komandan selama enam bulan.

Ia diangkat menjadi komandan Komando Operasi Khusus pada Oktober 1997, dan pada Mei 1998, pangkatnya dinaikkan menjadi Mayor Jenderal.


Takhta dan Keluarga Raja Yordania

Selain karirnya, seperti dikutip dari kingabdullah.jo, sebagai seorang perwira militer, Raja Abdullah II telah melayani negaranya berkali-kali dalam kapasitas resmi Regent(setara bupati) saat ketidakhadiran Raja Hussein.Ia secara teratur bepergian dengan mendiang Raja Hussein.

Sebelum naik takhta, Raja Abdullah II mewakili Yordania dan mendiang ayahnya dalam kunjungan ke banyak negara di seluruh dunia, dan mengembangkan hubungan dekat dengan para pemimpin dan pejabat sejumlah negara Arab selama kariernya.

Raja Abdullah II menikah dengan Ratu Rania pada 10 Juni 1993. Baginda memiliki dua putra, Pangeran al-Hussein, lahir 28 Juni 1994, Pangeran Hashem, lahir pada 30 Januari 2005 dan dua putri, Putri Iman, lahir 27 September 1996 dan Putri Salma, lahir 26 September 2000.

Raja Abdullah adalah seorang yang disebut sebagai frogman (manusia katak), pilot, dan penerjun terjun bebas yang berkualitas.

Minatnya yang lain adalah balap mobil (dia adalah mantan Juara Balap Reli Nasional Yordania), olahraga air, selam scuba, dan mengoleksi senjata dan persenjataan kuno.

Infografis 4 Cara Tampil Menawan Saat Foto Pakai Masker Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)

Demi Mudik, Meninggal di Dalam Bus

Seorang Pemudik Meninggal Dunia di Dalam Bus Jurusan Bandung - Solo

Liputan6.com 2022-04-29 13:45:57
Ilustrasi Foto Jenazah (iStockphoto)

H-3 Lebaran yang bertepatan dengan dimulainya cuti bersama, hari ini Jumat (29/4/2022), menunjukan adanya peningkatan volume kendaraan pemudik di sejumlah ruas jalan.

Di Solo, seorang pemudik meninggal dunia di dalam bus Po Rajawali Nopol AD 7152 OA jurusan Bandung-Solo saat perjalanan menuju ke Terminal Tirtonadi Surakarta, Jawa Tengah, hari ini Jumat (29/4/2022).

Menurut Koordinator Terminal Tipe A Tirtonadi Solo Joko Sutriyanto saat dikonfirmasi, membenarkan kabar tersebut. Pemudik tersebut atas nama Agung (49), warga Desa Mongsari Kecamatan Jatipuro Karanganyar.

Korban diketahui meninggal dunia di dalam bus Po Rajawali Nopol AD 7152 OA jurusan Bandung - Solo, di Terminal Tirtonadi Solo, sekitar pukul 07.30 WIB.

Korban meninggal dunia dalam keadaan duduk miring pada tempat duduk bus bagian tengah sebelah kanan yang diduga karena sakit saat perjalanan dari Bandung menuju Terminal Tirtonadi Solo.

Warga yang meninggal di dalam bus saat mudik tersebut dari informasi memang kondisinya tidak sehat, dan sudah diperingatkan oleh pihak keluarga, tetapi dia memaksa ikut mudik. Korban memang memiliki riwayat penyakit bawaan jantung dan asma.

"Korban kemungkinan sudah dua tahun tidak bisa mudik kemudian ingin bertemu sanak saudaranya pulang ke kampung. Jenazah korban kemudian diserahkan ke pihaknya kepolisian kemudian dibawa ke rumah sakit pemeriksaan forensik," katanya.

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini


Kronologi Kejadian

Sementara itu, Kepala Polsek Banjarsari Polresta Surakarta Kompol Djoko Satrio Utomo menjelaskan kronologi kejadian tersebut. Awalnya korban naik bus Po Rajawali dari Cicahem Bandung Jabar dengan tujuan Jatipuro Karanganyar, pada Kamis (28/4/2022) pukul 17.00 WIB.

Korban yang naik bus ketika sampai Kartasura Sukoharjo, Jumat, pukul 06.30 WIB, salah satu saudaranya berniat membangunkan. Selanjutnya sopir bus menepikan bus untuk mengecek denyut nadi pada tangan korban. Dan didapati korban sudah dalam keadaan meninggal dunia.

Bus kemudian melanjutkan perjalanan sampai Terminal Tirtonadi Solo dan melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Banjarsari Surakarta.

Menurut Kapolsek dari hasil pemeriksaan tidak ditemukan tanda-tanda bekas penganiayaan di tubuh korban. Diperkirakan korban mempunyai riwayat sakit asma karena di tas korban ditemukan alat bantu pernafasan.

"Jenazah korban kemudian dibawa ke Rumah Sakit Dr Moewardi Surakarta untuk penanganan lebih lanjut," katanya.

Istri dan Mertua Tertinggal di Rest Area

Mudik, Waspada 49 Titik Rawan Macet

Awas, Ada 49 Titik Rawan Macet Mudik Lebaran di Jawa Barat

Liputan6.com 2022-04-29 14:00:33
Kendaraan antre menunggu dibukanya jalur menuju kawasan Puncak dan sekitarnya di pintu keluar Tol Gadog, Ciawi, Bogor, Jawa Barat, Kamis (29/10/2020). Libur panjang dimanfaatkan warga Ibu Kot

Dinas Perhubungan Jawa Barat mengimbau masyarakat agar mengantisipasi 49 titik kemacetan yang terdapat di jalur mudik Lebaran 2022.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat A. Koswara sebelum pandemi berlangsung, lokasi kemacetan lalu lintas terdeteksi hanya di 12 daerah yakni Sumedang, Tasikmalaya, Ciamis, Kuningan, Bogor, Cianjur, Bekasi, Sukabumi, Bandung Subang, Purwakarta, dan Karawang.

"Nah di Jawa Barat (sekarang) yang sudah kita identifikasi ada beberapa titik kemacetan yang prioritas diantisipasi. Misalnya di Ciawi daerah Bogor yang ke arah ke puncak, kemudian di CIleunyi, Nagreg Kabupaten Bandung, Limbangan, Gentong Kabupaten Garut itu salah satu area - area di jalur mudik yang diantisipasi terjadi kemacetan," ujar Koswara ditulis Bandung, Jumat (29/4/2022).

Koswara menjelaskan kemacetan lalu linta tersebut sebagian besar akibat aktivitas pasar tradisional dan pasar tumpah, terminal resmi dan terminal bayangan, persimpangan jalan, tanjakan, jalan berkelok - kelok, tempat wisata, atau hanya karena memang volume kendaraan yang meningkat.

Contohnya ucap Koswara, kemacetan sudah hampir pasti akan terjadi di daerah Limbangan, Garut namun hal itu sudah diantisipasi.

"Di Limbangan, Kabupaten Garut ada tiga titik pasar. Kemacetan disebabkan banyak orang menyeberang. Nanti akan dibuat pembatasan agar tidak menyeberang sembarangan," kata Koswara.

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini


Cileunyi

Sedangkan di Cileunyi Kabupaten Bandung, kemacetan bisa saja terjadi akibat kebingungan pemudik membaca rambu lalu lintas akibat jalan layang yang baru dibuat.

Sehingga nantinya akan ditambah rambu-rambu lalu lintas di sekitar pintu keluar gerbang tol Cileunyi.

"Kami juga menyiapkan Cisumdawu sebagai alternatif menuju Sumedang dan Majalengka," sebut Koswara. Koswara menyebutkan selain kendaraan pribadi, otoritasnya telah memastikan angkutan umum, khususnya bus antar kota dalam provinsi (AKDP) dan antar kota antar provinsi (AKAP) yang akan melayani pemudik sudah melalui pemeriksaan, baik di poll ataupun di terminal saat akan berangkat.

Bus yang dipersiapkan berjumlah 3.709 unit dengan perkiraan mampu mengangkut penumpang sebanyak 166.905 orang perharinya. Pemerintah juga sudah menetapkan tarif batas atas khusus untuk kelas ekonomi.


Daftar Delapan Gerbang Tol Jakarta-Cikampek yang Terapkan Ganjil Genap Mulai Hari Ini

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo menyatakan berdasarkan rapat koordinasi dengan sejumlah pihak, filtrasi atau pemberlakuan sistem one way atau satu arah tidak dilaksanakan di dalam tol seperti saat uji coba pada 25-26 April. Kata dia, sistem itu dilakukan di gerbang jalan tol.

Pemberlakuan sistem satu arah dimulai pada hari ini Kamis (28/4/2022) mulai pukul 17.00 sampai 00.00 WIB

"Jadi ada beberapa gerbang tol yang akan menerapkan gage (ganjil genap) pada saat diberlakukannya one way," kata Sambodo di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Rabu (27/4/2022).

Kata Sambodo, gerbang tol yang memberlakukan yaitu di Bekasi Barat, Bekasi Timur, Tambun, Cibitung, Cikarang Barat, Cikarang Pusat hingga Cibatu.

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan menyatakan jika masyarakat tidak dapat mengharapkan jalanan tanpa macet ketika pelaksanaan mudik Lebaran 2022. Sebab kemampuan pembangunan sarana dan prasarana pemerintah terbata yang tidak dapat mengakomodasi saat volume kendaraan terlalu tinggi.

Karena hal itu, berbagai strategi dipersiapkan. Hasil tersebut berdasarkan koordinasi antara Kemenhub, Korlantas Polri dan sejumlah pihak lainnya. Strategi itu meliputi sistem contraflow, one way atau satu arah, hingga ganjil genap di jalan tol. Untuk one way dan ganjil genap diberlakukan di arah timur Jakarta.


Selanjutnya

Kepala Korlantas Polri Firman Shantyabudi menyatakan penerapan aturan ganjil genap selama arus mudik Lebaran 2022 bakal diterapkan secara situasional. Masyarakat diimbau untuk mematuhi aturan yang ada. Firman juga menyebut ada kemungkinan skema pengaturan lalu lintas ganjil genap bisa diperlonggar pada H-1 Lebaran, atau 1 Mei 2022.

"Tanggal 1 (Mei) kami akan mulai lagi dari pagi (07.00 WIB), dan kita rencanakan hanya sampai jam 12.00 WIB siang," kata Firman dalam konferensi pers, Kamis (21/4/2022).

Pelonggaran aturan ganjil genap ini didasarkan pada pergerakan mudik ke arah timur yang kemungkinan bakal jauh berkurang dibanding hari sebelumnya. Jika tidak terjadi kepadatan, kebijakan ganjil genap ataupun one way bisa saja dicabut.

Lalu, sejumlah area yang diprediksi akan terjadi perlambatan atau kemacetan yakni: di pintu masuk tol, rest area, pom bensin, dan tempat-tempat lainnya. Sedangkan, sejumlah titik yang diprediksi terjadi kepadatan yaitu: Jalur tol Tangerang-Merak Km 26, Jalur Tol arah Cikampek Km 48-60, KM 31-37, Km 70-72, dan untuk arus balik di Km 54.

Mudik Bawa 3 Ekor Kucing

Pria Ini Mudik Bawa 3 Kucing Naik Perahu Sebrangi Sungai, Satu Ekor Mabuk

Liputan6.com 2022-04-29 16:30:12
Seorang pria bawa tiga kucingnya mudik hingga membuat satu ekor mabuk karena menyeberangi sungai. (Sumber: TikTok/erie300989)

Berpisah dari hewan peliharaan menjadi momen yang tidak diinginkan oleh sang pemilik. Apalagi jika hewan peliharaan itu sudah sangat ia sayangi. Kemanapun sang pemilik pergi pasti hewan kesayangannya mengikuti. Seperti yang terekam dalam sebuah video yang viral di laman TikTok.

Seorang pria tampak duduk di atas motornya. Di bagian depan motor ada beberapa barang yang ia bawa seperti kardus dan tas kresek berwarna merah yang tercantel di gantungan motor. Rupanya, pria tersebut sedang melakukan perjalanan mudik.

Yang mencuri perhatian adalah sebuah tas kucing yang ia gendong di depan. Dalam tas itu sudah ada tiga kucing yang tampak menggemaskan. Pria pecinta kucing itu membawa serta dua kucingnya untuk mudik ke kampung halaman. Namun dalam perjalanan itu, ada salah satu kucing yang mabuk kendaraan.

Video tersebut dibagikan oleh laman TikTok @erie300989. Simak cerita selengkapnya yang telah diulas Liputan6.com dari laman TikTok tersebut, Jumat (29/4/2022).


Satu kucing mabuk kendaraan

Saking sayangnya dengan hewan peliharaannya, pria dalam video tersebut rela membawa tiga ekor kucingnya untuk mudik ke kampung halamannya yang diketahui berada di daerah Sambas, Kalimantan Barat. Ia membawa tiga ekor hewan kesayangannya itu menggunakan tas gendong khusus kucing.

Menurut pemilik akun, perjalanan mudik itu harus menyeberangi sungai menggunakan sebuah perahu. Dalam video, perahu yang sedang berjalan menyusuri sungai itu mengangkut beberapa sepeda motor yang juga ditumpangi oleh sang pemilik kendaraan.

"Perjalanannya harus menyeberangi sungai lagi, Alhamdulilah mereka kuat walaupun salah satunya mabuk kendaraan dan muntah-muntah," tulis pemiki akun pada keterangan video, seperti dikutip Liputan6.com dari laman TikTok @erie300989 pada Jumat (29/4/2022).

Menempuh total perjalanan sekitar 6-7 jam, pemilik akun menerangkan jika salah satu kucingnya sempat muntah-muntah karena mabuk kendaraan.


Komentar warganet

Video mudik bawa kucing menyeberangi sungai ini telah ditonton hingga 1,3 juta oleh pengguna TikTok dan menuai beragam komentar dari warganet. Banyak yang dibikin gemas oleh penampakan tiga kucing tersebut. Tak sedikit pula yang memuji sang pemilik yang begitu sayang terhadap hewan peliharaannya.

"Senengnya mpus mau Lebaran di kampung," tulis akun @userqsthz8mtd6.

"Banyak banget yang mudik bawa kucingnya lucu banget saking sayangnya sama kucing," tulis akun @diena064.

"Asyiknya meong-meong ikut mudik juga," tulis akun @aciyayoet.

"Lucunya pakai nyeberang sungai segala, pasti pengalaman yang menyenangkan bagi mpusnya," tulis akun @traveling.with.early.

"Aduh gemes," tulis akun @ratusiregar13.

1,1 Juta Kendaraan Tinggalkan Jabotabek

Jasa Marga: 1,1 Juta Kendaraan Sudah Tinggalkan Jabotabek

Liputan6.com 2022-04-29 15:09:45
Foto udara ini menunjukkan kendaraanroda empat tersendat saat melintasi Jalan Tol Jakarta - Cikampek di Karawang, Jawa Barat pada 28 April 2022. Lalu lintas di Jalan Tol Jakarta-Cika

Sebanyak 1.157.959 kendaraan telah mudik atau meninggalkan wilayah Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi (Jabotabek), terhitung hari Jumat pekan lalu 22 April 2022 hingga Kamis 28 April 2022. Jumlah itu adalah angka kumulatif yang terhitung sejak H-10 sampai dengan H-4 Hari Raya Idul Fitri 1443 H/2022.

"Angka tersebut merupakan angka kumulatif arus lalu lintas (lalin) dari empat Gerbang Tol (GT) Barrier/Utama, yaitu GT Cikupa (arah Merak), GT Ciawi (arah Puncak), dan GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama (arah Trans Jawa dan Bandung)," tulis Jasa Marga dalam keterangan pers diterima, Jumat (29/4/2022).

Jasa Marga melanjutkan, total volume lalu lintas yang meninggalkan wilayah Jabotabek meningkat 14,1%, jika dibandingkan lalin normal periode November 2021 dengan total 1.015.248 kendaraan.

Untuk distribusi lalu lintas meninggalkan Jabotabek menuju ke tiga arah yaitu mayoritas sebanyak 587.392 kendaraan (50,7%) menuju arah Timur (Trans Jawa dan Bandung), 341.891 kendaraan (29,5%) menuju menuju arah Barat (Merak), dan 228.676 kendaraan (19,7%) menuju arah Selatan (Puncak).

Berikut rincian distribusi lalu lintasnya:


Arah Timur (Trans Jawa dan Bandung)

- Lalin meninggalkan Jabotabek menuju arah Trans Jawa melalui GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek, dengan jumlah 372.048 kendaraan, meningkat sebesar 62,2% dari lalin normal.

- Lalin meninggalkan Jabotabek menuju arah Bandung melalui GT Kalihurip Utama Jalan Tol Cipularang, dengan jumlah 215.344 kendaraan, turun sebesar 1,9% dari lalin normal.Total lalin meninggalkan Jabotabek menuju arah Trans Jawa dan Bandung melalui kedua GT tersebut adalah sebanyak 587.392 kendaraan, meningkat sebesar 30,8% dari lalin normal.


Arah Barat (Merak)

Lalin meninggalkan Jabotabek menuju arah Merak melalui GT Cikupa Jalan Tol Tangerang-Merak adalah sebesar 341.891 kendaraan, meningkat sebesar 2,73% dari lalin normal.


Arah Selatan (Puncak)

Sementara itu, jumlah kendaraan yang meninggalkan Jabotabek menuju arah Puncak melalui GT Ciawi Jalan Tol Jagorawi sebanyak 228.676 kendaraan, turun sebesar 2,0% dari lalin normal.

<p>Infografis journal_Bagaimana Persiapan Kendaraan Untuk Mudik Lebaran? (Liputan6.com/Abdillah)</p>

Idul Fitri Pilih ke Luar Negeri

Prilly Latuconsina Pilih Liburan Saat Hari Raya Idul Fitri

Liputan6.com 2022-04-29 10:15:00
Prilly Latuconsina. (Foto: Dok. Instagram @prillylatuconsina96)

Di perayaan Hari Raya Idul Fitri tahun ini, Prilly Latuconsina bakal mengosongkan jadwal. Wanita berusia 25 tahun itu berencana bakal terbang ke luar negeri untuk liburan.

"Lebaran ada sih libur tapi aku bye ke luar dulu," ucap Prilly Latuconsina saat ditemui di kawasan Jalan Kapten Tendean, Mampang, Jakarta Selatan, belum lama ini.

Prilly Latuconsina sayangnya tak mau mengungkap ke negara mana dia akan pergi. Yang pasti, liburan tersebut merupakan kali pertama dalam setahun ini Prilly Latuconsina setelah bekerja hampir setiap hari.

"Dekat-dekat aja sih, milih-milih yang visanya gampang. Masih rencana sih, pokoknya abis hari ketiga (Lebaran) besoknya aku berangkat lah sama teman," kata Prilly Latuconsina.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Liburan

Pilihan Prilly Latuconsina untuk liburan di Lebaran kali ini memang sudah direncanakan. Pasalnya, setahun belakangan dirinya memang lebih banyak bekerja.

"Liburan aja, iya (refreshing) karena dalam setahun ini hanya dapat libur itu. Jadi sampai Desember enggak ada libur, cuma seminggu itu aja. Jadi itu udah hasil nego dengan manajer, kayak boleh lah," tutup Prilly Latuconsina.


Jalan-Jalan

Dibanding selebritas lainnya, Prilly memang terbilang jarang sekali pergi liburan ke luar negeri. Masih bisa diingat, dulu ia enggan jalan-jalan ke luar negeri agar bisa menabung untuk bangun rumah.

Hasil dari kerja kerasnya pun akhirnya terbayar. Pada 2020 silam, bintang sinetron Ganteng Ganteng Serigala itu bisa membangun rumah megah impiannya dari uang hasil tabungan sendiri.


Mimpi Terwujud

Sejak dulu, Prilly memang bermimpi untuk bisa beli rumah sendiri. Namun kala itu, impiannya tak terlalu muluk-muluk, mengingat pekerjaannya cuma syuting, tanpa ada sampingan apapun.

"Dari situ aku mulai nabung, soalnya aku emang niatnya punya rumah sendiri supaya tenang gitu kan. Tapi kayak masih yang mikir-mikir, ah rumahnya yang sederhana aja lah, nggak usah yang gede-gede, uangnya juga belum tentu cukup. Karena gue mikirnya yaelah gue syuting doang. Bayarannya masih segini, nggak mungkin bisa beli atau bangun rumah ada kolam renang, udah nggak usah muluk-muluk beli rumah biasa-biasa aja," terangnya kala itu.

Lebaran Ini Ikke Nurjanah Sedih

Kesedihan Ikke Nurjanah di Lebaran Tahun Ini

Liputan6.com 2022-04-29 07:35:00
Ikke Nurjanah tetap tampil awet muda meski kini sudah genap 47 tahun. (Sumber: Instagram/@ikkenurjanah0518)

Hari kemenangan umat Islam hanya tinggal menghitung hari lagi. Tentunya, umat Islam di seluruh penjuru dunia menyambut bahagia momen Lebaran ini. Begitu juga dengan Ikke Nurjanah.

Namun di tengah kebahagiaan itu, terselip kesedihan juga yang dirasakan oleh Ikke Nurjanah. Alasannya adalah tak lain karena tidak ada lagi sosok sang ayah.

Ayah Ikke Nurjanah, Abdul Pihar Tanjung meninggal dunia pada Maret 2022 lalu.

"Sekarang ke mana, karena ibu tinggal sendiri dan ibu nyamannya di mana. Bicara atas nama ibu, ibu nyamannya di mana, di rumahnya siapa itu dulu ditentuin untuk Lebaran pertama," ungkap Ikke, dilansir kanal YouTube Insert, Kamis (28/4/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Kosong

Hal itu tentunya membuat Ikke Nurjanah merasakan ada yang hilang di Lebaran kali ini.

"Ya ada yang hilang, ada yang kosong lah di antara kita. Biasanya kita komplit. Makanya konsep bertemu diubah karena harus juga memikirkan kenyamanan ibu, karena ibu tinggal sendiri," lanjutnya.

"Biasanya kalau papa hari pertama harus ke papa kalau sekarang harus ngobrol dulu dan harus menjaga perasaan ibu juga," sambungnya.


Silaturahmi

Meski sang ayah sudah tiada, namun silaturahmi dengan keluarga dari pihak bapak tetap terjalin. Dan akan berkumpul bersama saat Lebaran tiba.

"Karena papa anak nomor satu, jadi keluarga papa diinfo kita kemana. Info keluarga dulu di mana kumpul baru deh kita pakai seragam apa, kita masak apa," paparnya.

<p>Infografis Peta Jalur Mudik Lebaran 2022 Rawan Bencana di Pulau Jawa. (Liputan6.com/Trieyasni)</p>

Kebaikan Junho 2PM Terungkap

Viral, Netizen Korea Ungkap Kebaikan Junho 2PM pada Penyandang Disabilitas

Liputan6.com 2022-04-29 14:00:43
Junho 2PM (Foto via Soompi)

Anggota boyband asal Korea Selatan, Junho 2PM, masih berhubungan dengan orang-orang dengan disabilitas di tempat ia ditugaskan selama wajib militer.

Korea-netizen (Knetizen) yang memiliki bibi di pusat penyandang disabilitas tempat Junho bekerja, memposting pengalaman bibinya yang kemudian menjadi viral.

Dilansir dari Media Entertainment Arts WorldWide, kembali pada Mei 2019, saat Junho mendaftar untuk dinas militernya. Namun, karena cedera bahu yang parah, ia ditempatkan dalam layanan alternatif sebagai pekerja sosial.

"Ia adalah anggota terakhir 2PM yang menyelesaikan wajib militer pada Maret 2021. Sementara, meskipun telah setahun berlalu, orang-orang yang ia bantu masih mengingatnya. Salah satunya, ada Knetizen yang membagikan momen saat Junho turut merayakan Hari Nasional Penyandang Disabilitas pada 20 April lalu," tulis pernyataan netizen tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Junho terus membantu di pusat penyandang disabilitas

Pada 22 April, Knetizen mengatakan bahwa Junho itu seseorang yang ekerja keras dan selalu berpendirian kuat.

Postingan yang menjadi viral tersebut mendorong media Korea menjangkau pusat disabilitas yang dimaksud untuk menjamin kebenaran postingan Knetizen tersebut.

Kepala pusat tersebut, Yang Kyung-mo mengatakan, "Saya merasa senang bahwa itu diketahui karena saya tahu berapa banyak usaha yang dilakukan Junho pada pusat disabilitas kami." Ia menambahkan bahwa Junho sangat membantu mereka yang sangat lemah dan ia bersyukur atas kehadiran Junho.

Seperti yang telah ditulis oleh Knetizen, Yang menambahkan bahwa mereka pernah secara kebetulan berbicara tentang tidak memiliki kendaraan transportasi, yang kemudian Junho dengan hati-hati menanyakan apakah ia bisa mensponsori kendaraan untuk pusat.

"Junho kemudian menghadiahkan sebuah mobil dan menyumbangkan dana segera ditempat. Selain itu, anggota 2PM ini menggunakan hari cutinya dari militer untuk menghadiri acara pusat. Staf juga berterima kasih saat Junho mengirim kotak pizza ke pusat untuk mereka rayakan pada 20 April," ungkap Yang.


Kebaikan luar biasa dari seorang idol

Beberapa bulan yang lalu, Junho menjadi trending di media sosial saat media mengungkapkan bahwa mereka telah mencoba menggali masa lalunya. Namun semua terkejut karena ia benar-benar bersih dan bebas skandal. Selain memiliki karir yang bebas skandal di industri K-pop, kebaikan Junho juga terlihat dari tindakannya.

Fans pun tersentuh sampai mentweet bahwa secara harfiah, Junho adalah malaikat.

"Bagai malaikat saya sangat bangga dan senang menjadi penggemar Anda dan saya berharap kesuksesan Anda selalu."

Seorang penggemar ada juga yang memposting, "Ah, aku hanya berharap Junho menerima banyak cinta dalam hidupnya dalam segala bentuk dan bentuk."

Bahkan ada netizen yang bercanda dengan mengatakan, "Junho, jika kamu di sini, siapa yang akan melindungi surga."

Yang lain menulis, "Benar-benar tidak ada jalan keluar untuk kebajikan Lee Jun-ho." Seorang pengguna menambahkan, "Ia benar-benar luar biasa."

Infografis Pesona K-Pop Mendamaikan Korea

Kemesraan Amanda Manopo dan Arya Saloka

Viral Video Kemesraan Amanda Manopo dan Arya Saloka

Liputan6.com 2022-04-29 11:00:00
Amanda Manopo dan Arya Saloka di serial Ikatan Cinta (Instagram/arya.saloka)

Jumat (29/4/2022) pagi diramaikan dengan video yang memeperlihatkan kemesraan antara Amanda Manopo dengan lawan mainnya dalam serial Ikatan Cinta, Arya Saloka.

Dalam video berdurasi singkat itu, terlihat Amanda Manopo dan Arya Saloka duduk berdampingan di dalam mobil. Keduanya mengenakan buasana kasual.

Tanpa ragu, Arya Saloka memegang dan menyandarkan kepalanya di lengan mantan kekasih Billy Syahputra tersebut. Bila dilihat, video ini diambil sendiri oleh Amanda.

Pada detik berikutnya, Arya tampak mencium dan mengelus tangan artis berusia 22 tahun tersebut. Arya lalu menatap kamera dan tersenyum.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Untuk Syuting?

Unggahan ini seketika memancing beragam reaksi dari warganet. Tak sedikit netizen yang khawatir dengan kedekatan mereka mengingat Arya Saloka telah memiliki anak dan istri.

Belum diketahui pasti apakah kedekatan yang terekan dalam video tersebut untuk keperluan adegan dalam sinetron, ataukah bukan.


Respons

"Ini kalo jadi #naudzubillah. Bener bakal jadi the world of the married sih," kata salah satu warganet di akun gosip insta_julid.

"Ini si udah kelewat batas menurutku," kata warganet lainnya.

"Dalam kontek apa dlu ini? Klo video diambil untuk adegan ya mau ga mau konsekuensi... Tp klo bukan adegan yaa x istri ga murka," tambah yang lainnya.


Keluar dari Ikatan Cinta

Sebelumnya Arya Saloka sempat dikabarkan keluar dari sinetron Ikatan Cinta. Isu ini mencuat setelah sosoknya tak pernah terlihat beberapa episode.

Arya sendiri memang tidak pernah secara langsung mengatakan keluar dari Ikatan Cinta. Namun, beberapa bintang Ikatan Cinta mengucapkan salam perpisahan kepada suami Putri Anne itu.

Kasus e-KTP bergulir penuh drama layaknya sinetron. Apa saja? (liputan6.com/abdillah)