Volume 278

Para Pencari Berkah di Masjid Raya

Membludaknya Para Pencari Berkah di Masjid Raya Baiturrahman Aceh

Liputan6.com 2022-05-03 09:00:00
Jemaah mulai memadati Masjid Raya Baiturrahman sebelum salat id idulfitri 1437H digelar (Liputan6.com/Rino Abonita)

Kemeriahan lebaran Idul Fitri 1443 hijriah, Senin (2/5/2022) terlihat di Masjid Raya Baiturrahman.

Masjid ikonik provinsi yang dijuluki Serambi Makkah itu dipadati oleh jemaah salat Id yang tinggal di wilayah Banda Aceh dan sekitarnya.

Sebelumnya, pengurus masjid telah melakukan sejumlah persiapan beberapa hari sebelum salat Id digelar.

Termasuk, berkoordinasi dengan pihak kepolisian dan TNI hingga memastikan aliran listrik di masjid tidak terganggu selama pelaksanaan salat Id.

Liputan6.com sendiri menangkap beberapa aktivitas yang berlangsung sekitar di masjid tersebut.


Dijaga Aparat

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, pengurus Masjid Raya Baiturrahman berkoordinasi dengan kepolisian dan TNI demi menjamin keamanan para jemaah.

Sejumlah aparat keamanan ditempatkan di titik-titik pintu gerbang yang dijadikan sebagai akses keluar masuk oleh jemaah.

Selain polisi serta beberapa di antara aparat keamanan yang ikut berjaga terlihat berasal satuan Polisi Militer.


Serbuan Pengemis

Fenomena yang cukup menarik ialah kemunculan para pengemis hampir di setiap gerbang yang menjadi akses keluar masuk para jemaah.

Pantauan Liputan6.com, para pengemis itu terdiri dari laki-laki dan perempuan. Mereka menenteng kotak kardus atau wadah dari plastik yang disodorkan kepada setiap orang yang lewat di depan mereka.


Berfoto Usai Salat

Semangat merayakan Idul Fitri juga terlihat dari para jemaah yang berfoto baik sendirian maupun beramai-ramai, termasuk juga merekam video.

Aktivitas menggunakan telepon pintar untuk berfoto ataupun merekam momen-momen Idul Fitri itu bahkan sudah dilakukan sebelum salat dimulai.

Hasil foto atau rekaman ada yang diunggah di Instagram atau media sosial lainnya.


Tumpah ke Jalan

Kendati dipastikan memiliki daya tampung yang luar biasa, tetapi, karena jumlah jemaah membludak, maka tidak semua mendapatkan tempat salat, sehingga banyak barisan jemaah yang tumpah ke jalan.

Namun, keceriaan tetap terlihat di wajah para jemaah tersebut kendati tidak kebagian tempat di dalam masjid.

Adapun jumlah jemaah yang mengenakan masker terlihat jauh lebih sedikit ketimbang jemaah yang tidak mengenakan masker.

Lebaran Sederhana ala Jokowi

Jokowi Habiskan Libur Lebaran dengan Bermain Bersama Cucu

Liputan6.com 2022-05-04 11:08:34
Presiden Joko Widodo atau Jokowi memanfaatkan momen libur Lebaran 2022 dengan berkumpul bersama keluarganya. (Foto:Biro Pers Sekretariat Presiden).

Presiden Joko Widodo atau Jokowi memanfaatkan momen libur Lebaran 2022 dengan berkumpul bersama keluarganya, Selasa 3 Mei 2022.

Dia pun menikmati momentum tersebut untuk bermain bersama cucu-cucunya di halaman Istana Kepresidenan Yogyakarta.

Berdasarkan siaran pers Sekretariat Presiden, Jokowi keluar dari Gedung Agung sekitar pukul 16.20 WIB.

Bersama dua cucunya, Jan Ethes Srinarendra dan Sedah Mirah Nasution, Jokowi mengemudikan mobil golf dan berhenti di depan gerbang utama Istana Yogyakarta.

Di sini, Jan Ethes dan Sedah Mirah kemudian menyapa masyarakat yang berada di area sekitar Istana. Sementara Sedah Mirah tampak melambaikan tangannya.

"Minal aidin wal faizin," seru Jan Ethes kepada masyarakat dikutip dari siaran pers, Rabu (4/5/2022).

Jokowi juga menyapa langsung masyarakat dan membagikan kaus. Beberapa bahkan berswafoto bersama Kepala Negara.

Setelah itu, Jokowi memutar mobil golfnya untuk menjemput adik Jan Ethes, La Lembah Manah. Setelah berputar mengelilingi halaman Gedung Agung, mobil golf pun berhenti di depan teras depan Gedung Agung.

Tak lama kemudian, Jokowi mengajak cucu-cucunya untuk menaiki delman. Duduk di samping kusir, dia tampak menggendong La Lembah Manah. Jan Ethes dan Sedah Mirah duduk di baris kedua.

Adik Sedah Mirah, Panembahan Al Nahyan Nasution, tampak turut serta setelah beberapa putaran. Selesai bermain bersama cucu, sekitar pukul 17.00 WIB Jokowi kembali ke Gedung Agung.


Pesan Jokowi Rayakan Idul Fitri

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa momen Lebaran kali ini terasa berbeda dibandingkan dua Lebaran sebelumnya. Kali ini masyarakat sudah boleh mudik sehingga bisa kembali berkumpul bersama keluarga.

Meski begitu Jokowi meminta masyarakat agar tetap waspada dan disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes) di tengah kegembiraan Lebaran. Ia mengingatkan bahwa situasi saat ini masih pandemi COVID-19.

"Merayakan kemenangan seusai sebulan berpuasa kian berarti karena tahun ini kita boleh mudik dan berlebaran bersama keluarga dan handai tolan di kampung halaman," demikian cuit Presiden dalam akun Twitter resminya, @jokowi, pada Senin, 2 Mei 2022.

"Saya berharap kegembiraan itu tidak mengurangi kewaspadaan kita untuk tetap menjalankan protokol kesehatan," tulis Jokowi dalam cuitan yang sama.

Pada Lebaran kali ini pemerintah membolehkan masyarakat mudik mengingat kasus COVID-19 mulai terkendali meski belum usai.

Pemerintah memperkirakan sedikitnya 85 juta warga melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman masing-masing untuk merayakan Idul Fitri 1433 H.


Jokowi Halal Bihalal dengan Megawati dan Puan

Presiden Joko Widodo atau Jokowi sempat melakukan silaturahmi atau halal bihalal Lebaran Idul Fitri 1443 H bersama Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri dan Ketua DPR RI, Puan Maharani. Halal bihalal dilakukan dalam sambungan video call.

Hal itu disampaikan langsung Ketua DPP PDIP Bidang Pemuda dan Olahraga, Eriko Sotarduga saat menyambangi kediaman Megawati di Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (2/5/2022).

"Tadi juga Pak Jokowi langsung berkomunikasi dengan Ibu Ketum dan Mbak Puan melalui video call. Cukup lama dengan Ibu Iriana," kata Eriko.

Eriko juga sempat menyaksikan langsung dan mengabadikan momen tersebut. "Kami juga menyaksikan langsung dan mengambil fotonya dan videonya," tutur dia.


Santap Opor Bersama Prabowo

Hari pertama Idul Fitri 1443 H, dimanfaatkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo untuk bersilaturahmi.

Setelah bertemu Sultan Hamengkubuwono X dan Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas, kali ini Menteri Pertahanan Prabowo Subianti dan putranya, Didit Hediprasetyo. Mereka bertemu di Gedung Agung, Istana Kepresidenan Yogyakarta.

"Siang hari ini saya ketamuan Pak Prabowo dan Mas Didit dalam rangka silaturahmi di hari yang fitri ini, di hari raya Idulfitri ini," kata Jokowi dalam keterangan tertulis diterima, Senin (2/5/2022).

Jokowi menyampaikan, pertemuannya dengan Prabowo tidak sekedar diisi dengan obrolan, tetapi juga dengan saling bermaaf-maafan. Kepala negara menegaskan, tidak ada obrolan politik yang terjadi antara keduanya saat pertemuan di momen fitri ini.

"Politik ndak (diomongin), ekonomi juga ndak, ringan-ringan semua yang kita bicarakan. Saya rasa yang paling penting sudah saling silaturahmi, dan juga saling bermaafan," jelas dia.

Sementara itu, Prabowo menambahkan, pertemuan dengan Jokowi tentu diiringi oleh makanan khas lebaran.

Ingat Bibi-Vanessa H. Faisal Terisak

Ingat Bibi dan Vanessa Angel, H. Faisal Bacakan Yasin hingga Terisak

Liputan6.com 2022-05-04 10:30:33
Vanessa Angel - H. Faisal (Foto: Instagram/@h_faisal_69)

Hari Raya Idulfitri tahun terasa berbeda dirasakan oleh keluarga H. Faisal. Pasalnya, mereka tak bisa merayakan hari kemenangan bersama sang anak, Bibi Ardiansyah dan menantunya Vanessa Angel, yang telah meninggal akibat kecelakaan maut pada 4 November 2021.

Meski begitu, H. Faisal dan keluarga tak lupa untuk mendoakan Bibi dan Vanessa di momen Hari Raya Idul Fitri tahun ini. Usai menjalankan salat Ied di dekat kediamannya, H. Faisal dan keluarga mendatangi makam Bibi dan Vanessa di TPU Islam Malaka kawasan Jakarta Barat.

Sekitar pukul 08.00 WIB H. Faisal ditemani oleh istrinya, Dewi Zuhriati serta Gala tiba di pemakaman. Mereka sudah ditunggu oleh Fadli dan Fuji yang tiba lebih dulu di parkiran.

Mereka pun langsung menuju makam Bibi dan Vanessa. Secara kyusuk, dipimpin H. Faisal mereka mendoakan Bibi dan Vanessa. Terdengar suara H. Faisal yang agak terisak ketika membacakan ayat yasin. Sekitar 20 menit, keluarga H. Faisal pun selesai berdoa dan kembali ke rumah.


Doddy kenang kebersamaan lebaran bareng Vanessa Angel

Di momen lebaran ini, Keluarga Doddy Sudrajat pun merasa tahun ini menjadi lebaran yang memilukan.

"Dengar suara takbir lemes deh pasti. Ingetin echa (Vanessa Angel), mamanya Mayang. Besok lebaran yang memilukan dan mengharukan," kata Doddy ditemui di kawasan Pantai Mutiara, Jakarta Utara, Sabtu (30/4/2022).

Menurut Doddy, biasanya semasa hidup, Vanessa Angel selalu bertandang ke rumahnya di hari kedua lebaran.

"Salat Ied mungkin nanti akan di Istiqlal setelah itu ke makam mamanya Mayang, Echa dan ayah dari deddy," tuturnya.

Doddy mengaku ia meras sedih, karena biasanya saat lebaran hari pertama atau kedua, Vanessa ke rumah. Echa akan makan ketupat sama neneknya.


Doddy berniat silaturahmi

Kini, Vanessa Angel telah tiada. Oleh karena itu, lebaran hari pertama, Doddy berencana mengunjungi makam Vanessa Angel dan makam orang-orang tercintanya selepas salat Ied.

Doddy juga berencana bersilaturahmi ke rumah Haji Faisal sekaligus menemui Gala Sky, cucunya.

"Mungkin dari makam echa langsung ke Gala. Kalau nggak, mungkin di hari kedua (lebaran). Karena lebaran hari pertama keluarga Haji Faisal banyak tamu.

Kepergian Vanessa Angel dan Bibi ArdiansyahVanessa Angel dan Bibi Ardiansyah meninggal dalam kecelakaan tunggal di ruas tol Jombang-Mojokerto arah Surabaya pada pukul 12.36 WIB. Lokasi kecelakaan itu berada di KM 672 di Bandarkedungmulyo, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

(Kapanlagi.com)

<p>Infografis Jadwal Ganjil Genap dan One Way Arus Mudik Lebaran 2022 (Liputan6.com/Trie Yas)</p>

Perayaan Idul Fitri 2022 di Gedung Putih

Perayaan Idul Fitri 2022 di Gedung Putih Joe Biden Kutip Al Qur'an: Perbedaan Tak Jadi Hambatan

Liputan6.com 2022-05-04 08:52:24
Joe Biden gelar perayaan Idul Fitri 2022 di Gedung Putih. (AP)

Gedung Putih menyelenggarakan peringatan Hari Idul Fitri 2022 pada 2 Mei waktu setempat. Dalam perayaan itu, Presiden Joe Biden memuji kontribusi Muslim Amerika.

Ia mengatakan, "Muslim membuat bangsa kita lebih kuat setiap hari, sekalipun mereka terus menghadapi tantangan dan ancaman nyata dalam masyarakat kita, termasuk kekerasan yang menarget mereka dan Islamofobia."

"Jadi pada hari ini, kita juga mengingat semua orang yang tidak bisa merayakan hari suci ini, termasuk umat Islam, orang-orang Uighur dan orang-orang Rohingya dan semua orang yang menghadapi kelaparan, kekerasan, konflik dan penyakit," tutur Joe Biden seperti dalam laporan yang dikutip dari VOA Indonesia,Rabu (4/5/2022).

"Dan kita menghormati tanda-tanda harapan dan kemajuan menuju dunia yang ingin kita saksikan, termasuk gencatan senjata yang memungkinkan orang-orang di Yaman untuk menghormati Ramadhan dan merayakan Idul Fitri dalam damai untuk pertama kalinya dalam enam tahun. Pada saat yang sama, kita harus mengakui bahwa masih banyak tugas yang harus diselesaikan di luar dan di dalam negeri," kata Biden.

Biden, yang beragama Katolik, mengatakan kepada hadirin dalam acara perayaan Hari Raya Idul Fitri 2022 yang diadakan di East Room Gedung Putih bahwa, "Ada banyak kesamaan antara tiga agama besar."

"Untuk pertama kali selama berpuluh tahun, ketiga keyakinan Ibrahim ini merayakan hari suci pada saat yang sama," yaitu Ramadhan, Paskah, dan Passover atau Pesach.

Mengutip Al-Qur'an

Dalam pidatonya, seperti tertuang di situs WhiteHouse.Gov, Joe Biden membuka dengan "Eid Mubarak". Lalu mengutip Al-Qur'an, kitab suci umat Muslim.

"Dan ketangguhan Muslim Amerika yang memperkaya jalinan bangsa ini adalah bukti ajaran Al-Qur'an: 'Kami telah menjadikan Anda berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar Anda saling mengenal," ucapnya.

"Bagian terakhir: agar kalian bisa saling mengenal. Perbedaan kita seharusnya tidak menjadi hambatan yang memisahkan kita, tetapi kesempatan untuk belajar dari satu sama lain," jelasnya.

Joe Biden mengatakan bahwa dirinya tak banyak mengetahui tentang Islam.

"Dan saya menyadari betapa sedikitnya yang saya ketahui tentang detail Islam. Saya tahu --- saya tahu tentang itu, tetapi saya tidak tahu perbedaan yang ada. Saya tidak tahu apa yang dimaksud dengan hidden Imam --- maksud saya, saya --- jadi saya keluar dan menyewa seorang profesor penuh --- seorang profesor studi Islam yang datang untuk bekerja dengan saya."

"Dia pikir dia hanya tinggal setahun. Setiap hari Rabu, dia makan siang dengan saya. Dan dia berkata, "Berapa banyak lagi yang perlu Anda ketahui?" ucapnya diselingi tawa.

"Tapi selain bercanda --- saya sungguh-sungguh --- itu adalah kesempatan untuk mencari dan membangun dan merayakan komunitas bersama."

"Jadi, mari kita rayakan hari ini saat kita melangkah maju tahun ini, memegang ajaran ini di dalam hati kita."

"Saya sangat bangga melayani komunitas ini sebagai Presiden Anda, dan saya merasa rendah hati dengan semua pencapaian luar biasa yang tercermin di ruangan ini di depan saya. Dan saya bersyukur memiliki kesempatan untuk bergabung bersama hari ini untuk memperbarui komitmen bersama kita terhadap nilai-nilai bersama."

"Terima kasih. Dan Tuhan memberkati Anda. Semoga Tuhan memberkati Amerika. Dan semoga Tuhan melindungi pasukan kita. Terima kasih," tutup Joe Biden dalam pidato perayaan Idul Fitri 2022.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Islamofobia

Dewan Hubungan Amerika-Islam (CAIR) melaporkan bahwa pada tahun lalu terjadi lonjakan Islamofobia dan kejahatan rasial terhadap Muslim. Dewan merekomendasikan agar menyatukan komunitas minoritas untuk mencoba meredam ketegangan.

Menjawab saran CAIR, komunitas Sikh di Virginia merangkul komunitas muslim untuk bermalam takbiran. Dan dengan pesan yang lebih luas untuk berterima kasih kepada Muslim Pakistan atas toleransi yang ditunjukkan kepada Sikh di Pakistan, seperti disampaikan Kuldeep Gill dari panitia acara tersebut.

"Sejak saya datang ke Amerika, umumnya teman saya adalah Muslim Pakistan. Mereka seperti saudara saya, kami merasa kami sama. Dan alasan diadakannya acara ini adalah, selama bertahun-tahun, Pakistan telah menjaga gurdwara (kuil-kuil umat Sikh) di sana dan dengan rasa hormat."

Koridor Kartarpur adalah perlintasan perbatasan yang bebas visa dan koridor keagamaan antara India dan Pakistan. Dibuka pada 2019, koridor itu menghubungkan Kuil Sikh Kartarpur Sahib di Pakistan dengan Gurudwara Dera Baba Nanak di India.


Dihadiri Beragam Komunitas Agama

Acara untuk pada akhir Ramadhan itu juga dihadiri berbagai komunitas agama. Manju Mathur, penganut Hindu mengatakan,"Menurut saya semua seharusnya di atas agama, dan selayaknya manusia sejati, kita menikmati kebersamaan dan menjalani hidup seutuhnya."

Ini pertama kalinya Kelly Goldberg dari Yahudi menghadiri acara pada malam takbiran. Ia menikmati berada dalam ruangan yang penuh dengan orang dari beragam keyakinan, termasuk Muslim.

Bagi Muslim, menghadiri perayaan keagamaan yang diadakan komunitas Sikh adalah kesempatan untuk secara halus mengatasi Islamofobia, yang meningkat di Amerika, menurut Council on American-Islamic Relations - Dewan Hubungan Amerika-Islam (CAIR).

Solidaritas antaragama ini telah ditunjukkan Presiden Joe Biden dan ibu negara di Gedung Putih. Acara itu memperkuat dan menegakkan tradisi kebebasan beragama bagi semua di Amerika.

Islam Kejawen Banyumas Idul Fitri 4 Mei

Islam Kejawen Banyumas Rayakan Idul Fitri Besok Rabu 4 Mei 2022

Liputan6.com 2022-05-03 22:05:00
Ritual Punggahan jelang puasa atau Ramadhan penganut Islam Kejawen di Banyumas dan Cilacap, 2015. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

Berbeda dari ketetapan pemerintah, penganut Islam Kejawen di sejumlah wilayah di Indonesia baru akan berlebaran Idul Fitri pada Rabu, 4 Mei 2022. Salah satunya komunitas Banokeling, di Desa Pekuncen, Kecamatan Jatilawang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Para penganut Kejawen merayakan Lebaran Idul Fitri pada Rabu Kliwon atau esok hari.

Dalam kalender Alip Rebo Wage (Aboge), tahun ini adalah tahun Alip. Pada tahun Alip, rumus penentuan 1 Syawal adalah Waljiro, atau syawal siji loro. Itu berarti, 1 Syawal jatuh pada hari pertama dan hari pasaran kedua.

"Lebarannya besok 1 Syawal, Waljiro. Waljiro itu harinya hari Rabu, pasarannya Kliwon, jadi Rebo Kliwon. Besok, tanggalnya 1 Syawal," kata Juru Bicara Komunitas Banokeling Pekuncen, Sumitro.

Sumitro menjelaskan, dalam penanggalan Aboge, hari pertama adalah Rabu. Sedangkan pasaran kedua adalah Kliwon. Dengan begitu, 1 Syawal tiba pada Rabu Kliwon.

"Ya ini perhitungannya Aboge. Ya, Aboge tidak (menggunakan tanggal, pakainya hari). Tidak seperti (Kalender) Masehi," ujarnya.

Diketahui, awal puasa Islam Kejawen juga berbeda dari ketetapan pemerintah. 1 Ramadan Aboge tiba pada Senin kliwon, atau Senin tanggal 4 April 2022 atau selang sehari dari ketetapan pemerintah dan dua hari lebih lambat dari Ormas Muhammadiyah.

Penentuan awal puasa menggunakan rumus, Sanemro, atau Puasa enem loro. Hari keenam Kalender Aboge adalah Senin, sedangkan pasaran kedua adalah Kliwon.

Reporter: M Ridlo

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini

Pesta Topeng Tiap Syawal di Lampung

Mengenal Tradisi Sekura, Pesta Topeng yang Digelar Tiap Bulan Syawal di Lampung

Liputan6.com 2022-05-03 21:00:00
Ada yang menarik saat Lebaran di Lampung Barat, Provinsi Lampung. Warga di daerah itu kerap menggelar tradisi 'sekura' pesta topeng, yang dilaksanakan setahun sekali pada bulan Syawal, ata

Ada yang menarik saat Lebaran di Lampung Barat, Provinsi Lampung. Warga di daerah itu kerap menggelar tradisi 'sekura' pesta topeng, yang dilaksanakan setahun sekali pada bulan Syawal, atau tepatnya saat Idul Fitri tiba.

Yoan Ristama, seorang warga setempat mengatakan, tradisi Sekura biasa digelar setelah bulan Ramadan masuk bulan Syawal dan dilakukan hingga sepekan secara bergantian di tiap pekon (sebutan wilayah administratif di Lampung).

"Ini bagus sebagai upaya pelestarian salah satu kebudayaan lokal oleh masyarakat di sini," katanya, Selasa (3/5/2022).

Yoan mengatakan, dalam pesta Sekura biasanya seluruh masyarakat baik orang tua, muda-mudi, serta anak-anak ikut serta dalam kegiatan ini. Kemudian kegiatan tersebut dilakukan bergantian dari pekon (kampung) satu ke pekon lainnya selama sepekan.

Tradisi Sekura dalam pertunjukannya bukanlah pesta rakyat yang terkonsep dengan rapi seperti dalam pagelaran budaya pada umumnya. Tradisi ini benar-benar dimaksudkan untuk ajang silahturahim orang-orang di Lampung Barat, sehingga konsepnya berjalan benar-benar natural.

"Bukan hanya sebagai ajang silaturahim biasa, tetapi juga sekura dijadikan sebagai alat berkumpul untuk saling memaafkan satu sama lain karena waktu pelaksanaannya yang berada di bulan Syawal, selain itu juga bagi kami pelaku, Tradisi Sekura bertujuan untuk memberikan kesenangan dan tontonan bagi orang-orang yang datang dari kampung atau daerah lain," kata dia.

Dosen Program Studi (Prodi) Pendidikan Musik Universitas Lampung (Unila) tersebut mengatakan bahwa jenis Sekura terdapat dua, yakni Sekura Kamak dan Sekura Betik.

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini


Aneka Topeng dan Karakter

Sekura Kamak secara fisik terlihat berantakan, kotor dan tidak rapi, serta rupa topeng terbuat dari kayu, sabut, serat dalam buah timput yang sudah tua dan terkadang juga memakai sobekan kain yang dibentuk sedemikian rupa untuk menutupi wajah, kemudian dihiasi dengan pakaian berantakan bahkan ditambah potongan ranting di badan.

"Sebaliknya, Sekura betik secara fisik terlihat bersih dan rapi, pakai kain dibentuk untuk menutup badan seluruhnya," kata dia.

Ia mengatakan dalam pelaksanaannya peserta Sekura akan berpenampilan mengikuti karakter kehidupan manusia seperti binatang dan makhluk lainnya dengan memakai penutup wajah atau topeng.

"Dalam kacamata saya, di situ ada topeng dan karakter berbentuk orang tua, perempuan hamil, binatang, anak kecil, dan lainnya adalah ingin menunjukkan berbagai karakter kehidupan manusia dan kebiasaan masyarakat, nah karakter-karakter yang dipakai ini sebenarnya juga mewakili kehidupan dari manusia dan makhluk lainnya," kata dia.

Prihatin, Muslim India Rayakan Lebaran

Idul Fitri 2022 India 3 Mei, Muslim Merayakan dalam Suasana Prihatin

Liputan6.com 2022-05-03 20:41:26
Buruh migran India menunggu bus untuk mengangkut mereka menuju kampung halaman setelah pemberlakukan lockdown di New Delhi, Sabtu (28/3/2020). Arus eksodus massal ini terjadi beberapa jam set

Selasa (3/5/2022) giliran Muslim di berbagai penjuru India merayakan Idul Fitri, dengan melakukan salat berjemaah di luar masjid. Perayaan Lebaran 2022 tahun ini berlangsung dalam suasana prihatin menyusul serangkaian serangan baru-baru ini terhadap komunitas Muslim selama bulan Ramadhan.

"Kami tidak memiliki kemeriahan yang sama seperti tahun-tahun sebelumnya," kata Mohammad Habeeb ur Rehman, seorang insinyur sipil di ibu kota keuangan India, Mumbai seperti dikutip dari VOA Indonesia,Selasa (3/5/2022).

"Ini adalah Idul Fitri yang paling menyakitkan dengan kenangan terburuk bagi Muslim India," tambahnya.

Sentimen dan serangan anti-Muslim melonjak di berbagai penjuru India bulan lalu. Berbagai bentrokan kekerasan antara kelompok Hindu dan kelompok Muslim terjadi, termasuk penghancuran sejumlah properti oleh pihak berwenang.

Komunitas Muslim, yang merupakan 14% dari 1,4 miliar penduduk India, kerap terpojok oleh berbagai fitnah yang disebarkan oleh kelompok-kelompok nasionalis Hindu garis keras yang telah lama mendukung sikap anti-Muslim.

Beberapa pemimpin partai nasionalis Hindu Bharatiya Janata yang berkuasa diam-diam mendukung kekerasan tersebut, sementara Perdana Menteri Narendra Modi sejauh ini bungkam tentang hal itu.

Seperti di banyak negara lain. Idul Fitri di India biasanya ditandai dengan salat berjemaah, pesta jamuan makan dan pakaian baru. Namun, perayaan pada dua tahun terakhir terhalang oleh pembatasan COVID-19, dan perayaan pada tahun ini terganggu karena sentimen anti-Muslim.

Di Kashmir yang dikuasai India, perayaan Idul Fitri selama tiga tahun terakhir ditiadakan sama sekali karena lockdown militer yang belum pernah terjadi sebelumnya, menyusul keputusan pemerintah India mencabut status semiotonomi kawasan itu pada 2019, dan kemudian pandemi.

Wilayah itu juga mengalami peningkatan kekerasan selama Ramadhan tahun ini , dengan sedikitnya 20 gerilyawan, dua warga sipil dan lima polisi dan tentara tewas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Arab Saudi: Lebaran 2022 Jatuh pada Senin 2 Mei

Idul Fitri atau Lebaran 2022 akan dimulai pada hari Senin 2 Mei karena bulan Syawal tidak terlihat pada hari Sabtu, Mahkamah Agung Arab Saudi mengatakan menurut kantor berita resmi Saudi Press Agency (SPA).

Negara-negara yang menandai awal bulan suci Ramadhan pada 2 April akan mengakhiri hari ke-30 Ramadhan pada 1 Mei, demikian seperti dikutip dari Al Arabiya, Minggu (1/5/2022).

UEA, Qatar, Irak, Kuwait, Bahrain, Palestina, Suriah, Yaman, Lebanon, Mesir, Sudan dan Turki juga mengumumkan bahwa hari pertama Idul Fitri adalah 2 Mei, pusat astronomi internasional mengatakan di Twitter.

Perayaan Idul Fitri mengikuti akhir Ramadhan yang berlangsung 29 atau 30 hari berdasarkan kapan bulan sabit terlihat.

Muslim mengikuti kalender lunar yang terdiri dari 12 bulan dalam setahun 354 atau 355 hari.


Dubes Ukraina: Semoga Idul Fitri 2022 Membawa Kesehatan dan Kedamaian

Pemerintah Indonesia menetapkan 1 Syawal 1443 Hijriah atau Idul Fitri 2022 jatuh pada Senin 2 Mei 2022. Keputusan soal Lebaran 2022 tersebut diambil berdasarkan sidang isbat yang dilakukan Kementerian Agama bersama sejumlah pihak.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, hitungan hisab telah dikonfirmasi petugas Kementerian Agama di daerah yang ditempatkan di 99 titik di seluruh Indonesia.

"Sidang isbat menetapkan 1 Syawal 1443 H jatuh pada hari Senin 2 Mei 2022 Masehi," kata Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas di Kementerian Agama, Selasa (1/5/2021).

Suka cita Idul Fitri 2022 turut dirasakan oleh Dubes Ukraina untuk Indonesia Vasyl Hamianin. Ia pun menyampaikan selamat kepada umat Muslim di Tanah Air.

"Saya mengucapkan selamat Idul Fitri pada saudara dan saudari Muslim kami di Indonesia," ucap Dubes Ukraina dalam tayangan video yang dibagikan pihak Kedutaan Besar dan dikutip Selasa (3/5/2022).

Dalam kesempatan tersebut, ia turut menyampaikan doa terbaik bagi bangsa Indonesia. "Semoga Idul Fitri tahun ini membawa berkah kesehatan dan kedamaian untuk kita semua, amin," ucap Dubes Ukraina Vasyl Hamianin.


Raja Salman Tekankan Nilai Toleransi dan Maaf dalam Pesan Idul Fitri Tahun Ini

Sementara itu, Raja Salman menyapa warga Saudi, penduduk dan umat Islam di seluruh dunia pada malam Idul Fitri.

Pesan Raja itu disampaikan oleh pejabat menteri media, Majid Al-Qasabi.

Dilansir dari laman Arab News, Senin 2 Mei 2022, Raja Salman berdoa kepada Allah, memohon kepada-Nya untuk meringankan rasa sakit dan dampak negatif dari pandemi virus corona.

"Kami dengan senang hati mengucapkan selamat atas Idul Fitri yang diberkati. Semoga Allah melindungi negara kita dan negara-negara di dunia dari semua kejahatan dan bahaya, "kata Raja.

Dia menambahkan: "Kami bersyukur kepada Allah karena telah menganugerahkan kepada kami dan Anda puasa dan melakukan shalat malam di bulan suci Ramadhan, berdoa untuk menerima dari kami semua perbuatan baik.

"Kami juga bersyukur kepada Allah karena telah mencapai hari raya Idul Fitri, kami berharap semoga Allah SWT meridhoi hati kita dengan Idul Fitri dan membantu kita semua untuk mencapai tujuan Idul Fitri yang diberkati dengan menunjukkan kebahagiaan dan kegembiraan."

Raja Salman melanjutkan: "Allah telah menjadikan Idul Fitri sebagai kesempatan untuk keagungan moral, harmoni, persaudaraan, toleransi, dan pengampunan. Kehormatan besar yang Allah limpahkan kepada negara kita adalah dengan melayani Dua Masjid Suci, menjamin kenyamanan jamaah, jamaah umrah dan pengunjung, serta memberikan pelayanan terbaik kepada mereka, yang merupakan kebanggaan bagi kita semua.

Infografis Awas Lonjakan Covid-19 Libur Lebaran (Liputan6.com/Triyasni)

TNI Rayakan Lebaran di Wilayah Konflik

Potret Syahdu Prajurit TNI Rayakan Idul Fitri di Wilayah Konflik Kongo

Liputan6.com 2022-05-03 20:31:06
Prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas Kizi Kontingen Garuda (Konga) XX-S Monusco yang sedang bertugas di daerah konflik Democratic Republic Congo, Afrika, merayakan Idul Fitri. (Foto: I

Prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas Kizi Kontingen Garuda (Konga) XX-S Monusco yang sedang bertugas di daerah konflik Republik Demokratik Kongo, Afrika, merayakan Idul Fitri dengan penuh suka cita.

Karena untuk tahun ini para Pasukan Garuda tersebut merayakan Hari Raya Idul Fitri dengan suasana berbeda, jauh dari keluarga dan kampung halaman.

Meski jauh dari kampung halaman, semua terobati dengan hidangan para chef yang khas Indonesia saat momen Lebaran tiba. Salah satunya ketupat sayur, opor ayam, sate ayam, dan masih banyak lagi.

"Kita di sini keluarga, jangan pernah merasa sendiri. Kita harus tetap semangat hingga masa penugasan ini berakhir dan kembali ke Tanah Air," ucap Komandan Satgas Kizi TNI Konga XX-S Monusco, Letkol Czi Bambang Santoso.

Selain itu, kerinduan akan keluarga juga terobati dengan bisa berkomunikasi langsung dengan orangtua di Tanah Air. Salah satunya seperti yang dirasakan Pratu Nanda Eka.

"Sebagai prajurit saya bangga punya masa muda hebat yang belum tentu dimiliki orang lain, yakni menjaga perdamaian untuk nama besar Indonesia dan Dunia," katanya usai melakukan video call dengan kedua orangtuanya.

Hari Raya Idul Fitri 1443 H/2022 M dirayakan di Bumi Nusantara Camp dengan mengundang para kontingen tetangga, seperti Tentara dari Negara Tanzania, Bangladesh, Nepal dan Afrika Selatan. Hal ini untuk mempererat kerja sama antar negara dan menjaga silaturahmi.

Dengan hikmah Idul Fitri, para Pasukan Garuda juga berharap dapat menjalankan tugas dengan semangat dan selalu bersyukur. Karena lewat doa yang terus dipanjatkan oleh orang-orang yang mencintai, mereka akan kembali ke Tanah Air dengan selamat, aman dan berhasil.

Berikut sederet momen penuh suka cita yang dirasakan Pasukan Garuda yang tergabung dalam Satgas Kizi Kontingen Garuda (Konga) XX-S Monusco saat Hari Raya Idul Fitri di Kongo, Afrika yang dirangkum Liputan6.com:


Prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas Kizi Kontingen Garuda (Konga) XX-S Monusco melakukan sholat berjamaah bersama.

 


Dengan penuh kerendahan hati, para pasukan Garuda memanjatkan doa kepada Allah SWT di hari kemenangan, Hari Raya Idul Fitri.

 


Meski jauh dari kampung halaman, semua terobati dengan hidangan khas Lebaran. Salah satunya ketupat sayur dan opor ayam.

 


Momen para prajurit TNI saling mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri dengan penuh suka cita di Bumi Nusantara Camp. Kontingen Garuda turut mengundang para kontingen tetangga, seperti tentara dari Negara Tanzania dan Bangladesh.

 

Kisah Rendang yang Hilang

Viral Kisah Wanita Kehilangan Rendang 4 Kg karena Salah Masuk Mobil

Liputan6.com 2022-05-03 17:17:58
Photo by Bawah Reserve on Unsplash

Rendang menjadi salah satu sajian khas yang bisa ditemukan saat momen Idul Fitri. Biasanya rendang menjadi pelengkap saat menikmati ketupat dan opor ayam.

Rasanya yang enak dan khas rempahnya membuat rendang difavoritkan banyak individu. Tak heran jika rendang menjadi menu wajib saat lebaran.

Namun, bagaimana jadinya jika rendang yang sudah dibuat susah payah hilang saat mendekati lebaran. Kondisi itu nyatanya baru-baru ini dialami seorang wanita.

Melalui akun Twitter-nya, wanita bernama Saktia Oktapyani membuat sebuah utas mengenai peristiwa lucu yang baru dialaminya. Dalam akunnya @Saktiaoktavni membuat pengumuman mengenai rendang miliknya sebanyak 4 kilogram yang akan dinikmati saat lebaran hilang di kawasan Kalimalang.

Dia mengatakan bahwa rendang milik keluarganya hilang saat mencuci mobil. Setelah selesai, ayah gadis itu tampaknya salah memasukan rendang ke mobil orang lain.

"Gais bagi yang cuci mobil tadi sore di Kalimalang dan mobilnya rush/xpander item, ada rendang 4 kg keluarga gue wkwkwkwkwkk. Karna bokap gue pas cuci mobil salah masukin rendang ke mobil orang," lanjutnya.

Dalam utas yang viral itu, dia juga menyebutkan ciri-ciri rendang keluarganya yang hilang. Rendang 4 kilogram yang hilang baru selesai dimasak bewarna agak gelap dengan bumbu asli tanah Minang.

Rendang tersebut terakhir dilihat jam 17.25 WIB di Kalimalang, dan masuk mobil Rush atau Xpander hitam.

"Bagi yang menemukan semoga hidupnya senikmat rendang itu," lanjutnya.

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtimedi tautan ini


Pengumumannya viral

Pengumuman tersebut pun menjadi sorotan hingga menjadi perbincangan viral. Bagaimana tidak, warganet menganggap pengumuman itu unik karena tak menyangka seseorang akan kehilangan rendang.

Hingga kini unggahan tersebut bahkan telah mendapat lebih dari 24 ribu suka dan lebih dari 4 ribu retweets.

Selain itu, warganet juga memenuhi unggahan tersebut dengan berbagai komentar.

"Yang punya mobil bilek: 'wah mantap nih pelayanannya kalo nyuci disini dapet rendang juga keren'," tulis akun @muttaqien0697.

"Kalau bokap yg salah masukin kayaknya bakal sunyi senyap ya. Bayangkan kalau gw yg salah masukin. Habislah diomelin dan disalah-salahin," sahut akun @SamFerkyFers10.

"Gue lebih khawatir sama bokapnya. Please update kondisi bokapnya kak setelah diomelin nyokap apa masih dimaaf lahir batinin," komentar akun @SSehingga.

"Kemaren mamakku nangis gara gara rendanf 3kg nya di aduk sama bapak terlalu kuat alhasil daging nya pada hancur...Ini rendang nya masih bisa dimakan lo ya, kalo ini 4kg mana udah hilang... ya gimana ya," kata akun @Fikrialr.

"Pasti kalo misal beneran gk ketemu, si ibu ngedumel mulu nyalahin bapak sepanjang lebaran, sepanjang mudik, sepanjang perjalanan hidup diungkit-ungkit mulu," tulis akun @WidiyatiSali.

"Pasti bapaknya lagi dalam keadaan merasa bersalah, dan matanya celingak celinguk keanak dan istrinya. Terus istri sama anaknya bisik bisik didapur wkwkwk," sahut @rindu24jam.


Tips masak daging rendang yang agar empuk dan tidak alot

Penting untuk mengetahui cara memasak daging rendang yang empuk dan nikmat. Berikut ini adalah deretan tips cara masak rendang agar empuk yang bisa dilakukan di rumah:

1. Potong Daging Searah dengan Serat

Cara pertama agar dapat menghasilkan rendang yang empuk ialah dengan memperhatikan cara memotong dagingnya. Kalian bisa memotong daging tepat searah dengan serat daging. Bila daging dipotong tidak searah seratnya, maka nanti ketika diolah jadi agak alot.

Kemudian, sebelum daging diolah coba lumuri daging dengan jahe parut atau nanas parut dan diamkan selama beberapa menit. Hal itu akan membuat daging menjadi lebih empuk. Pilihlah bagian paha sapi untuk membuat rendang karena daging bagian paha teksturnya kuat dan tidak mudah hancur.

2. Pukul-Pukul Daging Sebelum Dimasak

Selanjutnya daging yang sudah dicuci dipukul-pukul terlebih dahulu agar bumbu bisa mudah meresap ke dalam daging. Pastikan daging jangan sampai pipih. Atau, Anda juga bisa memijat daging menggunakan minyak atau margarin sebelum diolah.

3. Pakai Santan Secukupnya

Selanjutnya perhatikan penggunaan santan pada saat membuat rendang. Gunakan patokan 1:3 untuk perbandingan daging dengan santan. Misal, setiap 1 kilogram daging maka Anda membutuhkan santan kental dari 3 buah kelapa.

Saat memasak, pastikan bumbu dan santan telah dimasak terlebih dahulu. Setelah mengental dan mengeluarkan minyak, barulah masukkan daging untuk dimasak hingga matang.


Tips selanjutnya

4. Masak dengan Api Kecil

Agar daging rendang empuk dan tidak mudah hancur, masaklah menggunakan api kecil. Memasak dengan api kecil akan membuat bumbu meresap sempurna ke dalam daging. Penggunaan api yang besar saat memasak rendang membuat tekstur daging mudah hancur saat diaduk. Selain itu, bumbu rendang juga akan jadi lebih cepat gosong.

5. Jangan Terlalu Sering Diaduk

Saat memasak rendang, sebaiknya jangan terlalu sering diaduk. Anda bisa mengaduknya sesekali saja saat santan masih dalam keadaan banyak dan belum menyusut.

Namun, saat santan mulai menyusut Anda hanya perlu mengadung rendang dengan cara mendorongnya menggunakan spatula. Ini dilakukan supaya daging rendang tidak gosong dan santan tidak pecah saat dimasak. Durasi memasak rendang sendiri bervariasi bisa sampai 5 hingga 8 jam.


Resep rendang

Bahan:- 1 kg daging sapi tanpa lemak

- 2 liter santan kelapa

- kelapa parut (sangrai)

Bumbu:

- 7 siung bawang putih

- 13 siung bawang merah

- 250 gram cabai (potong-potong buang bijinya)

- 1 batang serai (iris tipis)

- 1 ruas jahe

- 5 biji kemiri yang sudah di sangrai

- 1 sdm ketumbar

- 1 sdt jinten

- Garam seckupnya

- Penyedap rasa secukupnya

- 2 biji kapulaga

- 1 sdt merica bubuk

Bumbu Utuh:

- 1 ruas kayu manis

- 1 biji pala

- 3 lembar daun salam

- 1 ruas lengkuas

- 3 lembar daun jeruk

- 3 lembar daun kunyit

Cara membuat rendang:

1. Cuci bersih daging dengan air mengalir, kemudian potong sesuai selera.

2. Haluskan serundeng dnegan cara diulek atau ditumbuk, kemudian sisihkan.

3. Panaskan minyak dalam wajan, kemudian masukkan bawang putih dan bawang merah yang telah dihaluskan terlebih dahulu. Aduk hingga harum.

4. Masukkan kemiri, serai dan jahe. Kemudian masukkan pula cabai merah yang sudah dihaluskan.

5. Aduk-aduk, setelah mulai mendidih masukkan bumbu lainnya. Aduk terus.

6. Masak bumbu hingga berwarna kecokelatan.

7. Masukkan daging dan aduk hingga bumbu membalut seluruh bagian daging.

8. Masukkan santan kelapa yang kental.

9. Masak rendag hingga bumbu-bumbu menyusut.

10. Rendang siap disajikan.

Infografis Awas Lonjakan Covid-19 Libur Lebaran (Liputan6.com/Triyasni)

Kisah Haru di Kuburan Massal

Kisah Haru di Kuburan Massal Korban Tsunami Aceh 2004 pada Hari Idul Fitri

Liputan6.com 2022-05-03 16:00:07
Orang-orang mengunjungi pemakaman massal di Taman Peringatan Tsunami Siron di Siron, provinsi Aceh (26/12/2021). Sejumlah warga mendatangi Kuburan Massal Siron untuk memenjatkan doa saat peri

Kuburan massal korban tsunami 26 Desember 2004 di Gampong Siron Kabupaten Aceh Besar dipenuhi ratusan peziarah pada hari pertama Idul Fitri 1443 Hijriah.

Pantauan di kuburan massal tsunami di Siron, Senin, warga mulai berdatangan ke kuburan korban bencana alam 18 tahun lalu itu setelah usai melaksanakan shalat Idul Fitri 1443 Hijriah.

Di perkuburan massal Gampong Siron atau berjarak sekitar 10 kilometer dari pusat Kota Banda Aceh itu merupakan salah satu lokasi dikuburnya puluhan ribu jasad korban tsunami yang menerjang Aceh pada 26 Desember 2004.

Para peziarah terutama warga yang berdomisili di pesisir pantai Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar itu, mendatangi kompleks kuburan massal tersebut dengan ikut membawa anggota keluarganya.

Para peziarah korban tsunami ikut berdoa dan juga membaca Al Quran di balai-balai yang tersedia di lokasi atau membentangkan tikar di komplek kuburan massal tersebut.


Pengingat untuk Generasi Mendatang

Seorang warga, Nurleli menjelaskan ia bersama suami dan anak-anak setiap hari raya Idul Fitri mengunjungi kuburan massal Gampong Siron karena diyakini sebagai lokasi pemakaman mertuanya yang menjadi korban dalam bencana tsunami dahsyat itu.

"Meski tsunami sudah 18 tahun silam, tapi kami setiap hari raya, baik Idul Fitri maupun Idul Adha tetap berziarah di kuburan massal bencana di Gampong Siron ini," katanya, dikutip Antara.

Ziarah bersama keluarga di perkuburan bencana itu juga sebagai media pengingat atau pembelajaran terutama kepada generasi muda bahwa Aceh pernah dilanda gempa kuat yang disertai tsunami dengan ketinggian air belasan meter, dan banyak menelan korban jiwa, kata Nurleli.

"Khusus kepada anak-anak saya, mereka harus tahu bahwa Aceh pernah diterjang tsunami, yang menyebabkan kakek dan nenek serta saudara dari ayahnya dimakamkan di kuburan massal ini," ujarnya seraya menambahkan mertuanya adalah warga Gampong Lampoh Daya yang bertaut sekitar dua kilometer dari pantai.


Saksikan Video Pilihan Ini: