Volume 279

Puncak Arus Balik 6-8 Mei 2022

Puncak Arus Balik di Tol Palikanci Diprediksi 6-8 Mei 2022

Liputan6.com 2022-05-05 12:00:00
Suasana pemudik roda empat memadati ruas tol Palikanci dan Cipali untuk kembali ke Jakarta. Foto (Istimewa)

Puncak arus balik Lebaran 2022 di Tol Palimanan - Kanci (Palikanci) diprediksi terjadi pada 6-8 Mei 2022 mendatang. Hal itu diungkapkan Cirebon Kota AKBP M. Fahri Siregar, Rabu (4/5/2022).

"Ya jadi prediksi arus balik Lebaran itu pada tanggal 6, 7, 8 dan nanti berdasarkan instruksi Korlantas Polri akan diberlakukan 'one way' (satu arah)," ujarnya di Rest Area KM 208 B Tol Palikanci.

Ia menjelaskan pemberlakuan satu arah di Tol Palikanci ini membuat pengendara dari arah Jawa Tengah menuju Jakarta menggunakan jalur pantura arteri.

"Kami akan mengantisipasi, terutama yang berasal dari 'one way' adalah dari jalan pantura arteri yang dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah," kata dia. Pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan berbagai polres terkait.

"Oleh karena itu kami sudah berkoordinasi dengan polres-polres terkait, Polresta Cirebon untuk melakukan pola-pola pengalihan arus apabila terjadi kepadatan di pantura arteri," ucap dia.

Fahri mengatakan meski kepadatan sudah terlihat di wilayah itu, pemberlakuan satu arah tetap mengacu kepada arahan Korlantas Polri.

"Kalau 'one way' semua terintegrasi, jadi dimulai dari Kalikangkung sampai dengan ke arah Cikatama, sampai dengan ke arah Jakarta, itu terintegrasi," kata Fahri. Ia menyebut tentang kebijakan satu arah dari Korlantas Polri.

"Itu akan ada instruksi dari Korlantas Polri, informasinya dimulai pada tanggal 6 dimulai, sampai dengan berakhir di tanggal 9," ujarnya.

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini


Gerai Vaksin Covid-19

Sementara itu, Polres Cirebon Kota menyediakan gerai vaksin bagi para pemudik ataupun pengendara yang menjalani arus balik ke arah barat atau Jakarta di Rest Area KM 208 B Jalur Tol Palikanci, Cirebon.

Tenaga medis yang sedang bertugas di tempat itu, Mohammad Faisal dan Igi Triyani, mengatakan gerai vaksin ini telah beroperasi sejak 28 April 2022. Menurut Faisal, sejauh ini satu orang yang menjalani vaksinasi di gerai mereka karena kebanyakan pemudik khawatir dengan efek samping dari vaksin tersebut.

Igi menambahkan dirinya memahami keengganan masyarakat untuk melakukan vaksinasi, terutama penguat, karena memiliki efek samping yang cukup terasa. "Dari polres cuman menyediakan, bagi yang mau ya boleh, bagi yang tidak juga kami tidak memaksa, khawatir untuk efek samping bagi pemudiknya," ujar dia.

Selain menyediakan vaksin, posko ini juga turut membantu masyarakat yang mengalami masalah kesehatan ketika melakukan mudik atau arus balik. Faisal menjelaskan timnya pernah didatangi oleh pemudik yang mengalami sesak napas dan tim posko melakukan pertolongan pertama secara optimal.

"Di sini juga ada layanan lain seperti cek kesehatan, seperti kemarin kita pasien yang datang karena sesak napas," kata dia.

Rencananya, gerai vaksin ini akan terus beroperasi hingga 8 Mei 2022 dengan buka sejak pukul 08.00 hingga 21.00 WIB.

Horor di Tanjakan Selarong Puncak

Macet Parah, Banyak Mobil Mogok di Tanjakan Selarong Puncak Bogor

Liputan6.com 2022-05-05 13:41:05
Sejumlah kendaraan melintas ke arah Puncak di setelah pintu Tol Jagorawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kaims (5/5/2022). Satlantas Polres Bogor memberlakukan sistem satu arah secara situas

Tingginya volume kendaraan dari arah Jakarta menuju Puncak, Bogor, Jawa Barat, membuat sejumlah ruas jalan itu macet parah di hari keempat libur Lebaran 2022.

Kontur jalur Puncak berupa tanjakan terjal dan turunan curam membuat sejumlah pengendara kewalahan. Terutama ketika melewati tanjakan Selarong, tanjakan terjal di jalur Puncak.

Pantauan Liputan6.com, Kamis (5/5/2022) pukul 11.30 WIB, di tanjakan yang berada selepas pertigaan Pasir Angin, Megamendung ini cukup padat. Sehingga banyak mobil maupun motor yang mogok. Sedikitnya 13 mobil dan lima sepeda motor terpantau mengalami mogok.

Para penumpang pun keluar dari mobilnya dan meminta bantuan warga untuk mendorong ke pinggir jalan kemudian membuka kap mesin.

Pemilik mobil ada yang memilih memanggil montir lokal. Beberapa di antaranya meminta bantuan jasa mobil derek hingga ada pula dibiarkan di pinggir jalan menunggu mesin dingin.

Satu dari sekian kendaraan yang mogok di Tanjakan Selarong adalah mobil Daihatsu Xenia yang dikemudikan Prasetyo.

"Overheat mas. Mungkin karena jalan puncak macet dan nanjak, mesin terlalu panas jadi mogok," ujar pria asal Depok yang mengaku hendak berwisata ke Puncak bersama keluarganya.

Sementara bagi kendaraan roda dua yang mogok, mereka langsung memboyongnya ke bengkel motor tak jauh dari ruas jalan itu untuk dilakukan perbaikan.

"Pas di tanjakan V-belt motor matic putus. Mungkin karena sudah haus juga," ujar Andi ditemui di bengkel pinggir jalan.


Bau Sengit dari Kopling

Tak hanya pemandangan kemacetan, udara di sepanjang tanjakan Selarong sampai dengan SPBU Cibogo tercium bau sengit berasal dari kopling maupun cakram rem kendaraan roda empat.

Sesekali terdengar suara mesin yang seakan menjerit ketika melintasi Tanjakan Selarong. Hanya ada satu petugas polisi yang mengatur lalu lintas di jalur ini.

Hingga pukul 12.00 WIB arus lalu lintas di jalur neraka ini masih terpantau padat merayap. Petugas kepolisian masih memberlakukan one way atau satu arah menuju Puncak. Rencananya, pukul 13.00 WIB, akan diberlakukan one way dari arah Puncak menuju Jakarta.

Edi Sumardi, petugas keamanan hotel di kawasan Tanjakan Selarong mengungkapkan setiap jalur padat pasti ada kendaraan yang mogok di tengah jalan.

"Kalau disini memang sudah biasa, begitu macet banyak yang mogok. Dulu sebelum ada jalur penyelamat malah sering terjadi kecelakaan karena rem blong," ujar Edi.


Masih Padat

Jalur Puncak, Bogor Jawa Barat masih dipadati kendaraan di hari keempat libur Lebaran 2022. Kepadatan terjadi di beberapa titik ruas jalan dari arah Jakarta menuju Puncak.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, Kamis (5/5/2022) pukul 10.30 WIB, kepadatan kendaraan mulai terjadi selepas pintu Tol Ciawi atau KM 44 sampai dengan simpang Pasir Angin KM 48.

Untuk mengurai kemacetan, Satuan Lalu Lintas Polres Bogor memberlakukan one way atau satu arah menuju Puncak mulai pukul 09.30 WIB.

Kasat Lantas Polres Bogor AKP Dicky Pranata mengatakan, jumlah volume kendaraan yang mengarah Puncak pada hari ini tidak jauh berbeda dengan pada Rabu 4 Mei 2022. Lalu lintas menuju Puncak didominasi kendaraan wisatawan baik sepeda motor maupun mobil.

"Untuk hari ini kami melihat secara kasat mata memang tidak beda jauh arus lalu lintas dengan kemarin," ujar Dicky ditemui Pos Gadog, Kamis.

Dicky menyebutkan, ada beberapa titik yang mengalami kemacetan pada pagi menjelang siang ini. Di antaranya kawasan Gunung Mas, simpang Taman Safari Indonesia, Pasar Cisarua, di simpang Hankam atau Megamendung hingga sekitar kawasan Cimory Riverside.

"Kemacetan disebabkan karena bottle neck dan kendaraan yang berlalu lalang keluar masuk gang untuk berwisata," ujarnya.

<p>Infografis Peta Jalur Mudik Lebaran 2022 Rawan Bencana di Pulau Sumatra. (Liputan6.com/Trieyasni)</p>

Jadwal Ganjil Genap Arus Balik

Jadwal Ganjil Genap dan One Way Saat Arus Balik Lebaran hingga 9 Mei 2022

Liputan6.com 2022-05-05 08:09:53
Kendaraan roda empat melintas di Tol Jagorawi, Jakarta, Jumat (6/4). Pemerintah akan memberlakukan aturan ganjil genap di ruas Tol Jagorawi dan Tol Jakarta-Tangerang. (Liputan6.com/Faizal Fan

Selama arus balik Lebaran, rekayasa lalu lintas seperti ganjil genap dan one way akan diterapkan. Karena saat arus mudik, skema ini dinilai efektif untuk mengurai kepadatan.

Untuk diketahui, puncak arus balik mudik Lebaran tahun ini akan terjadi pada Jumat 6 Mei hingga 9 Mei 2022. Melihat kondisi tersebut, PresidenJokowi pun mengajak masyarakat kembali lebih awal untuk menghindari kemacetan.

Sebelumnya, Jokowi menyampaikan bahwa mudik Lebaran 2022 ini diikuti oleh begitu banyak orang. Setidaknya, kata Jokowi, ada 85,5 juta orang yang melakukan perjalanan mudik pada momentum Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah.

"Setidaknya 85,5 juta orang, 23 juta mobil, dan 17 juta sepeda motor melakukan perjalanan mudik Lebaran tahun ini. Banyak sekali," ujar Jokowi melalui akun Instagramnya, Selasa, 3 Mei 2022.

Menurut dia, arus mudik Lebaran 2022 cenderung berjalan dengan lancar. Hanya saja, masih ada sedikit kendala di lapangan seperti antrean di Pelabuhan Merak dan Bakauheni.

Lantas, seperti apa kebijakan lalu lintas pada arus balik Lebaran?

Korlantas Polri menyebut pada dasarnya kebijakan lalu lintas pada arus balik Lebaran akan mirip-mirip dengan aturan saat arus mudik.

Dalam SKB disebutkan, Polri dapat memberlakukan sistem satu arah mulai KM 442 (Gerbang Tol Bawen) dengan mempertimbangkan kondisi faktual volume lalu lintas yang terjadi.

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini


Jadwal Kebijakan Ganjil Genap dan One Way Saat Arus Balik

6 Mei 2022

Sistem satu arah dan pelat genap akan berlaku dari pukul 14.00 WIB hingga 24.00 WIB. Titiknya akan dimulai dari Gerbang Tol Kalikangkung KM 414 sampai KM 47 Tol Jakarta-Cikampek (arah barat).

7 Mei 2022

Sistem satu arah dan pelat ganjil akan berlaku dari pukul 07.00 WIB hingga 24.00 WIB. Titiknya akan dimulai dari Gerbang Tol Kalikangkung KM 414 sampai KM 47 Tol Jakarta-Cikampek (arah barat).

8 Mei 2022

Sistem satu arah dan pelat genap akan berlaku pada pukul 07.00 WIB sampai 24.00 WIB. Titiknya akan dimulai dari Gerbang Tol Kalikangkung KM 414 sampai KM 47 Tol Jakarta-Cikampek (arah barat).

9 Mei 2022

Sistem satu arah dan pelat ganjil akan berlaku pada pukul 00.00 WIB sampai 03.00 WIB. Titiknya akan dimulai dari Gerbang Tol Kalikangkung KM 414 sampai KM 47 Tol Jakarta-Cikampek (arah barat).

Jika ada para pengguna mobil yang tak mematuhi kebijakan ganjil genap akan diminta putar balik. Hal ini diungkap Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri Inspektur Jenderal Firman Shantyabudi.


2 Titik Jadi Perhatian Saat Mudik Lebaran

Dua titik yang menjadi perhatian khusus pemerintah untuk ditangani yaitu Jalan Tol Jakarta - Semarang dan Penyeberangan Merak.

Pada puncak mudik Lebaran, Pelabuhan Penyeberangan Merak sempat terjadi kepadatan akibat tingginya lonjakan pemudik yang akan menyeberang.

Untuk mengatasi kepadatan, telah dilakukan penambahan dua pelabuhan. Yakni Ciwandan dan Indah Kiat. Selain menambah pelabuhan, juga dilakukan penambahan kapal.

Tercatat, sebanyak dua kapal beroperasi di Dermaga Indah Kiat dan sembilan kapal beroperasi di Dermaga Ciwandan. Sehingga total kapal yang beroperasi melayani penyeberangan dari Merak ke Bakauheni dan Pelabuhan Panjang, Lampung sebanyak 53 kapal.

<p>Infografis Jadwal Ganjil Genap dan One Way Arus Mudik Lebaran 2022 (Liputan6.com/Trie Yas)</p>

Idul Fitri, Bu Susi Bersihkan Sampah di Pantai

Niat Libur Lebaran 2022 di Pantai Pangandaran, Susi Pudjiastuti Terpaksa Pungut Sampah Buangan Turis Lokal

Liputan6.com 2022-05-05 13:01:59
Susi Pudjiastuti bagikan video Pantai Pangandaran penuh sampah di libur Lebaran 2022. (dok. tangkapan layar video Twitter @susipudjiastuti/

Dengan aturan penanganan COVID-19 yang semakin longgar, libur Lebaran 2022 kembali dimanfaatkan masyarakat Indonesia untuk kumpul keluarga. Di momen ini, tidak jarang yang memutuskan berlibur bersama, dan Pantai Pangandaran masih jadi salah satu tujuan wisata favorit.

Namun, ada yang tertinggal di antara hangat kebersamaan libur Idul Fitri 2022. Yang dimaksud adalah sampah, seperti dibagikan mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti melalui akun Twitter-nya, Rabu, 4 Mei 2022.

Lewat video berdurasi dua menit dan 12 detik tersebut, Susi memperlihatkan kondisi Pantai Pangandaran pada H+3 Idulfitri. "Lebaran membawa rezeki untuk masyarakat Pangandaran. Saya pun senang ekonomi bergerak pulih, Tapi mak sampahnya," tulisnya seraya menyertakan emoji menangis.

Di rekaman tersebut, Susi menyebut bahwa sampah yang ditemukannya di pinggir pantai kebanyakan berupa sedotan plastik. Ia berkata dalam video itu, "Awas kalau datang lagi ke (Pantai) Pangandaran, buang sampah begini (sembarangan), saya tenggelamkan."

"Hari ke-3 (Lebaran), mau main di Pantai (Pangandaran), tapi coba nih,ya ampun sedotan, ribuan sedotan. Jangan minum pakai sedotan kenapa sih. Mau main sama anak-anak (cucunya), ibunya harus kerja," ia menambahkan.

Pantai Pangandaran, Susi Pudjiastuti menyebut, di hari-hari biasa cenderung sepi dan bersih. "Pangandaran penuh dengan turis Lebaran ini. Jalan pun sudah macet, dan pantai kita pun penuh kembali dengan (sampah) plastik-plastik," tuturnya.

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini

>


Bawa Pulang Sampah

Kondisi Pantai Pangandaran yang penuh sampah, Susi Pudjiastuti melanjutkan, membuatnya dan keluarga harus menghabiskan waktu 1--2 jam untuk membersihkan pantai sebelum bisa bermain. Ia menyebut, "(Sampah) plastiknya luar biasa," menambahkan bahwa banyak juga ditemukan berbagai sampah kemasan produk makanan.

"Para turis, para pengunjung Pantai Pangandaran, mbokiya tolong kalau beli makanan, sampahnya jangan dibuang begitu saja. Cari tempat sampah, masukkan ke dalam tempat sampah. Atau dibawa pulang saja. Nanti Anda kemari lihat begini (Pantai Pangandaran penuh sampah) kan juga tidak senang," ia mengatakan.

Lebih lanjut, ia menuturkan, dalam 10 menit, satu orang bisa mengumpulkan satu keranjang penuh sampah. "Anda kan datang karena senang dengan pantai kami. Jadi, jangan menyampah ya. Terima kasih," tutupnya.

Mengingat tingginya minat kunjungan wisatawan, kanal Regional Liputan6.commelaporkan, Polda Jabar mengimbau masyarakat agar menggunakan jalur alternatif Pantai Selatan ketika melakukan perjalanan wisata ke Pantai Pangandaran untuk menghindari kemacetan saat libur Lebaran 2022.


Jalur Alternatif

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Ibrahim Tompo mengatakan, para wisatawan bisa memanfaatkan sejumlah jalur alternatif yang telah dicek dan disiapkan menuju Pantai Pangandaran. Menurutnya, puluhan ribu wisatawan terus berdatangan ke Pantai Pangandaran untuk mengisi libur Lebaran sejak H+2.

Karena itu, banyak dari mereka yang terjebak kemacetan parah hingga berjam-jam, dan tidak sedikit yang akhirnya mengurungkan niat berwisata. Adapun kepadatan kendaraan terjadi di jalur arteri menuju Pantai Pangandaran, yakni mulai dari kawasan Kota Banjar, hingga ke arah jalur selatan.

Menghindari kondisi tersebut, jika wisatawan berangkat dari daerah Bandung, jalur alternatif yang bisa dilalui adalah jalur wisata Ciwidey atau Pangalengan menuju ke arah Cidaun, Cianjur.

Kemudian, kata Ibrahim, para wisatawan bisa menelusuri jalur Pantai Selatan ke arah timur. Sebelum mencapai Pangandaran, nantinya para wisatawan juga akan menemukan sejumlah objek wisata lain, seperti Pantai Rancabuaya, Pameungpeuk, Cipatujah, Cikalong, Cijulang, dan Parigi.


Prediksi Kepadatan Wisatawan

Wisatawan dari Jakarta juga bisa menikmati jalur alternatif Pantai Selatan mulai dari Pelabuhan Ratu, Sukabumi. Nantinya, para wisatawan dari Jakarta juga akan menjumpai kawasan wisata lain sepanjang jalur tersebut, seperti Geopark Ciletuh, Pantai Ujung Genteng, Tegal Buleud, Agrabinta, dan Sindang Barang.

Kapolda Jabar Irjen Pol Suntana memprediksi masyarakat yang memadati berbagai tempat wisata di Jawa Barat akan berlangsung hingga Minggu, 8 Mei 2022 atau H+5 Lebaran 2022. Namun, menurutnya, puncak kepadatan mobilitas masyarakat ke tempat wisata diprediksi akan terjadi pada Jumat, 6 Mei 2022 atau Sabtu, 7 Mei 2022.

"Kami harus membagi kekuatan personel untuk mengawasi semua objek wisata," kata Suntana.

Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata mengatakan, kepadatan wisatawan hanya ditemukan di Pantai Pangandaran. Padahal, pihaknya mengklaim sudah melakukan pengaturan agar objek wisata itu tidak terlalu penuh wisatawan.

Salah satunya dengan memberlakukan sistem buka-tutup di Pantai Pangandaran agar para wisatawan sebagian telah diarahkan ke objek wisata lain. Namun, mayoritas wisatawan tetap ingin masuk ke Pantai Pangandaran.

<p>Infografis Jadwal Ganjil Genap dan One Way Arus Balik Lebaran 2022 (Liputan6.com/Trie Yas)</p>

Gurita Bisnis Luna Maya

Atlet Panahan Berkuda

Arsa Wening, Atlet Panahan Berkuda Asal Indonesia Raih Kemenangan di Eropa

Liputan6.com 2022-05-05 14:01:42
Atlet panahan berkuda asal Indonesia bernama Arsa Wening meraih medali perak di Eropa.

Arsa Wening Arrosyad, remaja 15 tahun dari Perkumpulan Panahan Berkuda Indonesia (KPBI), sukses membawa Indonesia meraih medali perak pada ajang kejuaraan panahan berkuda (Horseback Archery) paling bergengsi di Eropa, "11th International Mounted Archery Games Grunwald 2022 -- European Grand Prix Series 1st Stage. Grunwald Battle Field Poland".

Kejuaraan yang ke-11 di Benua Biru ini diikuti oleh 11 negara dan 55 kompetitor: Polandia, Finlandia, Swedia, Hungaria, Inggris, Belanda, Prancis, Jerman, Spanyol, Turki, dan Indonesia. Tim Indonesia diwakili oleh Arsa Wening Arrosyad, Arum Nazlus Shobah, dan Muhammad Yahya Ayyash.

Pada kompetisi yang berlangsung sangat ketat ini, dipertandingkan 4 kategori pertandingan, yaitu Polish Track, Tower, Qabak, dan Raid Korea. Adapun Arsa Wening berhasil meraih perak pada kategori Raid Korea. Juara I dan III diraih oleh Turki.

Sedangkan akumulasi final ranking dari 4 kategori yang dipertandingkan, Arsa Wening berada di peringkat III, di bawah Prancis dan Turki. Adapun juara umum diraih oleh tuan rumah Polandia, disusul Finlandia, dan Hungaria.

Bagi Indonesia, prestasi ini sebuah pencapaian luar biasa bagi penggiat panahan berkuda di Indonesia yang baru pertama kali mengikuti kompetisi elite di eropa.

Sebagai satu-satunya wakil Asia, Tim Indonesia menjalani 4 hari kompetisi yang panjang dan melelahkan dengan tetap menjalankan puasa Ramadhan yang harus ditempuh 17 jam waktu puasa di Polandia.

Pertandingan berlangsung sejak 30 April sampai 1-3 Mei. Setiap hari ada satu kategori yang dipertandingkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Kemenangan Atlet Indonesia

Ketua Umum KPBI, Alda F Amtha mengatakan, prestasi yang diraih Indonesia di Eropa ini, menjadi pelajaran penting bagi perkembangan horseback archery di Indonesia, mengingat Eropa telah memulai sejak 20 tahun lalu dan memiliki standar kualitas yang sangat tinggi.

"Kami sekarang bisa belajar, Eropa terutama Polandia, Finlandia dan Hungaria, punya kualitas memanah berkuda yang sangat tinggi. Akurasi panahannya mumpuni dan riding berkuda yang mempesona. Kita akan dimanjakan melihat pertunjukan panahan berkuda yang memukau," terang Alda.

Tak lupa, Alda F Amtha juga berterima kasih pada pemerintah Republik Indonesia, melalui Direktorat Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi yang telah mendukung dan membina KPBI sebagai penggiat panahan berkuda berbasis budaya dan seni ketangkasan tradisional ethnosport.

Dukungan pemerintah Indonesia juga diberikan oleh KBRI di Polandia yang hadir langsung ke lokasi pertandingan.

Di akhir acara, Minister Counsellor perwakilan KBRI Warsawa, Basana Sidabutar, diberi kehormatan oleh panitia untuk memberikan medali kepada para juara.


Kemenangan Arsa Wening

Sementara itu, Arsa Wening yang saat ini duduk di kelas 9 SMP Maghfirah Islamic Leadership Boarding School (MilBos) mencatatkan prestasi internasional untuk kedua kalinya bagi panahan berkuda Indonesia. Pada 2021, ia Juara I di Turki dan 2022 ini Juara II di Eropa.

Setelah European Grand Prix Series 1st Stage di Polandia ini, Arsa Wening dan tim akan mempersiapkan untuk pertandingan babak kualifikasi kejuaraan dunia horseback archery yang akan digelar di Korea pada Oktober mendatang.

Jika Indonesia lolos kualifikasi, maka akan masuk ke partai final yang akan digelar di Khazakstan pada 2023.


Atlet Panahan Berkuda Indonesia

Selain Arsa Wening, Muhammad Yahya Ayyas sukses mengharumkan nama Indonesia di kejuaraan dunia panahan berkuda, The 2nd Silk Road Cup & The 16th World Horseback Archery Championship yang berlangsung di Tehran, Iran, pada 18-21 September 2021. Yahya berhasil menyabet juara tiga di kategori Qabaq atau Turkish Style, dan kemudian meraih nomor tujuh untuk kategori umum.

"Kemenangan ini saya persembahkan pertama karena saya bawa nama bangsa Indonesia, untuk Indonesia, kemudian teman-teman dari komunitas saya, dari kementerian, dari temen-teman semua yang membantu di situ, untuk orang tua saya yang mendukung saya," ujar Muhammad Yahya Ayyas dalam keterangan tertulis.

Pada Kejuaraan dunia di Iran ini, digelar tiga kategori, yakni Korean Style, Qabaq / Kabak style atau Turkish Style dan Kassai Track. Pemuda berusia 20 tahun asal Karangnongko, Klaten, Jawa Tengah, itu, merebut juara tiga di Qabaq / Kabak style atau Turkish Style.

Muhammad Yahya Ayyas yang menunggangi kuda bernama Khorramshahr, berhasil melepaskan anak panah pada dua target yang ditentukan. Kedua target itu berada di sisi bawah dan atas dengan posisi atlet menunggangi kuda di lintasi track sepanjang 99 meter. Total poin yang dikumpulkan 17,870 sehingga menempatkannya berada di posisi ketiga.

Di perlombaan tersebut, atlet harus selalu menggunakan busana yang mewakili budaya kampung halaman atlet. Muhammad Yahya Ayyas saat di Iran memilih memakai seragam barisan Pinilih Kasatriyan Dalem Suryenglaga, pakaian salah satu pasukannya Pangeran Diponegoro.

Dampak Revenge Travel, Kasus Positif Covid-19 Kembali Melonjak

Heboh Shah Rukh Khan Jumpa Fans Saat Lebaran

Shah Rukh Khan Jumpa Fans Saat Lebaran, Penggemar Tumplek Blek Sampai Dijaga Polisi

Liputan6.com 2022-05-04 19:00:00
Aktor Bollywood, Shahrukh Khan menyapa para fans yang berkumpul dari balkon rumahnya di Mumbai, India, Kamis (2/11). Pria yang sering dipanggil SRK ini berulang tahun yang ke 52. (AP Photo/Ra

Pada Lebaran tahun ini, Shah Rukh Khan kembali menghidupkan sebuah tradisi yang kerap ia gelar sebelum pandemi menyerang. Yakni menyapa penggemar secara langsung dari balkon kediamannya di Mumbai, untuk menyambut momen spesial.

Dilansir dari Hindustan Times, Rabu (4/5/2022), tradisi ini kembali ia gelar, setelah dua Idulfitri absen dilakukannya. Momen ini ia bagikan di akun Twitter dan Instagram pribadinya yang telah diverifikasi.

Sang superstar Bollywood membagikan dua selfie dalam momen ini. Ia berdiri di lantai atas rumahnya, sambil mengenakan t-shirt warna biru gelap, dan kacamata hitam. Sementara di latar belakang, terlihat para penggemar tumpek blek di lokasi.

Polisi India berseragam cokelat juga terlihat berjaga, terutama di barisan paling depan. Bintang Dilwale tersebut juga mengucap sebuah doa dalam cuitan dan caption.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Doa Shah Rukh Khan

"How lovely to meet you all on Eid....," tulisnya di awal unggahannya.

Ia menambahkan, "May Allah bless you with love happiness and may the best of your past be the worst of your future. Eid Mubarak!! (Semoga Allah memberkati kalian dengan cinta kebahagiaan dan semoga hal terbaik pada masa lalumu akan menjadi hal paling buruk di masa depanmu. Eid Mubarak!)."

Unggahan ini langsung ramai dikomentari warganet.


Momen Emosional

Banyak warganet yang mengucapkan selamat Lebaran untuk aktor 56 tahun ini via kolom komentar maupun reply. Tapi tak sedikit pula yang merespons momen perjumpaan kembali Shah Rukh Khan dengan para penggemarnya secara langsung.

"Rasanya sangat emosional melihatmu lagi setelah lewat bertahun-tahun...meski hanya dari foto dan video," tulis pengguna Instagram @elenasrked***.

"Aku sebelumnya yakin banget kamu enggak bakal datang...wow. Aku cinta KAMU yang sudah membuktikan bahwa aku keliru! Aku mencintaimu!!!" tutur @ikra4***.


Salman Khan

Tak cuma Shah Rukh Khan yang kembali bertemu dengan fans saat Lebaran tahun ini. Salman Khan pun melakukan hal serupa. Momen ini ia bagikan di akun Instagram miliknya.

Ia juga berdiri di balkon sambil menyapa penggemar yang menyemut di lantai bawah.

"Wishing all Eid Mubarak!" tulisnya, menyertai foto yang diunggah di Twitter dan Instagram ini.

Infografis Ragam Tanggapan Persiapan Mudik Lebaran 2022 Aman dan Nyaman. (Liputan6.com/Abdillah)

Pramugari Temani Penumpang Putus Cinta

Pramugari Temani Penumpang Pesawat Galau karena Putus Cinta dalam Penerbangan 18 Jam

Liputan6.com 2022-05-05 21:03:25
Ilustrasi penumpang pesawat (Dok.Unsplash)

Seorang pramugari penerbangan Singapore Airlines (SIA) kedapatan memeluk dan menghibur seorang penumpang pesawat yang baru putus cinta. Kebaikan awak kabin ini ditangkap dalam video enam detik dan diunggah ke akun TikTok @misatls, baru-baru ini.

Dalam rekaman tersebut, si pemilik akun terlihat memeluk seorang pramugari yang mengenakan kebaya sarung biru sambil menangis tersedu-sedu setelah putus secara tidak terduga. Sebagai informasi, sarung kebaya khas SIA hadir dalam empat warna yang masing-masing mewakili senioritas dan pangkat pramugari.

Karena itu, kebaya bersarung biru menunjukkan bahwa kru SIA dalam video TikTok adalah pramugari. Dalam video tersebut, perempuan dketahui bernama Misa ini terisak dan wajahnya memerah saat memeluk bagian tengah tubuh pramugari dengan selembar tisu digenggam di tangannya.

Berbicara pada Mothership, penumpang pesawat mengatakan ia "kehilangan ketenangan" saat pesawat hendak lepas landas dan meminta tisu. Saat itulah pramugari menyadari bahwa Misa tampak kesal. Ia pun menghampiri dan memeluknya. Si pramugari itu pun memberi Misa boneka beruang di akhir penerbangan.

Selain pramugari, Misa mengatakan dua awak kabin SIA lainnya terus-menerus memeriksanya selama penerbangan dan menanyakan apakah ia merasa lebih baik beberapa kali. Mereka juga mencoba menghiburnya dan memastikan Misa nyaman dengan menyajikan minuman.

Sementara awak kabin SIA tidak mengetahui apa yang sebenarnya menyebabkan kegusaran, Misa mengatakan bahwa perhatian dan layanan mereka membuat penerbangan 18 jam "agak lebih tertahankan."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Putus Jelang Penerbangan

Misa menceritakan bahwa mantan pacarnya telah mencampakkan dan meninggalkannya hanya beberapa saat sebelum ia menaiki penerbangan 18 jam dari Singapura ke New York. Pasangan itu telah berkencan untuk beberapa waktu sebelum berpisah di "waktu yang mengerikan."

"Ia memutuskan untuk mengakhiri hubungan kami ketika saya mengatakan padanya bahwa saya akan naik (pesawat])," kata Misa. Ia juga menambahkan bahwa pria itu memblokirnya tidak lama setelah meminta putus.

Ingin menangkap momen, ia berkata, "Saya merekam ini karena ketika ia (pramugari) datang untuk memeluk saya, saya pikir itu agak lucu dan saya ingin melihat kembali (kejadian itu)."

Masih cerita tentang perjalanan, namun sebelumnya kisah seorang penumpang kapal laut yang kehilangan pacarnya saat mudik Lebaran di Pelabuhan Merak, Banten, sudah lebih dulu menarik perhatian. Dalam sebuah video viral yang dibagikan akun TikTok@firmansyah_balfir135, tampak seorang petugas mengumumkan bahwa perempuan yang dimaksud diminta bertemu pacarnya di tempat yang sudah diminta.


Cerita Lainnya

"Apakah ada? Saya pakai kode-kode tertentu, saya melambaikan tangan. Saudari Tia? Halo? Halo?" terdengar petugas itu berkata melalui pengeras suara.

Klip berdurasi 30 detik itu mengundang berbagai komentar warganet. Tidak sedikit yang mengaku kangen dengan cerita mudik Lebaran semacam ini. "Sudah lama enggak mudik, sekalinya boleh mudik, beritanya ngakak semua," komentar seorang pengguna.

Ada juga yang menulis, "Untung masihpacar, kalau istri bagaimana? Lebaran jadi duda." "Ini bukti pacarnya tanggung jawab," timpal yang lain, sementara ada juga yang berkomentar, "Pas sudah lama nunggu, eh baru inget ternyata enggak punya pacar."

Tidak sedikit juga warganet yang menanyakan kelanjutan cerita pemudik tersebut. "Ketemu enggak nih jadinya?" komentar seorang pengguna. "Plis kalo udah ketemu tag aku," yang lain melanjutkan.

Berbeda lagi dari kasus tas hilang dalam penerbangan yang membuat penumpang menjelaskan dugaan kronologinya menggunakan PowerPoint. Ia adalah Elliot Sharod. Mengutip CNN, Sharod dan istrinya, Helen, terbang dari lokasi pernikahan mereka di Afrika Selatan, tempat Sharod dulu tinggal, ke rumah mereka di Inggris.


Lapor Polisi

Diceritakan bahwa dua dari tiga koper mereka berhasil pulang. Bawaan ketiga, yakni koper Helen, berisi kartu pernikahan, catatan tulisan tangan dari pondok tempat mereka menginap, urutan layanan dan rencana perjalanan yang dibuat untuk para tamu. Menurut Airtag-nya, barang itu berada di Pimlico, di pusat kota London.

Panggilan berulang, email, dan DM ke Aer Lingus, serta layanan kurir yang ditunjuk, Eagle Aviation, tidak ditanggapi. Sharod mengatakan bahwa Aer Lingus telah memberitahunya di berbagai titik bahwa kasus tersebut telah diidentifikasi di lokasi barunya, dibawa ke rumah Sharods hanya untuk menemukan mereka tidak ada di sana, dan telah dihapus dari sistem sepenuhnya.

Setelah menerima tanggapan dari kantor CEO Aer Lingus Lynne Embleton yang mengatakan bahwa tim bagasi mereka sedang menyelidikinya, Sharod memutuskan pendekatan baru: merekam video untuk pihak maskapai, dan mengunggahnya di media sosial.

Ia bahkan membuat video presentasi PowerPoint, berbicara tentang maskapai penerbangan melalui kisah, dan berbagi pesan langsung yang sering bertentangan dengan pengamatan mereka. Sharod mengatakan bahwa itu "satu-satunya cara saya bisa mendapatkan perhatian mereka, dengan menyebut dan mempermalukan mereka."

"Helen patah hati," katanya. "Ini tasnya, pakaiannya, dan ia memiliki perasaan yang sangat tidak nyaman tentang di mana propertinya berada." Pasangan itu sekarang percaya koper itu telah dicuri, dan sudah melaporkannya ke polisi.

Infografis Penumpang Pesawat Domestik Wajib Isi e-HAC Sebelum Penerbangan. (Liputan6.com/Trieyasni)

Jadi Kapten Klub Sepak Bola Los Angeles

Gaya Agnez Mo Saat Didapuk Jadi Kapten Kehormatan Klub Sepak Bola Los Angeles

Liputan6.com 2022-05-05 19:02:22
Agnez Mo didapuk jadi kapten kehormatan Klub Sepak Bola Los Angeles. (dok. Instagram @agnezmo/https://www.instagram.com/p/CdHicp8JeZo/

Agnez Mo memilih tampilan chicsaat secara resmi didapuk jadi kapten kehormatan klub Liga Sepak Bola Amerika Serikat (MLS) Los Angeles FC, baru-baru ini. Momen ini dibagikan di akun Instagram pribadinya.

Salah satu unggahannya berupa video singkat yang memperlihatkan Agnez berjalan menuju lapangan sepak bola hingga menerima jersey nomor 10 bertuliskan namanya. "Terima kasih @lafc telah mengundang saya dan menjadikan saya KAPTEN KEHORMATAN kalian!!!" tulis penyanyi 35 tahun itu dalam bahasa Inggris di bagian keterangan unggahan.

Ia melanjutkan, "Melakukan lemparan koin itu (dengan kuku panjang saya) dan melihat kalian menang adalah hal yang paling menarik minggu ini. Merayakan hari pertama bulan AAPI (Asian Americans and Pacific Islanders)."

Di kesempatan itu, Agnez tampil serba hitam dari ujung kepala, kecuali rambutnya yang sebagian pirang, sampai ujung kaki. Ia memilih mengenakan atasan hitam di bawah puffer jacket berwarna serasi. Dipadukan dengan celana kulit, juga berwarna hitam, ia mengalungkan syal klub sepak bola tersebut.

Sebagai pelengkap penampilan, ia memilih sepatu boots bertali putih yang kontras, selain juga memakai kalung, sepasang anting, dan menggantungkan kacamata hitam di potongan leher atasannya. Rambutnya ditata dalam bun kepang di sisi kanan dan kiri.

Agnez Mo juga menenteng tas kecil berwarna senada. Nude makeup masih jadi andalan dalam lookkali ini, dengan fokus pada bagian mata yang membuat tampilannya semi bold.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Apa Itu AAPI Heritage Month?

Di keterangan unggahan yang menandai deretan prestasinya, Agnez Mo sempat menyinggung AAPI Heritage Month. Apa sebenarnya itu?

Asian American and Pacific Islander (AAPI) Heritage Month adalah perayaan tahunan yang mengakui kontribusi sejarah dan budaya individu, serta kelompok keturunan Asia dan Kepulauan Pasifik ke Amerika Serikat. Istilah AAPI mencakup budaya dari seluruh benua Asia, serta Kepulauan Pasifik Melanesia, Mikronesia, dan Polinesia.

Pada 2019, ada sekitar 22,9 juta orang keturunan Asia atau Kepulauan Pasifik di Amerika Serikat. Menurut Pew Research Center, orang-orang AAPI adalah populasi yang beragam dan terus bertambah yang membentuk sekitar tujuh persen dari total populasi AS, melansir History.com.

AAPI Heritage Month 2022 akan berlangsung dari Minggu, 1 Mei 2022 hingga Selasa, 31 Mei 2022. Namun, upaya untuk secara resmi mengakui kontribusi orang keturunan Asia dan Kepulauan Pasifik ke Amerika Serikat dimulai pada akhir 1970-an, membutuhkan waktu lebih dari 10 tahun untuk menjadikannya perayaan permanen selama sebulan penuh.


Inisiasi AAPI Heritage Month

Pada 1977, perwakilan New York Frank Horton memperkenalkan House Joint Resolution 540, yang mengusulkan memproklamirkan 10 hari pertama bulan Mei sebagai Asian/Pacific American Heritage Week. Senator Hawaii Daniel Inouye memperkenalkan resolusi serupa pada tahun yang sama.

Ketika resolusi tidak lolos, perwakilan Horton memperkenalkan House Joint Resolution 1007 pada tahun berikutnya, yang meminta presiden menyatakan seminggu selama 10 hari pertama bulan Mei mulai 1979, termasuk 7 dan 10 Mei, sebagai Asian/Pacific American Heritage Week.

Setelah DPR dan Senat AS mengesahkan resolusi tersebut, Presiden Jimmy Carter menandatanganinya jadi Hukum Publik 95-419 pada 5 Oktober 1978. Dari tahun 1980 hingga 1990, setiap presiden mengeluarkan proklamasi tahunan untuk Asian/Pacific American Heritage Week.

Hingga pada 1990, Kongres AS memperluas perayaan dari seminggu jadi sebulan. Bulan Mei setiap tahun ditetapkan sebagai Bulan Warisan Asia/Pasifik Amerika pada 1992 di bawah pemerintahan George H. W. Bush dengan disahkannya Hukum Publik 102-540. Bulan Warisan Asia/Pasifik Amerika diubah namanya jadi AAPI Heritage Month pada 2009.


Mengapa Bulan Mei?

Bulan Mei dipilih sebagai AAPI Heritage Month karena memperingati imigrasi orang Jepang pertama ke Amerika Serikat pada 7 Mei 1843. Mei juga merupakan bulan yang penting karena memperingati Hari Lonjakan Emas, 10 Mei 1869, yang menandai selesainya rel kereta lintas benua yang dibangun dengan kontribusi signifikan dari pekerja Cina.

Menurut Federal Asian Pacific American Council (FAPAC), tema AAPI Heritage Month 2022 adalah "Memajukan Pemimpin Melalui Kolaborasi." FAPAC mendorong pemerintah daerah dan nasional di AS untuk memprioritaskan kolaborasi, pengembangan, keragaman, transparansi, dan inklusi melalui pelatihan kepemimpinan orang-orang AAPI.

AAPI Heritage Month 2022 juga tercatat memperingati para korban penembakan spa tahun 2021 bersama semua orang Asia-Amerika dan Kepulauan Pasifik lain dalam isu kekerasan anti-Asia selama pandemi dan sepanjang sejarah.

Sebagaimana diketahui, pada awal pandemi COVID-19, retorika rasis dan xenofobia tentang asal-usul virus menyebabkan lonjakan rasisme dan kekerasan anti-Asia. Orang-orang AAPI dari segala usia dan budaya dilecehkan dan dibunuh secara verbal dan fisik di kota-kota di seluruh AS.

Sebagai tanggapan atas meningkatnya kekerasan anti-Asia, AAPI Equity Alliance, Chinese for Affirmative Action, dan Asian American Studies Department of San Francisco State University meluncurkan koalisi Stop AAPI Hate pada 19 Maret 2020. Koalisi tersebut melacak dan merespons kekerasan, kebencian, pelecehan, diskriminasi, pengucilan, serta intimidasi terhadap orang-orang AAPI.

Infografis Amerika Serikat dan China Terancam Perang Dingin? (Liputan6.com/Trieyasni)