Volume 280

Air Mata Prabowo di Kamar Mbah Moen

Momen Prabowo Teteskan Air Mata Usai Salat dan Berdoa di Kamar Mbah Moen

Liputan6.com 2022-05-06 08:54:21
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto berkunjung ke Ponpes Al-Anwar Rembang Jawa Tengah, Kamis (5/5/2022).

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto berkunjung ke Ponpes Al-Anwar Rembang Jawa Tengah, Kamis (5/5/2022). Prabowo disambut langsung oleh pimpinan ponpes, KH Muhammad Najih Maimoen atau Gus Najih, putra dari almarhum ulama besar Indonesia, KH Maimoen Zubair alias Mbah Moen.

Hal yang paling menarik dari silaturahmi kali ini, Prabowo diberi kesempatan untuk mengunjungi bekas kamar almarhum Mbah Moen. Di dalam kamar itu, dia mengenang pertemuan-pertemuan yang pernah ia lakukan bersama Mbah Moen.

Ditemani Gus Najih, Prabowo melaksanakan salat di kamar itu. Usai salat, lantas Gus Najih memimpin doa.Prabowo tampak terharu mengingat kenangannya bersama almarhum Mbah Moen.

Menteri Pertahanan itu pun tak mampu menahan tetesan air matanya. Gus Najih mengatakan, Prabowo memang sudah menganggap Mbah Moen seperti ayahnya sendiri.

"Pak Prabowo sudah menganggap almarhum Mbah Moen seperti ayahnya sendiri," kata Gus Najih dikutip dari siaran persnya, Jumat (6/5/2022).

Prabowo lantas mengingat pesan-pesan perjuangan yang pernah disampaikan Mbah Moen terhadap dirinya. Salah satunya, tentang komitmen memperjuangkan rakyat kecil.

"Pesan beliau selalu tertanam di benak saya, 'Mas Prabowo harus selalu bela rakyat, mas Prabowo harus selalu bela rakyat kecil'," kata Prabowo.

Seperti diketahui, Mbah Moen wafat pada 9 Agustus 2019 lalu. Mbah Moen dinyatakan meninggal dunia pada saat melaksanakan ibadah haji. Kemudian almarhum di makamkan di pemakaman Al-Ma'la, Mekah.


Dekat dengan Keluarga Mbah Moen

Dalam kesempatan itu, Prabowo pun mengakui menunggu momentum seperti ini.

"Ya saya juga terimakasih sudah diterima oleh keluarga Mbah Moen, sangat ramah, ini adalah momentum suasana lebaran dengan sahabat-sahabat lama yang sudah saya nantikan," kata dia.

Kemudian Prabowo beserta rombongan diajak untuk makan siang oleh istri almarhum Mbah Moen, Ibu Nyai Hj Henny Mariam Syafa'ati. Nyai Heny sengaja memasak lontong dan opor ayam untuk dinikmati.

"Lontongnya enak sekali dan lembut," kata Prabowo.

Usai menikmati hidangan, Nyai Heny tak lupa mendoakan Prabowo agar sehat selalu dan dikabulkan segala hajatnya dalam berjuang untuk rakyat.

Dalam kunjungan ini Prabowo disambut oleh keluarga besar Mbah Moen seperti istri Mbah Moen, Ibu Nyai Hj. Heny Maryam Syafa'ati. Kemudian putra hingga cucu almarhum Mbah Moen, KH Abdullah Ubab Maimoen Zubair, KH Muhammad Najih Maimoen, KH Idror Maimoen Zubair, dan Ags Rojih Abdullah Ubab Maimoen Zubair.

Sementara turut mendampingi Prabowo yakni Prasetyo Hadi, Ketua Bidang OKK DPP Partai Gerindra yang juga Anggota DPR RI Dapil Jateng VI, Abdul Wachid, Ketua DPD Partai Gerindra Provinsi Jateng yang juga Anggota DPR RI Dapil Jateng II, Sudewo Anggota DPR RI Dapil Jateng III, Mohamad Hekal Anggota DPR RI Dapil Jateng IX, Sriyanto Saputro Sekretaris DPD Partai Gerindra Provinsi Jateng yang juga Anggota DPRD Jateng, Rohmat Marzuki sekaligus Ketua Fraksi Partai Gerindra DPRD Jateng.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto melanjutkan perjalanan silaturahmi Lebaran di Jawa Timur. Kali ini bersama rombongan mengunjungi Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang.

Setiba di lokasi, Prabowo disambut langsung oleh pimpinan ponpes Tebuireng, KH Abdul Hakim Mahfudz atau akrab disapa Gus Kikin. Keduanya melakukan pertemuan tertutup.


Tak Banyak Bahas Politik

Prabowo menegaskan, momen libur Lebaran ini dimanfaatkannya dengan mengunjungi para sahabatnya.

"Saya memang sudah sering datang ke sini, merasa dekat dengan keluarga besar (ponpes) Tebuireng. Dan saat libur ini saya keliling silaturahmi lebaran dengan sahabat sahabat lama saya," ujar Prabowo dalam keterangannya, Rabu (4/5/2022).

Menurut Prabowo, adapun yang dibahas adalah hal yang ringan. Dia tak mengindikasikan membahas politik.

"Pembahasannya ya yang ringan-ringan saja, melepas rasa kangen ya," ungkap Prabowo.

Setelah melakukan pertemuan, Prabowo bersama rombongan dan Gus Kikin bergegas menuju makam almarhum Presiden RI ke-4, Abdurrahman Wahid alias Gus Dur.

Kepada awak media, pria yang juga duduk sebagai Menteri Pertahanan (Menhan) mengaku dekat dengan Gus Dur.

Bahkan, Prabowo mengungkapkan bahwa dirinya adalah tukang pijat almarhum Gus Dur. Sehingga dia menegaskan tak perlu disangsikan kedekatannya dengan Gus Dur.

"Ya Gus Dur adalah sosok pemimpin yang pandangannya jauh ke depan (visioner). Beliau juga merupakan sahabat dan saya adalah tukang pijat beliau. Dan saya kira kedekatan saya dengan almarhum sangat dekat ya," kata Prabowo.

Harga Baju Lebarannya Bisa Buat DP Rumah

Harga Outfit Lebaran Nagita Slavina, Warganet: Bisa untuk DP Rumah

Liputan6.com 2022-05-06 11:20:10
Harga cardigan simple Nagita Slavina bikin netizen syok. (Instagram/raffinagita1717).

Penampilan Nagita Slavina selalu mampu menarik perhatian banyak pasang mata, tak terkecuali saat momen Idul Fitri. Setiap lebaran tiba, keluarga Andara selalu mengenakan pakaian seragam.

Melalui akun Instagram-nya, Nagita Slavina dan Raffi Ahmad mengunggah potret lebaran bersama kedua anaknya, Rafatar dan Rayyanza.

Nagita Slavina tampil cantik dan anggun dengan dress nuansa nude dengan embroidery di bagian depannya yang dipadukan rok plisket rancangan desainer kondang, Saptodjojo Kartiko.

Tak lupa headpiece atau bando besar bewarna senada juga membuat penampilannya semakin memesona.

Sementara Raffi Ahmad dan dua putranya mengenkakan baju koko abu-abu dengan detail di bagian deannya dan celana cokelat.

Baju lebaran Nagita Slavina rupanya berharga fantastis. Akun Instagram @fashion_nagitaslavina pun membongkar harga outfit Nagita Slavina saat Idul Fitri.

<p>Momen Lebaran artis, Raffi Ahmad-Nagita Slavina (Instagram/raffinagita1717)</p>

Dress bertajuk 'Bunga Kapas Cloque' tersebut nyatanya berharga fantastis yakni nyaris Rp 60 juta.

"#NagitaSlavina wearing #SaptoDjojokartiko 'Bunga Kapas Cloque Dress' from @saptodjojokartiko 59.900.000 IDR," keterangan dalam unggahan @fashion_nagitaslavina.

Sementara rok plisket dengan warna senada dibanderol hampir Rp 28 juta. "#NagitaSlavina wearing #SaptoDjojokartiko 'Pleated Skirt in Blush' from @saptodjojokartiko 27.500.000 IDR."

Harga ksesori bando besar yang digunakan Nagita Slavina juga tak kalah membuat publik tercengang, yakni nyaris Rp 10 juta.

"#NagitaSlavina wearing #SaptoDjojokartiko 'Embellished Puff Headband' from @saptodjojokartiko 9.500.000 IDR," tulis akun tersebut.

Jadi harga outfit lebaran Nagita Slavina mencapai Rp 97 juta.

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtimedi tautan ini


Respons warganet

Harga outfit lebaran yang dipakai Nagita Slavina sontak membuat publik, khususnya para pengguna jejaring sosial terkejut. Unggahan tersebut pun dibanjiri berbagai komentar lucu warganet. Banyak dari mereka tidak sanggup dan sesak mengetahui harga fantastis baju Nagita Slavina.

"Cukup sudah kutaksanggup melihatnya," kata akun @shandraattya.

"Sesakkkk," sahut akun @mahaipeh.

"Sudah kuduga menangis liat harganya," tulis akun @daraqqqq

"OMG jantungku berdenyut kencang sekali," komentar akun @yuliyaharnizon.

Sementara ada pula yang mengklaim bahwa harga baju dari istri Raffi Ahmad itu bisa untuk DP mobil atau rumah, dna membeli dua motor.

"Bisa bikin rumah," tulis akun @sandi.sandi.1217727.

"Seharga mobil ayla," ucap akun @rismariyantia.

"Apaaaan, bisa beli motor 2 tuh mama gii," komentar akun @citramercy.

"Ya Allah. Bisa renovasi rumah," sahut akun @kirana11.

"Harganya bisa buat lunasin hutang gue wkkwkwkwk," kata akun @veramitha819.

"Buat DP rumah," tulis akun @farahria_2750.


Bukan kali pertama

Bukan kali pertama Nagita mengenakan baju lebaran dengan harga mahal. Raffi Ahmad tak menyangka, sang istri, Nagita Slavina, menghabiskan uang banyak untuk membeli satu pakaian untuk masing-masingnya.

Itu diungkapkan Raffi Ahmad, di vlog yang diputar di channel YouTube, Rans Entertainment. Bermula saat Nagita Slavina tengah merapikan pakaian yang akan dikenakan di Bandung, Jawa Barat.

Tiba-tiba, Raffi Ahmad menanyakan baju Lebaran untuknya. "Aku punya sesuatu untuk kamu," ujar Nagita Slavina. "Apa sayang," timpal Raffi Ahmad penasaran.

Nagita Slavina memberikan baju Lebaran khusus untuk Raffi Ahmad dan putranya, Rafathar Malik Ahmad. Keduanya mengenakan pakaian yang sama.

Raffi Ahmad penasaran juga dengan pakaian yang bakal dikenakan sang istri di hari Lebaran. "baju kamu mana?" tanya Raffi.

Nagita Slavina memperlihatkan gaun putihnya. "Kok kamu beda sendiri?" tanya Raffi Ahmad. "Iya, aku kan cewek, masa sama," jawabnya.

Infografis Awas Lonjakan Covid-19 Libur Lebaran (Liputan6.com/Triyasni)

Bersepeda Naik Haji ke Tanah Suci

Kisah 3 Warga Magelang dan Gorontalo yang Nekat Naik Haji dengan Sepeda Onthel

Liputan6.com 2022-05-06 15:15:08
Kabar dua pria Kebumen yang naik haji bersepeda ontel sempat viral di media sosial. (Foto: Andre Noval/Facebook/Muhamad Ridlo/Liputan6.com)

Tiga orang pesepeda asal Kabupaten Magelang Provinsi Jawa Tengah dan Provinsi Gorontalo yang hendak naik haji ke Tanah Suci tiba di Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (5/5).

"Kami di Kuala Lumpur sekitar tiga hari, acaranya ke Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah Malaysia, ke KBRI, ke pegowes sekitar Kuala Lumpur dan keliling sekitar kota Kuala Lumpur," ujar salah seorang pesepeda, Muhammad Fauzan di Kuala Lumpur, Jumat, dikutip Antara.

Fauzan mengawali perjalanan ke Kuala Lumpur dari Masjid Jamik Serdang Kamis pagi dan tiba di Warung Soto Lamongan, PCIM Malaysia Jalan Raja Alang pada sore hari.

Kedatangan rombongan haji bersepeda ontel tersebut disambut Ketua IMM Malaysia, Aunillah Ahmah beserta pengurus dari IMM dan PCIM Malaysia.

Setelah mencicipi masakan di Warung Soto Lamongan rombongan kemudian melihat dari dekat menara kembar Petronas.

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini


Berangkat 21 November

Fauzan mengawali perjalanannya dari Magelang 21 November lalu kemudian tertahan di Kepulauan Riau saat mau menyeberang ke Johor karena pandemi COVID-19.

Fauzan mengatakan pihaknya berjumpa dengan pesepeda dari Gorontalo dan mulai bareng saat di ujung Singapura mau masuk Malaysia.

"Setelah dari Malaysia ke Thailand, dan target sebelum bulan Juli sampai tanah suci, ada opsi beberapa negara mau dihapus karena pertimbangan keamanan dan waktu," katanya.

Sementara itu pengurus PCIM Malaysia, Takhsis Anshori yang ikut menemani saat di menara kembar dan Jalan Raja Alang mengatakan kehadiran pesepeda mendapat sambutan hangat.

"Di jalan Raja Alang dan Petronas banyak warga yang mengalu-alukan. Ada yang merangkul dan memberi sesuatu. Mungkin mereka sudah tahu ada pesepeda ke Mekah," ujar Takhsis Ansori.


Saksikan Video Pilihan Ini:

Seragam Maradona Laku Rp 128,6 M

Pecah Rekor, Seragam Diego Maradona Laku Rp 128,6 Miliar

Liputan6.com 2022-05-05 17:00:30
Jersey Argentina yang dikenakan Diego Maradona dalam pertandingan perempat final Piala Dunia Meksiko 1986 antara Argentina dan Inggris, dipajang untuk difoto di rumah lelang Sotheby's, d

Seragam yang dikenakan Diego Maradona saat mencetak dua gol terkenal ke gawang Inggris di Piala Dunia 1986 laku terjual 7,14 juta poundsterling (Rp 128,6 miliar) dalam lelang. Angka tersebut menjadi rekor baru untuk barang kenang-kenangan olahraga.

Maradona mengenakan kaus nomor 10 Timnas Argentina dalam perempat final Piala Dunia 1986 melawan Inggris di Meksiko. Enam menit memasuki babak kedua, dia membawa timnya unggul dengan meninju bola ke gawang yang kemudian dikenal dengan gol "Tangan Tuhan".

Empat menit kemudian, Maradona menggiring bola dari daerah pertahanan sendiri guna mencetak gol dipilih FIFA sebagai gol terbaik sepanjang sejarah Piala Dunia.

Gelandang Inggris Steve Hodge mendapatkan seragam Maradona setelah pertandingan. Setelah berkali-kali menolak menjual, bulan lalu dia mengumumkan akan melelangnya melalui Sotheby's. Sang pembeli tidak disebutkan identitasnya.

"Kaus bersejarah ini adalah pengingat nyata untuk momen penting itu tidak hanya dalam sejarah olahraga, tetapi juga dalam sejarah abad ke-20," kata Brahm Wachter, perwakilan badan lelang Sotheby.

Lelang ini memecahkan rekor sebelumnya untuk memorabilia olahraga, yakni manuskrip tanda tangan asli Manifesto Olimpiade 1892 yang dihargai 8,8 juta dolar AS (Rp126 miliar) pada 2019.

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini


Ada Kontroversi

Penjualan kaus Maradona sempat memunculkan kontroversi. Putri Maradona, Dalma, menyatakan seragam yang dimiliki Hodge bukanlah yang dikenakan sang legenda ketika mencetak dua gol tersebut. Dalma menyebut jersey itu dipakai ayahnya pada babak pertama pertandingan.

Namun, Sotheby's memastikan keaslian jersey yang dilelang. Mereka menggunakan teknologi pencocokan foto untuk memastikan kaus itu benar-benar dipakai Maradona saat dua kali merobek gawang Inggris, dengan "memeriksa detail berbagai elemen item, termasuk tambalan, garis, dan penomoran".

Maradona, yang dianggap sebagai salah seorang pesepakbola terbaik dunia, meninggal dunia pada November 2020 di usia 60 tahun.

Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)

Purwokerto Viral karena Doctor Strange 2

Purwokerto Trending di Medsos karena Doctor Strange 2, Penampakan Bioskop Rajawali Disorot Netizen

Liputan6.com 2022-05-06 13:00:00
Spanduk lukisan film Doctor Strange 2 di bioskop Rajawali Cinema Purwokerto disorot netizen +62 dan trending. (Foto: Dok. Twitter @orepras)

Doctor Strange in the Multiverse of Madness atau Doctor Strange 2 tayang di bioskop Tanah Air mulai Kamis (5/5/2022). Bersamaan dengan perilisan karya sineas Sam Raimi ini, kata Purwokerto mendadak trending di Twitter Indonesia pada Jumat (6/5/2022) pagi.

Showbiz Liputan6.com menelusuri Purwokerto di medsos lalu berujung pada pembahasan bioskop Rajawali Cinema. Di era Instagram, bioskop ini masih menggunakan spanduk lukisan film untuk "memanggil" calon penonton.

Foto penampakan bioskop dan spanduk lukisan tangan ini diunggah akun Twitter @orepras pada 5 Mei 2022 dan viral. Hingga artikel ini disusun, lebih dari 57 ribu orang menyukai twit ini.

Cuitan yang sama juga dicuit ulang hampir 9.000 kali dan direspons ribuan orang. Mayoritas menyebut Rajawali Cinema ini membangkitkan kenangan masa kecil soal wajah bioskop zaman dulu berpromosi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Ramai Dibahas

"Biasanya tiap ada film marvel, bioskop Purwokerto rame dibahas karena poster filmnya masih dilukis. Nih, oleh-oleh nonton Doctor Strange in the Multiverse of Madness barusan," cuit akun tersebut.

Sejurus kemudian, ia menbagikan suasana kafetaria di dalam bioskop di mana petugas sibuk melayani pembeli yang ingin berondong jagung dan penganan lain. Tampak meriah. "Kata @diah**** kayak bioskop jadul padahal emang," imbuhnya.


Perjalanan Sejam

Twit ini menjelma menjadi "utas" setelah netizen lain membagikan kenangan menonton film di Purwokerto. Bahkan netizen dengan akun @donnyvebry mengunggah foto transformasi tiket bioskop dari era pakai stempel hingga cetak komputer.

Ia bercerita untuk menonton film harus menempuh perjalanan sejam menuju Purwokerto. "Perlanan 1 jam, belum ngantrinya dan terik matahari soalnya naik motor. Tp terbayarkan dan seneng bgt bisa liat film favoritku waktu itu. Dari tiket kaya karcis parkir sampe kaya XXI udh pernah dapet," ia mencuap.


Pengabdi Setan 2

Akun @edycahyo menimbrung dengan membagikan potret dalam salah satu studio bioskop Rajawali. Rupanya, studio ini dibekali kursi berlapis kulit yang nyaman. Ia juga mengabarkan spanduk lukisan Pengabdi Setan 2 telah terpasang di luar bioskop.

"Bioskop ini harus terus dijaga!! Tgl 15 April kemarin pertama kalinya saya nonton disini. Korsinye enak bgt lebar, empuk, dan bahannya kulit gaezz. Bonus foto poster Pengabdi Setan 2 (di bagian poster) Segera Tayang," ia mengabarkan.

Netizen lain menyebut hawa dekade 1980-an terasa betul saat mengunjungi bioskop Rajawali. Bagaimana dengan di kota Anda? Masih adakah bioskop dengan desain klasik seperti di Purwokerto?

Infografis 9 Cara Aman Menonton di Bioskop Saat Pandemi. (Liputan6.com/Abdillah)

"Siapa Otak Skenario Ini?"

Hotman Paris Jawab Tuduhan Pelecehan Terhadap Iqlima Kim: Aduh, Siapa Otak Skenario Ini?

Liputan6.com 2022-05-06 12:00:00
Pengacara kondang Hotman Paris Hutapea lega dua ibu pencuri susu di Blitar berdamai dengan pemilik toko. (Foto: Instagram @hotmanparisofficial)

Sengketa antara Hotman Paris Hutapea dengan Iqlima Kim tampaknya masih jauh dari kata usai. Baru-baru ini sang pengacara kondang melayangkan hak jawab lewat akun Instagram terverifikasinya sembari mengunggah foto Iqlima Kim.

Dalam foto itu, sang mantan asisten pribadi Hotman Paris tengah bermain kibor. Bagian dadanya ditutupi stiker oleh Hotman Paris karena kelewat seksi untuk dipamerkan ke muka publik.

Bersama foto ini, presenter The Hotman dan Hotroom kembali mempertanyakan siapa aktor intelektual di balik dugaan pelecehan seksual yang memanas dan menjadi konsumsi publik.

"Hak jawab; Hotman di tuduh pelecehan sex karena menurut Iglimakim dimintain photo sexy?? Aduh siapa otaknya scenario ini?!" tulisnya, pada Jumat (6/5/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


21 Maret 2022

Setelahnya, Hotman Paris membeberkan momen percakakapan diduga via jalur pribadi WhatsApp pada 21 Maret 2022. Di situ, ia mengaku kangen namun dibalas dengan Iqlima Kim dengan rentetan konten seksi.

"Tgl 21 maret 2022 hotman cuma wa kata kangeh eh Iqlimakim langsung kirim photo sexy hanya pakai Sejenis Bra Bh ke wa hotman!!!dan ig nya dia penuh photo sexy," Hotman Paris menyambung.


Sayang, Kangen!

Dalam unggahan sebelumnya, Hotman Paris mengunggah tangkapan layar percakapan diduga via jalur pribadi aplikasi WhatsApp. Lalu, Iqlima Kim membalas dengan foto seksi.

Untuk kenyamanan bersama, tangkapan layar berbalas foto seksi tidak kami lampirkan dalam bodi teks artikel ini. "Tgl 21 maret 2022 Hotman kirim wa ke lqlimakim dgn kata: SAYANG KANGEN! Wao apa balasan Kim?" Hotman Paris mencuap.


Tanpa Diminta

"Tanpa diminta Kim kirim2 photo sexy dan 1 vidio sexy! Jauh lebih sexy dari photo photo di ignya! Sukarela! Hanya dgn kata Kangen! Eh kok bukan April dia ngaku dilecehkan bulan pebruari dgn alasan hanya krn diminta photo sexy utk shooting?" akunya.

"Tapi maret kirim photo sexy ke hotman! Bahkan ada yg cuma pakai sejenis Bra BH! Aduh ini siapa otak scenario buat tuduhan pelecehan?? Cuma kata kangen sudah dikasih apalagi dgn cara lain? Apa yg akan di kasi!?" Hotman Paris menambahkan.

Hingga artikel ini disusun, belum ada tanggapan resmi dari pihak Iqlima Kim.

Infografis: Rasa Berkuasa Pendidik Berujung Pelecehan Seksual (Liputan6.com/Abdillah)

Ngecat Rambut Dicap Pengkhianat Negara

Cat Rambut dan Pakai Legging Ketat di Korut Bisa Dicap Pengkhianat hingga Dipenjara

Liputan6.com 2022-05-06 11:36:53
Bendera Korea Utara (AFP PHOTO)

Kebebasan di Korea Utara kian terbatas. Negara tertutup itu semakin meningkatkan kampanye negatif terhadap orang-orang yang mengenakan pakaian gaya "kapitalis" atau meniru gaya rambut asing.

Mengutip DW Indonesiadari laporan Daily NK, Jumat (6/5/2022), hal ini menjadi bagian dari tindakan keras yang diterapkan lebih luas terhadap budaya pop asing, kantor berita yang berbasis di Seoul, Korea Selatan.

Rezim Korea Utara (Korut) telah lama melarang pengaruh luar yang memengaruhi cara hidup sosialis mereka. Gaya rambut dan berpakaian para warga perempuan dan laki-laki di sana juga terbatas hanya pada daftar gaya rambut dan pakaian yang "disetujui".

Mengutip sumber-sumber di Utara, Daily NK mengatakan pejabat Liga Pemuda Patriotik Sosialis menyatakan bahwa pakaian olahraga dan rambut dalam "gaya Korea Utara" adalah elemen penting gaya hidup sosialis.

Warga Korea Utara yang melanggar aturan mode ini dapat ditahan, diinterogasi, dipukuli, dan dalam beberapa kasus, dipenjara.

Daily NK juga melaporkan pihak berwenang merekam para perempuan yang dihentikan di jalan karena tidak mengikuti peraturan mode pemerintah dan menggunakan rekaman itu dalam pidato tentang perilaku menentang negara.

Satu video menunjukkan beberapa perempuan yang sepertinya berusia antara 20-an dan 30-an telah ditahan karena mengenakan legging ketat atau mengecat rambut mereka, menurut Daily NK. Komentar dalam rekaman tersebut menggambarkan para perempuan itu sebagai "berandalan kapitalis" dengan "pakaian tidak senonoh" dan "ideologi yang tidak murni."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Tidak Bisa Bebas Berekspresi

Pembelot asal Korea Utara Eunhee Park mengatakan kepada DW bahwa Pyongyang berusaha untuk membasmi individualisme karena pilihan bebas berkontribusi pada oposisi terhadap rezim. Park membelot dari Korea Utara pada tahun 2012 dan menjadi pembicara utama pada kelompok advokasi Freedom Speakers International yang berbasis di Korea Selatan.

"Saya berusia 16 tahun ketika pertama kali melihat acara televisi asing, tetapi saya langsung menyukai apa yang saya lihat, kehidupan orang-orang itu sangat berbeda dengan apa yang saya lihat di sekitar saya di Korea Utara," kata perempuan berusia 31 tahun itu kepada DW.

"Kami diberitahu bahwa diktator Kim adalah ayah kami dan kami harus melakukan apa yang dia katakan, tetapi tiba-tiba saya melihat orang-orang menikmati kebebasan."

Park mengatakan ada "banyak pembatasan" dalam hal pilihan berpakaian dan bahwa "orang-orang hanya mengikuti perintah."

"Namun, saya percaya bahwa fesyen adalah ekspresi dari karakter seseorang dan saya ingin menjadi diri saya sendiri, tapi saya bahkan tidak bisa mengendalikan tubuh saya sendiri."

Jeans, rambut dicat, dan kosmetik semua itu adalah tabu di Korea Utara yang sebagian besar warganya mematuhi peraturan dikategorikan sebagai anggota masyarakat "merah" yang berarti setia. Namun, Eunhee Park dicap berwarna "abu-abu" atau pengkhianat.


Coba-coba Gaya Asing, Lalu Dipenjara

Perlahan-lahan, Park mulai menguji batas-batas apa saja yang kira-kira bisa diterima. Selama musim liburan, ketika jumlah polisi di jalanan lebih sedikit, dengan hati-hati ia memakai riasan dan anting-anting plastik murah dari Cina.

"Beberapa kali polisi melihat saya dan saya dipukuli karena apa yang saya kenakan," katanya. Selama tiga hari ia ditahan di kantor polisi dan dipaksa berulang kali menulis pengakuan atas "kejahatannya" ini.

Dia juga dipaksa berdiri diam hingga lewat tengah malam tanpa diberi makanan. Dia mengatakan, seorang petugas polisi juga pernah mengancam akan memotong rambutnya di depan umum. Tiap kali ditahan ia mampu membayar uang suap kecil untuk bisa kembali bebas.

Namun, salah satu temannya tidak seberuntung dia dan tidak bisa membayar suap setelah ketahuan mengenakan pakaian yang dilarang, kata Park. Dia dijatuhi hukuman kerja paksa selama sebulan dan dipaksa membantu pembangunan jalan pegunungan.


Ideologi Kim

Greg Scarlatoiu, Direktur Eksekutif Komite Hak Asasi Manusia di Korea Utara, mengatakan kesesuaian sangat penting untuk melestarikan doktrin rezim.

"Gaya rambut dan pakaian yang tidak sesuai dengan spesifikasi rezim mencerminkan selera dan pilihan pribadi," ujar Scarlatoiu. "Ideologi rezim keluarga Kim berpusat pada konformitas dan bukan pada individualisme atau ekspresi individu," tambahnya.

Pada akhir 2020, sebuah undang-undang yang dirancang untuk menghapus "pemikiran dan budaya reaksioner" diberlakukan di Pyongyang. Lalu pada Juli 2021, berlaku undang-undang tentang pendidikan pemuda yang berusaha menghalangi kaum muda mengakses "budaya kapitalis."

"Rezim Kim Jong-un berusaha melarang program TV dan film asing diselundupkan ke negara itu karena itu semua bisa menantang monopoli informasi. Monopoli ini penting untuk menjaga agar rakyat Korea Utara tetap terindoktrinasi dan dapat ditundukkan," jelas Scarlatoiu.

Ia juga mengatakan bahwa lebih banyak warga yang dipenjara dan menjalani kerja paksa karena melanggar aturan rezim tentang penyimpangan dari norma sosialis.

Tetap yakin masa depan Korea Utara 'cerah'Rekaman satelit dan laporan dari dalam Korea Utara menunjukkan bahwa populasi penjara meningkat tajam dalam tiga bulan terakhir tahun 2021 dan tiga bulan pertama tahun 2022. Beberapa warga juga telah dihukum karena melanggar aturan karantina, meskipun rezim bersikeras bahwa tidak ada satu pun kasus virus corona yang terdeteksi di negara itu.

Namun, Park tetap optimistis tentang prospek tanah airnya. "Berbagai hal menjadi lebih baik di Korea Utara," ujar Park. "Milenial di sana sangat berbeda dari generasi orang tua mereka dan mereka tumbuh bergantung kepada pasar gelap, yang pada dasarnya adalah bentuk kapitalisme."

"Dan ketika orang melihat bisnis berjalan, keinginan untuk memiliki hal-hal lain akan meningkat. Itu sangat wajar," tambahnya.

"Sistem pasar membantu orang untuk melihat apa yang mungkin, mereka menonton televisi asing dan mereka menganalisis diri sendiri dan pemerintah mereka. Ini akan perlu waktu, tapi saya yakin masa depan cerah."

INFOGRAFIS: Deretan Prestasi Mendunia Artis Korea (Liputan6.com / Abdillah)

Berhati Malaikat, IU donasi Rp1,1 M

Berhati Malaikat, Penyanyi IU Berdonasi Rp1,1 Miliar di Hari Anak Korea Selatan

Liputan6.com 2022-05-06 14:14:51
Saat masih menjadi trainee, IU ditipu oleh sebuah agensi yang menjanjikannya untuk tampil di televisi. Uang yang ia kumpulkan dikit demi sedikit itu pun hilang begitu saja. (Foto: Soompi.com)

Sederet tokoh masyarakat berbondong-bondong memberikan donasi di Hari Anak Korea Selatan, salah satunya aktris sekaligus penyanyi, IU.

Tidak tanggung-tanggung, pemilik nama asli Lee Ji-eun tapi akrab dengan panggilan IU berdonasi sebesar 100 juta Won atau setara Rp1,1 miliar.

Menurut perwakilan EDAM Entertainment --- agensi yang menaungi IU --- artisnya pada Kamis, 5 Mei 2022, mendonasikan uang sebanyak itu kepada anak-anak dan remaja dari keluarga orangtua tunggal untuk merayakan 100 tahun Hari Anak Korea Selatan.

"Saya ingin berbagi cinta yang saya terima dari banyak orang dengan anak-anak. Jadi, saya mengirimkan hati saya ke tempat-tempat yang membutuhkan," kata IU seperti disampaikan pihak agensi kepada Newsis dikutip dari Naver pada Jumat, 6 Mei 2022.

Donasi Rp1,1 miliar diberikan kepada Green Umbrella Children's Foundation guna mendukung stabilitas kehidupan orangtua tunggal berpenghasilan rendah dan anak-anak, serta remaja dari kakek-nenek yang mengalami kesulitan ekonomi.

Diharapkan donasi yang diberikan IU dapat digunakan untuk mendukung biaya kuliah bagi mereka yang akan masuk perguruan tinggi.

Masih menurut pihak agensi, uang tersebut pun akan digunakan untuk mendukung lingkungan perumahan dan kebutuhan sehari-hari bagi anak-anak yang membutuhkan perawatan.

Situs Newsis menulis bahwa IU secara konsisten memberikan pengaruh yang baik. Sejak debut, IU membuat 'IU Anna' yang bersama para penggemarnya, Uae-na, telah terbiasa berbagi secara konsisten pada perayaan debutnya.

IU saat ini sedang memersiapkan perilisan film Broker yang rencananya tayang pada Minggu, 8 Juni 2022. Film ini juga dilombakan di Festival Film Internasional Cannes yang juga diadakan bulan ini.


Tidak Hanya IU, Kim Go Eun pun Berdonasi di Hari Anak Korea Selatan

IU sudah menjadi artis solo Korea paling sukses dalam sejarah K-Pop. Sejumlah penghargaan berhasil dia bawa pulang. Terbaru, dia memborong lima penghargaan dari Gaon Chart Music ke-11 pada Kamis, 27 Januari 2022.

Penghargaan yang diboyong IU adalah Lyricsist of The Year, Artist of Year (Musik Digital Bulanan), dan Record Production of The Year. Tentu saja, penghargaan tersebut hanya sebagian dari yang sudah diterimanya sejak debutnya sebagai musisi pada 2008.

Selain sukses di industri musik, IU juga sukses membintangi cukup banyak drama dan film populer. Bakat aktingnya pun tak main-main.

Dia mampu mengimbangi para aktris dan aktor yang lebih senior. Sebut salah satu dramanya yang sukses membuat penonton ikut hanyut terbawa karakternya sebagai seorang gadis muda bermasalah di My Mister. Tentu saja hal tersebut menjadikan IU sebagai salah satu selebriti Korea papan atas.


Kim Go Eun Juga Ikut Berdonasi di Hari Anak Korea Selatan

Tidak hanya IU, aktris 'Yumi's Cell' Kim Go-eun juga melakukan hal serupa. Go-eun berdonasi kepada anak-anak dari keluarga berpenghasilan rendah pada Hari Anak Korea.

Di tanggal yang sama, agensi Kim Go-eun, BH Entertainment merilis pernyataan bahwa artisnya menyumbang 50 juta won atau setara Rp569 juta ke Rumah Sakit Anak Universitas Nasional Seoul.

"Sumbangan Kim Go-eun yang sampaikan tahun ini dan tahun lalu diharapkan dapat digunakan secara bermakna untuk pengobatan anak-anak dari keluarga berpenghasilan rendah yang mengalami kesulitan ekonomi dalam mengobati penyakit kronis atau serius karena beban ekonomi," kata pihak agensi kepada Osen dikutip dari Naver.


IU dan Kim Go Eun Adalah Artis yang Terbiasa Berdonasi

Melalui BH Entertainment, Kim Go-eun, mengatakan,"Ketika saya menerima cerita bahwa itu digunakan dengan hati-hati untuk mengobati banyak anak dengan penyakit hati saya tersentuh.".

Kim Go-eun pun berjanji akan terus melihat sekeliling dengan cermat dan bekerja keras untuk membalas cinta yang telah saya terima dari banyak orang.

Kim Go-eun --- yang merayakan hari jadinya ke-10 pada tahun ini --- melakukan upaya luar biasa untuk menyebarkan budaya berbagi melalui berbagai kegiatan.

Tidak hanya mendukung kesehatan anak-anak dari rumah tangga yang tak mampu saja, Kim Go-eun juga berdonasi untuk korban COVID-19 dan kerusakan akibat kebakaran hutan yang terjadi baru-baru ini.

Hasil Utama KTT Korea Utara-Korea Selatan adalah Perang Korea Berakhir (Liputan6.com/Abdillah)

5 Artis Korea Rayakan Idulfitri di Indonesia

5 Selebriti Asal Korea Merayakan Idulfitri 1443 H, Ada yang Pose Bareng Siti Nurhaliza

Liputan6.com 2022-05-06 12:30:00
Daud Kim dan Song Bora, Mualaf asal Korea (Foto: Instagram/@jaehan9192/olaborasong)

Hari Raya Idulfitri 1443 H dirayakan umat Islam di seluruh dunia. Setelah menjalankan ibadah puasa Ramadan, para Muslim menyambut hari kemenangan dengan penuh sukacita. Tak hanya artis Indonesia, beberapa selebritas keturunan Korea juga kedapatan merayakan momen Hari Raya yang jatuh setiap tanggal 1 Syawal ini.

Meski tak banyak, beberapa artis Korea terlihat memberikan ucapan selamat Hari Raya Idulfitri melalui akun media sosial pribadi mereka. Tak hanya itu, beberapa mengunggah potret tempat mereka merayakan datangnya hari kemenangan.

Salah satu yang mengunggah momen perayaan Idulfitri adalah Manny, yang dikenal sebagai salah satu member boyband Varsity. Tak ketinggalan, selebgram Song Bora yang mengunggah foto dengan busana tertutup, duduk di atas sajadah.

Sementara Ayana Jihye Moon merayakan Idulfitri di Kuala Lumpur, Malaysia. Selebgram yang pernah membintangi sejumlah iklan di Indonesia ini mendapat undangan dari Siti Nurhaliza. Berikut 5 potret artis keturunan Korea yang merayakan Idulfitri, dirangkum Showbiz Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (6/5/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Ayana Jihye Moon

Wanita kelahiran 28 Desember 1995 ini cukup dikenal sebagai selebgram dan model. Ketertarikan pada budaya Timur Tengah, membuatnya tertarik belajar agama Islam hingga memutuskan jadi Mualaf. Wanita berhijab ini pun dipercaya jadi bintang iklan produk kosmetik dan minuman kemasan di Indonesia.

Ayana tahun ini merayakan Idulfitri di Kuala Lumpur, Malaysia. Tampak ia pose bareng Siti Nurhaliza dan sang menantu, Tya Arifin. "Terima kasih telah mengundangku Dato' Sri Siti Nurhaliza @ctdk dan Datin di hatiku @tyaarifinnw," tulis Ayana dalam bahasa Inggris.


Song Bora

Song Bora dikenal sebagai seorang selebgram yang tinggal di Korea Selatan. Ia memutuskan untuk menjadi Mualaf sejak tahun 2007. Beberapa sumber menyebut ia bekerja di Korea Islam Bussiness & Culture Centre.

Song Bora tahun ini mengunggah foto dirinya duduk di atas sajadah. "Eid Mubarak," tulisnya pada caption. Bora terlihat mengenakan masker, sementara kerudungnya dibentuk menyerupai rambut.


Daud Kim

Daud Kim adalah salah satu YouTuber Korea yang jadi Mualaf. Pria yang dulunya dikenal dengan nama Jay Kim mantap mengucap kalimat syahadat pada tahun 2019.

Hari Raya Idulfitri 1443 H dilalui Daud di Pakistan. Dalam Instagram Stories, tampak ia menikmati hidangan khas Pakistan untuk merayakan Idulfitri. Ia pun terlihat berpose di beberapa tempat di sana.


Manny

Manny dikenal sebagai anggota boyband Varsity. Boyband bentukan Global K-Center (Korea) dan In Hi Media Ltd (Tiongkok) ini telah bubar pada April 2020. Ketika Varsity masih aktif, Seungbo pernah berkata bahwa Manny tidak boleh makan daging babi.

Tahun ini, Manny tampak mengunggah foto bangunan yang diduga masjid di kampung halamannya.


Jay Kim

Jay Kim dikenal lewat kanal YouTube Kimbab Family yang telah memiliki lebih dari 2 juta pelanggan. Jay adalah pria Korea yang menikahi perempuan asal Bandung, Gina Selvina. Lewat kanal YouTube, pasangan ini kerap membagikan aktivitas mereka bersama tiga buah hatinya.

Lebaran kali ini, keluarga Kimbab kompak memakai busana warna putih. Mereka memberikan ucapan selamat Idulfitri dalam sebuah unggahan Instagram.


Infografis