UAS Ditolak Masuk Singapura

UAS Duga Ditolak Masuk Singapura Karena Dianggap Teroris

Liputan6.com 2022-05-17 12:29:49
Ustaz Abdul Somad memberi keterangan pers usai pertemuan di Kantor MUI, Jakarta, Rabu (21/8/2019). Ustaz Abdul Somad diundang MUI untuk klarifikasi atau tabayyun video ceramahnya yang viral k

Ustaz Abdul Somad alias UAS menceritakan dirinya pernah ditolak masuk Timur Leste pada tahun 2018. Saat itu UAS ke Timur Leste lantaran memenuhi undangan tabligh akbar.

"Dulu memang saya pernah tidak masuk ke Timur Leste, padahal sudah disusun acaranya tabligh akbar. Begitu sampai di airport tiba-tiba tak masuk, kawan saya masuk, rombongan masuk, mereka masuk, saya tak masuk," ujar UAS dalam akun youtube 'Hai Guys Official' dengan judul Viral!! Singapura Deportasi UAS dikutip Liputan6.com, Selasa (17/5/2022).

Lantaran hanya dirinya yang tak diperkenankan masuk ke wilayah Timur Leste, UAS kemudian bertanya kepada salah satu petugas Imigrasi Timur Leste. Saat itu UAS menerima informasi dirinya dicekal ke luar negeri lantaran dituduh sebagai teroris.

"Saya tanya lah saat itu, ada satu orang, orang imigrasinya, agak bisik-bisik, kenapa kalian tidak kasih saya masuk, ada baru informasi pak, informasi apa? Bapak teroris. Kenapa kalian baru kasih tahu sekarang, enggak dari kemaren? Informasinya baru masuk satu jam lalu," kata UAS mengulang percakapannya dengan petugas Imigrasi Timur Leste.

UAS menduga kejadian itu berkaitan dengan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

"Jadi mereka, Imigrasi Timur Leste itu dapat fax dari Jakarta, kami dapat kiriman bahwa bapak teroris, maka tak bisa masuk. Tapi waktu itu sebelum pilpres, jadi waktu itu memang, ya, maklum lah, mungkin kedatangan saya ke Timur Leste itu (ditakutkan) mempengaruhi suara, jadi waktu kan ada dua calon dikahwatirkan saya akan condong," kata UAS.


Khawatir File Belum Dihapus

UAS pun menduga kejadian dirinya tak diterima masuk ke Singapura pada, Senin 16 Mei 2022 kemaren berkaitan dengan kejadian di Timur Leste.

"Tapi itu dulu kan 2018, sekarang 2022, jadi saya khawatir Singapura, file lama itu masih belum dihapus, jadi kalau orang ini masuk jangan dikasih, jadi orang Singapura harus update," kata UAS.

Ustaz Abdul Somad atau yang kerap disapa UAS tak mengetahui alasan dirinya dideportasi dari Singapura. Menurut UAS, belum ada yang bisa menjelaskan terkait hal itu.

"Itulah yang mereka tak bisa menjelaskan, pegawai imigrasi tak bisa menjelaskan, jadi yang bisa menjelaskan mungkin Ambassador Singapura di Jakarta," ujar UAS.

Menurut UAS, dirinya membawa dokumen perjalanan ke luar negeri lengkap. Maka dari itu, dirinya merasa aneh dideportasi.

"Berkas lengkap semua, kartu (dokumen) untuk datang sampai masuk semua lengkap, enggak ada kurang satu apa pun," kata dia.


Tak Dapat Approval

Duta Besar (Dubes) Luar Biasa dan Berkuasa Penuh baru Indonesia untuk Singapura Suryopratomo menyebut Ustaz Abdul Somad alias UAS tidak dideportasi dari Singapura. Melainkan, UAS tak diizinkan masuk ke Negeri Singa.

"UAS tidak dideportasi. Tetapi tidak mendapatkan approval (persetujuan) untuk masuk Singapura," ujar Suryopratomo dalam keterangannya, Selasa (17/5/2022).

Menurut Suryopratomo, terkait dengan izin masuk sebuah wilayah bukan kewenangan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI). Menurut dia, keputusan tersebut merupakan kewenangan Pemerintah Singapura.

"Itu kewenangan Singapura, bukan KBRI," kata dia.

Infografis Ayo Jadikan 2022 Tahun Terakhir Indonesia dalam Masa Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)

Makam Dorce Gamalama Amblas

Makam Dorce Gamalama Amblas, Keluarga Disebut Tak Ziarah Lagi Sejak Sebelum Puasa

Liputan6.com 2022-05-17 14:00:52
Makam Dorce Gamalama Ambles, Keluarga Disebut Belum Ziarah Lagi Sejak Sebelum Puasa. (YouTube SCTV).

Kondisi makam Dorce Gamalama tampak agak mengkhawatirkan. Di beberapa sisi makam, tanahnya terlihat turun dan beberapa lainnya tampak retak-retak.

Kondisi makam tersebut bisa dilihat dari tayangan Status Selebritis yang diunggah pada Senin (16/5/2022). Menurut pengakuan Oci, salah seorang warga di sekitar makam, keluarga Dorce Gamalama sudah tidak mengunjungi makam sang presenter kondang itu.

Oci mengatakan bahwa pihak keluarga dan anak-anak Dorce kemungkinan terakhir datang sebelum bulan puasa yang lalu.

"Mungkin dari anak-anaknya, atau keluarga mungkin sebulan lalu (datang ke makam), lagi mau puasa," kata Oci.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Masalah Warisan

Sebelumnya, sempat heboh berita mengenai keluarga dan anak-anak angkat Dorce Gamalama yang mempermasalahkan harta warisan peninggalan Dorce. Bahkan sempat beredar wacana ingin membongkar makam untuk melakukan tes DNA.

Lantas apakah kondisi makam tersebut berkaitan dengan wacana keluarga yang ingin membongkar makam Dorce?


Karena Hujan

Terkait hal tersebut, Oci mengaku tidak tahu menahu. Namun, ia menduga bahwa penyebabnya adalah karena curah hujan yang cukup tinggi beberapa waktu lalu.

"Mungkin sejak kemarin hujan mungkin ya, kayakyna cukup parah juga. Nggak (dibongkar) lah. Kata siapa. Siapa yang bongkar? Enggak, itu mah (ambles) karena hujan," jelas Oci.


Prihatin

Terlepas dari itu, Oci merasa begitu prihatin dengan keadaan makam Dorce Gamalama. Ia berharap agar kedua belah pihak tidak terus menerus mempermasalahkan warisan apalagi jika harus menggali makam Dorce.

"Ya jangan sampai digali, mudah-mudahan keluarganya bisa bilangin ke petugasnya supaya bisa dibenerin lagi, itu aja," tutup Oci.

Infografis Ayo Jadikan 2022 Tahun Terakhir Indonesia dalam Masa Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)

Bantah Makan Duit Asuransi Vanessa

Puput Mantan Istri Doddy Sudrajat Ngaku Tak Ikut Makan Uang Asuransi Vanessa Angel

Liputan6.com 2022-05-17 14:30:00
Puput mantan istri Doddy Sudrajat. (Foto: Dok. Instagram @puput100ly)

Puput mantan istri Doddy Sudrajat tak terima dituding netizen +62 gugat cerai ayah Vanessa Angel karena uang asuransi almarhumah yang dikabarkan senilai 530 juta rupiah telah habis.

Kepada awak media, ia membantah ikut menikmati polis asuransi tersebut. Ini terungkap dalam video interviu yang diunggah di kanal YouTube Cumicumi pada Senin (16/5/2022).

Dugaan polis asuransi Vanessa Angel sebenarnya sudah cair mencuat setelah Haji Faisal mengaku kepada publik bahwa hingga kini ia tak pernah dikabari perihal asuransi Vanessa Angel.

Padahal, almarhumah meninggalkan seorang bayi laki-laki yakni Gala Sky Andriansyah. Sedikit banyak, ada hak Gala Sky yang kini yatim piatu dalam polis asuransi tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Penerimaan Asuransi

"Karena pada saat penerimaan asuransi itu, status aku kan masih jadi istrinya dan di luar sana banyak banget fitnahan yang menuduhkan aku gugat cerai dibilang karena asuransi uang itu sudah habislah, aku ikut makan (uang) itu," kata Puput.

"Aduh, itu fitnah banget. Aku lagi-lagi kena fitnah, kena fitnah, dan kena fitnah. Di sini aku hanya meluruskan, untuk uang tersebut nominalnya berapa, jujur aku enggak tahu nominal real-nya berapa aku enggak tahu jumlahnya," ia menyambung.


Aku Sedikit Tahu

Polis asuransi sudah cair dan Puput mengaku tahu apa yang dilakukan Doddy Sudrajat dengan uang tersebut. Puput enggan menikmati uang tersebut karena merasa seram.

"Kalau difungsikan untuk apa saja oleh pihak Pak D ini, aku sedikit tahu juga. Karena aku enggak pernah, mau banyak tanya juga. Karena jujur untuk diri aku sendiri itu aku seram dengan uang tersebut," aku Puput.


Anak Tinggalkan Balita

Uang itu milik orang yang telah meninggal. Di sisi lain, ada bayi yang jadi yatim piatu yang sejatinya berhak atas sebagian atau mungkin seluruhnya atas uang tersebut. Karenanya Puput memilih jaga jarak dengan uang tersebut.

"Apa pun yang terjadi ini uang dari anak yang sudah meninggal kemudian anak tersebut meninggalkan balita yang otomatis harus dari pihak keluarga masing-masing, dari pihak almarhum dan almarhumah untuk turut andil dan membesarkan, membiayai dan sebagainya," tutupnya.

Infografis Cinta Sehidup Semati Vanessa Angel - Bibi Andriansyah (Liputan6.com/Triyasni)

Siap-Siap Pindah dari Istana

Masa Jabatan Hampir Berakhir, Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Cicil Kemasi Barang dari Istana

Liputan6.com 2022-05-17 18:00:22
Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ibu Negara Irianaterbang ke Washington DC, Amerika Serikat, Selasa (10/5/2022). Jokowi akan menghadiri acara KTT Khusus ASEAN-AS. (Foto: Biro Pers Se

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi mulai mengemasi barang-barang miliknya dari kompleks istana seiring dengan semakin dekatnya akhir masa jabatan Presiden. Barang-barang tersebut selanjutnya dikirim ke kediamannya di Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo.

Wali Kota Solo yang juga putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka pun membenarkan terkait informasi tersebut. Menurutnya, Ibu Negara telah mencicil untuk mengemas barang-barangnya dari istana. Hal ini dilakukannya karena masa jabatan Presiden Jokowi akan segera berakhir.

"Iya, lha pye tho (bagaimana ya)? Lha nyat (memang) wis meh (sudah mau) rampung (masa jabatan presiden)," ucap Gibran Rakabuming Raka kepada wartawan yang menemuinya di Balai Kota Solo, Selasa (17/5/2022).


Presiden Jokowi Ikut Berkemas

Barang apa saja yang sudah dikemas oleh Ibu Negara, Gibran tidak mau menyebutkannya secara detail. Namun, dia memastikan bahwa jumlah barang tersebut cukup banyak sehingga perlu dicicil untuk pengirimannya ke rumah pribadi keluarga Presiden Jokowi di Solo.

"Rumahnya Solo ya dikirim mulih (pulang) ke Solo. Ya barang-barangnya itu sudah mulai dicicil dikirim pakai kurir," terang Gibran.

Lantas, ketika disinggung apakah barang-barang milik Presiden Jokowi juga sudah ikut dikemas, ia memastikan jika barang-barang Ibu Negara Iriana telah dikemas otomatis barang-barang milik Presiden Jokowi yang ada di istana juga turut dikemas. Barang-barang tersebut mulai dicicil dikirim ke Solo.

"Nek (kalau) ibu sudah ya barangnya bapak yo uwis (sudah). Nanti balik ke Sumber kan omahe kono (rumahnya Sumber)," kata dia.

Simak video pilihan berikut ini:

Medina Zein Dirawat di RSJ

Keluarga Beberkan Gejala Bipolar Medina Zein yang Kini Dirawat di RSJ

Liputan6.com 2022-05-17 11:30:00
Medina Zein mengaku mengidap gangguan bipolar. (Foto: Instagram @medinazein)

Di tengah kasus hukum yang sedang dihadapi, keluarga menyebut bahwa Medina Zein kini sedang menjalani perawatan di Rumah Sakit Jiwa di Bandung, Jawa Barat.

Istri Lukman Azhari ini diketahui memiliki penyakit bipolar. Yaitu ganguan mental yang ditandai dengan perubahan suasana hati yang drastis.

"Jadi keadaan Medina Susani atau Medina Zein sekarang lagi di rawat di Rumah Sakit Jiwa Pemerintah Daerah Provinisi Jawa Barat," ujar kakek Medina Zein, Pujho Nistianto, saat ditemui di kawasan Senayan, Jakarta Selatan, Senin (16/5/2022).

Pihak keluarga mengatakan bahwa Medina sudah mengidap bipolar sejak beberapa tahun silam. Dan baru-baru ini, keadaannya kian buruk.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Sejak 2016

Kondisi ini disebabkan karena sejumlah masalah yang dia hadapi. Termasuk kondisi pandemi Covid-19 yang memengaruhi bisnisnya.

"Dulu dia sering dikontrol dari tahun 2016 sudah sering kontrol, cuma sekarang ini parah-parahnya. Pas Covid perusahaan dia juga enggak bagus, dia banya pikiran. Mem-PHK 95 orang ya," kata pihak keluarga, Dea Anggraini, dikutip dari KH Infotainment.


Kambuh

Bipolarnya memang kerap kambuh jika Medina Zein menghadapi tekanan akibat masalah-masalah yang dia hadapi.

"Kalau bipolar kan penyakitnya spesial ya, dia itu kalau tidak mendapat suatu tekanan pasti biasa aja. Tapi kalau dia memendam suattu tekanan atau permasalahan itu tiba-tiba akan muncul," tutur Dea Anggraini.


Maaf

Pihak keluarga lalu minta maaf kepada pihak-pihak yang merasa dirugikan akibat kondisi Medina Zein saat ini. Keluarga menegaskan bahwa proses hukum tetap berjalan.

"Kalau proses hukum, kita kembalikan saja nanti prosesnya seperti apa. Karena kalau orang sudah melakukan sesuatu (kesalahan) dia harus bertanggung jawab dong," tuturnya.

Infografis Ciri-Ciri Orang Miliki Gangguan Kesehatan Mental. (Liputan6.com/Triyasni)

Dilaporkan Gara-Gara Meme Anies?

Ruhut Sitompul Dilaporkan ke Polda Diduga Terkait Meme Anies Baswedan

Liputan6.com 2022-05-12 14:07:32
Politukus Ruhut Sitompul usai menjenguk penyidik KPK, Novel Baswedan di Rumah Sakit Mitra Keluarga Kelapa Gading, Jakarta Utara, Selasa (11/4). Novel tengah menjalani perawatan intensif di Ru

Politisi PDIP, Ruhut Sitompul, dilaporkan ke Polda Metro Jata atas tuduhan rasialisme. Pelapornya adalah Panglima Komandan Patriot Revolusi (Kopatrev) Petrodes Mega MS Keliduan atau Mega.

Pelaporan ini diduga buntut dari unggahan meme Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memakai baju adat suku Dani, Papua di akun Twitter @ruhutsitompul.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan membenarkan adanya laporan pada Ruhut Sitompul.

"Iya ada-ada laporannya di kami," kata Zulpan saat dihubungi, Kamis (12/5/2022).

Zulpan menyampaikan, penyidik saat ini masih mempelajari laporan pada Ruhut Sitompul tersebut. Laporan ini ditangani Ditreskrimsus Polda Metro Jaya.

"Setiap laporan pasti kami pelajari telebih dahulu," ujar dia.


Laporan

Laporan teregister dengan Nomor LP: LP/B/2299/SPKT/Polda Metro Jaya, tertanggal 11 Mei 2022.

Ruhut Sitompul dipersangkakan dengan Pasal 28 ayat (2) juncto Pasal 45A ayat (2) UU RI Nomor 19 Tahun 2016 tentang perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi elektronik (ITE).

Infografis Jabatan Gubernur Anies Baswedan Berakhir di 2022. (Liputan6.com/Trieyasni)

Terlalu Kaya, Tak Tahu Jumlah Hartanya

Saking Banyaknya, Sheikh Khalifa Tak Tahu Jumlah Kekayaannya Sendiri

Liputan6.com 2022-05-17 12:28:58
Presiden Uni Emirat Arab Sheikh Khalifa bin Zayed meninggal dunia. Dok: twitter HH Sheikh Mohammed.

Pada tahun 2004, Sheikh Khalifa mengambil alih tahta UEA setelah kematian ayahnya. Dia adalah Presiden kedua UEA.

Berbicara tentang kekayaan bersih Sheikh Khalifa, dia adalah salah satu kaisar terkaya di dunia. Kekayaan bersihnya dianggap lebih dari $875 miliar. Demikian seperti dikutip dari laman News NCR, Selasa (17/5/2022).

Presiden Uni Emirat Arab, Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan, meninggal pada hari Jumat dalam usia 73 tahun. Berita ini diberikan oleh kantor berita UEA WAM.

Pada tahun 2019, Sheikh terpilih sebagai Presiden untuk masa jabatan lima tahun untuk keempat kalinya. 40 hari berkabung telah diamati di UEA atas kematian Sheikh Khalifa.

Menurut konstitusi UEA, sampai Dewan Federal memilih presiden baru, Sheikh Mohammed bin Rashid-al-Makhtoum, Wakil Presiden dan Perdana Menteri, akan memikul tanggung jawab Al Nahyan.

Sheikh Khalifa juga diakui atas perubahan radikal dan kemakmuran yang terjadi di UEA. Pada tahun 2004, Sheikh Khalifa mengambil alih tahta UEA setelah kematian ayahnya.

Dia adalah Presiden kedua UEA. Berbicara tentang kekayaan bersih Sheikh Khalifa, dia adalah salah satu kaisar terkaya di dunia. Kekayaan bersihnya dianggap lebih dari $875 miliar. Dikatakan tentang dia bahwa propertinya ada di seluruh dunia.

Ada banyak di antaranya, yang dibeli atas nama Syekh, tetapi Sultan bahkan belum pernah melihat properti itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Aset di London

Berbicara tentang kekayaan Sheikh Khalifa, dia termasuk di antara tuan tanah terkaya di London. Ada banyak gedung dan gedung di London, yang dibeli atas nama Syekh.

Menurut laporan The Guardian yang diterbitkan pada tahun 2020, ada kesepakatan rahasia sebesar 5,5 miliar pound real estat di London, di mana dokumen yang terkait dengan transaksi bisnis yang terkait dengan Sheikh terungkap.

Berbicara tentang properti di London, properti Sheikh hadir di kawasan termahal di sana. Area-area ini dianggap sebagai area dengan properti komersial dan residensial super prime. Harga satu blok yang ada di sini lebih dari 20 juta pound.

Selain itu, jika kita berbicara tentang penyewa yang menggunakan properti Syekh, maka menurut laporan jumlahnya sekitar 1000.

Juga terungkap dalam Panama Papers bagaimana beberapa lusin transaksi properti dilakukan di London atas nama Presiden Sheikh, yang berjumlah lebih dari 1,2 miliar pound.

Pada 2015, Sheikh telah menghabiskan 1 miliar untuk membeli lima properti di London. Nilai total properti di London lebih dari 5,5 miliar, sedangkan pendapatan sewa adalah 160 juta.


Pemilik Barel Cadangan Minyak

Menurut laporan Forbes, Sheikh menguasai 97,8 miliar barel cadangan minyak mentah. Ini adalah bagian terbesar dari kekayaannya.

Berbicara tentang nilai minyak mentah ini, itu lebih dari $ 830 miliar.

Menurut Forbes, kekayaan bersih keluarga Al Nahyan dikatakan lebih dari $150 miliar. Pada tahun 2018, Forbes menempatkannya di posisi ke-45 dalam daftar orang paling berkuasa di dunia.

Pencapaian Sheikh Khalifa yang disorot adalah di bidang ekonomi. Ia berupaya melakukan diversifikasi dari sektor minyak dan gas.Selama 40 hari ke depan, Uni Emirat Arab akan beeduka nasional. Bendera akan dikibarkan setengah tiang.

Pada periode berduka, sektor pemerintah dan dunia usaha dengan menyetop layanan selama 3 hari. Negara tetangga Oman dan Bahrain juga masuk periode duka selama 3 hari atas meninggalnya Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan.


Jokowi Sampaikan Dukacita untuk Almarhum Presiden Sheikh Khalifa

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Iriana beserta rombongan singgah di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA) saat bertolak dari Amerika Serikat ke Indonesia, demi menyampaikan duka cita atas wafatnya Yang Mulia Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan.

Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan meninggal dunia pada Jumat (13/5/2022). Diketahui, Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahya merupakan Presiden UEA yang wafat pada usia 73 tahun.

"Setelah menempuh penerbangan kurang lebih selama 14 jam dari Washington DC, Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana beserta rombongan tiba di Bandar Udara Internasional Abu Dhabi, UEA pada Minggu, 15 Mei 2022, sekitar pukul 15.50 waktu setempat," tulis siaran pers Kantor Sekretariat Presiden, seperti dikutip Minggu (15/5/2022) malam.

Kedatangan Jokowi disambut oleh Yang Mulia Mohamed bin Zayed, presiden pengganti Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahya. Jokowi kemudian menyampaikan rasa belasungkawanya. Jokowi mengatakan, Indonesia berduka atas berpulangnya Almarhum Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahya. Jokowi mendoakan agar almarhum mendapat tempat terbaik di sisi Allah SWT.

"Innalillahi wa innalillahi rajiun. Atas nama pemerintah, atas nama masyarakat Indonesia, saya menyampaikan ucapan duka cita yang mendalam atas wafatnya Yang Mulia Sheikh Khalifa dan semoga beliau diberikan tempat yang terbaik di sisi Allah SWT," ucap Jokowi usai Takziah.

Presiden Jokowi menilai, Sheikh Khalifa merupakan pemimpin besar, bukan hanya untuk PEA tetapi juga untuk kawasan dan dunia. Oleh sebab itu, berpulangnya almarhum sangat membuat kehilangan.

Infografis Ayo Jadikan 2022 Tahun Terakhir Indonesia dalam Masa Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)

Boleh Enggak Pakai Masker di Ruang Terbuka

Jokowi Bolehkan Masyarakat Lepas Masker Saat Beraktivitas di Ruang Terbuka

Liputan6.com 2022-05-17 17:30:07
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat Sidang Kabinet Pengarahan Presiden dan APBN 2022 di Istana Kepresidenan Jakarta pada Rabu, 17 November 2021. (Dok Sekretariat Kabinet RI)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mencabut kebijakan wajib masker kepada seluruh masyarakat di Indonesia. Jokowi mengatakan kebijakan ini diberlakukan karena kasus Covid-19 di Indonesia semakin terkendali.

"Dengan memperhatikan kondisi saat ini, di mana penanganan Covid di Indonesia yang semakin terkendali, maka perlu saya sampaikan bahwa pemerintah memutuskan melonggarkan kebijakan pemakaian masker," kata Jokowi saat jumpa pers daring, Selasa (17/5/2022).

Dia menjelaskan, kebijakan lepas masker hanya boleh dilakukan jika masyarakat sedang aktivitas di luar ruangan dan di area terbuka yang tidak padat orang.

"Boleh tidak memakai masker (saat masyarakat sedang aktivitas di luar ruangan dan di area terbuka yang tidak padat orang)," jelas Jokowi.

Kendati, sedang berada di ruang tertutup dan di transportasi publik, Jokowi tetap harus menggunakan masker.

"Namun untuk kegiatan di ruang tertutup dan transport publik tetap gunakan masker," Jokowi memungkasi.


Kasus Covid-19 di Indonesia

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 masih terus melaporkan adanya penambahan kasus positif, sembuh, dan eninggal dunia akibat virus Corona di Indonesia.

Per data hari ini, Senin (16/5/2022) kasus positif Covid-19 bertambah 182 orang.

Sehingga sampai kini total akumulatif ada 6.050.958 orang terkonfirmasi positif terinfeksi virus Corona yang menyebabkan Covid-19 di Indonesia.

Untuk kasus sembuh ada penambahan 263 orang pada hari ini. Total akumulatifnya di Indonesia terdapat 5.889.797 pasien berhasil sembuh dan dinyatakan negatif Covid-19 sampai saat ini.

Sementara itu kasus meninggal dunia pada hari ini bertambah 6 orang. Di Indonesia hingga kini total akumulatif ada 156.464 orang meninggal dunia akibat virus Corona yang menyebabkan Covid-19.

Data update pasien Covid-19 tersebut tercatat sejak Minggu 15 Mei 2022 pukul 12.00 WIB, hingga hari ini, Senin (16/5/2022) pada jam yang sama.


Membaik

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menjelaskan, meskipun adanya momen Lebaran, penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia tetap berjalan dengan baik dan terkendali. Terbukti, rawat inap secara nasional terus turun hingga 97 persen serta kematian turun hingga 98 persen.

"Hingga hari ini kondisi dan situasi pandemi Covid-19 dalam kondisi yang begitu baik. Bila dilihat secara nasional, sudah 25 hari berturut-turut kasus harian kita berada di bawah 1.000 dan hari berturut-turut kasus harian di bawah 500. Gambaran baik lainnya terlihat pada rawat inap secara nasional yang terus turun hingga 97 persen," ujar Luhut Binsar Pandjaitan dalam Konferensi Pers, Senin 9 Mei 2022.

Tingkat hunian tempat tidur rumah sakit juga sangat rendah hanya 2 persen dari keseluruhan bed yang tersedia. Selain itu kasus kematian juga turun hingga 98 persen yang disebabkan oleh varian Omicron dan positivity rate berada di bawah 0,7 persen.


Turun 99 Persen

"Berdasarkan data-data tersebut kami meyakini bahwa kondisi varian Omicron di Indonesia di tengah momen libur IdulFitri hingga saat ini masih terkendali," ujarnya.

Secara khusus untuk wilayah Jawa dan Bali, dirinya mengungkapkan bahwa perkembangan pandemi juga terus menunjukka tren penurunan yang sangat signifikan dalam semua aspek seperti kasus konfirmasi, rawat inap rumah sakit hingga tingkat kematian di hampir seluruh provinsi Jawa dan Bali. Seluruh Provinsi di Jawa Bali hingga hari ini mengalami penurunan kasus mencapai 99 persen dibandingkan puncak kasus Omicron beberapa waktu yang lalu.

"Seiring dengan semakin terkendalinya kasus Covid-19, langkah-langkah relaksasi PPKM akan terus dilakukan secara bertahap, bertingkat dan berlanjut," terang Luhut.

Infografis 6 Cara Aman Buang Masker Sekali Pakai. (Liputan6.com/Abdillah)

Golkar, PAN, PPP Koalisi, Capresnya?

HEADLINE: Golkar, PAN, dan PPP Bangun Koalisi, Genderang Pemilu 2024 Sudah Ditabuh?

Liputan6.com 2022-05-18 00:03:33
Ketum Golkar Airlangga Hartarto, Ketum PAN Zulkifli Hasan atau Zulhas, dan Ketum PPP Suharso Monoarfa saling bertemu. (Foto: Ahda Bayhaqi/Merdeka.com).

Selang 3 hari setelah Presiden Joko Widodo atau Jokowi mewanti-wanti jajaran menterinya untuk bekerja fokus lantaran akan segera mulai Pemilu 2024, dua menterinya Airlangga Hartarto dan Suharso Monoarfa bertemu dengan Zulkifli Hasan membahas politik.

Para menteri yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Parpol Golkar, PPP, dan PAN itu sepakat membentuk koalisi yang dinamakan Koalisi Indonesia Bersatu, yang menghangatkan politik Indonesia.

Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno mengatakan, koalisi ini dibentuk untuk membuat budaya politik baru, bahwa kerja sama partai itu didasarkan oleh sebuah pertimbangan yang matang, kemudian persiapan yang panjang, serta tidak ujug-ujug begitu saja terjadi menjelang perhelatan Pemilu 2024, yang membuat terkesan tergesa-gesa dan pragmatis.

"Oleh karena itu kita ingin ada pembahasan dengan partai-partai yang memiliki kecocokan visi dan memiliki kecocokan persepsi. Sehingga kita kemudian bertemu dengan Golkar dan PPP setelah beberapa kali pertemuan, para ketua umum ini sepakat agar kita menyampaikan kepada publik (tentang) Koalisi Indonesia Bersatu, dengan tujuan kita bisa membangun gagasan, membangun program, ide, membangun konsep untuk nanti kita melaksanakan pesta demokrasi 2024," kata dia kepada Liputan6.com, Selasa (17/5/2022).

Menurut Eddy, dengan menghadirkan Koalisi Indonesia Bersatu ini maka pihaknya berupaya untuk Pemilu 2024 tidak lagi menjajakan politik identitas, tetapi lebih ke arah politik gagasan. Dia menyadari, bahwa saat ini pihaknya masih membicarakan isu secara umum, misalnya mahal minyak goreng, harga pangan dan BBM yang naik.

"Memang saat ini kita berbicara tentang hal-hal yang sifatnya umum dan belum ada hal yang bersifat konklusif, apalagi membicarakan capres-cawapres dari koalisi belum dibicarakan. Nanti akan ada pembicaraannya secara bertahap, nanti akan di sana," ungkap dia.

Eddy memastikan, partai-partai Koalisi Indonesia Bersatu solid dan tak akan teriming-iming untuk ketarik partai lain.

"Kita solid dan tidak terganggu iming-iming parpol lain, karena memang komitmen diantara ketiga ketua umum ini sudah sangat kuat. Bahwa kita akan menjalin kerja sama sampai dengan tahun 2024 bahkan melampaui Pilpres. Karena kerja sama ini akan di bawah ke ranah Pilkada 2024," kata dia.

Saat disinggung nama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang salah satunya akan dibawa Koalisi Indonesia Bersatu, dia hanya berharap yang bersangkutan bisa dan mau menjadi kader PAN dalam waktu dekat.

"Kami sudah berbicara panjang lebar dengan Kang Emil, hubungan Kang Emil dengan PAN juga sudah dekat. kami berharap Kang Emil suatu hari, dalam waktu dekat mudah-mudahan mau mengenakan jas biru PAN, menjadi kader PAN. Dan ini membuat kita semangat menghadapi konstentasi ke depannya," kata Eddy.

Setali tiga uang, Sekjen PPP Arwani Thomafi juga menyebut bahwa baik dalam waktu jauh maupun dekat, koalisi niscaya akan dibentuk. Karena itu, pihaknya mengambil inisiatif bersama dua partai lainnya untuk membangun dan membentuk koalisi terlebih dahulu.

Karena itu, terkait Capres dan Cawapres pihaknya juga menyadari ini juga akan dibicarakan. Namun, dalam waktu dekat masih belum ada ke arah sana.

"Pasti ada hal-hal lain yang masih menunggu. Siapa yang akan diusung, lalu bagaimana strategi pemenangannnya, dan lain yang bersifat teknis dan masih belum sampai di sana," kata Arwani kepada Liputan6.com, Selasa (17/5/2022).

Dia pun menampik, bahwa Koalisi Indonesia Bersatu ini mengunci partai lain untuk membangun koalisi. Justru menurut dia, jika ini ibarat rumah, sampai sekarang masih terbuka. Dan membuat pilihan lain bagi masyarakat di kontestasi Pilpres 2024.

"Rumah-rumah ini akan menjadi bagian yang penting dalam kontestasi Pemilu 2024. Jadi, semakin banyak rumah akan semakin bagus, akan semakin banyak calon. Salah satu juga yang ingin kita dorong juga adalah, bagaimana kontestasi itu diikuti oleh tiga pasangan atau lebih, memberikan pilihan yang lebih banyak bagi rakyat," ungkap Arwani.

"Kita ingin mengusung tema Pemilu itu benar-benar dibungkus untuk menjaga persatuan. Pemilu itu betul-betul menjadi sarana untuk kita mengimplementasikan sila ketiga Pancasila, Persatuan Indonesia. Jangan justru Pemilu menjadi kesempatan terbukanya celah perpecahan diantara kita," sambungnya.

Dia pun menegaskan, dengan menghadirkan Capres-Cawapres 2024 lebih dari dua pasang, sama saja menghendaki keinginan banyak masyarakat luas yang menginginkan adanya banyak pilihan.

Arwani pun menyinggung soal kesolidan Koalisi Indonesia Bersatu, yang menurutnya tak perlu diragukan lagi.

"PPP juga Golkar sudah punya pengalaman kesejarahan yang panjang di dalam Pemilu. Begitu juga dengan PAN, kita juga sudah sering berkoalisi. Jadi satu yang menyolidkan kita adalah kita ingin komitmen mengusung tema persatuan, memperkuat agenda bagaimana menjadikan Pemilu sebagai ajang memupuk semangat persatuan kita," kata dia.

<p>Infografis Golkar, PAN dan PPP Bentuk Koalisi Indonesia Bersatu. (Liputan6.com/Trieyasni)</p>

Koalisi Serius

Sementara, Sekretaris Jenderal Partai Golkar Lodewijk F Paulus menegaskan, Golkar bersama PAN dan PPP serius membentuk Koalisi Indonesia Bersatu untuk menghadapi Pemilu 2024.

Meski belum mengumumkan kandidat calon presiden dan calon wakil presiden, koalisi ini sudah tahap awal menyamakan visi misi

"Namanya ketum bertiga sudah ketemu masa enggak serius," ujar Lodewijk di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (17/6/2022).

"Baru tahapan awal, lalu tahapan berikutnya kita akan rencanakan lagi suatu pertemuan, halalbihalal mungkin setelah itu ada peningkatan dari kualitas pembicaraan. Kita tunggu aja," sambungnya.

Lodewijk memastikan masih terbuka bagi partai lain yang ingin bergabung dengan koalisi. Ia berharap ada partai lain yang tertarik.

"Ini kan baru yang tiga bersatu kan baru tahapan awal, kita harapkan semua akan ada partai-partai lain yang tentunya akan bergabung dengan koalisi bersatu ini," ujarnya.

Lodewijk menegaskan, tidak ada kaitan pembentukan koalisi dengan isu Munaslub yang menggoyang posisi Airlangga di internal Golkar. Koalisi ini terbentuk hasil silahturahmi Airlangga dengan partai-partai.

"Bukan itu masalahnya. Internal Golkar tidak ada, saya sekjen lho. Kalau dibilang Airlangga ada munaslub munaslub, itu ga ada. Gak ada itu," kata dia.

Sementara, Partai Golkar berkukuh mendorong Ketua Umum Airlangga Hartarto sebagai calon presiden sebagai tokoh yang akan diusung koalisi bersama PAN dan PPP. Namun, hal ini belum didiskusikan Golkar bersama PAN dan PPP.

"Dari Golkar pasti capresnya Pak Airlangga, tapi kesepakatan dari itu belum kita bahas," kata Ketua DPP Golkar Dave Laksono di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (16/5/2022).

Golkar juga tak mengunci Airlangga sebagai calon presiden. Namun, saat satu meja membahas calon presiden dan calon presiden, Golkar mengajukan Airlangga. Soal siapa yang akan diusung tergantung keputusan bersama.

"Ya pasti kami pintanya pak airlangga, tapi nanti pas di ujungnya gimana ya kita baru bisa putuskan lah. Tapi yang pasti itu Golkar ialah pak Airlangga jadi capres," tegas Dave.

Saat ini, Golkar, PPP dan PAN masih fokus untuk menyamakan visi misi. Serta membangun komunikasi para pengurus partai di tingkat pusat dan daerah.


Tak Ingin Ada Dua Calon

Direktur Eksekutif Kelompok Kajian dan Diskusi Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI), Kunto Adi Wibowo mengapresiasi tiga partai tersebut untuk membentuk Koalisi Indonesia Bersatu. Dia menuturkan, ada pesan yang memang ingin disampaikan tiga partai tersebut.

"Golkar, PAN, dan PPP ingin punya capres lebih dari 2 yang bertarung di 2024. Dengan mereka membuat koalisi ini yang ditangkap oleh partai lain, ini tiga ini, atau paling tidak Pilpresnya harus dua putaran ini. Ini yang ingin disampaikan tiga partai ini," kata Kunto kepada Liputan6.com, Selasa (17/5/2022).

Dia menyadari, bahwa bukan hanya tiga calon atau tiga koalisi yang bisa terbentuk di Pemilu 2024. Bisa saja ada empat calon yang maju diajang Pilpres 2024.

"Empat calon bisa kalau PDIP mau maju sendiri. Kalau PDIP sendirian, maka hitungannya Gerindra mungkin bersama PKB, atau Gerindra atau sama dengan Demokrat. Terus kemudian NasDem, PKS dengan PKB atau Demokrat. Dengan demikian menghindari polarisasi politik yang berlebihan. Kita enggak tahu sejauh mana, kalau sampai dua putaran, maka ada kemungkinan yang elektabiltasnya tidak moncer hari ini, bisa bermain di putaran kedua," ungkap Kunto.

Bukan hanya itu saja, dia juga melihat ada keuntungan sendiri dengan mendeklarasikan lebih dahulu, karena masa kampanye Pilpres 2024 lebih sebentar. "Masa kampanye sekarang ini mungkin 90 hari bahkan DPR minta 75 hari kemarin," kata Kunto.

Dia juga menyebut, dengan kehadiran koalisi ini semakin menempatkan bahwa PDIP tidak akan dibiarkan dengan mudah untuk memenangkan kontestasi di Pemilu 2024, mengingat sudah dua kali berturut-turut menjadi pemenang Pemilu 2024.

"PDIP sebagai partai terkuat, maka akan menjadi target bersama dan sudah pasti. Pasti partai lain mencari kesempatan mumpung ini Pak Jokowi sudah selesai, jadi tak mungkin ada petahana, dan kompetisi menjadi equal," kata Kunto.

Peneliti Pusat Riset Politik Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Aisah Putri Budiatri memandang, koalisi yang muncul dalam konteks Pemilu 2024 menunjukan ada pesan tentang peluang munculnya capres di luar nama yang digadang-gadang dari hasil survei.

"Kecenderungan selama ini kan nampak bahwa yang populer adalah nama-nama di luar calon dari kader Golkar, PAN dan PPP, sehingga dengan munculnya koalisi ini memungkinkan ketiga partai ini mengusung nama internal dari koalisi mereka sendiri, yang tidak serta merta mengikuti arus calon populer di mata publik," kata Putri kepada Liputan6.com, Selasa (17/5/2022).

Koalisi ini juga menunjukan, lanjut dia, bahwa Golkar, PPP dan PAN mencoba untuk berstrategi politik sejak dini menjelang Pemilu 2024. Hal yang tidak populer dilakukan partai saat Pemilu, tetapi bisa jadi menjadi langkah penting bagi ketiga partai untuk menentukan strategi mereka ke depan.

"Dari koalisi dini ini, mereka menguji respon publik dan respon politik (misal dari partai politik lain), memetakan calon potensial trutama untuk cawapres yang diterima semua partai koalisi dan publik, menyiapkan strategi untuk menguatkan persiapan modal sosial dan finansial menuju Pemilu, dan lainnya.

"Namun saya kira, koalisi ini bisa saja berubah di tengah jalan menuju 2024 nantinya, karena peta politik ke depan dan peluang kemenangan dalam Pemilu masih dapat berubah dalam satu tahun ke depan, setidaknya sampai pendaftaran calon di KPU," kata Putri.

"Hal ini sesungguhnya menjadi tantangan bagi ketiga partai karena akan menjadi perhatian dan mengundang penilaian dari publik juga tentang keseriusan koalisi ini. Semoga koalisi ini kemudian mendasarkan bangunan koalisinya dari kesamaan visi-misi dan program jangka panjang sebagai fondasi memilih calon, tidak sekedar untuk menang Pemilu dan secara pragmatis memilih peluang karena popularitasnya," sambungnya.


Suara Parpol Lain

Ketua DPP PDI Perjuangan Andreas Pareira menilai keberadaan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bisa jadi tanda KIB adalah calon lawan politik PDIP di Pilpres 2024. Namun, dia menyebut saat ini semua kemungkinan masih terbuka, termasuk kemungkinan PDIP menjadi musuh bersama atau lawan politik KIB.

"Semuanya masih terbuka, belum ada yang pasti," kata Andreas saat dikonfirmasi, Selasa (17/5/2022).

Andrean menilai KIB masih dalam tahap pendekatan antar parpol saja, mengingat kata koalisi dapat digunakan apabila sudah jelas siapa capres dan cawapresnya. "Ini baru pada tahap penjajagan, manuver, untuk mungkin akan bekoalisi. Karena kalau dibilang koalisi, koalisi untuk apa? Karena kalau pileg pasti kompetisi, untuk pilpres belum keliatan siapa capres, siapa cawapres-nya," kata dia.

Andreas menyebut adanya KIB juga tidak serta-merta membuat peluang PDIP berkoalisi dengan Gerindra semakin besar. "Saat ini tidak ada yang berkoalisi," ujar dia.

Andreas mengingatakan, dengan atau tanpa koalisi, PDIP tidak akan kesulitan mengusung capres-cawapres, mengingat PDIP adalah satu-satunya partai yang bisa mengusung partai sendiri. "Tak ada kesulitan (PDIP usung calon) kenapa sulit? Kalau lihat dari peta politik yang ada, justru yang nampak kesulitan malah yang disana, bukan PDI Perjuangan," kata dia.

Sementara itu, Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat melihat keberadaan KIB tidak dapat diartinya PDIP menjadi musuh bersama. "Saya tidak melihat itu (PDIP musuh bersama)," kata Djarot.

"Masih jauh pemilu, silakan saja yang mau koalisi. PDIP masih banyak yang harus dikerjakan kan kita masih pemulihan ekonomi membantu rakyat, masih konsolidasi," sambungnya.

Senada, Wakil Sekjen NasDem Hermawi Taslim menyebut, semua penjajakan dan dinamika yg terjadi harus disambut gembira sebagai bagian dari dinamisasi kehidupan politik yang semakin cair dan terbuka.

"Keadaan ini sangat menggembirakan dan Nasdem menyambut keadaan ini dengar sangat antusias. Siapa berkoalisi dengan siapa hingga saat ini menurut kami masih cair, belum ada yang pasti, semua mungkin. Nasdem tidak merasa terkunci oleh keadaan apapun. Nasdem terus membangun komunikasi yang produktif dengan semua partai. Semua masih terbuka," ungkap Hermawi kepada Liputan6.com, Selasa (17/5/2022).

Tahapan penting dalam proses kristalisasi sikap Nasdem, lanjut dia, nanti akan ditentukan pada acara rapat kerja nasional (Rakernas) 15-17 Juni 2022 di JHCC - Jakarta yang diikuti oleh 7.500 fungsionaris mulai dari tingkat kabupaten/kota sampai pusat plus 1.862 anggota DPR dan DPRD.

"Pada forum rakernas itu DPW akan mengemukakan 3-5 nama calon presiden yang diusulkan, setelah itu panitia pengarah akan merumuskan menjadi sebuah usulan aspirasi yang diserahkan kepada ketua umum Surya Paloh (SP). Kepada SP diberi mandat untuk melanjutkan komunikasi dengan partai-parttai untuk mencari mitra koalisi, dan pada saat yang tepat mengumumkannya bersama mitra koalisi. Jadi intinya Nasdem menyambut proses pilpres dengan antusiasme yang tinggi dan optimis dapat memainkan peran yang positif baru kehidupan politik bangsa," kata dia.

Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani juga melihat, pihaknya memiliki kesamaan pandangan dan komitmen dengan koalisi ini, antara lain untuk menghindari pembelahan pada 2024 nanti agar tak hanya terbentuk dua poros koalisi atau pasang calon yang bisa kembali memicu dan melanggengkan pembelahan di masyarakat seperti pengalaman pemilu sebelumnya.

"Ini selalu ditegaskan Mas Ketum AHY pada berbagai kesempatan," kata dia.

Dinamika politik dan konfigurasi politik menuju 2024 masih panjang dan cair, tentunya segala sesuatunya masih mungkin terjadi, termasuk perubahan konfigurasi politik.

"Apalagi sering terjadi dalam politik, keputusan final itu ditetapkan pada menit-menit terakhir. Partai Demokrat sendiri sebagaimana disampaikan Mas Ketum AHY, baru akan mulai mengkristal arah politiknya pada akhir tahun 2022 atau awal tahun 2023 nanti," jelas Kamhar.

Menurutnya, Partai Demokrat tak memiliki kendala dan beban untuk membangun kerjasama politik dengan partai manapun. Ikhtiar dan komunikasi politik lintas partai terus dilakukan.

"Mengingat segala kemungkinan masih bisa terjadi, fokus Partai Demokrat saat ini masih pada pemantapan dan penguatan struktur partai untuk menjadi mesin politik yang efektif. Sehingga jika saatnya nanti tiba, segala sesuatunya benar-benar siap dan berfungsi optimal," kata dia.

"Partai Demokrat mempersiapkan diri dengan berbagai skenario, termasuk skenario untuk bergabung dengan poros koalisi ini atau membentuk poros koalisi baru. Termasuk juga skenario Anies-AHY. Ini semua menjadi opsi-opsi yang butuh penjajakan dan pendalaman lebih jauh. Butuh kalkulasi yang matang agar bisa mendapatkan tiket dan memenangkan kontestasi untuk mewujudkan harapan rakyat," sambungnya.

Senada, Wasekjen PKS Ahmad Fathul Bari, juga tak merasa terkunci dengan koalisi ini. Menurutnya, ini masih cair.

"Masih cair bahkan sampai ke detik-detik menjelang Pilpres. Kepastiannya baru kita dapatkan ketika sudah mendaftar di KPU. Tapi tentu beberapa waktu ke depan akan semakin intensif komunikasi lintas parpol untuk lebih mematangkan kerjasama lalu menentukan nama," kata dia.

PKS, kata Fathur sebagai partai yang mengandalkan sistem organisasi dan kaderisasi, tentu akan sangat mendengarkan suara anggota, simpatisan, konstituen, dan masyarakat umum.

"Sekalipun memungkinkan, pengambilan keputusannya tentu akan sangat mempertimbangkan suara tersebut; yang bisa jadi memiliki catatan, evaluasi, dan penilaian terhadap hal tersebut," kata dia.

<p>Infografis Ragam Komentar Pembentukan Koalisi Indonesia Bersatu. (Liputan6.com/Trieyasni)</p>

Kolaborasi Raffi Ahmad-Bobby Nasution

Raffi Ahmad dan Bobby Nasution Kolaborasi, Sulap Medan Zoo Jadi Lokasi Wisata Terbaik

Liputan6.com 2022-05-17 21:49:30
Raffi Ahmad mengunjungi Medan Zoo di Jalan Bunga Rampai, Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut) (Istimewa)

Raffi Ahmad mengunjungi Medan Zoo di Jalan Bunga Rampai, Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut). Kedatangan Raffi Ahmad ditemani Wali Kota Medan, Bobby Nasution, Selasa (17/5/2022).

Aktris sekaligus pemilik Rans Entertainment mengunjungi Medan Zoo untuk melihat kondisi dan situasi lahan yang memiliki luas sekitar 30 hektare tersebut. Juga terkait rencana kerja sama pembenahan dan pengembangan Medan Zoo.

Begitu tiba di Medan Zoo, Raffi Ahmad langsung diulosi Bobby Nasution sebagai ucapan selamat datang di Ibu Kota Provinsi Sumut. Raffi Ahmad turut membawa sang sepupunya, Alshad Ahmad.

Bobby Nasution mengajak Raffi Ahmad untuk berkeliling melihat lokasi-lokasi strategis di Medan Zoo. Direncanakan dibangun dengan konsep education, conservation, outbound, serta resort.

"Atas nama Pemko Medan, masyarakat, kami mengucapkan terima kasih kepada Rans Entertainment, terutama Bang Raffi dan tim YANG sudah meluangkan waktu berkunjung," kata Bobby Nasution.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Hadirkan Fasilitas Bagi Masyarakat

Setelah berkeliling, Bobby Nasution dan Raffi Ahmad menyaksikan ekspose konsep penataan Medan Zoo yang disampaikan Dirut PUD Pembangunan Kota Medan.

Bobby Nasution mengatakan, yang dilakukan hari ini bertujuan memberikan dan menghadirkan fasilitas bagi masyarakat menikmati keindahan alam Kota Medan lewat Medan Zoo.

"Medan Zoo sudah sejak lama menjadi satu dari sekian potensi besar yang ada di Kota Medan untuk dikembangkan," sebutnya.

Bobby Nasution juga menyampaikan, Medan Zoo selalu dan kerap diperkenalkan kepada masyakat, terutama investor yang ingin melakukan investasi di Kota Medan.

"Alhamdulillah, Bang Raffi menyahuti apa yang kami suarakan. Apabila beberapa segmen ataupun sektor bisa kita kolaborasikan, akan menjadi dan membuka peluang sangat luar biasa sekali," ucapnya.


Berbagai Sistem Kerja Sama

Diterangkan Bobby, kerja sama Pemko Medan dengan Rans Entertainment dilakukan melalui berbagai sistem, yaitu Build Operate Transfer (BOT) dan KSO. Medan Zoo nantinya diharapkan benar-benar bisa dinikmati masyarakat sebagai lokasi wisata keluarga.

"Dipilihnya Medan Zoo sebagai salah satu titik Bang Raffi berinvestasi, mudah-mudahan bisa menjadikan Medan Zoo lebih baik dan jadi lokasi wisata representatif," sebutnya.

Di sela-sela peninjauan, Raffi Ahmad menyampaikan rasa kagumnya melihat lokasi Medan Zoo yang sangat luas dan dikeliling banyak tumbuhan, sehingga memberi kesan asri.

"Antusiasme masyarakat yang sangat tinggi, semakin semangat untuk berkontribusi membenahi Medan Zoo," ungkapnya.


Alasan Raffi Ahmad Investasi di Medan

Raffi Ahmad mengaku tertarik berinvestasi di Kota Medan karena Medan adalah kota terbesar ketiga di Indonesia. Raffi juga senang melihat gerak cepat Bobby Nasution sebagai seorang Wali Kota yang berjiwa muda.

"Terima kasih untuk Mas Bobby, niat kolaborasi kita disambut baik," ujarnya.

Raffi juga mengaku ingin bergerak cepat dalam pembenahan Medan Zoo. Sebagai langkah awal, di akhir tahun nanti akan dihadirkan wahana salju buatan.

"Kita lakukan secara bertahap. Kurang lebih dua tahun bisa kita renovasi dan remajakan sehingga jadi lokasi wisata yang keren dan mengundang banyak pengunjung," terangnya.

Pada tahun depan, diupayakan untuk menghadirkan aneka satwa. "Kita semangat karena masyarakatnya juga antusias dan semangat. Mohon doanya, ya," pungkasnya.


Saksikan Video Menarik Berikut ini: