Volume 281

Pelesir kok Pakai Ambulans!

Polisi Sita Ambulans yang Terobos One Way dan Bawa Rombongan Wisatawan ke Puncak

Liputan6.com 2022-05-07 18:28:01
Satu unit mobil ambulans ditilang polisi di Jalan Raya Puncak, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (7/5/22) (Liputan6.com/Achmad Sudarno)

Satu unit mobil ambulans ditilang polisi di Jalan Raya Puncak, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (7/5/22) siang. Ambulans asal Jakarta ini dilakukan ditindak karena menerobos one way dan membawa rombongan wisatawan.

Penindakan mobil ambulans bermula saat petugas sedang melakukan pengawalan one way dari arah Puncak menuju Jakarta di kawasan Cipayung. Satu unit ambulans melaju melawan arus one way dari arah Jakarta menuju Puncak.

Karena curiga, petugas kepolisian kemudian memberhentikan dan memeriksa dalam mobil ambulans tersebut.

"Ternyata saat diperiksa di dalamnya berisi orang mau berlibur sehingga kami bawa ambulans tersebut ke Pos Pam Gadog," ungkap Kapolres Bogor, AKBP Iman Imanudin.

Polisi kemudian memeriksa surat-surat kendaraan jenis Daihatsu Grand Max ini dan diketahui pajaknya mati dari tahun 2014. Penggunaan rotator pun tidak sesuai, yakni berwarna merah dan biru.

"Kami cek nomor polisi (nopol) ternyata sudah lama tidak diperbaharui," kata Iman.


Tak Ada Alat Medis

Tak hanya itu, polisi juga tidak menemukan adanya alat medis seperti tabung oksigen, tandu dan lainnya di dalam mobil ambulans tersebut. Polisi hanya menemukan tiga wanita, dua anak kecil, dua lelaki, dua remaja, sound sistem, dan karpet.

Atas perbuatannya polisi melakukan penilangan dan menahan mobil ambulans tersebut.

"Untuk barang bukti ditahan. Mobil boleh diambil kembali setelah dia membayar pajak dengan menyertakan BPKB baru," kata Kanit Regident Satlantas Polres Bogor, Iptu Danny.


Sopir Mengelak

Sementara itu, sang sopir mobil bulanan berinisial MA mengelak jika telah menerobos one way.

"Saya enggak nerobos, saya dibukain jalan di depan sana, saya pikir aman, saya dibukain lalu saya masuk, saya pikir bisa kali," kata dia.

Namun MA mengakui jika ia membawa rombongan keluarga dari Cipayung, Kecamatan Ciracas, Kota Jakarta Timur untuk berwisata di Puncak, Kabupaten Bogor.

"Saya baru pertama kali bawa mobil ambulans," pungkasnya.

Infografis Aturan Perjalanan Mudik Lebaran 2022 dari Satgas Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)

Jangan Buru-Buru Balik dari Kampung

Awas Macet! Pemudik Diimbau Tunda Balik Mudik Setelah 8 Mei 2022

Liputan6.com 2022-05-08 14:00:43
Foto udara memeperlihatkan kendaraan pemudik terjebak kemacetan ketika hendak memasuki Gerbang Tol Cikampek Utama, Jawa Barat, Sabtu (30/4/2022). Pada H-2 Lebaran ini, sejumlah rekayasa la

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengimbu para pemudik yang belum kembali dari kampung halaman usai mudik Lebaran 2022 untuk menunda kepulangan pada hari ini.

Pasalnya, hingga hari ini, Sabtu (7/5), atau H+4, sekitar 60 persen pengguna kendaraan baik yang menyeberang dari Sumatera menuju ke Jawa maupun melalui jalur tol Semarang ke Jakarta masih belum kembali pada arus balik Lebaran 2022.

Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati menyatakan, penundangan kepulangan para pemudik ini guna menghindari kepadatan arus balik Lebaran 2022.

"Agar tidak terjadi kepadatan dan perjalanan lebih nyaman, kami mengimbau masyarakat untuk menunda kepulangannya setelah 8 Mei 2022," kata Adita Irawati, dikutip Minggu (8/5/2022).

Sementara, berdasarkan data sementara yang dihimpun dari Posko Angkutan Lebaran Terpadu tahun 2022, jumlah pergerakan penumpang angkutan umum pada masa arus balik mulai dari Rabu (4/5)/H+1 s.d Jumat (6/5)/H+3 kemarin, trennya terus meningkat.

Pemantauan pergerakan penumpang mudik pada tahun ini dilakukan di 111 terminal bus, 16 pelabuhan penyeberangan, 50 bandar udara, 110 pelabuhan laut, dan 13 Daop/ Divre.

"Pergerakan penumpang angkutan angkutan umum di semua moda pada H+3 kemarin tercatat sebanyak 927.244 penumpang. Jumlah ini terus meningkat jika dibandingkan dengan H+2 sebanyak 919.404 penumpang dan H+1 sebanyak 814.900 penumpang," ucap Adita Irawati.

Secara rinci, data jumlah pergerakan penumpang di semua moda angkutan per harinya, mulai dari hari Senin (25/4)/H-7 hingga Jumat (6/5)/H+3 kemarin, yakni: Pada H-7 sebanyak 527.987 penumpang, H-6 sebanyak 571.119 penumpang, H-5 sebanyak 686.181 penumpang, H-4 sebanyak 846.440 penumpang.

Kemudian, H-3 sebanyak 934.719 penumpang, H-2 sebanyak 955.272 penumpang (puncak tertinggi), H-1 sebanyak 687.665 penumpang, hari pertama lebaran sebanyak 539.380 penumpang, hari kedua lebaran sebanyak 698.798 penumpang, H+1 sebanyak 814.900 penumpang, H+2 sebanyak 919.404 penumpang, dan H+3 kemarin sebanyak 927.244 penumpang.

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini


Menhub Budi Karya Imbau Masyarakat Tunda Balik Mudik setelah 8 Mei 2022

Puncak arus balik angkutan penyeberangan dari Bakauheni menuju ke Merak diprediksi akan terjadi pada Sabtu dan Minggu ini (7-8 Mei 2022). Untuk menghindari kepadatan dan agar perjalanan lebih nyaman, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengimbau kepada masyarakat untuk menyeberang kembali setelah 8 Mei 2022.

"Sampai hari Sabtu pagi ini, baru sekitar 37 persen yang bergerak. Artinya, ada kecenderungan sisanya yang 63 persen akan menyeberang dalam satu-dua hari ini. Saya mengimbau jangan kembali hari ini dan besok. Kalau bisa ditunda hari Senin atau Selasa (9-10 Mei 2022)," ujarnya saat meninjau Pelabuhan Panjang, Lampung, Sabtu (7/5/2022).

Menhub mengatakan, untuk memecah kepadatan arus balik di Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni, telah disiapkan Pelabuhan Panjang sebagai pelabuhan tambahan.

"Kami siapkan Pelabuhan Panjang menjadi Pelabuhan untuk angkutan logistik dan penumpang dari Lampung menuju Pelabuhan di Ciwandan, Banten," imbuhnya. Sebelumnya, Menhub Budi Karya juga telah mengunjungi para penumpang Kapal Ciremai yang melayani arus balik di Pelabuhan Panjang. Menurut dia, masyarakat merasa senang dengan adanya pelayanan kapal dari Lampung menuju Banten.

"Insya Allah ini akan menjadi format tiap tahun yang akan kita laksanakan di masa mudik," katanya.

Secara kumulatif, mulai Rabu (4/5) sampai dengan Sabtu (7/5) siang ini, terdapat total sebanyak 4.787 penumpang, 862 sepeda motor, 380 mobil pribadi, dan 45 truk / bus yang menyeberang melalui Pelabuhan Panjang Lampung menuju Pelabuhan Ciwandan, Banten.

Untuk mengendalikan lonjakan arus balik, sejumlah upaya telah dilakukan pemerintah. Selain mengimbau masyarakat untuk menghindari kembali pada puncak arus balik (6-8 Mei 2022), kebijakan lainnya yang telah dilakukan yaitu: membolehkan para pekerja untuk cuti setelah tanggal 8 Mei 2022 dan membolehkan anak-anak untuk sekolah secara daring.

"Jadi bapak ibunya bisa cuti, anak-anak bisa sambil sekolah daring," tutur Menhub Budi Karya.


Menhub: Baru 36 Persen Pemudik Mobil Pribadi yang Kembali

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebut jumlah pemudik pengguna kendaraan pribadi yang kembali baru sekitar 36 persen dari total perkiraan.

"64 persen sisanya belum kembali ke Jakarta atau Surabaya," kata dia usai meresmikan pengoperasian terminal bus di tiga daerah di Jawa Tengah serta pemberangkatan pemudik yang akan kembali ke tempat kerjanya di Semarang, Sabtu (7/4/2022).

Dia mengkhawatirkan jika hari ini atau besok lonjakan arus balik akan tetap tinggi meski sudah diberlakukan rekayasa lalu lintas, seperti sistem satu arah di jalan tol. Oleh karena itu, ia mengimbau pemudik menunda waktu kepulangan ke tempat kerja.

"Pulang Senin (9/5), Selasa (10/5), atau Rabu (11/5). Pemerintah sudah memberikan hak cuti," kata dia.

Budi Karya berharap, pemudik menunda perjalanan balik sehingga bisa memperlancar arus balik Lebaran.

"Dari Semarang, Solo, Senin (9/5) baru balik. Harapannya yang pulang tidak sampai 64 persen," katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Menhub Budi Karya juga meresmikan tiga terminal bus di Semarang, Solo, dan Purwokerto.

Ketiga terminal tersebut, masing-masing Terminal Tirtonadi Solo, Terminal Mangkan Semarang, dan Terminal Bulupitu Purwokerto. Ia menjelaskan ketiga terminal tersebut keren dan berfungsi baik.

Menurut dia, salah satu penyebab keengganan masyarakat menggunakan moda transportasi bus karena kondisi terminal yang tidak terawat dengan baik.

"Keren, bersih, dengan konsep mal," tambahnya.


Rekayasa Lalu Lintas

Kepolisian melakukan rekayasa lalu lintas pada arus balik 2022 tepatnya pada H+3 Lebaran. Rekayasa lalu lintas tersebut dengan memberlakukan satu arah atau one way dari Semarang arah ke Jakarta. One way diberlakukan dari Km 414 GT Kalikangkung Jalan Tol Semarang-Batang sampai dengan Km 03+500 Halim.

Dengan adanya rekayasa lalu lintas one way tersebut, dilakukan penyesuaian lalu lintas di Simpang Susun (SS) Cawang, Gerbang Tol (GT) Kalimalang 2 dan SS Cikunir arah Cikampek.

Selain itu, untuk mendukung one way ini diberlakukan rekayasa pada GT Cikunir 1, yang seharusnya digunakan untuk transaksi dari arah Cawang, digunakan untuk transaksi dari jalur one way untuk pembayaran tol Ruas JORR arah Rorotan maupun Jatiasih.

Untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pengguna jalan, Jasamarga Metropolitan Tollroad bersama dengan petugas pihak Kepolisan Wilayah, PJR dan PT Jasamarga Tollroad Operator (JMTO) telah memasang rambu-rambu dan menempatkan petugas pengaturan lalu lintas di lokasi pengalihan lalu lintas tersebut.

1. Pengalihan lalu lintas di SS Cawang

Pengalihan ini dimulai pukul 00.15 WIB, dengan melakukan penutupan di tiga titik lokasi yang menuju tol Jakarta-Cikampek yaitu :

a. Km 00+400 B Ruas Tol Cawang-Tomang-Pluit (dari Semanggi arah Cawang/Cikampek)

b. KM 00+200 B Ruas Tol Cawang-Tanjung Priok-Pluit yang dikelola oleh PT Citra Marga Nusaphala Persada/CMNP (dari Priok arah Cawang/Cikampek)

c. On ramp UKI (dari arteri Cawang/UKI arah Cikampek via Tol)

Pengguna jalan tol dari arah Semanggi/Cawang yang akan menuju arah Cikampek dialihkan ke arah Cawang-Tanjung Priok-Pluit (CMNP) dan ke arah Jagorawi. Sedangkan, pengguna jalan tol dari arah Jatinegara atau Rawamangun dialihkan ke arah Cawang-Tomang-Pluit dan ke arah Jagorawi.

2. Pengalihan lalu lintas dari Ruas JORR E menuju ke Cikampek

a. Penutupan GT Kalimalang 2 Pengalihan lalu lintas yang akan masuk GT Kalimalang 2 Ruas Tol JORR arah Cikampek dimulai pukul 07.15 WIB. Pengguna jalan yang akan menuju Cikampek dialihkan melalui jalan arteri Kalimalang.

b. Penutupan Ramp Km 45+200 A SS Cikunir (dari Jati Asih arah Cikampek) mulai pukul 00.53 WIB. Pengguna jalan dialihkan ke arah Rorotan/Tanjung Priok.

c. Penutupan Ramp Km 46+200 B SS Cikunir (dari Rorotan arah Cikampek) mulai pukul 00.53 WIB. Pengguna jalan dialihkan menerus ke arah Jatiasih/Taman Mini.

<p>Journal Ingin Mudik Aman dan Nyaman Perhatikan 5 Hal Ini. (Liputan6.com/Tri Yasni)</p>

1 Juta Mobil Mengarah ke Jakarta

Arus Balik Lebaran 2022, 1 Juta Mobil Kembali ke Jabotabek via Tol

Liputan6.com 2022-05-08 15:30:31
Puncak arus balik libur Paskah 2016 diprediksi terjadi pada Minggu (27/3) sore hingga malam nanti. Humas PT Jasa Marga Tol Jakarta-Cikampek menyebut sebanyak 94.000 kendaraan diprediksi akan

PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat sebanyak 1.075.518 kendaraan kembali ke wilayah Jabotabek pada arusbalik Lebaran atau tepatnya pada H2 hingga H+4 Hari Raya Idul Fitri 1443 H/2022 yang jatuh pada Selasa-Sabtu, 3-7 Mei 2022.

Angka tersebut merupakan angka kumulatif arus lalu lintas (lalin) dari empat Gerbang Tol (GT) Barrier/Utama, yaitu GT Cikupa (arah Merak), GT Ciawi (arah Puncak), dan GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama (arah Trans Jawa dan Bandung).

"Total volume lalin yang kembali ke wilayah Jabotabek ini naik 58 persen jika dibandingkan lalin normal periode November 2021 dengan total 680.916 kendaraan," dikutip dari keteragan tertulis Jasa Marga, Minggu (8/5/2022).

Untuk distribusi lalu lintas masuk Jabotabek dari ketiga arah yaitu mayoritas sebanyak 637.256 kendaraan (59,25 persen) dari arah Timur (Trans Jawa dan Bandung), 232.914 kendaraan (21,66 persen) dari arah Barat (Merak), dan 205.348 kendaraan (19,09 persen) dari arah Selatan (Puncak). Adapun rincian distribusi lalin sebagai berikut:

Arah Timur (Trans Jawa dan Bandung)

- Lalin kembali ke Jabotabek dari arah Trans Jawa melalui GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek, dengan jumlah 405.393 kendaraan, meningkat sebesar 155,5 persendari lalin normal.

- Lalin kembali ke Jabotabek dari arah Bandung melalui GT Kalihurip Utama Jalan Tol Cipularang dengan jumlah 231.863 kendaraan, meningkat sebesar 60,0 persen dari lalin normal.Total lalin kembali ke Jabotabek dari arah Trans Jawa dan Bandung melalui kedua GT tersebut adalah sebanyak 637.256 kendaraan, naik sebesar 109,9 persen dari lalin normal.

Arah Barat (Merak)

Lalin kembali ke Jabotabek dari arah Merak melalui GT Cikupa Jalan Tol Tangerang-Merak adalah sebesar 232.914 kendaraan, meningkat sebesar 2,93 persen dari lalin normal.

Arah Selatan (Puncak)

Sementara itu, jumlah kendaraan yang menuju Jabotabek dari arah Puncak melalui GT Ciawi Jalan Tol Jagorawi sebanyak 205.348 kendaraan, meningkat sebesar 36,0 persen dari lalin normal.

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini


Periode H2 hingga H+3 Hari Raya Idul Fitri

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru menjelaskan bahwa pada periode H2 s.d H+3 Hari Raya Idul Fitri 1443 H atau pada 3-7 Mei 2022, PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat 47 persen atau sebanyak 990 ribu kendaraan belum kembali ke Jabotabek.

Angka tersebut merupakan angka realisasi kendaraan yang kembali ke Jabotabek yang dibandingkan dengan kendaraan meninggalkan Jabotabek periode H-10 s.d H1.

"Kami mencatat total 2 juta kendaraan meninggalkan Jabotabek pada H-10 s.d H1, atau pada 22 April-2 Mei 2022. Hingga kemarin, kami mencatat sekitar 1 juta kendaraan telah kembali ke Jabotabek, yang berarti masih ada sekitar 47 persen atau 990 ribu kendaraan yang belum kembali," ujar Heru.

Selalu berhati-hati dalam berkendara, patuhi rambu-rambu dan ikuti arahan petugas di lapangan. Pantau kondisi lalu lintas melalui CCTV real time di jalan tol melalui aplikasi Travoy. Informasi dan pelayanan lalu lintas dapat diakses melalui One Call Center 24 Jam Jasa Marga di nomor 14080.


One Way Berlaku dari Km 428 Tol Semarang ABC hingga Km 66 Tol Jakarta-Cikampek

Atas diskresi Kepolisian, Jasa Marga mendukung pemberlakuan rekayasa lalu lintas one way mulai Km 428 Jalan Tol Semarang ABC s.d Km 66 Jalan Tol Jakarta-Cikampek sejak Minggu (08/05) pukul 09.00 WIB.

Untuk mengoptimalkan one way, serta atas diskresi Kepolisian, Jasa Marga juga memberlakukan contraflow dua lajur dari Km 66 hingga Km 47 dan contraflow satu lajur dari Km 47 s.d Km 28 Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta pada pukul 09.00 WIB.

Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan pengguna jalan dari arah Jakarta menuju arah timur yang terdampak one way arus balik. Selalu berhati-hati dalam berkendara, patuhi rambu-rambu dan ikuti arahan petugas di lapangan.

Pantau kondisi lalu lintas melalui CCTV real time di jalan tol melalui aplikasi Travoy. Informasi dan pelayanan lalu lintas dapat diakses melalui One Call Center 24 Jam Jasa Marga di nomor 14080.

Sebelumnya, sistem satu arah atau one way arus balik lebaran Idul Fitri 1443 H terus diperpanjang. Perpanjangan one way dilakukan PT Jasa Marga atas diskresi Kepolisian.

"Atas dikresi Kepolisian, Jasa Marga mendukung pemberlakuan sejumlah rekayasa lalu lintas untuk ruas Jalan Tol Transjawa," ujar Marketing and Communication Department Head Jasamarga Transjawa Tollroad Regional Division, Tody Satria dalam keterangannya, Sabtu (7/5/2022).

Tody menyebut, pemberlakukan one way pada KM 428+400 Jatingaleh Ruas Jalan Tol Semarang Seksi sampai dengan KM 414 Jalan Tol Batang - Semarang arah Jakarta yang sebelumnya dibuka pada pukul 08.20 WIB, diperpanjang dari Gerbang Tol Banyumanik ruas Jalan Tol Semarang - Solo arah Semarang sejak pukul 12.23 WIB.

Kemudian, sistem one way yang semula diberlakukan dari Gerbang Tol Banyumanik, kembali diberlakukan perpanjangan akses masuk dari KM 442+600 Simpang Susun Bawen Jalan Tol Semarang -- Solo sampai KM 414 Jalan Tol Batang - Semarang arah Jakarta pada pukul 15.06 WIB.


Imbauan Bagi Pengemudi

Tody mengingatkan, para pengguna jalan untuk sementara tidak bisa mengakses gerbang tol-gerbang tol yang menuju ke arah Timur di sepanjang jalan tol yang saat ini diberlakukan one way. Adapun one way diberlakukan dari KM 442+600 Bawen Jalan Tol Semarang - Solo sampai KM 03+500 Halim Jalan Tol Jakarta - Cikampek arah Jakarta (dari arah Timur ke Barat).

"Jasa Marga mengimbau agar pengguna jalan selalu berhati-hati dalam berkendara, jaga jarak aman, patuhi rambu-rambu dan ikuti arahan petugas di lapangan," kata dia.

Pemberlakuan satu arah atau one way pagi ini, Sabtu (7/5/2022) dimulai sejak KM 442+600 Bawen hingga KM 47 Karawang Barat. One way dikhususkan bagi kendaraan kecil yang menuju DKI Jakarta.

"Bawen KM 442+600 - Karawang Barat KM 47 DIBERLAKUKAN SATU ARAH (ONE WAY). Jalur Satu Arah (ONE WAY) Khusus Kendaraan kecil Golongan Satu arah Jakarta," cuit Jasa Marga dalam akun Twitter @ptjasamarga Sabtu (7/5/2022).

<p>Infografis Tips Aman Berkendara di Lokasi Rawan Bencana Saat Mudik Lebaran 2022. (Liputan6.com/Trieyasni)</p>

Lebaran di Kuburan

Lebaran Kuburan, Tradisi Warga Bunder Banyuwangi Sambang Leluhur

Liputan6.com 2022-05-07 23:59:07
Lebaran kuburan tradisi warga Bunder Banyuwangi sambingi leluhurnya. (Istimewa)

Tradisi lebaran kuburan atau pemakaman masih dilestarikan oleh warga Dusun Krajan, Desa Bunder, Kecamatan Kabat, Banyuwangi.

Lebaran yang biasanya identik dengan silaturahmi ke saudara, tetangga, dan teman. Namun, tradisi lebaran kuburan ini sambang leluhur yang sudah meninggal.

Tradisi lebaran kuburan ini setiap lebaran pasti diadakan. Selain salah satu momen lebaran juga menjadi adat istiadat warga Desa Bunder sendiri.

Kuburan yang biasanya dikenal dengan aura mistis dan horor mendadak jadi ramai. Konon, menurut warga Desa Bunder, leluhur yang telah meninggal itu masih ada, tetapi hanya wujudnya saja yang tidak ada.

Tradisi turun temurun ini juga menjadikan ajang silaturahmi. Ya, benar saja, ketika warga Desa Bunder hadir di kuburan pastinya mereka berjabat tangan saling bermaaf maafkan.

Tidak hanya itu, lebaran kuburan ini ditutup dengan selamatan dan bersantap tumpeng yang telah disiapkan dari rumah. Mereka menyantap tumpeng itu tepat di pusara leluhurnya.

Aktivitas warga Desa Bunder ini mayoritas adalah warga perantau yang bekerja di luar kota. Kurang afdol ketika mudik lebaran tidak mengikuti tradisi lebaran kuburan.


Perantau Ikut

Warga Desa Bunder Joni Dwi Saputro menyempatkan hadir dalam tradisi lebaran kuburan. Dia yang dari Kabupaten Bondowoso tentu tradisi ini sangat dinanti-nanti ketika lebaran tiba.

"Warga sini kurang lengkap, jika belum mengikuti acara ini, mangkanya saya menyempatkan pulang kampung untuk merayakan lebaran di tanah kelahiran," ucap Joni, ditulis Sabtu (7/5/2022).

Sekedar diketahui, tradisi warga Desa Bunder ini diikuti oleh perantau dari Kupang, Nusa Tenggara Timur, Bali, Surabaya, Bali, Kalimantan, Sulewesi, Madura, serta berbagai kota lainnya.

"Kata orang sih ziarah kubur. Tapi kalau orang sini menyebutnya tradisi lebaran kuburan," ucap suami Martiya Kusuma ini.

Acara semakin gembira, ketika para bocah-bocah kecil menyalakan petasan di kuburan yang diselingi salam-salaman di pintu keluar kuburan desa setempat

<p>Infografis Peta Jalur Mudik Lebaran 2022 Rawan Bencana di Pulau Jawa. (Liputan6.com/Trieyasni)</p>

Pacar Rahasia Putin Kena Sanksi

Pacar Rahasia Vladimir Putin Alina Kabaeva Masuk dalam Usulan Daftar Sanksi Uni Eropa

Liputan6.com 2022-05-07 12:30:07
Alina Kabaeva, perempuan yang dikabarkan jadi pacar rahasia Vladimir Putin. (dok. Instagram @alinakabaeva.official/https://www.instagram.com/p/CQ6IN5qjmGd/)

Nama Alina Kabaeva masuk dalam usulan paket ke-6 sanksi Uni Eropa terhadap Rusia atas invasi ke Ukraina, menurut dua sumber diplomatik Eropa. Sebagaimana diketahui, Kabaeva merupakan wanita yang disebut pacar rahasia Presiden Rusia Vladimir Putin.

Pada tahap ini, CNNmelaporkan, Sabtu (7/5/2022), nama dapat dihapus atau ditambahkan sesuai kebijakan negara anggota dan diharapkan jadi titik negosiasi ketika paket sanksi baru diusulkan, kata sumber Komisi UE. Uni Eropa belum secara resmi menandatangani draft proposal.

"Diskusi sedang berlangsung. Ini bukan hal yang mudah, tapi kita harus menunggu dan melihat," kata salah satu sumber diplomatik. Grup Media Nasional Rusia, yang dipimpin Kabaeva, telah diminta mengomentari sanksi yang diusulkan.

Kabaeva, yang lahir pada 1983, pertama kali dikaitkan dengan Putin lebih dari satu dekade lalu. Saat itu, ia adalah seorang pesenam peraih medali. Putin, yang notabene telah bercerai, sebenarnya membantah menjalin hubungan dengan Kabaeva.

Pada April 2022, Wall Street Journal melaporkan bahwa para pejabat Amerika Serikat (AS) telah memperdebatkan apakah akan menjatuhkan sanksi pada Kabaeva atau tidak. Pertimbangan ini berlandaskan kekhawatiran apakah langkah seperti itu dapat meningkatkan ketegangan lebih lanjut karena bisa jadi pukulan pribadi bagi Putin.

Selain Kabaeva, Kepala Gereja Ortodoks Rusia, Patriark Kirill, juga termasuk di antara orang-orang dalam usulan sanksi Uni Eropa putaran ke-6, menurut dua sumber yang telah melihat dokumen lengkapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Tidak Masuk Akal

Sanksi Uni Eropa yang diusulkan tidak berhubungan dengan "akal sehat," kata juru bicara Gereja Ortodoks Rusia Vladimir Legoida, menurut kantor berita negara Rusia TASS.

"Semakin tidak pandang bulu sanksinya, semakin mereka kehilangan kontak dengan akal sehat dan semakin sulit mencapai perdamaian, yang didoakan Gereja Ortodoks Rusia di setiap kebaktian dengan restu Yang Mulia Patriark," Legoida menuliskan dalam sebuah unggahan Telegram.

"Hanya mereka yang benar-benar tidak tahu tentang sejarah gereja kita yang dapat berusaha mengintimidasi pendeta dan orang yangmempercayainyadengan menyusun beberapa daftar (sanksi)," ia menambahkan.

Uni Eropa telah meningkatkan sanksi ekonominya terhadap Rusia sejak dimulainya perang di Ukraina. Baru-baru ini, blok tersebut mengusulkan larangan impor minyak Rusia, sesuatu yang akan berdampak besar pada ekonomi negara itu. Namnun Hungaria, negara anggota Uni Eropa yang memiliki hubungan dekat dengan Putin, kemungkinan akan menggagalkan rencana semacam itu.


Siapa Alina Kabaeva?

Kabaeva dan Putin dilaporkan bertemu ketika ia jadi pesenam muda, yang memenangkan banyak medali di dalam negeri, di kompetisi Eropa, dan di Olimpiade. Kabaeva tercatat memenangkan medali emas untuk senam ritmik di Olimpiade Athena pada 2004.

Dikenal luas di negara asalnya, ia terpilih sebagai salah satu pembawa obor ketika Rusia jadi tuan rumah Olimpiade Musim Dingin di Sochi, Rusia pada 2014. Kabaeva telah membuat pernyataan publik untuk mendukung militer Rusia sejak dimulainya perang di Ukraina, yang terbaru menyerukan warga Rusia untuk bersatu di belakang upaya perang.

Pada acara senam baru-baru ini, ia berkata, "Setiap keluarga memiliki sejarah perang, dan kita tidak boleh melupakannya. Kita harus menyerahkannya dari generasi ke generasi."

Menurut Wall Street Journal, pejabat AS mengatakan ia dan keluarganya jadi kaya karena kedekatan dengan Putin, meski Kremlin terus menyangkal hubungan antara keduanya. Departemen Keuangan AS telah menolak untuk mengomentari kasus ini.

Terlepas dari status hubungan yang sebenarnya dengan Presiden Rusia, jika namanya muncul di daftar akhir sanksi Uni Eropa, Kabaeva dan keuangannya akan berada di bawah pengawasan internasional.


Punya 2 Putra Rahasia?

Putin dilaporkan memiliki dua putra dengan Kabaeva, kata dokter yang membantu proses melahirkan anak laki-laki itu. Tiran Rusia berusia 69 tahun itu telah lama dikabarkan menjalin hubungan dengan Kabaeva yang berusia 38 tahun, tapi rincian baru kini muncul tentang kedua putra mereka.

Kabaeva dikatakan menjalani kehidupan sebagai Ibu Negara Rusia, dengan armada limusin dan pasukan penjaga keamanan yang membawa senapan mesin untuk melindunginya, dikutip dari The Sun. Meski Putin mengakui kedua putri dari pernikahannya dengan Lyudmila Ocheretnaya, yang berakhir pada 2013, ia dilaporkan merahasiakan hubungannya dengan Kabaeva, serta anak-anak lain.

Sekarang, surat kabar Swiss Sonntagszeitung mengungkapkan bahwa ia memiliki dua putra dari hubungan dengan Kabaeva. Satu putranya lahir di Swiss pada 2015 di tengah keamanan yang sangat ketat dan yang lainnya pada 2019 di Rusia.

Detail baru ini bertentangan dengan rumor bahwa Putin dan pemenang medali emas Olimpiade itu memiliki anak kembar pada 2018. Surat kabar tersebut mengatakan sumbernya adalah teman pribadi Kabaeva yang juga mengenal dokter yang melahirkan kedua anak laki-laki itu dan mengonfirmasi rincian tentang kelahiran mereka.

Infografis Negara Penolak Vladimir Putin di G20 (Liputan6.com/Triyasni)

Leonardo DiCaprio Bikin Kesal Presiden Brasil

Komentar Leonardo DiCaprio Soal Hutan Amazon Bikin Presiden Brasil Kesal

Liputan6.com 2022-05-08 13:30:34
Walau hubungan keduanya baru berusia 8 bulan, namun Leo tak pernah jatuh cinta sedalam cintanya pada Camila. (ALBERTO E. RODRIGUEZ GETTY IMAGES NORTH AMERICA AFP)

Aktor Leonardo DiCaprio dikabarkan berseteru dengan Presiden Brasil, Jair Bolsonaro. Pemeran utama film Titanic tersebut dianggap mengusik pemerintahan Brasil, setelah beberapa waktu lalu ia berkomentar mengenai pentingnya menjaga hutan Amazon di akun Twitternya pada 29 Aril 2022.

Brasil, kata dia, adalah rumah bagi Amazon dan ekosistem kritis lain untuk mencegah perubahan iklim. "Apa yang terjadi di sana adalah masalah bagi kita semua, dan pemungutan suara kaum muda adalah kunci dalam mendorong perubahan untuk planet yang sehat," tulis Dicaprio di Twitter.

Ia lalu mendesak para pemuda untuk mencari informasi lebih lanjut soal pendaftaran di situs terkait kepedulian terhadap lingkungan, Olha o Barulhinho, dengan mengikuti langkah-langkah yang ada.

Sehari kemudian, Bolsonaro membalas cuitan aktor yang biasa disapa Leo itu. "Terima kasih atas dukungan Anda, Leo. Itu sungguh penting bagi setiap pemilih Brasil dalam Pemilu mendatang," tulis Bolsonaro, dilansir dari CNN, 4 Mei 2022.

"Rakyat kami akan memutuskan jika mereka ingin tetap menjaga kedaulatan Amazon atau diperintah oleh penjahat yang melayani kepentingan asing khusus. Kerja bagus di The Revenant."

Di Brasil sendiri, pemungutan suara tak wajib bagi kelompok usia 16 hingga 18 tahun. Meski begitu, banyak selebritas lokal mendesak agar orang mendaftar dan memilih dalam pemilu presiden Oktober mendatang.

Kebijakan Bolsonaro menjadi sorotan dalam pemilu kali ini. Selama menjabat di periode pertama, kebijakan Bolsonaro dianggap melemahkan perlindungan lingkungan hidup di Brasil karena kepentingan bisnis.


Serangan di Hutan Amazon

Sekelompok pengacara iklim mendesak Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) menyelidiki Bolsonaro atas dugaan serangannya di hutan Amazon. Menurut mereka, tindakan orang nomor satu di Brasil itu merupakan "kejahatan terhadap kemanusiaan."

Menurut laporan Institut Nasional untuk Penelitian Luar Angkasa Brasil (INPE), selama tiga bulan pertama di 2022, porsi hutan hujan Amazon yang terdampak deforestasi mencapai tingkat paling tinggi. Menurut INPE, 941.34 kilometer persegi lahan Amazon hancur sejak Januari sampai Maret ini.

Angka tersebut merupakan rekor tertinggi selama lembaga itu memantau deforestasi Amazon sejak 2016. Jumlah itu juga melonjak sekitar 64 persen dari 2021, saat area hutan terdampak sekitar 573.29 kilometer.

Bukan sekadar menawarkan advokasi lingkungan, Leo juga tidak segan berkontribusi langsung. Pada. Juni tahun lalu, ia berdonasi sebesar 43 juta dolar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp623 miliar untuk mendukung pembangunan Galapagos. Namun, SCMP melaporkan, keputusan itu justru menimbulkan pertanyaan, apakah dana tersebut sebaiknya dihabiskan di tempat lain?


Perlindungan Orangutan Sumatra

Dalam kasus ini, "wilayah konservasi kurang maju." Dalam beberapa tahun terakhir, pariwisata ke Kepulauan Galapagos telah berubah, dengan kapal pesiar jadi semakin kecil dan mewah. Peluang kunjungan berbasis darat juga meningkat, dengan akomodasi murah di beberapa pemukiman di pulau yang digunakan sebagai basis perjalanan sehari melalui laut.

Namun, hanya lima persen dari wilayah pulau yang terbuka untuk pengunjung. Pembatasan yang masuk akal bermaksud melindungi spesies pulau. Kapal pesiar besar dijauhkan dan jumlah tempat berlabuh di semua kapal kecil yang beroperasi di perairan Galapagos tidak boleh bertambah. Artinya, kapal baru harus menunggu pensiunnya kapal lama.

Pada Juli 2020, DiCaprio juga vokal mendukung upaya perlindungan orangutan Sumatra dari ancaman COVID-19. Kala itu, ia mengunggah kampanye pengumpulan donasi Sumateran Orang Utan Conservation Programme (SOCP) yang berbasis di Kota Medan, Sumatra Utara.

"Kita belum tahu apakah primata non-manusia dapat tertular COVID-19, tapi SOCP tidak mau mengambil risiko. Sayangnya, tindakan pencegahan yang diperlukan ini mempersulit satu-satunya program reintroduksi orang utan di pulau itu untuk melanjutkan pekerjaan konservasi yang penting. Klik link di bio @socp.official untuk mempelajari lebih lanjut," tulisnya sebagai keterangan unggahan.


Leo di Bali

Pada 2019, DiCaprio juga mengunggah ulang foto lautan sampah dari akun Instagram resmi terverifikasi National Geographic. Lautan sampah itu merupakan hasil jepretan jurnalis fofo independen Adam Dean.

Beserta foto itu, akun National Geographic menulis keterangan, "Foto oleh Adam Dean. Pemulung tengah mengumpulkan plastik dari tempat pembuangan sampah lokal di Bantar Gebang, dekat Jakarta, Indonesia."

Leo dan Tobey Maguire dikabarkan sempat berada di Bali pada akhir Februari 2022. Keduanya dikabarkan tengah menghadiri acara bisnis privat di Pulau Dewata.

Kabar itu disampaikan penggemar Leonardo DiCaprio melalui unggahan di Twitter. Dalam unggahan di akun @@NewsDicaprioBR itu, DiCaprio dan Maguire tampak duduk santai sambil menikmati air kelapa.

Mereka duduk bersama beberapa orang lainnya. DiCaprio mengenakan kemeja biru dan kacamata hitam, sementara Tobey Maguire dengan kemeja putih. Keduanya kompak mengenakan masker hitam.

Keduanya diyakini sedang mengurus program yang berkaitan dengan lingkungan hidup. Leo selama ini memiliki kepedulian yang tinggi terhadap pelestarian lingkungan di seluruh dunia. Selain itu, ia memang sudah lama bersahabat dekat dengan Maguire.

Infografis Kebakaran Hutan dan Bencana Kabut Asap di Indonesia. (Liputan6.com/Triyasni)

Rayakan 50 Tahun dengan Konser Akbar

God Bless Sambut 50 Tahun Berdiri dengan Rilis Buku, Film, Album Baru hingga Konser Akbar

Liputan6.com 2022-05-08 09:30:00
God Bless (Foto IST)

God Bless baru saja merayakan ulang tahun ke-49 pada 5 Mei 2022 lalu. Legenda musik rock Indonesia yang digawangi Achmad Albar dkk ini menggelar acara syukuran di kawasan Cibubur, Jakarta Timur.

Dalam acara yang bertempat di kediaman Ian Antono tersebut, turut hadir sejumlah kerabat dan juga musisi, hingga para mantan personel God Bless: Eet Sjahranie, Yaya Moektio dan Teddy Sudjaya.

Terungkap sejumlah agenda dari band yang pernah meluncurkan lagu "Huma di Atas Bukit" ke dalam film Laila Majenun (1975) ini.

Achmad Albar mengatakan dalam sambutannya bahwa God Bless sedang menggodok konser akbar untuk menandai usia setengah abad alias ke-50 yang jatuh pada tahun depan. Konser ini bakal dikemas istimewa yang dilanjutkan dengan tur panjang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Berharap Tetap Sehat

"Senang sekali kita masih bisa berkumpul merayakan 49 tahun God Bless. Terima kasih kepada rekan-rekan semua yang hadir. Kami mengharapkan doa-doa dari Anda semua agar kami tetap sehat," kata Achmad Albar dalam keterangannya di acara tersebut.

"Kami tahun depan akan merayakan usia yang ke-50 tahun. Kami akan menggelar konser. Doakan kami sehat agar kami bisa tampil (dalam konser dan tur) tahun depan," lanjut rocker uzur yang masih tetap atraktif ini.


Buku Biografi dan Film Dokumenter

Selain konser, God Bless juga sedang menyiapkan buku biografi yang ditulis oleh wartawan sekaligus pengamat musik senior Denny MR. Sejauh ini, proses penggarapannya sudah 50 persen.

Lalu, mereka juga akan merilis film dokumenter, yang di dalamnya antara lain menampilkan kisah di balik layar saat God Bless membuka konser Deep Purple di Jakarta pada 1975 silam.

Bahkan, dokumenter ini juga mengulas insiden mengerikan di Hotel Sahid Jaya pada 5 Desember 1975 dini hari ketika kru Deep Purple, Patsy Collins, tewas setelah terjatuh di lubang lift setinggi delapan meter.

Selain itu, Achmad Albar dkk akan merilis album baru berisi lagu-lagu lama yang diinterpretasi ulang dengan balutan orkestra yang direkam bersama Czech Symphony Orchestra.

Seluruh komposisi yang terdapat pada album ini, diaransemen secara khusus oleh God Bless bersama Tohpati Ario.


Sekilas God Bless

God Bless terbentuk di Jakarta pada 1973. Selama hampir setengah abad berkarier, band legendaris ini telah merilis tujuh album studio, antara lain God Bless (1975), Cermin (1980), Semut Hitam (1988), Raksasa (1989), Apa Kabar (1997), 36th (2009), dan Cermin 7 (2017).

Ini belum termasuk sejumlah single, seperti "Mulai Hari Ini" yang dirilis pada tahun lalu.

Saat ini, God Bless diawaki Achmad Albar (vokal), Donny Fattah (bass), Ian Antono (gitar), Abadi Soesman (kibor), dan Fajar Satritama (drum).

Namun, pada beberapa kesempatan di saat Donny Fattah menjalani perawatan akibat sakit jantung, posisinya digantikan Arya Setyadi.

Infografis Pro dan Kontra RUU Permusikan. (Liputan6.com/Triyasni)

Hidup Lagi Sebelum Dikubur

Bikin Geger, Kisah Wanita Kembali Hidup saat Akan Dimakamkan Ini Viral

Liputan6.com 2022-05-08 11:25:17
Ilustrasi tutup peti mati kuno yang dilelang dan diprotes Mesir. (BBC)

Kehilangan anggota keluarga untuk selama-lamanya tentu saja sangat meninggalkan kesedihan yang mendalam. Meski tengah larut dalam kesedihan, proses pemakaman yang layak pun harus tetap berjalan.

Namun, terkadang saat proses pemakaman berlangsung ada saja hal-hal tak terduga yang terjadi. Namun, yang tentunya cukup menyejutkan adalah apabila seseorang yang telah dinyatakan meninggal dunia justru kembali hidup secara tiba-tiba.

Hal ini pula yang dirasakan oleh keluarga dari Rosa Isabel Cespedes Callaca asal Peru. Dilansir Liputan6.com dari Oddity Central, Minggu (8/5/2022) Rosa diketahui mengalami kecelakaan bersama saudara iparnya serta ketiga keponakannya. Namun nahas, dalam kecelakaan mobil tersebut wanita berusia 36 tahun ini dinyatakan meninggal dunia bersama seorang dewasa lainnya.

Usai dinyatakan meninggal dunia oleh pihak medis, keluarga pun dengan segera mempersiapkan proses pemakaman. Pada 26 April 2022 lalu, kerabat Rosa pun berkumpul di Lambayeque, Peru untuk membaringkan tubuhnya untuk beristirahat. Proses pemakaman pun berlangsung khidmat dengan dihadiri para kerabat. Namun, saat proses berlangsung, tiba-tiba kerabat yang datang justru dikejutkan dengan suara dari dalam peti.


Adanya suara ketukan dari dalam peti

Menurut kerabat dan saksi mata yang mengikuti proses pemakaman berlangsung, terdapat suara benturan yang cukup samar dari dalam peti jenazah Rosa dibaringkan. Hal ini pun membuat kerabat memilih untuk membuka penutup peti tersebut.

Ketika tutup peti dibuka, para hadirin yang menghadiri pemakaman tersebut pun dikejutkan saat melihat Rosa yang justru menatap mereka balik.

"Dia membuka matanya dan berkeringat. Saya segera pergi ke kantor saya dan menelepon polisi." ujar penjaga pemakaman Juan Segundo Cajo.


Dilarikan ke rumah sakit

Melihat jika Rosa justru kembali membuka mata, pihak keluarga yang meskipun masih tidak percaya akan hal tersebut memilih untuk melarikannya ke rumah sakit. Bahkan, saat dilarikan ke Rumah Sakit Referensi Ferrenafe di Lambayeque, Rosa masih berada dalam peti. Pihak dokter yang didatangi pun mengonfirmasi adanya tanda-tanda vital yang masih berfungsi meski ia telah dinyatakan meninggal dunia beberapa hari sebelumnya.

Sayangnya, Rosa kembali dinyatakan meninggal dunia usai beberapa jam menjalani perwatan setelah dibawa ke rumah sakit. Meski begitu, pihak keluarga juga tak mengabaikan adanya fakta jika Rosa kembali hidup beberapa saat sebelum dimakamkan di tempat peristirahatan terakhirnya. Namun, pidak keluarga juga mempertanyakan mengapa Rosa kembali hidup padahal sebelumnya telah dinyatakan meninggal dunia.

"Kami ingin tahu mengapa keponakan saya bereaksi kemarin ketika kami membawanya untuk dimakamkan. Kami memiliki video di mana dia mendorong dan menyentuh peti mati." ujar bibi Rosa.


Polisi turun tangan hingga tanggapan berbagai netizen

Adanya video viral yang memperlihatkan Rosa kembali hidup beberapa saat sebelum dimakamkan ini pun membuat polisi turun tangan. Pihak kepolisian pun membuka penyelidikkan atas kasus tersebut. Namun, mereka tidak melaporkan temuan papun. Keluarga juga percaya jika sebelumnya Rosa mengalami koma karena kecelakaan. Akan tetapi mereka bertanya-tanya bagaimana pada dokter menyebutkan jika Rosa telah kehilangan tanda-tanda vital namun bisa kembali hidup meski hanya beberapa jam.

Tak hanya itu saja, viralnya kasus tersebut juga membuat banyak netizen heran. Bahkan, ada pula yang justru menyarankan pihak rumah sakit melakukan penyelidikkan jika wanita yang justru dinyatakan koma dan memerlukan bantuan hidup justru dinyatakan meninggal dunia.

Jalan Kaki 160 Km demi Temui Gubernur

Cerita Warga Baduy Dalam Jalan Kaki 160 KM Temui Gubernur Banten dalam Tradisi Seba

Liputan6.com 2022-05-08 02:00:06
Empat warga Baduy berjalan kaki melintasi kawasan Bundaran HI, Jakarta, Selasa (6/9). Warga Baduy berjalan ratusan kilometer dari kampung mereka tanpa alas kaki dan sama sekali tidak mengguna

Masyarakat Badui Dalam berjalan kaki sejauh 160 kilometer untuk silaturahim dengan Gubernur Banten Wahidin Halim dan pejabat setempat dalam tradisi Seba yang rencananya digelar pada Sabtu malam.

"Kami hari ini berangkat pukul 04.00 WIB ke Gubernur Banten setelah merayakan Seba bersama Wakil Bupati Lebak Ade Sumardi dan pejabat lainnya," kata Ardi (45), warga Badui Dalam di Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Sabtu.

Masyarakat Badui Dalam yang merayakan Seba ke Gubernur Banten, sebanyak 23 orang. Mereka tinggal di Kampung Cikeusik, Cibeo, dan Cikawartana, Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak.

Mereka berjalan kaki dari kawasan Badui Dalam menuju Kota Serang sejak Jumat (6/5), pukul 04.00 WIB dengan menempuh 160 kilometer pulang pergi.

Meski perjalanan melelahkan, kata dia, warga merasa bahagia karena bisa melaksanakan perintah leluhur yang harus dijaga dan dilestarikan, yakni bertemu dengan kepala daerah dan pejabat lainnya untuk menjalin silaturahim.

"Kami tanpa kenal lelah berjalan kaki, meski ratusan kilometer untuk merayakan tradisi Seba setelah tiga bulan menjalani ritual Kawalu," kata Ardi bersama anaknya, Sapta (13), dikutip Antara.

Seorang warga Badui Dalam lainnya, Asep (45), mengaku gembira menjalani tradisi itu untuk menjalin silaturahim dan dapat mempererat tali persaudaraan dengan gubernur dan bupati yang disebutnya sebagai "bapak gede" atau kepala pemerintahan. Saat ini, dirinya berjalan kaki bersama teman lainnya tanpa minum agar cepat tiba di Kota Serang.

"Kami ke manapun tetap berjalan kaki dan dilarang adat menggunakan angkutan kendaraan," kata dia.

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini


Rukun Adat Kawalu

Tetua adat Badui yang juga Kepala Desa Kanekes Jaro Saija mengatakan kegiatan Seba Badui bagian rukun adat setelah masyarakat Badui Dalam melaksanakan Kawalu selama tiga bulan.

Pelaksanaan Kawalu fokus untuk mendekati diri kepada Tuhan yang Maha Esa sehingga tertutup bagi wisatawan untuk memasuki kawasan pemukiman Badui Dalam.

Ia meminta bupati dan gubernur merealisasikan pembentukan perda desa adat sebagai payung hukum untuk melindungi warga Badui.

Dalam tradisi Seba atau tradisi bertemu, pemangku adat warga Badui selalu menyampaikan pesan untuk menjaga hutan agar tidak rusak sehingga perlu mendapatkan perlindungan hukum desa adat.

"Kami berharap perda desa itu bisa segera diterbitkan pemerintah untuk melindungi masyarakat Badui yang berpenduduk 16 ribu lebih, " katanya.

Tradisi Seba Badui secara harfiah ditandai dengan penyerahan hasil bumi dan melaporkan berbagai kejadian selama satu tahun terakhir di kawasan masyarakat Suku Badui di pedalaman Kabupaten Lebak. Selain itu, menjalin silaturahim dengan pemerintah agar kehidupan masyarakat aman, damai, dan makmur.

"Kami berharap Seba Badui tahun ini yang dihadiri 158 warga Badui Luar dan 23 warga Badui Dalam berjalan lancar," katanya.


Saksikan Video Pilihan Ini:

Taliban Paksa Wanita Pakai Burka

Taliban: Wanita Afghanistan Harus Tutup Wajah Pakai Burkak di Tempat Umum

Liputan6.com 2022-05-08 16:37:49
Aksi sekelompok wanita saat berunjuk rasa di Herat, Afghanistan, Kamis (2/9/2021). Para pengunjuk rasa mendesak Taliban menghormati hak-hak kaum perempuan, termasuk menempuh pendidikan. (AFP

Taliban pada Sabtu memutuskan perempuan Afghanistan harus menutupi wajah mereka, menurut keputusan dari pemimpin tertinggi kelompok itu.

Pengumuman ini menandai sebuah eskalasi pembatasan yang meningkat pada perempuan di depan umum yang menarik reaksi dari masyarakat internasional dan banyak warga Afghanistan.

Seorang juru bicara Kementerian Penyebaran Kebajikan dan Pencegahan Wakil membaca keputusan dari pemimpin tertinggi kelompok itu Hibatullah Akhundzada pada konferensi pers di Kabul, mengatakan bahwa ayah seorang wanita atau kerabat laki-laki terdekat akan dikunjungi dan akhirnya dipenjara atau dipecat dari pekerjaan pemerintah jika seorang perempuan-nya tidak menutupi wajahnya di luar rumah.

Mereka menambahkan penutup wajah yang ideal adalah burkak atau burqa biru yang menutup semua tubuh, yang menjadi simbol global rezim garis keras Taliban sebelumnya dari tahun 1996 hingga 2001, Reuters mewartakan sebagaimana dikutip dari MSN News, Minggu (8/5/2022).

Sebagian besar wanita di Afghanistan mengenakan jilbab karena alasan agama, tetapi banyak di daerah perkotaan seperti Kabul tidak menutupi wajah mereka.

Kelompok ini telah menghadapi tekanan balik yang kuat, yang dipimpin oleh pemerintah Barat tetapi bergabung dengan beberapa ulama dan negara-negara Islam karena meningkatnya batas-batas mereka pada hak-hak perempuan.

Sebuah kemunduran yang mengejutkan pada bulan Maret di mana kelompok itu menutup sekolah menengah anak perempuan pada pagi hari yang akan dibuka menarik kemarahan masyarakat internasional dan mendorong Amerika Serikat untuk membatalkan pertemuan yang direncanakan untuk mengurangi krisis keuangan negara.


Negara Barat Memotong Bantuan untuk Afghanistan

Washington dan negara-negara lain telah memotong bantuan pembangunan dan memberlakukan sanksi ketat terhadap sistem perbankan, sejak Taliban mengambil alih pada bulan Agustus, mendorong negara itu menuju kehancuran ekonomi.

Taliban mengatakan telah berubah sejak terakhir kali memutuskan ketika melarang pendidikan anak perempuan atau perempuan meninggalkan rumah tanpa kerabat laki-laki dan perempuan diharuskan mengenakan penutup wajah mereka.

Namun dalam beberapa bulan terakhir pemerintah telah meningkatkan pembatasan pada wanita termasuk aturan yang membatasi perjalanan mereka tanpa pendamping laki-laki dan melarang pria dan wanita mengunjungi taman pada saat yang sama.

Selain itu, industri opium dilaporkan terus-terusan meroket di Afghanistan. Proses pembuatan narkoba di negara itu disebut beroperasi terang-terangan di area padang pasir.

Hal itu diungkap oleh The Washington Post yang menyebut industri opium di Afghanistan berkembang secara besar-besaran. Para pakar dan pejabat dari negara-negara Barat lantas khawatir bahwa Afghanistan bisa menjadi eksportir besar di dunia.

Para pemain industri opium di Afghanistan menggunakan tanaman ephedra.

Menurut laporan TOLO News, Rabu (4/5/2022), pihak pemerintah Taliban masih belum berkomentar atas laporan tersebut.

Pakar ekonomi Afghanistan, David Mansfield, menjelaskan bahwa lab untuk opium terpantau sangat sibuk dalam beberapa bulan terakhir karena banyaknya ephedra yang masuk.

Namun, mantan pejabat pemerintah dalam urusan narkoba mengakui bahwa bisnis narkoba bertambah di Afghanistan.

"Sebagaimana disebut di Washington Post, bisnis narkoba di Afghanistan telah meningkat," ujar Ibrahim Zahra, mantan deputi Kementerian Pengendalian Narkotika.


Taliban Memelihara Industri Opium?