Volume 284

Siwi dari Pramugari ke Dunia Koruptor

Kronologi Siwi Widi Sang Pramugari yang Akui Terima Uang Suap Pajak

Liputan6.com 2022-05-11 17:07:55
Siwi Widi usai diperiksa penyidik di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (20/1/2020). Siwi diperiksa sebagai pelapor kasus pencemaran nama baik oleh akun Twitter @digeembok yang menyebut dirinya

Mantan pramugari Garuda Indonesia, Siwi Widi Purwanti mengaku menerima uang Rp 647 juta dari M Farsha Kautsar, anak dari mantan pegawai pajak Wawan Ridwan selaku terdakwa kasus suap pajak.

Hal itu ia ungkapkan saat hadir sebagai saksi dalam kasus suap pajak dengan terdakwa Wawan Ridwan, di Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Selasa (10/5/2022).

Kasus ini berawal ketika jaksa penuntut umum pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membeberkan aliran suap mantan pejabat Ditjen Pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Wawan Ridwan mengalir ke beberapa pihak, di mana salah satunya ada Siwi Widi.

Transfer sebanyak 21 kali

Dalam dakwaan terhadap Wawan Ridwan, jaksa menyebut terjadi transfer uang sebanyak 21 kali kepada Siwi Widi yang keseluruhan senilai Rp 647.850.000.

Menurut jaksa, Siwi merupakan teman dekat dari anak kandung Wawan Ridwan, Muhammad Farsha Kautsar.

"Mentransfer sebanyak 21 kali kepada Siwi Widi Purwanti selaku teman dekat Muhammad Farsha Kautsar sejumlah Rp 647.850.000.00," kata Jaksa KPK M Asri Irwan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Jakarta Pusat, Rabu 26 Mei 2022, dikutip Rabu (11/5/2022).

Atas dugaan transfer ke Siwi dan beberapa pihak, jaksa pada KPK mendakwa Wawan dengan tindak pidana pencucian uang (TPPU) dengan cara menempatkan, mentransfer, mengalihkan, membelanjakan, hingga mengubah bentuk hasil tindak pidana suapnya.

Mengakui menerima transfer uang Rp 647 juta

Siwi mengakui dirinya menerima transfer uang Rp 647 juta saat hadir sebagai saksi dalam kasus suap pajak di Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Selasa kemarin (10/5).

"Benar (menerima Rp 647 juta dari Farsha). Waktu itu saya jadi teman dekatnya Farsha. Waktu itu Farsha mengenal saya mengaku berusia 28 tahun sebagai pengusaha, bukan mahasiswa. Dia mencoba mendekati saya. Dan ada obrolan di mana dia mencoba mencari perhatian pada saya dengan membayarkan sesuatu untuk saya," ujar Siwi Widi di hadapan Majelis Hakim Pengadilan Tipikor.


Jaksa Mengkonfirmasi

Mendengar pengakuan Siwi Widi terkait uang itu, Jaksa pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) lantas berusaha merinci penggunaan uang senilai Rp 647.850.000. Jaksa mengonfirmasi pengakuan Siwi dalam proses penyidikan.

"Seperti BAP ibu nomor 22 (uang Rp 647 juta) untuk jalan-jalan, belanja, beli jaket merek Gucci, dan untuk perawatan kecantikan di Korea, apa benar?" tanya jaksa KPK.

"Ya, seingat saya begitu," jawab mantan pramugari maskapai pelat merah itu.

KPK pelajari kesaksian Siwi Widi

KPK memastikan akan mempelajari kesaksian mantan pramugari PT Garuda Indonesia Siwi Widi Purwanti yang mengaku gunakan uang suap pajak untuk kecantikan. Kesaksian Siwi itu kini sudah menjadi fakta persidagan.

"Seluruh fakta persidangan dimaksud akan dianalisa lebih dahulu oleh tim jaksa," ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Rabu (11/5/2022).

Ali menyebut, pihak lembaga antirasuah tak menutup kemungkinan mengembangkan perkara suap di Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan (DJP Kemenkeu) ini usai mempelajari kesaksian Siwi Widi.

"Sepanjang berdasarkan proses persidangan ini ternyata kemudian diperoleh fakta hukum berdasarkan setidaknya dua alat bukti yang sah maka tentu perkara ini dapat dikembangkan lebih lanjut. Kita tunggu perkembangannya," kata Ali.

Siwi Widi ungkap tidak mengetahui asal usul sumber uang

Siwi mengaku saat diberikan uang tersebut dirinya tidak tahu asal usul sumber uang itu. Menurutnya, Farsha mempunyai usaha, tapi dia tidak mengetahui jelas apa usaha Farsha.

"Dari uangnya sendiri," kata Siwi.


Siwi Widi sudah kembalikan uang dari Farsha ke KPK

Dalam sidang ini, Siwi juga mengatakan dia sudah mengembalikan uang yang diberikan Farsha ke KPK. Uang itu diberikan ke penyidik setelah dia mendapat panggilan dari KPK.

"Menurut saya itu bukan uang Farsha, dari pada panjang, pikir saya kembalikan saja dulu. Sebelum pemberitaan itu saya sudah kembalikan (uang) di Desember atau November di tahun 2021," ucap Siwi.

Sebelumnya, Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK telah mengatakan pihaknya sudah menerima pengembalian uang dugaan suap pajak dari Siwi.

"Dari informasi yang kami terima, saksi Siwi Widi, saat ini telah mengembalikan seluruh uang yang diduga dinikmatinya sebagaimana uraian surat dakwaan JPU terkait dengan perkara yang sedang tahap pemeriksaan di persidangan ini," ujar Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri, dalam keterangannya, pada 2 Februari 2022.

Infografis Klaim KPK di Hari Antikorupsi Sedunia. (Liputan6.com/Trieyasni)

Si Pembunuh Raksasa di Uber Cup 2022

Profil Bilqis Prasista, Pembunuh Raksasa di Uber Cup 2022: Putri Legenda Bulu Tangkis Indonesia

Liputan6.com 2022-05-11 14:05:56
Aksi tunggal putri Indonesia, Bilqis Prasista, saat menghadapi pemain Jepang, Akane Yamaguchi, pada laga ketiga Grup A Piala Uber 2022 di Impact Arena, Bangkok, Rabu (11/5/2022). (PBSI)

Nama Bilqis Prasista mendandak jadi trending. Keberhasilannya mengalahkan tunggal putri nomor satu dunia, Akane Yamaguchi di Uber Cup 2022 menarik perhatian pencinta olahraga tepok bulu Tanah Air.

Keduanya bertemu pada laga perdana babak penyisihan grup A yang mempertemukan Indonesia dan Jepang. Bilqis tampil pada laga pembuka di Impact Arena, Bangkok, pada Rabupagi (11/5/2022).

Tidak disangka, Bilqis yang menempati peringkat 333 dunia tampil penuh percaya diri. Dengan perjuangan keras, putri legenda bulu tangkis, Joko Suprianto itu akhirnya menang 21-19, 21-19.

"Saya tidak menyangka bisa menang atas Akane. Karena dia itu pemain nomor satu dunia dan memiliki prestasi banyak. Tadi strategi saya hanya bagaimana membuat dia lari terus. Juga saya harus siap tahan dan semangat," kata Bilqis dalam kutipan wawancara yang dikirimkan PBSI ke Liputan6.com.

Kemenangan Bilqis atas Akane memang tidak diikuti wakil-wakil Indonesia lainnya. Pada partai ketiga grup A, Indonesia harus menyerah 1-4 dari Jepang. Meski demikian, keberhasilan Bilqis Prasista membungkam Akane, tunggal putri nomor 1 dunia tetap layak mendapat pujian.

Wajar bila namanya pun sempat jadi trending topic di Twitter. Bahkan tidak sedikit netizen yang berdoa agar wanita berusia 19 tahun itu mampu menjadi penerus legenda tunggal putri Indonesia, Susi Susanti.

(Simak beritanya pada tautan ini).


Siapa Bilqis?

Bilqis sebenarnya bukanlah sosok yang asing bagi para pencinta olahraga tepok bulu Indonesia. Atlet jebolan PB Djarum itu sudah bergabung dengan pelantas PBSI sejak 2020 lalu. Dia menyita perhatian perhatian usai memenangkan sejumlah kejuaraan, termasuk Jakarta Junior International Series 2019.

Sebelum tampil di Piala Uber 2022, Bilqis ikut mengantar tim Indonesia menjuarai BATC Malaysia 2022.

Bilqis kemudian terpilih menjadi bagian dari tim Thomas dan Uber Indonesia tahun ini. Dia tampil di nomor tunggal putri dan selalu memenangkan pertandingan sejak partai pertama Indonesia di grup A.


Putri Legenda

Bilqis lahir di Magelang, 24 Mei 2003 lalu. Darah atlet kental mengalir dalam tubuhnya. Ayahnya, merupakan legenda bulutangkis Indonesia, Joko Suprianto yang pernah jadi juara dunia tahun 1993. Sementara ibunya, Zelin Resiana bagian dari tim Indonesia saat menjuarai Uber Cup 1994 dan 1996.

Bilqis juga punya saudara kembar bernama Bilqis Pratista. Keduanya sama-sama bermain bulu tangkis dan masuk klub PB Djarum, 2018. Namun baru Bilqis Prasista yang sukses menembus pelatnas PBSI.


Penampilan di Uber Cup 2022

Sementara itu, penampilan Bilqis di Piala Uber 2022 memang cukup mencuri perhatian. Dia selalu menang setiap kali dipercaya tampil oleh tim pelatih.

Di laga perdana melawan Prancis, Bilqis Prasista sukses menumbangkan Yaelle Hoyaux. Saat itu, Bilqis meraih kemenangan 17-21, 21-14, 21-18.

Sementar di laga kedua, Jerman, Bilqis juga meraih kemenangan, melawan Florentine Schoffski. Dalam laga ini, Bilqis meraih kemenangan dengan skor akhir 21-12, 12-21, 21-7.

Diam-diam ke Polda Metro Jaya

Raffi Ahmad Diam-Diam ke Polda Metro Jaya, Ada Apa?

Liputan6.com 2022-05-11 20:11:15
"Aku yakin. Ya alhamdulillah sejauh ini bisnis aku jalan semua. Ga ada yang gagal, amit-amit," ujar Raffi Ahmad. (Adrian Putra/Bintang.com)

Raffi Ahmad diam-diam bertandang ke Polda Metro Jaya hari ini, Rabu (11/5/2022). Dia tak datang sendiri. Dia turut didampingi pengacaranya, Sandy Arifin.

Suami Nagita Slavina itu keluar dari Gedung Ditreskrimum Polda Metro Jaya mengenakan kemeja biru dongker. Dia mengaku, kehadiran hanya sekedar bersilaturahmi dengan rekan lamannya.

"(Silaturahmi) sama kawan lama," kata dia kepada wartawan di Polda Metro Jaya.

Saat disinggung apakah kedatangannya untuk melaporkan MZ yang disebut mencatut namanya untuk kepentingan endorse, dia tak menjawab dengan tegas.

"Enggak beda (konsultasi). Ini cuma silaturahmi saja. Lebaran saja," ucap Raffi Ahmad.

Raffi mengaku sedang mengumpulkan informasi untuk mencari kebenarannya sebelum mengambil langkah hukum.

"Belum tahu nanti sedang dikaji dulu, kita sedang mencari tahu dulu supaya informasi benar dahulu," ujar dia.

"Belum bisa banyak komentar lah nanti saja tunggu. Kalau sudah ada infonya baru dikasih tahu," dia menandaskan.

Sementara itu, Sandy Arifin menambahkan, pertemuan Raffi dengan kepolisian selain dalam rangka silaturahmi juga berdiskusi tentang hukum.

"Silaturahmi aja, diskusi hukum," ujar dia.

Namun, Sandy Arifin menepis salah satu yang dibahas terkait pencatutan nama Raffi Ahmad.

"Engga, belum. Aa belum cerita, kita mengobrol yang lain," tandas dia.


Nama Raffi Diduga Dijual

Raffi Ahmad ikut terseret dalam kasus dugaan penipuan yang dilakukan Medina Zein. Hal itu terungkap dari pengakuan Denisse Chariesta di akun Youtube-nya yang mengaku namanya pernah digunakan oleh Medina saat menawarkan kerja sama ke pabrik kosmetik.

Dalam pengakuannya, Denisse juga menuding Medina pernah menggunakan KTP milik Raffi Ahmad dalam menawarkan kerja sama bisnis ke sejumlah perusahaan.

Mengaku punya bukti, Denisse menyebut KTP tersebut digunakan Medina ke pabrik kosmetik dengan tawaran bisa menjadikan artis sebagai Brand Ambassador dengan bayaran uang muka Rp500 juta.

Saat dikonfirmasi, Raffi Ahmad mengaku tak pernah mengetahui KTP miliknya disalahgunakan Medina Zein. Raffi mengaku baru pulang dari liburan sehingga belum mendengar informasi tersebut.

"Aku belum kroscek, aku baru pulang liburan nanti deh kita coba cek dulu," kata Raffi Ahmad seperti dilansir dari tayangan Insert, Rabu (11/5/2022).


Kata Pengacara MZ

Terkait masalah ini Razman Arif Nasution selaku kuasa hukum Medina Zein buka suara. Ia mengaku sudah mendengar masalah ini namun ingin mengkonfirmasi langsung ke Raffi Ahmad.

"Jadi saya mau sampaikan bahwa persoalan Medina dengan si perusahaan yang ingin memakai jasa sebagai brand ambassador-nya pada Raffi Ahmad, yang katanya uang itu tidak masuk, saya sudah dapat info itu, tapi saya pengin komunikasi dengan Raffi Ahmad," kata Razman saat jumpa pers di kawasan Jagakarsa, Jakarta Selatan, Selasa (10/5/2022).

Lanjut Razman, dirinya ingin tahu lebih lanjut masalah ini dengan berkomunikasi langsung dengan Raffi Ahmad. Apakah benar ada kerja sama tersebut terkait brand ambasador yang dijanjikan oleh Medina Zein.

"Kalau bisa Raffi bisa menghubungi saya, kami duduk, sebelum saya berangkat sehingga saya dapat data, baik Uya Kuya, baik Raffi Ahmad," ujarnya.

Pahlawan Indonesia di Thomas Cup 2022

Profil Syabda Perkasa Belawa, Pahlawan Indonesia di Thomas Cup 2022

Liputan6.com 2022-05-11 21:23:51
Syabda Perkasa Belawa. (Istimewa)

Syabda Perkasa Belawa menjadi pahlawan Indonesia pada laga Grup A Piala Thomas 2022 di Impact Arena, Rabu (10/5/2022). Dia membawa tim bulu tangkis putra mengalahkan Korea Selatan 3-2.

Tim Indonesia sempat terdesak karena kekalahan Anthony Sinisuka Ginting dan pasangan gado-gado Mohammad Ahsan/Kevin Sanjaya Sukamuljo harus mengakui keunggulan lawan.

Sang juara bertahan kemudian menyamakan kedudukan melalui Shesar Hiren Rhustavito dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Sorotan kemudian tertuju kepada Syabda. Didapuk sebagai tunggal putra ketika karena Jonatan Christie diistirahatkan, nasib Indonesia berada di pundaknya. Kekalahan akan membuat tim kehilangan status juara grup, yang berarti terancam langsung bertemu lawan kuat di perdelapan final Thomas Cup 2022.

Namun, Syabda menunjukkan potensi dan karakter. Pemain berusia 20 tahun itu menunjukkannya saat memenangkan gim pertama dan ketiga.

Pada gim pertama, Syabda defisit 6-10. Dia lalu merebut 11 poin beruntun untuk memutar keadaa. Di gim penentu, kembali tercecer 7-12. Tapi dia lagi-lagi meraih sembilan angka berturut-turut sebelum akhirnya membawa tim meraih kemenangan 21-14, 11-21, 21-16.

"Saya sangat bersyukur dan senang bisa jadi penentu kemenangan buat tim. Ini tidak lepas dari dukungan para senior dan idola saya di," kata Syabda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Membayar Tanggung Jawab

Syabda lahir di Jakarta dan menimba ilmu bulu tangkis bersama PB Djarum. Bergabung pada 2013, dia menorehkan berbagai prestasi bagi klub berbasis Kudus tersebut.

Salah satu prestasi Syabda Perkasa adalah menjadi juara turnamen Jakarta Junior International Series 2019 (tunggal putra U19). Dia lalu membawa pulang medali perak PON XX Papua 2021 (tunggal putra). Saat ini Syabda menempati peringkat 636 BWF.

Melawan Korea Selatan di Piala Thomas, Syabda mengaku tidak membayangkan akan menjadi atlet penentu. Dia sebelumnya merasa Indonesia sudah bakal memastikan kemenangan terlebih dahulu.

"Tadi pagi saat joging dengan Kak Ginting (Anthony Sinisuka Ginting), dia tanya kalau misalnya Indonesia imbang dua sama bagaimana? Saya sama sekali tidak menjawab dan tertawa saja, karena saya pikir pasti bisa diurus oleh senior yang lebih dulu tampil," ceritanya.

"Ya bagaimana lagi, karena saya diturunkan pada partai terakhir jadi harus bertanggung jawab di lapangan. Saya harus kasih yang terbaik," ungkap Syabda.

Profil

Nama: Syabda Perkasa Belawa

Tempat lahir: Jakarta, Indonesia

Tanggal lahir: 25 Agustus 2001

Sektor: Tunggal putra

Tangan dominan: Kanan

Klub: PB Djarum


Tim Putra di Piala Thomas

Kontribusi Syabda membawa tim putra menyapu bersih seluruh lawan di Grup A. Mereka menaklukkan Singapura (4-1), Thailand (4-1), dan Korea Selatan (3-2).

Mengantongi status juara grup, Indonesia akan menghadapi para runner-up di babak perdelapan final.

Infografis Dominasi Bulu Tangkis Indonesia di Piala Thomas. (Liputan6.com/Trieyasni)

Bebas dari Hukum Meski Hajar Penumpang

Mike Tyson Bebas dari Tuntutan Hukum Usai Pukuli Penumpang Pesawat Hingga Babak Belur

Liputan6.com 2022-05-11 12:30:53
Seorang penumpang pesawat yang diduga mabuk babak belur dihajar Mike Tyson karena terus mengganggu (AFP)

Mantan juara dunia tinju kelas berat Mike Tyson terbebas dari hukuman setelah menghajar penumpang pesawat hingga babak belur. Si Leher Beton sama sekali tidak dikenai sanksi apapun atas insiden itu.

Pemukulan yang dilakukan Tyson terhadap penumpang pesawat terjadi pada 20 April lalu. Insiden bermula saat petinju yang pernah mendekam di penjara itu tengah dalam penerbangan dari San Fransisco menuju Florida. Saat itu, Mike Tyson diketahui menempati kelas bisnis yang nyaman.

Kehadiran Tyson ternyata menarik perhatian salah seorang penumpang yang duduk di belakangnya. Dalam video yang tersebar setelah kejadian, pria itu tampak berulang kali memprovokasi Tyson.

Awalnya Tyson tidak menanggapinya. Namun pria tersebut tidak kunjung berhenti. Tyson yang merasa terganggu pun bangkit dari kursinya dan berbalik menghajar pria itu dengan tinjunya. Dia meninju wajahnya berulang kali sebelum akhirnya dilerai penumpang lain yang berusaha menenangkan Tyson.

Akibat insiden ini, penumpang yang menganggu Tyson menderita lebam dan luka di bagian wajah.

Menanggapi insiden ini, Kantor Kejaksaan Distrik San Mateo seperti dilansir dari Sky News, menyatakan tidak melayangkan gugatan hukum kepada Tyson. Kedua pihak juga sepakat tidak saling menuntut.

Pihak kejaksaan sebelumnya telah mengumpulkan berbagai informasi terkait peristiwa itu termasuk mengumpulkan video-video yang sempat merekamnya. Langkah ini diambil setelah pihaknya mendapat laporan polisi dari Departemen Kepolisian San Francisco dan Kantor Sheriff Kabupaten San Mateo.

"Keputusan kami adalah bahwa kami tidak akan mengajukan tuntutan apa pun terhadap Tyson berdasarkan keadaan di sekitar konfrontasi," pernyataan Kantor Kejaksaan Distrik San Mateo.

"Ini termasuk perilaku korban menjelang kejadian, interaksi antara Tuan (Mike) Tyson dan korban, serta permintaan korban dan Tuan Tyson agar tidak ada tuntutan yang diajukan dalam kasus ini. Kami sekarang menganggap kasus ini selesai," pihak kejaksaan menambahkan.


Minta Selfie

Sementara itu, saksi mata menjelaskan bahwa korban sebenarnya ingin berfoto bersama dengan Tyson. Kebetulan petinju asal Brooklyn, New York itu merupakan idolanya.

Tyson tidak menggubrisnya. Dia kemudian marah dan memukul korban karena terus diganggu.

Wajah sang penumpang babak belur dan terluka. Dia pun langsung mendapatkan perawatan medis saat pesawat mendarat dan juga bicara kepada polisi.


Diduga Mabuk

Meski demikian, pihak Tyson memastikan kalau korban sudah bertindak keterlaluan. Menurut perwakilan Tyson, penumpang yang diduga mabuk itu tidak hanya memprovikasi saja. Dia juga dituduh telah melempar botol ke arah si Leher Beton.

"Sayangnya Tuan Tyson mengalami insiden dalam penerbangan dengan penumpang agresif yang mulai mengganggunya. Orang itu melempar botol ke arah Tyson ketika sedang duduk," ujar perwakilan Tyson kepada TMZ Sports. (Simak berita selengkapnya di sini)


Siapa Tyson?

Mike Tyson meupakan petinju kelas berat terpopuler setelah era Muhammad Ali. Petinju kelahiran Brooklyn, New York ini, masih tercatat sebagai juara dunia termuda kelas berat hingga saat ini.

Tyson sudah menjadi juara dunia di usia 20 tahun 150 hari. Si Leher Beton merebut sabuk juara versi WBC dengan memukul KO (Knock out) Trevor Berbick pada ronde kedua, 22 November 1986.

Sejak saat itu, namanya terus melambung. Satu persatu gelar juara dunia tinju kelas berat berhasil direbutnya. Di era 1990-an, nyaris tidak ada yang tidak mengenal Mike Tyson. Namanya dielu-elukan pun di berbagai penjuru dunia, termasuk Indonesia. Duel demi duelnya sangat dinanti publik.

Namun bukan pukulan lawan yang mebuat Tyson jatuh. Tantangan terberat justru datang dari kehidupan sehari-hari dan berulang kali Tyson kalah. Perilaku yang 'ugal-ugalan' tak hanya menyeretnya ke sejumlah perkara. Kariernya juga hancur dan nama besarnya juga tercemar.

Di luar ring, Tyson beberapa kali berurusan dengan pengadilan. Mulai dari tindak kekerasan dalam rumah tangga, pemerkosaan, hingga perkelahian jalanan. Keuangannya hancur. Pada tahun 2003, Tyson mengaku bangkrut dan mengajukan kepailitan ke pengadilan di Manhattan, Amerika Serikat.

Perlahan, Tyson kembali bangkit. Dengan tenaga yang tersisa, dia membangun kembali kehidupannya. Di luar tinju, pria yang mengubah namanya menjadi Malik Abdul Aziz itu aktif dalam berbagai kegiatan, mulai dari terjun ke dunia perfiliman hingga menggarap acara podcast Hotboxin di kanal YouTube.

Potret Marilyn Monroe Dilelang Rp 2T

Potret Marilyn Monroe Karya Andy Warhol Dilelang Senilai Rp2,8 Triliun

Liputan6.com 2022-05-11 16:03:00
Lukisan "Shot Sage Blue Marilyn" karya Andy Warhol ditampilkan selama pratinjau pers di New York, Senin (21/3/2022). Rumah lelang Christie menyatakan akan melelang lukisan potret Marilyn Monr

Sebuah potret ikonis Marilyn Monroe karya visioner seni pop Amerika Serikat (AS) Andy Warhol dilelang seharga 195 juta dolar AS atau Rp2,8 triliun, Senin, 9 Mei 2022. Karya tersebut jadi karya seni abad ke-20 termahal yang pernah dilelang publik di Christie.

Shot Sage Blue Marilyn diproduksi pada 1964, dua tahun setelah kematian bintang Hollywood tersebut. Proses lelang terjadi hanya dalam waktu empat menit di sebuah ruangan penuh sesak di markas besar Christie di Manhattan, dikutip dari laman Global Times, Rabu (11/5/2022).

Lusinan rekanan Christie berada di ruangan itu sambil memegangi ponsel mereka saat menerima pesanan dari pembeli potensial. Rumah lelang milik Raja Prancis Francois Pinault ini mengatakan bahwa tawaran pemenang untuk potret Monroe dilakukan dari dalam ruangan.

Sebelum dijual, potret itu diperkirakan bernilai sekitar 200 juta dolar AS atau Rp2,9 triliun, menurut Christie.

Meski jatuh sedikit dari ambang batas, harga itu tetap mengalahkan rekor sebelumnya untuk karya abad ke-20, Women of Algiers karya Pablo Picasso, yang menghasilkan 179,4 juta dolar AS atau Rp2,6 triliun pada 2015.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Rekor Sepanjang Masa

Rekor sepanjang masa untuk setiap karya seni dari periode apapun yang dijual di lelang dipegang oleh Salvator Mundi karya Leonardo da Vinci, yang terjual pada November 2017 seharga 450,3 juta dolar AS atau Rp6,5 triliun.

Karya layar sutra Warhol adalah bagian dari kelompok potret Monroe yang kemudian dikenal sebagai seri "Ditembak" setelah seorang pengunjung studionya di Manhattan, yang dikenal sebagai "The Factory," rupanya menembakkan pistol ke arah mereka.

Dalam sebuah pernyataan, Christie menggambarkan potret 40 inci x 40 inci (100 cm x 100 cm) itu sebagai "salah satu gambar paling langka dan paling transenden yang pernah ada."

Alex Rotter, kepala seni abad ke-20 dan ke-21 di Christie, menyebut lukisan itu "lukisan abad ke-20 paling signifikan yang akan dilelang dalam satu generasi." "Marilyn dari Andy Warhol adalah puncak mutlak dari American Pop dan janji dari American Dream yang merangkum optimisme, kerapuhan, selebritas, dan ikonografi sekaligus," katanya.


5 Potret Monroe

Warhol mulai membuat sablon Monroe setelah kematian aktris tersebut karena overdosis obat pada usia 36 tahun pada Agustus 1962. Seniman pop itu menghasilkan lima potret Monroe, semuanya berukuran sama dengan latar belakang warna berbeda pada 1964.

Menurut cerita rakyat pop-art, empat di antaranya menjadi terkenal setelah seorang seniman pertunjukan bernama Dorothy Podber bertanya pada Warhol apakah ia bisa memotret setumpuk potret.

Warhol menjawab ya, mengira dia bermaksud memotret karya-karya itu. Sebagai gantinya, Podber mengeluarkan pistol dan menembakkan peluru ke dahi gambar Monroe.

Cerita berlanjut dengan peluru menembus empat dari lima kanvas, dengan Warhol melarang Podber masuk ke The Factory dan kemudian memperbaiki lukisan seri "Ditembak."

Potret Shot Sage Blue Marilyn menggambarkan dirinya dengan wajah merah muda, bibir merah, rambut kuning, dan eye shadow biru dengan latar belakang biru. Itu didasarkan pada foto promosi Monroe untuk film tahun 1953, Niagara, yang disutradarai Henry Hathaway.


Amal

Pada pembukaan di markas Christie, Rotter mengatakan potret itu berdiri di samping Kelahiran Venus karya Sandro Botticelli, Mona Lisa karya Da Vinci, dan Les Demoiselles d'Avignon karya Picasso sebagai "salah satu lukisan terbesar sepanjang masa."

Hanya 14 lukisan yang terjual lebih dari 100 juta dolar AS atau Rp1,4 triliun di lelang, menurut penghitungan AFP, meski yang lain diperkirakan telah berpindah tangan selama penjualan pribadi.

Rekor lelang untuk Warhol adalah 104,5 juta dolar AS atau Rp1,5 triliun yang dibayarkan untuk Kecelakaan Mobil Perak (Bencana Ganda) pada 2013. Pada 1998, Sotheby's menjual tembakan jeruk Marilyn seharga 17 juta dolar AS atau Rp247 miliar.

Penjualan blockbuster terbaru jadi berita utama minggu penjualan musim semi, atas nama Thomas dan Doris Ammann Foundation yang berbasis di Zurich. Semua hasil penjualan akan disumbangkan ke yayasan yang bekerja untuk meningkatkan kehidupan anak-anak di seluruh dunia.

Wayang Potehi menjadi salah satu warusan seni budaya Tionghoa - Jawa

Jaket Presiden Ukraina Laku Rp1,6 M

Jaket Ikonis Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky Terjual Rp1,6 Miliar di Lelang Amal

Liputan6.com 2022-05-11 15:02:00
Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy berbicara dari Kiev, Ukraina soal serangan Rusia, Sabtu, 19 Maret 2022. (Foto: via AP)

Jaket ikonis Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky terjual seharga 90 ribu pound sterling atau setara Rp1,6 miliar di lelang amal yang digelar di London, Inggris. Zelensky berterima kasih kepada Inggris atas dukungannya yang berkelanjutan di tengah invasi Rusia yang sedang berlangsung.

Dikutip dari Daily Mail, Rabu (11/5/2022), jaket berwarna khaki itu terjual dengan nominal tinggi di acara penggalangan dana Brave Ukraina. Acara tersebut diselenggarakan Kedutaan Besar Ukraina di Tate Modern di London pada Jumat, 6 Mei 2022.

Menjelang pelelangan dan dalam pidatonya melalui tautan video, Zelensky memuji Inggris dan perdana menterinya, Boris Johnson, yang baru-baru ini mengunjunginya di Kiev. Johnson juga berbicara pada para hadirin, mendesak mereka mengambil bagian dalam penawaran untuk amal.

"Apakah Anda menawar jaket bulu Volodymyr, sekitar seharga 50 ribu pound sterling, saya ingin tawaran yang jauh lebih tinggi dari itu, atau Anda menawar untuk tur Kiev dengan Wali Kota Klitschko, saya telah tur Kiev dengan Wali Kota Klitschko. Ini adalah kota yang indah. Layak untuk dieksplorasi," kata Johnson.

Johnson mengajak banyak orang untuk mendukung Ukraina sehingga ibu kota Eropa kuno yang besar, yakni Kiev, tak akan terancam lagi. Ia berharap Ukraina dapat kembali utuh dan bebas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Dukungan Inggris

PM Inggris ini juga bersikeras bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin "tidak pernah mematahkan" semangat rakyat Ukraina. Dikatakannya, tujuan dari acara tersebut adalah mengumpulkan dana vital bagi respons kemanusiaan terhadap konflik tersebut.

Johnson mengatakan, itu adalah "berkah bagi Ukraina dan dunia" dan "bencana bagi Putin" bahwa Zelensky memimpin di Kiev, menggambarkan Presiden Ukraina itu sebagai "benar-benar salah satu pemimpin paling luar biasa di zaman modern." "Hampir tepat 80 tahun lalu, 1942, BBC pertama kali menyiarkan simfoni Leningrad Shostakovich ke dunia," katanya.

Ia menambahkan, "Ini dimainkan oleh orkestra setengah kelaparan selama pengepungan Leningrad, ketika sedang ditumbuk Nazi. Simfoni itu menjadi simbol perlawanan terhadap fasisme dan kekuatan jiwa manusia."

Johnson menyebut tidak peduli apa yang Putin coba lakukan terhadap rakyat Ukraina, ia tidak akan pernah mematahkan semangat mereka. "Ia tidak akan pernah mengalahkan angkatan bersenjata yang gigih, yang telah mengusir tentara Rusia dari gerbang Kiev, dan karena itu mencapai prestasi senjata terbesar abad ke-21," katanya.


Kata Boris Johnson

"Itulah mengapa saya lebih yakin dari sebelumnya bahwa Ukraina akan menang. Ukraina akan bebas, dan Ukraina yang berdaulat akan bangkit kembali. Dan itu karena perjuangan ini sangat jelas, dan tanpa ambiguitas moral yang bisa saya lihat, perjuangan antara kebebasan dan penindasan, antara demokrasi dan tirani, kemerdekaan dan imperialisme, terang dan gelap, baik dan jahat, itulah sebabnya saya pikir itu berbicara begitu dalam kepada kita," tambah Johnson.

Johnson mengatakan itulah sebabnya ada "bendera biru dan kuning berkibar di mana-mana di Inggris," dari balai kota, menara gereja, taman depan, sampai taman bermain anak-anak. Ia mengatakan, Inggris akan terus mengintensifkan upaya membantu Ukraina selama negara itu menginginkan dan membutuhkan bantuan.

"Ketika pasukan Rusia berkumpul di perbatasan Ukraina pada Januari (2022), kami termasuk di antara negara-negara Eropa pertama yang mengirim rudal anti-tank," katanya.

Johnson menjelaskan, "Saya ingin Anda tahu, dan saya memberi tahu Volodymyr ini sebelumnya hari ini dalam percakapan kami, kami akan terus mengintensifkan upaya ini selama Ukraina menginginkan dan membutuhkan bantuan kami."


Invasi Rusia ke Ukraina

Johnson mengatakan, "Putin telah mengusir setidaknya satu dari empat orang Ukraina dari rumah mereka, termasuk dua pertiga dari semua anak Ukraina. Sama seperti kita harus membantu Ukraina mempertahankan diri dari agresi, kita juga harus melakukan segala yang kita bisa untuk meringankan beban penderitaan mengerikan yang dibebankan pada orang-orang yang tidak bersalah."

Komisaris Tinggi Kanada untuk Inggris Ralph Goodale mengatakan bahwa Zelensky telah berbicara "sangat fasih" di acara tersebut, dan menyumbangkan jaket bulunya yang terkenal untuk dilelang. Sebelumnya, kepala militer Inggris mengatakan bahwa Putin berusaha buru-buru mengklaim kemenangan di Ukraina ketika pasukan Rusia terus berjuang mendapatkan momentum.

Dalam sebuah wawancara dengan The News Desk dari TalkTV, Laksamana Sir Tony Radakin, Kepala Staf Pertahanan, mengatakan ada tekanan luar biasa di Rusia agar kampanye tersebut memberikan hasil. Namun, setelah 10 minggu pertempuran, ia mengatakan tingkat di mana pasukan Rusia menggunakan rudal dan persenjataan lainnya berarti Putin terlibat dalam "perang logistik" untuk menjaga pasokan mereka.

Infografis Rusia Serang Ukraina dan Dalih Vladimir Putin. (Liputan6.com/Trieyasni)

Sepatu Usang Dijual Rp 27 Juta

Balenciaga Rilis Sepatu Usang dengan Harga Rp 27 Juta, Bikin Netizen Heran

Liputan6.com 2022-05-11 13:45:29
Sneaker Balenciaga (Sumber: Balenciaga.com)

Balenciaga dikenal sebagai salah satu brand fashion ternama dan memiliki penggemar tersendiri. Brand satu ini juga terbilang lebih sering menonjolkan fashion dengan istilah streetwear.

Bahkan, baru-baru ini banyak netizen yang dihebohkan dengan sneaker keluarga dari rumah mode ternama ini. Pasalnya, rumah mode yang diakui oleh Kim Kardashian dan dicintai oleh industri hype beast ini mengeluarkan sneaker yang tampak 'hancur'.

Dilansir dari website resmi Balenciaga, Rabu (11/5/2022) rumah mode ini pun merilis sebuah sepatu dengan nama 'Hight top Paris.'. Sneaker tersebut pun dipenuhi dengan coretan, grafiti hingga robekan di berbagai sisi.

Tak hanya itu saja, mereka juga merilis sepatu Paris tersebut dengan edisi terbatas dengan harga yang cukup tinggi. Dilansir Liputan6.com dari People, Rabu (11/5/2022) sepatu yang terlihat usang tersebut bahkan baru bisa didapatkan dengan cara pre-order di situs resminya.


Dibanderol dengan harga capai Rp 27 juta

Rumah mode Balenciaga merilis sepasang sepatu convers dengan robekan serta grafiti bernama 'hight top paris limited edition dengan dua warna saja, yaitu hitam dan putih. Tak hanya itu saja, ukuran yang tersedia juga cukup terbatas.

Harga sepatu tersebut pun dilabeli dengan harga $1.850 atau sekitar Rp 27 juta. Tentu saja, harga cukup mahal bagi sepatu yang terlihat usang dan rusak. Bahkan, media sosial juga ramai membicarakan mengenai sepatu tersebut.

Bukan hanya mengeluarkan satu jenis saja, namun sepatu serupa dengan nama high top klasik milik Balenciaga ini dibanderol dengan $ 625 atau sekitar Rp 9 juta. Selain itu, versi termurah dari Paris ini memiliki harga $ 425 atau sekitar Rp 7 juta.


Bikin heran netizen

Adanya sepatu yang terlihat usang dan rusak dan dijual dengan harga puluhan juta ini pun mencuri perhatian banyak netizen. Tak sedikit netizen yang dibuat heran dengan koleksi terbaru dari rumah mode tersebut.

"Balenciaga benar-benar menagih orang $ 1850 untuk sepasang convers robek yang ibuku minta untuk aku buang ketika aku masih di sekolah menengah," ujar akun @morgy_rozay.

"26 jutaan harganya, ini mah di mess kuli jawa banyak banget" tulis akun @dewahoya.

"yg dijual ga sebuluk di campaignnya sih, tp tetep aja ya wak 26jeti dpt begini mending buat apalah gt" ujar akun @xkaltami

"Pas make disangka gembel soalnya muka gua mendukung:(" tulis akun @ergiiiiiii

"Ternyata bener apa yg dibilang pacarku kalo sepatu semakin jelek semakin keren justru" tulis akun @aeosoelis

"Iqlima Kim Tukang Pansos"

Denise Chariesta di Barisan Pendukung Hotman Paris, Sebut Iqlima Kim Tukang Pansos

Liputan6.com 2022-05-11 11:20:00
Selebgram Denise Chariesta menyoroti kontroversi pengacara Hotman Paris dengan Iqlima Kim, mantan asisten pribadinya.

Permasalahan pengacara kondang Hotman Paris dengan mantan asisten pribadinya, Iqlima Kim, menuai perhatian banyak orang. Tak terkecuali selebgram Denise Chariesta.

Namun untuk masalah ini, Denise Chariesta menyatakan keberpihakan kepada sosok pengacara nyentrik tersebut. Ia mengakui berada dalam barisan pendukung Hotman Paris.

Denise Chariesta meminta Iqlima Kim dan pengacaranya, Razman Arif Nasution, menghentikan perseteruan dengan Hotman Paris yang dinilainya sebagai pengacara dengan kredibilitas dan jam terbang tinggi di ranah hukum.

Sebab, kata Denise Chariesta, Iqlima Kim dan pengacaranya dituding hanya mencari panggung popularitas karena terus menerus meyudutkan Hotman Paris melakukan pelecehan seksual.


Unggah Video di Instagram

Melalui video berdurasi singkat di akun Instagramnya, Denise Chariesta mengatakan Iqlima Kim dan Razman hanya pansos saat berseteru dengan Hotman Paris.

"Mendingan lu kelarin dulu tuh urusan sama Bang Hotman, lu (Razman) pansos sama dia nggak tahu malu, orang sudah diundang ketemu di acara TV sok baik lu depan si Bang Hotman," kata Denise Chariesta yang ditujukan kepada pengacara Iqlima Kim di Instagram, 6 Mei 2022.

"Sekarang aja gara-gara sejak mau pansos lu belain tuh cewek yang nggak jelas. Lu nggak terkenal, nggak seterkenal Hotman, jadi gue males duduk bareng sama lu, ogah gitu lho," Denise Chariesta menambahkan.


Janggal

Bukti Iqlima Kim dan pengacaranya hanya panjat sosial saat berseteru dengan Hotman Paris dinilai Denise Chariesta dari sesuatu yang mengganjal.

Kata dia, sulit membuktikan Iqlima Kim dilecehkan Hotman Paris secara seksual medio Februari 2022 lalu. Sebab, Denise Chariesta mengulas, ada bukti Iqlima Kim dan Hotman Paris masih bersama-sama di bulan setelahnya.

"Kalau misalkan dia (Iqlima) menuduh dilecehkan itu bulan Februari, jelas-jelas bulan Maret masih dansa dan clubbing Kim dengan Bang Hotman. Masa iya dia mau jalan dengan Bang Hotman setelah dilecehkan," katanya di video singkat.


Pertanyakan Aktor Intelektual

Sengketa antara Hotman Paris Hutapea dengan Iqlima Kim tampaknya masih jauh dari kata usai. Baru-baru ini sang pengacara kondang melayangkan hak jawab lewat akun Instagram terverifikasinya sembari mengunggah foto Iqlima Kim.

Dalam foto itu, sang mantan asisten pribadi Hotman Paris tengah bermain kibor. Bagian dadanya ditutupi stiker oleh Hotman Paris karena kelewat seksi untuk dipamerkan ke muka publik.

Bersama foto ini, presenter The Hotman dan Hotroom kembali mempertanyakan siapa aktor intelektual di balik dugaan pelecehan seksual yang memanas dan menjadi konsumsi publik.

"Hak jawab; Hotman di tuduh pelecehan sex karena menurut Iglimakim dimintain photo sexy?? Aduh siapa otaknya scenario ini?!" tulisnya, pada Jumat (6/5/2022).

Daftar 10 Negara dengan Kasus Diabetes Tertinggi di Dunia (Liputan6.com/Abdillah)

Anak Mantan Diktator Menang Pilpres Filipina

HEADLINE: Marcos Jr Anak Mantan Diktator Menang Pilpres Filipina, Disinformasi Jadi Kunci?

Liputan6.com 2022-05-12 00:02:03
Calon Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr dan Calon Wakil Presiden Sara Duterte. (AP)

36 tahun lalu, keluarga diktator Ferdinand Marcos Sr digulingkan dari kekuasaan dan diusir dari Filipina. Tapi kini, Ferdinand Marcos Jr segera membawa keluarga yang dituduh memiliki keserakahan dan kebrutalan yang spektakuler itu, kembali ke Malacaang, istana kepresidenan Filipina.

Marcos Jr yang akrab dipanggil Bongbong berhasil unggul dalam Pemilu Presiden (Pilpres) Filipina. Dengan lebih dari 95% suara dihitung, Marcos Jr memiliki sekitar 30 juta suara, lebih dari dua kali lipat saingan terdekatnya, Wakil Presiden Leni Robredo, yang memiliki sekitar 14 juta suara, menurut penghitungan parsial dan tidak resmi dari Komisi Pemilihan Umum (Comelec), seperti dikutip dari laman CNN, Rabu (11/5/2022).

Kemenangan Marcos Jr tak terlepas dari kampanye media sosial untuk mengubah citra era Marcos lama - bukan sebagai periode darurat militer, dengan pelanggaran hak asasi manusia yang mengerikan, korupsi, dan hampir keruntuhan ekonomi - tetapi sebagai zaman keemasan, kemakmuran, dan bebas kejahatan.

Ini dimulai setidaknya satu dekade yang lalu, dengan ratusan video yang diedit secara menipu diunggah ke Youtube, yang kemudian diposting ulang di halaman Facebook yang simpatik. Ini meyakinkan jutaan orang Filipina bahwa fitnah terhadap keluarga Marcos setelah kejatuhan mereka tidak adil, bahwa kisah-kisah keserakahan yang tak tertandingi itu tidak benar.

"Ada spektrum kebohongan dan distorsi dalam video-video ini," kata Fatima Gaw dari Departemen Riset Komunikasi Universitas Filipina, seperti dilansir BBC.

"Ada penyangkalan langsung terhadap kekejaman era perang. Ada juga banyak distorsi, klaim kemajuan ekonomi selama apa yang disebut tahun-tahun emas Filipina, dengan memilih detail tertentu."

Dan kemudian ada mitos, yang dipercaya secara luas di bagian Filipina yang lebih miskin, bahwa keluarga Marcos memang menyimpan kekayaan besar di rekening luar negeri atau simpanan emas batangan yang tersembunyi, tetapi ini disimpan untuk memberi manfaat bagi orang-orang Filipina begitu kekuatan mereka dipulihkan.

Usaha pengecekan fakta kolaboratifTsek.phmenemukan bahwa hingga akhir April, 92% disinformasi online tentang kampanye Marcos menguntungkannya, sedangkan 96% tentang saingan utamanya, Wakil Presiden Leni Robredo, adalah negatif - termasuk beberapa fitnah hal buruk terhadapnya.

Selain itu, kampanye di media sosial TikTok yang digandrungi pemilih milenial Filipina - yang tidak tahu pemerintahan diktator Marcos - juga punya andil besar. Dilaporkan Time, Selasa (10/5/2022), salah satu video paling populer diposting oleh pemuda bernama Joey Toledo. Milenial itu membagikan video percakapan antara mantan menteri pertahanan Juan Ponce Enrile dan Ferdinand Marcos Jr.

Enrile memuji-muji keamanan Filipina di masa kepresidenan Marcos Sr. Ia berkata rakyat Filipina bisa meninggalkan rumah tanpa menguncinya dan masih tetap aman. Video itu meraih 92 ribu view.

"Saya tidak yakin jika ceritanya 100 persen akurat karena ia sudah tua," Toledo mengakui. Namun ia percaya Enrile karena ia mengalami zaman itu.

Kebanyakan kreator konten TikTok yang pro-Marcos menolak untuk angkat bicara, namun Toledo berkata banyak orang-orang sebayanya tidak percaya dengan pelanggaran HAM dan korupsi yang dilakukan Marcos.

Toledo yang bekerja sebagai staff support IT mengaku bukan pendukung Marcos. Meski demikian, Time menyorot banyak misinformasi yang ia sebar kepada 22 ribu pengikutnya di TikTok.

Salah satu misinformasi itu menyebut bahwa sumber kekayaan Marcos berasal dari pekerjaannya sebagai pengacara, padahal Bank Dunia, PBB, dan pengadilan di Filipina telah mengakui korupsi rezim Marcos. Bank Dunia dan United Nations Office on Drugs and Crime melaporkan bahwa ada US$ 10 miliar uang hasil korupsi yang dicuri Marcos.

Kampanye disinformasi pro-Marcos juga mendapat keuntungan dari kekecewaan publik yang meluas atas kegagalan pemerintahan pasca 1986, untuk membawa perbaikan yang signifikan bagi kehidupan orang Filipina yang lebih miskin.

Bongbong pun telah berhasil menggambarkan dirinya sebagai kandidat untuk perubahan, menjanjikan kebahagiaan dan persatuan ke negara yang lelah selama bertahun-tahun polarisasi politik dan kesulitan pandemi, dan haus akan cerita yang lebih baik. Padahal, Marcos Jr hanya berbicara sedikit tentang detail platform kebijakannya saat berkampanye, yang bagaimanapun juga merupakan daftar janji yang biasa-biasa saja, sebagian besar untuk melanjutkan kebijakan Presiden Duterte.

Dengan menjauh dari semua debat presiden dan menolak wawancara media, dia menghindari sejarah keluarganya diulas, dan mampu mempertahankan ilusi harmoni, meskipun jutaan orang tetap menentang kepresidenannya.

Fakta bahwa ia menghadapi begitu banyak saingan juga merupakan keuntungan yang signifikan. Suara anti-Marcos dibagi di antara sembilan kandidat Pilpres Filipina, dan yang terkuat di antara mereka, Leni Robredo, menyatakan terlambat, memberikan sedikit waktu bagi kampanyenya yang bersemangat untuk melawan narasi Marcos yang kuat.

Satu kekhawatiran yang jelas adalah apa yang terjadi pada upaya untuk memulihkan uang yang diduga dicuri oleh keluarga Marcos ketika mereka terakhir berkuasa.

<p>Infografis Putra Diktator Ferdinand Marcos Unggul di Pilpres Filipina 2022. (Liputan6.com/Trieyasni)</p>

Guru Besar Hubungan Internasional Universitas Indonesia (UI), Evi Fitriani, menilai kemenangan Marcos Jr ini bisa terjadi lantaran sistem demokrasi yang belum matang. Menurutnya, demokratisasi di Filipina sama mentahnya dengan di Indonesia sehingga banyak unsur yang tidak sempurna.

"Mungkin bedanya satu dekade dengan Indonesia, jadi banyak unsur-unsur yang tidak sempurna dan kemangan ini bagian dari ketidaksempurnaan itu," kata Evi kepada Liputan6.com di Jakarta, Rabu, (11/5/2022).

Evi mengatakan, budaya politik di Filipina belum menunjang sistem demokrasi, hal ini terlihat dari adanya pattern client. "Jadi orang memilih karena uang atau mungkin karena hubungan pribadi karena persona pribadi si kandidatnya," ujarnya.

Di Filipina, kata dia, dikuasai klan-klan keluarga yang kaya dan mendominasi kongres serta parpol sejak jaman dulu seperti keluarga Acquino dan Marcos.

"Jadi walau pun Marcos sudah dijatuhkan, namun proses hukumnya kan tidak tuntas. Malahan dalam waktu lima tahun, keluarganya bisa come back dan anaknya bisa memulai karir politik lagi, mulai dari gubernur, kemudian anggota senat. Sebab mereka punya pengikut yang dulu diuntungkan sejak zamannya Marcos berkuasa," kata dia.

Ditambah lagi, banyak masyarakat miskin dan tingkat pendidikan belum merata, sehingga rakyat mudah dibohongi. Terlebih dengan pemberitaan medsos yang memutar balik sejarah.

Hal yang sama juga terjadi di Indonesia, di mana keluarga Cendana tengah berusaha membersihkan nama Presiden Soeharto.

"Nah itu kan yang dilakukan Bongbong ini kan? Seakan-akan jaman si ayahnya Bongbong ini jaman keemasan Filipina. Nah ini mirip dengan yang di Indonesia, tapi di sana mereka mulai dari bawah, dari gubernur dan anggota senat, Marcos Junior ini aktif tapi kan beda dengan di Indonesia yang keluarga Cendana tiba-tiba mau jadi ke kancah nasional," kata Evi.

Sehingga, kata Evi, tidak menutup kemungkinan pilpres yang terjadi di Filipina juga bisa terjadi di Indonesia. "Bisa jadi, Amerika kan jaman Trump juga begitu karena mereka hire PR yang begitu bagus dan mau melakukan pembohongan politik seperti itu. Pada Indonesia sendiri juga sudah mulai terjadi dari pemilu beberapa pemilu sebelumnya, hoaks banyak sekali," ujarnya.

Untuk itu, dia meminta masyarakat Indonesia lebih cerdas serta peran media yang tidak disetir oleh kelompok-kelompok tertentu.

"Karena kasus di Filipina ini yang banyak main ini media alterinatif yang disebar kelompoknya Bongbong dengan kekuatan uang mereka melakukan itu. Jadi media ini diperkuat, kelompok sipil diperkuat untuk membuat counter narasi," Evi memungkasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Buzzer TikTok

Konten-konten TikTok menyebar ilusi stabilitas dan pertumbuhan ekonomi dalam rezim Marcos yang korup. Para pemilih pun terbuai dengan "keindahan" zaman tersebut.

Faktor usia pun menjadi sorotan, sebab para milenial dan generasi Z di Filipina tidak paham rezim Ferdinand Marcos. Akan tetapi, 72 persen pemilih dari kalangan milenial dan generasi Z adalah pendukung Marcos.

56 persen dari seluruh pemilih juga berusia di bawah 40 tahun. Alhasil, mereka belum lahir atau terlalu kecil untuk paham korupsi pemerintahan Marcos yang berkuasa antara 1965-1986.

"Mereka tidak punya pengalaman atau memori atau pengetahuan tentang rezim Marcos," ujar pakar politik dari De La Salle University, Julio C. Teehankee.

Pengaruh politik keluarga Marcos tak terlepas dari narasi media sosial. Teehankee berkata Bongbong menggunakan jaringan dari Marcos Sr dan kekayaannya untuk kampanye media sosial yang tertata.

Pemerintah yang tak kunjung menerapkan kebijakan melawan kemiskinan juga menjadi faktor ketidakpuasan. Lebih dari seperlima orang Filipina hidup di bawah garis kemiskinan, sementara kekayaan terfokus pada pebisnis dan politisi.

Investigasi Rappler dan Vera Files menunjukkan bahwa Marcos mendapat untung dari kampanye disinformasi yang terkoordinasi dari media sosial, terutama dalam bentuk video.

Alan German, ahli strategi kampanye di Agents International, menyebut bahwa kreator konten politik dibayar hingga US$ 4.700 (Rp 68 juta) per bulan. Angka itu fantastis mengingat upah minimum per bulan di Filipina hanya US$ 170 (Rp 2,4 juta).

Ketika diwawancara CNN, Bongbong membantah menggunakan buzzer seperti itu.

Peneliti disinformasi dari Universitas Harvard, Jonathan Corpus Ong, menjelaskan bahwa algoritmen TikTok bisa mempercepat popularits seseorang dibandingkan Facebook, Twitter, dan Instagram. Alhasil, misinformasi bisa lebih mudah tersebar di TikTok.

"Potensi konten misinformasi untuk meraih dinamika 'sensasi viral' lebih tinggi di TikTok ketimbang di platform-platform lain," ucapnya.

Kristoffer Rada, kepala kebijakan publik TikTok, berkata apabila ada konten yang ditandai sebagai disinformasi, maka kontennya tak akan diprioritaskan.

Kreator konten seperti Toledo menilai tuduhan korupsi Marcos adalah kebohongan yang disebar rival politiknya, yakni keluarga Aquino. Namun, Mahkamah Agung Filipina telah menegaskan di tahun 2003 bahwa US$ 658 juta deposit dari Ferdinand Marcos dan istrinya di bank Swiss merupakan uang yang didapatkan secara tidak sah.

<p>Infografis Kunci Kemenangan dan Janji Kampanye Ferdinand Marcos Jr. (Liputan6.com/Trieyasni)</p>


Strategi Kampanye Marcos Jr

Ferdinand Marcos Jr, putra dan senama mendiang diktator, berada di ambang kemenangan dalam pemilihan presiden Filipina dengan telak, menurut hasil awal dan tidak resmi. Menurut laman TIME, berikut ini adalah strategi kampanye Marcos Jr:

1. Punya Tim yang Kuat

Dia telah bekerja sama dengan putri mantan presiden populis Rodrigo Duterte, Sara Duterte, yang mencalonkan diri sebagai wakil presiden. Mereka membuat tim yang tangguh, dan menuju kemenangan telak dalam jajak pendapat 9 Mei. Ferdinand Marcos Jr. telah mendapatkan 30 juta suara dalam penghitungan awal, lebih dari dua kali lipat saingan terdekatnya---wakil presiden saat ini Leni Robredo.

2.Kampanye di Media Sosial

Jajak pendapat awal menunjukkan satu titik data penting: Mayoritas pendukung Marcos adalah mereka yang berusia di bawah 30 tahun, pemilih yang tidak lahir ketika ayahnya memberlakukan darurat militer nasional dan memimpin pelanggaran hak asasi manusia, korupsi, dan perlambatan ekonomi besar-besaran.

Marcos Jr juga tahu di mana harus bertemu dengan para pendukung ini: timnya terlibat dengan jutaan pengguna di platform sosial---terutama TikTok dan Facebook---baik di dalam maupun di luar Filipina.

"Dia adalah orang yang berhati-hati," kata Reian Azcune, pemilih berusia 20 tahun di provinsi Rizal.

"Dalam semua kampanye dan aksi unjuk rasa, dia tidak pernah benar-benar bermaksud mengolok-olok orang lain, atau dia tidak pernah memfitnah siapa pun."

3. Usung Persatuan

Kampanye presiden tahun 2022 Marcos Jr. mengusung narasi "persatuan" sebagai sarana untuk mengangkat negara dari kelesuan ekonomi akibat pandemi COVID-19.

Terlepas dari pesan ini, ia telah menjadi kandidat yang paling memecah belah dalam perlombaan. Lawan politik mengutuk pelanggaran hak asasi manusia selama kediktatoran ayahnya, miliaran dolar dalam kekayaan haram, dan pajak keluarga yang belum dibayar.

Mereka juga menunjukkan bahwa ibunya, Imelda Marcos telah berhasil menghindari hukuman penjara, meskipun dihukum karena korupsi.

4. Jadi Pilihan Segar untuk Kaum Muda

Pekerja luar negeri Filipina, Sherina Erno tidak berencana memilih Bongbong Marcos dalam jajak pendapat. Keluarga Marcos, katanya, telah "memerintah dengan darurat militer begitu lama. Jadi mengapa Filipina masih berantakan?"

Kritikus mengatakan kemenangan Bongbong Marcos akan menimbulkan ancaman besar bagi demokrasi Filipina.

Negara Asia Tenggara berpenduduk 110 juta orang ini telah mengalami perang narkoba berdarah Duterte dan tindakan keras terhadap perbedaan pendapat, yang sangat mengingatkan pada tahun-tahun brutal Marcos Sr berkuasa.

Tetapi bagi mereka yang tidak mengalami rezim ayahnya, Marcos Jr tampaknya menawarkan pilihan yang menyegarkan---terutama setelah presiden-presiden sebelumnya gagal mengatasi kemiskinan yang parah, infrastruktur yang lemah, dan korupsi yang mengakar yang mendominasi kehidupan sehari-hari begitu banyak orang Filipina.

"Anda memiliki suksesi administrasi yang benar-benar gagal memenuhi cita-cita dan aspirasi fundamental rakyat Filipina, yang diungkapkan dalam revolusi 1986," kata Richard Heydarian, seorang profesor ilmu politik dan pakar geopolitik Asia yang berbasis di Manila.


Fakta di Balik Sosok Marcos Jr

Nama Ferdinand 'Bongbong' Marcos Jr sebetulnya tidak asing di dunia politik Filipina. Pada 1981, ia bahkan berhasil menjadi wakil gubernur di Ilata Norte. Usia saat itu masih 23 tahun.

Berikut ini fakta-fakta di balik sosok Marcos Jr:

1. Karier Politik

Mungkin tidak mengejutkan untuk mengetahui bahwa Ferdinand Marcos masih berkuasa ketika Bongbong jadi gubernur. Sekitar lima tahun kemudian, revolusi pecah di Filipina dan akhirnya Marcos senior lengser. Dan berikut fakta menarik dari Presiden Bongbong.

Berdasarkan data di situs Senat Filipina, Bombong Marcos (BBM) lahir pada 13 September 1956 di Manila. Ia menikah dengan wanita bernama Louise pada 1993.

Pasangan itu memiliki tiga putra: Ferdinand Alexander, Joseph Simon, dan William Vincent. Ferdinand Alexander sudah berusia 28 tahun, sementara yang termuda akan berusia 25 tahun pada Mei 2022.

Usai menjabat sebagai wakil gubernur di provinsi Ilocos Norte, karier Bongbong berlanjut sebagai gubernur provinsi tersebut pada 1983-1986.

Karier Bongbong tersendat karena keluarga Marcos sempat menjadi eksil hingga 1992. Sepulangnya dari pengasingan, Bongbong kembali masuk ke dunia politik sebagai anggota Kongres pada 1992-1995.

Pria yang pernah kuliah di Wharton School of Business itu kembali menjadi gubernur Ilocos Norte pada 1998-2007, kemudian kembali menjadi anggota Kongres pada 2007-2010, dan akhirnya menjadi Senator di 2010.

Pada situs resminya, pihak Bongbong mengakui sukses mengubah Ilocos Norte menjadi "provinsi kelas satu."

Ia pernah bekerja di berbagai komite, mulai dari komite pemerintahan lokal, pekerjaan umum, hubungan luar negeri, agrikultur, ekonomi, pendidikan, energi, keuangan, lingkungan, dan lain sebagainya.

2. Tidak Lulus Kuliah?

Bongbong adalah satu-satunya anak lelaki Marcos senior dari pernikahannya dengan Imelda. Ia adalah anak kedua dari pernikahan Ferdinand Marcos dengan Imelda. Kakaknya yang bernama Maria Imelda Josefa Remedios Romualdez Marcos (Imee) juga terjun ke bidang politik.

Imee juga pernah menjadi gubernur di Ilocos Norte, setelah itu ia lanjut sebagai senator. Hingga kini, Imee masih menjabat sebagai senator.

Adik Bongbong dan Imee, yakni Irene, adalah satu-satunya dari trio Marcos yang tidak memegang jabatan publik.

Bongbong menerima pendidikan di luar negeri. Ia pernah bersekolah di Worth School, Sussex. Ia kemudian melanjutkan S2 di Universitas Oxford dan mendapat diploma khusus di bidang Ilmu Sosial.

Namun, BBC menyebut Bongbong sebetulnya gagal lulus dari Oxford.

Bongbong juga tak menyelesaikan kuliahnya di Wharton dengan dalih pekerjaan politiknya.

3.Korupsi Jadi Sorotan

Komisi Kepresidenan untuk Tata Kelola yang Baik (PCGG), yang dibentuk setelah pemberontakan 1986, telah memulihkan sekitar sepertiga dari $10-15 miliar dari apa yang disebut "kekayaan haram" - termasuk perhiasan, lukisan berharga dan sepatu terkenal Imelda - tetapi secara resmi masih mengejar sisanya.

Bongbong kemudian menyarankan bahwa dia akan memperluas kewenangan PCGG untuk memasukkan keluarga lain, tetapi mengingat kemajuan yang terbatas dalam meminta pertanggungjawaban keluarga Marcos saat mereka tidak berkuasa, sulit untuk membayangkan banyak kemajuan sekarang saat mereka kembali.

Sementara itu masih ada masalah pajak yang belum dibayar di perkebunan Marcos - Bongbong dinyatakan bersalah karena gagal mengajukan pengembalian pajak pada tahun 1995.

Lalu ada putusan di Amerika Serikat bahwa dia menghina pengadilan karena gagal membayar ganti rugi kepada para korban pelanggaran hak asasi manusia ayahnya, yang akan membuat setiap kunjungan resmi ke AS, sekutu perjanjian Filipina, menjadi rumit.

4.Terlalu Santai dan Malas

Media Inggris, BBC, menyorot bahwa Bongbong sebagai sosok yang berusaha membangkitkan politik dinasti. Nama "Marcos" juga masih sinonim dengan kasus korupsi.

BBC juga menyorot bahwa meski ada yang menganggap pemerintahan Marcos senior sebagai zaman yang baik, akan tetapi faktanya ekonomi Filipina justru anjlok, serta banyak utang ke bank-bank luar negeri.

Sejak dulu, Ferdinand Marcos ternyata pernah dibuat khawatir oleh Bongbong. Putranya disebut terlalu santai dan malas.

<p>Infografis Kilas Balik 36 Tahun Kejatuhan Diktator Ferdinand Marcos. (Liputan6.com/Trieyasni)</p>