Volume 285

Nyanyian Farhat Bikin Faisal Murka

Faisal Ungkit Polis Asuransi Rp 530 Juta Gala Sky: Tanggung Jawab Dunia Akhirat, Hati-hati yang Ikut Makan Uang Itu

Liputan6.com 2022-05-12 12:00:31
Haji Faisal buka suara soal polis asuransi Rp 530 juta yang mestinya menjadi hak Gala Sky. (Foto: Dok. YouTube Intens Investigasi)

Setidaknya ada tiga hal yang bikin Faisal gondok berat belakangan ini. Pertama, pihak Doddy Sudrajat merasa dipersulit bertemu Gala Sky. Kedua, ayah Vanessa Angel mengklaim bisa membiayai cucu 10 juta rupiah per bulan. Terakhir, "nyanyian" Farhat Abbas.

Mantan suami Nia Daniaty menyebut ada hak Doddy Sudrajat dalam rumah baru Gala Sky. Polah kubu Doddy Sudrajat bikin Haji Faisal naik pitam. Ia lantas mengungkit perkara polis asuransi cucu.

Faisal menduga polis asuransi 530 juta rupiah itu sejatinya sudah cair. Lantas ke mana perginya uang itu mengingat ada hak Gala Sky sebagai yatim piatu dalam uang setengah miliar lebih tersebut.

"Tapi coba kalian pertanyakan asuransi Prudential saja yang 530 juta saya sampai sekarang enggak jelas. Itu ada polisnya dulu. Saya yakin dan percaya, bahwa itu sudah cair. Mana?" katanya kepada wartawan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Hak Gala

"Kan hak Gala itu. Punya mamanya dong. Mana uangnya? Mana? Jadi jangan salah itu harus dipertanggungjawabkan dunia akhirat. Hati-hati siapa yang ikut makan (uang) itu," Faisal mengingatkan.

Melansir dari video wawancara di kanal YouTube Intens Investigasi, Rabu (11/5/2022), menegaskan polis asuransi yang sudah cair mestinya diberikan kepada Gala seluruhnya atau minimal sebagian.


Asuransinya Kembalikan!

"Enggak ada sama sekali. Asuransinya saja kembalikan! Asuransi 530 juta kalau enggak mau dikasih semuanya sebagian mana buat si Gala! Masukkanlah ke tabungannya Gala, haknya Gala!" cetusnya dengan nada tinggi.

Sejurus kemudian Faisal menangkis tudingan mempersempit akses Doddy Sudrajat bertemu cucu. Ia mengaku sakit hati kepada besan atas banyak hal termasuk mengusulkan tes DNA terhadap Gala Sky.


Pintu Damai Buat Doddy

Meski sakit hati, Faisal tak berniat mengunci pintu damai. "Saya bukannya enggak membuka (pintu damai). Saya membuka. Malahan mau saya kemarin kan sudah saya sampaikan andai kata dia tidak banding, mari kita bertemu, mari kita cairkan suasana," Faisal memaparkan.

"Saya sudah sampaikan, temui saya di Pasar Tanah Abang di mana tempat usaha saya. Dia datang ke sini umpamanya, mengobrol begini-begini-begini, sudah kita berangkulan, selesai urusan. Mari kita besarkan cucu," ia mengakhiri.

Infografis Kecelakaan Maut Vanessa Angel - Bibi Andriansyah (Liputan6.com/Triyasni)

Gading-Gisel Akan Rujuk?

Rayakan Ulang Tahun ke-40 Bersama Gisel, Gading Marten Didoakan Rujuk

Liputan6.com 2022-05-12 13:30:00
Gading Marten bersama Gisel dan Gempi (Instagram Gisel)

Gading Marten baru saja merayakan ulang tahun yang ke-40 pada 8 Mei 2022 kemarin. Setelah merayakan hari jadinya bersama sahabat, kini Gading Marten merayakan bersama mantan istrinya Gisel dan juga putrinya Gempita Nora Marten.

Momen bahagia tersebut diunggah oleh Gisel melalui akun Instagramnya, Rabu (11/5/2022). Dalam keterangan unggahannya, Gisel mengucapkan selamat atas bertambahnya umur kepada pria yang pernah mewarnai kehidupannya.

Tak hanya itu, Gisella Anastasia begitu nama lengkapnya sedikit menceritakan bahwa sejak masuk bulan Mei Gempi selalu mengingatkan dirinya tentang ulang tahun Gading Marten.

"Happy 40th bday buat papa Ding!!!! Dari awal Mei Gempi udh ribuuttt aja ngingetin setiap hari kl papanya mau ulg taun," tulis Gisel.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Telat

Gisel dan Gempi baru bisa merayakan dan mengucapkan selamat ulang tahun sehari setelah tanggal lahir Gading Marten. Maklum saat itu keduanya sedang berada di luar kota dan baru pulang setelah tangal 9 Mei 2022.

"Tapi, karena kemarin ga dapet tiket pulang, jadilah kita baru selametin tanggal 9-nya," tulis Gisel.


Doa Gisel

Doa terbaik tak dilupa dipanjatkan Gisel untuk Gading Marten yang kini berusia 40 tahun. Yang pasti ia berharap agar putra aktor gaek Roy Marten bisa mendapatkan kebahagian dan mendapatka semua yang diinginkan diusianya saat ini.

"Gapapa ya papa Ding, yang penting doa kami selalu menyertai. Enjoy your forties Boss! Always happy," tulis Gisel lagi.


Didoakan Rujuk

Komentar warganet langsung membanjiri unggahan Gisel Anastasia. Tak sedikit warganet yang mendoakan Gading Marten dan Gisel rujuk setelah melihat kekompakan dan kedekatan keduanya saat merayakan ulang tahun.

"Rujuk rujuk rujuk happy birthday papa ding sehat sllu bahagia sllu ," tulisk akun @anitasung_12

"Apa yang sudah dipersatukan Tuhan tak boleh dipisahkan manusia. Sebagai sesama darah keluarga yang sama dari Sihombing, semoga Gisel bisa kembali bersama Gading ," tulis akun @danieltangkas

"KK Gisel balik lah SMA papa gading,jangan dengar kan perkataan orng," tulis akun @onni_yeipeda

"Jika Saya Mati Secara Misterius..."

Perang Siber, Elon Musk Turun Tangan Bantu Ukraina Lawan Rusia

Liputan6.com 2022-05-12 14:05:34
Kehadiran Elon Musk di Met Gala 2022 ini tentunya menjadi atensi. Pasalnya orang terkaya di dunia versi Forbes ini baru saja membeli Twitter seharga USD44 Miliar. (Instagram/the.thinkings)

Miliarder Elon Musk masih konsisten membantu Ukraina dalam melawan dampak invasi Rusia. Bantuan yang Elon Musk berikan adalah melalui akses internet Starlink.

Terkini, Elon Musk mengaku bahwa Rusia berusaha menyerang akses Starlink dengan cara jamming. Dampak dari jamming adalah menghambat koneksi jaringan. Pihak Rusia dilaporkan terus memperkuat upaya mereka, sementara Starlink melawan balik.

"Starlink telah melawan jamming perang siber dari Rusia dan upaya hacking sejauh ini, tetapi mereka terus memperkuat usaha-usaha mereka," tulis Elon Musk melalui Twitter, dikutip Kamis (12/5/2022).

Proyek Starlink adalah konstelasi satelit yang menyediakan akses internet yang sangat cepat.

Elon Musk juga mendapat ancaman dari pejabat Rusia karena membantu Ukraina. Elon disebut sebagai penolok kelompok "fasis."

"Berdasarkan informasi kami, pengiriman peralatan Starlink dilakukan oleh Pentagon. Elon Musk maka dari itu terlibat dalam membantu pasukan fasis di Ukraina dengan peralatan komunikasi militer. Dan untuk hal ini, Elon, kamu akan dibuat bertanggung jawab seperti orang dewasa, tak peduli bagaimana kamu bertingkah sebagai orang bodoh," ujar pernyataan pihak Rusia yang disebar Elon Musk di Twitter.

Bos dari Tesla itu lantas menyampaikan pesan bahwa ada kemungkinan ia bisa meninggal secara misterius.

"Jika saya meninggal secara misterius, maka saya senang pernah mengenal kalian semua," ujar Elon Musk. Ibu dari Elon Musk, model dan pakar diet Maye Musk, sampai emosi saat membaca twit tersebut.

"Tidak ada malaikat dalam perang," lanjut Elon Musk di twit berbeda. Invasi Rusia ke Ukraina dimulai pada Februari 2022 dan terus berlanjut hingga kini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


DPR AS Kembali Setujui Bantuan 40 Miliar Dolar untuk Ukraina Lawan Perang Rusia

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) AS pada Selasa 10 Mei 2022 sekali lagi menyetujui bantuan militer dan kemanusiaan untuk Ukraina. Rencana pengeluaran dengan banderol $40 miliar atau sekitar Rp 582 triliun itu diperkirakan akan disetujui Senat akhir pekan ini.

Rencana ini mengikuti program pinjaman yang mempercepat pengiriman senjata ke negara tersebut. Sekaligus upaya Amerika melawan perang Rusia di Ukraina yang meningkat dengan cepat.

Selagi perang Rusia Ukraina berkecamuk di Odesa dan kota-kota lainnya di Ukraina, di Amerika terjadi peningkatan dramatis bantuan AS untuk negara tersebut.

Hanya dua bulan setelah Kongres menyetujui $13,6 miliar untuk membantu Ukraina, Presiden Joe Biden, memperingatkan bahwa dana untuk bantuan militer akan habis dalam seminggu. Dia meminta dana sebesar $33 miliar lagi.

"Biaya pertempuran tidak murah, tetapi menyerah pada agresi bahkan lebih mahal. Itu sebabnya kita meneruskan ini," ujar Biden seperti dikutip dari VOA Indonesia, Kamis (12/5/2022).

Sementara itu, para pejabat tinggi intelijen AS mengatakan bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin tampaknya bersiap menghadapi konflik panjang, dan perang di Ukraina akan menemui jalan buntu.

Para anggota Kongres dari Partai Demokrat mengatakan $33 miliar tidak cukup, dan menambahkan $7 miliar lagi, seperti disampaikan oleh Senator Demokrat Chris Murphy.

"Rusia akan kehabisan uang. Mereka akan kehabisan bahan pertahanan. Kita harus memastikan bahwa Ukraina tidak kehabisan uang, bahwa Ukraina tidak kehabisan bahan pertahanan," kata Murphy.


Jerman Berupaya Tak Bergantung pada Energi Rusia

Jerman ingin segera terlepas dari ketergantungannya terkait sumber daya energi terhadap Rusia.

"Kami perlu mempercepat dan kami bekerja untuk mempercepat transisi energi kami untuk menjadi independen dari minyak, batu bara, dan gas Rusia secepat mungkin," ujar Jennifer Morgan, selaku Utusan Khusus Jerman untuk Aksi Iklim Internasional dalam konferensi pers terkait isu iklim internasional bersama awak media pada Rabu (11/5).

Ia juga menambahkan bahwa pemerintah Jerman saat ini sedang mengupayakan mengurangi ketergantungan terhadap Rusia.

"Kami tentu menolak agresi yang terjadi dan ingin agar ini semua secepatnya selesai," tambahnya.

Hal ini selaras dengan pernyataan Presiden Jerman Frank Walter Steinmeier pada Rabu (4/5) saat berkunjung ke Bucharest.

"Ketergantungan Jerman pada sumber daya energi Rusia telah berkurang secara signifikan," katanya.

Ketergantungan Jerman pada minyak Rusia saat ini 15 persen.

Steinmeier kala itu mengatakan pada konferensi pers bersama dengan timpalannya dari Rumania Klaus Iohannis.

Presiden Rumania mengatakan bahwa negaranya mendukung larangan yang diusulkan Komisi Eropa terhadap minyak Rusia, yang akan dilaksanakan melalui periode penghentian selama enam bulan.

Pihak berwenang di Bucharest sekarang sedang mengerjakan solusi berkelanjutan yang dapat dimobilisasi dengan cepat, kata Iohannis.

"Rumania ingin berperan aktif dalam mencapai tujuan strategis UE untuk mendiversifikasi pasokan gas alamnya," katanya.


Sebelumnya Jadi Pembeli Terbesar

Jerman disebut menjadi pembeli terbesar untuk bahan energi dari Rusia selama dua bulan pertama terjadinya konflik di Ukraina.

Hal itu diungkapkan dalam sebuah studi yang diterbitkan oleh kelompok penelitian independen yang berbasis di Finlandia, Centre for Research on Energy and Clean Air.

Dikutip dari laman Associated Press (AP), Kamis (28/4) studi tersebut menghitung bahwa Rusia telah memperoleh 63 miliar euro dari ekspor bahan bakar fosil sejak 24 Februari, yang merupakan tanggal hari pertama terjadinya konflik Rusia-Ukraina.

CREA menjelaskan, pihaknya melakukan studi ini dengan menggunakan data pergerakan kapal, pelacakan aliran gas secara real-time melalui jaringan pipa dan perkiraan berdasarkan perdagangan bulanan secara historis.

Para peneliti CREA juga mengungkapkan, Jerman membayar Rusia sekitar 9,1 miliar euro untuk pengiriman bahan bakar fosil -- sebagian besar gas alam -- dalam dua bulan pertama tahun ini.

Infografis Ragam Komentar Polemik Kehadiran Putin di KTT G20 Bali. (Liputan6.com/Trieyasni)

Maia Estianty Temui Mulan

Dubes Rusia Dibully

Dubes Rusia di Warsawa Disiram Cat Merah dan Dicemooh Warga

Liputan6.com 2022-05-12 13:35:40
Ilustrasi Rusia. (Freepik/jannoon028)

Duta Besar Rusia untuk Polandia Sergey Andreev didesak, dicemooh, dan dilumuri cat merah oleh orang-orang yang memprotes perang Rusia Ukraina ketika ia mencoba meletakkan bunga di Pemakaman Militer Soviet di Warsawa pada Senin 9 Mei 2022.

Rusia kemudian menuntut permintaan maaf resmi dari Polandia dan mengancam kemungkinan pembalasan di masa depan, setelah duta besar Moskow untuk Warsawa disiram dengan cat merah oleh pengunjuk rasa.

Dalam klip video yang diposting ke media sosial, seperti dikutip dari Al Jazeera, Kamis (12/5/2022), menunjukkan dubes Rusia untuk Polandia itu dikepung dan wajahnya disiram cat pada acara untuk menandai Victory Day (Hari Kemenangan) -- hari libur Rusia yang menandai kekalahan Nazi Jerman pada tahun 1945.

Polisi Polandia kemudian membantu duta besar untuk meninggalkan tempat kejadian dengan selamat.

"Rusia mengharapkan permintaan maaf resmi dari kepemimpinan Polandia sehubungan dengan insiden tersebut dan menuntut keselamatan duta besar Rusia dan semua karyawan lembaga asing Rusia di Polandia," kata kementerian luar negeri Rusia, Rabu 11 Mei.

"Keputusan tentang langkah lebih lanjut akan diambil tergantung pada reaksi Warsawa terhadap tuntutan kami."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Pemanggilan Dubes Polandia untuk Moskow

Duta Besar Polandia untuk Moskow Krzysztof Krajewski dipanggil ke kementerian terkait permintaan permintaan maaf.

Krajewski mengatakan dia menanggapi Kementerian Luar Negeri dengan mengulangi kata-kata menteri luar negeri Polandia yang menyebut insiden itu "sangat menyedihkan" dan sesuatu yang seharusnya tidak pernah terjadi mengingat status diplomat yang dilindungi.

Menteri Luar Negeri Polandia Zbigniew Rau mengatakan bahwa pihak berwenang memperingatkan duta besar Rusia bahwa menghadiri pemakaman berisiko memprovokasi sebuah insiden, menurut kantor berita PAP yang dikelola pemerintah.

"Namun, apa yang terjadi sama sekali tidak mengubah posisi kami bahwa perwakilan diplomatik negara asing berhak atas perlindungan ... tidak peduli seberapa besar kami merasa perlu untuk tidak setuju dengan kebijakan pemerintah yang diwakili oleh diplomat tersebut," kata Rau.


Ibarat Pembalasan, Kedutaan Polandia di Moskow Disiram Cat Merah

Sebagai pembalasan, cat merah berceceran di pintu masuk Kedutaan Besar Polandia di Moskow pada Rabu, kata juru bicara kementerian luar negeri Polandia. Kementerian mengatakan bahwa sebuah plakat dengan lambang nasional Polandia di pintu masuk kedutaan telah disiram cat.

Secara tradisional, hubungan bilateral antara Moskow dan Warsawa telah tegang sejak invasi Rusia ke Ukraina, yang berbatasan dengan Polandia. Pemerintah Polandia telah mendesak sanksi internasional yang keras, termasuk larangan sumber energi Rusia.

Lebih dari tiga juta orang Ukraina telah melarikan diri ke Polandia, dan Warsawa telah mengusir 45 diplomat Rusia, yang memicu tanggapan balasan dari Moskow.


Dubes Rusia: Target Operasi Kami di Ukraina Bukan Rakyat Sipil

Perang terbuka antara Rusia dan Ukraina belum memperlihatkan tanda-tanda akan berhenti. Pihak Rusia pun terus mengklaim kemenangan di sejumlah titik pertempuran, sementara pihak Ukraina menuduh bahwa operasi militer Rusia sepanjang lebih dua bulan terakhir hanyalah permulaan untuk menyerang negara lain.

Tapi, menanggapi kritik yang dilancarkan pihak Barat terhadap kebijakan negaranya, Duta Besar Rusia Lyudmila Georgievna Vorobieva mengaku heran. Menurutnya, seharusnya pihak Barat khawatir pada situasi di Libya yang negaranya hancur, atau di Irak yang lebih dari 1 juta warganya terbunuh, serta sikap Israel yang mengebom Gaza tanpa ada reaksi dari Barat.

Kendati demikian, Departemen Luar Negeri AS justru mengumumkan pembatasan visa pada lebih dari 2.000 pejabat militer Rusia dan Belarusia. Selain AS, kelompok negara G7 juga menerapkan sanksi terhadap tiga saluran televisi terbesar Rusia serta berkomitmen untuk menghentikan impor minyak dari Moskow.

Dalam program Wawancara Khusus Bincang Liputan6, Lyudmila Georgievna Vorobieva menegaskan sikap negaranya yang sama sekali tak menyasar warga sipil Ukraina. Dia juga mengatakan bahwa sanksi yang dikenakan pihak Barat tak hanya merugikan negaranya, melainkan dirasakan juga oleh negara lainnya.

Infografis Rusia Vs Ukraina, Ini Perbandingan Kekuatan Militer. (Liputan6.com/Trieyasni)

84 Tahun Kerja, Tak Pernah Pindah

Cerita Kakek Asal Brasil Cetak Rekor Dunia Setia 84 Tahun Kerja di Perusahaan yang Sama

Liputan6.com 2022-05-12 06:00:44
Walter Orthmann, seorang pria berusia 100 tahun dari Brasil telah bekerja untuk perusahaan yang sama sejak 1938, 84 tahun dan memecahkan rekorGuinness Book of Records. (Facebook Peace Fr

Kisah menarik dan unik datang dari seorang kakek berusia 100 tahun asal Brazil, bernama Walter Orthmann.

Dilansir dari laman Guinness World Records, Kamis (12/5/2022) Walter Orthmann berhasil meraih rekor dunia Guinness karena bekerja di perusahaan yang sama selama 84 tahun 9 hari, sebagaimana diverifikasi pada 6 Januari 2022.

Semangat, disiplin, dan komitmennya memotivasi dia untuk terus melakukan apa yang dia sukai dan, akhirnya, menjadi pemegang gelar resmi Guinness World Records untuk karir terlama di perusahaan yang sama.

Didorong oleh kegigihannya, Walter mengungkapkan kenangannya ketika berjalan tanpa alas kaki ke sekolah untuk belajar dan kemudian berlatih di rumah.

Walter pun dikenal sebagai siswa yang luar biasa dengan ingatan yang brilian dan perhatian terhadap detail.

Namun, karena masalah keuangan, ia mulai bekerja untuk membantu keluarganya.

Dia pergi ke pabrik tenun dengan ibunya untuk melamar pekerjaan, dan, karena kemahirannya yang kuat dalam bahasa Jerman, dia dipekerjakan. Walter telah bekerja di perusahaan yang sama, ReneauxView, sejak saat itu.

Setelah mendapatkan posisi pertamanya sebagai asisten pengiriman, Walter menunjukkan keterampilan dan kemauan yang luar biasa untuk belajar, selalu melakukan lebih dari yang diharapkan.

Tak lama setelah itu, ia dipromosikan ke posisi penjualan. Kemudian, ia menjadi Manajer Penjualan yang sukses.

Walter percaya bahwa bagian terbaik dari memiliki pekerjaan adalah memberikan tujuan, komitmen, dan rutinitas, demikian ditulis di laman Guinness World Records.


Jatuh Cinta pada Pekerjaan

Ketika usianya lima puluhan, Walter mulai bepergian ke seluruh negeri dan memiliki kesempatan untuk bertemu orang-orang dari berbagai tempat dan budaya.

Pengalamannya itu pun membuat Walter semakin jatuh cinta pada pekerjaannya, karena terus bergerak dan menjalin hubungan baik dengan klien yang menjadi teman.

Selama 84 tahun bekerja, ia telah melihat banyak hal berubah di perusahaan, di negara dan di dunia.

Sebagai hasilnya, Walter menjadi mengerti bahwa salah satu bagian terpenting dari bisnis adalah untuk selalu up-to-date dan beradaptasi dengan konteks yang berbeda.

Pada 19 April 2022, Walter Orthmann genap berusia 100 tahun. Dia merayakan ulang tahun keseratusnya bersama rekan kerja, teman, dan keluarga dengan pesta yang tak terlupakan.

Karisma, empati, dan kemanusiaannya pun menjadikannya pemimpin yang kuat dan berarti.

Dia kini dalam kesehatan yang baik, dengan kejernihan mental dan ingatan yang sangat baik.

Guinness menyebut, Walter menikmati kehidupan yang tenang dan berolahraga setiap hari. Hasilnya, ia mampu mempertahankan vitalitas dan energi yang cukup untuk berkendara ke tempat favoritnya setiap hari: kantor.

Walter berkomentar bahwa saran profesional terbaik yang bisa dia berikan adalah mencoba bekerja untuk perusahaan yang baik dan di area di mana Anda merasa termotivasi.


Momen yang Tak Terlupakan

Walter telah mencapai karir yang memecahkan rekor dengan banyak momen yang tak terlupakan dengan percaya pada kekuatan masa kini, beber Guinness.

"Saya tidak melakukan banyak perencanaan, juga tidak terlalu peduli tentang hari esok. Yang saya pedulikan adalah besok akan menjadi hari lain di mana saya akan bangun, berolahraga, dan pergi bekerja; Anda harus sibuk dengan masa kini. , bukan masa lalu atau masa depan. Di sini dan sekarang yang penting. Jadi, ayo bekerja," ujarnya.

Bagi Walter, memecahkan gelar Guinness World Records adalah suatu kehormatan dan hak istimewa. Dia tidak akan pernah membayangkan bahwa dia akan mencapainya.


Asah 5 Soft Skill Ini Biar Sukses Berkarier di Perusahaan

Melansir CNBC, berikut ini lima soft skill yang dapat mendukung karyawan mengembangkan kariernya.

1. Rasa Ingin Tahu

Karyawan yang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi sering mengajukan pertanyaan untuk memperluas cakupan ide atau proyek.

Karyawan yang paling ingin tahu dapat melihat kemungkinan baru yang biasanya tidak terpikirkan. Oleh karena itu, mengasah keterampilan rasa ingin tahu akan membantu Anda menemukan solusi hebat dengan lebih cepat dan lebih kreatif.

Caranya, Anda bisa membiasakan diri mengembangkan sejumlah pertanyaan setelah membaca pengetahuan baru dari buku atau internet.

2. Inovasi

Keingintahuan dapat membantu Anda menghasilkan ide-ide baru, tetapi inovasi mendorong kolaborasi dan penemuan yang diperlukan untuk menghidupkan ide.

Misalnya, ketika seorang Direktur Pelaksana Pembelajaran Profesional di CFA Institute Barbara Petitt bekerja sebagai konsultan, dirinya melihat bahwa orang-orang yang menemukan solusi inovatif untuk masalah klien adalah kekuatan pengikat yang membuat semua orang bersemangat untuk bekerja sama.

Sebagai bonus tambahan, para karyawan ini sering diberi penghargaan atas semangat inovatif mereka, baik dalam bentuk penghargaan maupun bayaran.

Karyawan yang ingin mengembangkan soft skill ini bisa dimulai dengn mencoba menghasilkan ide-ide yang unik dan dapat ditindaklanjuti.

3. Kecepatan

Kecepatan melibatkan kemampuan menyerap pengetahuan dengan cepat, menerapkannya, dan menyampaikannya. Berkat teknologi dan kekayaan informasi yang tersedia secara instan, keputusan yang biasanya memakan waktu berminggu-minggu sekarang dapat dibuat dalam hitungan hari, bukan lagi jam.

Untuk mengembangkan soft skill ini, Anda bisa secara sukarelawan melakukan tugas yang menarik saat ditawarkan kepada Anda. Kemudian perhatikan baik-baik cara Anda mengatur waktu menyelesaikannya.


Komunikasi dan Kerentanan

Kemampuan kita untuk berkomunikasi dan terhubung secara emosional adalah yang membedakan manusia dari robot. Kita memiliki kemampuan untuk merenungkan masa lalu dan membayangkan kembali masa depan.

Di tahun-tahun sebelumnya, komunikasi terkait jabat tangan yang erat, kontak mata, dan mendengarkan dengan penuh perhatian. Komunikasi lebih dari itu karena teknologi yang kian canggih.

Beberapa contoh ada aplikasi Zoom yang dapat digunakan sebagai sarana komunikasi untuk rapat bersama tim kerja. Karena itu, bila Anda tidak memahami penggunaannya, cobalah ikuti kursus atau bergabunglah dengan pelatihan untuk mengasah publick speaking.

5. Kerentanan

Dalam bukunya yang berjudul Braving the Wilderness, Bren Brown menulis, "Dasar dari keberanian adalah kerentanan - kemampuan untuk menavigasi ketidakpastian, risiko, dan paparan emosional."

Hal tersebut mungkin tampak berlawanan dengan intuisi, tetapi soft skill ini sangat relevan di era sekarang ini karena adanya tren di dunia kerja. Untuk mengasahnya, Anda bisa bersikap terbuka terkait kekurangan yang dimiliki dan mengakui bila melakukan kesalahan.

Infografis 5 Tips Kuatkan Daya Tahan Mental agar Tubuh Lebih Sehat Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)

Korea Utara Lockdown

Omicron Masuk Korea Utara, Langsung Terapkan Lockdown

Liputan6.com 2022-05-12 15:00:31
Ekspresi Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un saat memantau latihan militer Korea Utara di lokasi yang dirahasiakan pada hari Senin (2/3/2020). Latihan militer digelar ketika perundingan nuklir d

Pemerintah Korea Utara mengonfirmasi kasus pertama COVID-19 varian Omicron. Meski tidak disebutkan berapa jumlah kasusnya, namun pemimpin negara tersebut Kim Jong-un bersumpah akan memberantas wabah dengan memberlakukan darurat nasional.

Dikutip BBC, Korea Utara saat ini telah menutup jalur perbatasan luar negerinya walaupun menyebabkan kekurangan pangan dan ekonomi yang lemah.

Media Korea Utara, KCNA juga menulis, Kim telah memerintahkan lockdown termasuk pembatasan berkumpul di tempat kerja.

"Kasus pertama varian Omicron terdeteksi di Ibu Kota empat hari lalu," tulis laporan tersebut.

Pemerintah Korea Selatan menyatakan telah mencoba menawarkan bantuan kemanusiaan ke Korea Utara, namun Pyongyang belum menanggapi.Selama lebih dari dua tahun, Korea Utara mengklaim tak memiliki satu kasus pun COVID-19. Lantas kenapa sekarang terbuka?

Kemungkinan besar karena wabah ini terlalu serius dan terlalu sulit untuk disembunyikan.

Korea Utara bahkan telah konsisten dalam komitmen publiknya untuk memerangi virus. Ini adalah bagaimana ia membenarkan menutup perbatasannya begitu lama. Sekarang Omicron telah memasuki negara itu, tantangannya adalah membatasi penyebarannya.

Tanpa vaksin, layanan kesehatan yang buruk, dan kapasitas terbatas untuk menguji orang, pilihan Korea Utara sangat terbatas saat ini.

Pihak berwenang telah dengan jelas memutuskan bahwa mereka tidak punya pilihan selain mengunci negara itu. Jadi mereka hanya perlu memberi tahu orang-orang dan seluruh dunia meskipun tidak berarti pemerintah bersedia menerima bantuan dari luar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Korea Utara menunda uji rudal, fokus pada penanganan COVID-19

Korea Utara telah mengklaim telah melakukan lebih dari selusin uji coba rudal yang dilarang, termasuk salah satu rudal balistik antarbenua, senjata yang tidak pernah diuji selama lebih dari empat tahun.

Yang Moo-jin, seorang profesor di Universitas Studi Korea Utara, mengatakan kepada AFP bahwa Korea Utara mungkin mengesampingkan rencana uji coba nuklir untuk fokus memerangi wabah, meskipun jika ketakutan publik meningkat, Kim mungkin akan melanjutkan uji coba "untuk mengalihkan ketakutan ini ke tempat lain".


Tanda-tanda kehadiran COVID-19 di Korea Utara

Leif-Eric Easley, seorang profesor di Universitas Ewha, mengatakan bahwa orang Korea Utara "mungkin kurang tertarik pada uji coba nuklir atau rudal ketika ancaman mendesak melibatkan virus corona daripada militer asing".

Dia menambahkan Pyongyang kemungkinan akan "menggandakan" pengunciannya, mengingat negara itu memasuki "periode ketidakpastian dalam mengelola tantangan domestik dan isolasi internasional".

Terlepas dari klaim Korea Utara sebelumnya bahwa mereka "berhasil bersinar" dalam mencegah COVID-19, ada tanda-tanda selama pandemi tentang potensi kehadiran virus di negara itu.

Pada Juni tahun lalu, media pemerintah melaporkan bahwa Kim telah menghukum para pejabat atas "insiden serius" terkait dengan COVID-19, tetapi tidak merinci rinciannya.

Kemudian pada bulan September, negara tersebut mengadakan parade militer yang menampilkan barisan tentara yang mengenakan jas dan topeng hazmat , yang oleh beberapa analis dilihat sebagai tanda bahwa pasukan khusus telah dibentuk untuk membantu mencegah penyebaran COVID-19, tulis BBC.


Proyek rudal

Sebelumnya, Korea Utara telah mengumumkan bahwa mereka berhasil meluncurkan intercontinental ballistic missile (ICBM) atau rudal balistik antarbenua terbesarnya dalam sebuah uji coba pada Kamis 24 Maret 2022.

Hwasong-17 pertama kali diluncurkan pada tahun 2020 di sebuah parade di mana ukurannya yang sangat besar bahkan mengejutkan para analis berpengalaman. Peluncuran tersebut menandai pertama kalinya negara itu menguji ICBM sejak 2017. Demikian seperti dilansir BBC, Jumat (25/3/2022).

ICBM adalah rudal jarak jauh, yang mampu mencapai AS. Korea Utara dilarang mengujinya dan telah diberi sanksi berat karena melakukannya sebelumnya.

Media pemerintah mengatakan pemimpin Kim Jong-un secara langsung memandu uji coba hari Kamis dan senjata itu adalah kunci untuk mencegah perang nuklir.

Ankit Panda dari Carnegie Endowment for International Peace menyebut peluncuran itu sebagai "tonggak penting" bagi persenjataan nuklir Korea Utara.

Hasil Utama KTT Korea Utara-Korea Selatan adalah Perang Korea Berakhir (Liputan6.com/Abdillah)

Sri Lanka Rusuh, Nasib WNI?

Sri Lanka Rusuh, Kemlu RI Pastikan 273 WNI dalam Kondisi Aman

Liputan6.com 2022-05-12 17:02:16
Tentara Sri Lanka berpatroli selama jam malam di Kolombo, Rabu, 11 Mei 2022. Kementerian pertahanan Sri Lanka pada Selasa memerintahkan pasukan keamanan untuk menembak siapa pun yang menye

Kementerian Luar Negeri RI lewat KBRI Kolombo telah memastikan bahwa seluruh Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di Sri Lanka, aman dan tidak terdampak dari kerusuhan akibat krisis ekonomi.

"Saat ini, tercatat 273 WNI yang berada di Sri Lanka di mana 194 merupakan pemegang izin tinggal tetap dan 79 orang merupakan pemegang visa kunjungan bisnis," ujar Direktur PWNI Kemlu RI Judha Nugraha dalam press briefing, Kamis (12/5/2022).

Judha Nugraha menegaskan bahwa seluruh WNI tersebut bisa dipastikan aman.

"Kondisi saat ini, menurut KBRI Kolombo, tidak ada WNI yang terdampak situasi krisis Sri Lanka," kata Judha dalam konferensi pers di Kemlu RI, Kamis (12/5/2022).

Judha Nugraha menyebutkan, jika memang ada WNI yang membutuhkan bantuan, KBRI Kolombo selalu siap untuk membantu.

Sementara itu, lewat akun Instagram @indonesiaincolombo, KBRI mengimbau agar WNI tak keluar rumah selama jam malam diberlakukan hingga besok.

"Agar WNI mematuhi instruksi keamanan untuk tidak keluar rumah selama jam malam dan selalu waspada serta memantau perkembangan," tulis KBRI Kolombo.

KBRI juga mengimbau agar WNI sebisa mungkin menghindari kerumunan massa di Sri Lanka.

Sri Lanka dilanda krisis ekonomi dan kerusuhan Usai pengunduran diri Mahinda Rajapaksa dari kursi perdana menteri, kericuhan tetap terjadi di Sri Lanka. Massa juga menyerukan pengunduran diri dari Presiden Gotabaya Rajapaksa.

Pemerintah sendiri mengerahkan puluhan ribu tentara, personel angkatan laut dan udara untuk berpatroli di jalan-jalan ibu kota Kolombo.

Lebih dari 50 rumah milik para pejabat telah dibakar, termasuk rumah keluarga Rajapaksa, beberapa menteri, serta anggota parlemen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Sri Lanka Umumkan Status Darurat Nasional Dipicu Ricuh Protes Depan Rumah Presiden

Keadaan darurat nasional telah diumumkan di Sri Lanka, sehari setelah protes di luar rumah presiden berubah menjadi kekerasan. Demikian mengutip BBC, Sabtu (3/4/2022).

Para pengunjuk rasa menyerbu barikade dan dituduh membakar kendaraan di dekat kediaman pribadi Presiden Gotabaya Rajapaksa pada Kamis 31 Maret 2022.

Militer sejak itu telah dikerahkan dan memiliki kekuatan untuk menangkap tersangka tanpa surat perintah.

Protes di luar rumah Presiden Rajapaska pada hari Kamis dimulai dengan damai, tetapi para peserta mengatakan keadaan berubah menjadi kekerasan setelah polisi menembakkan gas air mata, meriam air dan juga memukuli orang-orang yang hadir.

Para pengunjuk rasa membalas polisi dengan melempari mereka dengan batu.

Setidaknya dua lusin personel polisi dilaporkan terluka dalam bentrokan tersebut, menurut seorang pejabat yang dikutip oleh kantor berita Reuters.

Pada Jumat 1 April, 53 demonstran ditangkap, dan media lokal melaporkan bahwa lima fotografer berita ditahan dan disiksa di sebuah kantor polisi. Pemerintah mengatakan akan menyelidiki klaim terakhir.


Jam Malam hingga Keputusan Status Darurat

Meskipun tindakan keras diberlakukan, protes terus berlanjut, dan menyebar ke bagian lain negara itu. Demonstran di ibu kota membawa plakat yang menyerukan pengunduran diri presiden.

Sri Lanka berada di tengah-tengah krisis ekonomi besar. Hal ini sebagian disebabkan oleh kurangnya mata uang asing, yang digunakan untuk membayar impor bahan bakar.

Dihadapkan dengan pemadaman listrik yang berlangsung setengah hari atau lebih, dan kekurangan bahan bakar serta makanan dan obat-obatan penting, kemarahan publik telah mencapai titik tertinggi baru di negara kepulauan berpenduduk 22 juta jiwa itu.

Pemerintah telah memberlakukan jam malam di ibu kota Sri Lanka untuk malam kedua berturut-turut, dan telah memperluasnya untuk mencakup seluruh Provinsi Barat negara itu, menurut AFP.

Presiden Rajapaksa mengatakan keputusan untuk menyatakan keadaan darurat diambil untuk kepentingan keamanan publik, perlindungan ketertiban umum, dan untuk memastikan pemeliharaan pasokan dan layanan penting.

Seorang perwakilan PBB di negara itu, Hanaa Singer-Hamdy, menyerukan untuk menahan diri dari semua kelompok dalam sebuah twit.

Demonstrasi menandai perubahan besar dalam popularitas Rajapaksa, yang meraih kekuasaan dengan kemenangan mayoritas pada 2019, menjanjikan stabilitas dan "tangan yang kuat" untuk memerintah negara itu.


PM Sri Lanka Mahinda Rajapaksa Mengundurkan Diri

Perdana Menteri Sri Lanka Mahinda Rajapaksa telah mengundurkan diri di tengah protes massa atas penanganan pemerintah terhadap krisis ekonomi yang semakin dalam.

Dilansir dari laman BBC, Selasa (26/4/2022), langkah itu dilakukan saat pulau itu diberlakukan jam malam setelah bentrokan keras antara pendukung Rajapaksa dan pengunjuk rasa anti-pemerintah di Kolombo.

Lima orang tewas, termasuk seorang anggota parlemen partai yang berkuasa, dan lebih dari 190 orang terluka dalam kekerasan di ibu kota. Ada protes atas kenaikan harga dan pemadaman listrik sejak bulan lalu. Negara kepulauan itu menghadapi krisis ekonomi terburuk sejak memperoleh kemerdekaan dari Inggris pada tahun 1948.

Rajapaksa (76) mengirim surat pengunduran dirinya kepada adiknya, Presiden Gotabaya Rajapaksa, dengan mengatakan dia berharap itu akan membantu menyelesaikan krisis, tetapi langkah itu sangat tidak mungkin memuaskan lawan-lawan pemerintah sementara yang terakhir tetap berkuasa.

Pada Senin malam kantor berita AFP melaporkan bahwa tembakan telah ditembakkan di dalam halaman kediaman perdana menteri ketika polisi berjuang untuk menghentikan pengunjuk rasa agar tidak masuk ke dalam lingkaran keamanan bagian dalam rumah tempat Rajapaksa bersembunyi dengan beberapa loyalis.

Sebelumnya, pasukan anti huru hara polisi dan tentara dikerahkan menyusul kekerasan di luar kantor perdana menteri dan presiden di Kolombo.

Polisi menembakkan gas air mata dan meriam air ke ratusan pendukung partai yang berkuasa setelah mereka melanggar garis polisi dan menyerang pengunjuk rasa anti-pemerintah menggunakan tongkat dan galah.

Infografis 8 Ledakan Bom Teror Sri Lanka (Liputan6.com/Triyasni)

Fenomena Suhu Panas Melanda

HEADLINE: Suhu Panas Melanda Sebagian Wilayah Indonesia, Fenomena dan Dampaknya?

Liputan6.com 2022-05-13 00:01:04
Warga beraktivitas menggunakan payung saat suhu udara mencapai 35 derajat Celcius di Kawasan Jalan MH Thamrin, Jakarta, Selasa (22/10/2019). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah) Event

Ahmad Rozi mengibas-ibaskan kaos ke arah punggungnya. Dia berharap ada sedikit angin yang bisa mengusir hawa panas yang menyelimuti badan. Namun semilir angin itu tak kunjung ada. Kalah kuat dengan sengatan sinar matahari yang memantul menyilaukan mata.

Cuaca di Pekalongan Utara, Jawa Tengah, Senin siang 9 Mei lalu itu pun kian terik. Ia yang mudik ke Kota Batik tersebut, harus berkali-kali berganti pakaian yang dikenakannya.

"Udah ganti kaos tiga kali ini. Baru ganti, kaos basah kena keringat. Jadi lepek. Panasnya minta ampun," kata dia kepada Liputan6.com, Kamis (12/5/2022).

Suhu panas terik belakangan ini memang dirasakan sebagian masyarakat di sejumlah wilayah di Indonesia. Badan Meteorologi, Klimatologi, Geofisika (BMKG) mencatat ada sejumlah daerah yang tingkat suhu panasnya terbilang tinggi.

"Hingga data terakhir Rabu 11 Mei 2022, suhu tertinggi berada pada 36 derajat celcius. Itu terjadi di beberapa wilayah, ada di Banten, Kalimarau-Kalimantan Utara. Juga terjadi di NTT. Wilayah lain masih di bawah 36 derajat," ujar Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto kepada Liputan6.com, Kamis (12/5/2022).

Dia menuturkan, Indonesia pernah merasakan suhu panas tertinggi pada empat tahun lalu. Pada Mei 2018, wilayah Temindung Samarinda kala itu merasakan cuaca panas sekitar 38.8 C.

"Pada bulan April 2019, sekitar 38.8C di Palembang. Yang terpanas terjadi 5 September 2012 tapi di Larantuka. Kalau itu masih panas terik," ujar dia.

Dilihat dari sisi meteorologi, fenomena ini menjadi hal biasa dan wajar. Karena itu merupakan variabilitas harian dari suhu. Selain itu, Guswanto menambahkan, ada faktor lain yang memicu terjadinya cuaca panas.

Pertama, ia menjelaskan, posisi semu matahari saat ini sudah berada di wilayah utara ekuator yang mengindikasikan bahwa sebagian wilayah Indonesia akan mulai memasuki musim kemarau.

"Kemudian, dominasi cuaca yang cerah dan tingkat perawanan yang rendah. Sehingga dapat mengoptimalkan penerimaan sinar matahari di permukaan bumi. Imbasnya menyebabkan kondisi suhu yang dirasakan oleh masyarakat menjadi cukup terik pada siang hari," terangnya.

Guswanto menerangkan, cuaca panas ini rutin terjadi saban tahun setiap adanya peralihan musim. Baik itu dari musim hujan ke kemarau ataupun sebaliknya. Namun demikian, tingkat suhu panasnya bersifat fluktuatif.

"Bisa bertambah bisa turun tergantung lokasinya, kalau misalkan ternyata lokasinya tahun ini yang kemarin suhu panas, sekarang banyak pepohonan, ya pasti turun. Tergantung kondisi lingkungannya," jelas dia.

Guswanto menampik cuaca saat ini sebagai gelombang panas atau Heatwave. Sebab dari indikator yang ada, tidak masuk dalam kriteria yang ditetapkan World Meteorological Organization (WMO).

"Kalau yang disebut heatwave atau gelombang panas, terminologinya kan yang pertama fenomena suhu panas di permukaan bumi yang terjadi hingga lima derajat atau lebih dari normalnya. Kalau normalnya sekitar 36 berati kan 41 derajat. Dan itu harus lima harus berturut-turut atau lebih. Nah saat ini belum pernah terjadi 41-42 berturut-turut di Indonesia," beber dia.

Selain itu, fenomena gelombang panas ini biasanya terjadi di wilayah lintang menengah-tinggi seperti wilayah Eropa dan Amerika yang dipicu oleh kondisi dinamika atmosfer di lintang menengah. Sedangkan yang terjadi di wilayah Indonesia adalah fenomena kondisi suhu panas/terik dalam skala variabilitas harian.

Kondisi ini diperkirakan akan terus terjadi hingga akhir Mei 2022. Karena itu, ia mengimbau masyarakat untuk tetap mengupdate informasi tentang perkembangan cuaca dari BMKG melalui kanal-kanal resmi.

"Yang kedua hindari dulu aktivitas siang hari di luar ruangan dalam jangka waktu yang lama, terutama kalau stamina tidak fit, akan terjadi dehidrasi," ujar dia.

Dan bila terpaksa harus beraktivitas di luar ruang, masyarakat hendaknya dapat mengenakan alat pelindung. Agar sengatan matahari tidak mengena tubuh secara langsung.

"Bisa gunakan sunblock, payung, atau jaket," katanya.

Sementara itu, Profesor Riset Astronomi-Astrofisika, Pusat Riset Antariksa BRIN, Thomas Djamaluddin mengungkapkan, cuaca panas yang terjadi saat ini merupakan fenomena yang wajar. Hal ini terjadi pada saat musim pancaroba.

"Cuaca panas pada masa pancaroba itu wajar dan normal. Setiap tahun setiap pancaroba khususnya bulan April-Mei pergantian musim hujan ke kemarau," ujar dia kepada Liputan6.com, Kamis (12/5/2022).

Dan nanti September hingga Oktober, cuaca panas juga akan terjadi. Pada kurun waktu itu, akan ada pergantian dari kemarau ke musim hujan.

"Itu selalu cuacanya lebih panas dibandingkan dengan rata-rata. Jadi itu normal," dia menegaskan.

<p>Infografis Suhu Panas Melanda Sebagian Wilayah Indonesia. (Liputan6.com/Trieyasni)</p>

Thomas mengungkapkan alasan fenomena itu terjadi di Indonesia. Menurutnya Indonesia menjadi wilayah tropis yang terletak di sekitar ekuator. Sehingga cuaca ini memang sudah seharusnya terjadi di Indonesia.

"Sesungguhnya penerimaan panas itu, sepanjang tahun itu menyebabkan Indonesia memang seharusnya panas," ujar dia.

Tetapi pada musim hujan dan kemarau, lanjut dia, itu ada efek pendinginan. Yaitu ada angin dari arah wilayah musim dingin yang bertiup dari utara ke arah selatan. Hal itu biasanya terjadi di akhir tahun.

"Kalau musim hujan khususnya Desember, Januari, Februari, itu angin bertiup dari utara yang sedang musim dingin, ke arah selatan. Jadi Indonesia mendapatkan angin dingin. Selain itu tentu liputan awannya terdorong ke Indonesia," terang dia.

Kemudian pada musim kemarau yang terjadi pada bulan Juni hingga Agustus, anginnya bertiup dari arah selatan yang sedang musim dingin seperti Australia.

"Angin itu bertiup ke arah utara melintasi Indonesia. Itu sebabnya pada musim kemarau, sering terjadi di Dieng misalkan, embun itu mengkristal," ujar dia.

Menurut dia, kejadian itu merupakan efek pendinginan. Pada saat pancaroba, angin ini sedang berubah arah. Karena dalam kondisi berubah arah maka tidak ada efek pendinginan dan tidak ada daerah musim dingin saat itu.

"Jadi sesunggguhnya kondisi biasanya panas itulah di Indonesia kalau tidak ada efek pendinginan dari daerah musim dingin," kata dia.

Selain itu, ada faktor lain yang memicu cuaca panas. Yaitu yang disebut sebagai efek pulau panas perkotaan atau urban heat island.

"Kota-kota yang aktivitas pembuangan karbon dioksida (C02)-nya cukup tinggi dari kendaraan bermotor, dari industri. Itu menyebabkan panas terperangkap, sehingga wilayah perkotaan itu menjadi lebih panas dibandingkan wilayah sekitarnya," ujar dia.

Faktor lain yang tak tak kalah penting, Thomas melanjutkan, minimnya daerah yang memiliki pepohonan. Lahan-lahan tersebut berubah fungsi akibat tergerus oleh pembangunan kota.

"Berkurangnya pepohonan mempengaruhi, karena dengan beralih fungsi yang semula daerah vegetasi apakah itu hutan atau tanaman yang berubah menjadi bangunan semen atau aspal, itu menyebabkan panas itu diterima oleh permukaan bumi dan bangunnan, atau jalan yang kemudian dilepaskan sebagai inframerah," ujar dia.

"Beda saat masih banyak pepohonan, panas itu diredam, diserap oleh pepohonan, sedikit sekali dipancarkan lagi sebagai radiasi panas inframerah. Jadi itu berpengaruh, berkurangnya vegatasi atau pepohonan berpengaruh karena radiasi," Thomas mengimbuhkan.

Dia memprediksi cuaca panas ini kian naik tingkatannya dari tahun ke tahun. Hal ini disebabkan adanya efek pulau panas perkotaan.

"Setiap tahun ada kecendrungan semakin lama semakin panas, karena ada efek urban heat island itu. Berkontribusi pada pemanasan global tapi kita melihatnya itu sebagai pemanasan lokal atau pemanasan perkotaan," ujar dia.

Thomas mengungkapkan, cuaca panas ini akan terjadi di semua wilayah Indonesia. Terutama di kota-kota besar.

"Wilayah mana saja yang merasakan cuaca panas? Seluruh Indonesia karena setidaknya kota-kota besar," ujar dia.

"Grafis klimatologinya menyebutkan kecenderungan seperti itu. Ada yang naik masa pancarobanya tidak terlalu besar, tergantung pada lingkungan," Thomas menambahkan.

Untuk menghadapi kondisi ini, Thomas meminta masyarakat untuk menghindari hoaks. Karena banyak hoaks yang menyebut cuaca ini terkait dengan gelombang panas.

"Sama sekali Indonesia tidak mengenal gelombang panas," tegas dia.

Kemudian masyarakat juga diminta menyesuaikan dengan kondisi cuaca. Karena dengan kondisi lebih panas temperatur tubuh perlu menyesuaikan atau mencukupi asuap air minumnya.


Krisis Air dan Kekeringan Mengancam?

Cuaca panas yang menyengat di sejumlah Indonesia ini juga berpotensi menimbulkan dampak tak baik bagi masyarakat. Mereka yang hidup di perkotaan akan sangat merasakan efek dari kondisi tersebut.

"Yang pasti kalau di konteks perkotaan tentu soal kesehatan. Di banyak negara lain misalnya di Eropa tentu yang paling terdampak itu masyarakat yang rentan. Jadi mereka yang usia tua, manula, anak-anak, dan lain-lain," kata Manajer Kampanye Keadilan Iklim WALHI Yuyun Harmono kepada Liputan6.com, Kamis (12/5/2022).

Kedua, lanjut dia, mereka yang bekerja di outdoor seperti petani, nelayan dan seterusnya. Jadi cuaca esktrem panas ini juga akan mempengaruhi kesehatan mereka. "Jika terpapar terlalu lama tentu akan berpengaruh ke kesehatan," tegas Yuyun.

Dia menuturkan, di banyak negara, cuaca panas ini dapat bisa berpengaruh terhadap kesehatan fisik. Bahkan ada beberapa warganya yang sakit, apalagi mereka yang kelompok rentan usia tua maupun anak-anak.

"Selain itu, produktivitas bagi mereka yang bekerja di outdoor (yang rentan terdampak)," jelas dia.

Namun demikian, dia menilai ancaman kekeringan dan krisis air tidak menghantui masyarakat yang merasakan cuaca panas saat ini. Kondisi itu bisa terjadi bila dalam kurun waktu yang panjang.

"Sangat mungkin tapi konteksnya harus jangka panjang, kalau selama satu atau dua hari tidak terlalu berpengaruh ke persediaan air bersih. Tetapi ketika trennya itu panjang tentu akan berpengaruh," ujar dia.

Yang harus dilakukan pemerintah dalam mengantisipasi dampak yang ditimbulkan, dia menegaskan, para steakholder harus lihat lebih jauh munculnya fenomena ini. Kondisi ini tidak bisa dipisahkan dari dampak perubahan iklim.

"Melihatnya harusnya tidak hanya momentum terjadinya bahaya, tapi juga harus melihat dari apa sih yang menyebabkan kenapa ada gelombang panas. Tentu konteks terjadinya pemanasan global dan perubahan iklim berpengaruh. Saya pikir ini mengingatkan juga peran pemerintah dan serius melihat persoalan terkait perubahan iklim ini," ujar dia.

Yang paling penting saat ini, harus ada peringatan dini. Masyarakat harus terinformasikan secara jelas kapan terjadi atau prediksi terjadinya gelombang panas, sehingga siap ketika peristiwa itu terjadi.

"Kedua tentu harus dimitigasi. Mitigasi itu harusnya jangka panjang, harus bicara juga upaya mengurangi emisi rumah tangga. Jadi bukan melihat pada momentum pada saat terjadinya saja, tapi juga ada solusi untuk mengurangi atau mengerem emisi gas rumah tangga itu," ujar dia.

Adapun dampak dari sisi medis, Dokter Spesialis Penyakit Dalam, dr Adaninggar, SpPD mengungkapkan, belum terlalu terlihat. Karena tubuh manusia memiliki mekanisme kompensasi.

"Jadi sebenarnya itu kita sudah punya mekanisme penyesuaian. Karena manusia termasuk bersuhu tubuh panas. Artinya suhu tubuh manusia itu kan menyesuaikan dengan suhu lingkungannya," kata dia kepada Liputan6.com, Kamis (12/5/2022).

Secara fisiologis, manusia dapat beradaptasi dengan lingkungan dan beragam musim. Baik itu pada saat musim kemarau maupun musim hujan.

"Misalnya pada saat kondisi panas itu, kita berkeringat. Tujuannya mengeluarkan kelebihan panas yang ada di dalam tubuh, yang paling sering berkeringat. Kita sudah punya regulator artinya termoregulator atau pengatur suhu tubuh kita masing-masing. Sudah terjadi secara alami," ujar dr Ning, sapaan akrabnya.


Waspada Kelompok Rentan

Yang jelas, cuaca panas ini akan membuat masyarakat merasa gerah hingga mengeluarkan keringat. Kondisi ini harus disikapi secara baik dengan cara menyeimbangkan asupan cairan yang dibutuhkan oleh tubuh.

"Akan terdampak orang akan lebih sering berkeringat. Ada risiko kalau kurang minum akan dehidrasi," ujar dia.

Selain itu, dampak lainnya akan dirasakan kelompok masyarakat tertentu. Yaitu mereka yang memiliki penyakit batu ginjal maupun jantung.

"Itu yang mungkin masih bisa kita perkirakan. tapi kalau penyakit tertentu, apakah ini nanti terdampak wabah penyakit, belum ada," kata dr Ning.

Cuaca panas yang menuntut untuk lebih banyak minum ini, juga menjadi persoalan tersendiri bagi mereka yang memiliki penyakit ginjal dan jantung. Kedua jenis penyakit ini, kata dia, harus menyeimbangkan takaran air yang masuk ke dalam tubuhnya.

"Risikonya juga untuk orang yang punya penyakit ginjal, jantung, yang dia harusnya membatasi minum. Nah ini agak sulit akhirnya. Karena kalau dia keringatan, ya ini harus minum, tapi kan kelebihan minum juga enggak boleh," kata dia.

"Kalau kelebihan minum, dia sudah enggak bisa memompa dengan baik jantungnya, ginjalnya juga udah enggak bisa mengeluarkan kencing dengan baik, akhirnya berdampak penyakitnya lebih parah. Ya mungkin yang terdampak orang-orang tertentu. Tapi untuk orang normal, yang tidak punya penyakit, mekanisme adaptasi tubuh pasti sudah bisa mengatasinya," ujar dia.

Dia juga menuturkan, mekanisme haus yang ada dalam tubuh merupakan reaksi alami. Dari haus tersebut, ada alarm kalau tubuh manusia tengah mengalami kekurangan cairan.

"Itu kan sudah ada. Tapi ada orang tertentu seperti lansia atau orang yang punya penyakit mental atau jiwa, itu biasanya mekanisme hausnya nggak nyala. Jadi meskipun dia haus, dia tidak minum karena tidak ada dorongan untuk minum. Makanya orang tua atau lansia berisiko tinggi sekali dehidrasi. Apalagi cuaca panas kayak gini, dia enggak punya mekanisme haus yang baik," ujarnya.

Kelompok masyarakat lain yang berpotensi terdampak adalah anak-anak. Masa-masa tersebut disebutnya mudah mengalami dehidrasi. Selain itu, juga ada dari lanjut usia atau lansia.

"Mereka ini harus lebih dipantau kondisinya. Baik itu oleh keluarga, dirinya sendiri, maupun dokter yang merawat," ucapnya.

dr Ning tidak mempermasalahkan masyarakat yang meminum air dingin ataupun es untuk menyegarkan tenggorokan saat cuaca panas melanda. Karena semua cairan yang masuk, organ tubuh akan menyerap dan menyesuaikan dengan asupan yang ada.

"Pada prinsipnya tidak masalah, mau air dingin, hangat, itu sebetulnya nanti masuk ke lambung kita juga suhunya akan menyesuaikan dengan suhu tubuh kita," ujar dia.

"Kecuali kalau orang ini punya alergi. Kadang dingin itu bisa mencetuskan alergi. Tapi kalo enggak punya, enggak masalah. Mau minum panas atau dingin, yang penting asupan cairan itu jumlahnya harus cukup," ujar dia.

Untuk mengetahui kecukupan cairan dalam tubuh, dr Ning mengungkapkan masyarakat dapat memantaunya melalui air urine. Warna yang dikeluarkan dari urine tersebut menandakan ada tidaknya dehidrasi dalam tubuh.

"Yang dijadikan patokan sebenarnya warna kencing. Kalau warna kencing masih pekat, kuning tua, masih kurang minumnya. Boleh minum lagi sampai warnanya jernih, kuning jernih, atau jernih sekali," ujar dia.

"Cuman harus hati-hati untuk orang yang punya penyakit ginjal, jantung, tetap harus sesuai anjuran dokter berapa asupan cairan yang dibutuhkan," dr Ning menandaskan.

<p>Infografis Pantauan Suhu Maksimum Harian di Indonesia. (Liputan6.com/Trieyasni)</p>