Volume 286

Minat jadi PNS, Pegawai Nagita Slavina?

Raffi Ahmad dan Nagita Slavina Buka Lowongan Lagi Nih, Cek Dulu Posisinya

Liputan6.com 2022-05-13 14:00:40
Tampil bergaya powerful dress, tampilan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina curi perhatian. (Foto: Instagram/ ulzporto)

Perusahaan milik Raffi Ahmad dan Nagita Slavina kembali mencari karyawan baru. Kali ini kesempatan lowongan kerja terbuka di Rans Animation Studio.

Selain Rans Entertainment, pasangan suami istri ternama itu juga rupanya punya bisnis lain, yaitu Rans Animation Studio.

Pada rekrutmen lowongan kerja terbaru kali ini, perusahaan tersebut tengah mencari pegawai yang cocok untuk mengisi posisi sebagai:

- SPV, Concept Artist & Junior Concept Artist

- Modeler

- Animator

- Visual FX Artist

"Kemarin baru buka loker sekarang buka lagi! Artinya makin banyak kesempatan buat kamu join jadi PNS alias Pegawai Nagita Slavina. Buat kamu yang punya passion di dunia kreatif dan punya semangat yang tinggi, kamu cocok banget buat jadi salah satu bagian dari kita," demikian penjelasan dikutip dari akun Instagram @rans.entertainment, Jumat (13/5/2022).

Namun, tidak sembarang orang bisa mengisi posisi tersebut. Dengan kata lain, pelamar harus berhasil memenuhi persyaratan sehingga bisa bergabung di perusahaan tersebut.

Lantas apa saja kualifikasinya?

Lebih lanjut, berikut ini kualifikasi yang dibutuhkan untuk bisa mengisi posisi tersebut dan bergabung di perusahaan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina.

1. SPV, Concept Artist & Junior Concept Artist

a. Bersedia kerja di Jakarta

b. Terbuka untuk level junior dan senior

c. Memiliki keterampilan ilustrasi dan bercerita yang baik

d. Menguasai basic 3D software package

e. Berpengalaman soal 3D techniques

f. Mampu berkomunikasi yang baik dan bekerja dalam tim

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com0811 9787 670hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Kualifikasi

2. Modeler

a. Bersedia kerja di Jakarta

b. Berpengalaman minimal 2-3 tahun di bidang model

c. Mengerti 3D modelling, memiliki pengalaman di bidang animasi lebih diutamakan

d. Paham 3D desain dan animation tools, seperti Maya, ZBrush, Photoshop, Subtance Painter, Redshift Render

3. Animator

a. Memiliki pengalaman yang kuat di bidang animasi khususnya tentang action, stating, posing, weight time, story telling

b. Memiliki kemampuan animasi yang baik

c. Mampu menilai dan memberikan saran terkait animasi

d. Berpengalaman minimal 2 tahun dalam mengoperasikan Maya, Mel, dan Python Scripting

4. Visual FX Artist

a. Berpengalaman di simulasi FX dalam produksi yang besar

b. Mampu membuat sistem simulasi untuk rambut dan bulu

c. Paham mengenai software Houdini Fluent dan After Effect

d. Berpengalaman minimal 2 tahun dalam bidang animasi dan game

Bagi yang berminat, segera kirim lamaran, CV, dan portfolio ke email ransanimationofficial@gmail.com dengan subjek: (Posisi)-Nama sebelum 17 Mei 2022.

Reporter: Aprilia Wahyu Melati


Lowongan Kerja BKN

Badan Kepegawaian Negara (BKN) kembali membuka rekrutmen terbaru. Kali ini lowongan kerja bisa dimanfaatkan bagi para lulusan S1 jurusan IT.

Namun perlu diperhatikan, lowongan ini dikhususkan untuk jasa konsultan perorangan, bukan untuk menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) atau Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Jadi, bagi yang berminat segera kirim CV paling lambat 23 Mei 2022. Akan tetapi sebelum itu, ketahui lebih dulu apa saja kualifikasi yang dibutuhkan untuk bisa bergabung di BKN.

"Hai #SobatBKN lowongan jasa konsultan perorangan di Divisi IT BKN masih dibuka lho sampai tanggal 23 Mei 2022," demikian penjelasan dikutip dari Instagram @bkn.go.id, Rabu (11/5/2022).

Seperti mengutip informasi dari Instagram BKN, berikut ini kualifikasi yang dibutuhkan untuk mengisi posisi sebagai Back End Programmer di BKN.

Kualifikasi

1. Menguasai Node.js atau Go

2. Domisili Jabodetabek

3. Pedidikan minimal S1 Teknik Informatika/Teknik Komputer atau setara

4. Diutamakan yang telah memiliki portfolio membangun aplikasi menggunakan Node.js dan atau Go

5. Sertifikat pelatihan IT sesuai bidang

6. Dapat menggunakan GIT

7. Memiliki NPWP

8. Surat Keterangan Kerja dari perusahaan sebelumnya

9. Bukti pemotongan pajak penghasilan pasal 21 (Formulir 1721-A1) dan bukti penerimaan elektronik

Bagi yang berminat, silakan kirim CV melalui email dit.ppsiasn@bkn.go.id dengan subjek: BACK END_Nama.

"Bagi pelamar yg memenuhi kualifikasi akan diundang ke tahap interview," tulis keterangan dalam Instagram BKN.

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

Duel Dinar Candy-Nikita di Ring Tinju

Jelang Duel di Ring Tinju, Dinar Candy dan Nikita Mirzani Saling Sindir di Medsos

Liputan6.com 2022-05-13 14:15:02
Persahabatan Nikita Mirzani dan Dinar Candy. (Instagram/@dinar_candy)

Dunia hiburan di Tanah Air kembali bakal diramaikan pertandingan tinju celebrity match. Kali ini, laga bakal lebih heboh lagi, karena mempertemukan dua artis kontroversial Dinar Candy dan Nikita Mirzani.

Rencananya, duel aktris Nikita Mirzani dan Dinar Candy di atas ring tinju digelar pada 12 Juni 2022 mendatang di Holywings, Jakarta.

Kedua perempuan cantik ini akan adu tinju di atas ring pada pergelaran Holywings Sport Show (HSS) pada kategori Celebrity Fight HSS

Jelang pertandingan, Dinar Candy yang berprofesi sebagai disc jokey sudah mulai melakukan segala persiapan. Dia latihan tinju ditemani seorang pelatih khusus.

Momen tersebut dibagikan pemilik nama asli Ai Dinar Miswari di akun Instagramnya.

Bahkan Dinar Candy dengan berani (maaf) mengacungkan jari tengah sambil menjulurkan lidahnya sebagai bukti dirinya siap adu jotos dengan wanita yang kerap menuai kontroversi.

"Lawan aku ya 12 june heheeh .NO BA**T LET'S FIGHT !," tulis Dinar Candy dalam keterangan unggahannya Rabu lalu.


Saling Sindir

Seperti diketahui, pertandingan Nikita Mirzani dan Dinar Candy digelar menyusul hubungan keduanya yang selalu memanas. Keduanya sering kedapatan saling bertukar sindiran di media sosial hingga hubungan keduanya pun semakin tegang.

"Pertama-tama terimakasih buat Holywings terimakasih banyak telah mempertandingkan aku dengan cewe yang jago bacot di sosmed," kata Dinar Candy seperti dikutip dari kanal Youtube Sambel Lalap.


Sosmed

Nikita Mirzani tak mau kalah, dia langsung menyebut bahwa Dinar Candy hanyalah mantan teman belaka.

"Terimakasih sudah bilang saya banyak bacot di sosmed, kenapa saya banyak bacot di sosial media? karena kalo pukul-pukulan akan banyak laporan polisi di Polda Metrojaya," kata Nikita Mirzani menjawab tudingan Dinar Candy.


Khawatir

Namun, tidak demikian bagi Ridho Ilahi selaku kekasih Dinar Candy. Ia mengaku justru deg-degan khawatir dengan Dinar Candy.

"Bingung support-nya, deg-degan juga sih. Mau nonton aja ragu, suka nggak tegaan lihat dia, tapi ya udahlah kalau Dinarnya siap ya percaya aja sama dia. Walaupun sebenarnya nggak tega," kata Ridho Ilahi dilansir dari tayangan di YouTube KH Infotainment pada Jumat (13/5/2022).


Didukung

Kendati demikian, Ridho Ilahi tetap mendukung keputusan sang kekasih. Apalagi jika tujuannya untuk memajukan dunia tinju Indonesia.

"Dia ambisius, kalau udah mau sesuatu pasti jadi. Selama nggak ngerugiin siapa-siapa dan untuk memajukan tinju Indonesia ya support aja," sambungnya.

iPhone Tanpa Slot SIM Card?

Steve Jobs Ingin Seri Pertama iPhone Tampil Tanpa Slot SIM Card

Liputan6.com 2022-05-13 15:00:25
9 Januari 2015 menandai tepat 8 tahun sejak pendiri dan Chief Executive Officer (CEO) Apple saat itu, Steve Jobs, memperkenalkan iPhone.

Belakangan ini tersiar kabar Apple berencana untuk meluncurkan model iPhone tanpa slot kartu SIM.

Walau masih sebatas kabar beredar di internet, Steve Jobs, selaku pendiri Apple sudah kepikiran untuk merilis iPhone pertama tanpa slot kartu SIM.

Hal ini diungkap oleh mantan VP iPod, Tony Fadell, saat diwawancara oleh jurnalis Joanna Stern dalam acara khusus Computer History Museum.

Mengutip 9to5Mac, Jumat (13/5/2022), dalam pengembangan awal iPhone, Steve Jobs menentang ide untuk menyertakan slot kartu SIM di ponsel terkait desain.

"Steve Jobs berkata kepada para insinyur dan desainer yang mengerjakan iPhone, kita tidak ingin ada lubang lain di iPhone," ucap Tony.

Pendiri Apple itu memberikan contoh Verizon dengan mengklaim, iPhone tanpa slot kartu SIM sangat mungkin karena operator itu dikenal dengan jaringan CDMA-nya ketimbang GSM.

Informasi, ponsel CDMA memang kebanyakan tidak membutuhkan kartu SIM di perangkat karena sudah langsung terhubung langsung ke jaringan operator.

Mendapati ide tersebut sangat tidak masuk akal--saat itu, Fadell menyebutkan bagaimana dia dan tim di Apple harus menggunakan data pasar untuk meyakinkan Steve Jobs.

Dalam argumennya, Tony mengatakan menggunakan CDMA alih-alih GSM untuk iPhone tidak akan laku di pasaran karena teknologi itu memiliki adopsi yang sangat kecil.

Saat peluncuran pertama iPhone di 2007, ide untuk tidak menyertakan sebuah slot kartu SIM di dalam perangkat memang tergolong tidak masuk akal.

Akan tetapi dengan perkembangan teknologi sekarang, Apple sendiri sudah mulai mengadopsi eSIM untuk lini model iPhone terbarunya di pasaran saat ini.

Berdasarkan hal tersebut, ide Steve Jobs kala itu memang lebih dari sekadar ucapan tentang penampilan astetik, tetapi juga melihat perkembangan teknologi di masa mendatang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini


Apple Punya Rencana Bikin iPhone Tanpa Slot SIM Card

Apple iPhone 13 Pro Alpine Green (Dok. Apple)

Di sisi lain, Apple mungkin akan meluncurkan iPhone yang tidak dibekali slot SIM card.

Mengutip Gadgetsnow, Senin (27/12/2021), kemungkinan iPhone yang tidak dibekali slot SIM card adalah iPhone 15 series.

Informasi ini pertama kali diungkap berdasarkan laporan dari BlogDoiPhone.

iPhone 15 sendiri diperkirakan bakal rilis pada 2023, hal ini mengingat iPhone terbaru yakni iPhone 13 series dirilis pada 2021.

Laporan itu menyebut, iPhone 15 bisa jadi model iPhone pertama yang rilis tanpa slot SIM card fisik. Rumor ini berdasarkan sumber internal dari perusahaan. Meski begitu kebenarannya masih belum diketahui.

Menurut laporan, Apple telah lama bereksperimen untuk tidak menghadirkan SIM card di perangkatnya, salah satunya dengan implementasi teknologi eSIM.

"Seorang sumber internal yang tidak disebutkan namanya menyebut, nantinya mulai dari 2023, iPhone versi Pro mungkin tidak akan menghadikan slot SIM card fisik dan hanya menggunakan 2 slot eSIM," tulis laporan itu.


Transisi ke eSIM

iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max (Foto: Apple Newsroom).

Perlu diketahui, iPhone dan iPad perlahan memang sudah memulai transisi untuk menerapkan slot eSIM pada sejumlah model iPhone, dalam beberapa tahun terakhir.

Bahkan, iPhone 13 dan iPhone 13 Pro merupakan model iPhone pertama yang memiliki dukungan dual eSIM, memungkinkan pengguna memakai dua eSIM.

Jika Apple benar-benar akan menghadirkan iPhone tanpa slot SIM card pada iPhone 15, kemungkinan perangkat ini tidak bisa dirilis di seluruh pasar internasional.

Hal ini masuk akal mengingat belum semua negara mengadopsi teknologi eSIM pada smartphone.

Selain rumor mengenai desain iPhone tanpa slot SIM card, ada juga rumor mengenai Apple yang tengah mengembangkan iPhone port-less.

Jika rumor ini benar, ada kemungkinan Apple mau mempensiunkan konektor Lightning yang selama ini dipakai di iPhone.


Bocoran iPhone 14, Punya Kamera 48MP?

iPhone 14 Pro dikabarkan tidak akan lagi menggunakan notch melainkan cutout berbentuk serupa huruf i (Foto: EveryApplePro).

Terlepas dari rumor kehadiran iPhone tanpa slot SIM card, hampir satu dekade, Apple masih setia menggunakan lensa kamera bersensor 12MP untuk deret seri iPhone mereka.

Namun, hal tersebut tampaknya akan berubah dengan salah satu seri iPhone terbaru, yaitu iPhone 14 Pro.

Apple akan menggunakan sensor 48MP untuk kamera utamanya, ucap analis Ming-Chi Kuo yang dikutip GSM Arena, Rabu (22/12/2021).

Menggunakan sensor 48MP, kamera iPhone 14 Pro ini menghasilkan gambar 12MP yang lebih detail berkat teknologi pixel-binning.

Selain meningkatkan kemampuan sensor kamera, perusahaan berbasis di Cupertino ini juga akan memperkenalkan lensa periskop seperti Huawei P50 Pro.

Disebutkan, lensa ini akan hadir di seri iPhone 15 yang dijadwalkan meluncur pada 2023.

Sayang, masih belum ada informasi lebih detail tentang hal tersebut. Saat ini, iPhone 13 Pro hanya menggunakan kamera telefoto berkemampuan 3x zoom.

(Ysl/Isk)

Aliando Syuting Lagi

Aliando Bakal Bintangi Film Bareng Natasha Wilona, Ini 6 Potret Kebersamaannya

Liputan6.com 2022-05-13 12:35:41
Potret Kebersamaan Aliando dan Natasha Wilona. (Sumber: Instagram/aliandooo/favoritegirls_idn)

Setelah lama tak terlihat di layar kaca dan layar lebar, Aliando dikabarkan bakal bintangi film terbaru berjudul Argantara bareng Natasha Wilona. Seperti diketahui, Aliando idap gangguan kesehatan mental Obsessive Compulsive Disorder (OCD) ekstrem yang mengharuskan dirinya untuk memulihkan kembali kesehatannya selama masa vakumnya.

Setelah lama tak terdengar kabarnya, aktor kelahiran 1996 ini kembali menyapa penggemarnya lewat film yang dibintanginya. Kabar kembalinya Aliando membintangi film layar lebar disampaikan Aliando lewat unggahan poster film terbarunya di Instagram.

Film Argantara film adaptasi novel populer Wattpad yang akan segera tayang merupakan film pertama yang menyajikan akting apik Aliando dan Natasha Wilona. Sebelumnya, pada tahun 2017, keduanya pernah adu akting di sinetron Mawar dan Melati dan Siapa Takut Jatuuh Cinta.

Pernah bintangi sinetron Mawar dan Melati sebagai pasangan 5 tahun yang lalu, tentunya keduanya sudah mengenal satu sama lainnya. Banyak penggemar yang sudah tak sabar melihat akting Aliando bareng Wilona setelah vakum untuk memulihkan kondisi kesehatannya.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang potret kebersamaan Aliando dan Natasha Wilona, Jumat (13/5/2022).


1. Aliando dan Natasha Wilona pernah bintangi sinetron Mawar dan Melati tahun 2017 dan Siapa Takut Jatuh Cinta tahun 2019.

 


2. Meski kala itu, tepatnya pada tahun 2017 baru pertama kali akting bareng, chemistry keduanya sukses pikat hati penonton.

 


3. Kesuksesan film Mawar dan Melati membuat keduanya kembali dipertemukan dalam sinetron STJC bareng Verrell Bramasta dan Bryan Domani.

 


4. Setelah dua sinetron yang dibintanginya, Aliando dan Natasha Wilona akan kembali adu akting dalam film terbaru Argantara.

 


5. Tiga tahun berlalu sejak terakhir bintangi sinetron bareng, tak dielakkan jika keduanya masih kompak dan klik dalam membangun chemistry di film Argantara mendatang.

 


6. Kembali akting bareng, kebersamaan dua bintang muda ini tentunya obati rindu para penggemar.

 

Farhat Akan Polisikan Thariq, Pacar Fuji

Saat Farhat Abbas Akan Polisikan Thariq, Kekasih Fuji Gara-Gara Terlalu Bucin

Liputan6.com 2022-05-13 14:08:03
Farhat Abbas (Foto: Instagram/@farhatabbas)

Pengacara Farhat Abbas banyak dikenal publik dengan ucapannya yang kontroversial. Tak sedikit selebritis Tanah Air bahkan tokoh publik yang sempat berurusan dengannya. Satu di antaranya sebut saja artis Nikita Mirzani.

Dan baru-baru ini, mantan suami penyanyi Nia Daniaty tersebut kembali membuat ulah. Kali ini sasaran lewat cuitannya adalah Thariq Halilintar, yang tengah menjalin asmara dengan adik almarhum Febry Andriansyah, Fuji.

Lewat unggahan Instagram Stories-nya, Farhat mengatakan dirinya akan mempolisikan Thariq, karena dinilai terlalu bucin atau budak cinta dengan bibi dari Gala Sky tersebut.

"Kalo masih nempel seperti perangko akan kami laporkan ke polisi Singapura. Salam Partai Pandai," tulis Farhat Abbas.

Dia bahkan juga menyampaikan somasi kepada Haji Faisal agar mengingatkan Fuji untuk tidak sibuk pacaran dan lebih fokus mengasuh Gala.

Sontak ucapannya tersebut mendapat beragam tanggapan dari warganet. Namun, tak sedikit mereka yang mendukung jalinan asmara Fuji dan Thariq Halilintar hingga tagar terlalu bucin pun menjadi trending topik di Twitter.

Untuk diketahui, Farhat kini berada di kubu Doddy Sudrajat dalam perseteruan keluarga mendiang Vanessa Angel dan Bibi Andriansyah.

Terkait rumah baru Gala Sky, anak Vanessa dan Bibi, Farhat Abbas menyebut ada hak Doddy Sudrajat juga di sana.

"Bukti sejarah kakek @dodysoedrajat_1 @maayang.lucyana berjuang dan sulit ketemu cucu ponakan," tulis Farhat.

Lantas, seperti apa tanggapan Thariq dan Fuji atas cuitan Farhat tersebut?


1. Thariq: Susah Ya, Mencintai Kamu Aja Dilaporin Polisi

Thariq dan Fuji akhirnya menanggapi ancaman akan dilaporkan ke polisi oleh Farhat Abbas akibat terlalu bucin. Mereka membagikan potretnya bareng Fuji yang membelakangi kamera dengan latar pemandangan pantai saat matahari tenggelam.

Tak hanya itu, mereka juga menyertakan judul berita terkait pernyataan Farhat sebagai bukti. "susah ya.. mencintai km aja di laporin polisi," tulisnya.

Warganet ramai mengomentari unggahan mereka. Mereka menilai rencana Farhat sebagai puncak komedi di tahun ini.

"Ayank thofu bhagia. Pasukan thofu jg bhagia .... Bhagia sllu ,"komentar seorang warganet."IRI LU PAK MAKANYA CARI DONG BUCINNNN #AYANKBUCIN #TERLALUBUCIN," timpal warganet yang lain.

"wiuuu wiuuu larii bangg ada puliciii," sindir yang lain. "Ya ampun ngakak parah dung #TERLALUBUCIN ," imbuh warganet yang lain. "Mungkin yang ngelaporin kurang bahagia hidup nya bang @thariqhalilintar ," kata warganet lainnya.


2. Hastag Terlalu Bucin Jadi Trending Topik

Hastag "TerlaluBucin" yang menyindir hubungan Thariq dan Fuji rupaanya trending di Twitter. Warganet ramai buat olok-olok tentang komentar Farhat tersebut.

"orang jomblo enak ga dipenjara #TerlaluBucin,"sindir warganet."tolong ini ditangkap pak pulici.. pahanya bikin nyaman #TERLALUBUCIN," kicau pengguna Twitter yan lain.

"GAKUAT WKAKABAJABAJA #TerlaluBucin,"kicau warganet yang lain."auk tuh capek2 lapor polisi pdhl yg harusnya dia lakukan hanyalah "ngaca" #TerlaluBucin." sindir pengguna Twitter yang lain.

Hubungan Fuji dan Thariq saat ini memang sangat romantis. Mereka menjadi pusat perhatian banyak orang, termasuk dari Farhat Abbas.

Farhat menjadi bulan-bulanan kritikan dari warganet atas tindakannya yang akan melaporkan Thariq dan Fuji ke polisi. Mereka menganggap tindakan tersebut sebagai sesuatu yang mengada-ada.


3. Singgung Pula soal Rumah Gala Sky

Saat ini Farhat Abbas semakin dekat hubungannya dengan Dody Sudrajat. Ia mengunggah beberapa kali tentang kebersamaannya dengan Dody.

Farhat Abbas kerap menyinggung keluarga Haji Faisal semenjak ditunjuk menjadi pengacara Doddy Sudrajat dan putrinya Mayang. Kali ini mantan suami Nia Daniaty mempermasalahkan soal rumah Gala SKy Andriansyah hasil dari penggalangan dana.

Menurut Farhat Abbas, sebagai kakek Doddy Sudrajat punya hak atas rumah tersebut. Bahkan Farhat Abbas menyebut ayah mendiang Vanessa Angel bisa tinggal dan mendiami rumah hasil penggalangan dana bersama cucunya.

"Lebaranpun @dodysoedrajat_1 dan @maayang.lucyana gak bisa jumpa cucu dan ponakan , semoga orang menghalanginya gak diterima puasa dan Idul fitrinya, apa perlu Dg alasan ngisi konten Dg uang kontan juga ya? Salam pandai ," tulis Farhat dalam unggahan yang lain.

(Liputan6.com / Abdillah)

Sosok Penting di Balik Kemenangannya

Piala Thomas 2022: Anthony Sinisuka Ginting Ungkap Sosok Penting di Balik Kemenangan Perdananya

Liputan6.com 2022-05-13 13:30:52
Anthony Sinisuka Ginting berhasil meraih kemenangan pada laga kedua perempat final Piala Thomas 2022 melawan tunggal putra China, Zhao Junpeng. (Dok. PBSI)

Anthony Sinisuka Ginting berhasil menyumbangkan poin perdananya di Piala Thomas 2022 yang berlangsung di Impact Arena, Bangkok, Kamis (12/5/2022) malam WIB.

Dia berhasil mengalahkan pebulu tangkis asal Tiongkok, Zhao Junpeng, dengan skor 21-12, 25-27, dan 21-17. Ini merupakan kemenangan perdana Ginting setelah harus mengalami 3 kekalahan beruntun di fase penyisihan grup A.

"Ya pastinya, pertama coba buat lebih terus. Maksudnya 3 kali kalah di babak penyisihan grup ada rasa sedih dan kecewa kalah terus dan belum bisa balik ke performa terbaik," ucap Anthony dilansir dari instagram @badminton_talk.

Pebulu tangkis yang berusia 25 tahun ini juga menyebut sosok Hendra Setiawan yang terus mendukungnya dan memberikan motivasi meski dia sempat terpuruk.

"Kemaren coba main sama ko Hendra juga, dia bilang tidak apa-apa coba terus sampai nemu feeling dan pikiran di lapangan. Puji Tuhan, hari ke hari lebih baik," tutur Anthony.

Menurutnya, motivasi dan dukungan dari sang kapten sangat berpengaruh bagi perjalanan Ginting saat bermain.

"Pengaruh banget, soalnya di pasti pernah disituasi kayak gini. Ini yang buat saya banyak belajar dan ga gampang nyerah."


Bertemu Jepang di Semifinal

Ginting juga menambahkan bahwa permainan hari ini belum seutuhnya baik. Dia kerap kali bingung ketika kehilangan 2 atau 3 poin.

"Meskipun udah baik tapi cuma belum baik banget. Hilang dua atau tiga poin jadi bingung lagi. Di set ketika juga sama cuma inget lagi harus cepet balik lagi," ucap Anthony.

Di partai semifinal, Indonesia akan bertemu dengan Jepang. Ginting pun tidak tahu ketika diberitahu bahwa tunggal putra Jepang, Kento Momota sedang mengalami kondisi yang sama dengannya, yakni kalah di babak penyisihan.

"Momota mungkin dalam kondisi yang sama, saya juga melakukan hal yang sama semoga kita bisa balik lagi."


Ke Semifinal

Tim Indonesia akhirnya berhasil melaju ke babak semifinal Piala Thomas 2022 usai menyingkirkan China 3-0. Setelah Anthony, dua wakil Indonesia lainnya juga berhasil menjalankan tugasnya dengan baik.

Pasangan gado-gado Mohammad Ahsan/Kevin Sanjaya Sukamuljo kemudian memperbesar keunggulan Merah Putih usai membekuk Liu Yuchen/Ou Xuanyi.

Jonatan Christie lalu memastikan kemenangan Indonesia menyusul kemenangan atas Li Shi Feng. Dengan hasil ini, ganda kedua Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan tunggal ketiga Shesar Hiren Rhustavito tidak perlu bermain. (Simak berita selengkapnya di sini).


Jadwal Pertandingan

Jumat, 13 Mei 2022

18.00 WIB: Indonesia vs Jepang

Penulis: Jesslyn Koesman

Infografis Dominasi Bulu Tangkis Indonesia di Piala Thomas. (Liputan6.com/Trieyasni)

Film Horor Terlaris Sepanjang Masa

KKN di Desa Penari Jadi Film Horor Terlaris Sepanjang Masa, Tissa Biani Banjir Ucapan Selamat

Liputan6.com 2022-05-13 15:46:01
Tissa Biani (Sumber: Instagram/tissabiani)

Film horor KKN di Desa Penari telah memecahkan rekor sebagai film horor paling laris sepanjang masa di Indonesia. Film garapan Awi Suryadi ini hingga kini telah ditonton lebih dari 4,6 juta penanyangan dalam 13 hari tayang.

Tentu saja hal ini membuat para pemainnya, termasuk Tissa Biani, berbangga hati. Kekasih Dul Jaeni tersebut mengunggah unggahan tentang pecahnya rekor tersebut di Instagram.

Sebelum membintangi KKN di Desa Penari, Tissa sendiri sudah sangat dikenal di dunia perfilman. Ia pernah membintangi beragam judul film dengan beragam tema.

Tak heran, jika unggahan Tissa Tersebut langsung mendapat ucapan selamat dari rekannya dari dunia hiburan.

"Keren parah adikku. Congrats," tulis Titi Kamal yang juga pernah membintangi film horor Makmum bersama Tissa.

Tissa juga dikenal aktif di dunia musik, tak heran jika ucapan selamat juuga datang dari para musisi papan atas Tanah Air.

"Wow selamat ya," tulis Dewa Budjana.

"Kerennn banget," puji suami Dinda Hauw, Rey Mbayang.

Jumlah penonton KKN di Desa Penari masih akan terus bertambah nih. Kalau kamu sudah nonton belum hayo?

Badai Matahari Ancam Bumi

Ilmuwan Prediksi Badai Matahari Berdampak Pada Bumi

Liputan6.com 2022-05-13 13:00:03
Ilustrasi badai Matahari (NASA's Goddard Space Flight Center/Genna Duberstein).

Ahli antariksa memprediksi akan terjadi ledakan badai Matahari atau solar flare yang bisa berdampak pada Bumi.

Ledakan suar tersebut diprediksi terjadi pada Jumat, 13 Mei 2022, namun bisa membuat badai Matahari lebih cepat.

Mengutip The US Sun, Jumat (13/5/2022), para ahli di SpaceWeather.com menjelaskan, "Sunspot AR3007 memiliki medan magnet kelas delta yang menyimpan energi untuk membuat ledakan kuat dan hampir langsung menghadap Bumi."

"Ramalan NOAA memperkirakan 50 persen peluang suar kelas M dan 30 persen peluang suar X pada 12 Mei," kata para ahli cuaca. Suar matahari yang diprediksi dibeli label sebagai CME/ coronal mass ejection. CME merupakan jenis badai matahari yang disebut sebagai lontaran massa korona.

Lontaran massa korona ini merupakan pelepasan plasma yang sangat besar dari lapisan luar Matahari (disebut korona).

Ketika badai matahari menghantam medan magnet Bumi, mereka dapat menyebabkan badai geomagnetik yang mempengaruhi satelit dan jaringan listrik.

Sebelumnya, badai Matahari yang terjadi baru-baru ini menyebabkan pemadaman gelombang radio di sekitar Samudera Atlantik yang berlangsung lebih dari satu jam.

Sementara, setiap badai matahari yang menghantam Bumi dinilai berdasarkan tingkat keparahannya.

Suar yang terjadi pada 12 atau 13 Mei ini diperkirakan merupakan badai kelas M atau badai kelas X. "Badai matahari kelas X sangatlah besar, itu adalah peristiwa besar yang dapat memicu pemadaman radio di seluruh Bumi dan badai radiasi yang berlangsung lama," kata Spaceweather.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini


Pentingnya Medan Magnet Bumi

Sementara, badai kelas M berukuran sedang, suar ini bisa menyebabkan pemadaman radio singkat yang mempengaruhi wilayah kutub Bumi.

Bukan hanya mengganggu Bumi, pose suar yang intens juga ditengarai bisa menimbulkan ancaman bagi manusia di Stasiun Antariksa Internasional (ISS).

Badai matahari tersebut dapat mematikan bagi astronaut jika mengakibatkan cedera atau mengganggu komunikasi kontrol misi.

Selain itu, badai kecil dapat bisa membingungkan hewan yang tengah bermigrasi dan mengandalkan medan magnet Bumi untuk mengetahui arah.

Untungnya, medan magnet Bumi melindungi manusia dari dampak yang lebih ekstrim dari badai Matahari. Setiap badai matahari, terdiri dari radiasi elektromagnetik intens yang sering menyembur dari Matahari dan dapat mengirimkan aliran partikel bermuatan tinggi ke arah Bumi.

Radiasi ini bisa saja berbahaya bagi manusia, jika tidak memiliki perlindungan medan magnet Bumi.

Sebelumnya, erupsi solar Matahari besar pernah terjadi pada 1989, menembakkan begitu banyak partikel bermuatan listrik ke Bumi. Akibatnya, provinsi Quebec, Kanada, kehilangan daya listrik selama sembilan jam.

Yang terjadi saat ini, Matahari berada di awal siklus 11 tahunan Matahari. Dalam kondisi ini, letusan suar Matahari tumbuh lebih intens dan ekstrem.


Sebelumnya ada Badai Matahari

Sebelumnya, NOAA atau lembaga administrasi oseanologi dan atmosfer AS memprediksi Bumi bakal dilanda badai matahari pada Kamis, 14 April 2022.

NOAA menyebut pihaknya telah memantau selama beberapa jam terakhir dan menemukan bahwa badai geomagnetik kuat bakal melanda Bumi.

Bahkan, NOAA menggolongkan badai geomagnetik ini berada di level G3. Itu artinya, badai geomagnetik ini tergolong cukup kuat.

The Independent, seperti dikutip Kamis (14/4/2022) menyebut, badai matahari bisa terjadi karena adanya coronal mass ejection alias CME.

CME merupakan pelepasan plasma secara besar-besaran yang ditembakkan dari korona atau lapisan terluar Matahari. CME mengandung miliaran ton partikel matahari yang bergerak cepat serta medan magnet yang mengikatnya.

CME ini bisa menyebabkan badai geomagnetik ketika mereka bersentuhan dengan medan magnet Bumi. Badai geomagnetik terjadi jika ada pertukaran energi yang efisien dari angin Matahari ke lingkungan luar angkasa yang mengelilingi Bumi.


Dampak Badai Matahari

Masih dariThe Independent, dengan badai matahari sekuat itu, masalah bisa dirasakan pada sistem kelistrikan. Bahkan, dampak lainnya adalah terganggunya satelit, terutama penggunaan sistem satelit navigasi dan radio.

Bukan hanya itu, badai geomagnetik sekuat itu juga akan menciptakan aurora seperti aurora Northern Lights. Aurora semacam ini bisa terlihat dalam ketinggian rendah.

Selain itu, badai matahari sekuat itu juga bisa membuat binatang bermigrasi ke tempat lain.

Sebelumnya, disebutkan bahwa Bumi telah terkena dampak dari badai matahari tersebut. Namun, saat itu diketahui bahwa dampaknya masih belum kuat.

Kini setelah melakukan pengamatan beberapa jam, NOAA mengamati adanya badai geomagnetik yang kuat sejak sehari sebelumnya.

(Tin/Ysl)

Infografis Gerhana Matahari Total, Tidak Buta karena Gerhana (Liputan6.com/Abdillah)

Indonesia Menuju Endemi, Faktanya?

HEADLINE: Menko PMK Klaim Secara De Facto Indonesia Sudah Menuju Endemi, Faktanya?

Liputan6.com 2022-05-14 00:01:35
Aktivitas warga di kawasan Blok-M, Jakarta, Senin (14/3/2022). Menurut Jubir Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Reisa Broto Asmoro, peralihan pandemi ke endemi tak bisa lepas dari jumlah ka

Sejumlah indikator menunjukkan, Indonesia telah mulai bertransisi dari pandemi COVID-19 menuju fase endemi. Hal tersebut disampaikan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy.

Muhadjir menyebut, indikator-indikator tersebut seperti angka kasus aktif COVID-19 hingga kematian yang menunjukkan penurunan.

"Intinya pokoknya dilihat dari angka kasus aktif, positivity rate, tingkat okupansi rumah sakit, kemudian angka kematian sekarang sudah ada tanda-tanda bukan tertinggi dari penyakit yang ada," kata Muhadjir dalam keterangannya, Kamis (12/5/2022).

Berdasarkan survei internal yang telah dilakukan Kemenko PMK di 18 Rumah sakit DKI Jakarta pada Februari 2022, saat ini angka kematian akibat COVID-19 di Indonesia telah turun di peringkat ke-14.

"Yang paling tinggi kematian itu kanker, kemudian pneumonia, peneumonia non spesifik, dan sekarang COVID-19 yang meninggal sudah di ranking 14. Jadi sudah bukan lagi ancaman," jelas Muhadjir.

Meskipun memang kasus COVID-19 sudah semakin membaik, dia meminta masyarakat untuk tetap waspada dan berhati-hati. Mengingat kasus meninggal dan yang terjangkit juga masih ada.

"Tetapi dilihat dari beberapa indikator itu kita sebetulnya de facto (secara fakta) sudah menuju ke endemi," kata Muhadjir.

Dia mengatakan, transisi pandemi ke endemi ini dipertaruhkan paling tidak dua minggu setelah Idul Fitri. Apabila pasca Idul Fitri tidak ada tambahan kasus yang signifikan, maka menurutnya, COVID-19 di Indonesia akan segera menjadi endemi.

"Taruhannya setelah libur tahunan ini. Kalau nanti setelah Idul Fitri, 2 minggu atau 3 minggu nanti tidak ada kenaikan kasus. Maka kita optimis segera transisi ke endemi," kata Muhadjir.

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP), Abraham Wirotomo pun optimistis skema pasca pandemi semakin dekat. Terlebih, kata dia, situasi COVID-19 terus terkendali selama delapan minggu terakhir.

"Sejak 24 Maret hingga 12 Mei atau selama delapan minggu, angka reproduction ratekonsisten di angka 1. Ini artinya selama 8 minggu, pandemi Covid-19 sudah terkendali, dan skema pandemi berakhir semakin dekat," kata Abraham, Jumat (13/5/2022).

Kendati begitu, dia menyampaikan pemerintah masih tetap menerapkan kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Pemerintah juga terus memonitor angka kasus hingga beberapa minggu ke depan, untuk memastikan apakah ada lonjakan kasus.

Dia pun mengingatkan masyarakat untuk tidak tergesa-gesa mengendorkan protokol kesehatan. Masyarakat diminta menunggu hasil evaluasi penanganan COVID-19 pasca mudik lebaran.

"Prokes jangan sampai kendor. Jangan sampai masa kelam pandemi terulang. Kalau bisa kita sama-sama akhiri pandemi di tahun ini, dan fokus pada pemulihan ekonomi," tutur dia.

Sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate menyatakan, pelaksanaan mudik dan perayaan Idul Fitri 2022 merupakan momentum pengakhiran pandemi COVID-19. Menurutnya, pelaksanaan mudik dan Lebaran yang lancar pun bisa jadi indikator penting dalam pengendalian pandemi menuju endemi COVID-19 di Indonesia dan dunia.

"Saya tentu berharap bahwa mudik kali ini menjadi indikator penting Indonesia berhasil mengendalikan pandemi dan sebagai awal dari pengakhiran pandemi, awal dari kita menuju situasi lingkungan endemi COVID-19 di Indonesia dan di dunia," tuturnya, Senin (9/5/2022).


Indonesia Tidak Lagi dalam Fase Kedaruratan

Sementara itu, Juru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito mengatakan, Indonesia tidak lagi dalam fase kedaruratan merespons pandemi COVID-19, melainkan transisi menuju endemi.

"Sebagaimana tertera pada data COVID-19 terkini, tampak adanya penurunan tren angka kasus COVID-19, perawatan di rumah sakit, termasuk layanan intensif dan kematian akibat virus Corona," ungkap Wiku di Media Center COVID-19, Graha BNPB, Jakarta pada Selasa, 10 Mei 2022.

"Bisa dikatakan bahwa saat ini Indonesia sudah tidak lagi berada dalam kondisi kedaruratan dalam merespons pandemi COVID-19 dan mulai bertransisi menuju fase endemi."

Kabar membaiknya situasi COVID-19 juga terlihat dari tingkat hunian tempat tidur COVID-19 dan perilaku masyarakat. Adanya mobilitas tinggi, terutama selama libur Lebaran turut mendongkrak pemulihan ekonomi.

"Hal lain juga tecermin pada mulai menurunnya tempat hunian tempat tidur COVID-19 dan perilaku sosial ekonomi masyarakat, misalnya pertumbuhan ekonomi meningkat, angka pengangguran menurun, indeks belanja meningkat, dan mobilitas (tinggi) masyarakat ke luar rumah," papar Wiku.

Situasi COVID-19 di Indonesia dengan pencapaian baik secara rinci dapat dilihat dari sejumlah faktor, antara lain:

  1. Rawat inap menurun 97 persen
  2. Tingkat hunian tempat tidur COVID-19 2 persen
  3. Kasus kematian akibat COVID-19 menurun hingga 98 persen
  4. Positivity ratenasional sebesar 0,7 persen

Walaupun Indonesia memasuki transisi endemi, Wiku Adisasmito mengingatkan, pengendalian COVID-19 terus dilakukan dengan menyesuaikan situasi terkini. Pengawasan terhadap varian virus Corona dan perkembangan COVID-19 global juga terus dipantau.

"Ingat, bukan karena kondisi yang terkendali, maka pengendalian COVID-19 tidak dilakukan. Tetapi pengendalian beserta pengawasan akan tetap dijalankan dengan bentuk yang harus menyesuaikan situasi dari kondisi terkini," ujarnya.

"Hal ini juga menjadi landasan kuat Pemerintah Indonesia untuk tidak gegabah, agar pertahanan yang dilakukan berbulan-bulan pasca lonjakan kasus COVID-19 terakhir, dapat bertahan dalam jangka waktu yang panjang."

Demi memastikan situasi COVID-19 nasional sepenuhnya terkendali, kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) masih tetap diberlakukan sebagai instrumen pengendalian COVID-19 yang secara fakta telah mampu melandaikan kondisi kenaikan dan mempertahankan kasus terkendali hingga saat ini.


Pandemi Terkendali

Juru Bicara Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI), dr Siti Nadia Tarmizi mengatakan, terlalu dini menyebut Indonesia sudah masuk tahap endemi. Menurut dia yang lebih tepat bahwa saat ini Indonesia berada pada tahap pengendalian pandemi COVID-19.

"Kalau kita bilang sudah mulai endemi, itu tidak bisa diputuskan oleh Indonesia sendiri. Pasti kita perlu berkonsultasi dengan Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO untuk situasi ini," kata Nadia saat dihubungi Health Liputan6.com melalui sambungan telepon pada Jumat, 13 Mei 2022.

Dijelaskan Nadia, meski kasus COVID-19 harian di Tanah Air turun setiap harinya, tapi kasus terkonfirmasi virus Corona masih di angka 300 s/d 400 jiwa. Sementara, kata Nadia, Indonesia pernah memiliki kasus harian COVID-19 yang hanya 100 s/d 150 jiwa.

"Walaupun indikator-indikator seperti terkait angka positif, angka keterisian rumah sakit, dan angka lainnya sudah turun --- seperti di September s/d Desember tahun lalu --- tapi kalau melihat angka konfirmasi, masih cukup tinggi angkanya," Nadia melanjutkan.

Artinya, apabila dibandingkan dengan puncak kasus COVID-19 varian Omicron, memang sudah rendah tapi pemerintah ingin kondisi ini lebih bisa dikendalikan. Terutama, kata Nadia, angka reproduksi virus Corona di Indonesia masih 1, bahkan beberapa daerah di atas 1.

Nadia tidak memungkiri bahwa masyarakat awam akan beranggapan kasus COVID-19 di Indonesia mengalami penurunan tiap melihat tabel kasus harian. Apalagi kasus sembuh juga besar dan yang meninggal semakin kecil.

Hal itu juga yang terus dilihat pemerintah. Apalagi pemerintah juga harus melihat kondisi sesudah arus mudik dan arus balik seperti apa.

"Apakah ada peningkatan kasus atau lonjakan kasus. Jadi, situasi saat ini masih belum terlalu stabil. Ini yang masih terus kita monitoring," katanya.

Pemerintah, lanjut Nadia, juga masih harus memastikan apakah betul kalau nanti dilihat pada periode tertentu, indikator-indikator dari pandemi COVID-19 benar-benar terkendali.

"Makanya, kita harus lihat lagi pasca mudik dan pasca arus balik. 10 sampai 14 hari ke depan apakah terjadi peningkatan kasus atau cluster-cluster yang banyak terjadi," kata Nadia.

"Nah, ini kan belum, jadi, belum bisa kita nyatakan masuk pada endemi. Mungkin ke arah-arah pandemi terkendali, itu mungkin lebih tepat," pungkas Nadia.


Indonesia Masuk Fase Deselerasi

Epidemiolog Dicky Budiman mengatakan, Indonesia sudah terlihat memasuki fase transisi menuju akhir pandemi COVID-19.

"Sebelum ke arah akhir pandemi memang dibutuhkan fase transisi dan Indonesia sudah masuk itu," kata Dicky lewat pesan suara ke Health-Liputan6.compada Jumat (13/5/2022).

Ada beberapa indikator yang memperlihatkan Indonesia masuk ke fase transisi menuju akhir pandemi COVID-19. Dicky mengatakan Indonesia sudah masuk fase deselerasi. Ini adalah kondisi ketika terjadi penurunan kasus disertai dengan perbaikan modal imunitas lewat imunisasi dan respons lainnya.

Dicky mengingatkan meski Indonesia sudah masuk ke awal fase transisi bukan berarti bebas dari ancaman COVID-19. Masih ada ancaman virus serta varian turunan SARS-CoV-2 yang mungkin bisa terjadi peningkatan kasus di negara ini jika abai atau santai terhadap protokol kesehatan.

"Ancaman belum berhenti. Ada ancaman varian BA.4, BA.5 yang bisa mengalahkan parentalnya yakni BA.2 dan berpotensi masuk Indonesia dan meningkatkan jumlah kasus," kata Dicky yang merupakan peneliti Global Health Security dan Pandemi pada Center for Environment and Population Health di Griffith University Australia ini.

Perubahan status pandemi COVID-19 di Indonesia, kata Dicky, harus diarahkan ke status terkendali, bukan endemi. Status terkendali pada COVID-19 adalah kondisi ketika tidak terjadi penambahan kasus atau ada penambahan tapi hanya ada di wilayah tertentu.

"Kalau bicara akhir pandemi COVID-19, target kita secara nasional harusnya mengarah ke status COVID-19 terkendali, bukan endemi," kata Dicky.

"Endemi itu buruk dan berbahaya. Artinya masih ada orang sakit dan meninggal (karena COVID-19)," terang Dicky.

Meski begitu, dalam sebuah negara mungkin juga ketika pandemi sudah dicabut oleh WHO ada wilayah yang memiliki status COVID-19 epidemi atau endemi.

"Mungkin masih ada yang masuk status endemi atau epidemi, hal ini terkait dengan cakupan vaksinasi yang buruk serta perilaku masyarakat yang buruk," katanya.

Endemi berarti suatu kondisi penyakit selalu ada atau tidak bisa kasusnya nol. Contoh kasus endemi adalah malaria.

Sementara itu bila epidemi adalah suatu kondisi ketika muncul ledakan kasus beberapa kali dalam setahun seperti muncul gelombang-gelombang kasus. Di antara gelombang tersebut ada kasus tapi terkendali.


Pemerintah Perlu Siapkan Roadmap Menuju Endemi

Anggota Komisi IX DPR, Kurniasih Mufidayati, meminta pemerintah membuat roadmap terukur transisi persiapan Indonesia dari fase pandemi menuju endemi.

Roadmap terukur transisi ini perlu mulai disiapkan seiring dengan melandainya kasus dan dimulainya beberapa pelonggaran aktivitas masyarakat termasuk mudik tahun 2022.

Kurniasih mengatakan, ada harapan besar publik agar pandemi di Indonesia bisa segera berakhir. Harapan besar ini harus ditangkap dengan fase yang jelas dan terukur sampai nanti WHO menetapkan Pandemi Covid-19 menjadi endemi.

"Wewenang menetapkan status pandemi menjadi endemi memang mengacu ke WHO. Tapi jalan menuju ke sana harus dipersiapkan dengan roadmap dan terukur. Harus terukur dengan indikator yang jelas pada setiap fase agar mudah dilakukan evaluasi dan publik juga bersiap dengan kebijakan per fase menuju endemi," kata Kurniasih, Jumat (14/5/2022).

Kurniasih menyebut saat ini sudah dilakukan beberapa pelonggaran bagi aktivitas masyarakat, meski dengan penuh kewaspadaan. Hal yang penting terutama kelonggaran pada sektor-sektor ekonomi yang menyangkut masyarakat banyak.

"Longgarkan syarat perjalanan pada daerah dengan cakupan vaksinasi tinggi dan positif aktif sangat rendah. Berikan stimulus kepada UMKM yang terdampak pandemi agar proses recovery berlangsung lebih cepat," kata Kurniasih.

Hal-hal di atas bisa masuk dalam parameter dari setiap fase sebelum menuju ke endemi. Termasuk yang masih menjadi pekerjaan rumah adalah capaian vaksin booster.

"Salah satu perlunya indikator juga terkait target waktu. Meski wewenang ada di WHO, tapi kita bisa menargetkan waktu kapan menuju siap memasuki fase endemi. Timeline waktu penting karena berkaitan dengan program dan juga anggaran. Jadi targetnya apa indikator dan target waktu di setiap fase. Bisa dibuat misal fase Pandemi terkendali, fase pra endemi baru memasuki fase endemi," kata Kurniasih.


Perlu Persiapkan Regulasi hingga Infrastruktur

Dicky mengingatkan ketika masuk fase transisi ke akhir pandemi juga diperlukan persiapan. Persiapan yang perlu dilakukan adalah mulai dari regulasi, prosedur, perilaku dan infrastruktur yang lebih mengurangi potensi penularan COVID-19.

"Perilaku misalnya, memakai masker. Lalu, ketika ada kerumunan dihindari lalu terus menjaga perilaku mencuci tangan dengan sabun. Jadi, ini bukan cuma bicara penularan COVID-19 tapi juga hepatitis dan penyakit lain," kata Dicky.

Lalu, soal persiapan infrastruktur menuju ke arah akhir pandemi COVID-19, salah satunya dengan mengupayakan kualitas udara bersih dengan CO2 di bawah 1000 ppm. Lalu, sirkulasi udara di sekolah, gedung dan kantor dibuat bisa lebih baik.

"Jadi, bukan cuma melihat dari indikator epidemiologi tapi juga mempersiapkan perilaku dan lingkungan," kata Dicky.

Ketika persiapan tersebut sudah dilakukan di masa fase transisi, dan WHO mencabut status pandemi yang mungkin di akhir tahun atau awal tahun 2023, Indonesia sudah siap.


Endemi Bukan Berarti Virus Corona Hilang

Kurniasih pun mengingatkan jika fase endemi bukan berarti penyakit COVID-19- hilang, tapi lebih terkendali. Sebab itu, publik harus tetap meneruskan kebiasaan baik dalam menjaga diri selama Pandemi.

"Yang baik tentu harus kita teruskan bahkan dijadikan gaya hidup. Endemi bukan berarti penyakitnya hilang. Tapi tetap kita waspadai. Malaria misalnya. Penyakitnya masih ada di wilayah tertentu, sehingga perlu persiapan jika memasuki wilayah endemi Malaria. Begitu juga COVID-19. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) harus jadi lifestyle baru masyarakat menuju fase endemi," ungkap Kurniasih.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Dwi Oktavia juga menyampaikan pesan serupa. Menurutnya, masyarakat nantinya harus memiliki kesadaran yang tinggi di masa endemi karena COVID-19 belum hilang. Artinya, setiap masyarakat harus bisa menjaga kesehatan pribadinya dan tidak menularkan ke orang lain.

"Masyakarat harus tetap diingatkan meski COVID-19 sangat landai, tetapi masih ada, tetap harus mawas diri, prokes. Dan setiap mengalami keluhan harus memeriksakam diri, kemudian pada saat gejala sakitnya misalnya mirip dengan COVID-19 dan hasil pemeriksaan menunjukan COVID-19, ya harus isolasi diri, jadi kesadaran bahwa kita jangan menularkan ke orang lain dan tetap menjaga kesehatan bersama itu perlu dibangun kesadaran kolektif kita," kata dia.

Dwi Oktavia juga meminta pemerintah menyiapkan segala kebutuhan dan fasilitas kesehatan warga di masa endemi. Dia meminta pemerintah menyiapkan tempat-tempat yang mempermudah masyarakat melakukan aktifitas fisik di luar ruangan.

"Supaya enggak malas gerak, itu juga menjadi bagian upaya kita. Karena semakin lama populasi di Jakarta juga makin banyak. Kita hidup di kota besar seperti Jakarta, tingkat stresnya tinggi, jadi kita harus punya sarana mengelola stres," kata dia.