Haji Faisal Larang Doddy Bawa Gala Sky

Haji Faisal Respons Keluhan Doddy Sudrajat yang Mengaku Sulit Bertemu Gala Sky

Liputan6.com 2022-05-20 12:40:00
Haji Faisal tak habis pikir dengan ocehan Doddy Sudrajat yang merasa dihalangi untuk bertemu Gala Sky Andriansyah. (Foto: Dok. Instagram @opah_faisal)

Doddy Sudrajat belakangan ini mengeluhkan sulit bertemu dengan cucunya, Gala Sky Andriansyah, yang kini dalam pengasuhan keluarga besannya, Haji Faisal. Sebab sejak Lebaran Idul Fitri lalu hingga kini, ayah mendiang Vanessa Angel mengaku belum bertemu dengan Gala Sky.

Terkait pernyataan Doddy Sudrajat, Haji Faisal meresponnya. Bapak empat anak itu mengaku tidak pernah melarang besannya untuk bertemu dengan cucunya sendiri, seperti yang kerap ia utarakan kepada awak media.

"Memang yang melarang siapa?" ujar Haji Faisal ditemui di tokonya di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Kamis (19/5/2022).

Haji Faisal menjelaskan, dirinya hanya tidak mengizinkan Doddy Sudrajat mengajak Gala Sky pergi ke luar rumah. Namun bila bertamu ke rumahnya untuk bertemu cucunya, Haji Faisal mempersilakan.

"Kalau diajak main ya iya lah, enggak mau saya kalau itu," kata Haji Faisal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Berhak

Sudah hak Haji Faisal membatasi dengan siap Gala Sky Andriansyah boleh bertemu dan bermain. Sesuai keputusan Pengadilan Agama Jakarta Barat, hak asuk dan perwalian sepenuhnya jatuh ke tangannya.

"Itu harus ada keputusan dari kami, kan biar bagaimana pun sekarang tanggung jawabnya di saya. Kan keputusan pengadilan kemarin hak asuhnya ke saya, walaupun belum inkracht," ujarnya lagi.


Tak Pernah Menghubungi

Selama ini Haji Faisal mengaku tidak pernah dihubungi pihak Doddy Sudrajat yang katanya ingin bertemu dengan Gala Sky Andriansyah. Namun ia bingung mengapa Doddy Sudrajat mempermasalahakan kesulitan bertemu dengan cucunya.

"Enggak ada menghubungi saya, enggak ada," ucap Haji Faisal.


Perkataan Doddy

Doddy Sudrajat sebelumnya sempat mengeluhkan sulitnya bertemu Gala Sky Andriansyah. Bahkan saat perayaan Idul Fitri, ia mengaku tak bisa bertemu cucunya itu dengan alasan takut Gala Sky Andriansyah dibawa kabur olehnya.

"Yang saya dengar, takut kalau Gala diambil, saya ajak main keluar gitu, katanya takut rambutnya diambil untuk tes DNA," kata Doddy.

Harga Belum Turun, Migor kok Diekspor?

HEADLINE: Keran Ekspor Minyak Goreng Kembali Dibuka, Plus Minusnya?

Liputan6.com 2022-05-21 00:00:25
Pedagang tengah menata minyak curah yang dijual di pasar di Kota Tangerang, Banten, Kamis (25/11/2021). Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya lonjakan harga di komoditas minyak goreng

Belum genap sebulan larangan ekspor CPO dan produk turuannya termasuk minyak goreng berlaku. Akhirnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan membuka kembali keran ekspor komoditas ini.

Jokowi sebelumnya menegaskan keputusan larangan ekspor minyak goreng dan bahan bakunya bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pokok masyarakat.

Dia merasa ironis Indonesia sebagai negara produsen sawit terbesar, justru kesulitan mendapat minyak sawit.

"Saya ingin menegaskan bagi pemerintah kebutuhan pokok masyarakat adalah yang utama. Ini prioritas paling tinggi dalam pertimbangan pemerintah setiap membuat keputusan," kata Jokowi dalam konferensi pers di Youtube Sekretariat Presiden.

Jokowi menegaskan baru akan mencabut larangan ekspor minyak goreng beserta bahan bakunya, apabila kebutuhan dalam negeri terpenuhi. Kebijakan ini pun akan terus dievaluasi.

Sontak, usai Jokowi mengumumkan larangan ekspor produk turunan CPO, mulai muncul gelombang protes dari para petani kelapa sawit dan produsen CPO.

Para petani berteriak bahkan hingga menggelar aksi unjuk rasa menyuarakan imbas dari larangan ekspor CPO ini.

Para petani bilang, larangan tersebut berdampak langsung kepada anjloknya harga TBS (tandan buah segar) kelapa sawit di seluruh Indonesia, terkhusus sentra perkebunan kelapa sawit.

Masalah serupa juga dialami para produsen. Disebutkan, saat ini kondisi industri sawit sudah kritis, sebab dari 1.118 pabrik sawit se-Indonesia paling tidak 25 persen telah stop pembelian TBS sawit petani.

Ini terjadi setelah harga TBS petani sudah anjlok 40 persen hingga 70 persen dari harga penetapan Disbun dan ini terjadi secara merata sejak larangan ekspor, pada 28 April lalu.

Tampaknya pemerintah merespons keluhan petani dan produsen sawit ini. Jokowi akhirnya memutuskan untuk membuka kembali ekspor minyak goreng mulai Senin, 23 Mei 2022.

"Saya memutuskan bahwa ekspor minyak goreng akan dibuka kembali pada Senin 23 Mei 2022," kata Jokowi dalam konferensi pers di Youtube Sekretariat Presiden.

Keputusan membuka kembali ekspor ini diambil usai melihat pasokan dan harga minyak goreng di pasaran saat ini. Terlihat, pasokan minyak goreng untuk kebutuhan nasional terus bertambah.

"Setelah dilakukan pelarangan ekspor di bulan April, pasokan kita mencapai 211.000 ton per bulannya melebihi kebutuhan nasional bulanan kita," jelasnya.

Selain itu, harga minyak goreng juga sudah mulai turun. Adapun harga minyak goreng sebelum ada pelarangan ekspor sekitar Rp 19.800, sedangkan saat ini berkisar Rp 17.200 sampai Rp 17.600.

"Serta mempertimbangkan adanya 17.000.000 orang tenaga di industri sawit baik petani pekerja dan juga tenaga pendukung lainnya, maka saya memutuskan bahwa ekspor minyak goreng akan dibuka kembali," tutur Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Tindak Lanjut Mendag

Keputusan Jokowi mencabut larangan ekspor CPO langsung ditindaklanjuti Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi.

Mantan Dubes Indonesia untuk Amerika Serikat (AS) ini akan mencabut Permendag No.22 Tahun 2022 tentang larangan sementara ekspor produk CPO beserta turunannya.

"Menindaklanjuti arahan Bapak Presiden untuk membuka kembali ekspor CPO dan turunnya kami akan mencabut Permendag 22 tahun 2022," kata Mendag dikutip dari pernyatannya terkait pencabutan larangan ekspor sementara CPO dan turunannya.

Dalam aturan tersebut, larangan ekspor yang dicabut untuk Crude Palm Oil (CPO), Refined, Bleached and Deodorized Palm Oil (RBD Palm Oil), Refined, Bleached and Deodorized Palm Olein (RBD Palm Olein), dan Used Cooking Oil (UCO).

Mendag menjelaskan, sejak larangan sementara ekspor diberlakukan melalui Permendag 22 tahun 2022 pada 28 April lalu, Pemerintah, BUMN, dan pihak swasta telah dan terus melakukan berbagai upaya untuk memenuhi pasokan, serta penurunan harga minyak goreng curah.

Sebelum pelarangan sementara ekspor diberlakukan, pasokan minyak goreng curah Maret 2022 hanya sebesar 64.626,52 ton atau setara dengan 33,25 persen kebutuhan nasional.

Sementara itu, setelah pemberlakuan Permendag 22 tahun 2022 pasokan minyak goreng curah meningkat 108,74 persen dari kebutuhan nasional atau sebesar 211.638,65 ton. Pasokan ini lebih besar 17.004 ton dari kebutuhan nasional 194.634 ton.

"Demikian pula menurut pantauan kami di lapangan harga minyak goreng curah berangsur turun menuju harga keterjangkauan, seiring dengan pasokan migor yang melimpah," jelas Mendag.

Namun, sesuai arahan Presiden, ekspor CPO dan turunannya akan dibuka kembali tanggal 23 Mei 2022 yang akan diatur dalam peraturan Menteri Perdagangan.

"Hal-hal yang akan diatur menyangkut aturan-aturan terkait, tapi tidak terbatas pada eksportir pendaftar, ketentuan DMO dan turunannya serta mekanisme pengawasan dengan melibatkan aparat penegak hukum," ujarnya.

Oleh karena itu, Kemendag bersama BUMN dan pelaku usaha akan terus memperluas akses penjualan minyak goreng curah melalui program MigorRakyat.

Program ini dalam implementasinya akan menggunakan teknologi digital dan tersinkronisasi secara nasional.

"Setiap orang dapat membeli migor curah 1-2 liter per hari dengan menunjukkan KTP. Saat ini sudah tersedia lebih 2.000 titik dan dalam waktu dekat terjangkau 10 ribu titik," katanya.

Tentunya dengan upaya bersama, perlahan-lahan pasokan minyak goreng akan semakin berlimpah dan harga minyak goreng dalam negeri berangsur turun di tengah melonjaknya harga CPO global.

"Namun, momentum ini harus kita jaga bersama karena itu saya mengimbau seluruh pihak untuk mengikuti aturan yang berlaku demi kemaslahatan seluruh masyarakat Indonesia. Prioritas utama pemerintah akan selalu tentang kepentingan rakyat," pungkasnya.

<p>Infografis Ragam Tanggapan Keran Ekspor Minyak Goreng Kembali Dibuka. (Liputan6.com/Trieyasni)</p>


Disambut Suka Cita Petani Sawit

Pencabutan larangan ekspor komoditas penyumbang devisa ratusan triliuan rupiah tersebut. mendapatkan sambutan petani sawit.

Ketua Umum Apkasindo Gulat Manurung menyampaikan, petani kelapa sawit harus melalui masa-masa sulit dan berat selama kebijakan larangan ekspor CPO dan produk turunannya berlangsung. Hal ini sebabkan anjloknya harga tandan buah segar (TBS) sampai 70 persen.

"Di saat yang bersamaan petani, menjerit ketika keran ekspor ditutup oleh presiden (Jokowi)," kata Gulat Manurung.

Padahal, lanjut dia, sawit adalah sumber utama pendapatan bagi para petani sekaligus harapan dan masa depan ekonomi Indonesia. Sehingga, penerapan kebijakan larangan ekspor CPO dan produk turunannya ikut memukul perekonomian petani sawit.

"Tapi, kami sepakat minyak goreng sawit harus tersedia dan terjangkau di masyarakat domestik," imbuhnya.

Oleh karena itu, Apkasindo meminta peristiwa larangan ekspor sawit tersebut sebagai intropeksi bersama untuk membantu pemerintah dalam meningkatkan tata kelola industri CPO dan produk turunannya.

Sehingga, geliat industri sawit dapat memberikan manfaat nyata bagi perekonomian masyarakat, petani, hingga negara.

"Larangan ekspor tersebut juga sudah menyadarkan Indonesia, betapa pentingnya sawit untuk Indonesia, baik dari segi ekonomi, sosial, dan keberlanjutannya," tutupnya.

Ketua Umum APKASINDO Perjuangan Alpian Arahman mengatakan dengan di bukanya Kembali ekspor CPO ini tentunya akan menormalkan tataniaga sawit Tandan Buah Segar (TBS) petani sawit di seluruh Indonesia, yang sempat mengalami masalah baik dari sisi harga yang turun drastic di bawah rata-rata Rp 2 ribu per kilogram.

Serta pembatasan pembelian TBS yang di lakukan oleh beberapa perusahaan di wilayah sumatera, Kalimantan dan juga Sulawesi.

Sementara itu Ketua Umum POPSI Pahala Sibuea mendukung langkah Presiden Joko Widodo untuk melakukan pembenahan regulasi di lembaga BPDPKS.

"Kami juga melihat di BPDPKS menjadi salah satu kunci untuk perbaikan pada tatakeloa sawit di Indonesia misalnya kedepan BPDPKS itu harus fokus mendukung kelembagan-kelembagan petani sawit di seluruh Indonesia," kata Pahala, Jumat (20/5/2022).

Pahala Sibuea juga menyingung selama ini BPDPKS banyak dimanfaatkan untuk kepentingan konglomerat biodiesel. Ini bisa di lihat dari dana BPDPKS Rp 137,283 Triliun, yang dipungut sejak tahun 2015 -- 2021 mayoritas sekitar 80,16 persen dana itu hanya untuk subsidi biodiesel yang dimiliki konglomerat sawit.

Sementara petani sawit hanya sebesar 4,8 persen melalui program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR).

Hal serupa juga diungkapkan, Ketua Umum FORTASBI H. Narno. Dia berharap setelah pencabutan ekspor CPO maka tatakelola sawit yang harus di perhatikan oleh pemerintah, yaitu adanya dukungan kepada kelembagaan petani sawit untuk memiliki pabrik pengolahan kelapa sawit sampai minyak goreng dengan memanfaatkan keberadaan dana sawit yang di Kelola oleh BPDPKS.

Sementara itu, Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI), menilai dibukanya kembali ekspor minyak goreng mulai Senin 23 Mei 2022 akan berdampak baik bagi pengusaha dan petani kelapa sawit.

"Pemerintah bukan hanya mendengar keluhan pengusaha tetapi seluruh pelaku usaha termasuk petani sawit. Jelas akan berdampak positif, apabila produksi sudah bisa mengalir kembali maka produksi termasuk pembelian TBS petani bisa kembali normal," kata Sekjen GAPKI Eddy Martono, kepada Liputan6.com.

Ketika pada 28 April 2022, pemerintah resmi melarang ekspor CPO dan turunannya ke luar negeri, tidak hanya pengusaha yang rugi melainkan petani sawit juga mengalami kerugian yang sama.

"Yang rugi bukan hanya pengusaha tetapi petani sawit pun rugi, mengenai berapa kerugian perusahaan anggota Gapki kita belum mendapat laporan," ujarnya.

Dia menjelaskan, anggota Gapki tugasnya hanya ekspor CPO. Misalnya, pada ahun lalu ekspor CPO sangat kecil hanya 2.7 juta ton saja. Tetapi mereka juga tidak bisa langsung ekspor, mereka harus mempersiapkan pengangkutan terlebih dahulu utamanya kapal.

"Ini tidak bisa mendadak. Ya harus jelas dulu regulasinya, kalau kapal tersedia butuh waktu sekitar 2 sampai dengan 3 minggu," ujarnya.

<p>Infografis Keran Ekspor Minyak Goreng Kembali Dibuka. (Liputan6.com/Trieyasni)</p>


Pemerintah Dinilai Gagal

Namun, langkah pemerintah kembali membuka keran ekspor CPO mendapat tanggapannya berbeda dari pengamat ekonomi.

Keputusan ini dinilai sebagai kegagalan pemerintah gagal mengambil jalan keluar untuk menekan harga minyak goreng lewat pelarangan ekspor.

Direktur Center of Economic and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira memandang pelarangan ekspor secara total adalah kesalahan fatal pemerintah. Buktinya, harga minyak goreng di masyarakat masih terpantau tinggi.

Disamping itu, petani kelapa sawit juga dirugikan dengan harga tandan buah segar (TBS) sawit yang anjlok. Menurut data Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) penurunannya terjadi hingga 70 persen dari harga normal.

"Pencabutan larangan ekspor CPO dan minyak goreng bukti bahwa kebijakan pengendalian harga minyak goreng lewat stop ekspor total seluruh produk CPO adalah kesalahan fatal. Harga migor di level masyarakat masih tinggi, petani sawit dirugikan dengan harga yang TBS anjlok karena over supply CPO di dalam negeri," kata Bhima kepada Liputan6.com.

Kerugian tak hanya menyoal harga minyak goreng kemasan di masyarakat. Bhima mengungkap negara juga kehilangan triliunan rupiah. Ini angka yang disumbang dari ekspor CPO dan yang terkait.

"Kehilangan penerimaan negara lebih dari Rp 6 Triliun, belum ditambah dengan tekanan pada sektor logistik -perkapalan yang berkaitan dengan aktivitas ekspor CPO," ujarnya.

Bhima memandang kehilangan devisa sudah terlanjur cukup tinggi imbas pelarangan ekspor CPO, yang mempengaruhi stabilitas sektor keuangan. Ia mencatat pelemahan kurs rupiah terhadap dollar AS dipasar spot sebesar 3 persen dalam sebulan terakhir salah satunya disumbang dari pelarangan ekspor.

"Collateral damage-nya sudah dirasakan ke berbagai sektor ekonomi. Harapannya kebijakan berbagai komoditas kedepannya tidak meniru pelarangan ekspor CPO yang tidak memiliki kajian matang. Cukup terakhir ada kebijakan proteksionisme yang eksesif seperti ini," tuturnya.

Kendali Pemerintah

Lebih lanjut Bhima menyampaikan pasca ada aturan pencabutan larangan ekspor, pemerintah harus mengendalikan harga minyak goreng yang acuannya mekanisme pasar.

Ia khawatir pengusaha yang mengacu harga internasional menaikkan harga minyak goreng secara signifikan.

"Pengusaha yang mengacu pada harga di pasar internasional dikhawatirkan menaikkan harga minyak goreng secara signifikan khususnya minyak goreng kemasan," katanya.

"Selama aturan minyak goreng boleh mengacu pada mekanisme pasar maka harga yang saat ini rata-rata Rp24.500 per liter di pasar tradisional bisa meningkat lebih tinggi," tambah Bhima.

Tanggapan berbeda diungkapkan Anggota Komisi VI DPR dari Fraksi PDI Perjuangan (PDIP) Deddy Yevri Sitorus.

Dia menilai keputusan Presiden Joko Widodo atau Jokowi mencabut larangan ekspor minyak goreng (migor) sudah tepat. Pasalnya sudah banyak pabrik sawit yang tutup akibat kebijakan tersebut.

"Menurut saya memang sudah saatnya, saat ini sudah banyak pabrik pengolahan sawit atau PKS yang tutup karena sudah tidak mempunyai tangki penyimpanan produk CPO sehingga sawit rakyat membusuk di lapangan," kata Deddy dikutip dari siaran persnya, Kamis (19/5/2022).

Menurut dia, larangan ekspor minyak goreng ini memang tidak mungkin dilakukan terlalu lama. Sebab, yang akan terpukul paling keras itu adalah rakyat petani di bawah.

"Moratorium membuat PKS menghentikan pembelian tandan buah segera (TBS) yang diproduksi petani skala kecil. Kalaupun dibeli, harganya jatuh hingga lebih dari 50 persen," ujarnya.

"Padahal itu sumber penghasilan utama petani rakyat," sambung Deddy.

Selain menyengsarakan rakyat, kata dia, kebijakan larangan ekspor minyak goreng juga membuat petani kesulitan untuk membeli pupuk dan pestida yang harganya juga sudah melonjak tajam.

Jika kebijakan itu diterapkan terlalu lama, produktivitas petani tahun depan akan melorot jauh dan bisa memicu kelangkaan lagi di tahun berikutnya.

"Apalagi jika petani memiliki tanggung jawab kepada pihak ketiga seperti bank, kredit angkutan, dan lainnya. Oleh karena itu, saya sangat menyambut baik pencabutan moratorium ekspor sawit ini," jelas Deddy.

<p>Infografis Jaga Pasokan dan Ancaman ke Mafia Minyak Goreng. (Liputan6.com/Trieyasni)</p>


Kondisi Minyak Goreng Saat Ini

Presiden Jokowi pun buka-bukaan soal harga dan pasokan minyak goreng saat ini. Diakui jika harga minyak goreng di beberapa daerah saat ini masih relatif tinggi. Namun, dia meyakini harga minyak goreng curah akan turun dalam beberapa minggu kedepan.

"Saya meyakini dalam beberapa minggu ke depan harga minyak goreng curah akan semakin terjangkau menuju harga yang kita tentukan karena ketersediaannya semakin melimpah," kata Jokowi dalam konferensi pers di Youtube Sekretariat Presiden.

Menurut dia, pasokan minyak goreng dalam negeri terus bertambah usai kebijakan larangan ekspor pada April 2022 lalu. Pasokan minyak goreng mencapai 211.000 ton per bulannya, dimana melebihi kebutuhan nasional sebesar 194.000 ton.

"Pada bulan Maret sebelum dilakukan pelarangan ekspor, pasokan kita hanya mencapai 64.500 ton. Namun, setelah dilakukan pelarangan ekspor di bulan April pasokan kita mencapai 211.000 ton per bulannya, melebihi kebutuhan nasional bulanan kita," jelas dia.

Selain itu, Jokowi mengatakan harga rata-rata minyak goreng nasional juga mengalami penurunan. Saat ini, harga minyak goreng nasional turun menjadi 17.200 sampai 17.600 per liter.

"Pada bulan april sebelum pelarangan ekspor, harga rata-rata nasional minyak goreng curah berkisar kurang lebih 19.800 rupiah. Setelah adanya pelarangan ekspor harga rata-rata nasional turun menjadi 17.200 sampai dengan 17.600," ujar Jokowi.

Dia menuturkan penambahan pasokan dan penurunan harga tersebut merupakan usaha pemerintah, BUMN dan pihak swasta. Kendati saat ini ekspor minyak sudah dibuka, Jokowi menekankan pemerintah akan tetap memantau pasokan dan harga minyak goreng.

"Pemerintah akan tetap mengawasi dan memantau dengan ketat untuk memastikan pasokan tetap terpenuhi dengan harga terjangkau," tutur Jokowi.

Sementara itu, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkap dampak dari pelarangan ekspor CPO adalah melimpahnya stok minyak goreng curah dalam negeri. Perbandingan stok antara sebelum penerapan larangan ekspor dan saat larangan itu berlaku.

Ia menyampaikan kebutuhan minyak goreng curah dalam negeri sebesar 194.634 ton per bulan. Pasokan yang ada sebelum berlakunya larangan ekspor hanya mampu memenuhi 33,2 persen kebutuhan masyarakat.

"Dari sisi kebutuhan dan pasokan, kebutuhan minyak goreng curah dalam negeri itu 194.634 ton perbulan sedangkan pasokan curah sebelum dilakukan larangan pasokan minyak goreng curah di bulian maret hanya mencapai 64.626,52 ton atau 33,2 persen dari kebutuhan perbulan," katanya dalam konferensi pers.

Hal berbeda terjadi ketika larangan ekspor berlaku. Menko Airlangga mencatat, selama kurang lebih 20 hari diberlakukan larangan ekspor, stok meningkat drastis. Bahkan melampaui kebutuhan perbulan.

"Namun setelah dilakukan pelarangan ekspor, pasokan minyak goreng curah pada bulan april meningkat menjadi 211.638,65 ton perbulan atau 108,74 persen dari kebutuhan. Ini melebihi kebutuhan bulanan nasional," tambah dia.

Selain dari sisi ketersediaan yang terpengaruh positif oleh larangan ekspor, Menko Airlangga mengeklaimm tterjadi perubahan harga minyak goreng curah. Ia mencatat tren ini terjadi selama larangan ekspor berlaku.

Meski, jika dilihat angka penurunannya, tidak bergrak terlalu jauh. Berkurang sekitar Rp 2.000 per liter. penurunan harga minyak goreng ini juga terpantau masih cukup jauh dari Harga Eceran Tertinggi (HET) minyak goreng curah sebesar Rp 14.000

"Dari sisi stabilisasi harga, harga migor curah sebelum pelarangan mencapai Rp 19.800 prliter namun setelah pelarangan ini turun kisaran di Rp 17.200-17.600 perliter," katanya.

Pesan Pilu untuk Anak Wanda Hamidah

Pesan Pilu Wanda Hamidah untuk Anak: Semoga Akai Mimpi Indah Tiap Malam, Biar Ibu yang Bermimpi Buruk

Liputan6.com 2022-05-20 12:00:39
Wanda Hamidah. (Foto: Dok. Instagram @wanda_hamidah)

Tidak ada ibu yang baik-baik saja ketika dipisahkan dari anak kandungnya. Ini pula yang dialami Wanda Hamidah saat pisah dengan Malakai Ali Schuldt, anak dari pernikahannya dengan Daniel Patrick Hadi Schuldt.

Berhari-hari tak bertemu anak, ia menggalau di Instagram Stories. Wanda Hamidah mengunggah tangkapan layar kamera pengawas yang memperlihatkan anak-anaknya bermain dengan anak tetangga.

Melihat momen ini, bintang sinetron Suci Dalam Cinta jatuh rindu. Ia memikirkan sedang apa Malakai Ali Schuldt di rumah ayahnya. Apalagi sebelumnya, Wanda Hamidah mengklaim mantan suami tak menyekolahkan anak, padahal buku dan seragam sudah dikirim ke rumah.

"Tiap sore, Kai biasanya main sama Abang dan tetangganya. We miss you Kai, my heart is aching (kami merindukanmu Kai, hatiku sakit)," tulis Wanda Hamidah di Instagram Stories pada Kamis (19/5/2022)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Thinking of You, Kai

Pada unggahan berikutnya, Wanda Hamidah mengaku kepikiran anaknya. Untuk saat ini, aktris kelahiran Jakarta 21 September 1977 itu hanya bisa mengirim pesan di medsos dan melantun doa.

"Thinking of you Kai, semoga Akai bahagia, biar ibu yang sedih. Semoga Akai enggak kangen ibu, biar ibu yang kangen Akai," tulis Wanda Hamidah di Instagram Stories dengan latar hitam polos, Jumat (20/5/2022).


Semoga Akai Enggak Nangis

Curahan hatinya makin pilu saat mendoakan Malakai Ali Schuldt tidak menangis. Bagi Wanda Hamidah, lebih baik ia yang menangis daripada melihat buah hati berurai air mata.

"Semoga Akai enggak nangis, biar ibu yang nangis. Semoga Akai mimpi indah setiap malam, biar ibu yang bermimpi buruk," bintang film Dapunta Pengejar Angin dan Imperfect mengakhiri.


Saya Menerobos Masuk

Diberitakan sebelumnya, Wanda Hamidah mengklarifikasi dugaan perusakan rumah mantan suami lewat sebuah video yang diunggah di akun Instagram terverifikasinya, 18 Mei 2022.

"Saya menerobos masuk dan tidak dibukakan pintu. Benar saya merusak pintu dan jendela karena rasa frustasi saya, dan kerinduan saya, dan kemarahan saya," ungkap Wanda Hamidah.

Perceraian di Indonesia 2016 (liputan6.com/trie yas)

Dibombardir Rusia, Donbas Mirip Neraka

Rusia Bombardir Donbas, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky: Di Sana Seperti Neraka

Liputan6.com 2022-05-20 11:12:51
Orang-orang beristirahat di kereta bawah tanah kota Kharkiv, di Ukraina timur, Kamis (19/5/2022). Meskipun pengeboman di Kharkiv telah berkurang dan kereta bawah tanah tersebut diperkirakan a

Pasukan Rusia terus membombardir wilayah industri Ukraina, Donbas. Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menyebut pasukan Rusia sudah menghancurkan Donbas hingga rata.

Ia juga menuding Moskow melancarkan pengeboman dengan cara yang tidak masuk akal dalam meningkatkan serangannya. Zelensky menuduh pasukan Rusia bermaksud membunuh sebanyak mungkin warga Ukraina serta melakukan perusakan separah mungkin.

Zelensky juga mengulang kembali tuduhannya bahwa Rusia sedang melakukan pembersihan etnis. Ia mengatakan, sementara pasukan Ukraina terus berupaya membebaskan wilayah Kharkiv, Rusia berusaha semakin menekan Donbas, kawasan yang terletak di Ukraina tenggara.

"Di sana seperti neraka --ini tidak dilebih-lebihkan," katanya saat menyampaikan pidato pada Kamis 19 Mei malam waktu setempat.

Menurutnya, 12 orang telah terbunuh dalam "bombardemen brutal yang betul-betul tidak masuk akal" di Severodonetsk pada Kamis, seperti dilansir Antara, Jumat (20/5/2022). "Serangan terus terjadi di daerah Odesa, di kota-kota di Ukraina tengah. Donbas hancur sepenuhnya," ujar Zelenskyy.

"Ini adalah upaya yang disengaja dan kriminal untuk membunuh sebanyak mungkin warga Ukraina, untuk menghancurkan sebanyak mungkin rumah, fasilitas sosial dan tempat usaha sebanyak mungkin."

Beberapa waktu lalu ratusan tentara Ukraina dilaporkan telah dievakuasi, setelah bersepakat dengan Rusia melalui sebuah koridor khusus. Tak lama kemudian, Kementerian Pertahanan Rusia pada Rabu 18 Mei 202 mengatakan bahwa 959 tentara Ukraina telah menyerah pekan ini di pabrik baja Azovstal yang terkepung di kota pelabuhan Mariupol, Ukraina.

"Dalam 24 jam terakhir, 694 gerilyawan menyerah, termasuk 29 orang terluka," kata kementerian itu dalam pengarahan harian tentang konflik tersebut. "Total sejak 16 Mei, 959 gerilyawan menyerah, termasuk 80 orang terluka."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Ukraina Harap Bisa Tukar Prajuritnya

Menurut Kementerian Pertahanan Rusia, mereka yang membutuhkan perawatan medis dibawa ke rumah sakit di kota Novoazovsk di wilayah yang dikuasai Rusia.

Sementara itu, Ukraina berharap akan menukar pejuangnya yang menyerah itu. Kendati demikian pihak Rusia belum mengkonfirmasi apakah mereka akan menjadi bagian dari pertukaran tahanan.

Bulan lalu, Rusia mengklaim kendali atas Mariupol setelah pengepungan selama berminggu-minggu, tetapi ratusan tentara Ukraina tetap bersembunyi di terowongan bawah tanah di bawah zona industri besar Azovstal, yang dikepung oleh pasukan Rusia.

Kementerian Pertahanan Ukraina mengatakan akan melakukan "semua yang diperlukan" untuk menyelamatkan personel yang tidak disebutkan jumlahnya yang masih berada di pabrik baja Azovstal itu, tetapi mengakui tidak ada opsi militer.

Evakuasi pasukan Ukraina dari pabrik baja Azovstal di Mariupol adalah satu-satunya cara yang mungkin untuk menyelamatkan mereka, kantor berita Ukraina melaporkan Selasa (17/5), mengutip Wakil Menteri Pertahanan Hanna Malyar.

"Sayangnya, pemblokiran militer tidak mungkin dilakukan dalam situasi ini. Tidak ada formula keselamatan lain selain yang saat ini digunakan. Itu satu-satunya jalan keluar," kata Malyar.

Pasukan militer Ukraina telah sepenuhnya memenuhi misi tempur mereka di Mariupol, kata Malyar, menambahkan bahwa operasi penyelamatan dari Azovstal akan berlanjut sampai tentara Ukraina pulang dari wilayah yang tidak terkendali.


Negosiasi Buntu

Ukraina tidak akan menukar wilayahnya dengan kesepakatan damai dengan Rusia, demikian laporan dari kantor berita Ukrinform yang dikelola pemerintah, mengutip Mykhailo Podolyak, seorang anggota delegasi Ukraina untuk pembicaraan damai dengan Rusia.

"Secara ideologis tidak dapat diterima bagi kami untuk memberikan sesuatu kepada Federasi Rusia dan berpura-pura bahwa itu adalah semacam perang yang mudah," kata Podolyak.

Ia juga mencatat bahwa banyak warga sipil Ukraina terbunuh atau diserang dalam konflik, sehingga mustahil bagi Ukraina untuk membuat keputusan dan konsesi ke Rusia.

Dikutip dari laman Xinhua, Rabu (18/5/2022) Ukraina tidak akan menyetujui gencatan senjata dengan Rusia tanpa penarikan pasukan karena Rusia akan menguasai sebagian wilayah Ukraina, tambahnya.

Para pejabat Rusia dan Ukraina mengatakan bahwa negosiasi tentang solusi untuk krisis saat ini telah ditangguhkan karena prosesnya menemui jalan buntu.

"Pembicaraan tidak berlangsung. Ukraina sebenarnya telah menarik diri dari proses negosiasi," kata Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Andrei Rudenko kepada wartawan, seraya menambahkan bahwa Rusia belum menerima tanggapan dari Ukraina atas rancangan perjanjiannya.

"Hari ini proses negosiasi ditangguhkan. Itu ditangguhkan karena tidak ada perubahan atau gejolak signifikan setelah komunike Istanbul," kata Mykhailo Podolyak, anggota delegasi Ukraina, seperti dikutip oleh kantor berita Interfax-Ukraina.


Penyelundupan Senjata Ilegal

Kemampuan Washington untuk melacak senjata-senjata kuat saat mereka memasuki salah satu pusat perdagangan senjata terbesar di Eropa masih diragukan, demikian seperti dikutip dari MSN News, Minggu (15/5/2022).

Pasar senjata ilegal Ukraina telah menggelembung sejak invasi awal Rusia pada tahun 2014, didukung oleh surplus senjata longgar dan kontrol terbatas pada penggunaannya.

Kenyataan yang tidak nyaman bagi Amerika Serikat dan sekutu-sekutunya ini terjadi di tengah permohonan mendesak dari Presiden Volodymyr Zelensky untuk menyediakan artileri yang diperlukan untuk melawan pasukan Rusia di timur dan selatan negara itu.

Seruan pemimpin Ukraina dikreditkan dengan menyatukan anggota parlemen DPR di balik permintaan pendanaan terbaru dalam pemungutan suara bipartisan 368 banding 57 pada hari Selasa.

Tetapi masuknya senjata yang belum pernah terjadi sebelumnya telah memicu kekhawatiran bahwa beberapa peralatan dapat jatuh ke tangan musuh-musuh Barat atau muncul kembali dalam konflik yang jauh - selama beberapa dekade mendatang.

"Tidak mungkin untuk melacak tidak hanya ke mana mereka semua pergi dan siapa yang menggunakannya, tetapi bagaimana mereka digunakan," kata Rachel Stohl, seorang ahli kontrol senjata dan wakil presiden di Stimson Center.

Infografis Reaksi Global terhadap Serbuan Rusia ke Ukraina. (Liputan6.com/Trieyasni)

Sampai di Indonesia, Langsung Makan Sate

Tiba di Indonesia, Jaemin NCT Dream Cicipi Soto hingga Sate

Liputan6.com 2022-05-20 12:54:30
[Foto: Instagram Jaemin NCT Dream/ @na.jaemin0813]

Sejak kemarin, Jaemin sudah tiba di Indonesia bersama enam anggota NCT Dream lainnya. Melalui unggahannya, Jaemin pun tak segan-segan menunjukkan hasil fotonya saat tengah mencicipi beragam kuliner nusantara.

Foto-foto tersebut diunggah oleh Jaemin pada Kamis, 19 Mei 2022 dalam akun Instagram pribadinya @na.jaemin0813, tepatnya melalui Instagram Story.

Terlihat, sate menjadi foto makanan Indonesia pertama yang diunggah Jaemin. Sate tersebut difoto dengan apik lengkap dengan irisan daun bawang dan cabai di atasnya.

Makanan selanjutnya yang diunggah oleh Jaemin adalah soto ayam. Soto yang dicicipi oleh pria berusia 20 tahun tersebut berkuah kuning bening dilengkapi dengan ayam suwir dan telur rebus yang sudah dipotong menjadi dua.

Tak berhenti di sana, Jaemin juga mengunggah foto pisang goreng kipas dengan taburan gula putih di atasnya. Terlihat pula sepiring nasi goreng dengan satu buah telur di atasnya.

"Yum yum," tulis Jaemin dengan emoji menjilat lidah seolah mendeskripsikan kenikmatan makanan tersebut.

Sebelumnya Jaemin juga sempat mengunggah foto jendela pesawat dengan sapaan sederhana dalam keterangan fotonya. Foto tersebut pun menjadi penanda ketibaannya di Indonesia.

"Halo Indonesia," tulis pria bernama lengkap Na Jaemin tersebut dengan bendera Indonesia untuk menutup kalimatnya.

Diketahui, kedatangan Jaemin ke Indonesia kali ini bukanlah kali pertama. Mengutip Lifestyle Liputan6.com, Jaemin pernah mendatangi beberapa tempat di Indonesia dalam proyek Global Dreams Come True Project: The Best Day pada tahun 2019 lalu.


Kegiatan Sosial di Indonesia

Kedatangan Jaemin sebelumnya tersebut bertujuan untuk menjadi relawan dengan mengikuti kegiatan sehari-hari dua anak Indonesia, Slamet dan Pudori.

Aksi tersebut ditayangkan melalui saluran televisi Korea Selatan, MBC TV. Dalam kesempatan tersebut, Jaemin mengikuti kegiatan Slamet dan Pudori untuk memulung sampah.

Pada akhir acara, Jaemin pun memberikan hadiah pertemuan untuk meringankan Beban Slamet dan Pudori serta memberikan kesempatan untuk mereka kembali ke sekolah.

Jaemin juga diketahui pernah berkunjung ke Vietnam bersama Duta UNICEF Korea Selatan, Choi Siwon untuk bertemu dengan anak-anak. Kali itu, Jaemin dan Siwon mengulas persoalan terkait kekerasan di sekolah. Mereka juga merilis video tentang permasalahan yang disoroti.


Konser di Istora Senayan

Sedangkan kedatangan Jaemin kali ini ke Indonesia untuk melaksanakan konser pada ajang Allo Bank Festival yang berlangsung di Istora Senayan, Jakarta pada hari ini, Jumat 20 Mei 2022.

NCT Dream menjadi guest star utama dalam Special Show yang berlangsung hari ini. Konser tersebut juga dilengkapi oleh penampilan musisi Indonesia seperti Kahitna, Raisa, Rizky Febian, Dewi Persik, Ari Lasso, BCL, Padi Reborn, Putri Isnari, serta Krisdayanti dan Amora.

Konser tersebut juga akan menghadirkan Red Velvet di hari kedua Special Shows pada Sabtu, 21 Mei 2022. Mereka juga jadi penampil utama dalam acara bertajuk Allo Bank Musik Concert.

Infografis Sudah Vaksinasi Covid-19, Yuk Tetap Taat Protokol Kesehatan. (Liputan6.com/Abdillah)

Tarzan Kalimantan 24 Jam di Tengah Hutan

Andrew Kalaweit Mulai Jadi Sorotan Bak Selebriti, Berawal dari Julukan Tarzan Kalimantan

Liputan6.com 2022-05-20 17:33:46
Disebut Mirip Aliando, Ini 7 Potret Ganteng Andrew Kalaweit Youtuber Alam (Sumber: Instagram/andrwekalaweit)

Akhir-akhir ini, nama Andrew Kalaweit Brule atau lebih akrab disapa Andrew Kalaweit sedang menjadi perbincangan sejumlah masyarakat. Pasalnya, ia mengunggah konten video melakukan petualangan selama 24 jam sendirian di hutan Kalimantan.

Dalam video yang diunggah pada 2021 oleh putra Chanee Kalaweit dan Prada Kalaweit ini telah ditonton lebih dari 8,4 juta kali. Dari situlah popularitas Andrew Kalaweit perlahan mulai menanjak. Pemuda blasteran Prancis -- Indonesia ini pun mendapat julukan Tarzan Kalimantan.

Tahun ini, tiba-tiba saja banyak orang yang penasaran dengan sosok Andrew Kalaweit. Bahkan kebanyakan dari mereka mengaku heran dan terkejut lantaran Andrew sudah berani tinggal sendirian di pedalaman hutan Kalimantan meskipun usianya masig 18 tahun.

Tak sampai di situ, Andrew juga membuat kagun publik dengan wawasannya seputar satwa dan tumbuhan. Bahkan, ada beberapa di antara dua hal itu yang diabadikan menjadi karya fotografi yang apik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Keluarga Andrew Kalaweit

Keluarga Andrew Kalaweit memang sudah lama gemar bertualang dan menjalani kehidupan di hutan. Aurelien Francis Brule alias Chanee Kalaweit, ayah dari Andrew adalah pria keturunan Prancis yang memiliki misi sebagai aktivis lingkungan melalui Yayasan Kalaweit bentukannya.

Selama ini, Chanee kerap terlihat berkegiatan dengan yayasannya untuk menjahga kelestarian hutan serta melindungi habitat hewan liar di Indonesia. Misalnya saja orang utan.

Benih cinta Channe dan Nur Pradawati atau yang akrab disapa Prada Kalaweit, berbuah pernikahan hingga lahirlah dua anak mereka termasuk Andrew Kalaweit.


Populer di Media Sosial

Andrew Kalaweit juga dikenal populer di media sosial dengan cara mengunggah potret-potret wajahnya yang rupawan. Tentu saja sebagian besar warganet dari kaum Hawa menyerbunya dengan beragam komentar.

Tak hanya berpose, Andrew juga memperlihatkan keindahan alam di hutan Kalimantan. Ia juga sempat memperlihatkan perlengkapan yang dikenakannya sebelum terjun sendirian ke hutan.

Terlihat ransel besar, helm kamera, dan perlengkapan lainnya menjadi barang-barang yang wajib dibawa. Selain itu, Andrew juga terlihat mengendarai kuda pada saat menjelajahi hutan.

Infografis Kebakaran Hutan dan Bencana Kabut Asap di Indonesia. (Liputan6.com/Triyasni)

Bakar Hutan demi Konten

Kejar Viewers Tinggi, TikToker 11 Juta Pengikut Ini Nekat Bakar Hutan Demi Konten

Liputan6.com 2022-05-20 15:25:15
Kejar viewers tinggi, tikToker 11 juta pengikut nekat bakar hutan demi konten. (Sumber: The Free Press Journal)

Menjadi seorang konten kreator memang perlu memikirkan hal-hal yang tidak biasa untuk dijadikan konten. Tentu tujuannya agar ide kreatif yang dibuatnya mendapat viewers alias penonton yang banyak. Viewers banyak juga akan mendatangkan kepopularitasan serta penghasilan yang tinggi.

Tergiur dengan hal itu, saat ini bermunculan konten kretor yang tidak bertanggung jawab. Seperti yang terjadi di salah satu hutan yang berada di Pakistan. Hutan itu terbakar karena ulah seorang konten kreator yang asyik membuat konten.

Dilansir Liputan6.com dari Siakap Keli, Jumat (20/5/2022), seorang TikToker dari Pakistan dilaporkan sengaja membakar hutan untuk menghebohkan laman media sosialnya. Mengutip The Press Journal, tindakan yang ditujukan untuk menarik perhatian para pengikutnya itu berakhir dengan kritikan tajam.

Semua usaha dan citra baik yang dibangun oleh TikToker tersebut telah musnah. Wanita yang memiliki lebih dari 11 juta pengikut di TikTok itu membuat kecewa para pengikutnya karena perbuatan yang tidak bertanggung jawab.


Dapat kritikan keras

Melalui video singkat yang diunggahnya sendiri, TikToker itu terlihat berjalan anggun mengenakan gaun perak menuruni lereng bukit dengan latar belakang kobaran api dengan caption "Api meletus di mana pun saya berada", tulisnya.

Wanita yang memiliki lebih dari 11 juta pengikut di laman TikTok-nya itu telah dikritik keras melalui unggahan video terbarunya. Menelusuri halaman Twitter pemilik akun Rina S Khan Satti, ia berkomentar dan menentang tindakan tersebut mengingat situasi saat ini di Pakistan yang sedang dilanda kekeringan dan panas terik.

Menurutnya, jika ini terjadi di Australia, para pelaku akan diadili dan akan dipenjara seumur hidup bagi siapa saja yang memulai kebakaran tersebut.


Bukan satu-satunya

Dari video yang diunggah di Twitter melalui akun Discover Pakistan, mendesak pemerintah untuk bertindak sesuai dengan perbuatan pelaku dan juga merek dagangnya (laman media sosial).

Namun, wanita yang dimaksud bukan satu-satunya TikToker yang melakukan pembakaran hutan tersebut. Melalui Indian Express, ada beberapa individu lain yang melakukan hal yang sama menurut laporan Geo TV.

Menurut laporan, ada rekaman yang menunjukkan dua remaja laki-laki yang memulai kebakaran hutan menggunakan korek api di Margalla Hills, Pakistan.

Bintang Tamu di Pernikahan Adik Jokowi

Judika Jadi Bintang Tamu Pernikahan Ketua MK dan Adik Jokowi

Liputan6.com 2022-05-20 15:00:00
Idayati, adik kandung Presiden Jokowi yang akan menikah dengan Ketua MK, Anwar Usman di gedung Graha Saba Buana Solo pada Kamis (26/5).(Liputan6.com/Fajar Abrori)

Persiapan pernikahan adik Jokowi, Idayati dan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Anwar Usman terus dilakukan. Salah satunya adalah persiapan dekorasi panggung hingga bintang tamu yang akan menghibur para tamu undangan. Judika menjadi guest star untuk hiburan pernikahan kali ini.

Hal itu dibocorkan oleh Ranu Asmoro, penanggung jawab dekorator dan tata letak tamu undangan pernikahan Idayati dan Anwar Usman. Ranu menyebutkan Judika akan menjadi salah satu bintang tamu yang akan menghibur tamu undangan pada saat prosesi penikahan nanti.

"Pak Anwar Usman suka dengan nyanyi mas dan orangnya humble banget. Nanti band lokalnya dari Magna Music, " kata Ranu dijumpai di Colomadu, Karanganyar, Jumat (21/5/2022).

Sementara itu mengenai konsep dekorasi pernikahan adik Jokowi dan Ketua MK, Ranu menyebutkan jika pernikahan kali ini akan mengusung tema Jawa klasik. Ia menyebutkan jika konsep tersebut merupakan permintaan dari adik kandung Presiden Jokowi, Idayati.

"Kemarin memang sempat sharing-sharing banyak dengan Bu Ida. Konsepnya secara keseluruhan javanese classic, " ucapnya.

Ranu menjelaskan jika dekorasi ini nantinya mirip saat pernikahan dua anak Presiden Jokowi sebelumnya, Gibran Rakabuming Raka dan Kahiyang Ayu. Nanti pelaminan itu konsepnya lebih ke rumah limasan, kemudian ada pergola atau gazebo tumpangsari, " ujarnya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Dipesan Sebulan Lalu

Ia mengakui jika pengerjaan dekorasi pernikahan adik Jokowi ini tergolong cepat, sejak bulan April. Sejauh ini pengerjaan dekorasi sudah mencapai 90 persen.

"Masalah dekorasi bukan hal sulit, tapi yang riskan untuk urusan layout tamu karena berkaitan dengan protokoler, nanti ada Pak Jokowi juga kan, " jelasnya.

Rencananya setting dekorasi akan dilakukan mulai Minggu (22/5). Seperti diketahui akad dan resepsi pernikahan Ketua MK dan adik Presiden Jokowi akan digelar di Graha Saba Buana pada Kamis, 26 Mei 2022 mendatang.

Mobil Termahal Mercedes-Benz Rp 2T

Mobil Mercedes-Benz Laku Terjual Rp 2 Trilun, Jadi Termahal Dunia

Liputan6.com 2022-05-20 18:00:23
Proses produksi Mercedes-Benz E-Class di pabrik perakitan Mercedes-Benz di Wanaherang, Bogor.(Septian/Liputan6.com)

Salah satu perusahaan mobil terkemuka di dunia Mercedes-Benz berhasil menjual koleksi mobil termahal dengan harga tembus USD 142 juta atau sekitar Rp 2,08 triliun. Ini menjadi penjualan mobil termahal dunia.

Sebuah coupe Mercedes-Benz SLR 1955 yang sangat langka telah disimpan dalam koleksi pembuat mobil Jerman itu dijual kepada pemilik pribadi seharga 135 juta atau setara dengan USD 142 juta.

Menurut perusahaan pelacak nilai mobil kolektor Hagerty, harga itu menjadikannya mobil termahal yang pernah dijual.

Menurut sebuah pengumuman dari pihak Mercedes seperti dilansir dari CNN, Jumat (20/4/2022), nantinya uang dari hasil penjualan tersebut akan digunakan untuk program beasiswa global Mercedes-Benz Fund.

Rekor harga jual mobil sebelumnya dilaporkan USD 70 juta dibayarkan pada 2018 untuk Ferrari 250 GTO 1963.

Koleksi Mobil yang Terjual

Koleksi Mercedes yang dijual adalah salah satu dari dua prototipe 300 SLR Uhlenhaut Coupe. Menurut kepala teknisi Mercedes saat itu, mobil berusia 67 tahun itu dinamai Rudolf Uhlenhaut. Mobil tersebut diklaim memiliki kecepatan tertinggi 186 mph.

Akhirnya mobil itu telah terjual di Museum Mercedes-Benz di Stuttgart pada 5 Mei. Lelang diadakan dengan bekerja sama dengan perusahaan lelang mobil RM Sotheby's.

Sementara Uhlenhaut Coupe lainnya akan tetap menjadi koleksi Museum, menurut pernyataan Mercedes-Benz.

"Mobil balap mereka dari tahun 1930-an dan 1950-an sangat langka, dan sebagian besar masih dimiliki oleh pabrik, sehingga setiap yang datang ke pasar sangat dicari," kata Wakil Presiden Intelijen Otomotif di Hagerty Brian Rabold.


Mobil Paling Diminati

SLR Mercedes "Gullwing" - disebut demikian karena pintunya yang naik seperti sayap melengkung - dianggap sebagai salah satu mobil paling diminati di dunia. Berbagai versi langka dan balap sangat berharga.

SLR Uhlenhaut Coupe pada dasarnya adalah versi hard-top dari mobil balap SLR atap terbuka Mercedes yang terkenal, ditenagai oleh mesin delapan silinder 300 tenaga kuda. Pemikirannya adalah bahwa mobil tertutup akan lebih melindungi pengemudi dari angin dan cuaca pada kecepatan tinggi, sementara atap tertutup juga akan meningkatkan aerodinamika.

Tak lama setelah pengembangan mobil-mobil ini, Mercedes menghentikan keterlibatannya dalam olahraga motor, sehingga mobil-mobil itu tidak pernah digunakan dalam kompetisi.

Sementara identitas pemilik baru mobil masih belum diketahui, dealer mobil klasik Inggris Simon Kidston mengklaim dalam siaran pers telah menempatkan tawaran pemenang atas nama pelanggan.

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

Infografis: 5 NFT termahal di Dunia (Liputan6.com / Abdillah)

Lawan Covid-19, Korut Pakai Cara Hoaks

Warga Korea Utara Diminta Berkumur dengan Air Garam dan Minum Teh Daun Willow untuk Lawan Covid-19

Liputan6.com 2022-05-20 17:04:00
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mengenakan masker memeriksa apotek di tengah wabah Covid-19 di Pyongyang, Korea Utara pada 15 Mei 2022. Sejak negara itu pertama terkena wabah COVID-19, Apote

Pemerintah Korea Utara telah menginstruksikan warganya untuk berkumur dengan air garam untuk mengobati Covid-19. Negara tersebut sedang berjuang menangani wabah virus yang sedang melonjak.

"Perawatan tradisional adalah yang terbaik!" seorang wanita mengatakan kepada penyiar negara dalam wawancara televisi minggu ini, seperti dikutip dari Insider, Jumat (20/5/2022). Ia mengaku anak-anaknya berkumur dengan air garam dua kali sehari.

Air garam hanyalah salah satu dari beberapa pengobatan rumahan yang direkomendasikan negara itu dalam memerangi virus. Warga juga dilaporkan disarankan untuk minum rebusan daun willow -- obat herbal yang secara tradisional digunakan untuk meredakan gejala demam -- tiga kali sehari.

Seorang penduduk lanjut usia mengatakan dalam sebuah wawancara televisi bahwa teh jahe membantu melawan Covid. Dia mengatakan dia "pertama takut dengan Covid," tetapi ternyata "bukan masalah besar" setelah mengikuti saran dokter.

Korea Utara tampaknya menghadapi krisis Covid-19 yang berpotensi menimbulkan bencana, mengingat kemampuan pengujian negara yang terbatas, sistem perawatan kesehatan yang cacat, dan fakta bahwa penduduknya tidak divaksinasi. Negara ini hanya satu dari dua - yang lainnya adalah Eritrea - yang telah menolak inisiatif berbagi vaksin global.

Hingga Selasa, 17 Mei 2022, negara tertutup itu telah mencatat lebih dari 1,7 juta kasus "demam" dan 62 kematian karenanya, menurut outlet media pemerintah Korean Central News Agency. Korea Utara belum menyebut wabah "demam" ini sebagai COVID-19, karena kemampuan pengujian yang buruk telah menghambat kemampuannya untuk mendiagnosis kasus.

Para ahli telah memperingatkan bahwa jumlah aktual infeksi Covid-19 di negara itu kemungkinan jauh lebih tinggi daripada angka yang dilaporkan. Sabtu pekan lalu, pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mengatakan bahwa wabah Covid di negara itu adalah "kekacauan" paling signifikan sejak didirikan pada 1948.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Minum Panas

Mengutip dari BBC, pada awal 2020 negara itu menutup perbatasannya untuk melindungi diri dari pandemi. Kepemimpinannya sejauh ini menolak dukungan medis dari luar.

Media pemerintah telah merekomendasikan pengobatan tradisional untuk mengatasi apa yang disebut sebagai "demam". Bagi mereka yang tidak sakit parah, surat kabar partai berkuasa Rodong Simnun merekomendasikan pengobatan termasuk teh jahe atau honeysuckle dan minuman daun willow.

Minuman panas dapat meredakan beberapa gejala Covid, seperti sakit tenggorokan atau batuk, dan membantu hidrasi saat pasien kehilangan lebih banyak cairan dari biasanya. Jahe dan daun willow juga meredakan peradangan dan mengurangi rasa sakit. Tetapi, minuman itu bukan obat untuk mengatasi virus tersebut.

Selain itu, media pemerintah baru-baru ini mewawancarai pasangan yang merekomendasikan berkumur dengan air garam pagi dan malam. "Ribuan ton garam" telah dikirim ke Pyongyang untuk membuat "solusi antiseptik", kantor berita negara melaporkan.


Obat Kumur

Beberapa penelitian menunjukkan berkumur dan berkumur dengan air garam memerangi virus yang menyebabkan flu biasa. Hanya sedikit bukti bahwa mereka memperlambat penyebaran Covid.

Obat kumur bisa membunuh virus di laboratorium, sebuah penelitian menemukan. Tapi, itu belum secara meyakinkan terbukti membantu pada manusia.

Covid utamanya menyebar melalui droplet di udara dan masuk melalui hidung dan juga mulut, sehingga berkumur hanya menyerang satu titik masuk. Begitu virus masuk, ia bereplikasi dan menyebar jauh ke dalam organ, di mana tidak ada jumlah kumur yang bisa dicapai.

Ibuprofen (obat meringankan nyeri) dan parasetamol dapat menurunkan suhu dan meredakan gejala seperti sakit kepala atau sakit tenggorokan. Tetapi, obat ini tidak akan membersihkan virus atau mencegahnya berkembang.

Antibiotik, dimaksudkan untuk infeksi bakteri bukan virus, tidak dianjurkan. Penggunaan antibiotik yang tidak perlu berisiko mengembangkan serangga yang resisten. Penelitian laboratorium menunjukkan beberapa dapat memperlambat penyebaran beberapa virus, termasuk Covid, tapi ini belum direplikasi di dunia nyata.


Sistem Kesehatan

Saat ini sistem kesehatan Korea Utara telah dibentuk untuk menawarkan perawatan medis gratis dari layanan dasar di tingkat desa hingga perawatan khusus di rumah sakit pemerintah (biasanya di pusat kota). Tetapi ekonomi telah mengalami kontraksi dalam beberapa tahun terakhir karena sanksi dan cuaca ekstrem seperti kekeringan.

Menutup perbatasan negara dan tindakan penguncian yang ketat juga akan berdampak buruk. Terutama lemah di luar Pyongyang, sistem kesehatan diperkirakan mengalami kekurangan personel, obat-obatan,dan peralatan.

Sebuah laporan untuk PBB, tahun lalu, mengatakan, "Beberapa pabrik farmasi, vaksinasi, dan peralatan medis tidak mencapai tingkat praktik yang baik dari WHO [Organisasi Kesehatan Dunia] dan juga tidak memenuhi permintaan lokal."

Banyak pembelot Korea Utara ke Korea Selatan telah diberitahu harus membayar untuk pengobatan atau mencari pengobatan dan obat-obatan terbatas pada anggota istimewa dari partai yang berkuasa. Tetapi media pemerintah mengatakan sekarang produksinya meningkat.

<p>Infografis Ledakan Kasus Covid-19 di Korea Utara. (Liputan6.com/Trieyasni)</p>