Maudy Ayunda Pamer Wajah Suami

Maudy Ayunda Pamer Wajah Jesse Choi Usai Resmi Jadi Suami, Disukai 1,6 Juta Pengikut di Instagram

Liputan6.com 2022-05-24 08:36:49
Maudy Ayunda menikah dengan pria Korea yang bernama Jesse Choi (https://www.instagram.com/p/Cd5sBCPBLMQ/)

Maudy Ayunda akhirnya memamerkan wajah suaminya, Jesse Choi. Melalui akun Instagram terverifikasinya, bintang film Perahu Kertas ini membagikan 7 pose fotonya bersama pria asal Korea itu.

Wajah Jesse Choi membuat banyak netizen penasaran sejak namanya viral mempersunting Maudy Ayunda. Di media sosial, netizen aktif menelusuri jejaring Jesse Choi yang diyakini sebagai suami pelantun lagu "Tiba Tiba Cinta Datang"

Tak cuma penasaran dengan wajah, netizen juga ingin tahu siapa pria beruntung yang dipilih Maudy Ayunda sebagai pendamping hidup. Kini, Maudy Ayunda mempublikasikan wajah Jesse Choi usai pernikahan.

Sebanyak tujuh foto Maudy Ayunda bersama Jesse Choi diunggahnya ke Instagram pada 23 Mei 2022. Maudy Ayunda sekaligus mengabarkan dirinya dan Jesse Choi resmi menjadi pasangan suami istri.


Ucapan Terima Kasih

Dalam unggahan fotonya bersama Jesse Choi, Maudy Ayunda mengucapkan banyak terima kasih atas doa pernikahan yang diberikan kepadanya.

"We received so much love these past couple of days. Thank you for the well wishes and prayers, they mean so much to us ," tulis Maudy Ayunda dalam bahasa Inggris sebagai status teks unggahannya di Instagram.

Maudy Ayunda mengunggah beberapa foto bersama Jesse Choi. Tampak pasangan ini menjalani pemotretan dengan busana kasual, modern internasional hingga khas Korea.


Disukai 1,6 Juta Pengikut

Berdasarkan penelusuran Liputan6.com pada Selasa, 24 Mei 2022, unggahan Maudy Ayunda yang menampilkan wajah Jesse Choi mememantik perhatian netizen di Instagram.

Foto-fotonya disukai 1,6 juta pengikutnya melalui tanda hati atau likes yang diberikan oleh netizen. Tampak sejumlah artis juga ikut memberikan doa sekaligus tanda suka terhadap kabar pernikahan Maudy Ayunda bersama Jesse Choi.

"Perfect couple Bahagia terus kalian sampai nanti2 yaaa.. Doa yg terbaik!," tulis Andien.

" sayangku... happy for you ," tulis Sandra Dewi

"Cakep bgt congrats mod!!! Super happy for u! ," Kimberly Ryder menyambung.


Pernikahan

Tak pernah mengumbar kehidupan asmara, Maudy Ayunda mengumumkan dirinya telah menikah pada Minggu (22/05/2022). Maudy Ayunda menikah dengan pria Korea yang bernama Jesse Choi. Lewat akun Instagram terverifikasinya, Maudy mengunggah beberapa foto bersama Jesse.

Maudy Ayunda mengunggah foto memakai gaun pengantin. Bintang film Habibie & Ainun 3 ini memakai gaun pengantin konsep internasional warna putih. Sementara pada slide lain, ia mengenakan foto memakai kebaya dan sanggul layaknya pengantin Jawa.

Jesse Choi diketahui satu almamater di Stanford University Graduate School of Business, California, Amerika Serikat. Berdasarkan profil LinkedIn, Jesse mengambil jurusan administrasi bisnis, sama dengan Maudy.

Infografis Gaun Pernikahan Raisa

Gary Iskak Ditangkap karena Narkoba?

Cerita Ayu Ting Ting Pernah Dibully

Cerita Ayu Ting Ting Pernah Di-bully: Gue Dikeroyok Satu Kantin

Liputan6.com 2022-05-24 17:40:00
Ayu Ting Ting, pedangdut kelahiran 1992 ini dikenal sebagai pedangdut yang punya banyak pesona. Ia kerap tampil dengan berbagai gaya rambut kekinian salah staunya dengan dikucir dua. (Liputan

Ayu Ting Ting bercerita kepada Armand Maulana soal pengalaman pahitnya semasa sekolah. Dia rupanya sempat di-bully oleh teman-temannya karena menjadi penyanyi dangdut.

Pelantun lagu "Sambalado" ini mengungkap peristiwa itu terjadi di kantin sekolah. Dia diserang secara verbal oleh sekelompok siswi.

"Gue enggak salah, tiba-tiba gue dikeroyok satu kantin gitu pada ngelihatin gue. Jadi dia teriak dari pojokan nih. 'Itu tuh, yang mana yang belagu? Itu tuh, si penyanyi dangdut'," cerita pemilik nama asli Ayu Rosmalina.

"Segerombolan cewek-cewek, kakak kelas, cuma kan itu dalam keadaan istirahat, murid lagi banyak, semua murid pada nengok kan," sambungnya.

Perbincangan ini diunggah pertama kali di akun YouTube Armand Maulana beberapa bulan lalu, namun viral lagi di TikTok. Potongan videonya sudah ditonton lebih dari 3 juta kali sejak diunggah di TikTok perhari ini, Selasa (24/5/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Lapor Ayah Rozak

Ayu Ting Ting langsung sadar bahwa dialah yang diserang saat itu. Setelahnya, ibu satu anak ini berinisiatif menghubungi ayahnya, Abdul Rozak, untuk mendapat perlindungan.

"Gue merasa diri gue penyanyi dangdut, kanan kiri gue teman gue enggak mungkin penyanyi dangdut. Oh gue doang nih, gue doang biduan. Oh lo berani sama gue, gue telepon bapak gue ya," jelasnya.


Ayah Rozak Beraksi

Teman-teman yang menyerang Ayu Ting Ting pun ditegur oleh Ayah Rozak. Mereka semua tak berkutik.

"Hari itu juga bokap gue datang, bapak gue datang sudah kayak yang punya sekolah. Mereka pada diri di atas di depan kelas, ditunjuk-tunjuk sama bapak gue 'Turun lo semua!' digituin sama bapak gue," kenangnya.

"Bapak gue mah jagoan, karena gini, Ayu dan keluarga tuh enggak pernah ngusik orang, jadi saat diusik lo kenapa? Ya wajarlah seorang bapak bela anak," imbuhnya.


Kapok

Teman-teman yang membully Ayu Ting Ting pun sempat tak mengakui perbuatannya. Namun pada akhirnya, ketegasan Ayah Rozak membuat para perundung itu kapok.

"Terus dia, 'Enggak kok, yang dimaksud bukan Ayu'. Emang gue dong penyanyi dangdut, emang siapa lagi? Gue doang yang penyanyi dangdut, wah sampai gue tolak pinggang depan bapak gue. Untungnya besoknya dia enggak ngeroyok gue lagi," tutupnya.

Infografis Kasus Bullying (Liputan6.com/Triyasni)

Tiba di Indonesia Mesut Ozil Suka Rendang

Mesut Ozil Tiba di Indonesia, Unggah Foto Rendang dan Minuman Jahe

Liputan6.com 2022-05-25 07:01:55
foto: IG/@m10_official

Pesepak bola asal Jerman, Mesut Ozil, akhirnya tiba di Indonesia. Ia sudah mendarat di Jakarta pada Selasa malam, 24 Mei 2022. Ozil mengunggah beberapa foto dan video singkat saat dirinya tiba di Indonesia.

Pemain klub Turki, Fenerbahce, ini menampilkan video kedatangannya di bandara Soekarno Hatta, Tangerang, melalui unggahan di akun Instagram resminya. Mesut Ozil mengunggah video beserta tulisan dengan emoji soal Indonesia, seperti bendera dan hati berwarna merah putih. Ozil terlihat berjalan di tengah kawalan pihak keamanan.

Dalam unggahan Instastory, Ozil juga menampilkan kuliner khas Indonesia. Mantan pemain klub Arsenal dan Real Madrid ini memperlihatkan sederet minuman jamu seperti jahe dan kunyit asem.

Ozil juga menunjukkan gambar rendang dan seporsi nasi putih. Ia juga menampilkan tulisan nama masakan asal Minangkabau tersebut serta tulisan, "makanan Indonesia yang lezat."

Salah satu pemain yang membawa Jerman menjadi juara Piala Dunia 2014 itu rencananya bakal mengisi coaching clinic. Kedatangan perdana Mesut Ozil ke Indonesia ini merupakan bagian dari agenda kolaborasi pemain berusia 33 tahun itu dengan Concave Indonesia.

Ia juga akan berkunjung ke kantor Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan bertemu dengan Menparekraf Sandiaga Uno. Sebelumnya, Sandiaga sudah mengumumkan rencana kedatangan Ozil di akun Instagramnya.

"Buat para fansnya Mesut Ozil (@m10_official), hari ini saya punya kabar bahagia! Benar-benar #JumatBerkah untuk kalian.. Karena Ozil akan berkunjung ke Kantor @kemenparekraf.ri minggu depan," tulis Sandiaga dalam unggahannya pada 20 Mei 2022.

"Ozil akan hadir untuk mempromosikan brand @concaveid yang telah membuka begitu banyak LAPANGAN KERJA untuk anak muda Indonesia. Sampai jumpa, semuanya! Yuk bersama kita dorong kebangkitan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja di sektor parekraf," sambungnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Menyapa Penggemar

Ozil juga sudah menyapa penggemarnya di Indonesia soal rencana kunjungannya via media sosial sejak pekan lalu. "Hey Indonesia, saya akan datang," kata Mesut Ozil, dalam video singkat yang diunggah Instagram @concaveid, 19 Mei 2022.

Para penggemar Ozil di Indoesia tentunya sangat antusias menanti kedatangan pemain idola mereka. Sebelumnya, pria Turki ini sempat dikabarkan bakal merapat ke Rans Cilegon FC, klub sepak bola milik Raffi Ahmad.

Dalam agenda kedatangannya, Ozil dijadwalkan mengunjungi pabrik Concave Indonesia yang ada di Cikupa, Tangerang, Banten. Kunjungan ini dilakukannya untuk melihat proses pembuatan koleksi Concave M10.

Melansir kanal Bola Liputan6.com, Concave adalah brand sepatu dan apparel olahraga yang besar di pasar global, dan masuk di Indonesia sejak 2019, di bawah PT Aggiomultimex International Group. Namun semua apparel dan sepatu Concave M10, diproduksi secara lokal. Selain itu, Ozil juga akan melakukan kegiatan CSR bersama sejumlah atlet muda dan anak-anak kurang mampu, yang memiliki talenta di bidang sepak bola.


Perlengkapan Olahraga

Agenda ini bagian dari ketertarikan Mesut Ozil dengan isu sosial dan perkembangan dunia sepakbola. Coaching clinic bersama Mesut Ozil ini ditujukan untuk mendukung pelatihan sepakbola bagi anak-anak Indonesia yang bertalenta atau berbakat di olahraga sepakbola, sehingga bisa menjadi angin segar bagi perkembangan dunia sepakbola di Indonesia.

Pada Maret lalu, produsen sepatu dan perlengkapan olahraga, Concave, meluncurkan koleksi eksklusif M10 "Gradient" yang merupakan hasil kerja sama dengan Mesut Ozil. Dalam kolaborasi ini, Concave menghadirkan produk olahraga, seperti sepatu lari, kaus, tracksuit, dan trackpant.

Koleksi itu membawa semangat #TheGreatnessIsNear dan memiliki desain eksklusif hasil arahan zil, sebagai Global Creative Director di Concave Asia. Di dunia sepak bola, zil dikenal sebagai mantan pemain timnas (tim nasional) Jerman yang sudah malang melintang bermain di Liga Eropa.

Ia pernah menyabet lima kali penghargaan Pemain Terbaik Jerman pada 2011, 2012, 2013, 2015, dan 2016. Ia ikut membawa Jerman menjuarai Piala Dunia 2014 di Brasil.


Produk Global

Saat ini, zil bermain sebagai kapten untuk klub asal Turki, Fenerbahe S.K. Sebelumnya, dia memperkuat klub Real Madrid, Arsenal, dan Schalke. Concave adalah jenama dari Inggris yang berekspansi ke pasar Indonesia pada 2019.

Koleksi M10 Gradient ini diproduksi PT Aggiomultimex International Group di Tangerang, Banten. Selain Concave, pabrik ini telah memproduksi berbagai produk global dari merek ternama seperti Lacoste, Oakley, Dolce Gabbana, sampai Prada.

"Untuk Concave, kami membawanya dari global ke lokal untuk memberikan pengalaman baru bagi para pecinta sepakbola di Indonesia," kata Subagio Lembono, CEO Aggiomultimex International Group, yang juga induk dari Concave Indonesia, dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com.

Untuk koleksi sepatu bola, Concave Indonesia memproduksi sepatu dengan keunggulan teknologi bernama Accustrike dan Powerstrike. Kedua teknologi ini dikhususkan untuk menyesuaikan tulang metatarsal kaki penggunanya, yaitu melapisi bagian atas sepatu dengan mengaplikasikan material fleksibel TPU (Thermoplastic Polyurethane) dan komposit busa bantalan yang disebut Meta Guard.

Infografis Oleh-oleh Makanan khas Indonesia. (Liputan6.com/Triyasni)

Penyesalan Miyabi Jadi Aktris Porno

Ini Penyesalan Miyabi Ketika Jadi Bintang Film Dewasa, Kini Menjalani Hidup Lebih Positif

Liputan6.com 2022-05-24 10:20:00
Maria Ozawa alias Miyabi, mantan bintang film panas Jepang yang sudah pensiun. (Instagram @maria.ozawa0108)

Maria Ozawa yang dikenal sebagai Miyabi memiliki masa lalu yang bisa dianggap kurang menyenangkan oleh sebagian orang. Pasalnya, ia pernah menjalani profesi sebagai bintang film dewasa.

Pengalaman Maria Ozawa pun dijadikan pelajaran bagi wanita asal Jepang ini untuk berubah menjadi pribadi yang jauh lebih baik dari sebelumnya.

Miyabi kini telah menemukan titik balik dan memutuskan pensiun dari profesi kontroversial itu. Kini, Maria Ozawa diketahui sedang sibuk berkegiatan amal serta menekuni profesi barunya, menjadi entrepreneur.

Selain menjadi seorang entrepreneur, Maria Ozawa diketahui menjadi Brand Ambassador platform gaming M88 Mansion yang menjadi sponsor LALIGA, BWF Thomas, dan Uber Cup.

Kegiatan amal sudah ia lakukan saat mengunjungi Indonesia, tepatnya ketika ia singgah ke Bali pada April 2022 lalu. Ia memberikan sebagian uangnya kepada salah satu panti di Pulau Dewata. Sebelumnya, Miyabi juga beberapa kali berkunjung ke Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Curahan Hati

Lantas, apa saja kegiatan sehari-hari Miyabi setelah ia memutuskan untuk hengkang dari industri film dewasa Jepang?

Miyabi dalam kesehariannya menyibukkan diri dengan membuat konten vlog di kanal Youtube pribadinya. Salah satunya terkait curahan hati betapa buruknya ia dalam mengelola keuangan di masa lalu.

Miyabi mengaku bahwa saat masih usia belia, ia tidak mengelola keuangannya secara baik. Sehingga, uang yang didapatnya ia habiskan begitu saja.

"Aku jadi sadar pentingnya uang, karena aku dulu sering menghambur-hamburkannya," kata Miyabi dalam vlog yang diunggahnya melalui kanal YouTube miliknya.


Diminta Berhemat

Dari situ, diketahui bahwa orang-orang terdekat Miyabi pun kerap mengingatkan agar ia selalu menabung. Namun karena usianya kala itu masih belia, ia tak terlalu mempedulikannya.

"Semua orang bilang hal yang sama (untuk menabung), itulah yang terjadi saat anak muda mendapatkan durian runtuh. Aku rasa apa yang aku lakukan saat itu sesuai dengan usiaku," jelas Miyabi.

Miyabi pun memutuskan untuk menjadi seorang entrepreneur daripada kembali menghabiskan uangnya untuk hal-hal yang tak bermanfaat.


Sudah Berubah

Pendapatan yang diperoleh Maria Ozawa melalui bisnis yang digelutinya pun kini sudah dikelola secara bijak.

Terkait profesi barunya, Miyabi diketahui juga memiliki bisnis di bidang hiburan serta food and beverages (F&B) berupa lounge serta kuliner di Manila, Filipina.

Infografis Jepang Peringatkan Potensi Teror di Asia Tenggara. (Liputan6.com/Abdillah)

Malu Negaranya Bohong, Diplomat Rusia Mundur

Diplomat Rusia di PBB Mundur karena Malu Atas Kebohongan Negaranya

Liputan6.com 2022-05-24 10:30:05
Seorang perempuan diproses saat dia tiba dengan bus bersama orang lain yang melarikan diri dari Mariupol dan kota-kota lain ke pusat penerimaan pengungsi di Zaporizhzhia, Ukraina, Selasa (

Diplomat senior Rusia di PBB memilih mundur akibat malu atas aksi pemerintahan Vladimir Putin yang menyerang Ukraina. Diplomat bernama Boris Bondarev itu menyebut aksi Rusia sebagai "perang agresif".

"Selama dua puluh tahun karier diplomatik saya telah melihat berbagai belokan dari kebijakan luar negeri kita, tetapi tak pernah saya merasa malu atas negara saya pada 24 Februari tahun ini," tulis pernyataan Boris Bondarev, dilansir UN Watch, Selasa (24/5/2022).

"Perang agresif ini yang dikerahkan oleh Putin terhadap Ukraina, dan faktanya terhadap seluruh dunia Barat, itu tidak hanya kejahatan kepada rakyat Ukraina, tetapi juga mungkin kejahatan paling serius kepada rakyat Rusia," jelas Bondarev.

Narasi dari pemerintah Rusia adalah mereka menyerang Ukraina karena menolak ekspansi NATO hingga menyerang Neo-Nazi. Akan tetapi, Bondarev menyorot motif kekuasaan.

"Mereka yang mencetuskan perang ini hanya menginginkan satu hal - agar tetap berkuasa selamanya, hidup di istana-istana yang megah tak berselera, berlayar di kapal pesiar yang ukuran dan biayanya setara dengan seluruh Angkatan Laut Rusia, menikmati kekuasaan tanpa batas, dan kekebalan menyeluruh. Demi meraih hal itu mereka mau mengorbankan nyawa sebanyak mungkin," tulis Bondarev.

Tidak hanya itu, Bondarev juga mengakui level kebohongan dan sikap tak profesional telah meningkat di Kementerian Luar Negeri. Menteri Luar Negeri Sergey Lavrov disorot oleh Bondarev.

"Menteri Lavrov adalah ilustrasi yang baik untuk degradasi sistem ini. Selama 18 tahun, ia berubah dari intelektual profesional dan terdidik, yang dipandang tinggi oleh banyak kolega, menjadi orang yang terus-terusan menyebar pernyataan yang saling berkonflik dan mengancam dunia (Rusia juga) dengan senjata-senjata nuklir!" ujar Bondarev.

"Hari ini, Kementerian Luar Negeri bukan tentang diplomasi. Ini tentang menggelora perang, kebohongan, dan kebencian," ujar diplomat senior itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Menlu Retno Tegaskan Posisi Indonesia Soal Rusia-Ukraina di Depan Menlu Serbia

Sebelumnya dilaporkan, Menlu Retno Marsudi kembali menegaskan posisi Indonesia terkait invasi Rusia terhadap Ukraina.

Kali ini di depan Menlu Serbia Nikola Selakovic, Menlu Retno mengatakan bahwa Indonesia menjunjung tinggi integritas dan mengharapkan adanya solusi perdamaian.

"Pada isu-isu internasional, kami membahas situasi di Ukraina. Saya menegaskan kembali posisi Indonesia tentang pentingnya menjunjung tinggi prinsip menghormati integritas dan kedaulatan wilayah."

"Saya juga menggarisbawahi seruan Indonesia agar semua pihak segera menghentikan perang dan mencari solusi damai di meja perundingan," ujar Menlu Retno dalam Press Briefing Pertemuan Bilateral Menlu RI-Menlu Serbia yang digelar virtual pada Senin (23/5).

Lebih lanjut lagi, Menlu Retno juga menekankan perlunya mengembangkan iklim kepercayaan strategis di mana setiap negara memikul tanggung jawab untuk berkontribusi dalam menciptakan lingkungan yang memungkinkan untuk penyelesaian konflik secara damai.

Sebelumnya, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menegaskan bahwa Indonesia berada dalam posisi netral pada konflik Rusia-Ukraina.

Tak hanya menganut asas politik bebas aktif, kata Moeldoko, Indonesia juga memiliki tanggung jawab moral sebagai Presidensi G20 untuk tidak memiliki keberpihakan politik kepada negara mana pun.

Hal ini disampaikan Moeldoko saat menerima kunjungan dari Dubes Uni Eropa Vincent Piket di Gedung Bina Graha Kantor Staf Presiden Jakarta, Jumat (22/4/2022).

"Indonesia dihadapkan pada situasi yang sulit untuk mendukung Ukraina dan memberikan sanksi kepada Rusia. Karena sebagai Presidensi G20, Indonesia harus merangkul semua negara anggota secara adil. Indonesia tidak memihak siapa pun dalam konflik ini," kata Moeldoko dikutip dari siaran pers.


Pernyataan Moeldoko

Moeldoko juga menyayangkan eskalasi perang di Rusia dan Ukraina. Namun, Indonesia tetap berada dalam posisi yang mendukung perdamaian dan menentang segala macam bentuk kekerasan oleh siapa pun.

Sementara itu, Dubes Uni Eropa Vincent Piket datang menemui Kepala Staf Kepresidenan untuk membahas kekhawatiran negara-negara Eropa terhadap ketidakpastian global di sektor ekonomi dan keamanan yang diakibatkan oleh perang Rusia-Ukraina.

"Uni Eropa meminta agar Indonesia menggunakan pengaruhnya sebagai Presidensi G20 untuk memberikan tekanan kepada Rusia agar menghentikan perang di Ukraina," katanya.

"Karena sanksi merupakan salah satu kunci yang dapat mempengaruhi eskalasi perang Rusia-Ukraina. Sanksi dapat membuka peluang terjadinya negosiasi," sambung Vincent.

Terkait hal ini, Moeldoko mengatakan bahwa pihak Indonesia akan mencatat semua kekhawatiran dan perhatian negara-negara dunia. Dia pun mengapresiasi seruan global dan perhatian negara mitra kepada Indonesia.

"Ini berarti posisi Indonesia telah memberikan peranan dan pengaruh yang signifikan di panggung dunia," ucap Moeldoko.


Undangan KTT G20

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dilaporkan telah mengundang Presiden Rusia Vladimir Putin ke G20. Pertemuan puncak G20 akan digelar di Indonesia pada November 2022. Kini, muncul pertanyaan apakah Indonesia juga akan mengundang Ukraina di G20, meski Ukraina bukan anggota.

Berdasarkan laporan VOA Indonesia pada April lalu, sejumlah negara mensyaratkan kehadiran Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dalam konferensi tingkat tinggi (KTT) G20 yang akan berlangsung di Bali, November tahun ini, jika Indonesia tetap mengundang Presiden Rusia Vladimir Putin. Ada pula sinyal-sinyal dari negara yang ingin memboikot KTT G20 apabila Putin hadir tanpa Zelensky.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah menyatakan belum bisa memastikan apakah Indonesia akan mengundang Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dalam perhelatan akbar itu. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, ujarnya, masih terus berkomunikasi dan berkonsultasi dengan beragam pihak untuk menyikapi perkembangan terkait perang Rusia di Ukraina.

"Melalui konsultasi tersebut, kita bisa memetakan bagaimana sisi pandang negara-negara atas arti penting pertemuan G20 itu sendiri dalam merespon berbagai tantangan yang terjadi di saat sekarang, dalam kita mengatasi tantangan ekonomi yang betul-betul menjadi satu tekanan. Tentunya kita juga mendengarkan pandangan mereka atas isu-isu yang banyak dilontarkan beberapa pemimpin dunia di saat sekarang," kata Faizasyah, Kamis (14/4).

Tapi Faizasyah mengakui tidak dapat mengungkapkan hasil konsultasi Retno dengan beragam negara karena sebagian besar bersifat rahasia. Menlu Retno Marsudi, tambahnya, juga akan berkonsutasi dengan sejumlah negara Eropa terkait hal ini.

Infografis Reaksi Global terhadap Serbuan Rusia ke Ukraina. (Liputan6.com/Trieyasni)

Kisah Kiki Farrel Diusir Ayah Kandung

Kiki Farrel Beberkan Upaya Mencari Ayah Kandung Bareng Mama Dahlia, Saat Ketemu Malah Diusir

Liputan6.com 2022-05-24 16:00:00
Kiki Farrel. (Foto: Dok. YouTube Maia Al El Dul TV)

Belasan hari setelah Mama Dahlia dimakamkan, Kiki Farrel buka suara soal kehidupan keluarganya termasuk soal ayah kandung. Bintang film Raksasa dari Jogja menyebut ibu dan ayahnya cerai saat ia berusia 15 tahun.

Setelah itu, kondisi ekonomi terjun bebas. Kiki Farrel menyebut ibunya sampai jualan baju bekas demi menyambung hidup dan bisa makan. Tragedi ini menyisakan luka mendalam di hati Kiki Farrel.

"Jadi waktu sekolah aku ingat banget, kita tuh sampai jualan baju-baju bekas aku. Waktu aku SMP, baju-baju yang bekas aku masih kecil tuh kita jual-jualin, kita kiloin," kenangnya.

Setelah cerai, ayah kandung seolah menghilang. Pernah, Kiki Farrel dan Mama Dahlia mencoba melacak keberadaannya. Akhirnya ketemu namun lagi-lagi Mama Dahlia dan Kiki Farrel menelan pil pahit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Mencari Ayah Kandung

"Sampai akhirnya kita nyariin ke rumah bapak aku, kan. Kita nyari, naik motor naik angkot juga. Ketemu tuh akhirnya. Sampai sana kita diusir sama bapakku. Aku ingat banget tuh sampai sakit banget," Kiki Farrel mengenang.

Ini diceritakan alumi Supermama Indosiar dalam video wawancara di kanal YouTube Maia Al El Dul TV, Senin (23/5/2022). Diusir mantan suami, Mama Dahlia pulang dengan air mata berlinang.


Mama Cuma Bisa Nangis

"Mama cuma bisa nangis gitu. Makanya, kalau aku ingat yang dulu-dulu, mama tuh kasihan. Dari masa lalunya kasihan. Sampai sekarang akhirnya sakit pun, Mama kasihan banget menahan sakit lima tahun," imbuhnya.

Di akhir hidupnya, ujian kembali menerpa. Mama Dahlia mengidap kanker usus yang bermetastasis ke organ lain termasuk paru-paru. Yang ini pun dijalani Mama Dahlia dengan legawa hingga akhirnya tutup usia.


Terima Kasih Banget Tuhan

"Makanya aku bangga sama mama aku. Karena mamaku yang bisa bikin aku, kakakku, sama adikku bisa seperti sekarang. Ini tuh berkat Mama. Sayang banget sama dia. Ya, mungkin ini yang terbaik karena Mama sudah enggak sakit lagi," Kiki Farrel membeberkan.

"Terima kasih banget Tuhan sudah memberikan seseorang ibu yang kuat, yang baik, yang tangguh, yang penuh tanggung jawab. Sampai Mama tuh sudah meninggal, sudah enggak ada," ia mengakhiri.

(Liputan6.com / Abdillah)

Rumah Anjing Rp 700 Juta, Ada Kolam Renang

Korsel Siaga Virus Cacar Monyet

Korea Selatan Siaga Virus Cacar Monyet

Liputan6.com 2022-05-24 16:58:21
Cacar monyet kini tengah merebak di sejumlah negara di Eropa, terbaru Australia. Simak gejala serta cara pencegahannya dari dokter berikut ini. (pexels/anna shvets).

Pemerintah Korea Selatan siaga terhadap potensi datangnya virus monkeypox atau cacar monyet. Pejabat kesehatan Korea Selatan menyorot negara-negara yang melaporkan virus tersebut, meski biasanya virus ini datang dari Afrika.

Dilaporkan Yonhap, Selasa (24/5/2022), Korea Disease Control and Prevention Agency (KDCA) berkata tidak mencoret kemungkinan masuknya cacar monyet di tengah peningkatan travel inernasional. Korsel memang mulai melonggarkan aturan travel karena COVID-19 sedang menurun.

Korea Selatan akan mengambil langkah pencegahan dari negara-negara yang telah mendeteksi cacar monyet.

"Kami mengambil pengukuran suhu dan melaksanakan survei-survei kesehatan pada traveler dari negara-negara di mana kasus cacar monyet telah dilaporkan," ujar Lee Sang-won dari KDCA.

"Meski kita butuh tetap siaga, tidak perlu untuk terus khawatir," jelas Lee.

Hingga kini, ada 171 kasus dan 86 suspek kasus cacar monyet di 18 negara, termasuk negara-negara Eropa hingga Australia. Sejumlah kasus merebak di Inggris. Kasus cacar monyet yang sedang merebak terbilang misterius karena penderitanya tidak punya riwayat ke negara-negara Afrika.

Virus itu bisa menular lewat kontak fisik, namun penularannya tak semudah COVID-19. Seks juga bisa menjadi cara penularan cacar monyet, sebab melibatkan kontak fisik. Kasus yang ada sejauh ini dilaporkan tidak parah.

Korea Selatan telah menyiapkan skema tes cacar monyet pada 2016. Selain itu, Korea Selatan juga punya persediaan vaksin untuk melindungi 35 juta orang dari monkeypox.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Maroko Umumkan 3 Kasus Diduga Virus Monkeypox atau Cacar Monyet

Turut dilaporkan, Maroko mengumumkan telah mengidentifikasi tiga kasus dugaan virus monkeypox atau cacar monyet pada Senin 23 Mei 2022. Tiga kasus yang dicurigai itu saat ini dalam perawatan kesehatan, dalam keadaan sehat dan telah melalui analisis medis, menunggu hasil, kata Kementerian Kesehatan.

Kementerian Kesehatan Maroko mengatakan, pihaknya telah membentuk satuan tugas khusus untuk memantau situasi nasional.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengkonfirmasi kasus cacar monyet di 12 negara, termasuk Amerika Serikat, Kanada, Australia, Inggris, Spanyol, Portugal, Jerman, Belgia, Italia, Belanda, Prancis, dan Swedia.

Kasus-kasus ini mengecualikan 21 negara di mana penyakit ini dianggap endemik, semuanya di Afrika Barat dan Tengah.

Sebelumnya, otoritas kesehatan di Amerika Utara dan Eropa telah mendeteksi puluhan kasus yang diduga atau dikonfirmasi dari monkeypox atau cacar monyet sejak awal Mei, memicu kekhawatiran penyebaran penyakit endemik di beberapa bagian Afrika.

Kanada adalah negara terbaru yang melaporkan sedang menyelidiki lebih dari selusin kasus yang diduga cacar monyet, setelah Spanyol dan Portugal mendeteksi lebih dari 40 kasus yang mungkin dan terverifikasi. Demikian seperti dilansir dari laman Channel News Asia.

Inggris telah mengkonfirmasi sembilan kasus sejak 6 Mei, dan Amerika Serikat memverifikasi yang pertama pada Rabu (18 Mei), dengan mengatakan seorang pria di negara bagian timur Massachusetts telah dites positif terkena virus setelah mengunjungi Kanada.


Belgia Terapkan Karantina Wajib 21 Hari

Kasus cacar monyet atau monkeypox baru-baru ini menyebar ke negara-negara di luar wilayah endemik virus tersebut. Salah satu negara yang juga melaporkan kasus cacar monyet adalah Belgia.

Belgia telah menjadi negara pertama di dunia yang mengumumkan karantina cacar monyet karena kasus terus menyebar dengan cepat.

Dalam aturan baru, mereka yang dites positif terkena virus cacar monyet di Belgia akan diminta untuk menjalani karantina wajib selama 21 hari. Aturan tersebut merupakan upaya untuk menghentikan penyebaran infeksi.

Kasus pertama di Belgia didiagnosis pada Jumat, sebelum dua lagi dikonfirmasi, diikuti oleh yang keempat pada Sabtu.

Ketiganya diyakini terkait dengan festival fetish Darklands baru-baru ini di Antwerpen, sementara kasus di Spanyol diyakini merupakan superspreader di sauna dewasa.

"Ada alasan untuk berasumsi bahwa virus dibawa oleh pengunjung dari luar negeri ke festival setelah kasus baru-baru ini di negara lain," kata penyelenggara festival Darklands dalam menanggapi wabah tersebut mengutip NZ Herald, Senin (23/5).

Dokter kesehatan masyarakat Belgia dan Profesor Virologi Marc Van Ranst mengatakan di Twitter "Penting bahwa setiap orang yang hadir di festival Darklands tetap waspada terhadap gejala apapun karena skala wabah menjadi semakin jelas."

"Ini belum pernah terjadi sebelumnya dengan virus monkeypox," katanya.


Cacar Monyet Menyebar ke Berbagai Negara Akibat Mutasi Virus? WHO: Tidak Ada Bukti

Wabah virus cacar monyet atau monkeypox yang telah menyebar ke berbagai negara sejauh ini tidak dapat disebut akibat mutasi lantaran belum ada bukti yang mengarah ke sana.

Hal ini disampaikan eksekutif senior di Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Senin 23 Mei 2022. Ia mencatat penyakit menular yang telah mewabah di Afrika barat dan tengah itu cenderung tidak berubah.

Kepala sekretariat cacar yang merupakan bagian dari Program Darurat WHO, Rosamund Lewis mengatakan, mutasi cenderung lebih rendah pada virus ini. Namun, pengurutan genom kasus akan membantu menginformasikan pemahaman tentang wabah saat ini.

Kemungkinan mutasi memang menjadi salah satu perhatian pakar kesehatan. Pasalnya, mutasi bisa membuat virus lebih mudah menular atau parah.

Pemimpin penyakit zoonosis WHO dan pemimpin teknis COVID-19 Maria van Kerkhove mengatakan, lebih dari 100 kasus suspek dan konfirmasi cacar monyet di Eropa dan Amerika Utara memang bukan kasus yang parah.

"Ini adalah situasi yang dapat dikendalikan," khususnya di Eropa, kata Maria mengutip CNA, Selasa (24/5).

"Tapi kita tidak bisa mengabaikan apa yang terjadi di Afrika, di negara-negara endemik."

Ia menambahkan, wabah itu tidak biasa karena terjadi di negara-negara yang seharusnya tidak menemukan virus tersebut. Para ilmuwan berusaha memahami asal usul kasus dan apakah ada perubahan tentang virus penyebab monkeypox.

Infografis 4 Cara Tampil Menawan Saat Foto Pakai Masker Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)

Banjir Rob Terjang Pantura

HEADLINE: Banjir Rob Menggila di Pesisir Utara Jateng, Fenomena dan Penyebabnya?

Liputan6.com 2022-05-25 00:00:06
Banner Infografis Banjir Rob Menggila di Pesisir Utara Pulau Jawa. (Liputan6.com/Trieyasni)

Senin, 23 Mei 2022, menjadi hari yang berbeda bagi para buruh pabrik di kawasan industri Pelabuhan Tanjung Emas, Kota Semarang. Air laut setinggi 2 meter naik ke daratan menerjang kawasan industri tersebut. Tak hanya itu, derasnya air juga menjebol tanggul, limpasannya meluber hingga ke badan jalan. Jebolnya tanggul laut membuat air meluber dan area yang terdampak makin meluas.

Saat limpasan air masuk menerjang daratan, yang oleh warga sekitar disebut mirip geombang tsunami, ribuan pekerja yang ada di sejumlah pabrik kawasan industri Pelabuhan Tanjung Emas, Kota Semarang, berlarian menyelamatkan diri. Nela Aji salah satunya, pekerja pabrik garmen PT Korina itu langsung berlari menyelamatkan diri saat mendengar sirine pabrik berbunyi.

"Banjir rob, banjir rob," teriak orang-orang kala itu. Saat itu jam menunjukkan pukul 13.45 WIB, tanpa pikir panjang Nela langsung ikut lari bersama yang lain ke luar area tempatnya bekerja. Wanita asal Kebonharjo itu juga mengatakan, banyak sepeda motor di area parkir yang terendam akibat banjir rob mahadahsyat itu.

Diah, pekerja yang lain juga mengakui, banjir rob kali ini yang menerjang kawasan tempat mereka bekerja, bukan main-main. Bahkan, Diah menyebut tinggi air mencapai dada orang dewasa.

"Seumur-umur baru kali ini banjir rob sedada," katanya.

Selain sepeda motor dan mobil, ribuan unit mesin jahit serta mesin produksi di sejumlah pabrik ikut terendam banjir air, termasuk juga puluhan kontainer atau peti kemas yang berada di Pelabuhan Tanjung Emas.

Selain Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, kota-kota lainnya di Jawa Tengah antara lain Rembang, Demak, Pati, Pekalongan, hingga Tegal ikut terdampak banjir rob. Bahkan, Satlantas Polres Demak langsung mengalihkan arus lalu lintas yang hendak menuju Semarang melalui pantai utara (pantura) Demak ke jalur alternatif.

Hal itu menyusul terjadinya banjir rob di Kecamatan Sayung dan kawasan Terboyo, yang mengakibatkan arus lalu lintas dari arah Demak menuju Semarang di sepanjang Jalur Pantura Demak sempat mengular. Tanggul yang jebol juga membuat wilayah terdampak banjir makin meluas, tercatat ratusan rumah di wilayah Tambakrejo, Tambaklorok, dan Tambak Mulyo tergenang air hingga setinggi satu meter.

Bahkan, selang sehari usai terjangan banjir, Selasa (24/5/2022), kawasan Pelabuhan Tanjung Emas dan kompleks industri Lamicitra, Kota Semarang, Selasa, masih tergenang banjir rob. Genangan banjir rob pada Selasa, 24 Mei masih tinggi yakni sekitar 1,25 meter hingga 1,5 meter dan menyebabkan akses jalan tertutup.

Sejumlah pekerja sejumlah pabrik di kawasan industri pelabuhan terlihat mengevakuasi sepeda motor yang kemarin terpaksa ditinggal di area parkir. Mereka menuntun sepeda motor masing-masing sambil berjalan melewati genangan banjir rob setinggi pinggang orang dewasa.

Informasi terakhir menyebut, akibat banjir rob seluruh aktivitas produksi di kawasan industri Pelabuhan Tanjung Emas dihentikan dan para pekerjanya diliburkan hingga menunggu pemberitahuan selanjutnya.

Banjir rob juga menyebabkan keberangkatan dua kapal di Pelabuhan Tanjung Emas tertunda. Herman Fajar, Kepala Cabang PT Dharma Lautan Utama, kepada Liputan6.com mengatakan, akibat rob tinggi dan jebolnya tembok penahan air laut, akses masuk ke pelabuhan khususnya ke terminal penumpang dan TPKS terhambat.

"Hari kemarin (Senin) ketinggian sampai 1,5 meter, hari ini masih setinggi pinggang orang dewasa," kata Herman Fajar.

Karena Senin penumpang tidak bisa masuk, maka satu keberangkatan dilakukan penundaan. Direncanakan, kapal yang harusnya berangkat Senin akan diberangkatkan Selasa sore.

"Ada penundaan keberangkatan kapal Dharma Rucitra 9 tujuan Kumai. Kemarin 700 penumpang tidak bisa masuk ke kapal, maka tertunda Selasa pukul 14.00," kata Herman.

Diharapkan, kendati air rob masih tinggi di pelabukan Tanjung Emas, penumpang tetap bisa masuk mengingat ada penumpang yang nekat menggunakan angkutan dan ada penumpang yang masuk ke dermaga penumpang menggunakan perahu.

"Penundaan karena banyaknya penumpang yang belum bisa masuk pelabuhan. Mudah-mudahan penumpang bisa segera masuk ke pelabuhan," katanya.

Penundaan juga dilakukan pada keberangkatan kapal Dharma Kartika 7. Kapal yang mengangkut 850 penumpang dijadwalkan berangkat pada Selasa (24/4/2022) pukul 10 pagi. Namun, jadwal keberangkatan ditunda Rabu (25/5/2022) sore.

"Ditunda karena sampai pukul 12.30 penumpang belum banyak yang sampai. Baru 30 persen yang bisa masuk ke kapal," kata Herman.

Permasalahan memang dihadapi kapal penumpang. Namun, permasalahan lebih besar dihadapi kapal angkutan barang. Operator truk tidak berani menerobos genangai air rob yang sangat tinggi.

"Paling parah truk logistik tidak bisa diangkut, dan menumpuk di Jalan Ronggowarsito tidak bisa diberangkatkan ke Kalimantan Tengah maupun Pontianak, Kalimanta Barat. Alasannya, sopir tidak berani menerobos air rob takut truk mogok dan barang yang diangkut rusak," katanya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Penyebabnya?

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi pasang surut, kondisi banjir pesisir (rob) di sebagian utara Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur, masih dapat berlangsung hingga Rabu 25 Mei 2022.

"Banjir pesisir mulai terjadi sejak tanggal 14 Mei 2022, potensi banjir pesisir ini dapat terjadi hingga 25 Mei 2022," kata Kepala Pusat Meteorologi Maritim, BMKG, Eko Prasetyo dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa (24/5/2022).

Eko mengklaim, sejak 13 Mei 2022, pihak BMKG telah merilis informasi potensi banjir pesisir di beberapa wilayah Indonesia bersamaan adanya fase bulan purnama dan kondisi Perigee (jarak terdekat bulan ke bumi).

Ia menyebutkan, kondisi banjir pesisir berpotensi terjadi di pesisir Pantai Tegal, Wonokerto-Pekalongan, Pantai Sari-Pekalongan, Pantai Batang, Pantai Tawang Kendal. Kondisi serupa juga terjadi di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Jalan Raya Genuk Semarang-Demak, Pantai Karang tengah Demak, Pantai Rembang, dan pesisir Jawa Timur.

"Selain faktor curah hujan di beberapa wilayah, gelombang tinggi di Laut Jawa yang mencapai 1,25-2,5 meter juga memberikan dampak terhadap peningkatan banjir rob di wilayah tersebut," katanya.

Eko menjelaskan, ketinggian banjir pesisir Pulau Jawa berbeda di tiap wilayah. Namun demikian, kondisi ini secara umum dapat mengganggu aktivitas keseharian masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir, seperti aktivitas bongkar muat di pelabuhan, aktivitas di pemukiman pesisir, serta aktivitas tambak garam dan perikanan darat.

Senada dengan itu, Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Tanjung Emas Retno Widyaningsih juga mengatakan, banjir rob yang terjadi di pesisir utara Jateng menjadi sangat dahsyat karena dibarengi gelombang tinggi. Hal itu biasa terjadi akibat siklus akhir bulan setelah purnama dan bumi dengan bulan dalam posisi terdekat yang membuat air menjadi pasang.

Sementara itu, Koordinator Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Maritim Tanjung Emas Semarang Ganis Erutjahjo menambahkan, tinggi gelombang di wilayah Pantura Jateng sampai Laut Utara Jateng pada tiga hari ke depan berkisar 125-200 cm.

"Gelombang tinggi tersebut mendorong air laut melimpas ke daratan sehingga pada saat titik puncak pasang yang ditambah dorongan air laut otomatis menambah ketinggian dari air pasang yang berimbas pada luasnya area terdampak saat ini," ujarnya.

Lalu bagaimana dengan pesisir selatan Jawa? Kepala Kelompok Teknisi BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap Teguh Wardoyo mengatakan, saat ini fase Perigee di pesisir selatan telah lewat sehingga tak terjadi potensi rob, seperti yang terjadi antara 14-20 Mei 2022 lalu.

Kondisi ini berbeda dari wilayah Pantura, seperti Semarang dan Pekalongan yang pada Senin (23/5/2022) mengalami puncak Perigee dan ketinggian gelombang laut maksimal sehingga menyebabkan rob di pesisir utara.

"Ya beda lintang bujurnya. Yang memengaruhi pasang surut itu kan lintang bujur, kemudian, pengaruh gelombang tingginya juga pengaruh. Perigee-nya memang sama-sama ya, tetapi lintang-bujurnya sudah berbeda," kata Teguh menjelaskan.

Meski sama-sama mengalami Perigee, akan tetapi posisi lintang-bujur sebuah wilayah akan menyebabkan perbedaan waktu puncak rob dan ketinggian gelombang. Kondisi ini juga diperparah oleh faktor lainnya, seperti cuaca dan ketinggian gelombang air laut.

"Ketinggian gelombangnya juga berbeda. Sehingga masing-masing wilayah itu memiliki tanggal dan kejadian yang berbeda," katanya.

Namun begitu, Teguh juga mengingatkan fenomena Perigee di pesisir selatan akan kembali terjadi pada Juni mendatang. Diperkirakan puncak perigee yang berpotensi rob bakal terjadi pada 9 Juni 2022.

Meski tak berpotensi pasang air laut atau rob, masyarakat yang beraktivitas di pesisir selatan diminta untuk tetap waspada saat beraktivitas di perairan. Pasalnya, saat ini, gelombang tinggi sedang terjadi dengan prediksi puncak antara 4-6 meter di lepas pantai.

Kondisi ini berbahaya untuk seluruh jenis pelayaran dan juga berbahaya untuk aktivitas di pinggir pantai.

Lalu benarkah, banjir rob dahsyat yang sebelumnya tidak pernah terjadi di pesisir utara Pulau Jawa itu hanya disebabkan faktor tunggal: siklus fase bulan setelah purnama?


Kesombongan Pembangunan

Manajer Advokasi dan Kampanye Walhi Jawa Tengah Iqbal Alma, buru-buru menampik pernyataan yang menyebut, penyebab banjir rob di pesisir utara Jateng hanya karena faktor alam saja. Saat dihubungi Liputan6.com, Selasa (24/5/2022), Iqbal mengatakan, wilayah pesisir Semarang memang sejak dulu menjadi langganan banjir rob. Namun, katanya, belakangan banjir rob yang terjadi seperti 'diundang' oleh para pemangku kebijakan.

"Rob yang terjadi bukanlah suatu kiriman Tuhan yang terjadi begitu saja atau tiba-tiba. Bencana ini lahir dari proses panjang eksploitasi manusia terhadap lingkungannya," katanya.

Iqbal merasa heran dengan kebijakan pembangunan yang digaungkan pemerintah, sudah tahu rob terus terjadi setiap tahun, tapi pembangunan industri di wilayah pesisir tetap saja dilakukan.

Catatan Walhi Jateng menyebut, di pesisir Jawa Tengah terdapat beberapa kawasan industri baru maupun perluasan kawasan industri, antara lain Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kendal, Kawasan Industri Terpadu Batang, Jatengland Industrial Park Sayung, Kawasan Industri Wijayakusuma, dan masih banyak lainnya. Selain juga pembangunan sarana infrastruktur yang masif dilakukan hingga hari ini, seperti pembangunan tol tanggul laut Semarang - Demak dan pemanfaatan ruang laut terhadap pembangunan jalan tol Semarangan Harbour (Semarang--Kendal).

"Pembangunan-pembangunan inilah yang kemudian menyebabkan kerusakan sosial-ekologis di wilayah pesisir. Banyak terjadi perubahan landscape wilayah pesisir juga ekosistemnya yang menyebabkan menurunnya kualitas lingkungan," ungkap Iqbal.

Belum lagi persoalan kondisi tanah, yang di beberapa wilayah di pesisir utara Jateng adalah tanah sedimen dan tanah lunak. Jika kondisi tersebut diberi beban berat bangunan di wilayahnya, hal ini tentu menjadi penyebab penurunan muka air tanah. Apalagi penggunaan air tanah yang berlebihan.

"Bencana jebolnya tanggul karena rob ini tidak bisa dilihat hanya dengan kacamata perubahan intensitas rob karena musim atau penanggalan bulan purnama. Lebih jauh dari itu, ini adalah sebuah bencana yang dibuat oleh manusia," lanjut Iqbal.

Meskipun dirinya setuju rob merupakan dampak perubahan iklim, tetapi rob di pesisir utara diperparah dengan ekstrasi air tanah yang berlebihan sehingga menyebabkan land subsidence. Kesombongan menyelesaikan masalah rob melalui infrastruktur juga malah menimbulkan masalah selanjutnya.

"Tahun 2019 keluar perda kawasan ekosistem essensial yang menyebutkan sebagian besar mangrove pesisir utara kritis. Eh, kemarin malah ada rencana relokasi mangrove seluas 46 hektar, dampak dari pembangunan tol tanggul laut Semarang-Demak," kata Iqbal.

Dalam pandangan Iqbal, paradigma antroposentrisme yang masih dominan digunakan dalam pengelolaan lingkungan hidup dan sumber daya alam---yang dilancarkan dengan berbagai macam kebijakan dan pembangunan, telah mengabaikan keberlanjutan fungsi lingkungan hidup itu sendiri. Kerusakan lingkungan, termasuk terjadi banjir rob, adalah bagian dari kekeliruan cara pandang manusia dalam memosisikan diri dengan alam.

"Hal ini diperparah dengan paham kapitalistik-neoliberal yang turut menjadi sebab kerusakan lingkungan di banyak tempat di Indonesia. Kebijakan-kebijakan yang dibuat cenderung bercorak eksploitatif dan mengabaikan kerusakan-kerusakan lingkungan yang dihasilkan," katanya.

Dirinya juga menyebut, demi menekan pengeluaran guna menciptakan keuntungan, ongkos-ongkos kerusakan yang diciptakan dari pembangunan tidak pernah terpikirkan. Lagi-lagi masyarakat paling bawah yang menjadi korban, merekalah yang paing rentan karena berhadapan langsung dengan dampak alam akibat perubahan iklim.


Saatnya Ekonomi Hijau

Jangan menutup mata, dampak akibat perubahan iklim sudah terjadi di depan mata, bahkan dampaknya makin banyak dirasakan belakangan ini, mulai dari hujan es, anomali cuaca, hingga naiknya suhu bumi. Kenaikan suhu bumi tidak hanya berdampak pada naiknya temperatur bumi tetapi juga mengubah sistem iklim yang mempengaruhi berbagai aspek pada perubahan alam dan kehidupan manusia, seperti berkurangnya kualitas dan kuantitas air, perubahan habitat, berkurangnya kualitas hutan, meningkatnya wabah penyakit, lahan pertanian makin berkurang, dan tenggelamnya wilayah pesisir.

Kini membangun 'ekonomi hijau' di Indonesia bukan sebuah utopia yang kejauhan, ini merupakan keniscayaan yang urgen dilakukan dan tidak ada pilihan lain. Kepala Kampanye Iklim dan Energi Greenpeace Indonesia Tata Mustasya, saat dihubungi Liputan6.com, Selasa (24/5/2022), secara sektoral Indonesia harus memulai ekonomu hijau dengan transisi energi yang merupakan sumber utama kerusakan lingkungan dan krisis iklim.

"Kita harus beralih dari energi fosil, seperti batu bara dan minyak bumi, ke energi bersih dan terbarukan seperti energi matahari," katanya.

Dirinya mewanti-wanti, dalam setiap kebijakan yang dijalankan pemerintah, eksternalitas negatif dalam bentuk kerusakan lingkungan harus dihitung kerugiannya. Untuk itu penerapan pajak karbon terhadap PLTU batu bara harus segera direalisasikan. "Sebaliknya, insentif harus diberikan kepada sektor2 bersih seperti PLTS," ungkap Tata.

Dalam praktiknya, kata Tata, ekonomi hijau memerlukan kolaborasi yang apik berbagai pemangku kepentingan, mulai dari ahli ekonomi, ahli iklim, ahli energi, asosiasi, ormas sipil, hingga organisasi mahasiswa. Dan ini harus segera dimulai untuk menyelamatkan Indonesia dari krisis iklim dan kerusakan lingkungan.

"Padahal transisi hijau menawarkan peluang juga yang harus dimanfaatkan oleh Indonesia. Secara gobal, World Economic Forum menyebutkan terdapat peluang bisnis sebesar sekitar 10 triliun Dolar AS dan 395 juta lapangan kerja baru dari sini," katanya.

Atas dasar itulah muncul gerakan Koalisi Transisi Ekonomi Hijau (K-TEH). Dikutip dari laman Greenpeace, koalisi ini telah mengeluarkan pernyataan sikap untuk mendorong perubahan strategis sektor perekonomianIndonesia, agar mengedepankan praktik keberlanjutan dengan mengutamakan masa depan manusia dan alam.

Pasalnya, melihat berbagai fakta yang ada, Indonesia masih belum bergerak secara masif menuju ekonomi sirkular. Menuju perhelatan G20 yang akan berlangsung tahun ini di Indonesia, pemerintah seharusnya bisa menunjukkan keberpihakan pada aspek keberlanjutan dengan mengutamakan usaha-usaha mandiri, ketimbang menunggu kucuran bantuan internasional.

Berikut 5 pernyataan sikap Koalisi Transisi Ekonomi Hijau (K-TEH) terkait transisi ke 'ekonomi hijau' sebagai solusi memitigasi krisis iklim yang belakangan masif terjadi di Indonesia:

1. Menuntut pemerintah untuk melakukan reorientasi dan realokasi anggaran dan belanja publik, termasuk pendanaan BUMN.

2. Mendesak pemerintah untuk mencabut peraturan-peraturan yang berpihak pada eksploitasi alam (ekstraktivisme) yang tidak berkelanjutan dan menerapkan kebijakan yang mendukung transisi hijau di lima sektor prioritas (energi dan transportasi, konsumsi berkelanjutan dan manufaktur, agrikultur berkelanjutan dan maritim, kehutanan dan penggunaan lahan, dan pembiayaan pembangunan rendah karbon).

3. Mendorong pemerintah untuk segera mengakselerasi transisi menuju energi bersih dan terbarukan serta mempercepat pencapaian target Net Zero Emission (NZE), serta menuntut pemerintah untuk mendesak negara maju mencapai NZE sebelum 2050.

4. Meminta dunia usaha untuk menjalankan praktik usaha yang ramah lingkungan, mengakselerasi transisi menuju model produksi yang rendah karbon, rendah polusi dan mengimplementasikan extended producer responsibility (EPR), serta merancang rantai pasok yang sirkular untuk memastikan keekonomian pemanfatan kembali produk yang sudah selesai masa pakainya.

5. Mengajak masyarakat Indonesia, khususnya generasi muda, akademisi, dan tokoh agama, dan media masa berkolaborasi untuk meningkatkan dan mengajak komunitasnya menjalankan pola hidup konsumsi berkelanjutan dan mengurangi penggunaan plastik sekali pakai, serta mengedepankan sains dan menolak fake news.

<p>Infografis Banjir Rob Menggila di Pesisir Utara Pulau Jawa. (Liputan6.com/Trieyasni)</p><p>Infografis Fenomena Perigee Biang Keladi Banjir Rob di Pantura Jawa. (Liputan6.com/Trieyasni)</p><p>Infografis Banjir Rob dan Jebolnya Tanggul Laut di Semarang. (Liputan6.com/Trieyasni)</p>