Tukang Podcast Naik Haji

Miss Estonia Hina Polisi Bali

Buntut Hina Polisi Bali, Miss Estonia Valeria Vasilieva Dicoret dari Miss Global 2022

Liputan6.com 2022-05-25 21:02:23
Buntut Hina Polisi Bali, Miss Estonia Valeria Vasilieva Dicoret dari Miss Global 2022. foto: Instagram @lerusi_k

Miss Estonia Valeria Vasilieva didiskualifikasi dari kompetisi Miss Global 2022. Tindakan itu merupakan buntut dari kasus penghinaan terhadap polisi di Bali beberapa waktu lalu.

National Director Mahakarya Duta Pesona Indonesia Kishanty Hardaningtyas menyebut, pihaknya sebagai penyelenggara Miss Global 2022 tidak menoleransi segala tindakan penghinaan, termasuk yang dilakukan Vasilieva.

Informasi itu diumumkan Kishanty di akun Instagram resmi Miss Global Indonesia. Hal itu sekaligus sebagai klarifikasi dan menjawab isu yang beredar dan viral beberapa hari ini di media sosial terkait keterlibatan salah satu delegasi Miss Global 2022.

"Atas nama seluruh Tim/Organisasi Miss Global, kami merasa terganggu dan dengan tulus menyesali perilaku Miss Global Estonia, Miss Valerie Vasilieva," tulis Kishanty dalam unggahannya pada hari ini, Rabu (25/5/2022).

Ia menambahkan, "Kami tidak mentoleransi segala tindakan penghinaan dan dengan tegas menolak tindakannya dan apa yang dia tuduhkan ke Polda Bali dalam videonya. Miss Valerie datang sendiri ke Indonesia sebelum acara Miss Global 2022 resmi dimulai di Bali."

"Kami mengambil langkah-langkah, yang kami anggap tepat, dan telah sepakat untuk mendiskualifikasi Miss Valerie Vasilieva dari mewakili Estonia dalam kompetisi Miss Global 2022 tahun ini karena melanggar aturan. Miss Global 2022 akan tetap berjalan sesuai rencana, pada 11 Juni 2022 mendatang di Bali, Indonesia," tutupnya.

Video Valeria menjadi viral di media sosial setelah desainer asal Bali Niluh Djelantik mengunggah ulang video awal lewat akun Instagramnya. Dalam unggahan itu, wanita yang merupakan Miss Global Estonia 2022 itu menyebutkan bahwa polisi di Bali adalah aparat yang korup karena selalu meminta uang kepada turis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Permintaan Maaf

Dari pengakuannya, ia juga mengatakan polisi akan selalu meminta uang di mana pun. Valeria diduga kesal setelah punya pengalaman ditilang polisi saat berlibur di Bali.

Video itu pun telah beredar luas dan mendapat berbagai kritik dari publik Tanah Air, termasuk Niluh Djelantik. Video yang diunggah Valeria yang dituding menghina polisi Bali sebenarnya sudah dihapus dari akun media sosialnya, tapi sudah terlanjur beredar luas dan dibagikan ulang sejumlah warganet, termasuk Niluh.

Valeria lalu mengunggah video terbaru pada Rabu, 18 Mei 2022 berupa permintaan maaf. Dalam klip itu, Valeria mengaku bersalah dan meminta maaf karena sudah mengunggah ucapan tak pantas dengan menyudutkan kepolisian Indonesia. "Saya memohon maaf dan ini merupakan kesalahan terbesar saya. Saya juga meminta agar kepolisian memaafkan," ucapnya.

Wanita yang karib disapa Val itu juga meminta agar video hujatan tersebut dihapus. Menurutnya, terdapat kesalahpahaman saat peristiwa itu lantaran polisi yang menilangnya tidak menggunakan bahasa Inggris, sehingga terjadi salah pengertian.


Sudah Meninggalkan Bali

Polda Bali kemudian mencari keberadaan Valeria. Tapi ternyata ia sudah kembali ke negara asalnya pada 17 Mei 2022. Dia pergi dengan menumpang maskapai Qantar Airlines.

"Sudah pulang, saya dapat info dari Imigrasi tanggal 17 Mei 2022 sudah pergi. Iya (menggunakan) Qatar Airlines dari Imigrasi menyampaikan seperti itu," ungkap Kasubdit V Cyber Crime Direktorat Reskrimsus Polda Bali AKBP Nanang Prihasmoko, dilansir dari laman merdeka.com, 20 Mei 2022.

Pihak kepolisian tidak mengetahui bahwa Valeria sudah pulang ke negaranya. Kabar terbaru tentang Valeria diketahui dari pihak Imigrasi Bali. "Kami tidak tahu dia sudah keluar apa tidak, kita cari-cari kemudian kita koordinasi dengan pihak Imigrasi, Imigrasi baru menyampaikan tadi pagi sudah ketemu sesuai dengan manifesnya sudah (keluar) dari Bali. Ditemukan datanya, setelah dicek sudah keluar," ujar Nanang.

Ia menyebutkan, untuk pencarian Valeria dihentikan sementara karena sudah pergi dari Bali. Namun untuk ke depannya pihaknya akan berkoordinasi dengan Imigrasi apakah Valeria akan dicekal atau di-blacklist masuk ke Pulau Dewata.


Wakil Indonesia di Miss Global

Sementara itu, Olivia Aten bakal jadi wakil Indonesia untuk memperebutkan mahkota Miss Global Internasional 2022 yang digelar di Bali pada 31 Mei sampai 11 Juni 2022. Olivia berstatus sebagai pemenang Miss Global Indonesia 2021 lalu.

Ajang Miss Global Internasional 2022 bakal diikuti 75 negara, termasuk Indonesia, dan saling bersaing memperebutkan mahkota. Sama seperti pencapaian saat keluar sebagai juara Miss Global Indonesia 2021, Olivia juga mengincar kemenangan. Dara berusia 28 tahun ini tak ingin hanya menjadi penyemarak Miss Global Internasional 2022.

Ia menargetkan posisi teratas demi mengamankan mahkota Miss Global 2022 yang merupakan prestasi berharga sekaligus prestisius baginya. "Namanya berkompetisi targetnya ingin juara satu," kata Olivia Aten saat dijumpai di sela-sela jumpa pers Miss Global Internasional 2022 di Jakarta, 13 Mei 2022, melansir kanal Showbiz Liputan6.com.

Miss Global sendiri merupakan ajang kontes kecantikan di bawah naungan Miss Global Organization yang tidak hanya menilai kecantikan fisik, tapi juga mendorong pemberdayaan perempuan.

Setiap kontestan juga perlu memiliki rasa untuk merangkul satu sama lain, menerima perbedaan, memahami budaya, keragaman dan menonjolkan kelebihan untuk membuat perubahan yang bermanfaat. Untuk itu, sebagai representasi Indonesia di ajang internasional, Olivia Aten juga berniat menceritakan betapa ramahnya orang-orang Indonesia.

Infografis Prosedur dan Tahapan Kedatangan Wisman di Bandara Bali. (Liputan6.com/Trieyasni)

Dilamar di Bawah Air Terjun

Maudy Ayunda Dilamar Jesse Choi di Bawah Air Terjun, Akui Termudah Katakan Yes

Liputan6.com 2022-05-25 20:40:00
Maudy Ayunda (Foto: Instagram/@maudyayunda)

Maudy Ayunda resmi dinikahi sahabatnya saat kuliah di Stanford University, Amerika, Jesse Choi, Minggu (22/5/2022). Seperti pasangan lainnya, Maudy sebelum menjadi pasangan suami istri, sempat menjalin asmara.

Jesse Choi, sampai rela meninggalkan Amerika untuk mengikuti wanita yang bernama asli Ayunda Faza Maudya ke Indonesia.

Berada di Indonesia, bintang film Perahu Kertas sempat berlibur ke sebuah curug bersama Jesse Choi. Tak disangka, di bawah percikan air terjun Maudy Ayunda dilamar.

Jesse Choi, berlutut di antara bebatuan untuk meminta pelantun "Untuk Apa" menjadi istrinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Bahagia

Maudy Ayunda, begitu kaget melihat Jesse Choi berlutut sambil mengeluarkan cincin dari kotaknya. Hal itu terlihat dari unggahan di akun Instagram terverifikasi miliknya, Rabu (25/5/2022).

Rona bahagia begitu terpancar dari wajah bintang film Losmen Bu Broto.


Pamer

Dalam sebuah video, wanita kelahiran Jakarta, 19 Desember 1994 terlihat memamerkan cincin pemberian Jesse Choi. Maudy Ayunda pun tak berhenti tertawa usai dilamar sang kekasih kala itu.

Baginya, bersama Jesse Choi ada kenyamanan yang dirasakannya. "Being with you feels like coming home, a safe space for me to fully and authentically be myself," tulisnya sebagai keterangan.


Mudah Bilang Yes

Mengucapkan kata Ya dengan cepat rupanya tak selalu bisa dilakukan wanita peraih penghargaan Forbes Asia 30 Under 30. Namun itu tidak berlaku kepada pria bernama lengkap Jesse Jiseok Choi.

"Rumi said it best, "Lovers don't finally meet somewhere. They're in each other all along."When you asked me to marry you, it was the easiest yes I've ever had to say.

Your Wife, M," tambahnya.

Infografis Pesona K-Pop Mendamaikan Korea

Angelina Sondakh Kesepian

Angelina Sondakh Mengaku Kesepian, Siap Kembali Menikah

Liputan6.com 2022-05-26 07:00:00
Angelina Sondakh (Youtube/TRANS TV Official)

Angelina Sondakh diketahui belum memiliki pasangan. Setelah ditinggal mendiang Adjie Massaid, Angie belum juga menikah. Namun dirinya sempat diketahui berpacaran dengan beberapa pria.

Kini, belasan tahun hidup sendiri tanpa pasangan, Angelin Sondakh mengaku kesepian. Dirinya pun mengaku sangat ingin kembali memiliki pasangan hidup.

"Ada perasaan kesepian dari salat tahajud ke Subuh, biasanya enggak bisa tidur. Aku merindukan pasangan. Paling enggak ada yang tanya gimana hari ini?" kata Angelina Sondakh dalam tayangan Pagi Pagi Ambyar Trans TV, Rabu (25/5/2022).


Kesepian

Rasa kesepian selalu muncul saat Angelina Sondakh berada di kamar dan tidur sendirian. Dia berpikir bahwa memiliki pasangan untuk menemani hidup sangat penting, apalagi putranya kini sudah dewasa.

"Tidur masih sendiri karena Keanu sudah enggak mau tidur bareng. Keanu lebih suka di kamar sendiri," tuturnya.


Pasangan

Untuk saat ini, Angelina memang belum memiliki pasangan. Namun ada beberapa teman dekat. Ibu sambung Aaliyah Massaid ini berharap ke depannya bisa menemukan pasangan yang tepat.

"Dekat ada beberapa. Ini teman kan yang diomongin. Kebetulan mantan-mantan aku sudah pada duda. Ada beberapa mantan aku sudah pada cerai. Jadi sah dong kalau berteman sama gue," imbuh Angelina.


Anak

Mantan anggota DPR ini pun mengaku tetap fokus dalam membesarkan anak. Dirinya mengaku sedih anaknya, Keanu jika harus ditinggalkan kedua orang tuanya di usia masih muda.

"Sudah ditinggal ayahnya, aku pergi disaat dia membutuhkan, terus dia harus lantang-luntung dititipin sana-sini kayak bola," pungkasnya.

Buka-bukaan Honor di Holywood

Iko Uwais Blak-blakan Soal Honor Berkarier di Hollywood, Awalnya Jutaan Kini Miliaran Rupiah

Liputan6.com 2022-05-26 08:00:00
Sebelum Iko Uwais dikenal sebagai aktor laga, ia dikenal sebagai atlet Pencak Silat Indonesia. Dari banyak prestasinya itu, ia lantas di dapuk bermain dalam film Merantau pada tahun 2009 sila

Iko Uwais kini sudah berkiprah sangat maju sebagai seorang aktor. Tak hanya dikenal di Tanah Air, suami Audy Item ini sudah menjadi aktor Hollywood yang nama dan wajahnya sudah tak asing lagi di mata publik dunia.

Selama menetap di Amerika Serikat dan sekitarnya, Iko Uwais kerap tampil bersama aktor-aktor top seperti Mark Wahlberg sampai Jason Statham. Ia bahkan membintangi Wu Assassins, serial Hollywood yang rilis di platform Netflix.

Namun begitu, ia jarang membeberkan berapa banyak pendapatannya selama menjadi aktor di Negeri Paman Sam itu. Sampai-sampai, banyak yang menduga bintang yang sempat muncul di film Star Wars ini langsung mendapat bayaran besar.

Nyatanya tidak. Iko Uwais bahkan memulai kariernya sebagai seorang koreografer adegan laga ketimbang aktor. Bahkan, bayaran yang diterimanya tak begitu besar untuk ukuran aktor yang sudah terkenal di seluruh dunia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Bayaran Pertama di Hollywood

Selama menerima bayaran pertama, Iko Uwais menjadi koreografer tak lebih dari lima bulan. Bila dirinci, pendapatannya dalam sebulan hanya sekitar Rp5 juta sekian.

"Cuma dibayar 21 juta (rupiah) sampai selesai. Saat waktu itu empat bulan. Karena gua baru," ungkap Iko Uwais kepada Atta Halilintar dan Rico Ceper seperti bisa disimak di kanal YouTube AH yang diunggah Minggu (22/5/2022).


Pesan untuk Pendatang Baru

Lantaran pengalamannya itu, Iko Uwais mengingatkan rekan-rekan sesama aktor maupun aktris yang sedang merintis agar tak berpikir instan. Naiknya tarif honor di Hollywood membutuhkan waktu dan proses.

"Makanya itu, kenapa gua sharing juga sama teman-teman dan teman-teman seprofesinya juga. Seenggaknya jangan pas lu main atau kerja di dunia ini, seinstan apa yang lu pikir," ujar Iko menegaskan.


Pendapatan Sekarang

Perjuangan yang memakan waktu bertahun-tahun di industri Hollywood, membuat pendapatan Iko Uwais kini sudah sesuai dengan popularitasnya di seluruh dunia.

"Di atas satu-lah (1 juta dollar Amerika Serikat). Lumayan," ujar Iko Uwais setelah ditanya soal bayaran sekarang oleh Rico Ceper.

Menelusuri situs salah satu konverter mata uang, 1 juta dollar AS kini setara dengan Rp14 miliar. Artinya pendapatan Iko Uwais selama bermain film lebih dari itu.

<p>infografis journal 5 Film Horor Indonesia dengan Jumlah Penonton Terbanyak. (Liputan6.com/Tri Yasni).</p>

Insiden Penembakan Bikin Paus Patah Hati

Paus Fransiskus Patah Hati dengan Insiden Penembakan di Uvalde Texas

Liputan6.com 2022-05-26 15:03:36
Paus Fransiskus menyampaikan pesan saat memimpin Misa Malam Paskah di Basilika Santo Petrus, Vatikan, Sabtu (11/4/2020). Paus mengatakan bahwa ketakutan orang-orang saat ini sama seperti keta

Paus Fransiskus pada Rabu (25/5) mengatakan dia "patah hati" atas penembakan di sekolah di Texas yang menewaskan sedikitnya puluhan anak dan dua guru, dan mengutuk perdagangan senjata.

"Saya patah hati dengan pembantaian di sekolah dasar di Texas. Saya berdoa untuk anak-anak, untuk orang dewasa yang terbunuh dan untuk keluarga mereka," kata Paus Fransiskus setelah audiensi umum mingguannya, demikian dikutip dari laman Channel News Asia, Kamis (26/5/2022).

"Sudah waktunya untuk mengatakan, cukup untuk perdagangan senjata tanpa pandang bulu. Mari kita semua berkomitmen untuk memastikan tragedi seperti itu tidak lagi terjadi."

Serangan di Uvalde, sebuah komunitas kecil sekitar satu jam dari perbatasan Meksiko, adalah penembakan sekolah AS paling mematikan dalam beberapa tahun, dan yang terbaru dalam serangkaian kekerasan senjata berdarah di seluruh Amerika.

Lebih dari selusin anak juga terluka dalam serangan di sekolah, yang mengajar lebih dari 500, sebagian besar adalah siswa Hispanik dan kurang mampu secara ekonomi.

Duka Keluarga Korban

Eva Mireles pada Selasa (24/5) pergi ke lokasi bekerja yang tampaknya sangat disukai, mengajar kelas empat di kota kecil Texas, Uvalde.

Namun, dia tidak pernah pulang, ia dibunuh bersama dengan 19 murid dan guru lain dalam penembakan massal terbaru yang melanda sekolah-sekolah Amerika Serikat, demikian dikutip dari laman Channel News Asia, Rabu (25/5/2022).

Mireles, yang dilatih mengajar bilingual dan pendidikan khusus, bekerja di Robb Elementary School, di mana seorang remaja membunuh mereka semua dalam tembakan sebelum bunuh diri kata polisi.

Mireles mengajar anak-anak kelas empat, umumnya berusia 9 atau 10 tahun, kata sepupunya Cristina Arizmendi Mireles di Facebook.

"Sepupuku yang cantik! Hari yang menyedihkan bagi kita semua! Hatiku hancur berkeping-keping," kata Arizmendi Mireles.

Dalam biografi singkat yang diposting di situs web distrik sekolah di Amerika Serikat itu, Mireles menulis bahwa dia memiliki "keluarga yang mendukung, menyenangkan, dan penuh kasih" yang terdiri dari suaminya, putri lulusan perguruan tinggi.

Suaminya, Ruben Ruiz, adalah seorang perwira polisi di kepolisian dan seorang agen yang menyelidiki pembantaian itu.

"Saya suka berlari, mendaki, dan sekarang Anda mungkin melihat saya mengendarai sepeda," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Minta Doa Bagi Korban

Bibinya, Lydia Martinez Delgado, juga berduka untuk dan menulis sebuah postingan di Facebook, meminta doa untuk keluarganya dan seluruh kota Uvalde.

Komunitas itu, sekitar 130 km sebelah barat San Antonio, memiliki sekitar 16.000 penduduk, hampir 80 persen dari mereka adalah orang Hispanik atau Latin, menurut data Sensus Amerika Serikat.

"Saya marah karena penembakan ini terus berlanjut. Anak-anak ini tidak bersalah. Senapan seharusnya tidak tersedia dengan mudah untuk semua orang. Ini adalah kampung halaman saya, komunitas kecil kurang dari 20.000 orang. Saya tidak pernah membayangkan ini akan terjadi pada orang-orang yang sangat saya cintai," Martinez Delgado mengatakan dalam sebuah pernyataan.

"Yang bisa kita lakukan adalah berdoa untuk negara kita, negara bagian, sekolah, dan terutama keluarga kita semua," katanya.


Kasus Penembakan Sekolah Terburuk di Sejarah Texas: 21 Orang Tewas

Korban penembakan di Robb Elementary School di San Antonio, negara bagian Texas, terus bertambah. Berdasarkan informasi terkini, korban penembakan sekolah itu tembus 20 orang.

Insiden penembakan terjadi pada Selasa (24/5) waktu setempat. Mayoritas korban adalah anak-anak. Guru juga ada yang tewas.

Berdasarkan laporan AP News, Rabu (25/5/2022), ada 21 orang yang dilaporkan tewas akibat insiden tersebut. Ada 18 anak yang kehilangan nyawa.

Guru yang tewas adalah Eva Mireles yang mengajar kelas 4 SD.

ABC News menyebut pelaku juga membunuh neneknya sebelum datang ke sekolah. Korban adalah anak kelas 3 dan 4 SD.

Kasus penembakan ini lebih parah ketimbang tragedi penembakan sekolah SMA Columbine (1999) dan SMA Stoneman Douglas (2018).

Jumlah kematian di penembakan Texas itu diperkirakan masih terus bertambah.

Hingga kini, kasus penembakan sekolah terparah di AS terjadi di SD Sandy Hook di negara bagian Connecticut. Pelaku bernama Adam Lanza yang berusia 20 tahun menewaskan 27 orang.

Adam Lanza disebut mengidap sejumlah masalah psikologis. Setelah melakukan aksi kejinya pada anak-anak, ia bunuh diri dengan tembakan di kepala.


Laporan Sebelumnya

Sebelumnya dilaporkan, penembakan massal sekolah di Amerika Serikat (AS) terjadi lagi. Lokasi penembakan sekolah itu adalah Robb Elementary School di Uvade, San Antonio, negara bagian Texas. Ada 14 murid yang dilaporkan tewas dan satu orang korban lain adalah guru. Insiden terjadi pada Selasa (24/5) waktu setempat.

Dilaporkan AP News, Rabu (25/5), Gubernur Texas Gregg Abbot berkata pelaku adalah remaja berusia 18 tahun. Ini merupakan insiden paling parah dalam sejarah Texas.

Penembak itu bernama Salvador Ramos yang berasal dari komunitas masyarakat Latino yang berjarak 135 kilometer jauhnya dari kota San Antonio. Belum diketahui apa motif dari pelaku.

Gubernur Texas berkata pelaku menembak para murid dan guru. Dua aparat juga dilaporkan terluka, namun diperkirakan akan selamat.

Pelaku diduga ditewaskan oleh aparat, namun investigasi lebih lanjut masih diperlukan. Senjata yang dipakai pelaku diduga adalah rifle.

Wali Kota San Antonio Ron Nirenberg telah mengirimkan duka cita.

Anggota FBI telah datang ke gedung sekolah dan para polisi juga masih berjaga di sekitar TKP. Juru bicara Gedung Putih Karine Jean-Pierre menyebut Presiden AS Joe Biden telah diberitahu mengenai insiden ini. Rencananya, Presiden Biden akan segera mengirimkan pernyataan. di Gedung Putih.

infografis Penembakan Massal di AS Sepanjang 2017

Pernikahan Bocah SMP di Mamuju

Viral Pernikahan 2 Bocah SMP di Mamuju, Digelar Meriah tapi Tanpa Izin KUA

Liputan6.com 2022-05-26 06:34:55
Sepasanga anak di bawah umur melangsungkan pernikahan di Mamuju (Foto: Liputan6.com/Istimewa)

Masyarakat Mamuju, Sulawesi Barat, dibuat heboh dengan pemberitaan pernikahan anak yang masih di bawah umur. Kabar tersebut viral di media sosial dan jadi perbincangan hangat di masyarakat.

Usut punya usut, kedua mempelai itu ternyata masih berstatus pelajar SMP, mempelai wanita berinisial US (15), siswi kelas 2 SMP dan suaminya N (15), baru duduk di bangku kelas 1 SMP. Pernikahan keduanya digelar meriah di Desa Taan, Kecamatan Tapalang pada 24 Mei 2022 kemarin.

Kepala Desa Taan, Rahmat Kasim membenarkan kabar adanya pernikahan anak di bawah umur itu, namun Rahmat menyebut itu tidak terjadi wilayahnya. Dia juga baru mengetahui informasi pernikahan itu setelah viral, pihaknya sama sekali tidak mendapatkan informasi tentang acara pernikahan anak tersebut.

"Kedua mempelai menikah secara sembunyi-sembunyi, menikah di rumah pengantin pria di Desa Ahu, tidak ada informasi ke pada pihak desa. Saya sebagai Kades baru tau setelah viral di media sosial," kata Rahmat Kasim, Rabu (25/5/2022).

Camat Tapalang, Syawal Mutalib mengaku tidak mengetahui adanya pernikahan anak di bawah umur di wilayahnya. Dia juga belum mendapat konfirmasi terkait pihak-pihak yang melangsungkan pernikahan itu, termasuk keterlibatan Kantor Urusan Agama (KUA).

"Saya juga hubungi KUA tapi belum aktif," kata Syawal.

Sementara itu, Kepala KUA Tapalang Muhammad As'ad, saat dikonfirmasi mengaku tidak mengetahui pernikahan anak di bawah umur itu, dia tidak pernah menerima pendaftaran pernikahan yang dimaksud. As'ad mengatakan, jika pernikahan itu didaftarkan pasti tidak akan diberi izin pihak KUA.

"Itu sudah ditekankan dari Kemenag, jangan menikahkan kalau dibawah umur. Kalau sudah terjadi, pernikahan itu tetap sah, namun secara hukum tidak tercatat di KUA atau disetujui negara," tutup As'ad.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Pernikahan Anak Penyebab Stunting

Sementara itu, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga, baru-baru ini mengatakan, masih ada fenomena sosial yang berkaitan erat dengan stunting tapi justru kurang diperhatikan.

Fenomena sosial tersebut adalah rendahnya kualitas pengasuhan. Pengasuhan yang buruk salah satunya dipicu oleh perkawinan usia anak.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut bahwa salah satu penyebab stunting adalah tingginya pernikahan dini.

Di samping risiko melahirkan bayi stunting, perkawinan anak sesungguhnya juga merupakan salah satu bentuk tindak kekerasan terhadap anak.

"Perkawinan anak, baik itu anak laki-laki maupun perempuan, adalah salah satu bentuk pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM). Untuk menyelesaikan isu-isu tersebut, diperlukan komitmen, sinergi, dan kerja sama lintas sektor dalam mencegah perkawinan anak," ujar Bintang.

Bintang menambahkan, pihaknya telah mengembangkan berbagai kerja sama lintas sektor. Salah satunya mencanangkan Gerakan Bersama Pencegahan Perkawinan Anak (Geber PPA) dan secara langsung mengawal penyusunan Rencana Aksi Daerah (RAD) untuk pencegahan perkawinan anak.

KemenPPPA juga secara khusus menandatangani perjanjian kerja sama dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) tentang Pendewasaan Usia Perkawinan Anak untuk Peningkatan Kualitas Hidup Sumber Daya Manusia (SDM).

Upaya strategis lainnya adalah mengawal pembahasan Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang Dispensasi Kawin sebagai turunan Undang-undang (UU) Nomor 16 Tahun 2019 tentang Perubahan atas Undang-undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan.

Infografis Stunting, Ancaman Hilangnya Satu Generasi. (Liputan6.com/Triyasni)

Ten Hag Berburu Pemain Muda

Sudah Tiba di MU, Ten Hag Minta Dibelikan Pemain Muda Italia

Liputan6.com 2022-05-26 07:00:30
Ajax tak mengizinkan pelatih Erik ten Hag untuk hengkang pada musim panas 2019. (AFP/John Thys)

Manajer baru Manchester United Erik ten Hag akhirnya menginjakkan kaki di Old Trafford pada pekan ini. Usai diperkenalkan sebagai manajer MU, Ten Hag langsung gerak cepat memburu pemain.

Seperti diketahui, Ten Hag sejak April lalu sudah dipastikan akan melatih MU. Namun Ten Hag baru bekerja di Old Trafford mulai musim 2022/2021. Di musim 2021/2022, Ten Hag masih lanjut melatih Ajax Amsterdam.

Setelah tugasnya bersama Ajax kelar dengan memberikan gelar juara Eredivisie, Ten Hag langsung terbang ke Inggris. Dia menyaksikan laga terakhir Manchester United musim ini di markas Crystal Palace dan kemudian diperkenalkan ke publik Old Trafford.

Begitu resmi bekerja di Old Trafford, permintaan Ten Hag untuk dipenuhi MU bertambah. Seperti dikutip dari Tribal Football, Ten Hag kini meminta MU mengejar bek muda Italia Alessandro Bastoni dari Inter Milan.

Ten Hag menyukai gaya main Bastoni. Pemuda 23 tahun itu punya kemampuan memainkan bola di area pertahanan dan akurasi umpan mumpuni. Bek seperti Bastoni dibutuhkan oleh Ten Hag.

Sebenarnya awalnya Ten Hag menginginkan mantan anak asuhnya, bek Juventus Matthijs de Ligt. Namun cukup sulit merebut De Ligt sehingga kini beralih ke Bastoni.


Dijual Inter

Bastoni lebih mungkin direkrut karena Inter Milan memiliki masalah finansial. La Gazzetta dello Sport melaporkan Inter harus menjual pemain bintang lagi di musim panas 2022 nanti.

Ada tiga pemain bintang yang bisa dijual Inter guna menyelamatkan keuangan klub. Ketiga pemain tersebut adalah Bastoni, Milan Skriniar atau Lautaro Martinez.


Pembenahan

Lini belakang MU memang bermasalah dan perlu dirombak oleh Ten Hag di musim panas 2022 nanti. Ten Hag dilaporkan berniat mendepak Phil Jones, Axel Tuanzebe dan Eric Bailly.

Sebagai gantinya MU akan merekrut satu atau dua bek tengah baru. Bek muda Ajax Jurrien Timber juga masuk radar Ten Hag karena harganya relatif masih murah.


Klasemen

Rumah Termahal Rp 97,8 T

Inilah 10 Rumah Termahal di Dunia, Ada yang Seharga Rp 97,8 Triliun

Liputan6.com 2022-05-25 21:03:29
Rumah mewah seleb (Sumber: Brainberries)

Rumah perlu dibangun sebaik mungkin agar dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi yang menempatinya.

Tapi bagi sebagian orang, rumah bisa berarti harta yang paling berharga karena bernilai hampir jutaan bahkan miliaran dolar.

Seperti para miliarder, mereka mungkin memiliki rumah dengan harga yang cukup fantastis. Bisa jadi pula rumah tersebut jadi rumah termahal di dunia.

Bagi yang ingin tahu mana saja yang termasuk rumah termahal di dunia, berikut ini informasinya menurut Luxe seperti melansri CNBC TV 18, Rabu (25/5/2022).

10. Palazzo di Amore

Perkiraan harga: USD 195 juta

Lokasi: Los Angeles, California, AS

9. Ellison Estate

Perkiraan harga: USD 200 juta

Lokasi: Woodside, California, AS

8. Four Fairfield Pond

Perkiraan harga: USD 248 juta

Lokasi: Hamptons, Long Island, New York, AS

7. The Odeon Tower Penthouse

Perkiaraan harga: USD 330 juta

Lokasi: Principality of Monaco, Monaco

6. Les Palais Bulles

Perkiraan harga: USD 385 juta

Lokasi: Theoule-sur-Mer, Prancis


5. Villa Les Cedres

Perkiraan harga: USD 430 juta

Lokasi: Saint-Jean-Cap-Ferrat, Prancis

4. The One

Perkiraan harga: USD 500 juta

Lokasi: Bel Air, Los Angeles, California

3. Villa Leopolda

Perkiraan harga: USD 750 juta

Lokasi: Villefranche-sur-Mer, Prancis

2. Antilia

Perkiraan harga: USD 2 miliar

Lokasi: Mumbai, India

1. Istana Buckingham

Perkiraan harga: USD 6,7 miliar

Lokasi: London, Inggris

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

Kisah Putri Lilin dari Pariaman

Kisah Putri Lilin dari Pariaman, Kulit Menghitam Bila Terpapar Sinar Matahari Langsung

Liputan6.com 2022-05-26 07:02:51
Gadis Pariaman, Sumatera Barat, mengidap penyakit kulit XP yang membuat kulitnya melepuh saat terpapar sinar matahari. (dok. TikTok Karin Aja via Instagram @mstaronlineofficial)

Seorang pengguna TikTok mendadak jadi viral. Kontennya tentang penyakit kulit yang diidapnya menarik perhatian warganet. Gadis asal Pariaman, Sumatera Barat, itu mengaku memiliki penyakit kulit yang membuat kulitnya melepuh bila terpapar sinar matahari.

Media Malaysia, mStar menjulukinya sebagai Putri Lilin. Dikutip Senin, 23 Mei 2022, perempuan bernama Fahza Syafira Karin itu mengaku mengidap penyakit xeroderma pigmentosum atau biasa disingkat XP. Penyakit itu terdiagnosis saat usianya 1 tahun.

"Menurut keluarga, saya lahir normal seperti bayi lain dan tidak memiliki masalah kulit. Tapi ketika berusia 1 tahun, bintik-bintik hitam mulai muncul di badan saya," ujarnya.

"Setelah ditelusuri, itu disebabkan oleh demam campak yang saya alami saat berusia sembilan bulan. Campaknya sangat parah," ia menambahkan.

Gadis berusia 20 tahun itu kemudian mengunggah cerita hidupnya lewat konten TikTok. Video tentang penyakitnya itu kini sudah ditonton 2,1 juta kali.

Ia menuturkan, saat kecil, ia diperiksa oleh sejumlah dokter. Setelah berkonsultasi dengan sejumlah pakar kesehatan, dokter menyimpulkan bahwa ia menderita XP.

"Pengidap penyakit ini tidak boleh terpapar cahaya matahari. Kasusnya sangat jarang terjadi, sekitar 1 dari 1000," ia menambahkan.

XP, kata Fahza, tidak bisa diobati. Meski begitu, ia tetap bersyukur karena penyakit kulit yang diidapnya tidak menular kepada orang lain. Selama ini, ia bertahan hidup dengan mengonsumsi beragam multivitamin dan berusaha menghindari paparan sinar matahari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Bintik Hitam

Fahza menerangkan, saat terpapar sinar matahari, bintik-bintik hitam akan muncul di sekujur tubuh. "Bintik itu mirip benjolan tumor di kulit," kata dia.

Karena itu, ada yang mengira ia terkena kanker kulit. Untuk mengurangi efeknya, ia wajib mengoleskan kulit dengan tabir surya, khususnya kulit yang terpapar langsung sinar matahari. Itu sudah menjadi rutinitas hariannya. Terlebih, ia juga ingin kulit wajah dan tubuhnya terawat baik.

"Walaupun memiliki penyakit ini, saya juga sama seperti orang lain yang suka mengenakan kosmetik, skincare, dan lain-lain," ujarnya.

Fahza juga mengaku penyakit kulit yang diidapnya bukan penghalang untuk beraktivitas di luar ruang. Ia tetap boleh beraktivitas di siang hari dengan syarat bisa menjaga diri. Ia juga mengaku tidak semua bagian tubuhnya berbintik hitam saat beraktivitas di luar ruang, melainkan hanya yang terpapar sinar matahari.

"Saya boleh berkegiatan di lapangan asalkan memakai sunblock dan payung atau topi untuk melindungi diri," ujarnya.


Penyakit Autoimun

Terlepas dari penyakit yang diidap Fahza, situasi pandemi Covid-19 nyatanya memicu peningkatan penyakit autoimun kulit. Hal itu dipicu oleh stres yang ikut meningkat dan menyebabkan penyakit satu ini pun lebih sering kambuh.

"Kita tahu salah satu program pemerintah kita selama masa pandemi adalah membatasi aktivitas di luar rumah sebisa mungkin, sehingga tingkat stres menjadi lebih tinggi," ujar dr. Amelia Soebyanto, Sp.DV dalam acara daring bertema Kenali Autoimun Kulit yang Kerap Muncul Selama Pandemi bersama Klinik Pramudia, dikutip dari kanal Health Liputan6.com.

Amelia menjelaskan, stres yang tinggi terutama selama masa pandemi membuat penyakit autoimun kulit menjadi lebih sering kambuh. Bahkan, kekambuhan yang muncul menjadi lebih berat dari biasanya.

"Terlepas dari aktivitas di luar rumahnya, pendapatannya, pekerjaannya yang mungkin jadi lebih banyak di rumah, online, banyak tugas baik dari sekolah atau pekerjaan, semuanya itu akan meningkatkan stres," ujar Amelia.

"Jadi dengan adanya stres yang tinggi ini terutama selama masa pandemi membuat penyakit autoimun kulit ini menjadi lebih sering kambuh. Kambuhnya kadang menjadi jauh lebih berat dibanding biasanya," tambahnya.


Jenis Penyakit Kulit

Sementara, dokter spesialis kulit Anthony Handoko mengungkapkan ada tiga jenis penyakit autoimun kulit yang meningkat selama pandemi dari pasien di kliniknya. Ketiganya adalah Vitiligo, Psoriasis, dan Urticaria.

Menurut Amelia, pasien autoimun kulit merasa lebih takut untuk berkonsultasi ke dokter selama pandemi berlangsung. Akibatnya, mereka mengobati sendiri atau berkonsultasi jarak jauh.

"Kalau sudah nggak ada perbaikan dari pengobatan itu, baru datang ke dokter spesialis kulit dan kelamin, di mana sebenarnya itu sudah cukup terlambat," kata Amelia.

Padahal, deteksi dini yang dilakukan pada penyakit autoimun kulit dapat mempersingkat durasi pengobatan yang dilakukan. Tak hanya itu, Amelia juga mengungkapkan bahwa pemeriksaan yang dilakukan lebih awal bisa membuat level penyakit semestinya tidak begitu berat.

"Bila memang mengalami kondisi kulit tertentu, segera memeriksakan diri ke dokter spesialis kulit dan kelamin terdekat dengan tetap menjalankan protokol kesehatan yang ketat," ujarnya.

Infografis 5 Khasiat Madu untuk Perawatan Kecantikan. (Liputan6.com/Lois Wilhelmina)