Mesut Ozil Sholat Jumat di Istiqlal

Mesut Ozil Sholat Jumat di Masjid Istiqlal, Bukti Kagumi Masjid Terbesar Indonesia

Liputan6.com 2022-05-27 10:01:19
Mesut Ozil saat menghadiri acara coaching clinic yang digelar oleh Concave Indonesia bersama 47 anak Indonesia terpilih di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Jakarta, Kamis (

Mantan pemain Real Madrid Mesut Ozil dijadwalkan akan menunaikan Sholat Jumat di Masjid Istiqlal hari ini 27 Mei 2022. Ozil memang sangat mengagumi Masjid Istiqlal.

Seperti diketahui Ozil sedang berada di Jakarta sejak 24 Mei lalu. Pria berkebangsaan Jerman itu telah melakukan serangkaian kegiatan di Indonesia seperti bertemu Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno hingga Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Pesepakbola 33 tahun itu juga telah mencicipi beragam makanan khas Indonesia seperti rendang, gado-gado, tahu-tempe, jahe hingga nasi goreng.

Salah satu destinasi di Indonesia yang sangat ingin dikunjungi Ozil adalah Masjid Istiqlal. Ozil begitu mengagumi Istiqlal. Sejak beberapa bulan lalu Ozil telah mengunggah foto editan dirinya dengan latar belakang Masjid Istiqlal.

"Tujuan utama saya di Indonesia adalah Masjid Istiqlal. Kedua mengunjungi Bali bersama keluarga," ujar Ozil dalam jumpa pers di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Keinginan Ozil mengunjungi dan beribadah di Masjid Istiqlal akhirnya akan terwujud pada Jumat (27/5/2022). Sandiaga telah memastikan Ozil akan menunaikan Sholat Jumat di Istiqlal.

"Beliau akan melaksanakan sholat Jumat di Istiqlal. Masjid Istiqlal merupakan bagian dari wisata religi," ujar Sandiaga.


Pariwisata

Ozil juga mengaku ingin menjembatani pariwisata kedua negara, yakni Indonesia dan Turki. Ia mengaku merasa diterima dengan baik sehingga tak akan segan mengajak orang Turki untuk berkunjung langsung melihat Indonesia.

"Untuk melihat kebudayaannya, dan untuk menemui orang-orangnya," ucap Ozil.


Kerjasama

Sementara itu, Menparekraf menyatakan bahwa kunjungan Mesut Ozil membuka peluang kerja sama untuk mempromosikan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia di target pasar yang dituju, yakni Timur Tengah dan Eropa. Ia melihat pesepak bola itu cukup dikenal di kedua pasar tersebut.

"Setelah pandemi saatnya kita bangkit bersama dan harus kolaborasi. Kerja sama dengan pemain tingkat dunia seperti Mesut Ozil adalah impian bagi kita semua," ujarnya.

Anak Ridwan Kamil Hilang di Swiss

Kronologi Anak Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz Hilang di Swiss

Liputan6.com 2022-05-27 10:08:27
Foto Emmeril Kahn bersama Ridwan Kamil (dok. Instagram @fatih_indonesia/https://www.instagram.

Anak sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz dikabarkan hilang saat berenang di Swiss. Musibah yang terjadi pada Emmeril Khan Mumtadz itu terjadi di Bern, Swiss pada 26 Mei 2022 siang hari waktu setempat.

Perwakilan keluarga Ridwan Kamil, Elpi Nazmuzaman mengungkapkan, keluarga saat itu sedang berada di Swiss untuk mencari sekolah untuk Eril yang akan melanjutkan pendidikan S2.

Saat kejadian, Ridwan Kamil tengah melakukan perjalanan di Inggris untuk melakukan kegiatan pemerintahan di luar negeri bersama delegasi dari Pemprov Jawa Barat.

"Kondisi Eril saat ini masih dalam pencarian tim SAR dan polisi Swiss. Namun pencarian dihentikan sementara karena hari sudah mulai gelap dan rencananya akan dilanjutkan esok pagi," ungkap Elpi dalam keterangan yang diterimaLiputan6.com, dikutip Jumat (27/5/2022).

Elpi juga membeberkan kronologi hilangnya pria yang biasa dipanggil Eril di Swiss.

"Kronologisnya Eril berenang di sungai Aaree, Bern bersama adik dan kawannya. Saat ingin naik ke permukaan, Eril terseret arus sungai yang cukup deras yang sebelumnya sempat mendapat bantuan dari kawannya. Kejadian tersebut terjadi pada tanggal 26 Mei 2022 siang hari waktu Swiss dengan kondisi cuaca cerah," cerita Elpi.

Dia melanjutkan, Ridwan Kamil langsung menyusul ke Swiss setelah menerima kabar musibah tersebut dan saat ini telah bertemu dengan keluarga di sana.

"Kami berterima kasih atas perhatian dan bantuan dari pihak kedutaan besar Indonesia di Swiss maupun kepolisian setempat yang terus berupaya mencari keberadaan Emmeril Khan Mumtadz," tutur Elpi.


Pencarian Terus Berjalan

"Hingga informasi ini disampaikan, pencarian sudah berjalan 6 jam (26 Mei pukul 23.00 WIB) dan kami berharap Eril dapat ditemukan segera dalam keadaan sehat," terang Elpi.

Elpi pun menyampaikan pihaknya memohon doa agar Eril dapat segera ditemukan dalam keadaan selamat dan sehat wal afiat.

"Kami mohon doa agar Eril dapat segera ditemukan dalam keadaan selamat dan baik. Dapat berkumpul kembali bersama keluarga dalam keadaan sehat wal afiat," tuturnya.


Cari Anak Ridwan Kamil di Swiss, KBRI Bern - Kepolisian Setempat Susuri Sungai Aare

Sejauh ini pencarian atas Anak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz tengah dilakukan dengan kerja sama pihak Indonesia dan Swiss.

"KBRI Bern telah berkoordinasi dengan Kepolisian setempat untuk proses pencarian. Upaya pencarian langsung dilakukan pada tgl 26 Mei dengan menyusuri Sungai Aare dan akan terus dilanjutkan pada hari ini, 27 Mei 2022," ujar pihak KBRI Bern membenarkan kabar hilangnya Eril, melalui pesan singkat, dikutip Jumat (27/5/2022).

Diketahui bahwa pria yang kerap disapa Eril tersebut dikabarkan hilang ketika berenang di Sungai Aare yang berlokasi di Bern, Swiss.

Sungai itu memang tempat wisata air yang cukup populer. Eril, anak Ridwan Kamil itu dikabarkan terbawa arus sungai tersebut.

"Saudara Emmeril Khan (Putra Bapak Ridwan Kamil) mengalami kecelakaan di Sungai Aare, Bern, Swiss," jelas KBRI.

<p>Infografis Boleh Lepas Masker Kode Keras Pandemi ke Endemi Covid-19 (Liputan6.com/Trieyasni)</p>

"Selamat Jalan Sang Guru Bangsa"

Buya Syafii Maarif Meninggal, Jokowi: Selamat Jalan Sang Guru Bangsa

Liputan6.com 2022-05-27 13:29:19
Luqman Rimadi (Liputan6.com)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan rasa duka atas meninggalnya Buya Syafii Maarif. Lewat akun Instagramnya @jokowi, dia turut menceritakan pertemuan terakhirnya dengan sosok guru bangsa tersebut.

"Dua bulan lalu, saya datang menjenguk Buya Syafii di kediamannya di Kabupaten Sleman, Yogyakarta, saat beliau baru keluar dari rumah sakit seusai perawatan selama beberapa hari. Saat itu, beliau sudah sehat dan terlihat bugar. Itulah pertemuan terakhir saya dengan Buya Syafii," tutur Jokowi seperti dikutip dalam akun Instagramnya, Jumat (27/5/2022).

Buya Syafii Maarif meninggal dunia pada hari ini, Jumat 27 Mei 2022 sekitar pukul 10.15 WIB di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Gamping, Yogyakarta. Jokowi pun mengucapkan selamat jalan kepada guru besar bangsa yang dicintai semua kalangan di Tanah Air itu.

"Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Atas nama pemerintah, rakyat Indonesia, saya menyampaikan belasungkawa yang dalam atas berpulangnya Buya Syafii. Semoga segala amal ibadah almarhum diterima oleh Allah SWT, diampuni kesalahannya, dan segenap keluarga yang ditinggalkan sabar dan tabah. Selamat jalan Sang Guru Bangsa," kata Jokowi.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan melayat ke lokasi almarhum Buya Syafii Maarif di Yogyakarta. Hal itu disampaikan oleh Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono.

"Bapak Presiden ke Yogya melayat siang ini," tutur Heru kepada wartawan, Jumat (27/5/2022).

Meski tidak merujuk waktu pasti keberangkatan melayat, Heru memastikan kehadiran Presiden Jokowi sebelum almarhum Buya Syafii diantar ke pemakaman.

"Di Masjid Gedhe Kauman Yogya," kata Heru.


Ma'ruf Amin Sampaikan Belasungkawa

Wakil Presiden Ma'ruf Amin turut menyampaikan rasa dukanya atas wafatnya Buya Syafii Maarif. Bangsa Indonesia disebutnya sangat kehilangan sosok guru besar yang dihormati seluruh elemen masyarakat dan lintas agama.

"Innalillahi wainnalilhai rojiun. Bangsa Indonesia kembali berduka atas berpulangnya salah seorang ulama terbaik, guru bangsa Buya Ahmad Syafii Maarif yang berpulang ke rahmatullah hari ini, Jumat 27 Mei 2022 di Yogyakarta," tutur Ma'ruf kepada wartawan, Jumat (27/5/2022).

Ma'ruf Amin turut mengucapkan duka cita mendalam kepada keluarga yang ditinggalkan, keluarga besar Muhammadiyah, dan seluruh masyarakat Indonesia atas berpulangnya Buya Syafii Maarif.

"Keteladanan beliau wajib kita teruskan sebagai guru bangsa, pemikiran-pemikiran beliau sangat menyejukkan, moderat, dan dapat diterima lintas generasi. Semoga Allah Subhanahu Wa Ta'ala menerima amal ibadah beliau, mengampuni segala kekhilafannya, dan memberikan tempat yang terbaik di sisinya. Allahummagfirlahu warhamhu wa'afihi wa'fuanhu," kata Ma'ruf.

Buya Syafii Maarif meninggal dunia pada Jumat, 27 Mei 2022 pukul 10.15 WIB. Kabar ini disampaikan oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir dalam akun twitternya.

"Muhammadiyah dan bangsa Indonesia berduka. Telah wafat Buya Prof Dr H Ahmad Syafii Maarif pada hari Jumat tgl 27 Mei 2022 pukul 10.15 WIB di RS PKU Muhammadiyah Gamping," tulis Haedar.

Dia mendoakan agar Buya Syafii Maarif meninggal dalam keadaan husnul khatimah dan diterima amal ibadahnya.

"Mohon dimaafkan kesalahan beliau dan doa dari semuanya," lanjutnya.


Jusuf Kalla: Ini Kehilangan Bangsa

Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla alias JK menyampaikan duka mendalam atas wafatnya Buya Syafii Maarif. Baginya, ini menjadi kehilangan seluruh bangsa Indonesia atas sosok tersebut.

"Innalillahi wainnaililhi rojiun. Pertama-tama kami sekeluarga dan juga seluruh pengurus Dewan Masjid Indonesia menyampaikan rasa duka yang mendalam atas berpulangnya ke rahmatullah almarhum Bapak Syafii Maarif yang menjadi guru bangsa, negarawan, dan pembimbing kita semuanya," tutur Jusuf Kalla kepada wartawan, Jumat (27/5/2022).

Jusuf Kalla menyebut, Buya Syafii telah banyak berjasa bagi bangsa Indonesia, baik di organisasi Muhammadiyah juga untuk seluruh rakyat. Dia pun mengajak seluruh masyarakat mendoakan atas berpulangnya almarhum.

"Semoga beliau mendapat tempat yang sangat tinggi disisinya dan juga mendoakan agar keluarga yang ditinggalkan itu dapat mendapatkan rahmad Allah SWT. Sesungguhnya kehilangan ini merupakan kehilangan bangsa, karena beliau selalu memikirkan bukan hanya dirinya tapi bangsa yang selalu menjadi pikiran keresahan almarhum," jelas dia.

Jusuf Kalla juga berharap perjuangan almarhum Buya Syafii Maarif dapat terus melekat dalam diri setiap generasi bangsa Indonesia.

"Mudah-mudahan seluruh bangsa mendoakan akan beliau dan insyaallah kita semua juga akan memberikan dorongan semangat agar cita-cita daripada almarhum itu dapat dicapai seluruh bangsa ini," Jusuf Kalla menandaskan.


Dimakamkan di Kulonprogo

Dilansir dari situs Muhammadiyah, Ketua MDMC PP Muhammadiyah Budi Setiawan menyampaikan bahwa Buya Syafii akan disemayamkan di Masjid Gede Yogyakarta.

Kemudian, pemakaman akan dilakukan di Pemakaman Khusnul Khotimah milik Muhammadiyah yang berlokasi di Dusun Donomulyo, Kapanewon Nanggulan, Kabupaten Kulonprogo.

Buya Syafii Maarif atau Ahmad Syafii Maarif lahir di Nagari Calau, Sumpur Kudus, Minangkabau pada 31 Mei 1935.

Ia lahir dari pasangan Ma'rifah Rauf Datuk Rajo Malayu, dan Fathiyah. Syafii Marif merupakan bungsu dari 4 bersaudara seibu seayah, dan seluruhnya 15 orang bersaudara seayah berlainan ibu.

Setelah meninggalkan posisinya sebagai Ketua Umum PP Muhammadiyah, Buya Syafii aktif dalam komunitasnya, yakni Maarif Institute. Di samping itu, guru besar IKIP Yogyakarta ini, juga rajin menulis, di samping menjadi pembicara dalam sejumlah seminar.

Sebagian besar tulisannya adalah masalah-masalah Islam, dan dipublikasikan di sejumlah media cetak. Selain itu ia juga menuangkan pikirannya dalam bentuk buku

Doddy Urus Pemindahan Makam Vanessa Angel

Doddy Sudrajat Sudah Urus Pemindahan Makam Vanessa Angel, Begini Tanggapan Haji Faisal

Liputan6.com 2022-05-27 11:00:24
Haji Faisal dan keluarga ziarah kubur ke makam Bibi dan Vanessa (Sumber: Instagram/galaaskyofficial)

Doddy Sudrajat sepertinya tak main-main ingin memindahkan makam Vanessa Angel agar bisa satu liang lahat dengan ibunya, Lucy Maywati, di TPU Karet, Jakarta Pusat. Meski banyak yang menentang, namun tak membuat ayah Mayang mengurungkan niatnya.

Mengetahui hal tersebut, Haji Faisal selaku besan Doddy Sudrajat hanya bisa pasrah. Ia akan menerima kenyataan yang ada, meski berharap makam anak dan menantunya tidak dipisahkan

"Kalau memang terjadi pembongkaran, ya sudah, malah gampang angkatnya," kata Haji Faisal ditemui belum lama ini.

Haji Faisal mengaku tak terlalu paham tentang hukum memindahkan makam. Namun selagi dilakukan dengan cara yang sesuai aturan, Haji Faisal tak mau akan mempermasalahkan atau meributkan hal tersebut.

"Sejauh hal itu tidak menabrak hukum, ya saya juga tidak akan menabrak," ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Urus Surat-surat

Diketahui, Doddy telah mengajukan surat pemindahan makam Vanessa Angel dengan menyambangi RT, RW dan kelurahan tempat putrinya dimakamkan. Bahkan ia mengaku sudah mendapat izin dari pemilik wakaf pemakaman.

"Kami sudah urus semuanya, mulai dari surat RT, RW, lurah segala macam," kata Doddy.


Pemindahan

Lantaran hal tersebut, rencananya pemindahan makam bisa dilakukan dalam waktu dekat ini. Bahkan Doddy yakin pemindahan makam bisa dilakukan bulan depan sesuai dengan prosedur.

"Kalau tidak ya mungkin dua bulan yang akan datang," ujarnya


Mimpi

Wacana Doddy ingin memindahkan makam Vanessa Angel tercetus setelah dirinya berseteru dengan Haji Faisal terkait harta dan hak asuh cucunya, Gala Sky Andriansyah.

Bahkan dirinya mengaku pernah bermimpi bertemu mendiang putrinya, yang berpesan untuk segera memindahkan makamnya agar satu liang lahat dengan ibunya. Apalagi semasa hidup keduanya sangatlah dekat.

Infografis Kecelakaan Maut Vanessa Angel - Bibi Andriansyah (Liputan6.com/Triyasni)

Heboh Ratusan CPNS Mengundurkan Diri

Heboh Ratusan CPNS Mengundurkan Diri, Ketahui Sanksi Denda Berbeda Tiap Instansi

Liputan6.com 2022-05-27 14:30:05
Peserta tes seleksi CPNS Kemenkumham saat menjawab soal dengan sistem CAT di gedung BKN, Jakarta, Senin (11/9). Pada 2017, tercatat 1.116.138 pelamar CPNS mendaftar di lingkungan Kemenkumham.

100 peserta Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dikabarkan mengundurkan diri setelah lolos tes seleksi untuk tahun formasi 2021.

Menurut data BKN per Jumat, 20 Mei 2022, ada sebanyak 112.513 peserta CPNS 2021 yang lolos seleksi. Namun, 100 peserta diantaranya justru mengundurkan diri.

Kepala Biro Humas, Hukum dan Kerjasama BKN Satya Pratama menegaskan bahwa peserta yang mencabut statusnya sebagai CPNS akan dijatuhi sanksi.

"Sanksi yang diberikan yakni tidak boleh melamar pada penerimaan CPNS untuk satu periode berikutnya," kata Satya kepada Liputan6.com, dikutip Jumat (27/5/2022).

Sebagai informasi, Pasal 54 ayat 2 Peraturan Menteri PANRB Nomor 27 tahun 2021, menjelaskan bahwa pelamar yang telah dinyatakan lulus tahap akhir seleksi dan telah mendapat persetujuan Nomor Identitas PNS (NIP) kemudian mengundurkan diri, maka akan dikenai sanksi.

Diketahui bahwa sejumlah instansi telah menerbitkan aturan sanksi bagi calon pegawainya yang mengundurkan diri, salah satunya pembayaran biaya yang berjumlah hingga puluhan juta rupiah.

Salah satunya adalah Pengumuman Nomor 01/PANSEL-CPNS/11/2019 tentang seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian PPN / Bappenas tahun Anggaran 2019, poin VII nomor 4.

Adapun pelamar CPNS Kementerian PPN/Bappenas yang mengundurkan diri harus membayar sanski sebesar Rp 35 juta.

Sementara di Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), yang mengeluarkan Pengumuman Kementerian Luar Negeri Pengumuman/00008/KP/11/2019/24/03 tentang Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil Kementerian Luar Negeri Tahun Anggaran 2019.

Kemenlu menetapkan pembayaran sanksi yang cukup besar bagi para calon pegawainya yang mengundurkan diri, yaitu 50 juta, menurut Satya.


Sanksi Pengunduran Diri CPNS di Badan Intelijen Negara (BIN)

Pengenaan sanksi lebih detil dikeluarkan Badan Intelijen Negara (BIN) melalui Pengumuman Nomor: Peng-11/XI/2019 tentang Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Badan Intelijen Negara tahun Anggaran 2019.

Denda sebagai penerimaan bukan pajak, akan diberlakukan bagi pelamar yang:

a. Dinyatakan lulus kemudian mengundurkan diri, sebesar Rp 25 juta

b. Telah diangkat sebagai CPNS kemudian mengundurkan diri, sebesar Rp 50 juta

c. Telah diangkat menjadi CPNS dan telah mengikuti Diklat Intelijen tingkat dasar dan diklat lainya kemudian mengundurkan diri, sebesar Rp 100 juta.


BKN Sudah Terbitkan 111.485 NIP CPNS 2021, Cek di Sini!

Badan Kepegawaian Negara (BKN) kembali melakukan pembaruan jumlah Nomor Induk Pegawai (NIP) CPNS 2021. Kini, tercatat sudah ada 111.485 NIP yang diterbitkan BKN per 20 Mei 2022.

Diketahui, BKN akan melakukan update jumlah NIP CPNS 2021 secara berkala setiap pekannya. Selain itu, BKN juga melakukan update nomor induk PPPK Guru hingga PPPK Non Guru.

Informasi ini bisa didapatkan di seluruh akun media sosial BKN. Serta, peserta CPNS 2021 yang lolos juga bisa memantau rinciannya melalui link s.id/UpdateNIP_NIP3K2021.

Rinciannya, BKN menerbitkan 111.485 NIP CPNS 2021, 164.794 NI PPPK Guru Tahap I, 102.996 NI PPPK Guru Tahap II dan 11.734 NI PPPK Non Guru.

"Per 20/05/2022, BKN telah tetapkan 111.485 NIP CPNS 2021, 164.794 NI PPPK Guru Tahap I, 102.996 NI PPPK Guru Tahap II dan 11.734 NI PPPK Non Guru," tulis Instagram @bkngoidofficial.

Dengan demikian, update masih terus berlangsung dan dilaksanakan oleh BKN.

Secara rinci, total 112.514 CPNS yang lulus, sebanyak 111.792 telah mengisi Daftar Riwayat Hidup (DRH). Artinya ada 105 peserta dianggap telah mengundurkan diri. Kemudian, 112.018 telah usul masuk.

Jadi, BKN telah menetapkan 111.485 NIP CPNS 2021 per 13 Mei 2022. Sementara sudah sejumlah 95.659 cetak SK.

Infografis Syarat Pendaftaran CPNS 2021. Dok Twitter resmi @kempanrb

BTS Akan Bertemu Joe Biden

BTS Bakal Bertemu Presiden AS Joe Biden di White House 31 Mei 2022

Liputan6.com 2022-05-27 14:00:00
BTS. (Twitter/ bts_bighit)

BTS kembali mendapat kesempatan untuk terlibat dalam diskusi terkait masalah sosial di tingkat dunia. Kali ini tak main-main, RM dkk diundang oleh White House atau Gedung Putih, untuk bertemu dengan Presiden Amerika Serikat Joe Biden.

Dilansir dari Soompi, Jumat (27/5/2022), hal ini diumumkan secara langsung dalam pernyataan resmi Gedung Putih. Superstar K-Pop itu akan bertemu dengan orang nomor satu AS pada 31 Mei mendatang.

"Pada Selasa, 31 Mei, grup K-Pop fenomenal yang juga nomine Grammy dari Republik Korea, BTS (Bangtan Sonyeondan atau 'Beyond the Scene') akan bergabung dengan Presiden Biden untuk mendiskusikan kejahatan kebencian anti-Asia dan diskriminasi yang makin menonjol dalam beberapa tahun belakangan ini," begitu pernyataan dari Gedung Putih.

Disampaikan pula bahwa Presiden AS Joe Biden sebelumnya telah menyatakan berkomitmen untuk melawan kejahatan berdasarkan kebencian ini. Yakni dengan menandatangani UU Kejahatan Kebencian terkait Covid-19.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Pesan Positif dari BTS

Ditambahkan, "Presiden Biden dan BTS juga akan mendiskusikan pentingnya keberagaman dan inklusi, serta platform milik BTS sebagai duta pemuda uang menyebarkan pesan positif dan harapan di seluruh dunia."

Tak lama setelah berita ini dipublikasikan, RM menyapa penggemar lewat forum komunitas.


Pesan RM untuk ARMY

"Selama aku hidup, banyak hal yang terjadi. Karena kami akan pergi dengan tujuan baik, kami akan berkunjung ke sana dengan baik," tulisnya.

Ia juga mengungkapkan kesannya, akhirnya bisa masuk ke Gedung Putih.

"Saat aku pergi liburan ke Amerika Serikat sebelumnya, aku hanya melihat [Gedung Putih] dari jauh. [Kali ini], aku bisa masuk ke dalam. Karena kami mengunjunginya berkat kalian, ini adalah kunjungan kalian juga," kata dia.


Utusan Khusus Presiden hingga Sidang Umum PBB

Beberapa tahun belakangan, BTS memang sudah tak asing dengan beragam pertemuan di bidang kenegaraan semacam ini. Pada 2017, mereka terlibat dalam kampanye "Love Myself" bersama UNICEF, untuk mengakhiri kekerasan terhadap anak-anak dan remaja.

Juli tahun lalu, mereka ditunjuk sebagai utusan khusus Presiden Korea Selatan Moon Jae In. Mereka berbicara dalam Sidang Umum PBB ke-76, berbagi harapan untuk anak muda di tengah pandemi COvid-19.

INFOGRAFIS: Deretan Prestasi Mendunia Artis Korea (Liputan6.com / Abdillah)

Luna Maya Minta Tips PDKT

Luna Maya Minta Tips PDKT dengan Idol K-Pop ke Nino RAN

Liputan6.com 2022-05-27 12:15:57
Luna Maya dan Nino RAN (dok. YouTube/Luna Maya)

Luna Maya jadi perbincangan saat Nino RAN keceplosan menyebut bahwa ia sedang mengincar seorang musisi dari Korea Selatan, dalam hal ini idol K-pop. Pernyataan Nino mendapat tanggapan dari sejumlah warganet.

Pernyataan mengejutkan Nino RAN mencuat saat ia dan Luna berbincang lewat vlogmodel berdarah Bali tersebut. Di video di kanal YouTube-nya, Luna bertanya pada Nino terkait cara membuat lagu agar bisa mendekatkan diri pada seorang musisi.

Luna memberi isyarat bahwa musisi itu berasal dari Korea. Ia pun bertanya pada Nino RAN bagaimanakah cara agar ia bisa PDKT melalui karya lagu.

"Gue mau nanya. Gue sebenarnya lagi naksir banget sama musisi juga ya, jangan GR ya, musisi gue kan kpopers," kata Luna dengan wajah semringah. "Bagaimana caranya supaya dia sampai bilang, 'Itu Luna dari Indonesia bagus sekali bikin lagu.'"

Nino tak menjawab pernyataan Luna. Dengan tertawa, ia justru menyinggung perihal Luna mengirim pesan lewat Instagram pada musisi dari Korea. "Tapi gue lihat-lihat kemarin di social media dengan sangat percaya diri nge-DM seorang musisi Korea juga, kan?" cetus Nino, dikutip dari tayangan YouTube Luna Maya.

Luna langsung berdiri mendengar komentar Nino. Ia tampak panik dan terdengar tertawa. "Itu enggak boleh ya?" tanya Nino pada Luna. Mereka berusaha tampak tenang. "Maksudnya kalau lo udah tahu jawabannya, ngapain lo nanya sama gue? Jadi, enggak perlu bikin lagu, ajak ngobrol aja dulu," imbuh Nino.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Tanggapan Nino

Menurut Nino, untuk mengajak bicara seseorang, sekarang itu sudah sangat dipermudah. Mereka bisa langsung mengirim pesan lewat lewat akun media sosial.

"Itu mungkin salah satu cara untuk mendekatkan diri," jawab Nino. "Jadi, enggak perlu buat lagu ya?" jawab Luna. "Enggak perlu. Ajak ngobrol aja dulu," Nino melanjutkan.

Meski tak menyebut nama, warganet justru menebak bahwa musisi yang dimaksud adalah RM BTS. Dugaan tersebut karena selama ini Luna disebut mengagumi dan menyukai sosok leadergrup Bangtan Sonyeondan tersebut.

"Yah kebongkar Nino klo Luna Maya cantik. DM RM BTS ya? Kira-kira RM BTS sempet gak ya baca DM Luna Maya? Agak mustahil secara yang DM RM BTS jutaan fans seluruh dunia. Sedih ya kaya aku DM Luna Maya gak pernah dibaca wajar sih yg DM Luna Maya pasti juga banyak. Love Luna," komentar seorang warganet.


Kirim DM

Sebelumnya, Luna Maya memang mengatakan sempat mengaku mengirim direct messageke akun Instagram pribadi RM BTS. Hal tersebut diungkap Luna saat jadi bintang tamu dan berbincang-bincang bersama Titi Kamal.

Namun, pesan yang dikirim Luna tidak dibalas oleh pemilik nama asli Kim Namjoon tersebut. Luna pun memahami karena RM pasti menerima banyak DM dari ARMY, sebutan penggemar BTS.

Kecintaan Luna pada BTS memang sudah jadi rahasia umum. Bulan lalu, ia kedapatan menonton konser internasional pertama pelantun lagu Louder Than Bombstersebut tahun ini yang berlangsung di Allegiant Stadium, Las Vegas, Amerika Serikat bertajuk "Permission to Dance on Stage."

Sebelum konser dimulai, bersama para penonton lain, Luna berkesempatan melihat RM, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V, dan Jungkook soundcheck terlebih dahulu.

Ia merekam aksi para personel BTS yang tengah soundchecksebelum beraksi di hadapan para ARMY. Tampak pula deretan tempat duduk di bagian tribuneyang masih kosong ketika persiapan tersebut dilakukan.

Sesekali Luna ikut in frame dengan merekam aksi anggota BTS sebagai latar belakangnya. Senyum manis aktris sekaligus model tersebut tampak jelas menghiasi wajahnya.


RM BTS

RM merupakan nama panggung yang digunakan pria bernama asli Kim Namjoon tersebut. LeaderBTS ini lahir pada 12 September 1994. Ia memiliki tinggi dan berat badan kira-kira sekitar 181 sentimeter dan 67 kilogram.

Seperti diketahui, RM merupakan sulung dari dua bersaudara dengan seorang adik perempuan. Ia lahir di Dongjak-Gu, lalu hijrah ke Ilsan-Gu saat usianya sekitar empat tahun.

RM pernah tinggal dan bersekolah di Selandia Baru selama enam bulan. Saat kelas 5 SD, RM tertarik pada musik hip-hop berkat lagu Fly milik Epik High.

Pelantun lagu Bicycle ini bercerita bahwa ia belajar bahasa Inggris bersama ibunya melalui serial laris Friends. Ia kemudian tertarik menulis puisi dan membagikan karyanya di dunia maya.

Di kalangan penggemar, RM acap kali dikaitkan dengan istilah "namjooning." Ini bermula ketika BTS pergi berlibur di musim panas 2019. Saat itu, seorang ARMY bertanya pada RM apa yang ia lakukan, dan di Weverse, musisi yang telah merilis mixtape Monoini menjawab dengan mengatakan, "Saya sedang namjooning."

Dengan kata lain, RM hanya jadi dirinya sendiri dan melakukan hal-hal yang ia sukai saat liburan. Sejak itu, penggemar telah menambahkan "namjooning" ke leksikon BTS mereka.

Banyak yang kemudian menggunakannya untuk menggambarkan kegiatan seperti menghabiskan waktu di alam terbuka atau mengunjungi museum, seperti yang "dicontohkan" idol27 tahun tersebut.

Maret tahun lalu, Ask Anything Chat mengunggah klip baru dari wawancara sebelumnya dengan BTS. Di dalamnya, RM ditanya bagaimana perasaannya tentang ARMY menggunakan istilah tersebut.

Sebagai tanggapan, ia mengutip definisi Urban Dictionary, yang memaparkan "namjooning" sebagai "tindakan hidup sebagai Kim Namjoon." Ini termasuk, "jalan-jalan di taman, mengagumi alam, bermain dengan kepiting, dan bersenang-senang bersama teman-teman."

Infografis Pesona K-Pop Mendamaikan Korea

Ayu Maulida Siap Lepas Mahkota

Presiden Ukraina Tak Jadi Hadir di Bali

Tak Mau Tinggalkan Rakyat, Presiden Ukraina Tidak Hadir di G20 Bali

Liputan6.com 2022-05-27 16:56:06
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di acara Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI). Ia kemungkinan tidak hadir di G20 Indonesia.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky memberikan konfirmasi bahwa dirinya tak bisa datang ke Bali untuk acara G20. Ia sudah diundang oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk hadir ke Bali.

Dalam perbincangan bersama Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI), Jumat (27/5/2022), Presiden Zelensky mengaku tidak bisa meninggalkan rakyatnya untuk ke Bali, sebab Rusia sedang melancarkan invasi.

"Saya tidak bisa meninggalkan Ukraina. Saya tak bisa kemana-mana secara langsung, karena saya menetap bersama rakyat saya. Rakyat saya butuh dukungan saya. Saya butuh dukungan mereka," ujar Presiden Zelensky.

Zelensky berbincang dengan mantan Duta Besar RI untuk Amerika Serikat Dino Patti Djalal. Dino menegaskan bahwa tidak mungkin Indonesia mendukung Rusia yang melakukan invasi dan melanggar kedaulatan negara orang.

Sejak invasi dimulai, Presiden Volodymyr Zelensky memang tetap berada di ibu kota Ukraina. Ia bahkan sering bergerak ke berbagai lokasi untuk mengecek titik serangan, termasuk lokasi pembantaian di Bucha.

Zelensky berkata baru bisa berangkat apabila perang sudah selesai. Alternatif lain adalah wacana untuk hadir secara online.

"Saya akan bergabung dengan anda bila tidak ada perang, apabila ada perang, saya hanya bisa melakukannya secara online," jelas Presiden Ukraina.

Kondisi ekonomi di Ukraina memang sedang berantakan akibat invasi Rusia. Presiden Zelensky berkata pelabuhan-pelabuhan Ukraina terdampak karena serangan. Anggaran bulanan pun selalu defisit.

Selain itu, jutaan rakyat Ukraina harus mengungsi, baik di dalam negeri atau ke luar negeri. G20 lantas menjadi harapan bagi Ukraina.

"Saya harap G20 akan menemukan sebuah solusi pada perang ini," ujar Presiden Zelensky. "Kita harus bertindak hingga mereka (Rusia) menghentikan kebijakan agresi."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Presiden Ukraina Kecam Rekomendasi Henry Kissinger

Sebelumnya, konflik Ukraina ikut terbawa ke World Economic Forum (WEF) 2022. Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengecam retorika Henry Kissinger di WEF karena menyarankan supaya Ukraina menyerahkan tanahnya ke Rusia agar situasi bisa kembali ke "status quo ante" atau status quo sebelumnya.

Pada status quo sebelumnya, Rusia sudah daerah Ukraina, seperti Krimea. Selain itu, Kissinger juga berharap agar Rusia tidak diisolasi karena bisa mengembalikan perang dingin.

"Ukraina seharusnya menjadi jembatan antara Eropa dan Rusia, tetapi sekarang sebagaima hubungannya dibentuk ulang, kita mungkin masuk ke area di mana garis pemisah digambar ulang dan Rusia benar-benar terisolasi. Kita menghadapi situasi sekarang di mana Rusia bisa benar-benar terasingkan dari Eropa dan mencari aliansi permanen di tempat lain," ujar Henry Kissinger, dikutip situs WEF, Jumat (27/5/2022).

Ketinggalan Zaman

Kissinger adalah menteri luar negeri AS di zaman perang dingin. Ia juga dianggap kontroversial pada masa Perang Vietnam. Kini, pandangan Kissinger dianggap ketinggalan zaman.

"Mr. Kissinger muncul dari masa lalu yang terkubur dan berkata bahwa bagian dari Ukraina harus diberikan ke Rusia, sehingga tidak ada alienasi terhadap Rusia dari Eropa," ujar Presiden Zelensky, dilansir situs Kepresidenan Ukraina.

"Sepertinya kalender Mr. Kissinger bukan dari 2022, tetapi 1938, dan ia berpikir sedang bicara kepada audiens bukan di Davos, tetapi di Munich di zaman itu," kata Presiden Zelensky.

Ucapan Presiden Zelensky menyindir Perjanjian Munich yang mengizinkan Nazi Jerman untuk mencaplok tanah milik Cekoslowakia.

Presiden Zelensky juga mengingatkan bahwa dulu keluarga Kissinger adalah pelarian dari rezim Nazi.

"Pada tahun 1938 sesungguhnya, ketika keluarga Mr. Kissinger kabur dari Nazi Jerman, ia masih 15 tahun, dan ia paham segalanya dengan sempurna. Dan tak ada yang pernah dengar darinya bahwa saat itu perlu beradaptasi kepada para Nazi ketimbang lari atau melawan mereka," ujar Presiden Ukraina.

Ia pun meminta agar para "ahli geopolitik" supaya melihat keadaan rakyat Ukraina yang kompak menolak untuk memberikan rakyat mereka untuk perdamaian.


Pimpinan MPR: Aspek Kemanusiaan Dikedepankan dalam Upaya Perdamaian Krisis Rusia-Ukraina

Petinggi MPR menyebut dampak konflik Rusia-Ukraina harus dilihat dari sisi krisis yang berdampak pada kemanusiaan. Karena itu Indonesia harus mampu berperan dalam menciptakan perdamaian, seperti yang diamanatkan konstitusi.

"Pada alinea pertama UUD 1945 mengamanatkan kepada kita untuk ikut menciptakan perdamaian dunia dengan mencegah penjajahan dengan mengedepankan aspek kemanusiaan," kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat saat membuka diskusi daring bertema Menuju Perdamaian Rusia-Ukraina yang digelar Forum Diskusi Denpasar 12, Rabu (25/5).

Pada diskusi yang dimoderatori Tenaga Ahli Wakil Ketua MPR RI Koordinator Bidang Penyerapan Aspirasi Masyarakat dan Daerah, Luthfi Assyaukanie itu hadir Anggota Komisi I DPR RI, Muhammad Farhan, Guru Besar Universitas Pertahanan, Anak Agung Banyu Perwita, Pengamat Militer dan Pertahanan Keamanan, Connie Rahakundini Bakrie, Direktur Eksekutif Indonesian Institute of Advance International Studies / INADIS, Ple Priatna dan Aktifis Komite Persahabatan Rakyat Indonesia-Rusia Joko Purwanto sebagai narasumber.

Selain itu, hadir pula Dr. Polit. Sc. Henny Saptatia D.N., MA (Ketua Program Studi Kajian Wilayah Eropa, Sekolah Kajian Strategik dan Global Universitas Indonesia/ SKSG-UI) dan Ade Alawi (Deputi Direktur Pemberitaan Media Indonesia) sebagai penanggap.

Menurut Lestari, krisis Rusia-Ukraina harus segera diakhiri karena dampaknya sangat mempengaruhi tatanan di sejumlah sektor di dunia.

"Belum tuntas dampak pandemi kita atasi, sejumlah krisis yang mengikutinya memberi tekanan tersendiri dalam upaya negara-negara di dunia, termasuk Indonesia, untuk bangkit," ujar Rerie sapaan akrab Lestari dalam keterangan tertulisnya.

Ancaman terhadap kemanusiaan dalam krisis Rusia-Ukraina, menurut Rerie, harus sesegera mungkin diakhiri dengan menggalang dukungan negara-negara di dunia.

Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu berharap Indonesia dapat melakukan langkah dan sikap yang tepat dalam ikut serta mengatasi konflik Rusia-Ukraina menuju perdamaian.


Perusahaan Multinasional Berbondong-bondong Tinggalkan Rusia

Ketika Presiden Rusia Vladimir Putin mengumumkan operasi militer di Ukraina tiga bulan lalu, konflik tampak terasa jauh dari wilayah Rusia.

Namun dalam beberapa hari, datang rangkaian sanksi dari pemerintah Barat terhadap Rusia yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Beberapa perusahaan juga menerapkan hukuman ekonomi terhadap negara tersebut. Banyak rakyat Rusia yang terguncang akibat sejumlah pukulan finansial dan isolasi yang kini berlaku.

Pusat perbelanjaan yang luas di Moskow berubah menjadi hamparan menakutkan dari etalase pengecer Barat yang kini tutup, demikian dikutip dari laman VOA Indonesia, Rabu (25/5).

Raksasa makanan cepat saji Amerika McDonald's keluar dari Rusia sepenuhnya sebagai tanggapan atas operasi militer tersebut.

Produsen mobil besar Renault juga pergi, walaupun memiliki jumlah investasi besar di negara Beruang Merah tersebut.

Sementara perusahaan multinasional pergi, ribuan orang Rusia juga melarikan diri, khawatir akan tindakan pemerintah mereka.

Chris Weafer, analis kawakan ekonomi Rusia di Macro-Advisory, kepada kantor berita Associated Press mengatakan "Terdapat ketakutan nyata bahwa pengangguran akan meningkat dalam bulan-bulan mendatang pada musim panas, bahwa akan ada penurunan besar dalam konsumsi dan penjualan ritel dan investasi."

Jika aksi militer berlarut, lebih banyak perusahaan akan keluar dari Rusia, kata Weafer. Ia memperkirakan perusahaan yang tersisa yang hanya menangguhkan operasi mungkin melanjutkan operasi jika gencatan senjata dan kesepakatan damai untuk Ukraina tercapai. Tetapi jendela untuk kemungkinan tersebut kini tampaknya tertutup, imbuhnya.

Infografis Reaksi Global terhadap Serbuan Rusia ke Ukraina. (Liputan6.com/Trieyasni)

Antisipapsi Ancaman Cacar Monyet