Doa dan Firasat Istri Ridwan Kamil

Doa Menyentuh Atalia Istri Ridwan Kamil ke Emmeril Khan Mumtadz: Mungkin Satu Masa Nanti, Hanya Bisa Melindungimu dengan Doa

Liputan6.com 2022-05-30 15:00:00
Atalia Praratya, istri Ridwan Kamil, pernah mendoakan anak sulungnya, Emmeril Khan Mumtadz (https://www.instagram.com/p/CAT71GKnN3b/)

Atalia Praratya alias Atalia istri Ridwan Kamil, pernah mendoakan anak sulungnya, Emmeril Khan Mumtadz. Doa tersebut berisi harapannya bagi anak Ridwan Kamil di masa depan.

Doa berisi harapan Atalia terhadap Emmeril Kahn Mumtadz diungkapkan melalui unggahan foto memeluk pria yang karib disapa Eril. Atalia terlihat mengenakan masker berwarna kuning dengan corak Mickey Mouse.

Tampak Atalia yang menggunakan masker senada dengan Eril, memeluk anak sulung buah hatinya bersama Ridwan Kamil. Dari balik masker, Atalia terlihat tersenyum saat memeluk Eril.

"Setinggi apapun kamu.. Sepintar apapun kamu.. Seberapa pun usiamu.. Menjadi apapun kamu nanti... Aku akan selalu menjadi pelindungmu...," tulis Atalia sebagai status teks unggahan potret kebersamaan dengan Eril yang dibagikan 18 Mei 2020.


Melindungi dengan Doa

Berikutnya, Atalia menuliskan kegundahannya untuk terus merawat dan membesarkan Eril. Atalia sadar, usianya akan terus bertambah seiring dengan bertumbuhnya Eril menjadi besar dan semakin dewasa.

"Meski mungkin satu masa nanti, hanya bisa melindungimu dengan doa..karena tubuhku tak mampu lagi bergerak segesit saat ini..," Atalia menuliskan.

Tak lupa, ia memberi isyarat selalu mencintai anak laki-lakinya itu dalam keadaan apapun. "Love u, aa.#sicinta#kesayangan Liat masker kami dong..kembaran. Mickey mouse," tulisnya lagi.


Seperti Firasat

Netizen yang ikut membaca harapan dan soa yang dituliskan Atalia ikut memberikan komentar. Meski ditulis sejak lama, netizen merasa apa yang dituliskan Atalia terhadap Eril sangat relevan dengan kondisi terkini.

"Aku akan selalu menjadi pelindungmu.. meski mungkin satu masa nanti, hanya bisa melindungi mu dengan doa " semoga aa Emil dalam lindungan dan penjagaan Allah, berkah usia dan keselamatan. Bismillahi Syafi, bismillahi kafii, bismillahilladzi layadhuru ma'ashmihi syaiun fil Ardhi walafis samaa'i wahuwas samiiul alim, bilbarokah alfatihah," tulis akun @lulu_islamiatii.

"Nyesek banget lihat foto dan captionnya ," sambung akun @naqiyyahsyam

"Kami disini juga bantu kirim doa ya bu bismillah semoga a eril cepet ketemu dan berkumpul dengan keluarga segera dalam keadaan sehat aamiin," tulis akun @sandybimam21_

"Scroll sampai kesini semoga Allah berikan mukjizat agar Eril bs ditemukam dlm keadaan sehat dan selamat aamiin," sambung akun @bungsu_rudi06


Hilang Sejak 26 Mei 2022

Seperti diberitakan sebelumnya, Emmeril Khan Mumtadz, putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil hilang terseret arus di Sungai Aare, Bern, Swiss pada Kamis, 26 Mei 2022, waktu setempat.

Berdasarkan kronologi yang disampaikan keluarga, pria yang akrab disapa Eril tersebut kesulitan untuk naik ke darat sebelum akhirnya terseret arus yang kencang di sungai tersebut. Posisinya berada paling belakang pada saat kejadian berlangsung.

Perwakilan keluarga Ridwan Kamil sekaligus paman dari Eril, Elpi Nazmuzaman mengungkapkan bahwa Eril sempat teriak meminta tolong saat terbawa arus.

"Pada saat kejadian, Eril memastikan dua orang sudah sampai. Ada kejadian yang tidak terduga, terbawa hanyut. Eril berteriak help," ujar Elpi dalam konferensi pers di Gedung Pakuan, Bandung pada Sabtu, (28/5/2022).

Infografis Stunting, Ancaman Hilangnya Satu Generasi. (Liputan6.com/Triyasni)

Indahnya Resepsi Nikah Maudy Ayunda

Mengintip Indahnya Resepsi Pernikahan Maudy Ayunda dan Jesse Choi di Bali

Liputan6.com 2022-05-30 11:30:00
[Foto: Instagram Maudy Ayunda]

Maudy Ayunda dan Jesse Choi menggelar resepsi pernikahan di Uluwatu, Bali pada Minggu (30/5/2022) atau satu minggu setelah keduanya menggelar akad nikah.

Momen resepsi pernikahan ini dibagikan Maudy Ayunda melalui akun Instagramnya pada Senin (30/5/2022) pagi. Bila menyimpulkan dari keterangannya, sepertinya resepsi digelar pada sore hari.

"The taste of beginnings at sunset (Rasa awal saat matahari terbenam)" tulis aktris berusia 27 tahun ini.

Bintang film Habibie & Ainun 3 itu tampak anggun mengenakan busana pengantin modern berwarna putih. Sementara Jesse terlihat sangat gagah dengan tuxedonya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Matahari Terbenam

Dalam foto-fotonya, tampak Maudy Ayunda dan Jesse Choi berjalan di pelaminan, mereka tersenyum kepada para sahabat yang menjadi tamu undangan.

Ada pula foto yang memperlihatkan mereka berinteraksi dengan para tamu menjelang matahari terbenam. Di TikTok pun tersebar foto-foto resepsi mereka bersama sahabat yang begitu hangat dan penuh kebahagiaaan.


Respons

Warganet pun memuji penampilan Maudy Ayunda yang begitu cantik di resepsi pernikahannya.

"Maudy's photo is very beautiful," tulis salah satu warganet di kolom komentar.

"Masyaallah cantik," tambah yang lainnya.


Akad Nikah

Jesse Choi dan Maudy Ayunda telah menggelar akad nikah di kediamannya di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan pada Minggu 22 Mei 2022. Jesse menikahi Maudy dengan maskawin berupa mata uang dolar Amerika Serikat.

"Untuk mahar menggunakan uang dolar sesuai tanggal pernikahan jadi 22.522 USD. Selain itu ada cincin tapi tidak disebut dalam ijab qabul," kata pihak KUA kecamatan Cilandak, Bunyamin.

Banner Infografis Bedanya Kartu Nikah dengan Buku Nikah. (Liputan6.com/Triyasni)

Gosip Pacar Baru Prilly Latuconsina

Digosipkan Jalin Hubungan dengan Co-Founder Ruang Guru, Prilly Latuconsina Sebut Hanya Bestie

Liputan6.com 2022-05-30 13:30:00
Dikabarkan Pacaran, Ini 6 Potret Kompak Prilly Latuconsina Bareng Bos Ruang Guru (Sumber; Instagram/imamusman)

Prilly Latuconsina mendadak menjadi perbincangan publik. Ia dikabarkan tengah dekat dan menjalin hubungan dengan salah satu pendiri Ruang Guru, Iman Usman.

Hal itu bermula dari unggahan Vidi Aldiano di Instagram Story-nya. Kala itu ia diketahui sedang berlibur bersama sang istri, Sheila Dara, serta Prilly Latuconsina dan Iman Usman.

Dalam potret yang dibagikan itu, tampak Prilly Latuconsia berpose di sebelah Iman Usman dengan latar belakang pantai di Bali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Double Date

Yang menjadi sorotan adalah caption yang menyertai unggahan tersebut di mana Vidi Aldiano menyebut bahwa mereka sedang menjalani kencan bersama.

"Enjoying our double date here in Bali," tulis Vidi Aldiano.


Salahkan Vidi Aldiano

Jelas saja unggahan itu memancing reaksi warganet. Dalam unggahan lain, Prilly Latuconsina langsung menyalahkan Vidi Aldiano sebagai penyebab kehebohan yang terjadi sehingga gosip itu tersebar.

"Tersangka, tersangka berita hari ini. Vidi Aldiano. Tersangka berita hari ini, berita yang ada di TikTok, bener-bener loh ya," kata Prilly.

"Apa apa, berita apa sih. Hah gak tahu. Aku gak tahu apa-apa," jawab Vidi Aldiano dengan polos.


Bestie

Seakan ingin meluruskan gosip yang beredar, dalam unggahan lainnya lagi Prilly Latuconsina menuliskan kata "bestie" yang secara tidak langsung menyatakan bahwa hubungannya dengan Iman Usman itu hanya sebatas sahabat.

"Double Bestie Date di Pesawat. Sekarang tambahin pakai kata 'Bestie' ya biar gak jadi gosip," terang Prilly Latuconsina.

Infografis Prosedur dan Tahapan Kedatangan Wisman di Bandara Bali. (Liputan6.com/Trieyasni)

Siap Hadapi Kematian karena Tumor

Siap Hadapi Kematian karena Tumor, Marshanda Sampaikan Pesan untuk Putri Semata Wayangnya

Liputan6.com 2022-05-30 12:30:00
Marshanda di pesta resepsi pernikahan sang adik. (Sumber: Instagram/marshanda99)

Marshanda mengabarkan bahwa dia sedang mengidap tumor payudara. Saat ini dia sedang berada di Singapura untuk memeriksa lebih jauh terkait kondisi kesehatannya.

Kondisi ini membuat Marshanda sadar bahwa kemungkinan terburuk selalu ada, salah satunya adalah kematian. Mantan istri Ben Kasyafani telah mempersiapkan diri untuk meninggal dalam keadaan yang baik.

"Gue sudah bertanya sama om gue, mantan suami gue, kalau mau meninggal yang disebut La Ilaha illallah, iya kan? So I'm prepared, gue bawa mukena, sejadah ke Singapura," kata dia dikutip dari YouTube-nya, MARSHED, Senin (30/5/2022).

Aktris berusia 32 tahun ini juga menyampaikan pesan untuk putrinya. Dia minta Sienna Kasyafani untuk mendengarkan lagu yang dia tulis untuk sang putri.

"Kalau Sienna nonton ini, ingat kata ibu, kita ngobrol banyak beberapa hari terakhir, ibu kasih kamu lagu Sienna yang ibu ciptain buat kamu. Listen to that song," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Doakan

Marshanda juga meminta Sienna Kasyafani untuk selalu mendoakannya.

"Look, I'm happy, and if I go I'm happy too if you pray for me. Kalau Nena berdoa buat ibu, I'm gonna dance in heaven ha ha ha, dengan lagu seperti ini, dengan matahari terbenam," ucapnya dengan senyum.


Kesedihan

Marshanda mengaku bisa menjalani ujian ini dengan ketegaran, namun yang membuatnya sedih adalah saat dia melihat orang-orang bersedih karena dirinya.

"Gue bisa ngerasain kalau ada orang khawatir sama gue, yang bikin gue sedih jika gue akan pergi, kalau gue mau pergi, kalau gue lagi syuting atau ada kemarin hoax berita gue meninggal. Yang bikin sedih bukan diri gue, tapi mengetahui dan merasakan orang lain yang sedih," tuturnya.


Takdir

Meski bersiap dengan segala kemungkinan terburuk, namun Marshanda tetap berusaha dan berdoa untuk sembuh dan kembali sehat seperti sebelumnya.

"Apa pun takdirnya yang ditulis Allah itu bisa berubah dengan doa, jadi kita akan lihat. Yang gue lakukan gue berusaha, berikhtiar tapi gue tawakal sama Allah dan gue happy menjalaninya," kata dia.

Peluang Hidup Putin Tinggal 3 Tahun?

Menlu Rusia Bantah Isu Putin Sakit Keras dan Peluang Hidup 3 Tahun Lagi

Liputan6.com 2022-05-30 14:35:13
Presiden Rusia Vladimir Putin saat bertemu dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron di Moskow, Rusia, 7 Februari 2022. Vladimir Putin dan Emmanuel Macron berupaya menemukan titik temu atas

Kondisi kesehatan pemimpin Rusia Vladimir Putin kembali diisukan tidak sehat. Disebut-sebut Putin hanya memiliki waktu 3 tahun lagi untuk hidup akibat penyakit kanker yang diidapnya.

Seorang petugas Dinas Keamanan Federal (FSB) mengabarkan bahwa Presiden Rusia mengidap kanker parah yang berkembang dengan cepat.

Mata-mata itu menjelaskan, pemimpin perang Rusia melawan Ukraina memiliki tidak lebih dari dua hingga tiga tahun dan dia juga kehilangan penglihatannya, lapor Mirror.

Berita tentang penyakit mematikan pemimpin Rusia muncul sebagai bagian dari pesan rahasia dari agen Rusia kepada buronan dan mantan agen FSB Boris Karpichkov.

Terkait desas-desus yang muncul, Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov membantah hal tesebut.

Sergey mengatakan bahwa tidak ada tanda-tanda yang menunjukkan Putin sakit. Meski memang kesehatan dan kehidupan pribadi orang nomor satu di Rusia itu adalah hal yang tabu, dan hampir tidak pernah dibahas di depan umum.

Sergey mengatakan bahwa Putin masih aktif beraktivitas bahkan masih muncul di depan umum setiap hari.

"Saya tidak berpikir bahwa orang waras dapat melihat pada orang ini tanda-tanda penyakit," kata Sergey menjawab pertanyaan penyiar Prancis TF1.

"Anda dapat melihatnya di layar, membaca dan mendengarkan pidatonya," kata Sergey dalam komentar yang dirilis oleh kementerian luar negeri Rusia mengutip laman SCMP.

"Saya menyerahkannya kepada hati nurani mereka yang menyebarkan desas-desus seperti itu."


Dugaan Parkinson

Desas-desus kesehatan Putin memang kerap muncul terlebih semenjak perang dengan Ukraian. Penyakit lain yang pernah disebut pada Putin adalah parkinson.

Kritikus telah menduga bahwa gerakan memutar bisa menjadi upaya untuk menutupi jenis kedutan tak disengaja yang disebabkan oleh Parkinson. Dugaan ini muncul setelah Putin terlihat menggoyangkan lengannya sebelum pertemuan lain dengan Lukashenko pada 18 Februari.

Sejak itu, dia terlihat mencengkeram lengan kursi dan sudut meja yang diyakini beberapa orang sebagai upaya untuk menyamarkan guncangan apa pun.

Kritikus lain juga menilai bahwa kondisi kesehatan yang buruk bisa berpengaruh pada kemampuan dalam mempertahankan konsentrasi dalam waktu yang lama.

Politikus Christopher Steele, menjelaskan bahwa Putin terus-menerus dipantau dan didampingi oleh tim dokter.

Isu tentang kesehatan Putin dimulai setidaknya dua tahun lalu ketika dia dikatakan menderita Parkinson dan kanker, tetapi mendapat perhatian baru setelah invasinya ke Ukraina.

Pihak pemerintahan Rusia belum mengomentari tuduhan terbaru tentang kesehatan Putin yang buruk, tetapi secara teratur menyangkal bahwa dia menderita kesulitan apa pun.


Operasi Bedah?

Jenderal Angkatan Darat Federasi Rusia (SVR) menulis minggu lalu: 'Pada malam Senin 16 Mei hingga Selasa 17 Mei, Presiden Rusia Vladimir Putin menjalani operasi bedah.

"Fakta bahwa Putin harus dioperasi sesegera mungkin ditegaskan oleh dokter yang merawatnya. Menurut dokter yang terlibat dalam perawatan Presiden, operasi itu berhasil," mengutip Daily Mail Senin (30/5/2022).

"Kami telah membicarakan fakta bahwa Putin secara pribadi absen dari ruang informasi dari 17 Mei hingga 19 Mei dan tidak tersedia bahkan untuk lingkaran dalamnya, dengan pengecualian Nikolai Patrushev, Sekretaris Dewan Keamanan Federasi Rusia."

Dari 17 Mei hingga 19 Mei, pertemuan dan pesan yang telah direkam sebelumnya diposting di ruang informasi, dan Putin secara pribadi mengadakan dua percakapan telepon selama waktu ini.

Di tengah berita tentang meningkatnya keterasingannya, Presiden Rusia Vladimir Putin telah menguasai operasi militer di Ukraina. Ia juga secara pribadi memberikan perintah kepada para jenderal dan berjuang untuk mendelegasikan tanggung jawab.


Memutuskan Hubungan dengan Bawahannya

Sementara itu, kepala direktorat intelijen utama kementerian pertahanan Ukraina menyatakan pekan lalu bahwa Putin memutuskan hubungan dekat dengan bawahannya untuk menghindari upaya pembunuhan.

"Melihat beberapa gelagatnya, dia takut untuk serius mempersiapkan seorang penerus. Ia menyadari bahwa dalam persiapan, penerus ini mungkin ingin mengambil kursi sedikit lebih awal dari yang diinginkan Putin," kata Mayor Jenderal Kyrylo Budanov.

"Karena itu, dia menjaga semua orang pada jarak tertentu. Dan dia percaya bahwa dia akan memerintah selamanya. Tapi tidak akan begitu."

Itu terjadi ketika mantan kepala Intelijen Rahasia MI6 Richard Dearlove memperkirakan Putin akan 'hilang pada tahun 2023' karena masalah kesehatan dan tidak akan muncul kembali sebagai pemimpin Rusia.

Dengan desas-desus yang terus-menerus tentang kesehatan buruk yang serius bagi orang kuat Rusia itu, salah satu metode untuk 'bergerak maju' tanpa perlu kudeta kekerasan adalah dengan menempatkannya di rumah sakit dalam jangka panjang.

Infografis Pro-Kontra Rencana Kehadiran Putin di KTT G20 Bali. (Liputan6.com/Trieyasni)

Agnez Mo Pamer Wajah Tanpa Makeup

Agnez Mo Unggah Foto Tanpa Makeup untuk Dukung Bulan Kesadaran Kesehatan Mental

Liputan6.com 2022-05-30 16:03:39
Agnez Mo Unggah Foto Tanpa Makeup, untuk Pembuktian dan Dukung Bulan Kesadaran Kesehatan Mental. foto: Instagram @agnezmo

Belakangan, transformasi perubahan wajah Agnez Mo yang dinilai cukup drastis membuat publik banyak berkomentar di media sosial. Tak sedikit dari mereka yang mengatakan bahwa filter foto membuat penampilan Agnez jadi sangat berbeda.

Pada salah satu unggahan April lalu di Instagram, misalnya, banyak yang mengungkap kekecewaan dan lebih suka tampilan zaman dulu Agnez. "Aku suka ini, tapi aku lebih suka kak Agnez Mo dulu yang natural cantiknya.. Tapi tetap jadi idola dari jaman SMP sampai sekarang," tulis salah seorang penggemar.

Agnez yang selalu tampil percaya diri dan tidak banyak menanggapi komentar orang lain pun tetap aktif mengunggah foto dirinya di media sosial tanpa ragu. Kemudian, pada bulan kesadaran kesehatan mental sepanjang Mei setiap tahunnya, Agnez pun memamerkan potret wajahnya yang tanpa makeup.

"Tanpa filter (not even Paris - u know what im talking about!) Tanpa makeup. Hanya karena aku merasa ini adalah cara yang cocok untuk menunjukkan dukungan terhadap bulan kesadaran kesehatan mental," tulis pelantun lagu Matahariku ini dalam keterangan foto yang diunggah pada 27 Mei 2022.

Agnez juga mengatakan bahwa tampilan tanpa makeup pada foto tersebut sangat jauh dari kata sempurna. Meski begitu, ia menekankan bahwa dirinya merasa bahagia, cukup, dan diberkati. "Catatan untuk diriku: Tujuannya adalah untuk selalu bisa merasa seperti ini, tanpa harus terlihat seperti ini," sambungnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Tetap Berusaha Tersenyum

Agnez Mo juga mengatakan bahwa kondisi kulitnya sedang kurang bagus, pori-porinya terlihat, dan berjerawat sama seperti perempuan pada umumnya. Wanita berusia 35 tahun ini berpesan, tidak masalah meski mata kita terlihat lelah tapi kita tetap berusaha untuk tersenyum. Sebab kita punya banyak hal yang patut disyukuri.

Agnez mengatakan tidak ada yang lebih penting dari kebahagiaan di dalam diri. Menurutnya, kebahagiaan tak datang dari wajah flawless tanpa pori. Sebanyak 10 slide foto dia unggah, menunjukkam sisi asli wajahnya yang sempat disebut oplas.

Dari unggahannya tersebut, tak sedikit teman selebritas dan warganet ikut berkomentar. Mereka tetap merasa Agnez cantik meski tampilan wajahnya tanpa makeup.

"There you go! Thanks for sharing this. Such an appreciation post for ourself," komentar desainer Didiet Maulana. "Tuh buat netizen yg riweuh kalo agnes op...noh buka mata, wajah agnes ttp sprt smula,ciptaan tuhan," komentar seorang warganet.

"Tertampar yang bilang Agnez Mo oplas. Dia menjawab dengan sempurna. Cantik alami, no makeup no filter," timpal warganet lainnya.


Sampul Majalah AS

Di awal tahun ini, Agnez Mo menjadi model sampul majalah fesyen dan gaya hidup ternama asal Los Angeles, Amerika Serikat (AS), Composure Magazine. Bukan kali pertama, ia sebelumnya terpilih sebagai model sampul majalah ternama AS lainnya, Pure Dope.

Foto-foto pelantun Coke Bottle itu sudah diunggah di akun media sosial Composure Magazine pada 14--16 Januari 2022. Mereka membagikan sejumlah foto Agnez dalam berbagai pose hasil jepretan fotografer Joey Pucino.

"Sampul ke-32 kami yang menampilkan Agnez Mo yang tak tertandingi! Rentang vokal yang memukau dan menakjubkan, sejumlah penghargaan untuk menyanyi dan akting, dan kecakapan wirausaha hanyalah bagian dari kerajaan Agnez Mo," tulis majalah tersebut dalam unggahan mereka pada 14 Januari 2022.

Gayanya terkesan stunning khas supermodel papan atas. Agnez pun turut mengunggah potret tersebut di akun Instagram miliknya. "Find my cover @composure.mag and my story," tulis Agnez dalam keterangan, unggahannya pada 14 Januari 2022. Ia menceritakan pengalamannya sebagai duta anti narkoba di majalah ini.


Pengarah Gaya di Hollywood

Dalam pemotretan itu, gaya Agnez Mo diaturfashion stylist ternama, Estelle Aporongao. Dia diketahui pernah mengarahkan gaya beberapa selebritas Hollywood.

Untuk makeup ditangani MUA Indonesia yang namanya sudah mendunia, Archangela Chelsea. Tak heran jika Agnez tampil begitu memesona dalam balutan bodycon dress lengan panjang putih bermotif floral.

Gayanya pun semakin modis dengan aksesori neck ring emas di lehernya. Sementara rambut pendeknya diberi sentuhan wavy style. Penyanyi sekaligus aktris itu tampak begitu menawan dan fresh.

Dalam sesi foto lainnya, Agnez terlihat tampil dengan kemben motif terang dipadukan jaket puff oversized. Ia melengkapi penampilan dengan memakai kalung dan anting hoop emas.

Unggahan itu langsung menuai beragam reaksi. Banyak warganet yang terpana dan memuji paras cantik Agnez. Bahkan, penyanyi Melly Goeslaw pun turut meninggalkan komentar, "Cantiiiiik bangeeet." "Untuk style Agnez Mo emg ga di ragukan lagi, cocok aja gitu liatnya!," komentar seorang warganet.

Infografis Tren Perawatan di Klinik Kecantikan Tahun 2022. (Liputan6.com/Triyasni)

Disuruh Cepat Menikah

Jawaban Menohok Anya Geraldine Saat Disuruh Cepat Menikah

Liputan6.com 2022-05-30 10:20:00
Anya Geraldine di Perancis (Instagram/anyageraldine)

Anya Geraldine melakukan sesi live dengan para penggemar di Instagram. Potongan videonya kemudian diunggah ulang ke akun TikTok dan jadi viral.

Dalam kesempatan live tersebut, bintang serial Layangan Putus ini diminta untuk cepat-cepat menikah. Tanpa banyak pikir, Anya memberi jawaban tegas.

Menurutnya, seseorang harus memiliki alasan yang jelas untuk cepat berumah tangga. Jangan sampai, menikah dalam kondisi belum siap dalam berbagai hal

"Buruan nikah.. buruan nikah.. Iya tujuan lo apa? Apa yang lo cari dari nikah cepat-cepat? Banyak yang ada unprepared tahu enggak? Belum siap," tutur pemilik nama asli Nur Amalina Hayati.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Kesiapan

Kata Anya, banyak pasangan yang belum siap dalam banyak hal saat memutuskan untuk melepas status lajang.

"Belum siap jadi istri, belum siap jadi suami, belum siap jadi ibu. Belum siap tanggung jawab secara finansial, secara komitmen, kewajiban," tuturnya.

<p>[Foto: TikTok cokolatos_mentos]</p>


Jangan Sampai Cerai

Kesiapan itu sangat penting demi kelanggengan hubungan. Jangan sampai anak jadi korban atas ketidaksiapan ayah dan ibunya dalam berumah tangga.

"Kalau belum siap itu jangan dipaksain, entar yang ada cerai! Kalau cerai kasihan anak lo. Kalau bikin tuh harus tanggung jawab!" tutupnya.


Respons

Tak sedikit warganet yang setuju dengan pendapat Anya Geraldine. "Perlu d share di grup keluarga gue si," kata salah satu netizen.

"Sepemikiran bgt sih meski blom nikah gw udah lebih dulu mikirin kebahagiaan anak, gw gk mau anak gw sedih dan susah," tambah yang lainnya.

Infografis Ibu Hamil Sudah Bisa Dapatkan Vaksin Covid-19. (Liputan6.com/Niman)

Dokter Bambang Atmaja Viral di Inggris

Bambang Atmaja, Dokter Onkologi yang Tampil di Britain's Got Talent dan Dapat Standing Ovation Simon Cowell dkk

Liputan6.com 2022-05-30 11:00:00
Bambang Atmaja. (Tangkapan layar YouTube/ Britain's Got Talent)

Nama Bambang Atmaja mendadak menajdi buah bibir Inggris. Pasalnya, di negara Ratu Elizabeth ini, ia baru tampil dalam ajang pencarian bakat kondang Britain's Got Talent atau BGT.

Tak hanya bernyanyi, saat melantukan "Listen" milik Beyonce, pria 30 tahun ini juga bikin hadirin dan keempat juri acara ini terpukau. Bahkan Simon Cowell yang dikenal dengan komentar pedasnya, ikut memberikan standing ovation.

Pemandangan spesial ini bisa disimak kembali dalam unggahan di kanal YouTube Britain's Got Talent bertajuk "Loveable Doctor wins the Judges' HEARTS with stunning vocals!" yang dirilis Minggu (29/5/2022) kemarin.

Di awal video berdurasi hampir sembilan menit tersebut, Amanda Holden, salah satu juri BGT mengundang dokter asal Indonesia ini ke sebuah acara radio.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Dikerjai Amanda Holden

Dalam kunjungan ini, Amanda menyatakan Bambang mengira ia diundang terkait profesinya sebagai dokter onkologi, atau spesialis menangani kanker di Royal Marsden Hospital. "Sebenarnya, aku ingin memberikan undangan untuk datang dan bernyanyi di Britain's Got Talent," kata Amanda.

Tak pelak, begitu masuk ke ruang studio dan mendengar kabar ini, Bambang begitu kaget bukan kepalang. Namun, dengan antusias ia menerima undangan ini.

"Yes!" kata dia. Tapi sejurus kemudian ia tampak masih tak percaya dengan kesempatan yang datang kepadanya. Ia kehabisan kata-kata.


Dapat Standing Ovation

Saat hari-H, Bambang juga terlihat begitu gugup. "Aku enggak tahu apa pernah segugup ini dalam hidupku," kata dia kepada seorang kru BGT. Saat duo host BGT menanyakan perasaannya pun, Bambang masih belum bisa percaya ia bisa tampil di acara ini.

Namun begitu tiba kesempatannya untuk bernyanyi, suara emas Bambang memukau para juri.

Di akhir penampilannya, keempat juri yakni Simon Cowell, Amanda Holden, Alesha Dixon, dan David Walliams, serempak berdiri memberi standing ovation.


Ya dari Empat Juri

"Kamu tadi senang sekali melakukannya kan?" tanya Simon Cowell. Ia melanjutkan, "Aku bisa merasakannya."

Juri yang dikenal dengan kalimat pedasnya ini meneruskan sanjungan untuk Bambang. Kata Simon, "Ini adalah audisi yang akan kita kenang, kami mencintaimu, senang sekali dengan kisahmu. Hebat banget."

Di akhir audisi, keempat juri member kata "ya" untuk Bambang.

Infografis: 14 Layanan Publik Komersial Yang Wajib Bayar Royalti Lagu (Liputan6.com / Abdillah)

Ancol Siap Gelar Balapan Formula E

HEADLINE: Jelang Balapan Formula E di Ancol, Rangkaian Persiapan Akhirnya?

Liputan6.com 2022-05-31 00:01:09
Banner Infografis Jakarta Gelar Balapan Formula E 2022 di Ancol. (Liputan6.com/Abdillah)

Balap mobil listrik Formula E akan singgah di Indonesia pada 4 Juni 2022. Balapan akan berlangsung di Jakarta International e-Prix Circuit yang berada di kawasan Ancol, Jakarta Utara. Persiapan masih berlangsung kurang dari sepekan jelang balapan.

Jakarta menjadi seri kesembilan Formula E 2022. Balapan pertama musim ini berlangsung di Diriyah, Arab Saudi. Balapan Formula E Jakarta hanya berlangsung satu seri saja, sama seperti di Meksiko, Monaco dan Maroko.

Ada enam negara lain yang mendapat kesempatan menggelar Formula E dua seri beruntun. Seperti Arab Saudi, Italia, Jerman, Amerika Serikat, Inggris dan Korea Selatan. Jika menggelar dua seri beruntun, maka balapan akan dilangsungkan dua hari berturut-turut.

Formula E 2022 diikuti 11 tim dengan 22 pembalap yang berkompetisi menjadi yang terbaik. Tim-tim peserta Formula E berasal dari berbagai negara. Ada Jerman, Inggris, Prancis, Monako, Amerika Serikat, India hingga China.

Beberapa pembalap Formula E ada yang merupakan jebolan Formula 1. Di musim 2022, eks pembalap Formula 1 yang berkompetisi di Formula E antara lain Stoffel Vandoorne, Pascal Wehrlein, hingga Sebastien Buemi.

Hingga berlangsung delapan seri, Vandoorne dari Mercedes-EQ Formula E Team masih berkuasa di klasemen pembalap. Pria asal Belgia itu mengoleksi 111 poin, unggul 12 angka dari Edoardo Mortara (ROKiT Venturi Racing).

Menariknya, Vandoorne baru menang sekali pada musim ini tepatnya di Monaco. Namun dia konsisten finis, sehingga bisa mengungguli Mortara yang sudah mengoleksi dua kemenangan di Formula E musim 2022.

Meski sama-sama di bawah naungan Federation Internationale de Automobile (FIA), format balapan Formula E sedikit berbeda dengan Formula 1. Formula E biasanya hanya berlangsung satu hari penuh. Dari pagi hingga sore. Tidak seperti F1 yang berlangsung tiga hari, di mana pada Jumat biasanya ada latihan bebas terlebih dahulu.

Formula E semuanya dipadatkan pada hari yang sama dengan balapan. Formula E dimulai dengan sesi latihan bebas dua kali di pagi hari. Siangnya berlangsung sesi kualifikasi. Balapan baru berlangsung sore hari.

Para pembalap Formula E yang berlaga di Jakarta International e-Prix Circuit baru akan mencicipi sirkuit baru ini pada Sabtu 4 Juni 2022. Mereka berlatih lewat simulator. Tak ada tes lintasan memang terjadi di semua seri balapan Formula E.

"Tidak ada tes lintasan, beda dengan Formula 1, ada waktu dari Kamis, Jumat, Sabtu qualified. Nah, ini waktunya seharian, cuma beda 4 jam dia langsung balapan. Dia sudah latihan di simulator," kata Ketua Panitia Organizing Committee (OC) Formula E Ahmad Sahroni beberapa waktu lalu.

Para pembalap Formula E 2022 tiba di Jakarta pada 28 dan 29 Mei 2022. Beberapa pembalap sebenarnya sudah ada yang tiba di Indonesia sejak akhir pekan lalu. Mereka sekalian berlibur di Bali.

Jakarta International e-Prix Circuit merupakan sirkuit baru. Pembangunannya sangat ngebut. Lokasi balapan di Ancol ini baru diumumkan pada Januari 2022. Pembangunannya dilakukan pada Maret 2022 lalu. Sirkuit di kawasan Ancol ini memiliki 18 tikungan dengan panjang 2.400 km. Layout sirkuit terinspirasi dari kuda lumping.

<p>Infografis Jakarta Gelar Balapan Formula E 2022 di Ancol. (Liputan6.com/Abdillah)</p>

Masalah Cuaca

Balapan Formula E memiliki penanganan yang berbeda dengan F1. Karena menggunakan listrik, maka balapan akan dihentikan jika cuaca buruk terjadi. Hal tersebut dilakukan demi keamanan dan kenyamanan bersama. Penghentian balapan jika cuaca buruk diungkap Event Director Fromula E Operation (FEO) Gemma Roura Serra.

"Sangat jelas, kalau terjadi hujan sangat deras di arena balapan sehingga tidak bisa melihat, maka balapan akan stop. Tapi kalau terjadi hujan yang biasa, tidak masalah," ujar Serra dalam jumpa pers di Jakarta, Minggu 29 Mei 2022.

Serra menyebut, sebelum balapan diputuskan untuk dihentikan, petugas keamanan akan lebih dulu mengecek kondisi lapangan. Nantinya, petugas yang akan menentukan apakah balapan aman dilanjutkan atau tidak.

"Di sirkuit sendiri sudah dilengkapi dengan drainase, dan itu membuat lintasan balap mengering dengan cepat. Hanya saat race director dan marshal melihat ada begitu banyak air, maka demi alasan keselamatan, balapan akan berhenti. Kalau tidak, ya tidak apa-apa," kata Serra.

Cuaca Ekstrem

Sementara itu, Principle HSE Consultant Formula E Operation (FEO) Richard Bates menyebut, seluruh penonton juga akan diminta keluar jika cuaca makin ekstrem. Pihaknya memastikan mengutamakan keamanan dan keselamatan.

"Untuk public safety, jika ada cuaca ekstrem seperti semalam, kita akan mengeluarkan semua orang dari grandstand. Jika cuaca berangin sangat kuat, kami akan guide semua orang untuk keluar dari struktur itu," kata Richard.

Richard menyebut pihaknya akan terus memperhatikan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) terkait prediksi cuaca di DKI Jakarta.

"Kalian memiliki prediksi cuaca yang sangat baik. Jadi kami menggunakan informasi dari BMKG untuk prediksi iklim dan cuaca. Kita enggak bisa mengubah cuaca, tapi kita punya rencana mitigasi," kata Richard.

"Kami sudah melewati begitu banyak balapan dengan cuaca yang tidak baik, sehingga kami tidak khawatir," ucap Richard menandaskan.

Atap Roboh

Masalah cuaca ini juga menjadi permasalahan dalam mempersiapkan sirkuit untuk Formula E. Pada Jumat 27 Mei 2022, atap tribun penonton roboh diterjang angin kencang. Beruntung tidak ada korban dalam kejadian ini.

"Tribun yang roboh, itu kejadian tadi malam jam 23.00 WIB. Ada badai, angin kencang dan hujan luar biasa. Tapi tadi pagi langsung dikerjakan," ujar Ketua Komite Penyelenggara Formula E Jakarta Ahmad Sahroni saat dikonfirmasi Merdeka, Sabtu 28 Mei 2022.

Sahroni mengatakan, evaluasi akan dilakukan setelah kejadian atap tribun yang roboh. Tapi, dia memastikan tenda VIP dan VVIP di Sirkuit Formula E masih aman terkendali.

Sementara itu, PT Jakarta Propertindo (Jakpro) memastikan insiden robohnya atap tribun sirkuit Formula E tak akan pengaruhi ajang balap mobil listrik itu yang akan digelar pada Sabtu 4 Juni 2022.

Menurut Vice Managing Direktur Formula E dari Jakpro, Gunung Kartiko, para pembalap akan tiba di Tanah Air pada Kamis 2 Juni 2022. Dia memastikan, saat itu perbaikan atap tribun yang roboh sudah selesai.

"Hari Kamis tadi disampaikan karena tiga hari untuk finishing dan sebenarnya itu tidak mengganggu racing sama sekali. Karena hari Kamis itu kan pembalap baru datang dan homologasi juga," ujar Gunung dalam jumpa pers di Jakarta, Minggu 29 Mei 2022.

<p>Infografis Daftar Tim Pembalap dan Jadwal Formula E Jakarta 2022. (Liputan6.com/Abdillah)</p>


Jaminan

Panitia Penyelenggara Formula E Jakarta mengungkapkan, target perbaikan atap salah satu bagian tribun penonton yang ambruk akibat cuaca buruk rampung pada Kamis 2 Juni 2022.

"Target maksimal hari Kamis," kata Principle HSE Consultant Formula E Operation (FEO) Richard Bates di Jakarta, Minggu 29 Mei 2022, seperti dilansir Antara.

Richard mengatakan, perbaikan atap tribun penonton itu tidak rumit, yakni hanya memindahkan material atap yang ambruk dan memasangnya kembali.

"Rencana perbaikan atap sangat simpel, dalam dua hari kita akan memindahkan terlebih dulu material atap yang rusak dan dalam tiga hari kita akan bangun lagi, dan diperkirakan selesai pada hari Kamis," ujar dia.

Dia mengatakan, penonton Formula E tidak perlu khawatir. Panitia penyelenggara Formula E Jakarta dan FEO telah memastikan struktur tribun tersebut sesuai standar.

"FEO bersama Jakpro akan memastikan bahwa atap dalam kondisi optimal dan juga baik dan sangat layak dan sesuai standar internasional dari FEO maupun teman-teman infrastruktur Jakpro yang terbukti menyelesaikan kualitas kelas dunia," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Vice Managing Director Formula E Jakarta, Gunung Kartiko mengungkapkan, hanya satu atap tribun penonton yang ambruk.

"Ini tidak seluruh atap. Kita ada sembilan grandstand dari 2a sampai 2i, dan yang terjadi kerusakan di salah satu saja," kata Gunung.

Sementara itu, polisi berencana menemui pihak kontraktor yang membangun sirkuit Formula E. Hal ini menyusul robohnya atap tribun sirkuit Formula E pada Jumat malam 27 Mei 2022.

"Nanti bakal jemput bola untuk memberikan saran dan masukan serta penekanan kepada kontraktor," kata Kapolsek Pademangan Kompol Happy Saputra kepada wartawan, Sabtu 28 Mei 2022.

Happy menerangkan, ia hendak meminta penjelasan kepada pihak kontraktor terkait penyebab robohnya atap tersebut. Sekaligus memberikan saran kepada pihak kontraktor agar kejadian serupa tak terulang lagi di kemudian hari.

"Kami ke sana kan mungkin pas hari kerja. Kita rencananya akan berdiskusi dan penekanan serta masukan jangan sampai pada hari H (terjadi lagi)," ucap Happy.

<p>Infografis Serba-Serbi Persiapan Formula E Jakarta 2022. (Liputan6.com/Abdillah)</p>


Bir

Penyelenggaraan Formula E Jakarta juga menimbulkan kontroversi soal perusahaan sponsor. Salah satu sponsor global Formula E merupakan perusahaan bir yakni Heineken. Hadirnya Heineken memicu protes banyak pihak di tanah air.

Panitia Penyelenggara Formula E Jakarta memastikan tidak ada iklan bir maupun minuman beralkohol yang ditampilkan selama ajang balap mobil listrik tersebut berlangsung di Jakarta pada 4 Juni 2022 mendatang.

"Iklan Heineken (merek bir) tidak akan muncul, itu bisa dipastikan," kata Vice Managing Director Formula E dari Jakarta Propertindo (Jakpro), Gunung Kartiko di Jakarta, Minggu 29 Mei 2022.

Gunung mengungkapkan, Heineken adalah satu sponsor global Formula E yang selalu hadir dalam setiap ajang mobil balap listrik itu di seluruh dunia.

Meski demikian, pihak Formula E Operation (FEO) akan tetap mematuhi aturan di masing-masing negara tuan rumah penyelenggara terkait sponsor.

"Heineken ini sebenarnya global sponsor yang membiayai seluruh event di negara-negara. Jadi FEO akan selalu bawa global sponsor di event negara," katanya, seperti dikutip dari Antara.

Namun FEO juga punya kebijakan bahwa mereka mengikuti peraturan di tiap negara. "Kita confirm tidak ada iklan bir. Jadi itu sudah bisa dipastikan," ujarnya.

Sebelumnya, Panitia Penyelenggara Formula E Jakarta menyebutkan bahwa iklan bir pada ajang balap mobil listrik di Ancol, Jakarta Utara, merupakan bagian dari sponsor global FEO.

"Itu global punya, sponsor langsung FEO," kata Ketua Komite Penyelenggara Formula E Jakarta Ahmad Sahroni di Jakarta, pekan lalu.

Politikus Partai NasDem itu menambahkan, iklan bir tersebut bukan merupakan mitra dalam negeri. Pihaknya juga tidak bisa ikut mencampuri urusan iklan atau sponsor global tersebut.

"Bukan urusan di dalam negeri. Masa urusan mereka kami ikut campur?" kata Sahroni.

Adapun untuk sponsor lokal, panitia Formula E Jakarta nampaknya cukup kesulitan mendapatkannya. Hingga Senin 30 Mei 2022, baru ada tujuh perusahaan yang dipastikan menjadi sponsor.

Tujuh perusahaan lokal yang menjadi sponsor resmi Formula E Jakarta adalah Erafone, Bank Artha Graha, Electronic City, Gulavit, Paprika, Hotel Discovery, hingga MS Glow for Men.


Tiket dan Penonton

Hingga lima hari jelang balapan, tiket Formula E Jakarta juga masih belum habis terjual. Tiket yang masih tersisa saat ini ada kategori Ancol Festival. Vice Managing Direktur Formula E dari Jakarta Propertindo (Jakpro) Gunung Kartiko menyebut, kemungkinan tiket Formula E akan dijual di lokasi balap atau on the spot. Sejauh ini, tiket Formula E hanya bisa dibeli secara online atau daring.

"Kemungkinan besar memang semua serba online. Tapi nanti kita ada juga sih on the spot gitu. Tentunya kalau melihat animo masyarakat sekarang, ya, kita membatasi juga, enggak mungkin over, terlalu banyak, karena memang lokasinya memang optimumnya di angka 20 ribu," kata dia, Minggu 29 Mei 2022.

"Yang on the spot itu mestinya hanya Ancol, atau sirkuit festival yang berdiri. Karena yang grand stand VIP dan VVIP sudah sold semua," kata Gunung.

Dia menyebut, kemungkinan tiket ajang balap mobil listrik Formula E Jakarta yang bisa dibeli di lokasi, yakni dengan harga Rp 250 ribu dan Rp 450 ribu.

"On the spot kemungkinan hanya festival saja. Ada dua festival, yang Ancol Festival itu yang Rp 250 ribu masuk ke Ancol kemudian yang sirkuit festival 450 ribu," katanya membeberkan.

"Namun sekarang posisinya sudah hampir penuh. Jadi kemungkinan besar, tinggal nanti yang on the spot tinggal Ancol Festival," ucap Gunung Kartiko menandaskan.

Penjualan tiket Formula E Jakarta menurut Direktur Utama PT Jakarta Propertindo Widi Amanasto sudah 90 persen. Tiket yang sudah ludes saat ini justru kategori VVIP dan VIP.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menanggapi ambruknya atap pada tribun penonton Formula E Jakarta pada Jumat, 27 Mei 2022. Dia mengimbau agar masyarakat tak perlu khawatir mengenai kejadian tersebut.

"Tidak usah khawatir. Insyaallah nanti penyelenggaraan Formula E kan tanggal 4 Juni 2022," kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Senin 30 Mei 2022.

Atap tribun sirkuit Formula E di Ancol, Jakarta Utara, roboh. Hal itu diketahui setelah foto beredar di media sosial yang menampilkan atap sirkuit tersebut roboh pada Jumat 27 Mei 2022 pukul 23.00 WIB.

Riza menyatakan, ambruknya atap tribun sirkuit dikarenakan hujan dan angin kencang yang melanda Jakarta pada Jumat malam itu. "Terkait atap tribun kemarin kan memang ada hujan, ada angin kencang, itu sudah diperbaiki, jadi tidak ada masalah," kata dia.

Dia meyakinkan bahwa hal tersebut tidak akan menjadi penghambat gelaran balap mobil listrik formula E yang berlangsung Sabtu, 4 Juni 2022. "Enggak usah khawatir, Insyaallah," ucap Ahmad Riza Patria.

Sungai Aare yang Dihakimi Warganet +62

Sorotan Media Lokal Swiss soal Ulasan Google Maps Sungai Aare dari Warganet Indonesia

Liputan6.com 2022-05-30 19:00:00
Pemuda melompat untuk berenang di Sungai Aare, lokasi putra Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz, dilaporkan terseret arus. (FABRICE COFFRINI/AFP)

Emmeril Khas Mumtadz atau Eril, anak Ridwan Kamil, masih dalam upaya pencarian oleh tim SAR. Musibah yang menimpa putra sulung orang nomor satu di Jawa Barat tersebut menjadi sorotan media Indonesia maupun media lokal Swiss.

Warganet Indonesia pun berbondong-bondong menyampaikan rasa simpati melalui ulasan Google Maps Sungai Aare. Sayangnya, banyak warganet yang juga memberikan ualasan jelek bintang satu di laman Google Maps Sungai Aare.

Pemberian bintang satu oleh warganet Indonesia bahkan sempat membuat rating Sungai Aare turun dratis pada Sabtu (28/5/22). Aksi warganet Indonesia tersebut jelas menjadi sorotan media lokal Swiss. Sebab, masyarakat lokal Swiss sangat menyukai Sungai Aare.

Dikutip dari berbagai sumber, media lokal Swiss menyoroti nama-nama Indonesia yang memberikan ulasan tidak relevan bagi sungai terindah di Swiss ini.

"Tak terhitung orang Indonesia kini telah menggunakan fungsi ulasan Google untuk mengungkapkan keprihatinan mereka terhadap Emmeril Mumtadz," tulis media tersebut.

"Ketika melihat peringkat, terlihat bahwa banyak ulasan yang baru saja ditinggalkan memberi sungai Swiss hanya satu bintang. Mereka hampir secara eksklusif berasal dari akun dengan nama Indonesia. Banyak yang menggambarkan sungai itu berbahaya, beberapa menyerukan agar sungai ditutup karena arus kuat yang terjadi di beberapa bagian Aare dan kemungkinan besar berakibat fatal bagi Mumtadz," tulis media lokal lain.

Meskipun demikian, media lokal Swiss juga menyoroti sebagian warganet yang memberi bintang lima ulasan Sungai Aare. Mereka yang melakukan hal ini kebanyakan berpesan untuk tidak menghakimi situasi keamanan di negara tersebut.


Saksikan video pilihan berikut ini: